Mitos seputar kesuburan pria – dr. Dicky

Mitos adalah pendapat yang diyakini tapi sebenarnya tidak mengandung kebenaran sama sekali atau mungkin belum terbukti kebenarannya secara ilmiah. Mitos ada dimana-mana atau di semua sisi kehidupan kita. Nah, di seputar kesuburan priapun beberapa mitospun ada dan ternyata tidak terbukti kebenarannya. Yuk, kita ketahui mitos apa saja yang ada.

1. PRIA TIDAK PERNAH MENJADI SEBAB DARI KETIDAKMAMPUAN PUNYA ANAK.
Mitos yang satu ini merupakan mitos yang cukup kuat beberapa dekade yang lalu, sebelum pemeriksaan sperma menjadi petunjuk umum bagi penilaian kesuburan pria. Wanita selalu disalahkan jika belum punya keturunan. Suami dengan enak saja menceraikan istri jika tidak punya anak.Tetapi sebenarnya apa yang terjadi..? Survei internasional menunjukkan bahwa faktor suami dan faktor istri sekarang seimbang. Artinya pria dan wanita punya kans yang sama untuk menyebabkan tidak punya anak.

2. PRIA MASKULIN PETANDA SUBUR
Mitos ini bermuara dari tampilan fisik semata. Bukankah untuk menilai kesuburan pria haruslah dengan menjalani pemeriksaan sperma dilaboratorium terlebih dahulu..? Bisa jadi seorang pria punya tampilan macho, gagah dan dengan aktifitas seksual yang memuaskan, tetapi semua itu bukan menjadi bukti kesuburan lho.

3. CAIRAN SPERMA YANG BANYAK PETANDA SUBUR
Sebenarnya cairan sperma yang dikeluarkan seorang pria saat ejakulasi terdiri dari 90-98% air yang berasal dari kelenjar prostat dan vesikula seminalis. Nah, spermatozoa atau sel benih pria hanya sedikit kan.. Sehingga bisa terjadi sperma yang volumenya banyak tapi sel spermanya sangat sedikit lho, misalnya kasus azoospermia atau tak ada sel sperma di dalam cairan sperma.

4. SPERMA KENTAL PETANDA SUBUR
Ini merupakan keyakinan yang menyesatkan. Kekentalan sperma harusnya ditentukan saat pemeriksaan di laboratorium dengan menggunakan metode tertentu. Tidak bisa seorang pria terus mengklaim sperma saya kental atau encer. Sperma yang super kental justru dicurigai hasil dari proses infeksi di seputar organ reproduksi

Tentunya masih banyak mitos diseputar kesuburan pria. Semoga hal ini menjadikan kita sadar bahwa pemeriksaan sperma sangat penting untuk mengetahui tingkat kesuburan pria, apalagi jika pernikahan sudah cukup lama dan buah hati belum muncul juga diantara pasangan suami istri.

dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (12 votes, average: 2.83 out of 5)
Loading...

885 thoughts on “Mitos seputar kesuburan pria – dr. Dicky

  1. Nadia Yumna

    Dear Dr. Dicky,

    Saya NN (29 th) telah menikah dg suami (31 th) selama 1,5 tahun dan belum pernah hamil. Saya pernah HSG dan hasilnya paten. Suami saya baru sekali cek sperma dan hasilnya OAT:
    – kec rata2 1.4 detik/mm
    – motilitas 37%
    – progresif lurus cepat 0%
    – progresif lurus lambat 37%
    – konsentrasi 15 juta/ml
    – morfologi sperma normal 52%
    – aglutinas tidak
    – sel bulat 0.3 juta/ml
    Saat ini suami diresepkan Oligocare , Vit E 400 iu, dan profertil untuk 3 bulan. Menurut Dr. Dicky, apakah kondisi sperma suami saya bisa segera diperbaiki, dan seberapa besar kemungkinan saya untuk dapat hamil?

    Terima kasih atas perhatiannya.

  2. syamsul

    Dear Dr.Dicky
    saya syamsul dl pernah priksa dg dokter dan dokter memberi resep obat ‘STILESCO STIDANAFIL CITRATE” sy cocok dg obat itu dan sy membutuhkan.skrg sy tinggal di kalimantan,bisa kah sy mnt tolong kirim obat dari sini nanti sy krm biaya nya.trm ksh

  3. Somebody

    Dear Dr.Dicky
    Dr. Sy minta ijin menceritakan pengalaman sy,sy pria 43thn,istri usia 37thn,memiliki satu anak 5thn yg lalu dr BT disby dgn masalah AS oligozoospermia,bln kmrn bs dibilang mimpi buruk,istri disuntik hormon,dgn asumsi AS sy yg oligozoospermia 5thn yg lalu,tp yg terjd ditahun ini adalah ternyata sy Azoospermia(sekunder)kmdn hasil tes hormon saat itu,testosteron normal,LH normal,FSH 34,dokter angkat tangan,menyuruh sy plg,dan menyuruh sy kembali lg apabila spermatozoa berhasil ditemukan,sy tdk putus asa saya minum obat2an termasuk anti oxidan,dan sy memutuskan utk membeli microscope sendiri,dan saya buat catatan kecil,yg sy lakukan pertamakali adalah meminum antibiotik selama dua minggu(mohon jgn ditiru),setelah itu sy minum obat dan antioxidan,saya tahu proses pembentukan sperma kurang lebih 72 hari,saya hitung dr awal sy berhenti minum antibiotik,selama 72 hari itu,saya hanya melakukan aktivitas sex tiap 5 hari sekali.dan tgl 12 jan ini adlah tepat 72 hari,,iseng sy coba tes FSH bln kemaren dan hasilnya sama 34,minggu kemaren cukup membahagiakan,saya menemukan satu spermatozoa hidup dr usaha saya mencari berjam2..hari kemaren justru lebih menaruh harapan,sy menemukan 9 spermatozoa hidup dr 5 kaca preparat selama berjam2 (sisa sample semen masih banyak,mungkin bs lebih banyak lg jk sy ingin temukan),sy cerita ke dokter sy dan solusi buat saya adalah ICSI,sy tdk ingin keburu berangkat,tp sy masih akan meneruskan di catatan sy,jika setiap 5 hari sekali sy bs menemukan spermatozoa selama 8 kali,saya akan berangkat,pencarian spermatozoa melalui microcope adalah sangat sulit bagi penderita yg divonis azo,ibarat mencari perahu di lautan yg luas dgn melihat dr langit,diperlukan waktu berjam2,kesabaran dan kesungguhan,hal inilah yg menjadi keputusan sy utk membeli microscope sendiri meski profesi sy jauh dr hal2 berbau medis,saya mencari informasi dan belajar di utube..bagi yg azo dgn FSH 34,LH normal dan testoron normal,masih ada peluang…tetap semangat…

  4. Wahyu

    Dear Dr. Dicky,
    Saya ingin menanyakan persiapan apa yang perlu dilakukan suami untuk pemeriksaan di klinik permata, karena setelah memberikan hasil lab prodia dengan hasil cryptozoospermia pada dokter s.pog, suami diberi pengantar untuk ke Dr. Dicky di Klinik Permata.
    Mohon petunjuk dari Dr. Dicky, untuk efisiensi waktu, karena kami tidak tinggal di Yogyakarta.
    Terima kasih atas waktunya.

  5. Nazwita Dewi Putri

    selamat malam dok, saya ingin bertanya jika didapat pemeriksaan sperma dengan aglutinasi 1-3 titik pada preparat di objek glass apa itu kondisi yang serius untuk fertilitas dok? karena aglutinasi yg terjadi hanya kisaran 10-15% dari preparat spermanya, langkah brikutnya bagaimana dok? apa perlu pemeriksaan lagi? selain faktor imunologi apa saja faktor non imun penyebab aglutinasi ini dok….

  6. Irma Banu

    Dear dr. Dicky,
    Sy irma, suami sy pasien dr. Dicky yg sdh menjalani AS 2x, pertama di prodia (rujukan dr. Widad), lalu yg kedua AS & MOIST di Sadewa (rujukan dr. Dicky), hsl lab yg kedua suami sy tnyata OAT, lalu dokter meresepkan Zeman 2×1 & dipthen 1×1 utk 2bln lalu klo sdh hbs disarankan utk cek up lg.
    Obat tsb sdh habis dr 3hari yg lalu dok, tp suami msh on duty di Riau. Sktr tgl 20 Oktober 2016 br pulang Jawa, apakah ada masa jeda suami hrs cek up lg ke dokter? Mksd sy klo kami dtg ke dokter sktr tgl 20an sdg obt sdh hbs 3hr yg lalu apakah pemeriksaan lab msh bs dilaksanakan?
    Terimakasih.

