PCO n endometriosis n mutu sperma jelek – Cahci

Dear all… salam kenal buat semua yang udah duluan gabung di blog ini. Terus terang aku ngga sengaja menemukan blog ini, tadinya aku lagi cari info masalah PCO n endometriosis. Setelah aku baca-baca kisah temen2 semua, aku jadi tertarik mengikuti BT.

Aku sampai nangis lho baca kisah temen2 yang sangat mengharukan, bagaimana perjuangannya untuk mendapatkan gelar mom. Aku pengin tanya ke temen2 mungkin ada yang mempunyai pengalaman sama denganku, semoga bisa memberikan pencerahan untukku yang sedang galau.

Aku sudah 5th menikah n belum dikasih kepercayaan anak. Sejak 3bln setelah menikah aku ga haid selama 3 bln, aku pikir aku hamil. tapi setelah ke dokter ternyata aku didiagnosa ada kista indung telur. aku melakukan terapi hormon dengan obat-obatan untuk melancarkan haidku. 2 th berlalu tanpa ada kabar baik. sampai akhirnya suamiku pindah ke jakarta, n aku pindah dokter di harkit (abdul latif).

Setelah melakukan USG vagina ternyata diketahui di indung telur sebelah kanan suspect endometriosis dan sebelah kiri PCO. lemes rasanya denger diagnosa itu. aku terapi obat azol, tapi tetep ga ada hasil. dokter juga tidak menyarankan untuk operasi krn katanya bisa tumbuh lagi.

Suamiku pun ternyata mutu spermanya jelek, jumlahnya pun kurang (6jt) pdhl kata dokter seharusnya 20jt. suamiku ternyata ada varikokel di testisnya, itu yang membuat mutu dan jumlahnya jelek.

Karena kesulitan biaya aku berhenti berobat selama 2,5th. terakhir aku berobat 5bln yang lalu di RS Islam pndk kopi, dokter menyarankan aku untuk segera operasi. tapi karena aku belum siap, sampai saat ini aku belum melakukan operasi yang disarankan. suamikupun disarankan operasi varikokel, tapi juga belum dilakukan.

Tolong sharing dong… apa bisa aku melakukan BT kalau aku masih ada PCO n endometriosis dan suamiku mutu dan jumlah spermanya kurang?? mungkin ada dari temen2 yang mangalami hal yang sama..
thx…

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 4.50 out of 5)
Loading...

48 thoughts on “PCO n endometriosis n mutu sperma jelek – Cahci

  1. seba

    Hai, salam kenal buat Cahci.
    semoga tetap semangat ya. kita sama2 berjuang. aku juga sdh 6 thn nikah, tp blm punya anak; skrg lg mo BT.
    Mnrtku, sebelum ikut BT, PCO n endometriosis hrs disembuhin dulu.
    terutama endometriosis; krn kalo gak, embrionya akan susah nempel.
    trus kalo mslh mutu n jumlah sperma kurang, mgkn msh bisa dg ICSI.
    Untuk teman2 yg lain, pls correct me if i’m wrong ya.

  2. cahci

    salam kenal juga buat seba
    iya nih seba…aq udah cape terapi obat, apalagi dngr2 ada efek sampingnya jg kalau kbnykan obat hormon bertahun2.salah satunya kanker payudara. sejak aku terapi juga BB nambah mulu nih..sampai obes gini.
    tadinya aq msh bingung jln mana yg msti aku tempuh.operasi atau lngsung BT.tapi setelah bc comment seba mngkin aq operasi dulu x ya….aq emang ada rencana operasi endo n PCO setelah suamiku dulu operasi varikokel.siapa tau setelah suami oaperasi aq masih bs hamil alami, tapi kalau ga hamil2…terpaksa aq jg harus operasi.aq pilih suami dulu yg operasi krn aq takut endometriosisku numbuh lagi.
    makasih seba atas sarannya…aq doakan semoga keinginanmu BT dipermudah dan hasilnya sukses…

