Penanaman embrio kebadan orang lain – Iis

Soudara-saudara salam kenal. Saya asli orang Bandung dan sekarang berada di Los Angeles CALIFORNIA. Pernikahan kami mau menginjak 11 thn di bulan Feb tahun depan. Saya sudah merasakan bagaimana korbannya perasaan untuk mengharapkan se-orang bayi. Dua kali saya sudah melakukan enseminasi tapi, itu cuman 10% utk berhasil dan 2 kali bayi tabung yang baru kemarin hari Senin Nov 9 2001 dinyatakan Negative setelah ditanamkan 4 embrios.

Saya ber-umur 38 thn , suami 42 thn dan menurut doctor saya termasuk golongan wanita yg subur dimana saya menghasilkan telur 25 buah dan 10 berhasil menjadi embrio pada tahun kemarin. Pada tahun kemarin ditanam 2 embrios, itu dihasilkan positive hanya utk 10 hari saja, dan setelah itu tdk berkembang. Pada tahun ini secara aggresip ditanam 4 embrios yg hasilnya nihil. Menurut doctor uterus saya yg sangat lemah dan ditambah hormone kewanitaan saya lemah pula.

Mungkin diantara soudara-soudara ada yang mau memberikan saran-saran dan mengetahui bagaimana bagusnya utk saya. Rencana saya mau pulang dibulan December Insha`Alloh tahun ini dan sekarang ini saya mau berkonsulatasi dulu dengan doctor jika bisa saya bawa ke indonesia itu 4 embrios dan ditanamkan ke pada adik saya, kalou memungkinkan. Jika tidak memungkinkan membawa 4 embrios tsb, saya tdk akan keberatan utk memproses dr awal lagi untuk mendapatkan embrios yang baru. Tapi setelah itu akan saya tanamkan kebadan saya dan adik saya.

Apakah soudara-soudara pernah mendengar atau mengetahui penanaman embrio kebadan orang lain? mungkin terasa janggal di indonesia apalagi jika anaknya ada campuran darah orang asing krn suami saya orang America. Alasan saya ingin mempunyai kesempatan utk punya anak kalou gagal lagi ditanam embrio dibadan saya, sedikitnya saya akan mempunyai harapan pada adik saya yang telah mempunyai anak sebelumnya. Jika Anda semua mengetahui doctor utk bayi tabung di Bandung, mohon saya kabarin supaya saya bisa merencanakannya sebelum pulang ke Bdg bulan depan dan berkonsultasi dengan doctor di Bandung mengenai persyaratan apa saja yg harus dibawa krn saya sudah diperiksa segala kesehatan dan melakukan radiology juga. terima-kasih. Salam

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 2.00 out of 5)
Loading...

24 thoughts on “Penanaman embrio kebadan orang lain – Iis

  1. lelia

    hi mba iis, sedih banget dengar ceritanya..
    tapi menurut saya jangan dulu sampai berikir untuk menanam embrio mba ke adik soalnya kan masih terlalu dini. ada juga yang sudah dua kali ivf di amerika gagal malah berhasil di penang dengan dr ng.*seandainya mba Karina baca* 😀
    kalau desember sudah ada rencana pulang, coba aja konsultasi dulu. mau di penang atau di jakarta gak masalah. dimana hati mba cocok aja. tapi kalau di bandung kayanya persentase keberhasilannya belum terlalu tinggi.
    jangan putus asa mba…

  2. lelia

    mba, saya tinggal di new york. rencana 28 nov ini mau balik ke medan. mau menghadiri pernikahan adik bontot sekalian mau ke penang buat cek. kalau semua okey, rencana tahun depan mau bt sama dr ng.

