Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Mulia

Berikut ini adalah pengalaman Mulia dalam menjalani program bayi tabung. Pengalaman sebelumnya dapat dilihat di link ini. Terima kasih Mulia atas sharingnya…

Saya menjalani thaw cycle pada Januari 2008 (setelah fresh cycle gagal karena dua janin tidak berkembang sehingga harus dilakukan kuretase) :

Beberapa hal yang saya lakukan terlebih dahulu 3 bulan sebelum menjalankan thaw cycle adalah makan folic acid 5 mg sehari satu tablet, minum susu segelas setiap hari (yg saya minum sich susu kalsium), akupuntur 2x seminggu, detoks selama 3 hari dan dilanjutkan diet dengan minuman organic.  Hasilnya berat badan jadi turun 9 kg dalam waktu 2 bulan. (Berat badan saya naik hampir 10kg selama menjalankan program fresh cycle awal Juni’07 sampai saya hamil selama 8 minggu, kemudian dikuret dan dilanjutkan makan ayam arak setiap hari sampai 3 minggu.  Wah rasanya badan semuanya berlemak, jadi cepat lelah dan nafas juga gampang sesak) .

Pada tgl 16 Jan’08 (hari ke 12 mens) adalah jadwal pertama saya jumpa dokter untuk USG, lalu dokter memutuskan oke untuk langsung menjalankan penanaman frozen embrio, jadi sore hari saya disuntik ovidrel.
Kemudian tgl 17 Jan’08 sore hari saya dijadwalkan USG lagi untuk dilihat apakah sudah terjadi ovulasi. Akhirnya dokter memutuskan embrio transfer dilakukan pada tgl 20 Jan’08 (hari ke 16 mens).  Intinya proses thaw cycle saya sangat praktis & simple banget…
Padahal sebelumnya saya sudah tanya2 dulu kepada pasien2 lain yang pernah thaw katanya sebelum ET ulang biasanya akan diberikan dulu suntikan selama sebulan & makan obat progynova.  Mungkin seperti yang pernah Yenni bilang kalau treatment tergantung dari kondisi masing2.

Setelah ET, saya juga tidak merasakan sakit bangeeettt seperti ET pada fresh cycle jadinya agak enjoy & badan juga rasanya lebih relax.  Selama menunggu waktu untuk tes darah, setiap hari saya hanya di apartemen aja karena masih ada papa saya yang menemani dan papa saya juga yang pergi2 beli makanan.  Maklum abis ET diusahakan ngak naik turun lift dan ngak pergi kemana2juga.

Tgl 31 Jan’08 saya tes darah dan hasilnya saya positif hamil….. Wuah rasanya senang banget dapat hamil lagi.  Selanjutnya saya hanya dikasih obat hormone Cyclogest 2x sehari dan folic acid 5 mg 2x sehari.

Dua minggu kemudian saya dijadwalkan USG dan terlihat ada satu embrio yang berkembang dan menempel di rahim saya. Satu minggu kemudian saya di USG lagi untuk melihat apakah embrio tetap berkembang baik dan sudah ada jantungnya.  Di usia kehamilan 7 minggu saya sempat mengalami flek2 coklat gitu, trus oleh dokter diberikan suntikan Hormofort 250 mg x 2 ampul. Hal ini sempat membuat saya stress karena saya takut dan trauma dengan kejadian di kehamilan pertama karena janin tidak berkembang, tapi untung ada Mery yang memberikan saya support melalui sms supaya saya tetap positive thinking.  Thanks a lot yach Mer…

Sejak kehamilan minggu ke 6 saya udah merasakan mual & muntah2 tapi bukan morning sickness, melainkan nite sickness karena biasanya jam 1 atau 2 malam hari.
Sampai sekarang saya juga masih mengalami sickness yang mengakibatkan syaraf mata terasa sakit dan mata agak sedikit bengkak (kata dokter kandungan di Jakarta, mungkin tekanan bola mata yang naik karena pengaruh hormon kehamilan).  Suami saya yang sangat khawatir dengan keadaan & kondisi kesehatan saya walaupun dia merasa senang karena saya sudah berhasil hamil kembali.  Saya sendiri punya motivasi untuk program bayi tabung adalah untuk memberikan anak kepada suami saya karena dia adalah seorang yang paling mengerti dan menyayangi saya dengan kondisi saya yg seperti apapun.