  3. loe-she

    salam kenal buat cahci
    cahci aku jg dibilang dokter pco, tp pco itu bukan masalah besar.kalau mengenai endometriosis aku ga gitu ngerti, tp yg klo itu kista,kakak ku jg ada kista, yg satu sudah diangkat dan yg satu lagi sudah ada lagi kistanya, tp kemarin ini kedokter, dokter bilang masih bisa punya anak dan dokter sempat bilang kenapa yg satu itu cepat2 dioperasi. menurut saya sih cahci mesti coba jgn ke 1 dokter, tp coba cek di dokter yg lain, soalnya kemarin ini saya di vonis pco, trus waktu ke dokter karel di abdi waluyo dia bilang ok ga ada masalah, jadi saya lagi program insem.kalau mengenai suami kamu yg spermanya 6 jt itu kondisi semuanya 6jt atau yg bagusnya 6jt?? karena utk insem sperma 1jt saja sudah cukup sedangkan BT 1 sprma saja udah cukup.
    mengenai suami kamu jangan buru2 di operasi, karena yg saya tahu operasi itu belum tentu berhasil mendingan biaya operasi buat BT ato Insem. suami kamu masih mengeluarkan sperma saja sudah bagus ada yg sama sekali tidak ada spermanya dan yg begitu aja masih bisa punya anak dengan BT.
    coba kamu konsul lagi ke dokter, kamu ada baca ceritanya Ros ga ? yg BT di abdi waluyo cuma 15 jt? itu bener loh soalnya aku jg konsul di abdiwaluyo dan aku tanya masih 15 jt. klo utk insem 2x insem 2,4jt tambah obat suntiknya 1x 800rb. mudah2 ini dpt membantu ya…

  4. karina

    Cahci,
    Jangan patah semangat. kl menurutku asal ada spermanya aja, BT masi bisa dilakukan. Bahkan azoo pun asal hormon normal, BT masih bisa.
    kl PCo dan endometriosis, banyak kok yg BT berhasil. Biasanya sih PCO dikasi obat dulu sbm BT, sedangkan endomet sih ngga diapa2in. Yg penting telurnya ada dan mau besar.
    Semoga membantu

  5. Shanti

    @ cahci, loe-she & karina
    Salam kenal.. aku mau tny dong, PCO itu apa ya..? lalu apa ada pengaruh yang besar jka ingin BT..? mohon sarannya teman2.. Trims.

  6. Shanti

    Oya, sekedar tambahan.. 3bln lalu, saya ikut BT di Dr. Karel- abdi waluyo, lalu 2mggu lalu siap OPU krn kt Dr, sudah ada 5 telur yg besarnya cukup. Krn kebetulan sperma suami kurang, saya di rujuk ke Dr. Indra anwar di gading pluit.. tp sayang skali, ktika OPU, tidak ada satu “isi” telur bisa diambil, bs dikatakan telur saya yg besar2 itu kosong, saya sedih skali, krn selain biayanya besar (-+ 18jt), saya juga harus mengulang lg semua proses u/ BT.
    Setelah kejadian itu, saya konsultasi dgn Dr. Irsal (tim BT di puri gading), katanya, melihat di badan saya bny ditumbuhi bulu2 halus (sprti kumis sdikit & bulu2 tangan) ditakutkan saya mengidap PCO (wlw belum ad tes yg akurat). Krn itu, mudah2an teman2 bs membantu menjelaskan. Trims.

  7. loe-she

    @shanti
    shanti, berarti kamu sama kaya aku. aku jg lg konsul di dr karel. yg aku tau dari dokter sebelumnya di omni klo pco itu hormon testoteron kita tinggi, hormon cowo jadi itu yg menyebabkan telur kita kecil2 dan tidak berkembang, ditambah insulin kita yg kurang sensitif terhadap gula, tp bukan berarti kita kencing manis ya…soalnya aku udah test gula ku normal, jadi aku dikasih minum metformin, pas aku baca metformin itu gunanya membuat insulin kita lebih sensitif. aku OPU knp di gading pluit knp ga di abdi waluyo aja?? pas suami di di gading pluit jadi siapa tau biaya lebih murah…
    klo pengaruhnya sih aku kurang tau ya…

  8. Shanti

    @ Loe-she
    Kebetulan aku dirujuk OPU di gading pluit, krn sperma suami yang kurang dari 3 juta, jd harus BT ICSI, dmana sperma disuntikan lgsung ke ovum (kebetulan di abdi waluyo tidak ada alatnya).. Dr. karel blg, jika sperma suami ada sdikit atas 3 juta, bs lgsung Dr.Karel yg menangani sdri OPU di abdi waluyo..
    Oya, wktu loe-she di blg PCO itu dilihat dari apa ya? apa cek hormon atau cek HSG? trus loe-she sudah sampai tahap mana sm Dr. Karel? Saya setelah mens hari k-3 ini mau coba BT lg dgn Dr. Irsal di puri gading.

