Pengalaman bayi tabung sampai sesudah ET – Martha

Kami ingin membagikan pengalaman kami selama proses bayi tabung, sebagai sumbangsi atas web site ini yang telah banyak memberikan pengetahuan dan inspirasi kepada kami.

Saya berumur 31 thn dan istri 28 thn, kami menikah bulan februari 2006. Memang pertama2 kami belum berminat punya anak, karena baru habis menikah dan masih ada KPR, Kemudian sekitar tahun 2009, kami mulai berusaha tapi tidak ada hasil.

Kami konsultasi ke Mahkota Medical Centre, Malaka dengan dokter Selva, karena saran dari banyak teman katanya ,dokter tersebut terkenal. Tanggal 24 September 2009 kami mulai konsultasi, Saya cek sperma dan istri usg dan papsmear. Dan Hasilnya sperma saya sangat, sangat, sangat sedikit, hanya 2,75 juta/ml, dibawah batas normal. Dan istri megalami keputihan. Kata dokter dokter, “tidak ada masalah serius, cuma belum tau masalahnya di mana, karena kalo tidak ada masalah kenapa kamu tidak bisa hamil”. Lalu kami hanya dikasih obat minum, untuk istri dan suami (ambil obat untuk 3 bulan kedepan) bentuk obatnya seperti kapsul minyak ikan. Kami pulang ke Indonesia, dengan harapan bisa hamil normal. Ternyata sampai obatnya habis pun tidak ada hasil.

Saran dari Abang Kandung saya, bahwa kalo pasuri yg baru menikah di atas 2 tahun, belum hamil, berarti ada masalah. Jadi sarannya kita jangan asal konsultasi dokter lagi, karena pengalamanya dia sudah konsultasi ke 20 dokter lebih. (abang saya udah punya anak 3, cewek semua dan lahir normal). Lebih baik kita masuk ke tahap berikutnya. Maksudnya kalo mau punya anak ada 2 cara yang bisa di tempuh dengan pertimbang biaya :

  1. Konsultasi biasa dengan dokter
  2. Inseminasi
  3. Bayi Tabung

Cara pertama paling byk orang jalani karena biaya yang lebih murah bisa dengan dokter kandungan mana saja. Tapi Abang saya menyarankan cara kedua (inseminasi) ato cara ke tiga (bayi tabung). Untuk apa lagi kita buang2 waktu dan uang untuk cara pertama, kalo kita belum mengenal kesehatan diri kita masing2.

Setelah kami suami istri berunding, kami putuskan cara inseminasi dulu. Kami tinggal di pekanbaru – Riau dan mulai cari informasi di klinik dan rumah sakit di sekitar kota, Ternyata di Pekanbaru cuma ada 1 rumah sakit yg menangani inseminasi yaitu rumah sakit awal bros – Pekanbaru. Lalu kami mencari lagi informasi keberhasilan inseminasi di rumah sakit tersebut, ternyata informasi nya sangat kurang dan walaupun ada infonya , hasilnya byk gagal. Akhirnya kami berpikir cari dokter di luarkota. Atas saran dari abang saya, di sarankan ke Medan dengan dokter Binarwan Halim, klinik tersebut melayani konsultasi anak, inseminasi dan bayi tabung. Jadi lengkap, tinggal kita pilih mau yang mana.

Tanggal 11 mei 2010, kami berangkat ke medan, lalu cek in di hotel. Kemudian istirahat. Sore jam 4 kami mendaftar. Ternyata antrian nya sangat panjang dan ramai pasien. Kami mengantri sampai jam 7 baru dipanggil. Hari itu kami ingin menjalani program inseminasi. Lalu di jelaskan prosedurnya oleh susternya dulu program inseminasi. Saya cek sperma dan istri USG dan Papsmear. Hasilnya sperma saya cuma 4 juta/ml sedangkan istri masih tetap ada keputihannya. Kata dokter ke istri saya “Gimana bisa hamil, sperma suami lu cuma 4 juta/ml, padahal untuk hamil normal sperma harus 20 juta/ml keatas. Dokter suruh istri hari haid ke 2 baru datang cek lagi. Susternya menyuruh agar di lakukan pengobatan keputihan dulu, sebelum masuk program inseminasi. Lalu kami dikasih obat utk suami dan istri. Besoknya pulang pekanbaru.

Tanggal 17 Mei 2010, istri berangkat ke medan ditemani mamanya, Lalu disuruh cek darah (LH / FSH/ Prolactin) di laboratorium Thamrin, hasilnya di kirim ke klinik lansung sorenya. Ternyata hormon Prolactin istri saya terlalu tinggi, sehingga mengakibatkan perubahan hormon (biasanya istri saya siklus haidnya lancar, cuma bulan kemarin yang sempat telat hampir 1 bulan) karena hormon prolactin ini tinggi jadi siklus haidnya telat. Kemudian kami di kasih obat untuk istri.

Untuk mengobati keputihan, harus tunggu haid bersih dulu baru bisa, dan kami putuskan pengobatan keputihan di pekanbaru saya, karena butuh lebih kurang 1 minggu utk pengobatan. Kami pikir2 rupanya biaya akomodasi dan tiket bisa lebih mahal dari biaya konsultasi dan program. Kami jadi pikir kembali lagi, karena inseminasi ini keberhasilannya cuma 10 – 20 %. Kami putuskan lagi, pilih program inseminasi dulu di pekanbaru, kalo gagal baru ke Medan pilih program bayi tabung (keberhasilan diatas 30 %). Karena baik program inseminasi ato bayi tabung, biaya akomodasi yang kami keluarkan tetap sama, Cuma beda di biaya programnya. Bagi kami yang terpenting adalah keberhasilan bukan harus murah, tapi tidak berhasil buat apa.

Di pekanbaru, kami konsultasi dengan dokter Imelda, dokter yang menangani program inseminasi dirumah sakit awal bros, Kami jelaskan riwayat hidup kesehatannya kami dan ingin masuk program inseminasi. Menurut dokter dari riwayat kesehatan istri saya tidak ada masalah serius, cuma keputihan saja, Dan suami, tunggu habiskan obat dari dokter binarwan halim dulu , baru cek sperma lagi. Lalu istri menjalani pengobatan keputihan selama 1 minggu sedangkan saya tetap konsumsi obat dari dokter sebelumnya selama 1 bulan. Setelah obat habis, saya mulai cek sperma, dan hasilnya 4,6 juta/ml, cuma naik sedikit, Memang sehari sebelum cek sperma, saya udah banyak stress karena takut hasil sperma tidak bagus, ternyata stress sangat berpengaruh besar terhadap hasil sperma. Kami mulai kembali konsultasi ke dokter imelda dan bawa hasil spermanya, kata dokter “untuk masuk program inseminasi, jumlah sperma harus diatas 10 juta/ml, kalo di bawah itu lebih baik bayi tabung saja. Tapi kalo mao mencoba ya, silahkan aja.

Kami jadi bingung dan sedih, terutama saya, karena masalah ada di saya sendiri. Kami berunding lagi. Kami putuskan lagi, pilih cara terakhri yaitu bayi tabung.

Hari Ke2 mens, istri saya berangkat ke medan, kali ini sendir saja. Konsultasi kedokter, istri saya menyampaikan tidak jadi inseminasi, ganti bayi tabung saja. Kata dokter “hari ke 5 mens baru datang cek lagi”, di berikan surat jalan untuk melakukan HSG di Eka Hospital Pekanbaru. Dan ambil obat utk suami lagi. Besoknya pulang lagi.

Tgl 25 Mei 2010, saya mulai HSG dan lihat hasilnya ternyata bagus, cuma rahim istri saya agak ke belakang, itu bawaan lahir dan tidak apa2 kata dokternya.

Bulan juli 2010, istri datang lagi ke medan, bawa laporan HSG dan sperma saya ( jumlah sperma 7,5 juta/ml, ada peningkatan ) sesudah obatnya habis. Istri saya di cek sel telur dan tebal dinding rahim. Ternyata istri saya sudah bisa masuk program lansung long protokol (Program bayi tabung ada 3 macam; short protokol, long protokol dan ultra long protokol, kalo mau masuk program bayi tabung akan dijelaskan sebelumnya oleh suster dan yang menentukan protokolnya adalah dokter).

Hari itu juga istri saya mulai suntik suprefact selama 21 hari. Suntikan nya di bawa pulang. 2 hari sesudah obat habis, istri ke medan lagi.

Tanggal 9 agustus 2010, dan cek darah (LH dan Estradiol). Dan istri saya sudah mulai menetap di medan, sewa kost, karena hotel terlalu lama, perkiraan di medan sampai habis ET sekitar 1 – 2 bulan lamanya.

Tanggal 21 Agustus 2010, saya dan mertua (mamanya) berangkat ke medan. Saya untuk menyimpan sperma, hal ini untuk mencegah jika pada saat OPU hasil sperma saya jelek, maka bisa dipakai yang di freezing, atau sebaliknya. Jadi memberikan saya 2 kali kesempatan, Karena kata dokter ” apa yang ada, itu yang kita kerjakan”.

