Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Ira

Hallo temen temen semua, mau berbagi pengalaman keberhasilan mengikuti program Bayi Tabung di BIC Jakarta. Sebenar nya hasil test kehamilan sudah di ketahui positif sejak tgl 22 January 2009, cuma aja perasaan bahagia sekaligus dag dig dug menanti saat nya USG pertama dan kedua yang bikin saya menunda berbagi kabar bahagia ini melalui Web:).

Bulan November 2008 kami memulai program BT di BIC dengan Dr. Ivan Sini, sebelum memutuskan mengikuti BT kami terlebih dahulu konsultasi ke 3 RS berbeda, pertama di BIC, Harkit dan RS Family. Setelah melakukan konsultasi dgn semua dokter di 3 tempat, akhirnya saya dan suami memutuskan untuk memilih Dr. Ivan di BIC di karenakan merasa lebih nyaman dgn pelayanan, tempat dan cara dokter memberikan penjelasan kpd kami.

Program BT yang saya jalan kan adalah long protokol di karenakan usia saya yg baru akan memasuki usia 31 thn. Diadakan pemeriksaan lengkap terlebih dahulu (darah, hormon, torch, hepatitis, sperma, pap semar dll) setelah semua hasil test ok pada tgl 20 Nov. langsung mulai treatmen. Mulai dari minum pil KB mycrogynon 21 hari, di lanjutkan dgn semprot synarel, suntik Gonal F 9 hari dengan dosis rendah 150IU saja di karenakan jumlah sperma suami sedikit jadi dokter tdk perlu memberikan dosis tinggi, 36 jam sebelum OPU di suntikan Ovidrell (pemecah telur) dan synarel juga di stop.

Pada tanggal 6 January dilakukan OPU, pada saat di lakukan opu kita di bius jadi tdk merasakan apa apa dan proses nya pun sangat cepat kurang dari 1 jam. Sebelum masuk ruang operasi dokter nya bilang dia akan menulis kan di telapak tangan saya berapa jumlah telur yg berhasil diambil menurut saya hal tsb sangat unik. Lucu nya1 jam kemudian saya sdh tersadar dan pertama kali yg saya lakukan adalah mengecek telapak tangan untuk tahu jumlah telur ternyata ada 12 yg sdh matang:). Suami sempat mengabadikan pemandangan lucu tsb dgn kamera. Sampai sekarang klu melihat photo saya sendiri dlm keadaan 1/2 sadar mengecek telapak tgn bikin senyum2 sendiri.

Tanggal 9 January proses ET dilakukan, di karenakan jumlah sperma yang sedikit dan pergerakan nya kurang cepat dari proses penyatuan sperma dan telur yg berhasil diambil hanya 7 yg berhasil membelah pd hari ke 2. Dan pada hari ke 3 (yaitu tgl 9 jan) embrio dgn pembelahan baik hanya tersisa 3 saja yang 4 stop membelah. Sehingga dokter memutuskan untuk mentrasfer ke 3 embrio tsb (1 kwalitas excellent, dan yang 2 kwalitas sedang).

Oh iya mungkin kami agak sedikit berbeda dgn yang lain sbm memulai program kami ada permintaan khusus ke Dr. Ivan bahwa harapan kami tdk mendapatkan bayi kembar, klu bisa kami ingin berhasil dgn 1 bayi yang sehat:). Karena kalau bisa kami ingin merencana kan anak ke dua dgn program yang sama lain waktu.

Proses ET dilakukan hanya dalam waktu 15 menit saja, tanpa di bius. Sebelum ET kita di haruskan banyak minum air putih min 600ml dgn tujuan agar proses pemasangan kateter lebih mudah. Pada saat proses ET dilakukan tdk terasa sakit asal kan kita relaks dan kita bisa melihat ke layar monitor nya langsung. Saat itu suami menemani dan kami sangat terharu melihat proses tsb. Dr. Ivan sangat hati2 dan sabar dlm melakukan nya dan sangat akurat yaitu 1.1mm dari dinding rahim. Setelah ET kita di biarkan berbaring. Saat itu saya hanya berbaring selama 1 jam saja dan di perboleh kan pulang. Setelah ET saya di kasih obat penunjang spt, Crinone 8% yang di oleskan ke dalam mrs. V setiap malam, duphaston diminum 2x sehari serta folic acid yang tetap di minum 1x sehari. (ET+2Hari)saya harus melakukan test darah untuk mengecek (E2) berdasarkan hsl test estradiol ternyata hasil nya stabil. Esok hari nya (ET+3H)dokter memutuskan hanya memberikan dosis rendah untuk pregnil (penguat kandungan) 750 iu saja.

Setelah ET saya hanya bed rest selama 2 hari saja hari ke 3 sdh jalan jalan di sekitar rumah melakukan aktivitas yang menghibur seperti baca buku, nonton DVD, browsing computer. Hari hari selanjut nya sdh bisa makan siang di Mall or makan malam. Tdk banyak jalan atau naik turun tangga. pokok nya masa penantian saya bawa happy and relaks. Sesekali perut merasakan reaksi dan sedikit mules spt mau mens tapi syukur nya tdk mens:). waktu check ke dokter dokter nya blang embrio sdg berjuang untuk menempel di rahim pd h ke 5/ke 7 setelah ET. Oh iya dgn team BIC (Dr. Ivan, Dr. Agustine dan embriologist) mereka bisa di hubungi melalui SMS atau tlp loh, mrk akan menjawab semua pertanyaan2 walau pun pd saat2 penantian kita di rumah. 5 hari setelah ET ada perubahan pada payudara dan perut, agak membesar, kembung dan begah. hari ke 10 stlh ET sdh mulai sering buang air kecil.

Pada tanggal 22 jan tibalah saat sat yang mendebarkan itu, Test urine dan BHCG pagi pagi di RS Bunda. Sambil nunggu hsl test urine saya makan di cafe tiba tiba tlp ku berdering ternyata dari Dr. Agustine yg mengucapkan selamat “HASIL NYA POSITIF” dengan bhcg 302, menurut dokter dgn hasil tsb cukup kuat dan kemungkinan hamil tunggal. Wah rasa syukur tdk henti henti di panjatkan, atas terkabul nya doa doa kami, agar berhasil langsung dalam program pertama BT kami. Saat itu juga saya langsung ngacir kerumah mama untuk ksh tahu berita bahagia.

