Pengalaman bayi tabung keluarga Cynthia

Berikut ini adalah pengalaman Cynthia dalam menjalani program bayi tabung. Terima kasih Cynthia atas sharingnya…

Salam kenal, nama saya Cynthia, lahir thn 1971 (37 thn). Senang banget bisa join website ini, baru 2 hari ini saya temukan website ini, krn selama ini jarang buka internet, makanya tadi tekan “test” dulu apa bisa masuk atau ngak… 

Mbak Yenni memang hebat udah adakan website ini, saya cari buku tentang bayi tabung di Gramedia ngak ketemu. Makanya kepikiran kalau udah berhasil BT pingin jadi konsultan gratis buat yg mau BT… tapi ternyata Tuhan masih belum izinkan jadi calon Ibu.. historical saya sbb:

Tgl 15/5/08 proses ET yg pertama dan tdk berhasil (kita pakai kata yg positif saja, “tdk berhasil” biar otak kita mengingat kata “berhasil”) . Kecewanya minta ampun s/d nangis, s/d 2 minggu baru bisa segar kembali pikiran.. kata Dr kemungkinan gagal krn embrio baru ditanam pada hari ke 6, tgl 10/5 OPU, tgl 15/5 baru ET. Kalau boleh tahu, teman teman tanam embrio pada hari keberapa setelah OPU (OPU dihitung sebagai hari pertama)..

Saya di Dr. Ng Peng Wah – Penang, sama seperti keluarga Mulia yg sdh berhasil (selamat juga ya). OPU saya tgl 10/5 menghasilkan 23 sel telur, yg jadi embrio 10, dan kemudian hari ke 6 embrio yg bagus hanya 6, jadi 3 ditanam, dan 3 dibekukan.. 4 lagi yg kurang tdk dibekukan lagi.

Untuk dptkan embrio saja, saya sudah senang banget, selesai OPU memang sangat sakit banget, perut kembung s/d jalan bongkok ke depan dan saya muntah 2 hari. Kata nurse memang bisa begitu krn byk telur sehingga kembung.

Jadi saya juga kepikiran gimana ya.. kalau 2 hari lagi ET, pasti makin sulit perut saya, dan ternyata baru ditentukan pihak IVF centre bhw ET dilakukan tgl 15/5. Saya terkejut juga kenapa lama, padahal teman teman 3 hari setelah OPU udah ET (penjelasan dari IVF centre, katanya mereka akan buat yg bagus bagus buat embrio saya).

Pagi menjelang ke ET, udah duduk kursi roda krn ngak sanggup jalan, dan minumpun ngak bisa byk, terpaksa tunggu beberapa saat krn hrs penuh kencing baru lebih mudah buat Dr u/ lakukan ET.  Setelah ET, Dr bilang “Good” ama misua.. dan saya stay 2 hari di RS.

Hari 1-2 pingin makan terus, terasa lapar banget.. hari seterusnya pingin makan jadi hilang dan perut udah mulai baikan krn dikasih ORS 30 bks (obat u/ hilangkan kembung) , dan kemudian tak rasakan apa apa lagi , tdk ada flek dll (setiap masuk toilet hal pertama adalah lihat cd.. ada flek ngak – ternyata baru tahu, kalau cyclogest yg dimasukkan 1x sehari di vagina bisa menyebabkan tdk adanya flek).

Jalanpun kayak kura kura, bed rest 2 mgu, tapi tiap hari lihat kalender di hp ngak sabaran tunggu hari test darah, pada 12 hari kemudian tgl 26/5, test darah, 3 jam kemudian dpt hasil. Dr bilang hasil hari ini tdk bagus, katanya saya ada hamil tetapi sebentar saja dan hilang.. (hasil HCG = 7, padahal range u/ hamil adalah >9, dan tdk hamil 0-5.. berarti hasil 7 adalah di tengah tengahnya). Dr minta 2 hari lagi balik test.

Setelah pulang saya nangis dan ngak tahan lagi sedihnya.. (mhn teman teman dpt hindari hal ini, krn sedih dpt dropkan hormon kita), dan 2 hari lagi test benar benar hormon HCG drop ke 1 an.. dan cyclogest sudah dihentikan, dan 4 hari kemudian dpt mens..

Dr sarankan u/ tanam kembali embrio yg dibekukan ada sisa 3. Seharusnya Juli ini udah ke sana, tapi krn Dr cuti (4-12/7) bertepatan dgn hari 12 mens, maka dipostpone ke Agustus.

Saat ini saya hanya berdoa dan usahakan tdk byk pikiran u/ hadapi yg ke 2 ini. Saya memang tipe org yg byk pikiran, krn kerja beban stress byk. Skrg lagi minta cuti special dari companya sejak 21/3 kemarin (udah pada 3 bln lebih).

Oh ya saya lupa infokan, hormon prolactin aku tinggi dari dulu. Saya udah 14 thn married sejak umur 24 thn, dan dari 10 thn lalu Dr Christopher Chen -S’pore sarankan u/ minum obat serocriptene s/d hamil, tapi saya tdk ikuti, krn saya pikir makan obat gitu lama takutnya ada efek.

Itulah bandelnya saya waktu masih muda, fokusnya kerja aja jarang makan sehat (saya orgnya tdk suka makan sayur dan juice/buah, ngak pernah aku beli buah buahan u/ makan, dan tdk olah raga, krn kerja dari jam 8 s/d jam 8 mlm). Sekrg baru rasain umur udah pada tua baru mulai makan sehat.

Teman teman ada yg pengalaman dgn hormon prolactin ? (range normal 0-25, saya dptnya 32). Tapi Dr Peng Wah ngak mau kasih obat, katanya tdk terlalu tinggi dan krn mens saya sangat teratur. Teman saya yg barengan saya pergi prolactinnya juga lebih tinggi dari saya, tapi dia berhasil , tanam 3 dpt kembar 2. Skrg udah jalan 3 bulan… dia itu hebat 2 hari setelah ET naik pesawat pulang Medan, dan ke gereja lagi, dan ada flek pada minggu ke 4 setelah ET, dan sakitnya minta ampun, perut kembung, flek s/d masuk rumah sakit, krn kebanyakan air… tapi toh berhasil hamil juga, ya maybe umur juga masih muda 33 thn.. ya..

Btw, apa ada teman teman yg punya pengalaman mimpi setiap hari ? saya kalau tidur selalu mimpi, baik tidur siang atau malam, maybe pengaruh stress ya..

Jadi dari pengalaman pertama saya ngak tahu reasonnya apakah :

  1. 6 hari terlalu lama ET dilakukan (embrio udah dlm bentuk Blactocyst). Padahal Dr Ng pikir dgn cara ini lebih bagus hasilnya. Saya pernah baca di brosur Damansara KL bhw Blactocyst lebih byk posibilitynya u/ hamil dan u/ hindari kembar.
  2. Obat cyclogest tdk terlalu dlm saya masukkan ke vagina sebelum ET, krn kata nurse harus 2 ruas jari, sementara saya cuma 1/2 ruas jari, krn waktu nurse infokan, saya masih dlm tahap 1/2 sadar habis selesai OPU (efek obat bius masih ada).
  3. Pernah 1 malam setelah ET, saya kepikiran yg sedih sedih dan nangis sendiri s/d perut sakit.
  4. Pernah 2-3 kali makan indomie.. krn bosan dgn makanan Penang.

Tapi anyway saya harus tabah dan bersyukur udah diberi kesempatan oleh Tuhan u/ ikuti program BT sehingga kita punya pengalaman. Dan u/ ikut program BT juga bukan program murah, sehingga kita hrs bersyukur udah dikasih karunia materi oleh Tuhan.

Ini BT memang mengharapkan Mujizat dari Tuhan. Semoga kita kita yg berhasil dan tdk berhasil tetap bersyukur pada Tuhan kita, sebab “segala sesuatu akan indah pada waktuNya”.

Salam buat semuanya.. God bless all of us.., We prepare for the worst, HOPE FOR THE BEST, AND LET GOD DO THE REST…

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...

109 thoughts on “Pengalaman bayi tabung keluarga Cynthia

  1. Achi

    Hai Cynthia, salam kenal ya.
    Aku baru 4 hari yang lalu ET, agak lain ya caranya, kalau di klinik tempat aku (di Jakarta) justru aku harus kencing dulu sebelum ET.

    Sepertinya jarak antara OPU dan ET nerbeda-beda deh, tergantung perkembangan embrionya, Kalau aku OPU tgl 6/8/08 dan ET 9/8/08 sedang ada temen barengan aku ET malah lebih lama lagi OPU 4/8/09, ET 9/8/09.

    OK Cynthia, semangat lagi ya untuk yang ke 2 ini.

