bayi tabung

Pengalaman bayi tabung dalam mengatasi masalah kesuburan untuk mendapatkan si buah hati

15th November 2008

Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Vie

Hai salam kenal semuanya,
aku salah satu penderita endometriosis n aku udah 2 kali menjalalani operasi laparaskopi. Pada L/O pertama kali ditemukan ada 3 endo sebesar -/+ 6 cm n dinyatakan stadium 2, pada saat itu aku disuntik obat zoladex untuk 3bln yang fungsinya sama dgn tapros.Tetapi aku baru mendapatkan mens setelah 6 bln.

Aku termasuk orang yang rajin kontrol ke dr, hampir 2bln sekali aku pasti cek untuk kontrol, tetapi setelah 1thn dari aku L/O pertama kali, aku didiagnosa kalo endoku muncul lagi n aku harus di L/O lagi. Pada saat itu aku kesal sekali dengan dr-ku, karna dia pelit sekali untuk memberi informasi ttg keadaanku n selalu mngatakan untuk cepat hamil tapi dia sendiri tidak pernah memberi solusi untuk obat atau cara apa supaya saya cepat hamil, malah dia blg, kamu harus cepat hamil, walopun penderita endo sulit hamil. Jelas aja aku kesal bgt ama dia n akhirnya aku memutuskan untuk ganti dr.

Akhirnya kami memutuskan untuk ke dr. Andriono di Bunda n dia mengatakan endoku tidak perlu di operasi dulu karna masih 3cman n dia memberikan vit.e, agar saya bisa hamil. Tapi berhubung aku blm hamil juga n endoku bertambah besar, beliau menyarankan agar aku inseminasi dgn dr.Ivan di BIC.

Setelah ke dr.Ivan, beliau mengatakan kalo aku harus L/O dulu supaya bersih n diliat keadaan dalamnya. akhirnya Juni 2008, aku melakukan L/O n didapat 2 endo n stadium 4 dgn kondisi endo sudah berat, jenisnya aktif sekali. Beliau juga bilang kalo aku inseminasi dgn keadaan spt ini, kemungkinannya kecil sekali n menyarankan untuk program BT.

Setelah L/O, aku disuntik tapros selama 3bln n mulai semprot synarel tgl 6 okt, dilanjutkan dengan suntik gonal 300iu selama 9 hari, tapi karna endoku parah bgt, telur yang aku dapat hanya 6 krn mnrt dr ukuran telur sudah cukup, maka dijadwalkan tgl 27 okt dilakukan OPU.

Pada saat OPU, saya tidak merasakan sakit apapun, karna dibius..hehe malahan sangking keenakan ama obat bius, aku gak sadar2 ampe 2jam, hampir aja aku disuntik supaya bgn ama suster, tapi karna suamiku gak mau aku kebanyakan disuntik, suamiku bisikin aku supaya cepat bgn kalo gak bakalan disuntik. Ternyata bisikan suamiku manjur juga, aku lgs sadar, alhasil obat yg sudah diambil dari apotek dibalikikn lagi dech..hehe. Oya pada saat OPU telur yang diambil hanya 4, karna yang 2 posisinya sulit untuk diambil.

Tgl. 30 Okt, aku Et, telur yang berhasil menjadi embrio hanya 3 n semuanya dimasukkan, sempat sedih juga gak punya cadangan embrio tapi aku berusaha cuek aja, sampe2 sblm et, suster2 n org lab bilang kalo kemungkinan besar aku bisa berhasil karna mereka liat aku bener2 santai n becanda mulu ma suamiku. Krn menurut mereka, hampir semua org yang berhasil adalah org2 yang santai. Pas ET suamiku ikut menyaksikan semua prosesnya, dia sampe terharu ngeliat embrio melalui usg yg sudah dimasukkan ke dlm rahimku.
Setelah ET aku bnr2 sante2 di kamar, semua serba dilayanin, asyik de, bagaikan ratu…hehe
aku keluar kamar hanya saat mo BAK or BAB. n aku juga selalu minum susu anmum n jus buah.

