Pengalaman bayi tabung keluarga Cynthia

Berikut ini adalah pengalaman Cynthia dalam menjalani program bayi tabung. Terima kasih Cynthia atas sharingnya…

Salam kenal, nama saya Cynthia, lahir thn 1971 (37 thn). Senang banget bisa join website ini, baru 2 hari ini saya temukan website ini, krn selama ini jarang buka internet, makanya tadi tekan “test” dulu apa bisa masuk atau ngak… 

Mbak Yenni memang hebat udah adakan website ini, saya cari buku tentang bayi tabung di Gramedia ngak ketemu. Makanya kepikiran kalau udah berhasil BT pingin jadi konsultan gratis buat yg mau BT… tapi ternyata Tuhan masih belum izinkan jadi calon Ibu.. historical saya sbb:

Tgl 15/5/08 proses ET yg pertama dan tdk berhasil (kita pakai kata yg positif saja, “tdk berhasil” biar otak kita mengingat kata “berhasil”) . Kecewanya minta ampun s/d nangis, s/d 2 minggu baru bisa segar kembali pikiran.. kata Dr kemungkinan gagal krn embrio baru ditanam pada hari ke 6, tgl 10/5 OPU, tgl 15/5 baru ET. Kalau boleh tahu, teman teman tanam embrio pada hari keberapa setelah OPU (OPU dihitung sebagai hari pertama)..

Saya di Dr. Ng Peng Wah – Penang, sama seperti keluarga Mulia yg sdh berhasil (selamat juga ya). OPU saya tgl 10/5 menghasilkan 23 sel telur, yg jadi embrio 10, dan kemudian hari ke 6 embrio yg bagus hanya 6, jadi 3 ditanam, dan 3 dibekukan.. 4 lagi yg kurang tdk dibekukan lagi.

Untuk dptkan embrio saja, saya sudah senang banget, selesai OPU memang sangat sakit banget, perut kembung s/d jalan bongkok ke depan dan saya muntah 2 hari. Kata nurse memang bisa begitu krn byk telur sehingga kembung.

Jadi saya juga kepikiran gimana ya.. kalau 2 hari lagi ET, pasti makin sulit perut saya, dan ternyata baru ditentukan pihak IVF centre bhw ET dilakukan tgl 15/5. Saya terkejut juga kenapa lama, padahal teman teman 3 hari setelah OPU udah ET (penjelasan dari IVF centre, katanya mereka akan buat yg bagus bagus buat embrio saya).

Pagi menjelang ke ET, udah duduk kursi roda krn ngak sanggup jalan, dan minumpun ngak bisa byk, terpaksa tunggu beberapa saat krn hrs penuh kencing baru lebih mudah buat Dr u/ lakukan ET.  Setelah ET, Dr bilang “Good” ama misua.. dan saya stay 2 hari di RS.

Hari 1-2 pingin makan terus, terasa lapar banget.. hari seterusnya pingin makan jadi hilang dan perut udah mulai baikan krn dikasih ORS 30 bks (obat u/ hilangkan kembung) , dan kemudian tak rasakan apa apa lagi , tdk ada flek dll (setiap masuk toilet hal pertama adalah lihat cd.. ada flek ngak – ternyata baru tahu, kalau cyclogest yg dimasukkan 1x sehari di vagina bisa menyebabkan tdk adanya flek).

Jalanpun kayak kura kura, bed rest 2 mgu, tapi tiap hari lihat kalender di hp ngak sabaran tunggu hari test darah, pada 12 hari kemudian tgl 26/5, test darah, 3 jam kemudian dpt hasil. Dr bilang hasil hari ini tdk bagus, katanya saya ada hamil tetapi sebentar saja dan hilang.. (hasil HCG = 7, padahal range u/ hamil adalah >9, dan tdk hamil 0-5.. berarti hasil 7 adalah di tengah tengahnya). Dr minta 2 hari lagi balik test.

Setelah pulang saya nangis dan ngak tahan lagi sedihnya.. (mhn teman teman dpt hindari hal ini, krn sedih dpt dropkan hormon kita), dan 2 hari lagi test benar benar hormon HCG drop ke 1 an.. dan cyclogest sudah dihentikan, dan 4 hari kemudian dpt mens..

Dr sarankan u/ tanam kembali embrio yg dibekukan ada sisa 3. Seharusnya Juli ini udah ke sana, tapi krn Dr cuti (4-12/7) bertepatan dgn hari 12 mens, maka dipostpone ke Agustus.

Saat ini saya hanya berdoa dan usahakan tdk byk pikiran u/ hadapi yg ke 2 ini. Saya memang tipe org yg byk pikiran, krn kerja beban stress byk. Skrg lagi minta cuti special dari companya sejak 21/3 kemarin (udah pada 3 bln lebih).

Oh ya saya lupa infokan, hormon prolactin aku tinggi dari dulu. Saya udah 14 thn married sejak umur 24 thn, dan dari 10 thn lalu Dr Christopher Chen -S’pore sarankan u/ minum obat serocriptene s/d hamil, tapi saya tdk ikuti, krn saya pikir makan obat gitu lama takutnya ada efek.

Itulah bandelnya saya waktu masih muda, fokusnya kerja aja jarang makan sehat (saya orgnya tdk suka makan sayur dan juice/buah, ngak pernah aku beli buah buahan u/ makan, dan tdk olah raga, krn kerja dari jam 8 s/d jam 8 mlm). Sekrg baru rasain umur udah pada tua baru mulai makan sehat.