  3. shanty.A

    Hello mbk Lis,,
    salam kenal. Jangan putus asa dulu. Coba akupuntur. Saya baca di majalah people, selebrity Celine Dion,, bahwa setelah bayi tabungnya yg sukses dgn putra pertama yg sekarang beumur hampir 10 tahun(tapi setelah beberapa kali mencoba lho)dia mencoba BT selanjutnya yg sampai gagal 5 kali baru kemudian yg BT ke 6 baru berhasil dan baru melahirkan bayi kembar cowok 3 minggu lalu pada saat umurnya udah 44. So, jgn putus asa ya mbak. Kata Celine,,,pada BT nya yg terakhir betul betul dia maksimumkan proses akupuntur agar embryo bisa nempel (ada titik titik tertentu ditubuh yg bila distimulasi bisa berefek menebalkan dinding rahim yg tentunya dibutuhkan embryo utk menempel dan menkalemkan rahim supaya tdk reaktif berlebihan). Banyak juga titik yg lain utk masalah yg lain (seperti buat kista, miom, blood statis dll).
    Coba baca bukunya Dr. Randine lewis ph.d judulnya The infertility cure di amazon.com.
    Bagus banget isinya,,lengkap penjelasan akupunturnya dan studi kasus infertility yg gagal akhirnya dibantu dgn akupuntur malah berhasil.Banyak menjelaskan mengenai keunggulan studi kasus akupuntur dan jg nutrisi yg bisa di konsumsi jika mau ikutran BT lagi.Moga moga bermanfaat

  4. Iis

    Hello Thanks, nice and sorrow rasanya mendengar perhatian dan tanggapan dari orang-orang yg peduli. Maksud Mba Leila, mau check di Penang- Malaysia? saya tidak mempunyai banyak harapan tapi tdk pernah padam semangat saya utk mencoba. Saya baru tlp ke doctor di Indonesia dan mereka tidak diperbolehkan transfer embrio ke badan orang lain. Menurut saya, sekeras apapun dan secanggih apapun kalaou belum di-ijinkan yang di Atas, tetap saja hasilnya sama. Dan saya akan mencoba doctor di Indonesia dan alternatif yg lainnya, siapa tahu berhasil. Biayanya tdk sebesar spt disini cuman saja hrs ada cukup waktu luang dan mungkin ditambah ongkos pesawat, sambil mengunjungi keluarga tercinta. Kalou semua ini masig tdk berhasil, kemungkinan saya mau meng-adopsi saja. Good Luck yach & kabarin hasilnya.

  5. olif

    salam kenal mbak Iis, maaf ya sebelumnya, kl menurut saya pribadi saya ga se7 dg keinginan mbak menanam embrio di adik (sesuai keyakinan saya sbg muslim), apalagi peraturan program BT di Indonesia juga tidak memunkinkan spt itu, ok

  6. lelia

    mba iis,
    jangan pernah ucapin gagal atau tidak berhasil… harus “insha-Alloh BERHASIL!” soalnya itu psikologis mba..
    coba aja dulu mba, biar gak menyesal. selama liburan, siapin waktu buat ketemu beberapa dokter di jakarta atau di penang. kalau mba gak merasa sreg, gak usah diterusin.
    bisa minta emailnya mba, emal saya lelia_girsang@yahoo.com

  7. bunga

    Mba Iis,

    Saya tdk bisa mengungkap kan dgn kata2 bagaimana perasaan mba saat ini dgn kegagalan yg pernah di alami mba. perjalanan dalam infitilitas ini sangat lah lah sulit kadang2 membawa kita ke dalam emosi yg sgt tdk mementu.
    Keadaan saya, saya cmn bermasalah dgn fallopian tubes smua horman keaadan rahim dan sperma smua baik sekali dan waktu BT pertama kami jg, saya menghasilkan 15 telor yg mana 10 menjadi embryo km tanam 2 blast dan hasil nya saya postive tapi tdk berkembang gugur di mggu ke 5 yg mana mkn di kenal sbgai late implantation sama dangan pengalaman BT mba yg ke 2.
    walaupun hanya sekali gagal, saya tdk bisa menolong diri saya utk berpikir “apakah saya bisa hamil akhirnya” perasaan ini kadang2 yg membuat saya memikirkan pilahan2 yg lain sperti adopsi dan surrogacy spt mba Iis.
    tapi saya dan suami sepakat utk mencoba beberapa kali lg sampai kami melangkah ke jln tersebut.

