Oocyte Degenerasi – Sarah

Hallo, saya mau berbagi pengalaman TTC. saya menikah sudah setahun (pasti orang bilang masih baru deh) tp tunggu.. walaupun cuma setahun saya mengalami a year full of stress. (agak lebay sih)

Sebulan setelah menikah saya mengalami haid 2x sebulan dalam dua bulan stelah datang ke bbrp dokter pendarahan tersebut belum sembuh, pada akhirnya saya datang ke Prof Ali Baziad di RS Brawijaya dan saya diberikan obat Lutenyl utk diminum. Setelah minum obat haid pun lancar kembali, tetapi setelah obat itu selesai diminum saya tidak haid selama 4 bulan. awalnya berharap hamil tapi cuma dapet harapan palsu hiks :'( saya datang ke dokter obgyn lainnya dan bilang kondisi ini adalah efek dari obat lutenyl tsb jadi disuruh sabar aja nunggu sampai haid normal kembali.

Akhirnya setelah bbrp bulan berikutnya haid pun tampak sudah mulai normal kembali dan akhirnya saya dan suami memutuskan untuk memulai program kehamilan.

Saya memilih dr. Budi Wiweko (K) FER, saya memilih beliau krn pertimbangan beliau ada praktek juga di RSPI yg notebene dekat dengan kantor saya.
Saya memulai konsultasi dengan beliau di Klinik Yasmin RSCM Kencana krn beliau praktek disana hampir setiap hari dan gampang ditemui.

Pada waktu konsultasi pertama kali saya sudah membawa bbrp hasil lab seperti LH, FSH, dll dan dokterpun seperti biasa melakukan USG Tranvaginal. dan dokter bilang cadangan sel telur saya sedikit sekali dan beliau menyarankan untuk langsung ikut program IVF. saya dan suami langsung shock ya secara umur saya dan suami baru 25th dan menikah baru setahun sdh langsung disarankan bayi tabung. untuk pemeriksaan lebih lanjut dokter menyuruh untuk tes AMH (Anti Mullerian Hormone) tes hormon untuk mengetahui brp banyak cadangan telur kita. hasil tes ini baru bs didapatkan seminggu ktnya tes lab ini sangat complex.

Seminggu berlalu, saya balik ke dr. budi lagi dengan membawa hasil tas lab tersebut oiya wktu itu suami juga disuruh tes analisis sperm lengkap. nah pada saat membaca hasil lab kami berdua nilai AMH say cuma 0,69 padahal normal untuk seusia saya rata2 nilainya diatas 1, dan dokter bilang cadangan telur saya sangat sedikit. lalu dokter membaca hasil tes suami saya dan suami saya divonis termasuk dalam oligozoospermia (kekurangan sel sperma) dokter langsung bilang “wah kompak yaa, kalau begini harus cepet2 hamil nih”

Akhirnya saya dan suami segera memutuskan untuk mengikuti program bayi tabung. Saya datang kembali ke dr budi pada haid hari ke-2 dan seperti biasa dr melakukan USG dan dia bilang lagi saya hanya punya satu folikel. sedih luar biasa saya selalu bertanya kenapa saya bagini padahal umur masih muda. stelah konsul dihari ke 2 haid, dolter langsung memberikan saya obat suntik Gonal f 300 unit + Saizen berharap sel telur ada yang tumbuh lagi. saya disuntik selama 7 hari dan setiap 2 hari sekali kontrol ke dokter untuk melihat perkembangannya.

Setelah beberapa kali suntik, sel telur saya tidak ada yang tumbuh jadi hanya satu saja walaupun diameternya membesar sesuai yang diharapkan. sedih banget rasanya. sampai di hari ke tujuh sel telur saya sudah sebesar 23mm, dokter menyarankan utk OPU walaupun agak gambling bisa dpt oocyte atau tidak. saya dan suami memutuskan untuk maju terus.

