Pengalaman bayi tabung keluarga Mery

Berikut ini adalah pengalaman Mery dalam menjalani program bayi tabung. Terima kasih Mery atas sharingnya…

Hi salam kenal!! Selamat buat Yenni dan temen lainnya yang uda berhasil hamil. Saya juga sedang menjalani program bayi tabung ke 2 kalinya setelah yang pertama gagal karena miscarriage. Saya tidak thaw cycle karena pada fresh cycle embrio cuma 4 dan semua uda embrio transfer (ET).

Sekarang saya masih harus suntik tapros selama 3 bln sebelum program bayi tabung. Kata dokter dari hasil USG saya masih ada endo jadi harus suntik tapros dulu supaya jaringan endo tidak mempengaruhi perkembangan sel telur kelak. Teman2 ada yang seperti saya harus suntik tapros dulu? Biaya yang harus saya keluarkan semakin banyak karena sekali suntik tapros 1,3 jt. Belum lagi efek samping yang harus saya alami. Sebelumnya saya memang sudah pernah suntik tapros selama 6 bln terkait penyembuhan after operation endometriosis 2 tahun lalu.

Saya penderita endo stage IV dgn kista ovarium kiri & kanan dgn diameter 6 dan 8 cm. Sesudah operasi dan penyembuhan dgn suntik tapros selama 6 bln saya masih harus menerima kenyataan kedua tube saya blocked dan hydrosalphinx (bengkak berisi cairan yang dapat mengakibatkan keguguran jika hamil). Akhirnya saya operasi lagi kedua kali utk pengangkatan kedua tuba.

Karena tidak ada cara lain lagi untuk bisa hamil maka saya ikut program bayi tabung di Penang, Malaysia dgn Dr. Ng PW di RS. Lam Wah. Di kota tempat saya tinggal, Medan banyak yang mengalami infertilitas memilih ke Dr. Ng di Penang, mungkin selain dekat, biaya dan akomodasi juga tidak terlalu mahal.

Feb 2007 saya proram bayi tabung pertama kalinya. Sebelumnya operasi pengangkatan tuba saya juga dilakukan oleh Dr. Ng. Prosedur bayi tabung hampir sama dengan temen2 yang share disini. Test darah dan hormon, suami cek sperma. Suntik suprefact 0,10 selama 3 minggu dilanjutkan suntik gonal F 450 + suprefact 0,10 selama 14 hr.

Oh ya perkembangan sel telur saya termasuk lambat dan sedikit. Saya sempat stress karenanya. Kata dokter ovarium kanan saya tidak begitu maksimal lagi akibat endometriosis. Penyuntikan saya lakukan sendiri tiap hari 2 inchi dari pusar.
Sesudah 14 hari gonal F saya diberi ovidrel 250 mg utk pematangan telur. 2 hari kemudian OPU, saya dibius setengah sadar jadi tidak merasa sakit.

Sel telur yang dapat 9, yang jadi embrio hanya 4. 3 hari kemudian saya ET, prosesnya cuma 15 menit tapi cukup menderita karena harus menahan pipis selama proses ET.
Sesudah istirahat 30 menit saya baru diperbolehkan pulang, tapi sebelumnya saya diberi suntik penguat rahim pada hari itu dan 4 hari kemudian. Saya juga diberi obat progesteron namanya cyclogest yang dmasukkan ke vagina 2 kali sehari.

Sesudah ET saya lebih banyak beristirahat, tidak melalukan banyak aktivitas yang berat. Seperti Yenni bilang tidak harus bedrest total juga. Soalnya banyak temen2 saya yang bilang sesudah ET harus stay di bed termasuk makan dan buang air. Setelah saya mengalami keguguran banyak yang mengatakan karena saya tidak mematuhi aturan tersebut adalah penyebabnya. Padahal setelah bertanya pada dokter dan membaca sharing disini saya yakin bukan itu penyebabnya.

14 hari sesudah ET saya test darah dan dinyatakan hamil. Bahagia sekali rasanya mendengar kabar tsb setelah married 7 thn. Tapi sayang 2 minggu kemudian saya keguguran. Rasanya spt kiamat deh. Awalnya ada flek sedikit, karena saya panik flek semakin banyak dan perut semakin nyeri. Meskipun disuntik penguat rahim janin saya tidak dapat dipertahankan.

Saya lebih yakin faktor psikis yang menyebabkan keguguran saya. Selama di Penang saya tinggal seorang diri di kamar apartemen yang saya sewa. So bayangkan sendiri deh gimana boring dan stressnya ditambah lagi kekuatiran, negative thinking, takut tidak berhasil. Hal2 seperti itu amat berpengaruh pada kondisi janin. Pokoknya kalo mau bayi tabung ga boleh stress, always positive thinking deh.

Tgl 16 feb kemarin saya uda suntik tapros yang pertama. Saya masih harus suntik 2 kali lagi. Saya masih bingung dengan prosedur yang harus saya jalani nanti. Oh ya program ivf kali ini saya tidak di Penang lagi tp di Medan.

Ok deh buat temen2 yang belum berhasil, kita sama2 berjuang ya.. tetap semangat ya.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (8 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...

414 thoughts on “Pengalaman bayi tabung keluarga Mery

  1. sisca

    @vera:
    ada bnyk tempat IVF di jakarta,ada dokter Taufik di RS Morula ada dokter Ivan Sini di Bunda,ada dokter karel di gading pluit….jk ga salag sebut tuh…
    coba vera baca kategori tempat program bayi tabung…
    di surabaya ada dokter Aucky di RS Siloam…dokter Aucky paling murah di Indonesia lho.
    jd silahkan pertimbangkan pgn BT dimn?saranku ambil di jakarta aja,jk pgn hemat di surabaya…
    di surabaya ga mslh krn ada kost2an yg dkt dg RS Siloam shg bs intensif programnya…di kost tsb jg bnyk tmn2 yg BT kost juga,jd bnyk tmn utk berbagi….jarak jauh ga mslh
    coba baca2 deh…krn msg2 dokter pny kehebatan dan metode sndri2 kok…
    tetap semangaaaaaaaaaat deh…

  2. vera

    Hai Mery dan teman2

    Salut atas usahanya untuk mendapat Keturunan
    Salam kenal, aku ada rencana mau bayi tabung untuk Pertama kalinya , karena sudah menikah 10 tahun, tapi belum berhasil juga, sudah coba sana sini, tapi yang diatas belum kasih juga
    Ada saran teman2 sebaiknya aku BT dimana ya,Medan ( Dr Bin) atau jakarta (Harkit), pls masukkan nya, kebetulan aku kerja diBogor, dan Mama ada di medan
    Jadi agak bingung apakah dimedan atau di jakarta, mana yang lebih baik ya
    Mana yang lebih dekat suami atau dekat dengan mama

  3. chu

    aq baru pertama kali baca shearing ini..ternyata banyak juga ya ibu2 yang blum dapet anak..kadang aneh juga ada yang nyia2in anak dan ada bersusah payah punya anak..semangat terus ya ibu2..!!!

  4. Hanny

    hi..ci mery n semuanya..
    jangan menyerah ya buat ci mery n semuanya..
    salam kenal..

    u/mbak muly..,saya mau nanya nih..
    mbak terakhir BT d SFC dengan dokter siapa? trus total biaya keseluruhan utk yg freshcycle itu berapaan ya mbak? Berapa lama stay di sana mbak?trus disana tinggal dimana? trus berapaan perharinya? thanks ya mbak..mohon sharingny..maaf kalo terlalu banyak pertanyaan ^^

    salam hanny ( terima kasih semuanya buat sharing pengalamannya ) GBU all..

  5. Tracy

    Hi intan,thx ya sarannya. Aku br pulang dr penang,kami program bayi tabung di rs loh guan lye dgn dr devindran. Mggu lalu laparoscopy. Mmg lbh murah di sana drpd di jkt. Waktu aku bayi tabung di rs bunda biayanya ampuuunn..deh. Aku sdh berusaha keras spy berat badan turun. Dr ga makan carb,fatty smp yg manis2. Tp timbangan tetep anteng. Bebal bgt badanku ini. Dokter sdh wanti2,tgl 22 feb nanti hrs sdh turun kiloanku. Bingung deh…:(
    Program bayi tabung di rs loh guan lye sekitar rm13000-rm15000. Ada yg pernah ke dokter devindran?

