bayi tabung

Pengalaman bayi tabung dalam mengatasi masalah kesuburan untuk mendapatkan si buah hati

8th June 2011

Pengalaman bayi tabung pertama, setelah ET perut bawah terasa nyeri – Lita

Hallo semua teman2 seperjuangan…. saya baru pertama kali ikut bayi tabung dgn dr karel di abdi waluyo. Semua terapi untuk mematangkan telur menggunakan obat2an oral. Tapi untuk proses bayi tabungnya dirujuk ke RS gading pluit di klinik terata karena hrs ICSI n yg menengani dr irsal. Sementara di RS abdi waluyo blm meyediakan fasilitas ICSI.

Waktu USG telurku ada 4 tp saat OPU tgl 1 juni hanya bisa diambil 2 dan yg berhasil jd embryo 1 kualitas good dgn pembelahan 14 sel. Setelah ET tgl 4 juni baik dr pihak teratai maupun dr karel tidak menyarankan untuk bed rest, aktifitas spt biasa asal capek, rileks, happy n enjoy.

Tp pada hari ke 2 setelah ET perut bagian bawah terasa nyeri spt mau mens, sering kencing n buang angin. setelah aku tanyakan kpd suster di gading pluit katanya gpp sy hrs byk istirahat…. duuhhh deg2an jg rasanya…. trima raporku nanti tanggal 17 juni untuk memastikan kehamilan.. ada ngga teman2 yg jg mengalami nyeri setelah ET…sharingnya dong mengingat sy blm pengalaman ikut bayi tabung n mungkin bisa ngurangi kekhawatiranku…..

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 3.83 out of 5)
Loading...Loading...

posted in Efek samping, Jakarta, Sakit saat BT | 201 Comments


28th May 2011

Bayi tabung ke 2 di Beirut – Rini

Hi salam kenal semua teman seperjuangan salam semangat smua yach, nama saya rini usia mau 42 tahun, saya mau bagi pengalaman nih.

Saya menikah sudah hampir 6,5 saya tahun 2008 ikut program bayi tabung I di BIC dengan dr. Indra C.Anwar itu berdasarkan reference temen saya yg sudah berhasil juga dgn dr. indra, dan alhamdulillah saya berhasil juga dengan dr. Indra skrg umur anak saya sudah 2 tahun. ketika anak saya berumur 8 bulan saya ingin mencoba thew cycle tetapi tdk berhasil krn saya masih menyusui, dan pada saat anak saya berumur 14 bulan saya coba inseminasi tapi gagal juga, akhirnya saya istirahat sampai anak saya umur 2 tahun dan kami pindah ke beirut.

Sampai di beirut saya mencari rs fertility dan alhamdulillah ketemu juga dr yang ahli bayi tabung, akhirnya pada hari ke 3 period saya, saya bertemu dengan drnya dan kita konsultasi akhirnya diputuskan bulan depannya udh mulai program, pada tangga 25 april saya mendapat mens, dan hari ke 3 mulai suntik gonal F 300 kira2 6 hari di lihat perkembangan telurnya dan ternyata cuma ada 3 disebelah kiri saja yang sebelah kanan td terlihat akhirnya di teruskan gonal f 3 hari di tambah suntikan menogon selama 3 hari kembali lg utk di periksa telur msh ukura 11,14, 15 di sebelah kanan blm muncul juga akhirnya di tambah 3 hari lagi gonal F dan menogon alhamdulillah telur membesar, 20,19,18 sebelah kanan terlihat dan beukuran 12, akhirnya tgl 11 mei 2011 di lakukan opu… alhamdulillah berjalan sukses dan akan di lakukan embryo transfer hari juam’at tgl 13 mei 2011 sbelum embryo transfer ketmu dokter ternya embryo yg berkembang tingga 1 begitu shocknya saya tp saya ingat kembali kpd allah insya allah di berikan yg terbaik….

