Pelajaran berharga saat bayi tabung – Cherry

Salam Kenal!
Saya 28thn dan suami 32thn. Usia pernikahan kami 1.5tahun saat memutuskan untuk program bayi tabung. Alasan kami mengikuti program ini adalah kondisi sperma suami yang OAT. Jumlah sedikit, bentuk tidak sempurna dan pergerakan yang jelek. Keadaan rahim saya normal, hormonal normal, mens teratur dan tidak ada kista atau kelainan lainnya.
PAda awalnya saya sempat syok atas keadaan suami, dan sempat marah dalam hati, kok bisa saya harus mengalami semua ini. Beberapa teman yang menikah setelah saya, langsung mendapat buah hati.
Apalagi saat divonis dokter bahwa kami hanya bisa memperoleh keturunan melalui proses bayi tabung. Saya marah pada suami, mengapa saya yang harus sakit disuntik, distimulasi dan menanggung semua proses padahal saya normal dan suami yang memiliki kelainan.
Ya, saya marah dan sedih. Tidak bisa menerima. Saya egois karena memikirkan diri sendiri. Dan saat itu saya belum siap menjalani proses bayi tabung. Seiring berjalannya waktu, saya sadar bahwa memiliki seorang anak adalah keinginan dan keputusan suami dan istri dan sebagai istri saya juga harus menyuport dan ikut menanggung beban mental keluarga.
Saya akhirnya sampai pada tahap ikhlas menjalani proses bayi tabung. Apalagi saya menyadari bahwa suami juga sangat terpukul dengan keadaannya dan sedih mengetahui bahwa proses bayi tabung adalah proses yang tidak mudah untuk saya.

Program bayi tabung kami dimulai bulan Juni 2014. Hari kedua mens, saya datang ke RS Siloam Surabaya untuk USG Transvaginal dan cek darah lengkap. Berdasarkan hasil lab, Dokter Aucky memutuskan saya ikut Short Protocol dan bisa langsung suntik Gonal F di hari ketiga mens. Suami diresepkan vitamin untuk dikonsumsi.
Saya bersyukur karena tidak ada kendala berarti sebelum memulai proses ini. Bahkan dokter berkata, kami masih muda dan tingkat keberhasilan diatas 50%.
Hari ketiga mens, jam 7 malam saya suntik Gonal F sebanyak 2 ampul. Harga terbaru Gonal F adalah 600rb per ampulnya. Karena saya suntik 2 ampul, maka sekali suntik adalah 1,2jt.
Saya suntik Gonal sebanyak 7 hari. Di sela-sela suntikan Gonal tersebut, dokter memantau perkembangan sel telur saya lewat USG Transvaginal dan cek hormon Estradiol. Hormon Estradiol harus naik bertahap untuk membuktikan bahwa tubuh saya merespon Gonal F dan stimulasi terhadap indung telur diterima dengan baik.
Saat suntik tidak sakit, bahkan kegiatan suntik menyuntik ini dilakukan oleh suami saya sendiri, jadi saya tidak perlu bolak balik ke RS Siloam.
Suami saya dengan sabar menyuntik dan menenangkan saya jika mood atau emosi saya naik turun setelah suntik obat hormon ini.
Suami menghibur dan mengajak saya menikmati makanan enak, memijit kepala dan pundak saya.
Sesaat setelah disuntik kepala saya selalu kliyengan, agak tidak nyaman. Tapi proses yang paling tidak enak adalah saat pengambilan darah, karena terlalu sering ditusuk jarum, nadi saya selalu nyeri. I hate the sensation.
Dokter Aucky mengganti suntikan Gonal F dengan suntikan Pergoveris di hari ke ?8 karena menurut beliau telur saya belom memenuhi ekspektasi.
SUntikan Pergoveris lebih mahal, 1.3juta sekali suntik. Belom rasanya sakittt banget ketika obat masuk ke dalam kulit. Sampe nangis pas disuntik!

Setelah 7x suntikan Gonal F dan 2x suntikan Pergoveris, saya dinyatakan siap untuk OPU. Lalu saya pun disuntik pecah telur. Saat OPU, saya tegang banget, takut sakit dan nervous. Saya datang pagi pagi lalu mendaftarkan diri. Suami selalu menemani dan berusaha menenangkan saya, beliau berkata, jika proses ini bisa diwakilkan dia dengan rela menggantikan saya. Sebelum OPU, saya diminta melepas semua baju dan pakaian dalam, dan berganti pakaian biru untuk operasi. Obat penghilang nyeri sebanyak 2 tube dimasukkan lewat anus, lalu jarum infus dipasang di pergelangan tangan kiri. Kata suster itu infus untuk memasukkan obat antobiotik. And, here we go!

Saya naik ke kursi lalu suster membuka lebar paha saya, tanpa ada penutup di area kemaluan. Duh, risih dan malu, apalagi banyak suster dan dokter sliweran. Tangan kanan saya disambungkan dengan alat tensi, sementara tangan kiri dipegangi oleh suster.
Kaki kanan dan kiri diikat dengan sabuk, tujuannya supaya saat OPU, kita tidak menggerakkan tubuh. Saya tegang dan takut, suster menggenggam tangan saya.
Lalu proses OPU dimulai. Suster menyiramkan gel dingin untuk membersihkan area luar kemaluan. Setelah itu, dokter mendekat, memasukkan alat untuk menyemprot cairan kedalam vagina lalu membersihkannya. Rasanya seperti disikat dengan sikat.
Dan, alat penyedot sel telur dimasukkan, saat dimasukkan, tidak terasa sakit, namun saat dokter menusukkan jarum menembus indung telur, rasanya ngilu dan tidak nyaman.
Ternyata sensasi sakitnya tidak semengerikan yang saya kira, hanya serasa perut diacak-acak dengan benda tumpul. Proses berlangsung selama 10 menit. Dan didapat 11 sel telur yang siap untuk dibuahi.
Suster berkata, jadwal ET akan ditentukan hari kedua setelah OPU. Jadi hari kedua setelah OPU saya harus menelepon RS. Saya berharap bisa transfer Blastocyst (embrio usia 5hari) karena embrio yang dapat bertahan hingga 5 hari memiliki kans yang lebih besar untuk bertahan dan menempel di dalam rahim.

Hari kedua setelah OPU saya menelepon RS dan ternyata ET akan dilakukan keesokan harinya, which is usia embrio 3 hari.
Saya agak kecil hati dan bertanya-tanya, apakah dari 11 sel telur tersebut hanya sedikit yang terbuahi? Sehingga embrio harus ditransfer di hari ketiga, bukan kelima..
Saya berasumsi, namun suami dan keluarga memberi kata-kata positif. ET berjalan lancar, hanya 5 menit dan tidak ada rasa sakit. Kecuali saya harus menahan kencing karena sebelumnya suster meminta saya minum 1 botol air dan tidak boleh pipis.
Setelah ET saya diharuskan istirahat di kamar RS selama 8 jam dengan posisi kaki lebih tinggi dari kepala.. Dari 11 sel telur, hanya 6 sel telur yang memenuhi syarat untuk disuntik dengan sperma. Dari 6 sel telur yang disuntik, hanya 3 sel telur yang terus membelah.
Namun tidak ada yang berkualitas excellent. Dokter Hamdani hanya berkata “Bagus kok kualitasnya”. Semua embrio dimasukkan saat ET. Dan tidak ada cadangan. Saya pulang dengan optimis dan rasa syukur karena separo proses sudah saya jalani. Mulailah masa Two Week Wait saya.

Saya beristirahat, tidak bekerja dan hanya tidur-tiduran di kamar. Tidak naik turun tangga tetapi mandi dan buang air seperti biasa. Hari-hari saya jalani dengan optimis. Setiap malam tidak lupa saya memasukkan Crinon untuk penguat rahim.
KAdang perut terasa kembung, begah dan sedikit mulas. Kadang seharian tidak terasa apa-apa.
Setelah ET, saya rutin mengkonsumsi Sari Pati Ikan Kutuk untuk pemulihan dan stamina serta untuk mencukupi kebutuhan albumin agar tidak terserang OHSS.
Yang menyiksa saya saat masa penantian adalah pikiran negatif saya. Saya parno kalau tidak merasakan apa-apa di perut, padahal banyak wanita yang hamil muda secara alami tapi tanpa merasakan apapun sebelumnya.
Support suami sangat penting. Saya bersyukur punya suami yang support, pengertian, melayani dan cinta banget sama saya. 2minggu saya lalui, saya hanya keluar rumah saat harus suntik HCG di RS selama masa penantian.
Saat suntik HCG yang pertama, perut saya sempat kembung dan sakit. Saya takut terserang OHSS, tapi sehari kemudian semua rasa kembung hilang.