Perjalanan masih panjang. Saat ini kehamilan ku sdh memasuki usia 9.5 minggu sdh 2 kali USG terharu melihat pertumbuhan nya dan mendengarkan detak jantung janin yg sangat kuat.

Dokter juga mengingatkan bahwa dia telah berusaha sebaik mungkin sesuai prosedur dan prmintaan kami tetapi hasil akhir tetap ada campur tangan sang pencipta, jadi dia menganjurkan kami untuk banyak berdoa.

Terima kasih Dr. Ivan and team nya yang sangat professional serta memberikan pelayanan yg baik selama proses BT. Doa kan ya teman teman semoga kehamilan nya berjalan lancar sampai dengan lahiran.

Buat temen temen yang sedang mencoba atau yang akan mencoba semoga menyusul keberhasilan kami amin.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 1.50 out of 5)
Loading...

81 thoughts on “Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Ira

  1. Yake

    Dear ira,

    Selamat ya atas kehamilannya..
    Semoga semua baik2 sj sampe melahirkan..

    Kmrn aq jg ET tgl 22jan’09 tp blom berhasil..
    Semoga next BT aq berhasil..

    Amien..

  2. lala

    Haloo ira, selamat ya atas keberhasilan BT-nya, ngomong-ngomong kamu langsung BT, or inseminasi dulu ya?, terus kira2 abis biaya berapa kalau boleh tahu,
    karena aku jg baru selesai inseminasi tapi gagal ama dokter ivan juga, baca keberhasilan km aku jd semangat dah

  3. Hermalia

    To Ira

    Selamet ya, aku juga sama Dr. Ivan dan berhasil kembar 3 loh, dan itu yang pertama buat Dr. Ivan selama di RS Bunda karna dia lama di Australi.

    Dr. Ivan emang baik banget dan ngerti sama pasien dan dia anggap kita itu seperti temen jadi enak dan ga kaku.

    Selamet ya, dijaga baik ya.

  4. kiky

    Hi Ira congrats yaa wahh jd tambah panjang list nya keberhasilan bt ibu2 di web ini yah sgt berguna sbgai penyemangant utk yg lain, ra kalo boleh tau kenapa ya km bisa ikut program bt? Ada masalah apa? Thanks ira sekali lg selamat semoga ttp sehat smp lahiran nanti

  5. dekcil

    Hai Ira,

    Salam kenal, selamat ya… yr story so touchy… kalo boleh tau total biaya kira2 brp ya? dan waktu dari proses pertama sampa akhir brp lama? Sekali lagi selamat! thx ya…

  6. Ira Marlina

    To Yake,

    Yake terima kasih ya doa nya, semoga kamu masih punya simpanan embrio jadi untuk program selanjut nya tinggal thawing aja. Yake kamu ikut program di BIC juga? BT yang pertama atau sdh ke dua? Jangan menyerah ya tetap semangat.

  7. Ira Marlina

    Hallo Lala,

    Aku tdk pakai inseminasi dulu la langsung ambil keputusan untuk BT, waktu konsul ke Dr. Ivan and cerita permasalahan dia bilang semakin muda usia semakin bsr kesempatan and semakin murah juga biaya:). Krn permasalahan nya aku khan di kualitas sperma suami klu insem juga percuma dia bilang buang2 uang.

    Biaya yg di keluarkan kemarin hampir 55 juta itu pun krn ada tindakan pesa oleh Dr. Ivan. Krn dosis Gonal F ku rendah jd biaya lbh murah.

    Semoga kamu menyusul ya lala.

  8. Ira Marlina

    Hi Hermalia,

    Thanks and Congratulations ya! wow mimpi apa nich langsung dapet kembar 3:) sdh berapa bulan usia kehamilan nya sekarang? sdh tahu pa blm jenis kelamin bayi nya??. Nanti rencana lahiran di BUnda atau ganti RS? wah klu km lahiran sama Ivan pasti langsung foto bersama tuh he..he..

    Dokter Ivan memang sekolah and lama stay di Australia maka nya bhs Inggris nya fasih bener and gaya nya easy going gitu, spt yg kamu bilang kita spt temen aja ngobrol sama dokter nya.

    Aku mau tanya dong her waktu kamu check down syndrom pengecekan nya spt apa sih?

  9. Ira Marlina

    Hallo Dekcil,

    Salam kenal juga and thanks ya. Total biaya yang aku keluarkan Rp. 55 Juta, proses BT sendiri kurang lebih 6 minggu untuk long protokol, mulai dari minum Pil KB s/d Embrio Transfer (ET) setelah ET kita tunggu hasil pregnancy Test selama 14 Hari. Jadi kurang lebih waktu yang dibutuhkan untuk program saya kemarin s/d tahu hasil nya positif or negatif 2 Bulan.

    To: Kiki,

    Alasana aku ikut BT dikarenakan kualitas dan jumlah sperma suami yang kurang bagus dan jumlah nya sedikit dan kebetulan itu sdh genetik jadi klu di tunjang dgn suplement apapun tdk banyak berpengaruh untuk bisa hamil dgn cara natural.

  10. kiky

    Oh Gitu yah Ra, sekali lagi congratulation ya jeng… oh ya km ada persiapan apa aja sebelum BT? minum suplemen, akupuntur or lain lain gt Ra?

  11. Ira Marlina

    Hi Kiki aku tdk ada persiapan khusus sebelum mengikuti program BT, Hanya saja pada saat kita mau mulai program aku sdh mulai rajin minum vitamin C merek apa saja, Vitamin E, susu persiapan kehamilan Anmum, Folavit dan banyak minum juice buah murni setiap hari nya. Sdh belajar menjauhi minuman yang berkafein, alkohol dan junk food. Tapi persiapan ku yang terpenting waktu itu adalah persiapan mental bersama suami untuk bisa ikhlas apapun hasil dari program nanti.

    Penting bener tuh ki persiapan mental dan perencanaan yg matang, krn faktor ketenangan saat mengikuti program ada pengaruh nya. Walaupun faktor utama dari semua itu tdk terlepas dari Rezeki ya.