Tgl 24 Agustus 2010, cek darah lagi ( Estradiol ) dan sedang menjalani suntik puregon. Setelah melihat hasil laporan, kata dokter hari kamis, tgl 26 agustus sudah bisa di lakukan OP dan jam 10 malam di suntik pemecah sel telur. Tanggal 26 agustus dilakukan OPU jam 10 pagi. Ternyata telur yang berhasil di ambil ada 18 butir, sehingga takut istri saya mengalami OHSS, dokter lalu memberi obat infus albumin, sampai Jam 2, kami baru pulang ke tempat kost.

Tanggal 27 agustus, stop semua kegiatan ivf dan mulai makan enak, karena selama masuk program, banyak pantangan makan untuk istri saya heheheh…

Hari ke 2 setelah OPU, tgl 28 Agustus, cek darah lagi (estradiol dan progestron). Kami menunggu di rumah, tinggal kapan di hubungi untuk Embrio Transfer (ET), Ternyata malam jam 9 di suruh datang. Sampai sana, istri saya di suruh tahan sesak pipis dulu. Jam 10 baru di lakukan ET, saya dan mamanya menemani pada saat ET. Istri saya tidak di bius, dan bilang tidak ada rasa apa2 . biasa saja. Tidak seperti waktu OPU, rasanya sakit padahal udah dibius 75 %.  Setelah istirahat 1 jam. kami diperbolehkan pulang. Dan wajib Bedrest di rumah, minial 5 hari. Hari ke 8, cek darah lagi. kami rencana hari ke 9 mau pulang dan ternyata disetujui oleh dokter, tapi hari hari ke 19 harus datang lagi untuk cek kehamilan.

Semoga kami berhasil ….amin
Sampai sini dulu, udah agak pegel tangan mengetik, oh ya mengenai biayanya nanti ada waktu wa jelaskan lebih rinci lagi, kalo saya menghabiskan lebih kurang 70 juta, itu sudah termasuk pertama konsultasi dokter di medan dan pekanbaru dan sampai ET, termasuk akomodasi dan tiket pesawat. Kalo untuk paket bayi tabungnya 38 juta, dibayar pada saat mulai masuk program (suntikan pertama suprafact) Jadi sesuai dengan perkiraan kami biaya akomodasi hampir sama dengan biaya bayi tabung itu sendiri. Gimana lagi, karena di pekanbaru belum ada layananan program bayi tabung.

Kata Dokter kalo umur istri di bawa 35 tahun, keberhasilan bisa diatas 50 %, Jadi saran saya kepada teman2 kalo mau menjalani bayi tabung usahakan secepat mungkin, jangan di tunda2 lagi, (kalo ada uang tentunya), karena uang kita masih bisa cari lagi, tapi kalo waktu sudah lewat, tidak dapat di beli dengan uang. Kalo nunggu sampai umur 45 tahun baru mau program bayi tabung, itu sudah terlambat dan tidak bisa berbuat apa2 lagi walaupun punya uang. Jadi saran saya, ada harta apa yang bisa di jual, di jual dulu nanti ada uang bisa beli lagi tapi kalo rumah tempat tinggal jangan, nanti mau tinggal di mana pula, he2…ok…sampai disini dulu…..tetap semangat… dan jangan menyerah, manusia harus berusaha dan Tuhan lah yang menentukan. Banyak-banyak berbuat berdoa dan berbuat kebaikan…

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 2.25 out of 5)
Loading...

80 thoughts on “Pengalaman bayi tabung sampai sesudah ET – Martha

  1. ariyanti

    Dear bpk & ibu di medan, saya salut membaca perjuangan bapak/ibu berdua demi mendapatkan keturunan, saya sendiri jg baru saja selalesai menjalani ET minggu lalu di klinik Morula RS Bunda Jkt. Semoga usaha bpk/ibu berdua dilancarkan dan doa utk segera menimang buah hati dikabulkan oleh Yang Maha Kuasa…tetap semangat yaaa….

    Regards, Ari

  2. dwirespati

    semoga berhasil prog BT ya… sy baru mo ikut prog sekitar bln november ini. karena kepotong libur hari raya…
    @ariyanti : prog di morula dg dokter siapa, mbak?

  3. non

    to : martha
    smoga program BT nya berhasil ya… 🙂
    non juga mau ikut BT abis lebaran ini…
    do’akan yaa…

  4. non

    to : ariyanti

    Salam kenal ariyanti… 🙂
    non do’akan smoga BT nya success ya….
    non jg rencana BT abis lebaran ini…
    do’akan berhasil yaa…

    to : dwi respati

    Salam kenal dwi… 🙂
    Non juga rencana BT abis lebaran ini dwi… sekitar bln september-oktober.
    Smoga kita berdua berhasil ya dwi…. Amiin…. 🙂
    Dwi rencana BT dimana?

  5. agie

    Salam kenal semua…

    @martha:
    semoga berhasil programnya ya…

    @ariyati, dwi, non:
    aku juga mau ikut BT setelah lebaran di RS Abdi Waluyo dengan dr. Karel. Saling mendoakan ya, semoga lancar semua… amien!!

  6. Nisa

    Halo keluarga martha…..semoga BTnya berhasil ya, saya juga mohon doanya… karena juga sedang dalam masa-masa penantian setelah ET

    @ariyanti : semoga berhasil ya BTnya, di Morula kena biaya berapa mbak ???

    @non, dwi dan agie…… semoga program BTnya dilancarkan ya oleh yang Kuasa… sekedar tips , coba ikutasn akupuntur deh sebelum BT, itu bagus lo bisa buat rileks…. dan juga ningkatin keberhasiilan BT

  7. windha

    Hi martha dan teman2 lainnya salam kenal ya,
    * martha, mudah2an hasilnya positif
    * teman2 yang lain mudah2an sukses programnya ya aku
    Jg rencana utk bt bulan depan jangan lupa share ya

  8. Anggi

    Halo kel. Martha…

    pastinya sedang2 deg-degan nunggu hasilnya

    bulan juni yang lalu, aku juga BT dengan dr. Bin

    tp blum berhasil…rencana mo nyoba lagi akhir tahun…

    semoga kalian dapat hasil yang terbaik ya…Amin…

  9. non

    to agie :
    Salam kenal agie…
    Smoga sukses ya program BT nya… 🙂
    ntar jgn lupa share yaa…

    to : Nisa
    Salam kenal nisa…
    Non do’akan smoga hasilnya positif ya nis…
    kapan hr test darahnya? jgn lupa kabar2i ke kita2 yaa…
    jangan stress ya bu, santai aja…pokoknya harus positif thinking…
    good luck nisa… 😉

    to : windha
    Salam kenal windha.. 🙂
    Smoga kita semua succes ya win.. non jg rencana BT yg ke 2 abis lebaran ini… do’akan yah win
    windha rencana BT dimana? 🙂

    to : Anggi
    Salam kenal anggie
    anggi, jangan sedih yaa say… non ngerti…bgt gimana perasaan anggie.
    soalnya dulu non juga pernah gagal di BT yg ke 1. Skrg rencana mau nyoba BT yg ke 2..
    Do’akan berhasil yahh…
    Anggi jgn nyerah yaa… tetep semangat ya… 🙂
    Non do’akan smoga di next BT anggie berhasil… Amiin… 🙂

  10. Nisa

    to : Non
    terima kasih ya atas doanya…. sepertinya pengumumannya sekitar tanggal 7/9 deh, ya deg degan siii, tapi sekarang sedang berusaha utk rileks, non sendiri rencana BT nya dimana ????

    to : Anggi
    nisa berharap semoga anggi dan suami diberi kesabaran dan semoga untuk program yang akan datang hasilnya akan lebih baik, btw, apa anggie ada nyimpen embrio ???

  11. non

    to : nisa…

    dear nisa… 🙂
    non rencananya BT di Penang lg nisa…
    tadinya non ragu mau BT di Penang lagi atau BT ke KL
    (Non BT -1 di Penang), tapi akhirnya non & suami mutusin buat BT 2 di penang aja lg…
    soalnya dr yg di penang udh punya medical record non, (walopun dr yg di penang rada galak & jutek…, hii…serem… ) hehehe… 😀
    tapi gapapa deeh…demi dapetin baby dijabanin… 🙂
    kalo ke KL kan harus mulai dr nol lg…

    nisa tgl 7 yah testnya?
    ntar kabar2i yaah say..
    Nisa di btnya ama dr.siapa?
    trus kalo non bole tahu,nisa knapa harus BT?

