Pengalaman bayi tabung di RS Siloam Surabaya Jan 2014 – Aida

Dear All,
Nama saya Aida, saya ingin bagi2 pengalaman setelah menjalani program bayi tabung di RS Siloam Surabaya bulan Jan 2014.

Awal ikut program ini saya tidak tahu sama sekali apa yg dimaksud dengan long protocol atau short protocol. Pertama ketemu dgn androlog dr. Aucky Hinting saya hanya dijelaskan biaya dan jadwal suntik sampai pengumuman yg beliau tuliskan di secarik kertas.
Hari ke 3 mens bulan des 2013 pertama kali saya dan suami ktmu dgn dr.Aucky, dihari yang sama kita langsung cek lab darah untuk hormon dan screening virus utk suami. Sore hasil labnya kami terima dan dokter menyatakan baik2 saja dan kami bisa memulai program dgn diawali suntik gonal f . Saya dan suami saat itu meminta untuk undur sebulan hingga Jan 2014 krn masih belum siap dan juga minggu terakhir bulan des suami sudah terikat janji kerja .
Dokter menyarankan kami datang di hari ke 2 atau ke 3 mens bulan Jan 2014 dan tanpa harus mengikuti test darah ulang lagi.
Info tambahan, selama sebulan suami saya dikSi obat minum Q-teen dan saya dikasi Glukopage 500mg yg saya sendiri tidK tzhu kedua obat itu untuk apa. Konsultasi dgn dr. Aucky kesannya terburu2, dan tidak banyak informasi yang bisa kami kumpulkan, saya dn suami hanya mengikuti apa kata dokter aja dan menuruti semua aturan.

Mens ke 2 bln Jan saya di USG dan sorenya sudah langsung suntik gonal f hari pertama, hasil USG pun saya tidak diinformasikan seperti apa, apakah rahim saya sehat atau bagaimana saya tidak tahu, dktr hanya bilang nanti sore suntik pertama. Terakhir saya tahu bahwa ginekolog yg me USG saya namanya dr. Hendro Pramono.

7x suntik gonal f dokter usg saya kembali dan hasilnya saya hanya punya 6 telur saja, dan dktr memutuskan untuk besoknya langsung suntik pecah telur krn ukuran sel telur saya sudah maksimal, 22,20 itu saja yg saya ketahui.
Besoknya saya dijadwalkan opu jam 6 pagi dan suami harus bawa sperma ke RS didalam wadah sterill yg disiapkan pihak RS, sperma tersebut harus sudah di serahkan sebelum 1 jam . Jam 5.40 pagi suami mengeluarkan sperma dan tepat jam 6 kita sudah di RS. Sampai di RS semua ruangan masih gelap dan tidak ada satupun petugas yang ada di klinik fertilitas. Saya mulai bingung dan stres krn kawatir sperma suami akan spoil. Jam 6.30 seorang suster datang dan saya langsung masuk menyerahkan sperma suami, susternya bilang silahkan di tunggu diluar ya bu kami masih siap2. Wow…..tambah bingung, saya bilang sperma suami sudah dikeluarkan dari tadi saya takut spoil, ya gak apa2 bu tunggu aja. Dengan langkah gontai saya keluar dan hanya terduduk menunggu saja.
Jam 7.30 saya dipanggil masuk ruangan utk proses opu, sayz yang pertama. Bertanya2 dalam hati kenapa disuruh datang ke klinik jam 6 kalau prosesnya jam 7.30 ya, tapi gak apa2, their rule anyway?
Telur saya hanya 5 yang diambil krn yang 1 nya ukuran kecil diputuskan utk tidak diambil. Setelah opu saya tidak dikasi obat apa2 hanya disuruh pulang saja, penasaran saya tanya lagi ke suster, sus apa saya ada obat minum dibawa pulang, simply answer tidak ada bu. Saya lihat teman2 yang opu barengan dgn saya di kasi crinon.
Ok, saya langsung pulang dan istirahat, 3 hati kemudian saya dijadwalkan et, hanya 2 telur yang ditanam krn yang 3 dinyatakan perkembangan lambat dan rusak.

Suntik penguat 3x selang waktu 3 hari, lalu 12 hari setelah et pengumuman. Hatimpengumuman paginya saya diambil darah, saya disuruh menelepon ke klinik jam 12 siang utk hasil nya. Pas jam 12 siang saya telpon hcg saya 65,34. Malamnya disuruh ketemu dr. Aucky. Malamnya sys bertemu dokter dan dokter anyatakan saya positif hamil. Thanks God for never ending blessing, terima kasih tuhan….bahagia luar biasa, syukur yang tak berkesudahan saya panjatkan kepada Tuhan.
Besoknya saya flek coklat, saya agak panik tpi berusaha tenang, saya telpon ke klinik diangkat dgn nada sekena nya saja, ya suda ibu istirahat besok ke dokter. Saya kenapa sus? Gak apa2 bu santai aja.
Sakit hati…..jangankan nunggu besok, dalam hitungan jam aja saya agak kawatir. Info tambahan saya sendiri di kos lho para bunda…….suami msh di kota asal kami di Bali yang akan segera datang 2 hari ke depan. Flek gak berhenti lalu saya telpon lagi ke klinik besok paginya, saya disuruh ke klinik utk cek hcg lagi, itu aja saya gak dikasi obat apa2, jam 12 siang saya telpon hasilmhcg saya naik ke 287, lagi2 terima kasih tuhan sambil bercucuran airmata, bukan airmata sedih lho bunda….tapi airmata haru bahagia

Flek bukannya berhenti tapi malah tambah banyak, padahal saya sama sekali tidak jalan2 dan saya bed rest total, makanan juga saya jaga sebaik mungkin yang bergizi kebetulan saya ikut catering ibu program bayintabung. Saya telpon ke klinik lagi dan disuruh ke klinik laginutkncek hcg lagi. Siangnya hasil hcg saya 687 dan dokter perintahkan saya untuk opname.

Kebetulan suami udah datanga lalu kami pergi ke RS untuk opname, saya di infus dgn duvadillan dan di suntik penguat prolutan dan selama 3 hari opname saya di cek hcg lagi, hcg saya turun ke 450, doker katakan saya gagal dan belum berhasil saat ini

Tangis saya langsung pecah, suasana sedih meliputi kamar 101 tempat saya opname, yang paling buat dada saya teriris melihat airmata suami menetes dan membasahi paha saya saat itu krn dia menangis dipangkuan saya. Kami gagal, kami pasrah ya tuhan….ampuni kesalahan kami bimbing kami selalu ya tuhan.
Yang paling menyakitkan di siang itu jug suami harus pulang ke bali krn ada urusan top urgent di kantornya. Sementara dr. Hendro mengztakan saya harus istirahat selama seminggu dan akan di usg ulang jika ada bekas ketinggalan di rahim.

Setelah selesai bayar biaya opname suami mengantar saya ke kos dgn penuh airmatz dan tubuh yg kaku spt mayat, jalan tak merasa menginjak bumi, di jam yg sama suami meninggalkan saya terpaku duduk ditempat tidur dgn simbahan airmata dan dia berangkat pulang. Seucap kalimat yang saya katakan, lindungimsuaminhamba dlm perjalan pulang tuhan,,,,hamba tahu ini bukan kehendaknya tapi situasi yang menempatkan dia di posisi ini.

Sehari semalam saya tidak lapar, tidak haus dan tidak ngantuk. Ibu kos yang kawatir akan kondisi saya membawakan saya makanan dan minuman, tapi perut tidak mau menetimanya.

Bunda……coba bunda bayangkan perasaan saya yang harus tinggal di kos selama seminggu menunggu hal yang saya sudahbtau bahwa tidaknada lagi yang perlu saya tunggu….sungguh berat cobaanmu ya tuhan,a muliakanlah hamba, kautkanlah hamba.

