Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Mulia

Berikut ini adalah pengalaman Mulia dalam menjalani program bayi tabung. Pengalaman sebelumnya dapat dilihat di link ini. Terima kasih Mulia atas sharingnya…

Saya menjalani thaw cycle pada Januari 2008 (setelah fresh cycle gagal karena dua janin tidak berkembang sehingga harus dilakukan kuretase) :

Beberapa hal yang saya lakukan terlebih dahulu 3 bulan sebelum menjalankan thaw cycle adalah makan folic acid 5 mg sehari satu tablet, minum susu segelas setiap hari (yg saya minum sich susu kalsium), akupuntur 2x seminggu, detoks selama 3 hari dan dilanjutkan diet dengan minuman organic.  Hasilnya berat badan jadi turun 9 kg dalam waktu 2 bulan. (Berat badan saya naik hampir 10kg selama menjalankan program fresh cycle awal Juni’07 sampai saya hamil selama 8 minggu, kemudian dikuret dan dilanjutkan makan ayam arak setiap hari sampai 3 minggu.  Wah rasanya badan semuanya berlemak, jadi cepat lelah dan nafas juga gampang sesak) .

Pada tgl 16 Jan’08 (hari ke 12 mens) adalah jadwal pertama saya jumpa dokter untuk USG, lalu dokter memutuskan oke untuk langsung menjalankan penanaman frozen embrio, jadi sore hari saya disuntik ovidrel.
Kemudian tgl 17 Jan’08 sore hari saya dijadwalkan USG lagi untuk dilihat apakah sudah terjadi ovulasi. Akhirnya dokter memutuskan embrio transfer dilakukan pada tgl 20 Jan’08 (hari ke 16 mens).  Intinya proses thaw cycle saya sangat praktis & simple banget…
Padahal sebelumnya saya sudah tanya2 dulu kepada pasien2 lain yang pernah thaw katanya sebelum ET ulang biasanya akan diberikan dulu suntikan selama sebulan & makan obat progynova.  Mungkin seperti yang pernah Yenni bilang kalau treatment tergantung dari kondisi masing2.

Setelah ET, saya juga tidak merasakan sakit bangeeettt seperti ET pada fresh cycle jadinya agak enjoy & badan juga rasanya lebih relax.  Selama menunggu waktu untuk tes darah, setiap hari saya hanya di apartemen aja karena masih ada papa saya yang menemani dan papa saya juga yang pergi2 beli makanan.  Maklum abis ET diusahakan ngak naik turun lift dan ngak pergi kemana2juga.

Tgl 31 Jan’08 saya tes darah dan hasilnya saya positif hamil….. Wuah rasanya senang banget dapat hamil lagi.  Selanjutnya saya hanya dikasih obat hormone Cyclogest 2x sehari dan folic acid 5 mg 2x sehari.

Dua minggu kemudian saya dijadwalkan USG dan terlihat ada satu embrio yang berkembang dan menempel di rahim saya. Satu minggu kemudian saya di USG lagi untuk melihat apakah embrio tetap berkembang baik dan sudah ada jantungnya.  Di usia kehamilan 7 minggu saya sempat mengalami flek2 coklat gitu, trus oleh dokter diberikan suntikan Hormofort 250 mg x 2 ampul. Hal ini sempat membuat saya stress karena saya takut dan trauma dengan kejadian di kehamilan pertama karena janin tidak berkembang, tapi untung ada Mery yang memberikan saya support melalui sms supaya saya tetap positive thinking.  Thanks a lot yach Mer…

Sejak kehamilan minggu ke 6 saya udah merasakan mual & muntah2 tapi bukan morning sickness, melainkan nite sickness karena biasanya jam 1 atau 2 malam hari.
Sampai sekarang saya juga masih mengalami sickness yang mengakibatkan syaraf mata terasa sakit dan mata agak sedikit bengkak (kata dokter kandungan di Jakarta, mungkin tekanan bola mata yang naik karena pengaruh hormon kehamilan).  Suami saya yang sangat khawatir dengan keadaan & kondisi kesehatan saya walaupun dia merasa senang karena saya sudah berhasil hamil kembali.  Saya sendiri punya motivasi untuk program bayi tabung adalah untuk memberikan anak kepada suami saya karena dia adalah seorang yang paling mengerti dan menyayangi saya dengan kondisi saya yg seperti apapun.

Walaupun sekarang kehamilan saya dikatakan dokter dalam keadaan baik, tapi saya merasakan perjalanan masih panjang sampai waktunya melahirkan.  Semoga saya dapat melaluinya dengan baik2 saja.

At last, thanks untuk:

  • Suami saya yang selalu support saya & Papa saya yg sudah menemani saya selama proses ET.
  • Dr.Ng Peng Wah yang memberikan saya harapan baik dgn mengatakan bahwa tidak perlu khawatir karena dia yakin kalau saya dapat hamil lagi.
  • Yenni, yg dgn membuat web bayi-tabung.com sangat bermanfaat untuk sharing pengalaman dgn teman2 yg lain sehingga menambah pengetahuan tentang ivf dan sebagai sarana menambah semangat dalam menjalani program bayi tabung.
Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (21 votes, average: 3.10 out of 5)
Loading...

328 thoughts on “Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Mulia

  1. imel

    Hi Mulia.. Selamat ya kamu dah berhasil hamil lg, semoga berjalan lancar terus ampe lahir yaa..
    Aku boleh minta alamat apartemen kamu yg di Penang dong? Jaraknya ke RS jauh gak sih? Kira2 brp lama ya aku hrs tinggal di Penang klo mulai dari fresh cycle?
    Aku BT yang pertama di RS Bunda gagal, so aku pengen coba diluar krn klo nyoba disitu lg kyknya udh gak mood deh…
    tks yaa

  2. Mulia

    Thanks yach imel buat doanya…
    Kalo mo mulai fresh cycle disana khan pertama jumpa dokter hari ke3 mens (kamu & suami) krn kalo kamu mau cepat prgm, jd lgsg ambil darah tes hormon. Kalo semua hormon udah ok, biasanya disuruh bawa plg obat suprefact yg mulai suntik hr ke22 mens (boleh suntik di indonesia, jadi tinggal di penang cuma beberapa hari aja). Sampe waktu mens lagi hari ke1 telp ke klinik buat dpt jdwl mulai datang ke Penang, jd mesti tinggal agak lama krn sampe ovum pick-up dan embrio transfer (kira2 tinggal 2bulan kalo mo tngu sampe usg liat jantung bayi). Btw, kalo hormon & rahim kamu ngak ada masalah, atau cuma masalah sperma suami aja yg kurang bgs, kata dokternya itu lebih gampang berhasilnya.

    Tinggal di apartemennya dekat banget koq ama RS. Trus kalo prgm di penang yg saya suka sich harganya murah dengan tingkat keberhasilan yg cukup tinggi (ini pendapat dokter Jkt yg skrg handle saya utk lanjutan kehamilan saya). Buat alamat dan contact person apartemen, boleh japri aja ke mulia_halim@yahoo.com, soalnya ngak enak ntar dikira iklan lagi…. atau email kamu apa biar nanti saya info lebih lanjut dech. Kalo boleh tau kamu tinggal di Jakarta yach? Soalnya sekarang enak kalo mo berobat ke penang krn udah ada pesawat langsung Jkt-Penang dgn AirAsia, jd ngak usah transit lagi di Kuala Lumpur. Lebih hemat waktu & biaya.

    Tetap semangat yach dan banyak2 doa dech…:-)

  3. mery

    Hi Mulia, senang sekali baca sharing kamu lagi di web ini. Syukurlah kehamilan kamu kali ini lancar lancar aja, uda 3 bulan kan usia kandungannya? Kalo uda lewat 3 bulan pertama rasanya uda agak plong ya… Sy doain mudah2an lancar terus dan sukses sampe melahirkan ya…
    Mudah2an sy jg bisa nyusul kamu. Btw kamu ga balek ke Penang lagi kan?

  4. Mulia

    Mer, iya nich baru skrg bisa share lg soale sampe skrg msh sickness, jd badan rasanya lemas pdhl udah mo lewatin trisemester I yach…

    Terakhir jumpa Dr.Ng sich dibilang kalo udah periksa ama dktr di Jkt dan hasilnya udah ok, ngak usah balik ke penang lg, cuma kalo ada rencana melahirkan di penang jd mesti balik periksa 1x waktu usia kehamilan 5bln/6bln. Tp kalo mo lahiran di Jkt, stlh bayi lahir diminta telp ke klinik aja buat informasi dan catatan data hospital aja sich….

    Btw, dari info yg saya tau katanya kalo ivf di tempat yg Mery rencana ivf skrg di medan, stlh ET ama dktr nya diharuskan pake pampers jd ngak boleh turun dari ranjang sama sekali. Katanya kalo dulu mulai dari ET s/d tes Bhcg (2mg), tp dengar2 skrg sich cuma disrh 3hr aja. Coba dech ntar kalo ke dktr nya lagi, skln tny apa benar spt itu?

    Moga2 Mery stlh sntk tapros terakhir, segera dpt mulai prgm ivf & lgsg berhasil yg di fresh cycle. Seperti yg Mery blg tetap positive thinking aja… 🙂

  5. Nena

    Halo..senang rasax melihat ada yg berhasil by tbg. Btw..suami kita hrs ikut ya?dan harus tinggal brp lama sang suami, mengingat pekerjaanx jarang bisa cuti lama.trms

  6. Mulia

    Hi Nena, kalo suami sich cuma ikut waktu periksa pertama jumpa dokter aja karena untuk cek sperma. Udah gitu nanti waktu udah mulai program dan mau ovum pick-up biasanya suami baru disuruh datang lagi karena harus standby untuk ambil sperma yg akan di ICSI dgn sel telur. Berarti kalo udah embrio transfer pada prinsipnya suami ngak perlu tungguin lagi, jadi cuma tinggal beberapa hari aja waktu diperlukan sperma untuk proses ivf nya.

    Itu berdasarkan pengalaman saya sich, moga2 bisa membantu informasinya.

  7. imel

    Hi Mulia..
    Aku dah setahun ini tinggal di Jkt, sebelumnya di Pekanbaru, Riau. Aku kyknya kalo jd ke Penang via Riau deh krn pasporku keluaran Riau, jd kalo ke Penang (malaysia) or Sing bebas viskal, gak tau deh kalo dari Jkt apa berlaku gitu jg gak yaa…

    Mulia, kata dokter secara medis sih aku gak ada masalah, cuma kualitas sperma suamiku yg sgt jelek krn ada varikokel. Jd secara normal sgt kecil kemungkinan utk hml. Aku skrg 30th, dah hampir 4th merried tp blm pernah hml. O ya, apa pemeriksaan2 yg telah dilakukan di Jkt bisa buat referensi di Penang or aku hrs lakukan pemeriksaan dari awal lg? N kalo boleh tau umur kamu skrg brp Mul?
    Emailku : jil_oney@yahoo.com
    Tks bgt yaa atas infonya…

  8. Mulia

    Imel, kalo paspor keluaran mana pun trus berangkat lewat airport jakarta kayaknya sich tetap kena biaya fiskal Rp1jt dech….

    Pemeriksaan yg Jkt kgk usah bawa krn nanti disana dokter jg USG lg koq, trus utk tes darah periksa hormon jg harus diulang krn hrs update pd wkt kpn imel mo mulai program. Just info utk pemeriksaan hormon yg disuruh dokter LH,FSH,T3,T4,Estradiol (5 item) kalo periksa di lab RS penang harganya sktr Rp400.000,- tapi dulu saya periksanya di lab di Jkt hrg thn lalu Rp.995.000,-.

    Trus suami saya jg udah operasi varikokel (6thn yg lalu) krn waktu itu kami berobat dgn salah satu androlog di Jkt disarankan operasi spy saya dpt hamil secara alami (tp ngak pernah berhasil tuh…) dan suami saya jg diberikan obat2 racikan androlog tsb selama 1thn tanpa tahu apa isi kandungan dari dua jenis obat2an itu.. Karena diberitahu oleh dr.Cheng (Thomson – SIN) kalo tdk boleh makan obat tanpa tau merek & jenis obat apa yg diksh oleh dktr, yach udah kami stop berobat di androlog tsb. Ternyata kami udah jadi korban penipuan nich (maklum dech emang lg musim malpraktek khan). Saya sendiri secara pribadi jg udah cape rasanya berobat & prgm ama dktr2 di Jkt krn ngak pernah ada hasilnya, yg ada cuma cape2 antri tunggu dktr, trus diksh makan obat ini, obat itu, inseminasi jg gagal…. wah pokoknya udah keluar biaya banyak tp kgk ada hasilnya sama sekali dech… jadi sedih aja bawaannya. Tp wkt saya pilih berobat di penang ini, stlh operasi myom trus prgm ivf dgn 2x ET dan saya jg 2x positif hamil, jd yach lumayanlah buat ngobatin kekecewaan selama ini… 🙂 Taon ini umur saya 32thn udah married 7thn. Trus ada pasien ivf dari medan (yg saya kenal di penang) udah umur 43thn ternyata bisa berhasil jg lho… anaknya udah lahir bln lalu kembar dua cowo. Buat info apartemen udah di email jg yach.

    Sorry yach koq jd saya yg curhat nich…

    Btw, imel udah pernah ikut program bayi tabung blm sich?
    Atau baru program2 hamil alami / inseminasi aja?

    Moga2 berhasil yach programnya, kapanpun & dimanapun ikut prgmnya.

  9. imel

    Mulia, info apartmentnya komplit bgt ya, tks loh.. Aku ngerasa kebantu bgt neh. Ntar klo aku jd ke Penang aku kabari lg biar dpt diskon yg lbh bnyk hehe..

    Aku dah pernah ikut BT di BIC (RS Bunda) dgn dr.Indra tp blm berhsl. Mulai program Nov’07 selesai akhir Des’07. Aku lgs disuruh BT sm dokter stlh melihat hsl tes sperma suami, krn kalo dgn insem hrs diterapi dulu hormon suami slm 3 bln, baru setelah itu bisa insem. Itupun blm tentu kualitasnya akan berubah baik, jd kyk sistem coba2 gt deh. Makanya kita memutuskan utk lgs BT aja, eh tnyt blm berhsl hml. Ketika aku tanya kira2 faktor apa yang menyebabkan gagal, dokter cuma menjawab kalo telurku gak bs merespon sperma yg di-ICSI. Trs aku tanya lg kenapa bisa bgt, jwb dokter telurnya mgk blm matang. Nah lo aku jd bingung deh, penjelasannya gak transparan n berbelit2. Pokoknya aku gak puas deh dgn jwban yg diberikan. Stlh istirahat 3 bln kyknya skrg aku dah siap tuk nyoba lg, tp gak ditempat yg sama. Tks ya Mul, atas doanya, mudah2an aku bisa hml kyk kamu jg.

    Mulia, aku senang bgt loh kamu mo crita2 pengalaman kamu, krn itu sgt berguna buat aku. O ya Mul, apa di apartemen itu jg nyediain pembantu(buat nyuci n strika) ato org yg bisa aku suruh2 buat beli makanan dll gak sih? Krn kalo jd ke Penang kyknya aku bakal sendirian deh, gak ada yg bisa temenin, paling suami cuma dtg 2x aja.Tks bgt2 ya..

  10. Mulia

    Imel, yg saya sich khan sblm ovum pick-up biasanya disuntik obat untuk mematangkan sel telur (dulu saya sich disuntik yg merk Ovidrel). Emang kamu udah ngak ada sisa frozen embrio?

    Trus wkt Jan’08 saya mulai thaw cycle sich di apartemen lagi ada pekerja nya (kebetulan dia ditempatin di lantai yg sama dgn tempat saya tinggal), jadi stlh papa saya pulang Jkt duluan, yach udah dech minta tolong ama dia buat cuci baju (tersedia mesin cuci sich), beliin makanan/camilan, bersihin kamar & kmr mandi. Jadi intinya saya merasa terbantu aja dgn adanya pekerja ini (namanya Kak Yatim/tki dari jawa timur).

    Saran saya kalo bisa sblm mulai prgm ivf, mending kamu akupuntur dulu dech. Krn itu bagus manfaatnya untuk membantu melancarkan aliran darah (metabolisme tubuh) & bisa bantu supaya rahim juga subur kondisinya, badan juga rasanya jadi lbh enteng & fresh. Saya wkt itu 2x seminggu akupuntur pdhl sinshe nya bilang 1x seminggu jg udah cukup, tp maklum krn saya pengen cepat2 ada hasil jd tambahin frekuensi tusuk jarum. Harganya jg cukup reasonable Rp30.000/kunjungan (1/2jam), jgn cari tempat akupuntur yg komersil.

    Bye, 🙂

  11. imel

    Mulia, aku dikasih dokter Puregon 200IU selama 11 hari, setelah ukurannya 18mm, baru dikasih Ovidrel. Kata dokter secara fisik telurnya udah matang tp didalamnya matang ato enggak ya gak bisa diketahui. Itu jg asumsi dokter aja mgk telurnya belum matang, jd gak merespon ketika dipertemukan dgn sperma, pdhl dah pake ICSI loh..

    Ketika OPU aku dpt 12 telor, trs yg lgs jd embrio cm 3, sisanya norespon. Trs atas pertimbangan apa gt aku lupa, telor yg norespon itu dire-ICSI sm org lab. Sempat jd embrio sih tp gak bs bertahan lama akhirnya gak berkembang lg. 3 embrio yg jd di ET semua, abis deh gak ada yg dibekuin.

    Aku kecewa bgt loh pas sehari sblm jadwal bloodtes mensku dtg, sampe nangis2 bombai seharian. Pdhl dari proses yg aku jalani semuanya bagus, telur2nya jg merespon dgn baik ketika disuntik Puregon. Aku jg gak ngerasain sakit2 bgt wkt OPU n ET. Semuanya lancar2 aja. Makanya aku kaget bgt ketika dokter blg penyebabnya mgk telurnya blm matang. Aku skrg positive thinking aja, mgk kmrn belum saatnya krn aku percaya bgt semua indah pd wktnya. Tuhan pasti melihat semua perjuangan yg kami lakukan dan akhirnya memberikan keajaiban itu, amien.. Doain aku jg yaa..

    Mul, akupuntur sakit gak sih? Alamatnya boleh dong die-mail. Aku tinggal di Tebet, jauh gak siy? Tks

  12. imel

    O iya Mul, akupunturnya brp lama? Krn klo Tuhan mengijinkan aku rencana mo mulai program bln Mei di Penang. Tks

  13. syamila

    Halo imel, aku baru buka website ini. dulu kamu di pekanbaru? aku sekarang di pekanbaru loh..mau dong sharing ivf nya. aku boleh email ke kamu? tks

  14. Mulia

    Imel kalo dulu saya akupuntur selama sebulan aja sich seminggu 2x di Yayasan Akupuntur Umum, Jl.Ketapang Utara (dekat Gajah Mada Plaza) dgn sinshe Tjhan Heng Lan (sinshe perempuan), kayaknya kalo ama tebet sich jauh banget dech… sebenarnya itu cuma option aja koq buat lancarin aliran darah, ngak harus2 banget dan kalo rencana bln mei mo prgm lg kayaknya udah mepet tuh waktunya, mending mulai healthy life aja lha… Btw, no contact saya jg udah di email, please feel free to contact me…. Good luck yach buat rencana program ivf semoga dapat sesuai jadwal & langsung berhasil hamil. GBU

  15. syamila

    halo mulia, selamat ya atas kehamilannya. mudah-mudahan dilancarkan sampai melahirkan nanti.amin.
    aku mau tanya, waktu di penang itu, kamu kan dikasi obat suprefact yang dimulai pada hari ke-22. obat tersebut untuk apa ya? Terus, kamu bilang, dokter di Penang akan periksa kadar hormon kita (pastinya dengan pemeriksaan lab) dan periksa rahim kita apakah bagus atau tidak. Nah, periksa rahim nya diapain tuh. Kalo hanya dari USG (even yang trans vaginal) apakah sudah cukup untuk melihat kondisi rahim kita, atau ada pemeriksaan tambahan lainnya? thanks banget atas info nya.

  16. imel

    Hi Syamila.. Iya neh aku dulu tinggal di Pekanbaru, skrg dah pindah ke Jakarta krn ikut suami. Kamu emang org Pekanbaru or ikut suami juga? Boleh dong, kirim aja email ke jil_oney@ yahoo.com, senang banget aku bisa berbagi cerita ttg ivf krn tiap org pasti pengalamannya beda2, jd bisa buat referensi jg. Btw, kamu dah pernah ivf or baru mo mulai? Mo nyoba di Penang gak? Lbh dekat loh dari Pekanbaru.. Kalo mau, kita bareng yuk? Pasti asyik deh kalo ada teman bareng2 ivf. Aku rencana mo mulai program lg bln mei, aku tunggu britanya yaa..

    Hi Mulia..aku dah simpan no kontak kamu tks yaa.. tks jg atas doanya, GBU too

  17. imel

    Hi Syamila.. pa kabar? Gmn rencana ivfnya? Minat gak bareng2 ke Penang? Kita emailan yuk? Aku tunggu balesannya yaa..
    Tks

  18. syamila

    Hai imel
    Aku tinggal di pkbru krn ikut suami. Tapi nya sekarnag aku juga jadi kerja disini. Nanti aku langsung email ke kamu aja ya biar lebih enak. AKu belum pernah IVF, cuman udah 2 kali Inseminasi (di jakarta dan Malaka). Ok deh Imel, aku hub by email aja ya…

  19. syamila

    Mel, aku email ke kamu besok pagi ya…tunggu email dari aku. Sekalian tar aku add di YM deh ya, jadi bisa chatingan…bye.

  20. anna

    Hi mbak mulia salam kenal..kalau akupunturnya setalah ET bahaya ngga?Aku kemarin setalah ET Tiga hari kemudian aku akupuntur.

  21. Mulia

    Hai syahmila, thanks yach atas doanya…..

    Sorry baru reply sekarang karena saya baru balik dari penang, setau saya suprefact itu utk persiapan ivf mungkin untuk stabilkan hormon kali yach…. abis dokter juga ngak jelasin banget2 sich lagian waktu fresh cycle saya juga ngak terlalu ngerti2 banget mengenai proses ivf maklum program ivf pertama, jadinya rada2 bingung….

    Soal USG sesuai pengalaman saya emang cuma trans vaginal aja koq, nanti kalo ada sekali pemeriksaan ukur panjang rahim, nah itu rasanya sakit dech.

    Trus kalo emang ada waktu bisa barengan ivf ama imel, bagus jg tuh idenya karena selama proses ivf khan kagak ada kegiatan apa2 selain suntik2 hormon & cek kondisi ovum, jdnya bisa ada teman barengan untuk mengurangkan rasa boring & saling kasih support dech selama menjalankan proses ivf.

  22. Mulia

    Hi anna, saya ngak tau kalo abis ET trus akupuntur ada efek apa karena kalo saya akupuntur dulu sblm ET dan setelah ET saya ngak pergi kemana2 lagi sampe waktu tes darah Bhcg itu juga cuma pergi ke lab trus ke praktek dokter. Emang anna kapan ET nya?

  23. anna

    Hi mulia aku ke akupunturnya tiga hari setelah ET..dan besuk pagi ada janji ke akupuntur lg,tp ada perasaan was-was kalau ada efeknya..

