Pengalaman bayi tabung di Melaka – Icha

Dear all usiaku 31 th, sudah hampir 3th menikah dan belum punya momongan. aku hanya ingin share aja ni..

Akhir thn 1998 aku operasi appendix (usus buntu) di rs advent bandung.. setahun kemudian, akhir thn 1999 aku operasi kembali untuk pengangkatan kista di indung telur sebelah kiri.. kemudian akhir bln maret 2009 aku operasi kembali (laparoskopi) untuk pengangkatan kista di indung telur sebelah kanan + pelengketan usus di tuba sebelah kanan (dengan dr selva di rs mmc melaka), menurut dokter, kemungkinan terjadinya pelengketan usus tersebut disebabkan oleh operasi appendix.

Dengan sejarah kesehatanku yg kurang bagus, maka satu2 nya cara untuk mendapatkan momongan adalah dengan proses in vitro fertilization -ivf (bayi tabung) {mulai saat ini aku dikasi folic acid 5mg (asam folat) yg diminum 1xsehari} dengan alasan tersebut, 2 bln kemudian (bln mei 2009) aku kembali ke rs mmc melaka, saat itu mens hari ke-2 di bln mei.. tapi karna hormon fsh ku tinggi (13) normalnya 8-10,maka aku disuruh kembali lagi 2 bln kemudian.

Saat mens hari ke-2 di bln juli aku kembali menemui dr selva, setelah dites, hormon fsh ku lumayan tinggi, tapi cukup untuk ivf (10.5), maka aku langsung disuruh proses untuk ivf dengan program antagonist (short protocol-program ivf selama 2 minggu), karna takutnya fsh ku naik kembali..

Untuk program antagonist ini aku dikasi suntikan puregon 300mg (untuk mempercepat perkembangan telur) sebanyak 8 kali selama 8 hari, dan suntik hormon orgalutran (ganirelix) 0.5ml (untuk mengontrol hormon) sebanyak 4 kali selama 4 hari dimulai pada hari ke-enam suntikan puregon. kedua suntikan tersebut di perut bawah dengan jarum yg halus sekali, jd jgn takut sakit ya…

Pada hari ke-9 program antagonist ini, malam hari pukul 22.30 aku disuntik penguat rahim (sori nama obatnya lupa) di (maaf) bokong oleh nurse di emergency room rs mmc melaka..

Pada hari ke-11 program, pengambilan telur dilakukan (saat itu aku dibius total) sejam kemudian aku sdh sadar, katanya hanya ada 6 telurku yg matang dan bagus, sperma suamiku tidak ada masalah. saat ini aku sudah mulai makan obat duphaston & progynova (2xsehari) – penguat rahim, folic acid (1x sehari) dan utrogestan (hormon progesteron) yg dimasukkan ke vagina (2x sehari).

Keesokan harinya aku baru tahu ternyata ada 4 yang menjadi embrio kemudian pada hari ke-14 program yaitu hari ketiga dari saat sperma+telur di”kawin”kan, dari 4 embrio, 2 embrio yg membelah menjadi 9 sel, 1 embrio membelah menjadi 10 sel, dan 1 embrio yg membelah menjadi 6 sel (gagal) normalnya untuk pembelahan embrio di hari ketiga ini menjadi 8-10 sel.. jadi ada 3 embrio ku yg bagus, jd ketiga2nya dimasukkan ke rahimku.. (disini apabila hanya 2 yg dimasukkan, maka yg 1 akan dibuang, krn minimal hrs ad 2 embrio yg difrozen, kebalikannya, tidak boleh hanya ada 1 embrio yg dimasukkan, tkt gk jadi.. oya tingkat keberhasilan ivf di rs mmc ini lumayan tinggi lho..antara 35-40%).

Setelah embrio transfer (ET), aku boleh kencing di toilet dan disuruh istirahat selama 1 jam.. 2 minggu kemudian (17 agt 2009) aku kembali lagi ke melaka, tapi ternyata program ku belum berhasil, padahal semuanya bagus, saat ini semua obat dihentikan kecuali folic acid masih terus diminum.. yah kita hanya bia menyerahkan segalanya pada yg di Atas.. kita cuman bisa usaha tetap Allah SWT yg menentukan..

Oya..untuk biayanya program ivf di rs mmc melaka dgn dr selva + hotel selama 2 minggu 40jt (dgn kurs RM 1 = Rp.3000), belum termasuk makan, tiap orang beda2 berkisar antara RM 12000 – RM 13000 oya, untuk ngeliat profil rs mmc melaka klik aja di http://www.mahkotamedical.com/, ato kalo mo langsung liat program ivf/profile dr selva, klik aja di http://www.melakafertility.com/ ato resume dr selva di http://secure.localdns.net/TOTALWEBLITE/upload/136/Resume.html bukan promosi lho.. hanya membantu sesama calon ibu, biar ada alternatif lain aja.