  6. intan

    Hi semua, jangan putus asa ya..saya juga senasib sudah 2 kali BT fresh dan 1 kali ET (Bunda Morulla) belum berhasil dan sekarang sedang persiapan untuk mencoba lagi.. aku 37 tahun tapi sdh punya anak 1 di thn 99, sejak 2003 sedang mencoba lagi tapi sampai sekarang belum berhasil sampai harus BT. Kasusku tuba falopi keduanya tersumbat malah yang satu sudah diangkat karena hamil di luar kandungan.
    Tracy, aku juga sedang berusaha menurunkan berat badan, karena temanku ada yang berhasil BTnya setelah dia dan hubby menurunkan berat badan +/- 10% dari berat badan saat ini (sudah 11 tahun blm berhasil dengan normal maupun insem). Katanya memang ada hubungan antara berat badan (terutama lemak di eprut, hehe) dengan keberhasilan BT, ya dengan lemak yang banyak agak susah kali ya suntikan mencapai sel telur. Selain itu, kl berat badan berlebih hormon kita memang biasanya kurang bagus. Sudah ada 2 temanku juga berhasil hamil (normal) setelah bertahun2 kosong, setelah menurunkan berat badan. Tapi ya itu, susaaaahhh πŸ™ mungkin kita harus lebih disiplin kali ya jaga pola makan dan olahraga. Tapi kalau susah banget apa kita konsul ahli gizi saja kali ya ?:)
    Mey dan Muly, jangan menyerah ya, semangaaaatt πŸ™‚

  7. Tracy

    Hai Merry dan semuanya… Saya butuh info utk cari ayam obat di jakarta. Di mana ya belinya. Thx sblmnya.

  8. Tracy

    Hi Merry dan semuanya di sini…salam kenal.
    Aku Tracy,sdh married 10 thn,blm jg dikaruniai anak. Aku sdh coba BT (1x) n insem (6x), semua di jkt,tp gagal. Skg aku ingin program lg,tp dokter bilang aku hrs menurunkan berat badanku dulu. Duuh..pdhal aku jd gemuk begini krn program2 kehamilan itu. Ada yg bisa bantu aku harus bgm spy berat badan bisa cepat turun? Terutama lemak di perut skg jd tebal sekali,apa ada hub krn suntikan2 di perut dulu?
    Thx sbelumnya ya.

  9. muly

    hai Ati, salam kenal juga …
    makasih doanya…semoga Ati juga yach, klau boleh tau sekarang Ati gmn ? masih/sedang program ? boleh donk sharing, emailku shizeleck@gmail.com
    OK tetap semangat yach…semoga pada saatnya ntar kita sama2 berhasil yach

  10. ati

    Hi

    Apa khabar Mer?
    Muly salam kenal seneng ada temen seumur yg masih semangat,saya udah 6 kali Bt and 1 kali insem belum hamil juga.Semoga cepet hamil yach.

  11. muly

    Hai Mery,
    kita benar2 senasib ya…hehe…
    Smoga tahun 2010 menjadi tahun keberuntungan buat kita, smoga Tuhan mengabulkan harapan kita selama kita tetap berusaha dan berdoa….
    Mery masih beruntung umur masih muda masih panjang kesempatannya,aku udah di atas 40th….tapi ngapain juga peduli umur ya yang penting usaha ( berusaha menghibur diri neh hehe…)
    Aku BT pertama di Bunda tahun 2004 ( setelah mengalami perjuangan panjang sejak tahun 2000, mulai dari Hidro, berkali kali insem, PLI sampai LO yang akhirnya diketahui kedua tuba fallopiku ga berfungsi, yang satu lengket dan menyatu dengan usus sehingga tidak bisa diapa-apain,satunya jari2nya menggenggam dan dibuka saat LO tapi dokter bilang ga bisa berfungsi sempurna untuk nangkap sel telur sehingga satu2nya cara harus BT,dan ada endometriosis yang juga dibakar bakar saat LO)waktu BT yang pertama responnya lumayan ada 19 sel telur 13 yang bagus dan menjadi 7 embrio,4 embrio ditransfer namun pada hari ke 14 hasil tes darah negatif, 3 bulan kemudian 3 embrio sisa dicairin dan hanya 1 yang bertahan kemudian ditransfer namun kembali di hari ke 14 negatif. Setelah itu karena kurangnya pengetahuan aku seperti putus asa aza males berobat lagi, kupikir semua cara udah kulakukan mau dengan cara apalagi ( ga tau kalau BT itu emang harus berkali-kali meskipun tau kemungkinannya emang kecil…hehe) saat itu aku cuma mengharap miracle aza dengan keyakinan kalau saatnya dapat pasti Tuhan akan tunjukkan jalannya hingga aku ketemu teman kerja yang cerita kalau dia berhasil hamil setelah berobat ke Penang di awal tahun lalu, bulan Juli 2008 kemarin aku ke Penang ke Singapore Fertility Clinic di sebelah Adventis Hospital, awalnya tes darah dan usg, ternyata aku masih ada endo dan sperma suamiku mutunya jelek banget kemudian aku terapi obat selama 3 bulan, tgl 18 Oktober 2008 aku kesana lagi dan setelah usg endoku udah bersih jadi bisa mulai BT tapi hasilnya negatif, terus tgl 3 des 2008 aku BT lagi dan kemarin hasilnya lagi2 negatif, jadi Mer selama 4 kali ET aku belum pernah positif ….hehe…tapi tetap akan mencoba lagi ga tau sampai kapan, rencananya bulan Maret atau April tahun ini tapi masih bingung mo kembali ke Singapore Fertility Clinic atau pindah ke Lam Wah Ee, balstocyst atau biasa aza….hehe
    Btw…Mery kapan rencana BT lagi ?

  12. mery

    Hai Fenny, slm kenal jg, smua dokter sama bagusnya kok, secara prosedur BT jg hampir sama, tergantung kita sbg pasien cocok n nyamannya dimana.

    Hai Anggi, slam kenal jg, jangan terlalu sedih ya, smua butuh perjuangan, blm berhsl sekali, coba lagi..Langsung BT juga ok, chance lbh gede but biaya lbh gede jg. Aku sendiri uda 4 kali BT msh blm berhsl. Tp tetap semangat yah. Prosedur BT di dr.Bin hampir sm kok dgn dok lainnya, coba baca di postingan awal, ok.

    Hai Muly, salam kenal juga. BT dimana? Aku ikut sedih ya hasilnya msh negatif, biasanya kalo uda negatif ga bs berubah jadi pos lagi. Tapi jangan menyerah ya, tetap semangat nyoba lagi. Aku juga uda nyoba 4 kali n msh blm berhsl, rencana mau nyoba lagi utk yg terakhir kalinya. Oh ya, klo embrio bs bertahan di hari ke 5 sblm di ET namanya blactocyst. Chance nempel di rahim lbh bsr. hanya aja banyakan embrio gak survive di hari ke 5. tergantung pada kualitas ovum n sperm jg. ok

  13. muly

    Hai Merry salam kenal ya….dan juga buat teman2 yang lain, aku Muly 41 th, dari 3 kali IVF, 3 kali ET gagal dan sekarang hari ke 15 setelah ET yang ke 4 , kemarin aku test masih negatif hiks….tapi masih belum mens juga, kira2 masih ada harapan jadi positif ga ya ? dan ada yang punya informasi tentang balstocys transfer ga? aku tunggu infonya,thanks

  14. Anggi

    Hai mery dan temen-temen lainnya
    salam kenal….
    aq bulan November yl insem di dr. Binarwan, tp blum berhasil, rasanya sedih banget,
    dokter bilang sih kalo blum berhasil bisa diulang kembali insemnya…
    tp skr aq lagi mikir, mending langsung BT aja dari pada insem lagi…
    Mery bisa crita gak, gimana proses BT mulai dari awal??

