Pengalaman bayi tabung RS. Abdi Waluyo – MS

Hai Ibu-ibu seperjuangan. Saya mau berbagi pengalaman program bayi tabung pertama saya di RS. Abdi Waluyo sembari menunggu rapot dan sharing aja mudah2an bisa membantu buat mereka yg lagi cari-cari info krn saya banyak sekali dpt bantuan dr tulisan-tulisan sebelumnya.
Saya sudah menikah 4th. Saya umur 30 dan suami 37. Krn belum mendapatkan keturunan kita mulai lah ke dokter untuk cek2. Hasilnya, Rahim saya bentuknya agak nunduk ke depan (kata dokter sih gakpapa, cm variasi bentuk rahim aja) tuba kiri paten, kanan ada penyumbatan dikiiit. Nah suami saya Asthenoteratozoospermia yang artinya adalah si Sperma bentuknya gak normal dan kurang pandai berenang jadi pastilah dia kesulitan buat berenang menuju sel telur apalagi menembus masuk. Setelah baca2 dan browsing2 sepertinya kok arahan solusinya Bayi Tabung, jadilah kita mulai nabung menuju bayi tabung dan cari2 RS yg paling pas.

Lalu saya percaya tdk ada yg kebetulan, di akhir 2015 tiba2 teman di FB yg posting baru BT di RS Abdi Waluyo dan sedang hamil. Lgsg deh saya msg. Setelah nanya cerita pengalaman dia dan berapa total biaya yg hrs dia keluarkan kok kayaknya reviewnya lumayan ya (saat itu dia bilang total biaya sekitar 50jt-an). Baiklah akhirnya saya dan suami doakam dan decide untuk coba di RS Abdi Waluyo. Nah Dokter yg dia sarankan adalah Dr. Karel dan Dr. Sigit. Dr.Karel itu udah senior bgt, gak banyak ngomong sih, tp klo ditanya dijawab ramah ko;Nah kalo Dr.Sigit ramah sekali, informatif biar gak ditanya pun, dan klo saya sms sedrama gak penting apapun pasti disempetin bales dgn ramah.

Sebelum program saya dan suami tiap minggu minum jus tomat pake madu (krn katanya tomat bagus kan yaa), sama makan tumis toge seriing bgt karena emang doyan jg sih haha. Gak makan gorengan, fast food, indomiii seminiim mungkin(pdhl indomi enak bgt yahh hadeh). Pokoknya makanan yg sesehat mungkin dan banyak air putih.

Then it all begins,

9Apr – Konsul pertama dgn Dr.Sigit
. Tdnya mau Dr.Karel, tp tyt hr itu Dr.Karel banyak tindakan, jd beralihlah k Dr. Sigit. Dan memang gaada yg kebetulan ya, Dr.Sigit tyt bener2 ramah, suami jg lgsg sreg. Pulangnya saya dan suami sama2 dikasi resep buat anti bakteri dll krn dr awal kita uda blg mau lgsg Bayi Tabung kalau memang memungkinkan. Lalu disuruh kembali saat mens hr ke-2 untuk cek rahim dan sel telur

14 Apr – Mens hr ke-2. Ketemuan Dr.Karel kali ini dan dpt tambahan bbrp obat. Oia klo mau konsul Dr. Karel musti telp bikin appointment dulu pas hari H jam 7pagi ya. Soalnya ktnya pasien dia dibatasi. Doi praktek hari Selasa, Kamis, Jumat, Sabtu jam 5 sore. Dan kalau konsul dgn dia bayar duluan br konsul, kebalikan Dr.Sigit yg konsul dulu br bayar (gangerti jg knp).

21 Apr – Dr.Sigit lagi. Cek ketebalan rahim. Thank God udah oke. Nah abis cek ini dikasih obat2an hormon yg bikin pusing, pandangan berbayang, emosi gak stabil, gak bs berpikir jernih, dan dramaa selama 5hr smp obatnya abis tgl 26

26 Apr – Dr. Karel. Cek Telur-telur. Kali ini keliatan ada 8yg mulai gede. Dikasi obat lagi, tp katanya obat yg ini gak berefek separah yg kmrn, dan tyt bener gak papa kali ini. Masih bisa mikir jernih kali ini.

