Pengalaman bayi tabung di Penang – Gege

Salam kenal, nama saya Ge (29 tahun) dan suami saya Ed (32 tahun), kami menikah 2 tahun lalu di bulan Februari, mungkin masih terlalu dini jika di lihat dari usia pernikahan. Kami memutuskan untuk mengikuti program  bayi tabung dengan pertimbangan jika usia kami semakin bertambah maka keberhasilan dari program ini juga semakin sensitive dan masa kesuburan kami yang rentan.

Kami tinggal di Medan, karena pertimbangan jarak dan biaya kami memutuskan untuk melaksanakan nya di Penang di Lam Wah Ee Hospital dengan dr. Ng Peng Wah (saya yakin teman teman sudah sering mendengar nama ini). Awal nya saya berkomunikasi lewat email dengan Ms. Low (lowbk@hlwe.com) yang adalah Kepala Perawat sekaligus konselor untuk program bayi tabung tentang kondisi kami dan biaya yaitu sekitar Ringgit 10.000 – 11.000).

Silahkan teman teman membaca uraian pengalaman kami:

14/07/10 Pemeriksaan awal untuk saya meliputi Pap smear juga 119
Dokter melihat secara umum tidak ada permasalahan dengan kondisi saya.

15/07/10 Analisa semen (sperm) untuk suami saya 80
Hasil analisa menyebutkan : after configuration at 1800 rpm 10’ only one normal motile spermatozoon with preg 2 seen on the entire slide. Very severe OATS.

Dari dua hari pemeriksaan dr. Ng menganjurkan kami mengikuti program bayi tabung karena jauh lebih efektif dari inseminasi untuk kondisi kami. Langkah selanjutnya adalah melaksanakan cek darah pada hari ke 2 atau ke 3 haid di Medan.

16/07/10 – 05/08/10 di Medan

06/08/10 Cek darah (LH, FSH, Prolaktin dan Esradiol) di Pramita Rp.700 ribuan
Medan
Hasil nya di kirim lewat email ke Ms. Low dan balasan nya di minta datang tanggal 25/08/10

07/08/10 – 24/08/10 Masih di Medan

25/08/10 Pemeriksaan dan obat 491
Follow up dan diberikan 2 botol Suprefact injenction 5 ml. Injeksi dimulai keesokan hari nya dengan dosis 40 ml setiap kira kira 1 atau 2 jam sebelum tidur malam. Ms. Low atau perawat yang lain akan mengajari cara nya. Tidak begitu sulit kok, jangan khawatir. Setelah pemeriksaan bisa balik ke Medan keesokan harinya. Saya diminta untuk menghubungi Ms. Low (lewat email) jika saya datang bulan. Saya datang bulan tanggal 08/09/10 dan diminta datang kembali tanggal 13/09/10. Selama waktu tersebut injeksi tetap dilsayakan dengan rutin.

26/08/10 – 12/09/10 Ada di Medan

13/09/10 Pemeriksaan, cek darah dan obat 1.169
Pada pemeriksaan kali ini saya di minta untuk tes darah yaitu antenatal, FBC dan auto D/C (saya gak ngerti ini apa, hanya mencontek dari laporan hasil. Secara umum hasil saya tidak ada masalah. Injeksi berikut nya yang di berikan adalah gonal f pen. Suprefact (kalau tidak salah injeksi nya di turunkan menjadi 15 ml) juga di inject bersamaan dengan gonal, jadi jangan lupa untuk membawa kembali obat injeksi nya setiap ketemuan dengan dr. Ng. Dari penjelasan Ms. Low, saya menjalani proses long protocol. Saya memutuskan tidak balik ke Medan karena paling sedikit dalam waktu 3 sampai 5 hari akan ketemuan lagi dengan dr. Ng. Sungguh membosankan sendirian di negri orang, karena suami saya bisa datang waktu ovum pick up untuk proses icsi nya (pemisahan sperma, kalo ga salah)
14-17/09/10 Room alone di Mewah Court

18/09/10 Pemeriksaan dan obat 555.50
Dokter nya marah dan bete ke saya (mungkin juga sama perawat nya, karena mereka pake bahasa hokkien dan saya gak ngerti) karena saya salah suntik dosis gonal f. sehingga perkembangan sel telur nya tidak maksimal. Perawat nya agak buru-buru ngejelasin nya. Akhir nya saya di minta untuk injeksi nya di RS bagian accident and emergency. Suprefact dan Gonal f nya saya titip di bagian ini, sehingga setiap nyuntik ga perlu bawa obat nya. Jadilah tiap jam 19.30 saya hadir di RS untuk injeksi.

22/09/10 Pemeriksaan dan obat 550.80
Masih meneruskan penyuntikan gonal f di departemen accident and emergency

25/09/10 Pemeriksaan dan obat 683.10
Supre fact dan gonal masih di teruskan penggunaan nya sampai tanggal 26/09/10. Diberikan tambahan obat yaitu ovidrel (injeksi) dan obat makan bisacodyl dan cedax.
Ovidrel di suntikkan tanggal 27/09/10 tepat jam 21.30. Saya masih menyuntikkan nya di bagian emergency. Direncanakan saya akan melaksanakan OPU tanggal 29/09/10 maka saya di beri selembar kertas berisi instruksi, berikut isi nya:

INSTRUCTION FOR PATIENTS BEFORE IVF PROCEDURE

  1. You are given 2 tablets of antibiotics (Cedax) and 2 tablets of laxative (Dulcolax).
  2. You are advised to take the 2 tablets of laxative orally just before you go to bed on the night before your admission to hospital. The laxative will help you to empty your bowels in the morning.
  3. You are advise not to eat or drink from 12 midnight
  4. When you wake up in the morning, you have to take 1 tablet of antibiotic with a little bit of plain water
  5. You should arrive at the hospital at 8 am for admission.
  6. After the IVF procedure (usually in the morning), you are allowed normal diet
  7. if you recover well, you can be discharged from hospital on the same evening
  8. The next morning after discharge, you are required to take the second tablet of antibiotic.

Pada hari ini saya seneng karena suami tercinta tiba di Penang, walaupun agak siangan sehingga tidak bisa nemenin pemeriksaan. Terbayar juga kesendirian saya di Penang selama 12 hari.

29/09/10 Ovum Pick Up 4.510.55
Pada hari ini saya OPU (15 telur), suami saya juga ICSI, sebaik nya sperma di ambil di RS saja karena IVF clinic di lantai 3 baru buka jam 08.30. Kalo sperma di ambil di apartemen kelamaan untuk si sperma, sperma paling tidak bisa bertahan 1 jam saja.
Hari ini juga suami balik ke Medan, tapi mami sudah di Penang nemenin saya. OPU proses nya tidak lama, sekitar jam 3 atau jam 4 sore saya sudah di izinkan pulang. Ms. Low datang mengunjungi saya dan memberikan selembar kertas berisi instruksi untuk Embrio Transfer:
INSTRUCTION OF TAKING MEDICATION AFTER EGG RETRIEVAL
On The day of egg retrieval:

  1. Patient will be given tab Tramal and Cyclogest Pessary after eggs retrieval
  2. Allow patient to take Tramal tablet if she experience lower abdominal pain (1 tablet is to be taken three times a day only)
  3. Cyclogest Pessary is to be kept in the fridge to prevent melting.