  12. sherly

    salam kenal, wdh slmt ya aku ikut senang dgrnya,sudah nikah brapa tahun? aku sdh 5 th tp lum hml juga,soal sel telurku tidak bisa besar. mao ty ya kalo mslnya kita pake telur org lain bisa tidak ya? org yg subur tanpa harus suntik2 segala , tapi aku yg hamil gt?

  13. Mercy Mauli T

    Ira, selamat ya,..
    semoga sukses sampai melahirkan anak yang sehat..
    Mau tanya nih yg kamu maksud dengan : “Alasana aku ikut BT dikarenakan kualitas dan jumlah sperma suami yang kurang bagus dan jumlah nya sedikit dan kebetulan itu sdh genetik jadi klu di tunjang dgn suplement apapun tdk banyak berpengaruh untuk bisa hamil dgn cara natural.” jumlah sperma nya kurang lebih berapa ya Ra dan yg kamu maksud sedikit nya brp Ra.. dan genetik,…sori ya pertanyaannya agak pribadi.. aku sudh menikah 8 tahun dan rencana bayi tabung thn ini di RS Bunda jika Tuhan mengijinkan… salam,

  14. novita

    @ira..gmn kabar kehamilannya?? smoga sehat yha, seneng deh bisa liat foto2 kamu di fb, semoga lancar seterusnya, dan kita2 ketularan, amien

    @Sherly..wow sherly disini mah nggak ada egg donor kl di luar negeri boleh, di indo harus telur dan sperma dari pasutri yang sah, knapa telurnya sher, aku jg bad egg tapi tetep berjuang terus neeh

  15. Suryadi

    Istriku jg baru positive oleh Dr.Ivan die emang sgt professional, istriku sdh ikut program BT 4x di Sgp semua failed tp malah jadinya di Indonesia 🙂
    Mungkin suasana lingkungan sgt mendukung.

  16. Ira Marlina

    Hi Sherly,

    Aku sdh menikah selama hampir 4 thn, dan pada saat ada rencana punya momongan langsung mutusin BT gerak cepet:). Oh iya program BT itu justru untuk menolong kelemahan kelemahan pasutri, apa bila dalam kasus km sel telur nya tdk mau besar maka suntikan spt Gonal F itu ah yg membantu stimulasi telur spy cepat besar dan lbh dari 1 telur yg di hasil kan, krn klu cara alami wanita itu kan hanya melepaskan 1 sel telur setiap bulan nya yg apabila tdk dibuahi akan menjadi haid.

    Aku sempet tanya dgn dokter ku sblm ikut program apakah di indonesia kita boleh pakai donor sel telur, atau bank sperma, ternyata dokter nya menjelaskan di Indonesia masih belum di boleh kan untuk hal tsb di karenakan agama. Tapi di german, swiss, USA dan negara maju lain nya sdh ada system tsb dan ada perjanjian nya. Oh ya km sblm nya sdh pernah coba BT apa blm? klu belum ada baik nya di coba dulu semoga berhasil and tetap semangat ya sherly.

  17. Ira Marlina

    Hallo Mercy,

    Mercy waktu dokter check sperma dia tdk menyebutkan jumlah secara detail tapi dia bilang perbandingan nya dgn jumlah sperma normal adalah 1:8, waktu itu dokter nya ambil tindakan PESA dari hsl sperma yg diambil dipilih pergerakan nya yg agak cepat dan baik dan mrk langsung pakai system ICSI, itu lah kelebihan dari program BT, sperma bisa langsung membuahi si egg tanpa hrs berenang jauhhhhh di dlm rahim kita spt proses mendapatkan kehamilan normal.

    jumlah nya sedikit bukan berarti tdk bisa membuahi hanya saja klu mau di coba natural mungkin perlu waktu lama ya.

    Kamu rencana BT di Bunda dgn dokter siapa mer? tetep semangat and positif thingking ya aku doakan kamu cepat menyusul ya aminn.

  18. Hermalia

    To Ira

    Aku udah lahiran tanggal 15 Juli 2008, skrg baby udah 8 bulan, aku cek down syndrome sama Dr. Calvin Tjong atas rujukan Dr. Ivan disana dilihat semua organ baby.

    Aku sekeluarga udah foto bareng Dr. Ivan, mungkin sudah dipasang diruangan nya dan aku juga kasih ke Dr. Agustine.

    Kalau ketemu Dr. Ivan, salam ya. Semoga lancar ya sampai lahiran

  19. Ira Marlina

    Hermalia,

    Wah seneng nya sdh sukses sampai lahiran…gimana sekarang her? sibuk sekali nggak kamu mesti pakai suster segala ya pasti nya untuk bantu bantu taking care baby nya? Minggu depan pas aku konsul ke ivan aku sampaikan salam nya yach pasti dia inget bener sama kamu bayi kembar 3 nya ivan yang pertama:).

  20. Hermalia

    To Ira,

    Iya, aku pakai suster 3 dan aku kerja kok, malah baru 2 bulan habis melahirkan aku udah kerja kok.
    Banyak istirahat ya dan banyak makan yang bergizi dan dibawa happy ya.

    Thank’s ya

  21. Ade Novita

    Hai Ira… selamat ya atas kehamilannya. salam kenal juga buat yg aktif di website ini. Sebenarnya aku sudah lama baca pengalaman teman2 disini dan terus terang itu menjadi pemacu semangatku untuk ikut bayi tabung. Sejak Agustus 2008 aku ikut suami tugas di NSW Australia jd sementara stop dulu ke dr. Aku menikah 3 tahun lebih dan belum mempunyai momongan. pernah satu kali inseminasi di Sam Marie dgn Prof. Dr. T.Z.Yacoeb tp gagal.
    Rencana awal April nanti aku ikut bayi tabung di BIC dengan Dr. Ivan Sini. Yg menjadi pikiran saya skrg rencana tgl 17 Juni 2009 aku harus balik ke Australia, ada yg punya pengalaman gak setelah bayi tabungnya berhasil trus terbang sekitar 7 jam?
    Please kasih info ke aku ya… Teman2 doain aku berhasil ya.