Lalu tiba saatnya cek darah untuk penentuan. Saat diambil darah, suster sampai mencoblos nadi saya 3x karena saat dicoblos nadi saya ciut sehingga darah tidak bisa mengalir keluar. Bukan karena tegang menunggu hasil tapi karena saya udah trauma dan males banget dengan kegiatan mengambil darah di nadi.
Jujur, beberapa hari sebelum pengumuman, saya dan suami udah yakin banget kalo program ini berhasil dan saya hamil. Saya merasa suhu tubuh lebih tinggi dari biasanya dan detak jantung berdetak lebih cepat. SUami bahkan punya feeling kalo saya hamil kembar.
Jam 8 cek darah, jam 12 saya diminta telpon RS untuk mengetahui hasilnya.
Deg-degannya ini mengalahkan semua deg-degan yang pernah saya alami. Mendekati jam 12 makin takut.
Saya ga berani telpon RS, akhirnya suami yang nelpon.

Saat suami nelpon, saya memperhatikan dengan seksama raut mukanya, berusaha membaca situasi dan menebak jawaban suster.
Saya berharap suami berkata, “Puji Tuhan, jadi istri saya hamil ya sus?”
Tapi muka suami saya datar banget sambil berkata “Oh gitu, jadi bagaimana ya sus?” dengan suara bergetar. Seketika saya sadar bahwa bayi tabung kami gagal.
Suami menutup telpon dengan mata berkaca-kaca sambil berkata “Suster bilang hasil darahnya kurang bagus, HCG nya hanya 3,5” then I said “Oh ya gagal itu”. Karena kadar minimum HCG untuk wanita hamil adalah 10.
Saya duduk dan tidak bisa berkata-kata. Suami sibuk dengan pikirannya sendiri. Saya lebih tegar, suami nangis karena sebenarnya dia yang pengen banget punya anak. He is the one who really want this works.

Kami berpelukan, tanpa berkata apapun. Karena malam sebelumnya kami saling berjanji, jika program ini batal, kami tidak boleh saling menyalahkan. Kami berdoa bersama, sambil menangis, kami mengucap syukur karena boleh melalui semua ini. Kami berterima kasih pada Tuhan.
Kami berusaha memahami, mengapa? apakah belum saatnya?
Saat yang berat, ketika malam hari setelah telpon pengumuman, kami harus tetap ke RS untuk evaluasi kegagalan program.
Dokter hanya berkata, penyebabnya adalah kualitas embrio yang kurang baik. Entah dari sel telur atau dari sel spermanya. Dokter tidak bisa menjawab.
Karena saat beliau memilih sel sperma, hanya dilihat sel sperma yang kepalanya bagus saja. Lalu disuntikkan ke sel telur.
Next time, kalau mau bayi tabung lagi, dokter menyarankan untuk ikut Long Protocol supaya sel telur lebih homogen.
Kami pulang dari ruang praktek bergandengan tangan, saling menguatkan tanpa mengeluarkan kata-kata.
Saya tahu, bukan uang 41 juta yang ditangisi suami setiap malamnya, tapi beliau sedih mengapa kami masih belom diberi kepercayaan untuk menimang seorang anak.
Tapi, saya percaya Tuhan itu baik. Dia benar-benar tahu waktu yang tepat untuk kami. Dia benar-benar mengerti kesiapan kami.
Setelah proses bayi tabung, saya jadi makin cinta sama suami. Hubungan kami makin dekat, makin mesra. Dan saya sangat bersyukur akan hal ini.
Saya bersyukur pada Tuhan karena proses ini memberi pelajaran yang sangat berharga bagi kami. Bagi saya terutama, pelajaran menerima suami, menerima kenyataan, menjalani dengan ikhlas dan ketika hasilnya belum sesuai harapan, saya dilatih untuk sabar dan berserah pada Tuhan.
Tidak lama setelah proses bayi tabung, suami mendapat rejeki pekerjaan dengan nominal yang sama dengan biaya bayi tabung kami. Tuhan mengganti biaya tersebut!
Saya sadar, apapun proses yang kita lalui dalam hidup ini, semuanya adalah kehendak Tuhan. Dia yang mmelihara hidup kita.
Tuhan mengijinkan kita menghadapi pencobaan ini dengan satu tujuan. Mari berpasrah dan jalani.

Pengkotbah 3:1-2 “Untuk segala sesuatu ada masanya, untuk apapun di bawah langit ada waktunya. Ada waktu untuk lahir, ada waktu untuk meninggal, ada waktu untuk menanam, ada waktu untuk mencabut yang ditanam”

Semoga Tuhan memberkati semua pasangan yang struggle dalam mendapat keturunan dan semoga kisah saya menguatkan dan menginspirasi anda.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 4.67 out of 5)
Loading...

96 thoughts on “Pelajaran berharga saat bayi tabung – Cherry

  1. Lia

    Hi cherry, hallo mommies…

    Sy yg comment pertama, n maaf br skrg br bs balas. Kmrn lg mual parah n gak sanggup liat tablet.

    Senang membaca pengalaman para bunda n calon bunda disini, sy jg pernah mengalami apa yg teman2 rasakan.
    Sy sdh menikah 7thn. 2thn stlh menikah, sy cek up, ternyata ada kista. Ya sudah, saat itu lgsg laparoskopi dgn dr. Binarwan di medan. Setelah itu, dokter menyarankan sy n suami coba cara normal, dan memberi bnyk obat2 hormonal.
    Obat habis, sy blm jg hamil. Setelah itu sy n suami lalai dgn kesibukan.
    Seringnya sy n suami jatuh sakit, ya suami sy diabetes, juga asam urat. Sy sempat sakit infeksi pernafasan. Akhirnya kami menyadari, kami blm pny buah hati sbg penerus. Begitu kondisi kami sehat bugar, tabungan cukup, kami berangkat ke penang.

    Pilihan ke penang, krn dekat dgn domisili org tua sy di medan. Dan sy lbh tertarik dgn dr. Ng peng wah, n fasilitas klinik yg sy sdh sgt mengenal. Intinya, kami akan berperang untuk menang. So, pilih tempat yg peluang keberhasilannya plg besar.

    Sy mulai cek awal tgl 20may14. Tenyata ada miom. Dan dokter tdk memaksa utk operasi. Ya sudah, kami lgsg mulai BT. Sy mulai suntik superfact 40ml tgl 6juni. Tgl 20juni ketika haid sdh berhenti, kami kembali cek up. Dan kedatangan kedua ini kami memutuskan akan fokus, mengerahkan semua waktu demi keberhasilan BT ini.

    Kami putuskan stay di penang. Konsentrasi benar2 utk mempersiapkan sel telur yg bagus n banyak, serta sperma yg berkualitas. Kami mengisi waktu dgn hidup sehat, akupuntur, n bnyk2 berdoa.

    Tgl 7july OPU, tgl 10july ET. Alhamdulillah telur sy bagus, sperma suami jg. Ada 8 embrio dgn kualitas excellent. 3 ditanam, 5 frozen.

    Selama menanti bagi rapot, sy tetap ikhtiar. Segala hal baik sy lakukan. Entah wejangan dr suster, dokter, org tua, sesama teman2 yg ikut BT dan saran dr bunda2 yg share pengalaman di forum ini tiap hr sy baca.

    Alhamdulillah tgl 20july, nilai BHCG sy 420. Rasa bahagia itu tak terkatakan. Tgl 6agust cek lagi, ternyata ada 2 kantong rahim.

    Skrg sy lg menikmati hamil twins. 4bln pertama sy mual parah, muntah, pening. Semua terbayar, ketika USG sdh terlihat babies bergerak sgt lincah. Detak jantung keduanya sgt kencang.
    Saat menulis ini, sy sedang merasakan denyut mereka berdua.

    Salam buat semua mommies, semoga pengalaman sy ini bs jd penyemangat.

  2. tina

    @selvy: huuaa.. seneng dehh dengernyaa…
    selamat ya say… :bighug
    anw, utk bbrp waktu ini selvy stay di penang dong… ato pemeriksaannya dilanjut di indo..?
    amiiinn utk smua doa2 kita yaa…

  3. Selvy

    hi Tina,

    selamat ya udah positif, aku jg Puji Tuhan positif.. sekarang dikasih cyclogest yg dimasukkan lewat vagina sama folic acid aja..tgl 13 nov usg pertama..saling mendoakan ya biar semua baik2 dan lancar sanpai lahiran

  4. tina

    @selvy: hai selvy… salam kenal jg yaa.. 😉
    mungkin beda2 yahh treatmentnya.. pasca ET, dokter & suster seh kasi tau jgn makan yg pedes2 + asem2 gitu.. yang kira2 bisa bikin mules..
    btw, gmn hasil pengumumannya say..? positif kah?
    Puji Tuhan, aku positif.. tinggal liat perkembangan 2 minggu ini… doaian ya temen2 janinnya berkembang sempurna, amiiinn!
    @diza: hai diza, salam kenal ya.. 😉
    siapapun qt pasti ga mau klo harus melalui proses sprti ini.. tp percayalah, rencana Tuhan tdk pernah salah buat qt dan pasti yg terindah! amiiiiin!
    tetep semangat & optimis ya say… :hug

  5. Selvy

    Hi Tina,

    salam kenal, Aku juga lagi 2ww neh, skrg h8 pasca ET, wah aku baru tahu alpukat ga boleh knp ya? Bukannya asam folatnya bagus ya? Aku sering banget makan itu setelah ET. Ada apa lg ya yg dipantang? Aku BT di penang ga dikasih pantangan makanan apapun..