The following day after egg retrieval

  1. Give a call to IVF centre for confirmation of date and time f Embryo Transfer (04-6571888 ext 4010).
  2. Take Cyclogest out of the fridge.
  3. Empty bladder and clean vagina thoroughly
  4. Insert Cyclogest into the vagina about 1-2 inch deep using the index finger.
  5. Rest for about one minute after pessary insertion.
  6. Mobilization is allowed after rest.
  7. Whitish discharge might be seen once Cyclogest is dissolved in the vagina.
  8. Cyclogest Pessary is to inserted twice a day with 1 tablet in the morning and 1 tablet at night (about 12 hours in between)
  9. Do not insert Cyclogest Pessary on Embryo Transferring day.

02/10/10 Embryo Transfer and Freezing (2 years) 1.747
Dari 15 telur saya yang di petik ada 6 yang di jadikan embrio, 2 di transfer dan 4 lagi di bekukan untuk 2 tahun. Saya dan suami menadatangani perjanjian, jika masih ingin di perpanjang pembekuan dapat dilaksanakan 3 tahun lagi (biaya RM 1.500). Saya diberikan selembar pengantar untuk test beta hcg tanggal 14/10/10. Saya masihmenunggu beberapa hari untuk melihat reaksi tubuh saya jadi saya baru balik ke Medan tanggal 6/10/10.

14/10/10 Tes darah di Pramita Rp. 280.000
Hasil nya positive, Syukur pada TUHAN. Segera saya info Ms. Low dan dia menjadwalkan saya untuk ketemu dr. Ng tanggal 28/10/10. Sementara saya harus meneruskan penggunaan Cyclogest.

Dari keseluruhan proses biaya yang saya keluarkan adalah Rp. 29.941.136

Tips:

  1. Saya menginap di Mewah Court di apartemen nya Ibu Linawati (Acu) nomor nya +60164360425. Harga kamar bervariasi, dari RM 30-50. Bersih dan dia banyak membantu. Kemarin saya minta dia untuk mengirimkan saya Cyclogest 1 kotak karena yang saya beli kemaren kurang. Kemaren di resepkan hanya 40 butir sementara saya butuh 14 butir lagi sebelum ketemu dokter. Obat nya di titip ke tamu nya yang kebetulan balik ke Medan. Uang obat saya beri ketika saya balik lagi ke Penang. Di Medan tidak ada di jual obat ini, yang ada hanya di Jakarta (lebih jauh) dan beda nama. Saya di sarankan minum soya milk dan jus buah sehabis OPU untuk menyeimbangkan kondisi hormon setelah melalui banyak penyuntikan.
  2. Saya mendeposit uang di kasir RS dan setiap pembayaran hanya tinggal di kurangkan saja. Ini lebih aman daripada harus was was karena membawa uang banyak. Kalau ada sisa uang kita bisa minta refund.
  3. Sebaik nya memasak makanan sendiri karena lebih sehat. Ada pasar sore (Jelutong) yang cukup dekat dan pasar pagi (Batu Lancang) agak jauh. Bisa jalan kaki.
  4. Sesuai kebutuhan kita dapat memperpanjang visa. Dokter akan memberikan surat rekomendasi. Perpanjangan dilakukan di daerah Butterworth biaya nya kalau tidak salah RM 100 untuk sebulan.
  5. Kita dapat di jemput di airport menuju RS. Silahkan menghubungi Bpk. Gunawan Ganis di no 0813 61 684 903. Sebaiknya dua hari sebelum keberangkatan.
  6. Dari RS menuju airport kita juga dapat diantar. Silahkan menghubungi bagian CS di RS.

Demikian hasil sharing dari saya. Semoga bermanfaat.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 3.50 out of 5)
Loading...

118 thoughts on “Pengalaman bayi tabung di Penang – Gege

  1. ully dee

    Congratz ya Ge..

    Btw, permasalannya apa sehingga hrs ikut bt..?? Saya jg rncna nya mau program, tp mgkn tahun dpn.
    Msh b’hrap miracle dr yg atas.. hehe.

  2. vivi

    selamat ya Gege,semoga lancar sampe melahirkaan…semoga aku jg bisa ikutan nih hehe…oh iya apakah dr ng itu bisa jg menangani pasien yang endometriosis?

  3. Gege

    @ Ully dee : awal nya suami saya azoo, kami mencoba berobat dengan dokter andrology di jakarta, hanya sekali saja cek up karena kurang begitu efektif mengingat suami saya harus kerja di medan, Puji Tuhan kondisi nya berubah dari azoo menjadi oat, pemeriksaan sperm dng dr. ng menyimpulkan kondisi oat yang sangat memprihatinkan sehingga jalan nya adalah BT

    @ Yenny : Makasih ya mbak, sekarang sudah memasuki akhir bulan ke 8, semoga semua lancar deh

    @ Vivi : Thanks mbak, coba aja tanya tanya dulu lewat email ke suster low (conselor sekaligus suster utama dr. ng, email sudah saya share di atas)

  4. rere

    hy mbk gege .. slmt yach.. smga khmilan a lncr dan sht smp persalinan.. mbak.. aq jg ada rncna bt di hlwe.. tp ksus swami azoos kira2 ada ga yach yg berhasil dg dr. ng? thanks before..

  5. Anggi

    dear gege…selamat ya semoga lancar sampai lahiran..
    kasus kita sama suamiku juga oat, sdh pernah bt bulan mei tahun lalu di medan tp masih blum berhasil, kalo bole minta imel atau no hp gege donk, banyak mo nanya2 nih, rencana tahun ini juga pengen coba di penang sih, thx ya

  6. Syachra

    Hallo….sis Gege, Salam kenal

    Selamat ya atas keberhasilannya smoga lancar sampai melahirkan nanti.

    Boleh nanyakan sis Gege,
    1. Apa saja persiapan yg sis lakukan sebelum program BT?
    2. Apa saja pentangannya waktu melakukan Program BT dgn Dr. Ng?
    3. Setelah ET brp lama baring di Rumah Sakit?

    Maaf ya sis Gege, banyak nanya, Sebelumnya trima kasih banyak.

  7. Sisca

    Dear Gege,

    Selamat y atas keberhasilannya. Saya juga akan melakukan program BT di RS Lam Wah Ee, pada bulan Mei ini saya mulai penyuntikkan dengan Superfact. Kalau saya boleh minta e-mail dan no HP untuk tanya-tanya. Terus terang saya merasa tegang, kuatir, dan kepikiran juga. Terima kasih y.GBU

  8. Gege

    @ mbak rere : setahu saya kalau azoos, sperm nya di ambil dari pabrik nya langsung dengan operasi, gimanapun dr ng hanya mau sperm di periksa oleh bagian lab mereka sendiri

    @ mbak anggi : kalau pernah gagal sebaik nya di diskusikan dengan konselor nya dulu yaitu ms low

    @ mbak syachra :thanks
    1. persiapan dana, penginapan, waktu (tergantung short atau long protocol, kalo saya long protocol di sana sekitar 3 mingguan ) dan kesipana hati
    2. seingat saya ga ada pantangan, selama program sebelum embrio transfer saya jalan jalan keliling penang dan mencoba segala jenis makanan di sana kecuali mie instant
    3. cuma 2 atau 3 jam aja, setelah itu langsung di suruh pulang untuk istirahat

    @ sysca : thanks ya

    @ all : dengan senang hati saya akan membantu untuk sharing tapi tidak lewat email karena saya jarang buka email, ini no hp saya 0856 631 3053

  9. Syachra

    @ Sis gege

    Trima kasih banyak infonya ya sis, gmn keadaan calon babynya sis? Sis Gege klo kita mau komunikasi dgn Ms. Low bisa pake bahasa Indonesia?