  9. Shanti

    @ loe-she
    Maaf ya, ada tambahan pertanyaan,
    mmg harus minum berapa lama obat Metformin spy PCO nya hilang..? trus pengaruh dg ke proses BT apa?.. Wktu gagal OPU krn telur2 yang kosong isinya, suami lgsung di tlp Dr. Karel (kbtulan sy msh dlm recovery stlh OPU). Dia blg saya mengalami syndrom empty folikel (tp ga di jelaskan lbh lanjut apa artinya).. Saya baru mndapat penjelasan lebih dr Dr. Indra & Dr. Irsal (tim BT puri gading). Mereka blg, mmg cara2 yg dilakukan Dr. Karel terbilang murah, namun resikonya juga lumayan tinggi. kata mereka (tnp bermaksud menjelekkan), kadang BT dgn hny menggunakan obat2an, suka cocok2an juga & telur bs pecah kapan saja krn tidak di jaga oleh suntikan hormon tadi.. Oya, trims sebelum & sesudahnya.

  10. loe-she

    @shanti
    kamu jd skrng BT di puri gading??gading pluit bukan??
    waktu aku ke omni dibilang PCO trus di kasih obat methformin, tp lo kamu mau BT ya ga usah minum kali… aku di dr karel udah 1x insem trus gagal, rencana mau hydro dulu. shanti bukannya klo BT di gading pluit itu mahal ya???klo di dr karel mungkin lebih terjangkau.tp aku ada denger dari pasien dr karel banyak juga yg berhasil tp ada jg yg gagal sih…tp kamu udah program dengan tim disana ya.. ya udah coba kita lihat dulu aja kali ya??abis ga kepikir BT di gading pluit mahal.. ga sanggup..hehehe
    semoga berhasil ya

  11. Shanti

    @ Loe-she
    Iya, skrg lg coba BT sm Dr. irsal di Gading pluit ( lokasinya di klapa gading, boulevard ).. Oh, jd klo mau BT, ga usah minum2 obat lagi ya..? Jd loe-she mau insem lg atau BT di Dr. Karel?.. Moga2 lancar & berhasil ya..
    Iya kog, pasien Dr. Karel byk jg yg berhasil, baik BT ataupun insem.. mgkin saya nya saja ya, yg kurang sabar (he3..). Saya jg terinspirasi ke Dr. Karel krn melihat keberhasilan Ross & teman2 lainnya. Tp, mgkin cocok-cocokan jg ya.. & kembali lg, tergantung sm kehendak Tuhan.. Sebenarnya saya cukup trauma utk buru2 mengulang BT, tp suami meyakinkan terus & jd lbh pede aja ke Dr. Irsal krn beliau komunukatif skali. tnp perlu sy bertanya, beliau sudah detail menjelaskan smuanya.. Mmg klo di banding Abdi Waluyo, harganya jauh lbh mahal ya ( obat2 suntik hormon nya 21 jt + OPU & ICSI 26 jt ), tp jika dibanding BT di Rumah sakit2 lainnya ( seperti yasmin RSCM, BIC, Harkit dsb )dgn sistem yg sama ( suntik hormon, OPU & ICSI ), jauh lbh murah ( dsana bs 55-75 jt ).. Mmg untuk dapat anak, bnr2 butuh pengorbanan ya.. Saya juga sampai jual mobil sgala loh, he3..

  12. loe-she

    @santi
    santi aku mau tanya nih waktu kamu opu itu kan di gading pluit nah waktu diketahui telurnya kosong, trus biayanya kan cuma OPU doang kan??? apa udah langsung semuanya?? di gading pluit totalnya jadi 47JT??? tp kata dokter berapa persen bisa jadinya??? lebih besar donk???

