Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Christin

Hai semuanya… Senangnya saya berhasil hamil & dinyatakan positif tanggal 2 des!!

Saya ikut program bayi tabung dengan Dr.Ivan Sini di BIC, Jakarta. Lama menikah 3 tahun, usia saya 25 tahun, dan langsung hamil pada program bayi tabung pertama dengan bchg 846.2 (ada kemungkinan kembar , namun dipastikan saat usg tgl 16 des nanti ). Rahim tidak ada masalah, sperma juga tidak. Hanya hormon prolaktin saya tinggi , jadi sebelumnya diobati dengan obat cabergoline. Sebenarnya dr Ivan menyarankan coba dengan siklus normal dulu, atau inseminasi. Tapi saya langsung memilih untuk ikut bayi tabung saja, karena saya sudah ingin punya anak 🙂 .

Program saya short protocol, jadi langsung suntik gonal F di hari haid ke-3. Kemudian saat Embrio Transfer dimasukkan 2 embrio. Setelah embrio transfer, saya langsung pipis karena tidak tahan. Juga dua hari kemudian saya jalan-jalan ke mall dan nonton film. Selama menunggu hasil saya juga masih jalan jalan , makan di luar, ke toko buku, dan nonton film. Saya tidak mengalami flek sedikitpun, dan hanya merasakan kram di bagian perut kiri bagian bawah.
Hanya saja makan saya jadi banyak dan cepat lapar 🙂 .

Oh ya, karena saya orangnya penasaran, sehari sebelum test di BIC, saya sudah testpack sendiri di rumah dan Puji Tuhan hasilnya 2 garis! Ketika hari pengumuman saya jadi lebih santai karena test pack sendiri di rumah yang sudah +. Ketika saya tanya ke orang lab Prodia dia bilang kalau sudah 2 garis di test pack biasanya sudah +. Kemudian jam 1 dr. Augustine sms memberikan kabar bahwa hasil bchg bagus 846.2.

Usg pertama yaitu tanggal 16 Desember nanti. Sekarang saya sedang rajin makan makanan bergizi dan minum vitamin. Puji Tuhan makan masih lancar saja, mual hanya sedikit 🙂 .

Tips dari saya untuk yang mengikuti BT, harus rileks dan positive thinking. Saya juga bersyukur punya suami yang sangat mendukung dan memanjakan saya. Oh ya, saya juga tidak bedrest dan jalan-jalan setelah ET 🙂 .

Sorry kalau saya tidak pandai bercerita, tapi saya sudah janji kalau + akan sharing di website ini, supaya bisa jadi dukungan untuk yang mau/sedang program BT. Karena website ini juga banyak sekali memberikan informasi kepada saya waktu menjalani persiapan dan proses BT.

Tetap semangat dan Tuhan memberkati ya untuk semua calon ibu 🙂

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 2.00 out of 5)
Loading...

49 thoughts on “Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Christin

  1. idha

    dear mba christin… salam kenal yah… aku kepengen ikut program BT hanya sj Prolaktin sy tinggi 32.21, haid aku nggak teratur udah 6 buan nggak haid2. mba kira2 di mana aku bisa dapat obat cabergoline-nya ??? soalx udah keliling ampe nyari di makassar jg nggak ada…

  2. christin

    Hi Adelie, aku baru buka lagi web ini, moga2 kamu uda hamil ya… BIC itu di 3 bangunan sebelahnya RS Bunda Menteng jadi deket kok :), oh iya cabergoline emang di Jakarta harus diresepin , waktu aku diresepin Dr Endokrin, dan aku baru denger lagi dari temenku sekarang uda ga masuk sini, kalau mau beli bisa nitip teman di singapore/india , Parlodel aku ngga cocok, langsung gemetar , mual banget, keringat dingin mau pingsan uda gitu ga turun2 prolaktinnya. Coba kamu konsul ke Dr spesialis endokrin mungkin bisa bantu berikan referensi Cabergoline di mana belinya. Anakku uda 11 bulan sekarang, uda merangkak sama berdiri 😀 , bentar lagi jalan dan uda bawel, manggil2 mama paling seneng dia 🙂

  3. adelie

    Dear christin… Congrats utk baby girlnya ya, pasti sekarang lagi mau belajar duduk. Saya juga ndak sabar pengen punya momongan. Boleh nanya dikit? Setelah baca blog nya, saya tertarik juga untuk ke Jakarta sekedar konsultasi ke dr.Ivan atau malah IVF. Tapi ya namanya bukan orang jakarta, boleh dong info sedikit, RS BIC itu kepanjangannya apa n letaknya dimana ya? Apa sama dengan RS Bunda di Menteng? Kemudian, saya juga menderita hiperprolaktin hingga poin 136. Sudah konsumsi parlodel selama hampir 1 tahun tetapi tidak menunjukkan penurunan yang signifikan. Sepertinya ada baiknya saya pakai cabergoline. Tapi kok susah ya dicari di seluruh jakarta. Apa di RS Bunda ada ya? Sepintas lalu saya ada baca, ada di RS Bunda 100rb/tablet. RS Bunda letak pastinya dimana ya christin? Tolong infonya supaya saudara saya bisa segera membelinya. Thanks banget sebelumnya.

