Pengalaman bayi tabung keluarga Mulia

Berikut ini adalah pengalaman Mulia dalam menjalani program bayi tabung. Terima kasih Mulia atas sharingnya… 

Awalnya 2002 saya program hamil dengan dokter Jkt yg udah senior dan dibilang kalo saya ada myom tapi katanya ngak masalah jadi tetap dicoba program insem makanya tiap beberapa hari saya mesti ke dokter buat USG, setiap datang mesti bayar 200rb cuma buat periksa perkembangan sel telur, sampe waktu yg udah ditentukan trus saya diinsem. Tapi dasar ketika itu saya belum ngerti apa2 jadinya saya diinsem tanpa ada wash-up sperma karena tempat praktek dokter tsb kagak ada fasilitas tsb. Akhirnya yach insem tsb gagal.

Selanjutnya saya malas berobat/program2 dulu jadi nyantai2 aja sampe thn 2006 saya konsul ke Thomson Medical Centre dgn dr.Cheng Li Chang, baru ketauan kalo myom saya udah bertambah besarnya jadi 5×5cm posisi 2mm diatas kandungan, trus jenis myom tsb adalah myom yg aktif karena membesar dengan cara mengambil darah dan nutrisi dari badan.

Dr.Cheng bilang kalo ada myom ini kemungkinan bisa pregnant sangat kecil jadi mesti dioperasi dulu sebelum program hamil.

Selanjutnya saya periksa lagi ke dr. Collin (Damansara) yg waktu itu lagi datang ke Jkt, saya kasih lihat dia file2 yg result dari SIN, dr.Collin juga bilang memang harus operasi sebelum mo program ivf.

Akhirnya bulan Oct 2006 saya memutuskan cek lagi ke Penang dengan dr. Ng PW, trus katanya memang saya harus operasi dulu karena dia tidak mau handle program ivf dgn kondisi ada myom jenis ini katanya percuma buat apa program ivf kalo masih ada myom yang aktif.

Jadi saya putuskan untuk operasi dengan dr. Ng karena selanjutnya mo ambil program ivf di Penang aja, mempertimbangkan biaya ivf di Penang yg paling murah dibandingkan Jkt & SIN.

Akhirnya mulai tgl 30May 2007 saya di Jkt mulai suntik Suprefact 0,40 sampe 11hr, selanjutnya mulai hr12 sampe ke 26 selama di PEN suntik suprefact 0,15 & Puregon dosis 225 (4hr), dosis 200 (2hr), dosis 175 (3hr), dosis 150 (1hr). Hr ke 26 suntikan terakhir Ovidrel 250mg. Akhirnya selesai juga tiap hari saya disuntik sampe perut biru2 disana sini.

Dua hari kemudian saya dijadwalkan OPU (dapat 20sel telur) dengan kondisi dibius tapi tetap aja kayaknya berasa sakit walaupun sedikit, ternyata besoknya saya langsung kena OHSS kata dokter sich ngak apa2 karena itu reaksi normal sebab saya waktu OPU diambil banyak sel telurnya.

Hari ke 3 setelah OPU saya dijadwal ET 2 embrio aja kata dokter dengan mempertimbangkan chance yang besar jadi supaya tidak terjadi multiple pregnancy karena berbahaya. Selanjutnya tiap2 hari saya disuruh pake cyclogest 2x sehari, kemudian 10 hr setelah ET diambil darah cek BHCG hasilnya katanya dokter termasuk tinggi jadi kemungkinan twin pregnancy, duh rasanya senang banget waktu dokter bilang kayak gitu karena ternyata saya berhasil hamil setelah married 6 thn.

Makanya saya langsung cepat2 mo pulang Jkt karena berpikir program ivf udah berhasil & saya merasa udah boring banget disana, jadi waktu dokter belum kasih ijin pulang, saya nekad aja bilang mo pulang lusa, yach jadi dokter cuma kasih obat folic acid & cyclogest selama 1 bln & disuruh minggu depannya USG ama dokter Jkt dulu dan setelah obat 1 bln abis balik cek ke PEN, saya sanggupi aja rencana dokter tsb, yang penting saya bisa pulang.