  22. Ira Marlina

    Hi Suryadi,

    Selamat ya atas kehamilan istri nya, semoga kehamilan nya berjalan lancar amin. Memang rezeki itu bisa di mana saja menurut saya suasana hati dan faktor lingkungan pada saat menjalankan BT cukup penting, salut juga sama keluagua pak hadi sdh coba 3x di singapore tetap semangat dan mencoba lagi di jkt ternyata kegigihan itu membawa hasil:).

  23. Ira Marlina

    Hi Ade Novita salam kenal ya,

    Ade setahu ku dari pengalaman temen temen yang ikut BT di luar negeri spt penang, KL singapore atau luar kota surabaya setelah mrk ikut program BT dan berhasil mrk kan balik ke jkt dgn menggunakan pesawat waktu tempuh bervasiasi dari 1.5 jam s/d 3 jam cuma blm ada yg sampai 7 jam, sebaiknya waktu km dateng ke Bunda and konsultasi sam Dr. Ivan sekalian ditanyakan tuh. Good luck ya ade untuk up coming program nya.

  24. Suryadi

    Hi Ira,
    Betul kita tidak boleh putus asa walaupun doctor di Singapore terkesan lbh bonafit tp kalau kita emang tdk cocok apa boleh buat, Istriku sdh coba 3x di Dr Christopher Chen and 1x di Thomson Hospital semua failed 🙁 tp setelah ke Dr.Ivan malah POSITIF bener2 mujijat dr Tuhan. Btw bu Ira sebelum USG pertama kali pernah tdk keluar Flex dikit? Aku tanya Dr.Ivan katanya itu process penempelan embrio di rahim jd relax aja, tp aku malah jd penasaran. Ada informasi lain? 🙂

  25. ira marlina

    Suryadi,

    Stelah di nyatakan positif sampai dengan USG pertama saya tdk mengalami flek, justru sebelum OPU & ET saya mengalami sedikit flek dan ternyata tdk apa apa. Sesudah ET dokter nya memang bilang klu seandainya sy mengalami flek jgn terlalu di kuatirkan itu ada proses penempelan embrio di dinding rahim hingga menyebabkan gesekan, sepanjang bukan keluar dlm bentuk mens ya. Oh iya istri p suryadi tgl brp baru dilakukan control melalui USG? Ada baik nya istri bpk istirahat total dan amati apakah dlm 1/2 hari kdp msh flek atau berhenti. Semoga sehat2 saja ya

  26. Suryadi

    Kejadiannya baru kemarin pagi tp hari ini sdh tdk flek lg 🙂 anehnya 2 minggu setelah ET malah tdk ada flex sama sekali. Istriku first test USGnya tgl 20 Maret ini. Doain ya moga2 semuanya lancar. Thank’s bgt ya atas informasinya saling kabar-kabari ya.

  27. mery

    Hai Ira, aduh gw ketinggalan nih….Selamet ya Ra atas kehamilannya.. semoga lancar terus sampai melahirkan baby yg sehat dan lucu….
    Ra, gw nanya doong, diatas kamu ada bilang sperm suami jelek krn uda genetik, taunya darimana ya Ra? Sel telur gw juga dibilang jelek krn genetik oleh dokter n ga ada suplemen atau cara utk ningkatin kualitasnya..jadi hopeless banget nih…

  28. Soesi

    salam kenal semuanya
    Wow dr cerita kel.Ira saya sangat senang sekali.Selamat yach…
    Memang saat ini saya sedang di hari2 penantian untuk menunggu hasil positif ato negatifnya.
    Saya sempat IUI 2 x, dan tidak berhasil dua2nya.
    sekarang saya dalam IVF.
    Masalah saya:tubafallopi terlalu sempit.
    Embryotransfer pada tgl 2 Maret.4 hari lagi saya hrs menunggu utk ambil darah(positif atau tidaknya).saya banyak dengar dan baca,klo saya lebih baik stay calm dan rileks,tapi bagaimanapun masih ada rasa khawatir.anyway kita liat aja nanti hasilnya

  29. Yake

    Dear ira,

    Aq program di TMC damansara KL..
    Program BT yg pertama blom berhasil, program selanjutnya aq hrs mulai dr awal lg..
    Aq gak punya simpanan embrio dikarenakan sperma frozen suami rusak..
    Aq punya 7 egg yg bgs dr 11 egg yg di OPU, yg jd embrio cuma 1 dan kmrn udah di ET pd tgl 22 jan’09..

    Thanks for support..

  30. Imel

    Hai Yake…salam kenal
    Aku juga rencananya program BT di TMC KL sekitar bulan April ato Mei. Sebelum program dokter nyaranin laparoscopy mengingat saya sudah 2x gagal BT. Bulan Feb kemaren udah laparoscopy ovarian drilling sama dr.Colin Lee. Kamu sama dokter siapa? Trs kapan rencana mulai program? Mudah2an kita bisa ketemu disana ya..

  31. Yake

    Dear Imel,

    Salam kenal jg..
    Rencana sih bln april tp sptnya gak mgkn krn suami aq mau pindah kerja, jd skrg aq konsentrasi buah pindahan dulu..
    Selanjutnya br mikirin program lg..

    Aq jg pernah LO di bln maret’07 sm dr.Lee, berhubung dia byk pasiennya alias sbk banget, program BT-nya aq sm dr.Wong di bln sept’08 tp aq gak sampe ke tahap OPU&ET krn ada polif servics jd hrs dikuret dulu..
    Selanjutnya aq program lg di bln jan’09 tp blom berhasil..

    Seemoga next BT kita berhasil ya..

  32. Ira Marlina

    Hi merry,

    thanks ya mer atas doa and support nya,sorry br bales baru buka web ini lg. oh iya suami ku tahu jumlah & kwalitas sperma kurang krn sempet periksa ke beberapa dokter dalam and luar negeri waktu usia yg sgt produktif, para dokter bilang agak sedikit lama untuk punya anak dibanding klu tdk bermasalah, tp sperma tsb bisa membuahi dan msh bergerak…dilihat dari test lab untuk contoh sperma dan darah waktu itu. Klu kwalitas telur km juga kurang aku rasa dgn program IVF msh bisa ke bantu ya cuma memang jumlah egg nya akan lbh dikit dibanding yg tdk bermasalah, waktu itu suami cuma menjalan kan hidup sehat dan tdk berhenti percaya bahwa klu kita berusaha dan berdoa pasti dikabulkan. cuma terkadang mslh waktu aja mer. Jadi kamu jgn pernah berhenti berjuang ya mer..

