Mau Diapakan Embrio Sisaku?

Ada sebuah kertas kecil di dalam kotak surat pada akhir bulan Desember 2007 kemarin. Dengan teliti saya baca, ternyata kertas ini dari kantor pos yang menyatakan ada surat tercatat dari KK hospital yang harus saya ambil di kantor pos terdekat. Mungkin karena kami tidak ada di rumah, sang pak pos membawa balik surat tersebut.

Saya agak bingung, surat tercatat apa yang dikirim oleh KK hospital, tempat saya ikut bayi tabung… biasanya mereka kirim surat biasa. Ah paling juga hasil cek down syndrome yang kebetulan baru saya jalani untuk si bayi di kandunganku. Karena ada tamu yang nginap di rumah dan pas liburan akhir tahun jadi kami tidak terlalu memperhatikannya.

Kira-kira dua minggu kemudian eh datang lagi kertas pemberitahuan itu yang isinya kurang lebih menyatakan surat tercatat tersebut akan dikembalikan ke si pengirim bila tidak diambil dalam beberapa hari. Besoknya langsung saja suamiku mengambil surat tercatat tsb di kantor pos.

Ternyata surat ini hanya surat pemberitahuan mengenai biaya tahunan untuk embrio kami yang masih tersimpan di rumah sakit…

Kira-kira suratnya seperti ini:
Catatan kami menunjukkan bahwa anda masih memiliki 14 embrio beku yang tersimpan di tempat penyimpanan kami sejak 27 April 2007. Biaya simpan tahunan berikutnya yang harus dibayar sebesar S$305 sebelum tanggal 27 April 2008. Perlu diperhatikan sesuai dengan peraturan menteri kesehatan (Singapore) anda hanya bisa menyimpan embrio beku maksimal 5 tahun.

Walah… bingung juga nih saya … masih ada 14 embrio tabunganku. Seperti yang saya tulis sebelumnya ada 30 telur yang dihasilkan pada proses bayi tabung fresh cycle yang saya jalani, dari 30 telur tsb ada 19 embrio yang jadi. 2 sudah dipakai pada fresh cycle … gagal hamil, lalu 3 pada thaw cycle… dan berhasil hamil. Jadi sisa embrio beku ada 14… cocok dengan laporan dari kkh.

Bagaimana ini, apakah saya harus habiskan semua embrio? Yang jelas saya tidak mau punya banyak anak… ya 2 saja cukup… maksimal 3 deh. Sekarang sedang mengandung satu bayi… terus kalau ikut bayi tabung lagi paling 3 embrio lagi yang ditanam… masih ada sisa 11.

Ada 3 opsi yang bisa saya pilih:
1. Embrio disumbangkan ke pasangan yang tidak bisa menghasilkan embrio
2. Embrio disumbangkan klinik-klinik untuk research
3. Embrio dibuang

Sebenarnya saya sudah buat surat pernyataan pada saat sebelum menjalani bayi tabung fresh cycle, yang isinya kalau tidak salah menyatakan kalau ada embrio sisa akan disumbangkan ke pasangan lain yang memerlukan.

Apakah embrio sudah termasuk makhluk hidup? Betapa jahatnya saya kalau embrio sisa saya buang… 🙁 sudah bersusah-susah mendapatkannya kok dibuang. Apalagi kalau teringat saat menjalani proses bayi tabung yang sangat tidak nyaman itu. Dan juga rasanya kok sudah ada ikatan batin dengan embrio-embrio tersebut. Mudah-mudahan tidak ada embrio sisa yang terbuang…

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (5 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...

20 thoughts on “Mau Diapakan Embrio Sisaku?

  1. Komang

    Yen,sebaiknya disimpan dulu sampe cukup anak (wah harus kejar setoran dong ;))
    kalau kalkulasi kamu benar,dan ada sisa embrio menurut aku option 1 dan 2 yang terbaik, amat sayang bgt kalau dibuang begitu saja embrionya.
    tapi pas transfer ada kegagalan bisa ambil dari tabungan krn kualitas embrio yg dibekukan lbh lama tdk sebagus yg fresh atau baru dibekukan (*eh benar gak sih?)

  2. Nana

    saya adalah penderita endometriosis. dan tuba fallopi dua duanya juga sudah tidak berfungsi karena perlengketan.Penyakit ini sudah hampir 10 tahun saya alami. karena itulah saya mencoba bayi tabung karena bertekad untuk memiliki anak dengan ikhtiar semaksimal mungkin.
    > Alhamdulillah sekarang saya sudah mempunyai anak kembar tiga yang lucu-lucu yang lahir tanggal 15 november kemarin.
    > Proses bayi tabung nya dilakukan di RS LWE di penang. Dengan hasil embrio 6 yang bagus. 3 embrio pada ET pertama yang langsung jadi. Dan masih ada 3 embrio lagi yang dibekukan.
    > saya masih ingin bertanya tentang hukum dalam agama islam tentang embrio sisa ini apabila di musnahkan. Kalau untuk di berikan orang lain jelas tidak boleh. Karena itu adalah darah daging kita dan suami sehingga dapat merusak pertalian darah dan daspat dikategorikan zina. namun jika untuk memusnahkannya bagaimana hukumnya? Sedangkan untuk ditanam kembali, kondisi tubuh dan usia juga sudah sangat beresiko.
    > saya juga ingin memberi semangat kepada yang lain. Teruslah berusaha dan berdoa. Karena tanpa usaha, jalan untuk mencapai keberhasilan akan tertutup.
    > Saya juga bersujud dan bersyukur sebesar besarnya kepada Allah. karena kepercayaan yang diberikanNYa kepada saya dan suami.
    > Keep Figthing.