    Mba Iis, Saya pikir… surrogacy adalah sesuatu yg mba mkn bisa keep in mind, tetepi satu hal yg saya pahami kalo jalan ini melibatkan dgn legal hukum ttg idintitas kepemilikan anak tersebut dan hendak nya mba berkonsultasi dgn dokter nya dulu, kalo di amrik biasanya hrs sewa pengacara utk pengurusan surat2 nya.
    Kalo mba ambil jalan ini (surrogacy) ato ada temen yg lain yg membaca ini disini, mohon sekiranya bebagi pengalaman dengan saya. Saya kepingin sekali jg tau bagaimana prosesnya supaya saya tau pilihan apa yg saya punya.

  8. Iis

    Salam utk semuanya, pertama kpd mba Shanthy, terima kasih atas sarannya. Memang itu bisa membantu secara alternatif tapi tdk selalu semuanya berjalan lancar dan tergantung dgn kondisi badan kita masing2. Saya sudah acupanture sebelumnya dan juga byk keluar biaya pergi ke org hispanic spt org kita percaya bhw uterus saya ada di belakang atau melilit dll. Saya dipijit 2 kali dlm seminggu utk waktu yg lama 15mnt tiap pijit 35dlrs, sampai saya sendiri yg lelah, katanya saya hrs dinaikan rahimnya etc. Memang seharusnya saya selalu berharap, tapi saat itu ulu hati saya sakit sampai tdk bisa bernapas dan sudah rasanya kering airmata saya spt broken heart. Itu sesuatu terjadi secara alami diluar kontrol saya pribadi. Kalou diceritain disini byk sekali hal yg telah saya coba. Apalagi. Lagi doctor yg pertama mengatakan suami saya jml spermanya kurang. Dan saya tdk tega melihat dia hrs selalu masturbated disiang bolong utk di test dimana saat lagi sibuk2nya dikantor, pasti not in the mood. Menurut suami saya lebih dr 2 kali melakukan inseminasi doctor tdk bilang kalou chancenya cuman 10%. Dan utk ivf cuman dibutukan satu good boy dr suami dan sebenarnya quantity utk ivf tdk dijadikan masalah, cuman qualitasnya saja yg dilihat. Kepada Bunga, saya udah bicara sama nursing utk surrogacy, biayanya akan lebih mahal, krn tdk dicover insurance dan hrs beli sendiri. Utk hal ini dibutuhkan biaya 25,000 usa dlrs HANYA utk memeriksa badannya dia saja. Itu belum termasuk ivf, dan ditambah biaya ivf lalu kalou kembar insurancenya akan 2 kali lipat. Mungkin di Singapore bisa, tapi besok saya akan menemui doctor dan akan saya konsultasi dgn terperinci. Doctor yg sekarang ternama dan nyaman,havingbabies.com tapi mungkin saya belum waktunya. Saya dengar ada doctor di turky dan merangkap tabib byk yg berhasil, dan saya akan coba pula klinik di bdg dimana teman2 saya dtg dan berhasil secara alternatif sblm ivf di Indonesia. Perasaan saya rasanya sudah lelah krn tapi tetap saya akan berjuang. Lalia atau teman yg lainnya bisa keep in touch dgn saya at iis_marcum@yahoo.com. …..thanks utk semua saran dan perhatiannya.

  9. Iis

    Just info, itu doctor dan tabib dr Turky adanya di Jkt. Saya akan selalu berbagi pengalaman di publik ini. Utk surrogecy dgn biaya yg disebutkan diatas belum tentu 100% akan berhasil krn tergantung juga pd badannya mereka. Kalou berminat utk surrogecy, ambil seseorang yg pernah punya anak sebelumnya supaya chance-nya lebih byk. Hal yg plg mengerikan dan tdk adan terlupakan ketika melakukan radiology yg mana dimasukkan selang kecil dr vagina sampai uterus dan kemudia disemprot ink/tinta dan saya hrs berfoto ria dgn posisi dr kanan, kiri etc. Saat itu dlm keadaan telanjang dan tdk dikasih anti pain, kalou ada tenaga 10% yg tersisa saat itu. Kemungkinan saya sudah menendang itu pantat doctor dan nursing dan saya tdk akan memikirkan punya anak lagi. Perasaan kaya ada allient masuk badan saya,mungkin kaya dicabut nyawa dgn keringat bercucuran mata saya melotot menahan kesakitan dan nursingnya saja sampai menitikan air mata. Sesudah selesainya baru saya ada tenaga utk menangis dan mengulingkan badan saya kelantai sambil merangak utk mengambil baju. Pedih hati saya saat itu, seandainya suami saya ada di dlm dan menyaksikan hal tsb, dia pasti lebih tragedis dr pd saya sendiri. Tdk seorang pun akan tega melihat kejadian tsb, nursing yg tdk kenal saja menangis sambil menahan tgn saya dikunci ke flat iron. Saya paparkan semua ini, supaya ada idea dan tdk blong kaya saya dulu. Setidaknya, ada persiapan mentally.

