Ovarium diangkat dua-duanya, tapi masih bisa menstruasi dg normal – Indah

Saya wanita berumur 25 thn, belum menikah… karena ada kista yg udah sangat besar di ovariumku, akhirnya ovariumku terpaksa diangkat dua-duanya… tapi kata dokter, kemungkinan msh tersisa sedikit.

Setelah operasi, hampir 8 bln saya tidak mens.. dokter pun tdk menyarankan saya untuk terapi hormon karena katanya beresiko.. ya udah saya pasrah aja.. jalani hidup apa adanya.. tp di bln ke-9, alhamdulillah saya bisa menstruasi dengan sendirinya.. pertamanya kdg dtg 2 bln sekali.. ke sininya normal dtg tiap bulan.

Yg sya ingin tanyakan kpd tmn2 disini (berharap ada yg bisa share pengalaman):

  1. dg keadaan seperti itu, berarti saya msh menghasilkan sel telur apa tidak?
  2. test apa yg hrs saya jalani untuk mengecek sel telur saya itu?

Seandainya saya msh punya sel telur berarti saya masih ada harapan untuk punya keturunan sendiri.. baik normal ataupun melalui program BT.. doakan sya ya moga bisa lebih sabar dlm menghadapi ujian ini.. doakan juga smg saya segera mndpt jodoh yg bs menerima saya apa adanya.. aminnn.. ^_^

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (6 votes, average: 3.83 out of 5)
Loading...

22 thoughts on “Ovarium diangkat dua-duanya, tapi masih bisa menstruasi dg normal – Indah

  1. Nicky

    Dear Indah,
    Setahuku, ovarium ada 2 di ka-ki. Klo diambil 2-2nya otomatis g menghasilkan telur.tp g tau jg klo dokter bilang ada sisa dikit, yg disisain apanya ya? Apa mungkin yg diangkat cm kistanya doank?
    Klo menurutku, u ngecek adanya ovum or ga, coba pas masa subur (-+ 14hr sbelum mens berikutnya) diUSG transvaginal untk melihat apakah ada ovum yg tumbuh. Keep spirit ya! Insya4JJI sll ada kebaikan di setiap kejadian. Asal qt sabar,ikhlas n tawakal. Aamiin

  2. Phoebe

    Biasanya kalo ovarium sdh diangkat dua2nya, berarti sdh ga menghasilkan ovum (sel telur) lagi. Mungkin dengan masih ada sisa ovarium seperti kata dokterya, ovarium masih memproduksi hormon jadi masih bisa mens normal, namun mensnya bisa tanpa didahului pembentukan sel telur (unovulatoir). Untuk tau ada sel telur apa ga, cek USG transvaginal (kalo udah merit), kalo belum ya, USG abdomen biasa. Semoga membantu.

  3. christina

    To Indah…
    Setahuku kalo ovari diangkat pastinya kita sdh tdk bisa produksi telur/haid.
    Seperti pertanyaan Nicky, yg dimaksud ada sisa dikit itu apanya? Ovari tidak bisa diangkat sebagian. Mungkin yang dimaksud dokter dengan masih ada sisa dikit adl kistanya ada sisa dikit. Lebih jelasnya tanyakan kembali ke Dokter yang mengoperasi.
    Seperti saran Nicky juga, 2 hari sebelum masa ovulasi (sekitar hari ke 12-13 setelah hari pertama haid) coba USB apakah ada produksi telur atau tidak. Kalau ada berarti ovari sebenarnya tidak diangkat, sehingga kemungkinan hamil masih bisa.
    Mungkin pendapat salah, tolong koreksi saya. Thx.

