Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Andi

Berikut ini adalah pengalaman keluarga Andi dalam menjalani program bayi tabung. Terima kasih Andi atas sharingnya… 

Hai teman2 salam kenal, saya mau sharing mengenai pengalaman bayi tabung kami. Kami sudah ikut bayi tabung 2 kali, yang pertama gagal karena di usia 5 setengah bulan keguguran dan yang kedua dimulai pada bulan September.

Keputusan saya ikut bayi tabung karena udah keliling di banyak dokter dan tidak berhasil, mulai dari akupuntur, pijat, sampai inseminasi. Kita coba insem di beberapa dokter di Indo dan Singapore… gagal semua.

Setelah beberapa dokter akhirnya ada seorang teman yang kasih tahu untuk periksa HSG ternyata saluran telur istri saya satu buntu dan satunya penyempitan, serta ada PCO yang mana telurnya banyak tetapi tidak bisa besar, jadi minum obat baru telor besar.

Akhirnya kita coba bayi tabung di dr Aucky, embrio yang dimasukkan 4 yang berkembang 3 tetapi semua itu hanya berlalu 5 setengah bulan akhirnya keguguran.

Setelah itu saya coba ke Singapore untuk bayi tabung lagi. Embrio yang dimasukkan 2 yang jadi 1. Sebelum bayi tabung saya ada konsul di beberapa dokter di Singapore, dan semua dokter saranin untuk masukkan 2 embrio aja karena resiko bayi tabung untuk triplex dan kembar adalah besar untuk keguguran. Jadi saya saranin untuk teman2 yang mau ikut bayi tabung ikut di RS yang embrionya bisa disimpan/dibekukan, jadi kalau gagal tidak usah tunggu sampai lama langsung bisa dimasukkan lagi dan biayanya jauh lebih murah daripada mulai dari suntikan gonal f lagi.

Pada saat suntikan gonal F saya sarankan untuk konsul dokter terus pada saat periksa darah apakah ada kemungkinan hyperstimulasi atau tidak. Istri saya pada saat di dr Aucky disuntik gonal F dan ternyata hyperstimulasi, 2 minggu setelah ET perutnya tiba2 membesar kayak orang hamil 4 bulan. Kita sama sekali tidak tahu kalau itu hyperstimulasi karena tidak pernah ada penjelasan mengenai itu sebelumnya, sangking besarnya sampai istri saya mengalami sesak nafas.

Akhirnya saya bawa ke dr Aucky dan dinyatakan hyperstimulasi, akhirnya harus diinfus albumin yang harganya lumayan mahal sampai kurang lebih 1 minggu baru akhirnya normal. Bayi tabung yang ke 2 ini kami lakukan di singapore di rumah sakit ME dengan dokter Charles Lim embrio yang dimasukkan 2 dan yang jadi 1.

Sekarang ini istri saya sedang hamil 7 bulan. Untuk teman2 yang mau bayi tabung di Charles Lim jangan sungkan sungkan untuk menawar biayanya.

Untuk bayi tabung yang di Singapore pada suntikan yang ke 3 sama dokter Charles Lim sudah dikasih tahu bahwa ada kemungkinan besar hyperstimulasi, yang bisa diketahui dari hasil pemeriksaan darah. Jadi setelah ET istri saya langsung disuruh makan putih telor sebanyak 10 telor setiap harinya. Itupun masih harus dibantu dengan infus albumin tetapi hanya 2 hari dan tidak usah masuk RS hanya infus di klinik saja jadi tidak sampe pada perut yang membesar maupun sesak nafas.

Kalau menurut saya sehabis dimasukkan embrio mending tinggal di RS atau klinik tempat dimasukkannya embrio karena chancenya lebih besar daripada setelah masukkan embrio langsung pulang, dan kalau bisa tahan kencing selama 6 jam. Ya beginilah sekilas pengalaman kami dalam ikut bayi tabung. Semoga sharing ini bisa bermanfaat bagi yang lain.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (17 votes, average: 2.71 out of 5)
Loading...

