Pengalaman bayi tabung keluarga Niken

Hai semuanya, salam kenal yach….. saya mau berbagi pengalaman dalam menjalani Proses Bayi Tabung (yang akhirnya GAGAL).

Saya Niken dan suami sudah berumah tangga 4 tahun, tapi sampai sekarang belum dikarunia anak. Saya sudah usaha mulai dari tahun ke-2 pernikahan…pertama saya berobat di Klinik SamMarie sama Dr. Jacoeb, secara keseluruhan kita ber-2 oke-oke aja, hanya saya antibodi saya ketinggian. Usaha yang dilakukan mulai dari suntik ILS dan lain2, trus coba INSEMINASI sampai 3 kali… masih GAGAL. Trus vacum deh setahun.

Kemudian mulai Desember 2008 saya coba pindah ke Dr. Ivan Sini di BIC (Klinik IVF Morula RS Bunda), pertama datang saya langsung menyatakan mau coba ikut program bayi tabung. Pemeriksaan awal dinyatakan oke, ngga ada masalah (darah, hormon, torch, hepatitis, sperma, dll). Langsung mulai treatmen :

  1. Minum Pil KB full 1 strip itu.
  2. Pakai Synarel (nasal spray), 24 hari, setiap pagi dan malam (must be on time).
  3. Suntik Gonal 225 (di perut, bawah pusar), 9 hari setiap pagi (on time too). ……mulai dari sini (kira2 akhir Desember, saya harus USG Transvaginal setiap 2-3 hari sekali)…….
  4. Suntik Ovidrel 250 (malam hari), ini disuntikan 2 hari sebelum proses Petik Ovum (waktu itu saya suntik Minggu malam, Selasa pagi PO).
  5. Proses pengambilan Sel Telur (Petik Ovum), hari Selasa, dan berdasarkan pemeriksaan sebelum2nya, di rahim saya ada 6 sel telur. O iya pada proses ini kita di-BIUS TOTAL, saya datang jam 8 pagi, mulai di-bius jam 9 , pulang dr RS jam 2 siang (kalau proses PO-nya sendiri sih sebentar +/- 30 menit, selebihnya nunggu sadar aja).
  6. Proses Transfer Embrio (ET), hari Kamis (2 hari setelah PO).
    ……dari 6 sel telur yang diambil, ternyata punya saya hanya 1 sel telur yang sukses, dalam arti kata dari segi kualitas bagus, dan inilah yang menjadi 1 Embrio dengan kualitas Good, dan siap dimasukkan kembali ke dalam rahim saya……
    Proses ini pagi hari, saya waktu itu datang jam 8.30 pagi, pulang jam 10.30.
    Persis sebelum proses ET berlangsung, kita HARUS MINUM air putih banyak sekali (saya minum 3 botol aqua 600 ml)….trus selama proses ET harus tahan tidak boleh pipis (+/- 20 menit).
  7. Selesai deh tahapannya, mulai saat ini disarankan Istirahat, no stress, no mall, n banyak2 ber-DOA.

Tapi……….semua itu GAGAL (baru tadi siang hasil Lab-nya keluar), berdasarkan hasil cek darah B-HCG dan tes urine : hasilnya NEGATIF…….hiiiikkkkksssss SEDIH sekali mendengarnya.

Biaya yang keluar total2 +/- sudah 60 jutaan (biaya bayi tabung di RS Bunda plus bolak2 ke Dokter n Lab.).

Tapi ngga papa (hikkss…hikkss…hhikkss…), mungkin saya dan suami belum di kasih kepercayaan dan kesempatan sama Yang Di-Atas untuk memiliki seorang anak……. tetapi saya sudah niat untuk tetap USAHA, setelah ini (tunggu sekitar 3 bulan, untuk mulihin kondisi kita), saya dan suami sudah berencana untuk mulai program bayi tabung yang ke-2…..mudah2an yang berikutnya SUKSES. Amiieeeen.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (24 votes, average: 3.50 out of 5)
Loading...