Bunda…..walau demikiN saya tidak mau menyerah, saya sudah berdiskusi dengan suami utk mengulang kembali program ini, bunda juga demikian ya……mari kita berjuang tanpa menyerah, bukankah hamba tuhan tak kenal lelah untuk berusaha……
Semangat ya bunda….god bless us, god bless universe.

Jika bunda2 yang lain ingin memberikan komentar kenapa ya kira2 saya bisa keguguran setelah hcg naik berlipat2 sepertinitu padahal saya sudah dalam penanganan medis krn saya sudah opname? Mohon sarannya ya bunda…..saya tunggu

Salam hangat
Aida,,,yang terus berusaha dan berjuang
A

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 4.17 out of 5)
Loading...

73 thoughts on “Pengalaman bayi tabung di RS Siloam Surabaya Jan 2014 – Aida

  1. Wenny

    Mba, terus terang saya meneteskan airmata membaca kisah mba. Saya merasakan apa yg mba rasakan. Saya juga program dan berhasil, saat ini saya sedang hamil 3 minggu. Saya kaget waktu membaca bchg naik drastis 2 x seandainya t flek pertama mba lsg dirawat dan disuntik penguat ya…tapi kita ga bisa menoleh ke belakang, yg sudah terjadi biarlah menjadi pengalaman. Mengenai kenapa bchg bs turun drastis begitu berartti rahim mba ga kuat atau embrionya yg ga kuat. Saran saya mba lanjut proses tapiiii kl mba merasa ga nyaman segera pindah tempat program karena faktor kenyamanan merupakan no 1 utk program mba. Tetep sabar ya mbaaa…Berdoa Berdoa dan Berdoa supaya Tuhan kasih kekuatan mba.

  2. yuri

    yang kuat ya mba aida…
    semoga Allah segera membalas kesabaran mba dengan menghadirkan malaikat2 kecil dalam rahim mba, Amiin..

  3. Aida

    @Mbak Wenny : makasi ya supportnya
    Ada pertanyaan seperti itu mbak, kenapa saat flek pertama saya tidak disuntik penguat dan tidak disarankan opname, hanya di ulang test hcg aja, setelah flek berlanjut dan test hcg ke 3 baru saya disuruh opname.
    Jujur agak kecewa, tapi jujur juga tidak nyalahin siapa2. Ini kehendak Tuhan, semoga kedepannya dikasi bayi sehat lahir bathin.
    Oya mbak, kl boleh tau mbak wenny program dimana boleh ya minta alamat lengkapnya, atu mbak bisa email saya di arm3lia@yahoo.co.uk

    @Mbak Yuri, makasi ya mbak doanya, terus berusaha dan berdoa…saat ini saya sedang menata kembali persiapan materi dan mental saya, semoga Tuhan selalu kasi rejeki. Amin….

  4. Cay

    Hai aida… Aq terharu banget baca postingan km,aq sangat merasakan spa yg km rasaksn secara aq bt pertamapun keguguran,bgtu cek hcg hr sabtu dan hasilnya br bisa diambil seninnya,krna cek di lab diluar rs jd terpending bbrpa hari,namun hari minggu nya flek keluar,senin pagi mulai darah keluar sorenya ketemu dokter smbl bw hasil,km sdh berpikir bhwa hsilnya negatif ,namun bgtu dokter lihat hasil hcg ku 137 dokter nyataksn bhwa positif,rasanya pas mendengar itu seluruh badan lgsg lemas dan menguatkan diri didepan dr dan sdh tdk bisa tertolong lg embrionya krna darah sdh terlalu byk dan usg pun rahim sdh kosong,itu sebagian pengalaman yg bs aq share saat kegagalan bt ke 1,lalu msh ada sisa embrio (thaw cycle) gagal jg, coba lagi bt ke 2 gagal jg,mah ada sisa embrio (thaw cycle lagi)alhamdulillah yg terakhir ini berhasil dan kehamilanku 3mggu skrg,total 4x et,dr apa yg sdh terjadi aida hrs berusaha ikhlas bhw semua adal campur tangan Tuhan,ttp semangat jgn putus asa dan terus berusaha,yakin Tuhan akan menjawab sgla usaha kita pd wktunya,oya kemungkinan gagal rata2 krna embrio yg tdk menempel dirahim.

  5. firman

    Bu Aida, saya ikut sedih mendengar kisah ibu, jangan putus asa, ibu masih muda sehingga kesempatan hamil masih cukup besar, isteri saya berhasil bayi tabung umur 39 tahun

    Saya cuma ingin memberi komentar mengenai cerita ibu, saat pertama kali memutuskan mengikuti program bayi tabung apakah ibu mengetahui masalah ibu/bapak sehingga tidak dapat hamil secara normal ? Dari cerita ibu seakan akan ibu tidak tahu masalahnya sehingga pasrah saja apa yang di suruh oleh dokter, seharusnya ibu mengetahui lebih dahulu masalah ibu, kalau membaca bahwa ibu disuruh minum obat Gluchopage, sepertinya ibu menderita PCO, sama seperti isteri saya dulu

    Saran dari saya, ibu sebaiknya mengetahui dulu masalahnya, kemudian dilakukan pengobatan terlebih dahulu, baru kemudian diputuskan akan ikut program bayi tabung atau tidak

    Cerita ibu sama persis yang dialami oleh teman saya, program bayi tabung tapi tidak mengetahui masalahnya, cuma megikuti yang diperintahkan oleh dokter dan tidak mendapat penjelasan yang seharusnya dari kegagalan bayi tabung

  6. Aida

    @Mbak Cay : makasi supportnya ya, semoga di program berikutnya mbak dan suami diberikan kemudahan dan malaikat2 kecil itu hadir dengan sehat. Kalau boleh tau mbak bt nya di RS mana? Apakah ke 4x bt mbak di RS yang sama?

    @Pak Firman : makasi juga masukannya pak
    Semua hasil lab dan usg yang dari bali saya sudah serahkan ke dr. Aucky semua berupa, hasil test sperma suami, hasil hsg saya, cd rekaman operasi laparoskopi saya dan juga hasil dari 2x gagal inseminasi saya.
    Menurut dktr obgyn saya dibali, kedua tuba saya nge block/tersumbat, setelah dilaparoskopi dikatakan bahwa diujung tuba saya ada hydrosalpinx. Setelah dinusg oleh dr. Hendro dinyatakan bahwa hydrosalpinx saya sudah tidak ada.
    Saya tidak tahu apakah saya PCO atau bukan karena disetiap suntik saya tidak pernah diberitahukan apapun, saya juga punya telur cuma 5 saat opu tapi dktr tidak informasikan apa.
    Saat sunti ke 4 saya tanya ke dr. Hamdani rekanan dr. Aucky, dokter udh hari ke 4 suntik telur saya masih 4 butir, apakah saya baik2 saja dok, apa ampul saya perlu ditambah? Dr. Hamdani jawab, ibu baik2 saja, kalo ada apa2 kami pasti informasikan ke ibu. Segitu saja dan dr. Berlalu untuk menemui pasien lain yg saat itu artis Jonathan Frizzi…….(nasib saya kali ya pak bukan artis, apalagi saya gak ditemani suami, suami ada dgn saya saat opu dan et saja)
    Oya kalo boleh tau istri bapak program dimana? Dan apa saja yg biasanya ibu lakukan persiapan utk program kalau emang saya ini juga PCO, boleh sharing ya pak….
    Terima kasih sebelumnya, salam buat ibu dan baby nya

  7. ayusya

    mba aida, ikut sedih dan turut berduka cita. tapimjangan putus semangat ya, mba. masih ada frozen embryo kan? insyAllah pasti sukses ivf berikutnya amin. mungkinlain kali minta tablet progestesteron setelah ovum pick up yg dimasukkan ke vagina 3x sehari atau 3hri sblm mulai et. kalau dari cerita mba sepertinya memang terjadi kegagalan penempelan di dinding rahim. jng putus asa ya, mba. smngt..