  12. Nisa

    to : Non

    halo non,
    nisa btnya di siloam surabaya sama dr aucky, bt yang pertama juga sama dr aucky, dokternya baik, tapi ya itu seringkali karena banyak pasien dia itu buru buru banget, itu nisa alamin waktu bt yang pertama…. tapi pada bt berikutnya, dokternya lebih meluangkan waktunya mungkin karena bisa dibilang pasien lama kali ya…. tapi emang baeknya kita bt ama dokter yang sama sehingga gak mesih ulang dari awal ya…

    sebenarnya nisa nyoba program bt ini udah 3 kali, ketiganya ama dr aucky, yang pertama setelah 5 kali suntik bt hrs distop karena estradiolnya ga ningkat sama sekali (itu buoan juni 2009), abis itu dikasih obat dan bulan depan coba lagi, dan berhasil ampe et dan sempet positif tapi bhcg cuman 30 dan 10 hari setelah tes bhcg, keluar lagi :(, dan sekarang ini proses bt yang kedua yang berhasil sampai tahap et, semoga aja abis ini kejadiannya lebih indah dari yang lalu lalu ya…

    nisa ikutan bt karena nisa kena endometriosis parah, juga tubanya buntu keduanya…. karena itu jalan satu-satunya ya harus bt, ya itu berdasarkan perhitungan manusia ya… tapi nisa punya tante, dia juga tubanya buntu keduanya dan harus ikutan bt juga, tapi karena faktor biaya dll dsb, akhirnya tante itu gak bt tapi adopsi anak aja….. pada saat anak2nya udah pada gede (smp dan sd) dan dia udah umur 46 tahun, dia ngerasa mensnya sedikit dan berhenti 3 bulan, si tante mikir dia masuk tahap menopos, jadi dia ke dokter buat minta obat untuk memperlambat proses menopos itu, eh taunya malah dia hamil dan sekarang udah melahirkan…. nisa berharap semoga Allah juga ngasih keajaiban buat kita semua yang sedang berjuang ya…doain ya non….

    kalo non sendiri kenapa ikutan bt ???

  13. windha

    To: non
    Aku program bayi tabunggya di bali, pernah program dgn dr aucky tp
    Pada hour ke 5 estradiol ku turun dan telor tdk berkembang
    To : nisa
    Mudah2an hasilnya positif ya

  14. non

    to : Nisa

    dear nisa…
    waah…seneng bgt baca pengalaman tantena nisa,mudah2an qta juga bisa dapet miracle kaya’ tantenya nisa itu yaa… Amiin… 🙂
    emang kalo udh saatnya Allah mau ngasih,ngga ada yg ngga mungkin ya nis.. walopun kalo menurut teori kedokteran udh ga mungkin..
    so, qta jgn berhenti berharap ya say… Insya Allah qta jg akan mendapat keajaiban seperti tantena nisa.. Amiin.. 🙂
    nisa selama abis ET ini harus relax, ga boleh stress, pokoke nisa mikir yg seneng2 aja deeh… non yakin insya Allah nisa berhasil.. Amiin..

    non harus BT, krn non ada endometriosis jg nis, udh parah, udh 2 x LO & Laparatomy jg…
    Laparotomy terakhir ya sama dr.NG, BT 1 jg ama dr itu, makanya non mau lanjut BT 2 ama dia ajah, secara dia udh punya medical recordnya non…walopun dr.nya galak…heheh…

    nisa, non do’ain smoga success yah.., nisa pasti bisaa…. nisa harus yakin yaa.. 🙂

  15. Nisa

    to winda,
    winda makasih ya atas doanya…. walopun sekarang jadi makin deg degan nih

    to non,
    wah nisa juga seperti non, udah LO 1 kali dan laparatomi 2 kali, ya tapi ajah sepertinya endometriosisnya gak mau lepas… kata orang-orang yang suka kena endometriosis orangnya suka stressan, kalo nisa emang iya, kalo non gimana ?? suka stress juga ga ??

    hari ini (3/9) nisa baru ajah pulang dari suntuik pregnyil yang ketiga, dan pada saat suntik ketemu ama salah satu pasien juga yang waktu opu sempet bareng…. dan pas nisa tanya dia ngerasa apa, dia bilang kalo dia ngerasa payudaranynya mengeras dan ada flek sedikit… yang dimana kalo nisa baca itu tanda2 baik kehamilan, dan pada nisa sendiri minim tanda tanda seperti itu…. jadi aja stress lageeeeeeee…. gaswat jg nih, masak utk menghindri stress harus puasa ngomong ??? untung ya ada forum seperti ini, jadi bisa numpahin perasaan dan juga kalo gak mau ngomong… kitanya tinggal dienm aja gak usah posting hehehe…

    nisa sempet nanya ama suster, kok saya gak dapet tanda-tanda yang seperti itu ya ?? dan susternya bilang kalo itu beda2 tiap orang, tapi tetep ajah degdegan itu gak ilang…. temen2 ada yang tau gak… apa ada yang habis ET terus ngerasa biasa biasa ajah… tapi pas tes darah positif ??? yang tau tolong sharing ya, supaya nisa bisa tenang….

    makasih semuanya…

  16. agie

    @Non:
    Betul non, demi baby apa aja dijabanin ya… program ini perlu waktu, uang, tenaga dan pikiran yang ga sedikit… dokter galak juga cuek ajah, yang penting program bisa sukses… ?

    @ Nisa:
    Salam kenal…

    Kasusku juga sama dengan non & nisa. Ada kista endometriosis (sudah stage III) dan miom dan pernah di LO juga. Aku juga ada adenomiosis.. ? lengkap deh semua berkumpul jadi satu, kayak reunian aja… ? rencana aku ikut BT di abdi waluyo dengan dr. Karel bulan September ini (setelah program sebelumnya dihentikan)

    nisa, setahu aku endometriosis memang bisa tumbuh lagi. Penyebabnya dokter sendiri juga belum tau. Mungkin stress salah satu pemicunya juga…

    Menunggu raport memang membuat stress… aku dulu juga stress waktu ikut inseminasi (yang akhirnya hasilnya negatif). Jadi menurut aku, deg2an itu hal yang wajar bagi yang sedang ikut program seperti kita. Kalau tanda memang masing2 orang berbeda2. Ada yang ga ngerasa apa2 ternyata hamil, ada juga yang dada terasa kencang… Banyak berdoa, positif thingking ya win, stress boleh tapi sedikit aja… Semoga hasilnya positif… ?

  17. Linda tobink

    Hi martha…,senang kamu bs berbagi dsini…,awalnya aq jd pengen berbagi jg dsni,setelah aq memperoleh banyak insipirasi dr web ini…,makasih skali buat penggagasnya..,krn dr qt sama n prosedur ampir sama serta jadwal ET sama,bedanya aq paginya n ternyata kamu malam..,tinggal nungu raport yah tgl 13 sept ini….,semoga qt bs samasama berhasil…,thanks untuk semua tim dr.Binarwan Halim

  18. non

    to : nisa & agie
    dear nisa & agie…
    yah sama kita ya nis… sesama anggota endometriosis club nih…hiks.. 🙁
    non jg stress-an orangnya nis, apa2 dipikirin, apa2 dikhawatirin… mungkin iya yah, salah satu penyebab endo itu krn stress…soalnya yg non tahu, penyebab endo selaen emang udh dr sononya, gaya hidup yg ngga sehat jg bisa jadi pemicu. gaya hidup yg ngga sehat ya salah satunya ya streess…
    soo… ayo sekarang sbg sesama penderita endo kita harus bisa mulai hidup bebas stress..
    (walopun susah bgt sih utk g stress disaat kaya’ gini) tp come on girls…kita pasti bisa..!
    hehehe… 😉

  19. irene

    buat Nisa….

    hi Nisa…saya mau share pengalaman saya…saya sudah 4 kali bayi tabung dan sudah mengalami beberapa kali kegagalan. jadinya saya sangat mengerti apa yang dirasakan Nisa dan teman2 sekalian.

    pada saat menunggu hasil bayi tabung saya yang terakhir, saya tidak merasakan gejala apa2, payudara tidak kencang, tidak mual, tidak ada flek, tidak ngantuk, temperature tidak naik, sama sekali biasa2 saja. waktu itu saya sudah hopeless dan berpikir tidak akan positif. lalu pada hari yang ditentukan untuk test, saya test urine dan darah ternyata hasilnya positif. barulah saya mulai merasakan kram di perut seperti mau haid dan bersin2… sesudah itu seminggu kemudian baru mulai mual dan muntah2. payudara saya sama sekali tidak kencang dan tidak ada flek sedikit pun selama kehamilan 9 bulan. intinya, setiap orang itu berbeda2. saya sarankan jangan terlalu stress, take it easy saja, yang penting terus berusaha, jangan terlalu mempercayai yang dibaca di internet 100% dan jangan banyak membandingkan dengan orang lain.

    kalo baca di internet, wahh…bisa tambah pusing…katanya gejala hamil yaitu temperature harus naik, payudara biasanya sakit, terus baru telat sehari sudah mual, ada yang bilang bisa keputihan, atau ngantuk terus. saya tidak mengalami semua itu. sepertinya setiap orang itu berbeda2 ya….semangat terus ya…dan good luck semua 🙂

  20. Nisa

    to : non dan agie
    ternyata kita emang senasib ya korban endometriosis…. semoga tubuh kita bisa mengalahkan endometriosis ini ya, semoga kita diberi kehamilan yang akan memberikan kita keturunan dan juga akan menghambat laju pertumbuhan endometriosis itu ya….. aminn dan semoga rasa gampang stress itu bisa berubah jadi lebih santei….

    to : irene
    salam kenal irenen, nisa jadi baca posting irenen berulang-ulang, karena nisa ngerasa ada harapan pas baca postingnya irene, selama ini nisa megangin payudara terus, berharap aduh sakit donk sakit…. ato gak nisa mensugesti diri nisa sendiri supaya mual…. ngaco kan… terus nisa berusaha utk kembung…. tapi ga bisa karena nisa kentut terus… karena dari dulu emang nisa sering kentut… sekarang dengan baca keterangan dari irene… nisa lebih tenang, makasih banget atas postingnya… dan sekarang gimana kabar kehamilannya ?? apa udah lahiran ??