Makanya waktu ke dokter Jkt USG dibilang twin pregnancy tapi Blighted Ovum (BO), rasanya hati ini hancur sampe berkeping2 dech, karena kehamilan ini mesti dilakukan currette dan ngak bisa dihilangin begitu aja dengan minum obat karena ada 2 kantong kehamilan yang tetap membesar.

Akhirnya setelah saya info ke dokter PEN & dia bilang ok untuk kuret dulu di Jkt, saya langsung melakukan kuret di RS.PIK, abis itu badan rasanya udah sakit banget karena tindakan kuret, trus hati hancur, pikiran juga kacau & stress, pokoknya ngak bisa dibayangin dech sampe saya selama 1-2bln males ketemu teman2 karena mereka pasti nanya gimana kehamilan saya.

Tapi berkat dukungan suami yang perhatian banget & tambah sayang sejak saya di kuret, akhirnya saya bisa bangkit kembali dan menata hati & pikiran supaya menjadi lebih baik & lebih kuat dari sebelumnya.

Rencana saya yang sekarang mau thaw cycle bulan Jan 2008, jadi lusa saya udah mo berangkat ke PEN lagi & belum tau kapan balik Jkt karena kali ini mo tunggu sampe dokter benar2 udah kasih ijin pulang baru dech saya pulang, karena saya udah kagak mo jadi pasien yang bandel lagi mengingat pengalaman kemaren benar2 membuat saya sadar untuk lebih bersabar dalam segala hal.

Tapi kalo buat bersabar saya masih harus belajar banyak karena pada dasarnya sifat saya kagak sabaran, pengennya apa2 itu serba cepat & instant. Jadi harapan saya di awal thn 2008 ini supaya program thaw cycle kali ini dapat berhasil dengan kondisi kehamilan yang sehat sampe babynya lahir.

Oke dech, sampe disini dulu yach curhat saya……

Semoga semua makhluk berbahagia, semoga kita semua berbahagia & memperoleh hasil baik sesuai dengan harapan.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 2.20 out of 5)
Loading...

22 thoughts on “Pengalaman bayi tabung keluarga Mulia

  1. Komang

    hi Mulia!
    bagaimana dgn proses thaw kamu kali ini?
    Sudah dalam proses ya! kesempatan kamu lumayan besar karena sudah pernah berhasil.
    jangan jadi pasien bandel lagi yah 😀

  2. Mulia

    Hi Komang, apa kabar juga dengan program kamu? Kamu sekarang lagi dimana?

    Iya betul sekarang saya udah hamil lagi, tapi kali ini ngak kembar, jadinya 1 aja. Yach jadi berapa juga janinnya tetap aja saya bersyukur banget dech…. Kata dokter sich udah oke, cuma saya 2 minggu lagi ada jadwal usg lagi, jadi ngak pulang jkt dulu dech….

    Dan saya alami nite sickness soalnya mual & muntah2nya jam 1 atau 2 pagi, maka pagi sampe siang jadi pusing & lemas. Ngak apa2 dech menderita sementara, yang penting kehamilan kali ini berjalan baik. 🙂

    Btw, biaya ET saya cuma 400ringgit (sekitar Rp1,2juta). Waktu itu saya kira sekitar 2000ringgit, ternyata salah ngerti…. Lumayan selisihnya buat makan2 enak yg banyak dech.

