Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Andreuw

Selama ini saya hanya membaca di website bayi-tabung ini dan juga saya lebih banyak tahu mengenai proses bayi tabung lewat sharing pengalaman temen temen di sini.

Saya dan istri saya menikah di akhir tahun 2006 tepatnya bulan Desember, rencananya tidak mau punya momongan selama setahun pernikahan. Setelah 1 tahun kami pun sudah siap untuk memiliki momongan, tetapi selama hampir 1 tahun mencoba, istri saya masih belom hamil juga. Kami juga berusaha berbagai macam cara agar istri saya bisa hamil dari urut urut maupun obat tradisional. Masih tidak berhasil juga dan kami juga sepakat untuk memeriksa dokter.

Pada waktu itu kami pergi ke dokter rumah sakit Elizabeth Hospital di Singapore dan dokter menyarankan saya untuk mengecek sperma dan istri untuk mengecek daerah rahimnya juga. Hasil dari pengecekan, kondisi sperma saya tidak ada masalah diatas rata2 normal dan juga semua system peranakan istri saya juga tidak ada masalah, tidak ada penyumbatan saluran tuba dan masalah lainnya. Kami di sarankan Dr Kowa (dokter yang menanganin kami) untuk melakukan inseminasi dan kami setuju untuk melakukannya.

Proses inseminasi pertama di Singapore ini gagal. Dan setelah beberapa bulan, kami berencana untuk melakukan inseminasi lagi (belom terpikir untuk program bayi tabung), tetapi ada temen saudara saya melakukan program bayi tabung di rumah sakit Mahkota Malacca dengan Dr Selva. Dengan alasan karena pernikahan sudah mau memasuki tahun ke 3 dan juga membaca banyak pengalaman bayi tabung di website ini, saya dan istri sepakat untuk melakukan program bayi tabung.

Kami melakukan kosultasi dengan Dr Selva (dokter yang minim berkomunikasi dan minim senyum juga, mungkin karena pasiennya yang ramai hehehe), dan Dr Selva tidak menyarankan untuk melakukan bayi tabung dulu di karenakan umur Saya 30 dan istri 28 dan juga di antara kami berdua tidak ada masalah dengan organ reproduksi. Dr Selva menyarankan untuk melakukan iseminasi dulu dan alasan dari Dr Selva dengan melakukan inseminasi selain biaya lebih murah dan tidak terlalu menderita di pihak istri itu, dan alasan terpenting dari Dr Selva yaitu ingin mengetahui kondisi hormon istri saya karena ada hubungannya dengan proses bayi tabung kedepan apabila inseminasi gagal.

Istri mulai start program inseminasi dengan penyuntikan seingat saya sih 5 kalu suntikan yang kami bawa pulang ke Indonesia. Sesudah 5 kali suntikan kami berangkat ke Malacca. Setelah pengecekan Dr Selva, dinyatakan telur tidak berkembang semestinya dan mesti di beri suntikan dengan dosis yang lebih tinggi lagi. Di hari berikutnya juga di nyatakan kurang suntikan dan di beri suntikan lagi. Sempat kesal juga sih, karena dengan tambahan suntikan ini berarti biaya bertambah banyak dan di hitung hitung sudah mau mendekatin proses bayi tabung. Sesudah telur di nyatakan bagus dan proses memasukan sperma di lakukan. Dan hasilnya di nyatakan gagal lagi, tapi istri mengalamin mens dengan banyak darah yang kental kental, kemungkinan gugur.

Sesudah kegagalan iseminasi kedua kalinya kami berdua uda sedih banget dan ingin istirahat dulu. Dan dalam 1 tahun semenjak kegagalan inseminasi kedua kali di Malacca. Kami juga berusaha dengan obat dokter tradisional yang ada di Singapore, tetap gagal. Sampai di pertengahan tahun ini tahun 2010, saya dan istri bertekat untuk melakukan bayi tabung.

Kami melakukannya di Malacca dengan Dr Selva lagi karena dia sudah mengetahui kondisi hormone istri saya. Dan proses bayi tabung di lakukan dengan pemberian suntikan yang kata Dr Selva dosisnya di tinggikan karena waktu proses inseminasi perkembangan telur istri saya agak lambat. Di karena membaca pengalaman bayi tabung temen di sini, jadi proses bayi tabung tidak mengejutkan kami hehehe, apabila tidak membaca dulu mungkin bagi orang biasa akan terkejut dengan melakukan suntikan terus menerus sampai dengan waktu pengambilan telurnya.

Dengan dosis obat suntikan yang pas, telur yang berhasil di keluarin ada 19 dan terjadi pembuahan dengan sperma ada 9 yang terdiri dari 3 paling bagus, 3 bagus dan 3 sedang. Proses ET seperti temen temen alami, cepat dan tidak terasa apa apa. Kami di sarankan transfer embrio 2 yang paling bagus aja karena saran dari Dr Selva melihat umur istri saya yg masih tergolong muda dan juga kata Dr Selva karena keluarga saya ada keturunan kembar jadi takut kalu bisa mengandung kembar 3 dan berbahaya. Sesudah ET kami tidak langsung pulang ke Indonesia, kami tinggal di Malacca selama 3 hari dan baru pulang ke Indonesia sesudah itu dengan 6 jam perjalanan. Kami di beritahu sesudah 14 hari embryo transfer ke Dr Selva lagi untuk pengecekan darah untuk mengetahui kehamilan.

Di 14 hari ini sangat membuat saya dan istri gelisa takut kegagalan lagi. Akhirnya hari yang di tunggu tunggu telah sampai, sesudah selama 4 tahun menanti nanti momongan (bagi yang lebih jangan menyerah ya), hasil sesudah 14 hari dinyatakan istri hamil dengan hasil bhcg 1537 dan Dr Selva bilang kemungkinan hamil kembar. Terima kasih saran dan pengalaman temen temen disini, semoga yang lain bisa berusaha sampai dapat momongan ya. Sekarang hamil istri saya uda memasukin hari ke 20 semoga sukses sampai lahir mohon doa temen temen.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

61 thoughts on “Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Andreuw

  1. Yenni

    Hallo Andreuw dan keluarga, selamat ya atas keberhasilan bayi tabungnya. Semoga kehamilannya lancar sampai melahirkan…

  2. Andreuw

    Hallo juga bu Yenni
    Terima Kasih atas ucapannya dan juga di tampilin pengalaman di atas ini 🙂

  3. non

    hai andrew….
    selamat ya atas keberhasilan BT nya… :).
    duuh… pastinya andrew & istri seneng bgt yaa… (bisa ngebayangin….hehehe… :)). non ikut seneng jg nii…
    Mudah2an non segera nyusul yaa… Amiin… :).
    ndre, mau nanya ne, kebetulan non ada rencana mau BT jg di Malaysia jg nii.. :).
    Waktu 3 hr abis ET, Dr ngebolehin plg ke indo ya? ngga diharuskan stay disana sampe pengumumannya hasilnya ya? (14 hr)
    kalo menurut dr. selva ada pengaruh ngga kalo 3 hr abis ET lgsg plg ke indo ?
    thanks alot ya ndre..:).