24 thoughts on “Pengalaman bayi tabung keluarga Niken

  1. ati

    Hi, Niken
    Salam kenal,jangan sedih memang cape sich,tapi saya udah 4 kali BT belum hamil juga tetap nyoba lagi.Thanks for sharing.

  2. sri

    hi…. niken
    salam kenal, benar kata ati jgn bersedih soalnya bayak teman teman seperjuangan kita yang juga belum berhasil, tapi tetap semangat dan terus berusaha.saya udah insem 1 dan bt 2 kali. dan sekarang mau coba bt 3.

  3. Li2

    Hi smua salam kenal.aku li2 31th dah 5th nikah n blm px baby,2th yg ll saran dr mm BT,tp ype skr aku blm BT biasa msh nabung he he. . .tman2 Ttp smangat,tabah,sabar,iklas n byk bsyukur insaallah klu kt byk bsykur allah akan me+nikmat pd kt (itu yg sll diucapkan suamiku)

  4. yati

    hi…Mbak Niken salam kenal
    Aku Yatie, aku juga sama mengalami kegagalan seperti mbak, tapi aku masih punya cadangan 9 embriyo, aku juga sedih begitu tahu gagal, setelah cek darah, terus rencananya mau maju BT yang kedua, tapi aku blm tahu kapan ya sebaiknya dilakukan? Biaya BT kedua, dan kira-kira berapa ya biayanya?

  5. monalisa

    hi..niken, salam kenal juga untuk semua…
    jangan sedih say tetap semangat, Tuhan ga tidur,nnt ada waktu yang indah adalah waktu yang tepat yang Tuhan mau…..coba lagi kalo ada kesempatan ya…
    aku udah 2x insem gagal, i penderita DM, sementara sperma suami agak kurang & lemah sekarang aku jg lg mau program BT sm dr Ivan di BIC,sekarang lg minum pil kb rencana tgl 8 feb pakai synarel,dukung aku dalam doa ya….tx.

  6. flo

    haii niken met kenal ya,kt tetap kuat semangat trus usaha ya jeng,aku jg mau share dikit nih,aku uda bt yg 2 sempat hamil 8 minggu,aku sadar aku krng bedtress jg sih,kalo ada kesempatan aku mau coba lg bulan maret ini,o ya kt sm aku jg sm dr ivan,mudah2 kt bisa bareng klo mau mulai program ya jeng… haii sri,ati,li2,yati,monalisa,olip,salam semangat dan kuat! jeng…Gbu u all

  7. pipit

    met kenal niken,tetep semangat n sabar ya.kla blh saya tau BT kla gagal trs ngulang apakah bayarnya dr awal lg?aku blm prnh sich kepgn BT.

  8. mimi

    Hai niken dan teman-teman semua salam kenal,
    Bulan nov 2008 lalu aku BT di Kuala lumpur dan puji Tuhan berhasil. Skrg aku sudah 12 minggu. Aku sudah 2x insem di jkt gagal, maka aku dan suami langsung memutuskan untuk BT.
    Untuk teman-teman yang planning untuk menjalankan BT, bila ingin informasi Dokter dan Rumah sakitnya, silahkan email ke aku: peckle2u@yahoo.com
    Semua teman-temanku yang menjalankan BT di RS ini, semua berhasil, aku juga direfer oleh teman-temanku.
    Tetap semangat yah teman-teman, jangan putus asa..

  9. niketut

    Hi Niken, Halo semua ….
    Saya salut sekali dg temen2 yg masih sangat optimis utk usaha lagi. Dan memang harus begitu ya …. selagi masih ada kesempatan, kita harus tetap berusaha.
    Sebenarnya saya juga tetap mo BT lagi walo sudah ber-kali2 gagal. Rencana bulan ini mau BT lagi di Bunda (Dr. Ivan). Tapi kok rasanya capek juga ya? Apakah ini pertanda saya sudah mulai putus asa?
    Saya selalu berharap tetap optimis. Website ini salah satunya yg masih bisa menyemangati saya (thank’s ya buat Ibu Mod…)
    Semoga temen2 semua (Niken, Ati, Sri, Li2, Pipit, Yati, Flo, Olip dan monalisa) cepet berhasil ya ….