  13. Dinda

    @ shanti
    kayaknya emang kalo pake obat oral hasil telornya kurang memuaskan ya? dibanding pake gonal F. Shan, aku salut banget sama kamu sampe jual mobil segala buat BT, ya itulah pengorbanan kita untuk punya anak ya? sedih banget rasanya kalo liat orang yang anaknya disia-siakan, malah ada yang sampe ngebunuh dan membuang anaknya…
    aku juga kalo nanti insem kali ini gak berhasil, aku mau usaha untuk BT, tapi tetap masih di dr. karel, karna dananya baru cukup untuk BT disana, itu juga udah usaha setengah mati, hehehe… tapi gpp lah demi untuk mendapatkan keturunan, apapun itu akan aku usahakan.
    semoga program BT mu di gading pluit berhasil ya shan!
    shan, kalo boleh tau, waktu sama dr. karel mau di opu kan telornya ada 5 kan? itu ukurannya berapa aja shan?

  14. Shanti

    @ Loe-she
    Jadi wktu pertama kali dirujuk untuk OPU, kita harus screening darah (suami-istri) untuk test hepatitis & HIV.. dan tambahan untuk istri, test rubela & toxoplasma (biaya nya -+ 1,5jt).. Setelah itu, ktika besoknya mau OPU, kita sudah diharuskan membayar 26jt utk proses OPU & ICSI.. Tadinya, saya fkr setelah gagal, uang tidak dikembalikan. tp ternyata, setelah di rinci, saya hny memakai uang utk OPU -+ 16jt-an..
    Di gading pluit, klo harus BT dgn ICSI, biaya OPU+ICSI 26jt, ditambah obat2 hormon 20,5jt utk long protocol & 17,5jt utk yg short, itu sudah termaksud biaya obat gel penguat kehamilan (Rp. 3jt)
    Utk berapa persen sih saya kurang pasti brp, tapi kemungkinan utk mendapat telur yang lbh bagus, besar & byk, katanya bs lbh di jamin ya.. Kan stlh tahap ini, msh ada lg proses ET yg saya jg kadang msh suka deg2an apakh embrio mau menempel & tumbuh. Kata Dr, beliau akan berusaha maximal sampai embrio di transfer & spy menempel pun katanya akan di pakai lem khusus. tp kembali lg, Dr. blg, semuanya kembali lg sm tuhan.

    @ Dinda
    salam kenal.. Dinda sudah ada hasil insem?.. saya doakan semoga berhasil ya.. Iya, byk org2 yg sdh beruntung di beri berkah anak, malah disia-sia bgtu saja, saya jg kdg suka gemas ngeliatnya.
    Utk dinda, klo dinda mmg mau BT di Dr. Karel jg sama bagusnya kog, dan byk jg yg berhasil. Saya jg tadinya mau Dr. karel saja yang menangani, tp tnyt tidak bs, krn sperma suami yg sedikit sekali & alat2 di RS. Abdi waluyo tidak selengkap di gading pluit. beruntung klo dinda ditangani Dr. Karel, krn biayanya tidak terlalu mahal ya..

  15. loe-she

    @shanti
    shan kemarin kan aku ada ke bunda utk hydro… trus ketemu ada yg BT jg di dr karel dan dia jg sama dirujuk ke gading pluit… trus telurnya ada 3 dan semuanya oke…aku tanya dia pake obat minum ato suntik dia bilang dia yg diksh dr karel doang yg minum semua. kmearin ketemu dia habis test darah dan hasilnya positif semuanya dimasukkan.. tp belum tau kembar ato enggak … mudah2an kamu berhasil ya….

  16. Dinda

    @ shanti
    iya shan…, semoga proses BT kamu berhasil ya…
    aku masih belom ketauan nih hasil insemnya, kalo menurut dr. karel baru bisa di tespack 2 minggu lagi, ya jadinya aku masih santai aja…, ntar tanggal 25 aku disuruh balik lagi kontrol. mungkin disitu baru ketauan berhasil or gak berhasil. mohon doanya juga ya shan…

    @loe-she
    iya loe-she, ada 2 temenku juga yang berhasil insem sama dr. karel, aku jadi tambah semangat jadinya. mudah2an aja kita berjodoh ya di handle dr. karel! amiin…

  17. Shanti

    @ Loe-she & Dinda..
    Iya, jd semangat ya klo mendengar temen2 yang pada berhasil.. mudah2an kita semua juga ikut ya..
    Utk loe-she, iya wktu itu aku juga bingung knp dr 5 telur ku, ga ada satupun isinya, padahal menurut cerita teman2 yg jg dirujuk ke gading pluit, rata2 OPU nya berjalan dgn sukses.. Pada saat itu saya jg sampai stress bgt, tp pd akhirnya saya pasrah.. kembali lagi, Tuhan ya yg menentukan segalanya. Sebenarnya saya ingin kembali ke Dr. Karel, krn biaya yang tidak tinggi, tp sepertinya malah suami saya yg trauma.. Teman2, kita saling mendoakan ya.. jgn patah semangat & terus berjuang..! He3..

