Menunggu pembagian raport rasanya makin dag dig dug aja – Putri

Hallo Semua sudah setahun lamanya saya follow website ini untuk menambah pengetahuan tambahan tentang bayi tabung.

Umur saya 27 thn dan suami 30 thn.
kasus : unexplain fertility
Effort : iui 2x gagal dan sedang menunggu hasil IVF

Singkat cerita saya program bayi tabung di BIC dengan dr. Arie Polim. Beliau dokter yg komunikatif dan informatif. selama program dengan beliau alhamdulilah saya nyaman. Kebetulan dibulan juni ada promo kartini do bic. Mulailah saya menjalani treatment di H+2 haid.
Setelah saya di screening hiv, hepatitis, torch, amh dan hormon dinyatakan saya layak mengikuti program bayi tabung dengan obat ELONVA 150 mg. Keunggulan ELONVA kalin tidak perlu suntik setiap hari seperti gonal f or puregon. Disuntikan H+2 Elonva di RSIA Bunda dan hari ke H+6,7,8 di suntik Olgalutran agar telur tidak pecah. H+9 Konsul ternyata telurku yg besar nanggung banget jadi ditambahkan puregon 225 iu dan olgalutran. Dan dijadwalkan H12 dijadwalkan OPUdab saya menghasilkan 11 telur. Dari 11 telur yg bisa jadi embrio 2 saja dengan kualitas good. karena 8 sel telur immature atau belum matang. Tapi diupayakan dimatangkan diluar dengan IVM dan yg jadi cuma 1 blastosis yg di freeze.
H14 dijadwalkan ET yang ditanam 2 embrio kualitas good. Sama sekali gak sakit tp kurang nyaman aja krn harus tahan pipis. Saya hanya istirahat 1 jam saja dan diperbolehkan pulang.

Menurut saya penantian 14 hari itu sungguh sanggat menguras emosi. Sebisa mungkin mengontrol emoai. Yg saya rasakan after ET perut kembung saja mungkin karena efek obat. Nah sekarang H-4 menjelang pembagian raport rasanya makin dag dig dug aja. Udah terasa tanda2 mens lagi seperti keram2, pinggang agak sakit, sama miss v mulai lembab gitu.

Mungkin saya boleh tanya gak apakah ada bunda sekalian yg merasakan seperti saya dan hasilnya Positif mengingat tgl 9 Juli jadwal bagi raport

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...

35 thoughts on “Menunggu pembagian raport rasanya makin dag dig dug aja – Putri

  1. setya

    Salam kenal mbk…
    Mudah2an programnya berhasil ya mbk saya ikut mendoakan..
    Mbk klo boleh tau hbs brp total biayanya di BIC ?
    mohon maaf krn saya jg blm ada pengalaman ikut BT msh berupa rencana jd gak bs ksi info apa2 nih buat mbk hehehehe….
    makasih sblmnya ya mbk….

  2. Putri

    Salam kenal juga Mbak Setya…
    Amin semoga doa emba terkabul. kemaren aku ikut paket kartini yg 42jt blm termasuk cek darah, obat tambahan dan konsultasi. Total semuanya sih hampir 60 jt termasuk biaya freezing mba.

  3. theresia tyas

    Halo Putri

    Tanda tanda abis ET suka beda-beda antar ibu yang satu dengan yang lain, jadi relaks aja, positif thinking, sudah mulai diajak bicara embrio janinnya seperti “betah ya di perut mama/bunda” misalnya. lalu juga jangan terlalu tegang. banyak berdoa dan menenangkan diri termasuk juga melakukan hal hal yang menyenangkan diri kayak nonton film favorit, atau baca buku yang menenangkan. Saya juga waktu itu kayak mau mens rasanya. Pinggang pegel, kram, lalu udah mulai mual di hari keempat sebelum pengumuman. saya tetep jalan ke mall meski jalan pelan pelan 4 hari dan 1 hari sebelum pengumuman. Tidur juga gak dijaga posisinya. santai aja. Semoga Tuhan memberkati dengan hasil yang terbaik.

  4. Putri

    Hallo Salam kenal mba theresia…

    aku h13 tadi pagi testpack masih negatif mba. Jadi stress sendiri. Mengingat orang2 yg berhasil paling gak stripnya samar. Kadang hati makin pesimis banget. tapi lihat saja besok hasilnya gmana? Mudah2an ada mukzizat untuk ku…

  5. ennur

    hallo putri,..smga bsk hasilnya sudah kliatan +hamil yah. mungkin tadi kamu tes di h13 pakai tespek msh – krn blm kliatan hormon hcg nya, jd + think aja,istirahatin trs dl aja n berdoa smga Tuhan menjwb doa kamu bsk hsl tes bhcg nya +hamil,..amin.