Walaupun sekarang kehamilan saya dikatakan dokter dalam keadaan baik, tapi saya merasakan perjalanan masih panjang sampai waktunya melahirkan.  Semoga saya dapat melaluinya dengan baik2 saja.

At last, thanks untuk:

  • Suami saya yang selalu support saya & Papa saya yg sudah menemani saya selama proses ET.
  • Dr.Ng Peng Wah yang memberikan saya harapan baik dgn mengatakan bahwa tidak perlu khawatir karena dia yakin kalau saya dapat hamil lagi.
  • Yenni, yg dgn membuat web bayi-tabung.com sangat bermanfaat untuk sharing pengalaman dgn teman2 yg lain sehingga menambah pengetahuan tentang ivf dan sebagai sarana menambah semangat dalam menjalani program bayi tabung.
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (21 votes, average: 3.10 out of 5)
Loading...

328 thoughts on “Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Mulia

  1. shally

    hallo temen2 yang sudah dan akan mengikuti program IVF..

    Kenalin sy Shally. Sy berencana akan mengikuti prgrm IVF di LWEH Penang dgn dr.Ng. Awal bertemu dgn dokter tgl 12 Sept 2012 pd saat sy haid hari ke-3. Dan dokter berikan jadwal utk suntikan Suprefact mulai tgl 30 Sept. Namun pd tgl 29 Sept tiba2 sy sdh haid lg yg artinya haid sy maju 10 hr (sblmnya sy blm pernah mengalami hal spt ini, krn biasanya siklus haid sy normal). Kmdn sy tanyakan ke pihak RS apakah dgn kondisi haid sy tetap hrs suntik Suprefact atau jadwal ulang lg stlh selesai haid? dan jwbn dr pihak RS, bhw sy tetap suntik Suprefact yg dimulai tgl 1 okt sampai dgn tgl 16 okt dan dijadwalkan bertemu dokter tgl 17 okt.
    Teman2 ada ga yg pernah mengalami hal yg sama spt sy, bhw suntikan Suprefact awal justru dimulai pd saat haid hr ke-3? krn yg sy tau dr pengalaman org2 yg sdh IVF, biasanya suntikan dimulai bbrp hr stlh haid dan pd saat haid diberikan suntikan yg berbeda dosis. Kmdn sampai berapa kali suntikan kl kondisi spt sy, apakah tetep hrs menunggu dtg haid lg atau lgs OPU dan ET?
    terima kasih ya…3VDK

  2. Alfa pilikyan

    Hallo mulia, seneng banget nemu artikel ini. Saya dgn suami mau prog BT. tp agak susah dpt info yg bagus. Boleh kita kontak di email or ym?
    Qt sangat ingin sekali punya anak. Tp dokter doker sudah memutuskan utk ambil BT, krn sperm suami yg kurang bagus.
    Alamat email n ym ku ardpilikyan@yahoo.com
    Ditunggu ya. Terimakasih.

  3. Mulia

    @Jena, iya dulu wkt fresh cycle memang hasil bhcg positif. Trus tidak berkembang sktr 7 ato 8 minggu.

  4. Jena

    @mulia halo sis mulia salam kenal. Boleh bertanay sewaktu fresh cycle kamu sempet positive tidak? Sewaktu tidak berkembang itu diprediksipas usia kandungan brp bulan?

  5. Fitri

    Dear Mbak Putu Widawati,

    Info detail RS atau Klinik BT banyak Mbak… Banyak yang ke Bunda atau ke Klinik Women and Child di Prapanca… Semuanya pasti biayanya mahal tapi kita bisa mencari alternative misalnya untuk obat2an kan gak harus dibeli di RS, bisa kita beli sendiri di Apotik dan kita suntik sendiri… Saya direkomendasikan dokter telpon ke Apotik Medika Center, mbak bisa hubungi 0819 2774 0999 bisa diantar juga obatnya..