  4. christin

    Hi Euis, aku uda lahiran loooh 🙂 baby girl cantik, sehat dan aktif 2,8kg … sekarang lagi sibuk2nya jadi mommy… moga kamu juga nyusul yah 😀 Amiiiin… Tuhan berkati

  5. Euis

    Halo christin,salam kenal..
    Selamat ya atas khamilannya..
    Ak jg ikt BT n udh ET,cm krn khawatir jdny minta drwt 1 hr d RS deh (pdhl kt dr.ivan sh ga perlu). Jd semangat nh baca pengalamany kristin. Emg kita harus positive thinking ya, n menyerahkan segala sesuatunya sama Tuhan,karena kita udah berusaha.Mudah2an bisa menyusul hamil..amin..

  6. dyta

    haaii christin dan teman2 apa kabar?

    aku sekarang lagi nunggu hasil ET niih, terima raportnya tinggal 3 hari lagi.. deg2an bangeett.. tp aku berusaha santaai aja siih..

    sekarang aku merasa perutnya suka cenat-cenut kiri n kanan (mostly kiri), miss V suka kram2, kakiku pegeeell banget rasanya, kalo jalan2 di mall aku rasanya suka nge-fly alias pusing gak jelas.. tapi semua itu rasanya ilang timbul.. aduuh aku bingung bgt d.. semoga aja hamil beneran.. mohon doanya yaa christin dan teman2..

    kalo ada yg punya pengalaman kaya aku please shariingg yaa… 🙂

  7. Yulia

    halo christin congrats ya untuk kehamilan… Sy seneng bgt baca cerita2 christin… saya juga pasien nya dr ivan, rencana mau bt juga bulan depan..skrg lagi siap2 mental. Kalo boleh tau email christin apa ya? sy pengen sharing nih. thx ya

  8. christin

    hai dyta sori baru bales… uda lama ga buka web ini hehe , sekarang aku uda jalan 17 weeks dan uda ngerasain gerakan baby 😀 , kamu udah ET kali ya hari ini? abis OPU aku banyak2 makan putih telur kampung rebus sama minum air putih yang banyak supaya ga OHSS , dikasih tau dokternya begitu sih :)… abis ET aku langsung jalan-jalan kok… ga pake nginep di RS, tapi kalau kena OHSS sepertinya harus infus albumin di RS yah… aku doain supaya nyusul hamil yaaa 🙂

  9. dyta

    halooo2 christin dan teman2 lainnya..

    apa kabar? aku mau cerita niih, kemarin aku habis OPU, berhasil 10 yang di pick-up.. sekarang aku lagi deg2an nunggu hasil dari BIC, semoga semuannya dapat terbuahi dengan baik.. amieen..

    oiyaa.. mau tanya niih,setelah OPU perutku terasa gak enak bgt d, sakit perih2..yang lain sama seperti aku gak yah?

    trus kalo habis ET apa sebaiknya kita dirawat di RS selama satu hari atau gak yaa

    makasiih… semoga aku bisa menyusul christin juga utk bisa hamil :p amieeennn…

  10. christin

    @ dyta : halo 🙂 semoga bisa cepat mulai program dan berhasil hamil juga ya 🙂 Tuhan berkati 😀

    @ evfia : wah udah ET ya? ak sih ga ada kram sama sekali, ga berasa apa2 sih cuman cepet laper aja 🙂 . Sukses ya, Tuhan berkati 🙂

  11. evfia

    hi,,,, christin selamat ya atas kehamilannya,
    aku juga habis BT di Bunda sama dr indra hari ini hari ke 4 setelah ET
    lagi bad rest dirumah, aku mau sharing2 nih.
    kamu watku habis ET hari ke 3 gitu perut bawahnya mulai kram2 gita gak sih? kaya kita abis sit up? add aku di ym ya indriveronica@yahoo.com
    thx u….

  12. dyta

    haaiii christin.. selamat yaa atas kehamilannya…
    semoga aku cepat menyusul..

    @ dessy, kamu pasien dokter irham juga yaahh.. sama aku juga niih.. gmn perkembangan program kamu? aku juga pasien dokter irham.. tp programku pending 1 bulan karena bulan ini telurku kurang bagus kwalitasnyaa.. 🙁 tapi mudah2an bulan ini telurnya bagus2..semangaatt!!! 🙂

    semoga kita berdua bisa menyusul christine dan teman2 yg sudah berhasil hamil lainnya yaahh.. amien amieenn….

  13. christin

    @ Michelle : sampai lupa… iya jangan aktivitas yang berat2 dulu ya… suka olahraga ya? kebeneran aku sih memang ngga suka hahaha 😀 . Mending jangan dulu sampai udah lewat 3 bulan sih 😉 . Aku juga nggak ada embrio sisa kok, Michelle. Tapi kan yang penting sudah hamil , dijaga ya kehamilannya 😉 .

  14. christin

    @ Michelle : halo Michelle 🙂 , selamat ya atas kehamilannya :), aku waktu positif karena bcHgnya sudah tinggi jadi tidak disuntik penguat lagi. Terus aku juga nggak keputihan banyak dan ganggu sih, memang karena suntikan hormon bisa menyebabkan keputihan.
    Aku ada tips nih pake betadine biasa aja (yang botol kuning) campur dengan air hangat di baskom kecil terus celupin waslap dan seka miss V habis pipis kemudian lap kering. Membantu untuk menghilangkan gatal kok.

    Dan rambut di daerah miss V memang sebaiknya digunting rapih ya, aku nggak bilang dicukur habis ya, karena malah gatal kalau botak, tapi ya pendek dan rapih saja, itu juga ngaruh loh untuk ngurangin faktor yang menyebabkan gatal. Tapi, kalau udah mengganggu banget sebaiknya ke dokter saja supaya dicek dan dikasih obat, takutnya ada infeksi jamur atau bakteri.