  15. fenny

    Hai…salam kenal
    mau tanya nih kalo dr Ng yg di malaysia itu sm yg di sby dr auky bgs mn yah?
    uda byk yg berhasil BT di malay or sby?
    sy uda married 4 th dan inseminasi uda 2 kali di NUH singapore dan masih gagal
    THX before

  16. Novi

    Irene..
    Thx bgt yah infonya.Aku udah dpt info Dr.Loh Seong di Sing.Nanti aku rundingkan dulu dgn kel.Apa km ikut prog BT Jg?

  17. Novi

    Irene,..
    Kalo blh aku minta ym km yah ?,aku blm paham yg dokter sing yg km rekomen itu.(kandang kerbau)??

  18. Novi

    Hai Irene..Thx sharingnya.
    Aku sih mau bgt op hidro nya. Kmrn op kista di penang,malaysia itu dokternya berpengalaman bgt lho..Kalo di singapur,aku pernah coba Dr.Koh.Kalo ke sing lg aku pikir2 dulu lg,abis materialistis.hehheee…
    Kalo km sdri, apa ikut BT jg ?

  19. irene

    Hi Novi, saran saya kalo kamu mau melakukan operasi pengangkatan hydro, harus dilakukan oleh dokter yang benar2 ahli dalam bidang operasi/laparoscopy ini. mengingat sejarah yang sudah operasi berulang2 kali, kemungkinan besar akan ditemukan banyak perlengketan di dalamnya, sehingga alat operasi untuk memotong hydrosalphinx nya pun bisa susah untuk masuk ke dalam rongga perut. oleh karena itu, perlengketannya harus dibersihkan dulu, satu persatu, dan kemungkinan harus dilakukan operasi besar (seperti caesar), karena untuk melakukan secara laparoskopi agak susah. nah, operasi besar ini pun juga kemudian bisa menimbulkan masalah lagi di kemudian hari, yaitu perlengketan akan muncul kembali. Oleh karena itu harus dilakukan oleh dokter yang benar2 ahli dalam bidangnya, sehingga munculnya perlengketan tidaklah terlalu parah. Dan juga, biasanya pemotongan saluran telur untuk hydrosalphinx itu harus dilakukan secara hati2 sekali, sehingga tidak mengganggu indung telur kita. apabila sudah beres dioperasi, yah kemudian harusnya tidak masalah ya untuk segera memulai bayi tabung.. banyak pasien di luar negeri yang bisa hamil dan punya anak kok setelah saluran kanan dan kirinya dipotong, yang pasti dengan jalan bayi tabung πŸ™‚ jangan putus asa ya….

    kamu boleh coba dokter2 di singapore, sepertinya dr Loh Seong Feei (dr SF Loh) dari Kandang Kerbau Hospital cukup ahli dalam bidang operasi maupun laparoscopy.

    atau..kamu boleh mulai bayi tabung dulu….lalu embryo kamu di freeze (dibekukan dulu atau disimpan), kemudian baru melakukan operasi pemotongan hydro, kemudian sesudah operasi baru ditransfer kembali embryo nya :)) tapi yang jelas lab untuk penyimpanan embro nya harus yang bagus yah….

    semoga infonya berguna

  20. Novi

    Hi susi slm kenal y.Thx atas sarannya.Aku merit udah 6 bulan,umur aku 31 thn.Tapi sblm merit,aku uda pnya riwayat op kista 2x & usus.Op kista dijkt&penang.Usus jg dipenang.Dok dipenang blg,klo nanti mau pnya anak hrs BT.Setelah merit,aku berencana mau ikut BT.Trus aku pergi ke Rs Family Pluit diJakarta.Di HSG ke2tuba nonpatent.Dok Family blg,klo aku hrs di op hidronya.Trus aku cari dok lain.Skrg ini sy mau program BT dgn dok Ivan Rizal di Menteng.Tapi br tahap USG & Cek darah,hormon,FH,LH.Dari hasil itu bgs.Dok Ivan jg blg kalo mau ikut BT,seharusnya hidronya di op dulu.Tapi u/kasus aku dia gak berani op hidro.Krn riwayat aku yg pernah op sampe3x.Trus dok Ivan blg klo seumuran aku itu keberhasilan 60%.Tapi berhubung hidro gak di op,maka menjadi 20%.Dok Ivan jg blg paling usaha yg akan dilakukan adlh bersamaan pd wkt ambil sel telur itu,akan dilakukan penyedotan hidro(Tapi dok blg hasilnya ngga optimal).Oiya Sus,mgkn sebelumnya km ngga pernah di op kan? Laen kasusnya ama aku yg udah pernah op sampe 3x.Jadi mgkn dok gak mau ambil resiko yg tinggi u/op hidro aku.Takut terjadi perlengketan setelah op hidro(Sama spt setelah op kista dipenang,akhirnya terjadi perlengketan usus yg mengakibatkan usus aku dipotong sampe aku kritis bgt lho msk ICU).Padahal wkt di Family itu,aku udah prepare semuanya u/op Hidro itu.Tapi aku takut jg menghadapi op Hidro,takut terjadi lg perlengketan usus spt dipenang.Aku heran kok dok yg difamily berani u/op hidro aku ya.BEDA bgt ama dok Ivan yg ngga berani ambil resiko.U/ temen2 ada gak kasusnya spt aku ? Pls sharenya

  21. susi

    Hai novi,
    Salam kenal y, sekedar sharing aj y dforum ini byk yg py kasus hydrosalping loh, lalu pada LO buat memperbaiki tuba/membuang cairan2 yg bbhaya dan jg ‘meneropong’ alat2 reproduksi kita lainnya.semua masalah2 bs keliatan pd saat LO dan dkter bs ambil tindakan.
    Aku heran d, kok dokter km bilg ga bs operasi kamu gt? Apa krn tdk ada alatnya/fasilitas dr RS buat operasi atau memang dia blm bpengalaman buat LO. setahuku memang kalau kamu mau LO kamu harus cari2 tahu dokter yg bpengalaman dan RS yg mempy fasilitas LO, banyak kok skrg klinik/RS yg bs mnyediakan fasilitas LO. Memang untuk BT bg yg py kasus hydroslping kudu operasi dl (LO) agar hasil BT nantinya bs maksimal.
    Kamu jgn sedih y ga bs operasi, sebaiknya km segera cari dokter lain agar penanganan kamu ssegera mungkin, krn bila hydrosalping tdk segera dioperasi takutnya dpt merusak tuba yg satunya (kalau mash bagus). Krn kata dokterku dulu,hydrosalping itu infeksi dsaluran tuba, aku dulu hydosalping dtuba kiri shg rusak dan dipotong pas LO. Yg kanan mash bagus. Pas LO jg ktahuan endo. insya allah tahun depan bs ikutan BT. Oh ya, aku ktahuan ada hydrosalping pas USG dan semakin jelas pas HSG.
    Semoga sharing ini dpt mjdi masukan buat km y.

  22. Novi

    Hi all..
    Aku punya prob hidrosalphing.Dr blg,sebelum Bt Hidrosalphingya hrs di op dulu.Tapi dr gak bisa op aku, krn klo op hidro resikonya sgt tinggi.(Krn sblmnya aku udah pernah op kista 2x & Op usus krn perlengketan op kista itu)..Aku jd sedih nih, krn gak bs op hidro,pdhl sgt mempengaruhi embrio..
    Dok blg kesempatan jadi 20% aja.Pls ada masukan buat aku ?

  23. mery

    Hai Dewi, congrats ya..you’re very lucky..I’m happy for u. Sama kok dew, aku programnya di dr.Bin juga taun lalu. Yupp aku tetap semangat kok, keep fighting !! πŸ™‚ thanks ya atas supportnya, semoga kehamilan kamu sehat dan lancar terus sampai lahiran ya. Uda brp bulan sekrg?

  24. Dewi Alvin

    Dear Mery,
    Saya mendoakan agar kamu berhasil hamil, jangan putus asa ya. Di Medan kamu coba dimana? Kalau saya coba di Klinik Halim Fertility Center milik dr. Binarwan Halim, SPOG di Jl. Pemuda Baru II no.10 Medan. Saya hanya sekali saja bt dan berhasil. Padahal saya ada PCO dan suami azoospermia. Saya yakin suatu saat kamu akan berhasil hamil. SEMANGAT!!!