    Terus…katanya utk makanan supaya embrio bisa nempel dengan baik nanas tuh….biasanya di forum2 bayi tabung pada beli and makan nanas saat sudah embryo transfer….hahaha, ga tau ngefek gak, yah dicoba aja, katanya ada sesuatu di nanas yang bikin embryo nempel…

    Salam kenal juga yah…:)

  6. dinda

    @ Mulia, terima kasih banyak untuk share tips dan doanya. semoga aku bisa mengikuti jejakmu berhasil hamil dan melahirkan.

    @ cen cen, rencana aku thaw baru sekitar bulan sept. sekarang mo persiapan mental, fisik dan materil dulu. mungkin kamu bisa ikut saran mulia untuk konsul ke dokter darah dulu, kalo ga salah ada di RSCM dan RS Pelni. YM ku dindakhairani49@yahoo.com

  7. Mulia

    Hai dinda, ikut sedih dgn pengalaman fresh cycle nya, tetap semangat utk lanjut thaw cycle yach. Saya stay di penang yg thaw cycle itu 3 bulan, baru plg ke jkt. Soal kekentalan darah mgkn bisa test darah cek kadar ACA aja utk pastinya dan nanti dikonsultasikan lg ke obgyn di sini aja, memang krn dr.Ng tdk begitu peduli dgn ACA. Semoga thaw nya berhasil hamil sampe melahirkan yach.

  8. cen cen

    dinda , kamu sama dengan aku dong yg program fresh gagal, aku jg lg persiapkan unuk haw cycle, iya memang benar kalo dokter di malay gak concern soal kekentalan darah, aku juga udah 3 kali keguguran
    kalo kata dokter indo mgkn darah aku kental, makanya suplai darah n oksigen gak lancar, trus kamu kapan mau thawnya? minta ym kamu dong, atau add ke pin bb aku di 22fA7327,TX

  9. Dinda

    Dear Mulia,

    Pengalaman fresh cyclenya mirip banget dengan aku (sayangnya sharing pengalamanmu baru aku baca setelah aku harus dikuret dikehamilan 10 minggu). Aku juga BT di penang dengan dr Ng Nov 2010, buru2 balik ke jakarta setelah dinyatakan positif. Sekarang aku lagi menata hati dan persiapan untuk thaw cycle. Pas thaw cycle kamu berapa lama stay di penang? dan apakah sebelumnya pernah cek kekentalan darah, soalnya ada yg bilang hal itu salah satu penyebab BO. Tapi setauku dr Ng ngga concern ama masalah kekentalan darah. Thanks b4 untuk infonya.

  10. larasati

    @ika:
    hmmm kok tidak kelihatan telurnya, apa karena masih awal banget yah, padahal kalo kita sonogram itu kelihatan telurnya kan malah diukurin utk left ovary dan right ovary satu2 diukur diameternya. Harus ditanyain tuh dokternya, kalau kita memang tidak ada telurnya, dokter juga harus share. Hmmm biar banyak telurnya bukannya harus makan yg banyak protein? Tapi karena sudah distimulasi hormonennya harusnya telurnya banyak yah….. kudu ditanya tuh dokternya…:)
    salam
    -laras

  11. non

    to : mulia

    dear mulia…
    mulia.., makasih bgt yah infonya, secara pasti mulia lg sibuk2nya ama dua buah hatinya, tp masih sempet2nya bales postingannya non…
    tq ya dear.. 🙂
    oke deh, ntar b non tanya di airport penang aja, soal apartment gurney park…
    mulia, non mau nanya lg nih,
    salam buat wayne & kyline yah.. 😉

  12. Mulia

    Non kalo yg burmahtel itu ktnya sich tadinya mau jd hotel tp ngak jadi, akhirnya dijadiin apartemen jg, posisi burmahtel itu jalan burmah, deket dgn pom bensin shell. Kyknya sih bgs jg tempatnya tp blm prnh msk jg sich, cuma liat dari dpn nya doank. Kalo utk gurney park saya jg blm prnh stay jd ngak bisa info apa2 dech. Tapi kalo udah sampe di airport penang trus kadang jg supir taxi bisa tawarin utk cari apartemen, jd kalo non mau cari gurney yach minta driver bantu urus aja.