Akhirnya proses ET selesai dan berjalan sangat cepat, menunggu hsl raport tgl 25 tiba2 di tel dr dokter kalau mesti tes kehamilan tgl 24 masya allah knp jd maju di krnkan rs libur jd di majukan, pada saat waktu subuh saya ke toilet dan biasa melap vgn saya ternyata ada spot warna pink allahuakbar hampir pingsan saya di kmr mandi tp akhirnya saya sadar dan saya berdoa kpd allah ya allah kalau ini memang yg terbaik yg engkau berikan hamba terima dgn iklas ya allah.

Setelah jam 6 pagi sampai saya pergi ke dokter tdk ada spot lagi akhirnya saya ambil darah utk test kehamilan dan hslnya menunggu 2 jam akhirnya saya tel dokternya…. dan alhamdulillah saya positif hml walaupun hcg saya rendah 20, dokter bil mudah2an hari ju’mat akan meningkat krn saya test hcgnya test early pregnancy hari jum’at mendapatkan hsl yg lebih baik itulah teman2 cerita pengalaman bayi tabung ku di beirut ini, tetatap semangat teman2

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...Loading...

posted in Berhasil hamil, Proses | 5 Comments


27th May 2011

Bayi tabung dengan myoma – Nana

Hai salam kenal…..
Usia pernikahanku sdh memasuki 14 thn, tdk pernah merasakan hamil sekalipun, ada sih telat bbrp kali tapi hsl selalu (-). Bbrp tahun yl aku pernah operasi kista di ovarium kiri 5 thn kemudian operasi myoma ke duanya dgn laparatomi. Sudah pernah menjalani inseminasi sebanyak 2x namum gagal. Waktu itu kata dokter permasalahannya sperma suamiku sgt sedikit (oligoasthenozoospermia).

Bertahun2 kami mempertimbangkan untuk mengikuti bayi tabung, disamping waktunya yg lama juga cost nya yg tdk sedikit belum lagi mental jg hrs dipersiapkan.
Akhirnya oktober 2010 kami memberanikan diri utk mencobanya. Aku memakai short protokol, dan ternyataaaaa….. myomku ada lagi sebesar 4cm tapi menurut dokter posisinya tdk mengganggu apabila tjd kehamilan. Hari ke 3 aku disuntik gonal F 225UI, suntikan ke 6 dosis dinaikkan jd 300UI, hari ke 12 OPU telur yg berhsl diambil cuma 5 menjadi embrio 3 yg 2 lg tdk layak di freez. Singkatnya ke 3 embrio itu ditransfer dan masih belum berhasil. Aku sedihnya setengah mati, tiap melihat foto embrioku tak kuasa menahan air mata, selama sebulan aku bangkit kembali dan malah makin semangat. Kami berdua mempunyai motto baru yaitu: NEVER GIVE UP!!

Aku mulai dgn pola makan sehat, dgn tinggi protein dan serat, minum soya tiap hari. Siklus yg ini aku mendapatkan 11 telur dgn jlh embrio 8. Tgl 26 april kemaren sdh dilakukan embryo transfer 3 embryo, 5 embryoku di simpan. Siklus yg ini lbh bagus dari yg sebelumnya. ternyata masih belum berhasil juga. ada mioma ukuran 37mm x 49mm di corpus kanan intramural yang mengganggu proses implantasi, disarankan untuk miomektomi agar sewaktu thawing cycle (kami masih mempunyai 5 embrio beku) keberhasilannya lebih besar.

Saya sudah pernah operasi kista 12 thn yl dan operasi mioma 6 thn yl, jadi ini merupakan operasi mau yang ke 3 kalinya. ada timbul keraguan apakah saya masih bisa hamil setelah miomektomi 2x? hampir hampir hopeless rasanya…..