  7. Bella Gardeka

    dear Dokter Dicky,
    Hari apa saya bisa konsultasi dan dimana klinik tempat praktek Dokter Dicky.
    karena saya berangkat dari Kalimantan dan rencana seminggu di yogya..
    Saya ingin untuk dapat semaksimal mungkin konsuktasi dengan Dokter Dicky..
    atau ada No yang bisa dihubungin untuk janjian dulu..

    mohon infonya ya Pak Dokter..
    Terima kasih banyak sebelumnya,Dokter…

  8. Yuds

    Dear dr. Dicky..
    Jika semua pemeriksaan suami dan istri normal, pernah inseminsasi 1x dg 2 telur bagus tp gagal.sudah menikah slma 9+ th. seberapa besar pengaruh laparaskopi utk mencari/mengatasi penyebab unexpalined infertility? Kemungkinan penyebabnya apa ya?
    Biaya LO kisaran brp ya?

    Kalau buah zakar kadang2 nyeri dgn hsl AS semua dalam batas normal, konsentrasi 71jt,motilitas progressive 45%,morfo normal 9%, abnormal kepala 91%…apakah ada indikasi viarikokel?

    Terima kasih

  9. Tata

    Dear dr. Dicky

    Suami saya divonis azoospermia. Kemudian kita melakukan test hormon dengan hasil LH 6,99 ; FSH 7,71 ; Testosteron 391,60
    Selanjutnya kami disarankan utk operasi PESA TESE oleh dr urology. Dengan hasil test hormon di atas, apa ada harapan ditemukan sperma utk bayi tabung?

    Terimakasih.

  10. tanti

    Malam dok sya sdh menikah hampir 18 th usia sya 43 suami 51 sdh berobat kemana2 terakhir kali berobat ke rshs dgn dr ricky hasilnya sama dr awal suami sya azoospherma dgn fsh 25 sdgkan sya dinyatakn sehat hanya krn faktor usia tingkat kesuburan berkurang suami sempet diksh obat tp fsh tdk ada perubahan ttp tinggi yg mau sya tanyakan dgn kndisi suami spt itu apa msh bsa bayi tabung?

  11. Dhani

    Assalammu’alaikum dokter diki
    Ada hal yg mw sy tanyakan dok
    Suami sdh periksa analisis sperma, hasilnya oligozoosperma, wktu itu disarankan utk cek hormon, krn keterbatasan biaya akhirnya cek hormon bru bs d lakukan 6 bulan kemudian. Hasil hormon suami sya kadar fsh, lh, dan testosteron masi dalam batas normal, tp normal utk uk.anak kecil. Selanjutnya suami diminta utk periksa k dktr urologi karena ad varikokel, tpi masi sangat kecil. Sampai skrg (krg lebih 9 bulan dr wktu periksa hormon) kami belum periksa ke dktr bedah urologi, karena khawatir harus dioperasi.
    Yg ingin sy tanyakan,apakah kami harus melakukan smw pemeriksaan dr awal lgi dok? (Mengulang cek sperma, dan hormon).

  12. Adit

    Selamat malam dr..
    Saya pria umur 29 tahun dan istri umur 27 tahun
    Hasil pemeriksaan HSG istri saya menyatakan saluaran paten
    Dan hasil sperma saya di prodia sbb:
    Puasa seksual 4 hari
    Makroskopis
    Volume 2,6 >=2,0 ml
    Bau khas
    Warna putih jernih
    Ph 8.3
    Liquefaksi >150
    Viskositas 2 =15
    Jumlah 37 >=39
    Motilitas
    Progresive 33 >=32
    Non progresive 20
    Immotile 47
    Aglutinasi (+1) campuran
    Leukosit 0.7
    Viabilitas –
    Morfologi
    Normal 1 %
    Abnormal 99 %
    Kesimpulan oligoteratozoospermia

    1. apakah saya bs membuahi istri saya dengan keadaan sperma seperti di atas?
    2. Aglutinasi + kata dokter saya menandakan ada infeksi di saluran sperma, obat apa yg bs menyembuhkan nya dokter?
    3. Dokter menyarankan saya insemiasi atau bayi tabung, bagaimana menurut dokter?
    Terima kasih

  13. Ali

    Dear Dr saya sudah menikah 2 th Usia 25 dan suami 26 th, dengan kondisi sperma oligoasenoreratozoospermia, kami sudah rutin periksa dan terapy obat Dr andrologi di Semarang selama 4 bulan an sampai pindah 2 dokter, apakah dg kondisi sperma sperma itu dan suami minum obat trs tiap hari apa bisa terjadi kecacatan pada bayi?

  14. Lia

    Slmt sore dokter..
    Perkenalkan sy Lia
    Kami sdh menikah 1,5 th dan blm diberi momongan,
    Sy sdh melakukan USG, dan transvaginal jg, sel telur saya kecil hanya 1,7 tp stlh diberi obat2 oleh dr Spog ukuran bs jadi 1,9.
    Tp krn tdk kunjung hamil, maka dr menyarankan suami ke prodia u cek sperma.
    Hasilnya suami saya oligo-astheno-teratozoo (OAT)
    Dgn rincian sbg berikut :
    Volume = 2,2 ml
    Bau = khas
    Warna = putih keabu2an
    pH = 8,3
    Liquifaksi > 180 mnt
    Viskositas = 3.0 cm
    Mikroskopis:
    Konsentrasi = 11.1 × 10^6/ml
    Jumlah = 24.42 × 10^6/ejakulat
    Motilitas:
    Progresif (PR) = 30%
    Non prog (NP) = 30%
    immotile = 40%
    Aglutinasi negatif
    Leukosit = 0.08 × 10^6/ ml
    Viabilitas = –
    Morfologi:
    Normal = 1%
    Abnormal = 99%

    Mohon penjelasannya dokter, seberapa parah kondisi suami saya, apakah masih bs diobati?
    Bagaimana tahapan pengobatannya?
    Kalau untuk insem, apakah masih bisa?
    Maaf banyak tanya dokter.. Hehe
    Tp memang ini keresahan yg sy rasakan..

    Kami berencana menemui dr.Dicky untuk konsul. Tp blm menemukan waktu yg tempat untuk pulang kampung, krn domisili kami di bekasi, dan blm menemukan dr andrologi disini.

    Terimakasih banyak dr.Dicky, saya sangat mengharapkan pencerahan dari dokter.

  15. Moza

    Selamat siang dok,

    kami sudah menikah selama 7bulan, ingin mengikuti program hamil karena saat ini kami LDR.
    karena suami hanya bisa pulang hari Sabtu malam dan berangkat kembali senin pagi.
    Kemarin saat suami bisa libur hari Sabtu, kami sudah daftar di AMC, tetapi beberapa hari kemudian kami mendapat info jika praktek dimajukan hari rabu, maka kami cancel.
    Kemudian kemarin kami melakukan tes sperma terlebih dahulu di CITO.
    dengan hasil:
    – warna : putih keruh
    – bau : khas langu
    – pH : 7,2
    – Volume : 3,8 ml
    – Likuefaksi : 50 menit
    – viskositas : 2,6 detik
    – kecepatan rata-rata sperma : 1,1 detik
    – motilitas :
    progresif lurus cepat : 25%
    progresif lurus lambat : 42%
    gerak ditempat : 23%
    tidak bergerak : 10%
    – konsentrasi sperma : 60 juta/ml
    – viabilitas sperma : 90%
    – morfologi sperma normal : 40%
    – morfologi sperma abnormal : 60% (k:10; L:46: E:2; Cy:2)
    – aglitunasi : ya . grade ! kepala-kepala
    – sel bulat 0,5 juta/ml
    – lekosit : 0,3 juta/ml
    – hos test : 43%

    kesimpulan: Normozoospermia, aglitunasi grade 1 kepala-kepala, Uji HOS rendah.