    Ok, thanks ya sis.

  10. Sisca

    @ Syachra: mungkin saya bisa membantu. Jika kita mau komunikasi dengan Ms. Low bisa dengan bahasa Indonesia yang tidak terlalu berbeda dengan bahasa Melayu. Kita mau tanya apa saja, dia akan menjawab dengan baik. Satu lagi sebelum kita konsultasi dengan dr. Ng, perawat beliau akan menanyakan kita mau menggunakan bahasa Melayu atau Inggris. Saya & suami karena kuatir ada istilah” medis yang tidak kami mengerti, maka kami memilih bahasa Melayu. Semoga informasi ini dapat membantu ya.

  11. Syachra

    @ Sisca
    Trima Kasih informasinya ya. Nanti coba saya email ke Ms. Low. Skrng lg suntik-suntik ya. Mudah2an lancar-lancar semuanya biar apa yg dicita-citakan terwujud.

    Good Luck, Slamat Berjuang.

  12. ima

    Hi gege, congrats ya… kemarin saya juga cek ke Penang dgn Dr Ng. ternyata hasil sperm suami ku very severe oats dan aku saat ini udah 42 thn suami 43 thn pernah denger ada yang berhasil ga ya dengan keadaan seperti ini menurut Dr aku harus sgera mulai BT tahun ini tapi karna kmrin ada masalah dgn miom ya harus operasi miom baru process BT ,boleh masukan dari temen2 apa miom itu memang harus di angkat baru bisa BT ya

  13. Gege

    @ mbak irna : kemaren saya juga barengan dengan ibu nasimah yang tinggal di penang juga, dia baru mulai program bt di saat usia nya 40 an. kabar terakhir yang saya denger dia berhasil. tapi saya tidak tahu apakah dia ada masalah miom atau tidak

  14. lelia

    Hi Gege, selamat ya.. setelah positive, kamu masih ketemu dr Ng gak? Saya sendiri rencana mulai suntik 22 agustus *perkiraan Ms Low*

    Sisca, dear sisca yang lagi suntik ria, bagaimana perkembangannya? Kamu asalnya dari mana?

  15. nelly

    halo gege.. selamat atas kehamilannya.. semoga lancar2 aja sampai melahirkan
    aku mau tanya.. suamimu azoospermia, setelah 1 kali periksa langsung oat, dikasih obat apa?
    berobat sama dokter siapa gege?
    thanks ya..

  16. mientjeryan

    conrat ya gege..smoga lancar sampe melahirkan..senang sekali bisa reading pengalamannya.klo aq jg lgi mencari kota & dokter utk ikut BT.udah 8 thn married blm dapat jatah dri yg diatas..

  17. noviasabrina

    saya lagi bed rest di stella maris besok penentuan BTHCG saya kak bantu doa biar berhasil..ni yg ke 2 sama dr binarwan halim…
    selamat ya kak semoga sehat slalu

  18. Reza

    Selamat ya sis… Semoga bisa lancar sampai proses2 selanjutnya. Sis kebenaran saya juga tinggal di medan, dan sekarang lagi milih2 dokter utk program bt. Sis, kl boleh, saya minta no hp nya dong, karena saya lg bingung bgt nih dan pengen nanya2 ama orang yang berpengalaman di bidang ini.ini alamat email saya “rexavior@yahoo.com”.
    Thanks ya sis..

  19. ferra

    hai sist gege…selamat yaaa kehamilannya….smoga lancar smpai kelahiran. ni aku jg lg nunggu rapor nih..baru ET tgl 23 mei kemaren,nunggu hasil tgl 6 juni. Deg2an jg nihh… mohon doanya yaaa… 🙂

  20. Gege

    @ Mbak lella : setelah positive saya gak kontrol lg k dokter ng
    @ nelly : Maaf bukan azoo tapi kripto, berobat nya kmaren ke dokter anita di jakarta, dokter andrology, ada beberapa orang sih, kalo di medan gak ada
    @ mien : semangat terus ya, setahu aku kalo di Indonesia ada di Jakarta, Surabaya dan Medan, tp karena Penang lbh dekat dari Medan dan penginapan deket dengan RS maka kami memilih Penang, sebelum nya ga tau ada jg d Medan
    @ novia : gimana hasil bthcg nya? semoga kabar baik ya
    @ reza : ini nomor saya 0856 631 3053 boleh aja sharing
    @ ferra : semangat ya, semoga kabar baik, di tunggu kabar nya

    @ all : tgl 13 kemaren saya dah meletus, anak nya cowok dua-dua nya, zuriel dan adriel, lebih awal 1 bulan dari jadwal, Puji Tuhan kondisi mereka baik, doakan kami ya

  21. tia

    dear gege,

    selamat ya duh pasti senangnya…sekaligus dua lagi, aku juga baru selesai program BT di kinik morula dng Dr.Ivan sini, tapi belum berhasil, kemarin waktu cek beta hcg nya cuma 4,29, rencana nya pengen nyoba lagi, kemarin aku sudah habis sekitar 60 jt untuk biaya obat dan service charge termasuk dokter dan lab nya, boleh tanya gak biaya keseluruhannya itu berapa termasuk akomodasi sekalian ya hehehhe sorry ngerepotin nih nanyanya kebanyakan, tapi terima kasih sebelumnya ya

    cheers,
    tia

  22. SUWARTI

    Mbak gege selamat ya atas kelahiran putra2nya, semoga sehat2 ya….mbak gege, bole ya minta sharingnya ama masukkan2 ttg bt di penang, soalnya saya juga berencana buat bt di penang..sekali lagi selamat ya….

  23. gege

    @ tia : Better ngobrol lewat hp aja ya, boleh kok hubungin saya, no hp ada tertera di message sebelum nya, tapi janjian dulu ya, karena waktu nya tak tentu dengan ada nya zuriel dan adriel

    @suwarti : hubungin lewat hp aja ya, saya jarang buka email

  24. Irawati

    @tia…salam kenl mba Tia, mau tanya boleh , bagaimana proses BT dengan dokter Ivan, saya juga pasien dokter ivan dan sedang program BT, baru aja mau mulai, masih deg degan untuk menjalani semua proses, saat ini baru test darah untuk screaning, allhamdullilah hasilnya baik, rencana mau pap smer dan daftar pembekuan sperma ….baru samapai tahapan ini, kelanjutannya masih meraba raba ….

    @mba gege…. congrats with baby boynya, pasti sekarang lg lucu2nya yaaa…..

  25. yuni

    ada yg lagi program BT ndak nich, mo nanya2, saya bru thp suntikan, bru 3 hari, program di LWE, kira2 persiapan apa untuk thp berikutnya?makanan yg sebaiknya di konsumsi apa ya?

  26. oryza

    saya merasa dapat semangat baru membaca tulisan kamu gege,boleh tdak minta alamat RS tempat kamu berobat d pinang, saya juga ada ancang-ancang ikut program itu

  27. yuni

    lam kenal oryza…..domisili dimana nich?RS tempat gege sama dengan RS tempat yang yuni sedang ikut program sekarang, oryza klo bru pertama kesana ndak usah takut, dari airportnya klo by taxi dah tau smua alamat RS itu, krn di Penang mayoritas pasien orang indonesia, btw gege ramah banget, yuni dah ngobrol2 by phone, thx ya ge….