    Hope this help ya 🙂 .

    @ Mea : halo Mea :), wah senangnya dengar kabarmu sudah mulai proses ya? Tetap semangat ya, kudoakan berhasil, amin…. 🙂 . Iya, aku udah jalan 10 minggu, heheh semoga cepat masuk trimester kedua supaya mual maboknya hilang… amin ^_^ .

    @ Wienda : halo Wienda, abis ET aku langsung makan ke resto , terus besokannya nonton , nge-mall, toko buku, sering makan di luar dan nonton selama menunggu hasil. Tapi aku memang ngga ngantor karena memang ngga kerja 🙂 .
    Mual sih nggak ada ya Wien, sampai hamil 6 minggu barulah mual muntah mabok komplit… tanda-tandanya cuma cepat lapar aja, flek juga nggak ada. Gak ada tanda-tanda spesifik kok 😉

    kalo penasaran, ditest pack aja di rumah sebelum pengumuman. Tapi kalo malah jadi stress jangan ya 🙂 . Harus relax dan percaya aja, kan memang ada embrio di dalam rahim Wienda 🙂 . Kalo kram mungkin dia sedang menempel… aminnnn 🙂 . Santai aja ya… sukses selalu, Tuhan berkati 🙂 .

  15. veronica

    halo christin lam kenal…
    congrats yah atas kehamilan nya…
    sy jg pasien dokter Ivan, baru mau ikut program BT yg short protokol
    christin kalo boleh sy minta email nya yah
    mau tny” soalnya sy msh blm ngerti prosesnya
    thanx

  16. Wienda

    Dear Christin…Selamat ya atas hamilnya, semoga lancar sampai melahirkan, amin…
    Boleh nanya nggak, pas abis ET sampe nunggu pengumuman itu rasanya gimana? Maksudnya apa perutnya mules, ato udah mual, ato pusing, ato gimana. Soalnya aku kok ga ada ngerasa apa-apa ya, kecuali pegal di pinggal sama kadang sakit dikit di perut depan kiri-kanan, tapi cuman bentar-bentar aja. takutnya malah gejala mens de..aduhh semoga jangan ya. Trus abis ET katanya Christin ga bedrest malah udah jalan-jalan itu, jalan-2nya seperti apa, apa udah langsung ngantor aja, ato peri shopping-2 gitu..
    Thanks ya sebelumnya atas jawabannya.

  17. mea

    @christin:
    gak krasa ya umur kehamilanmu skrg dah 10 minggu. met menikmati masa maboknya ya, bu. biarpun mabok, tapi tetep bahagia kan? soalnya si baby kan dah ditunggu sekian lama:)

    btw, aku udah suntik gonal hari ke-2 nih. doakan semoga semua proses terus berjalan lancar & berhasil menyusulmu hamil. amiin.

  18. Michelle

    Halo Christin,

    Saya juga ikutan di BIC dgn dokter Taufik, short protocol juga. Kemarin tgl 6 Jan dinyatakan positif dgn HCG 260, dan sudah disuntik penguat. Tgl 14 besok kembali lagi utk suntik penguat dan tgl 20 di USG pertama kalinya.

    Saya cuma kepingin tahu saja, kalau tidak keberatan. Apakah selama program ini (setelah embrio transfer sampai USG positif) Charistin mengalami keputihan nggak? Saya keputihan, dan lumayan banyak hingga sedikit mengganggu. Saya baca di obat hormon yg dimasukkan lewat vagina memang ada tendensi utk timbul keputihan sebagai side effect. Tapi saya khawatir juga jadinya. Teman2 saya belum ada yg ikutan program BT soalnya, jadi mereka tdk bisa bagi informasi.

    Kemudian, apakah Christin juga dilarang untuk olahraga lain selain berenang, dan itu pun dibatasi selama 45 menit saja?

    Btw, usia saya sudah 35 thn dan lagi kemarin pas OPU, dari 10 yg di pick up, 8 ada isinya, 5 yg terbuahi, tp 2 tidak bagus dan tiga lumayan, jadi embrio sisanya dibuang, tidak di bekukan.

    Thank you yaa!!!

  19. christin

    @ Linda: halo Linda, sorry ya baru bales… maklum lagi mabok terus nih … ak lagi jalan 10 minggu hamilnya 🙂

    Kalau ada rencana BT, mendingan appointment dulu untuk screening tes darah, hormon, usg rahim, konsultasi, dll >> untuk persiapan mengikuti bayi tabungnya.

    Suami cuma perlu satu tes aja sih, tes sperma. Yang perempuan ini yang tesnya banyak hehehe 🙂

    Kalau hasil hormon dll ga masalah nanti dokternya tanya mau dimulai kapan, kalau mau secepatnya juga bisa aja kok, Linda konsul aja tanya-tanya sepuasnya sama dokternya 🙂

    Oh ya, satu lagi Lin, sekedar sharing aja, untuk punya baby (hamil) harus siap mental loh, karena aku pas proses bayi tabungnya kan lancar2 aja tuh… sampai minggu ke 6 baru mual muntah parah… hiks… sempet shock banget… sampe sekarang juga masih muntah tapi uda berkurang,

    untunglah suamiku support banget, bayangin aku kalo tidur malam tiap 2 jam bangun harus makan , makannya pun buah, ga bisa makan yang banyak2 kalo gak muntah udah gitu perutku periiih banget (karena memang ada maag juga sebelum hamil). Nah suamiku ini top deh, sering pijitin aku, temenin aku, elus2 perut aku, sabar banget mendengarkan semua curhat aku.