28 Apr – Dr.Karel. Ini last check sebelum OPU. Thank God si 8 telur bagus sudah mencapai ukuran yg diinginkan. Jd lah lgsg mlm itu jam 20.00 disuntik dan dpt resep salep Oestrogel yg katanya baik untuk penebalan/penguatan rahim (awalnya bingung sih kok dikasih salep).

29 Apr – Pkl 02.00 balik k IGD RSAW buat suntik Ovidrel lalu 02.05 lanjut suntik f-Gonal di perut. Suntik yg pertama biasa aja, si yg kedua agak sakiit soalnya katanya cairannya lbh kental. Ini keduanya suntikan pemecah telur ya klo gak salah.
Pkl 10.30 balik lagi buat ambil darah dgn Dr.Titiek. Jadi ternyata darah yg diambil ini akan diambil ekstraknya buat dijadikan medium pertemuan sel telur dan sperma besok.

(3 hari ini decide buat nginep di Hotel deket2 RSAW biar gak bolakbalik, lumayan soalnya perjalanan rumah-RS anak yg tinggal di suburb smp 2jam-an sekali jalan. Saya dan suami nginep di Ibis budget Cikini, mayan 300r an/mlm trs depan ada 7eleven)

30 Apr – Pkl 12.30 saatnya Panen telur – OPU. Saya dibius total, bangunbangun setengah teler lgsg cerewet “Dpt brp dokk?”. Kata dokter dapet 10. Horee nambah 2. Thank God. Tp bangun-bangun tyt efeknya gaenak diperut, sempet kesakitan krn keteken angin gt, mungkin krn sblomnya kan puasa trus masuk angin sih ya dan gakbs pupi, tp sorean udah mendingan.

1 Mei – Perut masih agak kram (td pagi akhirnya berhasil pupi dikit biarpun sakit bgt, katanya efek stlh OPU emang sembelit gini). Siang jam 12 dpt whatsapp dr Dr.Titiek: “Selamat siang ibu, ada 7 pembuahan dr 10 sel telur”. Wahh Puji Tuhan seneng dengernya.

2 Mei – Dr.Sigit. Konsul sebelum Embrio Transfer-ET. Hari ini dpt info klau telur yg berkembang baik ada 6. Horee. Jd besok dijadwalkan ET jam 15.30, tp disarankan dtg untuk cek in 13.30.

3 Mei – di RS ini pasien program bayi Tabung disuruh nginep 1 malem krn mereka msh mengikuti metode konservatif katanya biar aman ajah, yauda ngikut aja, enak jg di RS obat uda disiapin tiap jam2nya, makanannya lumayan enak, hehe ya dinikmati aja ada suster2 yg ngurusin hehe). 13.30 check-in dpt makan siang. 15.30 jalan deh ke ruang tindakan ET. Nunggu sebentar lalu Dr. Karel dateng dan saya ditunjukin si 6 telur yg berkembang itu di layar. Tp sayang suami gabole masuk, jd saya masuk bw HP buat foto-foto si telur-telur calon bayi. Stlh itu akhirnya diputuskan kita mau coba tanam 2 Embrio, sisanya 4 akan di-Frozen. Proses ET ini tanpa bius, saya sambil ngobrol sm dokter-dokter plus wasap2an sama suami update lg diapain aja hehehe, santai sih Thank God. Cm 15menitan selesai, trs tinggal rebahan aja gabole gerak 1 jam. Sejam kemudian pindah kasur dibawa ke kamar untuk istirahat. Saya tdk bole duduk, pipis atau pupi smp 5 jam kedepan. Gapapa. Tyt abis ET itu legaa, sebelomnya kan gak bisa tidur semaleman, eh ini lgsg tidurr smp jam 8an mlm saatnya bs pipis horee. Tp krn gabole berdiri pipisnya either pake pispot or pake pampers. Saya pilih pampers deh, kapan lagi hahaha. Lumayan 1st attempt agak rembes (belom jago), berikutnya sih udah canggih haha.