  2. Linda

    Hai mba chi salam kenal….selamat ya udah ET ya…mudah2xan berhasil ya mba…….selalu gembira jgn byk pikiran ya mba……..aku selalu baca webini txs ya mba yenny……oh iya buat mba cynthia yg sabar ya mba…..walau aku juga blm py anak juga lagi berusaha …trs……tapi skrg blm berani utk BT walau udah byk tanya sana sini n ama pa dicky yg sdh berhasil n mba Yenny…kami msh mencoba utk tradisional…..sama2x berdoa ya…………klo ke penang lagi n klo ada waktu mampir ke rmhku ya mba cynthia di singapor …ini no hpku : 96522393 ok……..

  3. mery

    Hi Cynthia, salam kenal..
    jangan patah semangat ya, tetap berjuang utk thaw cycle agustus ntar..Pasti keberhasilan akan datang..amin
    Aku juga pernah BT ama dr.Ng, keguguran di minggu ke-6..tp aku gak ada embrio sisa lagi, jadi aku ikut fresh cycle kedua dgn Dr. Binarwan halim di medan. Sekrg uda hamil 5 minggu, nunggu usg di minggu 7 (tgl 25). mudah2an hasilnya bisa bagus (bhcg ku termsk rendah)…Jadi kita sama2 berjuang ya. GBU

  4. ati

    Hi cynthia ,salam kenal
    Tetap semangat yach ,semoga berhasil
    Sekarang saya sedang proses TB juga baru dikasih pil kb dari tgl 26 ,menurut labs hormon prolactinku 6,2 tapi umurku 2 th lebih tua dari cynthia.saya udah coba IUI sebelumnya tapi tidak hamil.

    Selamat yach buat mery yg udah hamil.

  5. itha

    helo cynthia..salam kenal..
    saya ikut prihatin dan sedih baca cerita kamu…. jadi inget masa lalu kegagalanku pas BT pertama thn 2005, aku jadi ngerasain apa yg dirasakan cynthia.Apalgi saya sempet hamil 3 minggu waktu itu… karena kerja /stress akhirnya gagal.
    Jangan menyerah ya Cynthia…. terus mencoba selagi kita masih mampu…

    @ Hi Ati..salam kenal
    aku mau tanya dong kamu mulai Bt dimana? gimana persiapannya kok sdh mulai minum pil KB yah?.. pdhl yg aku denger temen2 disini ,mrk pake suntikan yah ( spt superfact/ gonal) atau mmg lain2 ya ..

  6. Achi

    @Linda
    Makasih ya Linda untuk nasehatnya.
    Betul yang penting selalu gembira, tapi kalau ketawa rada-rada aku tahan, (gak ngakak spt biasanya) takut kontraksi hehehehe

    Semoga kamu juga cepet berhasil usahanya lewat jalur tradisional.

  7. Veronica

    Hii..Cinthya..jangan sedih ya..tetep spositif thinking aja..kamu ngga sendiri kok..aku juga belum ebruntung hamil di program BT yang aku ikutin di BIC…baik fresh cycle maupun thaw cycle..smoga bhasil ya di thaw cycle nanti..jangan stress karena itu pengaruh banget ma program ini…GBU

  8. niketut

    Hi Cynthia,
    salam kenal ya …..
    bagaimana aku harus menghiburmu? karena akupun sama seperti dirimu, hiks …. umur kita sama, tapi sepertinya usaha yg aku lakukan sudah jauh dari apa yg Cynthia lakukan dan sampai sekarang masih belum berhasil juga …. Bersyukurlah karena masih punya sisa embrio yg dibekukan, aku bantu doa moga kamu tidak mengalami kesedihan yg selalu berulang seperti aku ….
    tetap semangat ya ….

  9. cynthia

    Dear all friends,
    tks for all your motivation.. iya. kita mesti semangat 45, krn bentar lagi udah mau Proklamasi Kemerdekaan… he.he..
    Tks buat Linda atas nomor HPnya, kalau C ada ke S”pore, pasti deh C contact L.

    Dear Mery,
    Selamat ya buat keberhasilannya, pasti skrg rasanya dunia ini indah sekali.. C ada ikuti cerita Mery dari website ini, dan kemarin kemarin lagi pada mikirin gimana hasilnya,, dan ternyata Good News.. Mery tinggal di Medan ya ? daerah mana ?
    Umur Mery brp ? boleh dong sharing kita habis ET apa yg Mery lakukan, dan OPU vs ET = 3 hari atau ….

    C dengar Dr.Binarwan ada pakai list makanan mana yg boleh dan tdk boleh ya ? boleh Mery kasih listnya di web ini biar bisa buat petunjuk food diet bagi kita kita yg mau ikut BT. Kalau sama Dr.Ng apapun boleh dimakan, kemarin C di Penang makannya cuma makanan di jalan yg dijual di Rumah Rumah Makan, seperti kue tiaw, mie pansit dll, krn ngak ada yg masakin.. , ntah ada pengaruh ngak ya.. makanan vs embrio kita.

    Btw, just info bhw C dulu ada kena endometrosis dan 8 thn yg lalu udah dioperasi laparascopy sama Dr.Budi, dan hasilnya 1 bulan infeksi, setelah dicheck Dr.Christopher dan Dr. Ben Nio S’pore, ketahuan bhw infeksi krn sekaligus dioperasi usus buntu (yg harusnya ngak boleh, krn usus buntu butuh operasi yg lebih sulit bukan yg simple seperti laparascopy, jadi kotoran ada yg terjatuh makanya infeksi).. Dr Budi sih angkat usus buntu org ngak dikasih tahu dulu, langsung dipotong aja, padahal ngak pernah sakit usus buntu, cuma reasonya krn udah ngak bagus usus buntunya maka langsung dipotong dan habis operasi baru kita tahu krn biayanya bertambah, dari pengalaman ini makanya C pilih ke Dr.Ng, krn masih trauma dgn Dr.Medan. Memang sebelumnya misua kasih pilihan, mau Dr.Binarwan atau Dr.Ng.. , so finally C pilih Dr.Ng yg kebetulan terkenal banget di Penang dan pintar krn byk yg berhasil, semua teman teman dekat C berhasil dibuatnya.

    tks/ac

  10. Nunung

    Hi Cynthia , aku barusan baca pengalaman BT kamu , sebenarnya kata2 : gagal , tidak berhasil itu menyakitkan ya …. lebih enak klu bilang ” belum berhasil ” setidaknya masih ada harapan untuk ” berhasil ” di kemudian hari .

    Teman2 msh beruntung sdh menyelesaikan sampai tahap terakhir yaitu ET walaupun hasil beragam ( positif & negatif ), sedangkan aku masih sepertiga jln sudah dihentikan prosesnya , dokter tidak berkenan meneruskan karena cek estradiol terakhir hormon-ku rendah sekali , jujur rasanya spt tidak ada harapan lagi untuk menimang buah hati . Biaya yg sdh keluar s/d suntik Gonal F terakhir sebesar +/- 14,2 juta .

    Cynthia , hormon prolactin-ku juga tinggi kata dokter hormon tsb harus dinormalkan karena menutup kesuburan . Waktu itu aku dikasih obat parlodel 2.5 mg yang harus diminum 1/2 tablet selama 20 hr . Hormon tsb sdh normal , tapi setelah suntik Gonal F 5x ganti hormon kesuburanku yang nggak merespon obat sehingga telur sulit berkembang . Aku diminta kembali 2 bln ( 2x siklus mens ) sementara 2 bln ini tdk melakukan apa2 , tdk dikasih obat apapun , just relax ….

    Mohon saran ya teman2 saya butuh spirit supaya tidak down … saya berusaha tdk larut dlm kesedihan tapi klu teringat kata2 dokter rasanya perih sekali .

    Beruntung bagi kita2 yg msh berkesempatan mencoba program BT , mungkin msh byk teman2 lain di luar sana yang mempunyai keinginan BT tp karena sesuatu & lain hal terutama dana terpaksa tdk bisa . Tapi lebih beruntung lagi yang bisa menghasilkan telur yang bisa ditransfer .

    Hormon

  11. Nona

    Hi Cynthia

    Salam kenal

    Jangan sedih, maju terus, pantang mundur (emang lagi berperang ya :)). Menurut aku sih tingkat blastocysts (5-6 hari) itu kehamilannya jauh lebih tinggi dibandingkan dgn embrio yg berumur 3 hari. Aku rasa karna kamu mengalami OHSS (Ovarian Hyperstimulation Syndrome) makanya baru bisa ditransfer hari ke 6, tapi menurut aku, kamu beruntung lho bisa mendapatkan embrio yg tgkt blastocysts. Kebanyakan embrio yg 3 hari itu belum tentu selamat sampai hari ke 6. Jgn patah semangat, masih ada 3 yg bagus kan. Always have a hope. Smoga yg thaw cycle berhasil deh.

    Aku juga sekarang lagi hari pertama thaw cycle. So don’t feel alone.