  4. cen

    selamat y,kebetulan sy jg bt dgn dr.selva dan skrg kehamilan sy msk 18 minggu ato 4 bulan 2 minggu,semoga teman2 semua menyusul jd mommy y..

  5. Mulia

    Congrats yach andreuw yg skrg istri sdg hamil twins, semoga lancar terus sampe lahiran. Ikutan seneng dech kalo ada teman yg berhasil dan sharing pengalaman, jd utk bantu ksh support jg utk teman2 lain yg msh dlm tahap proses.
    Btw, ikutan komen soal yakult, setau saya sich yakult itu boleh dikonsumsi koq selama kehamilan apalagi nti kalo hamil semakin besar khan jdnya otomatis semakin bnyk jg terjadi keputihan yg disebabkan kehamilan dan itu membantu utk menghilangkan gatal2 pd keputihan yg disebabkan jamur (heheheee kyknya kamu bakalan kurang jelas neh secara yg hml khan istri). Tapi kalo ragu2 mending ditunda aja dulu minum yakultnya sampe ud usg cek janin dan babies berkembang terus dgn baik. GBU.

  6. Andreuw

    @Cen Trims juga ya ucapannya, cen pasti tahu juga karakter Dr Selva yang jarang talk dan jarang senyum hehehe :)…tapi waktu kemarin tau kami berhasil cuman 1 kali itu lah dia senyum dengan manis hahaha…cen waktu 14 hari BHCG nilainya berapa ya? lagi 7 hari lagi nih kami pergi periksa buat meliat detakan jantung dan juga nentuin hamil kembar atau nga

    @Mulia Trims juga ya ucapannya, hehehe bener yang hamil istri…banyak di sini yang posting ibu ibu ya :p…soalnya istri lagi nga enak badan ya saya yg posting…dengan ada posting pengalaman ibu ibu di sini…sangat membantu istri untuk mempersiapkan diri BT…bayangkan aja banyaknya suntikan dari mulai program BT sampai OPU masih suntik aja…saya bangga bangat terhadap ibu ibu sini yang berusaha biarpun menyakitkan dan tetap berusaha untuk mempunya anak sendiri…semoga bagi yang kurang beruntung berusaha lagi ya

  7. cen

    @andreuw,wkt kmrn et ditanam 4,dan tdk ada cadagan lg,trus h 14 bhcg 2438 ,dr selva sgt khawati kembr lbh dr 2,dan itu tdk di izinkn n klo mmg bnr hrs diambl tindakn utk mengeluarkn mana yg paling lemah,jujur wkt mendengar itu aku nangis,gm tdk ank yg ditgg sudah 7 thn,dgn susah payah menderita,mau dibunuh pl,gm tdk hancur hatiku,sedih bgt,dan disuruh blik ke mmc pd mgg ke 8,n sm suami krn klo ada apa2 lgsg minta persetujuan suami,menunggu mgg ke 8,kami berdoa pd Tuhan jgn lah kami buat dosa lg dgn membunuh janin kami,tp biar lah Tuhan sndri yg berkerja dgn tangany,msk minggu ke 6 aku dpt flek darah n disuruh usg di kota ku,ke betulan dipekanbaru n melaporkn hasil ny ke mmc,n ternyt dr ke 4 embrio yg ditnm ada 4 kantong n 3 kantong sdh kempes2 n tdk berbentuk bulat,n tinggal 1 kantong yg sgt bgs doubel ring kata dok ny,n ia menytkn positif hamil tunggal,msk mgg ke 8 dr selva ttp ingin bertemu sy,n sampai disn mmg dr selva liat sndri cm ada 1 baby n dia blg ‘tahniah’ klo dgn hsl begn sy sgt gembira,sy tdk perlu ambil tindakn lg.n dr mulai itu sy tdk ada ke mmc lg cm kontrol di pku sj.sampai skrg klo mengingat peristiwa diatas sy msh bs nangis loh,pak istriny jgn kecapekan n seblm msk 16 minggu hrs dijaga betul y,krn sgt rawan,klo sdh msk 16 mgg sdh kuat krn sdh ada plasenta ny,congrat y sekali lg.

  8. Andreuw

    @Cen saya pengennya ET 3 embryo…tapi kata Dr Selva melihat umur istri masih muda dan juga tidak ada masalah dengan organ peranakannya dan juga keluarga dari orang tua saya banyak yang hamil kembar identik…jadi di sarankan 2 aja

    saya mau tanya nih…hari ini sudah memasuki hare ke 22…barusan tadi mendadak istri merasa pinggang bagian belakang agak peri gitu dan skr lagi istirahat di tempat tidur…apakah itu biasa melihat hamil cuman 22 hari…ada yg saran nga…org klinik sarankan kalu sakit sekali mesti ke klinik buat periksa Dr

  9. Andreuw

    tambahan ya…kamar tidur kami di lantai 3…jadi istri juga 1 hari mungkin naik turun tangga 3-4 kali…apakah ini riskan ya?skr saya suruh dia bedresh aja jangan turun ke bawah lantai 🙁

  10. cen

    pak jgn trn naek tangga dl,rmh sy mdl ruko kmr dilantai 2.tp selama 2 bln tdk trn kecuali pg ke dok.bosen jg tp mau gm lg dm SiBUAH HATI TERPAKSA AKU HARUS BEGINI..klo ada rasa yg gk enak ato ada yg nyeri bw rebahan aja y..trus klo bab keras jgn ngeden y,mkn pepaya aja.

