Pengalaman bayi tabung RS. Abdi Waluyo – MS

Hai Ibu-ibu seperjuangan. Saya mau berbagi pengalaman program bayi tabung pertama saya di RS. Abdi Waluyo sembari menunggu rapot dan sharing aja mudah2an bisa membantu buat mereka yg lagi cari-cari info krn saya banyak sekali dpt bantuan dr tulisan-tulisan sebelumnya.
Saya sudah menikah 4th. Saya umur 30 dan suami 37. Krn belum mendapatkan keturunan kita mulai lah ke dokter untuk cek2. Hasilnya, Rahim saya bentuknya agak nunduk ke depan (kata dokter sih gakpapa, cm variasi bentuk rahim aja) tuba kiri paten, kanan ada penyumbatan dikiiit. Nah suami saya Asthenoteratozoospermia yang artinya adalah si Sperma bentuknya gak normal dan kurang pandai berenang jadi pastilah dia kesulitan buat berenang menuju sel telur apalagi menembus masuk. Setelah baca2 dan browsing2 sepertinya kok arahan solusinya Bayi Tabung, jadilah kita mulai nabung menuju bayi tabung dan cari2 RS yg paling pas.

Lalu saya percaya tdk ada yg kebetulan, di akhir 2015 tiba2 teman di FB yg posting baru BT di RS Abdi Waluyo dan sedang hamil. Lgsg deh saya msg. Setelah nanya cerita pengalaman dia dan berapa total biaya yg hrs dia keluarkan kok kayaknya reviewnya lumayan ya (saat itu dia bilang total biaya sekitar 50jt-an). Baiklah akhirnya saya dan suami doakam dan decide untuk coba di RS Abdi Waluyo. Nah Dokter yg dia sarankan adalah Dr. Karel dan Dr. Sigit. Dr.Karel itu udah senior bgt, gak banyak ngomong sih, tp klo ditanya dijawab ramah ko;Nah kalo Dr.Sigit ramah sekali, informatif biar gak ditanya pun, dan klo saya sms sedrama gak penting apapun pasti disempetin bales dgn ramah.

Sebelum program saya dan suami tiap minggu minum jus tomat pake madu (krn katanya tomat bagus kan yaa), sama makan tumis toge seriing bgt karena emang doyan jg sih haha. Gak makan gorengan, fast food, indomiii seminiim mungkin(pdhl indomi enak bgt yahh hadeh). Pokoknya makanan yg sesehat mungkin dan banyak air putih.

Then it all begins,

9Apr – Konsul pertama dgn Dr.Sigit
. Tdnya mau Dr.Karel, tp tyt hr itu Dr.Karel banyak tindakan, jd beralihlah k Dr. Sigit. Dan memang gaada yg kebetulan ya, Dr.Sigit tyt bener2 ramah, suami jg lgsg sreg. Pulangnya saya dan suami sama2 dikasi resep buat anti bakteri dll krn dr awal kita uda blg mau lgsg Bayi Tabung kalau memang memungkinkan. Lalu disuruh kembali saat mens hr ke-2 untuk cek rahim dan sel telur

14 Apr – Mens hr ke-2. Ketemuan Dr.Karel kali ini dan dpt tambahan bbrp obat. Oia klo mau konsul Dr. Karel musti telp bikin appointment dulu pas hari H jam 7pagi ya. Soalnya ktnya pasien dia dibatasi. Doi praktek hari Selasa, Kamis, Jumat, Sabtu jam 5 sore. Dan kalau konsul dgn dia bayar duluan br konsul, kebalikan Dr.Sigit yg konsul dulu br bayar (gangerti jg knp).

21 Apr – Dr.Sigit lagi. Cek ketebalan rahim. Thank God udah oke. Nah abis cek ini dikasih obat2an hormon yg bikin pusing, pandangan berbayang, emosi gak stabil, gak bs berpikir jernih, dan dramaa selama 5hr smp obatnya abis tgl 26

26 Apr – Dr. Karel. Cek Telur-telur. Kali ini keliatan ada 8yg mulai gede. Dikasi obat lagi, tp katanya obat yg ini gak berefek separah yg kmrn, dan tyt bener gak papa kali ini. Masih bisa mikir jernih kali ini.