  10. shanty.A

    Mbak Iis,,
    Acupressure juga bisa mbak..sama dgn akupuntur. Mbak bisa lakukan sendiri tanpa bantuan org hispanik tersebut atau DR. jadi bisa pake pensil yg tumpul atau sumpit lalu ditekan agak keras ke titik titik yg bermasalah sesuai dgn kasusnya mbak. Insya Allah..ada perubahan.Ini didukung dgn penelitian di eropa dan amrik bahwa akupuntur/ akupressure itu bisa memerintah tubuh dan jaringan syaraf. Dulu saya juga suka bermasalah dgn payudara yg selalu terlampu tegang dan sakit setelah masa subur. Sampai jika berlari pun terasa sakit di payudara. Alhamdulillah,,setelah sy akupressure dan akupuntur sekarang malah sudah hilang sakitnya sama sekali. Jika capek menekan dgn tehnik acupressure,,boleh juga dibeli mesin acupunture tanpa jarum (yg efeknya persis akupuntur),,banyak di mal mal di indonesia. jadi cuma di tempel ke titik titik tertentu tubuh dan akan terasa ada aliran listrik mengalir ke tubuh (proses ini hampir sama dgn cerita salah satu yg pernah posting di blog ini, menggunakan fisioterapi dgn dialiri listrik di salah satu RS swasta ,,dan malah akhirnya saluran tuba yg non paten pun bisa jadi paten..) Di buku tsb,,ada gambar titik titik pada setiap bagian tubuh yg berhubungan dgn kesuburan. Boleh dicoba…Moga2 berhasil. Amin.

  11. tin2

    Dear Iis….
    Jangan menyerah, beb..
    Setahuku, di Indonesia, keinginanmu itu tidak akan terwujud. Sebab menurut aturannya, utk BT sperma yang digunakan adalah sperma suami, bukan donor, demikian juga utk telur dan rahim….
    kalau diingat pelajaran Biologi kita dulu, emang didarah kita ada Rh yang menghalagi embrio tsb. Ntar klo ke INA, coba temui Dr. Karmel di RS Cikini…
    Pokoke, tetap berjuang…. kita kan lum seberapa kalau dibanding teman2 ada yang nyoba BT 10x… hehehe… ingat, BT dimanapun masih mempunyai kesempatan 20-30%… sisanya milik TUHAN….. dan TUHAN KITA KAYA…. ok…..
    Salam buat keluarga….. TETAP SEMANGAT

  12. Iis

    Saya telah menulis pjg lebar sebelumnya terus menghilang dan saya akan mencobanya menulis lagi. Setelah berkonsultasi dgn doctor mengenai Surrogacy utk dear Bunga, menurut doctor simpan itu sebagai pilihan yang terakhir. Penjabarannya secara medis masuk akal tetap semua yg dipaparkannya membuat saya tersenyum dan merenyit. Apakah Bunga sudah benar-benar positif masalahnya Fallopian Tube? Pernahkan melakukan test secara khusus atau radiology (memasukkan selang kecil dr Vagina sampai ke pusar jika ada kelainan didlm Tube? Sebelumnya suami saya menyarankan utk mengambil the last chance utk ditransfer ke 4 embrios. Setelah kegagalan yg ke 2 kali, doctor menyarankan saya utk melakukan beberapa test, test Biopsy ($1.800 termasuk biaya doctor , lab dan obat) utk meyakinkan tdk ada masalah dlm uterus, waloupun Lining uterus/rahim saya kelihatan bagus ketika di Ultrasound sebelum IVF. Dimana diambil sample kecil dr daging dibagian dalam vagina. Jika hasilnya menunjukkan bagus lalu Doctor menyarankan test DNA/embrios utk memilih calon embrios yg sehat. Biaya utk Lab penelitian $4,100 dan dia menyarankan saya utk melakukan IVF lagi dr awal dgn 3 cycles $10,500 belum termasuk biaya doctor, medical etc kemungkinan akan jatuh $20,000. Supaya bisa mendapatkan chance yg banyak jika saya mempunyai byk embrios krn biayanya sama.