    Apakah CITO sudah sesuai dengan standar WHO?
    kemudian untuk aglitunasi dan dengan hasil uji HOS tersebut apakah sperma masih dikategorikan baik?
    terimakasih

  16. Dr. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Amita, silakan datang sendiri tanpa suami terlebih dulu. Saya Akan memberikan arahan apa yg bisa dilakukan suami sebelum konsultasi. Saya Ada di Klinik Permata Hati Rs Sardjito senin rabu dan kamis pk 09.30-11.00

  17. amita

    salam kenal Dok,
    Dok,apa yg harus dipersiapkan unt analisis kondisi suami saya selain analisa sperma untuk konsultasi dengan Dokter. Saya dan suami berkeinginan ivf-nc atau ivf full di jogja. Mengingat posisi suami di luar jawa,sementara saya di jogja. Saya sudah hampir 8thn menikah,pernah LO endo,setelah itu hamil alami tp BO.
    Hari apa saya bisa konsultasi dan dimana klinik tempat praktek Dokter Dicky. Terima kasih banyak sebelumnya,Dokter…

  18. Dr.dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Listina,

    Kondisi sperma suami terganggu di kualitasnya yaitu gerakan dan bentuknya. Menurut WHO 2010, kondisi motil progresif <32% dan morfologi normal <4% akan menghasilkan kemungkinan hamil dibawah 5% saja. oleh sebab itu, upaya perbaikan harus dilakukan untuk memperbesar peluang hamil anda

  19. Dr. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Pak Andri,
    spermatokel adalah kantung yang terbentuk di epididimis yang disebabkan oleh sumbatan yang berisi spermatozoa matang. Bayi tabung adalah cara yg simple utk mendapat keturunan pada kasus ini. Dokter mungkin mencoba mendapatkan spermatozoa dari kantung tersebut lebih dahulu, karena diharapkan lebih baik kualitasnya dibanding sperma hasil biopsi testis. Operasi pada spermatokel ada yang bisa dilakukan ada yang sangat sulit dengan keberhasilan yang kecil. sehingga pilihan bayi tabung adalah pilihan yang baik untuk pasien seperti anda.

  20. andry

    Malam dok..saya ingin konsultasi..saya pria usia 31 tahun,terdiagnosa adanya spermatokel di bawah testis kiri saya yang menurut dokter androlog di kota saya menyebabkan penyumbatan disaluran sperma saya,sehingga saya juga azoospermia.sy sdh 4x tes spermadengan hasil 0 sperma. Kemudian oleh dokter sy diminta untuk cek darah,virus serta hormon dengan hasil saya bisa melakukan BT..tapi saya juga mendapat opsi lain untuk melakukan operasi pengangkatan spermatokel sy,membuang saluran yang tersumbat.yang mau saya tanyakan..kalau saya ambil opsi untuk operasi dulu,menurut dokter kira2 brp persen chance saya untuk bisa memiliki anak dengan cara alami? alhamdulilah kondisi istri saya bagus..atau apa saya langsung bayi tabung saja? Mohon penjelasannya dok…terimakasih

  21. Listina

    Dok saya dengan suami sudah menikah selama 2,5 tahun dan belum mempunyai keturunan. Setelah pemeriksaaan saya dinyatakan sehat dan suami dinyatakan asthenoteratozoosperma. Apakah masih bisa diobati? Apakah kami masih punya kemungkinan untuk mendapatkan keturunan
    Volume : 3.6 ml
    pH : 8.0
    liquefaksi 52 menit
    viskositas 4 cm
    Mikroskopis
    Konsentrasi 28.2
    Jumlah 101.48
    Motilitas
    Progressive 15%
    Non- Progressive 19 %
    Immotile 66 %
    Aglutinasi negative
    Lekosit 0.4
    Immature germ sells 0.6
    Viabilitas 40 %
    Morfologi
    Normal 2 %
    Abnormal 98%
    Kesimpulan asthenoteratozoosperma

  22. muhamad johan

    assalamualikum dokter Dicky
    dokter saya muhamad johan saya penderita azoospermia,dari kecil saya hanya memiliki satu testis karena satu testis tidak turun,kemudian pada saat saya umur 13 tahun saya operasi hernia di lipat paha kanan yang dimana testis tidak turun, kemudian pada saat saya umur 26 tahun saya kembali lagi operasi hernia di sebelah kiri. saya sudah 3 kali cek sperma di lab tapi hasilnya masih nol kemudian saya minum obat tricajus selama 1 bulan dan saya cek hormon pada tgl 12 Mei 2015 hasilnya FSH 18.40 (NILAI RUJUKAN (1.7-12.0) LH 5.31 (nilai rujukan 1.7-7.0) , TESTOSTERON 2.97 (nilai rujukan (3.0-10.6) dan saya konsultasi ke dr Dicky, dokter mengatakan bahwa kondisi testis saya secara ukuran dan echostruktural normal dan bagus. kemudian saya menghentikan mengkonsumsi tricajus .kemudian saya mengkonsumsi obat OXIMAK, VITAN dan suntik PREGNYL selama 1 bulan, lalu saya cek hormon dan sperma lagi tgl 4 Agustus 2015 dan hasilnya sperma masih nol hormon berubah FSH 3.05 (Nilai rujukan 1.7-12.0), LH 2.82 (nilai rujukan 1.1-7.0) TESTOSTERON 5.06 (nilai rujukan 2.27-10.30).kalau menurut dokter apakah testis saya masih produksi sperma?kira-kira apa yang menyebabkan saya azoospermia dan apa yang harus saya lakukan untuk mendapatkan keturunan? Terimakasih dokter, saya mohon pencerahan dokter.

  23. wati

    Selamat Siang Dr Dicky,

    kami sudah 3 tahun menikah dan belum dikaruniai keturunan. Saya 33 tahun suami 32 tahun tidak merokok dan tidak minum minuman beralkohol.

    Kondisi saya normal, kedua tuba paten dan siklus haid teratur 29 – 30 hari.
    namun sayangnya suami saya oligoasthenoteratozoospermia. Dokter androlog kami mengatakan bahwa ada varikokel kanan dan kiri grade 2 dan 3. Suami saya sudah minum obat-obatan dari dokter namun hasilnya tetap sama, suami cek sperma hampir tiap 2 bulan dengan hasil yang kurang lebih sama sbb :

    Volume : 3.0 (>2.0)
    Penampilan : Normal
    PH : 7.2 (6,8-7,8)
    Leukosit : 0,25 jt/ml (20jt/ml)

    Motilitas :
    a. Gerak Cepat : 6% (a>25%)
    b. Gerak Lambat : 27% (a+b>50%)
    c. Gerak di Tempat : 9%
    d. Tidak Bergerak : 58%
    Morfologi:
    Normal : 8% (>25%)
    Kelainan Kepala : 88%
    Kelainan Leher : 12%
    Kelainan ekor : 24%
    Aglutinasi : Negatif
    Klasifikasi : OLIGOASTHENOTERATOZOOSPERMIA

    Kemarin suami baru saja cek hormon di Lab Prodia dengan hasil :
    LH :1.51 Nilai Rujukan 1.5-9.3 mIU/mL
    FSH :1.48 Nilai Rujukan 1.4-18.1 mIU/mL
    Testosteron :563.1 Nilai Rujikan 249-836 ng/dL

    Apakah hormon suami saya normal untuk usianya yang 32 tahun?? Apakah ada pengaruh hormon tsb pada spermanya??
    Apa yang harus kami lakukan selanjutnya dokter..??

    Jawaban dokter akan sangat membantu kami.
    Terimakasih kami sampaikan.

