Penantian panjang dan perjuangan yang melelahkan – Hilda

Hallo semua, aku mau ikutan sharing disini dan mungkin bisa jadi masukan bg semuanya.

Menikah sejak 2002 dan pada tahun pertama alhamdulillah hamil scr alami, tp Allah masih belon percaya kpd kami u punya baby, krn perdarahan hebat pd usia kehamilan mgg ke 10.

Memang sejak mulai remaja siklus haid saya sangat tidak teratur, kadang 2-3 bln sekali dan itupun hanya 4-5 hr aja. Setelah tahun ke 3 usia pernikahan, kami mulai cemas krn bln ada tanda u hamil lg. Dan kami mulai berkonsultasi dgn dr. spog. Dari hasil lab didpt kl hsl hormon prolaktin tinggi dan diberi obat elkrip selama 3 bln.
Tetapi setelah kdr hormon normal, masih saja blm ada tanda kehamilan walaupun jg diberi obat penyubur (profertil). Pasrah…. akhirnya itu yg muncul di hati dan pikiran kami.

Setelah th ke 5, mei 2007. Kami memutuskan u konsultasi di Klinik Fertilitas Graha Amerta Surabaya, krn sudah putus asa u hamil scr alami. Pd konsultasi pertama aku di dx PCOS, mkgn ini yg menyebabkan haid aku ndak teratur, seminggu kmdn dilakukan laparascopy dgn hasil dx sal tuba kiri buntu serta dilakukan ovarian drilling
(permukaan ovarium dilukai dgn cara ditusuk-tusuk) agar ovarium bs menghasilkan telur dgn kondisi baik. Selain itu aku jg minum Glucophage 2×500mg.

Satu bulan stlhnya, sy mulai proses BT dan alhamdulillah berjalan dgn lancar. OPU dpt 9 telur dan jd 6 embrio dgn kualitas bagus. 3 embrio ditransfer dan sisanya di freezing. Alhamdulillah, akhirnya Allah mengabulkan doa kami. aku dinyatakan positive dgn 1 janin yg tumbuh dirahimku.

OHSS jg terjadi ama aku, ikan gabus 1kg dan pth telur 5-10 bj jd menu harianku selama 1mgg. Tp dr pada aku hrs MRS dan diinfus Albumin, makanan itu jauh lebih nyaman.
Setelah OHSS berlalu, mgg ke 5 kehamilan timbul flek yang cukup banyak shg hrs bedrest total selama 1 mgg. Dan stlh itu semuanya lancar saja tanpa morning sickness sampai mgg ke 16.

Krn ada tgs kantor yang tdk bs diwakilkan, aku hrs berangkat ke malang selama 1 mgg. Pd saat itulah mulai ada tanda-tanda penyakit komlikasi kehamilan,yaitu PRE EKLAMSIA.
Kaki bengkak! itulah gejala pertama ya terjadi pdku, semua sepatu yg kubw dr surabaya udah nggak muat lagi, terpaksa pake sandal deh! Krn itu, saya buru-buru konsul ke spog di malang dan dicek tensi sy 150/90 mmhg. Dan sy didiagnosa Pre eklamsia ringan.

Pre eklamsia, kt dsog itu bahaya krn bs menimbulkan kejang dan pecahnya pembuluh darah otak bl tdk terdeteksi dan ditangani scr dini dan baik. Dan menurut dsog jg, 70% PCOS akan mengalaminya. Aduh! lemas rasanya denger yang serem gt. Konsultasi saya dirujukkan ke dr dsog sub spesialisasai pre eklamsi dan dsog sub fetomaternal (kesejahteraan janin dlm kandungan). Jadwal kontrol diperpendek 2 mgg sekali dgn USG dopller agar dpt dikontrol aliran drh ibu ke janin. Dan aku hrs cek tensi setiap hari dgn pesan dr dsog, bl tensi 160/100 hrs segera ke Rumah Sakit.

Tegang!!!!! hari-hari aku lalui dgn perasaan itu, terutama pd saat ck tensi. Mama jg panik dan alih profesi jg perawat pribadiku. Diet rendah garam, minum jus seleri + timun + belimbing jd suatu keharusan.