  33. Ira Marlina

    Hi soesi, pasti saat ini kamu sedang deg deg an menunggu hasil test darah (BHCG)semoga hari ini kamu mendapat kan kabar baik ya (POSITIF)?…Let us know ya soesi…kita semua bantu doa untuk hasil nya.

  34. Henny

    Hi Ira
    Salam kenal, selamat ya semoga sehat sampai lahiran, tgl 5 Maret kemarin ak jg dinyatakan positif, bt sama Dr.Ivan jg ,tapi masih suka deg2an tunggu usg, oh ya Ra ak mau tanya dong cara menghitung usia janin gimana ya?thanks ya

  35. ira marlina

    Henny selamat ya atas kehamilan nya? Spt nya yg prgram dgn dr. Ivan belakangan ini berturut turut banyak yg berhasil ya:) menurut dokter di hitung mulai saat OPU pas jadwal USG kamu nanti berarti umur janin sdh 6 minggu hen, iya waktu itu aku juga msh deg deg an sampai usg pertama setelah lihat and denger detak jantung nya di monitor baru deh perasaan lega:) berarti tgl 19 maret km usg pertama ya? Ketemu dong kita aku konsul jam 11.30

  36. Henny

    Hallo Ira, thanks ya atas infonya, iya spt nya pas minggu2 ak Et sekitar 19 dst berhasil semua ma Dr.Ivan, soalnya teman ak yg ET tgl 23 Feb jg hamil, harusnya ak emang usg pertama tgl 19 tapi aku usg nya hari sabtu aj tgl 21 , biar bareng ma suami lagian ak ampe skrang juga msh kerja, oh iya ra ak mau tanya lagi ( nanya mulu ) klu Bhcg nya 557,90 pertanda apa ya? bagus gak?thanks ya

  37. Ira Marlina

    Wow henny BHCG kamu tinggi loh..oh iya BHCG diatas 100 menurut dokter agustine berarti janin menempel dgn kuat di uterus, klu hasil bhcg di bawah 100 bisa jadi hanya menempel sementara dan bisa aja hamil etopik. Oh iya BHCG kamu yang hampir 600 gitu mudah mudahan dapet kembar ya hen, soan nya temen ku pasien dr. Ivan juga BHCG nya 600 dpt kembar 2. BHCG ku 302 alhamdulillah kehamilan tunggal. Kabar kabarin ya hen hasil usg hari sabtu besok…:) tdk ketemu deh kita bsk aku konsul sama ivan sdh jadwal nya untuk usg 3 bln plus check down syndrom

  38. bening

    hi ira,

    salam kenal yah……

    wah selamat atas kehamilannya….mudah2-an sehat selalu sampai nanti melahirkan ya

    btw kl aku bole tanya utk biaya BT di BIC-Bunda itu biaya nya brp yah? soalnya saya ada rencana mau BT jg di sana

    trima kasih saya tunggu jawabannya

    -bening-

  39. bening

    hi ira,

    sori ternyata pertanyaan saya sudah ada jawabannya diatas (kebetulan ada yg bertanya masalah biaya jg)

    kl bole saya mau bertanya hal lain niy, selama program BT kamu kerja di kantor atau memang bed rest saja di rumah? karena saya pengen sekali ikut program BT, tp saya masih bekerja dan sepertinya agak sulit untuk berhenti kerja secara mendadak

    karena byk yg bilang kl ikut program BT itu kita harus benar2 relaks ya? aku tuh tuh susah bgt selama masih kerja di kantor kl harus benar2 relaks, krn pekerjaanku yg bisa di bilang bukan pekerjaan santai….hiks

    atau mungkin harus berhenti bekerja yah ?

    trima kasi ya…..aku tunggu jawabannya

    -bening-

  40. lidya

    hi Ira,
    salam kenal. selamat ya….
    Aku pernah ikut proses bayi tabung, tapi gagal. aku pengen coba lagi, kayaknya aku berminat untuk ulang lagi di tempat Ira (Bunda). Mudah2an aku bisa ketularan Ira, bisa sukses jg untuk program berikutnya.

    kalo mo ketemu dengan dokter Ivan, jam berapa ya ke Bunda? Apa harus buat perjanjian dl? Per telepon ato bagaimna? Masalahnya aku tidak tinggal di Jakarta.

    Tx ya Ra… aku tunggu jawabannya…

  41. Ira Marlina

    Hi benning, thanks buat doa nya ya. Masalah biaya relatif bisa berubah rubah tergantung dari dosis gonal F yg di butuh kan, tapi average 52 s/d 55 juta ya sdh termasuk check dokter sampai pregnancy test.

    Waktu aku ikut program BT aku sdh berhenti kerja pada saat mengikuti BT, walaupun begitu aktifitas ku msh tinggi dan sibuk dgn hal lain. Sebenar nya menurut dokter tdk perlu berhenti kerja total kok, tapi tergantung dari jenis pekerjaan nya jg ya klu pekerjaan nya banyak travel dan stress tinggi mending ambil cuti panjang 3 bln gitu atau unpaid leave:).

    Berdasarkan pengalamn ku kita msh bisa leluasa bekerja pd saat memulai program dimulai dgn tahap terapi down regulation yaitu dgn minum pil KB selama 21 hari + vitamin dan dilanjutkan dgn semprot synarel. Kemudian pd saat mulai suntik suntik jg msh bisa kerja kok krn suntik dilakukan pg hari dan bisa dilakukan sendiri. Pada saat OPU (Ovum Pick up), ET dan menunggu hasil kehamilan OPU+16 hari baru kita sebaiknya ambil cuti ya dan relaks di rumah. Tdk mesti bed rest kok aku aja msh bisa ketemu temen2 4 hari stlh ET cuma tdk banyak jln2 hanya duduk santai dan tdk banyak naik turun tangga atau angkat berat2.