Akhirnya tgl 12 nov, waktu yang menegangkan….
hari ini aku test urin n tes hcg…pada saat aku menunggu hasil urin, saya n suami bener2 tegang n tiba2 dr Augustine sms suamiku, bilang kalo hasil urinku positif, tanpa sadar suamiku teriak2 di bunda “vie kamu positif, kamu positif” aku langsung merinding satu badan n kami berdua sama2 mo nangis… mungkin org2 yang ngeliat kami b2 pada bingung, karna suamiku teriaknya kenceng bgt… haha n pada mlmnya dr Augustine mengabarkan kalo hasil hcgku 678,1 n dia mengatakan kemungkinan kembar, kami bener2 seneng bgt…n 2 minggu lagi saya baru disuruh usg… mohon doanya ya teman2 supaya semuanya berjln lancar.

oya tips buat temen2 yang lagi or akan menjalankan BT, jangan stress, santai aja, biarkan semua berjalan apa adanya… karna kalo qta stress itu berpengaruh bgt lo… pedomannya adalah…enjoy aja… kaya diiklan gt de.. hehe

Semoga ceritaku ini bisa menambah semangat buat temen2 yang lagi or akan ngejalanin BT.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (18 votes, average: 3.22 out of 5)
Loading...Loading...

posted in Berhasil hamil, Endometriosis, Proses | 126 Comments


28th October 2008

Dukungan psikologis dari Lia

Hai semuanya, salam kenal ya… Saya lia, 21 tahun n belum nikah. Saya adalah mahasisiwi psikologi salah satu Univ swasta di jakarta. Mungkin kalian bingung kenapa saya yg blm nikah n punya pengalaman BT ikut2an di web ini … hehe …

Udah sejak beberapa bulan yg lalu sy mengunjungi web ini, awalnya untuk mencari2 informasi tentang BT karna kebetulan saudara dan teman saya juga ikut BT. Setelah membaca pengalaman kakak2 skalian, saya jadi tertarik untuk ikut bergabung. Saya senang membaca pengalaman kalian semua di web ini, bagaimana perjuangan dan semangat kalian untuk menjadi seorang ibu… sungguh luar biasa n salut untuk kalian…

Baru beberapa hari yang lalu saya ikut nimbrung di web ini dan mendapatkan sambutan yang cukup positif dari beberapa temen yang ada di sini. Karna itu, sy ingin skali bisa membantu kakak2 skalian dalam masalah2 psikologis yang dialami selama program BT.

Saya ingin skali bisa membantu menjawab permasalahan psikologis yang kalian alami, gimana cara mengatasinya, dan hal2 yang lain yang ada hubnya sm psikologi.

Semoga saya bisa menjadi bagian dari kalian n bisa membantu. Terima kasih atas kepercayaan dari kakak2 skalian yang sblmnya sudah ngasih kprcayaan untuk menjawab beberapa masalah psikologis yang dialami. Semoga saya masih dan tetap di kasih kepercayaan untuk ikut dalam web ini… :) Amin…. Thanks all…

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (9 votes, average: 3.56 out of 5)
Loading...Loading...

posted in Persiapan | 55 Comments


23rd October 2008

Kesulitan ET bayi tabung – Veronica

Berikut ini adalah pengalaman bayi tabung Veronica. Terima kasih Veronica atas sharingnya…

Kami mengikuti program di BIC dengan dr. Ivan. Prosedur yang dilakukan semua sama, diawali dengan tes hormon lengkap, TORCH, dll baik suami maupun istri.

Setelah semua oke… lanjut ke pemeriksaan apakah tersedia sperma utk program ato tidak karena dari hasil analisa sperma ternyata tidak ditemukan sperma alias nol. Bsyukur kepada Tuhan saat PESA sperma bisa diambil cukup banyak dan disimpan sehingga program bisa berlanjut terus.