    Jadi peranan suami sangat penting dalam kehamilan, yang aku rasakan. Ada juga sih yang hamilnya ‘kebo’ alias ga ngrasain apapun, cuma harus prepare aja yah, karena bener-bener terasa loh pas hamil itu hormon mempengaruhi psikologi banget 🙂 .

    Good luck yahhhh… mudah2an pas ngumpulin dana buat BT eh taunya udah hamil… dan kalaupun ikut program BT, langsung berhasil 🙂 . Tuhan berkati 🙂

  20. linda

    Hallo christin…

    Selamat ya atas kehamilanmu! Langsung berhasil. Itu membesarkan harapanku krn aku baru mau ikutan program BT bbrp bulan lagi. Ini lagi kumpulkan uang krn biaya BT mahal.

    Aku juga sudah merit 3,5 th. Sebelumnya pernah insem 1x tp gagal. 2 th lalu pernah operasi kista dan bbrp bulan kemudian pasca operasi ditest HCG dan hasilnya tuba falopii nya ada sumbatan. Pdhl waktu operasi dikatakan oleh dokternya saluran telurnya ok. Juga pernah test sperma suami dan hasilnya ok.

    Sudah coba sana-sini trs dgn berbagai pengobatan, dari dokter, sinshe, pijet alternatif, dll tapi sampai skrg blm dipercaya Tuhan utk memperoleh keturunan. Rencananya pertengahan tahun ini setidaknya aku mau coba BT, semoga berhasil. Doakan ya!

    Oya, kalo aku rencanain bbrp bulan lagi utk BT nya, itu langsung bisa dikerjain prosesnya atau sebaiknya skrg konsultasi dulu dengan dokternya ya utk dicek kondisinya? Kalo sebaiknya konsultasi dan cek, bisa sendiri aja atau harus dengan suami ya? krn aku dari Jogja dan suami kerja.

    Trims ya christin sblmnya… GBU

  21. christin

    @dessy : semangat ya programnya 🙂 Dr Irham itu adik iparnya Dr Ivan Sini , baik juga kok orangnya 😉 . Aku doain sukses yaaaa… thank you doanya 🙂

  22. dessy

    Dear Christin..

    Thanks bgt ya sharingnya, jadi semangat nih.. Aku juga baru mulai program di BIC sama Dr.Irham nih..skrg msh minum pil KB, 1 january mulai Synarel karena aku disarankan yg long Protocol sama Dr.Irham… Mungkin benar kata Mea coz aku juga PCO. Aku sekarang 29 thn dan udah 3 tahun meried. Semoga aku bisa nyusul Christin ya. and semoga Cristine bisa melahirkan dgn lancar juga. GBU

  23. dessy

    Dear Cristin..

    Thanks bgt ya sharingnya, jadi semangat nih.. Aku juga baru mulai program di BIC sama Dr.Irham nih..skrg msh minum pil KB, 1 january mulai Synarel karena aku disarankan yg long Protocol sama Dr.Irham… Mungkin benar kata Mea coz aku juga PCO. Aku sekarang 29 thn dan udah 3 tahun meried. Semoga aku bisa nyusul Cristine ya. and semoga Cristine bisa melahirkan dgn lancar juga. GBU

  24. christin

    @Yenni : hallo 🙂 thanks loh udah buatin website bayi tabung yang jadi tempat sharing dan semangat untuk kita semua 😉 . Selamat menikmati kehamilan ke-2 mba Yenni juga yaaaaa 🙂 . Tuhan memberkati 🙂

  25. Yenni

    Hallo Christin, selamat atas keberhasilannya… semoga kehamilannya lancar sampai melahirkan. Selamat menikmati eneg dan mual nya … ya begitulah kalau jadi ibu hamil :-).

  26. christin

    @ mea : iya nih eneg dan mual heboh loh… justru aku sempet agak shock karena mualnya baru datang di minggu ke-6 … tapi dinikmati saja… iya terharu lihat usg-nya 🙂 .
    Memang semuanya itu rencana Tuhan ya… kita sebagai manusia just do the best and God will do the rest 😉

    Iya cabergoline jauh lebih bagus dari parlodel, aku nggak tahan diresepin parlodel waktu itu, gak cocok 🙁

    Semoga Mea juga cepat menyusul ya…. Jia you! Tuhan memberkati 🙂

  27. christin

    @ Delvita :

    halo Delvita, Syalom!
    32 sih termasuk rendah ya, waktu itu aku 656 sampai-sampai scan otak via MRI segala untuk memastikan 🙂 .. Waktu itu sempet dikasi parlodel juga, tapi gak tahan minum parlodel langsung mual, depresi, gemetar, pokonya serem deh… 🙁 , akhirnya konsul ke Dr Ivan disarankan ke Dr. Suharko (RS Bunda, spesialis endokrin) kemudian diresepkanlah obat cabergoline ini, per tabletnya Rp. 100.000,- an dan puji Tuhan sudah turun dan akhirnya sukses ikut BT 🙂 .
    Haidku teratur juga kok, nggak ada gejala air susu keluar, kepala sakit, pusing, keluhan-keluhan hiperprolaktin pada umumnya, jadi pas screening lab baru ketahuan hormon prolaktinnya tinggi banget tuh…