  8. wenny

    mba saya program di penang rs Lam Wah Ee…kalo di penang memang dokternya gak banyak ngomong mba tp tangan dingin..saya akan email mba ya…yg lalu biarlah berlalu tp saran saya kl mauprogram lg segera ganti RS dan kalo bisa ada yg nemenin entah mba asisten rumah tangga dibawa, sepupu atau siapa aja karna mustahil kita swndirian slama menunggu hasil setelah ET.a bisa stress mba,,,jd saran saya cari temen ya….

    teman saya yg kmrn BT di penang ga bs ditemenin suaminya, dia bawa mba pembantunya ke penang utk ngurus dan nemenin dia 🙂

  9. Cay

    Aamiin ,makasih jg doanya mbak aida,kita sama2 slg mendoakan,klo sy sih 4x semua di BIC jakarta,sy memutuskan ditempat yg sm menginggat catatan medis sdh ada di rs itu semua,apalagi yg pertama kan sdh berhasil namun keguguran,sy hnya ganti dr saja,krn merasa yg pertama dr nya kurang cpt tanggap sewaktu sy sms beliau menanyakan perihal obat,namun stlh merasa ikhlas dgn keguguran pertama sy berpikir lg bhwa tdk adil rasanya jk menyalahkan org lain,krna mslh itu adalah kehendak Tuhan.sy sempat terpikir mau cb di siloam dgn dr aucky,namun kami ttp memutusksn di bic mgkn krna mmg jodohnya disitu kali ya.

  10. firman

    Isteri saya bayi tabung di Klinik Permata Hati Jogja, anak kami sekarang sudah berumur 10 bulan

    Ibu Aida sudah menjalani pemeriksaan awal yang baik sampai sudah laparoskopi juga, sepertinya ibu memang PCO karena telur yang dihasilkan cuma sedikit, kalau isteri saya langsung di diagnosa PCO oleh dokter setelah pemeriksaan lain2 hasilnya bagus tapi diketahui telur yang dihasilkan sedikit serta diameter telur hanya berkisar 14mm pada 2 minggu setelah haid hari pertama, dokter juga cuma memberikan obat Glucophage karena memang PCO tidak diketahui pasti penyebabnya dan obatnya, hanya disebut kelainan hormonal/bakat diabet

    Kami periksa ke dokter pertama kali tahun 2004, kemudian 2008 coba inseminasi 2 kali dan gagal, tahun 2011 laparoskopi, hasilnya rahim bagus, coba inseminasi lagi, gagal lagi, selama itu kami coba pengobatan alternatif macam2, makan otak kelinci, minum madu dll tidak ada hasilnya

    Kami diberi saran oleh seseorang untuk coba pindah kamar tidur, akhirnya kami coba pindah kamar tidur dan setelah 4 bulan pindah kamar tidur, kami putuskan ikut program bayi tabung, puji Tuhan sekali coba langsung berhasil

    Ibu bisa baca pengalaman saya di category PCO dengan judul PCO dan Geopatis

  11. Aniq

    Yg kuat ya mb jngan ptus asa..sya jga program disiloam sbya dgn dr aucky dn rekan nya..alhamdulillah anak sya skrg sdah 9 bln..sblmnya jga sya ada flek trus suami sya nlp ke rs nya siang itu jga malamnya disuruh dtg untk suntik penguat.alhmdulillah flek nya g mncul lg..iya seandainya awal ada flak disntik pnguat mngkin hsil tdk sprti ini mb..mngkin blm rejeki mb akan indah pda wktunya aminnn..

  12. sarasvaty

    Sabar y mb…ak jg program bt d siloam th 2014 jan ini mb,mulai program tgl 15 ,,pengumuman tgl 15 feb n d nyatakan gagal….wkt itu spt putus harapan mb,tp bgtu menyadari kehendak Tuhan yg terbaik,kembali sumeleh…
    Kalo boleh nyaranin mending cb d t4 lain aja mb,,ak kok krg sreg ny d siloam terkesan tetburu buru..ga ada laparoskopi atau tes dna sperma jg..kalo yg g terlalu bermasalah mgkn kebethasilany tinggi..tp kalo yg ada mslh hrsny bs d terapi dulu biar hasil max..yg ak kecewa pas ak ty penyebab kegagalan bt ku knp,,dr aucky jg bingung..soalny pas awal dy nyatain kebethasilanku lbh dr 60% n smuany baik…tp y smua mm kembali lg kehendakNYA y mb…:-)

  13. yanti

    mungkin d siloam jam krjanya sudah tinggi jd kesannya terburu2 dan menggap permasalahan tiap pasien sama rata tdk d observasi secara detail masing2 pasangan. Pdhal tiap org yg kesitu berharap tidak buru2 biar hasilnya maksimal., cz budget yg d klwrkan tdk sedikit.
    Lbh baik k lain RS yg lingkungannya lbh kondusif dan ramah,kooperatif petugas2x.

  14. Aida

    @Mbak Sarasvaty
    Benar sekali mbak, di Siloam Surabaya sekarang sudah tidak seperti yang diberitakan oleh semua org dan media. Saya yang sudah bawa semua hasil laparoskopi dan hasil HSG saya aja juga tidak di terapi dan tidak disarankan apa2. Langsung aja di jadwalkan suntik gonal F selama 8x. Saya sangat kecewa dengan kondisi di Siloam Surabaya saat ini, jujur saya suka team nya dan tidak inginmenyalahkan siapa2, tapi penanganan terhadap pasien harusnya berbeda2 sesuai permasalahan masing-masing. Bagi yang tidak punya masalah berat ya jelas berhasil, kalau seperti saya yang sudah tuba tersumbat, hydrosalpinx….tidak di terapi, tidak di HSG ulang, tidak disembuhkan hydrosalpinx saya. Jujur aja saya awalnya datang kesana juga tidak tahu apa2, setelah belakangan ini saya analisa semua proses yang saya jalani sangat menyedihkan ya…kita kan bukan BPJS kan bayar mahel juga ya bunda….

    @Mbak Yanti,
    Iya mbak, mari kita cari tempat lain yang bisa memberikan kita kenyamanan lahir dan bathin. Bukan kah keberhasilan juga di tunjang oleh kenyamanan dan ketenangan bathin. Amiin…

  15. yanti

    Mbk aida asli daerah mana?
    Iya betul pdhl qt bukan gratisan, bukan pke asuransi, bpjs or apa. Toh pasien jg kl pun tdk jd pasti menerimanya dgn legawa dan kmbali pasrah k sang pencipta cuma yg d inginkan pasien itu kn kinerjanya yg rama,care,lingkungan yg kondusif, koperatif bukannya pelit informasi ttg kndisi pasiennya. Sama2 brusaha smaksimal dan krja sama antara pasien dan tenaga medis.

  16. Aida

    Mbak Yanti, saya dari Bali mbak.
    Iya mbak, saya sama sekali tidak menyesal atas kegagalan jika emang Beliau belum mengijinkan rejeki anak untuk saya saat ini. Hanya saja faktor dari kegagalan kan banyak mbak. Dan HCG saya juga gak jelek kok saat pengumuman dan semua hasil lab sebelum program udah saya bawa dan jelaskan.
    Pelayanan yang saya rasakan seperti dikejar target, selesai USG saya juga gak ngerti apa yang ada diperut saya itu, seperti tidak ada ruang untuk saya bertanya dan dapat penjelasan.

    Sekarang hany abisa memaafkan dan berarap juga dimaafkan jika saya sempat merasa sangat kecewa.
    Semangat kembali aja yuk mbak, karena hidup terus berjalan..