  18. Eny

    Slm knl ya, smg tmn2 hasilnya positip ya.. Saya jg rncm mau BT sktr bln Okt tp sy msh bingung dg pemeriksaan awal untk ok bisa BT sprti hepatitis, Hiv, Torch,dll. Dilakukanya sblm masuk BT ya? Biayanya kira2 brp y? Mohö sharing tmn2, thanx ya..

  19. keke

    Hi Eny, lam kenal harga pemeriksaan lab tergantung dimana kliniknya. FYI kalo pengalaman aku di Bunda 1,9jt utk cek semuanya. semoga membantu

  20. loe-she

    @eny
    klo biasanya di dr karel dia udah kasih obat2an dulu untuk semua virus2 jadi ga usah test lagi,… biasanya sih gitu… jd setau saya klo BT di dr karel ga disuruh test darah deh… ga tau jg deh… coba tanya mbak ros yg udah sukses tuh BT ama dr karel…

  21. Shanti

    @ Loe-she
    Gmn nih kabar BT nya, sudah sampai tahap mana skrg..?

    @ Eny
    Salam kenal
    Betul kata Loe-she, klo di Dr. karel mmg ga ada screening darah ataupun test2 penyakit lainnya, biasanya di awal proses, Dr. hny memberikan obat2 virus saja.. Tp kebetulan di RS. puri gading, mereka mengharuskan. Saya cek Hepatitis, HIV ( suami & istri ) lalu toxoplasma & juga rubela, biayanya -+ 1.5 jtan.. Semoga membantu.

  22. loe-she

    @shanti
    aku belon BT, baru kemarin selesai hydro puji tuhan paten semuanya… jadi kamis ini baru konsul lagi ke dokter… lg mau coba insem dulu sih rencananya…

  23. Eny

    @keke, loe-she & shanti..
    Thanx bget ya atas infonya. kita ini langananan rumah sakit ya, padahal dulu sih ogah deh jgn sampe hehe. Met berjuang, smg kita bs melaluinya dg baik, amin..

  24. cahci

    @ loe-she, karina n shanti
    thanks untuk dukungannya ya.
    oia 2 minggu yl aq periksa lagi ke Harkit, tapi ganti dokter. dulu aq pake dr.abdullatif kmrn aq ganti dr.suci. aku seneng sekaligus sedih. karena mnrt dr.suci aq hanya ada endo disblh kanan indung telurku itupun udah berkurang 1cm yg sblmnya 3cm, skrng aq tinggal buang yg 2cm. aq sdng cb alternatif krn takut operasi. lagian kt dokter endo kecil ga perlu dioperasi. PCO yg dulu katanya ada di indung telur kiriku skrng ga tau kemana rimbanya, seneng si tp jg bingung. diagnosa dokter mana yg bener.
    sebelumnya si aq jg periksa ke RSIJ pndk kopi, dkter disana jg bilang aq hanya ada endo tapi katanya harus operasi.pusing kan??beda dokter beda diagnosa n beda saran juga.
    yg menyedihkan kata dr.suci sperma suamiku cuma dibawah 100rb, pdhl sblmnya yg qt tau 6jt. dan sarannya….harus BT. hanya BT karena untuk insem aja ga bisa dg jumlah sperma segitu.
    aq akan coba cari info ke abdi waluyo aja siapa tahu bisa seperti ros dengna biaya murah dapet 3 baby. emang dari beberapa bulan yl penginnya coba kesana krn cuma disana yang biayanya terjangkau. kalau di harkit kmrn aq tanya 55-60jt. doanya ya smg aq bisa BT secepatnya…secara adik2ku udah pada punya dobel, aq satu aja susyah bener..
    @ shanti: yang aq tau PCO itu kista yang bentuknya kecil2 tapi menggerombol. kata dokter si gitu. gejalanya haid jadi ga teratur…kadang haid kadang engga, kalaupun haid cuma flek2 coklat aja. kadang juga cuma sehari haid, berhenti 2 hari ntar haid lagi.pokoknya kacau bgt jadwal haidnya deh…kalau ada pengaruh ke BT apa engga aq juga ga tau krn aq jg belum konsul untuk BT.