Kehamilan mgg ke 28, pusing rasanya kepalaku dan aku cek tensi udah 180/110. Ingat perintah dsog, langsung menuju ke RS. Di RS aku langsung disuntik obat MgSO4 5 CC pada pantat kiri dan 5 cc pd pantat kanan. Saaaakit!!!!!! Panaaas!!!!.

5 hr stlhnya aku plg dgn tensi stabil 140/90. Kehamilan mgg ke 32, tensi 180/100, pusing, bengkak, napas tersengal-sengal. MRS 2 mgg dan kondisi janin tidak berkembang normal, dgn estimasi berat jenin 1400 gr
(mestinya kira-kira berat janin > 2000gr). Oleh dsog aku ndak blh plg u rawat jalan krn dr hsl pmrksan albuminku rendah, dgn diagnosa PRE EKLAMSIA BERAT dan IUGR.

Kehamilan mgg ke 34, gejala tetap ditambah gusi timbul benjolan dan mudah berdarah waktu disikat. Estimasi berat janin 1500 gr. Dsog memutuskan u mengakhiri kehamilan u menyelamatkan bayi dan aku tentunya.

Akhirnya!!!!! Alhamdulillah, my baby girl lahir 1 April 2008 dgn BB 1500gr. Biar kecil, tapi kuat dan sehat lho! Penantian yang panjang, perjuangan yang melelahkan dan mendebarkan terbayar lunas semua, saat kevina diberikan oleh dr anak u kucium sesaat setelah dilahirkan.

Usia Kevina Putri Kurniawan 14 bln hr ini, sehat, kuat dan cantik.
Dan tgl 8 juni 2009 bsk, waktuku u mulai program BT thaw cycle. Dan harapanku u bs memberikan adik u Kevina sangat besar, walaupun akan ada perjuangan berat lg. Harus tetap semangat dan berdoa agar diberi kemudahan dan kelancaran. Amin!!!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (16 votes, average: 2.50 out of 5)
Loading...

17 thoughts on “Penantian panjang dan perjuangan yang melelahkan – Hilda

  1. Kiky

    Hallo Hilda salam kenal? Gimana kbr ur princess? Aku salut sm perjuangan km lho melawan sakit n kekhawatiran tp akhirnya dgn kegigihan km membuahkan hasil yg luar biasa, mmg yaa semua perjuangan pasti nga akan sia2, Hilda aku jg pnya PCO, sejak remaja mens nga teratur, percis ky km lah, cb BT tp distop dl krn telor terlalu byk n kuatir OHSS jd di terapy dl pake diane n metformin 3×1, sayangnya aku blm didrill jd itu jalan terakhir kt Dr. Bln ini kl hasil hormon ok aku mulai suntik gonal pk short protokol, doain yaa semuanya lancar n bs seberuntung km. Salam sm ur baby.GBU

  2. junita

    Wow.. Salut dengan semangat hilda.. Dan semoga program berikutnya sukses ya.. Kevina segera dpt adik.. Amin..!!

  3. adhita

    Mbak… terharu bgt perjuangannya. Kalau boleh tahu biaya BT di Graha Amerta dulu berapa ya?

  4. Cynthia

    Hallo Hilda…salam kenal.

    Selamat ya akhirnya perjuanganmu berhasil & lahir anak yg sehat & cantik (btw share foto nya dg kami donk).
    Wah, nanti akan ET lagi ya. Semoga rencana untuk memberikan adik bagi Kevina juga berhasil. Kl aku BT 1 belum berhasil, rencananya akan prog.BT lagi nih. Do’a kan yah semoga yg kedua ini berhasil.