Teman teman ada yg pengalaman dgn hormon prolactin ? (range normal 0-25, saya dptnya 32). Tapi Dr Peng Wah ngak mau kasih obat, katanya tdk terlalu tinggi dan krn mens saya sangat teratur. Teman saya yg barengan saya pergi prolactinnya juga lebih tinggi dari saya, tapi dia berhasil , tanam 3 dpt kembar 2. Skrg udah jalan 3 bulan… dia itu hebat 2 hari setelah ET naik pesawat pulang Medan, dan ke gereja lagi, dan ada flek pada minggu ke 4 setelah ET, dan sakitnya minta ampun, perut kembung, flek s/d masuk rumah sakit, krn kebanyakan air… tapi toh berhasil hamil juga, ya maybe umur juga masih muda 33 thn.. ya..

Btw, apa ada teman teman yg punya pengalaman mimpi setiap hari ? saya kalau tidur selalu mimpi, baik tidur siang atau malam, maybe pengaruh stress ya..

Jadi dari pengalaman pertama saya ngak tahu reasonnya apakah :

  1. 6 hari terlalu lama ET dilakukan (embrio udah dlm bentuk Blactocyst). Padahal Dr Ng pikir dgn cara ini lebih bagus hasilnya. Saya pernah baca di brosur Damansara KL bhw Blactocyst lebih byk posibilitynya u/ hamil dan u/ hindari kembar.
  2. Obat cyclogest tdk terlalu dlm saya masukkan ke vagina sebelum ET, krn kata nurse harus 2 ruas jari, sementara saya cuma 1/2 ruas jari, krn waktu nurse infokan, saya masih dlm tahap 1/2 sadar habis selesai OPU (efek obat bius masih ada).
  3. Pernah 1 malam setelah ET, saya kepikiran yg sedih sedih dan nangis sendiri s/d perut sakit.
  4. Pernah 2-3 kali makan indomie.. krn bosan dgn makanan Penang.

Tapi anyway saya harus tabah dan bersyukur udah diberi kesempatan oleh Tuhan u/ ikuti program BT sehingga kita punya pengalaman. Dan u/ ikut program BT juga bukan program murah, sehingga kita hrs bersyukur udah dikasih karunia materi oleh Tuhan.

Ini BT memang mengharapkan Mujizat dari Tuhan. Semoga kita kita yg berhasil dan tdk berhasil tetap bersyukur pada Tuhan kita, sebab “segala sesuatu akan indah pada waktuNya”.

Salam buat semuanya.. God bless all of us.., We prepare for the worst, HOPE FOR THE BEST, AND LET GOD DO THE REST…

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...

109 thoughts on “Pengalaman bayi tabung keluarga Cynthia

  1. santy

    Dear all,
    ikutan berbagi ya, sy ikut BT di permata hati yogya, ET tgl 7 Nopember 2008 kemaren n cek darah rencana tg 22 besok, tp tgl 16 Nop’08 kemaren ada flek2 sampai sekarang, ada yang punya pengalaman seperti saya mohon sharingnya

  2. Yake

    Dear retno

    Thanks buat supportnya..
    Awal desember ini, sy mulai microgynon, trs buserelin dan gonal f..
    Jumpa dokter tgl 15 jan’09, mgkn sy stay 2 mggu’an disana..

    Semoga sukses ya buat semua..

  3. retno

    Dear Yake..salam kenal juga..
    Kmrn sblm BT juga aku ada polip tp dah dikuret ama dokter.Iya nih blm tau kpn mo BT ..lagi terapi akupuntur dulu.Btw gimana kbrmu udah mulai program ya..smoga perjuangannya berhasil yah..gutlak!

  4. Yake

    Dear all..

    Itha
    Salam kenal jg,
    Thanks buat infonya velia..
    Semoga ketularan velia ya, hasilnya positive..

    Velia
    Congratulation ya, hasilnya positive..

    Retno
    Salam kenal jg,
    terus berjuang dan tetap semangat ya..
    Kpn BT lg..

    Lisa & vie
    Salam kenal,
    Semoga hasilnya positive ya..

    Cynthia
    Kpn dan dimana BT selanjutnya..
    Smg sukses ya..

  5. titi

    hi yake,
    thanks infonya aq juga pernah di LO plus laparotomi, skrng lagi berjuang untuk ngecilin myiom, krn ktnya 2 BT gagal karena miom (3,5), so aq gak mau maksih… di belek yg ke 3kali…sih…he…he…aq coba lagi tahun depan…sukses buat BTnya ya takecare

  6. Yake

    Dear karina

    LO singkatan dr laparoscopi, sy jg dulunya gak ngerti istilah2 BT.
    Semenjak sy sering buka dan baca web.site ini, sy jd tau byk dan mengerti.

    Thanks buat yenni yg punya web.site ini dan teman2 semua disini..
    Selamat berjuang dan tetap semangat ya buat yg blom berhasil..

    Jg selamat berbahagia menjadi seorang ibu buat yg sudah berhasil..
    Mdh2an kita2 yg disini cepat menyusul..
    Amien2x..

  7. Yake

    Dear karina

    Salam kenal jg,
    Di tmc fertility centre jg bgs, byk yg berhasil dan pasiennya jg byk dr indonesia..

    Sy jg denger2 info, ktnya klu mau BT bgsnya di LO dulu krn peluang keberhasilannya lbh bsr drpd tidak di LO..
    Kmrn biaya LO sy MYR 8239(akhir maret ’07)..

    Smg infonya dpt membantu ya..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*