Pengalaman bayi tabung keluarga Nona

Berikut ini adalah pengalaman Nona dalam menjalani program bayi tabung. Terima kasih Nona atas sharingnya…

Umur saya 29 tahun dan tinggal di Queensland, Australia. Saya juga di diagnosis yg namanya si endometriosis 5 tahun yang lalu dan menjalani 2 kali operasi pada tahun 2003 (Laparatomy – seperti operasi caesar) dan 2004 (Laparoscopy) dan dinyatakan tingkat IV dengan jangka waktu 1 tahun kalau mau berkeluarga. Juga dikatakan harus kembali untuk operasi pemotongan sebagian usus besar karna perlengketan dengan peranakan. Sayanya sih udah kapok banget, soalnya 2 kali operasi hasilnya masih tetap sama, lagipula operasi yang ke 3 is a big one, dan hanya 3 dokter yang bisa melakukan operasi tersebut di Australia. So I don’t bother. Lagian saya dan suami belum siap untuk berkeluarga.

Maret lalu (masih 2008) saya menjalani program IVF (bayi tabung) dengan ICSI dan TESA (suntikan untuk penyedotan sperma berkaitan dengan saluran sperma suami udah di ikat – KB laki2 istilah sini, Vasectomy), jadi salah satu cara untuk hamil harus melalui IVF. Dalam proses IVF ini, hanya dilakukan 3 kali tes darah, yg 1 untuk tes HIV, HEP B, Rubella.. dll, yg ke 2 untuk level estradiol seminggu setelah suntikan gonal F dan yg ke 3 tes kehamilan. Hasilnya negatif dengan alasan hormon progesterone saya sangat rendah 17, biasanya kalau hamil, katanya harus mencapai 190 ke atas.

Pada hari ET, prosesnya hanya 15 menit dengan embryo yang berumur 3 hari, di Queensland, wanita yang berumur 35 tahun ke atas hanya diperbolehkan 1 embryo transfer untuk pertama kalinya, kira2 1 menit berbaring, sayanya sudah disuruh pulang dimana rumah kami 3 jam perjalanan dari kliniknya. Saya juga diberikan gel dan tablet progesterone selama 15 hari. Gel dan tablet berhenti pada hari ke 4 sebelum tes kehamilan.

5 hari mens saya terlambat dan berpikir dengan hasil positif. Pada harinya tes kehamilan, mens saya datang dan malamnya mengalami keguguran dengan rasa sakit yang tak tertahankan.

Setelah kegagalan pertama, saya merasa kegagalan ini diutamakan oleh unprofessionalism of the doctor and the nurse. Saya merasa seharusnya mereka melalukan tes darah seminggu setelah ET untuk mengetahui kadar hormon progesterone, tidak pada waktu tes kehamilan dimana semunya telah terlambat. Dan juga si dokter sama sekali tidak memeriksa peranakan sebelum proses IVF dan ET. Selain yang biaya tinggi disini A$8500 fresh cycle, saya merasa kagak percaya diri untuk mencoba kedua kalinya dengan frozen embryo (2 tersisa). Dan juga tidak ada pantangan makanan dalam 2 minggu penantian setelah ET.

Setelah membaca cerita Mulia, Mery dan teman2 lainnya, saya berencana untuk berobat ke Penang, selain harga yang lebih murah, proses yang lebih rumit dan keberhasilan yang sangat tinggi. Mungkin dalam 3 bulan kemudian (Agustus / September) karna kami harus mengosongkan rumah disini untuk disewa kan. Lagian Keluarga dan teman teman semuanya di Medan, jadi bisa mendapat bantuan dari mereka, dimana disini, semuanya harus dikerjakan sendiri.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (7 votes, average: 2.71 out of 5)
Loading...

