Mulut rahim lemah – Rita

Di tahun 2011 yang lalu, saya dan suami memutuskan bayi tabung karena diagnosa dari dokter tuba falopiku kedua duanya non paten, saat itu umurku 29 tahun. Datanglah kami ke RS Siloam Surabaya dan memutuskan bayi tabung, Setelah menjalani prosesnya,,ada 6 embrio yang didapat, 3 ditanam di rahim ku dan 2 lagi di Frozen.

Alhamdulillah 2 embrio berkembang dengan baik dan aku berhasil hamil kembar aku bahagia sekali. Setelahnya aku memutuskan untuk balik ke kampung halaman diusia kandungan 2 bulan. Setelah itu 6 bulan berlalu kandunganku bertambah besar, pada pagi hari ketika bangun pagi tiba2 ada cairan yang keluar betapa kagetnya aku…seketika itu juga aku dibawa ke rumah sakit lokal dan disana aku diharuskan bedrest dokter kandungan yang merawat aku melihat bawah mulut rahimku lemah dan kemudian dokter memutuskan menjahit mulut rahim ku..,,tetapi tidak selang beberapa hari aku kesakitan dan akhirnya jahitan itu harus dilepas dan akhirnya aku harus iklas melepas 2 buah hatiku ( mereka kuberi nama miko dan zifa ).

Tahun 2014 ini akhirnya aku punya keberanian lagi untuk mencoba bayi tabung menggunakan frozen embrio.
Adakah yang bernasib sama dengan ku, punya mulut rahim yang lemah dan pernah dijahit ? dan bagaimana selanjutnya ketika program lagi dan berhasil apa perlu nanti setelah 4 bulan kandungan perlu dijahit lagi ? siapa tau ada teman2 yang punya masukan atau punya pengalaman yang sama denganku.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 3.67 out of 5)
Loading...

31 thoughts on “Mulut rahim lemah – Rita

  1. agustin

    hai mb…salam kenal…q insya allah thn dpn jg mau ikt batab disiloam kl msih blm hmil..soalnya sdh hmpir 5thn nikah blm prnh hmil..q asli orang Tuban jatim..kl mbk dri mana asale?oh ya kndungan usia 6bln knpa bsa prematur mb??pa krena kecapek an??oh ya sblumnya q ikt sedih atas apa yg terjadi ya mb…

  2. yan

    Hi Agustin, Salam kenal
    kalau saya prematur usia 6 bln krn ddmer tinggi sampai 6700, dan dokter blg ada infeksi jg.
    akhirnya baby twins meninggal setelah 2 hr dan 6 hr di NICU.

  3. silvie

    @rita.. turut sedih y sis.. ini mirip dg kejadian yg sy alami hmpir 2bln lalu.. penyebab pasti juga sy g tau… 2 dr blg berbeda satue blg flek krn plasenta previa satue blg infeksi mulut rahim.. smpe akhirnya pecah ketuban… baca kisah sy di kolom yg madura… akhir nya bayi kembar (mark dan magda) sy pun d lahirkan dan tdk bertahan lama.. sy pun masih trauma skrg suami jg.. jd sementara Pasrah dulu…jg g punya frozen embrio..

  4. Yu

    Kejadian nya saya merasa ngompol terus ke kamar mandi pipis,eh kok nggak berhenti henti terus aja air keluar( saya tidak tau itu air ketuban) ,suami saya langsung tau bawa ke RS,,Dr bilang air ketuban habis tak bersisa,Dr memberi suntikan untuk perkembangan paru2 dan bed rest ,Dr ber asumsi Dalam 24 jam bayi lahir.