    Aku ikut BT prosesnya 1 bulan-an itu habis kira-kira 60 juta-an, tapi Delvita bisa konsul dulu ke BIC, tanya-tanya supaya lebih sreg. Kebetulan, aku orangnya tahan jarum suntik (karena kan suntiknya banyak tuh), jadi nggak merasa sakit , untungnya suamiku bisa menemani 🙂 , tapi aku selalu bawa dalam doa dan nama Yesus semuanya jadi terasa tenang dalam menjalani prosesnya 🙂

    Justru habis OPU dan ET aku jalan-jalan terus, setelah hamil malah mualnya heboh, waktu hari Selasa kemarin sempat masuk RS Bunda nginap 1 hari diinfus karena makanan tidak masuk, sekarang puji Tuhan sudah pulang dan bisa makan walaupun masih eneg. Oh ya, berat badan aku juga naik kok selama proses dan pengobatan ini dari 46 jadi 54 kg (skrg hamil 6 minggu). Demi baby nggak pa-pa lah ya, nanti juga turun lagi habis melahirkan hehehe 🙂

    Semoga berguna ya sharingnya buat Delvita 🙂 Tuhan memberkati…

  28. mea

    @christin:

    sori tadi di atas salah ketik. di paragraf ke-3 tertulis: “tunggal atau normal”, maksudnya “tunggal atau kembar”. maaf ya, christin. tadi terlalu semangat pas ngetik-nya:)

  29. mea

    @christin:

    gpp gak langsung bales. aku bisa ngerti kok klo di awal kehamilan tuh kita harus ngadepin rasa eneg, dll. mungkin bentar lg klo aku hamil, aku akan mengalami hal yang sama:) amiin *ngarep*

    wih… itu prolaktin-nya emang tingg banget ya. tapi ternyata bisa juga turun ke normal cuman dalam waktu sebulan. soalnya klo pake parlodel kayaknya butuh waktu lebih dari sebulan. mungkin tergantung jenis obatnya kali ya. bagus juga infonya. tar klo ada temen yg hiperprolaktin, aku bisa informasikan juga ttg kehebatan si cabergoline ini:D

    wah…, pasti christin terharu banget ya waktu denger detak jantung si baby untuk pertama kalinya. tunggal atau normal gak masalah. Tuhan kan lebih tau yg terbaik untuk christin & baby. sapatau tar pas pengen anak ke-2 dst malah gak perlu pake IVF. kita kan gak pernah tau rahasia Tuhan:) dinikmati terus ya kehamilannya… makasih atas doa & dukungannya. aku juga terus berdoa untuk keselamatan christin & baby…

  30. christin

    @mea: halo mea sorry baru bales yah… maklum lagi eneg … ,

    hormon prolaktin tinggi diketahui waktu screening awal, aku hormon prolaktinnya 656 normalnya 2-20 (termasuk sangat tinggi, sampai aku sempat MRI , puji Tuhan tidak ada apa apa di kelenjar hipofisis otak, memang unexplained hiperprolaktin aja 🙂 )

    minum obat cabergoline-nya 8 tablet , 1 minggu 2 tablet, sekitar 1 bulan sampai prolaktinnya turun jadi normal 🙂 , baru bisa mulai prog BT-nya.

    Mea, kalau dari dr Augustine bilang sudah ok, semestinya nggak ada masalah kok 😉

    Oh ya, hasil usgku ternyata babynya satu, kehamilan tunggal 🙂 . kemarin panjangnya sudah 6,5 mm dan sudah berdenyut, lucu sekali 🙂 .

    Memang hormon bchgnya saja yang tinggi tapi ternyata kehamilan tunggal pas diconfirm usgnya 🙂 .

    Keep in touch and good luck ya programnya Mea 🙂 Tuhan memberkati.

  31. Delvita

    Syalom Christin, Congratz ya atas kehamilan anak kembarmu n salam kenal jg..
    Saya mau sharing n skalian tanya2 sm christin, saya udah 6 th merit tp blum dpt predikat mom jg, sy udah prnh ikut insem jg tp blum berhasil, tp seblum itu sy pengobatan dulu selama 1 thn, makan obat penyubur sampe badan sy gemuk..he2x, dr hasil pemeriksaan sy n suami sih diketahui kalau sy prolaktinnya jg tinggi sampai 32 lbh,tp kt dokter sy kalau prolaktin tinggi biasanya gak dtg haid ato haidnya gak teratur, tp sy haid slalu teratur klu telat paling cm 2 ato 3 hr aja, Christin sndiri gimana siklus haidnya??? nah skrg sy n suami udah capek mau pengobatn lg, udah 1 th berhenti berobat n skrg uda mau ikut program BT aja, krn Christin udah pengalaman n kasus kt jg hmpir sama, kira2 prosesnya lama gak?? sakit gak? krn sy agak takut krn nti suami gak bs nemenin ful 1 bln, n wktu Cristin program kena by brapa? trims seblumnya ya? smoga Cristin n bayi kembarnya sehat selalu,..Tuhan memberkati..

  32. mea

    @christin,
    mo tanya tentang prolaktin-mu yang tinggi & sempet dikasih obat itu dong. minum obatnya berapa lama? indeks prolaktin-mu berapa dan nilai normal seharusnya berapa? ketauannya pas screening awal mo bayi tabung itu bukan?

    hasil lab hormon-ku yg buat screening awal itu, sama petugas lab prodia bunda menteng langsung dikasih ke dr augustine. bahkan dr ivan pun blm liat. kata dr augustine sih normal semua. tp klo blm liat sendiri, kayaknya blm sreg ya:) besok deh klo ke BIC lagi, aku akan tanyakan nilai pastinya.

    btw, gmn usg kemaren? beneran kembar kan? dijaga baik-baik2 ya, bu:)makasih buanyak infonya.