28 Apr – Dr.Karel. Ini last check sebelum OPU. Thank God si 8 telur bagus sudah mencapai ukuran yg diinginkan. Jd lah lgsg mlm itu jam 20.00 disuntik dan dpt resep salep Oestrogel yg katanya baik untuk penebalan/penguatan rahim (awalnya bingung sih kok dikasih salep).

29 Apr – Pkl 02.00 balik k IGD RSAW buat suntik Ovidrel lalu 02.05 lanjut suntik f-Gonal di perut. Suntik yg pertama biasa aja, si yg kedua agak sakiit soalnya katanya cairannya lbh kental. Ini keduanya suntikan pemecah telur ya klo gak salah.
Pkl 10.30 balik lagi buat ambil darah dgn Dr.Titiek. Jadi ternyata darah yg diambil ini akan diambil ekstraknya buat dijadikan medium pertemuan sel telur dan sperma besok.

(3 hari ini decide buat nginep di Hotel deket2 RSAW biar gak bolakbalik, lumayan soalnya perjalanan rumah-RS anak yg tinggal di suburb smp 2jam-an sekali jalan. Saya dan suami nginep di Ibis budget Cikini, mayan 300r an/mlm trs depan ada 7eleven)

30 Apr – Pkl 12.30 saatnya Panen telur – OPU. Saya dibius total, bangunbangun setengah teler lgsg cerewet “Dpt brp dokk?”. Kata dokter dapet 10. Horee nambah 2. Thank God. Tp bangun-bangun tyt efeknya gaenak diperut, sempet kesakitan krn keteken angin gt, mungkin krn sblomnya kan puasa trus masuk angin sih ya dan gakbs pupi, tp sorean udah mendingan.

1 Mei – Perut masih agak kram (td pagi akhirnya berhasil pupi dikit biarpun sakit bgt, katanya efek stlh OPU emang sembelit gini). Siang jam 12 dpt whatsapp dr Dr.Titiek: “Selamat siang ibu, ada 7 pembuahan dr 10 sel telur”. Wahh Puji Tuhan seneng dengernya.

2 Mei – Dr.Sigit. Konsul sebelum Embrio Transfer-ET. Hari ini dpt info klau telur yg berkembang baik ada 6. Horee. Jd besok dijadwalkan ET jam 15.30, tp disarankan dtg untuk cek in 13.30.

3 Mei – di RS ini pasien program bayi Tabung disuruh nginep 1 malem krn mereka msh mengikuti metode konservatif katanya biar aman ajah, yauda ngikut aja, enak jg di RS obat uda disiapin tiap jam2nya, makanannya lumayan enak, hehe ya dinikmati aja ada suster2 yg ngurusin hehe). 13.30 check-in dpt makan siang. 15.30 jalan deh ke ruang tindakan ET. Nunggu sebentar lalu Dr. Karel dateng dan saya ditunjukin si 6 telur yg berkembang itu di layar. Tp sayang suami gabole masuk, jd saya masuk bw HP buat foto-foto si telur-telur calon bayi. Stlh itu akhirnya diputuskan kita mau coba tanam 2 Embrio, sisanya 4 akan di-Frozen. Proses ET ini tanpa bius, saya sambil ngobrol sm dokter-dokter plus wasap2an sama suami update lg diapain aja hehehe, santai sih Thank God. Cm 15menitan selesai, trs tinggal rebahan aja gabole gerak 1 jam. Sejam kemudian pindah kasur dibawa ke kamar untuk istirahat. Saya tdk bole duduk, pipis atau pupi smp 5 jam kedepan. Gapapa. Tyt abis ET itu legaa, sebelomnya kan gak bisa tidur semaleman, eh ini lgsg tidurr smp jam 8an mlm saatnya bs pipis horee. Tp krn gabole berdiri pipisnya either pake pispot or pake pampers. Saya pilih pampers deh, kapan lagi hahaha. Lumayan 1st attempt agak rembes (belom jago), berikutnya sih udah canggih haha.