    Dari hasil test tsb akan ketahuan mana yg sehat utk ditransfer dan berkembang didalam tubuh kitu. Seandainya keadaan sperm-nya tdk bagus, dan tdk bisa diobati secara medis, dia menyarankan utk mencari donor sperm atau sebaliknya utk pihak perempuan, itu akan lebih baik menurut dia jika mencari donaturnya dr keluarga sendiri, supaya tetap masih ada genetiknya kita sebelum mencari orang lain. Dan faktor usia sangat menentukkan, makin tua makin kering sekalipun banyak egg nya belum berarti semuanya kromosonnya sehat. Dan jika ganguanya ada pada rahim atau Follopian Tube selain DNA yg tdk memungkinkan baru kita melakukkan Surrogacy.

    Tidak semua orang yg melakukan IVF melakukan penelitian semuanya secara berurutan jika tdk perlu, menurut pemahaman saya biaya test-test akan lebih mahal dr IVF-nya sendiri, kebanyakkan dilakukan setelah mengalami kegagalan atau tanpa penelitian lagi dan mencoba utk mentrasfer embrios yg sudah ada, itu akan beruntung seandainya ada embrios yg sehat dan tumbuh dibadan kita. Secara logica, kalou sudah ketahuan penyebabnya dgn tepat setelah kegagalan IVF, tinggal mencari solutionnya yg cocok dgn masalah kita. Saat ini saya sedang mempertimbangkannya, apakah perlu melakukan semua ini? Yang menuntut secara emotional, time dan financial. Saya sedang berpikir utk melakukan IVF di Indonesia dan semua penge-tesan kalou seandainya semua sarananya tersedia, sambil saya melihat lihat panti-asuhan, utk meng-adopsi anak yg ber-umur 2 to 5 thn. Semoga saja utk international adoption tdk akan dipersulit, itu akan memakan proses waktu 6 bln dan hrs menghadiri dipersidangan sampai di-ijinkan oleh pemerintah Indonesia. Semoga ada panti asuhan yang sudah terorganisasi dalam hal document international adoption.

    Saya merasa terhormat dan menghargai semua saran-saran yg telah diberikan, pls jangan sukan2 utk memberikan pemasukan dr siapun,terima-kasih kepada Bunga, Shanty, Lelia, Olif dan Tin2. Jgn lupa tetap bersilaturahmi dan saya bisa di add di facebook, iis_Marcum@yahoo.com

  13. Rachma

    @Iis
    Salam kenal ya…
    Program bayi tabung di Bandung hanya ada di klinik Aster RS. Hasan Sadikin, dokter yang menanganinya dr. Tono dan tim. Memang tingkat keberhasilannya lebih kecil dibandingkan di BIC (dr. Ivan) dan di Siloam Hospital (dr. Aucky).

    Iis jangan patah semangat ya? saya sendiri sudah melakukan inseminasi 3x dan bayi tabung 2x belum berhasil, usia pernikahan menjelang 10 tahun dengan usia menjelang 40 tahun.