  6. tina

    Aminn amiinn amiinn: )
    Sm dr. Karel aku ga dkasi obat lain slain obat minum…
    Masalahku saluran kanan non paten kiri paten & sperma suami kurang. Dah prnh insem jg tp gagal..
    Anw, cherry rncana mo lanjut program dmn?
    Tetep smangat yahh say… May God bless us!

  7. Cherry

    @Tina : hello salam kenal ya.. wahh habis ET.. baik2 yaa sampai pengumunan dan semoga hasilnya positif. Kmren habis ET aku pakai obat penguat kandungan Crinon yg dimasukin lewat bawah. Tina juga? Kalau bole tau permasalahannya sblm BT apa? Take care ya

  8. tina

    Halo temen2 seperjuangan..
    @Cherry: Keep spirit yahh say.. Semangat utk coba lg. Tuhan pasti jwb doan dan kerinduan kita, amiiinn!!
    Aku jg lg prog baytab. Hrsabtu lalu ET sm dr. Karel. Ini penantian hr kedua. Blm berasa apa2. Cuma sering kebelet kayak mau pup tp yg kluar cuma angin. Pdhal ga masuk angin. Oyahh, kmrn stkh ET suster ngasi tw pantangan makanan gtu trmsk buah alpukat dihindari dl… setau aku bgus asam folatnya… tp aku nurut aja deh:D
    Temen2 ada yg tau ga obat utk penguat namanya apa yahh? Penasaran apa diresepin penguat ato ga.. saole abs ET yg nebus obat suami, dia ga nanyain obat apa aja…
    Makasih udh sharing ya temen2 smua., Bnyk membantu dehh baytab.com.
    Kiranya Tuhan mengabulkan doa2 kuta smua, amiiinnn!!
    Spirit!!! 😉

  9. Gwen

    Dear Cherry,

    Kami juga pernah mengalami hal yang sama, namun saat ini kami sudah mempunyai bayi yang cantik.
    Apabila Cherry mau informasi, Cherry dapat menghubungi kami dengan PIN BB : 2BB567DE

    Terima kasih

  10. Nancy

    Iya Cherry aku doakan smg Cherry n hubbynya lekas dpt momongan. Ingat Tuhan menjadikan segalanya indah pada waktunya…

  11. Cherry

    @ Lala : I am so sorry to hear ur story. Ga bayangin jd kamu.. yg uda hamil tapi g berkembang. Share donk La, alasan ikut BT. Ini BT pertama ya? Lalu kok bisa after 12 weeks janin berhenti berkembang?

  12. Cherry

    @ Nancy : haloo.. thanks for sharing ya.. bener banget.. sy suka sedih liat baby yg diaborsi, disia-sia, ga diurus,atau diserahkan ke suster sementara ortu sibuk. Pengen rasanya bilang ke mereka bahwa mereka ngga tau betapa kita merindukan seorang buah hati. Saya bersyukur walaupun nantinya anak saya nakal nan, yg penting Tuhan kasik saya kepercayaan untuk jadi seorang ibu. Doakan saya dan pasangan yg rindu memiliki anak ya. Salam buat peri kecilmu.

  13. Cherry

    @ Stevie : halo.. thanks for dropping by.. Kalo boleh tau, BT pertama dimana? Alasan gagalnya kenapa? Sejak BT pertamaku gagal, aku bener2 malas untuk planning BT lagi. Sempat kepikiran ke Dr Ng tapi entah kapan 🙂 skr lagi santai lagi. Sibuk kerja lagi. Anyway, buserelin itu apa? Oiya lalu jumlah sperma dibawah 200rb apa bisa disebut Azoospermia ta? Bukannya Azoospermia itu kalo sperma 0 ya? Stevie BT pertama pas uda nikah brp lama?

  14. Lala

    @Cherry tetap semangat yaa Tuhan pasti jadikan segala sesuatuNya indad dan tepat pada waktuNya. Tidak akan pernah terlambat dan tidak akan terlalu cepat menurutNya.aminn.kmrn aku program juga di juni 2014 kok ga ketemu ya,hehe. ato mungkin ketemu tapi ga tau nama masing2. PujiTuhan kmrn aku program mulai suntik tgl 10 Juni 2014, tgl 4 July dinyatakan positif hamil. dan sempat opname karena ohss. PujiTuhan baby twins meski akhirnya diusia 12 weeks janinku harus dikeluarkan dari rahimku karena dinyatakan dokter dead conceptus. Sedih memang tapi kembali bersyukur sama Tuhan sudah diijinkan melalui ini smemua,menikmati indahnya kehamilan dan mabok mualnya. diijinkan merasakan kehidupan dua janin didalam rahimku. Dan proses mengeluarkannya juga diproses sperti lahiran normal dgn dipacu kontraksi(hampir 10 jam kontraksi kesakitan),melihat janin dan placentanya utuh keluar lengkap rasanya amazing campur aduk antara sedih tapi takjub melihat karya Tuhan yang sungguh mengagumkan. Janin mungilku sudah berbentuk cikal bakal organnya sdh mulai terlihat. dari situ kami semakin ikhlas dan berbesar hati bahwa waktu Tuhan yang terbaek untuk saat itu mybaby twins diambilNya. Buat yang sedang berjuang tetap semangat yaa, Berkat Tuhan slalu mengalir disetiap usha kita semua.Amin.

  15. stevie

    Hi Cherry, menurut pengalaman saya hrsnya suntikan buserelin perlu dilakukan di BT selanjutnya krn sy lihat telur Cherry 11 tp cm 6 yg dibuahin. Dan dimasukkan di hari ke berapa asal dlm hari ke 3 udh membelah 8 atau lebih sudah dikatakan bgs. Kalo dari pengalaman saya jika embrio hanya sedikit dan kualitas kurang baik sebaiknya freezing embrio terlebih dahulu baru ET saat embrio sudah byk dan kualitas cukup bgs. Saya ada beberapa teman gagal bayi tabung di aucky malah ke malaysia ( colin atau Ng) dan lgs berhasil py anak kembar. Krn cara kerja d malaysia kalo sy lihat lbh hati2 dan teliti. Utk biaya hrg hampir sama. Dr Ng lbh murah sih. Tp Dr Colin saya udh beberapa kali ksna setiap kesana pasti ada kabar keberhasilan kehamilan pasien. Hanya saya tdk menyarankan PGD-CHG. Krn PGD tsb byk skali yg tdk bs d transfer krn embrio dianggap tdk excellent. Utk syarat PGF hrs excellent. Saya berencana ke malaysia utk bayi tabung selanjutnya krn byk skali teman2 saya gagal di indo malah jadi disana.

  16. Nancy

    Dear Cherry„ Sy ikut prihatin baca kisah cherry. Jd sy semakin sayang sm buah hati pertama sy.(2,5 thn). Semakin bersyukur dgn nikmat dr Allah berupa buah hati. Selama ini sy sering mengeluh ttg kenakalannya dan betapa capek saya ngurus dia. Sering sy merasa nggak terima sm Allah kenapa diberi anak yg tingkahnya bandel. Sejak baca kisah Cherry sy jd sering nangis. Ternyata betapa banyak pasangan suami istri di luar sana yg mengharapknan momongan…
    Skr sy jd langganan buka webnya bayi-tabung.com. Banyak kisahnya yg menginspirasi….

  17. stevie

    Salam kenal semua,
    Kasus saya sama ky cherry. Menikah 3 th. Masalah juga d suami kena azoospermia yaitu jumlah sgt sedikit dibawah 200rb dan tdk ada yg hidup atau bergerak. Pernah bayi tabung 1x namun sayang hanya masukin 1x embryo krn pas BT pertama saya msh umur 26th jd blm siap punya bayi kembar dan Bt gagal pdhl sudah sempat hamil hcg di hari ke 12 itu hanya 13 dan naik hingga 225 tp tidak berkembang. Standard hcg yg bgs diatas 100 di hari ke 12 (saya udh ke beberapa dokter di indo, sg, malay,bangkok dan mostly bilang minimal sih 50 tp lbh aman 100)
    Krn kehamilan dibawah itu takutnya chemical pregnancy tapi dokter blg lbh baik hamil (hcg kecil atau kguguran) daripada gagal sama skali.
    Suami saya sdh operasi varikokel namun msh blm ada perubaham drastis hanya saat ini sperma yg bergerak atau hidup sudah ada beberapa shg kami bisa bayi tabung kembali tanpa harus melakukan TESA/PESA.
    Saya sgt stuju dgn memperbanyak olahraga dan akupuntur akan sgt membantu program bt selanjutnya, namun memang jika Tuhan blm memberikan ya walau sebagus apapun telur sperma atau dokternya jg tdk akan diberikan anak.. mmg anak Titipan Tuhan yg kita ga bs memaksa Tuhan utk memberikan kpd kita tp teman2 smua mari kita sama2 tidak menyerah dan terus berusaha. Ada juta tmn saya dgn kasus yg cukup susah krn dia telur PCO dan umur 38 th stlh 8 th berusaha dan bahkan sudah BT dan gagal akhirnya punya anak scr Normal. Kita tdk tahu rencana diatas. Namun jgn menyerah dan terus berusaha. Saya sgt mengerti bertapa terpukulnya saat BT kita gagal, perjuangan yg tdk mudah, waktu yg terbuang, rasa bosan hrs bedrest.