  21. irene

    buat Nisa dan teman2 lain

    iya..saya sudah lahiran…baby saya sudah 3 bulan ..hehe…rasanya gak percaya akhirnya bisa punya baby juga…perjuangan saya dan stress saya sudah terlalu berkepanjangan…bayangkan saja saya sudah bt 4 kali, laparoscopy 3 kali, laparatomi 1 kali, dikuret sekali, hamil di luar kandungan juga sekali, indung telur saya juga sudah dibuang satu karena kista…ini semua membuat saya stress berat.

    tapi yach..yang namanya stress itu memang gak bisa hilang kok
    belum punya anak…stress….hamil…stress…menjelang melahirkan stress…babynya udah lahir…stress…skg perkembangannya sudah sesuai belum..stress…nanti anaknya udah gede…stress lagi mikirin sekolahnya…hehehe

    memang yang namanya stress itu semua orang mengalami dan terus akan mengalaminya…selama masih hidup, kita tidak akan pernah lepas dari stress…jadi enjoy saja 🙂

    saya jadi teringat2, dulu kalo sebelum test juga kayak nisa, suka ngerasa dimual2in seolah2 pengen dimuntah2in….kayaknya kepengen banget bisa muntah, tapi malah negatif. santai saja..kalo memang waktunya sudah tiba, yang namanya morning sickness itu akan muncul sendiri dan parah banget. tapi sekali lagi, tiap orang beda2 ya..ada yang gak muntah sama sekali kok

    saya juga setiap hari ukur temperature menjelang test, sehari bisa beberapa kali, giliran drop sedikit udah sedih
    nah…bayi tabung saya yang terakhir saya sudah hopeless loh, karena katanya kualitas embryo saya agak lambat, oleh karena itu saya sudah gak ngukurin temperature atau ngapa2in lagi…eh..malah tak diduga malah berhasil :PP

    tetap semangat semua !!!

  22. martha

    to : all
    salam kenal…terima kasih atas doa dan dukungan dari teman2 semua……

    To : Linda tobink

    kak linda, setelah cek darah hari ke 8 OPU, hasilnya gimana ?
    Punya istri saya test Progesteron hasilnya = 42, jadi kata suster harus ditambah suntikannya , semua jadi 3 ampul dan di tambah lagi 1 suntikan ( pregnil ) setiap 3 hari sekali…

  23. vita

    @agie: hai agie salam kenal yah.. sy lg rencana bt juga mgkn stlh lebaran. sy jg dulu ada endometriosis n udah dilaparotomi th 2007.tp sampe skrg blm berhasil hamil.. sy juga didiagnosa ada adenomiosis di rahim.kmrn disuntik zoladex slm 3 bln.kamu ada adenomiosis didaerah mana? apa bisa hilang adenomiosisnya? rencana bt dimana? sy periksa di jakarta dgn beberapa dokter ga terdeteksi ada adenomiosis. n akhirnya baru tau stlh periksa di penang..

  24. Nisa

    to : irene

    iya ya, setress itu gak akan pernah lepas dari kehidupan…. jadi emang harus enjoy ya….. dan nisa yakin walopun sekarang irene lagi stress ngurusan sanng buah hati…. tapi irene pasti bahagia banget dah jadi seorang ibu….. semoga nisa juga bisa dapat kebahagiaan seperti irene ya….

    doain nisa ya… pengumumannya besok nih…. semoga dapat kabar gembira nisanya… aminnnn

  25. agie

    @Nisa & Non:

    Boleh juga niy, kita kasih nama endometriosis club…hahaha.. memang menyebalkan penyakit yang satu ini, suka tumbuh/ kambuh lagi… penyakit yang bikin aku dulu putus sama pacar, gara2 dia takut ga bisa punya anak… (Untung sekarang dapat gantinya yang lebih baik tentunya…).

    Tetap semangat ya guys, semoga penyakit hilang dan baby didapat… amien.. amien!! Khusus untuk nisa: semoga rapornya bagus, jangan terlalu stress ya…

    @Irene:

    Selamat ya Irene… akhirnya perjuanganmu berbuah manis.. semoga cepat menular ke kami2 ini… amien

    @Vita:

    Salam kenal Vita.. adenomiosisku juga di dalam rahim. Tidak bisa dioperasi karena kalau kista/ miom itu bentuknya bulat, kalau adenomiosis bentuknya gepeng/ menyatu di jaringan rahim. Kalau dioperasi malah nanti rahimnya ikut terkikis. Bisa juga sih dibakar, kalau tidak salah namanya meolisis atau apa gitu. Nah kalo aku dulu disuntik tapros 3 bulan, harapannya supaya adenomiosisnya mengecil/ hilang…

    Aku rencana BT di abdi waluyo dengan dr. Karel. Dulu periksa di Jakarta dengan dokter siapa? Kalau Vita mau BT di Penang atau dimana? Rencananya ambil yang long protocol atau short atau siklus alami saja? semoga lancar.. jangan lupa share ya…

  26. non

    to : Agie…

    dear agie.. iya nih, kita anggota endometriosis club…
    tq supportnya agie..
    yg penting kita harus berjuang terus.. ga boleh kalah ama endo yg nyebelin ini… ya kan guys… hehehe… 🙂
    tetep semangat yaah.. 😉
    smoga kita semua berhasil jadi mama…Amiin…. Amiin..

    especially to NISA ;

    Besok hasil raportnya ya say?
    Non do’akan smoga nisa berhasil yaa… smoga nisa positif hamil… Amiin… 🙂
    ntar kabar2i ya buu… 🙂

    to ; irene

    Selamat ya irene…udah jadi mama… 🙂
    do’akan kami semua nyusul irene jd mama jg yaah 🙂

  27. vita

    @angie: wah sama donk sy juga disuntik zoladex (kyk tapros) menghentikan mens slama 3 bln.tp kenyataannya di bulan ke5 baru dpt mens. di jakarta sih dah byk dokter yang aku datengin di rs family n di rs pik.tp ga ada satupun yg blg ada adenomiosis.padahal yg di rs pik aku sempat program 3 kali insem n di rs family 2 kali insem.tapi kok ga ada yg blg ada adenomiosis buat kepastiannya..bingung deh sampe dokter di penang blg kl adenomiosisku sdh ada tahunan..ampe dua dokter ak datengin nah heran deh dgn dokter sini.. sy sih blm ke penang lg.ini lg nunggu dtg mens baru brangkat u/ cek kondisi terbaru.km stlh suntik tapros akhirnya menghilang ga adenomisisnya? kpn km disuntik? trus u/ persiapan bt nya semua kondisi sdh bagus? mnrt dokter di penang kl ada adenomiosis susah u/ hamil.kpn rencana bt? aku rencana bt di penang.abis udah ilfil dgn dokter sini.oh ya km ke dokter mana yg menyatakan ada adenomiosis?

  28. Nisa

    Halo temans…

    kemaren nisa udah terima raport…. tapi hasilnya positif dengan bhcg 14, sangat rendah…. dan hormon progesteronnya 9, pada saat konsul dokter aucky cuman bilang kalo ini kemungkinan besar sekali akan keluar sendiri jadi nisa juga gak disutik penguat lagi ato dikasihoabt apapun …. ya sedih banget… dan sekarang nisa cuman pasrah dan berdoa semoga apapun yang dikasih oleh Allah, nisa bisa iklas nerimanya…. minta doanya juga ya teman2….

    semoga non, agie, dan teman2 lainnya yang lagi berjuang…. akan mendapatkan kabar yang lebih membahagiakan ya…. semoga kita semua yang telah ingin sekali jadi ibu.. bisa dikabulkan keinginannya… aminnn

  29. non

    to : nisa…

    Amiiin….
    Dear nisa…
    Nisa sayang… jangan sedih yaa… selama mensnya belon keluar masih ada harapan kan…?
    Berdo’a teruss… karena ga da yg ngga mungkin menurut Allah SWT.
    Yakin aja apa pun hasilnya nanti itulah yang terbaik utk saat ini menurut Allah SWT….
    Kalopun belon berhasil, Nisa masih bisa nyoba lagi kan say…
    Jangan sedih ya nisa sayaang…tetep semangat…. kita saling mendoakan yaah say…. 🙂

  30. linda tobink

    to pak martha,hsl progesteron sya 106,5 jd dosis tetap 100,ga ada tambhan,hanya saja hr ini saya dsuruh k dokter untuk ambil suntik tambahan n ada suntik tambahan,tp saya lum tau apa…,tetap berdoa yah…,smoga sukses buat qt..

