Non-obstructive Azoospermia & hampir 40 tahun – Briana

Halo semua, salam kenal, kami sudah 7 tahun menikah tapi belum mendapatkan momongan. Suamiku NOA (Non-Obstructive Azoospermia: kerusakan pada pabriknya), semua dokter2 yg kami temui tidak menyarankan obat2an atau vitamin apapun untuk suami (sepertinya sudah tidak ada yg bisa dilakukan untuk memperbaiki keadaan suamiku) 🙁

Akhirnya kami menjalankan bayi tabung ICSI sebanyak 3x fresh cycle yang semua hasil test hamilnya negative :(. ICSI pertama & ke-2 dilakukan pada saat aku berusia 35 tahun, ICSI ke-3 pada saat aku berusia 37 tahun, saat itu pengambilan sperma suami pun dilakukan melalui TESA.

Sekarang kami bimbang apakah ingin mencoba bayi tabung lagi atau tidak, mengingat usiaku yang sudah 38 tahun lebih (kualitas telur semakin menurun). Aku takut kecewa lagi…

Ada beberapa cerita bayi tabung sukses dari pasangan suami azoospermia & istri yang berusia muda (dibawah 35 tahun), tapi apakah ada diantara teman2 yg memiliki pengalaman sukses bayi tabung dengan kondisi yg mirip seperti kami (suami azoospermia + istri yg berumur hampir 40 tahun)? Saya harap “ya” jawabannya.

Ditunggu ya sharing dari teman2 sekalian, terima kasih.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

28 thoughts on “Non-obstructive Azoospermia & hampir 40 tahun – Briana

  1. nelwati

    Salam kenal, mb Briana, saya Nel.
    Sy jg sdh 3 x program IVF dg fresh cycle metode ICSI. Program pertama, tdk ada fertilisasi (gagal dpt embrio), program ke 2 dan ke 3 smpat ET namun test pack negatif. Usia saya 42 th plus 8 bln. Sy punya kesimpulan sementara bhw suami bs menghasilkan embrio, namun rahim saya yg blum siap, shg embrio selalu gagal menempel. Skrg sy lg program akupuntur utk memperlancar aliran darah di rahim. Plus olah raga ringan (jln kaki sktr 30 menit min. 3 x seminggu). Mengingat cadangan telur msh ada (walau sedikit), mk sy masih bersemangat utk mencoba IVF lg, krn jk kt tdk mau mencoba, mk kesempatam utk berhasil tdk akan pernah kt raih. Semangat,ya…..

  2. monica

    Hi Briana,

    Sy berumur 42 thn 7 bln hanya beda 1 bln dgn nel. Udah coba 2 kali bayi tabung. suami azoospermia. bayi tabung 1 saat umur 38 ET tapi miscarrige. Bayi tabung kedua di thn yg sama. sempat ET dgn 2 embrio kualitas sangat bagus. Sempat hamil tapi keguguran lagi. Rencana bayi tabung ketiga Jan 2013. Bln lalu test AMH hasilnya 9.5. Dokter blg msh ada kemungkinan. Kita hanya berharap yg terbaik. Semoga bayi tabung yg ketiga ini berhasil. Semangat Briana apalagi kamu msh jauh lbh muda . Berdoa dan berusaha aja..

  3. nelwati

    @ mb monica,
    aq punya teman yg 2 x gagal IVF, pd hal pd saat IVF yg ke 2 kalinya dia sdh benar2 siap dg gaya hidup sehat (akupuntur, minum jus 2x sehari, olah raga,dll), shg dia dpt 7 embrio yg bagus2 (kualitas excellence) tp tetap saja gagal menempel. Kmudian oleh dokter konsultannya, dia dirujuk ke Prof Dr Karmel L.Tambunan, Sp PD, KHOM, Ph.D, FACTH di RS Cikini ternyata darahnya kental (sindroma Hughes). Darah kental ini bs membuat embrio sulit menempel ataupun bs terjadi keguguran berulang. Saran saya, tdk ada salahnya mb monica membicarakan hal ini dg dokter konsultan mb. Smg sukses, ya….