Saya dijadwalkan untuk OPU pada hari Jumat, 30 Januari 2015. Semenjak program ini saya jadi sering bolos kerja. Alhamdulillah Bos masih ngertiin ya. pada saat giliran saya OPU saya sudah dipasang jarum infus lalu di USG masih terddapat folikelnya atau tidak secara folikel saya cuma satu lalu saya mulai dibius, setelah dibius saya langsung tidur seperti orang pingsan. selama proses tersebut saya tidak merasakan apa-apa tapi seperti tersentak mendengar para tim berteriak “ALHAMDULILLAH” saya pun langsung tersadar mungkin saya mendapat satu OOcyte. Saat itu saya sangat lega sekali dan sangat senang sekali walaupun badan masih lemas krn obat bius.

Saat benar2 tersadar saya sudah berada di ruang recovery dan suster membantu saya untuk bangun dan berganti pakaian.
ternyata saya dan suami telah disediakan makan, lalu saya makan sambil menunggu suster memberikan obat dan suami saya menyetor spermanya untuk dipertemukan dengan si oocyte ini.

Setelah menunggu beberapa saat, embriologis datang ke saya dan mengabarkan kl oocyte saya mengalami degenerasi dan tidak dapat dipertemukan dengan si sperma. Patah hati langsung dan gak bisa berkata apa2, stelah itu saya menangis seharian jd tidak selera makan. Bukan karena masalah biaya yang sudah kami keluarkan saja, tp sedih kenapa kondisi saya sperti ini. saya sangat terpukul dengan kejadian tersebut karena saya sudah berharap banyak dengan program ini.

Saya diinfokan untuk datang lagi ke dr. budi pada hari rabu minggu berikutnya. Saya berpikir untuk istirahat sebentar dari program ini sambil menabung utk program selanjutnya.

Adakah para pembaca disini yang mengalami pengalaman yang hampir sama dan mau berbagi pengalamannya? Thankyou

Regards,
Sarah Mashitta

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

14 thoughts on “Oocyte Degenerasi – Sarah

  1. aura

    dear sarah,
    tetap semangat ya..mumpung msh muda dan keuangannya oke maka berjuanglah smpai max.ak udh 7thn nikah niih..baru mau jlni BT..dijadwalkan bln dpn.dgn kasus saluran tuba sbelah kanan udh dipotong dan sperma suamiku teratozoospermia.sembari nunggu jdwlnya ak dan suami minum herbal dr produk perlebahan..alhamdulillah yaa ada kemajuan dr sisi kualitas spermanya tsb.
    klo km mau info bs add pinku 5372A8FD

  2. ferra

    hai sarah,

    jangan sedih, baca cerita km jd inget diri sendiri. soalnya mirip2 sama kisah hdp ku.
    aq juga masih 26th, dulu waktu nikah usia 24th. 3bln nikah lgsg dvonis hydrosalpink bilateral , alias 2 saluran tuba nonpatent. bayangin aja baru 3bln nikah udah stress krn udh tau kl peluang punya anak tipis bgt. krn satu2 nya jalan hny bayi tabung aja. perjalanan panjang u/ pny anak dmulai dr 2012 bulan januari sampai skrg. mulai dr insem, oprasi LO smp BT , .. minum ini itu udh djalanin.brobat ksana kmari sampe gk pny waktu u/ ngurus diri(versi lebay)
    tp blm berhasil juga, sedih si, tp memang blm waktunya pny baby jd pasrah aja yg penting udah usaha.

    kadang sebel sih kl ada org blg “masih muda santai aja”
    itu ternyata ada bnr nya juga, supaya kita lbh santai ngejalanin semua masalah. krn biasanya org yg blg kalimat tsb diatas sdh melewati masa apa yg kita sdg jalani alias pengalaman dia berjuang u/ pny anak jauh lbh panjang dr kita, ada yg sdh berjuang puluhan tahun loh.