28 thoughts on “Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Andi

  1. mandy

    Hi Andi, salam kenal. Selamat yah atas keberhasilannya. Moga2 semuanya lancar terus. Saya ingin tanya biaya buat bayi tabung di Charles Lim berapa ? Trus, dr Aucky Hinting itu prakteknya dimana ? Saya jg rencana mau buat bayi tabung, tp msh blm tau mau dimana makanya cari informasi terus. thanks yach…

  2. Mulia

    Hi Andi, selamat yach istrinya udah hamil lagi dan semoga semuanya lancar sampe melahirkan bayi yg sehat…. 🙂

    Rencananya mo melahirkan di indonesia ato di SIN? kapan due date nya?

  3. Monica

    Hi Andi, saya surprise juga mendengar dr di Sing bisa ditawar. Kalau boleh tahu, berapa biayanya (setelah menawar). Karena kayaknya kurang enak gitu, kalau nawar2 sama dokter..

  4. Andi

    pertama kali saya di charles lim biaya yang dikenakan kurang lebih 12000 sin, terus kita coba untuk minta discount akhirnya dia turunin jadi 10000, sesudah minta turun harga jangan lupa suruh dia buat catatan kalau harganya segitu, ini sudah termasuk pembekuan embrio. tetapi ini juga tergantung suntikan dari gonal f. yang dia kurangi nanti biaya dokternya, biaya RS dan obat tidak bisa kurang,akhirnya istri saya habis sekitar 10000 karena embrio yang dibekukan sejumlah 13kalau . habis gitu setelah positif hamil istri saya mengalami pendarahan( dulu waktu di surabaya juga mengalami pendarahan), yang akhirnya harus di opname, setelah diopname 1 minggu ternyata masih juga pendarahan. Tetapi saya lihat di RS tidak diinfus tetapi hanya disuntik proluton depot 1 hari sekali,mengingat mahalnya biaya rumah sakit di sini, akhirnya saya minta untuk pulang, dan perawatan dirumah. pertama kali dokter minta 1 hari 150 sin untuk sekali suntik, tetapi saya juga minta discount, akhirnya di kasih 75 sin untuk jam kerja, dan 80-95 sin untuk sesudah jam kerja.Inilah baiknya dokter charles lim dia mau bantu saya untuk perawatan dirumah dengan tiap hari dia menyuruh susternya untuk datang ke apartmen saya dan memberikan suntikan.Dokter lain belum tentu mau untuk melakukan kunjungan ke rumah. Saran saya tidak usah sungkan sungkan untuk minta potongan. Dr aucky hinting praktek di budi mulia, surabaya. due date istri saya di bulan 7 tanggal 3.

  5. Monica

    Thanks ya Pak Andi… sangat membantu sekali pak informasinya. Semoga istri & bayi sehat terus sampai melahirkan ya. God bless

  6. Veronica

    Pak.Andi..emang klo habis ET ngga boleh BAK dulu 6 jam ya..alasannya kenapa ? klo disini habis ET cuma disuruh istirahat 30 menit dan klo mau BAK habis Et bisa langsung BAK gitu.

  7. julie

    salam kenal pa andi..perkenalkan saya julie.
    ketika saya baca tulisan pa andi, tny kasusnya mirip dgn saya, tetapi hasil hsg saya, kedua tube saya tersumbat tdk ada celah.
    dokter menyarankan saya untuk ikut program bayi tabung,saya sempat sedih mendengarnya dan ketakutan sampai menangis terus sampai hari ini, selain dr biaya yg mahal juga.tp setelah saya membaca tulisan pa andi, saya menjadi ada semangat.
    saya dan suami tertarik utk coba di sing spt bpk.kl saya mau kesana, apa yg harus saya lakukan dan siapkan pa?secara adm dan fisik kami berdua terutama.apa hrs ada melakukan tes2 kesehatan dl disini?atau lgs disana saja semua?waktu itu bapak berapa lama akhirnya harus stay disana?
    trimss