  24. ade

    Hi Mulia, akupuntur yg kamu lakuin itu untuk ngurusin badan atau untuk apa, terus detox kamu bikin dimana? Aku sdh 2 kali ikut BT, fresh cycle and thaw cycle dan keduanya gagal. Skrg aku lg akupuntur 2 minggu sekali, aku sih mintanya buat bisa hamil, kurus sekalian detox, bisa ga sih sekalian gitu? Aku juga minum folic acid 5 mg sehari satu. Dokterku bilang sih istirahat dulu 2 bulan baru mulai proses lagi, aku juga pengen cepat2 maklum umur dah 35.

  25. Mulia

    Ade, kalo saya akupuntur seminggu dua kali supaya lancarin peredaran darah & menyuburkan kandungan. Trus kalo detox saya sich pake cara yg biasa aja cuma makan buah2an, minum air putih / juice buah selama 3 hari berturut2, udah gitu dilanjutin dgn diet selama satu bulan, tujuannya utk kurusin badan karena udah overweight banget krn suntikan hormon yg fresh cycle yg dilanjutkan dgn kehamilan. Kalo kamu suka bisa jg coba makan ayam arak krn gunanya utk menguatkan stamina sblm mulai program BT lg. Nanti rencananya mo BT dimana lg?

  26. ade

    Hi Mulia, aku sdh 2 minggu akupuntur 2x seminggu, sekarang mo coba cara kamu detox makan buah2an dan juice, mudah2an kuat ya. Pengen juga coba ayam arak, segala cara biar hamil aku coba deh. Rencana sih mo BT tetap di Bangkok. Besok aku mau hysteroscopy dulu, terus usaha dan tetap semangat. Doain aja ya….

  27. Mulia

    Tia, saya akupuntur di Yayasan Akupuntur Umum, Jl.Ketapang Utara – Jakarta (dekat Gajah Mada Plaza) dgn sinshe Tjhan Heng Lan (sinshe perempuan), biayanya Rp.30.000/kunjungan utk 1/2 jam terapi akupuntur. Disana ada banyak sinshe nya jadi tergantung mau dgn sinshe yg mana, jam buka mulai 08.00-12.00 trus sore 16.00-18.00. Emang tia tinggal di jkt ato di kota apa?

  28. Angel

    Hi, salam kenal ya semuanya. aku jg berencana utk ikutan IVF. jadi ya lagi nyari2 info yg biaya nya lebih murah dan kemungkinan berhasilnya tinggi gtu klo bisa.senang membaca pengalaman Mulia yg akhirnya berhasil hamil. aku jd semangat lagi berusaha utk ngasih suami aku baby. kayaknya aku mau ke Penang deh ikut jejak Mulia. Oh ya Mulia aku boleh minta alamat apartemennya gak? emailku Fank882000@yahoo.com. thanks ya sebelumnya. Imel dan Syamila kapan mau ke penang? . barengan yuk. aku jg mungkin hrs paergi sendiri deh

  29. Angel

    Hi, Mulia, selamat ya sebentar lagi kamu akan jadi mama. aku bisa ngerasain deh betapa bahagianya kamu dan suami. oh ya aku mau nanya. harga ivf di penang yg 9000 ringgit itu apakah dah termasuk Gonal F, tes darah yg hiv,rubella dan segla macam itu. waktu itu Mulia di kasih brapa IU gonal f nya?.boleh tahu gak alamat dr.Tjien gak Say

  30. Mulia

    Hi juga Angel, harga 9000 ringgit itu udah termasuk semua prosedur program ivf mulai dari tes darah, obat suntik suprefact & puregon (skrg ivf udah ngak pake gonal f lagi), kunjungan2 ke dktr utk pantau sel telur, ovum pick-up, embrio transfer & frozen embrio. Emang angel rencana ivf ini utk pertama kali ato sblmnya udah pernah? Oiya kalo mo ke penang, barengan ama imel aja, nanti saya ksh tau dia dech krn kalo nanti mo prgm katanya dia kemungkinan juga sendiri. Trus dr.Tjien Ronny praktek di RSIA Family – Pluit dan RS.Pantai Indah Kapuk, saya sich skrg ini konsul yg di Family krn harganya lbh murah jg. Maklum nich khan ivf udah pake biaya banyak jd mesti hemat2 utk next nya….. HeHeHe 🙂

  31. mery

    Hai Mulia, semoga kamu dan baby sehat ya.. Kemaren baru habis plg dari penang ya. Kata Dr. Ng gmn? Kamu rencananya melahirkan dimana? Sy tgl 28 ke dokter lagi utk mengetahui kondisi sy setelah suntik tapros. Mudan2an sih uda bisa mulai suntik suprefact. Trus mulia taunya darimana yg harus pake pampers selama after ET? Sy sih belum tanya dokter ttg hal itu tp waktu kemaren dijelasin gak ada bilang hrs pake pampers. Ntar deh sy tanya sejelasnya. Memang after ETnya agak beda yah dengan di Penang dulu. Disini ga pake cyclogest, tp suntik progesteron tiap hari. ntar ada suster yg kerumah yg suntikin, soalnya ga boleh suntik sendiri. Trus selama after ET sampai cek kehamilan ntar ada 3 kali jadwal periksa darah utk cek kadar progesteron. Nah itu juga kita telp labnya minta org lab kerumah utk suntik ambil darah. Agak ribet yah.. waktu di penang jauh lebih simple. Ok deh Mulia ntar tgl 28 sy kabarin ya gmn…

  32. mery

    Hai Angel salam kenal, kamu juga rencananya mau IVF di Penang ya, mudah2an sukses dan lancar ya. Sy juga pertama BT di Penang, ketemu Mulia juga di Penang. Selain biayanya termasuk murah utk akomodasinya juga terjangkau. Seneng ya kalo bisa barengan ama temen2 laennya. Biar bisa saling support. Kalo sendirian juga bete abis, boring en lonely banget deh. Ok deh smoga lancar ya

  33. Angel

    hi,Mulia thanks a lot ya informasinya. aq belum pernah insem ataupun ivf. tapi sdh mulai nanya2 ke dokter ttg ivf. kemari aku dah konsultasi ke JWCC DR.Andy Hudono, mereka bekerjasama dgn RS. National University Hospital di singapore, dr.PC Wong. jadi pemeriksaan lab dan penyuntikkan hormon segala macam dilakukan di indonesia di JWCC. trus pas embrio transfer dan ovum pick up dilakukan di singapore. nah total harganya ( ini sdh termasuk gonal F sebanyak 36 vial, yg mana per vialnya Rp.550.000,-)itu sekitar Rp. 93.600.000,-.rincian nya adalah: persiapan pengambilan sel telur di JWCC oleh dr. Andy Hudono Rp. 18.500.000,-, gonal F 36 Vial Rp.19.800.000,-,embryo transfer Di Singapore oleh Dr.PC Wong di National University Hospital Rp.S$ 6,900 dan biaya obat2an S$. 1.000. aku bingung banget dan agak putus asa jg mendengar biaya sebesar itu . makanya seneng banget ketika baca pengalaman nya Mulia. sekali lagi terimakasih banyak ya Mulia. begitu dpt informasi ttg tiket sgl macam aku lsg berangkat.Oh ya MUlia, dokternya pake bahasa apa?.

  34. Angel

    Mer, aku baru mau konsul ke Penang sih. mungkin dlm mgg ini. Doain yah semoga berhasil hamil. sejujurnya aku merasa agak gak enak jg sama suami aku, krn dpt istri yg punya problem di reproduksi, jd hrs merogoh kantong lebih dlm. makanya seneng bisa baca pengalaman Mery da Mulia ivf di Penang. apalagi harganya lebih terjangkau. Mer, aku mungkin harus di beresin dulu masalah hidrosalping. tapi aku bingung, kok dokter ku gak bilang ya masalah pengangkatan hidrosalping itu. klo gak di angkat gak bisa ya?.
    Oh ya Mer, lagi itu Mery pake laparaskopy kan?. berapa lama sesudah pengangkatsn hidrosalping baru bisa action utk ivf?. thanks a lot ya Mer

  35. imel

    Hai Angel, lam kenal..
    Kamu lg nyari2 teman mo ke Penang yaa? Aku jg neh rencana mo ke Penang mo ivf yg kedua krn yg pertama aku gagal di RS Bunda. Kpn rencananya mo kesitu? Barengan yuuk? Aku sih mens bln Mei tgl 9. Siapa tau mensnya dekat2an hehe. Kata Mulia sih biar lebih hemat kita dtg ke RS hari ketiga mens, biar bisa lgs diperiksa2, abis itu bs lgs bw plg obat. Kamu mo lgs program ato mo konsul aja dulu?
    Oh ya Ngel, hidrosalping itu apa ya?
    Aku tunggu kabarnya ya.. tks

  36. Angel

    Imel, aq seneng deh dapat temen seperjuangan he..he..he.. tadinya aq rencana mau konsul doang. tapi begitu baca pengalaman Mulia dan Mery, harganya menarik dan kemungkinan berhasilnya besar kayaknya aku mau langsung deh. Imel dah baca rincian harga ivf di jkt yg aku buat. harganya kan luar biasa. Mel hari ini aku mens ke 5. tapi kayaknya aku mau berangkat beberapa hari ini deh . aku kan belum pernah ke Penang Mel, jd hrs pengenalan lokasi dulu kali yeh. yuk barengan Mel. Mel, hidrosalping itu adalah, penebalan dinding tuba fallopi oleh air ( ingat hirdo, berarti ada hub nya dgn air),jd kayak bengkak air gitu say. sehingga mengakibatkan penyempitan atau mampet di tuba fallopi. Mel punya yahoo messenger gak? jadi bisa chating. aku fank882000@yahoo.com aku tunggu ya

  37. imel

    Angel, aku jg blm pernah ke Penang tau. Cuma aku dah dpt bnyk info dari Mulia, komplit bgt lg. Kalo aku sih pengennya kesitu mo lgs program, jd pas mens hr kedua brgkt dari jkt, pas hr ketiga lgs priksa2 gt. Eh bisa jg sih aku ikut bareng kamu buat liat2 gt. Ntar aku tanyain suamiku dulu yaa.. Email aku jil_oney@yahoo.com

  38. Mulia

    Angel, wah kamu nich niat banget lgsg mo brkt ke penang, salut juga dgn keberaniannya… semoga disana dpt hsl yg baiknya. Btw, kalo dktr disana sich mother language tuh pake bahasa Hokkian, tp dia bisa kalo mo ngomong pake bahasa inggris ato melayu koq. Kamu bisa bhs hokkian? Tp dktrnya agak jutek yach, kita ngak bisa tny2 detil kyk dktr di indonesia, tp yach udahlah kalo prinsip suami saya sich katanya ngak apa2 dktrnya sdkt ngomong tp ada hasilnya…Mgkn dia udah males kalo ama dktr indonesia khan lbh bnyk ngomongnya tp ngak ada hasilnya. Good luck yach…..

  39. mery

    Angel, sebelum kena hydrosalphing kan sy uda kena endometriosis. Jd kedua saluran tuba juga uda blocked walaupun endometriosis dan kista sy uda dioperasi. Kira2 8 bulan sesudah operasi endo sy baru tau kedua tuba kena hydrosalphing. Kata dokter sy di medan sih hydrosalping harus ditangani dulu sebelum mau hamil. Soalnya air nya bisa mengakibatkan keguguran.
    Waktu di Penang oleh Dr. Ng sy langsung laparoskopi dan kedua tuba diangkat krn emang uda parah dan ga berfungsi lagi. Kalo Angel kan gak pernah kena endo jadi mungkin masih bisa sembuh. Setau sy dengan obat antibiotik juga bisa sembuh. Coba deh Angel konsultasi dulu dengan Dr. Ng mudah2an sih ga usah sampai harus laparoskopi. Oh ya sy laparoskopinya november 2006. Kata dokter Ng 2-3 bulan sesudah laparoskopi udah bisa program IVF. Sy mulai prog Feb 2007.
    Jadi kamu kapan berangkatnya? Sy doain semoga sukses dan lancar2 aja. Jangan patah semangat ya. Awalnya sy jg down banget begitu tau permasalahan reproduksi parah yg saya alami. Tp suami juga amat pengertian dan ttp mensupport sy. Jd Angel juga hrs tetap semangat ya… Good Luck!

  40. mery

    Hi mulia, td uda ke dokter. Aduh nunggunya lama banget, hampir 3 jam. Padahal usg dan konsultasi juga ga sampai 10 menit. Kata dokternya saya mulai program tgl 12 mei. Doain ya mulia, semoga ketularan kamu ..

  41. Mulia

    Mer, good luck yach semoga lgsg berhasil program yang kali ini. Trus soal bedrest total gmn? udah tny blm ke dr.Bin…..

  42. mery

    Mulia, soal bedrest nya emang benar. Pake pampers 3 hari, tp katanya ga harus pipis di pampers. Kalo emang kamar mandinya dekat yah jalan aja pelan2. Kalo mau buang air besar harus di closet duduk dan ga boleh ngedan. Trus katanya jg ga boleh naik turun tangga. Dan ada pantangan makanannya lagi. Ntar kalo uda ET baru dikasi list makanan yg ga boleh dimakan. Sy jadi bingung n pusing nih peraturannya banyak banget.

  43. Mulia

    Mer, kalo boleh jalan pelan2 ke toilet, trus jd buat apa disrh pake pampers yach?? Btw, ngak usah bingung lha kalo emang Mery udah putusin utk ivf di dr.Bin berarti harus yakin & mantap donk… Mgkn tiap dktr pny cara & aturan2 masing2, makanya kita sebagai pasien cuma bisa ikutin aja dech instruksi dktr spy dapat hasil yg maksimal. Pokoknya jalanin aja dech dgn enjoy khan ivf di medan ngak sendirian lagi, ada keluarga yg temanin & mendukung…

  44. mery

    Thanks mulia sarannya membantu banget. Iya nih tdnya sy emang agak down nih krn belum apa2 mendengar aturannya uda ga nyaman banget. Tp skrg uda bisa berpkir positif. Dijalanin aja semuanya dengan ikhlas dan enjoy. Oh ya mulia biasanya chatting jam berapa aja? Emailnya mulia_halim@yahoo.com kan?

  45. Yanti

    Hai mery salam kenal, boleh tau nggak makanan apa yang dipantang setelah proses ET? karena dokter saya mengatakan tidak ada pantangan makanan, tapi saya pengen juga tau, dan mengenai penggunaan pampers itu maksudnya buat apa ya? saya hanya disarankan tidak boleh naik turun tangga, berendam, berenang.

  46. mery

    Hai Yanti salam kenal juga, saya belum tanya makanan apa yg ga boleh dimakan. Katanya sih listnya ntar diberikan setelah ET. Trus awalnya sy jg bertanya2 pampersnya buat apa, ternyata yah itu deh seperti bayi buang air kecil di pampers. Btw, setiap dokter peraturannya beda2. Waktu sy menjalani proses BT di Penang malah tidak ada aturan atau pantangan apapun. Trus Yanti IVF nya dimana dan sekrg sudah menjalani ET ya?

  47. Yanti

    Mer,saya kebetulan mengikuti BT di Spain dimana suami saya sedang bertugas, saya sudah menjalani ET dua kali, tapi masih belum berhasil, kayaknya masih ada sisa 2 embrio lagi tapi saya belum tau kapan mau ET lagi karena rencana bulan ini baru mau konsultasi lagi sama dokternya. Denger2 sehabis ET katanya harus nahan buang air kecil tapi dokter saya mengatakan tidak apa2 makanya sehabis ET setiba di rumah saya langsung ke toilet karena saya tidak bisa menahan buang air kecil, apa karena itu ya jadi gagal? Sebetulnya saya masih belum puas dengan dokter saya makanya saya ragu untuk mencoba ketiga kalinya.

    Buat Mulia selamat ya atas keberhasilannya, semoga lancar nantinya. Boleh tanya nggak nih? sewaktu habis ET fresh cycle katanya sakit banget ya..? emang rasanya kayak apa? kog saya nggak ngerasain apa2 ya sewaktu ET fresh cycle maupun thaw cycle, justru setelah selesai proses OPU saya merasakan perut saya sakit banget sampe beberapa hari. pada saat OPU saya hanya disuruh istirahat 30 menit di tempat setelah itu diperkenankan pulang.

  48. mery

    Hi Yanti, tetap semangat ya walaupun gagal 2 kali yg penting kamu masih ada 2 embrio lagi. Sy malah ga ada embrio sisa shg terpaksa harus mulai dari awal lagi. Btw, biaya IVF di Spain mahal ga ya? Oh ya sewaktu proses ET sy harus nahan buang air kecil, setelah selesai ET boleh langsung buang air kecil kok.Waktu proses ET sy juga ga merasa sakit, yg sakit sih after OPU, bagian bawah perut seharian terasa nyeri. Tp sy ada diberi obat pereda nyeri yg dimakan sehari 2 kali. Mudah2an proses yg ketiga ini kamu berhasil ya Yanti…

  49. Mulia

    Yanti, kalo saya sich sakit banget after ET yg fresh cycle itu krn kelanjutan dari sakit setelah OPU, jd rasanya perut kembung & nyeri banget dan kram, hal itu berlangsung sampe kira2 selama 10 minggu kehamilan. Semoga next thaw cycle Yanti langsung berhasil yach…

  50. imel

    Hai Mery, lam kenal… Aku doain smoga program kamu yg skrg berhasil yaa..
    Aku juga rencananya mo mulai program ivf fresh cycle yg kedua neh (yg pertama gagal di RS Bunda Jkt n gak bisa thaw cycle krn gak punya frozen embrio) tapi mo nyoba di Penang (kebalikan kamu ya..) Aku mo nanya kalo berangkat dari Medan ke Penang bebas fiskal gak sih? Soalnya pasporku keluaran Riau, sayang aja kalo via Jkt krn tetap kena fiskal hehe. Sedangkan kalo mo berangkat dari Riau gak ada yg rute langsung ke Penang. Thanks yaa…

  51. mery

    Hai Imel, salam kenal juga. Kalo berangkat dari Medan ke Penang sih bebas fiskal. Btw, Imel skrg tinggal di Jkt dan pegang paspor Riau ya? Kalo mau bebas fiskal ya via medan aja.Tapi berarti kan hrs beli tiket jkt-mdn dan mdn-pen lagi. Apa ga lebih murah Jkt-penang plus byr fiskal? Kalo dulu dari Jkt sih ga ada langsung yg ke Penang hrs transit Kuala Lumpur dulu, untung skrg uda langsung ya.. Imel itung dulu deh mana yg lebih murah hehe Eh ya Imel ga bareng Angel ke penang? Mudah2an Imel berhasil ya fresh cycle kedua ini. Info kita2 trus ya Imel…

  52. Imel

    Mery..
    Kalo aku bandingin naik AirAsia lebih murah sih via Medan, lumayan bisa menghemat sekitar 1,5jt (PP berdua) bisa buat makan2 enak di Penang:) lagian aku jg bisa jalan2 dulu di Medan hehe. Iya, mudah2an sih aku bisa ikut bareng ama Angel bln Juni ini n bisa langsung hamil (amien). Sekarang sih aku akupunktur dulu aja, biar rahimnya lebih subur (rekomendasi Mulia). Thanks doanya ya Mer.. Kita sama2 fresh cycle yang kedua neh.. Aku juga pasti doain kamu agar sukses pada program kali ini.
    O iya, program ivf kamu di Medan dah nyampe mana Mer? Di RS apa?

  53. mery

    Wah Imel… selisihnya banyak juga ya..ternyata tiket jkt-penang mahal juga nih.. Iya deh mending imel via medan aja. Ntar sy tgl 12 mei ke dokter, baru mau mulai suntik suprefact. Tp krn sebelumnya sy uda suntik tapros 3 kali jadi suntik suprefactnya ga terlalu lama. Sy programnya di Halim Fertility Centre/Dr.Binarwan Halim. Di Medan masih cuma dokter ini yg handle IVF. Mudah2an kita berdua bisa berhasil ya Imel…Amin..

  54. Mulia

    Mery, udah bisa telp aci itu blm? Dia lusa sich mo dtg ke Jkt, jadi nanti saya mo ketemuan ama dia juga sich. Btw, semoga ivf kali ini lgsg berhasil yach krn khan Mery prgm di medan, jd otomatis dekat dgn suami & keluarga sehingga pastinya lbh bnyk dpt support moril. Nanti kabar2in yach info selanjutnya. Oiya suprefact suntik sendiri ato dtg ke klinik dktr?

  55. mery

    Mulia, sy belum telp a ci itu, kemaren hpnya kagak aktif. A ci itu mau nyoba IVF di Jkt? Ntar besok sy coba lagi deh.Eh mulia sy bingung nih kok dokter ga minta sy test rubela ato ACA ya? apa harus inisiatif sendiri? Trus waktu seblm thaw mulia kan ada test rubela dan aca kan? Itu atas saran dokter yg di jkt kan? Mtar tgl 12 sy ke dokter baru mulai suntik superfact. Maunya sih suntik sendiri aja capek deh kalo harus tiap hari ke klinik dokter, cuma belum ketemu dokter jadi belum tau sini aturannya gimana.

  56. Imel

    Maksud aku lebih murah kalo Jkt-Mdn-Penang-Jkt (tanpa fiskal) daripada Jkt-Penang PP (pake fiskal). Kalo bisa bebas fiskal ngapain bayar hehe…
    Kalo aku sih yakin banget kamu bisa hamil lagi Mer, secara kamu dah pernah hamil sebelumnya, kayak Mulia gitu… Sedangkan aku belom pernah hamil, jadi rada2 stres juga mo mulai fresh cycle yg kedua neeh, agak2 trauma gitu.. Tapi mo gimana lagi, cuma inilah satu2nya cara yg bisa dilakukan selain banyak2 berdoa kepada Tuhan. Semoga Tuhan memberikan keajaiban (amien) Good luck Mer… God Bless Us

  57. feni

    hi…semuanya. sy jg ikut BT di spore. mau nanya dong bg yg pernah ikutan, abis dimasukin fresh cycle , 3 atau 4 hari pernah flek2 gitu ga? dan tadi pagi perutnya jg ga enak, apa ini tanda2 gagal? thx yah sharingnya..

  58. Yanti

    Mer, kalo biaya BT di spain menurut saya mahal, waktu itu pertama saya harus bayar 6000 euro belum termasuk obat-obatan. Biaya obatnya termasuk suntikan-suntikan kira-kira 3000 euro lebih, dan waktu proses ET kedua thaw cycle saya dikenakan biaya lagi sebesar 1000 euro dan berhubung embrio frozennya mau dilakukan haching kena biaya tambahan lagi 250 euro. Kalau dibandingin dengan di Denhag katanya lebih murah disana dan banyak juga orang indonesia yang berhasil disana. Oya Mer, merasakan perut jadi membesar nggak ya..?kog saya setelah melewati proses OPU perutku jadi gendut banget tapi nggak sesak napas seperti yang saya baca di “Efek samping” , apa itu salah satu efek proses BT yach..? saya sih pengennya istirahat dulu sampe nunggu waktu yg tepat untuk ET lagi.

  59. mery

    Hi Feni, sy sih ga ada flek cuma memang setelah ET perut sy terasa kembung, tegang, kaku dan kencang gitu…Terasa tidak nyaman aja. Setiap org sih beda2 ya, apalagi setelah membaca shareng temen2 disini, malah ada juga yg ga merasa apa2 dan ada juga yg flek dan katanya merupakan tanda kalo embrionya nempel ke rahim. So, pokoknya kamu jangan cemas dan negative thinking dulu. Tetap semangat dan enjoy aja ok. Sy doain semoga berhasil ya..