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 3.25 out of 5)
Loading...Loading...

posted in Kista, Sperma bermasalah | 26 Comments


22nd May 2011

Mitos seputar kesuburan pria – dr. Dicky

Mitos adalah pendapat yang diyakini tapi sebenarnya tidak mengandung kebenaran sama sekali atau mungkin belum terbukti kebenarannya secara ilmiah. Mitos ada dimana-mana atau di semua sisi kehidupan kita. Nah, di seputar kesuburan priapun beberapa mitospun ada dan ternyata tidak terbukti kebenarannya. Yuk, kita ketahui mitos apa saja yang ada.

1. PRIA TIDAK PERNAH MENJADI SEBAB DARI KETIDAKMAMPUAN PUNYA ANAK.
Mitos yang satu ini merupakan mitos yang cukup kuat beberapa dekade yang lalu, sebelum pemeriksaan sperma menjadi petunjuk umum bagi penilaian kesuburan pria. Wanita selalu disalahkan jika belum punya keturunan. Suami dengan enak saja menceraikan istri jika tidak punya anak.Tetapi sebenarnya apa yang terjadi..? Survei internasional menunjukkan bahwa faktor suami dan faktor istri sekarang seimbang. Artinya pria dan wanita punya kans yang sama untuk menyebabkan tidak punya anak.

2. PRIA MASKULIN PETANDA SUBUR
Mitos ini bermuara dari tampilan fisik semata. Bukankah untuk menilai kesuburan pria haruslah dengan menjalani pemeriksaan sperma dilaboratorium terlebih dahulu..? Bisa jadi seorang pria punya tampilan macho, gagah dan dengan aktifitas seksual yang memuaskan, tetapi semua itu bukan menjadi bukti kesuburan lho.

3. CAIRAN SPERMA YANG BANYAK PETANDA SUBUR
Sebenarnya cairan sperma yang dikeluarkan seorang pria saat ejakulasi terdiri dari 90-98% air yang berasal dari kelenjar prostat dan vesikula seminalis. Nah, spermatozoa atau sel benih pria hanya sedikit kan.. Sehingga bisa terjadi sperma yang volumenya banyak tapi sel spermanya sangat sedikit lho, misalnya kasus azoospermia atau tak ada sel sperma di dalam cairan sperma.

4. SPERMA KENTAL PETANDA SUBUR
Ini merupakan keyakinan yang menyesatkan. Kekentalan sperma harusnya ditentukan saat pemeriksaan di laboratorium dengan menggunakan metode tertentu. Tidak bisa seorang pria terus mengklaim sperma saya kental atau encer. Sperma yang super kental justru dicurigai hasil dari proses infeksi di seputar organ reproduksi

Tentunya masih banyak mitos diseputar kesuburan pria. Semoga hal ini menjadikan kita sadar bahwa pemeriksaan sperma sangat penting untuk mengetahui tingkat kesuburan pria, apalagi jika pernikahan sudah cukup lama dan buah hati belum muncul juga diantara pasangan suami istri.

dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (8 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...Loading...

posted in Androlog menjawab, Sperma bermasalah | 855 Comments


17th May 2011

Apa insem menyebabkan terlambat datang bulan tetapi tdk hamil? – Aileen

Hi semua,

Saya mau tanya, sabtu dua minggu yg lalu saya melakukan insem, krn sperma suami kurang bagus… tp dari sisi saya tdk ada problem apa2, bahkan sebelum dilakukan insem pada saat pertama kali saya diperiksa telur saya bagus besar2 dan banyak, ini pun tidak diberikan penyubur. Tp karena mau insem bulan april kemarin dan dokter ingin meningkatkan tingkat keberhasilan, jd dokter memberikan saya obat minum profertil, diminum 5 hari kurang lebih, setelah itu 2 hari sebelum insem saya disuntik pregnil. Itu saja obat2 yang diberikan dokter ke saya.