Dimulai dengan minum microgynon selama 21 hari…lanjut ke semprot synarel tiap jam 8 pagi dan 8 malam kemudian gonal f 150 selama 8 hari…

Puji Tuhan sekali semua obat berfungsi dengan baik sehingga sejauh ini program kami berjalan dengan lancar…USG terakhir setelah suntikan hari ke-8 gonal f ada 17 telur yang ukurannya cukup sehingga diputuskan oleh dokter utk OPU lusa.

Sebelum OPU terlebih dahulu suntik ovidrel utk memecahkan telur…suntikan ini yang terasa pedih dan bikin agak pegel… OPU berjalan dengan lancar… bhasil diambil 16 telur… dari 16 telur tsb hanya 13 yang baik kualitasnya tetapi hanya 8 yang jadi embrio….3 embrio kualitas baik yang akan ditransferkan dan hanya 2 embrio yang bisa dibekukan.

3 hari setelah OPU ET (embrio transfer) dilaksanakan… pagi jam 8 kami sudah stanby dengan diharuskan minum utk mengisi kandung kemih…. sukacita rasanya hati karena program yang melelahkan sudah hampir selesai dan sejauh ini lancar sekali… tapi saat transfer berlangsung… setelah hampir 1/2 jam berlalu dokter belum bisa juga memasukan embrioku ke dalam rahim… berbagai macam cara dicoba… sampai ganti beberapa kateter… melihat hal tsb kita merasa was2 dan ga yakin akan keberhasilannya… apalagi suamiku melihat ada darah di kateternya…. sampai embrioku dikembalikan lagi ke lab…

Akhirnya dengan susah payah dokter mengatakan bhasil juga embrioku dimasukan.. entah benar atau tidak… yang jelas kami sendiri sudah merasa sangsi dengan keberhasilannya… tapi pasrah aja…

14 hari setelah ET… tes kehamilan… ternyata benar apa yang kami takutkan terjadi… hasil tes negatif… kami tidak berhasil dalam program fresh cycle kami… akhirnya dokter menuruhku tes kekentalan darah… hasil normal smua… dokter memberikan penjelasan dan analisa atas kegagalan kami… mreka mengatakan karena kesulitan proses transfer kemarin itulah penyebabnya… menurut penjelasan mereka.. proses transfer embrio adalah proses yang paling penting dan tidak boleh terlalu lama… mendengar hal itu.. tentu saja kami kesal… tapi kami tidak bisa berbuat banyak selain pasrah.

Karena kami memiliki sisa embrio… diaturlah utk thaw cycle…. lumayan juga biayanya 7-8 juta… tapi kami tetap mencobanya… sebelum thaw dokter melakukan trial ET utk mengatasi masalah kami terdahulu… setelah yakin… melalui natural cycle ditentukan kapan harus ET sisa embrioku.

Dari 2 embrio sisa hanya 1 yang survive… dengan yakin kami jam 8 pagi sudah stanby utk ET… trial ET sebelumnya sudah dilakukan pikirku… jadi ga akan terjadi lagi kesulitan transfer karena rahim retro dan jauh.

Ternyata….. ET thaw cycleku lebih parah lagi dari ET freesh cycle terdahulu… sudah hampir 1 jam masih juga embrio belum bisa dimasukan… sampai akhirnya dokter putus asa dan meminta bantuan rekan sejawatnya yang lain…. rasanya kekesalan sudah memuncak di dadaku… tapi kami tidak bisa berbuat apa2 selain merelakan biaya yang sudah sedemikian besar kami keluarkan harus menemui kegagalan karena hal tsb….
smoga hal ini bisa menjadi info buat teman2 smua utk lebih banyak lagi mencari informasi sebelum mengikuti program BT dimanapun.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 3.25 out of 5)
Loading...Loading...