  28. margaret

    saya mau nany nich mbak….
    berapa lama sich wakt yg di perlu kan untuk proses bayi tabung ini?
    dan apakah anda bolak balik dari medan ke penang berapa kali?

  29. Oryza

    Salam kenal kembali Yuni, Oza saat ini tinggal d Australia selatan. suami Oza orang ausie, mau ikut ini program d Ausie mahal banget sampai 10 ribu dolar, 2 kali lipat harga d penang dan Indo. masalahnya, suami Oza pesimistic banget bsa berhasil, secara gaya hidupnya tdak sehat. dia perokok active dan secara rutin mengkonsumsi softdrink setiap hari. saat ini kami sedang mengusahakan dia untuk quit smoking. bagaimana dg Yuni dan gege, apa suami jga perokok?

  30. yuni

    ya Oza, suami juga perokok tapi ndak perokok berat, hanya stlh makan, susah lho sist klo dah perokok mo diminta berhenti, paling bisa mengurangi sedikt sedikit, tapi saran yuni ikut BT aja Za,yuni sekarang lagi program, insyaallah senin depan ke penang lagi ntuk temui dokter, sekarang masih tahap suntik setiap hari….tolong doanya ya sist…..

  31. oryza

    iya Yuni semoga berhasil dan bisa menggendong baby dalam waktu dekat. Dia sudah komitmen mau berhenti merokok. mudah2han tahun depan kami bisa menyusul.

  32. yuni

    @oza : kita sama2 mendoakan ya , semoga berhasil
    @margaret : lam kenal margaret, margaret dimana? medan ya….berbagi info, klo kita ikut program memang bolak balik , krn jadwal kontrolnya pas masa haid kita…..margaret dimana nich? klo medan lebih enak karena dekat ke penang….

  33. gege

    @ yuni : thanks sudah menjawab beberapa pertanyaan teman teman, maklum deh saya dah jarang buka internet, makanya saya share no hp saya

    @ margaret : kalo bt ada yang short dan long protocol, kalo saya long protocol, secara detail saya ga gitu ingat lagi sekarang, tapi di awal sudah saya share selengkap yang saya ingat dulu

    @ oza : suami saya tidak merokok sama sekali, tapi waktu periksa ke dokter ng dan diketahui OAT dia gak ada nanya tentang prilaku hidup suami saya, semoga bisa nyusul segera

    @ ibu ibu yang ada rencana BT domisili di medan : Gimana kalo kita ketemuan??

  34. harry

    salam kenal ya,
    Aku rencana mau program BT di LWE. Kalau pertama kali periksa ke dr Ng Peng Wah, supaya dapat antrian awal, apakah harus ambil nomor pagi sekali atau bagaimana ? Sedangkan di sana kan ngak ada appointment segala ? Jadi gimana ?
    Kalau penginapan di Mewah Court kan banyak sekali, Kalau yang paling dekat dan nyaman dimana ? Karena aku sudah hub. Ms. Lina tapi kamarnya yang bagusan sudah penuh ?
    Penjemputan ke terminal bus bisa dilakukan rumah sakit ? Trus biaya berapa ? karena aku berangkat dari KL ? Thank you ya teman teman.

  35. Choco

    hi all..saya jg plan ke penang tar october with dr.Ng, belom mau BT, cuma u/ konsultasi dan medical check up. kira2 perlu bawa brapa ya??pusing juga soal biaya.

  36. Yuni

    Salam kenal juga Harry,saya Yuni,sekarang lagi ikut program BT di LWE,lagi nunggu cek darah,deg2an ni,tlg bantu doa ya all……..oh ya sharing klo mo daftar ke Dr.Ng,biasanya Yuni paling lambat jam 5:30 dah antri di RS biar dpt no 1,krn pasiennya banyak,pengalaman pertama kali konsul ke dokter daftar jam 11 an e, jam 6 sorean bru masuk,klo Yuni di apartemen kak ahun ,menurut saya nyaman dan bersih,tlp Penang 0164888331,tlp Medan 7368893,penjemputan bisa dari RS hrs tlp RS dulu krn hanya jam2 tertentu,ntuk choco…..lam kenal,klo mo cek dulu,biasanya suami cek sperma(klo dtg jgn hbs ML ya…kiqkiqkiq,min.4 hr) klo cewek kita biasanya cek ‘dlm”,papsmear,hsg…total ndak sampe 2jt,saran yuni sblm ke Penang ada baiknya konsultasi ato tanya info ke konsulennya , Ms.Low :lowbk@hlwe.com

  37. yuni

    @Harry : thx doa’nya ya Ry…yuni tinggal dimewah court tempat kak Ahun spt yg yn cerita sebelumnya,dari tgl 14 Agt…dah hampir 1,5 bln ya….btw Harry kpn mo ikut program,knp dari KL?Harry domisili dimana?

  38. Harry

    Yun, aku kebetulan ada tiket murah dari Air Asia (Surabaya – Kuala Lumpur), sekalian mampir ke Penang naik bus dari KL sentral. Tanggal 21 Nov 2011. Yun, di sana kok lama sekalai 1,5 bulan, emangnya kenapa ??
    Yun, kalau dari terminal bus ke Mewah Court, naik apa yah ?
    Apakah Yuni setiap hari ke Rumah Sakit gitu ? Apakah mesti setiap hari ambil nomor ?
    Wah kalau gitu habisnya bisa banyak ya biaya & tenaga ? Thank

  39. yuni

    @choco : iya ,orang medan,di mewah court relatif sama koq harganya,35 – 50 RM per hari ,klo ampe 1 bulan ada discount…tinggal bersih ama kurang bersih aja,klo di tempat kak Ahun selama ini yuni nyaman n bersih ,btw kpn choco mo mulai prog?

  40. Yenny

    @Gege: Salam kenal..Saya dari Medan juga.. Mau nanya neh, kemaren kamu BT di Lam Wah Ee beneran totalnya RM 10,000 – 11,000 aja ya? Soalnya kata temen ada yg blg RM 25,000 – 30,000… Ragu jadinya kl kemahalan… Saya pengen nyoba BT jg, soalnya insem jg udah 2X gagal… 🙁
    Oh iya, ada PIN bb biar lbh gampang sharingnya? Thanx.. GBU

  41. Sinta

    Hai Yuni,salam kenal.Mau nanya Yun,apartemen Kak Ahun itu di lantai berapa?Ada fasilitas apa aja,misalnya ganti seprei berapa hari sekali,ada bersihkan kamar n kamar mandi?bisa bantu dimasakin gak yah?Saya ada rencana mau kesana,tapi kalau ada fasilitas seperti itu,mungkin aku tinggal sendiri aja

    Thx ya Yun

  42. ully dee

    Hi salam kenal Oryza..

    Aq jg tgl dsydney, bkn nya kl BT di aussie 50% medicare cover..??
    aq jg rncna nya mo BT, mdh2 taun dpn msh b’usaha normal.
    oiya.. kmu oz nya dmna say..??