  25. mimi

    Thanks Anne, hari ini aku mens hari kedua, sdh cek hormon kt dokter horman prolaktin terlalu tinggi diatas 40 jadi dikasih obat utk 30 hari. Tgl 31 baru suntik superfact. Wish me luck yah, GBU all!!!

  26. Sinta

    Hi Mer,makasih infonya yah.Sorry ,baru balas hari ini. Aku kemarin dah beli di Lautan Timur.

  27. mery

    Oh ya Sinta, obat tim ayam itu kan umum banget ya, krn rata2 obat chinese tuh klo digodok yah di tim dengan ayam, jadi kalo mau bli bilang aja ke penjualnya spesifikasinya yg utk apa.ok.

  28. mery

    Hai Sinta, obat tim ayam belinya di toko obat china. Sinta pernah ke Pasar Ramai Medan gak? disana ada toko obat china yg lengkap banget. Di Pasar Besi, Pasar Sambas, Jl. Bogor juga ada, banyak kok Sin toko obat china di Medan.Waktu beli bilang ke penjualnya aja obat utk tim ayam, mereka uda tau.

  29. Sinta

    Mer,tanya lagi boleh yah ? Saya ada baca posting-an dari Ros , dia ada bilang minum tim ayam obat,kalau di Medan ada jual yah? Merek apa yang bagus,n belinya di toko obat mana yah? Ros ada bilang beli di Pancoran Jkt,tapi ga bilang mereknya.Saya ada tanya juga ke Ros melalui blog ini,tapi belum di balas,mgkn sibuk yah…sorry yah,Mer jadi ngerepotin kamu terus…

  30. mery

    Hai Sinta, keteternya ga besar kok, tipis panjang aja. waktu proses ET aku sebentar banget, cuma 5 menit dan sama sekali ga sakit.Aku aja sampe heran uda selesai yah, kok cepat banget hehe..
    Aku blm tau next BT kemana, sekrg ngumpulin dana dulu deh πŸ™‚ and then baru mutusin mau kemana.

  31. Sinta

    Mer,mau nanya lagi nih. Waktu masukkan embiro ke rahim , dokternya hati-hati/pelan-pelan ga yah? Ada terasa sakit? Pernah lihat alat keteter(pipa) untuk masukkan embrio itu ? Besar ga yah? Dulu saya pernah insem di sana 2x (gagal) , waktu masukin keteternya agak ngilu.

  32. Sinta

    Makasih ya Mer,info-nya(GBU).Brarti dr.Binarwan ga pake gonal ya,tp pake puregon. Kalau mslh yakin sih ,lebih yakin ke TMC tp kalau masalah nyaman lbh nan di Medan ( he..he..susah yah ).Mery rencana BT ( ke -4 yah), mau ke mana?

  33. mery

    Hai Sinta, sebelum prog cek hormon FSH,LH,Prolaktin dsb. awal mens diberi pil kb. Hari ke21 suntik suprefact, cek estradiol, suntik puregon+suprefact 10-12 hari, cek estradiol, suntik profasi utk pematangan telur, OPU waktu OPU bius total dan dilakukan dokter anestesi, ET istirahat 2 jam kalo mau lebih juga boleh.
    OPU dan ET semua dikerjakan dr.Bin. Setelah ET dapat suntikan proluton tiap hari dan obat progesteron oral. Ada 3 kali cek darah juga sehabis ET yaitu cek estradiol, cek progesteron dan cek bhcg.
    Kalo dokter akupuntur aku denger ada temen yg bilang dr.Mulia yg praktek di jl. sumatra bagus.
    Kalo Reiki Tummo aku gak tau alamatnya di medan.
    Ok deh Sinta, semoga membantu ya, mau dimanapun ivf nya yg penting nyaman dan yakin dengan tempatnya.
    sukses yah.GBU

  34. Sinta

    Hi Mer,saya Sinta.Mau tanya waktu Mery program bt di dr Binarwan ,bisa ceritain prosesnya ga ya?(suntik pake apa,ada cek darah ga tiap berapa hari sekali,bius total saat opu dilakukan dokter anastesi or perawat,setelah et boleh ga kita minta bedrest di kliniknya lebih dari 2jam,waktu opu dan et dokternya kerjakan sendiri atau ada dibantu dokter lain ).Saya lagi bingung mau bt di Medan or TMC KL.Kalau di Medan mgkn stresnya kurang krn tinggal di rumah sendiri, kalau di TMC takutnya ga betah (kostnya ga nyaman,makanan ga cocok) jadi stres lebih tinggi.Mery tahu ga ya dokter akupuntur (yang ahli kesuburan )yang bagus di Medan ,trus satu lagi nih kalau ga bosen,mery tahu ga ya alamat reiki tummo di Medan ( sebelum bt saya mau belajar bagaimana cara menghilangkan stres – saya orangnya agak ‘parno’ ).Jangan marah ya Mer,baru kenalan tapi nanyanya dah seabrek-abrek..:)

  35. mery

    Hai Yanti, aku ikut merasakan kesedihan kamu, cobaan ini pasti berat sekali ya…aku salut sama kamu yg bisa setabah ini…Tetap semangat yah Yan, Tuhan pasti memberikan yg terbaik…
    Aku uda send ke email kamu Yan, semoga thaw nanti berhasil. lancar terus sampe lahiran…Good Luck GBU

  36. yanti

    Hi mery, rencananya sih bulan ini, kemarin sy telp ke dokternya, tunggu datang haid dulu, baru ditentuin tanggalnya. embrio ku masih ada sisa 4 yg di frozen. des 2007 ikut BT yang pertama, 3 ditanam. berhasil 1.tapi usia 12 mggu kehamilan ada flek, mggu ke 16 ,ketuban bocor.. pdhal sy dah bed rest total. ga tau knp. sy diopname hampir 2bln di rs. janinku baik2 aja kt dokter. trus ternyata mggu ke 33 kehamilan, sy hrs di caecar, anakku mengalami fetal distress,ada kelainan jantung(bocor). sy diberi kesmpatan oleh Tuhan 3 hr saja menjadi ibu..anakku dipanggil Tuhan. ada yg punya pengalaman spt sy ga…
    so, itu dah berlalu, sekarang semangat lagi.. eh, sorry ya mer jadi curhat nih.. email ku hidayattyyu@yahoo.co.id
    dulu sy di mewah court juga, lantai17. skrng mo cari apartemennya yg di bawah. send ya mer telp n alamat nya ke email ku. thanks ya mer. GBU.

  37. mery

    Hai Yanti, kapan mulai thaw nya? semoga lancar dan berhasil ya..apartemen sewa di mewah court banyak..ntar aku send ke emailnya yanti aja, minta add emailnya ok sepertinya gpp kok stay di lantai atas, byk emang yg blg naik turun lift pengaruh..tp klo menurut aku sih ga ada pengaruhnya..GBU

    Hai Junita, sebentar lagi test bhcg kan, aku doain semoga berhasil yahh…keep cia yoo ok…aku msh blom program, masih istirahat dan ngisi pundi2 dulu hehe. Good Luck ya..GBU

  38. junita

    Hai All,pd kemana nih.. Koq sepi.. Ga ada yg share pengalamannya lagi.. Masih pd semangat kan??? Ayo.. Semngatttt…
    @ Merry, kpn mulai programnya lagi? Update kbrnya ya

    Buat teman2 yg lain yg blm berhasil..pantang mundur ya..

  39. yanti

    lam kenal semuanya…
    saya yanti, saya rencana thaw bulan juni ini di lam wah ee, penang. ada teman2 yang bulan juni ini rencana BTjuga di lam wah ee? biar barengan gitu n ada teman untuk sharing n nggak boring… untuk merry, lam kenal ya.. saya salut dgn perjuanganmu.. boleh tau telp apartemen di mewah court? trus kata temanku sebaiknya tinggalnya jangan di lantai atas, biar gak naik turun lift? ada hub nya gak sih dg proses BT.. thanks ya GBU.