  17. agustin

    @aida mbk wktu program kos dimana…?trs ikt catering makan itu cara hubunginya gmna mkasih sebelumnya

  18. silvie

    @aida coba di amerta bun.. dr hendy Hendarto sabar banget sblm program bw Hasil semua lab or ft yg sdh ada… d konsultasi kan knp gagal trus klo sreg baru program… dr nya enak d ajak ngomong… dan d amerta g rame banget antri annya spt d siloam.. dan kayanya bs lbh murah

  19. Aniq

    Saran aja ya mb yang mau program cba trapi dlu mb di ATFG8 itu bgus mb..sya sblm program ma suami ikut trapi 3x di atfg8 bru cba program alhmdulillah 1x brhasil..dan utama jngan lpa berdoa..jngan prnah ptus asa ttap berusaha semua khendak yg diatas…semngat…

  20. Aida

    @ Mbak Agustin, saya dulu kos di Jalan Jawa 1, diseberang Siloam ada ruko, nah di belakang ruko itu Jalan Jawa 1, dekat banget ke RS. Untuk catering nya saya tanya2 ama suster dikasi beberapa pilihan catering, ibu kos juga ngasi beberapa pilihan, nah kita pilih sendiri yang mana yang cocok menurut kita. Bayarnya mingguan mba, bayar di depan dulu untuk 7 hari ke depan.

    @Mbak Silvie, mbak mau refresh maind lagi, Amerta itu RS di daerah mana ya mba? mau mulai itung2an kalkulasi biaya juga sambil persiapan

    @Mbak Aniq, ATFG8 itu apa ya mba…

    Terima kasih sebelum nya all

  21. yanti

    @silvie : mbk pernah program k dr hendy kah?
    Kl blh tw gmn programnya?

    @ aida : Dr hendy hendarto bekerja di RSUD dr soetomo d gdung graha amerta surabaya mbk
    Di surabaya yg trkenal bgs dan tingkat keberhasilanx bgs d siloam (auky) dan graha amerta

  22. Aida

    @Mbak Yanti, makasi infonya ya mba, sy coba dech kontek kesana buat bahan pertimbangan. Rencana saya mau muali program lagi setelah lebaran nanti

  23. silvie

    @yanti.. sy berhasil program dg dr hendy mba.. d tanam 2 jadi twin.. namun Karena ada infeksi dan sy k jkt kecapaian jd bayi twin sy lahir premature yg satu normal yg satunya sesar… namun mereka tdk bertahan hidup lama… kisah lengkap nya d kolom saya yg “madura”.. mba le bih jelas… skrg udh 45 hari bayi twin sy yg meninggal semua

  24. silvie

    @yanti.. proses batab juga udah sy uraikan di wall sy “madura” lengkap dg biaya nya… sy ikut ivf minimal total batab 21.5jt.. obt penguat stlh positive 5jt untuk 2bln

  25. silvie

    @aida.. klinik fertilitas graha amerta lt 2 rsu dr sutomo. Jl.airlangga 1-9 surabaya.. telp 031 70906307 ato 0315501355 Pswt 2231 ato praktek ketabangkali no.47 surabaya 0315343584 rabu libur.. klo d amerta pagi klo d tmpt praktek mlm.. nama dr hendy Hendarto

  26. yanti

    @silvie : mbk kl blh tw dl sblm mbk program mengalami infeksi kah or mngalami infeksinya stlh program bayi tabung ? wktu mbk silvie program ad makanan khusus kah or masukan ap dr dokter hendy?
    Skg mbk silvie program lg kah?
    Maksih mbk
    Maaf mbk kl sya ty kmbali

  27. silvie

    @yanti= sewaktu program sy g ada saran mkn apa2 mba.. sy cuma bekal bc forum ini.. mkn Apukat dan putih telur kecambah itu pun 3 hari sblm opu kayanya… trus sblm test bhcg sy ky mau batuk gtu jd konsumsi transfer factor.. cuma modal nekat aja ikut bt krn usia udh tua menurut dr hendy baiknya sblm 35.. trus sy ikut bt atas saran dr pudjo hartono krn 2thn stlh lepas kb udh rutin kontrol program alami g dpt… Bhkn juga udh hidrotubasi.. dr Roby budilarto jg menyarankan tabung… trus sy blg m dr hendy ikut yg ivf minimal aja… Pke obt minum 5 hr.. obt suntik 3 hr..klo masalah infeksi yg menyebabkan sy ngeflek n lahir premature itu setau sy bkn dr awal kehamilan.. krn smpe usia kandungan 4 bln 1mgg sy kontrol k hendy rutin bulanan itu blg pertumbuhan bayi twin sy bagus besarnya jg sama… tiap bln bb sy naik 2.5kg dan pd saat 4 bln 2mgg lbh sy k jkt untuk belanja keb toko.. 3hr stlh dr jkt sy flek Seminggu itu sempet hmpir hbs masuk mgg k 2 tmbh parah… smpe akhirnya 2mgg 4hr itu pecah ketuban n d rawat d rs 2mgg akhirnya lahir normal dan operasi.. klo sy bc d inet.. klo infeksi mmg bs nyebabkn lahir premature..apa mgkn jg sy kecapaian ato pola mkn sy g sehat suka jajan.. mgkn itu jg yg nyebabkn infeksi bisa bnyk hal.. ato kita bersihin miss very g bersih bisa jg..dr tdk bisa memastikan sebabnya.. semua itu mungkin

  28. silvie

    @yanti.. dr hendy menyarankan sy program lgi tunggu thn dpn… klo dr pudjo sy minta pdpt g ush program dulu.. biar kan alami saja..so sy smntara g program bt lgi krn suami jg msh trauma.. jd y sementara ini ikut saran dr pudjo dulu… semoga d ksh kepercayaan lgi dpt hmil normal =) .. klo menurut dr hendy sesar cm bs 3x berarti kesempatan sy tinggal 1x tapi klo dr pudjo blg mau 4-5 x g masalah.. mgkn krn jam terbang lbh tinggi jd dr pudjo lbh berani =) klo dr hendy lbh ke bayi tabung.. dr pudjo ke kasus masalah kandungan ato penyakit kandungan

  29. yanti

    @silvie : sya dl jg program k dokter roby budilarto yg praktek d mitra klrga tandes dan buka praktek d jl kartini. Tp sya gk sreg sm dokterx cz pelit informasi jd pindah k dokter. Iya dokter pudjo juga ud pakarx kandungan d dr.sutomo sby sm halx ky prof heru

  30. silvie

    @yanti.. Prof heru?Dulu 7th lalu blm prof dan g komunikatif org nya.. Apakah yg praktek d sblhnya dr prof prayitno kerja jaya?… he he sy kapok k sana.. dulu sblm hmil 1 sy kasus mens 2bln g berhenti d heru 2mgg lbh g berhasil d suru operasi ktnya endometriosis.. tp sy kontrol k prof prayitno… bkn g perlu operasi tp jg pengobatan nya g berhasil d saya smpe akhirnya sy ke dr pudjo berhasil stop dg pil kb seharga 10rb… hehe hbs itu lgsg d program d hidrotubasi lgsg hmil bln dpn nya… trus hbs gtu kb spiral bln ke 2 stlh melahirkan.. smpe 3thn. .. trus y itu kasus ternyata sal sy infeksi shg terjadi penyempitan bnyk lendir waktu d hsg… tp dr blg g berhub dg infeksi yg wktu hamil barusan

  31. yanti

    @silvie : Waduh untuk tpatx tmpat praktekx sya gk hafal mbk, skg 1 lantai dan 1 lorong sm dr hendy yg sbelah kiri pintu pertama byk t4 dudukx itu t4x prof heru yg jd manager graha amerta mbk skg.
    Sya dl jg program k dokter amang jln bogowonto tp ndak brhasil d klinik morula itu yg cabang dr jkt dr ivan dokterx kl gagal gk mnjelaskan scra detail pnyebabx lgsg lpas tgn.