Rencananya bln okt kmaren aku akan kembali lagi untuk program long protocol (kurang lebih selama 1 bulan), tapi krn satu dan lain hal, agak ditunda dulu.. kira2 untuk program kedua ini sebaiknya aku ke melaka lagi ato gimana ya??mengingat perjalanan yg cukup jauh dan melelahkan (pake ferry dari batam-1,5-2jam, trus lanjut naek bus dari johor-3jam) ada kemungkinan untuk ke dr.binarwan halim di medan, cuman waktu kemaren ngehubungi ke klinik/hp dr bin koq mrk gak informatif sekali ya??? jd drop juga… padahal ud niat bgt pgn ksana..ada masukan gak ya?? (info dong soal BT di Klinik Fertility Halim Medan, dr binarwan halim ).

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (12 votes, average: 3.42 out of 5)
Loading...

110 thoughts on “Pengalaman bayi tabung di Melaka – Icha

  1. Mafi

    Mba widi

    Selamat buat mba widi dan mba elis mungkin sekarang sudah melahirkan ya

    Boleh minta contact wa nya mba widi

    Mba elis saya add ya wa nya

    Terima kasih

  2. Elis

    Xoxoxooxo.. klo aq malah sebalik nya.. bawaan nya lapeeer mulu.
    Oh ya.. lanjut japri aja ya.. ini wa ku. 085376239978 / pin 5A0DBB01

  3. Widi

    Ya mba elis, infonya y breng qta ada 2 orng yang sma qta alhamdulillah hamil jga, aamiin semoga qta dpt kembar y mba. Mba saat ini y dirasakan apa aja, klo widi skrng lemas n udh mual2 mkn udh mulai susah.
    Bsk tgl 19 hr mggu kmi brkt kesna, nanti hr senin abis cek denyut kmi langsung plng krna suami cuti 1 hr aja

  4. Elis

    Dear all..
    Perkenalkan nama saya elis dari dumai.
    Setelah menjalani program Ivf selama 20hari, akhirnya penantian selama 3th berujung bahagia. Special thanks to Dr. Ahmad Saifuddin, kak Ina dan amoy.. All crew IVF..
    Semoga para bunda yg lain segera menyusul ya..

    Hai mba Widi..
    Ini mba yg nginap di al-abrar bkn? Aq yg nginap di trend. Yg dari dumai.
    Beda sehari kita rapotan nya ya.. aq Tgl 30.
    Puji Tuhan aq berhasil jg. Bhcg 485.
    Semoga dpt twin ya.
    Aq di suruh dtg lg Tgl 20. Cm request tgl 25. Biar cuti nya cm 1 hari aja.. xixixiix
    Sehat2 kita ya mba..

  5. widi

    Hai smua,perkenalkan nama saya widi dari Tanjungpinang prov. Kepulauan riau, sya jga habis program di dr ahmad dan alhamdulillah pas tgl 31 mei 2016 sya cek darah di melaka dan didapat bhcgnya 793. Sya sempat nangis haru di depan dr.ahmad krna saking senangnya dpt raport bagus. Secara kmi udh 6 thn pernikahan dan baru kli ini coba bt dan langsung berhasil. Bsk tgl 20 juni sy ke melaka lgi utk cek denyut jantung, doain widi ya…
    program bt sya slama 20 hri di melaka, krna pengin lebih tenang disana dan bs mnta tlng dokter ahmad suntik obat2nya di rs. mksh semua…

  6. Fifi

    Salam kenal semua nya
    Saya fifi dari pekanbaru
    Saya 1 bulan yg lalu baru selesai laparoskopi angkat kista d di sebelah kiri
    Tpi di tahun 2014 saya pernah operasi kista jga dan indung telur sebelah kanan saya d angkat
    Operasi 1 bulan yg lalu laparoskopi saluran tuba saya d angkat kedua nya
    Jadi untuk hamil saya cuma bisa melalui ivf
    Rencana dgn dr selva
    Minta pendapat nya kira2 bagus gak ya?

  7. Elis

    Ternyata postingan ini udah lama bgt ya.. Pst yg ikut BT kemarin udh pada berhasil semua 🙂

    Salam kenal semuanya ya..

    Aq mau minta cerita nya donk.. Rncn bln dpn aq mau konsul keMMC.
    Klo diliat dari coment tmn2 di atas, dr ahmad enak di ajak konsul. Dr selva agak susah bahasa melayu. Sementara saya krg pasif english nya..Hehhehehh

    Utk pemeriksaan awal nya, butuh wkt brp hari ya..mengingat saya hrs ajuin cuti..

    Tq buat sharing nya.. elismardiana@gmail.com

  8. arien

    salam kenal buat semuanya, alhamdulillah sharing teman2 semua sangat membantu saya, saya juga sudah jalan 4 tahun menikah belum mendapatkan keturunan,akhir2 ini baru terpikir untuk ikut BT di malaka, masih mo nyari2 info dulu..

    @ cen : salam kenal, kalo q bc koment cen, sepertiny cen tinggal di pekanbaru ya, q ingin bs banyak ngobrol ma cen, kebetulan saat ini sy juga stay di pekanbaru, mudah2an cen mau share ma q yaa…

  9. yolanda

    Tetep semangat ya ibu ibu, saya juga bulan depan mens hr ke-2 mau brangkat ke MMC utk program BT sm dr.selva, mudah2an Tuhan memberkati and berhasil.Cerita Cen sm Evy bener2 bt aku semangat ikutan BT bulan depan….Caiyooooo…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*