  4. widya

    Dear Briana, selama masih punya sel telur kemungkinan hamil masih ada. Olah raga kalau bisa treadmill dan minum jus serta pola makan yang sehat harus dilakukan setiap hari.lebih baik lagi kalo dibarengin dengan akupuntur. Tetap semangat ya!!
    Salam,
    Widya

  5. Briana

    @ mba Nel,
    Terima kasih semangat & sharingnya, terutama tentang darah kental, soalnya selama ini dokter tidak melakukan pemeriksaan khusus apa2 selain test darah standard untuk program BT & USG saja. Saya sudah tanya apakah saya ada masalah misalanya endometriosis atau kista, (kok embrionya tidak nempel?), jawabannya tidak ada masalah. Yah mungkin memang belum waktunya saya hamil. Kalau boleh tau, mba dimana akupunturnya? Karena kan tidak bisa sembarang akupuntur, harus dengan yg mengerti untuk memperlancar aliran darah rahim. Harus akupuntur berapa lama/kali sebelum BT? Semoga program BT mba nanti berhasi sukses dpt momongan ya.

    @ mba Monica,
    Terima kasih semangat & sharingnya, semoga usaha BT tahun depan sukses dpt momongan, apalagi mba Moncia sudah sempat berhasil hamil. Kalau boleh tau, suami mba azoos-nya karena tersumbat atau NOA?

    @ mba Widya,
    Kalau boleh tau, dimana alamat akupuntur khusus untuk rahim? Terima kasih semangat & sharingnya 🙂

  6. widya

    @briana, coba kamu search nama dokter Loona disini pasti dapat banyak list. Dulu beliau menangani endemetriosisku. Kalau masih belum berubah ini no hapenya 628881005703. Good luck ya jangan lupa olah raga dan makan yang sehat okay 🙂
    Salam, widya

  7. nia

    Dear mba Briana,
    Mgkn ini bs m’bantu mba, sy sdh melakukan akupuntur dsini.

    AKUPUNTUR
    dr Melya Warianto SpAk(0816 14 13 255)
    melya_warianto@yahoo.com
    Selasa | 08.30 – 11.00
    Rabu | 15.30 – 18.30
    Sabtu | 07.00 – 09.00
    Klinik Mediko
    Jl. Bekasi Timur IX / 6
    Jatinegara jaktim

  8. monica

    @ nel thank you sarannya yah…
    @ briana suami aku azoospermia nya krn sumbatan. skrg sih disuruh dokter minum obat menevit spy kualitas sperma nya bagus.

  9. nelwati

    @Mb Briana, krn aq di Jambi, aq akupuntur dg dr. Rossana, Spesialis Akupuntur. Benar kt mb Widya dan mb Nia, di Jkt dan sekitarnya ada banyak dr. Sp.A,kok, paling ngetop dr. Loona. Sebelum program, dilakukan 2x seminggu, jika sudah mulai suntik furegon/gonal F, akup dilakukan tiap hari. Satu seri 12 kali,mb. Minimal ambil 1 seri,d, mb…

  10. re

    Dear Briana, aku share pengalamanku ya.
    Aku sdh merit lbh dr 10 thn dan sdh berusaha dgn berbagai cara utk punya anak, ke dokter di jkt, spore, herbal, sinshe, urut dll. aku sdh coba 9 x IUI dan 3 kali IVF dgn beragam dokter. Aku tidak batasi diri hanya mulai jalan terapi begitu kayanya uang sdh terkumpul, kalo mental selalu siap 🙂 Oya masalah aku, ada kista dan PCO dan suami low count.
    Thn 2009 aku mencoba lg di dr Karel abdi waluyo dan utk transfernya aku di refer ke dr Irsal di RS gading Pluit. Waktu itu aku sdh berumur 41 thn dan biarpun sdh sudah agak cape, tp msh pengen coba terus sampai usia 45 thn, itu limit personal aku ya. Waktu itu IVFnya gagal krn sel telur tidak berkembang. Sedih tapi ya sudah deh ngumpulin uang lg dan coba lg. Setelah itu aku dan suamiku smpt jalan2 ke HK bersama keluarga dan suasanannya sgt happy. Bulan Aug saya coba lg tp skrg lgs di RS Gading Pluit bersama dr Irsal. Wkt itu pilih RS Gading Pluit hanya krn lbh dekat ke rumah dan tdk antri dan kami merasa dokter Irsal sangat komunikatif dan terutama orgnya santai sehingga kita jg tdk tegang. Terapi di mulai bulan sept 2009 dan ET akhir sept. Selama terapi saya pasrah bgt dan cuma berpikir saya mau coba terus selama msh bisa.. Kebetulan wkt itu saya msh kerja full time, msh banyak business trip ke luar negeri maupun dalam negeri dan selama itu saya harus terus tepat waktu utk suntik hormon. Puji Tuhan saya tidak pernah missed utk suntik, biarpun sedang berada di pesawat yg lg mengudara.
    Setelah ET pun saya hanya istirahat 3 hari dan itupun tdk full bed rest krn bosen, tp saya tdk jongkok2.Setelah 12 hari menunggu, saya coba test pack dan utk pertama kali dlm hidup, saya lihat ada 2 garis biarpun sangat amat tipis, sampai suami saya liat pakai senter hahaha…
    Dan benar saya ketika semua di cek dan 2 minggu kemudian di USG, saya positif hamil dan ketika di USG pertama kali usia janin 5 minggu dan sdh ada bakal jantung. Puji Tuhan benar2 kami di titipkan mukjijat.