  4. amrina

    dear mbak…
    menurut saya apa yang dikatakan okter itu memang benar, karena saya pernah mengalami KET dan salah satu tuba valopi saya diangkat, don dokter juga bilang ovarium saya diambil sedikit karena mengalamo kerusakan, jd mungkin masih disisaan oleh dokter tersebut dikarena untuk memberikan kesempatan mbak memperoleh keturunan. berdoa dan terus berusaha

  5. Viva

    Dear Indah,

    Halo… pa kbr? senang banget kita bs knl melalui forum ini walau hanya sebatas scr tulisan…^^

    apakah bole tau, Indah melakukan operasi dimana dan telah periksa ke brp dokter baru memutuskan utk melakukan operasi? kalau saya bole memberi saran, ada baeknya Indah mengecek keadaan kesehatan Indah di Penang, Malaysia, di rmh sakit yg bernama Nam Hua Ee dengan dokter Eng Peng Wah.. karena saya selama ini menurut pengalaman saya, pemeriksaan dia lbh cocok dan akurat.. dia adalah pilihan dokter terakhir stlh saya melakukan pemeriksaan di dokter2 lokal.. kalo mengenai rahim yg diangkat scr detil, saya tidak bs mengatakan apa2. saya hanya bs menganjurkan utk mengecek saja spy Indah bs lbh pasti mengetahui ttg ada nya sel telur yg masi dihasilkan secara pasti.. bs dgn usg.. krn sewaktu kita dlm masa subur yaitu dimulai dari hari ke 12 dari masa haid, pasti terdapat bbrp gumpalan berwarna hitam jikalau di usg, itulah sel telur yg lg dihasilkan..

  6. Yani_violeta

    Lam kenal mb, sy dr kalsel.. Sebaiknya… Ditanyakan lagi kedokter yang mengoperasi mb… biasanya hasil laporan operasi itu ada.. Apakah tindakan itu ovarektomi, salpingektomi, kistektomi, atau histerektomi… Semua itu beda2 mb… Kalau yg dilakukan kistektomi kemungkinan hamil masih ada, meskipun dg pemicu sel telur atau therapi lainnya.. Kalau salpingektomi..ya BT satu2nya jalan..

    Intinya… Sel telur sedikit atau byk jika masih disisakan dan tdk mengganggu struktur anatomi ovarium kemungkinan hamil/menghasilkan sel telur tetap ada.. Karena sel terus akan berkembang.. Tinggal bagaimana cara pematangan sel telur agar dpt menghasilkan ovulasi..

    kalau mb msh haid, kemungkinan tubuh masih dbawah pengaruh hormon, dan sebaiknya.. Tanyakan dan konsultasikan lgs kpd dkter yg mengoperasi mb, jika pun harus dirujuk ke dokter yg lebih kompeten dibidangnya.. Agar meminta hasil resume medik.. Dan data2 kes mb agar dikumpulir..hingga untuk terapi selanjutnya bisa dlakukan dg mudah.
    Dmk kiranya mb, sepengetahuan sy… Terus bpikir positif.. Dan tetap semangat, tdk beputus asa..

  7. tina

    dear Indah,

    Hi…salam kenal, sy pernah dengar cerita kakak sy yg mempunyai teman dgn masalah seperti indah. dy berhasil hamil, sekarang anak yg sdh besar. karna sel telur yg tinggal sedikit itu bisa menghasilkan telur. jd Indah gak usah kuatir, kamu masih ada kesempatan hamil kok. semuanya Tuhan yg atur.
    Utk mengetahui ada atau tidaknya sel telur, kamu mesti usg dulu dari sana baru deh katauan. ok, tetap semangat yah….

  8. indah

    to all : makasih ya semuanya dah berkenan bagi pengalaman di sini..kalau menurut dokter saya, beliau emang ngga mengambil semua ovariumnya..krn yg diambil adalah kistanya aja..tapi beliau jg ga bisa memastikan seberapa besar lg yg tinggal..untuk saat ini sih saya hanya bisa banyak berdoa aja..kalau untuk USG transvaginal, mgkn nanti saja klo saya udah menikah aja kali ya..