  6. silvia

    hallo Putri salam kenal,

    saya juga bulan Juni kemarin abis ivf di Bic.. menurut saya, putri santai aja.. banyak berdoa dan berserah sama Tuhan.. pasti akan dikabulkan nantinya,, hehe.. 🙂 seperti kata mba ennur mungkin hormon HCG nya masih belum kelihatan. saya malah ga pake test pack lsg denger dari susternya ajah. hahha.. tegang sih tapi dibawa santai dan happy aja.. semangat

  7. Putri

    alhamdulilah hasilnya udah ada. dan hasilnya harus berjuang lagi… Penantian belum berakhir…. Terima kasih untuk doanya ya… Insyallah klo mental udah gak drop lagi mau coba fet. . .

  8. Silvia

    Hallo Putri,

    Sorry to hear that.. Keep strong and postive.. Jangan patah semangat. Setau saya yg FET kemungkinan berhasil lebih tinggi drpd yang fresh. Karena mungkin badan kita uda relax trus ga dipengaruhi sama obat dan suntikan.. Hehe.. Kemarin saya jg fet. Karena ktnya progesteron saya uda ketinggian. Akhirnya diundur bulan berikutnya.. Dan puji tuhan berhasil skr uda 7w hehe 🙂 skr uda ga ada simpenan embrio lagi d huft

  9. ennur

    Putri,..yg sabar yah. apa sdh keluar mens nya, atau sdh tes darah bhcg?,..Allah psti punya rencana yg indah untuk kamu.

    @silvia salam kenal,..kmrn program BT yg pertama gagal nya knp? dan selamat yah trnyta lewat FET nya sdh brhsl +hamil. tips2 nya apa kmrn brhsl?bedrest total brp hr?

  10. Silvia

    @ennur hai salam kenal 🙂

    Ini justru saya bayi tabung yg pertama mbak. Cuma saya ga fresh cycle kmrn. Soalnya progesteron saya udah tinggi dan dinding rahimnya uda tebel jadinya dibatalin. Mesti tunggu mens berikutnya. Makanya embrio saya di freeze. Saya freeze 4 embrio, pas mau dicairin embrio saya 2 pembelahnya ga bagus 🙁 jadinya dimasukin 2 kmrn. Trus skr ga ada simpanan lagi. Klo saya sih bedrest seminggu paling bangun buat makan pipis bab. Sisanya aktivitas ringan aja. Ga terlalu dipikirin klo ga jadi stress.. Hehe.. Uda pasrah saya sama yg diatas.. Soalnya saya ada endo uda di lo dan skr numbuh lg zz

  11. risty

    Halo putri..
    Sabar ya pasti Tuhan punya rencana yg indah walaupun berat kita harus kuat ngejalaninya aq pun jg gt kok barusan gagal bayi tabung pd minggu ke 9 janin ga berkembang krn kelainan kromosom tetep semangat ya putri pasti suatu saat indah pd waktunya aplg masih ada simpanan embrio fet biasanya lebih berhasil drpd fresh cycle semoga sukses ya…

  12. Putri

    Thanks for ur support All…

    Setelah mengumpulkan semangat dan berusaha bangkit dr kegagalan aku berani buka forum ini lagi. Perjuanganku belum berakhir dan selamat tinggal 2 embrioku tersayang. Sedih pasti rasanya Tuhan tidak adil, tp aku gak mau berlarut2 alhamdulilah sudah mulai kuat terima kegagalan ini walau terkadang masih suka meneteskan air mata kalau inget2.

    Setelah dievaluasi oleh dokter kemungkinan Obat Elonva tidak memiliki respon yg baik di body aku. Karena dr hasil darah estradiol, progesteron yg dinyatakan normal 2500 harusnya dr 11 oocyt yg matang min 8 telur. Di aku kenapa hanya 2 telur saja yg matang. Jadi ya berpengaruh juga dengan kualitas embrio ku itu.. Dan ada juga teman seangkatan bernasib sama loh. Malahan dia cuma dapet 1 dr 13 klo gak salah. Insyallah klo mentalku kuat lagi mau coba Fet dengan harapan 1 blastosis. Adakah bunda2 disini yg berhasil di Fet dan hanya 1 embrio saja? Minta tips-tipsnya dong bun. Mengingat fet bisa dilakukan setelah 3 siklus.

    Mba silvia : kemaren pas mau et dinding rahimnya berapa mm? Aku 13, memangnya gak bagus ya kalau ketebelan?