  12. Nona

    Hi Nunung

    Saya ikut sedih nih. Aku thaw cycle bulan ini, tapi kalau gagal ya kgk pa2. Rencananya ke Penang, tapi sebelum itu aku mau relax dulu deh, travel kek, have a good diet & life style, tenangin pikiran. Trus coba lagi. Mungkin Nunung ada hoby atau dream yg pengen dilakukan sblm punya anak, maybe it’s time to do it now.

  13. dicky

    Tetap semangat mbak C, jangan pernah putus asa, semoga sukses di program selanjutnya!..Kayaknya mbak Cynthia masih subur banget terbukti dari banyaknya jumlah telur yg dihasilkan..
    Semoga programnya sukses di 3 embrio beku yg tersisa..Amiin..

    Salam,

  14. cynthia

    Dear Mery (kalau lagi baca web ini)..
    sorry ya.. saya baru tahu Mery drop hormonnya, krn saya barusan baca web Mery malam ini, saya yakin dan percaya Tuhan pasti akan memberikan babies yg terbaik dan jenius buat Mery…, bagi yg sedang berjuang u/ ke 2 kalinya… kita positive thinking aja bhw Tuhan sedang kelola yg bagus bagus buat kita, krn yg bagus bagus kan butuh waktu… , seperti kalau produksi barang, u/ yg kualitet bagus pasti butuh waktu lebih lama.. (ini u/ hibur kita kita yg masih dlm tahap perjuangan).

  15. mery

    Cynthia, thanks ya atas supportnya…awalnya dunia emang serasa runtuh, rasanya kok sakit banget kenapa uda 2 kali fresh cycle tetap aja blon berhasil, tp sekrg uda feel better…yah sedih berkepanjangan juga ga akan mengubah apapun hasilnya. Aku masih semangat utk jalanin next fresh cycle, cuma blon ditentukan kemana…

    Cynthia tinggal dimedan juga? aku tinggal di daerah Putri Hijau, cynthia didaerah mana? Aku 30 thn, juga kena endo parah, yg menyebabkan kedua tuba uda diangkat dan sebelah ovarium mati…
    Soal pantangan makan tuh relatif, tergantung dokternya aja, aku juga ga yakin soal makanan bisa pengaruh atau tidak, buktinya byk jg yg berhasil walaupun ga ikutin pantangan makan, jadi yah kalo BT dimana ikut anjuran dokternya aja, kalo listnya uda aku sharing bbrp kali disini…
    OPU ke ET aku 3 hari..Mgkin dr.Ng punya pertimbangan lain dengan ET Cynthia..
    Ok deh C, kita sama2 berjuang, mudah2an kita berhasil di program selanjutnya..GBU

  16. yati

    hi Cynthia,
    salam kenal,moga thaw cycle nya berhasil, Cynthia dipenang apart meihwa court saya lihat ada catering sayur rantangan
    kita masak nasi sendiri, coba tunggu diapart 102 jam 11 siang
    ada tampak pengantar rantang utk penghuni apartm tsb.saya pernah tanya katanya bisa porsi utk 2 org.

  17. tia

    Hi aku mau tanya kalau hormon prolaktine tinggi dikasih obat parlodel 2.5 1x/hr trus turun ya… aku 43 (hah tinggi ya) trus minum obat KB Cyglo… eh Moon nya jadi 14 hari. jadi kata Dr ,rahim belum bisa menerima dng baik dng obat KBtsb, bulan depan minum obat KBnya lagi jadi bulan ini gagal BT. ada yang pernah mengalami spt aku mohon sharenya….trus yang sdh sukses BT nya apakah hasil tes hormonnya baik ?

  18. Nunung

    Hi Nona , thanks for your support! semoga berhasil dgn thaw cycle nya ! rasanya semua yg aku inginkan alhamdulillah sudah tercapai kecuali punya baby ….. pingin nya relax 1000% he he he , tenangin pikiran , tapi berhub. orang kantoran jadi punya tanggung jawab kerjaan .

  19. cynthia

    tks Yati,,
    ya.. kali ini saya udah putuskan stay di Mewah Court dan gaji 1 auntie di sana u/ urusan masak dan cuci baju.. saya akan berangkat dgn Bokap dulu, dan pada saat akan ET, baru misua nyusul ke sana gantikan Bokap.
    Pada fresh cycle saya stay di YMCA, jadi cari makan susah, krn pada bosan juga tiap hari makan Restoran 777 yg ada di ground floor YMCA..

    Good luck to all of us..

  20. cynthia

    Tks Yati,,
    ya.. kali ini saya akan stay di Mewah Court, walaupun ngak gitu enak main room nya, tapi no choice, mengingat lebih mudah rantangan,, so saya ada cari juga 1 auntie u/ urusan masak dan cuci baju (RM 800/bulan).. di Mewah Court RM 40/hari u/ 1 bln. Bokap temanin dulu, baru saat akan ET, misua menggantikan Bokap..

    Mhn doa teman teman ya.. buat kita semua yg pada berjuang u/ mendapatkan status Ibu.

    God bless all of us…

  21. Mulia

    Hai Cynthia, semoga berhasil yach next thaw cycle nya dan yg penting saat ini mental C hrs pulih dulu shg udah ngak ada lg trauma dari kesedihan wkt fresh cycle. Tetap optimis yach… 🙂

  22. cynthia

    Amin… tks Mulia yg berhati mulia seperti namanya.
    mental sih udah pulih,, cuma bebannya udah cuti lama kalau tdk berhasil, ntar masuk office pasti segudang pertanyaan dari org.. mikirin ini yg jadi beban..

    Mulia atau ada teman yg tahu trik gimana supaya tidur nyenyak tanpa mimpi ? C tiap hari mimpi terus, dan kalau mimpi yg seru,, aduh.. bangun kepala jadi berat gitu..

  23. Mulia

    C, kalo saya sih dulu khan abis bokap plg Jkt jd stay sendirian, trus yach sering2 dech berdoa spy dijauhkan dari gangguan2 yg tidak baik. Nah udah gitu jadinya bisa tidur, tp wkt udah mulai hamil 6 minggu sich tiap tengah malam selalu bangun krn udah mulai sickness. Rencana C abis bokap C plg, jd siapa yg temenin C? mo stay brp lama di penang?

  24. cynthia

    Planning C stay s/d test darah… , kalau positif pasti tambah stay lagi biar aman, tapi kalau tdk berhasil ya.. terpaksa pulang kampung..

    Saat akan ET, misua akan gantikan Bokap.
    waktu ET di fresh cycle, sehabis ET, tiap malam 2 jam sekali bangun tidur buat pipis.. habis pipis mau minus terus krn mulut kering, jadi kerjanya mimik , pipis , s/d kakak gua minta jgn minum krn mana bisa tidur, tiap 2 jam bangun..
    fresh cylce, misua hanya pergi 5 hari saat ET, selebihnya kakak yg jagain C.

  25. biene

    Hi Cynthia,
    saya dari jauh bantu dgn doa, semoga yg berikutnya ini berhasil.tetap Optimis ya….

  26. yati

    Cynthia
    Auntie yang ikut u itu orang penang ya, krn hitung dgn ringit,kalo begitu auntie itu bisa sekalian memasak lauk,ok
    semoga sukses.
    Mulia, sudah 7 bulan ya, ngak terasa ya waktu cepat berlalu,
    Mulia,thanks banyak,beneren Mulia baik.

  27. Mulia

    @Cynthia, jd rencana C dtg awal ditemenin ama bokap C itu cuma sbntr aja donk, krn khan usg pertama ketemu dr.Ng itu hr ke12 mens, trus nanti hr ke16 mens itu udah ET lho, Btw, sblm rencana thaw cycle bln dpn ini, C ada dpt suntikan ato obat makan apa ngak dari dktr?

    @Ci Yati, iya nich ngak terasa yach saya udah masuk bln ke7. Semoga ci yati jg segera bisa mulai program ivf nya & langsung berhasil hamil sampe melahirkan. GBU…

  28. cynthia

    Dear Biene,, tks banget buat doanya.

    Dear Yati, auntie tsb adalah org Penang, dulu istri teman pakai dia, Mei yg lalu C ada book dia, yg plan June, tapi delay ke Aug, ntah dia udah kerja atau belum, semoga sih belum, C udah sms info auntie schedule aug.