  11. Andreuw

    trims sarannya bu Cen…skr saya suruh istri jangan turun naik tangga :)…skr nyerinya uda agak kurang…sesudah baca posting bu Cen diatas…saya tanya masalah bab keras…dia bilang 2 hari lalu memang agak paksa…tapi skr uda nga…saran bu Cen makan pepaya bagus sekali 🙂

  12. non

    hai cen…
    salam kenal ya… 🙂
    cen, kalo boleh tahu, waktu BT di MMC, abis ET, brp lama CEN br plg ke Indo?minta infonya dunk…
    tq for sharing… 🙂

  13. cen

    @non ak et tgl 19 april jam 10 siang,istrahat di rs 1 jam blik ke hotel istrahat sampe sore mlm lgsg plg ke pku,kebetulan pesawat mlm.hari itu jg plg tp sy dgn keyakinan dihati bhw tdk akn ada apa,sblm ny sy jg sdh tny embriologist ny n mrk bl tdk ada mslh klo lgsg plg,ada jg yg stay 3h dl.

  14. non

    @ cen, tq bgt jawabannya yaa say.. 🙂
    trus selamat atas kehamilannya cen… 🙂
    pasti seneng bgt deh…
    soal abis ET yg non tanyain td, non bingung bgt deh cen, soalnya waktu BT-1 dulu di Penang,abis ET non bedrest sampe 14 hr gituu, tp ga berhasil,yahh mgkn belon rezeki yaa.. 🙁
    Trus skrg ada rencana mau BT ke-2 di KL, pengennya siih abis ET ga harus stay lama disana, krn pengalaman BT-1 dulu stay lama jd suntuk malah jd stress..
    tapi mau langsung plg abis ET, ada perasaan was2 jg…
    tp abis baca jawabannya cen jd makin mantep deh mau plg abis ET, tp mngkn tunggu 3 atau 5 hr gitu…
    makasiih infonya cen… 🙂
    trus kalo dr Melaka perjalannya harus naek bus ke KL dulu ya? atau ada pesawat lgsg ke PKU? brp lama ya cen perjalanan naek pesawatnya?
    tq for the answer cen..;)

  15. Andreuw

    Istri saya skr betul betul istirahat di kamar aja…skr dia tidak merasa nyeri lagi…rencana sih mau berangkat ke Mallacca pagi ini kalu istri masih nyeri sekali

    @Non istri saya sesudah ET 1 jam berbaring di RS juga trus balik ke hotel…kami tinggal di malacca 5 hari…di hari sesudah dari rs istri tidak keluar sampai esok hari baru keluar paling untuk makan dan nonton movie :)…saya sarankan kalu mau tinggal di hotel Johan aja karena dekat dengan rs dan juga hotelnya bersih banget dengan harga yang lumayan murah

  16. non

    @ Andreuw…
    Tq jawabannya p’andreuw… 🙂
    trus..selamat ya atas kehamilan istrinya… 🙂
    skrg non jd ga takut lg kalo abis ET, 3 atau 4 hr langsung balik ke Indo aja… lumayan hemat biaya juga kan..hehehe.. 🙂
    kalo dr.selva & embriologistnya ada blg ngga pak, baiknya balik ke indo itu hr ke brp abis ET?
    3 atau 5 hr ya..?
    tq for the answer.. 🙂

  17. Andreuw

    @Non emmm tergantung perjalanan sih…kalu kami pulang ke tempat asal mesti naik bus dari Malacca ke Johor Baru sekitar 3.5jam sesudah itu dari Johor Baru ke Pulau Bintan sekitar 3.5 jam lagi…total 7 jam lebih…perjalanan yang jauh juga…trus Dr dan Stafnya sarankan minimal 3 hari istirahat di sesudah ET…sewaktu 5 hari kami pulang rencananya mau tinggal di Johor Baru 1 malam dulu, tapi istri uda kangen ama kamar di rumah 😀 dari pada dia stress jadi langsung aja pulang ke rumah hari itu juga…
    Non…Dr BT di Penang kenapa?kenapa mau pindah BT di KL?kalu menurut saya, Non uda melakukan BT 1 di penang…mestinya BT di penang lagi dengan dokter yang sama…karena Dr BT 1 Non uda ada data lengkap menenai kondisi tubuh Non…Istri saya pertama kali mau melakukan BT tidak di sarankan oleh Dr Selva melakukan BT dulu melihat umur saya…dan Dr Selva juga inggin mengetahui kondisi tubuh dan hormon istri saya…ternyata di proses inseminasi itu dosis normal yang di berikan tidak cukup untuk pematangan telur…perkembangan telur agak lambat…jadi mesti di tambah dosis agak tinggi…tapi di nyatakan proses inseminasi gagal…tetapi di proses BT…Dr tidak ragu lagi dengan mengunakan dosis yg lebih tinggi dari normal karena pengalaman berdasarkan inseminasi pertama…minta maaf ya kalu saran saya ini salah mohon koreksi temen2 ya

  18. non

    @ Andrewuw….
    p’andreuw.., thanks bgt ya jawaban & sarannya… :).
    sarannya bagus bgt koq.., tdnya non jg mikirnya gitu, pengen BT yg ke 2 di Penang lg.. selaen dr.nya udh tahu kondisi tubuh non, biaya di penang jg jauh lebih murah dr di KL. hampir setengahnya lhoo…hehehe..
    tapi yg bikin non ragu, non kurang nyaman ama dokter & pelayanannya…
    mungkin krn pasiennya udh terlalu rame bgt, dr.nya rada galak & kalo periksa qta kaya’ buru2 gitu…
    Bt-1 aja abis ET, 15 menitan gitu non langsung disuruh bangun & pulang k apartment. soalnya udh banyak pasien laen yg ngantri mau OPU & ET… jd kesannya kaya’ buru2 gituu… atau mungkin perasaan non aja kali ya pak..hehehe.. 🙂
    itu taon 2007 kmrn, non denger2 malah skrg pasiennya udh tambah rame… waah..udh kebayang deh gimana.. 🙁
    non orgnya gampang stress gitu pak, jd kalo dr.nya rada ga mood, yahh makn stress deh…
    padahal kita ikut program ini ga boleh stress, harus relax.. 🙂
    makasih sarannya ya pak andreuw…, seneng bgt deh bisa sharing2 pengalaman kaya’ gini.. 🙂
    salam buat istrinya & dede” bayi dlm perut ya pak… 🙂
    Smoga non bisa nyusul istrinya p’andreuw ya… Amiin… 🙂

