Pengalaman bayi tabung keluarga Mery

Berikut ini adalah pengalaman Mery dalam menjalani program bayi tabung. Terima kasih Mery atas sharingnya…

Hi salam kenal!! Selamat buat Yenni dan temen lainnya yang uda berhasil hamil. Saya juga sedang menjalani program bayi tabung ke 2 kalinya setelah yang pertama gagal karena miscarriage. Saya tidak thaw cycle karena pada fresh cycle embrio cuma 4 dan semua uda embrio transfer (ET).

Sekarang saya masih harus suntik tapros selama 3 bln sebelum program bayi tabung. Kata dokter dari hasil USG saya masih ada endo jadi harus suntik tapros dulu supaya jaringan endo tidak mempengaruhi perkembangan sel telur kelak. Teman2 ada yang seperti saya harus suntik tapros dulu? Biaya yang harus saya keluarkan semakin banyak karena sekali suntik tapros 1,3 jt. Belum lagi efek samping yang harus saya alami. Sebelumnya saya memang sudah pernah suntik tapros selama 6 bln terkait penyembuhan after operation endometriosis 2 tahun lalu.

Saya penderita endo stage IV dgn kista ovarium kiri & kanan dgn diameter 6 dan 8 cm. Sesudah operasi dan penyembuhan dgn suntik tapros selama 6 bln saya masih harus menerima kenyataan kedua tube saya blocked dan hydrosalphinx (bengkak berisi cairan yang dapat mengakibatkan keguguran jika hamil). Akhirnya saya operasi lagi kedua kali utk pengangkatan kedua tuba.

Karena tidak ada cara lain lagi untuk bisa hamil maka saya ikut program bayi tabung di Penang, Malaysia dgn Dr. Ng PW di RS. Lam Wah. Di kota tempat saya tinggal, Medan banyak yang mengalami infertilitas memilih ke Dr. Ng di Penang, mungkin selain dekat, biaya dan akomodasi juga tidak terlalu mahal.

Feb 2007 saya proram bayi tabung pertama kalinya. Sebelumnya operasi pengangkatan tuba saya juga dilakukan oleh Dr. Ng. Prosedur bayi tabung hampir sama dengan temen2 yang share disini. Test darah dan hormon, suami cek sperma. Suntik suprefact 0,10 selama 3 minggu dilanjutkan suntik gonal F 450 + suprefact 0,10 selama 14 hr.

Oh ya perkembangan sel telur saya termasuk lambat dan sedikit. Saya sempat stress karenanya. Kata dokter ovarium kanan saya tidak begitu maksimal lagi akibat endometriosis. Penyuntikan saya lakukan sendiri tiap hari 2 inchi dari pusar.
Sesudah 14 hari gonal F saya diberi ovidrel 250 mg utk pematangan telur. 2 hari kemudian OPU, saya dibius setengah sadar jadi tidak merasa sakit.

Sel telur yang dapat 9, yang jadi embrio hanya 4. 3 hari kemudian saya ET, prosesnya cuma 15 menit tapi cukup menderita karena harus menahan pipis selama proses ET.
Sesudah istirahat 30 menit saya baru diperbolehkan pulang, tapi sebelumnya saya diberi suntik penguat rahim pada hari itu dan 4 hari kemudian. Saya juga diberi obat progesteron namanya cyclogest yang dmasukkan ke vagina 2 kali sehari.

Sesudah ET saya lebih banyak beristirahat, tidak melalukan banyak aktivitas yang berat. Seperti Yenni bilang tidak harus bedrest total juga. Soalnya banyak temen2 saya yang bilang sesudah ET harus stay di bed termasuk makan dan buang air. Setelah saya mengalami keguguran banyak yang mengatakan karena saya tidak mematuhi aturan tersebut adalah penyebabnya. Padahal setelah bertanya pada dokter dan membaca sharing disini saya yakin bukan itu penyebabnya.