    Dear Mulia,
    Dr Ng ngak kasih mana obat apapun, cuma katanya kalau udah mens telpon ke sana buat jadwal, kemarin C telpon tanya apa mau makan obat prolactin (hasil 32, range 0-25), kata Dr Ng ngak usah (via Ms.Low).. (Setelah baca website Mulia, C baru tahu ternyata thaw cycle begitu cepat ya.. , tadinya C pikir harus suntik 2 minggu lagi, makanya siapkan Bokap ke sana, tks buat masukkannya, ntar C pikir pikir dulu mau gimana)

    C barusan pulang sharing dgn teman yg udah berhasil melahirkan 3 kembar 2,5 thn lalu, katanya Cyclogest itu penting banget setelah ET , krn itu u/ membuat embrio tempel dan Dr Ng ada praktekan caranya ke teman saya (Beruntung banget teman aku s/d dpt contoh dari Dr Ng).. , dgn cara tidur dan di bawah pinggul ditaruh bantal ganjal supaya tangan kita lebih mudah masuk ke dlm vagina dan harus 2 ruas jadi / 10 inch.. , kalau saya dulu ngak diajarin Dr atau Ms.Low, cuma dikasih tahu Ms.Low hrs masuk 10 inch.. , dan waktu C nginap di hospital after ET, suster hospital ajarin cara masuk dgn jongkok.. , maybe dgn jongkok waktu saya jalan obat ngak masuk dlm, atau ya.. aku baru tahu skrg bhw obat itu penting banget..

    Waktu Dr. Ng tanyain C saat mau ET,, “C ngak pakai obat Cyclogest” , C jawab ” ada Dok, tapi u/ hari ini hari ET kan tdk usah pakai”, Dr bilang iya hari ini ngak.. (setelah itu C ragu apa obatnya ngak jalan, kemudian habis ET C tanya ke MS.Low, kata Ms.Low harus masuk dlm 10 inch.. “wah.. gawat, saya masukkan cuma 1 cm jari saja.. ” maybe ini kesalahan saya juga yg menyebabkan tdk berhasilnya embrio bertahan..

    Teman C juga bilang, ada 1 pasien yg lupa taruh cyclogest 1 kali, dan Dr langsung bilang ngak ada harapan lagi, dan ditest darah hasilnya 0. Dan u/ suntikan juga penting banget, suntik hormon kalau miss 1 kali,, udah tdk berguna lagi, harus ulang dari awal..

    Inilah yg dpt saya sharing ke teman teman biar punya pengalaman BT, krn sebelum BT, C ngak pernah search internet, makanya C kurang wawasan, apalagi kalau ketemu teman yg pelit info…

    Dan 1 lagi, kalau udah OPU sebaiknya minum MILO encer, jgn minum air putih, kata Dr Ng ke teman C, bhw minum air putih bisa makin kembung. (nah , info ini C juga ngak tahu dulu, makanya dulu hantam terus air putih, sehingga kembung nya kayak balon mau pecah, sakit.. )

  29. Janto

    Hai mbak Chintya. Mudah2an apa yg ditunggu2 slama ini akan dpt diraih. Amin.

    Saya pendatang baru diblog ini. Kami jg ada renc mau ikut BT. Sebelumnya saya pernah ngikuti seminar ttg BT yg diadakan oleh RSIA Family sekitar 2 bln yg lalu. Dan sy sangat tertarik krn mereka itu merupakan suatu tim, jadi dokternya tidak Cuma satu.

    Teman2 ada yg sdh pengalaman BT belum dg tim RSIA Family tsb. Tolong bagi2 pengalamannya.

    Renc awal bln agustus ini mau ikut BT krn istri sy haid nya biasanya awal bulan krn di seminar itu dokter bilang klu mau ikut program BT pemeriksaan dimulai dari haid hari ke-2. apa benar gitu ya?

    Teman2 ada yg tau gak kost2an yg dekat dg RSIA Family krn kami dari luar kota (Pangkalpinang) jadi agak kesulitan mencari pemondokan.

  30. itha

    Up. Bp Janto
    heloo salam kenal Bp. Janto..saya ada barengan dong yah… ngomg 2 bp sdh berpa lama menikahnya ? apakah ini BT yg pertama? saya jg rencana di family tp ngak sempet dateng seminar. bapak dan ibu sdh pernah ke Rs ngak u/ cek dan usg sebelumnya? 3 hari ini dokternya lg pada ke daerah, mgkn tgl 1 dah pd balik.
    Saya sdh persiapan u/ test darah ke Dr Yuslam ( dia praktek jg di RS PDK INDAH JKT) jd saya ktemu dia kesana u/ minta saran2nya,tes darah + USG pada mens ke-2 n hsg pd hr ke 17 bisa disana mmg sangat mahal krn rs family tdk ada lab u/ tes darah hormon dll , jd hrs ke RS rujukannya bisa di RS pluit.
    Menurt saran saya, kalo mau lansng program BT ebih baik sekrang ini telp rs family bisa ke suster astina/ yurna. supaya bisa janjian dulu ktemu dgn dr Muchsin (ketua tim).
    Semoga kita bisa bertemu dan berhasil ya.

  31. itha

    up. Bp Janto
    o yah soal kost2 an saya terus terang bl bisa kasih referensi krn tinggal saya jauh jg dari sana, mgkn nanti ada teman saya Hera dia juga mau rencana BT disana, dia tinggl disana.

  32. Rima

    hi Chintya, saya jg baru ikut program BT di Bdg. ET dilakukan pd hr-5 stlh ET, saat embryo sdh Blastocys, katanya lbh bagus. Embryo jg excelent, 3 embryo yg ditanamkan. O ya, umur saya 37thn jg. Program BT saya Mei’08, tp failed. sedih banget!.
    Saya mau tanya, apa setelah BT & gagal, mens kembali teratur? Krn, stlh BT gagal, saya mens selama 6hr, kmdn bulan selanjutnya July, saya mens terus sampai skrg,hampir 1 bulan. Dokter bilang, krn hormon menjd tdk seimbang. Bgmn pengalaman teman2 yg pernah ikut BT & failed spt saya?Apakah Chintya jg mengalami hal ini?
    O ya, sebelum BT, Feb’07 saya KET & tuba kiri saya dibuang. Saya menikah sdh 7th.
    Thanks yah utk informasinya……

  33. Nunung

    Hi Rima , maaf ikutan nimbrung , saya juga program BT tp di Siloam/Sby sayangnya dihentikan di tengah jalan krn sel telur sulit berkembang ( cuman ada 2 & diameter kecil banget ) walaupun sdh disuntik Gonal F 5x .

    Saya jg heran biasanya mens teratur 28-29 hr tiap blnnya tdk pernah telat tapi stlh prog. ini (walau blm berhasil ) ini sdh hr ke 35 dr mens terakhir ( 1 Juli ) tp mens Agustus blm dtg juga . Sempat ge er dikit jgn2 hamil … tapi test pack negative .

    Saya juga mau nya ke yg lain apa efek dr suntikan2 selama prog. BT memang bikin hormon tdk seimbang sehingga jadwal mens kacau balau ? ada yg mengalami spt saya nggak ? share dong !

  34. Veronica

    Hii Rima & Nunung salam kenal,

    Saya juga BT di BIC dan failled juga baik fresh maupun thaw tapi klo saya haid keluar 7 hari setelah tes negatif dan bulan selanjutnya udah teratur lagi tiap bulannya, mungkin karena suntikan hormon yang saya pakai tidak besar ya dosisnya (150UI)
    suntikan hormon tsb tentu saja pengaruh terhadap siklus kita..makanya klo failled itu disuruh istirahat minimal 3 bulan utk bisa coba lagi.
    Rima di bandung ikut di klinik aster RSHS?
    Berapa habis biayanya kemarin ? share donk klo boleh..thanks

  35. Rima

    Thanks tanggapannya yah Nunung & Veronica,saya BT di klinik Aster RSHS.Biaya Rp 49jt, habisnya sih sekitar Rp 52jt sampai saat saya dinyatakan failed (14 Juni).
    Habis itu, 2 hr kmdn, saya dpt haid 1 mgg.Tp tgl 26 juni saya haid lg sampai skrg nih.Memang haidnya tdk byk,kadang jg tdk keluar.Sy tanya dokter,memang akan terganggu siklusnya krn hormon yg tdk seimbang.
    Tp..kan..repot rasanya yah, haid dtg tdk menentu, kadang dtg kadang ngga, kadang dtg cuma sedikit sekali.
    Oya,Veronica, ada rencana utk BT di BDG?Dokternya baik2 & ramah loh,teman saya yg sama2 BT sih berhasil tuh..skrg hamil kembar..mungkin sdh 5 bln usianya…

    Nunung,sblm proses BT,cek darah dulu ngga?cek hormon,clamydia dll..
    Kalau saya sih,stlh 5hr suntik 1 mcm kmdn hari-6 sampai dtg haid suntik jd 2 mcm & telur byk & bagus.Cuma estradiol saya meningkat 2xlipat,shg suntikan HSG tdk diberikan utk menghindari terjdnya kembung & cairan bebas diperut.Tp efeknya,penempelan embryo menjd kurang baik….nyesel deh dengernya,krn saya pikir lbh baik saya mual2,kembung & tdk nyaman utk 3bln ..tapi berhasil..spt teman saya yg dpt kembar itu….duh,sedih deh denger hasil evaluasi dokter spt itu…
    Tapi yg pasti tetap berjuang deh…iya kan..ayo,jgn putus asa, kita berjuang terus sambil berdoa..punya informasi lainnya?..thanks yah…mau berbagi

  36. cynthia

    Rima, saya mens juga normal, cuma tgl jadi mundur vs sebelum BT
    Mbak Mulia, mau tanya gimana rasanya perut setelah ET thaw cycle?

    saya test download dari hp indo ternyata bisa tapi utk ketik susah banget,
    lari lari layarnya jadi ngak sabaran pula. aku uda ET tgl 12/8, ntar di mdn baru chit chat lagi pakai laptop lebih mudah

  37. Vera

    Hi Itha salam kenal,

    Bagaimana hasil bt di rs family, apa udah ada hasil ? Saya juga baru ikut bt di sana tapi gagal. Sharing ya, thanks

  38. Mulia

    C, klo saya tuh abis ET perut ngak ada rasa apa2 dech, krn khan udah ngak ada efek stimulasi dari suntikan hormon spt fresh cycle, trus stlh et jd bisa lbh banyak aja porsi makannya. Hari jumat C tes bhcg yah? semoga berhasil yah thaw cycle yg skrg ini… Good luck….