4 Mei – Pagi ini jam 6 sudah bole duduk, suda bole pipis, mandi, dan aktivitas biasa lainnya asal pelan-pelan. Hore.. Lalu pulang.

Dan hari penantian pun dimulai. Si dua minggu yg kata orang-orang sungguh lama itu ternyata sungguh berjalan super seloww. 1 hari aja lama bgt rasanya. Saya pulang-pulang Flu Batuk-Pilek jd lah bed rest. Tp ini hari ke 5 Flu udah mendingan krn minum Vit C dan banyak Makan dan Minum. Ya semoga saja si dua embrio yg ditanem boleh menempel bertumbuh dan berkembang jd calon bayi2 anugerah Tuhan. Amin. Just keep waiting, and praying, hoping, and be joyful. Doakan saya yaa, rapot 19Mei nii. Have a great day semuanya 😉

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...

Makanan sehat selama program bayi tabung – Vivi

Hallo semuanya…mau minta saran dan masukkan dari teman2 yang sudah atau sedang menjalani program bayi tabung, kira-kira kita perlu makan apa aja yah mulai dari suntik hari pertama sampai dengan OPU dan ET? Saya sudah pernah mengikuti batab tahun lalu tetapi gagal karena embrio tidak bagus dan kayaknya tidak mau menempel dan mungkin persiapan fisik tahun lalu boleh dibilang tidak ada. Suami juga ada kendala di spermanya, astheno apa gitu namanya lupa hehe..

Pasca laparoscopy bulan Feb boleh dibilang hasil lumayan bagus, ada endometriosis sedikit dan perlengketan sedikit dalam batas normal dan sudah diatasi. Selama 2 bln itu coba berhub alami tapi belum berhasil mungkin krn sperma suami juga astheno dgn kata lain banyak bergerak di tempat dan byk yg mati.

Belajar dari kegagalan, sekarang rajin browsing sambil check hormon2 kita apa sudah normal atau belum? Kadang kalau di dokter kan kita tidak bisa tanya terlalu banyak. Hormon AMH saya sebelum laparoscopy cukup tinggi sekitar 5 Uml dan LH lebih tinggi sedikit dari FSH. Mudah2an sekarang horman sudah seimbang dan sudah siap menjalani batab lagi. Setelah itu saya mulai mempersiapkan diri dari olahraga rutin, berhubung sekarang tidak kerja, jadi bisa treadmill dan berenang selang seling setiap harinya. Makanan sehari2 paling sayur sop ayam, telur kampung 2 hari sekali, minum madu 2 hari sekali, kacang hijau dan juice alpukat sesekali, mengurangi minuman manis dan dingin. Oh ya kebanyakan sih makan nasi sehari hanya sekali aja, sekaligus program diet dan berhasil turun 2 kg. Yaaa saran dari dokter, kurangi berat badan sedikit padahal berat saya 58 kg, skg sudah 56 kg lumayan lah hehehe. Rencana besok mau mulai suntik lagi, mohon doanya teman2. Oh ya, kalau suntik pergoveris/menour (maap kalau tulisannya salah) biasanya harus dilakukan on time sesuai jam nya? Kalau lewat dari 1 atau 2 jam atau kurang on time apa mempengaruhi? Kadang kalau panggil suster day care ke rmh untuk suntik malam hari, susternya datang suka telat. Kalau suntik sendiri takut juga, takut jarumnya masuk kedaleman atau salah nakar dosisnya?

Pengalaman yang saya baca, disarankan makan putih telur min 6 butir. Ini telur ayam kampung/buras yah? Lalu makan putih telurnya setelah ET atau dalam masa suntik menyuntik ini? Perlu minum susu putih, susu hamil atau susu biasa kayak di supermarket yah? Teman2 yang sudah menjalani batab, pasca ET, makanan sehat apa yang perlu dimakan yah?

Teman2 boleh saling sharing untuk masukannya supaya kita bisa sama2 berhasil mendapatkan baby. Terima kasih semuanya Semangaaaaattt….