    mari kita slg mendoakan jgn malas utk hidup sehat ya teman2 =)

  18. Chrissy

    @Miftha: tq,miftha domisili dimana? Klo di Sby sy ada info nih, beli di D’Natural jl.Dr.Soetomo no.75 tlp:(031)5650005 sdh tanya chia seed harganya 58rb/100gr…mo beli juga nih 🙂

  19. Chrissy

    Miftha: tq, tp ga punya instragram nih hihihi…klo sdh tau alamat/dimana bisa dptnya tlg ksh info ya, tq b4 😉

  20. miftha

    @cherry : iya, dear.. makanya pertama baca pengalaman nya cherry disini, saya merasa pny tmn krn pengalaman kita yang mirip. Yuups cherry gmn pun kita harus tetap dukung hubby kita utk hidup sehat. suami saya juga dah berhenti merokok, rajin olahraga, makan buah dan sayur. makasih ya cherry buat masukannya, ntar juga mau kasih suami saya jus tomat dan vitamin2 juga..:)
    btw ttg hamil alami, kita masih bisa hamil alami lho cherry. dlu sebelum memutuskan utk inseminasi dan BT, dokter saya selalu menyarankan utk hamil normal saja hny saja harus lebih bersabar, giat berusaha dan ikutin pola hidup sehat. tapi kmrn itu justru kami yang tidak sabaran..hehhehee…
    Tetap semangat ya, cherry..
    iya dear, saling mendoakan yaa… Aamiin..

  21. Cherry

    @ Mifta : *hug* for you dear! Kok bisa cerita kita mirip bangett ya.. FYI saat ini diluar sana banyak lo pasutri yg mengalami infertility karena sperma suami kurang baik. Ini androlog dan org lab yg bilang sama sy. Gaya hidup, stress dan pekerjaan bisa bikin kualitas sperma suami menurun. Jadi kita kudu kasi semangat hubby buat hidup sehat juga. Skr hubby kucekokin banyak2 vitamin antioxidan. Minum jus tomat tiap hari. Suplemen yg ada zinc nya. Trus royal jelly juga. Yuk saling mendoakan ya.. supaya kita bisa hamil alami.. amin

  22. miftha

    @cherry : iya, cherry. Pengalaman kita persis sama, sperma suami juga kurang dari segi jumlah, kualitas dan bentuknya (saya lupa istilah dlm kedokterannya). syukurnya saya dalam keadaan sehat rahim, indung telur, sel telur dan hormon pun normal. saya 29 tahun dan suami 30 tahun, menikah sudah 3 tahun. awalnya saya sempat merasa sangat tidak adil apa yang saya terima, setelah saya berusaha lebih dari teman2 yang lain (karena byk teman2 disekitar saya yang nikah dan langsung hamil), tapi saya harus melakukan pemeriksaan yang kadang membuat saya sakit, begitu juga saat program BT : suntik setiap hari, ambil darah juga sering. syukurnya, kemudian saya sadar dan percaya bahwa Tuhan ingin saya dan suami menjadi pribadi yang lebih sabar lagi, menjadi orang yang tidak gampang putus asa dan selalu berusaha (seperti yang cherry bilang). untuk evaluasi dokter kyk nya embrio saya susah berkembang nya krn pada saat ET hny ada 2 moderate dan 1 poor, sayang nya juga tidak ada embrio yang disimpan sebagai cadangan. saya juga mengalami masa2 dimana sangat merasa optimis program ini berhasil (bahkan suami juga yakin klo saya hamil kembar), masa ragu2 dan kecewa.
    ayuuuukk, cherry kita harus tetap semangat ya.:)
    saya juga mo ikut saran2 nya mbak intan, skrg juga rajin2 olahraga, mo akupuntur juga dan hindari mkn makanan cepat saji juga, byk makan buah dan sayur.
    Semangat yaa, cherry..

    @mbak Intan : siiip, mbak..:)
    kita akan selalu tetap semangat, demi kehadiran sibuah hati..

  23. Cherry

    @ Miftha : We are on the same side. Sama2 harus merasakan kegagalan BT. Tapi pastii Tuhan pengen kita belajar sesuatu dr pengalaman kita ini. Evaluasi dokter kenapa kok gagal? Masalahmu dan suami apa? Kalau bersedia, share ya..

  24. Intan

    @Miftha: amiin…tetap semangat ya..kegagalan itu memang menyakitkan, tp juga menimbulkan semangat utk mencoba lagi

  25. diani

    cherry, cek amh kyk test darah biasa dan bisa kapan saja..amh melihat cadangan sel telur kita…seharusnya diusiaku yg msh 27 nilai amhnya tinggi… akupuntur tebukti sangat bagus..saya merasakan banget perbedaannya ditubuh saya..sudah menjalani 7kali akupuntur..seminggu 2x klo dijkta mending ke dr.Handaya Dipanegara di RS Pondok Indah dan Siloam TB Simatupang..sampai 12x baru mau cek telur dan yg lainnya..saya juga minum suplemen2 seperti Transfer Factor, Fo Ti.. semoga progressnya bagus dan tdk perlu BT.
    semangaaat buat kita semua….

  26. miftha

    hallo salam kenal, cherry..

    saya jga baru mengalami kegagalan dlm program BT bulan ini., sedih dan terpukul sekali rasanya., sebelum nya saya jga gagal wkt proses inseminasi.
    tpi beruntung saya bisa menemukan komunitas Bayi tabung disini, byk teman-teman yang seperjuangan dengan saya. jadi memotivasi saya utk terus berjuang mendapatkan baby. buat Cherry selalu semangat ya..:)

    @mbak intan : makasih bgt ya, utk sharing pengalamannya, saya ceritakan sama suami tentang perjuangan mbak dan suami dalam persiapan utk program lagi, akhirnya saya dan suami jadi bersemangat lagi utk memilih pola hidup sehat, rajin olahraga dan mau ikut akupuntur juga, semoga kami jga segera menyusul keberhasilan, mbak..:)

    @bwt teman2 yang lain yang masih gagal, tetap semangat ya..:) GBU

  27. Intan

    @cherry: kalau kaki dingin aku ga terlalu perhatikan cherry, cuma pas aku ke dr akupuntur di rs husada, begitu ditusuk jarum ditanya “anget ga?” aku sama skli ga berasa apa2..pdhl seharusnya ada rasa hangat kalau blood flow lancar, dr kaki sampe ke perut dan punggung. Aku sampai setahunan akupuntur senin dan jumat, tp setelah olahraga rutin + akupuntur baru akhirnya aku merasakan begitu ditusuk jarum aliran darah terasa naik, perut dan punggung hangat. Tadinya aku sempat skeptis kok dgn akupuntur. Nah bersamaan dgn itu, tiap periksa dr kok ada perbaikan.
    @chrissy: pas yg berhasil ini, saya lebih dulu laporoscopy, ga tau juga apakah itu juga meningkatkan kans ya? Krn kt dr ada endo stage 2 jadi “dibakar” dan dibersihkan. Sebelumnya saya kualitas sel telur excellent dan good jg tapi tidak menempel, tp tingkat fertilisasinya tdk 100 persen. Nah pas terakhir ini saya dpt 6, keenamnya terbuahi, walau yg satu akhirnya tdk lanjut. Dr situ dokter sempat mau tarik ke blastosis, tp krn jumlahnya sedikit, tdk jadi.o ya aku di rsb bunda, ganti dr..yg terakhir ini dgn dr ivan sini dan aku merasa cocok dgn diagnosanya (termasuk harus LO) dan judgment2nya mengenai dosis obat dst.waktu akupuntur, dgn dr melya tdk dibedakan kok tarifnya, dan aku jg sudah bilang utk program. Tarifnya 85rb sekali dtg (ga tau skrg) dan drnya sangat baik dan paham mengenai infertilitas.
    @itha: semangat yaaa aku sendiri ga nyangka bisa berhasil di usia segini, tiap lihat anakku mujizat banget rasanya, krn secara kans sangat kecil.. tp ternyata kalau diupayakan dgn sungguh2, bisa berhasil juga..bener2 gak nyangka, walau tentu saja kembali ke rencana Tuhan juga ya, sdh waktunya dikasih. Kalau masih ada dana dan semangat, tdk ada salahnya dicoba lagi. Saya selalu mikirnya paling tdk sdh usaha semampu saya jd tdk ada penyesalan nantinya.

