Operasi Laparatomy untuk Miom, Kista, Adenomyosis dan Endometriosis – Dee

Hi mums..
kenalkan namaku Dee, aku udah merit selama hampir 4 tahun. Sejak sma aku sudah memiliki riwayat endometriosis yang parah, operasi LO taun 1998 dan 2007, tapi malah tambah parah.
aku udah insem 4 kali (3x di rs bunda, 1x di brawijaya) dan sudah mencoba bayi tabung 1x dengan dr ivan di bunda, gagal juga. Hal ini aku rasa karena kurangnya informasi yang diberikan dr ivan soal kista/endo.

Sejak aku melakukan bayi tabung september tahun lalu, tiba2 yg tadinya aku hanya memiliki endometriosis dan kista, sekarang tumbuh adenomyosis dan miom. akhirnya saya ke dr wahyu dan memutuska untuk laparatomy karena 2 bulan lalu saya juga mengalami hidrosalping yang mengakibatkan pendarahan.

Apakah ada teman2 yang mengalami hal tersebut secara bersamaan seperti saya (kista, endo, adenomyosis, miom dan hidrosalping) dan bisa hamil setelah laparatomy?

Mohon sharingnya juga, apakah dr wahyu cukup bagus untuk laparatomy dan biasanya berapa lama waktu yg dibutuhkan untuk recover setelah operasi.

Thanks mums untuk sharingnya..

FacebookTwitterGoogle+Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 1.50 out of 5)
Loading...Loading...

81 thoughts on “Operasi Laparatomy untuk Miom, Kista, Adenomyosis dan Endometriosis – Dee

  1. Robby

    to: Ibu Ummi..
    Terimakasih banyak yh infonya, Semoga info yang ibu berikan bermanfaat untuk semua yang sedang mengalami kondisi serupa. Dan Semoga ibu sekeluarga diberikan kesehatan, dan tidak bosan2-nya untuk berbagi dengan orang lain.

  2. Winda

    Hi all para calon bunda yang sedang berjuang untuk hamil dan sembuh. Aku mau share pengalamanku, aku juga punya kista ovarium n adenomiosis dan pernah LO dgn dr wahyu. Sekarang Alhamdulillah aku hamil 6w, perjuanganku jg lumayan berat karna aku harus mengorbankan pekerjaanku untuk hamil. Belum lama ini sebelum aku hamil aku mengulang terapi tapros ku karna kambuh lagi..duh ngeri d aku ngebayangin sakitnya saat itu..
    akhirnya selain aku medis aku jg alternatif di Jeng Ana (maaf bukannya promo) Aku minum ramuannya selama 2bln dgn sabar dan ikhlas.
    Setelah mens pertamaku sehabis terapi tapros rencananya aku mau insem tp program dibatalkan krn telurku tidak memenuhi syarat dan dikrnkan jg aku menolak untuj diberikan obat perangsang sel telur krn aku berkeyakinan obat itu yang bs bikikn kambuh lagi. Alhasil aku disuruh alami aja dan pada saat itulah aku memutuskan untuk resign dan istirahat. Pada saat waktunya aku untuk berhubungan aku benar2 istirahat dan setelah suamiku ejakulasi aku sampe nungging (rahimku retro jg) n lgsg tidur lagi.
    Kira2 10hr stlh pembuahan aku mengalami nyeri yang bergantian di kanan n kiri perutku trus agak mual yang hilang timbul, akhirnya setelah telat 10hr aku tp n hslnya positif. aku bahagia sekali saat itu krn g nyangka.
    Intinya bunda qta harus jangan menyerah dan selalu menyertai usaha qta dengan doa yang tidak putusnya. Klo yg aku alami adalah usahaku tidak hanya sekedar berobat tp aku rela meninggalkan pekerjaanku yang menghasilkan banyak pemasukan demi hartaku yang lebih berharga. Aku tidak menyarankan bunda smua untuk resign kya aku jg tp ya cobalah takes time utk diri sendiri misnya minta cuti panjang untuk program hamil klo perlu minta surat dr dokter qta n kasi ke perush.
    Doakan kehamilanku lancar ya smuanyan aku doakan jg semoga bunda smua jg bs cepat sembuh dan hamil..amin ya Rabb