    BTW banyak juga kok temen temen yg ikut BT msh kerja dan hanya cuti pd saat OPU, ET aja, ada yg berhasil juga.

    So semua nya kembali ke kamu bening, mana yang paling nyaman buat kamu, semoga penjelasan nya membantu ya:) and good luck semoga berhasil dgn program nya nanti.

  42. Ira Marlina

    Hallo lidya salam kenal juga ya,

    Ini Alamat lengkap:
    RS. Bunda Hospital (BIC Morula)
    Jl. Teuku Cikditiro No. 28 Menteng
    Jakarta 10350
    Tel. (021) 3192 2005 Ext 810/811
    Dr. Ivan Sini

    Dia praktek hampir setiap hari dari senin sampai dgn Sabtu.
    Siang Jam 11:00 s/d 14:00
    Malam 16:00 s/d 19:00

    Klu tdk salah tdk praktek hari Rabu, tapi untuk lebih jelas nya telepon aja ke BIC ext di atas untuk jadwal lengkap dokter Ivan dan buat appointment. Memang harus buat janji dulu sebelum nya krn pasien nya lumayan banyak. 2/3 hari sebelum nya juga cukup kok. Semoga cepat menyusul ya amin.

  43. yani

    Hi Ira,
    Selamat ya atas kehamilannya ….
    Mohon informasi mengenai prosedur di BIC Morula untuk pasien yg baru pertama kali. Apakah kita langsung menentukan ingin konsultasi dengan dokter siapa atau memang sdh ada prosedur dari Team BIC Morula? Apakah di BIC Morula itu pasiennya antri sekali atau tidak, sebab pengalaman di dokter2 khusus infertilitas terdahulu pasiennya antri …
    Thanks ya Ira atas sharing infonya …

  44. Henny

    Hello Ira
    Gimana kmarin hasil usg terakhir & tes down sysdrom mudah2an bagus ya, ohya ra sabtu kemarin ak udah usg, umur bayinya udah 6,5 minggu, ternyata dugaan kamu benar ra bayinya ada 2 , ukurannya yg satu 0,56 dan yang satu 0,59 normal gak ya? ohya ra ini anugerah banget lo buat aku soalnya yg di ET kmarin embrionya cuma 2 , kwalitasnya good n moderate, kita saling mendoakan ya semoga sehat sampai lahiran

  45. Ade Novita

    Thank’s ya Ira atas supportnya… Aku selalu doakan kmu dan babynya sehat ya..wah, jadi semangat nih mo mulai program. Rasanya beruntung sekali karena aku bisa dapet tambahan info dari web ini.
    Buat Henny… selamat ya atas kehamilannya semoga lancar dan melahirkan dengan selamat. Hen, kamu ikut short protokol ato long protokol?

  46. Henny

    to Ade Novita
    Thanks ya untuk doanya, aku BT nya pake long protokol, semoga sukses ya BT nya

  47. Ira Marlina

    Hi henny,

    Selamat ya:)) kamu dapet kembar pasti dikau and suami seneng bener ya. Klu hamil kembar ukuran bayi memang lebih kecil di banding kehamilan tunggal henn, waktu usia kehamilan ku 6 minggu ukuran janin masih 0.51 cm, jadi ukuran bayi kamu sih normal untuk ukuran 6.5 mgg. Oh iya di kasih denger detak jantung nya tdk waktu itu?? pasti seru ya.

  48. Henny

    To Suryadi
    Kemari waktu USG , jantungnya udah ada dan bergerak-gerak, tapi blom diperdengarkan sih baru diliatin doang, btw pak Suryadi ini suaminya Yuli yg bareng waktu ak opu ya? selamat ya pak, btw bayinya kembar gak pak?

  49. Suryadi

    Ada 2 kantungnya ukurannya 1.80cm tp yg satunya msh kecil bgt, tunggu 2 minggu lg dilihat perkembangannya.
    Bener aku suaminya July 🙂 Sama2 sukses ya.

  50. Henny

    Hi Ira
    iya nih senang bgt, sekali jalan langsung 2, thanks ya Ra atas supportnya, Kemarin blom dikasih dengar detak jantungnya, cuma diliatin doang udah bergerak2, mungkin Dr Ivannya lupa kali ya,2 minggu lagi kan ke Dr. Ivan lagi nanti ak minta di perdengarkan deh biar lebih lega, klu kamu Ra skrang ukurannya bayinya udah berapa?, ohya udah 3 bulan ya, berarti 3 bulan pertama udah lewat ya, skali lagi semoga selamat ya sampai lahiran.

  51. cici

    Hi Ira, Selamat ya udah berhasil hamil juga buat yang lain.
    Boleh tanya apa beda Short protokol dengan long protokol?

  52. Henny

    To Suryadi
    Emang kemarin pas usg pertama janin nya blom di ukur ya? btw kemarin test bhcg nya berapa?semoga sukses ya

  53. Suryadi

    To Henny
    Sudah Hen yg satu 1.80cm tp yg satunya tdk diukur krn terlalu kecil. Kemarin test BHCGnya 430. Kata Dr.Ivan tunggu test USG kedua dilihat perkembangannya 🙂
    Henny sekarang bedrest atau sdh melakukan kegiatan rutin?
    Mual2 tdk?

  54. Henny

    To Suryadi
    Kalau Ukurannya 1,80 cm termasuk besar ya, soalnya aku aja cuma 0,59 cm, klu aku dari awal emang gak bedrest,cuma habis ET aja kemarin cuti 1 minggu, selebihnya aku kerja terus, sampe skrang ak juga kerja, lagi sibuk malah laporan pajak, kalau mual , iya mual banget, tapi udah dikasih obat mual sama Dr.Ivan, emang kalau Yuli bedrest terus ya? klu aku dirumah malah pusing sendiri, klu Yuli efeknya apa, mual2 atau gimana? semoga kita sama2 lancar ya

  55. Suryadi

    Kata Dr.Ivan sgt bagus untuk ukuran sgt cuma yg satunya msh kecil, Iya Yuli sekarang di rmh trs bedrest krn khan dptnya cukup susah jd hrs dijaga baik2 deh 🙂
    Yuli mual trs minta makannya aneh2 tp kalau sdh dibeliin tdk dimakan setelah dicium aromanya, makannya sedikit bgt jd dibantu minum susu supaya gizinya cukup and ngurangin mual.
    Iya moga2 lancar sampai lahiran ya kita saling mendoakan.