  31. martha

    to : linda tobink

    kak linda, setelah ET ada gejala2 mual atau gimana ? Istri saya katannya tidak terasa apa2, biasa2 aja.wa jadi bingung nih.

    oh ya, Cek darah hari ke2 waktu OPU, progesteronnya berapa ?
    ada waktu bisa chat ama istri saya , martha0283@ymail.com

  32. Anggi

    @non : halo non, met kenal juga…untuk BT kedua aku jg rencana di Penang aja, bole donk sharing

    @nisa : sabar ya sist, rasanya memang sedih banget, karena aku uda ngalamin tapi tetap kuat dan semangat..okeyy

    @martha dan linda tobing
    semoga tgl 13 september ini dapat kabar baik…Aminnn

    @irene : salut buat kesabarannya…Tuhan berikan jawaban doa tepat waktunya….

  33. linda tobink

    @kak martha….gimana kabarnya???klu gejala sampe skrg ga ngarasa ada perubahan apaapa..,klu rada keram perut bawah kadang suka datang,tp saya sebelum opu kmaren suka gtu kt dr.bin g
    a papa…,kabarkabarin yah…
    @anggi: doain yah…makasih

  34. linda tobink

    @martha…,kak martha..dah ku add ym nya..,tp belum d respon tuch..,hsl proges hr kedua stlh opu sekitar seratusan jg…aku lupa krn hsl ada d dokter

  35. Martha

    @ linda tobink
    Kak,Berarti besok donk, lihat hasilnya. Udah testpack sendiri di rumah ?

    Saya tgl 14 br cek darah.
    Ym nya udah di add. Kapan ada waktu bisa chat ?

    Thks banget untuk teman2 yg sudah mendoain kita berdua…….

  36. linda tobink

    @martha:duh..,bingung kak,BHCG ku cuman 53,5..,kt suster positif(diatas 7 hsl positif) tp rentan(karna dibawah 100),jd besok dganti suntikannya,ga progest lg,2 mg lg usg ngeliat perkembangan embrio..,tinggal nunggu mujizat aja nih kak,progesku cuman 51,6..,kak martha besok yah..,semoga sukses..,saya doakan..amin

  37. Martha

    @linda tobink, selamat kak linda, yang penting sudah ada titik terang.permulaan yg baik. Semangat dan tetap semangat……bsk giliran saya…….deg2 kan nih. Oh ya kak linda ada jumpa dgn dokternya ?

  38. martha

    @linda tobink and @windah
    sedih dan bingung….hasil test darah BHCG saya 9,4 sangat rendah dan terendah ( normal 9 s/d 130 ) dan hormon progesteron cuma 52.kata suster kalo di atas 9 dinyatakan positif tapi sangat rentan. Untuk kepastian nya harus tunggu 2 minggu berikutnya. Seandainya dalam 2 mgg ini datang mens, berarti gagal,kalo tidak , 2 mgg lagi USG untuk lihat perkembangan embrio.Obat tambahan yg dikasih, sama dengan py kak linda.Tapi sy msh harus tetap bersyukur karena masih di nyatakan posifif, setidaknya ada setiitik harapan………………………….

  39. Agie

    @Vita:
    Waktu operasi laparaskopi dengan dr. Wachyu (Januari 2005) aku sudah dinyatakan adenomiosis. USG dengan dr. Bowo sekitar Februari 2010 adenomiosisnya ada lagi. Suntik 3 bulan, adenomiosisnya sudah ga kelihatan waktu di USG. Memang kalau ada adenomiosisnya agak susah hamil karena janinnya tidak bisa nempel (karena kehalang adenomiosisnya). Aku sudah mulai di abdi waluyo dengan dr. Karel, baru tahap stimulasi hormon. Vita kira2 mau ambil program long protocol atau short protocol? Sudah persiapan apa aja untuk BT (barangkali terapi akupunktur atau minum supplement)?

    @Nisa:
    Tetap optimis ya nisa…. Benar kata Non, selagi belum dapat mens, masih ada harapan… banyak berdoa ya say…

    @Irene:
    Selamat ya jeng… akhirnya dream comes true. Semoga kami bisa menyusul menjadi mama seperti Irene.. amien

    @Anggi:
    Salam kenal. Wah nama kita hampir sama… nasib juga serupa, masih berjuang untuk menjadi mama. Aku sedang mulai (lagi) program BT (setelah yang pertama dihentikan saat masih stimulasi hormone). Saling sharing ya say. Saling mendoakan juga… mudah2an program kita lancar…

    @Linda:
    Selamat ya say… hasilnya sudah positif. Sudah ada harapan… semoga lancar sampai melahirkan

    @Martha:
    Selama mens belum datang, tetap semangat… harapan itu masih ada. Banyak berdoa ya Martha…

  40. vita

    @agie: sy blm tau mau long protocol atau short protocol,soalnya belom ke dokter lagi.. stlh penyuntikkan zoladex kmrn baru dapet mens lg bulan agustus awal, tp ampe skrg blm dapet mens ke-2 jadi belum ke dokter.. stlh suntik itu kamu bulan ke 4 lgs mens teratur atau tidak? sy lg bingung nih kok mens nya belum dtg2.. hehe.. sudah di test pack tapi negatif..moga2 proses nya berjalan lancar yah.

  41. Anggi

    martha dan linda…selamat uda positif, kalo memang Tuhan berkenan, maka “yang didalam” pasti bertahan, kami ikut doakan ya…
    sekalian aku mau tanya ni..gimana sih penilaian teman2 dengan sikap suster2 di dr.bin, kalo aku tidak terlalu sreg, soalnya mrk kadang ga respon sama pasien dan saat bekerja kadang suka ngobrol dan ga merhatiin pasien, pas dokter datang baru semua diam, makanya ntar kalo mau BT lagi, ga mau di dr.Bin lagi…

    agie : tetap semangat ya saiii dan terus share gimana perkembangan programmya, yg penting tetap berdoa dan pasrahkan pada Tuhan, God Bless…

  42. Dian lestari

    Wah banyak pengalaman yg disharing semoga kita semua bisa hamil juga dan merasakan gimana punya anak…..:) Dari segi financial memang menghabiskan 50-70 juta rupiah itu lazim sekali di mana kita juga bisa pegang peran dalam memilih sumber obat2an yg kita beli, contohnya, jikaa beli obat jangan di rumah sakit, di apotik yg ditunjuk aja seperti di medika center, apotik specialty yg di rekomendasi dokter-dokter bayi tabung. karena dengan begitu otomatis biaya2 obat2an sudah bisa hemat 5-8 jutaan. Di mana di apotik biasanya tidak ada biaya suntik dan jauh lebih murah.

    Bisa hubungi apotik medika center 021 5695 7245 atau 081927740999 untuk langsung order. Triknya begini, mintalah resep dengan dokter dengan alasan ingin tau obat2an apa aja yg dipakai saat IVF protokol. Jika sudah dikasih tau obatnya kita bisa lebih merincikan pengeluaran obat2an tersebut. Dokter yg cermat biasanya bisa menjelaskan fungsi masing-masing dari obat2an yg diresepkan tersebut berikut dosisnya karena itu juga akan menentukan kesuksesan dari proses bayi tabung ini.

    Salam sukses buat semuanya.
    -Lestari

  43. Setya

    Hi semua..mau ikt share jg..
    Ak udh BT yg pertama,hsl bhcg ku kmrn cm 41,6. Ak sempat merasakan hamil smp mendengar detak jantung janinku jg di mgg ke 6.tp pd minggu ke-8 dan 9,janinku dblg bhenti bkembang.rasanya hatiku sakit bgt.pdhl selama ini tdk pernh ad perdarahan ataupun flek sm skali.Apa ad yg pernh mengalami ini?soalny kmrn cek up ku yg terakhr.haruskah ak 2nd opinion k dktr lain?
    @irene:selamat ya atas kehamilannya..btw,km pernh blg kalo kualitas embrio nya lambat,mksdnya apa?
    @linda:selamat ya positif,bhcg nya malah di atas ak.mudah2an baby nya survive n ga ngalamin gagal bkembang ky ak..support terus dg mknn yg bgizi n jgn terlalu kecapean n stres..sukses ya..

  44. Lusi

    Met knl semau…… To:linda en martha pa kbr uda usg…..semoga baik dan lancar sampe melahirkan. @anggi pa kbr ud mulai ikut bt nya….? Mo nanya ni…apa anggi pernah ikt bt sm dr bin…? Sy uda pernah ikt bt 1x tp ggl……

  45. Martha

    to all friends :
    thanks banget atas support dan doanya, tapi yg maha kuasa belum mengizinkan……sedih banget….
    rencana akan mulai thraw cycle pada mens kedua bulan depan…..jangan menyerah…embrio saya masih ada 5.
    {sedikit info , kak linda nya juga sama ,mgkn setelah agak sehat, beliau mau sharing kepada kita }

  46. Lusi

    @marta semoga thaw cycle nanti sukses. Mo nanya ni,di dr bin yg ikut bt banyak yg berhasil nga…? Sy rencn pingin ikt bt dimdn,tp masih tkt lg atas keggl dl.