  32. silvie

    @yanty …lahir premature tgl 16/4/2014 normal di lombok 22 sesar tgl 17/4/2014 di hcos pindah d rujuk d sana krn dr anestesi nya peminter (lbh pinter dr dokter hendy nya) ditakut2in aku . suami dan Mertua d blg bisa masuk icu.. krn badanku panas wktu naik turun so rs nya harus yg lbh memadai fasilitasnya… d hcos premier sby incubator jauh lbh canggih bayi ke2 lbh tahan lama (5jaman) drpd kakaknya (1jam lbh)..hcos lbh terjamin dr anestesi sabar baik jd aku masuk ruang operasi g kuatir.. yg dr kandungan ttp dr hendy(dr tabung jadinya dia) klo d lombok 22 dr hendy itu direksine kayae… Pokoe jkt n udh tinggi

  33. silvie

    @yanti dokter tamu mksdnya… dr d rawat rs lahir normal lahir sesar smua d handel dr hendy.. dr pudjo sy pake buat 2nd opini sblm me lakukan tindakan melahirkan.. dan perawatan stlh melahirkan sesar krn bdn ku panas lgi.. tp g masuk icu.. kt pujo infeksi luka luar nya jd tiap hari pp sby mdr ganti perban d pudjo.. baru bner2 sehat 3mgg lalu dan boleh mandi(boleh kena air lukanya) .. ntar tgl 12/6 aku kontrol lg k pudjo d liat lukanya lgi… krn beliau tempo hr umroh jd yg handel aku terakhir anaknya dr pungki

  34. lita

    coba di prof, Dr. Erry Gumilar dachalan Spog (K) (bingung nulisnya),, wktu periksa barengan sama pasien yg 9 tahun gag punya anak dan gag pernah hami, kupikir insem atau batab,, ternyata dia cuma kontrol2 aja ke prof erry. dulu pernah di aucky,, tanpa ba bi bu di suruh insem atau batab, krn biaya dia memilih untuk mencari dokter lainnya,, ketemulah dgn prof dr erry… subhanallah,,, luar biasa kehamilan 6w wktu itu saya mendengarkan krn kita seruangan,, prof erry tanggap dan care sekali,,, april 2014 dia mulai kontrol ke prof,, dan kmren tgl 4 juni 2014 dia hamil 6w,, subhanallah,, 9 tahun di tunggu2,,, prof ada di mitra, di graha amerta, dima lagi ya,, lupa,, cuma aku datang di prakteknya di manukan tama 41, tlp dulu untuk janjian,, krn antri,,, kebetulan beberapa orang yg saya kenal juga ke beliau,,, ada teman ibu yg 6 tahun gag hamil, 4 tahun gag hamil, alhamdulillah hamil,, dr,nya enak,, saya sendiri masih memulai promil,, usia 7 bulan pernikhan belum di karuniain,,,mohon doanya,, makasih

  35. Chrissy

    Halo mbak Aida, ikut sedih baca cerita mbak. Saya Januari ikut program di Siloam dan gagal. Masalah saya tuba kiri hydrosalping. Waktu itu saya sempat tanya Aucky bgmn program dgn keadaan tuba kiri hydrosalping & Aucky mengatakan tdk apa2. Singkat cerita akhirnya sy ikut program & gagal. Waktu evaluasi knp bisa gagal, saya melihat dicatatan dokter bahwa slh satu penyebab kegagalan adalah adanya hydrosalping. Rasanya gemeeesss, knp waktu saya ngotot tanya dokter menjwb hydro tdk menjadi mslh??? Well, tp memang semuanya sdh menjd kehendak Tuhan ya. Saran saya pastikan dulu klo hydrosalping mbak memang sdh tdk ada, krn cairan racun nya bisa membuat embrio tdk mau menempel & walaupun mau menempel bisa menyebabkan keguguran yg seperti mbak alami. Semgg yg lalu saya baru melakukan laparaskopi & tuba hydrosalping akhirnya dipotong. Tetep semangat ya mbak, saya pun akan mencoba program 2 ato 3 bln lagi. Saling mendoakan semua bisa segera jd mommy ya 🙂

  36. Danil

    Saya dan istri sdh pernah 2x program BT di siloam Dr aucky. Yg pertama persis spt ibu aida. Istri saya positif hamil, namun 1 minggu kemudian, keluar flek dan singkatnya ke 3 janin gugur. Yg kedua , kami gagal total.
    Tahun ini awal 2014, saya dan istri mencoba BT di kuala lumpur dengan tekad ini yg terakhir(krn saya kasihan liat istri “menderita” sakit saat opu, apalagi saat hasilnya gagal. Tapi syukur, kali ini berhasil. Istri saya sdh hamil 2 bayi(kembar).uk masuk 20minggu.

    Disini saya mau berbagi sedikit pengalaman saya. Istri mengalami penyumbatan di kedua tuba falopinya. Saat pertama dan kedua BT , kami tdk tau bhw ada hydrosalpinx. Atas anjuran dokter malaysia, kami test hsg di indonesia( rs siloam) dan hasil hsgnya, kami konsultasi dengan salah satu dokter spog di rs siloam juga. Dr dokter inilah kami baru tau, selagi ada hydrosalpinx, BT akan sulit berhasil.dokter ini menekan sekali utk selesaikan dulu masalah hydrosalpink . Biasanya kalo kedua tuba tersumbat, kemungkinan besar ada hydrosalpink.dia juga mengatakan bhw dokter Aucky itu sebenarnya ahli andrologi khusus pria.dan dr aucky baca peluang sehingga dia belajar lagi BT. Tp bukan ahli kandungan.makanya dr aucky kerjasama dengan dr hamdani dan hendro.
    Saat itulah saya tau penyebab gagalnya BT 1 dan 2.
    Saya tdk bermaksud menjelekan siapapun.hanya kami merasa BT disiloam itu sangat standart. Kami tdk diperiksa sedetildetilnya. Pokok standart BT yaitu suntik dan vitamin penguat kandungan dan penyubur sperma. Tdk dicek rahim dll. Pokoknya yg dtg rata2 ya begitu penangannya; padahal setiap ibu/wanita mempunyai kasus yg berbeda yg perlu ditangani secara beda pula.

    Akhirnya kami mendapat rekomendasi dari teman dan juga kami googling di internet, kami memilih RS Tropicana Medical Center di KL.
    Yg saya rasakan, memang sangat berbeda penanganan dokter dan tim dari rs siloam dan rs di KL. Setelah BT selesai dan kami pulang ke indonesiapun,mereka msh menerima komunikasi dari kita.
    Jika ada yg butuh info ttg RS TMC kuala lumpur , bisa email ke saya, saya senang berbagi.
    nil.satrya76@gmail.com
    nil_graha@yahoo.co.id

  37. agustin

    @danil
    salam kenal pak…pak wktu hsg kmrin istri juga di rs siloam surabaya?????dg spog siapa ya pak????soalnya sya ada rencana juga mau hsg..trimakasih

  38. Danil

    Kami ke dr ernawati widodo utk konsultasi dan meminta surat pengantar utk HSG. Dlab HSG ditangani oleh dokter lain(saya lupa namanya).
    Memang sebaiknya sebelum BT ,sebaiknya cek dulu rahim dan persiapkan sebaik mungkin krn rahim itu adalah rumah bagi calon bayi / janin.

  39. agustin

    @danil
    berarti setelah hsg lalu istri bpk melanjutkan penfobatan hidrosalping itu di dokter ernawati itu atau dkter yang lain????

  40. Danil

    @agustin: untuk masalah hydrosalpinx, kami direkomendasi oleh dr ernawati ke dr hendy (jalan arah dari jl pemuda ke surabaya plaza). Tp kata dr hendy tdk apa (ada hydrosalpinx). Dsn menganjurkan kami utk BT dgn dia. Saya lapor via sms ke dr ernawati. Dr erna heran/kaget, kok dr hendy bilang tdk apa. Dr erna tekankan dgn tegas selama ada hydrosalinx peluang keberhasilan BT ssngat kecil.Maka dari itu kami melakukan pengobatan hydrosalpinx dan BT langsung di Kuala Lumpur dgn dokter yg sama yaitu Dr Surinder Singh.