    salam
    cahci

  25. loe-she

    @cahci
    cachci kamu jgn buru2 dioperasi dulu loh… aku punya kakak jg begitu… sayangya di dokter lain indung telurnya keburu dioperasi jadi skarng tinggal 1.. trus kemarin ini konsul ke dr karel dan ditemukan di indung telurnya jg ada endo ukurannya sama kaya kamu 3cm… tp dr karel setelah ukur2 dan dia bilang masih bisa utk hamil.. ga usah dioperasi.menurut ku sih mending coba tanya2 dulu sama dr karel dan langsung bilang mau BT trus kasih lihat analisa sperma nanti biasanya dia bakal kasih tau gimana selanjutnya.. cuma klo di dr karel mesti sabar ngantri nya…

  26. cahci

    @ loe-she
    aq emang blm ada niatan utk operasi krn banyak kasus operasi endo kalau diatas 5cm. aq msh mau cb alternatif lagi, lumayan ga sakit banget, biaya terjangkau n terbukti berkurang endo-nya.
    untuk konsul dr karel msh nunggu jadwal suami yg lagi padet bgt. maunya si secepatnya. oia loe-she…dr karel prakteknya setiap hari apa ya? n jam berapa? trus orangnya gimana? enak ga diajak konsul?

    salam
    cahci

  27. loe-she

    @cahci
    kakak ku dulu waktu belum di operasi alternatif jg trus katanya kecilan tp beberapa bulan kemudian malah lebih besar lagi.. g jadi bingung.. akhirnya kk ku lsng operasi aja sayang indung telurnya jg diangkat ukurannya endonya sih udah 8 cm.dr karel praktek di abdi waluyo dan bunda. tp aku tau prakteknya cuma di abdiwaluyo hari selasa,kamis,sabtu jam 4sore sampe selesai. klo aq biasanya jam 6 pagi datang dapet nomornya agak kecil nanti jam 6 ato jam 7 malem baru dateng. ngantrinya panjang tp biaya konsul sama usg semuanya sama 150rb all in. yg aku tau dr karel itu ga bakal suruh test trus ga keluar biaya macem2. kemarin aja aku mau hsg trus dia bilang jgn mendingan lsng hydro aja langsung diobatin sekalian.biaya hsg sama hydro hampir sama.yg pasti sih dr karel orangnya diemmmmmmmmmmmm klo ga jago2 ngomong dia bakal diem aja mesti kita yg tanya terus tp dia jawabin aja tp kadang didiemin sih heheh tp tuh dokter pinter sih banyak yg ngobrol. aq ada temen kamil diluar kandungan trus lsng disuruh operasi laparoscopy abisnya banyak bgt ampe jutaan, eh kemarin ini aku ada ketemu pasien dr karel dia pernah hamil diluar kandungan trus ga dioperasi cuma dikasih obat suntik trus lsng beres… keluar biayanya cuma obat suntik doang… hebat ya hehehe jd kayanya dia pengalamannya udah banyak…coba aja.. tp ada jg yg ga betah ama ngantrinya.. hehe sabarrrr

  28. cahci

    hai loe-she…
    baru kmrn aq semangat bgt ke abdi waluyo tuk tanya2 BT. tapi hari ini aq baca kisah ros n comment2nya, jadi loyo lagi. kata ros sperma dibawah 3jt dirujuk ke gading pluit so…biayanya jls tmbah bengkak. pdhl tadinya udh mantep bgt.

    kayaknya kembali ke niat awal aja. biar suami operasi varikokelnya dulu aja, emang si butuh waktu agak lama biar jmlh n mutu spermanya baik. tapi sepertinya harus jalan itu dulu diambil, yah…hitung2 sambil nambah tabungan lagi. uhuk…sedih bgt.