  47. martha

    @Lusi :
    Kalo dari info yang saya dapat dr. bin punya track record yang bagus.
    Cuma ada cumanya……, pelayanannya kurang memuaskan baik dari dokternya maupun dari susternya.Soalnya jadwalnya sangat padat dan tempatnya cukup sempit dan ruang prosedurnya sangat terbatas.Apalagi saya dari Pekanbaru, jadi harus bolak balik naik pesawat,kadang udah janji dengan dokternya. eh malah keluar kota pula………jadi jengkel……belum lagi masalah konsultasi……udah bayar mahal2 …pelayanannya kayak begini.
    Pernah saya usulkan buat kamar2 agar pasien bisa rawat nginap diklinik, jadi bisa menghemat waktu dan biaya.cth : kalo sore jadwal nya padat bisa konsultasi di pagi atau siang harinya.soalnya rumah dokternya di kliniknya.

    Sebulan dr. bin rata2 melayani pasien bt 10 s/d 20 org.
    Ya, demi anak, jadi agak bersabar loh….
    dulu bt dimana ? dengan dokter ?

    Kalo saran saya mau ikut bt, atur bulannya. hindari bulan2 yang banyak liburnya, karena dokternya pasti byk keluar kota.
    Umurnya berapa ? semakin muda tingkat keberhasilan semakin tinggi, jadi jangan tunda2 lagi,selagi ada biaya tentunya.

  48. Lusi

    @martha: trims atas sarannya. Sy umurnya mau 32thn ni…thn2008 w bt diharkit,tp ggl hamil. Martha…hbs brp kira2 bt didr bin dgn biaya akomodasi…? Kemarin wkt bt tggl dimn…?

  49. martha

    TO Lusi :

    Kalo biaya program btnya sekitar 33 jt utk istri umur 35 thn kebawah,(obat suntik pertama,USG,OPU,ET,suntik penguat rahim tidak termasuk cek darah dan embrio freeze).
    Dari konsultasi pertama sampai proses et saya menghabiskan biaya hampir 70jt, pada waktu konsultasi saya tinggal dihotel ( wisma sederhana 200ribu/hari )dan pada saat udah masuk program saya baru kost (2,5jt / bulan)usahakan cari kost yg nyaman, agak mahal ngk2 apa2 karena kita kita butuh bed rest lama.Untuk lengkapnya bisa baca di blog ini ” Pengalaman keluarga martha sampai sesudah ET ” tgl 28 Augst 2010.

    oh ya kak lusi tinggal dimana ? dan bt di rumah sakit mana kemarin ?

  50. Lusi

    To: marta wa tinggl diaceh, bt 1 dijkt harapan kita. Wa lama menikah 10thn,wa masalahnya disperma suami yg sangat2 sedikit. biaya 70jt uda biaya semuanya termasuk tkt plg-perg jg penginapan?

  51. henny

    hi…saya ikutin blog ini dah lama,sempat vakum 1 bulan baru mau aktif lagi,
    untuk Nisa,Agi n teman2 endom club : aku juga sama dgn kalian.Komplit , lengkap smua :kista, endom, adenom , (disingkat aja ya ,malauuuu”)dah laparascopy 2 kali dan mungkin ini mau ke 3 …. aku barusan selesai suntik endometril (semacam tapros) 3 bulan, menunggu haid setelah suntik.aku dah 10 tahun married, punya anak 1(adopt child) hehe,sdh proses BT di dr karel.terakhir saya dpt obat hormon diminum selama 40 hari sambil menunggu haid ….rencana sabtu ke dr karel lagi.Belum tahu keptusannya.Tapi mau tidak mau , suka tdk suka aku harus menjalani proses ini.ya!!kalo ga nau kehilangan rahim…tadinya aku dah pasrah.krn dgn memiliki anak adopsi aku ckp bahagia dgn malaikat kecilku.Tapi penyakit endom paket tsb membuatku ga bisa lagi melakukan aktifitas misalnya bekerja dll.karena stiap bulan hrs dilarikan ke RS, terakhir pake obat via dubur selama 3 bulan.oh God…oleh dr disarankan operasi angkat rahimm?????ya nasib….apa bolleh bwt, sprti komitmenku yg pernah aku tulis di blog ini…kalo uangku tdk mencukupi selama proses BT, terpaksa jual mobil.prinsipnya mobil masih bisa dibeli lagi (jika ada uang sich….heheh).tapi kesehatan sangat mahal harganya…..kalo suamiku sich ga terlalu getol mau ngikut proses BT…cuman syukur dia mau ngikutin aja/nurut gitu ….jadi smua keputusan dari aku, oleh aku dan untuk dia eh salah,untuk aku….

    so sobat endom, jangan berkecil hati, ada banyak teman endoms yg bisa hamil koq.smua Tuhan yang atur. Yang penting tetep berusaha ya.ok semoga sukses smuanya

  52. Asti

    @ martha : aku baru baca post kamu ini, wah panjang dan detail ceritanya ya, aku serius bacanya sambil membayangkan prosesnya seperti apa nanti kalau aku jadi BT. berarti sekitar 1-2 bulan memang harus fokus ya, masalahnya aku kerja, dan cutinya gak dpt banyak. apa aku harus leave without paid dari kantor ya, kalau berhenti kerja kayaknya belum dulu deh, hehehe…
    sukses untuk BT ke-2 nya ya martha, ditunggu ceritanya lagi.. good luck martha.

  53. Tini

    @ henny
    hai henny, kenalin aq tini, sbenernya aq ngikutin postinganmu yg sbelumnya. Aq jg tinggal di bogor, sbelum darmaga. Aq jg niat bt di dr karel, krn kyanya beliau yg paling trjangkau utk dompetqu. Aq jg pnderita endomet, pernah laparotomy kista endomet th 2007. Nikah udah mau 7th. Henny tinggal di mana di bogornya? Mudah2an proses bt nya berhasil ya..

  54. Agie

    All… I’m back setelah lama ga aktif..

    @Vita: setelah suntik bulan ke 4 langsung mens walaupun sedikit, bulan ke 5 baru mens seperti biasa.. makasih doanya say. Sharing programnya ya jeng… semoga lancar jaya..

    @Anggi: amien! Semangat semangat semangat… good luck to you too darling..

    @Martha: semoga thraw cycle-nya sukses ya say..

    @Henny: welcome to the club…. Dulu aku juga disuruh angkat rahim oleh dr. Yudi. Aku jawab no way lah dok, aku masih mau coba lagi… Aku sabtu ini (9 Oktober) juga akan ke dr. Karel lagi… boleh minta alamat emailnya? Kali aja bisa janjian… via YM.

  55. martha

    @ asti :
    Sebenarnya ikut bt tanpa meninggalkan pekerjaan bisa juga,dengan syarat ada rumah sakit/klinik bt di kota tempat tinggal anda. Kalo saya harus ke luar kota , agak repot.

    Dari mulai masuk program sampai mau opu, bisa menjalankan aktivitas seperti biasa.Memang prosesnya mau 1 s/d 2 bln tapi yg paling penting waktu OPU dan setelah ET.

    Paling butuh waktu 1 minggu cuti utk proses pentingnya (hari pertama OPU,hari ketiga ET dan terus istirahat total 4 hari)

    Kalo memang pingin ikut bt, harus susun rencana dulu dan jangan tunda terlalu lama,karena waktu jalan terus.Ingat usia yang paling menentukan.
    Good luck……

  56. nita

    hai smua… salam kenal…

    aku 30 thn udh nikah ampir 7 thn. tahun lalu pernah ikut insem d penang, tapi gagal 🙁 trs udh konsul dan ikut program dgn berbagai macam dokter kandungan di Medan, yg akhirnya malah membuat badan ku smakin melaaaar aja 😀 (dikasi obat penyubur, malah yg jd subur badannya)

    trus rencananya tahun depan mau insem k2 ato langsung BT aja. ada rekom gk dokter mana yg bagus utk BT di Medan selain dr.Bin ?

    makasih sebelumnya yaaaa….

  57. lia

    dear mbak martha,
    gmn rencana BT yg ke 2? sy ikutan BT jg dgn dr.bin. mgkn bsk baru ET. skrg kalo habis ET bs bedrest di RS kak, udah jauh lebih bagus… jd ntar kalo kk BT udah enak loh…
    tetap semangat ya kak..

  58. lia

    @nita:
    lebih kurang 38 jtan belum termasuk cek darah dan obat tambahan untuk suami dan untuk istri juga. mgkn sekitar 42 jt gitu… mbak lia domisili dmn? kalo sy di medan jd tidak perlu biaya tiket dan penginapan. hr ini udah hari ke 4 setelah ET. hasil nya tgl 5 jan nanti baru ketahuan. oiya, hbs ET saya bedrest di RS loh 2hari..