46 thoughts on “Pengalaman bayi tabung keluarga Nona

  1. Imel

    Hai Nona, salam kenal…
    Emang sebel bgt yah kalo kegagalan ivf disebabkan karena ketidakprofesionalan paramedis. Aku juga ngalamin hal yg hampir sama kayak kamu. Masa dokter gak periksa hormonku sebelum menentukan dosis Puregon? Besarnya dosis suntikan hanya berdasarkan perkiraan dokter aja.. Fatal banget kan? Ya udahlah, semua udah terjadi. Mungkin Tuhan belum mengijinkan…

    Sekarang aku juga lagi menyiapkan diri untuk the second ivf (fresh cycle) di Penang. rencananya sih bulan depan aku mo konsul dulu. Aku udah mulai dengan akupunktur 2x seminggu n healthy life. Mudah2an program kita bisa berhasil yaa.. Semangat terus… Percaya bahwa semua indah pada waktunya. GBU

  2. Veronica

    Hii Nona, tetep semangat ya..bener kata Imel semua akan indah pada waktuNya, IVF pertamaku juga gagal karena hal yang sama, kegagalan pada saat transfer embrio

  3. azzy

    salut banget sama nona!! moga-moga semuanya berjalan lancar, ya, en dikasih jalan sama Tuhan..
    gue ikut doain, deh, buat semua para ibu di manapun mereka berada..

  4. Nona

    Hi Veronica

    Setelah baca pengalaman kamu, ternyata pengalamanan kita sama deh. Saya rencananya mau thaw cycle nih bulan Juni sebelum coba treatment di Penang. Mens saya dari tes kehamilan sampai sekarang belum berhenti. Kamu lama ngak mens sehabis ET. Disni ada dianjurin untuk makan aspirin 100mg pada saat treatmentnya dimulai, hasil research menyatakan aspirin membantu untuk kehamilan, gunanya untuk mempertipis darah, makanya banyak digunakan oleh orang yang berpenyakit jantung.

    Everything happen for a reason.

  5. Veronica

    Hii Nona, klo aku si M keluar 2 hari setelah hasil tes negatif..seperti biasa cuma 1 minggu aja dan bulan berikutnya normal juga selama 1 minggu hanya waktunya maju 6 hari dari tgl M bulan lalu..yang dimaksud kamu aspilet kali ya bukan aspirin..klo aspirin itu obat tahan sakit..klo aspilet itu obat pengencer darah..biasa utk yang sakit jantung kan ? klo aku si karena hasil tes ACA dan kekentalan darah lain normal makanya cuma minum asam folat sama akupuntur aja sambil nunggu thaw bulan juni ini. Saran aku si kamu kan masih punya 2 embrio beku mendingan dithawing aja dan coba..sayang kan daripada ngga kepake..aku juga begitu sekalipun ngga terlalu berharap banyak karena hal yang aku alami di fresh cycle kemarin tapi tetep mau aku coba thaw cyclenya

  6. Yulan

    Hi Nona…
    Umur sy 28thn dan mlakukan IVF program di Caboolture (Qld), dan puji Tuhan lgsg berhasil dan skrg memasuki minggu ke 8. Sy menjalani proses yg hampir sama dg Nona, dan biayanya pun sama cuman untungnya qta yg tinggal di Aust, biaya yg keluar gak murni sebanyak itu krn dari pihak medicare qta dpt 80% retun money. Btw, suami skrg krj di Africa so pure sy ngerjain smuanya sndr aja..qta emang dilatih hidup mandiri di negri org. Ok deh Nona, jgn menyerah sampe disini, smoga kedepannya km berhasil OK!

  7. Nona

    Hi Yulan

    Selamat ya atas keberhasilannya.Boleh tau ngak penyebab kamu ikut IVF. Udah berapa lama tinggal di Caboolture? Kamu di QFG juga ya atau Monash IVF?

  8. margie

    Hai Nona..tetap semangat ya..aku ivf juga di spore, tapi fresh cycle gagal, ya sedih kecewa semuanya campur2, mungkin aku juli ato agustus mau thaw cycle..emang sih perasaan skrg ini lagi up and down..tapi kita tetep harus semangat..sama2 saling menguatkan ya…wish u all d best..