    Wati

  24. adila

    siang Dok, saya sudah menikah 7 th, dari hasil analisa sperma suami saya oleh dokter androlog ditemukan sel sperma yang bermasalah karena varicocel dan juga ditemukan juga sel sperma yang kualitasnya jeles akibat kelainan genetik. suami saya disarankan operasi varicocel di urolog dahulu baru kemudian pasca operasi diberi suntikan perangsang tumbuhnya pembuluh darah yang sudah dipotong dioperasi tersebut. kemudian akan dilanjutkan dengan suntikan (saya lupa nama suntikannya apa) tapi kalau saya tidak salah tangkap suntikan itu berfungsi untuk memprogram kembali gen dari sel sperma tersebut. suntikan akan dilakukan seminggu 4 kali. dan continue selama 3 bulan. yang menjadi pertanyaan saya apakah memungkinkan kami melakukan bayi tabung dengan kondisi seperti ini. karena maaf biaya untuk memprogram kembali gen sel sperma suami saya tebilang mahal sekitar 75jtan. apakah memungkinkan diambil sel sperma yang terbaik saja kemudian dilakukan bayi tabung?menurut pendapat dokter solusi untuk suami saya sebaiknya bagaimana. terimakasih

  25. novia

    dear dokter dicky ,
    saya berumur 24 tahun. menikah sudah 6 bulan dan ingin segera memiliki keturunan.saya dan suami tinggal berjauhan dan saya tidak bisa ikut suami karena kadang harus kerja di tengah hutan / laut. Ketika periksa ke dokter saya memiliki rahim yang aga menekuk, tapi katanya tidak parah dan bisa diatas dengan posisi bercinta (maaf) nungging. sedangkan hasil tes lab suami saya menunjuka oligoasthenozoospermia dengan hasil :
    volume : 9 ml
    konsentrasi : 3.7 juta/ml
    jumlah sperma : 33.3 juta/ekakulat
    kekentalan : encer
    aqluitanasi : negatif
    pH : 8
    gerak aktif ke depan : 5%
    gerak aktif : 10%
    tidak aktif : 85%
    vitalitas : 15%
    mofologi normal : 90%
    likuifikasi lengkap : 5 menit
    leukosit : 0.8 juta/ml
    kesan : oligoasthenozoospermia
    yang ingin saya tanyakan apakah keadaan oligo suami saya termasuk parah ? apakah masih bisa ditingkatkan dengan mengkonsumi makanan alami karena dengan jadwal kerja suami saya yang tidak terschedule sulit untuk melakukan therapi . mohon pencerahan dokter dan solusi agar cepat memiliki keturunan.apakh masi ada kemungkinan untuk hamil secara alami ? terimakasi banyak dokter .saya menunggu sekali jawabannya..

  26. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Jacob..

    Adanya mikrodelesi tidak menghalangi punya anak tapi keberhasilannya sangat kecil. Dan lagi kekuatirannya adalah, jika nanti anak yg lahir cowok, juga mengalami kemungkinan mikrodelesi.Sekali lagi bayi tabung masih mungkin tapi kecil peluangnya. Tetap semangat ya

  27. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    dear Pramesti,

    Pemberian Baquinor itu utk antibiotik bila kemungkinan ada radang. Meskipun lekositnya tidak tinggi terkadang diberikan juga krn mungkin ada radang kronik.
    Gangguan sperma suami itu jenis gangguan motilitas atau geraknya kurang bagus. Hamil masih mungkin tapi sangat menurun kemungkinannya. Perlu periksa spesialis andrologi biar lebih terarah

  28. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    dear Bu Hani..

    Bila memang berat kondisi spermanya, upayakan maksimal dulu perbaikannya. Boleh dengan operasi, atau klo ada masalah hormon juga diselesaikan supaya keberhasilannya meningkat. Harapannya sih hamil alami ya.

  29. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Yanti..

    Dengan gangguan morfologi yang berat sebaiknya diperbaiki dulu supaya kemungkinan keberhasilan bayi tabungnya meningkat. Apabila masih memungkinakan perbaikan hormon ya dilakukan tanpa nunggu operasi varikokelnya

  30. yanti

    dok, suami sy didiagnosa ekstrim oligoasthenoteratozoospermia karena ada varikokel. jd kami berencana mau bayi tabung. tapi dari hasil lab bentuk sperma nomal = 0. apakah kalau bayi tabung hal itu tidak berdampak pada bayinya? misalnya cacat gitu dokter? saya agak ragu. mohon penjelasannya ya dokter. trimkasih.

  31. tegar

    Dok, kemaren sy melakukan analisis sperma, hasilnya normospermia dengan pemanjangan waktu likuefaksi (>120menit). Mohon petunjuknya dok. Itu bagaimana? Apakah perlu pengobatan?

  32. hani

    Assalammualaikum wr.wb
    Sy hani 26 th n suami 25 th,kami sdh menikah 1,5th belum dikaruniai momongan
    Sy sdh usg transvaginal alkhamdulilah hasilnya baik tp hasil SA suami OAT jmlh < 1 jt kmdian di rujuk ke urolog hasilnya ada varikokel tp tdk dijelaskan grade berapa hanya disarankan operasi tp suruh pikir2 dl mengingat suami msh muda.
    Dr pertama priksa sampai ke urolog suami belum diberi resep apapun cuma asam folat.
    Pertanyaan sy kira2 langkah selanjtnya spt apa dok ?
    Apakah lsg operasi ato bgmn?
    Terimakasih

  33. pramesti

    Dok.. Sy sdh menikah 6 bulan, kami sdh bolak balik spog tapi blum berhasil hamil, uterus saya Alhamdulilah sehat, namun saluran tuba blum di cek..
    Berikut sy berikan hasil analisis sperma suami sy,

    Makroskopis :
    Volume 1,8 ml
    Warna putih keabuabuab
    Bau khas
    Ph 8.1
    Liquefaksi 60 menit
    Viskositas 2cm

    Mikroskopis :
    Konsentrasi 39.,31 /ml
    Jumlah 70,76 / ejakulat
    Motilitas Progressive 27 | non progre 28 | immotile 45

    Aglutinsi negatif
    Leukosit 0,39
    Viabilitas –

    Morfologi
    Normal 3%
    Abnormal 97%
    Kesimpulan : Asthenoteratozoospermia

    Yg ingin sy tanyakan kepada dokter,
    1.apakah kondisi sperma suami saya sulit untuk membuahi sel telur?
    2. Apakah perlu kedokter andrologi untuk penangannya atau cukup di spog ?

    Saat ini suami sy diberikan BEQUINOR FORTE dan vitamin, dan istri diberi blesifen dan santa E, dr.spog kami tidak menganjurkan untuk ke dr.andrologi karena menurut beliau kondisi sperma ckup bagus..

    Atas jawaban dokter kami ucapakan Terima KAsih

  34. jacob

    Dear dr. Dicky

    Dok, hasil lab sperma sy severe oligosospermia, dngn jumlah spermatoza bisa di hitung dengan jari. Kondisi fisik testis dua2nya kecil, LH 15.21 FSH 29.46 dan TESTOTERON 3.39
    Sy sudah minum obat Andriol dan asam folat selama 3 bulan tetapi tetap tidak ada kemajuan. Terakhir sy uji lab mikrodelesi sperma Y, hasilnya terdapat delesi pada region AZFc pada sY-169 dan DAZ-3.

    Apakah dengan kondisi sy seperti di atas sy masih berpeluang memperoleh keturunan dengan IVF melalui TESE, dan apabila berhasil apakah nanti sy akan mewariskan kelainan struktuk itu kepada anak sy?
    Mohon Pencerahannya. Terima kasih.

  35. vie

    Selamat pagi dr.dicky , saya ingin konsultasi dok ..

    Saya sudah menikah hampir 2th dok, tp sampai saat ini belum juga ada tanda2 saya hamil.
    Sekarang ini umur saya dan suami 26th.
    Ditahun pertama pernikahan , saya dan suami sudah sering bolak-balik ke dokter kandungan untuk progmil.
    tp belum membuahkan hasil.
    Saya sudah pernah di USG hasilnya Bagus.
    Saya juga pernah HSG hasilnyapun Bagus dok:
    – Uterus : Baik
    – Kedua Tuba : Patten

    Sedangkan suami juga pernah menjalani Tes sperma dengan hasil : “Normo-Zoospermia”

    Ini Hasil Analisanya Dok:
    Mikroskopis:
    Volume : 4.6
    Warna : putih keabuan
    Ph : 8.5
    Liquefaksi : 74
    Viskositas : 1

    Konsentrasi : 18.3
    Jumlaj : 84

    Motilitas
    Progressive (PR) : 55
    Non – Progressive (NP): 21
    Immotile : 24
    Aglutinasi : Negatif
    Lekosit : 0.3
    Imature germ cell : 0.1
    Viabilitas : –

    Morfologi:
    Normal : 4
    Abnormal : 96

    Setelah hasil sperma suami turun, suami saya dikasih obat “ASTAMAX” diminum 1×1. pertama dikasih resepnya untuk 1bulan . bln berikutnya sya masih keluar mens jadi suami dikasih resep obat astamax itu lagi.