  60. mery

    Hi Imel, uda pasti mau ke Penang dong ya. Semoga sukses disana ya.tetap info ya kapan jadinya ke Penang. Sy juga yakin kok kamu bisa berhasil hamil juga, Kamu juga harus yakin, positive thinking kamu pasti bisa. Doa yg kencang dan tetap usaha jangan putus asa and let God do the rest ok. Good luck, too

  61. mery

    Hi Yanti, wah biayanya mahal ya, beda jauh ama di sini.Tp mungkin uda sesuai juga dengan standar masyarakat Europe sana ya. Oh ya Sehabis ET sih perut sy emang agak besar, kembung gitu. Ga nyaman banget krn rasanya tegang, kaku dan kenceng kayak ada yg ikat hehe. Kemaren sy istirahatnya juga setaon baru fresh cycle kedua lagi. Mungkin kelamaan juga kali ya, soalnya umur sy juga uda masuk kepala 3 apalagi dgn kondisi reproduksi yg tidak bagus. Btw, Yanti tetap info kita2 yah kapan mulai ET ketiga lagi.

  62. Imel

    Iya Mer.. Mudah2an aku ke jadi ke Penang tunggu mens bulan depan biar bisa barengan ama Angel. Lebih asyik kan kalo ada temen bareng, jadinya gak boring. Makasih ya Mer atas doanya.. sekarang aku semangat lagi berusaha dan berdoa (pastinya) demi hadirnya sibuah hati yg diharapkan. Amien…
    Mery waktu di Penang dulu ivfnya barengan ama Mulia yaa? Lebih enak mana ivf di Penang daripada di Medan skrg?

  63. desy

    Mulia, aku boleh tahu no telp yayasan akupuntur yang diketapang? sinshe mana yah yang pintar? Terima kasih atas infonya.

  64. mery

    Imel, sy dan Mulia sayangnya ga barengan. Maunya kalo barengan lebih asik ya. Wkt IVF di Penang sy bertemu Mulia yg sdg cari info ttg IVF. Jadinya kita sharing terus ampe skrg. Sebenarnya sih sama aja ya mau IVF dimanapun, cuma kalau di sini sy kan dekat ama husband, keluarga yg bisa support jadi setidaknya lebih kuat dan tegar deh. Kemaren wkt di Penang kan sendirian jd bener2 down banget ampe stress juga saking boringnya. Btw Imel, kamu kan ga ada masalah kan jadi sehrsnya chancenya berhasilnya lbh besar, jadi tetap optimis ya..

  65. Imel

    Mery…
    Emang lebih tenang kalo bisa ditemani ama suami n keluarga, mo apa aja tinggal bilang hehe.. tp aku harus kuat & semangat terus berusaha demi si baby (thanks ya Mer..)
    Kalo berdasarkan pemeriksaan di RS Bunda, aku sih gak ada masalah, semua bagus. Krn ivf pertama gagal aku coba konsul ke dr.Aucky Sby (bulan April yg lalu), ternyata dinding rahimku terlalu tipis (ukuran & bentuk rahim normal). Jd mungkin ini penyebab embrio gak bisa nempel. Kata dr.Aucky lagi, harusnya sebelum ET diberikan obat/suntikan untuk menebalkan dinding rahim supaya kemungkinan embrio nempel lebih besar. Gak tau deh mana yg bener.. Wah jangan2 diagnosa dari dokter Penang ntar beda lagi? Wah bingung deeh…

  66. Mulia

    Desy, alamat lengkapnya yaitu Yayasan Akupuntur Umum, Jl.Ketapang Utara I No.21 – Jakarta (dekat Gajah Mada Plaza) telp: 6342483, kalo saya waktu itu terapi dgn sinshe Tjhan Heng Lan (sinshe perempuan), update biaya akupuntur kata Imel udah jadi Rp.35.000/kunjungan (utk 1/2 jam terapi akupuntur dgn getaran listrik & perutnya dipanaskan dgn alat penghangat). Jam buka mulai 08.00-12.00 trus sore 16.00-18.00. Semoga informasi ini dapat membantu yach…

  67. eva

    Hai Mulia, salam kenal.
    Aku juga akupuntur dengan sinshe Tan di Ketapang, dia sempat bilang ada pasiennya yg berhasil BT di Penang n bawa temennya utk akupuntur sama dia. Aku rasa itu kamu. Saya tertarik membaca cerita kamu. Selamat ya, perjuanganmu berhasil.
    Aku sudah pernah BT th 2005 di RS Family dengan dr Muharam tapi tdk berhasil katanya sperma suami krg bagus (padahal sdh ICSI), dari 18 sel telur cuma jadi 3 embrio yg ditanam. setelah gagal itu aku sempat ke dr Ycoeb di Sam Marie n disuruh BT atau Laparoscopy tapi belum aku jalani sampai sekarang.
    kalau boleh aku minta info dr, RS , apartemen, biaya dll.
    Makasih berat sebelumnya.

  68. Mulia

    Hi Eva, kamu udah brp lama akupunturnya ama sinshe Tan? Kapan rencana mo BT lg & dimana? Nanti info yg kamu minta saya japri ke email kamu yach, semoga bisa membantu Eva. Good luck yach utk rencana BT selanjutnya.

  69. eka

    Hai Mulia, salam kenal. Selamat yaa atas kehamilan kamu, mudah-mudahan tetap lancar dan sehat sampe lahir dan baby jg mamanya sehat. Makasih banget ya buat sharingnya, smua temen2 jg. Membantu banget mompa semangat tuk nerusin program. Btw Mulia, kasus kamu sama aku tuh mirip banget. Kemarin2 aq jg dah ikut fesh cycle di siloam sby, hamil sekitar 2 bln tp kmd janin gak berkembang jd terpaksa hrs dikuret :(, pdhal klo gak bermasalah (?) pengennya biar deh di rahimku terus, hik… Aq tertarik sm cara kamu buat detoks etc bs cerita lbh detil? krn renc 2 atau 3 bln lg aq mau thaw cycle. Boleh aq hub japri ke e-mail kamu? Makasih ya! Jg buat semuanya seneng banget deh lihat eh baca yang pada semangat mau tetep usaha buat dpt momongan. Moga sukses tuk semua yah!!

  70. Eka

    Hi, Mulia. Salam kenal. Buat temen2 semua jg salam kenal. Mulia, aq mau tanya2 lbh detil ttg persiapan kamu sblm thaw cycle, boleh japri via e-mail? Krn cerita kamu tuh mirip banget dg aq, cm skrg lagi break krn abis dikuret. Buat temen2 semua, seneng banget pada semangat usaha buat dapetin momongan. Moga2 berhasil yah. Tetep semangat!

  71. eva

    Mulia, aku sudah 2 bulan akupuntur disana. Seminggu 2 kali. Aku sempat dikasih obat yg 1 butirnya banyak banget. Aku rasa itu vitamin ayam hitam kali ya. Aku belumtahu lagi kapan mau BT tapi sangat berminat, perlu ijin dari suami pastinya kan dia harus sumbang sperma, soalnya dia sibuk banget. Aku sampai hopeless deh, tapi aku rasa ini pelariannya krn blm punya anak. Eh malah curhat deh. He..He..

  72. Mulia

    Eka, thanks yach buat doanya. Kalo mo hub via japri jg boleh koq. Semoga thaw cycle Eka nanti langsung berhasil hamil sampe melahirkan yach. Just info, kalo waktu fresh cycle aja udah berhasil hamil, saya diblg ama dktr ivf yach berarti thaw cycle jg bisa hamil lagi, jd tetap semangat dan jgn putus asa. Anggap aja kehamilan pertama yg berakhir dgn kuretase sbg pengalaman utk lebih bersabar dalam mendapatkan anak. Yang Maha Kuasa pasti memberikan yang terbaik, just believe it & keep smile 🙂

  73. Mulia

    Eva, kayaknya obat yg 1 butirnya bnyk banget itu kalo ngak salah namanya Bai Feng Wan (untuk penyubur kandungan). Kalo saya ngak makan obat itu krn waktu itu obatnya pada lagi ngak ada di pasaran (semua toko obat China sdg ngak ada stock). Jadi kamu makan obat itu sampe brp lama? ato apa skrg msh makan obatnya?

  74. mery

    Imel, iya sih kadang2 diagnosa dokter beda2 ya. Tp ya ga ada salahnya cari dokter lain utk second eh third opinion hehe. Kemaren waktu sy pertama didiagnosa kena hidrosalping sy juga sempat sress, sampe periksa ke 4 dokter yg semuanya jawabannya beda2. Trus akhirnya ke Penang baru dapat jawaban yg sama dengan dokter Binarwan yg pertama blg sy hidrosalping. Yah kdg2 butuh kesana kemari jg utk dapatkan jawaban yg pasti. Btw Imel, Angel uda plg dari Penang dan tgl 21 balik ke Penang lagi.

  75. feni

    hi..eva, boleh tau ga masalah spermnya suami apa? teratozoospermia , asthenozoospermia atau apa? krn punya suami saya teratozzospermia artinya bentuk spermanya ga normal, suami saya cuma ada 20 persen yg normal, dokter sih ada yg menganjurkan langsung BT, dan gagal jg. sy pengen tau jg apa ada yg pernah alami kasus spt saya, thx yah sharingnya..

  76. Eka

    Mulia, makasih banget buat supportnya. Ntar sy hub via email ya u/ tanya detilnya. Ok, thanks a lot.

  77. Nia

    Hi Mulia. Salam kenal ya. Semoga kehamilanmu selalu lancar dan baik-baik saja sampai nanti waktunya melahirkan bayi yang sehat.
    Menarik sekali membaca pengalaman Mulia dan teman-teman lain. Usiaku sudah 39 tahun, punya endometriosis, dan berdasarkan hasil lab, sperma suami termasuk lemah. Membaca pengalaman Mulia, membuatku ingin mencoba IVF, karena pengen banget punya baby. Selama ini, aku belum berusaha maksimal, tapi rasanya sudah malas buat coba-coba yang lain. Pengetahuanku tentang bayi tabung, nol banget. Aku boleh japri ke kamu? Thanks alot!!!

  78. Mulia

    Hi juga Nia, thanks yach atas doanya. Boleh aja koq japri. Trus kalo emang blm bnyk tau mengenai bayi tabung, bisa baca lbh sering2 dech web ini spy lbh bnyk pengetahuan yg bisa didpt dari sharing teman2 disini. Just info, saya ngak ngerti soal endometriosis. Semoga ada teman2 lain di web ini yg bisa membantu Nia memberikan saran mengenai masalah endometriosis.

  79. NIA-Balikpapan

    Hai semua…Aku baru aja menyelesaikan program BT ku…Tapi mungkin Tuhan belum mengijinkan jadi programku gagal. Alasan dokter hormonku yg terlalu tinggi penyebabnya. Doktre menyarankan akau untuk diet & melakukan byk olahraga. Sebenarnya aku ga terlalu gemuk BB 60kg, TB 165cm tapi mungkin ada mknan2 yg hrs aku kurangi. Krn aku temasuk pemangsa segala hehehe….O ya, aku minta share nya klo ada yg pny pengalaman kyk akau. Kira2 Olahraga apa yg baik & diet apa aja ?? Selain itu jumlah hormon apa yg bisa membuat gagalnya BT ? Thanks to all

  80. Nia

    Iya Mulia sekarang aku mulai rajin-rajin baca situs tentang bayi tabung, dan pengalaman teman-teman yang berhasil (dan gagal). Aku juga semangat lagi mau consult ke dokter tentang endomku ini. Selama ini aku pakai Azol 200, tapi endom-ku masih belum hilang 100%.
    Mudah2an keinginanku punya anak lewat BT, dimudahkan jalannya oleh Tuhan. Ntar kalo ada yang masih belum jelas, aku japri aja ke kamu….
    Kalo baca ceritamu (dan teman2 lain), ternyata berat banget ya perjuangan melewati proses BT ini. Semoga kamu tetap kuat, kehamilannya sehat dan sempurna terus ya….Amin.

  81. Mulia

    Oiya Nia, setau saya waktu itu Mery ada cerita kalo utk masalah endometriosis, dia dpt suntikan tapros selama 3 bulan berturut2. Kalo Azol 200 itu suntikan ato obat makan? Btw, kamu emang ada rencana mo ikut program bayi tabung dimana? Trus mungkin yg terasa perjuangan jadi berat krn banyak prosedur yg harus dijalani sblm mulai program & terutama persiapan mental utk menerima apapun hasil dari prgm yg telah dijalani dgn segala kondisi.

  82. mery

    Hai NIA di Balikpapan tetap semangat ya, walaupun gagal masih bisa mencoba lagi. Sy jg sdg jalanin program kedua kalinya sekrg, masih tahap suntik suprefact (hari ke11).Sy jg ga gt ngerti soal kegagalan krn hormon, tp biasanya seblm ikut program kan ada pemeriksaan hormon LH, FSH, Estradiol dll. Td pagi sy br test estradiol. Hasilnya masih tinggi, jadi suntikan suprefactnya tetap diteruskan seminggu lagi dan estradiol jg ditest lagi. Oh ya wkt mulai program sy juga dianjurkan diet bbrp makanan, terutama kacang2an, tahu, tempe,tauco, susu, coklat, keju,kopi, daging bebek,buah yg bergetah spt nangka,cempedak, papaya dan nenas, makanan kaleng dan berpengawet dan penyedap rasa. Kata nursenya sih makanan itu bisa menghambat kerja hormon. Oh ya sy malah lebih gendut dari Nia. BB 62kg. Mungkin krn itu jg ya dianjurkan diet haha

  83. mery

    Hi Nia sy jg kena endo parah tp uda dilaparoskopi utk membebaskan perlengketan dan suntikan tapros 6 bulan dan yg kedua kali 3 bulan sebelm mau program BT. Oh ya Azol 200 itu obat makan ya? Tetap semangat ya semoga berhasil programnya.

  84. Nona

    Hi Mulia, Merry dan teman2 semua. Salam Kenal. Senang deh rasanya dengerin cerita keberhasilan bayi tabung dari Mulia. Make me more positif this time. Umur saya 29 tahun… continued in this post

    Yang mau saya tanyakan ama Mulia, Mery dan teman2 lain, “Apa itu Suprefact dan tapros dan fungsinya?”
    “Nyewa apartmen di Penang kena berapa ya kira2 per bulan?” dan “Rumah sakit mana?”
    Trus “ada yang tahu Akupuntur yg bagus di Penang ngak?” Memang saya mendengar dengan Akupuntur membantu keberhasilan hamil sangat tinggi.

    Mulia, harus berapa bulan penungguan untuk mencoba thaw cycle setelah fresh cycye gagal?

    Semoga Mulia dan si bayi sehat2 aja ya. Dan untuk teman2 lain, semoga proses BTnya di akhiri dengan hasil positif.

  85. Veronica

    Hii..Nia di Balikpapan, emang dibilangin dokternya hormon apa yang terlalu tinggi hingga gagal ? kamu program dimana ? waktu aku program fresh cycle lalu dibilangin dokternya 3 hari setelah ET justru hormon estradiolnya harus turun minimal setengah dari hasil tes sebelumnya klo ngga harus suntik penguat lagi..sharring donk pengalamanmu…tetep semangat ya..GBU

  86. NIA-Balikpapan

    Hai Veronica…Salam kenal. Aku program di Siloan Hospital Sby sm dokter Aucky. Aku juga ga tau hormon apa yg terlalu tinggi. Bisa jadi hormon estradiol nya. Karena wkt aku suntik gonal F setiap hr…hormonku memang tinggi.Malah ga sesuai sama perkembangan sel telurnya. Ntar aku coba tnykan langsung sama dokternya. Soalnya aku juga di suruh diet & olahraga. Tapi aku byk baca di inet biasanya sih penyebab susah hamil krn hormon esterogen terlalu tinggi. Bingung kan ….Ntar tny lsg aja deh, tapi kalo ada yg pny pengalaman kyk aku juga share juga yaa…BTW veronica gimana, lancar ajakan semuanya ?

  87. NIA-Balikpapan

    Hi Mery…Iya semua nya memang hrs kita pasrahkan. Krn dokter cuma perantara aja…semua Tuhan yg menentukan. Aku juga bingung nih hormon apa yg terlalu tinggi. Memang wkt program kemaren hormon estradiolku termasuk tinggi. Tapi apakah hormon tersebut yg menyebabkan gagal BT nya ?? Bisa jadi aku juga disuruh diet mkanan sama kyk mery. Cuma aku di suruh olahraga juga nih…aku jadi bingung mau olahraga apa yg baik buat program BT ini ? Tapi aku baca di inet yg menyebabkan susah hamil itu justru krn hormon estrogen yg terlalu tinggi. Ya udah ntar aku tny dokter ajalah, ntar kita share lagi ya…
    Thanks ya mer !! Good luck 4 2nd treatment.

  88. mery

    Hi Agustina, tapros tuh suntikan hormon utk membuat menopause sementara, jadi selama disuntik tdk mendapat haid. Fungsinya utk menghambat dan mematikan jaringan endometriosis. Biasanya disuntik sebulan sekali selama 3-6 bulan tergantung kondisi endonya.

  89. mery

    Hi Nona salam kenal ya, sy uda bc postingan kamu, sedih ya gagal krn unprofessionalism dokter.Tapi kamu harus tetap semangat dan optimis ya, byk temen2 seperjuangan disini. Sepertinya kita senasib punya endo yg parah, sy jg stage 4 dan perlengketan sampai ke usus juga.Oh ya suprefact itu sama dengan Lucrin (suntikan sebelum gonal f /utk merangsang folikel).
    Trus kalo Tapros itu sebenarnya merk dari obat suntikan hormon utk treatment endometriosis. Disini terkenalnya tapros. Kalau di LN ya lain lagi merk yg dipakai.
    Kalo nyewa apartment di Penang biasanya RM 30-45 per malam tergantung mau ambil kmr yg gmn (ada kamar mandi ato ga) Trus kalo nyewa perbulan langsung nego aja ama pemilik apartment biasanya lebih murah.
    Taon lalu sy dan Mulia programnya di RS.Lam Wah Ee dengan dr.Ng Peng Wah. Trus letak apartmennya di seberang RS jadi dekat dan jalan kaki jg bisa.
    Kalau akupuntur di Penang sy belum pernah dgr. Btw, Nona jg org Medan ya? Semoga sukses ya programnya ke Penang.

  90. Mulia

    Nona, thanks buat doanya. So far, saya & baby sich sehat2 aja. Waktu saya thaw cycle harus tunggu 3x siklus mens setelah pasca kuretase (saya jalanin Dilated & Curette pada usia kehamilan 10 minggu) krn Blighted Ovum untuk 2 embrio yg ada di dalam rahim. Tapi utk case yg fresh cycle kalo hasil tes darah Bhcg itu negatif hamil, jadi yg saya tau kalo dktr di penang cuma kasih waktu 1x siklus mens aja dan selanjutnya udah boleh langsung thaw cycle koq. Pada intinya, saya merasa kalo mo thaw cycle/fresh cycle yg penting kondisi fisik & mental udah harus mantap, terutama kalo yg jalanin thaw cycle krn ada traumatis secara psikologi yg disebabkan kegagalan di fresh cycle. Semoga Nona & teman2 lain yg rencana ato yg sdg menjalankan proses ivf mendapatkan hasil yg terbaik dgn positif hamil. Wish all of you the best…. 🙂

  91. Agustina

    Hi Mery

    Ternyata endometriosis kita hampir sama deh ya. Mery ada dapat treatment ngak? Seperti sehabis laparoscopy, apakah ada di anjurkan untuk pemotongan usus besarnya ngak? Trus ada makan obat ngak habis operasi untuk treatment endometriosis. Sekarang dengan Dr. Binarwan Halim ya di Medan. Soalnya saya dengar cuma dia yang bisa melakukan disana. Biayanya lebih murah dari Penang atau lebih mahal ya?

    Mulia, thanks ya buat infonya.

  92. Veronica

    Hii.Nia di Balikpapan, aku juga fresh cycle belum berhasil dan sedang menunggu utk thaw cycle.

    Mulia, iya nih karena yang fresh cycle gagal ditambah info dokter klo keberhasilan thaw lebih rendah makanya jadi ngga ngarep banyak nih..pasrah aja deh

  93. mery

    Hi Agustina..endo sy memang menyebar ke usus maka dokter yg saat itu sedang melakukan laparoskopi akhirnya melaparotomi sy (operasi spt caesar) utk membebaskan perlengketan di usus. Jadi ga sampai operasi pemotongan usus. Endo nya Agustina jg mirip Nona ya, coba baca di postingannya, Nona juga dianjurkan operasi pemotongan usus.
    Kalau treatment nya sy setiap bulan harus suntik hormon supaya ga dapat haid selama 6 bulan utk mematikan jaringan endo (kalau disini terkenalnya Tapros). Tapi yg namanya endo ya tetap bisa kumat lagi selama kita masih mendapat haid. Makanya org yg kena endo dianjurkan cepat2 hamil. Sy juga sebelum program BT kedua awal Feb ini kena endo lagi, dokternya menganjurkan agar endo dibersihkan dulu sebelum program, akhirnya sy disuntik Tapros selama 3 bulan sebelum program BT sekrg.

    Kalau biaya BT sih lebih murah di Penang, terutama obat suntik seperti Puregon

    Btw, Agustina skrg sdg treatment endo ya? Semoga cepat sembuh ya.. Apakah merencanakan BT juga? Dimana?

  94. eva

    Hai Feni,
    Suami saya waktu diperiksa spermanya kata dokter banyak yg tidak ada ekornya jadi tidak bergerak kalau jumlahnya kurang.
    jadi mungkin hanya 20% yg lumayan. kita 5 kali insem, kan spermanya dicuci dulu sblm insem, hasilnya stlh dicuci agak bagus tapi msh kurang. makanya waktu BT dokter menyarankan
    icsi.

  95. eva

    Hai Mulia,
    saya dikasih obat itu kurang lebih 10 hari. efeknya badan lebih berkeringat, tapi aku rasa obat itu bagus karena aku baca khasiatnya untuk kesuburan. kayaknya itu vitamin deh.

  96. feni

    hi eva, suami saya leukositnya jg tinggi, trus morfologi dan mobilitasnya jg kurang bagus, yg normal cuma 15 sd 25 persen. kalo yg gerak cepat dan gerak lambat (a+b) cuma 40 %. ada yg pernah punya pengalaman leukosit tinggi ga? saya abis BT mau coba alternatif dulu, apa ini krn sperma suami jd BT nya gagal jg ya padahal uda pake icsi.. sharing dong,, kok pada sepi yah BBm naik kali..

  97. Nona

    Hi Eva, salam kenal

    Boleh tau ngak nama obatnya? Apakah Wuji Bai Feng Wan yg seperti Mulia bilang? Bungkusannya gimana ya, apa kotak hijau ada gambar ayam putih? Saya juga sedang makan obat itu(tapi kok kagak ada merasa apa2 ya),bersamaan sama Primrose Oil, Elevit dan Omega 3 Fish Oil.