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bayi tabung di RS Siloam, Azoospermia, Rahim Retrofleksi – Vira

Umur sy 25 tahun. Suami sy 25 tahun juga.
Sebelumnya saya berterima kasih terhadap web ini karena memberikan banyak sekali info2 yang bermanfaat sebelum memutuskan untuk program bayi tabung. Kami menikah hampir 2 tahun. Setelah 8 bulan tidak juga diberi tanda2 kehamilan, kami coba konsultasi ke dokter kandungan. Lalu diberi obat2an penyubur dan diberi jadwal kapan waktu2 yg tepat utk berhubungan. Setelah dicoba tidak kunjung datang juga tanda2 yg diharapkan.
Setelah program kehamilan alami tidak berhasil kami mulai berfikir utk memeriksakan kondisi masing2. Mulai dari sy tes darah (hormon LH, FSh, Prolaktin, Progresteron, torch), HSG. Sementara suami tes sperma dan tes darah (LH dan FSH). Dari keseluran tes itu disimpulkan sy normal, dan suami azoospermia obstruktif (karena LH FSH normal, dokter berasumsi ada penyumbatan).

Setelah menimbang2 dan mencari info kesana kemari. Oke dijadwalkan kami bayi tabung pada bulan maret 2016 (menyesuaikan jadwal sy dan suami).
Ini jadwal berdasar hari mens :

  • Hari ke 2 : Screening tes darah sy dan suami (cek ulang hormon, virus, dll), USG, & konsultasi
  • Hari ke 3-5 : Malam Suntik Gonal F ke 1-3 (1,5ampul)
  • Hari ke 6 : Pagi Tes darah (hormone estradio), malam konsultasi dan suntik Gonal F ke 4 (1,5ampul ;1ampul=650 rb)
  • Hari ke 7 : Malam Suntik Gonal F ke 5 (1,5ampul)
  • Hari ke 8 : Pagi tes darah(estradiol) dan USG transV(perkembangan sel telur), malam suntik Gonal F ke 6 (1,5ampul)
  • Hari ke 9 : malam suntik GonalF ke 7 & anti pemecah telur ke 1 (2ampul) perut kanan gonal, kiri anti pecah
  • Hari ke 10 : malam suntik GonalF ke 8 & anti pemecah telur ke 2 (2ampul) lokasi suntik dibalik
  • Hari ke 11 : pagi tes darah (estradiol) dan USG transV (perkembangan sel telur) malam suntik GonalF ke 9 & anti pemecah telur ke 3 (1ampul) lokasi suntik dibalik
  • Hari ke 12 : pagi tes darah (estradiol) dan USG transV (perkembangan sel telur) malam suntik pecah telur ke 1.
  • Hari ke 14 : OPU ;hasil telur 17, PESA
  • Hari ke 19 : ET, tanam 3 embrio
  • Hari ke 21&25 : Suntik penguat
  • Hari ke 29 : Tes darah HCG

Alhamdulillah hasil B-hcg 600an positif hamil. Total biaya yang kami keluarkan termasuk dengan proses ICSI & PESA adalah Rp. 43,7 juta. (tidak termasuk biaya kos, catering 90 ribu/hari dan biaya akomodasi/jajan). Perlu digaris bawahi bahwa harga program bisa berbeda tergantung dosis suntikan Gonal F. semakin besar dosis suntikan maka akan semakin besar biaya. Nah dosis yang besar biasanya karena sel telurnya rewel ngga mau besar akibat hormon yang kurang bagus. Jadi saran saya sebelum mengikuti program ini adalah mempersiapkan segala sesuatunya dengan baik, konsumsi makanan sehat dan buah sebelum program (suami juga yaa+ jangan merokok). Jadi hormonnya bisa bagus entr . Lalu pas program usahakan mkan telur min 6 , meskipun eneg diusahakan yaa. Saya juga mengkonsumsi susu peptisol 2 kali sehari.