    Yang mau saya tanyakan.
    1. Obat Astamax itu fungsinya utk apa ya dok,bolehkah dikonsumsi dlm jangka wkt lama.
    2. Dari hasil morfologi yang abnormal itu, apakah itu berpengaruh dok ??
    Adakah kesalahan dlm hasil analisa sperma itu. Krn setau saya utk hasil “normo-zoospermia”itu normal, sdgkn utk morfologi suami sya diatas kurang.
    3. Apakah merokok berpengaruh dgn morfologi yg sedikit itu dok..
    4. Pengobatan / Tindakan apa yang harus saya lakukan untuk bisa secepatnya memiliki buah hati.

    Mohon Penjelasannya ya dok..

    Trimakasih ..

  36. Widodo

    assalamu’alaikum dokter…
    Saya usia 38 tahun dan istri 33, sudah menikah 9 tahun, Saya ingin tahu praKtek dokter hari sabtu di RS mana, Jam berapa? Saya sudah mencoba ke RS Permata Hati dan RS Sadewa tapi harinya sulit untuk saya bisa periksa ke dokter, karena saya di Luar Jogja. Terimakasih

  37. dr. Dicky

    dear Tita…
    kayaknya memang operasi varikokel dpt dipertimbangkan utk perbaikan kuantitas dan kulitas sperma serta hormon terutama testosteron.
    sayangnya usia anda >35th, sedangkan hasil operasi hrs ditunggu dlm waktu yg cukup lama bahkan sp 2th. mgk utk seksualitasnya dpt terbantu membaik pasca operasi.
    nebido tdk boleh diberikan klo sdg ingin anak. sedangkan estradiol yg tinggi dpt sbg akibat testosteron yg rendah atau bs juga krn unsur hiperkolesterol.

  38. dr. Dicky

    dear sari…
    sepertinya suami harus mengulang AS lagi, minim 1x lagi utk sebuah kesimpulan yg baik buat dr. andrologi yg akan di temui. Prosedur selanjutnya tunggu hasil pemeriksaan beliau ya..

  39. sari

    assalamu’alaikum dokter…
    saya 28 th & suami 30 th, sudah 2 tahun menikah. hasil analisa sperma suami sebagai berikut
    makroskpis
    volume : 3.2 ml
    bau : khas
    warna : putih jernih
    ph : 8.3
    liquefaksi : 32 mnt
    viskositas : 1.5 cm
    mikroskopis
    knsentrasi : 0
    jumlh : 0
    motilitas : –
    aglutinasi : negatif
    leukosit : –
    immature germ cell : –
    viabilitas : –
    morfologi : –

    kesimpulan azoospermia dengan catatan dinjurkan pengulangan sampel dengan menggunakan sampel baru.
    Apa tindakan selanjutnya yang sebaiknya kami lakukan dok? apakah mengulang pemeriksaan lagi atau langsung berkonsultasi dengan dokter andrologi di tempat kami?
    mengingat ini pemeriksaan pertama kali yang suami saya lakukan dan pemeriksaan ini atas anjuran dokter kandungan saya. Terima kasih sebelumnya atas jawaban yang dokter berikan.

  40. Tita

    Salam Kenal dr. Dicky, saya (40), suami (50). sdh nikah 10 thn blm diberi momongan, sdh melalui semua suka duka kuliner dokter kesuburan pria maupun wanita, sdh pernah Bt 4x fresh dan 1 x thawing masih gagal juga, dan memang kami sadar mgkn blm maks ikhtiar kita krn suami kan divonis dr ada verikokel stge 3 di testis kanan dan blm dioperasi krn masih ragu ,yag ingin saya tanyakan dok ,

    1. apakah akan ada jaminan jumlh,kualitas sperma mjd lbh bagus krn selama ini sperma analisa suami OAT parah dok, (trakhr hasil analisa Sept )jika teteap dioperasi verikokelnya?
    2. selama 1 thn ini suami saya kan mengeluhkan badan sering cape dan lunglai walopun utk ML’ tetap berjalan dan tdk ada masalah, akhrnya km ke dr androlog dan disarankan mengunakan terapi hormon HCG 5000 iu di injeksi seminggu sekali km nilai testoteron suami dibawah 200, namun sejak di terapi ,kembali normal aktivitasnya dok, testoteron dipantau terus dan ada kenaikan, bagaimna mnrt dokter apa HCG ini efeknya baik ya dok utk jangka panjang , bs beri kami second opini.
    3. oya dok thn 2009, suami jg pernh gunakan nebido selama 6 bln atas saran androlog juga tp ternyta spermanya jd makin habis, akhrnya kita tdk menggunkan nebido lg, mnrt dokter gimana? sebenry nebido itu apa sama kah dgn hcg fungsinya utk pria.
    4. apa yg menyebabkan estradiol suami naik ya?

    sebelumnya saya berterimakasih sekali ya dok atas bantuan sharing, ini..

    @detail test lab sperma suami ( setealh terapi hcg)

    volume ; 5,00 ( puasa 5 hr)
    warna : white opalescent
    odor : spesific
    coagulum : positiv
    ph ; 7,90
    agglutination : negativ
    white blood cells : 1/hpf
    crystalization : positive
    motiliy : 0%
    sperm counts 0%
    definisi : CRYPTOZOOSPERMIA
    note : found 1 non motile sperm/hpf
    sperma dibekukan dlm 4 straw

    @ hormon
    proklatin : 9,6
    testoteron ;128
    estradiol ; 40,7
    fsh :18,4
    lh :5,4

  41. vie

    Selamat pagi dr.dicky , saya ingin konsultasi dok ..

    Saya sudah menikah hampir 2th dok, tp sampai saat ini belum juga ada tanda2 saya hamil.
    Sekarang ini umur saya dan suami 26th.
    Ditahun pertama pernikahan , saya dan suami sudah sering bolak-balik ke dokter kandungan untuk progmil.
    tp belum membuahkan hasil.
    Saya sudah pernah di USG hasilnya Bagus.
    Saya juga pernah HSG hasilnyapun Bagus dok:
    – Uterus : Baik
    – Kedua Tuba : Patten

    Sedangkan suami juga pernah menjalani Tes sperma dengan hasil : Normo-Zoospermia
    Ini Hasil Analisanya Dok:
    Mikroskopis:
    Volume : 4.6
    Warna : putih keabuan
    Ph : 8.5
    Liquefaksi : 74
    Viskositas : 1

    Konsentrasi : 18.3
    Jumlaj : 84

    Motilitas
    Progressive (PR) : 55
    Non – Progressive (NP): 21
    Immotile : 24
    Aglutinasi : Negatif
    Lekosit : 0.3
    Imature germ cell : 0.1
    Viabilitas : –

    Morfologi:
    Normal : 4
    Abnormal : 96

    Setelah hasil sperma suami turun, suami saya dikasih obat “ASTAMAX” diminum 1×1. pertama dikasih resepnya untuk 1bulan . bln berikutnya sya masih keluar mens jadi suami dikasih resep obat astamax itu lagi dok.

    Yang mau saya tanyakan.
    1. Dari hasil morfologi yang abnormal itu, apakah itu berpengaruh dok ??
    2. Apakah Merokok mempengaruhi kesuburan yang membuat morfologi abnormal lebih tinggi..
    3. Pengobatan / Tindakan apa yang harus saya lakukan untuk bisa secepatnya memiliki buah hati.

    Mohon Penjelasannya ya dok..

    Trimakasih ..

  42. jacob

    Dear dr. Dicky

    Dok, hasil lab sperma sy severe oligosospermia, dngn jumlah spermatoza bisa di hitung dengan jari. Kondisi fisik testis dua2nya kecil, LH 15.21 FSH 29.46 dan TESTOTERON 3.39
    Sy sudah minum obat Andriol dan asam folat selama 3 bulan tetapi tetap tidak ada kemajuan. Terakhir sy uji lab mikrodelesi sperma Y, hasilnya terdapat delesi pada region AZFc pada sY-169 dan DAZ-3.