  98. Nona

    Hi Feni, salam kenal

    Kamu juga ada BT ya, ada hasil embrionya ngak? Kalau ada, berarti bukan karna sperma suami kamu, kan telah terjadi pembuahan. Suami kamu spermanya diambil dengan cara apa? Ada vitamin yang baru dikeluarkan di Australia,khusus untuk pria, fungsinya untuk memperoleh kualitas sperma yang bagus. Dalamnya terdapat macam2 vitamin dan anti oksidan. Namanya Menevit, biasanya dianjurkan makan 3 bulan sebelum BT. Untuk wanita Elevit namanya, 11 vitamins (800ug folic acid) dan 7 minerals.

  99. Mulia

    Nona, obat yg dikonsumsi Eva kyknya emang benar Wuji Bai Feng Wan krn berdasarkan info yg saya dpt dari Imel (dpt obat yg sama dari sinshe Tan dibeli di tempat akupuntur) kalo itu yg buatan Tian Jin – China. Ngak tau kalo yg Nona konsumsi, buatan mana? Kalo saya dulu pernah konsumsi yg produksi Eu Yan Sang buatan Malaysia krn yg saya cari Wuji Bai Feng Wan buatan Beijing lagi ngak ada stok agak lama.

  100. feni

    hi nona, salam kenal

    Saya BT di Spore dengan PC wong, katanya yg jadi embrio cuma 2 , padahal telurnya ada 11, trus yg ada telurnya cuma 7 dan 3 ukurannya kecil, tinggal 4 , dibuahi sperma dan yg berkembang cuma 2, sedih rasanya dari segitu banyak yg jadi cuma 2 trus gagal lagi. Sekarang saya cek ke sinse sih katanya di rahim saya terlalu banyak asam dan suami saya spermanya encer, dan dikasih obat ramuan cina gitu.. ada yg pernah punya pengalaman “banyak asam dan sperma encer ga ” ??

    nona..
    vitaminnya cuma jual di aussie yah? suami saya sekarang lagi minum GNC MACA , katanya sih bisa buat sperma bagus, dan jg makan semangka dan madu .
    oia, emla itu bentuknya gel, biasanya dipake dulu sejam sebelum suntik dan diplester, berguna sekali lo, kalo ditusuk jarum bener2 ga sakit.

  101. Yulie

    Hai Mulia, salam kenal. selamat atas kehamilannya ya..semoga menular ke saya..
    sy saat ini sedang program by tabung dengan dr.Binarwan.tgl 3 juni nanti mulai suntik Puregon. blh bagi tip2 setelah embrio transfer biar bs berhasil.dr suster disaranin pk pampers selama 3 hr stlh embrio transfer.kyknya ribet amat ya..apa mulia dulu jg begitu..thanks atas infonya..

  102. Mulia

    Hi Yulie, good luck yach dgn prgm ivf yg lagi dijalanin dan semoga berhasil. Kamu pasien dr.Binarwan, berarti jalanin program skrg hampir berbarengan waktunya dgn Mery yg prgm di dr.Bin juga donk…? Kalo saya waktu setelah embrio transfer cuma bedrest 1 hari aja tapi itu juga ngak full tiduran di ranjang aja krn khan masih tetap bolak balik ke toilet, dgn berjalan lebih pelan2 dan hati2. Saya ngak pake pampers sama sekali koq….

  103. mery

    Hai Yulie, kamu tinggal di medan juga ya.. Sama dong sy jg program dgn dr.Bin dan suntik puregon jg tgl 3 june. Soal pake pampers emang iya tp setelah sy tanya lagi katanya sih kalo kamar mandinya di dalam kamar boleh sih ga usa pake pampers (jalan pelan2 kalo mau ke kamar mandi). Sy juga awalnya kaget banget waktu tau hrs pake pampers, soalnya waktu program di penang taun lalu ga ada seribet itu. Trus Yulie dosis suprefact nya berapa? ada diet makanan juga kan? dosis puregon uda tau blum? ini program BT pertama kamu ya? Good luck ya yulie mudah2an kita sama2 berhasil ya.

  104. Yulie

    Hai..Mery..Thank’s balasannya..Sy tinggal di Jakarta.selama suntik sufrefact msh bs bolak balik. skrg tdk bs plg lg deh.ini pertama kali ikut program BT.mudah2an kita sama-sama berhasil ya.oh ya..sy suntik sufrefact mulai tgl 17 Mei dosis 0,2 selama 10 hr.Hr ke 11 dosis jd 0,5 selama 5 hr, karena ada 1 sel telur yg besar. kemaren usg kt dr.Bin sel telurnya udh kecil jd udh bs lanjut suntik puregon. dosisnya blm tahu.selama suntik suprefact pantangan makannya ternyata banyak. jd nggak bs mkn enak deh..he..he.
    Mery ada pantangan makan nggak?Sel telurnya ada berapa?
    Oh ya..sy selama program tinggal di binjai..setelah Embrio transfer kalo plg binjai kira2 bahaya nggak ya..ada terpikir jg mo nginap di RS di medan selama 5 hr pertama, tp setelah ty2 suster ktnya nggak perlu deh..asal hati2 sj di jalan. menurut mery gimana?

  105. Yulie

    Hai..mulia..thks atas balasannya.
    Setiap dr lain-lain ya aturannya..kalo dipikirin 3hr mesti bed rest kyknya udh stress duluan deh sebelum jalanin..Mulia tinggal di Jakarta ya? skrg check kandungan ke dr siapa?

  106. Mulia

    Yulie, iya saya tinggal di Jakarta dan skrg check kandungan ama dr.Tjien Ronny di RSIA Family (Pluit), emang rencana nanti kalo udah balik Jkt lagi Yulie mo check ke dktr kandungan mana? Ato sblm BT dgn dr.Bin, biasanya di Jkt check kandungan ama dktr siapa? Btw, daripada rencana stay 5 hari di RS, knp ngak stay di hotel yg dkt ama klinik dr.Bin aja?

  107. Yulie

    Mulia,mgkn nanti sy control ke dr di RS.Pik sj,soalnya lbh dekat dr rumah.Sebelum ke dr.Bin sy udah ke Dr.Enud di MMC dan Dr.Karel di RS.Bunda.Udh inseminasi jg 2 x tp blm berhasil.kemaren jg udh sempat ke DR.Ng yg di LWH Penang ty2 soal BT tp berhubung dr nya galak, sy jd batal program di sana.kalo nggak salah Mulia pernah ke Dr.W.C.Cheng yg di Thomson Medical SGD ya? thn 2004 sy laparoscopy kista disana.bln september lalu control ke Dr.Cheng ktnya ada sel telur yg blm pecah.tp sy check di Penang dan dr Bin itu adalah kista, jd nggak sreg sm Dr.Cheng soalnya nggak terus terang.
    Ada terpikir jg mo stay di hotel,tp kan tiap hr mesti suntik penguat rahim trus makannya jg repot belinya..akhirnya terpikir kenapa nggak stay di RS, trus bs claim asuransi hanya mesti bekerjasama dgn Dr.Bin buat ngisi formnya..He..he..
    ini lg bingung mo stay dimana,kalo di rmh terpaksa de sedia pampers..soalnya dr kamar mandinya di luar kamar..

  108. Nona

    Hi Mulia

    Iya, yang buatan cina – Tian Jing, belinya pas di Medan. Mama saya menganjurkan untuk makan obat itu untuk endometriosis, ya saya beli tapi tak dimakan. Habis baca web bayi tabung, ternyata banyak yang makan juga. Ya saya mulai sekarang. Mungkin beberapa bulan ya efeknya, sedangkan saya tinggal beberapa minggu untuk thaw cycle lagi. Oh ya, aman ngak ya makan banyak vitamin (sekitar 9 tablet per hari )sekaligus ?

    Feni, Menevit memang cuma dijual di Aussie, soalnya baru keluar. Tapi kandungannya tinggi di anti oxidant, yang terdapat di Prune, Apel, Goji berries dll. Suami saya udah vasectomy selama 10 tahun dan umurnya 53, makanan nya itu semua healthy diet, ketika di sedot spermanya, dokternya kaget karna qualitas spremanya masih bagus banget. Dicoba deh makanan yg mengandung anti oxidant.

  109. mery

    Hi Yulie, td ketemu kamu di praktek dr. Bin tp sy lupa minta no hp kamu. mudah2an besok bisa ktemu ama kamu lagi, pengen sharing soale waktu kita bersamaan banget cuma selisih sehari aja suntik puregonnya. Td sy usg telurnya uda ada 4-5 doang, belum bisa diukur krn masih kecil2. Sy agak heran aja kok dosis puregon ga dinaikin tetap aja 300 iu. Padahal waktu BT di penang dosisnya 450 iu selama 14 hari. Kalo kamu dosisnya brp ya?Sel telurnya byk? Btw, ntar kamu jadi stay di RS ya? RS mana ya? Susah jg ya tinggal jauh dari klinik dokter. Tp kalo dari pengalaman bbrp temen di web ini byk jg loh yg rumahnya jauh dari klinik/rs dan mrk plg naik mobil selepas ET. Btw Yulie, boleh tau add emailnya gak? Kl sy merysandyjulius@yahoo.com. Good luck ya!!!

  110. Yulie

    Hi..Mery..sy dosis puregon 225iu..dosisnya tetap sama smp skrg..
    sy ada krm email ke kamu..kalo sama2 online kt chating gimana? id sy c_yulie.mgkn nggak nanti waktu trasfer kt bareng ya soalnya cuma beda 1 hr puregon nya.
    BTW yg pernah atau lg program BT di RS Family blh ksh info nggak biayanya brp.

  111. desy

    Hi yulie, saya Program BT di RS Family berapa bulan yang lalu total habis Rp 52juta… Apa yulie mau coba program disana?

  112. Monica

    Hi Desy, di RS Family, BTnya dengan dokter siapa yah? Apa dengan dr Muchsin?
    Thanks yah.

  113. Yulie

    Halo..Desi..
    Thx infonya..saat ini sy lg program BT di Medan.sama dengan Mery..
    Mahal jg ya biaya BT di RS Family..apa obat nya Suprefact dan Puregon?BTW, Desi udh hamil brp bln?

  114. desy

    Hi Monica. Salam kenal ya.. Iya dengan Dr Muchsin, tetapi biasanya untuk USG dan performance lain2, aku biasanya dengan Dr. Yuslam / Dr Hadi.

  115. desy

    Hi yulie, saya pakai suprefact. Agak mahal karena suami saya harus di operasi kecil. Kalau tidak operasi, kalau tidak salah harganya 42-43 jt.Saya sudah 2 kali disana tapi belum berhasil. yang pertama sempat hamil, tetapi pas 1 bulan, keguguran.. Gd luck yah ama program BT 🙂

  116. retno

    Hi desy..salam kenal.Sy dulu pernah operasi kista sama dr. Yuslam waktu msh di harkit, ternyata beliau pindah ke RS Family ya mungkin dng suster Yurna jg kali.Ternyata biayanya jg sm dng di harkit.
    Ok deh smoga usahanya berhasil ya…!

  117. desy

    Hi retno..salam kenal juga. Memang satu tim harapan kita semuanya pindah ke Rs Family, berikut suster dan staffnya…saya dulunya juga dr harkit. thank you ya for the wishes 🙂

  118. feni

    hi.. desy. salam kenal, saya jg pernah konsultasi ama dr muharam di rs family, tp kayaknya kurang sreg, trus saya BT di spore tapi gagal jg. saya ada rencana mau BT kedua di indo aja deh, punya pengalaman ga di RS Bunda ? mungkin temen2 yg lain ada yg pernah ama dr di RS Bunda., thx..

  119. desy

    hai feni, kalau tidak salah dr muharam itu dr dari rs family bkn dr harkit, yang pakai kaca mata yah? saya pernah di USG dengan beliau sekali, nocomment si. Saya dengar dgn Dr indra di bunda bgs ya.. saya dulu program BT karena disuruh oleh dr.indra loh..

  120. Monica

    Hi Desy.. aku juga rencananya mau ke dr Muchsin (atas rekomendasi dokter keluarga yg kebetulan ginekolog juga). Kalau boleh tahu sekarang Desy sudah sampai mana ya prosesnya?

  121. desy

    hi monica, aku sekarang masih istirahat dulu karena program yg terakhir kan gagal lagi dan menurut dokter, hormon saya skrg ini belum balance .Mungkin saya mau coba lagi fresh cycle bulan September…

  122. Lenny

    Hai Mery, lam kenal. Blh tau alamat dr. Binarwan,jadwal praktek,dan brp kira2 biaya IVF d sana. Mdh2an program BT nya sukses y. GBU

  123. itha

    hi.. desy
    salam kenal yah.., jangan patah semangat loh desy, aku juga pernah gagal BT di harkit thn 2005 dgn tim Dr Muchsin, Yuslam dll yg sekrang pindah ke RS family, dan rencana BT kedua ini masih ragu apakah di rs family atau di Rs Bunda, kalo desy pada saat di rs family, ada yg disimpan ngak embrionya, kok ngak pake thaw cycle aja. Saya pernah konsul Dr Yuslam DI RS pdk Indah katanya rs Family jg menyediakan peyimpanan embrio yang sisa agar dpt digunakan kalo BT yang pertama gagal.

  124. HERA

    Hai semua , salam kenal .. untuk Mulia ,apakah akupuntur bisa membantu menyuburkan Kandungan? ada efek samping gak…misalnya jarum gak steril or something…trus sakit gak..untuk Desi yang lagi bingung mau program dimana, sama dong dengan aku .Aku juga pernak program di Harkit Th 2005 tapi gagal , sekarang rencana mau coba lagi , tapi bingung mau dimana yang terbaik?

  125. mery

    Hai Lenny, tinggal di Medan dan mau program juga? Add Klinik Dr. Binarwan Halim/ Halim Fertility Center Jl. Pemuda Baru II No. 6-12 Medan. Telp 061-4551196-4552968. Praktek mulai jam 15.30 Wib. Biaya IVF kira2 30 juta – 40 juta tergantung kondisi pasien. Disana jg sudah tersedia program simpan beku (freezing) embrio dan sperma. Thanks atas doanya. GBU

  126. Mulia

    Hai Hera, salam kenal juga… yach kalo menurut saya sich mungkin akupuntur punya efeknya juga utk bantu kesuburan rahim krn khan dgn akupuntur itu metabolisme badan dibantu lbh baik dgn aliran darah yg lbh lancar. Trus utk jarum sich setiap kali terapi khan pake jarum yg baru, abis selesai terapi tuh jarum jg dibuang koq. Kalo menurut saya, kadang2 utk program fertility dimana kita udah datangi dktr2 yg paling canggih tapi suka tergantung cocok2an juga sich yach… jadi ngak pasti juga kalo program di tempat yg mahal/canggih udah jadi kepastian kalo bisa langsung berhasil. Tapi buat Hera dan teman2 yg lain yg baru mo prgm dimanapun, saya doa’in spy berhasil yach dimanapun klinik ivf yg dipilih…. wish you the best…

  127. HERA

    thanks ya Mulia ,Saya mungkin mau program diRS Family , Oya selama ini saya juga ama Dr Tjen Ronny control , tapi cuma dikasi Profertil + Glucophage ,katanya sel telornya males melepaskan diri… saya udah coba 5 bln, mudahan-mudahan bisa berhasil dengan cara normal , soalnya saya masi stress kalo ingat waktu jalani BT 1 , Oya babynya cowo ato cewe …mudahan-mudahan semua lancar-lancar aza sampe melahirkan…Ciayoo…Oya , kalo udh Et perlu gak bed rest, maksudnya ambil cuti? Temen-temen ..ada yang berencana ET di RS Family gak? mungkin kita bisa bareng2….Thanks ya..

  128. itha

    hei Hera,..salam kenal juga
    aku juga pernah BT di Harkit bulan mei thn 2005, aku inget banget soalnya itu hal yg paling menyedihkan dech. Sekarang ada rencana BT lagi Rs Family Pluit (ketemu tim dokter yg dulu lagi). Kemarin aku sdh hub suster disana lebih baik konsul pas haid hari-2 untuk cek darah/hormon dan diUSG.Rencana ku bulan Juli ini mau konsulnya,kamu kapan her? kita kan bisa bareng n sharing..btw km punya ym ngak?

  129. itha

    hai Mulia,salam kenal
    aku mau ikutan tanya dong, dalam kisah pengalaman kamu diatas itu :
    1. kamu minum susu kalsium jenis apa yah? aku kepengen juga sih minum susu tapi aku kok selalu tidak cocok (buang2 air), akhirnya aku minum kalsium sandoz kira2 sama ngak yah manfaatnya.
    2. mengenai akupuntur, apakah benar yah itu bisa membuat kita tidak stres apalagi kita kan menjalani program yg lumayan mahal.
    3. waktu Mulia gagal di BT-1 dokter melakukan kuret yah, tapi kok waktu aku gagal di BT-1 tahun 2005, dokter tdk melakukan tindakan kuret,hanya memberikan obat memperlancar haid saja. apakah ini ada efeksampingnya?

    Sebelumnya mhn maaf yah Mulia jika menganggu kamu, aku mborong nich… trims bgt.

  130. Mulia

    @Itha, salam kenal juga… Mengenai pertanyaan itha, jd jawaban saya sbb berikut:
    1. saya minum susu kalsium yg merek Calcimex (dgn pertimbangan komposisi dari susu tsb hampir sama dgn susu hamil, tp kalo susu hamil khan kandungan zat besi nya lbh tinggi, jd itu yg kdg kalo abis minum bisa buat perasaan eneg gitu). Harusnya sich kalo emang udah mo merencanakan prgm kehamilan, sebaiknya minum susu hamil aja terutama yg kandungan asam folatnya tinggi.
    2. kalo dgn akupuntur dari pengalaman saya pribadi, itu dapat membantu peredaran aliran darah jadi lebih lancar krn stlh bbrp kali akupuntur, saya merasa badan jadi lebih enteng & enak aja trus jg membantu sistem pencernaan menjadi lebih baik jg mgkn metabolisme badan juga ikut membaik kali yach… dan saya juga pernah baca di internet kalo akupuntur jg membantu meningkatkan persentase keberhasilan prgm BT.
    3. waktu BT 1 saya hrs melakukan kuret krn dua embrio yg di ET udah nempel dlm rahim & mempunyai kantong kehamilan masing2 dgn kondisi yg terus membesar, walaupun dua janin tsb udah ngak berkembang lagi. Jadi udah ngak bisa dihilangkan begitu saja dgn obat, jadinya harus dikuret spy rahim bersih lagi & kembali normal. Stlh itu saya harus tngu sampe 3x siklus mens, baru hamil lagi.

    Semoga berhasil yach rencana BT yg di Family…

    @Hera, just share aja yach kalo menurut saya sich, dr.Tjien itu lbh bagus utk maintance selama kehamilan dech… maka dari itu saya waktu udah mo ET yg thaw cycle, baru konsul ke dr.Tjien sampe kehamilan skrg ini. Trus dr.Tjien lumayan jago yach dgn alat usg 2D wkt kehamilan 3bln/4bln udah bisa tau jenis kelamin dari baby, baby saya jg ud ketauan cowo. Btw, kapan kamu & itha mo ke Family lg, siapa tau jdwl saya konsul bisa sama khan kita bisa ketemuan tuh… Untung dech kamu & itha mo ambil prgm nya sama2 di Family, jd ada teman sharing khan… 🙂

  131. itha

    🙂 hi Mery..
    Tks banget nih jawabannya, lengkap n jelas. Saya jadi kembali bersemangat dan PD untuk mulai program lagi dan semakin banyak pengetahuan untuk mempersiapkan BT Juli nanti ;-). Saya mau langsung coba akupuntur Mer,dan minum susu kalsium.
    Semoga Mery juga berhasil melahirkan dgn lancar yach, kudoakan..
    tks.

  132. HERA

    Hi Mery , Thanks ya informasinya , tapi kalo kita udah putuskan untuk BT , apakah harus konsultasi ke Dr. Tjien dulu?Oya , aku juga mau coba akupuntur , mgk bisa ketemu Itha disana …he…

  133. itha

    hi Mulia….maap yah saya salah nama nich 🙂
    Tks banget nih jawabannya, lengkap n jelas. Saya jadi kembali bersemangat dan PD untuk mulai program lagi dan semakin banyak pengetahuan untuk mempersiapkan BT Juli nanti ;-). Saya mau langsung coba akupuntur ,dan minum susu kalsium.
    Semoga Mulia juga berhasil melahirkan dgn lancar yach, kudoakan..
    tks.

  134. itha

    Hera,kamu rencana kapan mulai konsul BT nya? aku mgkn bulan juli sekedar konsul aja soalnya tgl mens ku tiap tgl 14 disuruh cek darahnya pas hari ke-2, sekalian HSG krena aku dah lama ngak HSG.
    Ngomong 2 Dr. Tjien itu praktek dimana? Her, rencananya kalo akupuntur aku cari di RS Puri Cinere aja deket rumahku.kamu punya YM ngak?

  135. HERA

    Hi Itha , aku mgk akupuntur di tempat rekomen Mulia . Dr Tjien praktek di RS Family , Oya mau BT apa perlu HSG? setahu aku BT gak perlu ada saluranya bagus/tidak kan?aku rencananya mulai Agustus tapi masi was-was juga , soalnya dulu di Harkit ama dr yang sama waktu ET nya saya dipakai alat kalo gak salah namanya Tawakol ( temen2 ada yang mengalami hal yg sama gak?)tapi sesudah gagal baru aku tau alat itu blm pernah di coba untuk ET , jadi kan kesel jg kan dengarnya. btw I wish all the best .

  136. itha

    @Hera, kamu pas bt pertama dgn dokter siapa ET-nya, aku dgn Dr. Hardi (kacamata yang masih muda itu) padahl waktu itu saya berharap dgn Dr. Yuslam.
    Waktu thn 2005 kamu bareng siapa? apa kita pernah ketemu yah, aku BT pas bulan april-mei 2005. Her kamu gagal karena apa yah? boleh dong share ama aku… tks.
    Aku mulai bulan Juli rencananya karena aku dah siapin untuk cuti diluar tangg. perusahaan selama 1 thn sejak juni ini, karena kupikir kan bentar lagi mau puasa, lebaran kuatir menganggu program Her.

  137. HERA

    Hai Itha , Saya BT akhir Nop 2005 hasilnya sampai Feb 2006 , saya sempat telat dari ET 22 hari tidak datang M , tapi hormonnya turun terus , jadi ya gagal…berhubung ET nya pake alat , so aku didampingi semua dokter , Dr. Yuslam , hadi n Muchin …aku juga gak tau kenapa gagal…tapi sama dr yg lain dibilangin lebih baik Et jgn pake alat …mgkn blm jodoh n rezeki kita kali….he…possitive thinking aza …aku sempat down banget waktu hormonnya turun terus….Oya , kamu dimasukin berapa embrio? kata dr kenapa gagal? thanks ya.

  138. itha

    her, sepertinya kalo ET itu memang harus pake alat, gunannya kan untuk memasukkan si embrio ke rahim kita, maksud kamu gmana Her?
    kalo aku kemarin gagal itu katanya sih karena aku stres dikantor, mgnkn ada benernya yah wakt itu aku bareng 8 org yang berhasil cuma 2 itupun mereka tdk bekerja dikantor.Makanya aku korbanin cuti 1 tahun nich demi baby.

