Mencari dokter yang cocok

Setelah berhasil hamil dengan proses bayi tabung saya sering sekali ditanyakan oleh teman atau saudara: “Kamu program bayi tabung di mana & ditangani oleh dokter siapa?” langsung saja saya jawab di Kandang Kerbau Hospital (KKH) Singapore dengan Dr. Kelly Loi.

Apakah dokter Kelly cocok buat Anda??? … belum tentu. Terus terang saya dapat dokter Kelly secara kebetulan alias tidak sengaja.

Pertama kali saya ke KKH tidak tahu harus dengan dokter siapa, saya hanya tahu KKH lumayan bagus buat program bayi tabung. Waktu ditanya oleh sang receptionist ‘mau dengan dokter siapa?’ saya jawab: ‘dengan dokter siapa saja juga boleh’. Lalu saya direferensikan ke Dr. Seng Shay Way. Dengan dokter Seng inilah saya dapat 19 embrio…

Dokter Seng baik, ramah dan setiap berobat selalu memberikan arahan dan jawaban yang jelas. Lalu bagaimana saya bisa dapat Dr. Kelly? Pas setelah selesai proses bayi tabung fresh cycle dokter Seng ternyata pindah praktek ke rumah sakit lain. Saya adalah pasien terakhir yang ditangani embrio transfer oleh Dr. Seng sebelum dia pindah praktek.

Saya tidak akan lupa dengan dokter Seng karena waktu dirawat 8 hari di rumah sakit KKH karena OHSS setelah ovum pick-up dan embrio transfer, walaupun sudah pindah praktek dia datang ke KKH mengunjungi saya. Betapa baiknya tuh dokter… tapi program bayi tabung fresh cycle nya gagal.

Nah sebelum pindah Dr. Seng inilah yang merujuk saya ke Dr. Kelly. Ehhh ternyata dengan dokter Kelly program bayi tabung thaw cycle yang pertama langsung berhasil.

Dari pengalaman saya ini bisa saya simpulkan dokter yang direferensikan ke kita belum tentu cocok, apakah dokter Kelly yang berhasil menangani bayi tabung saya akan berhasil menangani Anda juga? belum tentu… tidak ada jaminan 100%. Tidak ada dokter yang punya record 100% pasti berhasil.

Lalu bagaimana mencari dokter yang cocok? …tidak ada rumusannya. Tapi yang jelas memang sebaiknya ke dokter yang pernah Anda dengar berhasil menangani bayi tabung. Alangkah enaknya kalau semua dokter punya data tingkat keberhasilan yang diumumkan secara resmi… mudah buat kita untuk memilih dokter, sayangnya saya tidak pernah melihat data keberhasilan dokter… kalau data keberhasilan bayi tabung rumah sakit ada. 

Saya merasa keberhasilan hamil bukan karena hasil kerja dokter saja. Dari seluruhnya mungkin si dokter hanya punya pengaruh 30%, selebihnya dipengaruhi oleh hasil kerja rekan-rekan dokter (embryologist, suster-suster di klinik bayi tabung, dokter yang mengambil telur etc) 20%, peralatan-peralatan penanganan bayi tabung di klinik 10%, obat-obatan 10% dan … 30% ditentukan oleh kita sendiri! dari kondisi tubuh, pikiran sampai bagaimana kita menekuni proses bayi tabung.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (19 votes, average: 2.37 out of 5)
Loading...

9 thoughts on “Mencari dokter yang cocok

  1. Mia

    Dear Yenni..saya & suami berencana menjalani proses bayi tabung tahun depan..kemungkinan di KK. Kami berdomisili di Jkt. Apakah sebaiknya saya menemui dr di sana dengan membawa hasil2 dari pemeriksaan di sini (mis HSG, cek virus, antibodi dll.) atau sebaiknya pemeriksaan dijalani di sana saja? Saya khawatir hasil pemeriksaan di sini tdk dianggap valid oleh standar rumah sakit di sana. Mohon infonya ya Yen…

  2. Yenni

    Dear Mia, pengalaman saya pertama kali ke kk: dokter melihat medical history yg kebetulan sudah saya buat ringkasannya (seperti yg saya ceritakan di sini). Ini sangat membantu sang dokter menganalisa kondisi medis, saya bawa juga hasil2 pemeriksaannya yg memang tidak ditanya. Tidak ada salahnya bawa data medis, toh tidak beratkan bawanya.
    Dari medical history dokter bisa dengan mudah menentukan tindakan yg cocok buat kita, untuk meyakinkannya dan sesuai dengan prosedur RS kita harus melakukan tes medis yg ditentukan. Tidak semua hasil medis berlaku selamanya contoh: tes HIV hanya berlaku 6 bulan. Semoga info ini berguna buat Mia.

  3. Eric

    Maaf nyambung lagi neeh, selain memerlukan alamat dan nomor telepon RS. Kandang Kerbau tersebut, mohon informasinya, apakah dirumah sakit itu juga ada dan atau bagus nggak untuk teraphi jinjit?. Mohon informasinya ke eric_siliong@yahoo.com, terima kasih ya

    Regards,

    Eric

  4. Lucia

    Dear Yenni, saya terharu dengan isi websitenya, selamat ya. saya mungkin tahun ini atau depan jk mentally siap bakal bergabung dengan club BT. saya sdh 4thn menikah tapi belum ada baby, padahal umur saya sudah lewat 30 dan suami hampir 40. semoga dengan sharing yg saya baca dr website Yenni ada keberanian lebih dari saya u/ akhirnya start program BT. kami kebetulan bdomisili di SG jg sejak 4 thn yl. cheers’

  5. angel

    hallo nbak… saya rencana bulan depan ikut program buyi tabung. tdnya saya pengen di Indonesia aja tp keluarga sarankan ke singapura. tolong dong kasih info persiapan apa aja yg harus kita lakukan ikut program ini dan berapa lama prosesnya. apakah setelah dinyatakan hamil kita harus tetap konsul kesana atau bisa dengan dokter di Indonesia saja. oh ya berapa kal bolak balik singapura utk ikut program ini? saya tinggal di kota medan. tolong ya di bantu. makasih…

  6. Yenni

    Hi Angel, pertama2 kamu telp ke RSnya buat appointment dgn dokternya, nomor telp klinik bayi tabung bisa dilihat di http://bayi-tabung.com/klinik-bayi-tabung/. Apakah kamu dah berobat sebelumnya sehingga memutuskan tuk bayi tabung?
    Kasus ketidak suburan pasutri itu banyak sekali sehingga proses berobat & bayi tabung juga bervariasi… malah ada yg tidak perlu bayi tabung.
    Setelah hamil bisa berobat di dokter kandungan mana saja, ga harus dgn dokter bayi tabung lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*