    kl mau berbagi kisah bs email nmr whats app km ke email ku siapa tau kita bs berbagi info menarik. ferra.168@gmail.com
    saran ku jangan putus asa, karna masih bnyk ibu2 lainnya yg sdh berjuang lbh lama dbanding kita, mereka aja bs lbh tegar. knp kita gk bs.
    jgn sedih, berjuang terus cari peluang yg menurut km baik, relax dikit siapa tau tuhan kasi km mukzizat hamil normal

    inget, kita masih muda jd hrs lbh semangat dbanding senior hehehe

  3. Stella

    Hi Sarah,

    Saya ikut sedih denger crita kamu…
    Cuma bisa bantu doain km semoga segera berhasil di kesempatan kedua nanti…
    Banyak berdoa ya…
    Dan tetep semangat serta terus berharap…
    Jika Tuhan sudah mengijinkan pasti kamu segera hamil… 🙂

  4. Vony

    Produk2 Moment: 
    1. GLUCOGEN isi 25 sachet (rasa strawberry) 
    2. TERAGEN isi 20 sachet (rasa mocca) Kegunaan dr ke2 produk ini: Minuman yg mengandung glutathione+collagen kualitas tinggi sbg Master anti oksidan, detoksifikasi yg berguna utk kesehatan tubuh n kecantikan kulit (jerawat,flek)+whitening+anti aging & bantu program terapi keturunan  
    3. BIOCELL 1 botol spray 60ml (utk pemakaian 2-3bln): Sbg anti aging+whitening+kesehatan dlm tubuh,mengobati berbagai penyakit (trmsk luka bakar, alergi, diabet dll.)+bantu terapi program keturunan+bisa bantu program diet sehat 
    4. SLIMMER isi 30scht : Minuman rasa anggur blackcurrant utk pelangsing+diet sehat, dpt membantu kesehatan jantung, membersihkan utk kshatan usus, menjaga kadar kolesterol, mencegah kanker & melancarkan BAB 
    5. PROPOLIS BRAZILIAN isi 5box per 10ml : antibiotik alami utk optimalkan sistem kekebalan tubuh+obat berbagai penyakit (kualitas 3x lbh baik dr propolis biasa. Utk segala usia) #Semua produk sdh ada Ijin Depkes, BPOM+Halal. Itu yang saya bisa bantu jawab glucogen bisa untuk terapi kesuburan. Saya juga lg mencoba setelah bayi tabung pertama gagal 5208A47A Itu Pin saya

  5. Xiu

    @leni : aku bantu jawab yach.. aku BT dengan dr.karel bulan agustus 2014 total seluruhnya sekitar 45juta. Termasuk biaya kontrol, biaya obat, suntik cetrodite 1x, suntik pregnyl 1x, dan suntik apa gitu 1x juga, opu, et, dan biaya nginap 1 malam.. semoga bisa membantu yach..

  6. leni

    hai mb lia, nanya donk untuk BT dg dr Karel, biayanya sekitar berapaan ya? aku rencana BT dg beliau bulan April. tks ya

  7. Betty

    Salam kenal. Salam ken saya dengab betty. Saya ikut prihatin dengan kondisinya dan saya sangat bisa rasakan kekecewaan yg mendalam dimana saya dulu pernah gagal program BT 1 kali dengab Fresh embrio dan yg ke 2 dengan frozen embrio Kira2 1 Tahun lalu di Klinik Yasmin dengan Dr Budi Wiweko. Minta doanya buat saya yang saat ini mengikuti program BT kembali dengan Dr. Budi Wiweko dan minggu lalu sdh dilakukan Opu dan panen 15 sel telur. Sekarang sedang harap2 cemas menunggu panggilan buat ET. Mudah2an semua bisa berjalan dengan baik dan teman2 semua yg masih berusaha bisa segera mendapatkan kabar bahagia itu… Salam

  8. lia

    Hai.. yang sabar ya..
    harus tetep semangat. Sekedar berbagi.. saya dl kosong hampir 6th. Kondisi tuba nonpaten. Saluran telor kiri sudah diambil. Sal kanan ada sumbatan yg akhirnya laparoscopy.. tapi tetap blm mau ngebuka sal telornya.
    Kami lalu program BT dg dr karel di rs. Abdi waluyo.. alhamdulilah walaupun telor hanya ada 3 dan ketiganya jadi.tetapi setelah ditransfer semuanya
    Hanya 1 yg menempel dan berkembang. Skrg sy sedang hamil 23w.