  33. Anastasia

    @ Fanny, sy gagal insem soalnya sperm suami yg ga bagus bentuknya. Menurut dokter, bentuk sperm yg ga bagus susah obatinnya. Suami sy udah sempet operasi varikokel tapi kemajuannya dikit banget. Kalo fanny sendiri masalahnya kenapa?
    Fan, sy ada message km di fb. Thanks.

  34. fanny

    @christin: thanx yah buat saran n masukannya, ngebantu banget soalnya sy masih kurang pengalaman soal BT ini. Rencana bulan depan baru mulai ke dr Ivan nya,soalnya tanggung ya skrg uda mau libur natal n thn baru,takut keganggu maen nantinya
    Ok ntar sy kontak” christin yah…jgn kapok yah 🙂
    thanx a lot

    @anastasia: halo jg…wah ada temen seperjuangan nih dr bdg,jd lbh optimis kayaknya hehehe
    kalo boleh tau anastasia gagal BT di dr Ivan kenapa?
    bisa email aku ke fenny_r3133L@hotmail.com

  35. christin

    @ Mea : iya memang orang-orang suka kasi saran sampai kitanya jadi puyeng kalo dengerin karena kebanyakan tempat pengobatan hehehe, aku juga sama mikirnya kaya kamu umur berjalan terus 🙂 , dan syukurlah dengan kemajuan teknologi , dan adanya website bayi tabung ini kita jadi lebih bisa tahu proses dan tempatnya dan juga resikonya sebelum memutuskan ikut 🙂

    iya nih besok aku jadwal USG, udah ga sabar 🙂 thank you ya doanya … 🙂 Kamu juga keep in touch ok.. Tuhan memberkati 🙂

  36. mea

    @christin:
    aku juga bayi tabung ini melewatkan satu step, yakni: insem. setelah LO bulan juni 2009 kemaren, aku coba normal dan dikasih profertil sama dr ivan di haid hari ke-5 s.d 9. tapi sampe november kemaren blm berhasil.

    tadinya dr ivan saranin untuk coba insem. tp karena sperma suami gak ada yg lurus cepat, akhirnya aku dan suami sepakat untuk langsung ke bayi tabung aja. soalnya kalo maksain insem dulu dgn kondisi sperma suami spt itu, kemungkinan berhasilnya jg kecil. setelah baca tentang “skipping baby steps by sarah richards” yang diinformasikan sama therez di web ini, aku dan suami tambah yakin untuk langsung ke IVF aja. kebetulan banget sampe akhir des 2009 ini BIC ada promo program bayi tabung. jadi bisa memperingan biaya yg harus kami tanggung:)

    emang ya, kadang susah untuk cuek dengan omongan orang. ada temenku yang bilang: pindah ke dokter lain aja, ke prof “itu” aja kan lebih senior, atau coba terapi ASA, atau coba alternatif dulu aja. mpe bingung mo sampe kapan harus coba2 sana-sini, soalnya umur kan jalan terus:)

    makanya nyari epos-nya salah satunya ya lewat web ini. disini gak akan ada yg komentar negatif kalo kita mo langsung IVF. yg ada hanya support positif. pastilah kita jadi semangat:)

    btw, besok rabu jadwal USG-nya kan? moga2 beneran hamil kembar ya, christin. kabar2i ya hasilnya gimana. aku juga doain biar kehamilan christin bisa sehat sampe lahiran nanti. keep sharing ya!:)

  37. christin

    @ mea : sampai ada yang kelupaan dijawab nih… aku waktu OPU telurnya 6 (tidak sebanyak sharing lain di website ini kan? hehehe 🙂 ) .

    Tapi mengutip kata Dr.Ivan ” yang penting kan berhasil hamil nantinya, Bu. bukan banyak-banyakan telur” >> Dr. Ivan ini selalu membesarkan hati dan positive banget deh orangnya 🙂

    Kemudian dari 6, 5 berhasil dibuahi, tapi yang menjadi embrio hanya tiga. Nah pada saat ET, tadinya Dr. Ivan memberikan opsi untuk ditransfer tiga embrio saja atau dua tapi yang sisa satu embrio tidak bisa dibekukan, karena kualitasnya moderate.

    Di sini saya putuskan untuk transfer dua embrio saja (1 excellent , 1 moderate), sementara sisa embrionya yang satu lagi tidak ditransfer, karena saya takut kalau kembar tiga beresiko tinggi (nah, saya tetap positive thinking loh walaupun tahu tidak punya simpanan embrio, pikiran saya ooo… Tuhan mau berkati saya langsung hamil jadi nggak perlu ada simpanan embrio, hehehe 🙂 )

    Buat mea, jangan kepikiran ya kalau telurnya tidak sama dengan sharing di sini / kualitas embrio, pokoknya positive saja, dan doa terus 🙂 Tuhan berkati 🙂

  38. christin

    @ Vinie halo 🙂 biayanya kurang lebih 60 juta-an, tapi kamu bisa tanya2 dulu ke BIC kok

    @ Anastasia thank you ya.. semoga kamu juga cepat menyusul 🙂

    @ mea

    aku kurang paham ya kalo long protocol harus pakai cetrotide atau nggak, tapi setau aku cetrotide itu untuk mencegah pecahnya telur supaya bisa diambil telur-telurnya pada saat OPU 🙂
    Harga satu ampulnya Rp 649.000,-

    kalau aku waktu itu aku yang minta short protocol karena pertimbangannya prosesnya lebih cepat gitu 🙂 sebenarnya kalau dr Ivan mau coba siklus normal dulu, kemudian inseminasi, baru terakhir bayi tabung.