  43. oryza

    aku d adelaide, SA
    aq gak tau, aq gak punya medicare
    aq cuma punya OHSC, krna aq student.
    masalahnya, partner aq pesimist krna dia sudah beberapa
    kali berhubungan dg wanita tpi gak punya anak
    jadi dia assume dia mandul
    sedangkan aq optimistic bahwa kami bisa.
    aq tertarik d penang krna bisa wisata sambil
    coba IVF murah gitu. 1 bulan kerja bisa.

  44. Ully dee

    Oh.. Gthu ya, soalnya kl kmu udh permanent resident itu 50%
    Medicare cover say. Soalnya kmrn aq sempet konsultasi sm
    dokterku. Tp yah itu waiting list nya sampe 6bln, yah jd biaya
    nya = Indo jg jd nya. Knp gak coba dsurabaya aja say, kyknya
    aq baca2 dr sini jg murah koq. Aq aja rasa nya pengen coba
    dsna, tp b’hbng jarak dan waktu.. Oiya umur kmu brp, aq 30
    suami 28.. Hehe. Ttep optimist ya, all the best..

  45. Nona

    Hi Oriza and Ully, salam kenal

    Di Australia IVF disubsidi medicare lebih dari 50% lho. Saya sdh 5 kali melakukan IVF. Kalo di clinic private, kena sekitar 10ribu dollar, tapi out of pocket cuma kena $3500 utk tahap pertama, nah kalo ke 2kali IVF dalam tahun yg sama, kita sudah melewati 85% safety net, dan cuma kena sekitar $1500-2000. Murahan di Australia dibanding di Penang, ato Indonesia. Karna disini dosis obat yg dikasih udah termasuk harga,jadi biarpun kita gunakan sedikit ato banyak, ngk pengaruh paket biaya. Beberapa kali puregon gua harus dibuang, padahal cuma pakai 150ml (tersedia 900ml).Kalo pemerintah, gratis, ngk bayar, cuma waiting listnya lama banget. Aku IVF di Perth udah 4 kali dan Queensland 1 kali. Coba telpon dan nanya paket info ivf di clinic fertility, biasanya dikasih harga paket beserta harga out of pocket.

  46. Nona

    Oh ya, bagi saya di Ausie lebih canggih teknologinya daripada Penang ato Indo. Kebanyakan clini di australia memakai blastocyst, kehamilan lebih tinggi, cuma boleh diizinkan 1 blastocyst transfer,utk mencegah kehamilan kembar yg mengakibatkan banyak terjadi komplikasi, kecuali usia diatas 35. Bukan hanya itu, proses thawingnya blastocyst 95% survive dan bisa disimpan 10 tahun hukum di australia. Tahun dpn, aku bakalan kembali utk melakukan frozen blastocyst transfer dan itu cuma kena skitar $1200.

  47. ully dee

    Salam kenal jg nona…

    Oh ya.. Wahh kl yg itu aq blum tau tuh, Enak jg donk b’arti. Rncna nya sih emg mau ivf dsydney, cm yah itu td waiting list nya lama jg.
    Hr senin nti aq br rncna nya mo control lg di Manly Hospital, Bsok aq tanya’in lg deh detail nya. Soalnya dr sna mrka br mau rujuk aq ke Royal Prince Albert Hospital. Trus kmu skrg udh ada baby ya..?? Thanks ya buat Info nya Nona, jd + semangat lg nie.. x

  48. Nona

    Hi Ully

    Berarti kamu programnya melalui pemerintah ya, bukan private. Setau ku kalo hospital biasanya public. Pasti waiting listnya lama. Oh ya, kamu kan di Sydney, coba Hollywood IVF website,ada info dan harganya. Setauku Hollywood lebih murah dari clinic aku di Perth, sekitar $6000-7000. Tapi out of pocket tetap sama. Usahakan nanya berapa hari sekali utk tes darah dan usg. Soalnya klinik di QLD, dlm proses IVF, cuma sekali tes darah dan usg sblum egg pick, sedangkan di Perth, dua hari sekali dan detail bgt. Aku blom berhasil tuh, yg terakhir berhasil hamil utk pertama kalinya tapi ektopik, kasus aku komplikasi, endometriosis tingkat 4. Makanya pas ektopik, rumah sakit pemerintah yg menangani dan smua biaya gratis. Coba kalo di Indo, pasti mahal bgt dan langsung dipotong tubanya. Aku cuma diberi suntikan, karna terdeteksi pas dini (6 minggu), jadi tdk diperbolehkan hamil selama 6 bulan karna pengaruh obat masih didalam tubuh. BTW, kamu umur brapa Ully?

  49. aida

    @Yuni…. Salam kenal , saya Aida, saat ini jg lg BT di HLWE tp msh jadwal OPU hr selasa depan.
    gmn hasil labnya?Aku do’ain hasilnya bagus….
    Msh di Penang saat ini? Saya stay ditempat Kak Lina dilantai 12 apartment no 104

  50. deciana

    haiii gege salam kenal
    wah selamat ya sdh punya baby, sekali ikut Bt lgs jadi,saya deci, baru aja ikut BT pertama di RSIA Family Pluit, saya pake metode IVM dan suami sperma dikit jd di ICSI, tp ternyata gagal, usia saya mau 40 nih desember nnt, lagi kepikiran mau ikut BT di penang tp kayaknya hrs stay disana ya? 3 minggu lumayan lama ya hehehheee tp demi anak ya, kl gak ada yg nemenin repot juga ya, itu yg sy lg pikirkan siapa yg bs nemenin ke penangnya…..kl suami kan palingan cm bbrp kali aja ya kesananya…..mungkin ada gak ya yg lg mau program bT juga ke penang jd bs stay sama2 di sana hehehehee

  51. harry

    Hi deciana,
    Aku serta Istri mau ikut BT bulan Nov 2011. Jadi bisa bareng bareng ya. Istri aku umur 43 tahun, tapi aku optimis dan selau berdoa. Rencana menginap di Mewah Court, tapi yang recomended punya siapa ya (bersih), karena yang punya Ibu Lina sepertinya sudah penuh. Ada yang tahu ngak yang lain ya. Thank GBU

  52. deciana

    hi Ka Harry,
    Wah november ya?? sy blm tentu november nih msh hrs byk yg dipersiapkan juga, lg mulai persiapan u/ kondisi tubuh dl, makan putih telur setiap hari, minum juice tomat+wortel+apel tiap hari, jd msh butuh waktu dl, kira2 istri Ka Harry ada problem gak di rahim?/ blm pernah hamilkah??mudah2an rencananya direstui Tuhan ya….amiiiin.GBU

  53. Choco

    hi all…gw baru back from penang dan uda cek dgn dr.Ng
    Ternyata hasilnya bagus, kita berdua tidak ada masalah..Sungguh puji syukur kepada Tuhan ^__^

    Setelah melalui berbagai cobaan cek yg menyiksa dari proses ambil darah- terakhir HSG. Semua bertahap2 dilalui, sampai detik2 menegangkan menunggu,dan bertemu dokter u/ mendengar hasilnya. fiuh..really melegakan kami berdua. karena tidak perlu BT.Saya sampai menitikkan air mata karena jujur tekanan yg saya hadapi sebelum kemari..saya sungguh takut kalao dokter memvonis apa2..karena kami sudah merit 2 tahun.selama ini tdk pernah hamil..bisa rasakan gimana pandangan org lain?well ces’t la vie.