  40. mery

    Hai Ky, syukurlah 2 bln lagi uda bisa ikut short protokol, mudah2an treatment dgn pil diane dan metformin bisa mengatasi masalah PCO Kiky…
    Haha Ky dlm BT kalo bisa jangan jadi hero deh, maunya langsung berhasil aja…tapi kalo emang uda begini,apa boleh buat, yg bisa dilakukan cuma berdoa dan berusaha terus..Ok Ky semangat terus ya, don’t ever give up…GBU

  41. kiky

    Hi Anne salam kenal…aku turut sedih krn kegagalan BT nya nga smp ET, kl aku nga smp OPU, terakhir suntik gonal malah si eggy kualitasnya kr bagus, hiks kita mmg mesti byk menelan pil pahit dl yaa sblm berhasil,….oh ya mengenai tuba, mungkin kl hanya maslahnya buntu msh bs diperbaiki dgn laparoskopi, tp kl utk hydrosalping si tuba sudah rusak tidak bs diperbaiki karena infeksi dan berisi cairan dan cairan inilah yg mewash out embrionya nanti jd memang harus diangkat dl krn sudah tidak ada gunanya lg dipertahankan malah merugikan…
    Ok Anne moga qt berhasil deh next BT….GBU

  42. Anne

    hi mimi, problem aku sblm ikut bayi tabung selain ada kista dekat tuba sebelah kanan & endometriosis, kedua saluran tuba buntu. dokter di harapan kita menganjurkan utk laparotomi membuang kista dan 1 tuba. kuputuskan tdk ikut bt dulu. akhirnya aku second opinion ke singapore (dr. Loh Foo Hoe praktek di mount elisabeth). kalo dia bilang tdk perlu membuang saluran tuba, siapa tau miracle happened, kita bisa hamil normal tanpa bt. jd yg dia lakukan; laparoskopi utk membuka saluran kedua tubaku sekalian membuang kista endometriosis. but sampai sekarang aku blm hamil, mgkn sdh kuasa yg di Atas kali ya. setelah 1 th setelah operasi itu aku blm jg hamil, akhirnya aku ikut jg bt di surabaya (dr.aucky hinting). prosedur aku kira sama dg semua yg ada disini. mulai suntik suprefact & gonal f. akhirnya gagal, aku tdk sampai ET. telur yg dibuahi tdk berkembang. menurutku ini dokter memaksakan utk bt. krn pas aku balik lagi ke dokterku yg di singapore bilang dilihat dari keterangan yg aku bawa, kondisi sperma suamiku sewaktu ikut bt lagi krg baik. mgkn akhir th ini aku mau ikut bt lagi, tp msh blm tau di dokter mana. skrg ini aku masih mengharapkan keajaiban terjadi. semoga.

  43. kiky

    Hi mimi…mmg kl hidrosalping sebelum BT wajib dilaparotomi dl krn kl tidak cairannya bs menjadi toxin utk embrio, ini kt dokter, semoga bermanfaat yaa

  44. kiky

    Hi merry thanks commentnya yaa, sempet kecewa sih mer wkt dicancel 2hari sbl jadwal opu,krn aku pikir koq br skr ketauan kualitas telornya dr bl kadar E2nya lah yg menentukan kualitas si eggy, entah terlalu ribet atau mmg dr lebih teliti,stlh dipikir2 lg ada baiknya jg drpd stlh Opu n et kualitas emby jelek n kemungkinan besar gagalN so dokter pasti lebih tau yg terbaik ya mer so mesti byk2 positif thinking khan.rencana selanjutnya tg 2 siklus br mulai lg pk short protokol skr lg therapi pk diane n metformin dl,mdh2an nga pk acara laparoskopi lg utk ovarian drilling, n langsung berhasil deh, mery jg ya berhasil.. Duh mer rasanya nga enak bgt ya kl kecewa gr2 gini’ gmn kl spt Mery? Aku blm tentu sanggup lho so u really such a hero, spt di film2 mer kl hero mmg selalu kalah dl,tp hero nga mengenal kt menyerah makanya hero selalu menang n berhasil endingnya,yakinlah Merry jg akan spt itu suatu saat nt. Goodluck ya Mer…n thank u rasanya plong bgy kl udh curhat,.

  45. mery

    @Kiky, Hai Ky, aku ikut sedih ya program nya dihentikan,aku juga bingung kok bs ya Ki. Aku ga gitu ngerti soal estradiol, maybe Therez bisa membantu …soalnya aku ga pernah cek estradiol selama proses suntik gonal, proses BT di penang sptnya lebih simpel Ky. Kalo kamu PCO kok dokter ga bisa tau sebelumnya, biasanya yg PCO kan mens ga teratur. Yg sabar ya Ki, tetap semangat lagi, keep fight deh utk dapetin momongan. Apalagi Kiky juga masih muda, next time pasti berhasil Ky. Oh ya dokter suggest utk selanjutnya gmn? Apa hrs ovarian drilling dulu ya, biar telurnya ga terlalu byk?
    Keep ciayoo ya Ky…semoga utk BT selanjutnya lancar dan berhasil.GBU

    @Novita, Hai Nov, bulan depan mau mulai konsul ke dr.Taufik ya..seneng dengernya nov, tetap semangat ya, mudah2an next BT bisa berhasil. Aku juga tetap berjuang mau program lagi, mungkin akhir tahun..doain ya Nov. Semoga kita semua bisa berhasil next BT.
    Keep ciayoo ya..GBU

  46. mimi

    Hai temen2, ada yg tau gak gejala hidrosalping? Kedua saluran tubaku buntu, ada dr bilang mesti dipotong sebelum ikut bt.

  47. kiky

    Hi Nov, km lebih beruntung lho udh punya atleast satu, msh ada yg menghibur,kita2 satu pun susah bgt mau jd mama, dan bener ya yg namanya organ reproduksi rentan banget sm penyakit…o ya aku sm dr.Ivan, beliau jg teliti,komunikatif dan ramah, thn 2007 lalu aku sempet sm Dr Taufik beliau jg OK malah lebih teliti, kl ada yg agak kurang memenuhi syarat dia perbaiki dulu,eg pemeriksaan hormon awal spt LH n FSH kurang seimbang beliau mau benerin dl semuanya, sampai betul2 Ok utk IVF, so aku saranin km ke Dr. Taufik aja, tadinya aku mau ke Dr Taufik lg cm pas hari H3 aku haid beliau tidak praktek, jd udh nga sabaran mau cepet2 BT jd sama dr.Ivan…
    Ok deh Nov, keep trying n never gave up, thats the only thing we could do, n u r right, it really really takes a lot of rain before rainbow….

  48. novita

    kiki : iya salam kenal juga,kiki drnya siapa aku dr indra BIC next bt mo pindah dokter , rekomendasi therez ke dr taufik aja orgnya lbh teliti and detil..mulai bln dpn aku konsul, anggap aja it takes a lot of rain before rainbow ki..jd kita memang hrs berjuang terus…kamu msh dibawah 30th…bersyukur tuh msh muda bnyk kesempatan aku th ini dah 34th cuma aku dah punya anak kandung usia 9th, ternyata kondisi organ swkt2 bisa berubah2 ya…sukses buat next BT yha ki….

  49. kiky

    Hi Novita,slm kenal jg, memang aku mesti banyak belajar bersyukur ya,maklum kepedean bgt ngerasa msh dibwh 30,jd optimis sekali wkt itu krn telor banyak n response nya baik sekali,so umur nga jamin jg ya… bener kata Therez program BT kaya naik roler coaster up n down we will never know whats around the corner…

    Aku Turut prihatin sm km ya Nov, aku baca jg milis2 km tp blm bs ksh comment krn aku jg baru mau jalanin blm banyak tau…well kemarin2 mmg rada down, skr lg cb up lg,ayo Nov qt semangat lg….next BT qt semua berhasillll….