  5. novy

    Hi Hilda, salam kenal juga…..:)

    Waduh perjuangannya cukup panjang juga, membutuhkan kesabaran dan ketelatenan membesarkan anak. Sekarang membuahkan hasil, Kevina…. Salut Bu.
    Semoga harapan untuk memberi adik buat Kevina tercapai n sukses.
    Aku BT 1 belum berhasil, sekarang mo program BT 2. Tapi saya ada problem neh, setelah BT 1 bln Mei belum berhasil, perut kok semakin besar rasax, pdhl mkn ga byk, takutx hml, tes urin:negatif. Nafas rasax “engap”….. Adakah teman2 yang merasakan hal yg sm? Habis bingung knp.. Takutx imbas k BT2. Thx teman2 ya sharingx…

  6. hilda

    Hi, salam kenal semuanya:

    to Kiky : Good luck ya, smg berhasil BT nya

    to Adhita : Aku dl biaya BT Fresh Cyclenya abis sekitar 32 jt, itu sdh dr konsultasi pertama ampe konsultasi kehamilan usia 8 mgg.

    to Cynthia dan Novy : Tetep semangat ya! jgn putus asa dan terus berjuang. Dan u novy coba aja u konsultasi di Dr, apa mungkin punya Gastritis (maag)?

  7. hilda

    Kiky & Cyntia : Good luck, aku doain semoga usaha kita berjalan lancar dan sukses ya! Semangat….

    Junita : Trims buaaanyak ya, atas doanya!

    Adhita : Dl sekitar 32jt, itu dah dr konsultasi pertama sampai kehamilan 8 minggu. mau ikut BT dimana nih?

    Novy : Aku ngerasa gitunya pas aku kena OHSS lho! Novy apa punya sakit Gastritis/maag? soalnya gejalanya mirip!

  8. novy

    to Hilda

    Selama ini sih ak ga punya gastritis. Rasanya penuh aja, tp tgl 4 ini ak menstruasi. Dicuekin aja d…. Kali aja emg gt…hehehe.
    Barusan konsul sm dokterx, ktx gpp. trus disarankan untuk BT dg long protocol, tp ak masih mikir2, mau second opinion dl k sby, karena lbh dkt dg bali.

    Thanx banget buat Hilda, sukses selalu buat ET nya nanti sampai hamil n py adik buat Kevina.

  9. Rini

    hallo Hilda salam kenal ya, aku Rini yg laparoscopy di Graha amerta,kmrn Hilda laparoscopy abis biaya brp?
    aku doain semoga berhasil ya BT yg kedua .amin
    btw kmrn itu BT yg pertama langsung berhasil ya?
    pny alamat email yg bisa dihubungi gak? mgkn kita bisa berbagi pengalaman.

  10. rini setyowati

    salam kenal ya mbak Hilda…
    aku rini yg laparoscopy di Graha Anerta,Selamat ya mbak akhirnya pnya momongan.
    akhirnya ketemu jg di bayi-tabung.com yg sudah berhasil BT di Graha Amerta,
    aku awalnya memang berencana mau BT di Graha Amerta, tp saudara menyarankan di Dr Sardjito Jgja ,rini jd bingung deh.
    mbak Hilda pnya Facebook atau alamat email yg bisa di hubungi,buat sharing pengalaman.

  11. hilda

    Novy : thanx ya atas doanya! smg Novy jg sukses ama rencana BTnya.

    Rini : ndak usah bingung rin, menurutku BT dimana aja sama kok! yang penting berusaha dan berdoa, sisanya pasrah atas kehendak Allah. Emailku kevinamom@gmail.com and fbnya Hilda Kurniawan.

  12. noura

    hi salam kenal
    noura dari malaysia, noura juga mngalami OHSS selama sminggu
    betul ke kalu mgalami OHSS myb IVF is success????

  13. windha

    Salut dgn perjuangan mba hilda, congrat ya. Aku
    Mau tanya ketika hamil dibawah 16 minggu, mba masih
    Minum glucophage? Btw aku jg pco, dan salahsatu tubaku
    Bermasalah. Sekarang umurku 29, taon depan rencananya
    Program bayi tabung. Wish me luck ya

  14. ineke

    Salam kenal Mbak Hilda,Selamat ya Mbak Hilda.Mbak,saya pingin sharing dengan Mbak Hilda.Boleh gak saya minta nomor telephonenya??Soalnya saya juga terkena PCOS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*