  3. nisa

    Salam kenal,

    Apakah daun sirsak bisa untuk menyembuhkan kista endometriosis?mohon jawabannya. Terima kasih banyak…

  4. ummi

    To.
    Mb Nisa@ Kl sy boleh beri info. Secara medis sy kurang tau apakah buah dan daun sirsak bisa mengecilkan/menghilangkan kista/miom. Tp sejauh ini pengalaman sy, 3-4bln sebelum operasi pengangkatan kista bln juni 2011. Sy mengkonsumsi rebusan daun sirsak secara rutin. Alhamdulillah kista sy mengecil dari 9cm menjd 7cm(kanan) dan 6cm menjd 4cm(kiri). Tiap hr sy minum 2x rebusan 10lembar daun sirsak+1 gelas air menjdi 1/2gelas. Minum pagi dan sore. Smoga info sy bs bermanfaat. Intinya kita yakin,ttp berdoa dan berusaha.

    Mb winda@ Bisa beri info kah alamat praktek Jeng Ana di bogor dan jakarta serta biaya berobat? Ini no Hp sy 081219222722

  5. winda

    @mba nisa aku juga terapi daun sirsak n itu jg dokterku yg nyuruh jg tp dibarengin terapi tapros n minum herbal ke Jeng Ana jg..

    @mba ummi, alamatnya jl. kalibata timur I no.47 rt9 rw1 kalibata posisinya tepat di TMP kalibata jakarta selatan. telp 02198099911, 71529929.
    aku si waktu itu telp dl mba, trus rumahnya ada di paling ujung sekali, rumahnya gede kaya istana, trus klo kesana emang harus siap antri aplg klo mau ktm jeng ana lgsg mesti daftar dl jauh2 hari krn dia adanya cm hr sabtu aja. tp pas aku kesana si g ktm sm jeng ana cm anak buahnya tp ya gpp buat aku yg penting aku bs berobat. trus satu hal lg yg penting adl disana emang agak mahal mba obatnya untuk 2bln aku bayar 4jt trus biaya daftar 100rb n biaya terapi 250rb. untuk selanjutnya aku
    terapi aja g konsul(terapinya dipijat gt)

    nah gitu d mba ummi, selamat mencoba dan kudoakan semoga diberikan kesembuhan..amin ya Rabb

  6. lina

    hi.. saya di vonis adenomiosis dan sudah laparaskopi, setelah laparaskopi sudah inseminiasi 2 x, tapi gagal, sekarang lagi coba untuk mempertimbangkan bayi tabung, tapi masih takut dan bingung untuk pemilihan dokter dan RS nya, saat ini saya berobat di dokter indra spog bunda morula.
    apa ada yang adenomiosis dan sudah berhasil hamil?
    tolong di share ya

  7. Ina

    Hi Ima,,, salam kenal ya oh ya gimana hasil insem dengan Dr Ivan nya ? Oh ya boleh minta ramuan herbalnya untuk haid lancar

    Thks ya

  8. mahmudah uut

    hai teman2 aku pingin motivasi, mungkinkah aku berhasil bt dengan usiaku yang 43 th , agustus 2011 kemarin aku gagal bt, ada kista miom endo, tolong dong pengalamannya!

  9. Yuliana Sinaga

    Dear Dee,

    Tepat laparatomi. Saya pun melakukannya ditahun 2008 karena kista endometriosis dan miom. Selanjutnya disuntik tapros sebanyak 4 x. Semua itu saya yang minta ke dokter. Karena menurut saya laparatomi secara bedah model dulu jauh lebih baik dengan laparaskopi model sekarang. Selanjutanya kita pola hidup sehat diusahakan vegetarian dan olahraga secara teratur. Berenang, yoga dan tai chi adalah olahraga yang paling bagus untuk kita penderita masalah reproduksi wanita. Semua itu akan membantu hormon bekerja seimabng. Minum teh camomile untuk membantu kualitas tidur dan minum teh campuran bunga mawar,melati dan teh hijau disaat menstruasi hingga selesai. Hindari stress. Dan meditasi atau terapi doa sangat membantu agar jiwa dan pikiran selalu sehat. Berserah kepada Tuhan dan minta maaf kepada tubuh sendiri karena mungkin sudah banyak salah terhadap tubuh sendiri. Seperti saya. Oiaya saya dioperasi oleh dr.chamim, spog dan onkologi bisa di rs. women and children brawijaya atau di rs.fatmawati. Nikmati hidup dan selalu bersyukur kepada Tuhan. Kiranya BerkatNya selalu berlimpah bagi kita semua. Saya masih single dan berusia 42 tahun.
    Untuk Mbak Mahmudah Uut, jangan menyerah, masih bisa hamil. Saya yang belum nikah saya masih berharap untuk menikah. Tiada yang mustahil bagi Tuhan. Hapus semua pikiran negatif, semua itu tidak ada gunanya. Malahan bikin hormon bekerja tidak seimbang. Hayo bangkit. Usul nih, bisa dibuat pertemuan sehingga tidak sharing lewat media internet tetapi secara tatap muka. Terkadang masukan dari dokter hanya sedikit. Informasi seperti ini sangat membantu sesama.