4 Mei – Pagi ini jam 6 sudah bole duduk, suda bole pipis, mandi, dan aktivitas biasa lainnya asal pelan-pelan. Hore.. Lalu pulang.

Dan hari penantian pun dimulai. Si dua minggu yg kata orang-orang sungguh lama itu ternyata sungguh berjalan super seloww. 1 hari aja lama bgt rasanya. Saya pulang-pulang Flu Batuk-Pilek jd lah bed rest. Tp ini hari ke 5 Flu udah mendingan krn minum Vit C dan banyak Makan dan Minum. Ya semoga saja si dua embrio yg ditanem boleh menempel bertumbuh dan berkembang jd calon bayi2 anugerah Tuhan. Amin. Just keep waiting, and praying, hoping, and be joyful. Doakan saya yaa, rapot 19Mei nii. Have a great day semuanya 😉

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...

30 thoughts on “Pengalaman bayi tabung RS. Abdi Waluyo – MS

  1. MS

    @mbak Alminna, iya mbak ke Dr. Sigit pertama datang saja buat konsul. Nanti biasanya paling mbak dicek kondisi rahim dgn usg lalu suami paling cek sperma >> Ini standar ko kalau di semua dokter obgyn begitu. Adanya Tindakan atau tidak masih nanti2 mbak setelah konsul dilihat hasil pemeriksaannya bagaimana. Gausah takut lah mbak, kalau tau hasilnya (apapun itu) malah bagus kan kita jadi tau harus apa solusinya, tinggal dijalani. Justru kalau gak tau itu yg bikin penasaran dan bikin ga tau hrs ngapain solusinya 😉

  2. Mafi

    Mba alminna

    Alangkah lebih baik nya mba dan suami ke dr obgyn agar di ketahui secara medis apakah ada masalah hingga 1 tahun menikah belum ada keturunan jadi tidak serta merta langsung bayi tabung mba.
    Di liat dulu dari hasil yang di test baik hormon,rahim,sperma suami karena ini berkaitan
    Baru dari hasil test tersebut dokter akan memberikan tindakan yang tepat buat mba

    Semoga ini membantu kebingungan mba ya penjelasan saya ini

    Salam

  3. Alminna

    Untuk mba MS.. Aku mau coba ke dkter sigit.. Tapi kalau konsul aja bisa ga ya? Kira” kalau dokter sigit itu ada tindakan ga saat konsul aja..?? Krna saya sudah stahun mnikah.. Tpii belum kliatan hasilnya.. kmrn saya naik grab.. Lalu drivernya kasih saya saran.. Untuk ke dokter sigit.. Tpi saya masih takut dgn hasil nya.. Gmna ya..??

  4. MS

    Hai mbak Kiki, salam kenal jg,, mbak gimana programnya? Sori br sempet buka lagi nih,, saya kehamilan 34minggu nih sekarang, sebulan lagi deh br lahiran ? Emailin aku nomer whatsappnya mbak ke mdz_17@yahoo.com kalau masi mau ngobrol2

  5. Kiki

    Hai Mbak MS

    Salam kenal.
    Selamat untuk kehamilannya ya mbak. Ikut senang. -Aku jg sdg program sana Dr Karel dan Dr Sigit. Semoga Tuhan dengarkan doaku ku, dan berhadil program ini, amin.

    Mbak, aku bole ngobrol ngobrol mbak? aku mau tanya beberapa hal.
    aku bole wa atau email mbak? kemana?

    Thank Mbak MS
    GBU

  6. MS

    Hai mbak Dian,, Thankyouu, Iya nih saya uda kehamilan 6,5bulan dan Thank God so far amann dan sehat2 ??. Semangat terus ya mbakk dan all the best buat programnya.

  7. Dian

    Mba MS, selamat ya. Sekarang pasti udah lewat trisemester usia kandungannya.
    Salam kenal, mbak. Aku lagi menjalani masa 2 minggu menanti dari ET. Pasien dr Karel juga. Ini bayi tabung ke 2, yg pertama 4 thn lalu gagal di tahap OPU. Ga ada embrio yg berhasil jadi.