  5. Yu

    Ternyata setelah ditunggu 24 jam bayi tidak keluar,Dr menunggu ,akhirnya setelah 300 jam saya panas ,Dr Secara paksa mengambil bayi itu ,Bayiki lahir setengah kilo .Tuhan memberi dia hidup tanpa Operasi apapun sejak lahir kecuali disunat.
    Selarang saya hamil lagi sejak 5 bulsn Dr setiap minggu meriksa jika perlu akan dijahit juga supaya tidak terjadi seperti sebelum nya.
    Berdasarkan pengalaman saya ,pecah ketuban karena terlalu banyak angkat barang dan tidak pernah tidur sisng(saya tidak pernah tidur siang selama ini).Kehamilan yg sekarang saya diharuskan tidur siang setiap 90 menit dua kali sehari,tetap jalan2 ke Mall dan memasak
    Semoga pengalaman saya membuat mu semangat yach.

  6. Yu

    Silvie,setelah anakku nggak menyusui lagi 23 bulan ,saya bayi tabung fresh sekarang hamil triplet,anak pertama ku alami.Dr bilang lebih baik kalau 18 bulan katanya .

  7. yan

    @yu, amazing bgt bs triplet, hope everything will be ok smp melahirkan ya.
    batab dimana?

  8. yan

    @silvie, slm kenal.
    kita mengalami hal sama.
    kondisi km udh pulih blm shbs melahirkan.
    karena yang terpenting km sehat, sehingga bisa mulai program lagi.

  9. silvie

    @yan… Halo salam kenal juga.. iya puji Tuhan udh mulai pulih 3 mgg lbh yg lalu… luka udh mulai mengering dan sdh boleh mandi =) hbs operasi sempet infeksi lukanya jd perawatan di dr say.. skrg sih udh jauh enakan udh mulai aktifitas spt biasa.. cm g berani angkat berat =)… mgkn klo bisa sih d kasih alami g ush bt lg say.. hehe y msh ada rasa takut terulang lagi gitu.. mgkn hamil alami lbh kuat… ya Sambil jln dulu aja deh.. rawat anak pertama aja skrg =).. yang skrg apa sdh berhasil lagi?..

  10. yan

    @silvie, sy blm hamil lg. Lg cb akupuntur dan cek darahsm prof karmel
    Hslnya laju endap darah msh tinggi. Nanti tgl 11 br ktm prof karmel. O ya km ada buka forum dsblh ya. Ntr aq kesono deh.

  11. Rita

    Dearest Teman teman,
    Terima kasih sudah komen dan memberikan semangat dan juga masukan2 yang bermanfaat…
    @Yan : Terima kasih Mba, kita saling mendoakan ya mba
    @ agustin : Terima kasih komennya dan doanya
    @ Silvie : Sebelumnya aku turut sedih, aku bisa membayangkan sebab aku juga merasakan hal yang sama, infeksi mulut rahim dikarenakan apa ya mba ? apakah ada terapinya dan diberi obat2an ?
    @ Yu : Selamat ya say..semoga babiesnya sehat sampai lahiran..amin

  12. silvie

    @rita= dr tdk menyatakn knp penyebab nya say… cm berkata kita terkena infeksi berarti ada virus/bakteri gtu. .. kecapaian ato gk ya mungkin ktnya… trus senin kmrn sy kontrol lgi luka operasi sy dah pulih boleh olga.. dan d saran kn untuk lgsg hamil lgi dg alami.. tnp obt2an apapun.. sy cm d ksh bit untuk sistem Imun aja slm 1bln… ya semoga bisa dpt alami. .. jika dlm 3 bln blm hmil d suru balik kontrol lgi… mgkn d bantu obt hormon lgi…klo mau bt lgi ma dr batab suru Tgg 1thn.. tp posisi skrg suami g setuju.. msh trauma… inget m baby kasian.. gbu

  13. silvie

    @rita… yg sy bc d inet jg d sebut kan klo ke putih an krn bakteri ato virus bisa akibat kan ketuban pecah.. flek sy yg tmbh parah itu 1mgg terakhir ber campur lendir mmg.. mgkn itu jg sebabnya..