    Pernah baca pengalaman ibu Martha Tilaar ketika mendapatkan anak pertamanya Wulan Tilaar. Beliau berusaha selama 16 tahun usia pernikahan, dan pada usia 42 tahun melahirkan anak pertama. Pada saat usia beliau 40 tahun, neneknya mohon ijin untuk mengobati beliau dengan jamu atau herbal. Hasil pemeriksaan dokter sebelumnya di luar negeri bahwa beliau dikatakan mandul. Setelah rajin mengkonsumsi jamu yang direbus dan jamu bentuk kaplet, beliau bisa hamil alami dan melahirkan di usia 42 tahun. Setelah melahirkan Wulan beliau masih rajin mengkonsumsi jamu untuk menjaga kesehatannya, tanpa di sangka2 pada saat usia 46 tahun beliau melahirkan lagi untuk yang ke-2. Bisa dilihat kondisi ibu Martha Tilaar sekarang, pada usia 70-an beliau masih terlihat sehat dan jarang sakit. Boleh kan kalau kita mencontoh kesabaran dan ikhtiar yang beliau jalankan…

  14. Iis

    Hello Rachma, cerita ttg Ibu Martha Tilaar sangat unique dan menarik. Memang saya akan mencoba secara alternatif dan ivf di Indonesia. Secara alternatif take time, hrs penuh dgn kesabaran, keiklasan dan keuletan, tentu dgn byk2 berdoa. Di sini tdk banyak pilihan utk melakukan secara alternatif. Selain itu saya akan mencari anak dr panti asuhan utk mengisi dan berbagi kasih sayang. Sedikitnya itu akan mengobati kerinduan saya utk mempunyai momonga. Menurut Anda, apakah byk yg gagal di bdg utk ivf? Atau dikarenakan masalah secara technic kurang memadai? Dan saya tdk tahu bagaimana utk mengungkap kata2 yg tepat utk perasaan Rachma, tetapi saya memahami, kegagalan selalu tdk berkenan di hati. Terima kasih, salam.

  15. Kepi

    Mba Iis,

    Kalau seandainya bukan karena umur yg telah menginjak 35 kita tidak/belum berencana BT dulu. Alasannya BT sendiri secara hukum Islam masih diperdebatkan, namun yg jelas HARAM adalah:
    “Sperma yang diambil dari pihak lelaki disemaikan kepada indung telur pihak wanita yang bukan istrinya kemudian dicangkokkan ke dalam rahim istrinya. Indung telur yang diambil dari pihak wanita disemaikan kepada sperma yang diambil dari pihak lelaki yang bukan suaminya kemudian dicangkokkan ke dalam rahim si wanita. Sperma dan indung telur yang disemaikan tersebut diambil dari sepasang suami istri, kemudian dicangkokkan ke dalam rahim wanita lain yang bersedia mengandung persemaian benih mereka tersebut. Sperma dan indung telur yang disemaikan berasal dari lelaki dan wanita lain kemudian dicangkokkan ke dalam rahim si istri. Sperma dan indung telur yang disemaikan tersebut diambil dari seorang suami dan istrinya, kemudian dicangkokkan ke dalam rahim istrinya yang lain.”
    Terasa berbelit dan rumit tapi kembali ke pokok masalah:
    – Menitipkan zygot hasil telur istri+sperma suami yg sah ke rahim orang lain adalah TIDAK BOLEH

    Mudah2an ALLAH memberikan jalan terbaik dan segera mendapatkan keberhasilan

  16. shanty aris

    hello Mbak Lis sayang,,,
    Sy juga pernah baca cerita ibu Martha Tilaar itu. Duluu banget dimajalah femina. Tanteku aja masih melahirkan pada saat usianya 49 tahun (subur banget ya? hehehe).
    keep semangat ya,,,mbak, coba deh di order dan dibaca bukunya Dr,randine lewis…krn ada kasus yg kayak mbak (malah 7 kali IVF gagal semua) tapi akhirnya bisa sukses yg ke IVF ke 8 setelah terapi herbal china dan akupuntur dan umurnya udah diatas 40an (kalo di indo kan ibu martha tilaar terapi herbal jawa hehehe..sama sama herbal kok).
    Pernah juga aku baca kisah seorang pramugari pasiennya Dr. lewis, yg udah stress banget 3 kali IVF nda sukses,,malah dia dan suaminya ada ASA antibodi tinggi dan dokter di amerika udah menyatakan cuma bisa IVF. beberapa kali test lab dan akhirnya malah pasangan tsb makin stress. Akhirnya dia mencoba akupuntur dan herbal juga dan akhirnya dokternya kaget dan mereka pun kaget banget krn ternyata hamil alami tanpa inseminasi atau IVF setelah beberapa bulan terapi..malah sekarang sudah punya 2 baby. jadi tdk ada yg tdk mungkin jika Allah swt berkehendak. Atau yg lebih menarik lagi,,,di Oprah winfrey (ada di situs Oprah), ada seorang ibu di Brazil yg sudah di angkat rahimnya jadi sudah 0% kesempatan hamil. Eh, malah mengalami keajaiban hamil dan punya anak cewek..Subhaanallah!..Apalagi peluang kita kita semua yg masih punya organ reproduksi lengkap tentunya masih lebih besar dr yg tdk punya rahim kan? hehehe jadi tdk ada yg tdk mungkin jika Allah swt/ Tuhan berkehendak. Tugas kita hanya berusaha sambil terus berdoa…amin. Moga2 sukses berikutnya ya mbak…