  13. non

    to : mulia

    hi mulia… salam kenal yaah…
    duuh….seneng bgt skrg wayne udh punya dede’nya…
    salam buat si kecil wayne & kayline… 😉
    mulia, non mau nanya, mulia ada informasi ngga apartment yg di penang selain mewah court?
    kalo “gurney park apartment” ada contact personnya ngga ?
    atau apartment laen jg boleh..
    tq before mulia…. 🙂

    friends… kalo ada yg punya info tentang “gurney park apartment” tolong share infonya dunk… 🙂
    atau apartment laen yg sejenis jg oke..
    tq before… 😀

  14. ika

    hallo smuanya…

    hehehe… aku ketawa sendiri baca komennya Larasati…
    karna aku skrg lagi program BT & lagi suntik suprefact. Sama dr. Bin emang banyak banget pantangannya sebelum OPU. Berhubung pengen berhasil, ya pantangannya kuikutin aja. Aku setuju banget tu ama kamu (Larasati) kalo yang penting gak stress ya…

    Oya, ada yang pengen kushare ni. Sebelum suntik Suprefact, aku USG & ada 8 sel telur. Setelah suntik suprefact selama 4 mgg, kok waktu USG Dr kesulitan liat sel telurku. Nah lho, jangan2 emang gak ada sel telurku. Cuma Dr gak jelasin. Nurut temen2 gmn tu?…Apa yang harus kukonsumsi biar sel telur banyak & kualitasnya good. Please bantu donk… Tqu…

  15. agnez

    apakah ada yg pernah BT di RSIA Anugerah jalan kalisari Semarang ? saya coba google kok ngga ada yg BT di sana yah … sapa tau ada yg disini pernah BT dan berhasil di RSIA Anugerah? Jika tidak di sana, di semarang mana yg paling bagus untuk program BT ? thanx banget buat infonya

  16. agnez

    alo semua, salam kenal.
    minggu lalu saya sudah telat 1minggu lalu saya ke dokter lokal (dokter saya di luar kota) diberi siclidon, provula dan metformin. apakah obat tsb bisa mengganggu program BT mengingat saya minggu dpn akan ke dokter saya untuk mengajukan program BT.
    menurut kalian saya tetap minum atau dibiarkan, saya sempat heran karna saya diberikan siclidon hingga 30hari padahal setelah saya browsing karna itu antibiotik hanya untuk 5 hari. padahal harganya mahal sekali.

  17. Larasati

    Hehehe, sorry gua sempet lucu waktu baca ‘peraturan’ bedrest yang harus pipis di pampers segala dan jalan pelan2, gak boleh naik tangga dan list makanan yg gak boleh dimakan….. Setahu aku sih gak ada peraturan begitu…Saya sendiri sudah mengikuti BT 5 kali di amrik dan tidak pernah ada peraturan apa2, abis ET besokannya kerja juga, malah nyetir sendiri. Itupun 6 tahun lalu BTnya, dan masih belum canggih kali yah, sekarang anak saya sudah 6 tahun dan 3 tahun. Menurut saya peraturannya relatif…. Malah dibecandain dokter saya, “bu, jangan takut batuk atau ketawa, embryonya gak bakalan lepas hahaha”, katanya sambil ketawa ketiwi… Yang penting kitanya relax dan bawaannya santai…serious deh, yg utk cycle gua yg gagal, itu karena lagi stress….jadi susah utk berhasilnya….utk yg sukses, karena lagi happy banget… Semoga membantu:)

    -laras

  18. Mulia

    Hai lelia,

    emang setau saya sich di penang itu ada bbrp dktr yg bisa handle utk ivf tp mayoritas semua taunya di Hospital Lam Wah Ee dgn dr.Ng Peng Wah. Kalo di loh guan lye itu dgn dr.devidran bukan yach?
    Pd dsrnya sich kalo ivf itu jg termsk cocok2an jg dgn dktr yg handle, dimana kita bisa merasa yakin dan sreg utk prgm dimana dan dgn dktr yg mana, spy bisa dpt memperoleh hasil mendptkan baby spt yg diinginkan. GBU yach.

  19. lelia

    Mulia… I need help… minggu lalu sy bicara dengan mertua yang kebetulan kerap bolak balik penang untuk periksa kesehatan, enam tahun lalu menjalani beberapa bypass jantung di adventis. Saya cerita rencana BT kami dan sy juga sudah sebut na ma dokter dan rumah sakit yang akan saya tuju.