  9. Nona

    Thanks ya Margie atas dukungannya. Saya juga mau thaw cycle bulan ini, harus nunggu si M nya datang dulu. Moga2 kali ini deh, kalau tidak, lain kali juga kagak pa pa 🙂 Good luck to you too.

  10. Yulan

    Sy ikut IVF krn suami sdh vasectomy, kalo dari sy sih bisa hamil secara normal, hny saja kendala ada pd suami. Kami tggl di Caboolture uda 2 thn ini. Btw itu QFG n Monash IVF apaan ya?huahaha..kagak ngarti,hehe.. Yulan ikut IVF di Caboolture. Sama spt yg tmn2 yg laennya, Yln hrs test darah dulu, tp krn berhub suami krj overseas jd oleh Dokter disuruh minum pil KB dulu slama 28 hr sampe suami dkt plg. Apalg dosis yg dikasi dokter utk Gonal-f terhitung sedikit, cmn 112,5 units aja. Pd saat pengambilan telur cmn dpt 3 trus yg bs dibuahi cmn 2. Tp syukurlah dari ke2 telur itu, 1 yg uda di transfer n msh sisa 1 embryo lg, kalo2 Yln mau nambah lg. Skrg uda msk minggu ke 9 n msh brasa mual2, g enak makan, ya resiko tp jd pengen makan makanan khas daerah Yln.. Btw, Nona tggl di daerah mana???

  11. Nona

    Hi Yulan

    Sy tgl di daerah Airlie Beach, 1.5 jam north of Mackay & 3 hours from Townsville. Sy juga udah 2 thn tgl di Qld, sblmnya tgl di Kununurra, WA selama 3 thn. Suami sy juga uda di vasectomy. Makanya hrs IVF, tp karna synya juga ada endo, makanya susah kali ya.QFG itu Queensland Fertility Group, lain ama Monash IVF. Boleh tahu ngak pengobatan yg diberikan sehabis ET? Yulan asalnya dari mana?
    Smoga rasa mual2nya cepat hilang ya dan nafsu makannya kembali.

  12. Yulan

    Wah jauh amat dg t4 tinggal Yulan..mayan sih..hehe..coba jarak qta gak jauh2 amat ya, Yln samperin deh, abiznya borring nih! Yln asalnya dari pulau Lombok tuh seberangnya Pulau Bali. 2 hr sebelum ET Yln dikasi vagina gel utk dipake sampe 12 hr, itu dipakenya pd mlm hari sebelum tidur, fungsinya supaya embryonya amanlah gitu, cmn itu aja koq gak ada yg lain, oh ya Yln dikasi Elevit tablet itu vit utk diminum slama 3 bln, vit utk kehamilan aja. Berat Yln turun 2kg krn gak maem2..gak sabar utk bisa maem lg. Nona asalnya dr mana? apa jd mau mudik nih???

  13. Nona

    Hi Yulan

    Wah, tahun lalu kami ke Lombok lho, tp transit doang dlm perjalanan ke pulau gili Trawangan. Sy asalnya dr Medan. Eh, semuanya hampir sama prosedurnya, tp sy diberi gel sama suppository yg dimasukkan ke vagina. Yg gel utk pagi & suppo utk malamnya. Mudik? Pengen banget, kaki udah gatal, tp dipikir karna sayang 2 embrio ditinggal disini, yah, diputuskan utk dipergunakan dulu sebelom coba di Penang. Lagian memang pas ET lalu , kgk tau apa2, kata dokternya bisa melalukan apa saja, yg penting jgn kerja berat2. Saya tuh orgnya lasak, kgk bisa duduk diam2. Iya ya, kalau dekat kan bisa mampir. Sy juga boring bgt, kerjanya merajut, macam nenek2 kan. Jadi bulan ini kalau M nya datang, sy langsung start makan Femara untuk proses frozen embrio transfer. Maunya 2 embrio dimasukan, kalau 2nya selamat dlm proses thawing.