  8. Andi

    Kebanyakan dari teman teman yang pernah ikut bayi tabung mereka mengatakan kalau bisa sih tahan tidak BAK dulu sebab takutnya ikut keluar juga.Tapi menurut dokter sih tidak ada masalah kalau mau BAK, tapi kalau kita sih mending ikut anjuran orang orang yang pernah ikut bayi tabung sih, tetapi yang paling penting kalau menurut dokter tidak boleh stress, apalagi waktu menunggu hasil sama sekali tidak boleh stress. sebab stress juga salah satu penyebab tidak berhasilnya BT. kalau saya disini untuk melihat hasil hamil atau tidaknya dari tes kencing karena menurut dokter sini lebih akurat, tetapi waktu dulu di aucky dari hasil pemeriksaan darah.
    Kalau mau BT di singapore saya tidak melakukan test darah di indo sebab kebanyakan dokter sini tidak mengakui hasil pemeriksaan darah di indonesia. cuman waktu itu sesudah konsultasi dengan dokter dan dokter sudah memutuskan kapan mulai program, lalu obat obat yang diperlukan saya beli dulu termasuk obat suntikan, kemudian kita pulang indonesia,untuk penghematan biaya, Untuk suntikan yang dibawa pulang ke indonesia namanya lucrin sedang gonal f suntik di singapore karena dosisnya tiap orang dan tiap harinya berbeda beda.Untuk suntikan tidak susah kok, istri saya suntik sendiri tidak pakai suster.Istri saya kembali ke singapore pada waktu akan dilakukan suntikan gonal F. , untuk suntikan gonal f juga dilakukan sendiri jadi tidak perlu bolak balik ke klinik dokter, jadi kembali ke dokter hanya pada waktu periksa darah aja, untuk cara menyuntik nanti akan diajari oleh suster di clinik dokter, kalau bisa sih suntik sendiri karena kalau suntik di dokter dikenakan biaya lagi. Sedangkan saya sendiri baru ke singapore pada waktu akan dilakukan ET, menurut dokter kalau suami tidak mau bolak balik pas konsultasi sperma bisa langsung diambil kemudian dibekukan jadi tidak usah pergi ke singapore lagi. Tetapi kami memilih untuk kembali lagi sebab saya rasa kalau dibekukan berati sperma tidak fresh lagi. Jadi kalau mau BT di singapore kurang lebih 1 bulan sampai tahu positif atau tidaknya. Waktu itu pengambilan telor dilakukan tanggal 10 oktober saya datang ke singapore tanggal 7 oktober, kemudian saya temani istri saya sampai pengumumna hasil positif atau tidaknya. sesudah ET istri saya total istirahat tidak berani jalan2, jadi di apartment terus. Saya temani istri di sini karena banyak sharing dengan teman2 sesudah ET kebanyakan sang istri pasti akan stress untuk menunggu hasilnya, makanya itu saya putuskan temani istri saya sampai hasilnya keluar.
    jadi kalau menurut pengalaman saya yang penting dalam BT adalah mental kita suami istri dan biaya yang dikeluarkan.

  9. joko

    kalo di singapura berapa biayanya, terus harus berada di sana brp lama krn kami kan kerja jd mesti berhitung dgn cuti yg ada. Bisa nggak kalo kita konsul ke dokternya by email dulu. tks

  10. Eka

    Pak ANDI, selamat atas kehamilan istri bpk. Smoga bs ttp sehat dan lahir dg slamat. Maaf Pak, apa sblm BT istri bpk di tes/diukur rahim sgala? Krn sy wkt et ktk fresh cycle sempat macet maksudny agak lama gt. Pdhal yg lain cpt, sy bth sktr 10 mnt u/ masukkan aja. Meski ttp sempat hamil sktr 2 bulanan. Trims Pak Andi, salam u/ Bu Andi.

  11. eve

    Hi salam kenal Pak Andi. Selamat ya. Saya juga tertarik ikutan bayi tabung. Karena saya & suami sudah 7 tahun belum punya anak. Kalo boleh tahu mana yang bagus ikutan bayi tabung di indo pa di Singapore. Kalo boleh tahu berapa biaya yang bapak habiskan sampai akhirnya Pak Andi berhasil,

  12. Veronica

    Eka, salam kenal..pengalaman kamu sama persis sama aku, aku juga sempat macet saat ET fresh cycle kemarin dan akhirnya lon bhasil hamil..kamu ikut BT dimana ? bisa sharing donk..

  13. Andi

    Biaya yang saya keluarkan sampai berhasil kurang lebih 8 ribuan tetapi itu juga tergantung dari suntikan gonal f nya, istri saya untuk suntikan gonal f tidak sampai 1 ampuls tiap kalinya, jadi ini yang sebabkan bisa lebih murah. terus biaya untuk frozennya kurang lebih 2ribu lebih, jadi sekitar 10 ribu sampai 11 ribuan biaya yang kitaq keluarkan. biaya ini tidak termasuk tempat tinggal sama biaya hidup disini, waktu yang dibutuhkan kiurang lebih 2 mingguan sampai setelah ET tapi bayak teman yang bilang mending tunggu sampai pengumuman biar tidak bolak balik, kalau tidak jadi khan bisa langsung masukkan lagi embrionya. jadi kurang lebih 1 bulanan sampai pada pengumuman berhasil atau tidaknya.