    Apakah dengan kondisi sy seperti di atas sy masih berpeluang memperoleh keturunan dengan IVF melalui TESE, dan apabila berhasil apakah nanti sy akan mewariskan kelainan struktuk itu kepada anak sy?
    Mohon Pencerahannya. Terima kasih.

  43. kris

    Selamat malam dr. Dicky, saya ingin konsultasi.

    Usia saya 37 th & suami 43 th. Kami sudah 3 th menikah & belum punya anak.
    Saya sudah melakukan tes HSG & hasilnya baik (patent).
    Berikut hasil analisa sperma suami saya

    Mikroskopis:
    Konsentrasi 64
    Linear cepat 5
    Bergerak lambat 64
    Tidak progresif 6
    Tidak motif 25

    Viabilitas 87
    Morfologi:
    Normal 4
    Abnormal 96

    Kesimpulan: normozoospermia & teratozoospermia

    Kami sudah sering konsul ke dokter kandungan tp belum berhasil jg. Selanjutnya kami baiknya bagaimana ya, dr?

    Terima kasih..

  44. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear pk Joe…

    Dengan hasil analisa sperma seperti itu menurut WHO th 2010, maka dikategorikan jumllah dan kecepatan gerak sperma cukup baik.Masalah ada pada bentuk sperma yang baik. Saya rasa apa yang sdg diupayakan sudah cukup, tapi sayang erefit kemungkinan dapat menaikkan kadar hormon reproduksi sehingga saat ini dan sampai 3-6 bulan yang akan datang pak Joe tidak bisa ditelusuri kadar hormonnya karena sudah berubah akibat minum erefit. memang sebaiknya sebelum konsumsi tsb priksa hormon dulu sebagai data awal. tk

  45. joe

    Selamat sore dr. Dicky…saya ingin konsultasi…
    Hasil analisa sperma saya :
    Makroskopis:
    Volume 2.8
    bau khas
    warna putih keabu2an
    ph 8.1
    liquefaksi 16
    viskositas 1

    mikroskopis :
    Konsentrasi 53.00
    jumlah 148

    motilitas :
    Progresif 53
    non progresif 37
    immotile 10
    aglutinasi negatif
    leukosit 0.2
    viabilitas –

    Morfologi :
    Normal 3
    abnormal 97

    kesimpulan teratozoospermia

    hasil usg istri normal
    rencana dr spog kami istri bakal hsg
    saat ini saya diterapi erefit 1×1, istri dikasih proferil sama eturol
    mohon sarannya dok…kami sudah 14 bulan menikah
    Terima kasih

  46. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    waalaikumsalam pk achmad,

    Mengenai apa yg terjadi say tdk bisa menjelaskan krn datanya cuman hasil AS. Kita butuh pemeriksaan fisik organ reproduksi dan hasil pemeriksaan penunjang lab maupun USG misalnya.
    Sampai saat ini uji HOST belum menjadi acuan mengenai kualitas sperma. Tapi beberapa penelitian mengaitkan dgn ekor yang rusak dan kemampuan fertilisasi. Bahkan ada yang meneiliti ttg kemungkinan menghasilkan embrio yg baik pada uji host yang postif.

  47. achmad

    Aslmmllkum..
    Doktr…saya mu nanyak hasil analis seprma saya
    Hasil ksimpuln nya
    OLIGOASTENOZOOSPERMIA,viabilitas menurun,
    Uji hos rendah
    Ap yg trjadi pada diri saya krn saya dh menikh 5th blm punya anak padhl istri sudh diHSG normal.
    Umur saya 35 istri 30 yg hrus saya lakukan supaya bsa punya ank
    Mohon penjelasan nya.trimakasih

  48. titinbpn@gmail.com

    Selamat malam dok,
    Perkenalkan saya titin domisili di Balikpapan, saat ini sedang mengikuti promil dipermata hati jogja. hari rabu tgl 14 mei suami menjalani tes dfi di ph , sayangnya hasil lab belum keluar hari ini.berdasar konsul paska his office hari rabu tgl 14 mei , dokter membolehkan utk program bt setelah haid mendatang.
    dok, mohon advise untuk persiapan bayi tabung nya dan apakah saya bisa mengirimkan hasil2 lab suami saya kepada dokter , utk referensi.mengingat sebenarnya kami bermaksud konsul ke dokter dalam minggu ini , hanya masih terkendala hasil lab dfi yang kemungkinan baru keluar hari senin.
    terimakasih dok , berikut email saya : titinbpn@gmail.com

  49. Fitri

    Selamat mlm Dok. Sy Fitri dr Jakarta. Sy membaca web dokter yg berisi ttg tny jwb mslh infertil. Sebnrny sy kmrn kirim di forum tanya jwb itu Dok, tp mendadak error.
    Dok, sy menikah sdh 7 th. Saat ini sy sedang menjalani promil dg Dr. Yenny di RS Hermina Daan Mogot.
    Proses yg sy lalui sdh HSG hslny paten dua2 tuba sy, puji Tuhan. USG tramsvaginal rahim bagus tak ada kista dll.
    Sy diberi boat
    1. Ovestin tablet estiriol 1mg ( 1/2 tablet x 1) 5 hair
    2. Glucophage 500 mg (3x 1) 20 tablet
    3. Profentil 5 tablet
    4. Cortidex dexamethasone 0.5mg (3×1) utk 1 bln
    Berat badan sy 67kg, tinggi 150. Lg diet skrg Dok.

    Suami sy tes sperma hslnya:
    1. Makroskopis :
    .* volume: 2.4
    * bay : khas
    * warna : putih keabu-abuan
    * pH : 8.0
    * liquefaksi : 18
    * viskositas : <1

    Mikroskopis
    * konsentrsi ; 0.9
    * jumlah ; 2.2

    Motilitas
    * progressive : 71
    * non -progresive ; 19
    * immotile : 10
    Aglutinasi ; negative
    Leukosit ; 0,02
    Immature germ cells; –
    Viabilitas : –

    Morfologis
    * normal ; 1
    * abnormal : 99
    Kesimpulan: oligosteratozoospermia

    Dok apakah dg kondisi sy dan sperma suami sy itu msh ada kemungknan utk hml secara alami ? Usia sy saat ini 33 dan suami 37th.
    Obat2an apa sj dok yg bs mendongkrak kualitas sperma suami sy?
    Sebnrnya sy ingin ikut promil di Sarjito, krn tmn sy by yg sukses disitu. Apakah kl sy promil di RS Sarjito faktor kelelahan akan berpengaruh dg hslnya?
    Kl tdk memungknkan sy promil di Sarjito, apakah dokter bs merekomendasikan pd sy dokter di Jakarta? Khususnya Jakarta barat

  50. susi

    dok , saya mau tanya,, suami saya minum tribesten kurang lebih sdh 5bln gitu.. hasil sperm mmg blm begitu bagus,, tapi ada peningkatan,,saya mau tanya,,adakah efek samping apabila dikonsumsi terus menurus..

    sebelumnya kita sudah ke dokter (3dktr yg berbeda),dktr selalu membuka resep tribesten.

    sdh menikah 2thn 1/2. dok mohon balasnya ya,,makasih

  51. Dody

    Dear dokter,

    Dok, usia saya 35 tahun. Sudah menikah selama lebih dari 2 tahun. Usia saya 40 tahun. Belum dikaruniai momongan. Kami pengen cepat2 punya momongan mengejar usia istri. Tapi setelah saya melakukan pemeriksaan sperma di Pr**** membuat saya down.
    Hasil pemeriksaan saya adalah:
    Makroskopis:
    – Volume: 2,4
    – Bau: Khas
    – Warna: Putih keabu-abuan
    – pH: 8.1
    – Liquefaksi: 50
    – Viskositas: 2
    Mikroskopis:
    – Konsentrasi: 101.5
    – Jumlah: 243.6
    – Motilitas:
    1. Progressive (PR): 68
    2. Non-Progressive (NP): 6
    3. Immotile (IM): 26
    – Aglutinasi : Negatif
    – Leukosit: 2.5
    – Immature Germ Cells: –
    – Viabilitas: –
    Morfologi:
    – Normal: 3
    – Abnormal: 97
    Kesimpulan: Teratozoospermia

    Bagaimana cara pengobatannya dok? Saya bingung sekali. Sebagai pria saya merasa rendah diri nantinya kalau tidak dapat memberikan keturunan.