posted in Proses | 37 Comments


21st October 2008

Pengalaman lengkap bayi tabung keluarga Zahra

Berikut ini adalah pengalaman Zahra dalam mengikuti proses bayi tabung. Terima kasih Zahra atas sharingnya…

Sebelumnya saya mau ngucapin makasih buat mbak Yenni yang sudah membuat situs ini…saya jadi punya banyak pengetahuan tentang bayi tabung. Oiya, kami menikah sudah 3 tahun. bulan juli kemaren kami ikut program bayi tabung. tapi sayang belum berhasil… belum saatnya mungkin ya ?

Saya belum pernah hamil dari awal menikah. memang saya punya riwayat menstruasi yang tidak teratur. Sejak 6 bulan pernikahan, kami sudah konsul ke dokter, saking pingin cepetnya punya anak. Alternatif lainnya juga sudah kami jalanin. Mulai dari urut perut, refleksi, minum pucuk kurma dan lainnya.

Di dokter, kami diberi obat-obatan penyubur. Setelah terapi obat penyubur gak berhasil, dokter melakukan tindakan tiup/hidrotubasi, dan tidak ditemukan masalah. Setelah itu melalui serangkaian tes darah, dokter menyatakan saya menderita Polikistik Sindrom Ovarium (PCO). Kata dokter, PCO membuat sel telur saya sulit berkembang. Banyak telur tetapi kecil-kecil. Makanya menstruasi jadi tidak teratur.

Saya diberi terapi pil metformin. Mulai bulan pertama 1 pil perhari, dilanjutkan bulan berikutnya 2 pil dan setelah 6 bulan saya harus makan 3 pil dalam sehari. Tapi sayang setiap makan, saya selalu merasa mual sehingga kadang-kadang minum pilnya ketinggalan. Nakalnya saya, saya pindah dokter karena bosen minum pil tanpa tindakan apa-apa. Tapi akhirnya setelah setahun saya kembali ke dokter saya. Sebab saya merasa dokter pengganti itu tidak punya visi yang jelas tentang infertil.

Kembali ke dokter lama, saya harus kembali menjalani serangkaian tes darah. Hasilnya menurut dokter, PCO saya mulai berkurang. Tapi tetap harus minum metformin. Tapi sekarang cukup 2 kali sehari. 

Saat kembali kedokter pertama, sebenarnya kami sudah mau memutuskan ikut bayi tabung. Dan saat konsultasi dengan dokter, dokter langsung menyetujui.Awalnya dokter mau merujuk ke dokter di san marine atau ke gading fluit, tapi kami memutuskan ke dokter ivan di morula rs bunda. Sebab ada temen yang merekomendasikan. Selain itu saya tertarik pada cerita mbak felice dan mbak dian.

Setelah berkonsultasi pada bulan april, akhirnya kami mulai proses bayi tabung pada bulan juli 2008. Saya minum mikroginon selama 21 hari mulai hari ke-5 menstruasi yaitu pada tanggal 4 juli. Pada hari ke 19 setelah minum mikroginon, mulai semprot synarel tanggal 22 juli. Setelah semprot pada hari ke-12, mulai suntik gonal f225 yaitu pada tangal 2 agustus. Pada suntik hari ke 5, saya di usg, ada 13 telur tapi semua ukurannya kecil. Baru 1 yang berukuran 10, kata dokter karena saya mengidap PCO. Makanya telurnya banyak dan kecil-kecil. Pada hari ke 8 baru ada 3 yang besar.

Akhirnya pada hari ke-12 suntikan, dokter memutuskan untuk dilakukan OPU pada hari jumat tanggal 15 Agustus. Semprot synarel dihentikan pada saat suntikan gonal F dihentikan dan malam tanggal 14, suntik ovidrell, besoknya disuruh istirahat saja di rumah.