    Aku langsung putuskan bayi tabung saja, memang benar usiaku terbilang masih muda untuk ikut bayi tabung, waktu itu pertimbangan aku adalah bayi tabung itu kan sudah jadi embrio, nanti tinggal dimasukkan ke rahim dan kuasa Tuhan yang membuat menempel/tidak,

    tapi setidaknya sudah melewati proses ketemunya sperma dan telur, kalau siklus normal dan inseminasi kan belum sampai jadi embrio, jadi pikiranku simplenya kalau bayi tabung sudah tahapnya sampai embrio tinggal menempel saja hehehe 🙂

    banyak juga loh yang bilang ngapain bayi tabung masih muda lagi, tapi aku cuek aja, soalnya aku udah kepengen punya baby sih , aku prinsipnya berusaha sekuat tenaga, sisanya pasrahkan ke Tuhan 🙂

    Oh ya, aku juga ada maag kronis jadi sekarang mual mualnya cukup hebat juga dan nggak boleh pakai obat keras karena lagi hamil, tapi aku kuatkan saja, karena demi babies aku sudah janji sama Tuhan kalau dikasi kesempatan hamil akan berjuang sekuat tenaga 🙂

    Mea, senang deh kalau aku bisa jadi energi positif… itu tujuannya aku sharing di sini, semoga kamu berhasil juga ya , aku bawa dalam doa selalu.

    Satu lagi, jangan pedulikan apa omongan orang ya, selalu berusaha yang terbaik dan berdoa 🙂 Tuhan berkati 🙂

  39. mea

    @christin:
    kalo yang long protocol kira-kira butuh suntikkan cetrocide gak ya? suntik cetrocide itu satu ampul berapa ya?

    kemaren aku sempet tanya dr ivan, kenapa yang short protocol biayanya lebih mahal Rp 2jt dibanding yg long protocol (kan sekarang di BIC ada program promo bayi tabung tuh sampe 31.12.2009). kata dr ivan, itu karena yg short protocol ada tambahan suntikkan cetrocide.

    oh iya, christin langsung disuruh short protocol ma dr ivan ya? katanya kan dokter memutuskan mo short atau long berdasarkan kondisi kita. kalo aku mungkin krn ada riwayat PCO & endom ringan kali ya, makanya dr ivan saranin long protocol aja. pdhl sih enakkan short protocol ya? soalnya gak pake semprot2 synarel 2x/hari. jadi stres-nya juga lebih sedikit:)

    btw, kemaren dapat telur berapa & yang jadi embrio berapa? masih ada simpenan embrio kan?

    beneran deh pengalaman christin tuh jadi epos (energi positif) buat yg sedang ingin bayi tabung. aku salut banget, coz christin masih muda tapi langsung memutuskan untuk IVF. thanks doa dan dukungannya ya. moga2 hamilmu nular ke aku dan yang lainnya…:) amiin.

  40. Anastasia

    @ Christin, congratz ya buat kehamilannya, lancar mpe babynya lahir yaaa.. 🙂

    @ Fanny, km dari Bdg? Wah sama dong.. Sy bulan Juli lalu insem di dr.Ivan, tapi belum berhasil. Boleh minta email km ga, fan? Sy pengen ngobrol2. Trims..

  41. loe-she

    @vinie
    BT BT BT… udah nulis email panjang2 gitu lagi hiks berarti disini aja deh…. vin insemnya kapan??? ada mikir2 utk Bayi tabung ga di karel????

  42. vinie

    hai semua,salam kenal
    @christin,
    selamat ya,keren ya bisa lgs mutusin utk BT,kalo boleh tau biaya sd hamil kira2 brp?

    @rima,
    kamu uda brp kali insem di dr karel?
    masalahnya dimana?,krn aku lg rencana diinsem sama dr karel juga,moga bisa share ya…tq

  43. christin

    @fanny

    sampai lupa aku… perkiraan biaya Dr Ivan sekitar 60 juta-an … tergantung dosis suntikannya … bisa tanya-tanya dulu di BIC kok.

    Hope this help ya 🙂

  44. christin

    @ Rima

    sebenernya programnya itu yang mahal di dosis suntikannya (Gonal F) jadi semakin besar dosisnya semakin mahal 🙂

    Waktu BT iya pake program ICSI, dan seingat aku tidak ada tambahan biaya lagi, sepertinya memang semua pake ICSI kali ya 🙂

    Aku doakan ya kamu cepat menyusul… siapa tahu ketika menabung sudah diberikan berkat hamil dari Tuhan ya 🙂

  45. christin

    @ mea…

    halo mea! Wah sedang program ya, ayo semangat!

    Jangan stress dan santai saja ya jalani programnya :)… aku senang banget tentunya dikasi berkat bisa hamil 🙂 , sekarang aku ternyata sudah mulai mual-mual memasuki minggu ke-6 ini , hehehe tapi dinikmati saja ya mualnya 🙂 .