  10. sukarsianah

    mba nama saya sukarsianah umur 48 tahun.ada miom 10 cm.saya mau tanya berapa biaya operasi di dokter Andri jono .
    makasih ya :)

  11. cleo

    hi dian,
    salam kenal, baru beberapa minggu ini aku periksa kedokter kandungan dan ternyata aku ada edenomiyosis besarnya 13 cm, aku sedih dan stres pada saat dokter memberitahukan itu. padahal bulan agustus ini aku akan menikah, Alhamdulillah calon suamiku sangat mengerti dan bisa menerima kondisiku. aku mohon infonya dimana alamat or no telp yang bisa dihubungi untuk pengobatan alternatif almasiha.

    terima kasih

  12. piping

    Hai smuanya… Salam kenal
    Ak nikah nov 2007, dr gadis ak tau ak ada kista tp g prnh pengobatan..
    Bln puasa th 2008 ak LO, sblm LO diketahui kistaku 6,8 disblah kiri, tp stlah LO br ketahuan klo disblah kanan ada kista serta bakal calon kista, stlh bbrp bln ak tes CA125, angkanya kurleb 130an, tp dokterku blg g mslah…
    Mslah timbul akhir th 2011, ak haid sakiiiiiit sekali, cek kedokter tryta ada adenomyosis, sblmnya mmg sakit saat haid tp minum obat antalgin 1x sdh sembuh, tp ini lain ak minum antalgin 3xsehari pun msh trsa sakit, ak ke 3 dokter:
    1. Dokter prtma menyarankan utk LO n laparotomi tnpa mmberi tau mslahnya, hnya blg “mmg ada sesuatu
    2. Dokter kedua, angkat rahim… Oh no!
    3. Dokter ketiga, ada bbrp saran, n akhirnya ak n suami memilih utk insem, tp gagal
    Saat ini ak sdg masa cooling down utk menyiapkan mental stlah lebaran nanti akan mulai prgram hamil lg…
    Hampir 5th ak menikah dan blm prnh hamil…
    Saat ini sdg konsumsi habbatussauda, propolis, kapsul daun sirsak, smga adenomyosisku ini bs sembuh n ak bs cepet diberikan keturunan… Smga tmn2 disini jg yah, sembuh n cpt diberikan keturunan… Aamiiin…
    Klo ada yg ??? berbagi cerita bs email ak
    Pink_sweet82@yahoo.com

  13. mia

    aku sudah menikah selama 10 tahun belum pernah hamil.aku divonis endometriosis di tahun 2007 dan aku LO di RS Koja dgn Dr Basuki Mulyono april 2011.pasca operasi aku suntik tapro selama 4 bulan (4X suntik) aku tidak dapat haid kurang lebih satu tahun berikutnya dan baru haid kembali mei tahun 2012,dan dua bulan terakhir ini haid aku sangaaat sakiiiit sekaliiii. aku ke dr spog lainnya katanya aku adenomiosis dan hars diangkat jika ingin hilang sakitnya. ya allah aku sangat terkejut dan sempat putus asa di usiaku 37 aku belum punya momongan dengan sepaket penyakit kandungan yang hanya bisa selesai dengan angkat rahim. teman2 senasib seperjuangan tlng share nya…