    Akhirnya,saya dikasih obat 3 bulan. Semoga 3bulan ke depan ada hasilnya. Mohon doa restunya temen2 di sini ya.
    Semoga doa kalian membawa berkat kepad kalian semua.

    God will listen to us 🙂

    “Jangan takut,percayalah” “Tuhan tidak akan memberi cobaan yg melebih kemampuan kita”- itulah kata2 yg teringat 1 hari sebelum mengetahui hasil dari dr.Ng.

  54. harry

    hi Deciana,
    Aku ngak pakai persiapan, nanti tanggal 20 Nov ke sana, cuma untuk periksa doang. Trus pulang ke Indo. Nanti hasilnya tergantung dr. Ng kapan mesti balik, biasanya 1 bulan kemudian. Jadi ngak usah pakai makan telur putih dulu nanti pencuen. Istri ngak ada masalah, justru aku yang bermasalah dengan sperma yang sedikit.
    Jadi nanti Nov ke sana berlibur sekalian cek. GBU.

  55. deciana

    hi Ka Harry,
    Oww gitu oke nnt kabar2in aja gimana perkembangannya ya siapa tahu bs info nya berguna buat kita2, sy msh pikir2 dulu antara ke penang atau tetap mau coba di RSIA Family pluit mungkin kl mau coba lg nnt desember.
    Mudah2an Ka Harry berhasil, amiin

    to Choco,
    Hi salam kenal, mudah2an berhasil hamil alami.GBU

  56. nita

    Hai Yuni,
    Gimana hasil cek darahnya? semoga suksees yaa..Sy juga renc mau konsul dgn dr Ng,koq daftarnya knp ga pake appoinment dulu yah? apa pasti dr Ng ada di tempat pas hr Snn/Rb/Kms itu? Takutnya nt udah jauh2 kesana..hehe, thanks, JBU

  57. nita

    Hai Kak Harry,
    just info..,
    apa sudah make appoinment yaa untuk konsultasi akhir Nopember itu? Soalnya sy barusan email Ms low koq katanya blm bisa mastiin utk tgl tsb apakah dr Ng ada ditempat atau tidak, disuruh confirm lagi pertengahan bln dpn..

  58. yuni

    hai all……maaf lama ndak aktif, dakoe masih sedih, kemaren belum berhasil…hiks….tapi tetap semangat mo nyoba lagi…..@ Sinta : kak ahun punya beberapa lantai, klo kemaren dakoe tinggal minta aja klo mau ganti sprei n bersihin kamar, klo bantu masak ndak ada sist, @ Aida : gimana sist hasilnya?moga berhasil ya,wah kemaren kita sama donk apartemennya, yuni di 104 lt.9 @ Nita : biar ndak sia2 kesana, email aja dulu ke Ms.Low sist tanya jadwal dr.Ng , bener takutnya beliau seminar ato cuti

  59. nita

    Hai Yuni..
    Salut buat perjuangannya,tetap berjuang & semangaat deh.. pertolongan Tuhan selalu indah pd wktNya..
    @Deciana, km kpn mau konsul ke Penang..brgkali kl bs sama2..hehe, minta no hpnya donk..

  60. yuni

    Thx supportnya ya Nita…..saran buat smuanya, jangan tunda2 ya klo dah niat mo BT, yuni cek awal des’09,hasil semua bagus, pas mau program di cek lagi ada kista, stlh operasi bru thn ini ikut, ada sedikit penyesalan kenapa tdk saat awal cek dulu, tapi selalu positif thinking…semua ada hikmahnya

  61. deciana

    Hi Yuni

    Salam kenal….turut sedih dengernya n sy juga ngerasain wkt gagal kemarin aduuuuh sampe termehekmehek, tp mmg harus tetap semangat krn masa depan yg tahu kan cuma Tuhan kita berusaha aja jd sy juga sdh mulai hahahehehe lagi….sy blm th nih mau ke penang aja apa tetep di RSIA family pluit (secara data2 sbtlnya sdh ada di RS fmly) msh bingung, boleh kita contact2 an ya hp saya 0818736002, no hp Yuni brp??

  62. harry

    Hi Yuni,
    Mau nanya nih di penginapan Kak Ahun recomend ya (bersih) gitu, trus kalau minta tolong sesuatu gitu bisakah? misalnya kapan hari ada temen yang cari obat di Indo ngak ada trus kebetulan di nginap di Ibu Lina, Trus dia minta tolong Ibu Lina belikan obat di Penang trus kirim ke Indo.

    Hi Nita,
    Thank ya atas infonya karena Ms. Low ngak bicara apa apa mengenai konform lagi malahan yang bilang adalah Pak Gunawan (Medan) perwakilan Indo.

  63. yuni

    @ deciana : thc curhatnya semalam…..semangaaat…..

    @ Harry : yup bersih, nah klo minta tolong yg lainnya blum tau, tapi kak Ahunnnya sendiri baik banget, yuni yakin dia juga ndak keberatan klo ada tamunya yg minta tolong gitu, lagian semua pemilik apartemen disana tiap hari ke RS koq Ry, ngantornya di RS nyari tamu…..he3x…jadi pasti ndak keberatan diminta bantuan ntuk beliin obat….

  64. harry

    Hi Yuni,
    Aku sudah telepon Kak Ahun, aku bilang dari temen Yuni, trus dia bilang Yuni yang dari Palembang itu kah ? Aku jawab iya aja (bener ngak ya ?)
    Aku tanya bedanya harga 35, 40 dan 50 tapi aku ngak jelas. Tolong dong diterangin, sekalian fasilitasnya apakah pakai AC atau ada TV. Trus kalau mau pakai internet bagaimana ya Yun. Thank

    Sekaian tanya ya Yun, selama kamu di sana kemana aja, trus kalau pergi pergi naik apa, emangnya dalam program BT boleh jalan jalan ? Thank
    GBU

  65. yuni

    @ harry : semua kamar pake AC, yang 50 : kamar mandi dalam plus tv, klo 35 dan 40 kamar mandi luar , ndak ada tv, beda luas antara 35 n 40, klo internet yuni ganti nomor penang, selama disana kemana aja? yg rutin ke RS…wkwkwkwkwkkww banyak taxi koq, bs juga pake mbl anak kak Ahun, nanti bayar terakhir sama kamar, selama program selagi belum OPU dan transfer embryo gpp jalan2, banyak tempat disana Ry, tenang aja anak kak Ahun bisa jd Guide, mall2 gede juga banyak……..browsing aja dulu tempat2 yang mo dikunjungi Ry…..biar program sambil jalan2, biar enjoy…..

  66. Iin

    Saya barusan pulang dari laparoskopi (Jumat, 21 Okt) dengan dr. Ng di LWE Penang juga. Saya cek kondisi tuba, dan ternyata yg kanan blocked dan yg kiri half blocked. Sekarang masih pertimbangkan untuk program BT. Sebelumnya saya pernah BT dengan di Sby, tapi gagal. Untuk mencoba kedua kali ini saya masih pikir antara kembali ke Sby lagi atau ke Penang. Sebenernya saya lebih cocok dengan pelayanan di LWE, tetapi mempertimbangkan harus 3 minggu disana sendirian kok ya bingung juga mo ngapain aja.
    Ada yg lagi mikirin hal yang sama dengan saya ga ya? Bingung antara Penang dan Sby.
    Maybe ada yg bisa kasih advice….