    Istri saya waktu ET juga sempat macet, orang lain cuman 10 sampai 15 menit tapi istri saya waktu itu sampai 1 jam setengah baru selesai, karena kata dokter salurannya kecil, tapi saya juga kurang jelas. Waktu ET istri saya tidak dibius jadi dia bisa lihat melalui monitor, embrio itu diletakkan dimana. setelah itu di foto usg letak embrionya.

    Kalau menurut saya di indonesia sama di singapore itu sama bagusnya kok, soalnya ada juga teman saya yang sampai ke singapore, ke holland tapi masih belum juga berhasil, akhirnya dia bisa hamil di dokter aucky surabaya, rumah sakit budi mulia. Jadi saya rasa cocok cocokan ya. Cuman kalau dari sharing2 yang selama ini saya baca dan juga sama beberapa teman sempat ngobrol, yang perlu diperhatikan pengalaman2 yang ada, sebab di bayi tabung saya rasa perlu perhatian yang lebih ekstra, dan tidak bisa sembarangan, apalagi istri saya ini sangat gampang untuk stress dan jika sudah stress sukanya marah2, jadi saya rasa 2 belah pihak harus bisa sabar.

    Pengalaman saya waktu bayi tabung pertama yang gagal, saya rasa selain waktu itu triplet( kembar 3) juga setelah tahu positif saya tidak terlalu memperhatikan keadaan istri saya, saya cuman tahu bekerja , kerjaan saya juga saya bawa ke rumah, jadi mungkin ini juga harus dihindari untuk para suami, tapi sih ini menurut pendapat saya, untuk yang kehamilan ke dua saya mencoba untuk terus bersabar dan mengalah, dan semua yang dia senangi saya sediakan , biar dia bisa relax dan tidak mikir yang tidak2.

  14. sella

    Hello pak andi,

    kalo saya boleh tanya, bapak bilang istri anda mengalami ohss dan dokter meyarankan supaya istri anda makan putih telur. apakah itu mesti telur ayam kampung? ato bisa telur biasa yg dijual di supermarket?en apakah itu dimakan mentah tanpa dimasak? tolong di jawab yh pak andi.

    memangnya berapa telur yg dihasilkan istri anda sehingga istri anda terkena ohss?

    Selamat atas kehamilan istri anda.

  15. Cleo

    Hallo Pak Andi, selamat yah atas keberhasilannya. Semoga Ibu dan bayi sehat dan selamat. Amin

    Maaf aku mau tanya, kalau bayi tabung kedua thaw cylce apakah harus mengeluarkan biaya sama bersarnya dengan pertama kali bayi tabung? ataukah hanya menambah biaya saja?Kalau boleh tahu, berapa total biaya yang dikeluarkan jika harus melakukan thaw cycle.
    Mohon informasinya yah Pak, terimakasih banyak.

  16. Andi

    sebelumnya saya ucapkan terima kasih pada cleo dan sella,anak saya sudah lahir di minggu lalu.ibu dan bayi sehat2 aja.
    waktu itu istri saya mengkonsumsi putih telur sehari sampe 4-6 butir telor.sy waktu itu makan putih telor ayam yang biasa dijual di supermarket.karena menurut saya telor ayam yang dijual di supermarket lebih besar daripada telor ayam kampung.cara memakan nya dengan direbus sampe matang dan setelah itu langsung dimakan putihnya.
    pada waktu proses itu,istri saya menghasilkan telor lebih dari 50 telor.kanan kurang lebih 25 dan kiri juga kurang lebih 25.
    biaya yang dikeluarkan pada bayi tabung thaw cycle lebih murah daripada bayi tabung pertama kalinya.karena di thaw cycle kita punya sisa simpanan embrio yg prosesnya lebih cepat daripada proses bayi tabung pertama kalinya.

  17. sella

    Hallo Pak Andi,

    Thank u very much atas jawabannya. soalnya aku tanya itu karena saya saat ini juga dalam menjalani bayi tabung di belanda. mknya saya tanya kepada bpk apakah telur ayam kampung ato bisa juga dgn telur yg spt di jual di supermarket. ternyata pertanyaan saya terjawab juga. soalnya di belanda tak ada telur ayam kampung, hehehheheh. tapi saya bersyukur juga telur yang di produksi cuman 14 en cuman satu yg tidak bevrucht.