6 jam sebelum OPU harus dilakukan puasa. Tanggal 15 agustus jam 9 pagi, dilakukan OPU. Saya gak ngerasa apa-apa waktu diambil telurnya, soalnya dibius sih.. :-). Setelah siuman, baru sadar ternyata saya di oksigen tapi beberapa saat kemudian oksigennya dilepas. Saya juga diberi infus albumin, infus obat dan infus cairan. Jam 3 sore baru pulang. Karena bius sudah mulai hilang, perut mulai terasa keras, kembung dan mual. Bergerak rasanya sakit sekali. Jalan sedikit sakit, lambat –lambat kayak siput aja..hehehe.

Hari Senin jadwal ET. Dari embriologist nya, diketahui bahwa telur yang diambil 13, yang matang ada 11 dan yang terbuahi hanya ada 9. semua telur di ICSI. Dari 9 telur, kualitas yang excelent cuma 2. yang good 3, sisanya well. yang akan ditransfer ada 2 yang kualitasnya excelent, dibekukan 3, sisanya tidak dibekukan.

Transfer embrionya tidak terlalu lama, lebih kurang 15 menit. Yang lama itu nunggu kandung kemih saya penuh. Jadi disuruh minum terus-terusan. Setelah ET selesai saya langsung pipis, karena kandung kemih penuh dan perut diteken-teken sama dokter. Setelah itu saya istirahat selama lebih kurang 10 menit, terus dipindahkan karena akan ada pasien lain. Diluar, saya tiduran selama lebih kurang 1 jam, setelah itu langsung pulang. Obat-obatannya sama aja. Duphaston, asam folat dan Crinone.

Oiya pada saat akan transfer embrio, diketahui ada polip kecil di luar saluran rahim. Kata dokter sebenarnya tidak mengganggu. Tapi nantinya tetap harus diambil.

Mulai dari setelah ET, saya terus-terusan merasa mual dan muntah. Akhirnya besok siangnya saya ke UGD rs bunda. Karena takut saya kekurangan cairan, dr. ivan mutusin saya dirawat. Tapi setelah cek lab, besoknya saya diperbolehkan pulang. 

Hari ke -5 setelah ET saya suntik HCG 500 karena hasil tes darah estradiol saya turun ke 1930. 2 hari sebelum cek urin, keluar flek tapi kata dokter agustin, obat tetap dipakai. Tanggal 31 agustus saya cek darah dan urin. Hasil urin menyatakan negarif. walaupun sedih, tapi saya sudah nyiapin mental untuk itu. Jadi nangisnya gak sampe bombay..:-)

Besoknya saya konsul lagi ke dokter ivan. Saya disuruh tes darah untuk melihat apakah ada kemungkinan adanya antibodi dari diri untuk menolak benda asing yang masuk ke rahim dan juga untuk menguji kekentalan darah. Semua hasil tes darah negatif. Jadi kesimpulan dokter, memang belum diizinkan dari Yang DiAtas.

Dokter ivan merencanakan untuk thaw cycle pada bulan desember. Tapi bulan november ini saya harus SHG dulu. Sekalian mau ambil polipnya. Sekarang kami sedang berdoa, semoga proses thaw cycle nanti diridhoi oleh Allah SWT, sehingga saya bisa menyusul menjadi ibu seperti mbak yeni, mbak mulia dan yang lainnya… Amiin

Newer post: Pengalaman keberhasilan bayi tabung – keluarga Zahra

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 3.67 out of 5)
Loading...Loading...

posted in PCO, Proses | 36 Comments


18th October 2008

Foto bayi tabung – Wayne


Nama: Wayne, ibu: Mulia, tanggal lahir: 27 Sept 2008.
Bayi tabung di: Lam Wah Ee Hospital, Penang – Malaysia dgn Dr. Ng Peng Wah.
Lama menikah: 7 tahun

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...Loading...

posted in Foto bayi tabung | 5 Comments


17th October 2008

Kista dan masalah kualitas sperma, sedang bayi tabung – Lisa

Berikut ini adalah pengalaman Lisa yg sedang mengikuti program bayi tabung. Terima kasih Lisa atas sharingnya…

Aku dah nikah 5 thn lbh dan puji Tuhan aku waktu itu pernikahan 1 bln aku sudah hamil dan dikaruniai anak laki2, wkt itu kondisiku gak bagus ada kista 5cm di indung telurku.