  19. Andreuw

    @Non trims ya ucapan selamatnya :D…mungkin tipikal sifat semua Dr BT begitu ya hehehe…kalu Dr Selva orangnya nga galak…cuman kita mesti mengetahui karakternya aja…Dr Selva tidak suka kita banyak tanya…cuman waktu pertama kali konsultasi mengenai inseminasi dan BT banyak tanya dan keliatan jawabnya buru dan Dr Selva sarankan kami berkonsultasi sama konsultan khusus BT aja (nah sama konsultan mau tanya apa aja akan di jawab semua 🙂 )…tapi kalu melihat cara kerjanya Dr Selva sih bagus, dia akan mencatat semua hasil pemeriksaan di dalam komputer dan apabila kita memeriksa dia akan membuka file kita untuk di analisis…bagi kami sudah mengetahui karakter Dr Selva jadi kalu ketemui dia lest talk cuman tanya ok atau ngak ok aja :D…kebanyakan kami tanya ke staf susternya untuk masalah biasa aja…apabila susternya ngak bisa jawab…lebih baik suruh suster menanyakan ke Drnya…ribet ya…itu aja pengalaman saya BT ama Dr Selva…bu Cen pengalaman ama Dr Selva gimana?sama nga 😀

  20. thin

    Hi andreuw salam kenal ya..

    Sy ada rencana sih mo BT di MMC,cm stlh melihat cerita anda ternyata bukan kita yg memutuskan ikut BT ato gak ya?hbs saya dah pernah insem 2 x dan gagal,krn menurut cerita anda biaya insem mendekati BT kan sayang..kenapa ga lsng aja gitu toh spt kami udah pernah 2x insem.klo boleh tau brp biaya BT di MMC ya?antrinya ampe jam2 an ya?saya skrng tgl di Johor ikut suami kebetulan krj disini suami saya.congrats ya atas baby twinnya smg menular ke yang laen…aminn

  21. Andreuw

    @hi juga bu Thin
    sebenarnya istri saya waktu ke MMC rencananya mau BT…tapi Dr saran jangan BT dulu karena melihat kondisi kami berdua tidak ada masalah di organ produksi…dan juga dia bilang umur istri masih muda (waktu itu 28)…yang saya bilang biaya inseminasi kami mendekati BT karena telur istri ngak besar besar…jadi mesti tambahan obat suntikan dengan dosis yg lebih tinggi…kalu ngak salah kemarin ada tambahan 4 kali suntikan lagi…soalnya bukan telur yg pertama melakukan suntikan yg membesar…malah telur yg lain ya besar
    total pastinya blom di itung karena bayarnya pakai kartu kredit…sepertinya kisaran 40jt
    trims congratnya ya moga moga bener2 twin 😀

  22. non

    @ andreuw..
    thanks banget info Dr. Selvanya p’andreuw… 🙂
    kaya’nya bener deh karakter dr. BT pada gitu semua, Less Talk Do More…. heheheh… 🙂
    ntar coba non diskusiin ama suami lg deh mau mutusin BT dimana… tapi kalo baca sharingnya temen2 disini, dimana aja kita ikut BT yg penting positif thinking & da ga boleh stress yaah… 🙂
    buat temen2 yg laen yg masih berjuang… ayoo kita saling support & tetep semangat yaa…
    Smoga kita bisa segera menyusul hamil kaya’ istrinya p’andreuw… Amiin… 🙂
    keep fightin guys… 🙂

  23. non

    dear friends….
    ada yg mau non tanyain lagi nii… buat nambah2 informasi, ada yg pernah punya pegalaman BT ama Dr. Collin Lee di Tropicana Medical Centre (TMC) di KL ngga? sharing infonya dunk… 🙂
    tq for sharing…

  24. cencen

    conratulation pak, saya minggu2 ini rencana juga mau ke dr selva, mo ikut program bayi tabung, mw tanya pak itu 40 jt an udah sama transport n penginapan apa hanya untuk program bayi tabungnya aja ya? kalo saya sudah insem 2 kali dengan dr selva yg pertama hamil, tapi keguguran lalu yg kedua gagal, skrg saya berencana ikut IVF, istri bapak ikut program yg long atau short ya?
    saya dengar kalo yg short mulai suntik hari ke 2 mens kalo yg long hari ke 21 mens, istri bapak ikut program yang mana ya? tx, saya tunggu jawabannya

  25. Andreuw

    @cencen trims ucapannya bu cencen…40jt itu biaya untuk BT aja…harga tergantung dari kondisi perkembangan telurnya…kalu dosis suntikan yang pas…telur cepat besar jadi biaya suntikan tambahan ngak perlu jadi ongkos lebih murah…taksiran saya sih 40jt itu uda termasuk simpanan embryo 1000 ringgit 1 tahun…tapi biaya tinggal dan makanan di Malacca nga mahal kok di bandingkan KL atau Singapore…kalu mau tinggal saya sarankan tinggal di hotel Johan dengan harga kamar 68 ringgit (ini harga yang paling murah,perbedaan yg lebih mahal cuman posisi di lantai dasar aja dan lebih besar dikit)
    blom di kasih tau Dr Selva mengenai short atau long…seingat saya mens ke 2 hari kami di suruh pergi ketemu Dr Selva dan istri di suruh test hormon dengan mengambil sample darah…di setujui bisa BT atau nga dari hasil test hormon…kalu bisa langsung di kasih suntikan dan di kasih banyak suntikan lagi sampai waktu OPU (hiccck kasian liat istri di suntik trus 🙁 )