  14. Yulan

    Oh ya? bgm kbr Gili Trawangan? Yln uda lama gak pnh kesana? Nona brarti gak mampir ke Senggigi ya?? hmm… Iyalah stay disini aja dulu…kalo Tuhan uda ijinin Nona utk pny keturunan pst akan datang jg wktnya, gak perlu jauh2, tul gak?
    Wkt proses BT Yln lg ikutan krj planting strawberry lho..bayangkan betapa beratnya tuh trolley yg hrs qta tarik n dorong n tanahnya berbukit2..tapi Yln pasrah aja, tp untungnya wkt ET dilakukan hr jumat jd Yln dpt istirahat slama 2 hr. Tp wkt setelah ET Yln n suami lgsg jj ke shoppingcentre tuh,hehe…malahan gak pake istirahat lho stlh ET, lgsg bangun gitu aja n jln deh. Pokoknya semoga kesempatan kedua ini Nona berhasil ya…!!!

  15. inot soesina

    Nona apa kabar,kenalkan saya Ina dari Kepulauan Riau.Aku juga pernah ikut IVF di Melaka,ditanam 4 embrio,tapi ga lengket satu pun lengket,sedih banget,tapi udah ketentuan yang di Atas,kami pasrah aja,mudah2an satu hari dikasih.Nona juga gtu yaa

  16. Nona

    Hi Ina, Salam Kenal ya

    Makasih ya atas dukungannya. Memang IVF kagak ada garansi hamil sih, apalagi bermain dengan hukum alam. Tapi kalau sudah waktunya pasti bisa, kalau kgk ya pasrah aja deh. Ina sudah hamil belum sekarang?

  17. ati

    Hi Nona salam kenal
    saya sekarang lagi proses TB ,sebelumnya IUI tapi tidak hamil
    sudah seminggu saya baca web ini ,perasaannya kok saya pengin nyoba ke surabaya tapi suami kurang setuju ,kali kalau kompakan mungkin dia ok ,suami saya malah setuju ke Kuala Lumpur ,bagaimana dengan Nona tetap TB di situ apa mau ke penang?

  18. Nona

    Hi Ati, salam kenal juga

    Kalau suami suka di KL, ikut saja, tapi kalau harus tinggal disana, ada yg temanin ngak? Aku rasa tergantung kitanya senangnya dimana, kan kita yg alami penderitaannya. KL sih lbh maju kali ya. Aku juga belum tahu, Ti, lagi mau thaw cycle bulan ini jadi nunggu hasilnya dulu baru mutus’in ke Penang. Ati lagi BT ya sekarang, dimana?

  19. inot soesina

    Hai Nona.makasih email nya.Aku baru terima surat pemberitahuan dari MMC Melaka kalo FET-ku yang tinggal 8 mau diperpanjang ato di throw out.Disana biaya nya 750 Ringgit Malaysia untuk satu tahun.Aku masih mikir2 mau nyoba lagi ato gmana,solae masih trauma banget ,Aku kan PCO terus hiperstimulasi……duuh kalo inget…..kalo si-8 ini aku musnahin aja ku pikir sayang juga,suami ku bilang terpulang ama aku aja,soale yg ngerasain kan aku.Terus nurut Nona sebaiknya aku gmana ya?

  20. Nona

    Dear Ina

    Jangan dimusnah’in Ina, give one more chance. Sayang kan perjuangan kita yg telah disuntik2 terus. Utk yg thaw, kagak segitu rumit, lagipula biaya lebih murah, mending dicoba dulu. Mana tahu berhasil…. Banyak teman2 yg kepengin punya embrio yg sisa lho. Coba diganti life style dan dietnya, mana tahu ada perubahan, Ina. Jangan putus asa. Berjuang sekali lagi, Na.

  21. tia

    to Yulan ada pantangan makana setelah ET kamu dan sebelum BT tes hormon estradiol dan prolaktin brp?