    Jadi jangan putus asa, Briana dan teman semua. Pasti suatu saat akan di beri. saya jg tdk tau kenapa yg ini berhasil yg lain tidak berhasil, saya rasa semua ada di tangan Tuhan. Dia melihat waktuNya ketika kita berdua sudah siap dititipkan anak. Berhasil hamil dan melahirkan anak hanyalah awal dari segala awal, selanjutnya lebih banyak hal yg harus kita hadapi. Saya tidak terlalu banyak melakukan perbedaan utk terapi yg waktu itu, hanya saya sempet akupuntur 3 x yg seharusnya 6x, yg dulu2 saya tdk akupuntur. Akupunturnya pun tdk khusus di klinik fertilitas, tapi di klinik di kantor, tapi saya blg lg terapi IVF.

    SEkarang anak saya sdh 25 bulan dan sangat lucu dan sehat, setiap kali saya lihat dia saya selalu mengingat kembali janji saya kepada Tuhan ” saya dan suami harus menjadi orang tua yg baik utk dia spy dia menjadi anak yg baik juga”
    Kira2 spt itu dan saya harap ini bisa membawa harapan utk moms to be di atas 40 thn.
    Semangat ya

  11. Briana

    @ mba Nel, Monica, Widya, Nia, Re,

    Terima kasih untuk semua informasi dan sharing cerita2nya yg membuat saya semangat lagi. Mudah2an suatu hari nanti kita semua juga mendapatkan anugerah anak dariNya seperti Re ya 🙂

  12. re

    menurut saya faktor emosi jg penting ya temans, sebelum terapi IVF yg terakhir, saya secara emosi happy bgt, mungkin krn habis bertemu dgn keluarga dan liburan bersama dll. SAya pernah baca bahwa hormon tubuh berkaitan dgn emosi, jadi mungkin membantu utk para moms dan paps to be utk mempersiapkan suasana yg menyenangkan, jgn stress itu benar, tapi bukan hanya pas menjalankan terapi juga, sebelumnya pun penting. Caranya macam2, mungkin akupuntur selain utk melancarkan peredaran darah jg utk relaksasi. Yg penting jgn stress ya, anggap saja ini semua prosedur yg harus di lewati dan hasilnya ada di tangan Tuhan.
    Sekian dan semangat ya

  13. Briana

    Setuju mba Re, yang penting jangan stress, harus ikhlas, tapi susah de, pasti nantinya harap2 cemas 🙂 Makanya sekarang saya mau cari info sebanyak2nya dulu, persiapin kondisi tubuh biar sehat prima nanti (seperti saran semua yang sudah share pengalamannya disini), dan juga doa yang rajin. Sebagai manusia kita hanya bisa berusaha, berdoa, dan berharap ya.

    Sekali lagi terima kasih semuanya, sumbang sarannya sangat berharga sekali.

  14. wati

    Salam kenal buat mbak briana, mbak nel, mbak wid,mbak monica, n mbak re :

    Ikut nimbrug ya, aku jg py baby dari hsl BT, awalnya aku jg coba insem tp sdh 2 kali gagal N akhirnya memutuskan utk BT. BT pertamaku gagal,krnembrio gak nempel sebabnya gak jelas, kmdn coba lg BT kedua dg sisa embrio beku ternyata berhsl hml baby twins. Tp saat sbl BT kedua, dokter suruh cek ACA (kekentalan darah)n hslnya positif intermediate 18 nilainya, n sejak ituaku dikasih ascardia tablet tiap hr. Saat Abis tranfer embrio kedua, aku lgs ditambahi obat suntikkan lovenok(utk mengurangi kekantalan drh) tiap hr selama 3 bln. Dan tgl31 ju l2012 lalu aku sdh lahiran baby kembarku. Kt dokterku bs kemungkinan BT pertama gagal krn ACA. Aku sempet disrh konsultasi ke dr karmel jg, tp krn wkt itu hslnya ET positif, dokternya memutuskan utk lgs ksh terapi sendiri gt. Buat yg masih berjuang,smoga tdk putus asa n tetap berjuang, ku doakan smoga diberikan kelancaran n pd berhasil yaaaaaaaaa.