  14. Ina

    Hai…Salam kenal, Nama saya ina, kira2 1,5 tahun yg lalu saya divonis memiliki adenomiosis Dan diperkirakan Akan sulit memiliki keturunan, pdhl saat itu saya baru saja menikah, Akan tetapi semua itu Adalah ilmu manusia, jika Allah SWT mengingin kan maka terjadilah, alhamdulillah 4 bulan setelah diagnosa saya hamil, walaupun terhitung kehamilan berisiko tinggi, sayangnya kehamilan saya hanya bertahan selama 5 bulan, Dan saya keguguran. Akan tetapi awal bulan agustus 2012 ini alhamdulillah saya diberkahi dengan kemukzizatan ramadhan, saya dinyatakan hamil ke Bali, lagi2 ini adalah kehamilan berisiko tinggi dengan riwayat kesehatan saya di atas, tapi yg hendak saya sharing adalah bagi teman2 yg memiliki adenomiosis, jangan berkecil hati, saya adalah bukti nyata pemilik adenomiosis yg dapat hamil, 2 Kali hamil, walaupun dengan kehamilan resiko tinggi, Akan tetapi percayalah Allah SWT itu tdk pernah sedikitpun meningggalkan Kita, jika Dia berkehendak maka terjadilah. Dan sampai skrg saya belum melakukan pernah melakukan pengobatan utk adenomiosis saya, saya sdh berencana utk mulai proses pengobatan, Akan tetapi alhamdulillah saya sdh keburu hamil, saya mohon doa

  15. mia

    salam kenal nia, aku sangat senang membaca sharing dari kamu. mudah2an aku bisa lebih tegar dan optimis tentang kemungkinan aku memiliki keturunan. by the way adakah nia, atau teman2 yang bisa share tentang mengatasi sakit haid yang ekstrem selain operasi. terima kasih atas attensinya. untuk nia selamat atas kehamilannya. aku doakan semoga sehat dan lancar sampai dengan melahirkan nanti.

  16. silvia

    salam kenal semuanya. Saya ingin berbagi cerita yang kurang lebih mirip dengan yang dialami teman2 disini. Saya pertama kali merasakan sakit saat haid waktu akhir kuliah, sakitnya sampai saya tidak bisa beraktivitas. Ternyata ada kista di ovarium kanan dan kiri. Singkatnya saya putuskan untuk laparoskopi. Setelah itu saya menikah. Tapi sekitar hampir setahun setelah operasi, kista itu muncul lagi. Saya sudah coba dengan alternatif, ke dokter, ke romo, tetap tidak bisa mengurangi sakit dan ukuran kista. Hingga saya putuskan untuk LO dan hasilnya adalah kanker ovarium 1C dan adenomyosis. Setelah perjuangan untuk kemo dan pengobatan lainnya, saya mencoba untuk hamil. Sudah 2 tahun mencoba dan belum dikasih sepertinya. Malah adenomyosisnya mulai mengganggu lagi. Saya sempat putus asa dan memutuskan untuk angkat rahim aja, skrg saya sedang suntik tapros ke 4 dari 6 kali dosis. Setelah saya baca website ini saya merasa ternyata saya tidak sendiri.

  17. feby

    salam kenal…
    saya ingin berbagi cerita dan mencari informasi nih.. dirahim saya ada adenomiosis. itu sudah ada sejak 10 taun yang lalu, tapi selama ini tak pernah mengganggu sama sekali. Beberapa bulan yang lalu, perut kiri bagian bawah saya terasa nyut2an. Awalnya datang dan pergi, tapi lama-lama sakitnya terus menerus, walaupun saya tidak sedang haid, bahkan sekarang sakitnya merembet ke pinggang bagian belakang dan perut bagian atas. Kalau boleh minta informasinya… apakah sakit karena adenomiosis itu terasa hanya pada saat haid saja?? bila tidak sedang haid, terasa sakit atau tidak?? mohon infonya. makasih

  18. mee

    Hallo smua …
    Mau nanya info ini , akir agustus 2012 kmren aq brusan operasi mioma 12 cm , dan ada 2 bj kecil skitar 1 cm. Tross waktu september mens , knapa hanya 1 hr yahh , biasanya normallnya 3 hr :( Dan bulan ni koq rasanya sama.Apa emang stelah operasi , ada efek ky gt ?
    Tolong infonya yahhh ,,,,