  26. cencen

    pak skrg kan istrinya udah hamil, yg aku perlu info suntikan pertama ke istri bapak itu dihari ke 2 mens lgsg disuntik apa tidak?
    kan dikita dihari ke 2 mens harus dtg ke mahkota untuk periksa hormon istri dan sperma suami nah setelah itu istri bapak lgsg disuntik atau boleh pulang trus istri bpk disuruh bawa obat untuk disuntikkan dihari ke 21? kalo langsung disuntik di hari ke2 mens setahu saya itu namanya short protocol, n biayanya lebih murah.mohon infonya pak.kapan rencana bapak balik ke sana? kalo sudah positif hamil memang kita harus balik lagi ke dokternya ya pak? n setelah embrio transfer bapak stay di sana berapa lama? apakah dr selva izinkan kita pulang kalo baru beberapa hari saja? bukankah istri harus bedrest selama 1 mingguan baru boleh pulang? Bolehkan saya tahu no telp bpk biar aku bisa lebih jelas ttg informasi ini, krn beberapa hari lagi tinggal tunggu mens saya akan berangkat ke melaka.tx

  27. Andreuw

    @cencen barusan saya tanya istiri…mens hari ke2 mesti ketemu Dr dan minimal mens ke 3 ketemu Dr…istri saya hari ke 2 sudah di suntik di klinik Dr Selva sesudah Dr melihat hasil test hormon dan setuju untuk program BT…kalu suntikan hari ke 21 kami tidak di beritahu tentang program itu?
    sekarang sudah hari ke 25 di itung dari hari embryo transfer…minggu ini tanggal 15 mau pergi ke mallaca dan hari seninnya ke ketemu Dr Selva untuk usg melihat detak jantung janin 😀 …waktu mengetahui istri hamil pada waktu 14 hari sesudah ET istri pergi ketemu Dr Selva dan BHCG…sesudah positif hamil istri di beri tambahan obat lagi yg ada kandungan asam folat dan juga di beri beberapa contah susuh khusus ibu hamil.
    kami di sarankan minimal mesti jangan pulang dulu dalam 3 hari (sebenarnya langsung pulang sih gpp) karena Dr Selva takut istri ada gejala perut kembung yang banyak berisi air dalam 3 hari…trus di hari ke 3 istri lancar buang air kecil dan tidak ada gejala perut kembung…kami stay 1 hari lagi melihat perkembangan kondisi gimana (istri uda minta mau pulang dah rindu kamar rumah hehehe :D) dan di hari ke 5 uda pulang ke tempat asal
    bu cencen email saya aja andreuw1979@yahoo.com

  28. cencen

    pak sorry mau tanya lagi istri bpk kan disuntik mulai hari ke 2 mens, setelah suntik boleh pulang nanti beberapa hari balik lagi? atau langsung stay disana hingga program selesai? trus dari suntik hari ke 2 balik lagi untuk dikontrol dokter itu kapan?
    untuk tahap awal uang yg disediakan kira2 berapa juta ya?
    proses pengambilan sel telur berapa jam? dan sakit gak ya?

  29. Andreuw

    @cencen besoknya kami pulang sampai tanggal di tentukan Dr Selva kami pergi lagi ketemu Dr Selve (cara nyuntiknya:saya yang memasukan obat ke dalam suntikan trus istri saya yang menusuk ke daerah perut…trus saya yang menekan suntikannya biar obatnya masuk…team work nih 😀 hahaha)
    unttk masalah dana…sebelomnya kami di beritahu oleh Dr Selva sekitar 12.000 ringgit ke atas…tapi lebih praktis bayarnya pakai credit card.
    proses pengambilan telur istri di bius sih…jadi ngak terasa apa apa…cuman istri saya sesudah bangun dia muntah muntah jadi tidur di rs agak lama

  30. Andreuw

    cencen said: sampai saat ini istri bapak bed rest total apa tidak ya?
    sama dokter selva dibilang suruh bedrest atau tidak?

    naah ini yang perlu saya tanyakan ke temen temen yang lain…istri saya kok skr makannya milik milih ya…kadang suka ini dan itu…trus pengen makan mananan tertentu aja…trus besoknya ngak suka lagi…hahaha jadi puyeng saya 😀

  31. cencen

    oh ya pak trima kasih bpk cepat ya menjawab pertanyaan dari saya, saya mau tanya lagi setelah suntik hari ke 2 kan boleh pulang trus kan pasti dikasih obat kan untuk suntik sendiri, balik2 laginya kapan ya? seminggu atau berapa lama? setelah itu pulang lagi atau stay hingga embrio transfer? sorry ya byk tanya, krn saya mau menyesuaikan jadwal kerja dengan suami saya, mengingat beberapa hari ke depan aku jg mau berangkat, soal suntiknya aku dah ngerti krn aku udah insem sebanyak 3 kali. yg pertama dan kedua sama dr selva yg ketiga di jakarta.jadi skrg aku mw coba ivf.
    habis pengambilan sel telur ditanam kembali setelah berapa hari ya? setau saya 2 atau 3 hari ya? benar apa gak ya? kalo boleh tau bp domisili di mana ya? kalo saya di jakarta di kelapa gading

  32. Andreuw

    @cencen di mens hari ke 2 istri di suntik dan kesesokannya kami pulang…dan 7 hari balik lagi ketemu Dr Selva…mulai di Malacca istri haru setiap hari ke klinik Dr Selva dan juga test hormon setiap harinya…kira2 7 hari suntikan dan Dr Selva merasa telur uda cukup bagus di keluarin…baru di malam hari di suntik supaya telur pecah dan besok pagi siap di OPU

  33. cencen

    berarti dihari ke 8 mens dong ya kita balik, itu sama dengan cara saya insem dulu, hari ke 8 kita harus dikontrol dokter melalui usg untuk cek telur udah berapa besar ya? kalo belum cukup tambah suntikan lagi. seperti itu kah? kalo udah cukup bisa langsung di ambil sel telur nya ya? berarti dari hari ke 8 itu kita udah gak bisa pulang2 lagi dong sampai proses embrio transfer n tunggu 3 sampai 5 hari lagi? benarkan begitu?