  39. mery

    Hi Cynthia, kapan test bhcg? Kalo diitung2 kayaknya jumat tgl 23 agustus ya..Semoga berhasil ya C…Wish you all the best..GBU

  40. tina

    Hi cynthia salam kenal
    bgm kayanya bln ini kamu ikut BT lagikan di penang kan?
    tanya dong kalau mo ikut BT biasanya dokter cek up kita py kesehatan gak? trus apa mesti test hormon, torch dan yg lainnya.
    kalau mo kesana u pertama kali kontrol apa mesti sedang datang mess soalnya datang mess sy gak teratur jd susah mo tahu kapan yg pastinya, takutnya mesti daftar dulu sebelumnya, susahkan 🙁 trus u thn ini kamu habiskan biaya berapa u/ BT + test lab en lain2nya. u proses BT-nya perlu berapa lama yach tinggal disana? cynthia sendiri disana tinggal sendiri apa ditmn-in, apa memungkinkan kl hy tinggal sendiri (sy py renc thn dpn mo kesana sendiri)

  41. cynthia

    Mbak Mulia * Mery, tks, test tgl 23 sabtu, tapi sy serahkan ama Tuhan aja,
    krn Dr aja pesimis krn 2 rusak dan hanya tnm 1 yg hanya 3 sel, hanya
    keajaiban Tuhan yg dpt memberikan hasil positif. aku udah tegar krn udah
    alami yg pahit seblmnya.
    Tina, saya kena RM 11 ribu utk BT pertama dan RM 750 utk thaw cycle
    (biaya dokter dan checkup di luar apartment , makan dll), saya ditemani bokap, bsk bokap
    pulang, suami yg dtg utk bareng plg, saya sih maunya sendiri saja, tapi ngak
    dikasih suami. sebenarnya fresh cycle yg perlu ada yg jaga krn takutnya ada
    hyperstimulasi setelah OPU, sakit banget, kalau thaw biasa aja. aku pakai maid
    sini rm 25 perhari org indo yg udah kawin sini, stay aja di mewah court, ada
    rantangan enak rm 11 perday. awal check up hari ke 2 mens, tina tinggal dtg ke rs dan daftar
    krn ngak dpt buat appointment kayak medan. saya juga plan thn depan lagi, kata dr
    jgn sampai 1 thn krn terlalu lama sebab di rahim saya ada kista dikit tapi ngak
    parah dan ngak bisa operasi, kalo tgu lama takutnya tumbuh makin byk. pikir pikir
    mau jadi calon ibu ngak mudah ya.. aku harapin jadi calon ibu tapi Tuhan kasih
    aku terus kenaikan di karir, memang kadang kita sulit ngerti rencana Tuhan, tapi
    yg pasti rencanaNya yg terindah buat anak anakNya. Gbu

  42. tina

    Thx yach cynthia
    iya nih mo dapat keturunan susah bgt,sedih juga udah kesana sini tetap az gak berhasil juga. Dulu waktu insem yg pertama berhasil hamil aduh senang bgt eh tapi Tuhan berkehendak lain. tapi kita mesti yakin suatu saat doa kita pasti di kabulkan sama Tuhan amin. kita gak sendiri byk teman2 kita yg senasib,jadi kita berjuang sama2 ok 🙂
    cyn masalah kita sama yach, kalau aku perna kena kista endometrosis di induk telur sebelah kanan. awalnya waktu masih gadis suka pendarahan pernah sampe 3 bln gak berhenti-henti juga. kata dokter kelainan hormon trus sampe spt itu selama kurang lebih 5 th ternyata ada kistanya lalu sdh diobatin kistanya hilang tp pendarahannya masih sampe ganti dok dikasih obat Kb baru gak pendarahan lagi. dan gara2 kista endo makanya saluran tuba ku ada penglengketan. kata Dr endy induk telur sebelah kiri ada kista en aku cek ke s’pore gak ada tuch.Dan kata dok di s’pore kalau endo sakit perut, tp aku gak ada sakit perut tapi itu pendarahan gak mo berhenti. apa ada teman2 yg ngalamin spt aku. chy kalau endo sebetulnya bisa dilihat hy lewat usg? kemarin di USG & HSG hasilnya bagus, kok pas di L/o baru kelihatan yach. sekarang sy juga gak tahu masih ada endo apa gak, tp dok indra kasih saran BT takut kl hamil diluar rahim lg. sorry yach jadi cerita 😉

  43. HERA

    hai..C , salam kenal ya…gimana hasilnya?kita semua berdoa yang terbaik untuk C …tetap semangat ya…saya jg berencana ke Penang bln Oct ini

  44. cynthia

    Hi,, C belum berhasil juga.. dan Senin udah mulai kerja,, ntar plan next year mau usaha lagi..

    Dr minta saya balik next month, dan kali ini Dr bilang hari ke 3 langsung masukkan embrio , supaya tdk terulang yg first cycle kemarin,, dan jgn wait s/d 1 thn krn kelamaan mengingat usia makin bertambah, so lagi mikirin apa bisa sambil kerja sambil program.. , krn kerja ngak mungkin ambil cuti lagi.. Inilah keputusan yg paling sulit.. karir vs anak.. he.he.

    Imel udah positif loh,, hari testnya sama, cuma saat itu saya tdk tahu dia itu Imel, baru setelah teman saya yg kebetulan ketemu dia, telpon aku cerita cerita, baru tahu itu Imel yg di internet..

    Wah.. ekspresi Imel senang banget ” aku hamil” – saat keluar dari ruang Dr. Senangnya ya.. bisa mendapatkan kabar tsb, kalau saya, kayak org yg tdk lulus ujian.. sedih deh.. makanya mau kerja dulu biar bisa lupakan dulu.. baru berusaha lagi.

    Mery, aku lagi mikirin u/ ke Dr.Binarwan… mempertimbangkan Medan..

    Cuma sayangnya di Asia ngak ada ditest antibodi kita apa ada di dlm tubuh kita, krn antibody bisa reject embrio.. Teman aku buatnya di San Fransisco ada ditest dan diberikan suntikan Ivig,, berhasil kembar 2. dan guarantee 90% money back.

  45. mery

    Hi C, yg sabar ya..Tuhan pasti memberikan keberhasilan pada kita.. Btw, dr.Ng kok cepat banget minta C balik bulan depan. Itu maksudnya langsung fresh lagi ya C?
    Dr.Bin ok juga, yah semuanya tergantung cocok2nya kita ama dokter tsb..Moga2 C bs berhasil next fresh cycle ya dan yg ga kalah penting jg semoga karir jangan versus anak, melainkan bisa berjalan secara seimbang antara karir dan keluarga..GBU

  46. retno

    Hi C…salam kenal.Yg tabah ya C..aku jg pernah gagal fresh cycle malah sempet hamil 2 bln tp sayangnya keguguran.Masih inget dulu aku jg disalamin ama dr waktu hasil tes +..bahagia banget..tp tdk berumur panjang.Jadi skrg kalo liat org hamil sedih banget.
    Rencana aku jg mo fresh cycle lg nunggu 2-3 siklus haid lg.Sambil nunggu aku ikut akupuntur 2x sminggu.
    Ok..C tetap semangat ya jangan nyerah..cu!