  22. itha

    hi nona..
    salam kenal aku mau tanya aja waktu suami km di PESa, saat operasi itu apakah berbarengan dgn OPU/ ovum pick up? atau suami kamu di operasi lbh dulu dan disimpan?
    trims ya..

  23. Nona

    Hi itha

    Salam kenal juga, hari operasinya sama tapi suami saya duluan operasinya, karna dia minta yg lokal saja, operasinya cuma 15 menit. Setelah suami saya selesai, baru saya dipanggil. Spermanya kagak disimpan sama sekali. Yg sisa dibuang. Mungkin karna dari Testes jadi tanpa cairan semen, spermanya kagak bisa dibeku.

  24. itha

    Nona…
    trims bgt info nya nona, kamu dah mulai proram lagi, semoga semua dpt berjalan lancar yah dan kita sama2 berhaasil.

  25. ati

    hi nona apa khabar
    BT pertama sy di Dr Aucky di srby tapi tidak hamil.
    sekarang sy lagi BT kedua di Klinik aster ,besok ET.
    bgmn proses thaw nona semoga berhasil dan tetap semangat.

  26. Nona

    Hi Ati

    Proses thaw gua belum berhasil tuh, belum waktunya kali ya. Sy jg rencana BT ke 2 mungkin tahun depan tuh. Mudah2an saja ya kali ini berhasil. Sy jg ganti klinik, yg ke 2 bakalan ke Perth, lbh canggih disana & banyak tempat yg melakukan, jadi banyak saingan.
    Saya doa’in semoga Ati berhasil dgn BT yg ke 2.

  27. Lydia

    Hi Nona,
    Apa khabar? Salam kenal.
    Saya jg sdh menjalani BT di Sydney (IVF Australia). Dgn proses pemgambilan caira sperma suami dr testis jg. Hasilnya gagal. Rencananya ntar Nov BT kedua. Km di klinik mana di queensland? dan rencananya di Perth mau di klinik mana???
    thanks ya.

  28. ati

    Hi Nona
    sy juga pernah insem di LA karena canggih dan banyak saingan juga karena sy tinggal disitu,tapi belum hamil dan selalu sibuk tidak bisa santai padahal ada ibu sy juga.Setelah sy baca temen seperjuangan disini sy memutuskan BT di Indo selain biaya lebih murah juga lebih santai seperti liburan aja.Suami sy malah udah siap ke penang kalau belum berhasil hamil,karena dari awal ada temennya yg berangkat kepenang juga tapi sy berkeras ke indo.
    Nona nggak jadi BT ke penang ?sekalian liburan siapa tau kita bisa barengan.
    2 Temenku yg insem ama BT tadi pagi berhasil hamil aku tanya tanya sama yg udah hamil 2 bulan,katanya setelah ET perut seperti panas ,kayak seperti mens,pegal pegal,sy jadi minder kok sy mah biasa aja,sy tanya ama bidan gimana nich kok sy nggak berasa tanda tanda atau reaksi?Nona boleh cerita nggak pengalaman setelah ET?

  29. Yake

    Hai nona, salam kenal..
    Akhir maret 2007 sy dianjurkan laparoscopy, stlh laparoscopy dokternya blg ke kami(sy&suami), sy berpeluang bsr bs hamil secara normal tp ditunggu2 gak hamil2 jg(mgkn blom diksh kepercayaan sm tuhan).
    Akhir juli 2008 kami ke KL lg ikut program IVF, suami sy di ambil sperma tuk dibekukan(thaw cycle), dan sy dr tgl 9 agustus-4 september 2008 suntik buserelin & gonal f.
    Tgl 3-12 september sy ke KL, tgl 9 OPU dan tgl 11 ET. Tp stlh di scan ada 2 polip(daging tumbuh) di saluran rahim krn efek dr suntikkan(kan buat subur yg didlm), soalnya sewaktu di scan sblm suntikkan gak ada apa2, jd IVF nya ditunda. Tgl 5 sept sy oprasi polif, tgl 7 sept sy blk ke suami di indonesia.
    IVF selanjutnya awal november 2008 kami ke KL, suami mau coba fresh cycle, ktnya lbh bsr peluang bs berhasil(doa’in ya smg berhasil).
    Sy doa’in smg IVF 2 thn dpn nona berhasil dan para temen2 semua yg ada disini.
    Amien.
    Berjuang trs ya.. jgn patah semangat..