  34. Andreuw

    @cencen bener bu…sebenarnya suami juga nga perlu pergi dulu…cuman takutnya kalu hari itu juga mau diambil telurnya…saya nga sempat berangkat…butuh 1 hari perjalanan

  35. Andreuw

    barusan pulang dari cek di klinik Dr Selva…hasil USG di ketahui kembar 2 :D…detak jantungnya sudah ada :D…Dr Selva suruh 1 bulan lagi datang check up…sebelomnya kami minta ceck di Singapore aja karena perjalan jauh ke Malaka…tapi Dr Selva bilang check sekali dan seterusnya gpp check di Singapore

    tadi saya menanyakan ke Dr tentang istri suka muntah muntah dan dikasih obat apabila muntah trus…tapi saya lupa tanyakan bahwa istri uda 2 hari ini nga BAB…apa ini normal atau perlu makan obat atau hanya makan pepaya atau pisang aja…trims sarannya ya

  36. maria

    wah.. selamat ya andreuw….

    memangnya tinggalnya di singapore gitu…..secara aku jg tinggal disini..
    skrg lagi ikut d KKH…doain aku berhasil juga ya…

    oh iya mau tanya dong selama IVF program…kamu msh boleh olahraga ga?…..trs makanan apa aja ya yg bgs untuk penunjangnya.. bs minta info dong..

    tks

  37. Michelle

    Andreuw,

    Kalau bisa istri banyak konsumsi yg mengandung protein (putih telur, tempe, tahu dan kacang2an lainnya). Kalau makan milih2 sich biasa. Sudah bagus bs makan. Sy kemarin 3 bulan pertama nggak selera makan. Tiap hari menunya minum sereal ginseng, susu kedelai, yoghurt, keju sama salad putih telur dgn mayonnaise dan tempe tahu goreng. Nasi gak bs masuk, roti juga susah. Sehari sy hantam susu kedelai 3 gelas, atau juice buah campur tepung protein atau pisang. Berat badan bukannya naik malah turun sampai 4 kg. Untung gak ada efek ke bayinya. Kalau urusan bab keras, jgn ngeden, minum banyak air putih dan mskan juice pepays tomat wortel (diblender, jgn dgn juicer, biar ampasnya jg kemakan). Kalau bedrest memang bab jd keras, jd harus banyak makan serat alami dan air putih. Jangan minum obat pencahar atau jamu ya, bahaya lho.

    Anyhow, goodluck with the pregnancy. Dijaga sampai lewat trimester pertama (16 minggu) sebelum bs narik napas lega (soalnya itu bagian yg paling nggak enak selama hamil – morning sickness, craving, mood swing) sabar2 aja ya? Kalau sy dulu suka sedia asinan mangga ala Medan atau acar ketimun atau olive buat kalau lg eneg, spy gak muntah. Kalau eneg bgt, coba minum air hangat yg dikasih perasan jeruk lemon. Biskuit tawar kayak Jacobs crackers itu menolong bgt. Yg penting, perut gak boleh kosong, kalau nggak bs muntah, dan kalau muntah nanti rahimnya kontraksi dan bisa bleeding (pengalaman pribadi, bukan nakut2 in lho). Dulu sy gara2 muntah2 sempat opname 3 hr di RS waketu uisa kehamilan 10 minggu. Sekarang scy tinggal menghitung hari bobolnya aja.

    Semoga membantu..!!!!

  38. Adnreuw

    @Maria trims ya ucapannya…kami tinggalnya agak dekat dengan Singapore (naik kapal sekitar 2 jam)dan juga saya ada cece yang jadi orang Singapore…selama memulai proses BT sampai OPU…kegiatan pekerjaan biasa di lakukan…kalu olahraga sih katanya jangan yang berat berat…joging ok kata suster Drnya

    @Michelle Bu Michelle trims ya sarannya…selamat juga ya ke ibu yang lagi menantikan bobol babynya :D…istri saya kemarin uda BAB tapi agak keras sih katanya :p…istri skr masih muntah muntah dan pusing…kalu mulai pusing bawaanya mesti tidur atau baring aja…istri di sarankan ke suster…apabila lagi nga muntah coba makan yang banyak aja…trus kalu muntah muntah aja gitu…dan juga istri milih makan banget…pas dia mau makan sesuatu mesti cepat cepat beli ke dia…kalu ngak ntar jadi ngak suka lagi…trus skr istri juga merasa aneh…ngak suka cium myk wangi hahaha…dan juga kalu toilet kotor mesti di bersih sebersihnya…

  39. vita

    @non: non km bt di lam wah ee dgn dokter siapa? krn sy berencana bt di sana dgn dr ng peng wah. boleh tau ga knp km bt n knp bt nya gagal? jd takut nih denger km gagal bt di penang. eh ya km tinggal dimana di penang? n biayanya habis brapa? sori yah byk ty. thanx..

  40. non

    @ Vita :
    Dear vita…
    Non jawab yah vit, rada panjang neh, hehehe….
    Non BT yg ke 1 ama Dr. Ng Peng Wa jg vit.. di Hospital Lam Wah EE..
    Waktu itu non jg ga tahu kenapa non gagal, mungkin emang belon rezekinya non kali yah vit..
    Waktu BT-1 itu emang non kurang persiapan, sebulan sebelon ikut program non lg cape’… bgt di kantor, soalnya lg banyak2nya kerjaan.. jadinya kurang istirahat gitu…
    trus waktu d penangnya non jg stress bgt vit, mgkn krn jauh dr rumah yaa… jd non ngejalaninnya rada2 stress,mana itu BT yg pertama lg, jd non masih rada bingung dgn suntik2nya…trus non tinggal di Penang sebulan lebih gitu vit… dr mulai suntik2 gonal f sekitar 2 minggu sampe abis ET sekitar 2 mingguan…jd lebih kurang sebulanan lebih gituu…
    jadi non boring bgt… mana non abis ET bedrest total lg.., stay di apartement ampe hr pengumuman.
    kalo soal dr.nya sih sebenernya dr.nya baek vit, cuma kalo hasil pemeriksaan telur qta rada kurang bagus, dr.nya jadi bad mood gitu… itu yg bikin non tambah stress.. :(. non orangnya emang tipe stress-an sih vit…
    kebetulan waktu suntik2 itu non bukan good responder…hehehe… jd telur yg dihasikan sedikit.
    tapi vita ga usah takut… soalnya banyak juga yg berhasil ama dr. NG. Temen2 non aja banyak yg success disana… mungkin non aja yg belon kali vit… 🙁
    kalo vita emang rencana mau BT ama dr. NG, ya gapapa say, dia pengalamannya udh banyak koq…atau vita coba aja dulu ketemu ama dr.nya buat konsul, kalo misalnya vita nyaman & sreg ama dr.nya yah lanjut aja say…. :). soalnya kalo dr. itu kan cocok2an yaah…