  8. MS

    @mba Pudji: makasii mbakk.. Tipsnya td ni aku baruu aja tulis di atas hihi.. Makan yg sehat dan yg terpenting positive attitude. Kadang kita suka kuatir dan mendadak sedih, ragu itu semua wajar tp jgn sampe mempengaruhi dan mendominasi pikiran. Kalo mulai galau gini berdoa aja terus lakuin dan pikirin hal2 yg positif.. Misalnya planning masak enak sehat apa buat suami nanti mlm, ngobrol sm temen2 atau keluarga, nonton film seru, dengerin lagu kesukaan sambil nyanyi2.. Hehe yg penting happy mbak 😉 . Siapin mental jg seandainya gaberhasil aku janji akan tetap bersyukur dan udah minta diingetin sama temen2 deket dan keluarga supaya bs tetap terus bersyukur dan bersukacita.. Gitu aja sih mbak Pudji tips2 buat temen2 yg mau mulai program, sedang, dan mau memulai kembali.. All the best dan be happyy..

  9. MS

    @mba Tamam: terima kasih ya mbak.. Gpp mbak pelan2 aja dipikirkan dan dihitung diplanning baik2 dulu.. Yg gakalah penting siapin hati kita mbak, hati yg berserah sepenuhnya sm Tuhan apapun hasilnya, bukan bergantung sm Dokter atau obat2an.. Doakan selalu dokter2 dan obat2an yg kita minum supaya baik buat tubuh kita. Jd kalau pun tdk berhasil kita sudah berusaha yg terbaik tp memang mungkin belum waktuNya. Penting untuk selalu berpikir dan bertindak dgn positive attitude ;). Semangat terus ya mbak Tamam, tidak ada yg mustahil kalau Tuhan mengijinkan, tp klo belum diijinkan pasti ada rencana Tuhan yg baik jg yg musti kita cari tahu pelan2 dgn hikmat. All the best mbak..

    @mba helen, makasi ya mbak.. Persiapan ya pokonya diusahakan makanan yg sehat2 aja sih. Aku tiap pagi sm suami sebulan sblm program minum jus Tomat pake madu tiap pagi. Kurangi junkfood dan indomi, suami jg ngurangin kopi jd seminggu sekali dulu, banyakin makan sayur sm buah lah mbak (daging tetep makan jg sih aku), goreng2an dikurangi jd klo masak banyakan ditumis itu jg aku pake oliveoil dikiit. Olahraga aku tiap sore kebetulan emang selalu jalan sm doggy 20-30menitan. Suami sih aku suruh olahraga jg cm suka gaada waktunya jd paling weekend aja dia olahraganya. Dan yg terpenting sama ky yg aku tulis di atas ke mbak Tamam, be positive & be happy. Rajin terus berdoa dan berserah 😉 . All the best programnya ya mba Helen…

  10. Pudji Prasetyo

    Hai Mb Ms.I’m verry happy for you…congrotulation ya…peluk peluk… Semoga kehamilannya lancar sampai 9 bulan kedepan. Moms n babynya sehat ya….
    Btw apakah ada trik khusus, maksudnya olahraga pola hidup sehat atau jaga makan n jaga hati (dibawa rileks)? ..bagi2 doong…
    Doakan kita2 yg masih berusaha…tiup baby dustnya biar nular….
    Sekali lagi selamat!???

  11. helen

    Congratulation mba Ms.. Senangnya yaa..
    Sy bru mau mulai program ni mba. Mau tya dong mba, persiapan program mesti olahraga ya mba?? Makanan ada pantangan mba??
    Thx before yaa ?

  12. Tamam Hilwiyah

    Wahh senangnya sudah berhasil hamil. Saya jg pasien dr karel & dr sigit,bln September kemarin sudah menjalani program bayi tabung yg pertama, tp sayangnya gagal tanpa tau sebabnya apa. Dan utk memulai baytab lg jadi agak trauma, takut gagal lg ???