  28. Chrissy

    @Cherry: thank u buat infonya 🙂

    @Intan: sorry nih banyak tanya 😀 mulai akupuntur brp lama seblm program? And ngmg sama dokternya gmn? Buat kesuburan? Soalnya ada kasus waktu blg sama dktrnya klo kita mo program bayi tabung eh tarifnya langsung di mahalin…tq seblmnya…

  29. Asya

    hi semua…aq kemarin program baby di Penang, dan gagal…:( sedih bangget…tapi nggak mau kecil hati karena temen2 seangkatan ku yang kemarin program dr 6 orang yang gagal cuma aku dan temen ku 1 dari medan..yang lainnya 4 orang berhasil dengan programnya..
    aq gagal mungkin karena terlalu stress…mikirin embrio yang ditanam cuma 1…sedang temen2 3 embrio semua…temenku 1 yang gagal tanam 2 embrio..
    kemarin aku gagal di bulan juli…dan mens di bulan oktober besok aku udah mulai program lagi..:) suamiku azoospermia, tapi alhamdulillah setelah Tesa ada sperma lumayan dpt 2 scrol jadi besok bayi tabung yang kedua suami nggak perlu Tesa..:) trus ternyata masalah di telurku yang banyak dan kecil2..dari OPU cuma dpt diambil 3 telur yang udah cukup size nya..trus dari 3 telur cuma 1 yg jadi embrio..makanya aku besok ngulang lagi program dari awal…
    oya sejak 19 agustus kemarin aku konsumsi Ovaboost dan Fertile CM. Ovaboost Merupakan formula bahan alami untuk memperbaiki kualitas sel telur (ovum) dan fungsi ovarium. Diciptakan untuk melindungi ovum dari efek negatif radikal bebas dan membantu telur memproduksi energi yang dibutuhkan untuk suksesnya pembuahan dan implantasi. Sedangkan Fertile CM dalah suplemen untuk meningkatkan produksi cervical mucus (lendir rahim) yang berkualitas, lendir rahim yang berperan untuk kesuburan dan pembuahan karena dapat menutrisi sperma dan menfasilitasi pergerakan sperma di dalam rahim. FertileCM juga meningkatkan kepekaan seksual wanita dan memperkuat lapisan rahim untuk implantasi sel telur ke dinding rahim yang sukses.

    buat teman2 yang mau order suplement tersebut bisa hub.aku via SMS : 0896-5579-6692 kalo mau telp juga boleh 🙂

    sukses ya buat semua….:)

  30. Cherry

    @ Chrissy : yang terkenal setau saya Dr Hartanto di Barata Jaya..

    @ Itha : makasih.. buat Itha juga tetep semangat ya.. Kalo bole tau masalahnya apa sampe harus BT? Share ya.. 🙂 trus penyebab belom berhasil apa?

  31. Itha

    @hi cherry, salam kenal tetap semangat dan terus mencoba ya…
    @salam kenal intan, seneng dan bahagia baca sharing kamu, buat penyemangat aku niy, usia thn ini dah 40, sdh 3x gagal fresh,1x thaw juga gagal, thn ini mau coba lagi, intan bt dimana yg trakhr…memang ikut bt ini mesti nabung sabar dan iklas…untuk teman2 yg masih gagal terus bersemangat ya….

  32. Chrissy

    @Cherry: domisili di Surabaya ya? Kira2 ada rekomen dokter akupuntur yg bagus dimana? Dulu sy coba di daerah Krembangan, bukan chinese akupuntur tp japanese akupuntur…

  33. Chrissy

    @intan: kalo blh tau, waktu gagal 3x bayi tabung & akhirnya berhasil, programnya di rmh sakit/dokter yg sama atau berbeda?

  34. Cherry

    @ Intan : Trims uda mampir dan comment. Thank you juga buat support mentalnya… Terharu liat perjuangan anda sampai mendapatkan putri tercinta.. Kmrin saya juga dapat 11 sel telur tapi yg bisa dibuahi hanya 6. Sepertinya kualitas telur saya juga krg bagus. Saya juga mau coba akupuntur. Sy pernah denger buku Infertility Cure dan beberapa kali googling untuk nyari versi e-booknya. Ada kok! Jd bisa dibaca di ponsel, tablet atau iPad. Cuma saya belom beli karena ragu2. Habis gino deh saya beli.. Kaki Intan sering dingin ga? Katanya kalo hormon ga balance, kaki suka cenderung dingin. Ini yg org2 bilang “susah hamil karena rahim dingin” ini dikarenakan blood flow yg g lancar juga. Katanya sich. Tapi emang kaki saya cenderung dingin. Makanya skr mencoba rutin olahraga.

    @Widia : kalo PCO hindari makanan manis yg bergula, roti dan gluten2an. Itu yg pernah aku baca di inet. Makanya wanita yg berbadan gemuk biasanya PCO.

  35. Chrissy

    @intan: thank u, kualitas sperma kata suami tdk ada masalah, sebnrnya embrio2 yg dihasilkan kualitas excellent semua, tp ga tau knp ga mau nempel pdhl kt dokter rahim jg tdk ada mslh. Dulu waktu program sy jg sdh akupuntur, kayanya semua usaha sdh di lakuin deh hehehe….mgkn emang blm dipercaya sama Tuhan ya. Skrg yg saya lakukan keep praying & lanjutin usaha2 yg dulu lebih baik lagi 🙂

  36. Intan

    @chrissy:amiiin tdk ada yg mustahil bagi Dia. Isi bukunya sih kebanyakan ttg akupuntur, aku waktu itu langsung niatkan ke dr akupuntur chrissy.. dan memang terasa ada perbaikan, paling tidak dr kualitas telur yg excellent dan good. Tetapi embrio kan bukan hanya sel telur, kualitas sperma juga menentukan..bgmn kualitas sperma suami? Kalau saya dulu sekalian ditest, dan krn tdk terlalu bagus oleh dr diminta minum zinc, antioksidan, tp selain itu juga olahraga rutin, makan semangka, jeruk, kiwi..pokoknya semua dicoba. Waktu itu saya baca kualitas sel telur juga dipengaruhi keseimbangan hormon LH dan FSH, dan dgn akupuntur teratur ternyata hormon2 juga membaik. Saya gak minum obat apa2 kok chrissy, benar2 hanya akupuntur, olahraga, makan sehat..paling supplemennya vit e dan zinc.

  37. Chrissy

    @Intan: sy jg py masalah dgn kualitas telor, yg ptama dr 21 cm jd 1 embrio, yg ke 2 dr 10 yg oosyt cm 5 yg bisa dibuahi & jd 2 embrio dimasukin semua tp blm berhasil & tdk ada simpanan telor. Jd klo mau mengulang program hrs mulai dr awal lg.Kira2 dr buku itu apa yg hrs sy lakukan ya mbak? (Bisa ksh bocoran dikit isi bukunya mbak? Hehehe) skrg sy berusaha utk OR, jaga makan & konsumsi royal jelly& minyak salmon.Tnyata mbak Intan mslhnya lbh kompleks ya hehehe… tp memang kita cuma bisa berusaha tp Tuhan yg menentukan. I wish bisa segera nyusul mbak Intan punya baby ya 😉 Gbu

  38. Intan

    All, buku the infertility cure-nya oleh dr Randine Lewis..maaf salah ya di posting sebelumnya 🙂 saya googling ada, siapa tau bisa pesan dari website macam amazone

  39. Intan

    @chrissy: masalah saya segambreng 🙂 perlengketan tuba, kista, endo stage ringan, sel telur kurang bagus, blood flow tidak lancar, you name it I have it deh kayaknya.. karena kista jg, endo kanan tdk maksimal sehingga saya tdk bs dapat banyak sel telur, paling banyak 5-6 dan terakhir kemarin hanya 5. Tapi dengan persiapan yg saya jalani kemarin, puji Tuhan kualitasnya baik. Itupun saya masih harus menghadapi kekecewaan, pas fresh transfer janin hanya bertahan 8 minggu. Yg jadi putri saya ini, adalah hasil fet. So yes, fet can works too..

  40. Intan

    Dear all, saya waktu itu dipinjami bukunya oleh teman satu kantor, katanya dia beli di Amerika, tapi coba teman2 google ya.. sepertinya di amazone ada, atau mungkin di toko2 yg jual buku berbahasa inggris. Intinya buku itu memang memadukan pengobatan timur dan barat, tp lebih ke bagaimana kita mempersiapkan diri kita utk menjalani program, dengan sealami mungkin. Dari situ saya tertarik utk akupuntur di dr Melya, di rs Husada Mangga Besar. Kebetulan saya punya masalah dengan blood flow yg kurang lancar dan itu berpengaruh terhadap kualitas sel telur. Setelah akupuntur dan olahraga rutin memang kelihatan bedanya. Memang tidak ada acara instan, semua harus dimulai dari perubahan lifestyle dulu. Cobalah, tdk ada salahnya teman2 ikuti, olahraga, akupuntur, makan sehat, jgn dadakan tp jadikan rutinitas. Lebih baik mundur beberapa bulan tp dgn persiapan sebaik2nya, drpada buru2 tapi kurang siap. Suami saya jg waktu itu bermasalah, tetapi dgn olahraga dan makan sehat kualitas sperm improving. Buat teman2 yg usia di atas 40, jgn kuatir. Di buku itu disebutkan jg bahwa usia biologis itu mengalahkan usia sesungguhnya asal kita memang sehat dan fit. Banyak yg usia 40an berhasil hamil kok. God bless ya..