  50. novita

    @hai kiki slm kenal…beruntung kamu distop stlh tahu estradiolnya rendah…aku cuma 120iu dokter tetap opu hasilnya telur kosong semua cuma cangkang apa gak sedih bgt hiks2..
    @meri…gimana mer kpn coba bt lg aku dah lamaaa bgt gak buka web ini semenjak gagal bt bln jan ini, cuma buka facebook aja buat menghibur hati hiks2…kl masalah telur aku jg ampun2 deh bad egg bgt kl gak dibantu obat gak pernah mens dr bln peb kmrn….agak desperate nieh..need to support….semoga next program sounds good ya mer..:))

  51. kiky

    Hi Merry apa kabar jeng? Mer gw lagi sedih nieh, krn program gw di stop dl sm Dr padahal jadwal OPU tgl 5 ini, gara2 hasil E2 hari ini ngedrop bgt 150, ktnya kualitas Egg nga bagus pdhl sebelumnya OK2 aja hasil E2 460 cukup tinggi pertanda telor mulai mateng…oh ya pd H5 suntik gonal @150 IU telorku byk bgt ada lebih dr 30 jd dosis gonal dari 150 trus diturunin ke 112,5IU n turun lagi ke 75 IU. knp bisa ngedrop gitu ya Mer Estradiolnya? bukannya malah tambah besar telur tambah tinggi E2nya? apa karena dosis gonalnya terlalu rendah?. any suggestion from Merry? Oh ya dokter bilang aku PCO. Merry skr program dmn? sudah sampai tahap mana? aku pembaca setia web ini, rasa2nya belum ada ya sharing dr teman2 yg gagal sblm OPU??

  52. Anne

    hai Merry, thanks infonya. skrg lagi diskusi sama suami. nanti kalo mau jln lagi IVF,aku kasi kabar. bener kata teman-teman seperjuangan kita disini “tidak boleh putus asa, tetep semangat!” GBU.

  53. mery

    Hai Anne, program di Aucky kemaren gak sampe tahap ET ya? Yg sabar ya, sepertinya sel telurnya bermasalah juga ya. Aku sendiri ada 2 yg jd embrio tp kualitasnya buruk.
    Di penang aku stay di apartmen Mewah lokasinya di seberang hospital LWE, biaya sewa RM 40 perhari, biaya IVF nya sekitar RM 10 ribu.
    Kabar2in ya Anne kapan mau BT lagi, siapa tau bisa barengan πŸ™‚ GBU

  54. mery

    Dear Ci Yati, salut buat semangat dan perjuangannya yg tetap mau berusaha, aku sendiri belum tentu bisa seperti ci Yati yg tetap kuat dan tabah..
    Semoga next progam berhasil, berhasil dan berhasil…GBU

  55. Mulia

    ci yati, skrg ini ngak perlu sedih berlebihan krn telah terbukti kalo ci yati khan berhasil positif hamil dgn adanya kantong kehamilan, berarti utk next prgm lg kemungkinan besar jg akan berhasil hamil, dan semoga saat itu janin berkembang dgn baik sampe melahirkan… tetap semangat dgn penuh harapan yach… GBU

  56. Yati

    Hi Imel,
    Thanks ya, saat ini Imel sedang program di TMC-KL ya.
    Moga kali ini Imel sukses sampe melahirkan.

  57. QQ

    Buat mery dkk S A L U T E bwt perjuangannya,btw alamatnya da ktm he he he setelah seharian baca pengalaman dr temen2 smw.

  58. Anne

    Oh ya, Merry waktu di penang stay di apartemen mana? alamat apartemennya dimana? berapa biaya sewanya? kalo boleh saya tahu juga, berapa total biaya IVF dengan dr Ng Peng Wah?

  59. Anne

    Halo Merry, salam kenal. Salut ama Merry yang tetep semangat. Saya sudah 5 tahun menikah belum juga dikaruniai anak. Pernah ikut IVF sekali di Surabaya dengan dr.Aucky Hinting. Ternyata gagal. Saya kira prosesnya sama dengan Merry. Mulai suntik suprefact sampai gonal F. Setelah sel telur diinjeksi dengan sperma (ICSI), 2 hari kemudian sel telur tidak terbelah. Sedih sekali rasanya karena saya tanya dr. aucky pun juga merasa heran kenapa itu bisa terjadi. Menurut dia, biasanya setelah sel telur terbelah, dipilih yang terbaik, baru kemudian dilakukan ET.

  60. Yati

    Hi Mery & Mulia,
    Maret lalu thaw sy sdh + hml, namun disaat usg kantong kehmlan memang berkembang bsr, tapi kali ini terpaksa minum pil pahit lagi.
    ya kata dok tak ada detak jantung, duh sedih sekali, sy gagal lagi.
    Tapi bila masih diberi kesempatan (bila kondisi rahim masih bagus dan memungkinkan untuk program lagi) ya sy akan ulang program lagi ,sptnya penasaran banget, dan dok selalu memberi semangat pada sy, menyakinkan sy, mengenai usia yg kian bertambah (tua ha ha ha) wo o o jangan takut, krn kedokteran kian maju (cangih). jadi BT lagi? mengapa tidak?

  61. mery julioes

    Hai Susan,
    Gua gak ikut larangan makan dr.Bin lagi krn gua liat dari pengalaman BT sebelumnya juga gak ada pengaruhnya soal makanan. Setelah et gua cuma 3 hari aja di bed, besok2nya uda ga total bedrest lagi.
    Semoga lancar programnya ya San…kabar2in kapan OPU dan ET nya ya..GBU

  62. susan

    hi, mer, skrg wa udah di penang dan baru sampe hari ini – tgl 10, udah mens hr ke-3, so mery waktu ikut program di dr. ng ada ikut peraturan dr.,bin gak, misalnya seperti larangan makan? n wkt setelah ET mer ada bed rest gak, brp hari? GBU

  63. mery

    Hai Susan,
    dosis suprefact gua kemaren 40 unit. Walopun kedua tuba tersumbat atau kayak gua yg uda gak ada tuba tetap bisa mens kok. Mens itu datangnya dari penebalan dinding rahim (endometrium) yg luruh krn tidak terjadinya pembuahan. So susan uda mens blum? kapan ke penang?

  64. Yake

    Dear Jenny,

    Kbr program aq br nyampe microgynon hr ke-20, bsk terakhir..
    Tgl 9 april aq ke KL, jumpa dokter tgl 10 april..
    Klu semuanya ok, dilanjutkan gonal f trs OPU & ET..

    Semoga program kita2 kali ini berhasil ya..

  65. jenny

    dear Yake,
    thanks infonya ! sdh telp ke sana… disuruh telp kl pas mens utk atur jadwal dtg. bgm kabar programmu, Yake?Udah nyampe mana ni sekarang?

  66. Yake

    Dear Jenny,

    Sebaiknya km buat appointment by email or telp. langsung deh..
    Ini emailnya dr.lee, colinleess@tmcfertility.com & telp.6-03-7729 3199..

    Km bisa memilih dokter yg manapun km inginkan buat handle km..
    Iya medicinenya kita bw pulang & didemo cara2nya..
    Sebaiknya sblm mens ya km dtg..

    Nanti lbh jelasnya km bs tanya langsung sm dr.lee by email or telp..
    Ok Jenny..

  67. jenny

    hi Yake
    thanks ya infonya, boleh nanya lagi yach.. prosedur pertama kalo mo konsul ama dr Colin Lee bgm? Dtg konsul, kalo cocok n mau prog ama dr Lee (bisa minta maunya ama dokter lee?), lsg bisa bawa pulang obat2annya ya?hari ke brp sebaiknya saya konsul, spy ga bolak balik ke KL.thanks ya

  68. susan

    hi, mer, mau nanya lagi nih, suntik suprefact mer brp dosisnya? sebelumnya sih wa 5, tapi kemaren disuruh via telepon dari dokter jadi 50. ada lagi pertanyaan temen wa: kalo dua tuba tersumbat orang jadi gak bisa mens ya? soalnya sel telur yg tidak dibuahi tidak bisa keluar melalui tuba, so gak mens. GBU mer.

  69. Yake

    Hello Jenny,

    Sebaiknya km stay dirmh damansara dkt hospital lama, krn lbh dkt kemana2..
    Klu ke hospital br naik taxi kira2 7-8 RM..
    Sewa kamar 1 mlmnya 75 RM, klu buat 1x mkn 5-6 RM, km jg bs msk klu mau..

    Semoga infonya dpt membantu ya..