    Tengkiuuu

  19. Nana

    Haiiii,
    Sdh lama gak baca dan posting comment nih.
    Dee…gmn kabarnya stlh di laparatomy? Apakah adenomyosis kamu bs totally sembuh *penasaran.con*
    Gw baru aja program IVF yg ke-6 x kalinya dgn hasil nol besarrrr…sangat2 kecewa dan hopeless bangettt. Program terakhir gw lakukan di Subang Malaysia di Sunfert dgn dr Wong Pak Seng..dokternya baik, caring dan jagooo dan mereka semua sgt2 profesional dibanding di negara kita dgn biaya sama dgn di jkt mungkin sdkt lbh murah yaaa…
    Proses ET gw sgt lancar dan mulus tanpa darah sedikitpun krn mmg leher rahin gw belok ke arah kanan yg sgt menyulitkan saat ET which is its my maen problem di ke 5 program IVF gw sebelum2nya di siloam sby. Tp kali ini alasan kegagalan gw adalah krn off course Tuhan blm mengizinkan dan krn usia gw yg 36 kualitas sel telur gw jelek shg kmrn didpt enmbryo dgn grade average n poor only.
    Off course,adenomyosis gw msh sgt menyiksa gw dan dr Wong ini jg berpendapat sama dgn dr Widi which is kalo mau hamil adeno jgn di otak atik dan mmg tdk bs di otak atik selain angkat rahim yg akan memutuskan harapan kita utk hamil.
    Well…saat ini gw ini msh kecewa dan dont know what to do next, dr Wong menyarankan utk egg donor which is it is not my own egg but another woman egg which is younger and better :(
    Maybe adoption is the best option… Dont know yet
    Tetappp semangat ya teman2…mujizat msh ada, dan akan ada Sarah2 baru spt yg Tuhan tlh janjikan i hope im also the next “Sarah”
    Baby dust to you all n God bless :)

  20. iie

    Baru sebulan ini saya didiagnosa ada endyomtrosis dan adenomyiosis dengan ukuran 2 cm. saya sudah menikh 3th dengan usia skrg 32th, saya masih sangat awam dengan penyakit ini saya tdk tau apapun informasi nya, apakah bisa sembuh dan bs hamil lagi

  21. widya

    hai, salam kenal semua..
    aku sudah hmpr 9 thn ini berusaha untuk hamil. bolak balik ke dokter kandungan, termasuk alternatif. akhirnya aku coba ke klinik yasmin. ternyata disana baru ketauan klo aku ada adenomiosis sebesar hampir 3cm. dan itu katanya nutupin saluran telur.dokter menyarankan aku untuk operasi, atau insem atau BT. kami putuskan utk insem. haid +2 s.d. 6 aku minum profertil. H +7 s.d 11 aku suntik gonal-F , h +11 juga aku suntik ovidrel. H +13 aku di insem. waktu itu sel telur ada 3. aku dikasih obat penguat utrogestan 100mg selama 15 hari. sehari 2x minum. aku sempat parno juga karena selama 4 hari stlh insem perut terasa kembung, gak keruan. (mungkin aku kena OHSS). aku udah 4 hari telat, tapi di cek pake tes pack hasilnya negatif :(, jadi seminggu ini dokter bilang observasi lagi. cuma kok aku merasa kram perut yg datang dan pergi. kmrn juga sempat keluar flek coklat. apakah itu efek dari utrogestan ?
    selain itu, klo emg iui ini gagal (aku masih H2C, moga2 bisa sukses.amin) dr Andon saranin operasi untuk adenomiosis nya (operasi non-osada), temen2 ada yg tau ttg ini? mhn sharing nya ya… trims

  22. itha

    @ Salam Kenal Nana, salut dee sdh ikut 6x BT, dan ikut prihatin ya atas hasil yg terakhir blm juga berhasil, semoga bisa sabar dan terus berusaha, sy sdh ikut BT 3x rasanya dah malesss bgt n hampir putus asa, tp kadang2 mmg dgn kita bs baca sharing2 begini kita jd bertambah semangat ya, anyway soal 5x bt di siloam, mnrt dokter knp bs gagal? apa pernah di LO sebelumnya ..