  59. nita

    @ mbak lia : saya tinggal d medan jg mbak. Mbak lia medan d mananya? Saya udh pernah 2x konsul k dr.bin dikasi obt2 dulu slama sebulan ini, trus diliat lg apa perlu insem. Mbak lia ada alamat email, ym ato pin bb? Tlg infonya ya mbak. Sapa tau bisa tukar2 info ntar. Makasih ya mbak 🙂

  60. chimla

    halo semuanya…
    apa ada yang bisa sharing ke saya tentang pengalaman ikut program bayi tabung baru2 ini bersama dr.Binarwan Halim, manatau ada kemajuan pelayanan dan perubahan perkiraan biaya yang diperlukan untuk proses bayi tabung..saya dan suami sedang memikirkan untuk ikut program bt dengan dr bin..thx

  61. pepy

    Halo semua,,sy minta tolong info kost2an di medan yg tidak jauh dengan stela maris donk,,soalny sy uda hrs stay di medan 2 mingguan lg,,makasi sblmnya ya

  62. Martha

    @pepy :

    Ibu Pepy berasal dari mana ?

    kalo di medan ingin stay ada 2 tempat yang bagus ,yaitu :
    1. wisma sederhana,jl selatpanjang, harganya cukup hemat,pelayanan nya juga cukup bagus serta bisa jemput di bandara atau stasion kereta api,kecuali stasion bus. Dan yang paling penting gampang mencari makan di sekitar wisma.telp : 061-4159223

    2. Kost elite di depan Thamrin plaza medan, harganya setengah dari harga hotel. tapi harus sewa min.per bulan. saya pernah nego minta sewa 2 minggu, itu pun pemiliknya kurang begitu mau.Enaknya di sana , gampang mencari kebutuhan karena Thamrin plaza dan pasar sukaramai berada pas di depan kos. jadi kemana-mana cukup jalan kaki saja.

    Saran saya kalo masih konsul sampai OPU ,belum sampai tahap ET, lebih baik sewa hotel di wisma sederhana saja, dan tempat nya ke klinik Dr. bin juga cukup dekat.

    met kenal.

  63. Martha

    Hello semua, saya suaminya Martha, setahun belakang ini , istri saya sedang sibuk. Karena sudah berhasil hamil dan melahirkan anak pertama ( perempuan ) di bulan April 2013, tahun ini 2014 bulan juni, akan kelahiran anak ke-2 laki2, sangat dekat kali ya…:D .Saya akan berbagi cerita kami, tp bukan sekarang, karena belum ada waktu dan mood.Tapi saya akan sharing cerita perjuangan kami.

  64. rose

    To Martha & kel : Selamat yaa…seneng banged akhirny perjuangan berakhir bahagia..udah mau 2 lg ya..wuih senengnya bs sepasang sebentar lg…btw,itu tetep lanjut di dr Bin yaa ? Soalny aq pny rencana malah pengen nyoba BT di dr Suryo Buwono di Pekanbaru (aq stay di medan & udah prnh promil di dr Bin)..pls give info dong mama / bpk Butet ?Makasih yaa sebelumnya..Gb

  65. Martha

    @Rose, thks atas selamatnya, sementara saya jadi juru ketik istri saya. Beliau lg sibuk jaga anak 😀

    sebenarnya istri saya bukan hamil setelah proses BT, kami sudah ET 2 kali, yg pertama fresh cycle dan kedua throw cycle. Malahan setelah selesai BT dan vakum konsultasi dokter selama 1 tahun, istri saya baru berhasil hamil normal.

    Setau saya di Pekanbaru belum ada Dr atau Rumah sakit yg bisa program BT. Kalo inseminasi ada, kami hampir mencobanya. tapi tidak jadi. nanggung. jadi lansung BT aja.
    Tapi ngk tau ya , kalo sekarang sudah ada di DR. Suryo, cuma BT nya di rumah sakit mana ??

    Kalo saran saya sih, kalo bisa sih BT nya di Malaysia saja. karena pengalaman saya dan istri saya , banyak di kecewakan dalam pelayanan program BT di Dr.Bin.Ini cuma saran, pilihan tetap kembali ke anda.

  66. rose

    @Martha ; thx yaa saranny…ternyata mmg yg berhasil lewat bantuan dr. Suryo yg byk q bc di blog ny bukan lewat bayi tabung..,melainkan hamil spontan/natural (td aq telp ke klinikny nanya)..aq yg salah menyimpulkan…hehehe..
    Hhmmm…kl dr Bin mmg aq cuma promil aja bbrp bln (gak puas dg pelayananny) trus ganti ke dr lain sampe tahap insem tp blon berhasil jg..mkny mulai terpikir utk BT..cm msh ragu dimn,,mmg terpikir jg sih lgsg cb ke Penang..nti deh discuss dl sm org rmh..thx yaa..enjoy ur time mama Butet..Gb

  67. Michael Henx

    Season 2…..

    5 september 2010, istri saya test Progesteron hasilnya = 42, jadi kata suster harus ditambah suntikannya , semua jadi 3 ampul dan di tambah lagi 1 suntikan ( pregnil ) setiap 3 hari sekali.

    13 september 2010, Saya bertelepon dengan istri saya di medan, beliau sedih dan bingung….hasil test darah BHCG istri saya 9,4 sangat rendah dan terendah ( normal 9 s/d 130 ) dan hormon progesteron cuma 52.kata suster kalo di atas 9 dinyatakan positif tapi sangat rentan. Untuk kepastian nya harus tunggu 2 minggu berikutnya. Seandainya dalam 2 mgg ini datang mens, berarti gagal,kalo tidak , 2 mgg lagi USG untuk lihat perkembangan embrio.Obat tambahan yg dikasih, Tapi sy msh harus tetap bersyukur karena masih di nyatakan posifif, setidaknya ada setiitik harapan………………………….

    29 september 2010, akhrinya istri saya datang mens, program bt fresh cycle ternyata gagal, rencana akan mulai thraw cycle pada mens hari ke-2 bulan depan embrio istri saya masih ada 5.

    Oktober 2010, proses thraw cycle sudah tidak dilakukan di klinik dokter, tapi di rumah sakit SM – Medan.Setelah kami konsul di klinik lalu di sepakati besoknya ET di rumah sakit. Lumayan fasilitasnya agak nyaman dan so pasti lebih mahal. tapi ngk apa-apa daripada watu ET di klinik, stress istri saya, ngk bisa bedrest dengan tenang, karena ruangan sangat terbatas. Istri saya menjalani ET pada malam hari jam 11 malam, dan seperti tetap harus banyak minum sampai sesak pipis. tapi ngk bole pipis. Tujuannya adalah pada saat sesak pipis, posisi ruang untuk meletakan embrio itu akan terbuka, jadi harus sengsara tahan pipis. Setelah ET, kami kembali ke kamar pasien untuk bed rest. Kami juga menanyakan dokter , apakah kami sudah bole pulang besaok. Dokter bilang bisa. Keesokan harinya kami pulang ke Pekanbaru.

    Sampai di rumah , senangnya minta ampun, sudah capek dengan yg dijalankan, tinggal tahap tunggu kabarnya. Di rumah bed rest seperti biasa, hanya bole bergerak seperlunya, seperti mandi dan makan. selebihnya tidak.

    Selama bed rest, istri saya tiap hari suntik penguat rahim , kasihan sekali, pinggulnya sampai bengkak dan biru. gimana ngk bengkak. hari ini suntik pinggul sebelah kanan besok sebelah kiri, sakit dan birunya belum sembuh, lusa di suntik lagi. Kami memanggil bidan atau suster setempat untuk membantu penyuntikan, karena saya sendiri ngk berani menyuntik kan. takut salah suntik.Memang perjuangan untuk bayi tabung bukan hanya masalah kesiapan uang saja, tapi kesiapan mental dan emosional harus ada. Terutama pada istri, kalo suami sih cuma ngasih sperma aja.Dan proses pengobatan suami cuma makan obat, kurangi stress dan berhenti merokok.