  14. Bunda Rhey

    Hai bunda….
    Sebelumnya Sy turut bersedih atas apa yg menimpa bunda. Tp itu adalah ujian dan pst akan ada hikmah yg baik,
    Sy mw berbagi pengalaman,… Sy 3 kali mengandung dan selalu keluar saat usia kandungan 5-6 bulan, setelah Sy periksa ternyata ternyata bentuk mulut rahim Sy datar jd. Jd saat baby udh mulai gede, gak sanggup menahan beban. Jd dokter menyarankan untuk operasi McDonald istilahnya, mungkin sm seperti yg bunda lakukan. Jd mulut rahim ditutup
    Saat hamil, saat usia kandungan 3 Sy melakukan operasi McDonald. Sepanjang kehamilan Sy melakukan bedrest total… Hanya saat mau BAB Sy bangun Dr tempat tidur, alhmdllh anak pertama Sy lahir dengan sehat dan selamat.
    Setelah 6 bulan Sy mengandung lagi… Saat itu dokter sdh tdk menyarankan untuk operasi McDonald,kmrn katanya setelah operasi pertama biasanya mulut rahim bisa normal. Tp krn mama Sy khawatir akhirnya Sy operasi lg, tp Sy melakukan aktifitas biasanya… Pekerjaan rumah pun Sy kerjakan. Akhirnya putri kedua sy lahir, selang 5 bulan Sy hamil lg :p
    Tp kali ini Sy nekat untuk tdk operasi McDonald dan alhmdllh smpai anak ketiga Sy lahir tdk ada kendala sama sekali. Skrg Sy sdh tutup kandungan mengingat saat melahirkan Smw anak Sy dengan operasi Caesar.
    Maaf ya jadi panjang begini, mdh2an berguna…
    Semangat bunda2 semua. Sy doakan semoga mendapatkan anak dengan cara yg tak sulit 🙂

  15. Rita

    @ Silvie : terima kasih infonya say
    @ Bunda rhey : Terima kasih sekali atas sharingnya dan doanya bunda..sepertinya pengalamanku sama seperti yg dialami bunda rhey..bunda saya baca ketika hamil yg kedua dokter menyarankan tidak dilakukan pengikatan lagi..apakah mulut rahim sudah kembali normal? dan apakah sebelumnya dokter melakukan pemeriksaan ke bunda terlebih dahulu sebelum menyatakan tidak diperlukan untuk pengikatan..?
    Bunda hamil dengan program bayi tabung atau normal…maaf saya banyak bertanya ya say…

  16. Bunda Rhey

    Saat menjalani pengikatan yang pertama, dokter sudah mengatakan cukup sekali aja. Tp Sy gak bertanya apa2 lagi, krn Fikiran anak satu pun aku sdh bersyukur… Tp Allah berkata lain, Sy gak memakai KB apapun dan hamil kembali
    Sy menanyakan pada sodara yg kebetulan tim dari dokter yg menanganiku. Dy tak mengatakan bahwa mulut rahim kembali ke bentuk semula sih, Sy hanya berasumsi bgt bun. Hehe… Dy hanya mengatakan bahwa hampir Smw pasien yg mengalami kasus sprt ini hanya melakukan pengikatan sekali. Kehamilan selanjutnya mereka tak perlu melakukan pengikatan lagi dan Smw berhasil smpai melahirkan.
    Mungkin cm Sy melakukan pengikatan pada kehamilan ke2 krn kekhawatiran Mamaku.
    Mungkin saat operasi pertama sdh terbentuk untuk membuat mulut rahim pada bentuk normal. Tp jika proses bayi tabung dan sudah mengalami kasus sprt itu sebelumnya, lebih baik mencegah bun saat hamil kembali untuk melakukan operasi McDonald itu, gak rugi apa2… Hanya soal materi krn memerlukan 2 kali tindakan operasi saat pengikatan dan saat melahirkan” jd ada biaya tambahan untuk itu. Coba nnt tanyakan pada dokter bunda…