    Bye2, Mulia

  3. Devy

    Hi Mulia…
    Selamat ya dah berhasil dengan thaw cycle nya…btw di Penang kamu di RS ya…trus untuk operasi myom dan ivf biaya di sana berapa…klo dokternya baik dan informatif ga?
    Makasih buat infonya…

  4. Mulia

    Hi Devy, sorry yach baru reply sekarang krn saya baru balik ke Jkt kemarin malam.
    Saya berobat di RS Lam Wah Ee, Alamat Jl.Tan Sri Teh Ewe Lim, Penang – Malaysia (ph:604-6571888) dgn dr.Ng Peng Wah. Biaya operasi myom sekitar 3000ringgit, trus biaya ivf total sktr 9000ringgit. Tapi dokternya ngak informatif lho, kadang galak, kadang baik. Saya pilih kesana karena program ivf nya termasuk agak murah aja.

  5. Pingback: Yenni

  6. yayang

    Hai Imel, Trim’s yah infonya, maaf baru kasih kabar sekarang karena aku lagi semangat banget pengen BT langsung booking tiket, selesaikan kerjaan n anbil cuti, senin kemarin ketemu dr.ng sudah konsul rencana BT, setelah dicek ternyata dia meragukan yg di rahim kiriku itu endo apa bukan krn bentuknya tidak khas katanya, dia lebih cenderung itu bentuk tuba yg rusak, jadi minggu depan aku balik kesana untuk LO (ada yg tahu biaya LO saa ini di Jkt? Dulu tahun 2004 LO di Bunda aku kena 16jt, kalau nanti di Penang dokternya bilang sekitar 4000ringgit) , kalau hasil dari LO ternyata tuba yg rusak katanya bisa langsung program tapi kalo endo harus suntik dulu 3-6 bln,Imel kapan rencana program?

    Hai Mulia…., kemarin aku pulang dari Penang bareng papa mulia, aku perlu info yang lebih banyak nih tentang proses BT sama dr. Ng, terutama apakah penyuntikannya bisa dilakukan di Jkt? Soalnya aku kerja, aku lagi bingung harus keluar kerja apa bisa disiasati dengan cuti kalau mulia tidak keberatan tolong diinfo yah.

    Untuk Mbak Yenni, apa biaya BT-nya dibiayai kantor suami? boleh ngak aku dapat alamat emailnya Mbak?

  7. Mulia

    @Yayang, iya tuh papa saya jg bilang kalo ke airport dianterin barengan dgn yayang, tapi dia ngak tau klo yayang ikutan program di dr.Ng. Btw, minggu dpn udah pasti mo LO? Penyuntikan yg bisa dilakukan di Jkt cuma suntik suprefact aja krn utk sntk gonal f/puregon itu wkt udah mulai standby di penang spy selalu dipantau oleh dktr via usg. Oiya hari sabtu ini rencananya teman2 sharing di web ini yg domisili di Jkt pada mo kumpul2 ketemuan sekalian mo sharing langsung, apa mo ikutan jg?

  8. yayang

    Iya nih…, aku udah mantap mau LO minggu depan soalnya kata dokternya berpacu dengan waktu, mengingat usia yg ngak muda lagi he he he he, Boleh juga ikutan rencananya dimana?

  9. Mulia

    Yayang, rencana hari sabtu ini tanggal 15/11/2008 ada acara ketemuan di Mal Taman Anggrek, Jak-bar jam 11 siang. Di sana bakal ada beberapa anggota web bayi tabung, ada mulia, imel, alida, herny, hera, lia, vani, dll. Ditunggu kabarnya yach…

  10. yayang

    Ok, kepastiannya aku kabari besok soalnya sabtu pagi sebetulnya ada acara di daerah kemayoran, klo bisa dibatalkan aku bisa join. Oh yah mulia apa aku bisa kontak kamu via telp. soalnya aku ngak punya YM, mau tanya banyak soal BT dan yang lainnya.

  11. Imel

    Hai Yayang..
    Seneng deh bisa saling bantu. Btw, kamu udah tes hormon semua kan? Mudah2an kamu bisa langsung program BT secepatnya dan langsung berhasil hamil…. Kalo aku mulai program lagi Feb 2009.
    O iya, ntar Sabtu jangan lupa dateng ya? Bakal seru niih..