    trus kalo dr segi biaya, kalo non baca2 di website ini, dibanding ama dr. laen kaya’nya dr. NG emang yg paling murah.. total biayanya 10.000 RM kalo dikurs ke nilai rupiah skrg sekitar 30 jt an… itu utk BT nya aja yaa… kalo biaya transportasi & akomodasinya kan relatif ya, tergantung qta mau tinggal dimana…
    non dulu tinggal di Apartment Mewah Court, didepan RS. bisa jalan kaki doang ke RS, Satu apartment ada 3 kamar, ada satu yg km/wcnya didalem. ada dapurnya jg…jd kan bisa masak…
    kalo vita berminat, ntar non kasih no. telpnya deh… 🙂
    oya, non ikut BT krn non ada masalah endometriosis berat, udh 2X operasi/LO.
    Kalo non boleh tahu, vita ikut BT kenapa?
    Smoga sharingnya non bisa ngebantu yaah… kalo ada yg mau vita tanyain lg, tanyain ajah ya say… Non dgn senang hati ngejawab koq… 🙂
    good luck vita.. 🙂

  41. non

    to : p’andrew
    waah…selamat ya pak.. calon dede’ bayinya kembar yaaah… 🙂
    pak andreuw, non mau nanya lg nih, istri bpk waktu abis ET, kan 5 hr trus pulang dr Melaka..
    setelah ET ga da disuntik2 lg ya pak?
    soalnya non baca postingan temen2 di web ini, kok abis ET hr ke 3 & 5 nya temen2 disuntik PREGNIL yaah? ktnya sih utk penguat kandungan…
    kalo istri bpk gimana? ada di suntik ngga?
    tq p’andreuw.. 🙂

  42. non

    to : Cen…
    dear cen.. pa kabarnya say…?
    trus dede’ bayi di perut gimana kabarnya… smoga ibu & calon baby sehat2 sampe lahiran nanti yaa… 🙂
    cen non mau nanya nih.. cen waktu di Melaka, abis ET ada disuntik2 lg ngga?
    soalnya non baca postingan temen2 di web bayi tabung ini, mereka hr ke 3 & ke 5 abis ET koq disuntik PREGNIL yaah? ktnya sih utk penguat embrio di dlm kandungan biar gampang nempel..
    kalo cen ada disuntik?
    cen thanks ya udh mau sharing ama non… soalnya cen tu my first friend in this web… hehehe…. 🙂
    tq cen… 😉

  43. Andreuw

    @Non trims lagi ucapan bu Non…sesudah ET istri tidak di suntik lagi…cuman di kasih obat makan 2 jenis warna putih dan kuning kecil di makan pagi jam 7 dan malam jam 10 trus sama obat taruh di ms V pagi jam 6 siang jam 3 dan malam jam 10 (sekali taruh 2 butir)…trus sesudah test bhcg positif hamil…di kasih tambah 1 obat lagi (kandungan asam folat) dan di kasih contoh minuman susu ibu hamil…yang parahnya susuh ibu hamil istri saya awalnya minum tapi skr uda nga mau lagi…kondisi istri mendadak muntah muntah, panas panas, nga mau makan…tapi mendadak baik lagi trus makan trus wkwkwk

  44. non

    @ andreuw…
    trims jawabannya p’andreuw… 🙂
    kalo kt temen2 non yg udh pd hamil, bawaan ibu hamil muda emang gitu pak….
    suka berubah2, kadang2 mual2 trus tiba2 ilang sendiri & pengen makan… 🙂
    dinikmati aja pak,suka duka jadi calon papa..hehehe…
    salam buat istri & calon dede’ bayi di perut ya pak…

  45. Andreuw

    @Non iya sih kata banyak temen memang seperti itu…kasian liat istri seperti itu…salut deh saya pada semua ibu ibu di dunia ini yang bersusah payah hamil…termasuk ibu saya sendiri 😀

  46. yuli

    @pak andreuw, selamat yahhh… ikut senang 🙂
    Ikutan nimbrung ya.

    @non, salam kenal ya, kmrn LO nya dimana dan berapa biayanya? Saya udah pernah di sarankan LO juga krn tuba non patent dua-duanya. Terus kalau tanpa LO bisa ga ya langsung BT? Pls info ya… tq

  47. non

    to : yuli
    dear yuli….
    salam kenal juga… 🙂
    non LO nya di penang say, udh lumayan lama, taon 2005.
    tapi waktu itu setelah di LO ternyata di rahim non endometriosisnya udh rada parah, trus ada perlengketan juga, jd harus dilaparotomi juga (operasi besar seperti oprasi caesar) jd biayanya jd membengkak gituu deh…
    Biayanya waktu itu sekitar 4000 RM atau sekitar 12 jutaan… itu utk LO sekaligus operasi Laparotominya… kalo biaya utk LO nya aja kalo non ga salah waktu itu sekitar 7 jutaan yul…
    kalo menurut non, kalo tuba non patent kaya’nya kalo mau BT ga perlu LO dulu deh yul, soalnya kan kalo BT, sperma suami ama sel telur qta ditemuin diluar rahim, so ga ngaruhkan sama tubanya, krn ga melewati tuba.
    tapi… kalo misalnya yuli ada kista, miom atau endometriosis, memang sebaiknya di LO dulu, jd ntar pas ikutan BT rahimnya udh bener2 bersih…
    sebaiknya yuli konsultasi bener2 dulu deh ama dokter di tempat yuli rencana BT, pasti DR. lebih tahu tindakan apa yg sebaiknya diambil…
    gitu lho say…

    friends…kalo kira2 penjelasan non ada yg salah tlg dikorksi yaa… 🙂

  48. non

    dear friends….

    non lg bingung nih…
    td nonton berita di tv, hubungan indonesia-malaysia lg memburuk/memanas…
    malah menlu malaysia melarang warganya ke indo..
    gimana yaa…?
    padahal non rencana abis lebaran ini mau berangkat ke KL buat mulai program BT.
    Duuh… gimana yaa..?
    bingung bgt nih..

    temen2, ada pendapat ngga, kira2 non harus gimana?
    menunda BT atau pindah tempat BT nya yaaa?