  139. HERA

    hi Veronika dan Itha , aku sendiri juga gak gitu jelas , yang pasti alasannya jalan ke rahim aku agak berliku jadi dicoba antar embrio pake sejenis suntikan langsung dari tulang pinggul ke rahim ..alatnya harus bayar lho..padahal menurut pendapat dr lain , katanya dengan cara langsung ke rahim aza embrio banyak yang gagal apalagi pake alat bisa-bisa gak sampe rahim…gak tau deh kadang2 bingung dengarinnya…jadi Itha rencananya cuti nih , waktu itu timku juga 8 orang , yang berhasil hamil 3 org , tapi sampe melahirkan cuma 1 org .waktu itu aku juga masi masuk kantor 1/2 hari , abis stress juga nunnggunya , tapi gak tau kali ini mau cuti / tidak …soalnya menurut dokter tidak masalah tapi aku jadi was2 juga … saran temen2 kebanyakan cuti gak sih? oya abis Et boleh naik tangga gak ya soalnya kamarku di lantai 1 …binggung deh…thanks ya.

  140. itha

    @Hera.
    O… bgtu yah aku baru denger kasus itu dari kamu loh mgkn per case yah, emg sebelum bt kamu simulasi ET jg kan?
    Btw bareng aja yuk kalo mau BT lagi di family, supaya ada temen sharing nih.
    kalo menurutku sih mending setelah ET nanti kamar pindah dulu kebawah sementara, walau bagaimanapun kita antisipasi dan pikiran2 negatif diminimalkan Her spy kita ngak stres dgn hal yg kecil2.
    O yah usia kamu berapa? kalo aku dah 34 tahun ini, suamiku lebih tua 14 thn jadi dikejar2 umur nih. Kamu punya Yahoo Mail ngak?

  141. HERA

    Hai Itha , aku prosesnya sama semua , cuma Et nya agak beda , dan saya udah tanya jg ke byk dr , katanya jarang dimasukin kayak aku begitu…jadi aku udah kayak kelinci percobaan , oya aku jg 34 tahun suami lebih 4 thn , jadi sudah waktunya jg. kamu udah married brp thn ? kalo aku udah 5thn lebih. Iya enak jg kalo punya teman sharing yang program sama-sama , kamu tinggalkan YM kamu nanti saya hubungi .tq

  142. itha

    @hera
    aku dah nikah 5 thn lebih juga,semoga kita bisa lancar ya mulai programnya, juli awal mau ke rs untuk konsul dulu, aku jg sempet ragu mau BT di luar/lokal… tp suami ngak mgkn cuti dan ngak enak juga jauh ama keluarga kalo tinggal di luar.Karena aku udah kenal baik ama Dr yuslam, aku mau coba lagi nih, karena kuatir umur tambah trus.YM ku liliput7@yahoo.com.

  143. Veronica

    Hera, kemarin aku juga gagal gara-gara pas Et susah..dibilnag dokter rahimku nekuk posisinya agak ke belakang jadi sulit dijangkau gitu..terus ada solusi ngga dari dokter utk atasi et dengan rahim kelok kelok kayak kamu gitu?

  144. Nona

    Hi Mulia

    Boleh tahu ngak pas kamu detox itu makanannya apa saja? Terutama makan siang. Soalnya saya juga pengen detox tapi berat badan saya tuh udah bisa dibilang ideal (55kg dgn tinggi 163cm)jadi kagak tujuan utk menguruskan badan sih. Saya baca dari buku harus 10 hari detoxnya dgn juice buah dan sayur2 doang (tanpa garam). Kamu ada merasakan bedanya ngak pas habis detox?

  145. Nona

    Hi Mery

    Bagaimana hasil BTnya? Kudoakan smoga sukses deh ya. Aku mau tanya Mer, kamu kan juga kena endo dan 2 kali dioperasi kan. Sehabis operasi, kamu merasakan beda ngak pada waktu M darah yg keluar? Maksud saya itu apakah sama banyaknya atau berkurang. Soalnya aku punya tambah berkurang tuh. Dr. Bin sih pernah bilang kalau aku rencana operasi yg ke3, telurku bakalan habis. Soalnya pas di usg utk konsultasi saja sudah dibilang sedikit (8 buah). Katanya pas operasi, kan ovari sy tuh lengket dgn indung telur, jadi pas dipotong tuh, bibit2 telurnya juga kepotong. Makanya sy M 3 hari doang, padahal sebelumnya 5-7hr. Ada yg pengalaman begitu ngak ya?

  146. Mulia

    Nona, kalo saya tuh cuma detox full selama 3 hari aja dengan makan buah2an aja, kadang2 makan langsung tapi kadang di blender (kalo di juice khan cuma ekstrak buah aja yg di dpt dlm bentuk air, jd takut kgk berasa kenyang), trus minum jg air putih doank, jd ngak ada makan makanan apapun yg lain selama 3 hari itu. Habis detox itu yg terlihat jelas yach perut lgsg jadi kempes gitu & badan jg rasanya lbh enteng, mgkn itu jg pengaruh krn saya khan akupuntur jg.

  147. mery

    Hai Nona, thanks ya atas doanya. Aku sekrg sedang istirahat dirumah setelah ET. Nanti tanggal 4 Juli jadwal tes Bhcg…Aku sama juga dengan kamu, setelah operasi endo haid ku cuma 2 hari doang. Sebelum operasi haidku sekitar 4 hari. Darah haid yg keluar juga sedikit aja…Ovarium kiriku sama sekali uda ga menghasilkan telur lagi. Kata dr. Bin, waktu operasi dokternya terlalu byk membuang bagian ovarium yg terkena kista/perlengketan. BT yg sekrg ini aku cuma dapat 3 telur aja pas OPU, yg jadi embrio cuma 2. Tak apalah, aku harus bersyukur dan optimis, mudah2an BT kali ini berhasil…
    Btw, Nona uda pasti program di Penang?

  148. itha

    @Mulia
    pa kabar Mulia,…semoga baik yah keadaan kehamilannya., aku mau tanya lagi nih waktu Mulia akupuntur dilakukan sebelum BT atau sesudah BT?

  149. HERA

    Hai Veronika , kayaknya kita punya masalah yang sama , letak rahimku agak miring dan bertekuk tajam …gak tau ada solusinya ntar kalo ketemu dokter baru tanyani.

    @ itha , kapan rencana mau ke Family ? aku udah mulai akupuntur kemarin, Oya Mulia , bekas aku akupuntur agak biru-biru , biasanya begitu gak ? thanks .

  150. Nona

    @ Mery

    Aku lg pusink tuh. Sebentar mau disini, trus mau di Penang. Dari hasil bandingan hidup di penang dan biaya BT disana masih lebih murah dr Australia, walaupun BT sini murahan sana, cuma biaya hidup sini yg terlalu tinggi. Aku udah telpon susternya utk masti’in aku FET bulan depan dgn 2 embrio yg tersisa. Kalau no luck, then penang deh. If Penang no luck again, travel dulu deh. Mer, embrio yg dimasukkan berapa? Usahakan istirahat yg banyak deh ya.

  151. itha

    @ Hera
    Her, sebenarnya aku dah lama ikut akupuntur tapi hanya untuk hilangkan pusing n maag aja. tapi jumat kemarin aku udah bilang dokter u/ program bayi tabung jadi intinya untuk memperlancar sirkulasi peredaran darah.
    Aku awal juli mau ketemu Dr Muchsin, tapi tetap nunggu mens tgl 14 juli, hari ke-2 baru ambil darah.
    Her, mnrt ku sih kalo setelah akupuntur ngak tinggalkan bekas biru2 kecuali kalo kamu berkulit putih dan jarumnya tidak tertusak dgn benar shg tdk pas ke syaraf.
    Kamu mau barengan ngak… eh YM kamu mana?

  152. Lenny

    Emangnya lama haid menentukan jumkah sel telur y? Aku 3 bln belkngan ini br nyadari kalo haidku kok cuma 2hr pdhl dulu 3-5hr,tp siklus haidku emang tiap 25hr. Tiga th yg lalu pernah laparoskopi dan hidrotubasi, dokter d penang blg rahimku bersih nga ada endo dan salurannya lancar.Skrg lg nga berobat apa2. Tp kalo blm hamil thn ini,mau IVF thn dpn di Penang atau Medan msh blm tau.Dulu diagnosa dokter sperma suami dikit,stlh terapi dan sperma >20% nga hamil jg, inseminasi 2x nga jg.Jdnya bingung sebabnya apa lg? Jd benar kata teman2 hrs rajin2 puter2 ke dokter. Btw, bagi semua yg lg program Tuhan memberkati dan semoga berhsl hg melahirkan, dan bagi kita semua smoga Tuhan kasi jalan,jgn putus asa, tetap berharap dan berusaha. Tx Mery

  153. tia

    HI Vero mau tanya ” aku lagi minum obat cyglo… (u/KB) 21 hari mau tanya untuk mengetahui letak rahim miring / berliku ? apa hanya dengan USG saja bisa. aku BT dng Dr Indra BTW benar kata kamu jadi harga BT tergantung obat yang diberikan oleh Dr Proses BT saja di gading hanya 23jt yang harus di bayar. sisanya obat yang mahal Gonal F nya 20 x suntik @ 580rb

  154. mery

    Hi Monica, aku gak ikut akupuntur… Aku di Medan, jarang dengar ada tempat akupuntur…
    Yg ikut akupuntur Mulia, di jakarta…ok

  155. Monica

    Oh iya, sorry merry! Aku pas baca2 posting email yg dulu2, ternyata Mulia yg akupuntur ya..
    Karena aku tinggalnya di jakarta selatan, akhirnya aku dapat juga tempat akupuntur di daerah sini, namanya Acupuncture&Traditional Chinese Medicine, letaknya di jalan Bumi. Tapi biayanya relatif lebih mahal dari yg di jalan Ketapang. Per visit bayarnya Rp 100.000, trus kalau konsultasi sama dokternya Rp 80.000. Kita juga dikasih obat2an dari Cina itu (seperti jamu)
    Mulia, kalau di Ketapang, disuruh minum jamu juga ngga?

  156. Veronica

    Hii..tya, rahimnya bukan miring tapi retro ( menghadap ke belakang ), itu bisa diliat dari USG kok..pas awal ikut kan dokter dah liat gimana posisi rahim kita..
    Kamu sama dr.indra anwar ? gutlak ya..cycloprogynova itu obat KB ya..apa siklus haidnya ngga teratur?

  157. tia

    nggak aku normal , kok…. kayaknya aku pake long protokol soalnya Team Drnya mau pergi s/d pertengahan Juli… / karena setelah yang aku pernah baca kalo yg Short langsung ya gk minum obat KB (u/21hr) waktu USG pertama kamu langsung ketahuan ya retro? trus ada cara untuk ngebenerinnya gak ? emang sih kayaknya Dr di Bunda (inc. Dr Indra) gak perlu pake simulasi dulu. tapi Dr di Harkit (di Gading Dr Yan Irsal) selalu simulasi dulu kedalamannya pake kateter.
    Dr Indra bilan kalau sering insem gak perlu simulasi …. ya terserah aja deh.

  158. itha

    hi Mbk Monica…’lam kenal
    saya jg ikt akupuntur untuk persiapan BT ini , seminggu 2x di RS puri cinere depok cuma habiskan biaya Rp. 145.000,- sdh termasuk hrga jarum @Rp. 1.000/jarum dan adm rumah sakit, kok mahal yah tempat monica disana, lgpula kita ikut akupuntur kan untuk menghindari obat2an, kalo sy terusterang males mbk minum jamu2an. tp mgkn juga krn disana tempat khusus akupuntur dan spy hasil lebh maksimal maka diberi jamu2an. Tapi kalo saran sy mbk Monica coba cek lagi apakah obat2 itu ada efeksamping u/ kehamilan dan hormon kita nantinya…..

  159. Monica

    Hi Mbak Itha, salam kenal juga..makasih loh atas infonya.
    Iya nih, aku juga males minum jamu2an sebetulnya..itu yg bikin berat, lagipula aku terus terang agak takut minum sesuatu yg aku ga tahu isinya apa.
    Dan aku akunpuntur juga harus ber 2 dgn suami, krn dia ada masalah dgn sperma juga.
    Kalau di RS Cinere, kita ngga dikasih apa2 ya? Dan 145ribu itu sudah 1 minggu 2x yah?

  160. itha

    hi monica…
    145.000 itu stp kali kedatengan/ per orang dengan rincian by adm konsul doktr 100.000,sarana RS Rp. 30.000 dan 15 jarum : 15.000,- kamu mau coba? telp aja ke 021 7545488 ada 3 dokter semua perempuan, ada yang seminggu 3x dan ada yg 2x,
    Suamiku ada masalah jg dgn sperma nya ( jumlahnya minim dibawah 20 jt)sptnya ada penyumabatan di saluran testisnya tp sdh ke Dr nugroho(androlog) diberikan obat dan ngak perlu operasi, tapi aku ttp mau ikut BT,soalnya dah dikejar umur nih, km gimana?

  161. tia

    Hi Mulia , mungkin pertanyaan ku sudah pernah dibicarakan sebelumnya, aku baru baca masalah Myom kamu kata Dr harus dioperasi dulu sebelum IVF aku juga ada Myom aku sih minta LO dulu tapi Dr ku bilang gak perlu karena tidak pengaruh. bingung aku Myoma Uteri katanya karena pengaruh hormon.
    menurut pengaruh gak ya kalau tdk dioperasi dulu. kamu Myom nya dimana ?

  162. jenni

    Hi Mulia…
    Saya mau nanya mengenai akupuntur, saat yg tepat biasanya kapan?
    Apa ada larangan u akupuntur sesudah h-14?
    Thanks ya.

  163. Mulia

    @Monica, kalo di ketapang tuh ngak ada di ksh minum2 obat ramuan ato obat godok cina gitu… Paling kalo ada cuma diksh pil Wu Chi Bai Feng Wan aja. Trus kalo kamu emang lagi program hamil, mending jgn konsumsi obat2 jamu cina / jamu tradisional krn takut bentrok aja ama obat hormon dokter yg kimiawi.

    @Jenni, kalo setau saya sich ngak ada larangan utk kapan akupuntur, tapi kalo saya pas waktu mens ngak akupuntur dulu, jd kalo udah selesai mens baru akupuntur lagi.

    @Tia, waktu dulu posisi myom saya sblm di operasi, letak persisnya di 2mm diluar kandungan (bagian atas) dengan ukuran yg udah mencapai 5×5 cm. Trus krn myom tsb bersifat aktif yg jika dibiarkan dapat semakin membesar dan menganggu utk proses prgm kehamilan, jd saya diharuskan utk buang myom tsb sblm mulai prgm ivf. Btw, kalo menurut dktr2 kandungan di Jkt sich diagnosa kalo myom saya tsb ngak berbahaya & ngak menganggu prgm hamil, jd diagnosa yg berbeda sekali. Semoga aja myom Tia emang benar ngak menganggu proses prgm kehamilan yg lagi dijalani. Semoga berhasil yach…

  164. Monica

    Hi Itha, thanks ya untuk infonya, aku mau telp ke sana ah..
    Aku memang mau ikut BT, alasannya juga sama, umur! Aku baru nikah 2 tahunan, tapi tahun ini umurku 37, jadi harus segera bertindak. Suami aku juga dibawah 20 juta spermanya, kalo ga salah cuma 4 jtan gitu , tapi selama ini kalau kita cek ke dokter, dokter cuma kasih vitamin aja tuh, kalau aku sepertinya tidak ada masalah, cuma mungkin karena faktor usia ya, hormonnya pasti sudah berubah semua.
    Awal bulan lalu, aku baru diinsem, tapi ga berhasil. Gara2 obat selama insem itu, mens ku jadi berantakan, jadi selama 2-3 bulan ini,aku mau mengikuti jejak Mulia nih..Aku mau beresin periode mensku, trus juga menurunkan berat badan, beratku naik 10 kg, gara2 minum obat penyubur selama 1 tahun ini, makanya aku mau coba akupuntur itu. Jadi krisis PD nih gara2 badanku naik, malah ada beberapa temen yang pikir aku hamil gara2 badanku melar begini.. 🙁

    Itha rencananya mau BT dimana? Aku sepertinya mau BT sama Dr Aucky di Sby..

    Oh ya Mulia, thanks so much ya atas advicenya, btw diet organik itu seperti apa sih?

  165. ati

    Hi Mulia salam kenal
    senang sekali baca pengalamanmu bikin semangat,sekarang sy lagi coba TB sudah 11 hari sy minum pil KB,dokter order Urofollitropin 75 IU ama HMG75 IU sebanyak 29 ampul,sy nggak di kasih Gonal f seperti pengalaman mery atau yg lain .
    Bisa bantu nggak ? tolong buat yg TB ada yg pake obat ini nggak?
    sejak sebulan lalu sy coba IUI nggak hamil bawaaannya was was aja.

  166. Mulia

    Halo Ati, jadi skrg lg jalanin prgm BT yach? Dimana? Trus mengenai obat2an yg kamu info itu, saya juga ngak tau. Mgkn tiap dktr pny metode masing2 jd obatnya jg berbeda. Mgkn ada teman2 lain yg tau mengenai obat2an yg Ati tanyakan, siapa tau bisa membantu menjelaskan ke Ati. Semoga berhasil yach program hamilnya.

  167. Wyna

    Hi semua, salam kenal….. salut buat mbak mulia, mery dan lainnya, semuanya punya semangat tinggi ya… keep the faith! mau tanya nih mery… kamu pernah kena endo ukurannya ampe berapa yah?
    aku operasi tahun 2001 di TMC dgn dr. W.C.Cheng (umurku baru 22 thn waktu itu), kalo ga salah laparoskopi yah namanya, ukurannya 5.5 x 6 cm… setelah operasi udah dinyatakan bersih n katanya indung telur cuma ‘dikupas’ sedikit… tapi sekitar 2 bulan kemudian pas balik untuk kontrol, katanya ada lagi satu endo di indung telur yang sebelahnya! papaku marah besar karena masa gak kelihatan pas tes pertama? jadi kita terapi sendiri di Jkt, kemarin ini aku USG di RS Family dgn Dr. Johny Herman t’nyata kambuh lagi seukuran 5.5 x 4.8 cm… memang aku baru 1 tahun nikah tapi… biasa lah pengen buru2 punya momongan, dia bilang uda ga ada kemungkinan aku bisa hamil secara alami, satu2nya jalan adalah operasi lagi buat angkat endonya terus buru2 ikut program BT… aku shock banget karena gak menyangka sampe kaya gini….. setelah baca forum temen2, aku jadi lebih semangat.. dan rencananya memang minggu depan aku mau ke Rs. Bunda menteng u’ konsul dgn dr. Indra krn dia pegang infertilitas… temenku ada yg sukses dgn program inseminasinya.. Btw,penderita endo kan suka mensnya sakit banget ya? dan siklus gak teratur ato pendek?? aku malah ga pernah sakit selama mens, paling2 pegel2 doang n siklus jg 28 hari,mens selama 4-6 hari… kan jadi bingung..

    sorry ni jd cerita panjang…. boleh dong minta nasehat dan masukannya? thanx banget sebelumnya…

  168. Lili

    hai mulia

    da berapa bulan?
    aku mau thaw ni setelah yg fresh cycle janin ga berkembang n keguguran pas 8 minggu (kira2 2 bulan lalu). Aku baru dapet haid lagi dr sejak keguguran itu. Menurut kamu mending nunggu 3 cycle ato udah boleh thaw ya? sekarang se coba think positif aja he3 wish me luck ya! n good luck sampai ngelahirin nanti!!! (btw bayinya da ketauan blm ce/co nya)

  169. Mulia

    Hi Wyna, salam kenal jg… semoga cepat berhasil dgn rencana prgm hamilnya dan jangan patah semangat dulu dgn diagnosa dari dktr krn pasti berhasil koq pada waktunya. GBU ^-^

  170. Mulia

    Hi Lili, skrg saya udah msk bln ke 7 nich dan badan jg udah pegal2 banget rasanya, ngak bisa jalan2 lama lagi jg. Trus kamu koq mens nya sejak keguguran itu lama banget yach? Wkt itu di kuret ato di ksh obat spy keluar sendiri dari janin yg ngak berkembang? Kalo saya wkt abis kuret ada makan obat godokan China selama 3 hari berturut2 dan stlh kuret jg langsung makan ayam arak setiap hari sampe 3 minggu, udah gitu mens nya jd normal & balik lagi spt sblm hamil. Trus pengalaman saya wkt thaw cycle itu diharuskan oleh dktr utk tunggu sampe 3x siklus mens stlh kuret spy kondisi rahim membaik dulu. Dan secara mental khan jg udah pulih stlh stress krn keguguran akibat dari blighted ovum. Kecuali kalo wkt fresh cycle itu embrio ngak nempel sehingga tdk terjadi kehamilan, itu boleh 1x siklus mens aja utk thaw cycle. Good luck yach utk next thaw cycle… chance Lili berarti besar donk, khan yg fresh cycle aja udah berhasil hamil. GBU (^-^)

  171. mery

    Hi Wyna…yang tabah ya wyna..jangan patah semangat ya, kita harus bersyukur masih diberikan kesempatan bisa mengikuti program BT..
    Oh ya endo aku uda stage 4 artinya uda parah banget, organ reproduksi semua rusak kena perlengketan termasuk kedua saluran tuba yang tersumbat krn perlengketan. Kista endo ku tumbuh di ovarium kiri dan kanan dengan diameter 6 dan 8 cm. Aku uda dilaparoskopi tp krn perlengketan sampai ke usus jadi hrs di laparotomi jg (spt bedah caesar).
    Salah satu gejala endo haid yg ga teratur dan sakit berlebihan pas haid. Kdg2 endo sama sekali ga ada gejalanya. penyebabnya jg ga pasti, tp salah satunya mgkn krn lifestyle yg kurang sehat, makanan berpengawet dan fast food diyakini mempercepat pertumbuhan endo.
    Selama kita masih haid endo tetap akan tumbuh kembali walaupun uda dibersihkan lwt laparoskopi dan treatment suntikan tapros krn jaringan endo hidup dari darah haid.
    oh ya wyna, saluran tuba nya uda rusak dan tersumbat ya? Kalo gitu emang langsung BT aja, tapi sebaiknya sebelum BT emang kista dan endonya dibersihkan dulu.
    Ok deh, wyna kudoakan semoga sukses dengan programnya nanti. Tetap semangat ya…

  172. Uly

    hay teman2, slm kenal, namaku uly, aku juga lg usaha punya anak, dengan segala problema kesehatan yg harus aku hadapi. aku skrg lg therapy pijat refleksi, aku di info oleh ipar ku yg papa nya dah membantu 4orang untuk berhasil hamil, papa nya reference tempat pijat refleksi itu. aku dah 6 kali pijat, dan aku cb cr info, ternyata di daerah kaki memang ada salah satu titik yg berhubungan dengan rahim dan kesuburan .. biaya setiap kali datang 50.000/org dah termasuk jamu .. kalo suami bermasalah ato tidak, sebaiknya di refleksi juga, spy membantu memulihkan stamina.
    tempatnya di pasar minggu, jalan rawa bambu 1, tapi aku lupa nomor berapa, mgkn bisa tanya org sekita situ tempat refleksi ibu ies .. tempat nya bukan seperti tempat paranormal kok temen2 ..

  173. ati

    Hi Mulia
    Thanks buat doanya,sy TB di BH ,LA soalnya suamiku kerja disini
    setelah baca baca pengalaman yg lain perasaan sy pengen coba ke Surabaya cuman suami khawatir soalnya nggak ada yg kenal disana,disini ada program refundplan untuk 3 kali cicle kalau tidak bawa bayi pulang 70%-100% uang kembali batas umurnya sampai 44 th.