    Tapi tadi saya baru dapat kabar kalau kemarin mertua baru balik dari penang dan sudah mencari informasi RS untuk BT. Tapi dia menyebutkan rumah sakit loh guan lye !!!! Kamu pernah dengar keberhasilan loh guan lye gak?? Saya koq gak percaya diri ya, karena semua referensi disini mengarah pada lam wah ee. Bagaimana ini… saya juga segan menolak masukan dari mertua..

  20. ika

    Mulia, tqu infonya…
    aku dah tulis di tempat yulie… smoga dia baca & mau sharing dgnku…

    tolong bantuin doa ya…

  21. Mulia

    @ika, mgkn itu prosedur cek jalan rahim kali yach, di dr.ng jg ada sich kalo pemeriksaan jaln rahim dan itu dilakukan sblm OPU.

    Kalau mau sharing ke yulie, bisa lgsg komen di thread yg judulnya keberhasilan keluarga yulie atau yach bisa jg sich komen disini dan nanti saya minta yulie utk baca dan jawab. Atau kalau ada account fb bisa jg tny via inbox fb. Krn saya ngak tau email address nya.

    @lelia, salam kenal yach
    Utk prgm di dr.ng itu biasanya pasien baru akan diperiksa ulang lagi tapi kalau mau bawa medical record yach siapin aja siapa tau nanti dr.ng ada mau liat dan catatan medical history nya. Utk pemeriksaan awal bila suami ngak bisa temenin sich ngak apa2, tp sebaiknya bawa aja hsl tes sperma yg update jd begitu lelia dtg skln dibawain hsl tes lab nya suami. Krn pd prinsipnya kalo suami itu khan peranannya diperlukan pd saat bbrp sblm OPU aja.

  22. lelia

    H mulia, salam kenal..
    Saya juga punya rencana untuk BT di penang. Saya sudah dua kali insem..
    Saat pertama kali ketemu dr ng kita perlu bawa medical history gak? Atau semua diperiksa ulang di penang? Karena saya sudah melakukan beberpa prosedur termasuk operasi karena bentuk rahim yang membelah..

    Untuk kunjungan pertama, suami harus ikut gak? Masalahnya cuti suami tidak memungkinkan untuk ikut.. dan yang bermasalah itu saya, PCO..

    Thanks, mulia..
    Btw, selamat ya…
    Semoga semakin banyak yang berhasil menjadi ibu..

  23. ika

    Thanks ya Mulia…
    Kalo protokolnya, kayaknya hampir sama dgn waktu di Penang dgn Dr. Ng. Cuma persiapannya beda. Baru kemarin aku ngejalani pemeriksaan rahim (aku lupa nanya namanya apa, dengerku sih IT, kucari infonya di internet kok blm dapet apa artinya). Kata dr. Bin utk ngeliat kondisi rahimku. Sakitnya kayak setelah proses OPU. Ada pendarahan juga. Mulia tau gak apa itu?…

    Btw, kalo mo sharing ma Yulie, bisa koment di sini ato lwt emailnya? Mulia tau emailnya?…
    Tqu…

  24. Mulia

    Hai ika, salam kenal yach

    Utk sharing mengenai prgm BT dgn dr.Binarwan bisa tanya ke Yulie (ada sharingnya jd di web ini) krn dia berhasil prgm dgn dr.Binarwan dan dpt 2 anak cowo kembar.
    Tp sepertinya sih kalo untuk prosesnya hmpr sama dgn prgm di penang, yach semoga BT yg ke2 ini akan segera berhasil memperoleh baby yach.

  25. ika

    hai… kenalin, aku Ika…
    aku sedang persiapan program BT yang ke-2 ni… yg pertama dl di penang, tahun lalu, dan gagal.
    skrg mo program di Medan aja, dgn dr Binarwan…
    kira-kira ada saran gak utkku agar gak gagal lagi. Ato, ada yg mo berbagi crita gmn program BT dgn dr Binarwan.
    Tqu…

  26. Mulia

    @DEWI FG, thanks yach utk ucapannya…. Semoga Dewi dan teman2 yg lain jg segera menyusul pny momongan yach, ternyata mengurus anak jauh lbh sulit daripada hamilnya 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*