  49. Andreuw

    @Non bu Non jangan cemas masalah pemerintahan…kecuali situasinya uda seperti Irak atau Palestina nah itu yang perlu di cemaskan…keliatannya bu Non orangnya gampang panik dan stres…usahakan jangan banyak pikir yg bukan bukan…semoga bu Non BTnya berjalan lancar dan SUKSES 🙂

  50. non

    p’andreuw :
    p’andreuw, makasih bgt sarannya yah p’andreuw… 🙂
    p’ andreuw, koq tahu sih non orangnya gampang panik & stress?
    hehehe… 🙂
    tp emang bener nih pak,non gampang stress, makanya sampe skrg belon hamil2 kali yah… 🙁
    abis kan kalo mau hamil ga boleh stresss…
    skrg non ga mau stress lg deh, mau lebih relax & ga panikan.., soalnya ga mau gagal lagi pak.. 😉
    tq do’anya yah p’ andreuw…
    wish me luck… 🙂

  51. vita

    @non: thanks yah infonya..sy sdh 4thn meried dan udah cape bolak balik dokter buat program.. hehe.. dulu th 2007 sy ada endometriosis di indung telur kanan n kiri n sdh dilaparotomi.. stlh itu mulai deh dari program alami ampe inseminasi 5kali tp belum tokcer juga..ke sinshe n ke tukang urut udah juga,, cape deh..akhirnya stlh dana terkumpul kita berencana bt.. emang sih dgr2 dr ng byk yg berhasil mknya berminat kesana. feb kmrn pernah ke dr ng n didiagnosa sy ada adenomiosis (kyk kista kecil2) di rahim n sdh parah kt dokternya,akhirnya disuruh suntik zoladex dulu berentiin mens 3 bln tp ternyata di bulan ke 5 baru dtg mensnya..bulan dpn kalau gak kepotong libur lebaran mdh2an bisa ke sana,, boleh tau no telp u/sewa apt nya. aptnya bersih tdk? ada yg 1 apt cuma 1 kamar ga? kan jadi lbh leluasa.. hehee sori yah ty2 mulu non..

    u/ bt bagusan mana antara penang n melaka? knp km memutuskan pindah dr dr ng? thanks yah..

  52. non

    to : vita…

    dear vita..
    sebenernya non masih ragu juga mau BT dimana vit..
    BT nya renc. abis lebaran, cuma non masih bingung mau BT di Penang lg ama Dr. NG, atau BT di TMC Damansara KL ama DR. Collin Lee.
    Kalo Non BT ama Dr. Ng lg, keuntungannya Dr.Ng udh punya medical record non lengkap bgt.. (secara non pernah LO & Laparotomi ama dr.NG, PLUS bt yg ke 1 jg), kaya’ sarannya p’ andreuw, tq p’ andreuw…hehehe… :).
    trus dr. NG kan bisa belajar dr kegagalan BT 1 yaa….
    tapi yg bikin non ragu, dr. NG itu rada galak, heee…
    Kalo Non BT di TMC KL,non seneng bgt ama pelayanannya, nyaman, tapi Dr. Collin kan belon punya medical recordnya non, jd harus bener2 mulai dr nol deeh…
    non ama suami masih mikir2 ni mau BT dimana…
    lhooh..koq jd curhat ama vita nih…hehehe… 🙂
    oya vit, non ada endometriosis jg, tp udh di LO & LAPAROTOMI ama dr. NG sebelon BT 1, plus suntik zoladec 3 bln
    Gapapa koq vit nanya2… kita kan gabung di web ini buat sharing informasi…
    Apartemennya sih lumayan vit, tp ya ngga nyaman2 bgt siih…
    kalo di mewah court, satu apartment ada 3 kmr, 1 kmr ada kmr mandi di dlm. kalo yg 1 kamar doank kaya’nya di mewah court ga da deh say… atau temen2 yg laen ada yg mungkin ada yg tahu?

    ok deh vit, GOOD LUCK YAA..!

  53. lelia

    @vita,
    Kalau mau info yang uptodate berkaitan dengan apartmen di penang, coba baca pengalaman Pak Niko & Fitri. Banyak banget infonya. Mulai harga apartmen ac/non ac, kamar mandi dalam/luar, harian atau bulanan. Disana ada juga disebut pak Niko, nama dan no telp yang bisa dihubungi. Selamat berjuang buat vita…

  54. yuli

    @non
    dear non…
    Sorry telat reply (*keasyikan lebaran).
    thanks ya say penjelasannya, keknya emang mesti cek dari awal lagi smuanya ya non. Aku banyak banget masalah yg di vonis ama dokter kira2 setahun lalu, dari tuba non patent hidrosalping, trus ada adenomiomatosis, sama leimyoma. Terus terang ga ngerti sih ama semua itu hihi… Tapi jadinya malah santai n ga terlalu mikirin :).
    Ntar pengennya cek ke malaka non, sama dr.selva, krn ada rekomendasi baik dari temen. Setelah cek2 semua baru bisa mutusin langkah apa yang perlu diambil.
    Sekali lagi thanks ya non… kami doakan moga2 proses BT non lancar ga ada kendala, n sukses… amiiinnn…

    Good luck juga buat semua yang sedang berjuang. Tetap semangat dan saling mendoakan yaaaa… 🙂

  55. Paris

    Hallo salam kenal semuanya…
    Andreuw selamat atas keberhasilannya, semoga mama & babies sehat slalu. Bagaimana sekarang perkembangan babies – nya?

    Untuk Non & Vita bagaimana proses BTnya?
    Non dimana akhirnya tempat yg diplih ?
    Vita apakah jadi di Penang?
    Semoga sudah berhasil Non & Vita sudah berhasil yaaa.
    Saya juga berencana segera BT, kemungkinan besar saya akan memilih di HLWE Penang.

    Terus berjuang buat teman2, tetep optimis. Selamat buat temen2 yg sudah berhasil, semoga saya juga bisa sukses seperti kisah Keluarga Andreuw.amin

  56. christine

    hai smua…sy kmrn br hbs bt pertama di dok selva n blm berhasil.dan smbl nunggu pemulihan 3 periode mens sy msh bgung masu lnjut bt di dok serlva lg or pindah ke penang dgn dok ng.sementara suami sy didiagnosis azoo so klo mau bt harus operasi pengambilan sperma klo di rs lain.sdgkn di mmc sy msh save sperma untk sekli lg bt.minta info nya donk tmn2…mksh sblmnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*