  41. Chrissy

    @ Intan: luar biasa ya perjuangan mbak, sy 2x gagal program rasanya seperti mau putus asa. Membaca perjuangan mbak memicu semangat sy lagi, trm ksh mbak 🙂 dimana ya sy bisa memperoleh buku “the infertility cure”-nya dr Lewis Randall? Klo blh tau dulu mbak program krn problem apa? 

  42. Ana

    Dear All,
    Membaca sharing Mba Intan,sy jd semangat lg. Nov thn lalu saya ikut BT dan berhasil smpai kehamilan 10 minggu, detak jantung bayi melemah dan bbrp hari kemudiann tdk terdeteksi lg. Mba, saya tertarik dgn buku infertility cure, dmna bs mendptkannya ya Mba. Mhon infonya, terimakasih mba 😉
    Semoga doa dan harapan kita diberikan Tuhan YME.

  43. destiny

    Dear mba Intan,salam kenal…baca komen mba langsung brebes mili sy,hiks…bikin sy tambah semangat utk ikut program lg.
    Pdhal tdnya sy sempat down gak mau coba lg mengingat umur jg udh keburu tua. Tp lihat umur mba yg sdh kepala 4 dan berhasil membuat sy bangkit dan ingin coba lg,lg,dan lg…

    Sy jg ada rencana ikut akupuntur bersama suami. Krn dr yg sy baca,byk yg berhasil setelah ikut akupuntur dan merubah gaya hidup. Terima kasih mba Intan,salam hangat dan cium utk puteri cantiknya…

  44. Intan

    Tiap kali baca perjuangan sesama IVF-ers saya selalu merasa terharu, karena pernah mengalami hal yang sama dgn semuanya di sini. Jangan putus harap, Tuhan melihat perjuangan kita..saya 3x bayi tabung gagal, dr usia 35 thn, dan di usia 41 tahun akhirnya berhasil, pada saat saya sdh hampir menyerah. Tuhan karuniakan seorang putri cantik, 10 bulan usianya. Waktu itu saya membaca buku “the infertility cure”-nya dr Lewis Randall dan buku itu banyak mengubah cara pandang saya tentang keseluruhan program, bahwa persiapan (di samping doa) adalah kunci utama. Saya ikut akupuntur, olahraga (gym) 2x seminggu (suami juga), dan makan sehat setahun sblm mencoba lagi, dan it works. Semoga teman2 juga mendapat jawaban terbaik dariNya..tetap berusaha, tetap percaya that someday you’ll be a mom too..kisses and hugs..

  45. Cherry

    @ Destiny : selalu ada hikmah dibalik semua yg kita alami.. tetep semangat ya.. Saya tau betul gimana rasanya berada di keadaan yg optimis banget lalu ragu2 dan akhirnya sedih dan putus asa ketika gagal.. my pray goes for you dear!

    @ Nanda : kita semua tunggu hasilnya low! Hehehe…

    @ Leny : say, sharing donk kmren after ET apa aja yg dirasain..

  46. destiny

    Halo smua,setelah cek bhcg tgl 10 kmrn ternyata hasilnya <1 yg berarti negatif. Sy hrs coba BT lg setelah 2x gagal. Dan hari ini mens pun dtg,perut sy mules drtd pagi…utk temen2 yg sdh mendoakan sy ucapkan terima kasih byk,smoga yg blm berhasil hamil segera bisa hamil,dan utk yg berhasil hamil smoga sehat terus sampai lahir nanti ya…aamiin

    Utk Nanda,gmn hasilnya,share jg disini ya,smoga hasilnya positif.

  47. Leny

    @ Cherry: Thank you. Amin dan amin :).

    @ Widia: thank you juga Widia buat ucapan selamat nya. Mengenai biaya, saya kira2 habisnya hampir sama dengan Cherry. Masalah kami di sperma suami yang lambat dan yg bentuknya normal di bawah rata2. Tapi kami tetap bersyukur masih ada sperma yang berbentuk normal sehingga masih bisa di pilih untuk pembuahan. Hasil test hormone saya semua baik, ke dua fallopian tube patent. Cuma pernah di bilang waktu usg di Dr. Kandungan dulu kalo rahim saya agak retro, namun kata Dr. Seharusnya tidak menjadi masalah untuk hamil. Sari pati ikan kutuk dapat di beli di toko obat chinese. Semoga berhasil yah Widia.

  48. widia

    thx ya cherry jwb nya.

    pengen bangett program BT. tp lg kumpulin info n duit. he he

    aku pco say.. folikel banyak n kecil2.
    ikut sedih ya kmrn programnya gagal. tp cherry msih muda. bnyk kesempatan untuk berusaha n mncoba lg.

    ada info kah untuk pengobatan pco?

  49. Cherry

    @ Leny : Congratz ya say.. semoga aku bisa cepet nyusul kamu ya.. baik2 sampe lahiran..

    @ Destiny : Tgl 10 kmren pengumuman ya? Gimana hasilnya? Moga2 jadi..

    @ Widia : aku bantu jawab ya.. Besarnya biaya BT tergantung dgn banyaknya obat yg digunakan. Banyaknya ampul obat tergantung respon tubuh kita thd obat stimulasi sel telur. Harga terakhir saat saya BT, obat Gonal F seharga 600rb per ampulnya. Biasanya sekali suntik 1.5 hingga 2 ampul. Selama minim 7 hari. Biaya OPU dan ET sebesar 19juta di RS Siloam. Kmren saya habis 41juta termasuk biaya cek darah di awal untuk suami istri, analisa sperma dan vitamin untuk suami selama sebulan. Estimasinya minimal kita kudu nyiapin biaya sekitar 35jt an. Widia ada rencana BT? Masalahnya dmn?

  50. widia

    selamat ya mb leny atas kehamilan nya. mba leny klo boleh tau mslh nya apa ikut BT? biaya yg dikeluarkan smpe brp mba? oh ya sari ikan kutuk bs dibeli dimana ya mb leny? mksih sharingnya…

  51. Leny

    Salam kenal juga Cherry :),
    Iya, saya mulai program BT di Siloam tgl 26 Juni 2014. Opu tgl 5 July dan ET tgl 10 July. Ternyata tidak ketemuan yah kita. Sekarang saya sedang hamil twin dan ini sedang masuk minggu ke 12. Puji Tuhan process BT nya berjalan dengan baik. Padahal sebelum OPU, dr aucky ada bilang kalo saya resiko tinggi kena OHSS, dan kalo emang kena, ET nya bisa2 di tunda 3 bulan lagi. Itu pertama kali saya dengar mengenai OHSS itu. Dari sana saya dapet nasehat2 dari teman kos utk segera minum sari pati ikan kutuk setelah OPU dan mkn 6 biji putih telur ayam kampung setiap hari. Melalui informasi dari internet, saya juga dapet info utk banyak mkn makanan yg tinggi protein dan sebisa mungkin, air putih di ganti susu atau jus buah. Saya ikuti saran2 nya dan ternyata hasilnya bagus, ngak jadi OHSS. Dari 17 telur yg di ambil, 15 yg oocyte dan dibuahin lewat system ICSI dimana sperma nya di pilih yg bagus dan di suntik langsung. Dari sana 14 yg jadi embryo dan di hari ke lima, ada 7 yang jadi blastocyst. 3 di transfer ke rahimku dan 4 lagi di bekukan. Saya dan suami sdh 9 tahun menikah dan umur saya sdh 34. Cherry masih muda, masih banyak kesempatan :). Terus jalanin hidup sehat untuk meningkatkan kualitas telur dan sperma. Sekitar setahun sebelum program, saya dan suami rutin makan spirulina dan minyak ikan. Suami di tambah multivitamin juga. Saya rasa itu membantu sekali. Wish you and hubby all the best yah Cherry.

  52. Cherry

    @ Leny : hai.. salam kenal.. oh, Leny juga BT di siloam? Gimana hasilnya? Saya OPU tgl 9July.. Kmren ada kendala berarti ngga saat BT?

    @ Ruru : Haloo Ruru.. kmren BT dmn? Skr usia kandungan brp bulan? Sehat terus sampe lahiran yaa..

  53. ruru

    Cherry mengharukan sekali, yang tabah ya. Suamiku malah azoospermia dan waktu itu cuma 1 embrio yg jadi dan bukan excellent, cukup bagus aja. Tapi bedanya dia bertahan. Awalnya sblm BT ada perasaan menyalahkan suami, tp kalau aku ga pernah keucap dalam kata2. Karena dia sendiri sebagai laki2 pastinya udah remuk perasaannya. Ga tega.

    Oh ya Cherry, kamu kan masih mudah dan ga ada masalah di kamunya. Hal itu sendiri patut disyukuri. Walo-pun ngerti banget kalo ada perasaan, “kenapa jd kita yg repot” itu muncul. Tapi aku cuma berusaha meyakini, Tuhan pasti punya maksud baik untuk semua rencana-Nya termasuk mempertemukanku dengan suamiku dengan kondisi spt itu.

    Tetep semangat ya Cherry!!