  174. Lili

    hai mulia!
    2 bulan lagi da bisa gendong baby ya, senengnya!!! semoga ntar kelahirannya lancar ya!

    setelah di usg n janin ga berkembang dktr ga kasih obat buat support hamil lg (kyk pregnyl/cygest) n seminggu kemudian tu ngeflek n akhirnya kluar kyk mens cuman lbh banyak jadi ga dikuret atau dikasih obat n setelah bersih dktr cek n dalam udah bersih dia ga kasih obat2an lg. n 2 bulan kemudian br mulai mens normal lg.
    aku br cek dktr kmrn n cek semua ok buat thaw dgn embryo blastosys. Semoga kali ini berhasil deh biar bisa nyusul kamu he3

  175. laisya

    Hi Mulia,

    Aq lagi ngikutin Cara kamu dalam persiapan Thaw Cycle,salah satunya aq ikutan minum Folic acid 4 mg dan makanan yg bergizi dan seimbang..yang aq mau tanyakan disini adalah setelah ET,kamu dianjurkan untuk tdk trn ranjang dan kaki dinaikan keatas selama 5-6 jam ga?coz aq saat ikut fresh cycle bln lalu seperti itu dan belum berhasil juga program BT nya,jadi rencana awal sept nanti aq ikut thaw pertama.
    btw,kamu akupuntur dimana?boleh minta alamatnya ga?Folic acid ada efek samping ga sich?

    thanks alot b4..

  176. Mulia

    Hai Laisya, stlh ET saya sich tetap turun dari ranjang dan kaki ngak harus dinaikan keatas koq, mgkn tergantung dari masing2 dktr pny aturan berbeda2. Kalo utk info akupuntur, coba dech kamu baca postingan2 diatas sblm ini krn wkt itu jg udah ada yg tanya jg. Kalo utk folic acid setau saya sich ngak ada efek samping, malah itu khan bagus sbg persiapan prgm selanjutnya utk perkembangan dari susunan saraf dari embrio yg sudah menempel spy dpt berkembang baik dalam rahim. Semoga berhasil yach rencana thaw cycle nya. 🙂

  177. tia

    Mbak Mulia mohon infonya saya Prolactinenya 43 tinggi ya.. jadi harus diturunin dulu dng obat , trus aku pake long protocol minum obat KB rahim ku belum bisa menerima jadi Moon nya jadi 14 hari. terpaksa bulan depan diulang dibarengi obat untuk menurunkan prolactine nya. Mbak waktu tes hormon semuanya normal ? Thanks

  178. itha

    Hi Mulia..pakabar..semga semuanya sehat2 yah.

    aku mau tanya lagi boleh kan Mulia, aku sdah mulai tes hormon, hsg dan usg persiapan BT nih, tapi aku sempet bingung dgn pantangan2 makanan, dari info teman2 disini sebelum dan setelah ET. Menurt Mulia gimana, soalnya apa benar sebelum ET kita mengurangi makanan yg membuat hormon estrogen kita tinggi ( kacang,susu,tahu, tempe,dll) walau dokter di jakarta ngak pernah ngasih pantangn makanan tapi kita ttp kuatir juga loh. sebenarnya kenapa estrogen kita hrs di turunkan sebelum ET yah ? supya menghindari hiperstimulasi ya?

  179. cynthia

    Hi.. saya turut cimprung… juga pada bingung hal soal makanan, krn setahu kita kan tahu tempe itu , seperti air tahu kan bagus u/ tambah kesuburan.. gua juga bingung kenapa ada Dr yg larang hal ini, kalau Dr di Penang, apapun boleh makan., padahal kita kan tahu kalau yg namanya nenas ngak boleh makan, tapi kog Dr ngak kasih tahu ya.. maybe Dr kira kita udah tahu, makanya kadang Dr itu suka buat org bingung…
    teman teman yg pada ikut BT, apakah sering makan snack ? dulu saya suka banget snack, tapi skrg udah dikurangi.. katanya ngak bagus ya… buat kesehatan.

    Dear Ati,,
    yg refund 70-100% itu di San Fransisco ya ? teman saya ada yg buat di sana,, dan berhasil pada fresh cycle, katanya kalau tdk berhasil , maka refund 90% (tapi ngak bilang s/d 3 kali)

  180. itha

    @ Hi desy.. pakabr…apa sdh mau program lagi ?
    aku mau tanya dong, kamu kan pernah BT di RS Family dan suami sempet operasi kecil ya? aku sdng persiapan jg nih, knapa bisa sampe gagal 2 kali yah desy?

    @ hi Mulia, pa kabar… bentar kagi jadi ibu yah smga sehat2 selalu.
    Mulia aku mau tanya dong,saya mau persiapan BT, pas test sperma suami dikatakan hasilnya nihil/ tdk ada sama sekali. padhl bulan juni lalu test sperma di makmal UI masih ada jumlahnya walau dibawah 20 jt. selain itu suamiku jg terapi hormon testotern atas anjuran dkter androlog disuntik per 4 bulan sekali( @rp. 2.000.000) nama obtnya NEBIDO 1000mg. tapi tetap saja jmlah sdikit. kemungkinan mnrt dkter androlog ada penyumbatan verikokel nya shg diberikan vitamin antioksidant.

    skedar info aja waktu thn 2005 kita masih bisa program ICSI dan sperma yg didpt lumayan jumlahnya, knpa sekarg kok bisa nihil ya?mungkin Mulia ada saran dan kawan2 lain ada yang mengalami sperti saya, apa mungkn nanti suami hrs di MESA/PESA/TESA?

    trimas be4.

  181. Mulia

    Itha, coba aja cek di dktr lain dulu utk second opinion mengenai hasil sperma yg dinyatakan nihil, siapa tau ada beda diagnosa. Trus coba aja tambah konsumsi multivitamin merek GNC, khan ada yg khusus utk membantu meningkatkan jumlah sperma. Kalo pengalaman suami saya sich wkt itu udah konsumsi bnyk obat2an dari androlog & udah operasi varikokel jg, tp tetap ngak ada hasilnya. Trus sebaiknya nanti kalo mo cek sperma lagi, periksa di lab yg berbeda spy tau apakah hasil yg pertama itu akurat ato tidak.

  182. desy

    Hi Itha, aku baik2 saja. thx.. rencananya september ini aku mau coba lagi di Rs Family. aku rasa bisa gagal terus krn embryonya ga mau nempel aja dirahim ya…menurut sinshe, rahimku dingin. Padahal pd saat BT udah PD aja bakalan jadi karena kata dokter pembagian cellya bgs sampai blastocyst. Aku disarankan jangan minum air dingin.

    Kalau suamiku dia TESA krn tersumbat. sebaiknya Itha tanyakan kepada dokter apakah nihil karena tersumbat atau memang tdk ada atau kurang?

  183. itha

    hi Mulia trims bgt…infonya..
    kalo soal suplement misuaku mmg konsumsi pake GNC ada yg mega Men khan,selain itu jg diberi dokter androlog UBESCo dan Thentral (vit antioksidan), dan mmg waktu thnn 2005 dulu suamiku rajin jg minum tribestan, makanya aku pas baca postingan kelly dan anggun jadi inget obat itu lagi walau agak mahal tp mau di coba lagi.
    Mul, terus terang suami ku tipe yg kepengen tahunya tinggi bgt, dia sampe penasaran hampir tiap bulan cek hormon testoteron, cek darah lengkap dan tes sperma, sampai2 soal makanan pun udah dijaga sejak thn 2005 pas BT gagal itu. Duh Mul sptnya udah banyak usaha yg kita lakuin termasuk ke dr Androlog yg terkenal Prof Wahyuning, Dr. Nugroho, semuanya pasti menyarankan u/ dioperasi tp karn kita mau BT, jadi mnrt ku ngak perlu khan.soal tes di lab makmal yg berbeda pas bulan juni mmg masih ada, ta kok di lab RS family kemarin nihil ya.

  184. Iva

    Hi Mulia,salam kenal ya..
    sblmnya selamat ya kamu udh berhasil hamil dan sebentar lg mo jd mom,waah..seneng bgt ya?mudh2an aku dan teman2 disini bisa ketularan kamu ya..amiin..

    Hi Itha,salam kenal ya..
    Kamu udh sampe mana program BTnya?di Family ya..
    Aku hari ini (haid hr ke3) abis dari BIC sama dr.Indra anwar,td abis usg sama tes darah,trus dikasih resep pil KB cycloprogynova selama 21 hr,lg nunggu hasil lab nih bsk..td hasil usg vaginal sel telurku kecil dan sedikit(apa pengaruh umur ya? aku udh 35 th nih..hiks!)jd deg2an nih..
    Tha,kamu akupuntur di puri cinere ya? kl aku di hermina depok,biayanya cuma 90rb loh,gak dikasih obat apa2,dokternya jg cewe..
    Oya Tha,GNC tuh pake resep dtr or bs beli di apotek?suamiku jg spermanya dibwh 20jt,udh terapi ke nukman,indra mansur tp blm ada perubahan tuh..
    Aduuh..mudah2an kita semua bisa berhasil ya…amiin 1000x

  185. tia

    Iva aku juga dng Indra Anwar di gading pluit sama obat kbnya untuk 21 hari tapi aku Moonnya jadi 14 hr dari hari ke 3 minumnya dan trus flek dikit. jadinya cycloprogynova nya diulang bulan depan karena rahimnya belum bisa menyesuaikan kata Dr, tidak bisa BT Bulan ini.Mudah mudahan kamu moonnya setelah minum obat KBnya gak masalah ya

  186. tia

    ita katanya “maca man” jg bagus GNC di carefour gatot subroto dan di sogo juga ada. tribestan dan surbec z juga bisa

  187. itha

    Tia,Iva n Mulia

    @ Tia, thks ya, mmg suamiku dulu pernah minum tribestan tp, krn sekarg hasilnya buruk ya hrs minum tribestan lagi tapi aku lupa nih berapa kali sehari ya? kamu tau ngk tia,?

    @ Iva..salam kenal ya, kalo untuk GNC banyak kok dijual dia agent suplement yg bagus kok krn aku udah konsumsi sejak lama, bisa u/ men n women bisa lgsng dibeli di agent di carefour lebak bulus, PIM,senayan, apotik mahakam dll.
    Iva, aku baru tes darah haid ke -2, usg dapet 12 telur dan HSG kemarin, suami tes sperma kemarin jg tapi kt susternya spermanya nihil/ tdk bisa terlihat, padhl bulan juni udah tes juga di RSCM, spermanya ada jumlahnya 400ribu. makanya aku jd bingung nih.
    smoga kamu lancar2 aja yah… GBU

    @ Mulia
    aku jadi mau tau cerita km lengkap nih jadi pas mulia thaw cycle kemarin itu, sperma suami mulia diambil dari PESA/MESA yah, atau tdk operasi ?
    Mulia tahu ngak teman2 kita disini yang pernah PESA/TESA siapa yah, mau curhat nih soalnya proses BT ku agak tertunda nih krn masalah misuaku…. hik..hik..

  188. cynthia

    Mbak Mulia,
    hamil 5.5 bln juga bisa keguguran ya ? tadinya saya pikir kalau udah lewati 3 bulan udah lewat masa kritis..
    5.5 bulan berarti perut udah besar, jadi tanda keguguran itu, adalah dtg mens ya ?

  189. Iva

    Hi itha..
    Kalo sperma nihil/nol berarti musti Pesa/Tesa..coba tanya2 aja sama veronica di forum ini,kemaren dia BT tp suaminya Tesa dl..sukses ya tha..
    Kemaren hsl lab ku udh keluar,ada satu hormon yg agak rendah,yaitu hormon estradiol nilainya 8,78(normalnya 12,5) Kira2 temans2 disini ada yg tauk gak ya hormon estradiol itu apa/fungsinya untuk apa??

    Hi Tia, kamu sama dr.indra jg ya? wah,seneng deh jd ada temen..Oh gt ya,emang kamu udh berapa kali minum cycloprogynova nya? aku baru mulai minum hari ini (hari ke5 haid),berarti kamu br mulai bln depan ya? mudah2an aku nanti gak ada apa2 deh..dan mudah2an kamu jg ya bisa lancar bln dpn,dan kita semua disini bisa berhasil hamil spt Mulia..amiiinnnn..

  190. Mulia

    @Iva, salam kenal jg. Thanks yach atas ucapan selamatnya. Semoga Iva & teman2 lain yg sedang menjalani prgm jg berhasil hamil.

    @Cynthia, apa ini cynthia yg sama dgn yg mo thaw cycle bln dpn di penang? Kalo setau saya, bila sudah hamil walaupun kehamilan dari hasil prgm ivf, itu sudah sama seperti kehamilan yg alami koq. Jadi mengenai keguguran di usia kehamilan 5,5 bln biasanya disebabkan krn kehamilan lebih dari satu janin di dlm rahim mksdnya spt kembar dua, kembar tiga, dst (multiple pregnancy), hal ini bisa jd disebabkan krn kemungkinan kondisi fisik si ibu tidak memungkinkan utk menjalani multiple pregnancy. Jadi biasanya dktr sblm melakukan et akan meminimalkan resiko kehamilan kembar. Gejala keguguran itu bukan datangnya mens, mgkn lbh mirip spt pendarahan dgn sakit perut yg terasa sgt mules sekali. Apa mksd cynthia dgn keguguran di kehamilan 5,5 bln adalah kisah pengalaman keluarga andi dlm menjalani ivf fresh cycle pertama yg di surabaya yach? Krn kalo benar, bisa ditanyakan kpd andi lgsg spy mendptkan jawaban yg lbh tepat & akurat.

  191. tia

    To Itha hubby ku sblmnya 200rb saja setelah tribestan 1×1 dan subex z 1×1 jadi 25jt hanya selama 3minggu.

  192. itha

    to : tia
    tks bgt infonya, wah seneng denger suami tia bisa banyak spermanya setelah makan tribestan mgkn ngak ada masalh ya, kalo suamiku diketahui ada verikokel( penyumbatan saluran/ varises) di testis yang baru ketahuan 4 bulan lalu, dan kita baru tahu kalo itu bisa menyebabkan sperma berkurang terus,padhl bulan juni masih 4 jtan.
    Semoga kamu lancar ya tia programnya… GBU

  193. Lenny

    Hai Imel, salam kenal, udh lama nga dgr beritanya nih.. bgmn programnya d Penang, udh sampai tahap mana?

  194. cynthia

    ok tak apa apa Mulia.. , ya.. saya ini Cynthia yg mau thaw cycle di awal Aug.. , saya just tanya krn ada teman C yg lagi hamil jalan 4 bln, kemarin masuk RS 4 hari (BT kembar 2),, pendarahan kayak kencing dan ada gumpalan gumpalan, tapi kata Dr ngak masalah krn kontraksi sebab plasenta belum naik juga.

  195. cynthia

    Mbak Mulia, mau tanya program Detoks gimana caranya ya ? Mbak Mulia masih kerja atau udah pensiun ? waktu stay di aparment selama 2 minggu after ET, makan apa aja ya ? Dr anjurkan byk minum juice, apakah boleh juice yg kita beli di supermarket itu ? yg seperti juice Berri yg botol besar gitu..

  196. cynthia

    Dear Nia di Balikpapan,

    Hormon yg tinggi yg menyebabkan tdk bisa hamil yaitu hormon prolactin, coba Mbak Nia check brp Prolactinnya..
    saya tahu, krn dari dulu hormon saya tinggi , makanya Dr di S’pore sarankan makan obat s/d hamil, tapi saya ngak makan.

    Sementara Dr Ng Penang bilang ngak terlalu tinggi, jadi ngak usah makan obat.. , memang skrg udah lebih rendah dari dulu, krn saat ini saya lagi cuti, jadi beban stress udah berkurang 1.

    Mbak Mulia, tadi saya udah review lagi di atas, dan udah dpt jawaban Detox yaitu makan buah buahan dan air putih aja.. , saya barusan baca buku kesehatan, katanya pagi hari minum air hangat dgn 1 irisan lemon di dlmnya bagus u/ membersihkan badan dari racun pada program detox sehari., jadi mau tahu apa Mbak Mulia juga sama awal minum di pagi hari adalah air hangat dgn irisan buah lemon ?

    By the way,, Mbak Mulia dulu ada TORCH ? toxoplasma dll.. , kalau Dr. Ng cuma minta test Rubella saja.

    Dear Merry,
    di Medan ada akupuntur yg u/ pelangsingan badan yaitu Dr.Mulia (cowok) tapi cukup mahal, sekali akupuntur mau 300 ribu.

    tx

  197. itha

    hi cynthia..salam kenal..

    kalo omong2 soal detoks n jus…lebih baik buat jus sendiri aja diblender langsng minum lbh sehat ngak pake sukrosa/pemanis buatan n pengawet. kalo lg iseng beli buku panduan di gramedia cara buat jus , kadang2 ada jenis buah2 yg bisa dijus bareng dan rasanya jadi nikmat lo cynthia, trus soal detoks kalo suamiku tiap pagi minum air putih yg diberi perasan lemon, u/ membersihkan n lancarkan pencernaan, apalgi ditambah jus wortel+ tomat sebelum sarapan.met mencoba yah…

  198. Angel

    Hi, Lenny , salam kenal juga ya. apakabar?
    saya sudah 1,5 bulan loh di Penang.saya ikut Ivf ama Dr. Ng Peng Wa. fresh cycle yang pertama kali.
    tgl 14 juli kemarin dah test BHCG dan positif.
    tgl 25 juli nanti saya kembali ke jakarta.

  199. Veronica

    Angel..dah USG ya ? kembar ngga ?
    sekarang dah mulai ngidam donk…selamat ya dah bhasil ivfnya…

  200. Mulia

    Angel, selamat yach…. Btw, buat postingan pengalaman kamu dalam menjalankan prgm ivf sampe berhasil ini, khan buat menambah semangat & pengetahuan buat teman2 lain yg mo merencanakan prgm ivf jg… take care… ^-^

  201. VIVI

    HAI Angel, Salam kenal ya , selamat untuk kehamilannya…bgm? udah mulai nginam blm?Aduh seenanngnya dengar orang berhasil BT…jadi tambah semangat. mau tanya dong, brp biaya untuk IVF di Penang , saya baca begitu byk orang ama Dr Ng , saya jadi pingin coba jg , saya pernah BT di Jakarta tapi gagal , sebenarnya berapa % keberhasilan di D Ng , dan kita harus stay berapa lama disana?

    Dear Mulia ,
    Sebentar lagi udah jadi Mama, Selamat ya …Oya mulia jg ama Dr Ng kan , bisa minta alamat & no telp Dr. Ng? kalo bisa sekalian tempat tinggal rekomen…he..he..sorry pertanyaan agak banyak…thank alot …

  202. Angel

    Hi Vero,
    Saya kemarin di usg ternyata belum kelihatan janinnya, jadi suruh usg lagi tgl 25 july, kapan Vero mo mulai program lagi ? Semoga kali ini berhasil ya. Thanks ya atas supportnya.
    Eh Ver……. saya mulai ngidam nich : Mo shopping sepatu boot, baju, n accessories.

    Hi Mulia,
    Selamat ya, sebentar lagi kamu jadi MAMA. Saya belum siap untuk posting pengalaman, karena masih deg-deg-an nich. nanti kalo dah bln ke 3 ato 4, sudah agak tenang. hehehe……….

    Hi Vivi,
    salam kenal juga, saya ivf dengan dr Ng Peng Wa habis kira kira RM 10,000. belum termasuk living cost di Penang selama 1,5 bulan. Katanya kalo cuma sampai ET saja tingkat keberhasilannya 90 persen, selebihnya tergantung response tubuh kita. Menurut dr NPW, dalam hubungan normalpun kemungkinan terjadi kehamilan hanya 25 persen.
    BTW Vivi ivf di Jakarta di Rumah Sakit mana ? dengan dr siapa ?

  203. Veronica

    Hiii..angel, waah..klo ngidam belanja itu mamanya bukan babynya he..he..selamat ya…mungkin klo dah siap dana dan dikasih cuti panjang ma tempatku kerja aku juga mau coba di penang sana…ya smoga nyusul kamu ma mulia deh yang udah bhasil 🙂
    Aku juga mau lihat teman2 yang sekarang lagi ikut juga…biar tambah semangat utk coba lagi..

    Hii..Vivi, kamu ikut BT dimana yang pertama dulu ? sekalipun lon bhasil tetep semangat ya..banyak juga teman2 disini yang bhasil kok..

  204. Lili

    hai mulia
    aku br aja thaw ni kmrn … skg lg bed rest 3 hari. yg aku mau tanyain kmrn aku abis ET kan baring dl kira2 2 jam gt trus pulang trus sampe rumah kok kyk ngeflek gt warna merah cm dikit seh, ada yg gt ga ya?
    skg lg praying everyday nih biar berhasil abis embrio bekuku da ga ada lagi kmrn yg survived cm 3 jd dimasukin semua.
    wish me luck ya n buat semuanya yg lagi ikutan program BT good luck ya!!!

  205. VIVI

    Hai Veronika , dulu saya program di Harkit tapi gagal , sekarang lagi binggung ni mau program di mana? mau di Jakarta ato di Penang , rasanya Penang sangat menjanjikan…vero sendiri rencananya mau program di mana? mungkin kita bisa bareng nih…

    Hai Angel , thanks ya infonya , sampai 90% ET keberhasilannya? wah…bagus dong …boleh minta no telp n alamat RS nya ,sekalian alamat tinggal kos -kosan kalo memungkinkan …he…he…sorry agak banyak pertanyaannya…Thanks again and semoga kembar ya …cewe n cowo sekalian…he…

  206. Veronica

    hii..vivi dah lama ya ikut BT di harkit ?ngga ada sisa embrio ? umurnya berapa sekarang ?
    aku masih istirahat dulu he..he..lon mau ikut lagi dalam waktu dekat ini.
    tapi klopun mau coba lagi aku mau coba di penang ato di aucky aja…

    Lili, kemarin juga sehari setelah ET aku ada flek juga tapi kata dokter ngga apa2 klo stop lagi..godluck ya dengan thawnya ini..dari 9 embrio sisa cuma 3 yang survive ?

  207. Mulia

    @Vivi, iya saya prgm ivf di penang dan ini alamatnya RS Lam Wah Ee, Jl.Tan Sri Teh Ewe Lim, Penang – Malaysia (ph:604-6571888) dgn dr.Ng Peng Wah. Trus kalo utk info apartemen mending japri aja yach krn disana pada dsrnya bnyk yg sewa2in apartemen, jd ngak terkesan iklan utk satu pemilik apartemen aja. Hope it helps.

    @Lili, semoga berhasil yach thaw cycle yg skrg ini. Benar banget emang hrs lbh ditambah lagi intensitas doanya spy dpt tambahan spiritual biar tambah yakin utk keberhasilan prgm yg lg dijalanin skrg. GBU

  208. eva

    Hi Angel,
    Selamat atas hasil tesmu yg positif, aku ikut doakan mudah2an semua berjalan lancar dan hasil usgmu bagus. Memang saat2 ini yg paling bikin deg2an, terus aja berdoa dan jangan berhenti berharap. Gimana kabarnya Imel, bukannya kamu ke Penang barengan. Btw, wish U both the best.