    Thanks semua

  13. Silvia

    @putri : saya jg ga tau pastinya brp sepertinya 12 mm.. Tpi progesteron saya uda diatas 2. sedangkan katanya yang pas untuk ET kalau bisa sekitar 1.5 . Jadi susternya bilang klo bahasa kasarnya rahimnya uda tandus. Ga bagus untuk ditanam embrionya. Karena kemungkinan bs gagal/luruh.. Makanya saya diundur bulan berikutnya. Saya juga telurnya sedikit mba. Dari 7 telur cuma 4 yg jadi. 4 di dreeze tpi begitu dicairin cm 2 yg bagus begitu dijelasin langsung down dengernya. Apalag pas opu kiri kanan saya dapatnya banyak bisa 13, 20. Cuma saya doang yang sedikit. Jgn patah semangat putri.. Saya malah ovarium nya tinggal sebelah aja.

    @risty : itu janin 9 weeks udah bs liat detak dan dengar denyut jantungnya kan? Knp yah koq bisa ga berkembang? Dilihat dr mana kelainan kromosonya? Saya koq jadi takut. Sabtu besok saya bru mau usg ke 2.

  14. risty

    Silvia…
    Jgn kuatir tiap orang emang beda ko mgkn kbetulan nasibku aza yg blm beruntung kmrn 9 mgg seharusnya da ada dtak jantungnya lha punyaku blm ukuran janin hrsnya brtambah tp punyaku mlh nyusut mb ,pdhl udah seneng udah ngidam jg tp bgt usg dr bilang kehamilan kosong krn kelainan kromosom gt yg brkembang cm kantong janinnya aza wkt itu aq lgsung shok berat tp mo gmn lg blm rejeki , ini temanku jg ada yg udah 11 mgg tp janin ga bs brkembang jd janin hrus d kuret pdhl dia baytab yg ke 3 . Tp mb jgn kuatir ya positif thingking aza byk doa semoga sehat ampe lahiran n tetep semangat ya mb kl udah rejeki pasti semua akan indah pada waktunya …amien

  15. risty

    Kelainan kromosom itu bs dilihat dg usg yg teratur dipantau ukurannya kelainan kromosom itu disebabkan embrio kurang bagus disebabkan krn kualitas sel telur atau sperma kuraang bagus kan sel telur atau sperma itu keliatannya dr luar bagus tp kt ga bs lihat dalamnya kyk apa gt, temen seperjuanganku byk yg mengalami kehamilan kosong krn kelainan kromosom ,paling aman tu kl da lewat trisemester pertama pasti aman ,aq kmrn da bahagia bngt tp bgt jatuh sakitnya minta ampun pokoknya semangat positif thingking byk doa aza krn kl udah ikut bayi tabung kt hrs siap mental dan fisik apapun yg terjadi kt hrs hadapi dgn lapang dada dan ikhlas semangat dan selalu berusaha agar kt diberikan yg terbaik krn kegagalan adalah kesuksesan yg tertunda…

  16. Putri

    Mba risty : sorry to hear that mba. Memang bener ya kalau Tuhan belum mengizinkan sehebat apa yg coba kita lakukan ya klo bukan rezeki kita balik lagi kepada-Nya. Insyallah kita dikasih kesabaran mba …amin.

  17. risty

    Iya mb putri makasih, tetep semangat selama kt masih ada kesempatan amien
    @silvia :gmn da usg lg semoga dedek bayinya sehat selalu ampe lahiran amien..

  18. Ratna

    @Putri: tetap semangat ya Mbak. Semoga dimudahkan selalu perjuangannya 🙂

    @Risty: Nasib kita kurang lebih sama mbak. Saya dikuret w10, padahal waktu w8 sudah ada detak jantungnya. Pas usg w10 detak jantungnya sudah gak ada, dan pertumbuhan janin malah menyusut. Akhirnya terpaksa dikuret. Saya juga masih ada simpanan 3 embrio lagi, yang waktu itu masih kondisi 2 good dan 1 moderate. Denger cerita Mbak @Silvia tentang perubahan kualitas embrio ya mbak maksudnya? Jadi takut juga.. Bagaimana ya nanti nasib embrio saya kalau mau dicairkan?? Tapi sembari menunggu, saya terus berdoa agar diberikan kehamilan alami. Sebenernya masih rada trauma dan jengah juga dengan obat2an segambreng karena protab bayi tabung kemaren. Amiiinnn YRA… Semoga kita semua diberikan kehamilan segera dan kehamilan yang sehatt ya 🙂

  19. risty

    Mb Ratna.. mending mb ada simpenan embrio aq da ga ada jd kl mo ngulang ya dari awal semoga mb Ratna sukses dg fetnya optimis mb trauma emang masih ada aq jg kl inget masi meneteskan air mata ko ,kebahagiaan hanya brtahan 2bln setelah itu diambil lg tp kt hrs ttp semangat okey …..