  70. Lili

    hi mery,
    iya saluran telur gw dua2nya ga bisa dipake lg jd dokter da vonis musti IVF. Karena baru aja LO jadi nunggu 2 bulan alias bulan mei baru mulai minum microgynon n suntik menyuntik, obat seh udah dibawain ma Dr. Colin jd ga usah bolak balik lg. Dokter pas kemaren bilang success ratenya 66% dan ga ngomong ttg saluran mengganggu pa gak dah langsung disuruh IVF. Semoga kali ini langsung berhasil deh ma Dr. Colin. Buat kamu juga good luck ya Mer semoga program berikutnya berhasil sampe melahirkan, AMIEN! ;p

  71. mery

    Hai Anastasia,
    Thnaks ya doanya, hehe pengen juga nih main ke Bandung, secara gua juga lon pernah kesana..So, tasya uda planning BT dimana? Klo di jkt banyak tuh temen2 kita yg dah berhasil di BIC, coba konsul aja dulu kesana..siapa tau cocok dengan dokternya dan bisa langsung mulai BT πŸ™‚

  72. mery

    Hai Susan,
    Yah pasti ada boringnya juga long stay di penang, but untungnya gua ketemu banyak temen yg BT juga disana jadi bs ketemuan, sharing..oh ya bawa gadget juga laptop, bb, dvd, novel/majalah utk bunuh waktu pas habis et ntar πŸ™‚
    Kalo perpanjang visa gua ke imigrasi di penang, biayanya RM 100 dan nunggu sekitar 2-3 jam dah kelar..
    Wah berarti sekitar pertengahan april dah ke penang ya San, ntar kabarin gmn perkembangannya ya.. Keep cia yo ya San, kali ini pasti berhasil ok..GBU

  73. mery

    Hai Li,
    kedua tuba tersumbat ya Li? So, ga mengganggu proses BT ntar kan? Soalnya kedua tuba ku jg tersumbat dan lengket krn endo parah dan hrs dibuang krn infeksi (hidrosalping). Iya Li, dr.Colin emang uda terkenal banget, elu bnr2 di tangan dokter yg oke, so jangan kuatir kali ini pasti bisa berhasil …keep cia yo ya..Trus kapan mule suntik2nya Li? oh ya lu hrs recover dari LO dulu dong ya..
    Gue percaya just the matter of time aja, soon kita pasti hamil ok.. GBU

  74. susan

    hi. mery

    wa masi di medan, umur udah 32thn, wa uda mulai suntik suprefact tgl 29 lalu, so mery tinggal di pg 5 minggu? bosan gak mer? wa takut wa bosan entah bisa stress ga btw. izin tinggal cuma bole 30 hr saja kan? mer minta izin tinggal di konsulat ya? GBU

  75. jenny

    dear lily,
    hi ly,aku mmg sering denger nama dr Colin Lee di TMC. Konon bagus lho…Ly, kalo kamu di KL tinggal di mana? dekat ama RSnya ya? Berapa harganya semalam? aku denger kalo di KL akomodasinya dan biaya hidupnya aja cukup mahal , bener ga sih?
    Mgkn teman2 lain yg jg pernah/lagi prog di KL bisa kasih info.. thx

  76. cynthia

    Dear Jec/Mery..
    u/ surrogate mother, saya udah pernah tanya ke Dr.Ng-Penang.. awalnya susternya bilang tdk boleh, tapi akhirnya saya tanya lagi,, susternya tanya Dr Ng, dan finally bilang ok (krn awalnya dia takut kalau jadi hamil, apa kita mau terima semua bayinya,, krn pertanyaan saya.. ditanam ke rahim kita sendiri dan juga ke rahim wanita lain, setelah kita ensure that kita akan terima kalau semua jadi,, maka dia ok)..
    kalau di Dr.Binarwan, saya tanyakan juga,, katanya di Indonesia ngak boleh ,, tapi kalau pakai sperma atau sel telur org lain itu lebih bagus.. tapi kalau surrogate mother nanti bakalan rumit casenya… , so kalau mau dgn surrogate mother, mesti discuss closely dgn Dr.Binarwan..

  77. lili

    hi merry,
    ni gw sekarang lagi di KL dari hari senin, pas ketemu dktr langsung disaranin IVF tapi gw minta lapraskopi dulu jadi kemaren baru aja lapraskopi dan ditemuin ada endo (iya bukan ya? kyk miouma gt) dan katanya saluran telurnya ada pelengketan jadi besok ketemu dktr lagi buat di diskus langkah selanjutnya.
    gw taon ini 28 … pengen cepet2 punya baby biar ga ketuaan besides kan ivf kadang mesti berkali2 dicoba jadi musti dari sekarang2 ini deh.
    TMC dokternya bagus namanya Dr. Collin Lee dan dia yg ningkatin success rate dari 5% jadi 50% sampe dapet gelar “dato” dari pemerintah malaysia. Jadi PD aja deh pasti berhasil IVF kali ini πŸ˜› tapi tetep musti praying hard ama profesor yang diatas hihihi
    jangan give up ya mer! kita sama2 berjuang dan saling bantu doa (ini juga berlaku buat ibu2 yang laen) never giving up even how hard it is soalnya Tuhan ga pernah tidur dan pasti Dia bakal menjawab doa2 kita semua, amien!
    GBU all

  78. fia

    hai ifa, salam kenal…mau tanya nih, walaupun gak diskon apakah boleh beli gonal f langsung lewat kamu?ato harus pake resep dokter?kalo pun gak boleh, harganya berapa ya?buat perbandingan aja sih sapa tau kan rumah sakit ngambil untungnya banyak banget hehe..thanks yaa..buat ,merry..salut banget dengan perjuanganmu mer..you are my hero !! ^_^ sabar ya mer….pasti kamu berhasil, jangan patah semangat!!

  79. Anastasia

    Hi, Mery, sy turut sedih baca pengalaman kamu. Tabah aja ya… Tuhan pasti kasih yg terbaik & terindah pada waktuNya, ga akan pernah terlambat. Kadang2 kita emang ga ngerti kenapa jalan idup kita seperti ini ya. Malah temen2 sy yg pada blm mau hamil stlh mrd, malah lsg dikasih. sdgkan kita semua mesti berjuang abis2an, stres, down, biaya, dll malah kok ga dpt2. Sy juga waktu itu pernah kecewa bgt ma Tuhan. Mery maen dulu aja ke Bdg, tenangin hati & pikiran. Nti kita bisa ketemu ngobrol2 & slg nguatin.
    Kpn rencana mo BT lagi? Dimana? Mo coba di dr. Tono di Bdg? he he.. Dokter ini paling terkenal jago di Bdg saat ini. Tmn2 sy yg susah hamil jg berobat ke dia ga pake lama, lsg berhasil. Tapi sy sih agak kurang ‘jodoh’ ma dia, he he…
    O ya, kalo yg laen ada yg minat ke dr. Tono juga, ayo kita share.

  80. Anastasia

    Hi, semua… Salam kenal. Sy Tasya dr Bdg, boleh ikut gabung ya? Sy udah 32 th nih, dah mrd ampir 4 th, tp blm pnh hamil. Dah keliling2 dokter2 di Bdg, tp blm hsl juga. Udah diinsem jg 1x di Gading Pluit ma dr.Indra Anwar, tp gagal. Friends, minta recommend dokter2 yg ok donk di Jkt. Sy rencana pgn 1x insem lagi, abis penasaran sih soalnya dokter2 di Bdg bilang ga ada masalah kesuburan. Tp kl gagal lagi, mo coba BT aja. Tp sy bener2 kurang info ttg dokter2 di Jkt. Please share…:)

  81. mery

    Hai Ifa, thanks ya atas perhatiannya ke ibu2 yg lagi berjuang disini, benar banget seandainya aja kita bisa beli gonal dgn harga diskon dari kamu hehe..
    Aku tinggal di daerah putri hijau..Wah Fa untung uda mau bersatu dgn suami ya hehe, buruan hamilnya ya, jangan tunda2 lagi πŸ™‚ GBU

  82. mery

    Hai Lili,
    Iya nih Li sepertinya di TMC KL bgs ya, gua uda baca situsnya sepertinya menjanjikan banget. Gua ada rencana mau konsul ke sana juga, but husband maunya tetap di penang dgn dr.npw πŸ™
    Gua thn ini uda 31 nih..waktu emang cepat berlalu ya kemaren masih berasa 25 hehe. Elu umur brp Li?
    Dokter kemaren emang nyaranin egg donation ke gua, but gua masih susah menerima nih Li, jadi mash perlu gua pertimbangkan.
    Haha Li iya nih mudah2an angka keberuntungan gua di angka 4 ya, soale gua lahir tgl 4 juga, amin deh.
    Gua doain kali ini program elu di TMC lancar dan langsung sukses ya..kabar2in kapan start nya ok..GBU

  83. mery

    Hi Susan,
    Hasil bhcg gua..BT 1 tesnya pada hari ke 11 = 70, BT 2 tesnya pada hari ke 17 = 59, BT 3 negatif ( dibawah 5).Fyi, nilai bhcg normal meningkat setiap 2 hari.
    Kalo dosis gonal gua waktu BT 1 dan BT 3 sama yaitu 450 iu perhari selama 14 hari.. waktu BT 2 di dr.Bin dosis gua hampir sama dgn elu, awalnya 300 iu trus meningkat sampai 450 iu.
    Oh iya kalo di burmahtel dekat ke island hospital ya..Susan uda umur brp? Sekarang masih di medan kan? kapan mulai suprefact?