  30. Yake

    Hai ati, salam kenal..
    Km dah ikut program IVF blom di penang? Klu blom di KL sj bareng sy, klu kita gak bs bareng, km jgn khawatir gak ada temen(sy jg kmrnnya gak mau sendirian ke KL tp demi baby..apapun akan sy lakukan termasuk 2x oprasi laporoscopy&polif), pasiennya byk dr indo jg(byk loh..yg berhasil). Cliniknya menyediakan airport pick up, rumah, apartment dan hotel dekat sm cliniknya, tp klu rmh km hrs reservasi jauh2 hr krn rmhnya selalu full. Kmrn tgl 3-7sept sy sendirian di KL tuk IVF tp ditunda krn ada polif(hrs dibuang/oprasi dulu br program IVF lg), selanjutnya sy IVF nya di awal nov(doa’in ya..smg berhasil) dan mulai dr awal lg suntik buserelin & gonal f nya.
    O iya, umur sy dah 29 thn, sy dah 10 thn menanti baby(pernikahan 1 hanya berjodoh 4,5 thn, skrg pernikahan 2 dah berjalan 5,5 thn).
    Semoga kita semua yg senasib.. cpt dpt momongan.. Amien..
    Berjuang trs ya.. Jgn patah semangat..

  31. ati

    Hi Yake
    salam kenal thanks buat doanya,semoga kamu pun lancar untuk bulan mendatang ,sy juga dengar sperma fress lebih bagus daripada prozen .
    sy belum pernah ivf di penang sekarang lagi ivf kedua diklinik aster indo dengan sperma prozen dan sedang nunggu hasil tgl 17 ini ,kalau tidak hamil pasti sy mau coba ke penang bareng sama kamu ,boleh tau nggak yake rumah sakit nya Lam Wah Ee dengan dr Ng Peng Wah atau bukan . kalau bukan RS itu habis berapa biayanya paket atau bukan ,thanks ya

  32. Yake

    Hai ati,
    Thanks jg ya do’anya..
    Sy programnya di KL(TMC FERTILITI CENTER DAMANSARA UTAMA) bkn di penang, jdnya sy gak tau, maaf ya ati..
    Klu ati mau tau lbh lanjutnya, ini web sitenya “www.tmcfertility.com”.
    Kmrn biaya paket IVF nya sy MYR 9900, blom termasuk medicinenya ya..
    Kmrn medicinenya sy yg ke-1 MYR 4320 (buserelin&gonal f), berhubung ditunda krn ada polifnya, jd yg ke-2 nya MYR 6264 (buserelin,gonal f&microgynun).
    Klu ati mau bareng sy, sy senang sekali..jdnya sy ada teman disana..
    Tgl 6nov kami ke KL lg..mdh2an kita bs ketemu disana ya..
    Smg informasinya dpt membantu ati..
    Thanks.

  33. ati

    Hi Yake,
    sy nggak jadi hamil deh ivf ini hari ini hcgnya malah drop,boleh dapat email dokter atau kost untuk tinggal disana?atau boleh email sy wwati@ymail.com,karena mungkin harus janjian dulu dgn dokternya, thanks

  34. yunie

    Hai lydia and nona,14 oct bln dpn aku balik keSidney utk proses penyuntikan,skrg aku masih disolomon islands,utk lydia and nona bisa email aku/YM aku di:yunie_strain@yahoo.com(klu YM teks msg ya biar aku tau km dr BT),aku perlu penjelasan selanjutnya ttg Sidney IVF,temen ku sudah byk yg berhasil di Sidney IVF,
    salam hangat
    yunie strain
    solomn islands