    Inti yg dilakukan dokter tsb menyelesaikan masalab hydrosalpinx (penjelasan dokter tsb):

    1. Jika ditemukan kedua tuba falopi tsb bengkak krn menumpuknya cairan hydrosalpinx; maka kedua tuba fslooi tsb akan dipotong/dibuang melalui operasi laparaskopi.
    2. Jika kedua tuba falopi baik saja; maka hanya membersihkan cairan hydrosalpinx DAN menutup total saluran tuba falopi SUPAYA cairan hydrosalpinx tdk masuk ke dlm rahim melalui operasi laparaskopi juga.

    Dokter melakukan yg nomor 2 thd istri saya.

    Selama saya mencar info2 diinternet, di indonesia juga ada dokter yg “JAGO” Laparaskopi spt dr suhartono (rs hcos), dr suryo bawono di pekan baru.

    Semoga info ini bermanfaat.

  41. agustin

    makasih ya pak atas infonya…mmg terkadang dr di indo bnyk yg komersil tnpa menimbang kondisi pasien…

  42. Danil

    Ya..sama2.semoga berhasil.

    Bersabar dan banyak berdoa. Saya menunggu selama 12 thn.
    ^_^.

  43. Aida

    Dear Mbak Chrissy,
    Mohon maaf saya lama sekali baru buka web ini krn skrg saya udah kembali ngantor.
    Iya mbak, saya setuju sekali semua sudah kehendal Tuhan, hanya saja yang saya sangat sayangkan saya sudah bawa satu amplop besar hasil medical yang pernah saya alami di Bali kehadapan Dr. Aucky dan 2 amplop besar hasil HSG yang saya sudah lakukan 2x di Bali. Kenapa semua hasil tersebut di ignore saja dan saya langsung di suruh short protocol. Paginya konsul malamnya saya sudah mulai suntik Gonal F. Ini saja yg saya sesalkan mba…saya juga org gak punya mbak, untuk mengumpulkan uang sekain banyak saya susah payah dan juga mengorbankan hal-hal lain. Kesannya seperti nyesal?? enggak sama sekali mbak, yang saya sayangkan hanya penanganan terhadap saya yang membawa penuh pengharapan

    Dear Pak Danil,
    Terima kasih banget atas infonya ya pak, saya pikir juga begitu, standard sekali pelayanan di siloam surabaya dan kesan nya terburu2 dan juga saat mood dokter SPog nya gak baik mereka judes bicaranya pak. Saya sakit hati ama dokter Hendro Spog saat saya berusaha bertanya pertanyaan belum selesai saya ucapkan dia sudah bilang iya…lalu saat USG yang kedua saya bertanya juga, dokter…dulu hasil HSG saya di bali saya dinyatakan hydrosalpinx tetap saat konsul ama dr. aucky katanya gak apa2, gimana menurut dokter…dktr Hendro jawab dengan singkat, ya ikuti aja apak kata dr. aucky la wong ibu udah disini….God bless u dokter, semoga sejahtera selalu

    Pak Danil, saya akan email bapak untuk detailnya yang di KL ya pak, mohon dibantu
    Sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih

    Tetap semangat
    Aida

  44. venni

    Dear Mba’ Aida dan rekan2 yg lain,

    Saya ikut terharu baca pengalaman Mba’ Aida.
    Saya menikah hampir 8 th. Pernah sekali ke Dr. Aucky, tp hanya tes untuk suami yg ternyata azoospermia. Dan satu2nya alternatif agar bisa memiliki keturunan hanya bayi tabung. Pada saat itu kami masih belum punya persiapan materi apapun. Jadi mencoba alternatif lain. Dan sampai saat ini masih belum ada yg berhasil. Sekarang ada sedikit tabungan ingin mencoba. Dgn membaca tulisan Mba’ saya jadi ragu2 kembali.
    Karena betul kata Pak Danil seharusnya ada tes yg bener maximal sebelumnya.
    Semoga kita semua diberi kesabaran yg lebih.

  45. Danil

    @dear mba venny:

    Teman saya juga mempunyai masalah azoospermia. Dia sdh konsultasi dengan dokter malaysia di KL dan Melaka.
    Kata dokter, jangan buru2 BT dulu. Krn BT biaya cukup besar. Yg penting ,terlebih ubah dulu pola hidup. Dari makan/minum dan olahraga. Kurangi makanan berkolestrol/lemak jahat. Utamakan makan yg mengandung protein,zat besi dan kalsium.
    Menurut saya, sekarang ini byk produk herbal2 yg bagus. Kalo bisa, usahakan coba detoks dulu. Artinya ikut 100% aturan pake paket herbal.
    Setahu saya herbal yg bagus: Milelia…. krn saya pernah coba. Mungkin juga ada yg lain yg juga bagus.

    Semoga bermanfaat.

  46. windy

    Salam kenal semuanya.. nama saya ibu windi. Saya dari papua, rencana di bulan agustus akan ke surabaya utk ikut program bayi tabung. mohon bantuanya apakah ada yang tau kira2 biaya program di rs siloam? dan apakah ada yang mengetahui rumah singgah atau hotel disekitar rs siloam? mohon maaf karena saya belum pernah ke rs siloam. oh ya saya juga terima kasih atas info dan pengalaman2 yang di share disini.

  47. love

    sy ingin berbagi pngalaman dengan metoda bayi tabung.Karena ada sumbatan di indung telur,kami memutuskan untuk melakukan program ini,walaupun kami baru menikah 1tahun,karena kami pertimbangkan ketika problem sdh diketahui,solusi yang paling memungkinkan kami ambil.Kami ikut program di Yasmin dengan dokter Budi Wiweko,setelah melalui test macam2,hingga OPU dan Et.Puji Tuhan sy dinyatakan hamil dengan usia kandungan sekarang 3bln.

  48. Aida

    @ibu windy
    biaya batab di RS silaom surabaya tergantung dari kondisi kesehatan ibu dan suami. yang bisa diinformasikan hanya biata ET dan OPU saja yang tetap, yaitu sekitar 25jt an (kalau tidak salah, krn semua rincian thrown away) agak kesal ama RS ini soalnya
    kalau hotel atau kos, apartment banyak bu windy…disebelah kiri RS disebelah kantor jamsostek ada hotel demira namanya, tarif per malam 275rb yang standard. kalau daftar kos-kos an nanti ibu windy tanya aja ama pegawai di klinik Dr. Aucky mereka nanti kasi selembar kertas dgn alamat2 kos an itu. Ibu naik becak aja keliling cari kos2an rata2 tukang becak yang ada di depan RS hafal dgn rumah kos atau apartment dekat2 RS

    semoga membantu ya info nya

    Tetap semangat
    Aida

  49. arrie_widhayani@yahoo.co.id

    Selamat malam saya awalnya tidak mengerti tentang bayi tabung dll…mohon bantuannya tadi malam setelah saya mendapatkan hasil bahwa ternyata permasalahan ada disaya menurut dokter ada penyumbatan disebelah kiri dan kanan,namun setelah dicek indung telur bermasalah disebelah kiri,sementara sebelah kanan baik baik saja,dan katanya ada cairan beracun disaluran itu harus dipotong,jujur kaki terasa tak beranjak bumi,saking dropnya saya hampir pingsan…saya dianjurkan ke rs siloam surabaya, apakah mb /mas bisa bantu saya apa kira2 yang harus dilakukan, terima kasih