  47. Janto

    sory mbak itha br sekarang sempat buka internet karna kesibukan ngurus segala sesuatu utk ikut BT di family. maklum kami dari luar daerah jd agak keropatan.

    kami menikah hampir 6 thn dan ini merupakan bt yg pertama buat kami.

    istri sy sdh test darah, hormon, usg, dll, jg hsg sdh di rs pluit. sy sendiri sdh analisa sperma juga. dan Puji Tuhan semua hasil pemeriksaan kami kata dr yuslam n timnya dlm kondisi baik semua. sejak tgl 26 agst istri sy sdh mulai penyuntikan yg o,5 ml sebanyak 19 x. n tgl 11 sept disuruh lg konsultasi untuk dilanjutin dg penyuntikan yg 0,25 ml. n menurut schedule akhir september ini sy disuruh ke jkt untuk ambil sperma. istri sy sdh sebulan ini kost di pluit dekat rs family n sy sendiri di bangka. terpaksa sementara ini saling jauh. sy kadang kasihan dg istri krn dia blm biasa jauh dari saya. dia hanya ditemani ponakan di jkt.
    sy sempat kaget juga dg mahalnya kost2an di daerah pluit.

    teman2 mohon bantuan doanya ya biar semua berjalan lancar dan berhasil dg baik.

    ngomong2 mbak Hera nya gak jd ya ikut BT di family, kayaknya mau ikut di malaysia ya. ok deh semoga berhasil jg.

    mbak itha sdh sampai dmn skrg progam BT-nya. smoga sukses jg ya.

  48. itha

    HAI PAK JAnto,
    Saya sebenrnya sudah mulai tes darah/hsg/usg sejak juli lalu , tapi karena berdekatan dgn puasa dan lebaran,kuatir kalo tim dokternya ada yg cuti pas OPU/ET , maka saya undur mulai nanti haid ke-2 pertengahn sept ini.
    Salam kenal juga ya istrinya pak Janto, kalo boleh tau siapa namanya? mgkn kita bisa ketemuan diRS.
    Kalo pengambilan sperma akhir september berarti, istri bp juga OPU ya?
    kemungkinan pas ET nya juga hari lebaran ya pak, tapi ngak papa kok disana tetap ada beberapa dokter yg praktek.
    dan kalau saya boleh tau, suntikan nya apa saja kok sampai 19x, setahu saya 2 minggu suntk buserelin dan 2 minggu laggi suntik gonadotrophin. atau mmg beda2 yah setiap orang tergantung hasil USG nya nanti.

    Semoga kita bisa sukses ya menyusul teman2 kita disini seperti mbk Yenny yang telah melahirkan.Tetap Optimis dan salam untuk istri pak Janto…

  49. Cynthia

    Tks Mery…
    iya,, Dr Ng minta balik langsung next month u/ fresh cycle..
    Dr.Ng lebih prefer fresh cycle, krn lebih besar kemungkinan dari pada thaw cycle..

    Mery October akan ke Penang berobat lagi ya ?

    tx.

  50. eva

    hai…salam kenal kak Cintya, kayaknya kita sama2 ga bs stress ya orangnya..hehe..ohya,saya jg baru menjalani program BT di Loh Guan Lye Hospital, sudah sampai ke test darah yg diambil waktu haid ke 2. Selanjutnya pada hr ke 21 akan di lakukan suntikan di perut, katanya ntar nyuntik sendiri. Duh, kalo kakak gmn menjalaninya.Sakit ga?

  51. jenny

    hi cynthia
    salam kenal ya
    Jangan terlalu sedih ya. mgkn blm waktuNya.
    keep trying n praying. Dia pasti buka jalan pada waktuNya

    boleh tau gak ya… apa masalah infertilitasmu, Cynthia, sampe hrs bayi tabung?
    Apa ada endo/kista/miom/hidrosalping/ sperm yg krg bgs?
    prog bayi tabung sdh 2x blm berhasil di Dr Ng, apa penjelasan dokter ttg ini?

  52. mery

    Hi C, iya nih ntar akhir oktober or awal november ke penang lagi…mudah2an kali ini bs berhasil…dan mudah2an C juga berhasil dimana dan kapanpun programnya…GBU

  53. jenny

    hi, cynthia
    aku sdh baca2 lagi dari awal…. ternyata masalahmu itu endometriosis ya dan sdh dilaparoskopi 8 th lalu. Sebelum bayi tabung yg pertama, endonya gak diobati lagi oleh dr Ng? yg saya denger sih, endo yang ada sangat mempengaruhi keberhasilan juga. apa bener begitu?

  54. jenny

    hi, c
    utk antibodi kayaknya harus cek sendiri .krn tidak semua dokter percaya ttg antibodi . di jkt ada tuh dokter khusus cek AntiSperm Antibody, di RS YPK menteng.smoga membantu

  55. Yake

    Hai cynthia, salam kenal..
    Tetap semangat dan berjuang ya..
    Sy doa’in agar kita semua yg senasib diksh baby secptnya..
    Salam kenal jg buat janto dr bangka..kita sedaerah dan senasib..dan sekarang sy tinggal di palembang krn ikut suami kerja..
    Sy jg lg ikut program IVF di KL..kmrn rencananya sy OPU tgl 9sept dan ET tgl 11sept tp berhubung ada polif di saluran rahim..akhirnya oprasi dan lanjutan IVFnya bln nov..dan mulai dr awal lg suntik buserelin & gonal f nya..
    Smg IVFnya kita berhasil ya..
    O iya..ada gak yg lg program IVF di KL (TMC FERTILITY CENTER DAMANSARA UTAMA)?
    Thanks.

  56. mery

    Hai Yake, salam kenal ya..
    Tetap semangat ya, semoga programnya berhasil..Berarti yake uda sempat suntik buselerin dan gonal? Sebelum program ga ada pengecekan rahim terlebih dahulu ya? Jadi polipnya diketahui waktu mau OPU? Sori banyak nanya…thanks ya.

  57. Yake

    Hai mery, slm kenal jg..
    Thanks ya supportnya..
    Iya kmrn sy dah suntik buserelin & gonal f dr tgl 9agust-4sept..
    Iya di scan jg, dokter blg kemgknan polifnya sangat kecil sekali sewaktu di scan dulu..jdnya gak kelhtan.. Jd sewaktu suntik2.. polifnya ikut subur/membesar..(klu ada polif, embrionya gak mau/susah nempel dak kalaupun nempel, gak bertahan lama/keguguran).
    Tgl 4sept di scan..tgl 5sept oprasi polif(oprasinya lbh ringan drpd laparoscopy thn kmrn).
    Kmrn kan rencananya tgl 9sept OPU dan tgl 11sept ET..tp ditunda krn ada polif..
    IVF selanjutnya awal nov..sy hrp semuanya lancar..gak ada halangan lg..amien..
    Semuanya tetap berjuang ya.. jgn patah semangat..
    Thanks.

  58. mery

    Hi Yake…yang sabar ya, semoga next BT ga ada halangan dan lancar terus..Kita sama nih yake, aku juga program lagi di penang, suntik suprefactnya mungkin sekitar tgl 12 Oktober, hampir barengan juga dengan kamu. Ok deh semoga kali ini kita berhasil. GBU

  59. flora

    haiii temen2 tetap semangat ya aku jg baru ikut bt di sing sdh sampe pengambilan telur dari test usg telur sdh cukup ukuran untuk diambil setelah diambil test telur ada 9 aku tetap bersyukur dan ternyata 9 telur itu satupun tdk ada isi dan itu tdk bisa lanjut untk ET hati rasa sedih juga,memang cukup melelahkan prosesnya skalipun belum bisa et seperti teman2 lain aku tetap bersyukur,aku stuju semua ini boleh terjadi ada rencana yg indah yg Tuhan mau sediakan bagi kita semua jangan berhenti berharap and still pray Gbu all

  60. titi

    hi yake & mery,
    nanya dong apakah polip bakal muncul lagi??? aq pernah o/p di kkh 3 tahun yg lalu n aq juga ivf 1x fress cycle n thaw cycle unsuccessful di kkh, terakhir aq check ama ada miom 3,5cm ktnya musti laparoscopy aq gak mau soalnya aq pernah laparascopy untuk koreksi saluran tuba??? apakah ada cara lain??? siapa mau share???

  61. Janto

    hi mbak itha
    nama istri sy swanti. kami sengaja ngambil lebaran biar bertepatan dg libur jd wkt sy bisa banyak di jkt untuk nemani istri. sebelumnya sdh kami tny bhw mereka tetap buka sekalipun lebaran.

    suntikannya memang beda2. hbs suntik yg I istri sy lnjut suntik 2 jenis sehari termasuk yg gonalF. kemarin istri sy periksa lg ke rs n dok blng telornya sdh mulai besar2 n disuruh dtg lg jumat besok. suntikan gonalf nya dikurangi cc nya. gak tau maksudnya apa, apa pertanda hasil test darahnya bagus. mudah2an lah gitu. krn pertama-tama disuruh dtg-nya hr sabtu lg sebelum keluar hasil test darah, tp setelah keluar hasil test darah ditelp balik oleh pihak rs biar datang lg hari jumat besok.

    sy minggu pagi ke jkt n kemungkinan besar hari senin ngambil sperma n telor kata dok. nanti setelah dihidupkan diluar sekitar 3-4 hr baru ET. jd kemungkinan besar sebelum lebaran ET nya. baru tinggal nunggu hasil sekitar 14 hari lg.

    mbak itha kapan jadwal ke rs lg? slam jg buat suaminya ya. klau boleh tau mbak itha domisili di jkt apa didaerah?