    kalau loe she kapan mulai prog insem-nya…kabar2 ya n moga2 niat baik kita dikabulkan Tuhan…n tentu saja mendapatkan hasil yang membahagiakan. amin

    salam
    cahci

  29. loe-she

    @cahci
    memang sih di rujuk ke gading pluit tp biayanya jauh lebih murah ga sampe 50jtan soalnya kita dikasih obatnya sama dr karel bukan sama dr di gading pluit. tp gpp deh klo hubby mau operasi dulu, kemarin ini aku ada denger yg berhasil operasi.. ada jg yg ga berhasil ya mudah2an hubby kamu berhasil ya… tp menurut ku lebih baik kamu coba konsultasi dulu ke dokter karel.. biasanya dia yg tentuin gading pluit ato di abdiwaluyo… coba aja dulu siapa tau dikasih obat dr dia sperm hubby bisa lebih dari 3jt.
    nanti kamu konsul dulu tanya klo hubby di operasi gimana? trus tindakan selanjutnya apa?? karena yg g tau dr karel itu ga neko neko utk biaya.
    rencananya besok ini aku mau konsul lagi lg mau lihat kemarin ini kan lagi gedein telur mudah2an aja telurnya gede2 biar klo jadi kembarrrr hehehhe amin amin

  30. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Yth Ibu Cahci…
    PCO dengan spermatozoa yang kurang subur, memang belumdapat di katakan “harus” bayi tabung. Apabila PCO sudah di perbaiki dan spermatozoa meski 6 juta/ml tetapi masih ada spermatozoa dengan motilitas grade A/ kualitas yang baik, maka inseminasi buatan bisa di kerjakan lho..Kecuali kalo spermatozoa gak bisa di perbaiki alias parah banget dan PCOnya juga sulit di perbaiki..ya terpaksa BaTab. Begitu komentar saya

  31. windha

    hi teman2 aku salut bgt dengan perjuangan kalian, umurku 29 aku dah maried 3 thn tp blm ada momongan. dokter diagnosis aku pco and tuba kiriku tersumbat, aku ada rencana BT, apa ada yang punya kasus sama dgn aku n berhasil hamil?
    thanks and good luck to you all

  32. difa

    hai all…

    aku kaya’nya senasib sama cachi, aku udh 6 th lebih nikah, n blm pny anak. dari hasil usg transvaginal, diketahui sel telurku gak bs berkembang, banyak sih, tapi kecil2… sperma hubbyku jg kurang bagus, banyak yang mati, gerakan lambat n bergerak ditempat. yang jadi tambah beban, swmku anak tunggal, jadi kl kami gk pny anak, gak ada penerus keluarga kami…. umurku mau 34 dan swmku udh 40…. mau inseminasi ato BT, bingung mau di dokter mana, aku tinggal jauh dr kalian, aku di Malang, gak kaya kalian, bisa enak rame2 ke dr. Karel….hikhik…

  33. olif

    @difa… salam kenal… ngapain kok sedih, mending melakukan suatu hal yg memotivasi diri sendiri tuk berhasil, bisa buka postingan pak dicky or mbak2 yg lagi program BT di sby…kan ga jauh dr mlg…(*o iya aq jg arema cm da pdh jkt)..semangat!!!!!!!!

  34. difa

    hai semua…
    mau tanya nih, apa benar obat keputihan itu bisa mengeringkan kandungan?
    beberapa bulan ini aku mengalami keputihan tiap abis mens sampai akhir masa suburku, gatel, n baunya gak enak, hehehe…, tapi gk berani minum obat apapun. aku kan pengen cepet hamil. ada yang tau gak friend obat keputihan apa yang aman dan tidak mengurangi kesuburan?
    @olif: makasih ya dukungannya…
    beberapa hari lalu aku coba ke Mr. Arnaz di splendid malang. dia tuh mengobati pasien khusus yg pengen punya anak, katanya sih banyak yang cocok, semoga cocok juga buat aku….Amin.

  35. olif

    @difa….aq jg dah pernah ke mr.arnaz di splendid, dia ngelihatnya pake alat & yg di lihat hanya ujung kaki suami istri, pantangannya buanyak coklat,straberry,tape,ketan,nanas, dll & belum bhasil, semoga difa cocok ya…

  36. difa

    @olif.. kalo aku coklat ma strawberi gak ada pantangan. emang olif skrg belum hamil jg, pa dah pny anak?