  13. MS

    Halo teman2 saya mau update hasil program bayi tabung ni. Jd kemarin akhirnya saya sudah periksakan kandungan ke dokter setelah 2nd 2ww, dan hasilnya Puji Tuhan ada kantung bulat kecil dengan denyut jantung di sana ;). Rasanya luarbiasa seneng bersyukur excited semua jd satu. Lgsg dikasih suntik penguat oleh Dr.Sigit dan akan disuntik itu tiap minggu smp 5kali dan dikasi vitamin tambahan serta pengencer darah.. Semoga janin ini bs bertumbuh dgn baik dan sehat deh. Terimakasih buat temen2 yg sudah mendoakan, my prayer for you as well. Terus semangat yaa semua for you’ll never walk alone 😉

  14. MS

    Hai mba Nabila & mba Mafi.. Saya belum tes bhcg dan belum confirm positif atau enggaknya. Masih hrs nunggu tgl 2 Juni di week 6. Saya tanya kan kmrn pas cek apa gak tes darah dulu ke dokternya? Katanya: “belum perlu, nanti aja sekalian kita lihat 2minggu lagi”. Kalau feeling saya sih dokter sengaja gamau saya buang2 duit buat tes darah, lalu terlanjur hepii duluan pdhl blum ketauan janinnya berkembang atau tidak, jd makanya disuruh tetap tenang dan sabar aja dulu smp 2 Juni nanti ;). Doakan yaa….

  15. MS

    Hai mbak Ima & mbak Pudji.. Perasaan selama nunggu kmrn sih excited plus deg2an tp selalu diusahakan dibawa santai dan dinikmati aja.. Seneng jg sih dpt perhatian Ekstra dr seluruh anggota keluarga hihi kmn2 dianterin, dikirimin makanan heehe..
    Nah terus berlanjut ke update hr ini, Td aku udah cek ke dokter cek usg dalem, tp tyt belum kelihatan apa2 memang krn br week 4 itungannya, tp kondisi rahim tebal dan bagus katanya, mudah2an terus bagus sampaiiiiii another 2 weeks wait.. Krn biasanya baru di minggu ke-6 kelihatan janinnya dan mudah2an ksuda bs dilihat detak jantungnya Ahuhuhuy deg2an asoy gmn gt rasanya. Hihi Jadi aku br bisa share the news 2 Juni nanti. Ya sekarang saatnya menunggu kembali dengan sabar dan penuh ucapan syukur ajah deh ;).

    Mbak ima email aku mdz_17@yahoo.com – emailin nomer whatsappnya yaa, aku gaada BBm soalnya..

    Gudlak dan be happy selalu buat program kalian yaaa..

  16. Pudji Prasetyo

    Mbak MS gimana hasilnyan? Hari ini kan? Aduch koq aku jd ikutan deg2 kan ya…semoga hasilnya yg terbaik…all the best for you. Ditunggu kelanjutan sharingnya. Buat bunda2 yg lain yg lagi promil or menjalani amazing 9 monthnya semangat terus…!!!

  17. Ima Pitts

    Dear MS,
    Bagaimana perasaan in 2ww?
    Semoga hasil raport best one besok ya… Share kabar baiknya sama kita2 yang masi dalam proses ya ??
    Kontrol 19 mei ke dr Karel atau dr sigit?
    Bisa aku minta email atau no wasap or bbm? Ini pin bbm aku : 58FED525 aku pasien dr sigit ?
    Cheers

  18. MS

    Hai mbak Vin, jadwal saya masih Kamis ini tgl 19 Mei untuk cek hasilnya. Mbak Vin program dmn, apa sudah ditanyakan ke dokternya? Sabar dan Ikhlas terus ya mbak, kita boleh berusaha tp Tuhan yg menentukan. Dan apapun pemberian atau yg belum diberikan Tuhan pasti ada maksudNya buat rencanaNya yg besar. Yg penting kita terus semangat menjalani hidup krn saya percaya masih banyak hal lain yg bs kita syukuri. Semoga mbak Vin semangat terus yaa krn hati yg gembira adlh obat, tp semangat yg patah – keringkan tulang, Semangat terus ya mbak Vin dan temen2 seperjuangan lainnya..