  62. itha

    *Pak Janto*
    Apa kabrnya pak Janto, jadi senen OPU yah? semoga lancar ya prosesnya sampai ET nanti. Saya tinggal di daerah cirendeu tangerang pak, lumayan jauh ke RS 2 jam kalo macet.
    dan aku ke RS lagi tgl 3 oktober baru mulai suntik2 n simulasi, semoga kita semua berhasil hamil ya….tetap saya tunggu perkembangn selanjutnya ya pak…

  63. jenny

    hi yake,
    kamu lg prog BT di KL ya.. tapi nunggu operasi polip dulu ya.. semoga semua berjalan lancar ya!
    Apa BT nya rencana di Damansara Fertility Centre? ditangani oleh dokter siapa?
    utk prog BT di sana berapa estimasi biayanya?

  64. flo

    info untk temen2 yg masalah dng antibody dng sperma,aku sudah pernah test terapi di jkt dng dr indra di rs ypk mandiri menteng,krn itu juga berpengaruh dng prgrm kita untuk punya baby,boleh coba deh kalo masih ada yg belum berhasil dng prgrm BT or normal good luck and still pray….Gbu all…

  65. menik

    Flora..
    aku baru mo ikut program BT.. rencana di surabaya aja.. sekarang lg dalam tahap bujuk2 suami sambil ngumpulin dananya..
    Flora tinggal di mana dan kalo boleh tau rencana selanjutnya apa nich..?

  66. flo

    menik aku tinggal di jkt,mudah2an recana menik jd yg terbaik ya sm suami,akurencana dng suami mau ikut prgrm lagi yg ke 2 aku sih kepingin prgrm bt nya di jkt tp suami maunya tetap di spore suamiku pikir aku uda ada record sm dokter disana dari pertama ikut prgrm bt,ya liat ntar d ini jg lagi mau kasih tau kesuamiku klo dia stuju klo di jkt kt gak mikirin tmpt tinggal, klo biaya proses bt nya si gak jau beda sm di indo tp yg gak tahan biaya hari2 sm tmpt tinggalnya sayang gitu loh…heee perempuan gitoloh jeng…btw menik uda meried brp lama mslhnya knpa harus prgrm bt? kalo aku uda meried 3th mslhnya tube kiri sm kanan tersumbat,dan jg faktor u uda mau 34 hee tp pd aja lah berjalan dng iman…amin

  67. retno

    Hai flora,menik,yake,therez,jenny,titi semuanya salam kenal.Selamat berjuang ya buat ibu2 disini smoga program BTnya sukses.

    Buat yake n titi..aku jg pernah ada polip di cervik ketauan waktu simulasi et tp trus
    dikuret ama dokter.

    Buat flora aku jg pernah tes di ypk kalo gak salah namanya uji kibrick/isojima apakah itu tes antibody ya abisnya udah lama banget.Tetep semangat ya aku aja usia nyaris 40 tapi usaha jalan terus..semoga berhasil!

  68. itha

    * Retno*&* P’Janto*
    hai retno pakabr..semga sehat2 ya… aku mau tanya dong untuk cek antibody harus tes kibrik ya…. kalo ACA IgG dan ACA IgM sendiri gimana emang beda ya trus ada hub dgn kekentalan darah ngak ? menurt dokter ada yg bilang ngak masalah kalo hasil ACA nya normal.Tapi mnrt pengalaman mmg pasien harus banyak tanya dan usul ya kalo dokter sih kebanyakan selalu bilang ngak masalah.

    *PAk Janto, gimana kabarnya ibu…sdh baikan setelah opu kemarin? trus kapan rencana ET nya..smga sukses ya

  69. retno

    Hai Itha..aku pernah uji kibrick tapi udah lama banget kayaknya sih itu buat tes antibody.Kalo ACA emang buat kekentalan darah.Tapi bedanya IgC sama IgM aku gak tau tuh.Entar aku tanya dokter yah..

  70. mery

    Hai Itha dan Retno, kebetulan td aku browsing ttg ACA dan nemu pengertian IgG dan IgM. Klo IgG adalah indikator utk melihat adanya infeksi yg pernah terjadi pada tubuh sedangkan IgM adalah indikator utk melihat adanya infeksi yg terjadi sekarang…

  71. therez

    Hai semuanya..Ak jg prnah ACA positif, trus terapi dulu sd indikator kekentalan darah lainnya normal. Soalnya kt dokter dulu, klo kekentalan darah gak diatasi, akibatnya embrio susah nempel. Ktnya kayak sawah yang pengairannya gak bagus, jadi padinya susah numbuh.. Ak dapet dari browsing-an juga, ACA memang antibody yang meningkat krn adanya infeksi. kalau inf-nya masih baru/sedang blangsung, IgM-nya yg akan meningkat, klo sdh lama maka IgG yang naik.
    Btw, stl terapi ACA-pun aku blum brhasil2 hamil. mungkin memang penyebab janin sulit nempel bukan cuma krn ACA. Sama kayak Cynthia, ak jg ada endometriosis. endometriosis jg memproduksi enzim yang membuat janin sulit nempel.. huh, memang banyak sekali benda-benda jahanam yang merintangi jalan calon bayiku. Ayo nak, berjuang terus untuk menempel yah..! Ayo teman2 calon ibu, lanjutkan perjuanganmu jendral!

  72. itha

    *Mery* & *therez*
    trims bgt infonya ya temen2, jadi masukan untuk aku nih sekarang. kemarin sich tes ACA ku masih range normal. tapi apakah masih perlu uji kibrik ya ( katanya cm ada di klinik Sam Marry dan beberapa klinik saja)di jakarta.

    Hai Therez…, saya suka dgn semangat n perjuanganmu… kita mmg mesti saling mensupport ya spy ngak putus harapan dan kuat mental kita.
    Semoga kita semua sukses. GBU

  73. Idas

    Hai flo,aku mau tanya berapa jumlah/angka antibodynya?aku py masalah antibodi .menurut flo apa yang kulakukan ya? terapi ke dokter bagian serum darah?maaf ya flo aku banyak tanya.sepertinya flo banyak mengerti mengenai antibody.

    Buat merry , retno,terez,,selamat berjuang ya,aku salut sama perjuangan kalian.aku jd semangat lg

  74. Velia

    Dear Yake,

    Aku juga lagi program BT di TMC Fertility Clinic, KL. Mulai suntik Buserelin tgl 25 Sept sebanyak 0.5 ml, trus mulai tgl 10 Okt dikurangin jadi 0.1 ml, baru tanggal 18 Oktober suntik gonal 225 IU + Buserelin 0.1 ml. Tgl 23 Okt kontrol ke dokter & estimasi OPU tgl 28 Oktober. Aku di handle sm dr.Colin Lee. Kalau di sini ga harus sering2 kontrol and cek darah, jadi aku bisa stay di jkt and tetep kerja.

  75. Cynthia

    Dear Velia,,
    pasti uda selesai OPU ya.. kapan proses tanam embrio ? Berapa biaya program BT di TMC ya ? dan brp lama harus stay di sana, kalau u/ yg kayak kita kita yg lagi kerja. Tks..

    Hi Mery, kemarin malam teringat Mery saat doa,, jadi kita tunggu kabar baiknya..

    tks..

  76. mery

    Hi Cynthia, pa kabar, lama ga muncul nih.. Aku masih belum program kok, dipending dulu sampai awal thn depan, mudah2an waktu itu uda gak ada halangan lagi. Oh iya C, Velia sekrg lagi stay di KL ampe test darah, dia uda ET tgl 31 kemaren..Mudah2an Velia berhasil yah…amin GBU

  77. itha

    hi cynthia..& Yake…lam kenal
    sy mau bantu jawab ttg velia aja, dia dah et tgl31 okt kemarin ( opu 16 telur, et4 embrio) masih stay di klinik damnsara menunggu hasil tgl 12. Aku tahu kondisi dia krn tiap hari sms an trus soalnya beda et cm 4 hr aja tapi aku bt di jakarta. Aku prihatin juga denger kondisi dia 3 harian ini krn hrs diopname di Rs nya krn kembung parah dan muntah2 tiap pagi. mnrt dokter sih kemungkinan multi pregnancy krn udah diinfus albumin tetep aja kembung dan cairan makin banyak. Dia salam u/ temen2 disini dan mhn doanya yah u/ kita berdua nih yg dlm masa penantian 😉
    Tks ya

  78. therez

    Hi Mery.. aku jg kmungkinan mulai awal tahun depan. skrg lg nunggu mens stl pakai Endrolin buat ngecilin kista. BTW, kista ku stl suntikan I mmg mengecil 1/2 cm. Lumayan lah.. mudahan stl suntikan ke2 ini makin kecil.,.aminiiin… doain ya mer.. dulu mery jg prnah tapros 3 bln sblm BT kan? stl brp lama stop tapros baru timb mensnya?