  9. shinta

    Hi Salam kenal semua.Saya meried udah 9th,umur saya 38th,suami
    49th.saya menunggu haid datang,saya ada Kista di kiri(4cm),saya mau ikut Program Bt,karna mengingat umur saya and suami dah mentok.Dokter bilang Kista saya harus di obatin dulu,Untungnya stelah di USG kista saya tidak Jinak,jadi hari ke 2 Mens,Bulan Feb.saya di suruh kontrol lagi dan di suntik untuk mengecilkan Kista saya.Selama Pengobatan Dokter bilang selama 3bln saya tidak mens.Teman2ku Semua,punya Pengalaman ga’ seperti Saya???? Shere Pengalaman dong,Ya-Please.

  10. lin

    hello mba sinta,menurut pengalaman aku sebaiknya kista dibuang aja dl,baru ikut bt.Kalau dg cara disuntik ada 2kemungkinan kista bisa hilang samasekali atau cuma mengecil,kalaupun dg cara disuntik kista tetap ada sebaiknya dioperasi aja.aku jg udah jalani operasi dan setelah operasi baru dikasih suntikan yang namanya tapros selama 3bln,dan selama penyuntikan tidak dapat mens,itu jg untuk membantu kista benar2 bersih.Tapi sebelum membuat keputusan lebih baik konsultasi sama dr mengingat usia tidak muda lagi.

  11. shinta

    Haloo….Semuanya apa kabar? Ayo Tetap Semangat ya!
    Iin makasih ya share nya.Kemarenaku udah suntik Pertama,aku sm Dokter Taufik di Rs.Bunda.Dokter Bilang kita coba dulu via suntik untuk mengecilkan Kistanya,Kita coba untuk 2xsuntik aja,stiap bulan hr 3 Mens.iya aku kpengen kpengen sekali Punya Baby! Tapi apa daya aku ada Kista,Tapi aku akan Semangat dan Berjuang Supaya Kistaku Mengecil.Dan Aku Mau Nanya Sama Teman2 lagi,Selama Terapi suntik Untuk mengecilkan Kista,ada ga’ ya Makanan Yang harus Di Pantang???supaya tidak membesarlagi kistaku.Please share ya.

  12. lin

    hallo shinta,moga usaha suntiknya berhsl,kalau boleh tau kamu pakai suntik apa?kenapa shinta ngak coba kedr wahyu aja dia jg praktek dibunda tempat prakteknya bersebelahan sama dr taufik,aku jg sama dr wahyu kista 4cm an lgs disuruh dr dioperasi aja kalau mau punya anak,dan setelah itu aku suntik tapros selama 3X,dr bilang sekarang aku dah siap hamil setelah kistanya bersih,tapi sayangnya aku ngak didukung sama sperma suami jg blg dr harus ikut bt jg,kalau mau normal menungu suami berobat memakan waktu yang lama jd alternatifnya bt aja. oh ya pantanganya kamu jangan minum susu kedelai itu aku jg dibilangi dr wahyu.oke semoga ini bermanfaat bg kamu.

  13. sisca

    @shinta
    aku ada cerita nih….
    temenku kistanya bs hilang dan sembuh setelah minum Gamat Extract,minuman dari teripang emas,ini produk Malaysia.coba aja shinta minum itu,temenku blng ga ada efek samping kok krn dibuat secara herbal.aku ga tahu belinya dimana,krn temenku yg jual produk tsb.
    keep spirit deh……

  14. leli

    hi…salam kenal semua, saya sudah menikah hampir -+7 thn tapi belom punya keturunan, yg mo saya share saya selama menikah haidnya ga lancar malah berhenti sampai sekarang, pernah saya periksakan kedokter katanya ada kista dan untuk mengobatinya cukup dengan terapi aja…mungkinteman2 ada yang mengalami seperti saya…untuk mengerluarkan darah haid saya gimana caranya karena jalan terapi juga ga ada hasil….terimakasih banyak atas saharingnya….