  209. Lenny

    Hai Angel.. selamat atas kehamilannya. Bgmn hsl usgnya kemarin? Di Jkt nanti kontrol di mana? Aku doain smoga kehamilannya lancar sampai melahirkan ya.. Duh.. senang mengetahui ada yg bhasil lg.. Smoga kita smua nyusul ya teman2…

  210. Lili

    hai vero
    iya yg survived cm 3 embryo jd kmrn rd gimanaaa gt mgkn krn da ga ada simpenan embrio lg jd rd was2 juga kalo ga jadi musti ngulang dr awal. kamu kapan mau mulai lg?

    dktr jg bilang rahimku rd retro gt bentuknya jd pas bedrest musti tidur miring, btw sebenernya temen2 yg pada berhasil BT pada bed rest semua ga si?

  211. retno

    Hi lili..salam kenal. Masalah kt sama ya, aku yg di ET jg 3 gak ada simpenan embrio.Tadi dah diUSG tp msh blum bs diukur masih kecil2.Apa krn 3 embrio jd pertumbuhannya lambat ya.
    Oh ya aku ET tgl 28 juni, setelah ET emang bedrest tp kebanyakan bedrest jg ga bagus peredaran darah gak lancar jd diselingi kgiatan lain deh cuma diminimalisasi aja.

  212. Lili

    hai retno salam kenal!
    kamu BT dimana? iya aku bedrest cm 2 hari abis tu ga tahan jadi jalan2 tp cm dalem rumah doang he3 oya aku 2 hari setelah ET diare tp ama dktr da dikasih obat jd da mampet cm jd was2 nih soalnya ada yg bilang ga boleh ya keep praying aja.
    hasil BHCG kamu brp? good luck ya semoga bisa kembar he3 jd ga usah pusing2 lg.

  213. retno

    Hai lili…iya keep praying aja n take a rest yah.Aku bt di harkit trus bhcg gak tau brp abisnya langsung disalamin ama dokter jd ga sempet nanya2.Moga2 perjuangan kt berhasil ya…amin!

  214. retno

    Hi Mery..moga2 aja dpt kembar tp kmrn diusg msh kecil2(blm jelas gitu)
    ntar 2 mg lg usg.Doain aja ya mer smoga sukses biar kamu jg ketularan ..amin!

  215. cynthia

    Mulia,
    mau tanya waktu program thaw cycle dgn Dr.NPW, apakah ada dikasih suntikan suprefact dan test darah ? atau hanya ovidrel saja pada hari ke 12 mens setelah USG ?

  216. Mulia

    Cynthia, kalo saya waktu itu ngak ada dpt suntikan suprefact ato tes darah lagi, jd emang lgsg sntk ovidrel aja wkt hr ke12 mens. Btw, frozen embrio C msh ada brp set & dalam bentuk blastocyst jg? Kpn rencana brkt ke penang utk thaw cycle nya?

  217. cynthia

    Tks Mulia,
    sisa 1 set saja = 3 embrio,, kemarin dulu waktu aku tanya ke IVF centre kenapa punyaku s/d 6 hari baru ditanam, ada aku tanya juga simpanan yg dibekukan dlm waktu brp hari, katanya simpanan embrio tsb setelah 3 hari,, berarti bukan blastocyst.. , dan setelah aku baca internet baru saya tahu, ternyata Dr benar, seharusnya dlm blastocyst lebih memungkinkan u/ hamil, tapi sayangnya C blm rezeki kali itu.. , Mulia, waktu taruh obat cyclogest Mulia ada diajarin suster/Dr gimana taruhnya ? , apakah ada pakai bantal sebagai ganjaran ? Temanku bilang Dr ajarin gitu.. , makanya saya kwatir waktu itu mungkin obat progrestron aku ngak berfungsi baik, krn tdk tepat cara pemakaiannya.

    Aku brkt hari Rabu ini sama Bokap, dan Bokap akan temanin dulu 2 minggu gitu, baru nanti misua dpt gantikan, krn misua ngak bisa terlalu lama, mau kerja. Skrg aku lagi mikirin, habis ET apakah aku sebaiknya nginap RS dulu atau langsung pulang apartment di Mewah Court,, ada saran ?

    Mhn doanya ya semoga kali ini aku menang dalam peperangan.

    Tks/ac

  218. yati

    Mulia, tadi saya dapat tel dari Lorensi (pasien dok NPW),ia kirim salam buatmu, kandungannya sudah memasuki 7 bulan (kembar dua ) katanya ia sehat2 saja.katanya kelak ia akan
    berbagi pengalaman diWeb ini.

  219. cynthia

    Tks buat Lenny dan teman teman yg sudah doakan C.
    C berangkat siang ini dgn pesawat Lion jam 2 dari Medan, dan usg besok.. Mhn dukungan doanya semua, C ngak bawa laptop jadi sementara ngak connect dulu internet. God bless all of us…

  220. icha

    cynthia smoga lancar2 semua dan berhasil hamil menyusul teman2 yg udah berhasil ya..

    wah retno seneng banget ya..smoga beneran kembar pasti lucu2 🙂 ..kita ikut programnya hampir bareng ya di harkit tapi sayang aku belum berhasil..denger2 dari 10 orang yang ikut barengan kita yang berhasil hamil cuma 3, jadi agak mendekati statistik ya yg bilang keberhasilannya cuma sekitar 25%-30%..aku rencana mo ikut lagi di penang tapi mungkin awal tahun depan nih..doain ya

  221. retno

    Hai icha…kembar nggaknya blm tau pasti nih nanti nunggu usg hari sabtu. Iya cha..ntar tak doain smoga program berikutnya berhasil..don’t ever give up!

  222. retno

    Hai icha..OPU aku dapet 6 yang jd embrio cuma 3.Jadi yg di ET cuma 3 doang gak ada cadangan lg..ya pasrah aja deh kalo rejeki gak kemana.
    Oh ya kmrn waktu ET sama dokter siapa.Kalo aku ama dr suci, krn sama2 cewek jd enak aja gitu prosesnya.

  223. Lenny

    Hai..Icha, aku jg rencana mau BT awal tahun d Penang. Ini BT pertamaku. Mdh2an kt bs ktemu ya..

  224. tina

    Hi salam kenal semuanya
    Mulia selamat yach sedikit lagi udah mo jadi mama 🙂 Mulia baca cerita kamu dah berhasil BT jd mo cepat2 BT. boleh tanya waktu dipenang kamu berapa lama tinggal disana, trus apa biaya hidup disana mahal,kira2 bisa habis brp u biaya hidupnya?(sorry,u/ persiapan)total kamu BT kayanya sekitar Rp.26 jt sdh semuanya termaksud lab wah murah yach.Apa dokter dipenang teliti, karna ada pengalaman sama dok disini kurang teliti beda bgt sama dok di luar negri. trus dok bisa bhs melayukan? apa artinya thaw cycle sama fresh cycle?
    mulia, BT di penang sama di Sby tingkat keberhasilnya lebih besar dimana yach? kok sy baca di website ini lebih byk yg berhasil di luar negri dr pd di sini, sy jd ragu. tadinya thn dpn mo coba disby karna ada cici disana. tp baca 2 cerita kamu jd ragu2 dech. sy kena kista endo di induk telur sebelah kanan, trus sdh sembuh. 2 thn lalu sy sempat hamil lwt insem tp tersumbat di saluran telur, Dr indra kasih saran sy u ikut BT. Jd mo cari info kira2 yg harganya terjangkau, mo sih ikut di Jkt tp beda harganya jauh, bisa 2 x lipat dibandingkan di penang.
    Hai Icha dan lenny, kita bisa nih bareng ke penang thn dpn. kita bareng yuk 🙂

  225. Mulia

    Hai Tina, kalo soal utk biaya hidup di penang itu relatif yach krn tiap org khan pny keperluan penunjang yg berbeda, kalo saya sich wkt itu living cost utk sewa kamar apartemen + makan + jajan sktr Rp5jt/bln, saya stay 2 bulan disana. Dokter pake bhs hokkian, inggris dan melayu jg bisa koq. Kalo fresh cycle itu prgm awal dgn mulai dari proses suntik hormon, opu sampe et. Sedangkan kalo thaw cycle itu proses et dgn menggunakan frozen embrio yg survive dlm proses thawing, jd ngak ada suntikan pemicu hormon lg. Utk perbandingan prgm di Sby, saya rasa sih relatif sama tp mgkn lbh kearah cocok2an aja lbh sreg utk prgm dimana & dgn dktr siapa. Hope it helps… 🙂

  226. icha

    halo tina dan lenny…kalian sekarang domisilinya dimana?
    aku rencana mungkin konsul awalnya sekitar februari awal..pertimbangannya mungkin januari deket ama tahun baru & chinese new year,takutnya dokternya cuti..trus harga tiket jauh lebih mahal kan..oh iya, dapet info dari mulia kalo pesen air asia jauh2 hari sebelumnya lebih murah jauh loh..kalo bisa bareng lebih enak lagi ya..smoga bisa ketemu ya !

  227. retno

    Hi Mulia..lam kenal(lagi).Slamat ya mulia bentar lg jg mama.Kalo aku msh blm beruntung krn kmrn baru keguguran n dikuretase.Emang bener ya chance utk hamil lg besar after keguguran.Trus aku pengen coba akupuntur nih kalo pengalaman kamu gmn stlh akupuntur.Brp kali seminggu sebaiknya..Smoga aku bisa ketularan kamu ya..amin!

  228. tina

    hi icha salam kenal
    sy tinggal di jakarta, rencana jg sekitar bln feb ato mar mo ikut BT. mo nya sih di penang tp gak ada yg tmn(suami takut ada apa2 sama sy) jd lihat az dech nanti mo ikut dimana. kamu sendiri icha ditemanin suami? sy baca cerita kamu perna ikut di harkit, bgm gagal yach? kamu di harkit habisin biaya brp?

    Hi mulia kira2 kapan lahirannya, trus mo lahiran dipenang juga?

    Hi yenni salam kenal.bgm babynya? thx yach u web-nya, byk membantu bgt buat kita2 yg susah u dpt baby. kita2 bisa saling suport, sy sempat sedih en down kok susah banget buat dpt keturunan sedangkan org lain tega buang anaknya sendiri. ternyata byk tmn2 yg senasib dgn saya. sy kebetulan az ke temu wab ini, trus baca kisah tmn2. byk sisi positive yg bisa sy ambil, mis by BT yg terjangkau

  229. lie ching

    Hi salam kenal ya Mulia, gua senang bgt bc sharing km n tmn yg lain di website ini. Krn gua jg sdh nikah hampir 5 thn sdh capek berobat kesana kemari di medan, penang, singapore n yg terakhir di Dr Ng trus disarankah ikut BT tp mental gua takut banget gagal ngingat biaya yg ga sdkt tuh.Sdkt info nih suami sdh 42 thn n gua 32. dari hsl periksa kualitas sperma suami sih yg krg kualitas n bentuknya. Sdgkan gua prnh operasi miom. Mgkn ada tmn yg bs bagi pengalamannya yg hampir sama n Mul tolong ks info apartemen didkt Dr NG yg hrgnya murah n bersih tempatnya.(buat persiapan kalo kpn2 gua mau kesana) Tolong ya kirim ke email gua aj http://www.niceching@yahoo.com.sg thanks gua wait ya

  230. Vera

    Hi Tina salam kenal,
    sy juga rencana mau bt di penang setelah tidak berhasil di sini dan setelah membaca banyak yang berhasil di sana. Sy juga kayaknya berangkat sendiri dan agak takut juga sih karena belum pernah ke sana. Kalo bisa kita bareng aja ya ?

  231. icha

    hai tina..aku juga tinggal di jkt koq..suami mungkin nemenin pas konsul awal aja karena kemungkinan harus PESA seperti BT yg pertama dulu,selanjutnya juga mungkin sendiri,tenang aja disana banyak temennya koq, iya gak mul?..iya tin, di harkit belum berhasil,mungkin belum rejeki..harkit biayanya paket kalo sama PESA sekitar 55,5 juta..tapi waktu itu aku sempet ohss jadi ada biaya tambahan untuk rawat inap dan infus albuminnya..ikut BT dimana aja mungkin sama ya, yg penting yakin di beri Tuhan yg terbaik..manusia cuma bisa berusaha ya tin..sabar ya,banyak koq yg senasib dgn kita 🙂

  232. Stefanie

    Hi Mulia dan teman2 yang lain salam kenal yah…mulia, selamat yah sebentar lagi dah mau punya baby, saya boleh tau ga yah nama dokter dan almat RS kamu dipenang dan kira2 biaya yang kamu bilang MYR9000 udah termasuk semuanya?saya baca artikel kamu jadi pengen cepet2 kepenang untuk konsultasi sama dokter sana.
    Saya udah married 2thn 1/2 tp sampai sekarang belum hamil2, saya udah kebeberapa dokter di jakarta tapi semua dokter sama aja cuma ngasih obat hormon aj dan kebetulan jadwal menstruasi saya ga setiap bulan kadang bisa 6bln sekali, tapi kalo makan obat hormon lancar, ada ga yah yang pernah ngalamin masalah seperti saya?

  233. mery

    Hai Stefanie, salam kenal. Sy bantu Mulia utk menjawab ya, uda mendekati due date jd Mulia skrg lbh byk istirahat..Nama dokternya Dr.Ng Peng Wah..Add 141, Jalan Tan Sri Teh Ewe Lim, 11600 Penang, Malaysia. Iya RM9000 uda biaya semuanya.
    So, Stefanie mudah2an membantu ok..

  234. Mulia

    @Lie Ching, info yg kamu minta itu udah saya kirim ke email yach….

    @Stefanie, pertanyaan kamu jg udah dibantu jawab oleh Mery.

    Btw, utk teman2 kalo ada pertanyaan mengenai prgm ivf di penang jg bisa tanya ke Mery krn dulu sblm saya mulai prgm ivf fresh cycle, saya jg banyak bertanya ke Mery. Soalnya krn usia kandungan saya jg udah mendekati waktu due date, jd takutnya ngak bisa reply segera utk pertanyaan2 mengenai ivf. Thanks yach Mery utk bantuan & supportnya selama ini. Semoga next plan Mery utk prgm ivf bln October langsung berhasil hamil dgn baik sampe melahirkan.

  235. lie ching

    Dear Mulia,

    Ya, gua dah terima emailnya. Thank you very much. Semoga dlm proses melahirkannya nanti Mulia dimudahkan segalanya oleh Tuhan and don’t forget to sharing kpd tmn2 sekalian nantinya biar ada tambahan motivasinya lagi. GBU

    Buat teman2 yg lain yg mau program BT di Dr. NG maybe bs sharing di email saya http://www.niceching@yahoo.com.sg
    Kita bs saling sharing n chating, siapa tau kita bs barengan pergi ke penang kan asyik ada teman seperjuangan. So saya tunggu emailnya ya! Tetap semangat dan jangan menyerah.

  236. tina

    Hi vera salam kenal, memangnya kamu rencana mo BT di penang kapan? saya rencana mo bln feb ato mar, kita bisa bareng janjian, soalnya saya mesti sendirian ke sana ;(

    hi mulia bgm kondisi kandungan kamu? udah cape ama perut 😉 kapan renc lahirannya

    hi lie ching salam kenal, ada rencana mo BT juga dimana & kpn?

  237. Vera

    Hi Tina, sy juga rencana mau ke penang sekitar bulan feb. Tina tinggal di mana ? Nanti kita contact lagi ya…

    Hi Vera, kamu udah bt ke penang dlm 2 atau 3 bln ini ? Nanti sharing ya, sy tinggal di jakarta, kamu tinggal di mana ?

  238. Lia

    Hai kak mulia, salam kenal ya. Aku lia, 21 thn. Slmt ya, smoga nanti lancar terus sampai melakhirkan. Aku belum nikah, tapi suka baca sharing kalian. kebetulan saudara sepupuku juga mau ikut program BT. nanti aku boleh tanya2 ya, hehe….

  239. feni

    hi..all, saya mau sharing nih buat bagi yang gagal bayi tabung, menurut saya perlu jg cek antibodi, kalo antibodi tinggi sperma masuk bisa langsung dibunuh dan bayi tabung juga percuma, saya rasa ga ada salahnya cek dulu, di jak di klinik sam marie dengan dr indra g mansyur,ada jg di rs budi jaya dan pondok kelapa .
    saya sudah pernah BT di spore dan gagal jg. setelah dicek antibodi, rupanya tinggi sekali, sekarang lagi ikut programnya, lagian programnya kan ga mahal dan ga sakit krn disuntik, dibanding biaya BT yang mahal dan mesti berkali kali dan gagal pula…
    langkah selanjutnya kalo memang sudah turun dan belum hamil jg, coba insem atau laparaskopi, setelah itu baru langkah terakhir BT…

    ada adiknya temen saya jg uda BT berkali kali, akhirnya antibodi diturunin dulu , ga sampe 3 bulan hamil, ga tau insem uda berpuluh puluh kali , BT di spore dan indo jg,
    kadang2 saran dokter ga bisa dipercaya, kan enak tinggal suruh BT, untungnya lebih gede.
    sori yah temen2 .. ini cuma saran saya aja, umur saya 29 , suami 33 tahun..
    sekian dulu yah .. bye

  240. vani

    Hi..Semua,Tina, Vera, Lie Ching, saya juga ingin program BT di penang rencananya bln okt atau nov nanti jadi kalau mau berangkat janjian ya?

  241. Velia

    Halo semuanya. Ada yang udah pernah IVF di TMC Fertility clinic, Kuala Lumpur. Aku udah 2x insem di JWCC tapi ga berhasil. Rencana akhir taun ini mau IVF di KL

  242. jenny

    hi,
    utk Feni, aku jg dengar manfaat tes antibodi utk kehamilan. mmgnya saudaramu yang sdh berhasil itu akhirnya hamil natural atau pake BT lagi? dan sebelum ketemu terapi antibodi ini, dia didiagnosa apa oleh dokter2 yg dia kunjungi selama ini?

    utk Kiky,
    apa ini Kiky yang ada pengalaman Hidrosalpinknya kambuh lagi itu ya? aku ada post utk kamu di Pengalaman Mery sih… tapi aku ketik di sini lagi deh…Boleh tau , Ky, kamu dulu di laparoskpi hidrosalpinknya di mana dan dari operasi sampe ketauan hidosalpink lagi itu berapa taun ya?

    Thank’s ya

  243. Kiky

    Hi Jenny…Aku operasi laparoscopy nya di RS Pondok Indah, cuma selang beberapa bulan malah kambuh lagi, semakin besar pula, akhirnya dokter saranin utk laparotomy, karena kalo tidak diangkat, pengaruhnya buruk thdp proses BT, aku nga ngerti deh kenapa nga sekalian aja dokter dulu langsung laparotomy aja kalo tahu begini, rencana bulan depan mau laparotomy dan mulai proses BT lagi awal tahun depan. mudah2an semuanya lancar.

  244. jenny

    Hi, Ky,
    Semoga semuanya berjalan dengan lancar ya…Jadi hidroasalpinkmu di laparoskopiyang lalu cuma diambil cairannya aja ya? Apa hidrosalpinkmu itu kambuh lagi dalam 1-2 bln? Apa yang menyebabkan dia kambuh lagi ya?

  245. Kiky

    Hi Jenny, Laparoskopi terakhir hanya dibuang cairannya,dokter bilang sih hidrosalpingnya adalagi karena badan kita memproduksi cairan dan menyebabkan sumbatan itu terisi air lagi, entah bgmana tuh aku juga kurang ngerti. jd laparoscopy nga berguna utk kasus hidrosalping.selama belum diangkat tuba falopinya ya akan terus begitu.

    Vani, kapan kamu mau start BT di penangnya? Ok jg kalo rame2.

    Utk Merry, aku mau tanya? setelah laparotomy apa kita masih akan dapat haid, karena aku pikir kalo salurannya dibuang, mau lewat mana darah haid dari ovarium menuju uterus dan langsung ke vagina? thanks sebelumnya ya…

    God Bless U all.

  246. mery

    Hai Kiky..masih tetap mens kok. Darah haid itu berasal dari lapisan endometrium yg menebal tp krn tidak terjadi pembuahan sehingga tidak ada penempelan embrio maka lapisan endometrium itu akan luruh menjadi darah mens…Ok..GBU

  247. itha

    *Mulia*
    “SELAMAT YA ATAS KELAHIRAN ANAK PERTAMA YG DITUNGU2 ” pada tgl 27 Sept kemarin … semoga selalu sehat dan bahagia selalu. aku jadi merinding loh ndengernya akhirnya kamu lahiran juga pada waktunya. SUKSES ya Mulia SELAMAT MENJADI SEORANG MOM… smoga aku jg ketularan…salam u/ Keluarga DAN Tuhan Memberkati

  248. HERA

    SELAMAT YA MUL ATAS KELAHIRAN PUTRA YANG SANGAT TAMPAN…..SEMOGA KITA2 YANG LAGI BERUSAHA SEGERA MENYUSUL YA….SELAMAT SEKALI LAGI…

  249. titi

    hi mulia, selamat…ya atas kelahiran putra pertaman… semoga kita semua juga menjadi next ibu…. thinking of you, titi

  250. retno

    Hi Mulia…akhirnya jadi mama juga.Selamat ya Mul..seperti yg pernah lo bilang semua akan indah pada waktunya, mungkin nanti giliran gue berikutnya tp entah kapan..
    Ok deh..congrats ya..!

  251. mery

    Hi All, iya nih ada kabar baik dari Mulia. Mulia uda melahirkan secara Caesar di RSIA Family Pluit tgl 27 September seorg bayi laki2 sehat dengan berat 3,67 kg dan panjang 51 cm. Congratulations ya buat Mulia, semoga baby nya sehat selalu dan selalu dalam lindunganNya..Amin.GBU

  252. Yenni

    Congratulation ya Mulia, akhirnya impian punya baby terwujud. Semoga baby dan mamanya sehat selalu… selamat menjalani malam2 yg kurang tidur 🙂 …

  253. Mulia

    Dear all friends, thanks yach utk semua ucapan selamat & doanya atas kelahiran Wayne, anak pertama saya yg lahir tgl 27 September 2008 secara C-Sectio, hal ini karena sudah adanya kontraksi rahim & air ketuban yg sudah bocor sedikit2. Semoga teman2 yg sedang merencanakan/menjalankan program ivf jg segera menyusul mempunyai anak yg selama ini didambakan.

    @Yenni, betul banget ternyata menjalankan kehamilan & mengurus bayi pasca melahirkan itu, jauh lebih berat daripada yg dibayangkan sebelumnya. Semoga aja kita semua bisa menjadi mama yg baik utk anak yg telah lama ditunggu2 kehadirannya selama ini.

  254. lie ching

    Hi Mulia, Selamat ya sdh jadi mami. Gua bahagia banget baca kabar bhw Mulia sdh melahirkan n babynya jg sehat2 semua. Semoga kita2 ini cepat ketularan hokinya dan cepat punya baby jg ya. Amin.

  255. Desy

    Hi itha, aku baik2 aja.. thx.. Bt belum mulai, akhir oktober saya baru mau konsul dokter lagi…kalau itha gimana?

  256. itha

    *Desy*
    hi desy..jadi km mau coba di family lagi? aku baru mulai suntik2 nih… deg-deg an juga ya mulai BT lagi, karena pernah gagal dulu. tapi mmg kita kan manusia hanya bisa pasrah, semua yg tentukan Tuhan ya…apapun hasilnya tetap semangat..