  15. Briana

    Wah SELAMAT ya mba Wati 🙂 Seneeeeeeeengnya dapet twins 🙂 Trims atas infonya, lain kali aku akan minta dokter utk test ACA juga.

  16. alin

    Dear Mbak Re, saya sangat terharu membaca testimoninya. Memang Tuhan punya waktu yang terbaik. Dan semoga yang lainnya dan saya pun yang sedang berusaha mendapatkan mujizat itu. SAya pun baru akan mencoba untuk Bayi tabung secara kedua tuba saya terblock totally setelah pengecekan melalui laparascopy. Secara AMH saya cuman 0.86 disamping itu umur saya sudah mendekat 45 tahun. Dari segi umur sih sudah membuat pesimis dan AMHnya namun tetap harus tetap berusaha. Boleh minta email dihubungi mbak Re?. Terima kasih

  17. ina

    hi all..

    senangnya membaca semangat teman2..umur saya skrg 39th, dari usia 35 thn mulai program, sudah 2 kali inseminasi, 2 kali bayi tabung fresh cycle dan terakhir Jan 2011 transfer frozen embryo namun belum berhasil2, belum pernah sampai merasakan testpack positif hiks.. Sebelum frozen ET juga sudah LO dan tidak ditemukan masalah.
    Setelah gagal Jan 2011, baru akhir thn ini saya konsul ke dok lain, dr Ivan – BIC, dan baru oleh beliau diminta cek darah macem2 ternyata ada kekentalan darah juga tp bukan ACA, melainkan ANA positif. Saya dirujuk ke dr Djumhana, dan skrg lagi berobat untuk memperbaiki ANA ini. Seremnya ANA positif ini bisa mengarah ke lupus, tp menurut dok masih ringan dan makanya harus diterapi. Ada teman2 yang punya pengalaman ANA positif juga gak? mohon share kalau ada.. thanks 🙂

  18. Briana

    Hi Ina,
    Thanks ya infonya, aduh ternyata gak hanya ACA aja ya, ada ANA pula. Bagaimana terapi ANA nya? Semoga lancar & hasilnya OK.

    Teman2 yg lain, ada yg punya pengalaman dengan ANA atau yg berkaitan?

  19. ester

    Salam kenal,.
    Buat briana,.dikatakan suami azoo tp kok bisa BT 3x metode ICSI?
    Berarti ada sperma yg ditemukan ya?
    Mohon pecerahan. Krn suami sydivonis azoo dan tdk dpt melanjutkan program BT.

    Tks.

  20. Briana

    Hi Ester,
    Salam kenal juga… Suamiku dikatakan NOA oleh dokter, untungnya testis tdk rusak semua, jadi masih bisa ditemukan sperma dengan cara centrifugal, itu juga jumlahnya bisa dihitung dengan jari.
    Suami Ester azoo karena tersumbat atau bukan? Mudah2an hasil test sperma berikutnya bagus.

  21. Retno

    Mbak alin dan mbak re…salam kenal,
    Semoga Tuhan masih berkenan memberikan mukjizatNya untuk kita semua amiinn…

  22. dinda

    ass mbak-mbak semua
    saya juga mau curhat nih,suami saya juga divonis azoo n rencananya mau coba BT,
    sebelumnya suami harus tese/mesa dulu,bagi mbak2 yang udang ngalami BT,berapa lama kita harus istirahat total setelah transfer embrio,karena saya masih kerja juga,takutnya ada kenapa2 nantinya….thakns ya mbak

  23. arnol

    Salam kenal ibu britania…. saya jg azo dgn fsh yg tinggi klo boleh minta alamat email atau pin bb biar dpt bertukar informasi

  24. nilana

    Salam kenal semuanya^_^
    Suami saya juga azoo, baru sebulan kemarin tau kalau suami sakit. 3 thn menikah dan keadaan rahim saya normal. Sediiiihhh….
    selamat buat yg sudah berhasil hamil dengan kondisi suami azoo. Sekarang lagi kumpulin persiapan buat bt,

  25. SARI

    mba safitri ayo bikin mba kalo sudah bikin saya ikutan,nanti kita bs saling share dan kita merasa g sendirian menglmi cobaan ini,kbutulan suami sy jg azoo

  26. riki

    Slm kenal2 mbak smua
    .. crt2nya sangat mengisnpirasi. Mbak nel dr rosana di rs apa ya? Kbtulan sy dr jambi. Mbak sari dan mvak safitri boleh sy ikut gabung di wa kah? Smoga kita smua yg belum segara diberi ksempatan utk momongan ya. Aamiinn

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*