14 hari sesudah ET saya test darah dan dinyatakan hamil. Bahagia sekali rasanya mendengar kabar tsb setelah married 7 thn. Tapi sayang 2 minggu kemudian saya keguguran. Rasanya spt kiamat deh. Awalnya ada flek sedikit, karena saya panik flek semakin banyak dan perut semakin nyeri. Meskipun disuntik penguat rahim janin saya tidak dapat dipertahankan.

Saya lebih yakin faktor psikis yang menyebabkan keguguran saya. Selama di Penang saya tinggal seorang diri di kamar apartemen yang saya sewa. So bayangkan sendiri deh gimana boring dan stressnya ditambah lagi kekuatiran, negative thinking, takut tidak berhasil. Hal2 seperti itu amat berpengaruh pada kondisi janin. Pokoknya kalo mau bayi tabung ga boleh stress, always positive thinking deh.

Tgl 16 feb kemarin saya uda suntik tapros yang pertama. Saya masih harus suntik 2 kali lagi. Saya masih bingung dengan prosedur yang harus saya jalani nanti. Oh ya program ivf kali ini saya tidak di Penang lagi tp di Medan.

Ok deh buat temen2 yang belum berhasil, kita sama2 berjuang ya.. tetap semangat ya.

FacebookTwitterGoogle+Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (8 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...Loading...

414 thoughts on “Pengalaman bayi tabung keluarga Mery

  1. non

    to ; teman2…

    hai teman2…
    salam kenal semuanya, saya non… :)
    non mau nanya nih, temen2 ada yg punya info tentang apartment di penang ngga?(selaen mewah court)?
    kalo ada, non boleh minta infonya dunk…
    tq before yah teman2… dan smoga success usahanya… good luck all my friends.. 😉

  2. non

    to : mery

    hi mery… salam kenal… :)
    selama ini non selalu baca sharing di postingannya mery ini..
    dan non salut…. bgt ama perjuangan mery utk punya baby…
    semangat terus yah say…non yakin, suatu saat mery pasti berhasil… it just the matter of time.. :)

    mery, kalo boleh non mau nanya info nih ama mery, mery tahu ngga info tentang apartment laen di penang selaen mewah court apartment?
    “gurney park apartment” atau yg sejenisnya… ?
    mohon infonya yah say… :)
    tq mery and good luck to you.. 😉

  3. non

    to : mery

    mer… ada yg kelupaan nih, maksud non, kalo ada info tentang gurney park apartment jg boleh…
    atau apartment laen yg selaen mewah court jg boleh..
    tq so much mery.. 😉

  4. non

    to ; susan…

    hi susan….
    salam kenal yah…
    susan gimana kabarnya nih skrg?

    susan, non mau nanya nih, susan tahu contact person gurney park apartment? susan dulu nginep disitu yaah?
    trus kalo burmahtel itu hotel atau apartment ya?
    mohon infonya ya say..
    thank’s alot susan… :)

  5. Viel

    Hai teman2 … Salam kenal semua… Saat ini saya juga lagi program bt.. Domisili saya di medan.. Dan bt dengan dr Bin…
    Sekarang lagi suntik suprefact… Uda di mulai sejak tgl 3 nop… Tapi di anjurkan untuk suntik sampe tgl 30 nop… Teman2 ada ga yang suntik suprefact begitu lama??

  6. inge

    @vera:
    hi juga, saya sarankan tempat yang paling nyaman lah utk berobat, coba vera ikutin kata hati vera dan mencoba kunjungin dokter2 tsb dan lihat mana yg lebih sreg mengobati vera.
    dari sana sih biasanya bisa ketawan, yang mana lebih cocok atau lebih telaten menganalisa permasalahan kita. sekadar menginfokan, kalau beli obat bayi tabung bisa beli di apotik medika center, atas rekomendasi dokter saya yg di bunda, karena mrk partner rekanan dan spesialist bayi tabung dan insemination. Bisa langsung hubungi apotik medika center 021.5695.7245 di tanjung duren.

    salam hangat,
    inge

  7. Yenti

    Halo temen2….

    saya perlu informasi apartment di sekitar Lam Wah EE hospital
    ada yg punya recommend? Mewah court? ada yg pernah tinggal di apartment mewah court gedung baru?