  56. Suryadi

    To Henny
    Kata Dr.Ivan sgt bagus untuk ukuran sgt cuma yg satunya msh kecil, Iya Yuli sekarang di rmh trs bedrest krn khan dptnya cukup susah jd hrs dijaga baik2 deh 🙂
    Yuli mual trs minta makannya aneh2 tp kalau sdh dibeliin tdk dimakan setelah dicium aromanya, makannya sedikit bgt jd dibantu minum susu supaya gizinya cukup and ngurangin mual.
    Iya moga2 lancar sampai lahiran ya kita saling mendoakan.

  57. Eli

    Dear ira,

    salam kenal sebelumnya, and selamat ya atas keberhasilan BT nya, insya allah kalau tak ada halangan kita mau program BT juga bulan April di Sby, doakan ya smga kita berhasil…amiiinnn
    ira boleh tanya tak ? apa kadar bhcg bisa mempengaruhi berhsl/tidak nya BT, punya resep khusus untuk meningkat kan kadar bhcgnya supaya bisa lebih dari 100,,,,
    Ma kasih ya atas sharing nya.

  58. ira marlina

    Hi Ely thanks ya and salam kenal jg. Kadar BHCG memang mempengaruhi berhasil/tdk nya BT. Atau kuat/tdk nya embrio menempel pd dinding uterus. 14 hour stlh ET klu hsl BHCG dibawah 100 kemungkinan embrio hanya menempel sementara & terlepas. Tp klu diatas 100 lbh bgs dan kuat. Berdasarkan dr cerita tmn2 yg lain BHCG tinggi ada kemungkinan kembar. Waktu aku tanya ke Dr apakah ada yg bs dilakukan stlh ET spy kemungkinan berhasil lbh bsr, dia bilang pantang hal2 yg sdh sy sebutkan di sharing si atas dan banyak berdoa serta tdk stress & capek or angkat brt. Jd aku saranin pd saat mau mulai prog nanti ely sdh mulai hidup sehat aja, mkn yg bergizi, belajar lbh tenang and relax and banyak berdoa spy lancar proses nya. Keep us update ya Ely and semoga km berhasil spt aku amin. Ingat ingat SEMANGAT!!:) ting

  59. ros

    hi ira, selamat ya atas kehamilannya.
    lucu juga ya, usia kandungan kita cuma beda sehari loh, saya juga konsul ke dokter bul nov, opu tgl 05 jan , et tgl 08 jan, bener2 beda sehari ya, ketahuan hamil jg tgl 22 jan.
    kita jg sama2 lsg proses bt, tdk melalui insem, dan masalah kita jg sama2 di sperma suami yg kurang byk.
    sekali lagi selamat ya, semoga lancar sampai melahirkan.

  60. ira marlina

    Hi ros salam kenal ya, selamat atas kehamilan kamu juga ya. Tdk sangka ternyata pengalaman kita hampir sama hanya berbeda 1 hari saja:). Oh iya Ros klu boleh tahu kalian ikut progam BT dimana waktu itu? Dan saat ini hml tunggal atau kembar? Apakah kamu sdh melakukan test down syndrom juga untuk janin nya pd usia kehamilan 13 minggu semoga hsl nya baik ya ros.

  61. ros

    hi ira, tx
    waktu itu saya ikut di abdi waluyo dgn dr karel, tadinya ada 8 telur, tp waktu opu yg berhasil diambil hanya 2, untung dua2nya bagus, dan ternyata dua2nya berhasil / kembar.
    saya belum test down syndrom, ragu krn ada yg blg krg bgs buat kandungan, mungkin nanti di mg ke 20 br test lanjutannya. kamu sendiri sdh test ?
    ira ngalamin morning sickness ? mungkin krn kembar jg saya ngalaminnya agak parah. tapi mg ini sdh mendingan hanya napsu makan msh agak jelek.

  62. ira marlina

    Hi ros wah seneng dong pasti nya lsg dpt kembar:) aku sdh check down syndrom krn hrs di periksa pd minggu ke 13/14. U mengetahul apa ada kelainan apapun atau kromosom pd janin klu ada bs di obati sejak dini. Krn dgn IVF atau u wanita yg berusia di atas 30 ada resiko. Mgg ke 20 biasa nya 4D u th gender si janin. Aku msh mual kadang kadang dan nafsu mkn jg blm spt biasa. Mnrt dr itu normal aja biasa nya stlh 4/5 bln nafsu mkn kita (kembali normal ya. Kehamilan kembar tentu nya lbh banyak menghabiskan energi ros, km mkn hrs lbh banyak kan di bagi 3, banyak minum air putih, jgn terlalu capek dan stress. Enjoy your pregnancy ya. And keep in touch

  63. ros

    hi ira
    rencana ntar mg ke 20 mo cek 4d di calvin tjiong di family.
    iya, moga2 kita berdua cepat punya napsu makan, menurut dokter yg penting mkn byk sayur & buah, nasi tdk perlu byk.
    ngalamin sakit kepala ? saya udh 1,5 bln ini hmpri tiap hari sakit kepala, kdg berat kdg ngk, kt dokter pengaruh hormon, tensi jg agak tinggi 147/94, jd terpaksa kurangi garam.
    Sabtu kemarin sempat konsul ke dokter lain buat cari perbandingan,soalnya agak khawatir dgn tensi, sekalian dokternya cek jenis kelamin janin, ternyata 1 cewek 1 cowok, duh senangnya. moga2 dokternya tdk salah, he3
    ira sdh cek jenis kelamin janin ? sdh diperkirakan tgl melahirkan ? saya diperkirakan tgl 28 sept, kemungkinan bs lbh awal mengingat kembar biasanya lbh maju 2mg.