Tips menghindari ohss: setelah opu, khususnya bagi yang telurnya banyak (saya 20-an) ada kemungkinan u/ terkena ohss. Yaitu kondisi perut yang besar akibat terisi cairan akibat stimulasi hormone yang berlebihan. Nah untuk menghindari ini, setelah opu saya mengkonsusmsi telur min 6, susu protein dan sari ikan gabus cair yang bisa dibeli di took herbal cina. 3 hari kemudian perut mulai mengempis dan tidak terlalu sakit lagi. Oya, setelah ET saya tidak melulu bedrest. Kalo bosen malah jalan ke mall buat makan. Intinya dinikmati aja tapi jangan sampai stress sendiri. Demikian info dari kami, semoga membantu. Semoga rezeki momongan segera menghampiri calon-calon bunda sekalian. amiin

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...

9 telur excellent, hanya 1 ditanam – Herin

Haloo bunda2 smua, perkenalkan saya Herin. Awalnya saya ikut bayi tabung bulan mei 2015 di Penang dengan 12 telur dan yg membelah jd embrio cuman 4. Itupun gradenya tidak bagus. Akhirnya cuman 3 yg di Tanam. Setelah 2ww akhirnya cek darah, ternyata gagal. Dokter bilang ada hidrosalping dan disarankan untuk LO. Akhirnya bulan januari 2016 saya LO dan bulan april saya coba bayi tabung (fresh cycle) lagi Alhasil ada 20 telur yg dipanen. Saya tidak tau pastinya ada berapa telur yg membelah, dokter hanya mengatakan ada 9 yg excellent dan 1 yg ditanam, 8 di freez. Saya bingung dan bertanya sm dokter kenapa cuman 1 yg ditanam dok? Kenapa tidak 2 supaya kemungkinan berhasilnya lebih besar. Dokter hanya menjawab, kalau nanti ini gagal, kan sayang kalo yg excellent terbuang sia2. Dan jika ini gagal baru bulan berikutnya thaw cycle disaat rahim sehat (tidak dalam pengaruh obat2 hormon) kemungkinan berhasil makin lebih besar.

Jujur saya masih bingung dan belum bisa terima penjelasan dr dokter. Kira2 bunda2 disini ada yg pernah alami hal yg sama Seperti saya? kenapa dokter hanya tanam 1 embrio saja??

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...

Belum haid sejak suntik suprefact – Golda

Halo teman2… Nama saya golda… Menikah sudah 7 tahun dan usia 36 tahun.. Saya sedang program bayi tabung dengan dokter Ng Peng Wah di RS Lam Wah Ee penang…

Kalau aku urut dari pertama saya di beri pil marvelon selama 12 hari dan suprefact 40 ui untuk 20 kali suntik… Setelah suntik ke 15 aku ke dokter Ng Saya ada masalah dengan hormon yg tinggi setelah cek darah estradiol ku (89) dokter bilang harus di bawah 50 baru bisa lanjut pengobatannya.. Jadi sementara masih lanjut suprefact selama 5 hari..baru ketemu dokter Ng.. pertanyaan saya apakah ada teman2 yg punya masalah seperti saya? Bagaimana cara turunkan hormon erstradiol? Apa yg di lakukan bila blm haid? Mihon saran2 nya terima kasih

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

Bayi tabung gagal apa langkah selanjutnya – Nana

Hai,
Saya baru saja mengalami gagal bayi tabung, ini bayi tabung pertama saya dan saya masih ada simpanan embryo, cuma karena masih merasa kecewa dan sedih kami memutuskan untuk menunggu dulu,
Saya mohon bantuan sharing teman-teman pada saat gagal bayi tabung apa yang harus dilakukan?
Apa saja tre yang harus diambil?
Lalu sebaiknya mengulang proses bayi tabung lagi atau menunggu?
Apakah ada kasusnya seperti saya? Embryo nya tidka menempel, biasanya karena faktor apa ya?
saya tahu bayi tabung ada kemungkinan gagal cuma rasa nya pada saat harapan itu sirnah sedih sekali
Mohon bantuan sharing teman/teman saat bayi tabung gagal apa langlah selanjutnya,

Terima kasih

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (1 votes, average: 5.00 out of 5)
Loading...