    tlg ya…

  8. martha

    siang kakak2 smuanya..salam kenal, aku martha dari salah satu universitas di jakarta..aku mau tanya nih..ak perlu info secepatnya mengenai program bayi tabung..soalnya aku ada tugas dari kampus dan aku pilih bayi tabung sbagi casenya..aku butuh pasutri yang sudah berhasil menjalani bayi tabung ini umtuk bisa ak tanyakan beberapa hal dan bersedia untuk share soal pengalamannya..mohon dibantu kakak – kakak skalian hehe kalo kakak bersedia bisa hubungi ak di emailku kitty.thatha@yahoo.com terima kasih :)

  9. theresia tyas

    Halo semua. Saya Theresia, baru saja menjalani program BT pertama kali, cukup lancar dari OPU sampai ET. sekarang yang mau saya tanya, apa yang harus saya lakukan selama post ET, sebelum kontrol 2 minggu lagi?
    apakah harus sungguh2 bedrest? bolehkah duduk lama mengetik? lalu soal makanan, ada pantangan atau anjuran makan apa? saat ini saya diberi obat dokter 4 macam, salah satunya folic acid.

    Trimakasih

  10. Yen

    Hello All Friends,
    Mau share nih, ada ngk teman2 yg mau inap di gurney park ato villa mas, Penang? kira2 sebulan gitu deh tinggalnya, dr maret’12 s/d april’12?? atau mau bbrp hari saja juga bole, tetapi di bulan maret s/d april aja.. kalo ada yg mau bole email ke saya : 120y3n@hotmail.co.id atau add pin bb saya 2146867F.. Thx

  11. Fitri

    @vera:
    di surabaya ada dokter Aucky di RS Siloam…dokter Aucky paling murah di Indonesia lho.
    di prapanca Menteng juga ada Clinic Women and Kid, saat monitoring di Jakarta, tapi saat egg retrieval dan egg transfer di Singapore. Saranku ambil di jakarta aja,jk pgn hemat di surabaya…
    Selain itu perlu dipikirkan juga biaya obatnya yah mbak kira2 akan habis 35 juta, kalau beli di luar, akan jauh lebih murah. Mbak bisa hubungi Medika Center, saya juga direkomendasikan dokter saya… telpon mereka 0819 2774 0999. Thanks.

    Tetap semangaaaaaaaaaat deh…

  12. denni

    buat smua tmn2 salam kenal ya..
    saya mau berbagi cerita dikit ya,saya dulu pernah ikut program BT sampai 2x namun hasilnya gagal.
    program 1 berhasil hamil namun krn flek trus jd gugur,program ke 2 jg demikian.saat program usia pernikahan kami 2 thn.akhirnya sy sempat patah semangat.saya putuskan tuk stop berobat dgn perasaan yg hancur lebur.dan saat itu pula pihak klinik memfonis bhw kami ga kan mgkn pny bayi dgn cara alami(seakan2 mreka Tuhan).bs tmn2 bayangkan gmn perasaan sy saat itu.
    setahun stlh itu sy mengadopsi seorang anak,dan sekarang Puji Tuhan stlh 1 thn lbh adopsi sy bs hamil secara alami…
    di usia pernikahan masuk 6 thn kado pernikahn yg diberikan Tuhan sy akan melahirkan seorang putri yg cantik…
    jd buat tmn2 yg blm berhasil BT atau lg menantikan buah hati jgn patah semangat semangat ya.Tiada yg mustahil bagi Tuhan…
    tetap berdoa.smua indah pada waktuNya.
    apapun hasil medis kt dokter jgn percaya sepenuhnya krn msh ada Tuhan dokter diatas segala dokter…

  13. chimla

    allo smuanya…mudah2an mbak dewi alwin msh liat forum ini ya..
    saya mau nanya tentang proses program bayi tabungnya bersama dr.Bin, soalnya suami saya juga Azoos dan rencana mau BT dengan dr.Bin krn Medan kota yang paling dekat dgn tempat tinggal kami, thx b4

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*