  10. irin

    Hi…Niken,tabah yach…btw dulu aku tinggal diPTIK n coba ke dokt Jacob diSam Marie juga, dokt’nya menurutku kurang komunikatif (apa krn aku cerewet yach..mk’nya dokt males jwb pertanyaanku ini itu..)mana obat2 n tes ini itu mahal banget . Akhirnya wkt aku pindah ke Sulsel aku coba berobat ke dokt Auky SBY, biar dech berkorban sapa tau wkt penantian 9th ada hasilnya. Hubbyku lg minum obat 2bln ini, minggu depan aku ke SBY lgi lanjut BT.Yach..moga2 hubbyku uda bagus jd bs lanjut pengobatan lain2. Oya..mba Niken jgn putus asa yach..,klo diJKT lon berhasil jg, coba ke Dokt Auky aja diSiloam sapa tau cocok, Biayanya jauuuhhh…banget lebih murah dari Sam Marie. Tetep Semangat Yach..

  11. alya

    hi, niken… sabar yach.. sesuatu yang indah pasti sudah disiapkan NYA untuk kita… saat ini aku sekarang sedang mencari informasi juga untuk ikut BT karena aku sudah keguguran 3 kali dan aku merasa usiaku sudah rawan untuk hamil… semoga kita berhasil ya say….

  12. niken

    untuk teman2 semuanya : Ati, Sri, Li2, Yati, Monalisa, Olip, Flo, Pipit, Ni Ketut, n Irin……
    THANKS banget yach atas doa n dukungannya. Kemarin ini saya dan suami memang sempat yg drop banget deh, semangat tuh betul2 hilang…yah ngga nyangka aja (walaupun dah tau resikonya).

    Tapi bener, kita semua harus teteup semangat , untuk mendapatkan hasil yang luar biasa kan harus usaha yang ekstra luar biasa juga….betul ngga??

    Irin…memang Dr. Jocoeb itu kurang komunikatif (tapi mungkin itu karena pasiennya banyak sekali, jadinya gitu, kita nunggu dah lama banget, ehh pas masuk ketemu dokter hanya sebentar), kurang bisa ditanya2 untuk hal yg detail.

    Untuk teman2 yang pada ke Dr. Ivan, bagaimana tanggapannya(kalo menurut saya sih dokternya enak banget, komunikatif, dan gampang ditanya2 kalo kita ngga jelas…iya kan?)

    Untuk biaya program BT yg ke-2 (setelah pertama gagal), saya juga belum dpt informasinya, karena baru bulan depan lagi saya ketemu dokternya (karena menurut dokternya, sebelum mulai program baru, kita harus refresh dulu sekitar 3-4 bulan utk menormalkan sirkulasi haid kita).

    Kalau kasus saya, untuk program BT ke-2 nanti, kayanya bener2 dari awal deh, karena saya kan ngga punya cadangan embrio……..ehhhmmmm….ngebayangi harus bolak-baliknya itu loh yang bikin capai. Tapi yah mudah2an dech.

    Teman2 yang berobat di BIC, kayanya kapan2 kita ngumpul aja yukksss, supaya bicaranya lebih enak gitu, setuju ngga??

  13. tari

    hai niken..jangan sedih ya..dulu waktu kuliah dosen saya juga punya masalah yang sama. Tapi akhirnya berhasil juga program bayi tabungnya.Bahkan anaknya cantik n lucu mungkin niken harus sabar..Tetap semangat

  14. Velia

    Hi Mimi salam kenal. Aku juga BT di Kuala Lumpur bulan Oktober akhir. Sekarang lagi hamil 16 minggu. Kamu BT di TMC bukan?