  17. Iis

    Hello there, terima-kasih banyak utk menyempatkan waktu, perhatian dan dorongannya. Perjalan kisah yg diceritak sangat menakjubkan, akan susah sekali mencari kisah yg sama spt itu, meskipun satu diantara seribu pasangan. Saya sudah 2 kali ke tabib China spt difilm Jacky Chen or Jet Lee, dia memegang urat nadi saya, lalu meracik ramuan utk diminum. Tetapi saya berhenti meminumnya lagi soalnya membuat saya mengantuk setiap saat. Saya akan mencoba membawa suami saya utk dilihat nadinya dan siapa tahu berhasil dgn cara spt ini. Kalou di lihat secara scientis, mereka tdk akan melihat kepercayaan seseorang sepajang tdk merugikan pihak orang lain atau tdk ada hubungan secara physically disini. Tentu saya sendiri akan keberatan, jika seadainya di ambil telur dr perempuan org lain dan disemaikan bersama lalu di trasfer di dlm badan saya. Lebih baik saya meng-adopsi seorang anak sambil tetap berdoa, tdk ada yg mustahil dlm hidup ini jika yg diatas berkendak sesuatu. Saya sedang mencari informasi ttg pengangatan anak asuh baik disini maupun di Indonesia. Again, thank you very much …salam.

  18. Rachma

    @Iis
    Tingkat keberhasilan bayi tabung yang rendah di klinik Aster RSHS saya sendiri tidak tahu, hanya sering dikatakan unexplain dari pihak dokter dan perawat apabila gagal setelah dilakukan embrio transfer. Adapun di klinik program bayi tabung yang lain, ada penjelasan secara medis mengapa kita mengalami kegagalan. Misalnya karena kekentalan darah atau ACA yang tinggi sehingga janin kekurangan nutrisi dan oksigen. Saya sendiri diagnosanya mempunyai ASA yang tinggi sehingga embrio dianggap benda asing dan ditolak untuk menempel di rahim. Alhamdulillah sekarang sudah turun dengan terapi herbal. Soalnya klu pk PLI, begitu kita berhenti imunisasi akan meningkat kembali.

    Untuk mengasuh baby, bisa datang ke panti asuhan Muhammadiyah di Jalan Purnawarman Bandung (dekat BEC), disana banyak bayi-bayi lucu yang bisa kita asuh. Hanya untuk perijinannya agak ribet kalau ambil dari panti asuhan. Beberapa teman yang punya anak adopsi, mengambil dari klinik atau rumah sakit, tentunya kita juga harus punya contact person dengan pihak rumah sakit-nya.

  19. asti

    @rachma : boleh tau pengobatan herbal untuk menurunkan ASA apa? Aku juga punya masalah dengan antibody, sudah suntik PLI 9X, sudah turun tpi belum hamil juga. Sekarang mungkin sudah naik lagi ASA-nya.

  20. Rachma

    @Asti
    Aku terapi herbal untuk menurunkan ASA dengan dr. Sidi Aritjahja, prakteknya di Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Bekasi. Jadwal di Bekasi 2 bulan sekali, jadwal prakteknya tanggal 4-5 Desember, alamatnya di Taman Aster blok A1/180 Cibitung-Bekasi, telp. 021-88372132. Tiap malam kita minum ekstrak herbal (direbus dan diambil sarinya), selama 3 bulan suami harus pk kondom ketika berhubungan supaya terjadi penurunan ASA.