  52. Heri S

    Assalaamu’alaikum Dok…

    Dokter Mohon informasi, ini problem kakak saya laki2, sudah 10 thn belum dikaruniai anak, usia 35 thn. awal thn 2007 periksa Sperma dan hasilnya tidak ada Sperma sama sekali lalu periksa di dokter Sungsang bag.Urologi Jogja dan di vonis Varikokel akhirnya operasi, tetapi setelah operasi dan di terapi obat lalu cek sperma,hasilnya tetap sama tidak ada Sel Spermanya Dok, apakah penyebabnya ya dok, apakah masih memungkinkan punya anak dokter…terima kasih sebelumnya.

  53. Fulan

    Dok,saya sudah menikah 4 tahun,istri belum hamil.pemeriksaan analisis sperma saya adalah sebagai berikut:
    1.tes pertama hasilnya sperma normal 78%,abnormal 22%,gerak aktif 88%,pasif 12%,jumlah motil 64.71%
    2.tes kedua hasilnya spema normal 60%,abnormal 40%,gerak aktif 40%,pasif 60%
    Apakah dengan hasil tersebut saya dapat membuat hamil istri saya atau saya ada masalah dengan kesuburan sperma?
    Terima kasih atas penjelasannya.

  54. mahdi

    salam dok;
    baru2 ini sy tes analisis sperma dan hasilx Oligoasthenoteratozoozpermia dgn konsentrasi 1,8,jumlah 6,53,motilitas progresive 9,non progresive 11,immotile 80,viabilitas 30,morfologi normal 1,abnormal 99..selain tes analisa sperma sy jg tes hormon FSH dan hasilx 18,53 serta Testosteronx 173.60..pertanyaan sy dok, apakah hasil tes tsb ada indikasi kerusakan pada jaringam testis sy? trus obat apa yg harus sy komsumsi..atas jawaban dokter sy ucapkan trm ksh..

  55. putri

    Dear dr. Dicki,
    Sy menikah sdh 2th 4 bln, namun blm dkaruniai anak. Akhir 2012 sy periksa dinyatakan ada polip rahim,namun sdh diambil. Kemudian suami blm brani tes sperma,baru akhir 2013 kmren suami berani utk cek sperma dan dinyatakn teratosperma,krn hny 1% yg normal. Kemudian kmi kosul ke spog,suami diterapi tribestan dan profertil slm 3 bln. Kmdian hr ni cek lab lg,hsl msh sm dok,1% yg normal. Ap yg harus kmi lakukn dok? Adakah dokter androlog di wilayh aceh ya dok? Trims

  56. nanin

    siang dok,
    januari kemarin suami saya tes sperma trus hasil nya asthenoteratozoospermia. Trus konsul ke dokter spog suami saya di kasih obat tribestan dan nu Qten com. Saya mau nanya nu Qten com itu sama kaya Qten ga? Mohon info nya dok soalnya saya baca di web nu Qten com itu buat jantung dan diabetes.

  57. dody

    Dok untuk mengetes dna sperma kira2 dibutuhkan biaya berapa yah…???apakah bisa dilakukan klinik diprodia…???

  58. dody

    dok untuk biaya tes dna sendiri berapa yah….???tempatnya dimana…??kalau ke yogya saya sangat jauh..kalau di prodia bisa gak yah..??insyaallah mau coba tahun depan btnya, mohon sarannya hal lain apa yang perlu saya siapkan untuk program bayi tabung…terimakasih sebelumnya..

  59. Sari

    Maaf dok (lanjut no. 825)saya lupa menginformasikan kalo suami saya juga lagi konsumsi profertil dan torex sekitar sebulan-an.
    Apakah pengaruh dengan hasil cek hormon?
    Tahun 2005 pernah cek hormon, hasilnya untuk testosteron rendah tp msh range normal, lh normal, tapi fsh saat itu tdk diperiksa. Kalo sekarang semua hormon melebihi dari normal.
    Untuk informasi suami saya berumur 35 tahun.
    Terimakasih dok..

  60. Sari

    Selamat Siang dr. Dicky..
    Dok, suami saya azoosperma dan ada varikokel, sudah dioperasi varikokel bilateral akhir januari 2013.
    Setelah cek analisa sperma pasca operasi, masih azoosperma..setelah bertemu dokter urologi akan dijadwalkan operasi Tesa setelah lebaran ini.
    Yang saya mau tanyakan, suami saya beberapa hari lalu cek hormon (Cek Lab Prodia) dan baru didapat hasilnya :
    FSH : 19,97 mIU/mL
    LH : 14,08 mIU/mL
    Testosteron : 918,3 ng/dL
    Bagaimana menurut dokter, apakah masih ada kemungkinan didapatkan sperma dari operasi TESA?
    Terimakasih dok

  61. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    waalaikumsalam

    sebaiknya utk insem jumlah > 5 juta/ml dan motilitas baik/ A > 5%. utk kasus berat, makanan kurang membantu alias hrs diatasi masalahnya. Utk kasus ringan-sedang (jumlah sperma.5 jt/ml) bisa mengkonsumsi semangka dan tomat. hindari jamu dan susu kedelai

  62. ayik

    asslm dok,

    trims dok atas jwabanx. suami akan tes hormon dl. klo untuk insem(tembak sperma) tu minimal jumlah sperma berapa trus untuk yang gerak tipe A berapa dok? untuk makanan apa yg kira2 bisa membantu? trims

  63. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    dear pak yandi..

    kayaknya bolehlah klo teruskan obat yang dikonsumsi sekarang ini. trus tunggu selama 3 bulan utk obsevasi ya. semoga membaik

    @ pak ayik….

    sya rasa data hormon yang sdh ada hrs dianalisa lagi. apa saja yg diperiksa, periksanya pagi atau malam. jika semua itu benar2 “normal”, maka antioksidan dan obat yg lain bukanlah jawaban pastinya. artinya mungkin ada masalah lain. sementara ini, antioksidan banyak di pake utk memperbaiki kualitas sperma bu

  64. ayik

    asslm dok,

    dok sy usia 34 dan suami 35. saya terkena PCO namun sel telur sudah membaik(3 bln dg terapi metformin dan profertil). untuk suami saya katanya menderita oligo alto testis khususnya antibodi anti sperma. untuk suami sudah menjalani terapi antioksidan dan torrex tp jumlah sperma malah drop, katany tidak ada masalah hormon dan varikokel. kami sudah 7 bln menikah. apa solusi yg plg tepat dok selain bayi tabung? trms

  65. yandi

    dear dokter,

    terima kasih atas tanggapan pertanyaan sy sebelumnya.
    yang saya maksudkan yg tidak normal adalah bentuknya/morfologi.

    thanks,

  66. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    dear pak yandi…

    utk memberikan obat2 yang bapak konsumsi saat ini, saya selalu mengawali dengan identifikasi dulu, kira-kira bapak kenapa dan mau diapakan. Tes awal adalah pemeriksaan fisik organ repro dan priksa hormon. jika memang semua normal tengah, maka sy gunakan obat2 yg skrg diminum. profertil dan provula sy kira sama isinya : clomifen sitrat.
    sy jg tdk tahu, yg dimaksud kurang normal itu gerak/motilitas atau bentuknya/morfologi

  67. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    dear pak dody

    Sy merasa sangat berguna utk mengawali by tabung dg tes dna sperma. Minimal utk persiapan bapak. Hal ini utk menghindari kerugian yg lebih besar, yaitu kegagalan padahal sdh bayar mahal

  68. yandi

    dok saya mau tanya,

    saya n istri telah menikah selama 14bln n sampai skrg belum dikaruniai anak.
    saya telah ikut program kehamilan selama 4bln n diberikan obat profertil,arcalion,nuenat,provula.
    klo tes sperma insyaAllah baik hanya minus di jumlah sperma normal hanya 7% yg kata dokternya kurang.
    yg ingin saya tanyakan obat” tersebut apakah sudah tepat untuk program saya ini.
    terima kasih atas jawabannya.