  257. Mulia

    @Tina & Ci Yati, thanks yach utk ucapan atas kelahiran baby boy saya. Semoga teman2 di web bayi tabung jg segera menyusul menjadi mommy. May all being happy 🙂

  258. itha

    hi. Mulia..pa kabar..seneng bgt deh pasti kamu lagi sibuk2 gendong baby trus ya…trus gimana ASI nya lancar khan Mul..
    Mul, kok kamu ngak tampilin foto baby boy mu…kita tunggu ya..spy nambah semangat nih…n bisa nyusul yah

  259. Mulia

    @Itha, foto baby boy saya udah di posting koq di web bayi tabung. Semoga bisa nambah semangat itha yg skrg lagi jalanin prgm ivf di family & good luck yach.

    @Lia, thank you atas ucapan selamatnya.

  260. itha

    hello mulia..aku sdh liat Wayne lucu n ganteng bgt ya… jadi terharu yah kalo diamat-amati…kalo Tuhan sudah berkehendak kita diberikan anak, sungguh hal yang membahagiakan….

  261. Nona

    Mulia

    Congratulations ya udah jadi Mummy. Semoga semua peserta BT di web ini bisa menyusul jejak Mulia deh. Amin.

  262. Jeane

    Salam Kenal,

    Terima kasih sudah menyediakan web ini dengan berbagai manfaat informasi2 mengenai bayi tabung. Saya mau tanya, apakah ada yang pernah melalukan program bayi tabung di People’s Hospital atau Beijing Maternity Hospital yang keduanya berada di Beijing, China? Saya sangat butuh informasi se-banyak2nya tentang Rumah Sakit tersebut. Terima kasih sebelumnya.

    Wass,
    Jeanab

  263. lisa

    hi Mulia, selamat yah atas kelahiran first babynya. aku juga ikutan program bayi tabung tp kalo kamu wkt thaw cycle itu ditanam berapa embrio? aku sempat sedih nih soalnya punyaku sel telurnya cuma ada 5 aja dah gt dr 5 itu ternyata yg berkembang cuma 1 jadi yg ditanam juga cuma 1. Sedih rasanya sudah gak ada simpanan dah gt cuma 1 aja embrio yg di ET. Udah gt setelah ET aku batuk2 lagi jd kondisi masih gak fit. jadi takut sekali nih. ada gak teman2 yg punya pengalaman kayak aku ini ET cuma 1 embrio?

  264. Mulia

    Hi jg Lisa, thanks atas ucapannya. Saya wkt thaw di et 3 embrio tp yg satu embrio udah tdk bgs lg kualitasnya, jd cuma berharap sama yg dua embrio lainnya. Trus stlh et, saya ada sakit flu (hidung mampet) & sdkt gejala batuk ringan, tp dpt obat batuk dari dktr. Kapan jdwl tes darahnya utk cek kehamilan? Semoga berhasil yach thaw cycle yg skrg ini.

  265. Veronica

    Hii Lisa, aku juga pas thaw cycle dari 2 embrio cuma 1 yang survive..dan tetep ditransfer…sekalipun lon bhasil karena saat transfer bermasalah…jadi ga usah kuatir..smua terserah ma Tuhan aja ya..banyak berdoa yang pasti 🙂

  266. lisa

    hi all thank’s atas dukungannya deh ini aku masih hrs tunggu hasil tgl 17 hari ini baru suntik penguat pertama. Cuma yg aku takutkan itu batukku parah dan sama dokter cuma dikasih decolsin. krn sengsara and nahan batuk aku makan permen feshermen ama konidin permen berharap gak batuk soalnya batukku parah banget.sampai minumpun aku pakai air panas belum lagi anakku yg pertama jd tambah rewel and sakit panas. jd bingung deh. Aku ikut bayi tabung ini krn ada kista di kedua indung telurku makanya gak hamil2. lebih2 lagi suami punya sperma juga jelek. makanya kuatir aja. Kalo batuk dikit sih gpp cuma td susternya blg gak boleh makan permen mint baru kaget aku soalnya sblmnya gak ada larangan makan.Yah pasrah aja deh aku.

  267. yati

    Hai Mulia
    Loren sudah melahirkan caesar kemarin 10 Nov (tepat hr pahlawan) twins baby girls, di RS. Artha Medica kota Binjei.
    babynya berat 2,4 kg an panjang 47 , kedua2nya masih diinkubator.
    Lucu, kakak agak hitam (spt pak Nainggolan ), sedangkan si-adik
    putih, kelihatan cerdik karna matanya sdh merek sana sini.
    wah Loren memang sgt hoki , program BT pertama kali langsung
    sukses, dapat 2 lagi, ngak rugi, he he he he

  268. Mulia

    Ci Yati, iya kak loren jg sms saya ksh kbr, semoga ibu & putri2nya sehat selalu. Dan anak2nya jg sdh diberikan nama2 yg bagus, yaitu Angelicca (kakak) dan Rebecca (adik).

  269. Viva

    Dear Mulia,

    Selamat ya.. Wa sgt sng baca smua crita2 yg kalian post selama ini. Smoga semua mendapat yg terbaek.
    Wa sudah mulai program bt dgn dr eng peng wah di penang dan suntik suprefact tgl 2 des kemarin
    wa jg takut gagal. tp smoga aja Tuhan memeberi kekuatan utk menjalani smua ini.

  270. Evimortlock

    Hallo semua.. hi mulia. selamat ya akhirnya kamu sukses sudah menjadi ibu.. sempurnalah kau menjadi seorang wanita.
    Semoga kamu dan baby sehat-sehat selalu.
    Buat semuanya yang sedang berjuang jangan pernah pitus asa, jangan lupa berdoa terus.. Tuhan sedang merenda hidup kita. Gbu always

  271. Evimortlock

    Hi semuanya yang pernah menjalani BT..
    saya mau nanyain nih.. waktu pengambilan sperma suami, caranya bagaimana aja?
    Soalnya saya ada rencana ingin melakukan BT tetapi kayanya suami tidak mengijinkan.. bagaimana ya..
    Kalau saya ke dokter sendiri dan berusaha BT sendiri kan gak mungkin tanpa sperma suami kan.. jd saya pengen tahu sperma suami di ambil dg cara bagaimana? pasti harus bersama-sama ke dokter kan.. Suami saya baik2 aja.. yang bermasalah itu saya..
    Saya menikah yang ke dua kali, bekas suami saya sudah menikah lagi dan sudah punya anak.
    Suami saya sekarang duda anak 2..

  272. yati

    Hi Evimortlock,
    wah namamu susah dieja ya he he he,
    Evi baca2 aja sharing disitus ini, sptnya kamu akan ketemu jawaban pertanyaanmu krn sdh pernah dibahas kok.

  273. Mulia

    Hai yenni,
    I’m back…. tgl 17 maret 2010 saya udah lahiran anak kedua dgn proses sectio caesar, baby girl nama Kaylyne dgn berat lahir 3,62kg dan panjang 50cm. Btw, saya hamil Kay dgn natural conception. Semoga yenni jg tetap lancar hamilnya sampe melahirkan yach 🙂

    Utk teman2 yg lain, semoga tetap bersemangat dlm prgm usaha mendptkan momongan yg ditngu2, dan utk teman2 yg baru bergabung dan membaca website ini, bila memerlukan informasi seputar prgm ivf jd sebaiknya di website ini aja yach krn spt tujuan Yenni kalo sharing dari teman2 akan membantu memberikan informasi jg utk teman lainnya yg ikut membaca, sedangkan kalo email japri saya lgsg khan tdk dpt dibaca/dibantu jawab oleh teman2 yg lain. Semoga semuanya memperoleh hasil baik sesuai dgn yg diharapkan.

  274. Yenni

    Congratulation Mulia! wah komplit deh punya anak co&ce … akan tambah lagi? 🙂 semoga Kaylyne sehat2 selalu, jadi anak yg berbakti & sayang sama ortunya. Thanks ya atas dukungannya, mudah2 ibu2 disini jadi tertular Mulia punya momongan….
    Salam buat Wayne & Kaylyne…

  275. DEWI FG

    hai Mulia… selamat ya… semoga kami2 yg blm hamil bs nyusul spt kamu…doain ya…
    salam buat Wayne dan Kaylyne

  276. Mulia

    @DEWI FG, thanks yach utk ucapannya…. Semoga Dewi dan teman2 yg lain jg segera menyusul pny momongan yach, ternyata mengurus anak jauh lbh sulit daripada hamilnya 🙂

  277. ika

    hai… kenalin, aku Ika…
    aku sedang persiapan program BT yang ke-2 ni… yg pertama dl di penang, tahun lalu, dan gagal.
    skrg mo program di Medan aja, dgn dr Binarwan…
    kira-kira ada saran gak utkku agar gak gagal lagi. Ato, ada yg mo berbagi crita gmn program BT dgn dr Binarwan.
    Tqu…

  278. Mulia

    Hai ika, salam kenal yach

    Utk sharing mengenai prgm BT dgn dr.Binarwan bisa tanya ke Yulie (ada sharingnya jd di web ini) krn dia berhasil prgm dgn dr.Binarwan dan dpt 2 anak cowo kembar.
    Tp sepertinya sih kalo untuk prosesnya hmpr sama dgn prgm di penang, yach semoga BT yg ke2 ini akan segera berhasil memperoleh baby yach.

  279. ika

    Thanks ya Mulia…
    Kalo protokolnya, kayaknya hampir sama dgn waktu di Penang dgn Dr. Ng. Cuma persiapannya beda. Baru kemarin aku ngejalani pemeriksaan rahim (aku lupa nanya namanya apa, dengerku sih IT, kucari infonya di internet kok blm dapet apa artinya). Kata dr. Bin utk ngeliat kondisi rahimku. Sakitnya kayak setelah proses OPU. Ada pendarahan juga. Mulia tau gak apa itu?…

    Btw, kalo mo sharing ma Yulie, bisa koment di sini ato lwt emailnya? Mulia tau emailnya?…
    Tqu…

  280. lelia

    H mulia, salam kenal..
    Saya juga punya rencana untuk BT di penang. Saya sudah dua kali insem..
    Saat pertama kali ketemu dr ng kita perlu bawa medical history gak? Atau semua diperiksa ulang di penang? Karena saya sudah melakukan beberpa prosedur termasuk operasi karena bentuk rahim yang membelah..

    Untuk kunjungan pertama, suami harus ikut gak? Masalahnya cuti suami tidak memungkinkan untuk ikut.. dan yang bermasalah itu saya, PCO..

    Thanks, mulia..
    Btw, selamat ya…
    Semoga semakin banyak yang berhasil menjadi ibu..

  281. Mulia

    @ika, mgkn itu prosedur cek jalan rahim kali yach, di dr.ng jg ada sich kalo pemeriksaan jaln rahim dan itu dilakukan sblm OPU.

    Kalau mau sharing ke yulie, bisa lgsg komen di thread yg judulnya keberhasilan keluarga yulie atau yach bisa jg sich komen disini dan nanti saya minta yulie utk baca dan jawab. Atau kalau ada account fb bisa jg tny via inbox fb. Krn saya ngak tau email address nya.

    @lelia, salam kenal yach
    Utk prgm di dr.ng itu biasanya pasien baru akan diperiksa ulang lagi tapi kalau mau bawa medical record yach siapin aja siapa tau nanti dr.ng ada mau liat dan catatan medical history nya. Utk pemeriksaan awal bila suami ngak bisa temenin sich ngak apa2, tp sebaiknya bawa aja hsl tes sperma yg update jd begitu lelia dtg skln dibawain hsl tes lab nya suami. Krn pd prinsipnya kalo suami itu khan peranannya diperlukan pd saat bbrp sblm OPU aja.

  282. ika

    Mulia, tqu infonya…
    aku dah tulis di tempat yulie… smoga dia baca & mau sharing dgnku…

    tolong bantuin doa ya…

  283. lelia

    Mulia… I need help… minggu lalu sy bicara dengan mertua yang kebetulan kerap bolak balik penang untuk periksa kesehatan, enam tahun lalu menjalani beberapa bypass jantung di adventis. Saya cerita rencana BT kami dan sy juga sudah sebut na ma dokter dan rumah sakit yang akan saya tuju.

    Tapi tadi saya baru dapat kabar kalau kemarin mertua baru balik dari penang dan sudah mencari informasi RS untuk BT. Tapi dia menyebutkan rumah sakit loh guan lye !!!! Kamu pernah dengar keberhasilan loh guan lye gak?? Saya koq gak percaya diri ya, karena semua referensi disini mengarah pada lam wah ee. Bagaimana ini… saya juga segan menolak masukan dari mertua..

  284. Mulia

    Hai lelia,

    emang setau saya sich di penang itu ada bbrp dktr yg bisa handle utk ivf tp mayoritas semua taunya di Hospital Lam Wah Ee dgn dr.Ng Peng Wah. Kalo di loh guan lye itu dgn dr.devidran bukan yach?
    Pd dsrnya sich kalo ivf itu jg termsk cocok2an jg dgn dktr yg handle, dimana kita bisa merasa yakin dan sreg utk prgm dimana dan dgn dktr yg mana, spy bisa dpt memperoleh hasil mendptkan baby spt yg diinginkan. GBU yach.

  285. Larasati

    Hehehe, sorry gua sempet lucu waktu baca ‘peraturan’ bedrest yang harus pipis di pampers segala dan jalan pelan2, gak boleh naik tangga dan list makanan yg gak boleh dimakan….. Setahu aku sih gak ada peraturan begitu…Saya sendiri sudah mengikuti BT 5 kali di amrik dan tidak pernah ada peraturan apa2, abis ET besokannya kerja juga, malah nyetir sendiri. Itupun 6 tahun lalu BTnya, dan masih belum canggih kali yah, sekarang anak saya sudah 6 tahun dan 3 tahun. Menurut saya peraturannya relatif…. Malah dibecandain dokter saya, “bu, jangan takut batuk atau ketawa, embryonya gak bakalan lepas hahaha”, katanya sambil ketawa ketiwi… Yang penting kitanya relax dan bawaannya santai…serious deh, yg utk cycle gua yg gagal, itu karena lagi stress….jadi susah utk berhasilnya….utk yg sukses, karena lagi happy banget… Semoga membantu:)

    -laras

  286. agnez

    alo semua, salam kenal.
    minggu lalu saya sudah telat 1minggu lalu saya ke dokter lokal (dokter saya di luar kota) diberi siclidon, provula dan metformin. apakah obat tsb bisa mengganggu program BT mengingat saya minggu dpn akan ke dokter saya untuk mengajukan program BT.
    menurut kalian saya tetap minum atau dibiarkan, saya sempat heran karna saya diberikan siclidon hingga 30hari padahal setelah saya browsing karna itu antibiotik hanya untuk 5 hari. padahal harganya mahal sekali.

  287. agnez

    apakah ada yg pernah BT di RSIA Anugerah jalan kalisari Semarang ? saya coba google kok ngga ada yg BT di sana yah … sapa tau ada yg disini pernah BT dan berhasil di RSIA Anugerah? Jika tidak di sana, di semarang mana yg paling bagus untuk program BT ? thanx banget buat infonya

  288. ika

    hallo smuanya…

    hehehe… aku ketawa sendiri baca komennya Larasati…
    karna aku skrg lagi program BT & lagi suntik suprefact. Sama dr. Bin emang banyak banget pantangannya sebelum OPU. Berhubung pengen berhasil, ya pantangannya kuikutin aja. Aku setuju banget tu ama kamu (Larasati) kalo yang penting gak stress ya…

    Oya, ada yang pengen kushare ni. Sebelum suntik Suprefact, aku USG & ada 8 sel telur. Setelah suntik suprefact selama 4 mgg, kok waktu USG Dr kesulitan liat sel telurku. Nah lho, jangan2 emang gak ada sel telurku. Cuma Dr gak jelasin. Nurut temen2 gmn tu?…Apa yang harus kukonsumsi biar sel telur banyak & kualitasnya good. Please bantu donk… Tqu…

  289. non

    to : mulia

    hi mulia… salam kenal yaah…
    duuh….seneng bgt skrg wayne udh punya dede’nya…
    salam buat si kecil wayne & kayline… 😉
    mulia, non mau nanya, mulia ada informasi ngga apartment yg di penang selain mewah court?
    kalo “gurney park apartment” ada contact personnya ngga ?
    atau apartment laen jg boleh..
    tq before mulia…. 🙂

    friends… kalo ada yg punya info tentang “gurney park apartment” tolong share infonya dunk… 🙂
    atau apartment laen yg sejenis jg oke..
    tq before… 😀

  290. Mulia

    Non kalo yg burmahtel itu ktnya sich tadinya mau jd hotel tp ngak jadi, akhirnya dijadiin apartemen jg, posisi burmahtel itu jalan burmah, deket dgn pom bensin shell. Kyknya sih bgs jg tempatnya tp blm prnh msk jg sich, cuma liat dari dpn nya doank. Kalo utk gurney park saya jg blm prnh stay jd ngak bisa info apa2 dech. Tapi kalo udah sampe di airport penang trus kadang jg supir taxi bisa tawarin utk cari apartemen, jd kalo non mau cari gurney yach minta driver bantu urus aja.

  291. non

    to : mulia

    dear mulia…
    mulia.., makasih bgt yah infonya, secara pasti mulia lg sibuk2nya ama dua buah hatinya, tp masih sempet2nya bales postingannya non…
    tq ya dear.. 🙂
    oke deh, ntar b non tanya di airport penang aja, soal apartment gurney park…
    mulia, non mau nanya lg nih,
    salam buat wayne & kyline yah.. 😉

  292. larasati

    @ika:
    hmmm kok tidak kelihatan telurnya, apa karena masih awal banget yah, padahal kalo kita sonogram itu kelihatan telurnya kan malah diukurin utk left ovary dan right ovary satu2 diukur diameternya. Harus ditanyain tuh dokternya, kalau kita memang tidak ada telurnya, dokter juga harus share. Hmmm biar banyak telurnya bukannya harus makan yg banyak protein? Tapi karena sudah distimulasi hormonennya harusnya telurnya banyak yah….. kudu ditanya tuh dokternya…:)
    salam
    -laras

  293. Dinda

    Dear Mulia,

    Pengalaman fresh cyclenya mirip banget dengan aku (sayangnya sharing pengalamanmu baru aku baca setelah aku harus dikuret dikehamilan 10 minggu). Aku juga BT di penang dengan dr Ng Nov 2010, buru2 balik ke jakarta setelah dinyatakan positif. Sekarang aku lagi menata hati dan persiapan untuk thaw cycle. Pas thaw cycle kamu berapa lama stay di penang? dan apakah sebelumnya pernah cek kekentalan darah, soalnya ada yg bilang hal itu salah satu penyebab BO. Tapi setauku dr Ng ngga concern ama masalah kekentalan darah. Thanks b4 untuk infonya.

  294. cen cen

    dinda , kamu sama dengan aku dong yg program fresh gagal, aku jg lg persiapkan unuk haw cycle, iya memang benar kalo dokter di malay gak concern soal kekentalan darah, aku juga udah 3 kali keguguran
    kalo kata dokter indo mgkn darah aku kental, makanya suplai darah n oksigen gak lancar, trus kamu kapan mau thawnya? minta ym kamu dong, atau add ke pin bb aku di 22fA7327,TX

  295. Mulia

    Hai dinda, ikut sedih dgn pengalaman fresh cycle nya, tetap semangat utk lanjut thaw cycle yach. Saya stay di penang yg thaw cycle itu 3 bulan, baru plg ke jkt. Soal kekentalan darah mgkn bisa test darah cek kadar ACA aja utk pastinya dan nanti dikonsultasikan lg ke obgyn di sini aja, memang krn dr.Ng tdk begitu peduli dgn ACA. Semoga thaw nya berhasil hamil sampe melahirkan yach.

  296. dinda

    @ Mulia, terima kasih banyak untuk share tips dan doanya. semoga aku bisa mengikuti jejakmu berhasil hamil dan melahirkan.

    @ cen cen, rencana aku thaw baru sekitar bulan sept. sekarang mo persiapan mental, fisik dan materil dulu. mungkin kamu bisa ikut saran mulia untuk konsul ke dokter darah dulu, kalo ga salah ada di RSCM dan RS Pelni. YM ku dindakhairani49@yahoo.com

  297. Fitri

    Dear Mbak Putu Widawati,

    Info detail RS atau Klinik BT banyak Mbak… Banyak yang ke Bunda atau ke Klinik Women and Child di Prapanca… Semuanya pasti biayanya mahal tapi kita bisa mencari alternative misalnya untuk obat2an kan gak harus dibeli di RS, bisa kita beli sendiri di Apotik dan kita suntik sendiri… Saya direkomendasikan dokter telpon ke Apotik Medika Center, mbak bisa hubungi 0819 2774 0999 bisa diantar juga obatnya..

    Terus…katanya utk makanan supaya embrio bisa nempel dengan baik nanas tuh….biasanya di forum2 bayi tabung pada beli and makan nanas saat sudah embryo transfer….hahaha, ga tau ngefek gak, yah dicoba aja, katanya ada sesuatu di nanas yang bikin embryo nempel…

    Salam kenal juga yah…:)

  298. Jena

    @mulia halo sis mulia salam kenal. Boleh bertanay sewaktu fresh cycle kamu sempet positive tidak? Sewaktu tidak berkembang itu diprediksipas usia kandungan brp bulan?

  299. Mulia

    @Jena, iya dulu wkt fresh cycle memang hasil bhcg positif. Trus tidak berkembang sktr 7 ato 8 minggu.

  300. Alfa pilikyan

    Hallo mulia, seneng banget nemu artikel ini. Saya dgn suami mau prog BT. tp agak susah dpt info yg bagus. Boleh kita kontak di email or ym?
    Qt sangat ingin sekali punya anak. Tp dokter doker sudah memutuskan utk ambil BT, krn sperm suami yg kurang bagus.
    Alamat email n ym ku ardpilikyan@yahoo.com
    Ditunggu ya. Terimakasih.

  301. shally

    hallo temen2 yang sudah dan akan mengikuti program IVF..

    Kenalin sy Shally. Sy berencana akan mengikuti prgrm IVF di LWEH Penang dgn dr.Ng. Awal bertemu dgn dokter tgl 12 Sept 2012 pd saat sy haid hari ke-3. Dan dokter berikan jadwal utk suntikan Suprefact mulai tgl 30 Sept. Namun pd tgl 29 Sept tiba2 sy sdh haid lg yg artinya haid sy maju 10 hr (sblmnya sy blm pernah mengalami hal spt ini, krn biasanya siklus haid sy normal). Kmdn sy tanyakan ke pihak RS apakah dgn kondisi haid sy tetap hrs suntik Suprefact atau jadwal ulang lg stlh selesai haid? dan jwbn dr pihak RS, bhw sy tetap suntik Suprefact yg dimulai tgl 1 okt sampai dgn tgl 16 okt dan dijadwalkan bertemu dokter tgl 17 okt.
    Teman2 ada ga yg pernah mengalami hal yg sama spt sy, bhw suntikan Suprefact awal justru dimulai pd saat haid hr ke-3? krn yg sy tau dr pengalaman org2 yg sdh IVF, biasanya suntikan dimulai bbrp hr stlh haid dan pd saat haid diberikan suntikan yg berbeda dosis. Kmdn sampai berapa kali suntikan kl kondisi spt sy, apakah tetep hrs menunggu dtg haid lg atau lgs OPU dan ET?
    terima kasih ya…3VDK

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*