    Ada pasien dr. Sidi yang telah melakukan 5x program BT gagal (2x di Jepang, 2x di Australia, dan 1x di Jakarta). Embrio tidak mau menempel di rahim dan tidak berkembang dengan baik, karena terdapat antibody yang tinggi di tubuhnya sehingga tidak hanya sperma bahkan embrio pun dianggap antigen sebagai benda asing. Setelah 6 bulan ikut terapi herbal dengan dr. Sidi berhasil hamil alami, dan sekarang sudah punya 2 anak dengan kehamilan alami. Semoga dapat membantu…

  21. Iis

    dear Rahma, saya harap Anda dan teman-teman seperjuangan kita dalam keadaan sehat wal-afiat with the best of Iman too. Saya sedang berpikir jika saya memiliki Asa juga, dan tdk ada salahnya jika di test di Indonesia. Saya sudah malas utk ikut IVF lagi, baru-baru ini saya sedang mempersiapkan utk mengadopsi seorang anak disini, campuran Asia dan white sebagain cerminan saya berdua disini. Surat dan proses serta biayanya sangat mahal, tapi kita lihat saja soalnanya sama dgn biaya IVF. Alternatip ke-2 saya tertarik utk meng-adopsi anak yg ke-2 di Indonesia tetapi persayaratnya berat utk saya berdua krn harus tinggal di Indonesia dgn anak asuh tsb selamat 2 thn sampai proses selesai utk warga negara asing. Saya akan mencoba bernegosasi dgn para Jaksa siapa tahu memberikan perkecualian. Bagaimana Rahma tahu bahwa ketika dinyatakan positip dlm ASA-nya? saya akan mengecek medical record saya dan siapa tahu saya tdk dpt masalah dlm hal ini. Salam dan sukses selalu.

  22. Velly

    Salam kenal semuanya… to the point aja deh, saya wanita berumur 26th dan suami 37th. kami sudah menikah hampir 4th november mendatang tp belum juga di karuniakan anak. menurut pemeriksaan medis, suami mengalami ketidaksuburan. ada pemikiran saya untuk mengadopsi anak dan juga menanamkan embrio pasangan suami istri lain kerahim saya atau juga sperma orang lain ke rahim saya lewat inseminasi (utk yg ini mmng sedikit gila. saya butuh pendapat kalian. Terima kasih

  23. wati

    alo velly salam kenal yacch………….kl mnrtku sih melihat usiamu yg masih byk kemungkinan mendingan terus dicoba sj dulu dg sel telur & sperma suami. Kl boleh tau kpn gak suBur?ada varikokel/obesitas/penyakit Lain? Aku jg jg sdh menikah hmpr 5th tp jg blom dikaruniai momongan pernah insem 2x, BT 1x, rencana mau BT lg utk sisa embrioku akhir taon ini. Suamiku jg py bermasalah dgn kualitas sperma.1 hr sblm Bt suamiku minum pucuk kurma dr arab kt temenku bs memperbaiki kualitas sperma. Kt dokter saat BT kualitas spermaku baik & sel telurku baik tp ada hormon yg udah mulai turun tdk tau sebabnya apa. BT tetap dilaksanakan & hslnya gagal total beta HCGku cuma 0,1 artinya embrionya gak mau nempel sama sekali. Sedih buanget rasanya & utk penanaman embrio kedua dokter menyaranku utk Laparoskopi dulu utk cari penyebabnya. Now aku lg nunggu jadwal laparoskopi 3 okt. Dari critaku td, aku cuma ingin ksh tau utk BT itu hrs dipikirkan jg apabila kemungkinan gagalnya, rasanya gak enak banget. Kl keberhsln itu pasti semua org mau, tp kl gagal siappun gak ada yg mau. Harus bener2 siap mental krn kehidupan tdk bs dibeli pake uang. KL utk pake sperma org lain setaukudi INDO belum bs Vell, utk BT aja hrs serahi surat nikah. Tetaplah berusaha & berdoa smoga dapat mudjizat dari TUhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*