  69. dody

    dok untuk program bayi tabung apakah diperlukan evaluasi dna dan ketahanan sperma..???untuk biaya evaluasi sendiri harganya berapa? thanks

  70. Itha

    Dr. Dicky, trimakasih atas jawabnya……

    Hasil test fsh diatas itu sebelum menggunakan nebido dok, dan
    Jika setelah operasi verikokel, akan membuat fsh bisa turun ya apakah artinya testoteron akan naik ya dok… Krena suami bener2 merasa terganggu dgn penurunan angka testoteron itu…

    Tq dok

  71. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear itha, beberapa pertanyaan dan jawaban dari sy ;
    1. Kapan terakhir pake nebido? sy kuatir efek umpan balik negatif nebido menyebabkan fsh naik

    2. Operasi varikokel dapat menurunkan fsh dan lh tp perlu waktu 6-18 bulan.

    3. angka testosteron diatas memang masih range normal meski sudah ada tanda berupa keluhan yg disebutkan anda

    4. nebido adalah testosteron dosis tinggiyang masuk ke dalam tubuh lewat suntikan jadi bukan alami. jika terus menerus diberikan akan menyebabkan umpan balik negatif dan fsh meningkat akibat dalam waktu lama justru sebaliknya fsh tertekan. Inilah yg menyebabkan oAt

  72. Nisa

    Salam kenal dok,saya wanita berumur 27thn,suami saya 33thn.kami sudah mempunyai keturunan 1 anak pada tahun 2009.sekarang kami memutuskan untuk promil anak kedua,saya sudah cek USG tv akhir mei lalu,ada telur yg matang uk 20x20mm tapi suami saya jg menjalani cek sperma.hasilnya asthenoteratozoospermia.suami saya juga ada riwayat DM.lalu dokter memberi resep obat untuk suami saya,tonicard 1×1,lanturol-400 1×1&bio atp 1×1.yg ingin saya tanyakan,apakah dengan kondisi suami saya seperti itu,saya masih bisa hamil secara alami tanpa BT/insem?kalau bisa,kemungkinan brp % keberhasilan kehamilannya?lalu kegunaan masing2 obat yg diberikan itu untuk apa ya dok?terima kasih

  73. Itha

    Salam kenal Dr Dicky…saya itha, tanya ttg hasil pemeriksaan hormon suami saya yang dilakukan di makmal UI sbb :

    1. FSH : 19.5
    2. LH : 7.3
    3. Prolaktin : 9.6
    4. Estradiol 17-B : < 20
    5. Testoteron : 433 ng/dl ( Hasil lab prodia)

    Bagaimana mnrt dokter atas hasil tersebut, usia suami 50 thn,tdk merokok, seminggu 3x olahraga rutin, hubungan sex/libido normal tdk ada masalah, pernah ke dr Androlog diraba testisnya ktnya ada verikokel tp tdk disebutkan grade brp, menikah sdh 10 thn blm ada momongan dan sdh ikut bayi tabung cara icsi 3x blm sukses.

    Pertanyaan saya :
    @ jika memang mesti dioperasi verikokel apakah bisa menaikkan testoteron dan menurunkan fsh
    @jika operasi verikokel masa penyembuhan berapa lama ya dok
    @ apakah dengan angka testoteron diatas itu berdampak suami cepet lelah, ngk fokus berpikir, dan sperma Akhrnya tidak normal (oat)
    @apakah obat hormon injeksi merk NEBIDO itu bs menaikkan testoteron, tp mengapa dampaknya bisa mnghilangkan sperma ya dok, krn suami mengalami thn 2008 akhrnya stop

    terimakasih Dok sebelumnya…

  74. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    gak masalah kok bu, ditahan ya berarti tdk keluar. tapi kalo ragu sebaiknya di ulang saja ya..

  75. Ms. Miszwa Martin

    Selamat siang dr. Dicky,

    Kamis lalu suami saya analisa-sperma di lab cito, dan hasil OAT (oligoastenoteratospermia)

    Yang membuat suami saya ragu hasil diatas, suami saya puasa ML 3 hari (dari senin pagi sampai ke kamis pagi), akan tetapi saat kamis dinihari pukul 02.00, suami saya melakukan masturbasi akan tetapi saat sperma akan keluar ditahan sehingga tidak terjadi ejakulasi.

    Apakah sperma yang tidak diejakulasikan karena ditahan tersebut masih terhitung sperma hasil puasa 3 hari tersebut ?

    Saat ini masih belum konsultasi ke dokter untuk penanganan dikarenakan keraguan diatas tersebut.

    Terima Kasih

  76. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    dear bu nida waalaikumsalam

    saya tdk tahu seberapa berat kondisi sperma suami, krn tdk anda sertakan datanya. Nah, jika ringan, maka natioksidan sejenis vitamin C, E atau zinc bisa membantu. jika berat maka dievaluasi hormonnya

  77. Nida

    assalamualaikum dok..
    saya wanita berumr 26th dan suami 30 th..
    kami sudah 5 bulan menikah dan belum juga hamil..
    kami sudah sempat memrikasakan kandungan dg USG dan hasilnya rahim sehat..
    tetapi hasil tes lab suami hasilnya astheno zoospermia..

    yang ingin saya tanyakan..apa yg menjadi faktor masalah suami saya..dan apakah dg terapi obat-obatan masih bisa mmperbaiki keadaanya..dan dr segi makanan, makanan apa yg bisa membantu penyembuhannya.. terima ksh dok..

    wassalam..

  78. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear bu listy..

    kalo sebab diabet terus disfungsi ereksi, mgk bisa diatasi dulu. bayi tabung menjadi pilihan terakhir saja. banyak yang dapat diperbaiki kok. dan yang penting juga adalah kondisi spermanya bgmn?

  79. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    dear pak dody..

    sperma bapak kan sangat cukup utk insem, tapi krn insem identik dengan pembuahan alami, maka banyak hal tdk kita ketahui. Misalnya kemampuan sperma bertahan menunggu sel telur ovulasi atau DNA sperma yang buruk. Kalo berminat evaluasi tsb dapat dilakukan

  80. Listy

    Sore dok, salam kenal.. saya dan suami sama2 berusia 39 thn, sudah menikah 1 thn tetapi selama menikah saya dan suami tidak pernah melakukan hubungan suami istri dikarenakan suami tidak bisa “bangun” dan suami ada sakit diabetes, yang saya mau tanyakan apakah saya bisa melakukan BT dan bagaimana prosesnya apakah ada beda nya dikarenakan saya masih perawan? Mohon tanggapan dan sarannya, Terima kasih sebelumnya dok..

  81. dody

    Selamat siang dok,saya pria 30 thn, istri 32 thn sudah menikah 3thn dan belum punya anak.10 bln yang lalu saya melakukan inseminasi di permata hati dan gagal, menurut dr jumlah sperma saya 160jt/ml dan yang aktif cuman 2%, leukosit sya tinggi saat itu tubuh saya demam selama 3 hari. pemeriksaan sebelumnya jumlah sperma 120jt/ml, aktif 25% aktif lambat 35% dan diam 35%, 5%mati. normal 75% dan abnormal 25%. yang menjadi pertanyaan saya apakah inseminasi atau bayi tabung membutuhkan jumlah sperma yang aktif diatas 50%? untuk kondisi saya yg seperti diatas apakah ada kesempatan untuk mempunyai anak dengan cara inseminasi ataau bayi tabung? terimakasih

  82. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    waalaikumsalam Najwa…

    Haid yang terganggu bs dari volume darah yang berubah menjadi banyak sekali atau sedikit sekali atau masa haid yang berubah bs pendek sekali ayau lama sekali. Kalo dulunya normal dan usia masih dibawah 40th, maka akan mengganggu kesuburan terutama disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Nah silakan konsul ke dokter, baik umum maupun spesialis kandungan terdekat

  83. najwa

    Assalamu’alaikum,,,,,

    Dokter sy mau ty,skr umur sy 30th knp haid sy yg dlnya brlangsung slm 1minggu baru bersih,skr kok cm 4hr sdh bersih,keluar darah byk cm hr 1 dan 2,apa penyebabnya dok??dan bagaimana cara mengatasinya?apakah dg berkurangnya darah haid itu mempengaruhi kesuburan?mohon jwbnnya
    trmkasih,,,,

  84. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    waalaikumsalam bu mila..

    bu mila dan suami ada waktu konsul dengan saya lagi…? sy akan coba periksa dulu dan mengarahkan pengobatannya. Beberapa kasus memang spt ini tp biasanya nyeri gak terlalu lama terus hilang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*