  37. olif

    @difa….belum dif…lagi usaha juga nih setelah program BT ke-1 belum berhasil….sama2 mendoakan ya jeng…eh difa tinggal dmn?? ada fb ga???

  38. nitya

    Hi Cahci,

    Salam kenal ya… Problem kamu sama persis sama aku lho.. Aku dah merit 5 tahun tapi belum dapet amanah jadi momy. Trus aku juga PCO dan Endometriosis, dan suami juga masalah sperma.

    Kita udah ikut BT-ICSI 2 kali & 1 kali frozen embrio transfer, tapi blom berhasil juga. Trus akhirnya nurut advise dokter buat LO. Pas LO dibersihin endometriosis nya dan juga di lakukan Ovarian Drilling yang bisa ngebantu masalah PCO dan ngebuat nggak Overstimulated pas nanti bayi tabung. Aku baru seminggu yang lalu LO. Rencananya mau 3 bulan Tapros biar si endo nggak balik lagi. Abis itu mulai program lagi… semoga berhasil nanti. Sekarang ini aku treatment di BIC sama dr Ivan.

    Jadi saran ku, mendingan bersih-bersih endometriosis nya dulu sebelum BT.

    Kalo untuk masalah sperma asalkan ada sedikit aja (nggak usah 20 million) yang kualitas bagus, nggak apa-apa bisa pake ICSI. Dulu suamiku udah berobat minum obat2an setahun -an lebih deh tapi nggak ada perubahan. Trus disarankan oleh dokter buat operasi varicocle tapi kita nggak mau, soalnya suami ku nggak ada keluhan apa-apa.

    Ok deh gitu dulu.. share2 ya kalo udah berhasil..

  39. lin

    lam kenal nitya,betul sekali kalau masih ada endo lebih baik dibersihkan dulu,pengalaman aku ada endo bt pertama gagal dech,sekarang aku dah LO,dan jg suntik tapros sebanyak 3X,sekarang awal jan aku dan dapat haid noral lg,bulan depan persiapan bt ke 2,moga kali ini berhasil.Nitya LO sama dr siapa?aku sama dr wahyu yang dibunda, untuk cahci lam kenal

  40. Nitya

    Hi Lin, salam kenal juga. Aku kemarin LO sama
    dr Ivan di Bunda. Kamu baru mulai BT lagi ya? Sama dr siapa? Good luck ya semoga berhasil.. Nanti share-share ya..

  41. lin

    pagi nitya,aku bt diundur dulu lagi sakit nich.tnx ya atas dukunganya, gm hbs LO dikasih suntik tapros ngak? kemaren aku dikasih surat pengantar bt sama dr ivan jg,tapi aku mungkin mau balek kedr auky aja karna aku merasa nyaman disby.

  42. ochi-ckr

    Hai semua, lam kenal….
    aku sdh BT 2 X, 1 gagal BO,2 kwalitas telornya jelek tdk bisa ET, aku programnya di yasmin…,sekarang mau coba lagi…,tapi rencananya mau ke dr. karel…aku penderita PCO dan endometriosis stad IV,ada yg punya penyakit seperti aku ini, bisa berhasil hamil dgn dr.karel? share dong…aku butuh bgt informasi…

  43. Ani

    Hi semua, salam kenal….

    aku lagi mau coba insem. Mau tanya nich, ada yang punya pengalaman insem atau BT dengan dokter Irham di Bunda?

    Minggu kemaren, sudah sempat konsul sama dia… dan orangnya komunikatif sekali, cuma aku pengen tau tentang keberhasilan insem sama dia.

  44. erlyna

    Saya masih punya sisa gonal F 600 mm, siapa yang tidak mampu & sedang menjalani proses bayi tabung saya akan memberinya free. Tadinya saya ingin menjualnya atas anjuran my sister, siapa yang minat email saya totobauman@yahoo.com

  45. dwirespati

    hai semua… salam kenal ya….
    @ani : aku sempet insem ama Dr Irham sekali. sebenarnya aku pasien Dr ivan. cuma pas mo insem dr ivan pergi umroh jadi aku ditangani ama dr irham. aku sudah insem sebanyak 3x, yg pertama ditangani dr irham, yg ke 2 & ke3 ama dr ivan. cuma semuanya gagal. kayaknya faktor keberhasilan itu ada ditangan Tuhan. dokter hanya membantu.

Comments are closed.