  64. cici

    to Ros…
    Duuuh senangnya kalo kembarnya 1 cowok 1 cewek.
    jadi ngiri nich pengen ngerasaain hamil jg.
    moga tetap sehat ya…

  65. Eli

    Thanks ira atas saran nya, mendekati hari keberangkatan ke sby deg2kan juga, tapi tetap semangat, mudah2an semua berjalan lancar, dan bisa menjadi ira yg ke2 (amiin)..

  66. Eli

    Ira kalau boleh tau alamat email nya apa, biar bisa tanya2 nantinya, itu pun kalau ira keberatan lho…thank’s ya sebelum nya

  67. ira marlina

    Hi eli, sorry ya (bs bales agak sibuk nich belakangan ini persiapan perayaan 4 bln an:). Ini alamat e-mail ku iramarlina@yahoo.com. Tdk usah cemas li di coba untuk bawa santai. Hrs siapin mental apapun hsl nya selalu berharap yg terbaik. OK!

  68. Jonny

    hi Ira..seneng bgt dapet baca pengalaman km yg berhasil dgn bayi tabungnya…sy n istri baru cari2 info ttg bayi tabung nih…jd tertarik n smoga sy m istri sy berhasil seperti km ya..amiin..smoga bayi km sehat n km n keluarga bahagia terus..amin…bravo..

  69. ira marlina

    Hallo jonny, terima kasih atas doa nya..semoga kamu dan istri menemukan Dr, dan RS yg cocok untuk memulai program BT ini, saran saya cari perbandingan dgn cara konsultasi ke beberapa dr dan bandingkan mana yg paling comfortable dr segi dr, info, pelayanan, kenyamanan dan fasilitas. Semoga jonny dan istei menyusul keberhasilan kami, amin

  70. ery

    hai ira lam kenal ya.
    aku jg pasien Dr. ivan.aku sdh 16 thn menikah dan sdh 3X keguguran .skrg sdg prog BT. tgl 18 Mai 2009 aku OPU,tgl 20 ET,oh ya waktu OPU ada 10 telur smp tgl 20 hny 2 yg bagus yg lain stop membelah.dan tgl 3 Juni aku tes dan haslnya positif,hsl darahku 310,80 dan nanti tgl 17 aku disrh kontrol dan USG ke Dr.Ivan.aku mau tanya kamu pas USG pertama apa aja yang dilihat dan diperiksa krn aku deg2an sdh tdk sabar ingin lihat babyku, hbs sdh lama nunggu. salam kenal jg untuk yang lain yg lagi prog BT

  71. ira marlina

    Hi ery, selamet ya atas keberhasilan bayi tabungnya. BHCG nya bgs tuh. Oh iya nanti tgl 17 juni itu akan di check malalui USG kamu sudah bisa lihat janin walaupun menurut perhitungan dr sdh masuk hamil 6 minggu ya. Nanti km minta didengerin detak jantung bayi. biasanya dr check ada 1 janin or 2 yg berkembang di rahim. Good luck ya and let me know hasih usg nya.

  72. ery

    hai ira , thanks ya atas infonya. oh ya apa sebelum USG yang pertama perut kamu suka kram ? karna kadang2 perutku kalau malam suka kram , tolong info bagi yang merasakan sprti aku jg ?

  73. ery

    hai ira, kmarn iku sdh si usg dan umurnya sdh 6 mg.ukrn janinnya 0,6 dan aku jg minta didgrin detak jantungnya. bukan main ajaib benar, rasanya aku msh tdk percya kalau di rahimku skrg ada caln baby.smoga smuanya lancar dech. gmn dgn kamu apa mash mual2 jg.dan skrg babynya sdh brp bulan ?

  74. keke

    Hi Ery selamat ya atas keberhasilannya, aku juga pasiennya Dr.Ivan, tadi pagi sudah ET dan skr lg bed rest, embrio yg masuk ada 3, 1 excellent dan 2 moderate, kl km embrio yg dimasukan 2 ya? Kualitasnya bagaimana? Bagus atau excellent? O ya km bed rest brp hari stlh ET? Maaf ya baru kenal tanyanya sudah borongan, sekali lg selamat yaa

  75. leny

    Hi ira..
    salam kenal..selamat ya ira atas keberhasilannya.aku jg rencananya mau BT.tp bingung nich cari t4 program nya.klu boleh berbagi dengan ira aku pgn tau nich alamat praktek dokter t4ira program BT,and klu boleh jg kira2 biaya nya brp ya ra?

  76. ira marlina

    Hallo Leny,

    Biaya bayi tabung di BIC morula sekitar 56 juta, tapi semua itu tergantung dari dosis suntikan hormon. Yg diberikan jadi hrg bisa berubah sedikit.

    Ini Alamat lengkap:
    RS. Bunda Hospital (BIC Morula)
    Jl. Teuku Cikditiro No. 28 Menteng
    Jakarta 10350
    Tel. (021) 3192 2005 Ext 810/811 (BIC)
    Dr. Ivan Sini/ Dr. Taufik

    Banyak temen2 ku yg skrg pd ikut program BT di BIC dgn Dr. Taufik menurut mrk org nya jg enak dan sangat lengkap dlm memberikan penjelasan. So buat msk an ke leny juga Dr maana di BIC nanti yg akan dipilih, mungkin leny bisa bandingkan terlebih dahulu sblm memulai program. Good luck ya leny semoga berhasil

  77. ery

    Hai keke, salam kenal jg. kemarin aku ET 2 yang 1 exelent dan 1 lg good. oh ya sorry baru dibalas, maklum lg mual bgt jd malas buka email.setlah ET aku hny istirahat dirmh tdk melakukan aktifitas yg berat plg buka kompter, baca buku, dan nonton tv ,dan jagn lupa makan yg bergizi.dan seminggu kemudian sdh jaln2 tp tetap tdk boleh terlalu capek.yg plg penting jgn stress mikrn jd/ tdk pokoknya dibawa santai aja. ok.. aku doakan smg kamu sukses ya, kabari aku lg ya .

  78. erna

    salam kenal..

    hi ira..selamat ya, banyak jg ya yg berhasil BT ke dr ivan, aku jg akan BT, tp msh cari2 info smoga cepat terlaksana.oya ra, 56jt itu sudah termasuk pemeriksaan hormon, torch, papsmer dll atau belom??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*