  54. Leny

    Hallo Cherry,
    Ceritanya mengharukan sekali. Doa ku untuk Cherry dan suami. Do not lose hope. Beriman dan percaya semua nya akan indah pada waktunya. Aku juga barusan program BT di Siloam akhir Juni ini dan OPU tgl 5 July. Cerita Cherry mirip sekali dengan cerita satu teman yg OPU bareng hari itu dan kita mulai cerita pengalaman ketika menunggu giliran OPU di ruang locker dan di lanjut di tempat tidur setelah OPU dan sharing mengenai sari pati kutuk. Hanya saat itu ngak sempat kenalan walaupun setelah itu sempat ketemu dan ngobrol sebentar di ruang tunggu nya saat suntik penguat setelah ET. Cherry OPU nya tgl 5 July bukan? Kalo iya, senang bisa bertemu lagi lewat website ini :).

  55. Chrissy

    @Nanda: aku selisih 10thn sama kmu :p kualitas excellent blm tentu jg kok, aku kmrn 2embrio excellent semua tp msh blm berhasil. Iya nih baru coba ngatasin rasa sedih setlh 2x gagal, kemgknan kepingin nyoba lg tp blm tau kpn, menata hati sama nyiapin mental dulu hehehe…i wish Nanda & Destiny positif hamil & lancar sampe melahirkan yaaaa 🙂

  56. Nanda

    @chrissy : aq 27 thn say, semangat trs ya,jgn pernah putus asa ???? iya tapi kualitas embrionya ga da yg excellent,dan sayangnya setelah diliat sampai hari ke 6 setelah opu embrio yang ditersisa ga bs difrezee krn kualitasny smkn menurun, km gmn? Msh ada embriony yang disimpan?
    @destiny : wish u luck yaa,share hasilnya nanti dsini ????

  57. destiny

    Wah…sy jd tambah semangat baca komen teman2,terimakasih sekali utk masukannya,tgl 10 besok sy baru tes bhcg dan smoga hasilnya yg terbaik. Aamiin…

  58. Chrissy

    @Nanda: hai, salam kenal 🙂 nasib kita sama, tuba kiri dipotong krn hydro sedangkan yg kanan buntu. Wah berarti kualitas telor Nanda bagus ya dr 5 bisa jd embrio semua,berarti msh ada embrio yg di freeze ya? klo blh tau usia Nanda brp? Sy jd tgl 28 Agust abis trm raport di siloam Sby and blm berhasil.

  59. Nanda

    Hai cherry salam kenal dan ttp semangat ya :), 6 bulan yg lalu saya laparaskopi pengangkatan tuba karna keduany buntu dan hidrosalping, otomatis saya ga bisa lagi hamil alami dan harus BT, kemarin dari 5 sel telur , semua jadi embrio ditunggu jd blastocyst dan dtransfer hari ke 5 2 embrio dgn kualitas good dan embrio sisany ternyata tidak bs disimpan krn kualitasny smkin menurun.

  60. Nanda

    Hai cherry ttp semangat ya :), 6 bulan yg lalu saya laparaskopi pengangkatan tuba karna keduany buntu dan hidrosalping, otomatis saya ga bisa lagi hamil alami dan harus BT, kemarin dari 5 sel telur , semua jadi embrio ditunggu jd blastocyst dan dtransfer hari ke 5 2 embrio dgn kualitas good,

  61. Cherry

    @ Nanda : wah… Saya tau betul rasa harap harap cemas nunggu pengumuman.. Share dikit donk kmren dapet berapa embrio? Lalu penyebab BT apa?

  62. Nanda

    Hai destiny,salam kenal!
    Saya juga sedang harap harap cemas menunggu pengumuman,saya kemarin et di siloam hospital surabaya dan sampai hari ini menjelang 5hri lagi pengumuman saya tidak mengalami gejala apapun sedang ketika saya tanya teman yang lain mereka mengalami perubahan nafsu makan,sering haus,pusing,cramp,sakit pinggang. Tetap berdoa dan optimis ya,mudah mudahn hasil kita positif nanti.amin

  63. silvie

    @destiny.. salam kenal juga… cherry blg betul… perut terasa crumpy2 dikit..klo pd sy lupa…suhu tubuh lebih tinggi…mencret… tmn sy yg fet n baru + jg sama mencret smpe d kira slh mkn… nafas mkn gede… kembung perut nya berangin… sy agak lupa… coba tengok d kolom artikel sy madura… semoga berhasil terus ya smangat jgn bnyk pikir… sy tdk flek

  64. Cherry

    @ Destiny : menurut teman saya yg berhasil BT, dia tidak merasakan apapun setelah ET. Jadi jangan kepikiran dan cemas ya.. Ingat, wanita yg hamil alami kan tidak merasakan apapun sampai mereka menyadari kalo mereka telat haid. Good luck for you ya.. update hasilnya disini yaa..

  65. diani

    Hallo cherry,,,ttp semangat yaa…saya juga usia 27thn, tp nilai AMH 0,14 artinya sel telur sedikit..suami oligo astheno..skrg sedang berpikir mau bayi tabung,,sedang akupuntur dan minum suplemen juga,,,semangaaaat….

    Chrissy : ovaboost beli di http://www.washingbaby.com

  66. destiny

    Halo teman2 seperjuangan, apakbr dan salam kenal. Tetap semangat ya…bagi yg blm berhasil smoga segera diberikan kesempatan utk hamil,aamiin.
    Hari ini adalah hari ke 6 after ET sy di Gladiool. Tp sy kok blm merasakan apa2 ya,hny PD aja yg sedikit sakit dan membesar dan kadang2 pinggang panas. Klo boleh share apa ya ciri2 embrio menempel? Biasanya hari ke brp terjadi flek? Apakah ada diantara teman2 yg pny pengalaman positif hamil tp tanpa ada gejala apapun? Terima kasih sebelumnya…

  67. Chrissy

    @Cherry: thanks buat infonya ntar aku coba. Iya klo msh bisa alami mending coba alami dulu & usia kmu jg msh muda….klo aku kan tubanya sdh ga bisa hiks…msh blm ada rencana mo gimana2, skrg yg penting olahraga, konsumsi vitamin & jaga pola makan dulu deh 🙂 Goodluck ya Cherry i wish cpt hamil alami 🙂

  68. silvie

    @ cherry… ada shinse bagus d malang.. klo untuk memperbaiki kualitas sperma… org nya dah tua usia 85thn tp g terima pasien bnyk… tmnku k sana suami istri… suami sperma cm 5% stlh 4-5 x k sana baru test lab sperma skrg udah 50% lbh yg bagus gerak2 ya n bertahan hdp… cm Dia g batab…sblm k shinse ni ikut insem sperma5% gagal… obt suami n istri d shinse sekitar 1.5jt untuk 1bln

  69. Cherry

    @Silvie : Iya, aku juga mau coba pengobatan tradisional sinshe. Mau rutin minum Bai Fung Wan juga.. Suami juga minum obat rebusan.

    @Chrissy : yang aku tau, konsumsi Folic Acid, Vitamin E dan Vitamin C bisa memperbaiki kualitas sel telur. Intinya konsumsi antioksidan tinggi dan asam folat. Skr ada suplemen Ovaboost itu untuk mwmbantu memperbaiki kualitas sel telur. Tapi aku belom coba juga. Kayaknya ada something wrong juga sama sel telurku. Soalnya dari 11 telur, yg bisa dibuahi hanya 6. 🙁
    Oh, lalu katanya olahraga dan akupuntur bisa memperbaiki aliran darah ke indung telur shg produksi sel telur lebih bagus. Skr saya rutin pijat refleksi dan yoga. Soalnya g suka akupuntur. Hehe.. Kalau Folic Acid dan Vit E tiap hari minum. Lalu Royal Jelly juga..

  70. Chrissy

    @Silvie: thanks, aku sdh konsumsi TF yg biru muda & royal jelly jg, 6bln seblmnya tiap pagi minum jus apel,wortel,tomat & strawberry,ga tau nih sel telor msh aja bandel, ada saran/tips lain mgkn? 🙂

  71. Chrissy

    @Cherry:sy program di dr.Aucky,mslh sy tuba yg kiri sdh diambil & yg kanan tersumbat, so secara medis sdh tdk bisa hamil normal 🙁 koreksi dr kegagalan ada “something wrong” sama sel telur, yg ptama dr 19 telor yg oosyt yg jd embrio cm 1, yg ke dua dr 10 telor cm 2 embrio. Sebnrnya embrio yg dihasilkan kualitas excellent semua & kondisi rahim jg bagus. Menurut dr.Aucky klo embrio yg dihasilkan lbh byk peluang jg lebih besar. Cherry rencana mo bt lg? Prnh baca2 buah kiwi & semangka baik buat kualitas sperma & byk tmn2 disini yg suaminya kualitas sperma krg bagus setlh di treatment pake vitamin dll kualitasnya bisa meningkat kok, coba Cherry cari aja 🙂

    @all: ada saran ga nih buat ningkatin kualitas sel telur, soalnya sy jg sdh konsumsi putih telur & alpukat, tq 🙂

  72. silvie

    @ cherry sementara d coba alami dulu menurut spog saya . klo tabung gk dulu deh… suami masih trauma… ni udh 4 bln dr kejadian…mgkn klo misal harus program lgi coba insem aja jd klo berhasil kebanyakan kehamilan tunggal… jd kandungan lbh kuat g cape… klo saran dr batab klo mau bt lg thn dpn…sy skrg pengobatan shinse dulu.. bersihin sisa 2 infeksi sehingga rahim posisi kembali normal n siap untuk hamil kembali…

  73. Cherry

    @Silvie : Wah.. saya ga bisa bayangin jadi kamu lo.. Tabah ya.. Tuhan pasti beri gantinya.. Tetep semangat! Rencana BT lagi?