  67. Choco

    Hi Iin..menurut aku kamu coba di penang aja..berhub. saya juga kemaren baru cek sama dr.Ng juga dan juga cek darah n HSG segala macam. nah dari proses yg saya liat, perlengkapan mereka sangat steril dan kerjaan mereka bener2 bagus dan cepat. ga kayak di indonesia. sorry ya bukan meremehkan..tp memang bener cara kerja mereka dan perlengkapan lbh menunjukkan profesionalisme. soal harga tergantung, tp kebanyakan yg pergi berobat ke sana pun bukan org2 yg berduit alias kaya, tapi karena harganya terjangkau dan ga neko2 spt di Indonesia. obat konsultasi aja dgn dr.indonesia sudah mahal belum lagi beli obat di apotik.bener2 menguras harta^^’ moga2 masukan dari saya berguna buat kalian 🙂

  68. Iin

    Thanks advice’nya Choco, kayaknya setelah kupertimbangkan – aku mantap di Penang. Karena dari bekas laparaskopiku juga kulihat kerjaannya bagus, juga aku mens seperti biasa – berarti no komplikasi atau apa kan. Tapi aku nunggu tahun depan, setelah Imlek aja. Karena kalau imlek kan dokter’nya libur. Kalo Choco apa mau IVF juga?

  69. harry

    hi Yun,
    Sudah balik kah ? Aku baru telepon Kak Ahun untuk book untuk tangal 20 Nov, nanti kita ketemuan ya ? GBU

  70. Choco

    Hi Iin.. saya kebetulan kemarin setelah di periksa dr.Ng katanya tidak perlu IVF karena hasilnya tidak masalah.
    Cuma diberi obat buat dimakan saat mens hari ke-3. moga2 berhasil secara alami.
    Btw, buat Iin jgn pantang menyerah ya..Byk yg ke Penang dan berhasil IVF. Oh jd plan steleah imlek baru ke penang? Sudah kasih tau dr.Ng lewat ms.Low?Ms.Low org yg baek ,kamu bisa berkonsultasi dgn dia soal biaya dan best time buat IVF. Good Luck ya. Keep update your info. i pray for you all the best!

  71. Choco

    Oh ya Iin,3 minggu di penang memang bosen. tp jgn pikiran 3 minggu nya..tp pikirkan keberhasilannya dan a baby bumps out from your belly, itulah motivasi yg perlu kamu pikir sewaktu takut bosen. 🙂
    di penang bisa bertemu byk pasien yg juga IVF kok. jd pasti bisa melewati 3minggu dgn cepat 🙂

  72. gege

    dear all,

    wah diskusi nya sudah panjang, semoga bermanfaat ya. maaf banget saya gak pernah lagi buka email, bahkan ada yang sms nya belum kebalas, sering kelupaan karena yang di jagain ada dua 🙂 bahkan ada yang telepon tapi harus di delay karena si abang dan adek tiba tiba bisa manggil mama nya 🙂

    untuk semua itu mohon maaf ya, kalau emang perlu kita bisa janjian untuk teleponan,

    semangat terus ya

    salam kasih
    gege

  73. Sinta

    Hi Pak Harry,salam kenal..

    Pak Harry saya mau nanya. Rencana Pak Harry ke Penang tgl 20 Nop besok,apakah sudah confirm kalau dr Ng ada praktek hari Senin tgl 21 Nop (tidak cuti,dll).Kalau pasti ada,sy ada rencana mau kesana pada tgl tsb.Mohon info-nya.

    Buat Deciana n Yuni yg udah mau respon sms sy,makasih ya…

  74. gege

    dear all,

    ada beberapa teman yang mau ikutan program bt dan pengen bayi nya cow atau cew. setahu saya dr ng gak mau memilih kelamin bayi. bener gak ya informasi ini?

    salam,
    gege

  75. lenny

    hai………….gege
    salam kenal ya….
    kalo boleh tau, berapa kira” biaya yang dikeluarin untuk program BT + biaya hidup kamu selama di penang.
    thx ya…..

  76. Gaby

    Hai…Gege, Salam kenal yaa
    Saya mau Tanya Kalo mau ikut program ivf di Penang, bisa ga buat janji dulu melalui telfon, Kalo bole bisa minta no tel nya?

    @Iin , apakah kamu jadi untuk ikutan ivf stlh imlek? Puny pin bb ga atau no hp ? Thx

  77. gege

    @ lenny : kalau detail biaya please baca postingan cerita saya di awal ya, dari rs lam wah ee biaya nya seputaran 10.000 – 11.000 RM. Kalau biaya hidup tergantung pilihan kita, kamar ada yang dari harga 35-50 per hari. kalau makan yang cepet saji seputaran 15 RM sekali makan (paling mahal seperti nya), atau mau belanja dan masak sendiri juga boleh. karena tiap apartemen punya kulkas, kompor gas, rice cooker, mesin cuci, peralatan dapur yang bisa di pakai tanpa di kenakan biaya.

    @ gaby : no telp ms low ada saya posting di awal cerita, please cek ya

    semangat buat semua

    salam

  78. Ev

    Hai semuanya, senang sekali punya forum ini, dengan Bahasa Indonesia pula, bayi-tabung.com benar-benar membantu saya yang sedang berikhtiar dalam mengejar jodohku dengan si buah hati.
    Tidak banyak forum seperti ini, dan spertinya tidak ada yang selengkap ini dalam membahas seputar tips, trik, dan info lain seputar bayi tabung.
    Terima kasih untuk Gege khususnya, saya banyak banget belajar dari postingmu. Teman-teman lain juga banyak yang memberikan tips seputar tempat tinggal, makanan, transportasi, dll.
    Untuk teman-teman yang juga sedang dalam proses saya doakan agar berhasil yaa…

    Saya berumur 33 tahun, suami 37 tahun, sudah menikah 10 tahun, masalah kami adalah saluran telur yang tersumbat.
    Sebetulnya 5 atau 6 tahun yang lalu dr. Indra Anwar di Bunda sudah menganjurkan agar kami langsung bayi tabung saja, ga usah repot-repot dan buang-buang waktu. Kami, khususnya saya, sempet kecewa karena usia kami yg masih muda, kondisi kesehatan yang baik (selain saluran telur yg tersumbat, yang ternyata cukup fatal hehe… Baru mau ngaku sekarang), dan kondisi keuangan pasangan muda yang agak cekak kalo mau dipake buat bayi tabung.
    Kami masih berharap agar ada solusi lain diluar bayi tabung. Namun setelah riset ke sana sini, sepertinya memang bayi tabunglah cara yang tingkat keberhasilannya paling tinggi dibanding metode-metode lain. Akhirnya kamipun memutuskan untuk memulai program bayi tabung. Proses kami mulai dengan periksa darah pada hari ke 3 haid di Pramita dan mengirimkan hasilnya lewat email ke Ms. Low.
    Ms. Low orangnya enak, responsif dan bales emailnya cepet, kecuali kalo Sabtu Minggu kayaknya, mungkin lagi ga tugas, soalnya aku ngirim email dari kemarin (Sabtu) dan belum dapet balesan sampe sekarang.
    Jangan kuatir mengganggu dengan pertanyaan-pertanyaan konyol yg mungkin takut kita tanyakan ke dokter, Ms. Low bersedia menjawab pertanyaan-pertanyaan kita dengan sabar.
    Sekarang saya sedang melakukan penyuntikan Suprefact yang dimulai sejak tanggal 7 Feb (sudah 12 kali suntik) dan tinggal nunggu kapan disuruh balik lagi ke dr. Ng, kemungkinan saya akan kketemu beliau akhir Februari ini, sekalian tinggal di sana selama 1 bulan sampai ET selesai.
    Saya sangat berharap ada teman seperjuangan dari Indonesia di sana, jadi bisa saling berbagi dan menguatkan selama jalannya proses selanjutnya.