Skrg saya disuruh konsumsi duphaston setiap hari. Saat ini memang saya sudah terlambat 2 hari, tp kalau boleh sharing apabila teman2 ada yg tau jwbannya, apakah saya terlambat datang bulan krn pregnil dan profertil? krn saya pernah baca bahwa obat2 yang diberikan untuk insem dapat mengakibatkan terlambat datang bulan pdhal insemnya gagal. Mohon pencerahannya teman2… Mohon doanya juga, mudah2an insem pertama ini berhasil. Amin.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (9 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...Loading...

posted in Inseminasi, Sperma bermasalah | 12 Comments


5th May 2011

4x hamil 4x di kuret – Erlena

Haiii semua, salam kenal…

Maaf saya ingin curhat disini, boleh yah ^^ mudah2n saja teman2 bisa membagi pengalamannya dengan saya yah…^^ mohon bagi2 info/pengalaman teman2 ^^

Saya Erlen, dari kecil saya suka sekali sama anak2. makanya begitu saya menikah saya ingin sekali lgs punya anak. saya tdk mau menunda-nunda kehamilan. tapi… tuhanku berkehendak lain…apa ini karma saya ???
ingin sekali saya merasakan spt perempuan2/wanita2 yg bisa hamil sampai 9bln, melahirkan, merawat, menyayangi, mendidik anak, membesarkan anak2 nya dan saya juga ingin sekali dipanggil MAMA.. dan melihat suami menjadi seorang Ayah ^^ , seperti teman2 saya yg bahagia dengan anak2 nya. tp… kenapa saya tidak ?!

Oh ya..saya dan suami skrg berusia 29 thn (suami saya hanya lebih tua 12hari doank dgn saya ^^). perkawinan saya sudah berjalan selama 4thn di bln dec nanti… dan saya sudah 4x hamil dan 4x juga saya gagal (di kuret). skrg saya jadi ingin selalu menyendiri dan gak mau ketemu siapa pun…

Untuk pertama kali nya saya hamil. suami meminta saya agar saya diperiksa di bidan/klinik. (selain dekat rumah, biayanya juga jauh lbh murah.) dihitung dari akhir mens saya, bidan blg saya hamil 12 minggu. wkt periksa, bidan sempat bingung/tdk yakin klo saya hamil. akhirnya saya beri hasil tes pack. wkt di usg bayi/janin saya tdk terlihat. di usg sampai lama, dicari2 akhirnya ketemu juga. janin saya ternyata ngumpet (perasaan saya jd cemas campur senang).

Saya disuruh balik lg 2minggu. tp selang bbrp hari kemudian saya mengalami pendarahan. duh.. seperti lg mens tp sakit/mules luar biasa sekali. (ampuunn saya gak mau ngalamin spt ni lg) akhir nya saya dilarikan ke rs hermina daan mogot oleh suami dengan naik motor pada jam 11 malam. nahan sakit sambil tunggu dokter yg akhirnya dtg jam 5 pagi. saya lgs dibawa ke ruangan operasi, saya dikuret. ternyata janin/anak saya sudah meninggal di dlm dan telah hancur.

Di thn 2009 bln juni saya mencoba periksa darah. ternyata saya pernah tertempel toxo, rubbela, cmv. dokter menyatakan saya bersih 90%. dan 10% lg saya disuruh periksa darah apa saya lupa. saya keburu hamil lg tuk ke 2x nya. dari awal hamil ke 2 ini dokter rs family pluit bilang saya hamil kosong/BO dan pd usia kandungan 10minggu tetap hamil kosong dan saya harus dikuret lg…

Hanya selang 5/6 bln kemudian saya hamil tuk ke 3x nya. saya pindah dokter lg. saya pakai dokter di rs hermina tangerang. selama pemeriksaan kandungan saya dokter bilang klo janin saya dari wkt ke wkt perkembangannya terhambat. tidak berkembang.. sampai di usia kandungan 3bln… janin/bayi saya dinyatakan tdk ada detak jantung dan pertumbuhannya tdk sesuai, akhir na dikuret lg deh..
dokter suru saya periksa ACA dan Antibodi lupus. dan hasilnya BAIK…

Kehamilan saya yang ke 4 (saya akui memang tralu cpt saya sudah hamil lagi padahal baru 5bln lbh yg lalu saya dikuret) saya kembali hamil dan pindah dokter lg, saya pakai dokter di rs cinta kasih Tzu chi.