  84. Lili

    hi merry,
    rencana gw mau BT lagi ni tapi ga di sam marrie jadinya ganti di TMC damansara Malaysia baru mau brangkat rabu ini buat pemeriksaan dulu jadi belum tau dokternya bakal kasih BT apa gak liat hasil dl nanti sama sekalian tanya2 harga dll dulu.
    Kl boleh tau merry taon ini umur brp? oya pernah kepikir buat egg donation ga? kl emang egg kurang bagus qualitynya coba aja tuh kan tetep aja mer kl berhasil hamil kamu yg ngandung meski egg orang laen kamu yg ngandung n ngelahirin πŸ˜›
    tapi saran gw sih kamu mending jalan2 dulu aja mer holiday relaxing bareng suami setelah itu baru coba lagi sapa tau yg BT ke 4 berhasil langsung dapet kembar udah deh beres he3
    ada lho org yg BT ampe 5x/6x/bahkan 12x baru sukses (kembar) nah mungkin merry diangka 4 ya mer.
    GBU …

  85. susan

    Hi, mery, w stay di burmahtel krn lbh dkt ke pasar n bisa jln kaki ke island.kalo di island w dgn dr.mahalakshmi, bole tau hasil beta hsg mery brp yg I,II,III? kalo dulu di dr.bin total puregon w sampe 4025. dosis hr ke1-6 =300iu, 7,8=350iu, 9,10=450iu, 11=325iu, 12=300 iu. apakah dosis bisa berkurang atau bertambah pada program yg ke-2? kalo dosis mer gimana? thanks

  86. ifa agustifa

    Hallo salam kenal semuanya buat mbak2 yang pengen hamil, terutama untuk mb merry…

    saya baru kali ini baca trus rasaya terharu sekali membaca nya ternyata perjuangan yang sangat luar biasa untuk mendapatkan sang jabang bayi, oh ya mbak merry semangat terus ya jangan menyerah, kebetulan kita tinggal di kota yg sama sy tinggal di daerah medan baru oh ya mbak mery tinggal daerah mana???,

    saya baru 1 bulan menikah jd masih menunggu dengan rasa yg deg2 an setengah mati menunggu proses kehamilan ( kebetulan sy dan suami tinggal di kota yg berbeda, bulan 5 nanti saya br bisa ikut krn saya sedang menunggu SK dri kantor agar bisa pindah ).

    oh ya kebetulan sy bekerja di perusahaan yg memproduksi GONAL F, gara2 membaca cerita mbak2 diatas saya sampe tanya bos saya apakah bisa dapat discount khusus agar mbak2 semua bisa mendapatkan harga GONAL F yg lebih murah, tapi sayang sekali karena dari pusat memang tidak pernah ada program discount untuk produk GONAL F, mbak2 semuanya terus berjuang ya jangan menyerah, semoga kita semuanya bisa mendapatkan buah hati, never give up, god bless us…

  87. mery

    Hai Jec..
    Sepertinya case surrogate mother masih kontroversi ya, gua sendiri kurang tau dan ga gitu yakin apakah disini diperbolehkan. Coba Jec konsul dulu ke dr.Binarwan mengenai masalah ini, boleh tidaknya, prosedur dan prosesnya.
    Btw Jec, kalo insem yg pertama gagal kenapa ga mencoba IVF aja, chance keberhasilannya kan lebih tinggi..siapa tau dgn IVF bisa langsung berhasil hamil.ok

  88. mery

    Hai Nona,
    Ntar Mei mulai fresh cycle lagi ya? Two tumbs up buat lu Non, pantang menyerah juga..Hihi yg jadi cuman 2 embrio Non gmn mau frozen…Iya nih senasib deh kita uda try berkali2 ga juga berhasil, capee deh…Ok Non kita ketemuan ya..eh no hp lu yg terakhir masih itu kan, ntar gw sms elu bikin janji ketemu ok…

  89. mery

    Hai Susan..di Island hospital dengan dokter siapa programnya? Lebih mahal dikit dari LWEH ya..Wah kemaren dapat telur dikit juga ya Sus,dikasi dosis puregon berapa ama dr.Bin? Tenang aja ya susan jangan berpikir yg gak2 dulu, maybe this time will be better, mudah2an telur2 nya bisa lebih banyak dan berkualitas. Yg kemaren bgs juga lho sus, dgn 1 embrio aja bisa positif kan yah meskipun bhcg rendah but setidaknya si emby nempel juga bentar…Ambil sisi positifnya aja Ok..Gua di penang kebanyakan masak, waktu msh suntik gonal gua ketemu tmn sebelah apartemen yg kebetulan juga insem di dr.Ng ( dia berhasil hamil,senengnya) akhirnya kami share, ke pasar bareng dan masak bareng..Waktu ET adik gua yg masakin..dan kalo bosan kadang2 beli makan juga.Gua ga catering soalnya takut ga cocok dengan makanannya. Gua stay di penang 5 minggu mulai dari suntik gonal sampai test bhcg. Biaya apartemennya perhari rm 40 (ada kamar mandi didlm) tp krn stay nya lama dpt diskon jd rm 1100 sebulan.
    Susan ntar stay di gurney park apartmen ya? Mudah2an sukses ya, kabar2i perkembangannya ok…GBU

  90. Nona

    Hi Mer

    Tetap semangat ya, I know you will. IVF benar2 seperti naik roller coaster. Naik and turun dgn tiba2. Ada sisa frozen ngak Mer? Kadang stress juga ya, usaha apa saja dilakukan masih tetap gagal, sampai do what the book said. Aku coba lagi bulan Mei,jadi sekarang di medan cuma makan pek hong wan saja. Meet yuk Mer.

  91. susan

    hi, mery, sekarang wa lagi program di island.kata dokternya around 13000-15000 rm, sebenernya wa pingin yg short protocol (langsung suntik gonal pada hari kedua ) tapi dokternya tidak menganjurkan krn record wa dulu di binarwan pake long protocol tidak bagus apalagi short protocol. so wa sekarang lg nunggu hr ke 21 utk suntik suprefact sendiri. wa juga takut nih soalnya kualitas telur saya dulu juga jelek, respon nya terhadap obat kurang, wkt OPU thn lalu ada 9 bh, tapi di ET cuma 1. beta hcg 37. so mery waktu
    di penang masak sendiri atau catering? trus tinggal di penang brp lama sejak suntik gonal sampe tau hasilnya?
    di mewah court per malam brp rm ?

  92. mery

    Hai Novita..thanks ya atas infonya..Salut deh ama elu yg tetap semangat walopun BT kedua kemaren malah ga sempat ET ya…Next BT ntar telur2 elu pastinya bgs dan berkualitas nov, gw yakin apalagi dgn usaha2 yg telah elu lakuin utk ningkatin kualitas telur2 elu..Iya bener Nov bad eggs case yg sulit hamilnya dibanding endo, kista but haha gw penderita semua nya, uda kista, endo lagi, ditambah bad eggs sekrg, komplit yah..anyway itulah hidup butuh perjuangan mencapai suatu yg diidamkan so lets hope for miracle even miracle ga kunjung datang krn antrian masih panjaaaang, jadi kita hanya bisa berdoa dan berusaha selagi mampu..sama2 berjuang ya nov, mudah2an next giliran kita deh..GBU

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*