  15. siti

    Salam kenal. Saya sering membuka website ini. Website ini sering membuat saya terharu namun terkadang membuat kepala saya berdenyut oleh karena permasalahan yang dihadapi teman-teman ternyata beragam. Alhamdulillah,situs ini bisa memberikan pencerahan pada saya. Umur saya 34 tahun dan sudah menikah 8 tahun namun belum dikaruniai anak. Usaha kami alhamdulillah tiada putusnya untuk mendapatkan momongan. Terakhir saya menjalani laparoskopi setahun yang lalu di RSUP Sardjito, Yogyakarta dan divonis dokter harus BT oleh karena tuba buntu. Ada alasan pribadi maupun finansial yang membuat kami belum menginginkan program BT. Setelah Browsing internet, ternyata ada alternatif therapi yang masuk akal bagi kami bahkan secara ilmiah sudah bisa diterima di Amerika. Saya menemukan 2 situs yang bagus yaitu di clear passage therapy.com (Florida, USA) dan clearfallopian.com (United Kingdom). Banyak testimoni akan keberhasilannya. Ada secercah harapan di hati saya, namun mengingat biaya rasanya tidak mungkin saya mengikuti program manual terapi di Florida tersebut. Sedang clearfallopians menawarkan Fallopian Kit yang merupakan metode alami untuk permasalahan tuba.Bisa kita kerjakan di rumah dengan massage terapi sendiri, herbal tampon, herbal untuk kesuburan dsb. Silakan teman-teman buka situs tersebut terlebih dahulu. Fallopian kit dapat diperoleh dengan mentrasfer sejumlah dana. Saya yakin banyak teman-teman di sini yang sudah pernah tinggal di luar negeri, sehingga saya mohon tanggapan dari teman-teman yang sudah memiliki pengalaman lebih banyak. Ini merupakan langkah kesekian saya untuk berikhtiar,semoga Allah SWT menguatkan saya untuk bersabar dan tidak putus asa. Saya ingin mendapatkan fallopian kit tersebut. Mungkinkah suatu paket dari Inggris bisa kita terima di Indonesia setelah mentransfer uang melalui kartu Visa dan pengiriman paket internasional? Mohon tanggapan dari teman-teman. Terima kasih. Selamat menjalankan ibadah puasa.

  16. lisna

    maaf teman teman
    kalian senasib dengan saya tapi harus bagaimana udah nasib
    hanya sabar dan sabar
    saya punya cerita juga saya punya masalah tuba fallopian saya satu di angkat karna kena infeksi saya hanya punya satu fallopian tapi beruntung kita masih ada harapan karna jaman makin maju saya mengukuti bayi tabung partama kali gagal perasaaan saya inikah jalan untuk mempunyai bayi saya sangat berharap karna 14 hari dari transper kita akan tau hamil tidak nya eeeeh ternya hcg nya lemah gagal yang pertama kali yang kedua makin parah gk ada hasil dan yang ke tiga ada hasil tapi hamil cuma dua minggu miskram begitu teman
    saya gak pantang menyerah bulan besok saya mulai lagi obat obatan untuk suntik hormon
    hanya satu percaya sama alloh suatu hari pasti berhasih kalian masih mluda tidak seperti saya saya 37 tahun sperma suami gak mendung dan saya hanya satu tuba fallopian
    sekian
    lisna

  17. Itha

    @indah, salam kenal semoga setelah nikah nanti km segera diberi momongan ya, sukses selalu