  50. Danil

    Saya anjurkan sebelum melakukan BT,lebih baik lakukan pengecekan rahim dulu.harus benar2 sehat. Dimana mana proaes bayi tabung hampir sama,hanya bedanya bgmana penanganan dokter tsb disebelum(persiapan rahim) proses OPU dan ET serta pasca ET. Banyak ibu2 yang berhasil BT krn “mungkin” rahimnya tdk terlalu bermasalah. Jadi tanpa penanganan khusus,proses BT bisa berhasil.
    Dalam kasus kami,istri saya mengalami penyumbatan dikedua tuba.kalo hanya penyumbatan,dengan BT,kemungkinan bisa berhasil.Namun setelah 2x BT di siloam,ternyata gagal. Lalu kami ke penang. Dokter penang suruh HSG.kami kembali ke sby lakukan HSG di siloam,ternyata,didalam penyumbatan tsb ada cairan yg disebut hydrosalpink. Caira ini tdk berbahaya buay ibu ,namun berbahaya bagi embrio(bisa dicari info di google).
    Karena itu kami putuskan melakukan BT di Kuala Lumpur.Disana,masalah hydrosalpinx ini yg ditangani dulu.setelah itu kami lakukan proses BT. Dan Syukur berhasil. Kini anak kembar kami sdh lahir dan berusia hampir 2 bulan.
    Masing masing dokter ada tingkat keberhasilan krn setiap ibu berbeda kasusnya.maka spt td saya usulkan supaya ibu2 cek dulu rahimnya sebaik2nya.
    Selain itu juga,harus ada pola makan yg sehat. Kami sebelum BT yg berhasil ini,kami sering makan buah spt buah naga,kiwi dll.Kurangi makan diluar/jajan.
    Semoga keterangan ini bermanfaat.thx

  51. yanti

    Mlm semuanya perknlkn sy yanti dr medan. Sy sdh merit msk 6thn. Rencana sy akn ikut bt di rs lam hua penang dgn Dr eng peng hua. Mslh sy adanya penyumpatan dislh satu tuba. Ada kecemasan dan ketakutan luar biasa. Sblm memtskn ikut bt ini sy sdh srg konsultasi dgn dokter2 kandungan. Pernah di anjurkan insem oleh Dr rs island dipenang tp stlh sy tny brp persen tgkt kebrhsln Dr blg 10-15%saja. Sy dan suami memtskn bt saja. Ditny siap atau tdk pst tdk prnh ada kt SIAP. Tp gmn pun hrs dilalui kan? Mhn dukungan dan doa tmn2 y. Oh y kalau blh sy minta no hp bpk Danil blh? Stlh bc penglman bpk sy jd tertarik dgn Rs KL tsb. Mmg sy ada penglman krg enk dgn service Dr Eng peng hua. Trm ksh.

  52. asti

    Hai aida.. saya baru baca kisahnya.. semoga sudah move on dan sudah berhasil dengan program BT nya lagi ya.
    Saya mau share saja, sama dengan istri pak Danil, saya juga berhasil BT di Tropicana Medical Center KL. Putri saya sudah berumur 14bln sekarang. Pengalaman BT tersebut adalah yg pertama dan Alhamdulilah langsung berhasil walau hanya dengan single embrio yang di transfer.
    Saya memang tidak ada masalah yg cukup berat, rahim bagus, dan tidak ada penyumbatan. Beberapa dokter ada yg bilang saya PCO, tp ada juga yg bilang telur saya bagus tidak ada kasus PCO. Suami saya juga normal jumlah sperma dan kualitasnya. Cuma saya dulu pernah di diagnosis ASA tinggi. ASA adalah antisperm antibody, jd saya alergi dgn sperma suami.
    Kembali ke program BT saya, saya kala itu di handle oleh dr Surinder. Memang dari program yg saya jalani terlihat professional sekali tenaga medis dan fasilitasnya. Sehingga saya merasa nyaman. Dan satu lagi, bedrest total mgkn jadi salah satu kunci keberhasilannya. Setelah saya ET, saya ttp stay di KL dan tidak banyak gerak. Saya sewa apartment sebulan. Saya baru kembali ke tanah air setelah sy mendpat rapor hasil BT saya yg positif. Dan yang terakhir, banyak berdoa dan pasrah terhadap Yang Kuasa.
    Semoga pengalaman saya tersebut membuat Aida menjadi lebih bersemangat lagi utk program BT berikutnya.
    Ohya saya juga berniat untuk ikut program lagi, tp mgkn nanti setelah anak saya berumur 2 thn selepas dia menyusui. Semoga masih diberikan kemudahan seperti program yang pertama.

  53. Moseano

    Halo Pak Danil & Bu Asti,

    Saya mau tanya, perkiraan biaya untuk BT di RS. TMC berapa yaa?

    Thanks sebelumnya yaa…

  54. didit

    halo ibu aida, saya dapat merasakan apa yg ibu aida rasakan.saya dari palembang kebetulan saya dan istri sdh menikah 4,5 tahun dan pernah mencoba BT pada bulan februari 2014 kemarin. atas rekomendasi ortu kami mencoba RSIA harapan kita jakarta tepatnya klinik melati lantai 2 RS tsb. sedikit berbagi cerita pelayanan dsana cukup nyaman dan dkternya informatif sekali. kebetulan saya yg bermasalah dgn sperm. saya pendrita azoospremia, krn sdh tau permasalahan tp RS tetap menjalankan prosedur check up. saya kebagian yg pertama di check lab mulai tes darah sampai sperm. setelah hasilnya smua kluar saya msh azoosperm. kmudian dkter menyarankan utk dilakukan tindakan operasi MESA/TESA atau membuka jaringan sperm saya. stelah dlakukan operasi ternyata hasil tetap NOL sperm. dengan hasil tsb kami tidak melanjutkan BT. dan disarankan dokter untuk mencoba lg tahun depan.
    kalau saya boleh saran mgkin ibu ingin mencoba RSIA Harkit.
    sekian dari saya dan terus berdoa, berdoa, berdoa dan berdoa…

  55. Henny Lyana

    Halo bu aida. Saya ikut bersimpati dengan apa yang ibu alami. Harapan saya kiranya aida sudah berhasil dengan program selanjutnya ya.
    Saya juga mengikuti program BT di Siloam Tahun 2012. Saat itu sel telur saya cuma ada 2, tp tetap diteruskan sampai ET. Puji Tuhan saya dinyatakan positif dan saat ini bayi kembar kami sudah berusia 25 bulan.
    Pengalaman saya di siloam memang dokternya kurang informatif. saya justru mendapatkan penjelasan yang agak sedikit lumayan dari dr. Hamdani. Mungkin karena pasiennya banyak ya, jadi maunya cepat2 aja.

  56. Yulia

    Hallo mb aida, kita punya banyak kesamaan. Saya mencoba BT start awal Jan lalu di Siloam Surabaya, dan hasilnya gagal. Kondisi saya kedua saluran telur non patent dan hidrosalpinx. Awal bertemu dr aucky, saya sdh menunjukkan hasil HSG di bali dengan kedua permasalahan tadi. Tapi dr aucky mengatakan itu tidak masalah, karena dari hasil USG saya tidak ada cairan. Saya tanyakan apa tidak diperlukan laparoskopi seperti yg disarankan dr di bali, dr aucky mengatakan tidak perlu. Herannya waktu itu saya dan suami manut dan percaya aja, seperti dapat suntikan harapan karena sebelumnya kami ragu dgn proses panjang BT apalagi harus laparoskopi dulu. Dan ternyata hasilnya tidak sesuai harapan, dari 4 embrio yg ditanam tdk satupun yg berkembang. Hasil tes negatif, hcg dibawah 2. Sedih dan kecewa sekali, karena harapannya sangat besar apalagi dari awal proses lancar2 aja dan sayapun sudah pernah hamil, anak pertama sy sdh berumur 8thn. Maaf ya kak, mama ga jadi kasih adik.. :(. Sekarang yg jd penyesalan justru si hidrosalpinx, kenapa ya dr aucky menganggap hidrosalpinx bukan masalah? Sekarang ini saya belum ada rencana BT lagi, belum siap mental menghadapi kemungkinan gagal lagi.. 🙁

  57. dila

    Hallo mbak aida,, sy baru bc kisahnya,,, smg sudah bs program lagi dan berhasil ya,, sy skrg jg lg berusaha untuk mendapatkan momongan,, tp blm berencana untuk bayi tabung. Mungkin ada temen2 yang mau berbagi dg sy, untuk dokter androlog y bgs dan nyaman sekitar sby dan sidoarjo karena suami saya mempunyai case pd spermanya y kurang berkualitas dan banyak kelainan (misal ekor, kepala dan kurang aktif ). Dan sblmnya saya sdh berkonsultasi ke dr kandungan, y mengatakan tdk ada mslh dg saya, melainkan suami hrs ke dr. Androlog ( diberi rujukan ke dr. Aucky ). Sblmnya saya sngt antusias, dan saya browsing,,, tapi stlh bc dr bbrp artikel dan tulisan sy jd ragu. Mohon tmn2 mau berbagi info dg saya untuk dokter androlog, mksh semua

    .

