Nama bayi

Sebagai calon orang tua banyak persiapan yg harus dijalani… salah satunya mencari nama bayi yg sering sekali susah didapat. Berhari2 para calon ortu mencari nama yang cocok, dan tidak sedikit juga yang pada saat si bayi lahir baru mencari nama atau belum menetapkan nama yang pasti. Lebih awal lebih baik…

Pertimbangan dalam mencari nama bayi:

  • Nama cowo atau cewe, biarpun hasil usg sudah dapat menentukan jenis kelamin… belum tentu 100% tepat, jadi persiapkanlah nama cowo dan cewe.
  • Dan…. siapa tahu kembar! tidak ada salahnya kalau punya nama cadangan.
  • “Ah namanya pasaran banget…” benar nama itu pasaran sekarang dan banyak yang enggan memilihnya. Kalau semua ortu berpikiran begitu justru nama itu malah tidak pasaran nantinya di generasi anak tsb. Sebaliknya nama yg mungkin kita pikir jarang yg punya malah akan menjadi pasaran nantinya.
  • Ada orang yang ke bank tuk membuka rekening, “Nama keluarga anda?” tanya si pegawai bank pada saat mendata… “Ngga ada”. Wah jaman sekarang repot buka rekening bank atau mengurus administrasi formil lainnya kalau ngga punya nama keluarga. Generasi lama kita memang banyak yg hanya punya nama satu kata saja… saking anaknya kebanyakan kali ya.
  • “Namanya bagus tapi orangnya kok begitu ya?”, “Orangnya baik sekali tidak sesuai dengan namanya”… apalah artinya sebuah nama.
  • “Jangan cari nama yg dimulai dgn huruf A, kasihan nanti dikelas dipanggil dulu…”, aaah jaman sekarang mah pakai komputer dipilih dengan random/acak.
  • “Namanya bagus ya!” … bagus karena artinya atau bagus kedengarannya? persepsi pertama kali pasti karena bagus kedengarannya, arti nama normor dua.
  • Kalau kwatir namanya punya arti jelek di negeri seberang…. mudah browse aja di internet cari artinya.
  • Coba bervariasi dgn ganti2 huruf yg bunyinya mirip, contoh:
    C, Tj, Ch, S, Sc, Sh, Sj dan Sy. Y dan I. J dan Y. Z dan S.
    Tambah huruf h: P jadi Ph.  T jadi Th, G jadi Gh, C jadi Ch, S jadi Sh…
    Spelling mirip dlm nama bhs asing: I dan E, C dan K
    Atau double huruf, contoh: Edi jadi Eddi, Rudy jadi Ruddy, Gafur jadi Gaffur.
  • Tambah akhiran wan atau wati…
  • Mau mudah… ikuti aja nama orang 2 terkenal seperti: pahlawan, artis, olahragawan
  • Budi Anugrah Damai adalah sebuah nama yang berkesan tenang, baik dan tentram… tapi kalau disingkat waduh tersimpan sifat aslinya… BAD.
  • Mmmm … kalau begitu bagaimana kalau nama bayi kita dibuat dari singkatan dari suatu kalimat yg punya arti khusus:
    Anak Dari Camila dan Yahya -> Adri Cahya
    Minta Ampuuuun Susah Amat Nih Anak Dapetinnya -> Mia Susan Annya
  • Masih pusing? lihat deh nih contoh-contoh nama yang ada link di bawah ini… siapa tahu ada yang cocok dengan bayi Anda:

 

Nama bayi laki-laki: A-E, F-J, K-O, P-T, U-Z

Nama bayi perempuan: A-E, F-J, K-O, P-T, U-Z

One thought on “Nama bayi

  1. yani

    hai, mau share doonk.. Ada ga yah yg punya cadangan nama baby cewek yg dr bhs sansekerta dan punya arti yg bagus.. Tq

Comments are closed.