Obat-obatan dalam proses bayi tabung

Tidak sedikit pengobatan yang diberikan kepada saya dalam proses bayi tabung. Sebenarnya jenisnya tidak begitu banyak tapi pemberiannya itu loh … banyak … berhari-hari.

Masalah yang saya hadapi adalah perkembangan telur saya yang lambat, jenis dan dosis pengobatan yang diberikan mungkin tidak sama dengan Anda. Lagipula klinik satu dengan yang lainnya mungkin berbeda.

Berikut ini adalah ringkasan obat-obatan utama yang diberikan kepada saya dalam proses lengkap bayi tabung yang pertama kali (fresh cycle):

  1. Obat untuk mengatur perkembangan atau stimulasi sel telur/folikel:
     
    Suntik GnRHa (gonadotropin-releasing hormone agonist), untuk menghindari ovulasi yang mendadak dan untuk membuat perkembangan sel telur yang teratur. Nama obatnya Lucrin diberikan selama kurang lebih 3-4 minggu.
     
    Suntik Gonadotrophin, ini yang menstimulasi perkembangan sel telur. Diberikan beberapa hari sampai ukuran sel telur yang diinginkan. Nama obatnya Puregon, ada merek lain seperti Gonal F dan Metrodin HP yang pernah diberikan juga kepada saya pada saat program inseminasi. Obat ini nih yang buat program bayi tabung jadi mahal…
     
  2. Suntik HCG (human chorionic gonadotropin), obat untuk ovulasi mematangkan sel telur & melepaskannya dari indung telur supaya siap diambil … seperti masak telur aja ya.
    Diberikan setelah mencapai ukuran sel telur yang diinginkan, suntikan GnRHa dan gonadotrophin nya di stop. Nama obatnya tidak tau hanya ada tulisan HCG mungkin generic, langsung disuntik oleh suster.
    Obat ini sejenis Pregnyl atau Profasi yang pernah juga diberikan kepada saya pada saat program inseminasi.
          
  3. Suntik progesterone, diberikan setelah embrio berhasil dimasukkan kedalam rahim. Gunanya untuk mendukung rahim supaya embrio dapat nempel dan tertanam dengan baik… seperti tanah diberi pupuk untuk tanaman baru gitu loh…
    Nama obatnya saya tidak ingat, kayanya tidak ada, di kemasannya hanya tertulis progesterone yang merupakan nama generic. Suntik setiap hari selama 17 kali.
       

Obat-obatan ini hanya boleh diberikan dengan resep dokter, jangan sekali-kali makan obat ini tanpa petunjuk dokter… efek sampingnya berat loh.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (13 votes, average: 2.92 out of 5)
Loading...

One thought on “Obat-obatan dalam proses bayi tabung

  1. ria kim

    halo….aku ria aku menjalani bayi tabung di korea .aku masih dalam proses dan melakukan cek darah 30 maret nanti,positif atau tidak.ada perasaan macam-macam .untuk menunggu tangal 30 maret nanti.doakan ya,,,,,semua berjalan lancar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*