    Kalau mau tanya aku , pasti dengan senang hati aku jawab :), aku jarang buka email nih soalnya lagi mabok sekarang :)… tapi kalau kamu tanya apa di sini kalo pas aku buka pasti aku balas yah 🙂

    Aku doakan kamu juga menyusul yaaaa…. Sukses selalu dan Tuhan memberkati 🙂

  46. christin

    Hi Fanny, sorry baru bales baru buka websitenya nih 🙂

    Kalo menurut aku lebih baik kamu dateng hari ke-1 haid, untung konsul dan cek darah dll, nah mengingat kamu sudah pernah prog bayi tabung sebelumnya di Spore berarti screening / hasil pemeriksaannya sebenarnya sudah oke yah 🙂

    Aku mulai program hari ke-3 haid. Jadi gini, mulai hari ke-3 haid aku disuntik setiap malam 1xgonal F dosis 150 iu pada tanggal 5 November (hari ke3 haid). Kemudian aku usg tanggal 7 November dan 9 November, diputuskan naik dosis ke 225 iu supaya telurnya lebih cepat matang. Suntik setiap malam dgn dosis 225iu gonal F sampai tanggal 13 November.

    Mulai tanggal 9 November sudah plus suntik Cetrotide juga (supaya telur tidak pecah).

    Kemudian tanggal 14 November aku suntik Ovidrel (untuk memecahkan telur), jadi tanggal 13 terakhir kali suntik Gonal F 225iu dan Cetrotide.

    Selama program suntik ini hanya minum vitamin asam folat saja, tidak ada obat yang lain.

    Kemudan tanggal 16 November jam 9 pagi aku OPU (Ovum Pick Up, proses pengambilan telur). Tanggal 15 November puasa dari jam 12 malam. Setelah OPU aku langsung pulang, dan makan putih telur kampung 2 butir minimal, supaya mencegah hiper stimulasi. Puji Tuhan, aku cuma kembung saja, berarti tidak hiper stimulasi.

    Kemudian tanggal 18 November aku embrio transfer 2 embrio. Waktu ET tidak berasa apa-apa karena Dr Ivan menenangkan sekali dan prosesnya cepat banget cuma 7 menitan. Abis ET rebahan setengah jam (aku sudah pipis pas rebahan itu abis nggak kuat nahan pipis :p )

    Lalu tanggal 2 Desember tes deh.

    Oh ya, aku suntik gonal dan cetrotide sendiri di rumah (karena waktu suntiknya malem). Hanya suntik Ovidrel saja yang harus di rs bunda.

    Kalo menurut aku, kamu harus nggak stress, jadi kamu lebih relax stay di Jakarta / balik ke Bandung setelah ET?

    Untuk suntikan obat bisa dibawa pulang, cuma ya ada USG tiap 3 hari itu, kalau capek bolak-balik mungkin bisa stay di Jakarta dari proses suntik gonal sampai ET. Tapi… kalau kamu lebih enjoy di Bandung, ya gapapa bolak-balik 🙂 Dr Ivan pernah cerita ada pasiennya harus terbang ke LA setelah ET (flightnya 21 jam lebih) toh tetap berhasil hamil :).
    Intinya jangan stress ya , dan pikir yang senang2 aja, browsing baby pic yang lucu2, baca komik, main games, nonton DVD, pokonya kegiatan yang buat kamu rileks.

    Dan tentunya doa dan pasrah sama Tuhan 🙂 Semoga cepat nyusul yaaaa 🙂 Tuhan berkati

  47. rima

    waahh selamat ya christin…pasti kamu lagi berbahagia nih…aku jadi ingin ikut BT nih tapi mahal kali yah BT sama dr.ivan?Kalo boleh tahu BT-nya Dr.Ivan dengan ICSI tidak yah??aku juga pengen neh cepet2x punya baby..aku udah 6 tahun menunggu, udah coba insem beberapa kali dengan dokter karel juga belum berhasil..sekarang lagi mau coba BT, tapi sedang ngumpulin duit dulu..sekali lagi congratulation yah..

  48. mea

    halo christin,

    congratz ya…! saya seneng banget baca kabar kehamilanmu itu. bener-bener menyemangati. soalnya saat ini saya juga sedang memulai program bayi tabung dgn dr ivan sini, tp yang long protocol. sekarang sedang tahap minum pil KB microgynon dan akhir desember ini mulai semprot synarel. bulan depan baru suntik gonal F dan OPU. doakan saya moga2 saya bisa sesukses Christin ya.

    oh iya, boleh cerita2 detail via email gak? moga2 Christin gak keberatan untuk berbagi cerita. email saya: fraumea@yahoo.com

  49. fanny

    Halo Christin…salam kenal ya…
    Sebelumnya selamat yah udah positif hamil n bakal jd mommy buat bayi kembarmu, wah termasuk cepet jg ya cm 1X BT aja.
    Sebelumnya Christin prnh insem ga?
    Saya jg udah married 4 thn,usia 28,sy 2 mgg lalu baru insem yg ke 2xnya di NUH Sing dan gagal lg, katanya harus sampai 3x baru boleh bayi tabung.

    Bulan depan saya juga ada rencana mau coba ke dr.Ivan BIC, karena ada teman yg merekomendasikan.
    Yang ingin sy tanyakan, saya harus datang pertama kali ke sana hari ke berapa haid? karena biasanya sy hari ke-5 haid jg sudah habis.
    lalu kalau Bayi tabung di dr.Ivan berapa biayanya?
    kalau mau program bayi tabung apakah harus stay di jkt beberapa hari,karena saya dr bandung dan suami juga ada kerjaan?
    oya sama dr.Ivan biasa dikasih pil penyubur selama haid ngga? trus suntik gonal nya cuma 1X aja?

    Sorry pertanyaannya banyak ya,karena sy masih bingung dan belum tau program bayi tabung bagaimana.

    Moga-moga Christin dan bayi kembarnya sehat yah sampai kelahiran nanti, dan saya jg cepat menyusul,amin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*