  74. Cherry

    @Lia : Thanks for ur feedback. Dulu Lia BT juga? Sekali langsung berhasil? Masalahnya apa kok sampe harus BT?

    @Yu : Thanks buat supportnya.. Ceritain donk proses dapetin 4 babynya..

    @Rose : iya, gagal BT itu perasaannya ga bisa dilukiskan lo.. Gimana hasil FET mu? Share ya..

    @Silvie : Wahh.. saya g bisa bayangin jadi kamu lo.. tetep semangat ya! Next rencananya mau coba BT lagi?
    @Devi : Thanks feedbacknya.. U are a good mom of 22 kids though! Semoga Tuhan kasi kita keturunan juga ya..

    @Chrissy : So sorry to hear ur story. Saya tau banget yg anda rasain. Tetep semangat ya. Jgn kehilangan harapan yaa.. BT dimana?

    @Anita : Kamu juga belom berhasil ya? Ada cadangan embrio?

    @Lina : thank you.. amin..

    @

  75. silvie

    @ cherry yg tanah ya… rencana manusia tidak sama dg rencana Tuhan… sekali pun kamu berhasil hamil… masih bnyk yang harus kamu jaga. Kamu perhatikan dan kamu korban kan untuk kehamilan itu… dan s jika Tuhan blm menghendakinya apapun Jerih payah kita berusaha me mperthnkn bayi tersebut tetap gagal… satu hal yg saya terima dr semua ini adalah ucapan syukur buat semua yg sdh terjadi… waktu Tuhan tidaklah sama dg waktu manusia…. sy pun sampai skrg ttp tdk memahami knp smua harus terjadi… sdh d kasih kepercayaan hamil hsg bagus Hasil batab 1 lgsg hmil twin tnp flek dll… pada akhirnya sy kehilangan mereka (hidup cuma 2 jam dan 3jam) akibat lahir premature d usia 5bln 2mgg… skrg cuma bisa Pasrah buat semua hal… kita kembalikan pada Tuhan yg punya Kuasa… semangat y cherry Tuhan berkati

  76. Chrissy

    @Rose: gmn hasilnya sdh keluar say? Moga2 positif ya,jgn pesimis dulu :p soalnya klo msh awal emang blm bisa kebaca apa testpack.

  77. lina

    Buat para bunda semuanya Tuhan memberi bukan pada wktu yang cepat tapi pada Waktu yang TEPAT… so tetaplah berpengharapan hanya padaNYA..
    Memang tidak mudah tapi kita harus tetap kuat karena orang orang yang kita cintai masi ada diantara kesulitan kita saat ini dan kita masi bisa merencanakan untuk program BT yang lumayan mahall,, bagaimana yang tidak mampu, tapi itulah dia Yang Empunya kehidupan tidak terselami rencananya untuk kehidupan kita masing masing…. tetap semangat ya bund…

  78. agustin

    @anita mbk kl blh tahu kmrn kos/nginp di hotel kl kos dmna mb???ada email/pin bb g mbk,..kl nsa q pingin tnya2

  79. agustin

    @anita..salam kenal mb…oh ya bleh tahu apa mslahnya swhingga ikt batab…trs usia brpa mb??apkah seblumnya mbk ada prsiapan2 sprti akupuntur,minum jus alpukat sprti sharing2 pasien yg sdh brhasil?maaf bnyk tanya

  80. anita semarang

    Halo teman2 yang masih berjuang pengen hamil.aku juga pernah gagal program batab kali ini apa yang dialami waktu pertama gagal apa yang dialami cerry sama juga yg aku alami juga.waktu itu dr.aucky suru kembali lg ikut yg program long protocol waktu aku program bulan juni ini 2014 ama kayak cerry tapi kok kita gak ketemu ya?hehe… tapi aku pikir2 lagi pengen
    Lanjut tahun depan aja alias nabung lagi dulu,tetap semangat terus jangan patah semangat untuk yang pernah gagal ya pasti tetap trus doa dan yakin pasti kita para calon ibu bisa hamil dengan cara TUHAN campur tanganNya dengan cara alami maupun tindakan dokter.God bless you all.nita semarang.

  81. agustin

    @rose batab dimana???wah jdi ciut nih ada yg gagal diusia muda q rncna jg mo batab thn dpn skrg q usia 24 q pcos…bleh berbagi tidk tips2 agar bsa sekali program sukses

  82. Chrissy

    Sy umur 37thn jg barusan trm raport tgl 28 kmrn & utk ke dua kalinya program bt gagal, so sad ;( Di satu sisi sangat sangat menginginkan baby tp blm ada rencana utk program lg krn blm siap jika hrs mengalami kegagalan lagi. Buat Cherry tetep semangat krn usia msh sangat muda.Thank u sdh share ceritanya,jalan Tuhan bukan jalanku tp yg pasti Tuhan punya rencana indah buat setiap anak2Nya.

    Buat Yu: boleh sharing ceritanya buat motivasi biar semangat lagi? 🙂

  83. Devi

    Thanx buat sharingnya, sangat mengharukan. Membuat saya berkomitmen untuk lebih menghargai anak2 yang saya bimbing. Saya tinggal dengan 22 anak asuh. Saya sdh 4 tahun menikah, tp belum dikaruniai anak sampai sekarang.
    Saya belum kebakaran jenggot, saya membaca artikel ini krn seorang teman berencana untuk BT. Tapi dari sharing2 ini saya belajar menghargai setiap individu sebagai harta yang sangat berharga…Karena kejadiannya tidak bisa dikondisikan oleh manusia, tetapi mutlak kehendak Tuhan..
    Sulitnya punya anak pasti membuat kita begitu bertanggungjwb ketika pada akhirnya dipercayai Tuhan.
    Terus berjuang para Wanita Pilihan..

  84. rose

    Cherry, kisah kita sama, i can feel what you feel right now.. saya masih 27 tahun, masalah ‘hanya’ di kedua tuba falopi non paten.. sudah 1 kali gagal bayi tabung, dan sekarang sedang menunggu hasil FET yang ke 2, tapi nampaknya gagal juga.. sudah 11 hari setelah transfer saya tespack dan hasilnya negatif 🙂 mungkin ini ujian dari tuhan untuk saya dan suami. Disuruh lebih sabar lagi. Cherry yang semangat ya 🙂 semoga kita semua di sini ada rejeki lagi dari tuhan untuk cycle selanjutnya.

    Untuk Yu, kalau boleh tau ceritanya bagaimana ya? langsung kembar 4 gitu? luar biasa 🙂 mudah mudahan saya dan teman teman di sini bisa cepat nyusul!

  85. Yu

    Hi Cherry,

    Sabar yach ,saya mengerti perasaan sedih ,kecewa,dll
    Saya mengalami persis seperti itu beda nya Dr Aucky bilang embryo kami Exellent .
    Hasil Hcg dibawah 10.Teman seperjuangan malah embryo nya Ok Hcg 300 kembar.
    Dr hanya membantu menyatukan telur dan sperma ,Tuhan yg berkuasa menenun embryo di rahim kita,bersarang sehingga lahir bayi yg sempurna .
    Saya selalu berjuang mencoba lagi ,lagi,lagi,lagi biarpun suami sudah berhenti berharap punya keturunan ,saya tetap minta ,minta,minta,minta,Akhirnya Tuhan memberikan lebih dari yg kami minta,saya melahirkan 2 laki,2 perempuan ,semua orang bilang anak kami tampan dan cantik ,sangking tampan anak kami setiap kami keluar rumah selalu ada yg menyetop dan menyapa (maaf saya terlalu bangga dengan anak2 saya maklum saya sendiri masih seperti mimpi bisa melahirkan anak).Cherry jangan berhenti meminta pada Tuhan.Tuhan pasti kasih.GBU

  86. Lia

    dear cherry,
    Dari semua pengalaman bt, ini adalah yg plg mengharukan. Sy jg punya perasaan takut gagal ketika memulai program bt, tp dr awal sy n suami sll mempersiapkan diri pd kondisi terburuk.
    Tetap semangat! Terus berusaha!
    Dibalik kegagalan, pasti ada hikmahnya. Setiap kesulitan, ada kemudahan. Sy menyarankan cherry kembali ikut program. Mulailah dgn hati senang. Lakukan hal2 yg memperbesar peluang keberhasilan bt. Seperti ikut akupuntur, minum asam folat, minyak ikan. Support suami dgn konsumsi makanan sehat. Tempel foto2 bayi dikamar. Yakinlah bhw cherry n suami sgt pantas mjd org tua.
    Salam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*