  20. Silvia

    @risty : halo mba, maaf bru bs reply.. Puji Tuhan kmrin di usg baik” saja. Cuma memang satu kantong masi lebih kecil dibanding kakaknya.. Semoga dua”nya bisa berkembang dengan baik. Amin amin.. Rasanya hati belum tenang klo belum lewat trim 1 nih

    @ratna : iya mba ga tau saya punya embrio begitu dicairin malah ga berkembang. Kata bagian embriologistnya memang bs begitu dan hanya Tuhan yang tau knp. Hehe.. Padahl sebelum di freeze 4 embrio saya good quality. Tp pas dicairin pembelahnya cm 3/7 dan 7/9 jadinya ga bagus ga bs disimpen lagi. Dan yg dua lagi untungnya bagus pembelahanya 8/8 dan 9/9.

  21. risty

    Mb silvia: selamat ikut seneng dengernya jg kesehatan selalu n positif thingking mb n semoga dede bayi sehat selalu ku tgg cerita indah selanjutnya mb GBU….Amien

  22. Ratna

    @Risty : tetap semangat ya Mbak.. Semoga kita segera diberi lagi dengan kehamilan yang sehat sampai lahiran. Amiinn.. 🙂

    @Silvia : Semoga lancar terus ya mbak sampai lahiran. Jangan dibawa dag dig dug mbak. Pikiran yang positif itu katanya ngaruh ke perkembangan janin. Semoga dedek bayi dan ibu sehat teruss.. Amiinn 🙂

  23. risty

    Ratna….
    Makasih bngt suportnya semoga kt sm2 diberikan kehamilan lg yg lebih sehat dan alami selamat sampe lahiran nanti semoga Tuhan memberkati o iya mb ratna wkt baytab yg ini maaf usia brp ya ? Yg aq maksud bukan usia kehamilannya lho mb buat study banding gt,krn aq baytab kl ini usiaku 38th jd kesimpulan dr kmrn katanya kehamilan ga bs berkembang krn kelainan kromosom krn kualitas sel telur &sperma kurang bagus, dikarenakan faktor usia jd takut & sedikit trauma jg ni adakah yg berhasil hamil baytab setelah mengalami kegagalan/keguguran spontan krn kelainan kromosom please share dong bg infonya ni….sorry ya mom jd curhat ni

  24. Ratna

    @Risty : aku BT usi 26 mbak. Dicurigai kelainan kromosom juga, tapi kemarin janin gak bisa tes kromosom, karena sudah terlanjur keluar sebelum dikuret. Jadi cuma tes PA (kalo gak salah Patologi Anatomi) d. Tapi kita belum balik lagi si ke BIC buat kontrol hasil. Awalnya dokter curiga nya darah ku kental, tapi setelah hasil tes darah.. Darahku normal. Aku kurang paham d, karena sejak ET sampai keguguran.. Aku dikasih Aspilet / Cardio Aspirin buat ngencerin darah. Dan gak pernah ngeflek sampai h-1 kuret. Apa karena dikasih Progynova juga ya, jadi efeknya gak ngeflek. Kurang paham juga.

    Kemarin si kata dokternya, belum tentu kehamilan berikutnya juga akan berakhir sama. Janin yang kelainan kromosom kemungkinannya hanya berapa % gitu.. Tetap semangat & positive thinking ya Mbak Risty. Sekarang rencana ke depannya gimana Mbak?

  25. risty

    Ratna….
    Makasih atas suportnya n rencana kedepannya aq jg masi baytab krn hanya dg ini caranya setelah 2x kehamilan ektopik jd aq ga ada saluran telurnya walaupun kadang ragu krn faktor usiaku yg udah 38 tp aq masi semangat utk tetep berusaha & mencobaDG55 mb ,n aq hrs ngulang dr awal krn ga ada simpanan embrio n semoga mb Ratna sukses dg fetnya nanti mb tetep semangat dan optimis semoga Tuhan memberkati ….amien

  26. Sarah

    Salam kenal semua
    Saya jg bulan mei kmrn program bt di bic sama dr irham beliau baik sekali dan ramah.program bt aku berhasil tp pas usia 6 w 5 d aku keguguran dikarenakan kekentalan darah yg tinggi…cm sekedar ingetin buat bunda2 semua kl nnti program bt lgi jgn lupa untuk cek kekentalan darah…

  27. Ratna

    @Sarah : Halo Sarah.. Aku juga kemarin BT sama Dr. Irham.. Memang beda2 tritmen dokter, yang aku tau dr irham biasa baru ngecek kekentalan darah waktu trimester 2. Itu yang aku dengar. Sarah rencana FET lagi kapan ya?