    Okey, selamat jadi bapak en ibu baru en semoga sukses selalu!!!!!!!!!!!!!!!!!!

    salam dari belanda.

  18. Luna

    Pak Andi, thanks infonya. Tadinya saya juga mau ikutan bayi tabung tapi thank God sudah berhasil hamil dengan inseminasi buatan. Sekarang lagi hamil 7 bulan, mudah-mudahan bisa lancar terus. Saya doakan istri Pak Andi juga bisa lancar dan sukses sampai melahirkan. God is always with us, just keep on praying and you will be amazed with the answer He gives us. God bless.

  19. yuli pepito

    salam kenal pa andi,
    boleh dong rincian biaya dalam rupiah untuk bayi tabung di singapur
    terutama di luar dari biaya tempat tinggal
    thaks

  20. Ellin

    hai salam kenal….
    pak andi saya boleh minta emailnya ga? saya pengen tanya2 langsung nih mengenai ivf dgn charles lim… nyewa apartemen yg dekat dimana? trus apa aja yg harus dipersiapkan?
    karena saya thn dpn rencana ivf dgn charles lim juga…. thanks yahh

  21. Andi

    hai Ellin..Sebelumnya saya minta sorry ya karena lama br membalasnya soalnya lg repot jadi lama gak buka email.boleh2 aja kok.alamat emailku. ta2_the@yahoo.com.
    kalo ada yg kurang jelas boleh kok tanya yg jelas

  22. novita74

    salam kenal pak ardi.selamat ya.saat ini saya 2 hari et.tapi saya merasa bingung di sarankan 6 jam menahan pipis,sedang saya dlm waktu 1 jam 5x pipi.mau di tahan gemana ya.saya hanya berharap mudah mudahaan et saya berhasil.

  23. alisha

    tolong tanya ya…. problem nya hanya di istri aja ya pak? selain problem yang disebutkan di atas, semuanya ok2 aja yah?? thx bgt…

  24. andi

    @ alisha
    problemnya di istri saya itu tuba falupi nya yg satu buntu sedangkan yg satunya penyempitan
    dan untuk saya sendiri sperma jg ga seberapa bagus koq.

    @novita
    ya waktu itu sesudah et istri saya lsg tidur krg lbh 4 jam an dan setelah itu baru kencing…..
    moga2 aja berhasil ya BT kali ini…….

  25. Novi

    Hai..Andi..
    Aku 31 thn,punya prob hidrosalphing.Sebelum merit aku udah pernah laparatomy kista 2x & op. usus(karena ada perlengketan setelah op kista).Op.yg kmrn tahun 2007 di Penang(Malaysia).Skrg aku mau ikut BT,tapi punya prob hydrosalphing.Semua dokter di Malaysia & Jakarta blg,mereka gak mau ambil resiko yg tggi u/op hydrosalphing aku.Krn op usus yg kmrn hampir aja aku die.So,dokter blg kalo hydronya gak di op,kemungkinan kecil u/berhasil.Temen2 ada saran ga buat aku ?? Bingung nih mau ambil tindakan yg mana ?
    @ Untuk Andi
    Dokter Charles Lim itu ahli gak dlm operasi? krn u/op.hydro aku ini semua dokter blg resikonya sgt tinggi mengingat sejarah pernah op sampe berulang kali yg terjadi perlengketan ??

  26. anneke

    Hi Pak Andi, congrats! Thanks dah sharing.

    Hi Yuli, sy juga program bt di singapur sekitar $10K total (setelah bbrp kali insem & bt blom berhasil di jkt), tapi beli obat2annya (such as gonal-f, femara, crinone, ovidrel, duphaston, etc.) di jkt. Jauh lebih murah so bs menghemat banyak. Lumayan khan. Coba telp apotik medika center 021-56957245 / 70208551 di daerah tanjung duren, jakbar. Sy dpt referensi dari bbrp forum utk beli obat di sini.

    Yg penting hrs paham prosedur, jadwal pake dan obat2annya (ask doctor) then go shopping di jkt. Next week sy embryo retrieval!! wish me luck my friends…

Comments are closed.