Sampai pemeriksaan kandungan berusia 6 minggu dokter memberi kabar yg gembira karena saya bisa melihat detak jantung si janin. dokter saya memberi obat tambahan yaitu dimana saya tiap malam harus suntik dibawah puser sampai melahirkan dan obat yg dimasukan lewat vagina.. bahagia sekali saya bisa mendapat kabar baik… saya rela disuntik tiap malam sampai perut saya biru2 dan nyeri usai di suntik dan juga saya rela mengeluarkan biaya yg cukup mahal tuk obat itu.

2 minggu kemudian saya periksa lagi. menunggu antrian di rs dengan hati senang sambil ditemanin mama tercinta, gak sabar nunggu kabar perkembangan si kecil yg ada di dlm perut ku ini ^^. akhirnya no ku di panggil dan masuk bertemu dokter sambil say hello sambil salaman. dokter tanya saya apa ada keluhan? saya blg tdk ada kecuali pusing dan mual dikit2. tapi begitu di USG sampai dokter tu bingung kemana si janin? sampai dokter nyari cukup lama dan saya diperlihatkan komputer nya yg hanya terlihat bayangan2 saja. pada minggu ke 8 ini semua kabar gembira tuh mendadak menjadi kabar menyedihkan… kata dokter 2 minggu lg saya harus dikuret. tp br seminggu saya keluar bercak darah dan sedikit sakit krn saya takut mengalami pendarahan seperti hamil pertama saya lgs minta di kuret.

Terakhir periksa dokter “F” menyarankan agar saya diperiksa hormon dan saya & suami periksa GENETIK di rs cipto(biaya kira2 Rp 1jt an/org) atau di rs family pluit (biaya kira2 Rp 2jt an/org) setelah tu saya juga hrs diambil jaringan yg ada di rahim.
sampai saat ni saya belum periksa karena saya juga blm kembali dapat haid dan yg terutama masalah kami adalah kami masih mengumpulkan uang tuk biaya2 tersebut yg menurut kami cukup besar. mungkin dlm wkt dekat ini saya mau KB dulu sampai uang terkumpul. kira2 KB apa yg bagus tp tidak berdampak negatif?

Adakah diantara kalian yang mengalami seperti saya? mohon share nya yah.. saya bingung krn saudara saya blg klo masalah genetik jangan dipaksakan punya anak. saya disarankan untuk adopsi anak/bayi tabung saja. karena saudara saya ni punya ponakan yg anak nya dari balita hingga kini hrs bolak balik msk rs (karena gen ibu-ayah nya sama.)

Teman2 ada yang pernah berhasil program Bayi Tabung? mohon info yg detail nya yah…
maaaf curhat saya seperti cerita ^^ hehe kepanjangan yah? ^^ tq bbu

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 3.33 out of 5)
Loading...Loading...

posted in Masalah kehamilan | 6 Comments


  • Recent Comments

  • Rizka: Hai semua sory br nongol hhe @mbk tienna: ak d Klinik sekar...
  • tegar: Dok, kemaren sy melakukan analisis sperma, hasilnya normospermia...
  • Hui: Hi All…Puji Tuhan saya sudah hamil 5 bulan sekarang…di...
  • EDYG: Bismillah Jangan khawatir Pak banyak yang senasib ttp hrs yakin...
  • annpor: Salam kenal… Seronok membaca komen2 dr kalian,banyak tip...
  • aura: @mb nunik..skedar info..udh 2 bln an ini suami sy jg minum...
  • aura: @mb nunik..skedar info..udh 2 bln an ini suami sy jg minum...
  • Nunik: mbak aura, terima kasih banyak mbak atas masukannya… sambil...
  • Search

  • Polls

    • Menurut Anda, keberhasilan bayi tabung terutama disebabkan oleh: (pilih max dua)

      View Results

      Loading ... Loading ...