  58. Meita

    Halo mbk Dila,

    Saya salah satu pasien Dr Aucky di sby, sy sdh melalui proses test2 ut persiapan IVF/BT. Sampai pada hari terakhir sy control sy diberikan surat pengantar tertutup dlm amplop yang isi nya tgl sy hrs kembali utk proses OPU. Sepulang dr RS, saya yg dari awal mmg berharap dpt hamil dgn normal mulai bimbang, suami jg ada mslah dg kualitas & kuantitas sperma.Saya mulai mencari2 info ttg alternatif medis lain selain BT dgn mencocokan kondisi suami dgn artikel2 yg ada di website. Kira2 2 bln kami memutuskan utk operasi varikokel,krn indikasi suami ke arah sn, dan info ttg varikokel ini tdk kami dptkn smasekali di Siloam (Dr Aucky &team)
    3 bln setelah operasi tepatnya April ini sy terlambat haid, dan Puji Tuhan saya dinyatakan positif hamil. Kami sungguh bersyukur dan berdoa utk smua tmn2 yang menantikan kehadiran buah hati nya. Tetap semangat mbak Dila, terus berdoa berusaha pst ada jalan utk kita smua.

  59. okta

    Halo mbk aida.. saya baru baca kisah mbk. Kebetulan saya baru cek kedokter, suami saya menderita azoospermia.. kami disarankan dokter untuk program bayi tabung di surabaya.. boleh minta masukan teman2 yang sudah pernah menjalankan bt dg masalah yg sama? Rumah sakit dan dokter mana yg baik? Kalau ada info untuk biaya bayi tabung. Untuk kami persiapan program bt. Terima kasih
    Email saya. Vianurokta@gmail.com

  60. Lulu

    Mb Aida gmn kabar?sdh berhasil hamil?

    Salam kenal mb okta..
    Mba tinggal di daerah sby ya?
    Saya ada teman berhasil BT di jogja. RS Sardjito klinik infertilitas Permata Hati. Saya dulu jg berhasil disana. Tetapi alami setelah masalah saya diperbaiki. Disana rata2 tdk langsung BT atau insem. Tapi permasalah yg ada di pasien dicari dulu dan diselesaikan. Sehingga tdk buru2 untuk BT. Kasus BT biasanya ditangani ketika pasien sdh tdk punya kedua tuba dan jalan2 satu2nya hanya bs dgn BT. Siapa tahu mb okta tertarik..

  61. Diana

    Slmt malam,
    Maaf sy bisa minta kontak Bp. Danil? Sy kebetulan sdh IVF 2x di alpha KL gagal, sy ingin bertanya tentang TMC. berapa biayanya dll.

    Terima kasih
    Diana

  62. dewi

    Sangat disayangkn rs yg kurg tanggap sprti kasus mb aida..yang kuat ya mba.. Ada temen2 yg bsa infokn untk kasus ASA antibody antisperma apa bsa dengan bayi tabung? Takutnya embrio ditolak oleh tubuh.. Ada kah moms yg berhasil dgn bayi tabung? Kira2 dimna ya dan berapa biayanya..

  63. voni

    klo sya berhasil nya ke prof samsul hadi spog.k.g sampek progrm bayi tabung.tahap awal..udh alhamdulillah berhasil..kasus sya pcos..prof samsul hadi enak bgt klo konsul itu di jelasin se detail2 nya..pokok nya seperti curhat ke org tua sendiri.org nya tegas.hampir smua temen yg program alhamdulillah berhasil..alhamdulillah

  64. Ami

    Hai mba Aida bagaimana kabarnya sekarang? Juga kawan2 yang lain semoga selalu sehat….
    Saya menemukan ini ketika mencari2 informasi BT di Sby, semoga kawan2 ini ada yang punya pengalaman seperti saya dan bersedia membagi informasi…
    Saya menikah hampir 4 tahun, dari hasil permeriksaan saya (cm usg & transvagina) normal tp suami oligozoo. Menurut pengalaman kawan2 rangakaian perawatan aja sebaiknya yg kami jalani dan ke dokter mana sebaiknya kami program? Terimakasih

  65. Ida

    Haii mba yg kuat yak, kita sama2 berusaha dan saling menguatkan yak. Aku ida sudah 2 kali gagal inseminasi, dan baru ketauan
    Suami aku terdiagnosis sperma teratozoospermia setalah ganti dokter, apakah bisa hamil alami dengab kondisi teratozoospermia? Dan kalo bayi tabung dimana yg bagus? Aku rencana mau ke dr. Aucky konsul besok ke surabaya tapi jadi ragu dengan cerita teman2, tlg masukannya…. Trus hotel yg deket rs siloam apa aja?

  66. zara

    Pak sumantri

    Prof samsul hadi praktek di rs graha amerta surabaya, sya pernah baca .. coba di buka kembali di pengalaman widy ..semoga informasi ini membantu

  67. Ria

    hayy mbak aida & para Mom. turun prihatin atas apa yang dialami. memang uang bkn masalah klo hasil yg diingin kan sesuai ya. tp klo spt saya mgkin jd pikir2 1.000x soalnya uang yg mw dibuat batab aja masih nyari. saya mulai program diusia pernikahan 1 thn di RSI jemur sari dgn dr Dewi arofah 3 bln ngak ada hasil trs pindah ke Dr Nanang sidoarjo. dr nya enak diajak shariing beda sama dr Dewi & alhamdulillah 2 dr itu bilang kandungan saya bagus . tp dr Nanang nyaranin suami tes sperma juga, alhasil diketahui Azoospermia (nol sperma) hormon & tes darahnya normal. kemudian disarankan ke ANdrolog.kemungkinan penyumbatan .kemarin tgl 24 maret 2016 saya ke siloam bawa hasil tes andrologi dr RS mitra keluarga waru. dan dr Aunky lgs nyaranin untuk Bayi tabung ,saya tanya apakah gk dicari tau penyebabnya . tp dr aunky blng gk usah asal istrinya baik2 saja. ada yg sdh berhasil dgn kondisi suami Azoospermia.??

  68. Ayumi

    Sabar dan harus tetap kuat bunda aida,jangan menyerah.Tuhan pasti memberikan yang terbaik buat kita semua.salam kenal bunda aida dan bunda-bunda lain nya.saya tinggal di surabaya,saya ada rencana untuk progam bayi tabung alasan nya karna sperma suami susah keluar.mohon info nya bunda untuk dokter spesialis bayi tabung di surabaya yg dokter nya enak penyampaiyan,ramah,dan pintar. Dan kira – kira butuh biyaya berapa ya bun untuk progam bayi tabung.Terimakasih

  69. sasha

    wah pdahal rs siloam termasuk rs terbaik menurut sya.. sya selama hamil cek di rs. Siloam sriwijaya palembang, bagus banget kok pelayanannya, dokternya detail klo kasih penjelasan. sesuai harga buk. termasuk mahal ya. obat yg diberikan juga bagus.

Comments are closed.