  12. Kiky

    Hi teman2 salam kenal,
    Mau ada acara kumpul2 ya? wah seru pasti ya, aku jarang banget sharing di Blog ini, tapi sering jg baca2 sharingan dr teman2 yg senasib dgn aku. oh ya di Mal Taman Anggreknya tepatnya dimananya ya? kalo tidak ada halangan aku mau join, untuk tambah2 info sebelum mulai BT.
    Salam

  13. Mulia

    @Yayang, iya boleh koq kalo mo telp lgsg, ud dpt no telp saya dari imel ato kak yatim?

    @Kiky, kumpul2nya di samudra suki krn mo ngobrol2 skln acara makan2.

  14. Lia

    Hai juga kak titi, salam kenal ya….Boleh banget, ayuk….hehe…nanti langsung ketemuan di Taman anggrek aja ya tepatnya di Samudra Suki, okay,hehe…..Ajak temen2 yang laen juga, biar tambah rame,hehe…

  15. Ririn

    Hi Mulia salam kenal,
    Sy Ririn, selamat ya atas kehamilannya saya pasti sekarang sdh lahir ya..saya mau tanya untuk program IVF di penang kamu blg biayanya sekitar 9000ringgit apakah itu sdh termasuk biaya suntik2 yg di lakukan sebelum melakukan program IVF, dan untuk biaya sewa apartemen berapa ya disana selama kita menjalini program ini.krn terus terang sy sdh melakukan pengobatan di jkt dan biayanya juga sangat mahal sekali tp hasilnya nihil. terima kasih

  16. tjendra

    Hi Mulia…bisa share soal operasi mioma nya? maksud saya dari awal diagnosa lalu tindakan dan biaya selama di Penang dan handle by DR. Ng PW.
    Saya punya saudara Mieke namanya…diagnosa mioma 5cm an dua biji lengket jadi satu.
    Kami masih bingung mau operasi dmana, karena dia ada riwayat kanker payudara 2x dan diangkat keduanya.
    info dari Mulia akan sangat berarti bagi kami.
    Thanks
    Tjendra

  17. Ruth

    Dear all..saya lagi cari info soal dr.Ng. Beliau sebenernya jutek apa ramah sih..? Hehehe..karena saya baca review berbeda2 ni. Tapi memang agak banyak yg bilang beliau kurang welcome dg pertanyaan2 dari pasien. Saya concern banget ttg hal itu soalnya. Saat ini lagi cari dokter & RS baru utk next program BT. Kalau ada yg masih baca forum ini, minta tolong share pengalamannya yaa..Terima kasih banyak sebelumnya.

  18. Dwi

    Halo, salam kenal semua
    Sy dwi, Januari 2015 Sy ikut program ivf di RS. Graha Amerta Surabaya, setelah OPU sy berhasil dpt 4 embrio dgn kualitas excellent, 2 embrio ditanam dan Sy berhasil hamil baby twins sampai usia 6 bln, Sy mengalami pecah ketuban dini dan Sy melahirkan di usia kehamilan 6 bln, tapi kedua baby twins Sy hanya mampu bertahan hidup selama sehari.. Saat ini Sy baru sj selesai proses thaw cycle dgn 2 embrio yg tersisa pada tgl 6 nov kemarin.. Tapi dua hari pasca ET sy keluar flek coklat dan sampai hari ini sdh terhitung hari ke 4 flek nya masih keluar.. Mengingat waktu fresh cycle Sy gk ada flek sm sekali.. Sempat terpikir kalau embriox lg proses implan tadi ke rahim sih.. Cuma sdh mulai khawatir krn flek sdh sampai 4 hari dan gk kelar2.. Jadi khawatir kalau kali ini gagal :(( apa ada yg pernah mengalami kondisi seperti Sy dan dinyatakan positif??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*