Setelah anakku yg pertama umur 4 thn aku masih juga belum hamil padahal aku gak pernah jaga pakai kb ataupun yg lainnya cuma blm dikasih saja. Terus aku cek up dokter dibilang ada kista sebesar 2cm di indung telurku dan kualitas sperma suami juga gak bagus gerak lurus cepatnya nol, gerak lambat 30% sedangkan sisanya diam di tempat dan gerak di tempat.

Waktu itu aku ke dr Singapore disuruh laparoscopy tp bila setelah dilaparoscopy blm juga hamil maka harus dilakukan bayi tabung. Dr pengalamanku dulu waktu kistaku 5 cm itu menghilang dgn sendirinya waktu aku mengandung anak pertama. Jd aku lbh memilih bayi tabung aja toh masalah juga ada pd suami.

Oh ya jadwal mensku teratur dan bagus kok tidak pernah sakit perut makanya dokter heran biasanya kalo ada kista itu sakit wkt mens tp aku tidak. Jd akhirnya aku ke dr Aucky di Surabaya utk ikut program bayi tabung soalnya aku pikir drpd aku laparoscopy toh aku buang uang 15 jt blm tentu berhasil juga jd akhirnya aku lgs aja bayi tabung.

Saat ini aku lagi persiapan suntik 12 kali dengan superfact untuk kecilkan kistanya entar dilihat setelah mens lagi apakah kistanya mengecil atau bgm. Kata dr entar kalo setelah mens hr ketiga baru dimulai suntikan 5 kali dulu untuk perbesar sel telur. Kalo setelah 5 kali suntikan itu blm juga cukup sel telur yg mau diambil maka dilanjutkan lagi 3 kali suntikan dst sampe ada cukup sel telor. Aku baru memulai suntikan superfact yg pertama jd masih blm tahu apa2 masih awam tp dr bilang entar mau dilakukan icsi krn sperma suami kaga bagus.

Menurutku sih ikutan bayi tabung lbh enak soalnya kita byrnya dikit2 gt gak kayak operasi khan hrs lgs bayar lunas. Jd lumayanlah masih bisa bernapas dikit2. Jd ini dulu sharingku nanti kalo ada perkembangan lagi aku share disini lah.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (17 votes, average: 2.94 out of 5)
Loading...Loading...

posted in Kista, Sperma bermasalah | 42 Comments


  • Recent Comments

  • Selvy: Hi Tina, salam kenal, Aku juga lagi 2ww neh, skrg h8 pasca ET,...
  • tina: Aminn amiinn amiinn: ) Sm dr. Karel aku ga dkasi obat lain slain...
  • Cherry: @Tina : hello salam kenal ya.. wahh habis ET.. baik2 yaa sampai...
  • JAS: Mel, Saya juga kena azoosperma parah seperti Mel ceritakan diatas...
  • LuLu: @Agustin : iya mba. Dl aq kost di belakang siloam yg dekat pasar....
  • agustin: @lulu salam kenal mb…dlu mb lulu batab di siloam ya??klo...
  • Kane: Dear Yanti, Saya juga punya bentuk rahim yg unik, uterus...
  • LuLu: Iya btl. Klo g salah RS bunda sm Dr.Ivan. Aq dngr,,,byk jg yg...
  • Search

  • Polls

    • Menurut Anda, keberhasilan bayi tabung terutama disebabkan oleh: (pilih max dua)

      View Results

      Loading ... Loading ...