  19. Vin

    Hai mbak MS, sudah cek lagi atau belum setelah ET? Semoga batabnya berhasil.
    Saya juga mengikuti program batab yg sama dan tadi dinyatakan gagal tanpa penjelasan sebab2nya kenapa gagalnya.

  20. MS

    Hai mbak Iryana, trims doanya. Azocrypt itu apa ya? Saya baru denger tuh, pernah dengernya Azoospermia. Kalau itu saya kurang tahu juga ya mbak biayanya, musti tanya lgsg ke RS yg bersangkutan aja baiknya. Tp kalau Azoospermia, setau saya ada dua penyebab; Pertama, memang dr ‘pabriknya’ tdk produksi sperms. Kedua, krn salurannya tersumbat (kalau ini kasusnya sperms bs diambil melalui jalan operasi). Sori ya gak bs bantu jawab.

  21. iryana

    siang mba MS….saya doakan smg berhasil batab nya…saya juga pengen …suami azo crypto..dan saya normal ..kmrn proses frezing sperma tapi gagal…kira2 abis berapa ya dg kasus sperti saya

  22. MS

    Oia kmrn itu pake ICSI semua, krn suami Asthenoteratozoospermia. Biaya ICSI nambah 3,75jt. Jd total biaya
    Obat2+Konsul. = 8jt
    OPU + ICSI = 21jt
    ET dan rawat inap. = 19jt

    Ini kira2 biayanya mbak 😉

  23. MS

    Hai mba Pudji, sekali suntik klo gak salah hampir 1 jt deh mbak. Aku pas bgt bon hr itu keselip, tp pokoknya aku inget bayar untuk 3 jenis suntikan plus obat tgl 28-29Apr itu keluarnya 3jt. Temenku yg aku ceritain di atas jg wkt pertama coba dan berhasil usianya 37 mbak Pudji (dia pengeluarannya totalnya 50jt) pokoknya usia bukan halangan yg pasti Tuhan yg menentukan. Semangat terus ya mbak, semoga bs segera mulai programnya dan boleh berhasil. Terima kasih buat doanyaa ??

  24. Pudji Prasetyo

    Hai Jeng MS, kita doakan yg terbaik. Salam kenal saya Pudji pasien dokter Karel n Dokter Sigit juga. Kalau saya casenya terbalik rahim menekuk ke kebelakang. 3 kali insem n blm berhasil. Ada rencana buat BT mengingat usia jg sudah 37 th masih menabung untuk biayanya. Suami sempat tes hasilnya terato tp kmrn cek lagi alhamdulillah sudah normo. Baca web ini makin semangat buat BT. Untuk suami apakah menggunakan metode ICSI? Trus suntik gonal sekali suntik brp biayanya? Soalnya kan usia ku dah ga muda…jd mau prepare kalau ada tambahan biaya juga. He he he sory banyak nanya cos lagi pengen banget tau info2 seputar BT terutama di Abdi W. Thanks n good luck 4 U yan.n

  25. MS

    Terima kasih mba Silva, all the best dan be happy yaaa mba Sil.. Kita lakukan usaha yg terbaik, sepenuhnya berserah sm Tuhan. Amin.

  26. silva Cafelania

    Kita doain hasilnya yang terbaik buatba MS n kel, saya mslh yg sama dgn mba..posisi rahim saya terlalu jongkong… dan ingin memulai BT minggu depan.. di Penang.Semoga Tuhan berkenan ats usaha yg kita lakukan dgn iklas..

  27. MS

    Wah trims bayi-tabung.com pengalaman saya boleh dimuat. Oia, saya lupa share buat temen-temen yg penasaran total biaya saya kemarin dr konsul pertama dan nginep di Hotel 3mlm, rawat inap 1 mlm di kelas I, smp selesai proses ET kira-kira 48jt-an. Biaya ini bs bervariasi sih tergantung case per individu.
    Salam.

    Selasa, 10 Mei 2016
    #1 minggu setelah ET

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*