    @ salam Kenal Widya, bagaimana hasil IUI nya, semoga ada kabar baik ya..selalu berdoa dan pasrah,percaya Tuhan akan memberikan yg terbaik utk kita…., saya jg sdh menikah 10 thn usia 38 blm juga berhasil 3x BT, rencana minggu ini akan LO di RS Bunda utk bersih” dr kista,endo n miom, krn antisipasi utk persiapan BT berikutnya ,waloupun pernh laparotomi thn 2007 tp ternyata itu semua bs muncul2 lagi dan sekrg malan nambah adenomiosis…hadeeuuhh ..mgkn mmg kita mesti selalu semangat ya utk basmi itu semua…, Teman2 mgkn ada yg bs sharing soal Laparoskopi di Bunda krn sy ditawari ikut LO Robotik (dokter menggunakan robot utk mengerakan tangan2nya utk bs menjangkau obyek yg akan di ambil/bedah) krn mnrtku kedengaranya ngeri aja..apa bisa ya operasi dgn robot dan mmg biaya nya 2x dr hrga LO biasa..,

  23. qq_np

    Hi.. itha dan temen2 lain … salam kenal yaa,

    aku juga insyaallah finally ikut LO robotik di bunda, padahal 1 minggu yg lalu sy konsultasi dgn prof. Yacoub di Sam marrie, cm sy kurang comfort makanya sy cari 2nd opinion ke dr Wachyu atas saran dari keluarga, baru aja semalem… hehehe

    Ya.. sy juga ada Kista 2 sebesar 3cm-an dan mioma 3 cm jg…. tp kata prof yacoub itu mioma semua yg 1 6cm 1nya 3cm… gak tau lahh.. yg jelas insyaallah yg terbaik aja dr Allah sy pilih jalan LO Robotik, krn memang sy takut di operasi… (for info jg sy pernah 2x insem, dan 3x BT sm dr Ivan…. tp Allah tetep blm ijinin juga… sekarang malah dikasih bonus… hehehe)

    Semoga yg terbaik dan kita semua diberikan kemudahan sm Allah SWT..

  24. itha

    @haii salam kenal juga gg_np,…

    salut ama kamu yg sdh pernah ikut 3x BT juga, sebabnya apa kalo boleh tahu kok sampe gagal terus di Bunda, apakah selama ini tdk terdeteksi ada miom/ kista sebelum BT….btw seneng dpt temen senasib nii yg mau robotic, saya jg sempet bingung pas ditawari LO atau Robotic di Bunda, tp setelah kemaren dijelaskan suster asisten Operasinya, aku sedikit mengerti dan jelas, mengenai biaya yg 2-3x lbh mahal plus2 dr LO biasa, waktu selama operasi yg minimal 2 jam krn dokter bs lebh detail fokus view dan ada tangan robot nya yg masuk bebas ke dalam rahim ( remote oleh tangan dokter)serta kamar perdana yg include dlm paket robotic 😉 insyaallah aku rencana operasi sabtu tgl 17 nov ini…deg..degan juga..kamu kapan operasinya, semoga proses dan hasilnya lancar ya, dan bisa berhasil next programnya…oya kalo boleh tahu ada email ngak? tq

  25. ria

    Halo,, saya mau nanya, kemarin saya ke dokter sm mama ke dokter SpoG. Katanya mama terkena miom, ukuran D1 dan D2 Yaitu 8 cm dan 9 cm, dokter (zaman kaban, medan ) menyarankan utk operasi… saya mohon share dr teman2… apa ada cara lain selain operasi?

  26. winda

    Hai Ria, menentukan harus operasi atau tidak ada beberapa faktor
    1. ukuran kista, biasanya diatas 4cm akan dilakukan tindakan operatif
    2. dengan ukuran miom sebesar itu apakah mengganggu kualitas hidup, misalnya sering merasakan nyeri sampai mengganggu aktifitas
    3. apakah dalam waktu dekat berencana ingin hamil

    nah kalau faktor diatas memenuhi maka sebaiknya di operasi aja, operasinya kalau LO ga sakit kok dan pulihnya cepat juga cuma tetap mesti jaga apa yang dikonsumsi sehari2 yang bisa memicu miom tumbuh kembali

    tindakan lain selain operasi bisa minta suntik tapros tapi ada resikonya yaitu akan mengalami menopause sementara selama masa suntik, kemngkinan miom akan mengecil tapi kan qa ga tau apakah ada pelekatan usus yang cm bisa diperbaiki melalui operasi