    Yang semangat ya say… kita berusaha dan yg jelas berdoa .semoga dikabulkan oleg tuhan.. amin.

  9. ola

    Hai sarah..

    Salam kenal.. Saya ola, kamu ga boleh patah semangat.. Tetep positif thinking aja.. Saran saya tetep semangat.. Kamu masih muda.. Dijaga pola hidup sehat aja.. Banyak kok makanan utk memperbanyak sel telur kita seperti coba makan daging kelinci,atau telur kepiting,atau makan telur ayam kampung 6 biji perhari (putihnya aja), atau bisa juga coba minum glukogen.. Kamu kasih muda.. Tetep semangat ya.. Untuk para mom yang lain Dan calon mom.. Keep pray ya..

  10. Melody

    Hai Mom, semangat ya… masalahnya belum dipercaya saat ini sama Yang Diatas. Aku juga 3x inseminasi, 2x Bayi tabung dengan fresh embryo belum beruntung. Baru yang ke-3 kali ET dengan frozen embbryo dari bayi tabung ke-2 dikasih kepercayaan sama Yang Diatas.. dan Puji Tuhan hamil tunggal usia kehamilan 12W 6D saat ini… doakan lancar ya.. sehat terus. Tiap hari harus suntik Lovenox, sampe biru2 di perut hehehehe… karena aku ada pengentalan darah… tapi tetep harus semangat! Buat semua pasangan yang sedang berjuang… jangan putus asa ya… lelah boleh.. tapi SEMANGAT harus tetap dijaga.. pada akhirnya kita harus iklas bahwa waktunya kita bukan waktunya Tuhan, bukan kehendak kita tapi kehendak Tuhanlah yang jadi :). God bless you all and GOOD LUCK!

  11. Melody

    Semangat ya… masalahnya sekarang masih belum dipercaya aja sama Yang Diatas, aku udah 3x inseminasi, 2x bayi tabung gagal, terakhir ET dengan frozen embryo dari bayi tabung ke-2 yang gagal, baru dipercaya sama Yang Diatas… Puji Tuhan hamil tunggal, sekarang umur kehamilan 12W 6D… walopun tiap hari harus suntik Levonox sampe perut biru2 krn suntikan (untuk mengencerkan darah, karena aku pengentalan darah) tapi harus tetap semangat :)…doakan sehat terus ya…. all beautiful Moms TETAP SEMANGAT ya!!! 🙂

  12. christine

    hai say…harus semangattt say…sy jg br tgl 1 jn kmrn negatif result di mmc melaka..sedihhh bgt rasanya…serasa dunia runtuh..krn sy berharap bgt di bt pertama ni berhasil. tp dtlh bc share tmn2 yg lain bnyk kok yg smpe berkali2 prog br berhasil…jd kt ga blh stress n patah semangat..kmrn ni aku jg sempet mens 2 kali sebulan kata dokter mgkn ak stress..ktnya ga blh bnyk stress akn mempengaruhi proses bt berikutnya..,

  13. laisya

    Dear Sarah,

    Salam kenal sebelumnya,saya Laisya,mendengar cerita pengalaman pertama BT mu ikutt sedihh yaa darll..tp ttp hrs semangat dan positif thingking,coz msh byk harapan dan kesempatan di umur km yg msh muda..cb km baca bbrp pengalaman rekan2 lain yg sdh berhasil hamil,mungkin km bs ambil tips yg baik u usaha kamu selanjutnya..yg penting ttp semangadd dan positif thingking yaa sayy..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*