    Sy Alhamdulillah normal bun, selah 3 kali keguguran, selang 4 tahun Sy tak kunjung hamil, Sy dari Sulawesi utara bun, wkt itu ke jkrt untuk proses bayi tabung, 2 hari setelah kedatangan Sy di jkrt Sy iseng test krn telat. Alhmdllh Sy positive hamil
    Sy selalu percaya Allah akan memberi kita yg terbaik, mgkn wkt itu Sy belum dipercayakan,.. Kini Sy mempunyai seorang putra dan 2 org putri sama sprt janin yg tak sempat saya miliki… Mereka datang kembali… Tapi perjuangan untuk mendapatkan mereka juga butuh perjuangan yg besar…
    Jgn berhenti percaya ya bunda 🙂 mudah2an cepat memiliki buah hati… Amin

  17. Rita

    @Bunda Rhey : SubhanaAllah….terimakasih untuk saran semangat dan doanya..iya bun..saya program batab bulan september ini dan mudah2an berhasil hamil amin yra saya akan minta dokter untuk lakukan pengikatan juga…bunda..saat dilakukan operasi pengikatan apakah ada persiapan khusus bun?

  18. Bunda Rhey

    Rita. Amin YRA…. Gak ada persiapan apa2, sm seperti operasi yg lainnya… Qt hanya diminta puasa sebelum melakukan operasi.
    Semoga berhasil dan dilancarkan selgalanya,.,, Amin 🙂

  19. Mercy

    Salam kenal,
    Bu Rita, bagaiamana dgn thaw cyclenya apakah sdh berjalan, Saya boleh dapat informasi dari Ibu Rita.
    Saya program di Siloam Okt 2014, positif hamil namun diusia kandungan 5 bulan Saya mengalami pecah ketuban dgn tiba2, bayi perempuan Saya dilahirkan normal Dan meninggal, dan Saya tdk dikuret kata dokter sdh bersih ga perlu kuret. Saya masih ada sisa embrio frozen 8, rencana akan balik lagi utk thaw cycle bulan September thn ini.
    Perasaan takut kuatir apakah nanti thaw cycle bisa berhasil?. Ibu bisa bagi pengalaman dengan Saya, trimakasih sebelumnya

  20. Rita Puspitasari

    Apa kabar Rita ? Sudahkah berhasil sekarang ? Dan bagaimana prosesnya , apakah memang kehamilan selanjutnya harus diikat mulut rahimnya? Kebetulan saya bernasib sama denganmu 2 hari yg lalu, harus melahirkan prematur di usia 5 bulan kehamilan tanpa kontraksi sama sekali, kemungkinan memang mulut rahim saya lemah.. Karena ini yg ke dua kalinya saya mengalami hal yg sama. Yg punya kisah yg sama.. Pliss berbagi yaa, bagaimana bs berhasil sampai melahirkan

  21. Rid

    Hai Rita, bagaimana kabarnya skrg? Hai juga Rita Puspitasari. Sya juga pernah mengalami hal yang sama. Tp skrg Alhamdulillah sudah dianugerahi baby girl, saya menjalani pengikatan mulut rahim diusia kehamilan 13 minggu dan bertahan sampai usia 34 minggu. Baby saya lahir prematur dengan bb 2,2 kg. Klo mau sharing boleh 🙂

  22. yan

    Hi Rita dan RId,

    saya juga dikehamilan pertama prematur di 26 week.
    kehamilan berikutnya ikat rahim di week ke 14 (shirodkar).
    Baby lahir di week 35 dengan bb 3.1 kg.
    masuk nicu 1 minggu. Puji Tuhan sekarang sudah 15 bulan sehat dan lincah.

  23. Rid

    Boleh Rita, aq minta alamat emailmu. Nanti aq kirim pesan ya
    Selamat ya Yan, akhirnya berhasil. Baby girl ku skrg dah 19 bulan 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*