    @Lisna, salam kenal, kita memang wanita2 kuat yg tangguh ya walo gagal tp mesti siap bangun lagi untk siap NeXT program…kalo saya boleh saran apa km sdh pernah test kekentalan darah seperti Aca dan D Dimer? Soalnya yg saya alami jg seperti itu, 3x ikut BT gagal terus dan pada BT yg pertama aku sempet positif 3 Minggu namun gugur, krn br kemarenan aku disarankan Dr Irham (BIC Menteng) tes hematologi lengkap, dan ternyata hasil D-dimer ku tinggi 3000an sdgkan yg normal kan <500 , Minggu besok br bs janjian dgn Prof. Jumhana hematolog senior di RS Mitra Jatinegara , semoga
    kekentalan darahku bs segera diturunkan. Krn mnrt Dr Irham kekentalan darah itu berbahaya jg utk kehamilan jika terjadi krn bs keguguran berulang krn janin tdk peroleh
    makanan/oksigen dari si ibu, dan apabila akan ikut BT lagi mesti diturunkan dulu dan itu bs lama treatmentnya ……walo kecewa bgt ama hasilnya tp mesti dilakoni…apapun kita
    jalani ya …nah utk Lisna, saran saya masukan saja lebih baik konsul ke Dr soal
    kekentalan darah itu…semoga impian dan rencana2 kita dpt berjalan lancar ya
    Lis..Tetep semangat…dan selalu Berdoa..

  18. nanik

    Untuk semuanya…saya nanik, hanya bisa berkata pd diri saya sendiri bahwa semua kejadian pasti ada hikmahnya. Jgn berputus asa dari rahmat Alloh…dan jangan berburuk sangka padaNya..kewajiban kita hny terus berusaha tnp akhir dan semua Alloh yg tentukan hasilnya..tetap semangat ya saudari2 ku..kita adalah wanita2 yg hebat!!!.. Bismillah aja q^_^p

  19. Wahyu

    hai smuanya..sy mo taya= kalo sy ada kista di kanan,,,krn indung telur sy yg kiri tahun kmrn dah diangkat..tgl satu yg kanan tp ada lagi kistnya…kalo sy memutuskan untuk hamil apakah kista tersebut dpt hilang gak ya???

  20. sulis

    Saya nikah udah 8 tahun saya pernah hamil dan kehamilan saya di luar kandungan saya di operasi kata dokter indung telur saya di ambil karna pendarahan hebat ..setelah 7 bulan saya hamil lagi dan di usg katanya hamil di dalam kandungan kaya orang normal sayapun bahagia tetapi saya sering mengalami sakit seperti kehamilan pertama dulu dan saya mengalami pendarahan lalu saya kerumah sakit dan kata dokter perlu di kuret setelah dua minggu saya masih mengalami sakit d bagian perut lalu saya di antar kerumah sakit dan d situ saya di tes lagi ternyata saya masih positif hamil sayapun kaget lalu di sarankan operasi karna hamil di luar kandungan setelah operasi dokter berkata saya gak bisa hamil lagi karna indung telur semua udah d angkat sayapun menangis putus asa …tetapi saya masih haid setiap bulan …katabidan jika masih haid masih bsa punya anak

  21. Andien

    Hii super moms,
    Sy andien menikah 2.6th menjalani promil di permata hati jogjakarta, sel telur sy kecil2..dan hidrosalping alias pelengketan di 2 saluran tuba sy..dan sperma suami tdk lincah, akhirnya sy dan suami memutuskan utk laparascopi..dan shock ktika mendengar 2 tuba sy diangkat krn dianggap membahayakan,akhirnya sy di vonis hrs bayi tabung.skrg sy dan suami lg ikhtkar agar dpt merealisasikan hal tsb..jdwl mei 2017 dg taksiran biaya 55juta. Sgt besar utk ukura sy pegawai dan suami pns. Ada info BT bagus dan murah ga? Bismillah.. ni takdir sy sbg wanita..berusaha utk nrima dan ikhlas..

  22. isar muna

    kista Ovarium kanan 12 cm dan kiri 5 cm, dokter mengakat kedua ovarium tetapi yang kiri disisakan ovariumnya. Apakah ovarium kiri saya masih bisa menghasilkan sel telur ? apabila bisa saya akan melakukan program bayi tabung dengan sel telur sendiri karena dokter menyarankan solusinya bayi tabung. Tetapi saya berharap menggunakan sel telur dari ovarium sendiri apakah masih bisa ?

Comments are closed.