  27. ria

    Mba winda ; mama udh berumur 49 th dan sdh steril sejak umur 30 th.. mama selalu mengeluh lemas ,, mungkin karna miom td yg makin lama makin membesar.. aktivitas yg lain masih seprti biasa dijalankan… dokter bilang mama ga boleh angkat berat. Saya blm terlalu mengerti dgb miom ini dan penanggulangannya, LO itu apa ya mba? Bagaimana dgn alternatif konsumsi HD (High desert) ? Ada tau khasiatnya apa? Berarti miom , klo ga bersih diangkat pd saat operasi, bisa muncul lg ya? Tp kan mama udh mendekati masa menopause?

  28. jackia

    Hi mum’s
    Saya sudah operasi kista 2008 Dan suntik tapros 3Kali. 2011 ikut bayi tabung dgn LO membersihkan hydrosalphing . juga sudah laparotomy buang kedua saluran indung telur Dan gagal juga akhirnya. Kecewa dg kegagalan .sy pun MRI , biopsi,papsmear Dan cek smua darah termasuk kadar .CA yg meningkat . Hasil akhir fibroid dan kista muncul dan sbg manusia hrs berusaha .sy program ivf di ausi dan secanggih apapun kt hrs yakin ALLAHyg memberi . Sy ingat ketika di masjidil haram umroh ada wanita dg bahasa apa .sy tdk tau dia blg sy akan punya anak jika sering baca istigfar dan tasbih Dan sodakoh dan membaca surat mariam .untuk yg mau share via email jackson .abdat @yahoo .com

  29. neli s marliana

    hai semua..saya baru aja menjalani oprasi laparotomy, myomectomy dan angkat saluran tuba tgl 29 okt 2014.di tangani oleh prof.wahyu dan dokter cepy di RS.Bunda.baru kluar sabtu lalu. sabtu depan tgl.9 nov saya akan buka perban..Alhamdulillah berjalan lancar.saya ada miom berjumlah 35 yg berhasil diangkat.oya, umur saya 43th dan saya blm punya anak. insha Allah mau coba program hamil,mudh2n berhasil.krn dr hasil cek lab, saya msh bs hamil . tp hrs menunggu dulu min 6 bulan kata dokter. yah semua krn Allah jg yg menentukan.tp setidaknya qt manusia sdh berusaha semaksimal mungkin . jangan menyerah pasti ada jalan yah.di balik ini ada hikmahnya. semoga bermanfaat buat yg mau oprasi laparotomy, jgn takut yaa..konsumsi selalu sayur n buah jgn ketinggalan..

  30. Astrid

    Coba baca Blog Dr. Suryo Bawono Pekanbaru.

    Saya baru operasi dengan Dr.Suryo, kista di indung telur kiri ukuran +/-10 cm dengan Laparoscopy.
    Miom di dalam dinding rahim +/-3 cm gak bisa di otak atik dulu di karena lebih di utamakan hamil. Coba baca Blognya dulu Bunda, juga bisa program & membantu kehamilan walaupun hanya memiliki 1 indung telur.

  31. tyas

    Salam kenal bunda…
    Kenalkan nama saya Tyas,sdh nikah 2 th 9 bln…Bunda,bisa minta tlg dijelaskan perbedaan antara laparotomy dan laparoskopi….Saya didiagnosa ada endometriosis dan miom…Dr. Sun menganjurkan untuk operasi…Tp dr. Sun mengatakan bahwa klo nanti hamil stlh operasi kemungkinan ketika hamil,persalinannya hrs cesar…Nah itu yg bikin saya berpikir untuk alternatif dan herbal dulu sblm operasi…Dr hsl usg,endometriosis jmlhnya bnyk kayak jerawat gt,sdgkn miomnya ada sktr 9 dgn ukuran plg bsr 2,82cm…Bunda bagi infonya…Kira da yg pernah mengkonsumsi tahitian noni (jus mengkudu) ato xamthone (jus manggis) ndak???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*