  15. flo

    hai niken,aku kmrn jg abis dari dokter paska keguguran 2 minggu yg lalu,dokter ivan jg bil ktnya kalo mau coba lg kt harus istirahat 2or 3 bln untuk ngenormalin kembali hormon2 kt,menurut aku dr ivan orang informatif ya aku suka,bagi dia setiap pasen masalah beda2 tp harapan solisi secara medis pasti ada itu yg buat aku semangat,dokter aja masih kasih harapan apa lg Tuhan kt harapan pasti ada tambah semangat d aku,ayo jeng2 semangat ya heee….salam SEMANGAT! d

  16. monalisa

    hai..all friend, buat niken lebih sabar & tetap semangat ya..pasti ada jalan & indah pada waktu Nya oke.aku dan suami stlah berkelana ke dr spog seluruh jakarta baru dapat klik dan cocok banget sm dr ivan asik banget dia, smart lagi, i jg punya penaglaman krng enak dgn dr jacoebs udah gagal mahal bgt lg wkt thn 2004 aku insem aja abis 12jtan ga bs diajak ngomong, gt jg sm dr muharam di yasmin lebih parah lagi ga peduli & ga care banget bikin aku kapook banget dech..
    btw sekarang aku lagi pakai synarel hari ke 6 tgl 17 kalo ga ada halangan tgl 17feb i periksa hormon & tgl 20 mulai suntik gonal,….aku minta dukungan dan doa dari semuanya ya…..tx.
    bte therez gimana kabarnya???udah sampai mana nech???kok ngilang sech??? aku harap so far so good ya therez…

  17. nurul

    mungkin pada waktu mb mona ke Dr.muharram beliau udah capek kali.kt tmn2 yg aq kenal di yasmin dr.muharram itu bertangan dingin banyak yg berhasil hamil ama beliau.termasuk saya cuma pd akhirx kegu2ran.yang tau problem suami sy klo spermanya terlalu kental jd sel spermanya kepala ama kepala nempel itu jg dr.muharram.ama beliau suami dikasih obat pengencer.padahal sebelum ke dokter muharram sy udah ke dr.prita(klinik al fauzan)dr.dwi(rs.haji)dr.Arju(rs.hermina)terakhir dr.santi (klinik yasmin)sampai pd akhirnya di oper ke dr.mhrram krn dah mau BT.dktr2 sblm dr mhrrm ga ada yg tau sperma suami terlalu kental padahal setiap kontrol sy selalu membawa hasil analisa sperma suami.

  18. raditya

    dear all,
    maaf saya nimbrung yah walaupun bukan ibu-ibu. tapi kami juga ikut proses BT ini.
    tetap semangat hanya itu resepnya. walaupun kami sekali langsung berhasil (ada 3 dalam kandungan istri saya), percobaan pertama kami langsung berhasil di Siloam Hospitals Surabaya dengan dr. Aucky Hinting dan dr. Hendro Pramono.

    ada banyak sekali rekan yang bersama2 kami (pasangan yang BT),ada juga yang dari jakarta setelah beberapa kali. ada 1 pasangan yang sangat dekat dengan kami yang akhirnya juga gagal, air mata dan kekecewaan memang tampak. tapi satu kata dari mereka…kami masih optimis dan semangat untuk mencoba lagi. jadi tidak ada salahnya untuk tetap mencoba lagi, apalagi kalo masih ada simpan beku.

    tidak ada salahnya nyoba di Dr. Aucky, banyak pasangan yang sudah mencoba kemana-mana tapi berhasilnya di situ (termasuk Inul…hihihi).

    tetap semangat untuk semua yang masih berusaha, kami senantiasa berdoa untuk semua teman2 seperjuangan (bukan hanya yang di SIloam surabaya). semoga Tuhan mendengar doa kita, Gbu

  19. dhieta

    dear niken…sabar ya ken,meski aku juga baru akan memulai program BT…tapi aku sudah bisa merasakan ..apa yang niken rasakan…aku juga lagi deg2an nih….sabar ya ken n jangan lupa pasrah…

  20. neneng haryani

    Dear niken… aku neneng, BT dg Dr. Ivan jg dan blm berhasil jg… apa kabarnya skrg? sh mulai BT lg blm? msh dg Dr. Ivan atau ganti dg yg lain? kabar2i ya, btw kl mo ketemuan ikutan ya.. email aku nharyani@yahoo.com

  21. Normalinda

    Hi neneng lam kenal ya..aku norma..aku jga pasiennya dok.ivan gagal di program BT 1 setelah positif 2 mnggu…skrng lagi mau nyoba lgi..kamu gmana??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*