  79. therez

    Hi Itha.. wah, aku ikut deg2an nih nunggu kabar Itha n velia.. Semoga sukses buat kalian b2.. sama buat Vie yg blm kdengeran kabarnya juga nih..

  80. itha

    hi therez…tks ya supportnya..aku seneng bgt bisa banyak dpt dukungan nih…emg serba susah ya di masa2 penantian ini…, kayak nunggu hasil ujian tp gimana lg mmg hars dilakoni hehhe…sejauh ini aku berusaha santai n rileks aja…pasrah ama yg diatas..
    Semoga Tuhan mendengar doa kita ya.

  81. lisa

    hi therez aku juga ada kista endometriosis di indung telur kanan dan kiri cuma pada saat Ovum pick up sekalian dilakukan penyedotan pada kista meskipun tidak bisa hilang seutuhnya atau 100% plg tidak lumayan 80% ikut tersedot jadi sekalian keluarin biaya. Waktu aku program bayi tabung dr aucky tdk menyuruh untuk suntik tapros karena suntikan itu akan mengurangi hormon kesuburan byk banget. aku dulu jga suntik tapros cuma 1 thn yg lalu hasilnya wkt aku cek hormon 1 thn kemudian hasil tes kesuburanku menurun. jadi dr aucky cuma suntik superfact aja untuk mencegah supaya kistanya tdk membesar selama 2 minggu sblm mens. Setelah itu lgs suntikan hormon gonal F 8 kali. Sekalian nanti aku doa untuk velia agar kondisinya membaik deh. salam semua yah kita sama2 berjuang demi malaikat kecil. Percayalah seberapa menderitanya kita itu worth it bila ditukar dgn senyum, canda dan tawa si kecil.

  82. lisa

    Buat merry, itha, therez and all, aku sering ol di YM apalagi dlm kondisi bed rest sambil tunggu hasil BT aku gak keluar kamar sama sekali jd hiburanku cuma komputer and nonton film smp tunggu hasil.Kalian bisa add aku deh emailku siok_li_77@yahoo.com. Oh ya dulu anak pertama aku juga ada kista 5 cm tp menurut dr Pudjo obatnya hanya 1 cepat hamil jd wkt itu beruntung juga minum obat hormon eh gak tahunya hbs merit lgs hamil.Ok kalo gt salam untuk semua yah

  83. mery

    Hi Therez, wah kita bisa barengan nih BT nya, seneng sekali ada temen yg bisa share ntar. Iya kemaren pake tapros 3 bulan but ga nunggu sampe mens lagi, 28 hari setelah suntikan tapros terakhir aku uda mulai suntik suprefact… Btw, sebelumnya aku juga uda pernah pake tapros selama 6 bulan dan mens ku datang 2 bulan setelah suntikan tepros terakhir. So Therez, 2 kali suntikan endrolin trus nunggu mens baru mulai BT ya? Mudah2an kistanya semakin mengecil ya kalo bs hilang sekalian hehe..GBU

  84. therez

    Hi Merry.. iya nih mer, abis endrolin 2x kt dokter musti nunggu mens dulu baru mulai BT. Klo Merry malah langsung n gak nunggu mens? beda2 dong ya.. nti kutanya dokterku deh, boleh gak sistem kayak merry gitu…
    mer, enaknya sambil nunggu gini kita ngapain aja ya…?

  85. vie

    Hi Itha n Velia…
    wah qta berarti sama2 dalam masa penantian ya…tgl 12 nov ini, penentuanku juga nech, lulus or kg ujiannya…hehe
    tetap semangat ya…n semoga kita semua mendapat hasil yang menyenangkan ya….amiin

  86. vie

    Hi Therez…
    ikutan nimbrung ne…
    kalo aku kemaren sebelum BT kan laparaskopi endometriosisnya dulu trus suntik tapros selama 3bln stlh itu langsung program BT n gak nunggu mens lagi..tadinya aku juga bingung n nanya ke dr Ivan, harus nunggu mens dulu or gak, ternyata kata dia kalo mo lgs program gak perlu nunggu mens lagi..mungkin prosedur dr beda2 kali ya…

  87. Yake

    Dear jenny

    Sorry br reply skrg,
    Iya rencananya BT disana(damansara fertility centre), kmrn yg handle sy dr.colin lee, skrg dr.wong pak seng.
    Kmrnkan rencananya jg sy OPU & ET dibln sept’08, berhubung ada polifnya jd hrs dikuret dulu pd waktu itu jg.

    Skrg program BTnya dipending dulu, tgl 14jan’09 sy kesana.
    Medicinenya MYR 6264 (microgynon,buserelin,gonal f) udah sy beli pd bln sept’08 kmrn, dan jg paketnya BT MYR 9900, awal des’08 ini sy mulai microgynon.

    Sy hrp sekali ini sukses..

  88. Yake

    Dear titi

    Sorry ya br reply,
    Kmrn kt dokternya sih , polifnya gak bakalan tumbuh tp kita hrs positif thinking sj, soalnya apapun bs terjadi..

    Sy jg pernah di LO akhir maret’07, tp oprasi polif ini lbh ringan dr LO kmrn.
    Smg infonya dpt membantu ya..

  89. Karina

    Dear Yake and All,

    Hi Yake.. salam kenal ya.. Saya mau minta info dan sharing dong. Saya ada rencana mau BT di TMC Damansara juga, tingkat keberhasilannya di sana bagaimana ya? Saya dirujuk oleh dr. Budi Siloam Jkt ke TMC Damansara.
    Tp saya dapat info lagi kalo di Surabaya ada dr. Aucky Hinting RS.Siloam Surabaya jg bagus..
    Kira2 yang mana ya? semakin banyak dapat info semakin saya bingung..
    Thanks before ya…

  90. Yake

    Dear karina

    Salam kenal jg,
    Di tmc fertility centre jg bgs, byk yg berhasil dan pasiennya jg byk dr indonesia..

    Sy jg denger2 info, ktnya klu mau BT bgsnya di LO dulu krn peluang keberhasilannya lbh bsr drpd tidak di LO..
    Kmrn biaya LO sy MYR 8239(akhir maret ’07)..

    Smg infonya dpt membantu ya..

  91. Yake

    Dear karina

    LO singkatan dr laparoscopi, sy jg dulunya gak ngerti istilah2 BT.
    Semenjak sy sering buka dan baca web.site ini, sy jd tau byk dan mengerti.

    Thanks buat yenni yg punya web.site ini dan teman2 semua disini..
    Selamat berjuang dan tetap semangat ya buat yg blom berhasil..

    Jg selamat berbahagia menjadi seorang ibu buat yg sudah berhasil..
    Mdh2an kita2 yg disini cepat menyusul..
    Amien2x..

  92. titi

    hi yake,
    thanks infonya aq juga pernah di LO plus laparotomi, skrng lagi berjuang untuk ngecilin myiom, krn ktnya 2 BT gagal karena miom (3,5), so aq gak mau maksih… di belek yg ke 3kali…sih…he…he…aq coba lagi tahun depan…sukses buat BTnya ya takecare

  93. Yake

    Dear all..

    Itha
    Salam kenal jg,
    Thanks buat infonya velia..
    Semoga ketularan velia ya, hasilnya positive..

    Velia
    Congratulation ya, hasilnya positive..

    Retno
    Salam kenal jg,
    terus berjuang dan tetap semangat ya..
    Kpn BT lg..

    Lisa & vie
    Salam kenal,
    Semoga hasilnya positive ya..

    Cynthia
    Kpn dan dimana BT selanjutnya..
    Smg sukses ya..

  94. retno

    Dear Yake..salam kenal juga..
    Kmrn sblm BT juga aku ada polip tp dah dikuret ama dokter.Iya nih blm tau kpn mo BT ..lagi terapi akupuntur dulu.Btw gimana kbrmu udah mulai program ya..smoga perjuangannya berhasil yah..gutlak!

  95. Yake

    Dear retno

    Thanks buat supportnya..
    Awal desember ini, sy mulai microgynon, trs buserelin dan gonal f..
    Jumpa dokter tgl 15 jan’09, mgkn sy stay 2 mggu’an disana..

    Semoga sukses ya buat semua..

  96. santy

    Dear all,
    ikutan berbagi ya, sy ikut BT di permata hati yogya, ET tgl 7 Nopember 2008 kemaren n cek darah rencana tg 22 besok, tp tgl 16 Nop’08 kemaren ada flek2 sampai sekarang, ada yang punya pengalaman seperti saya mohon sharingnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*