  28. Sarah

    @Ratna: hi salam kenal ya…FET mungkin nanti bulan okt or nov…ohya ratna gmn proses BT nya baik2 aj kan??trz skg hamil brapa bulan??ak skg ini mens pertama paskah kuret tgl 11 juli tp knapa darah mens ak byk sekali ya trz ad gumpalan kecil kyk telor cicak dan ini uda mens h9 tp msh byk jg..apakah normal ya paskah keguguran mens pertama x begini??

  29. Ratna

    @Sarah : aku juga dikuret awal juli kemaren, waktu kandungan 10 minggu. kekentalan darah juga masih normal. Jadi dugaan dr Irham, kromosom janin yang bermasalah. Aku mau nyoba FET tahun depan inshALLAH.. soalnya kok jadi gendut banget sekarang, jadi mau diet dulu. Hehehe..

    Yaa aku mens pertama juga banyaaakk banget dan nyeri nya lebih dari sebelum BT. tapi gak ada gumpalan kecil si. dicoba aja ditanyakan ke Dr. Irham mbak. Semoga semua dilancarkan. Oh iya, embrio yang di frozen masih ada berapa Mbak?

  30. Sarah

    @Ratna: ooohh gtu ya..iy nich sama ak jg skg gemukan n jerawatan..smoga aj sambil menunggu waktu untk BT lgi kita uda hamil alami dluan ya..amin..
    Embrio ak cm sisa 1 aja jd bnr2 berharap karna kl ulang dr awal sakit disuntiknya…oh ya ini email aku sarahjuliana88@yahoo.com. Jdi bs berbagi pengalaman…kl boleh tau knapa ikut program BT??kl ak karna pernah kehamilan ektopik n saluran tuba ak ad yg tersumbat.

  31. Wati

    Salam kenal buat semua, hai sy mantan ps dr Ivan – bic, sy pernah ikut BT jg, gagal 1x dg fresh embrio sebabnya Gak jelas. Kmdn selang 3 bln sy ET lagi dg frozen embrio, dan hslnya ternyata sy hampir kembar 1 cowok & 1 cewek, n skrg mereka dah USIA 2th. Saat abis FET sy lgs diksh suntikan lovenox(pengecer drh) hingga USIA kehamilan 3 bln, suntikan tiap hr di perut & n rasanya suakit plus panas, tp Gak papalah Demi si baby twin. Buat temen2 yg sdh berhsl selamat ya, buat yg blom tetep semangat terus pantang mundur. Smoga mimpi itu Cepat terwujud. Amin.

  32. Restin

    Hai wati.. Salam kenal
    Saya jg pasien dr. Ivan dgn case yg sama, bulan april kmrn udh BT di BIC tp gagal, dan skrg mau coba FET lg dgn embryo frozen tp ragu2 krn embrio ku cm sisa 1 dgn kualitaa terakhir good, mau tanya waktu kamu FET lg dengan brp embrio ya? Status esmbrio sebelum di freeze apa say? Mohon info nya ya.

  33. nurul j

    Hii all,

    aku pasien dr irham bic
    sedang dlm masa 2week waiting nih.
    tapi kok belum ngerasa apa-apa yah. share pengalamannya yah mom ciri embrio berhasil
    menempel apa yah mom, karena aku ga ada flek sama sekali. thanks…

  34. Sarah

    Hi jg…saya pasien dr irham jg…gak ad rasa apa sich ya cuma pda waktu embrio menempel kurang lbh 1 minggu setelah ET perut bagian bwh kanan kiri ada sedikit nyeri aja…trz hari ke 8 pascah ET aku coba test pack dan uda ada hasil + jadi nnti tunggu aj h8

  35. Itha

    hi Nurul..dan Sarah aku jg pasien dr Irham thn 2013 bt ke3 tp masih gagal, bagaimana hasil rapornya semoga membahagiakan ya, kalo utnk tanda2 biasanya beda2 setp org….km apa aja yg dirasakan…
    hi Sarah ,selamat ya..sdh positif ya,,,.brp bhcgnya dan kal boleh tau usia km brp..semoga menular ya…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*