  35. Nona

    Hi Lydia and Yunie

    Sorry replynya telat banget. I am in the middle of Woop Woop town at the moment. Aku rencananya IVF di Perth dgn Fertility Specialist WA (FSWA) dgn Prof DR Roger Hart. Aku juga liat di web tentang Sydney IVF, tapi karna lebih kenal dgn Perth, akhirnya menuju ke sana. Sydney IVF juga ada cabang di Perth, namanya Hollywood. Tapi dokter dan team yg di FSWA semuanya berasal dari sana, dan scientistnya punya reputasi yg bagus. Gua appoinmentnya hrs bln January, soalnya mereka pada tutup Desember. So hopefully this time will be better than last time.

    @Yunie, semoga sukses ya IVFnya. Finger crossed.
    @ Lydia, di queensland, di QFG (QUeensland Fertility Group), not recommended deh. Rencananya di Sydney juga ya Lydia utk BT ke 2?

  36. Velia

    Hi Yake,

    Aq juga IVF di TMC KL sm Dr.Collin. Menurut perhitungan dokter tgl 28 OPU. Aq rencana stay 2 mingguan di sana. Semoga ketemu yah.

  37. Yake

    Hai velia, apakabar?

    IVFnya sy ditunda kmrn, jdnya tgl 14 januari’09 sy kesana lg. Kmrn sy jg ditangani sm dr.colin lee skrg sm dr.wong pak seng. Kamu dah nyampe mana skrg? Good lucky yah.

  38. Yake

    Dear velia

    Congratulation ya..hasilnya positive..sy tau dr postednya itha..
    Smg semuanya lancar sampe melahirkan ya..

    Dan BTnya sy dibln jan’09..ikut ketularan sukses..jg semua temen2 disini tentunya yg lg program BT..
    Amien..

    Jgn lupa share pengalamanmu ya..

  39. Sinta

    Hi Yake , salam kenal.Saya Sinta.Masalah saya mirip dengan kamu,saat akan ET baru ditemukan polip.Dokter ga bisa kasih penjelasan kenapa saya bisa polip.Rencana mau nyoba di TMC,tempat tinggal disana ada yang nyaman ga yah (view kamar bisa lihat taman or jalan,biar ga sumpek di kamar terus ).Berapa harga sewanya?Trus kalo beli makanan di luar, rata – rata pasti pake vetsin yah,kamu beli juga ? Trus sekarang , gimana perkembangan BT kamu ?

  40. nia

    Halo semua salam kenal nama saya Nia.saya mencoba hamil yang ke 2 selama sepuluh tahun’ sekarang ini lagiberobat dgn Dr Bramudito di rumah sakit Pondok indah.ada pengalam ngak ya yang pernah berobat di Rumah sakit Pondok Indah? Yang sucses

  41. Nona

    Hi Erlyna

    Iya, aku BT ke 2 di Perth, spermanya bisa difrozen. Hanya dokter sableng di Queensland sini dibuang, sayang2 in aja ya. BT ke 3 aku pakai yg frozen tapi ngk menghasilkan blastocyst sama sekali. Masih ada sisa lagi, mau coba akhir tahun ini.

  42. Rotua

    Hai Nona dan teman teman semuanya,saya kebetulan tinggal di belgium dan juga suami sudah vasektomi berapa tahun lau,dan satu tahun lalu dia dibuka lagi melalui operasi. kembali cek sperma lagi karena saya belum hamil hamil jua. tapi sayang spermanya tidak bagus banget,hanya dokter bilang masih bisa untuk IVF. ni skarang lagi nunggu mentruasi dan baru minum pil kabe. agak deg 2 an juga nih,gimana gitu. Oh ya kebetulan saya juga dari medan. ni email saya, rotua_@yahoo.com. klo boleh tau nona dari medan di mana??? xxx

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*