    Tanggal 15 Desember 2010, hari pengambilan test darah untuk mengetahui kehamilan. Hasil laporan labor menunjukan BHCG <0,10 . kami jadi binggung, jadi kami telepon ke klinik dokter b, beliau lg tidak ada di tempat, kami berbicara dengan susternya. Dan hasilnya TIDAK HAMIL.
    Hari itu terasa mau runtuh seluruh dunia, uang sudah pasti habis, tapi proses nya untuk menjalani program BT itu benar2 tidak gampang.Semua yang kami jalani dari awal sampai akhir tidak hasil sama sekali.Streeesssss………….Bagi saya yang sudah terjadi, biarlah berlalu, uang masih bisa dicari, setidaknya kami sudah mencoba. Tapi istri saya yang sedih, karena memang proses BT , peran istri memang lebih banyak, suami cuma ngasih sperma aja.
    Seminggu kemudian , istri saya datang mens dan dia menemukan sebuah potongan daging kecil kira-kira ukuran 1 cm, mungkin itu adalah embrio kami yang tidak berkembang.Istri saya sedih dan menangis. Waktu terima laporan , beliau masih belum begitu sedih, karena mungkin masih ada harapan." Manusia berusaha , Tuhan yang menentukan ". Kami sudah berusaha tapi mungkin doa kami belum terjawab oleh Tuhan.
    Dari pengalaman program BT walaupun kami gagal, kami bisa mengambil sisi posiitifnya, sbb:
    • Tidak ada penyesalan karena penasaran di kemudian hari, karena kami sudah mencoba BT.
    • sudah boleh pertimbangkan adopsi anak, tapi saya pribadi masih belum bersedia karena istri saya masih dibawah 40 thn.Jadi secara kedokteran ( dinding rahim ) masih mendukung.
    • sudah mengetahui dengan jelas penyebabnya.Ya salahnya di SUAMI.Karena selama ini banyak orang beranggapan masalah selalu salah di istri, tapi hal ini belum tentu kalo belum dilakukan pemeriksaan intensif.
    So, kedepan yang harus di obati adalah SAYA SENDIRI (SUAMI).Biarkan istri santai sejenak, karena sudah cukup capek proses BT ini.Loh apa yang harus saya lakukan ??. Saya mencari info mengenai pengobatan reproduksi pria, dan cocok saya harus konsultasi dengan Dokter spesialis Androlog bukan spesialis kandungan lagi.
    Sebelum saya konsul dengan dokter, saya review kembali diri saya, ternyata harus ada perubahan gaya hidup. Ini sulit, tapi kenapa tidak dicoba, beberapa hal yang saya lakukan :
    • Berhenti merokok, ya ini yang susah prakteknya. Hanya sesama perokok yang bisa mengerti kenapa susah. Kalo ngk bisa berhenti setidaknya saya mengurangi rokok. 🙁
    • tidak minum arak atau minuman keras lainnya, kalo ini sih gampang, karena saya minum arak hanya pada saat-saat pesta atau suasana tertentu.Tidak minum sama sekali tidak apa2. 😀
    • Pasuri kurangi minuman berkobordasi / soda.
    • tidak makan makanan yang mengandung mint seperti permen mint.
    • tidak boleh sauna
    • tidur tidak pake CD
    • selalu menjaga sekitar area kelamin,agar tetap sejuk tidak bole terlalu panas. agar hasil produksi sperma tidak rusak.
    • Bagi yang terlalu gemuk baik istri atau suami, mulai lah turunkan berat badan.Cara alami yg tepat turunkan berat badan adalah makan sebanyak2 nya pagi dan siang. tapi malam tidak boleh makan. kalo laper hanya makan buah atau oat.
    itu yang saya lakukan sehari2, ngk susah kok. Yang paling susah itu tidak bole stress. Ini yang tidak ada obatnya. baik stress suami atau istri. gimana ngk stress tiap bulan konsultasi dokter dan minum obat tapi tidak berhasil. Pasti stress lah….mana mungkin ngk stress…cuma ngk nampak saja 🙂
    Jadi apa yang harus dilakukan oleh istri ? hah inilah gunanya pengalaman di BT, kita tau siklus mens adalah per bulan ( anggap aja per bulan ) . jadi dalam 1 periode selalu ada 10 hari masa subur. Ingat loh , kesempatan ini cuma ada 1 bulan sekali loh.setahun cuma ada 12 kali. Jadi pada masa subur , yg kami lakuan :
    • Kami makan seafood yg banyak,seperti udang,kepiting,cumi2,kerang,tiram,daging, pokoknya yang mengandung kolesterol tinggi.Makanan ini hanya di makan pada saat masa subur. Untuk membentuk stamina agar produksi sperma dan sel telur bisa bagus.
    • redakan stress, apapun masalah yang terjadi. contoh perjalanan dinas keluar kota, pekerjaan berat atau pekerjaan yang bisa mengakibatkan kecapekan dan stress. Kalo bisa di tunda saja dulu dalam masa subur.Buatlah anda se nyaman mungkin. Anda bisa mengerjakan semua itu setelah lewat masa subur. Ingat , Stress tidak ada obatnya.
    • Yang terakhri adalah Making Love. kalo bisa 1 hari sekali selama masa subur.
    • untuk menjaga kadar kolesterol , saya sarankan makan quaker oat atau sejenisnya. karena oat bisa membantu menetralisir kolesterol jahat.Saya makan 2 sendok oat di campur susu kental 1 sendok setiap pagi jam 7 dan jam 9 sarapan seperti biasa.
    Yang kami lakukan hanya itu setiap bulan, saya juga tidak jadi konsultasi dengan Androlog. Jika saya ingin tau kualitas sperma, saya cukup cek sendiri ke labor klinik, lalu hasil laporan baca sendiri. Memang tidak susah baca kok. yang penting jumlah dan kualitas nya.Sperma yang bagus itu harus ada kepala dan ekor dan bergerak lincah.Itu aja..ngk perlu konsul ke dokter. Nanti itu juga yg disampaikan oleh dokter. Kalo masalah obat, kami berdua sudah makan banyak pada masa BT. Dan istri saya sudah hampir 50 suntikan obat ke tubuhnya.Jadi CUKUP SUDAH……
    Daripada uangnya buat konsultasi dokter dan beli obat lagi, mendingan pergi jalan2 saja. Anggap saja honeymoon lagi setiap ada liburan. Kami sudah berusaha dan kadang ada waktunya kami juga harus berhenti dan menunggu.Karena dunia ini ada hal2 yang memang tiada bisa dipaksakan.Mungkin saja selama ini obat telah kami makan butuh waktu untuk bereaksi.
    Bulan Agustus 2012, setelah hari raya. Istri test pack dan hasilnya positif.Malamnya kami lansung pergi konsul dengan dokter kandungan untuk memastikan kehamilan dan hasilnya sudah hamil 3 minggu.Dunia ini terasa indah semuanya, tidak jadi runtuh lagi :D. Tuhan sudah menjawab doa kami.
    Tanggal 28 Maret 2013 , anak pertama kami lahir, cewek.Sebelumnya saya pernah konsultasi dengan dokter, jika saya ingin menambah anak lagi, paling cepat 4 bulan setelah melahirkan.Saya coba berunding dengan istri saya, memang terlalu dekat. tapi saya sudah trauma dengan 7 tahun baru punya anak.Jadi begitu ada kesempatan jangan dilewatkan.Kalo tidak,Bisa jadi kalo mau nambah lagi harus nunggu sampe 7 tahun lagi.Istri saya awalnya sih ngk setuju, tapi terus saya bujuk2, dan akhirnya bersedia.Bulan Oktober 2013 , istri saya hamil lagi. Lalu setelah 5 bulan kemudian, di USG. ternyata cowok, Kehamilan ke-2 sekarang sudah masuk masa nunggu. mungkin sekitar awal atau pertengahan juni 2014.
    Begini kisah program BT saya , cerita ini harus saya selesaikan, karena kalo ditunda lagi, bisa lupa karena terlalu lama. Semoga tulisan ini bisa memberikan masukan kepada calon ibu-ibu untuk mendapatkan buah hati.
    Akhir cerita saya ingin mengucapkan terima kasih banyak kepada admin sebagai penyelenggara blog ini dan teman-teman yang memberikan komentar di artikel saya ini.
    Thanks to :
    1. ariyanti
    2. dwirespati
    3. non
    4. agie
    5. andreuw
    6. nisa
    7. windha
    8. anggi
    9. linda tobink
    10. irene
    11. vita
    12. setya
    13. lusi
    14. henny
    15. asti
    16. lia
    17. nita
    18. chimla
    19. pepy
    20. rose
    Special Thanks to
    Administrator bayi-tabung.com

  68. Aida

    Dear Pak Michael & Bu Martha,

    Saya sebenranya dari awal sudah baca kisah bapak, tapi saya tidak iuktan komentar. Pertama-tama saya ucapkan Selamat atas keberhasilan dalam perjuangan yang banyak mneguras energi dan materi, fisik dan mental…sekarang semua udah terbayar dan indah.
    Sampai deg2an menunggu kelanjutannya sampai pagi ini saya udah lihat lanjutan kisah bapak dan ibu di session yang ke 2 ini…

    Memang akan lebih mudah berhasil jika suami yang bermasalah karena menterapi kesehatan sperma lebih gampang dibanding merangsang telur, menyembuhkan penyakit rahim apalagi tuba sudah tersumbat.
    Saya jadi terinspirasi untuk semangat lagi menjalankan proses selanjutnya.

    Semoga keindahan itu akan menjadi milik semua pasangan yang sedang berjuang, baik yang ada di blog ini ataupun yang belum berkesempatan gabung disini.

    Kadang ada rasa bosan makan obat terus, badan juga jadi agak melar walau udah dibantu dgn olahraga ringan, mungkin break, relax sejenak adalah pilihan yang tepat manakala pikiran dan tubuh sudah capek dan lelah.

    Terima kasih sekali lagi dan selamat menunggu kelahiran putra kedua.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*