    Salam,
    Ev.

  79. yaya

    hai smua…ak juga skrg lg mengikuti program ivf di penang dgn dr ng,yg skrg lagi dsini..share yukkkk???

  80. sukrisni

    Dear all

    Salam kenal tuk semua…
    aku kris, domisili di Samarinda kal-tim, usia 29, suami 37, kami udah nikah 3,5 thn, dan belum di amanahkan punya baby, padahal udah pengen banget (aku belum pernah hamil), tahun ke 2 pernikahan, kami sempat check up ke beberapa dokter, ada yang menyatakan sehat dan hanya diberi obat2 penyubur dan vitamin, ada yang menyarankan untuk BT. Karna udah merasa di kejar umur, kami putuskan untuk program BT, kemungkinan juga ikut di HLWE, Kalo ga ada halangan, insya Allah kami mulai awal bulan depan, Mohon do’anya ya…

  81. yayah

    mau sharing dunk….kalau menstruasi saya tidak teratur dan cuman sedikit darah nya satu hari gitu bisa gak ya untuk ikut program BT.

  82. adri

    Dear all….

    Salam kenal untuk semua…..
    Senang bisa dapat info/masukkan dari tulisan teman2 semua, setelah baca semua pengalaman teman2, sy jd semangat mau ikut BT.

    Buat Ev boleh bagi pin & no hp ngak…sy dl juga d Bunda

  83. yuni

    Aloww all…lama ndak nimbrung,yuni th.2011 program di penang,tp blum rezeki,th.2012 nyoba di Jakarta,alhamdulillah sekarang dah jalan 6 bulan,semangat ya temen2 seperjuangan….

  84. Yuni

    Paketnya 57 sist krn faktor usia juga,yuni dah 41 th,tp ada penambahan biaya jg krn pas jadwal opu sel telur blm cukup besar jd Ada penambahan suntikan hormon, yuni blastosis transfer bin embryo transfer sist

  85. mom

    wah mahal jg ya sis…. emg faktor usia mempengaruhi biaya ivf jd lbh mahal kah? klo transfer blastocyst lbh mhl juga? yg di trf brp? yg berkembang brp? sori ya byk tny, pengen coba juga nih.. 🙂

  86. Yuni

    Sepertinya iya sist ,otomatis kesuburan beda n krn blastois transfer perlu tambahan hari penyimpanan embrio,sel telur yg diambil 9 sist,Berhasil dibuahi 6,stlh blastosis 3,ditransfer semua,alhamdulillah, jd baby twins

  87. mom

    wahhh… senengnya dpt twins… selamat ya… semoga sy bs nyusul sis deh…aminnnn…
    anyway thanks ya info nya.. sy pertimbangin lg deh ivf di family.. 🙂

  88. Yuni

    Makasih sist,dimanapun kita ikut program yg penting semangat n tetep berdoa,semua pasti Ada plus minusnya sist,yuni ambil keputusan ikut program yg kedua di jkt krn yakin aja klo Allah sudah saatnya mengabulkan permintaan kita,dimanapun bisa Berhasil,oh ya sist klo mo sharing minta pin bbnya sist,nt bisa enak ngobrol

  89. adri

    @Yuni; Salam kenal & Selamat ya atas keberhasilannya. Rencana mau ikut BT (byk yg pingin sy tanyain,sy da 42th) boleh sharing ngak melalui bb…pin: 28F441AB. Makasih ya Yun…

  90. adri

    @Yuni; Salam kenal & Selamat ya atas keberhasilannya. Rencana sy juga mau ikut BT tp blum menentuin dimana, klo d jkt apa ngak stress ya bolak-balik k RS krn macet. Boleh sharing sist melalui bb. Pin; 28F441AB. Makasi ya Yun….

  91. Ariadne

    mba gege selamat sebelumnya telah sukses dpt baby kembar.Saya ikut bahagia mendengarnya mba, pengen bgt bs hamil jg.Awal bln depan saya mau kepenang rencana mau bertemu dokter tsb untuk konsul awal BT. Sy udh beli tiket PP, mau bertanya mba apa yg bs sy dapatkan dengan hanya 1 hr kerja(senin) disana?Mhn waktunya jg mba klo boleh saya mau tlp ya buat tanya2. terimakasih bnyk.GBU

  92. Yuni

    Hi all….pa kabar?lama ndak berbagi cerita……alhamdulillah baby twin kami sdh usia 5 bln……, gege sdh jadi program lagi ge?

  93. Astri

    hey Kak Gege, tgl 26 Juni ini aku baru aja selesai ET dgn Dr. Ng di Penang & skrg udh balik dari Penang, aku tinggal di Medan jg loh kak..tgl 7 Juli ini, aku trima rapport..dag dig dug, mohon doa y kak? semoga hasil’nya bagus seperti harapan kami..oia, aku boleh tlp kakak gak? mau nanya2 sm kakak..thankyu y kak

  94. Rika

    Halo mba gege n para mommy…
    Mba gege, sya rika… Mau nanya, apakah Dr Ng melayani pasangan Yg ingin promil utk anak berdasarkan jenis kelamin?
    Mohon info nya mba atau para mommy Yg lain yg pnya pengalaman promil jenis kelamin anak dgn Dr Ng Peng Wah

  95. zara

    M. Rika

    saya pernah baca tapi lupa di forum ini juga atau bukan , ada yang pernah menjelaskan bahwa dr ng bisa untuk memilih jenis kelamin pada program kehamilan , untuk info lebih lanjut m.rika bisa menghubungi ms.low / sunster kepala untuk bertanya lewat email terlebih dahulu di lowbk@hlwe.com atau by phone +6046528893
    semoga informasi ini membantu

    salam

  96. Silvia

    Hai semuanya 🙂

    Saya sangat merekomendasikan penginapan Ko Adrian & isterinya Meliana Panjaitan (orang Indonesia). Mewah Court yang di depan Lam Wah Ee. Tempatnya bersih dan nyaman sekali dibanding penginapan2 lainnya yg berada di Mewah Court. Facilitasnya juga lengkap. Dan orangnya baiiiik sekali.

    Adrian Chong +6012-903 6135 (pin BBM 58BCC900)
    Meliana Panjaitan +6016-459 0494 (pin BBM 58AB3D42)

  97. Catherine Louis

    Hi Silvia dan semua pasien Dr Ng PENG Hwa. Saya coba nginep di tempat yg kamu recomended di penginapan mewah court yaitu milik Ko Adrian dan Meliana… tempatnya juga sudah di renovasi. Recomended deh. Fasilitasnya lengkap. Ada astro, wifi, air panas, hair dryer, peralatan masaknya juga lengkap. Dan yg paling penting bersih WC dan kamarnya! Karena saya butuh tempat yg nyaman dan bersih untuk program bt… orangnya juga baik dan ramah…

    Ko Adrian +6012-903-6135
    PIN bb 58BCC900

    Meliana Panjaitan +6016-459-0494
    PIN bb 58SB3D42

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*