  3. Mulia

    Hi Nana, kamu pasien Dr.Ng juga yach? Selamat yach udah melahirkan anak kembar tiga dgn selamat. Anak2nya cewe ato cowo semua? Trus kalo kembar tiga gitu jadi hamilnya maksimal 7 bulan aja yach?

    Btw, saya mau ikut share aja mengenai sisa embrio yg dibekukan (ini menurut versi agama saya dan telah saya tanyakan ke pemuka agama Buddhist) dan ini jawaban beliau via email:

    Dalam pengertian Buddhis, setiap sel telur yang sudah dibuahi, apalagi sudah menjadi embrio, sebenarnya termasuk mahluk. Karena itu, biarlah saat ini disimpan di lab terlebih dahulu. Suatu saat nanti, apabila diperlukan, mungkin bisa diberikan kepada mereka yang membutuhkannya.

    Itu adalah jawaban yg saya terima ketika saya menanyakan mengenai 11 embrio saya yang masih dibekukan. Tapi mungkin setiap individu mempunyai pandangan & prinsip kehidupan masing2, jadi mungkin saja opini2 yg diberikan pastinya akan berbeda2.

  4. Tika

    Hai nana selamat juga…waduh kembar tiga,lucu sekali donk:):):)
    nana menurut agama yg kuanut yaitu islam, yg aku ketahui ada dua pandangan yg berbeda,
    1.kalau masih berupa gumpalan darah atau seperti embrio yg di bekukan itu blm bisa di katakan mempunyai nyawa karena blm ada detakan jantungnya,sedang melalu bayi tabung itu kan detakan jantung bisa di lihat dua minggu setelah di nyatakn positif ( 6 minggu kehamilan)…jadi bisa dimusnahkan( kasar sekali si sebenarnya),
    ada yg berpandangan gitu dan ada yg bertentangan.
    jadi menurut aku kembali seperti yg di katakann mulia itu betul :
    Tapi mungkin setiap individu mempunyai pandangan & prinsip kehidupan masing2, jadi mungkin saja opini2 yg diberikan pastinya akan berbeda2.

    Mulia , big congrulation juga.ku doakan semoga lancar sampai melahirkan :):)

  5. Nana

    trimakasih ya mulia dan tika yang mau comment atas masalahku. Ya pandangan dan opini tentu bisa berbeda-beda. Buat mulia, selamat ya… hati-hati jaga kandungannya. Aku soalnya juga dulu pernah flek coklat sampai darah segar. dokter A bilang sudah 60% pendarahannya untuk ketiga bayi. Tapi dokter B bilang ngak apa-apa dan langsung disuntik hormon HCG. Jadi saranku.. tetap positiv thinking. eh ya. anakku 1 cowok dan 2 cewek. Alhamdulillah Sekarang sehat-sehat dan cerdas.

  6. yati

    MAU DIAPAKAN EMBRIO SISAKU?
    jawaban nya :
    Alangkah baiknya diberikan pada pasangan/pasutri yang sangat menginginkannya,pasutri yang benar2 tak ada jalan lain untuk dapat meghasilkan embrio,anda jangan kuatir karena apabila embrio yang telah anda berikan dapat berkembang dan lahir kedunia ini itu adalah anugerah Tuhan yang esa pada pasutri tsb,karena ET sampai masa melahirkan itu juga masa perjuangan yang sangat panjang (bagi mereka yang menjalani program) tak jarang yang mengalami keguguran.ya lebih baik diberikan dari pada dibuang.

  7. inot soesina

    Hai salam kenal Nana,aku Ina.Sisa embrio ku 8,udah dapet surat sih dari Melaka,tapi masih bingung mau diapain .Masih trauma mau nyoba lagi,karena aku OHSS.Sekarang aku adops baby cewek,udah 8 bulan umurnya,lucu n bikin rumah jadi rame.kamu ada saran ga buat aku?

  8. imelda

    Nana,

    waktu saya melihat foto embryo saya, saya sudah jatuh cinta ke mereka. they were very beautiful.
    kalau saya, saya akan memberika pada pasangan yang membutuhkan. agar mereka dapat merasakan kebahagian yang sudah mereka nanti nanti. sampai saat ini saya belum berhasil ivf. sedih rasanya mendengar orang yang beruntung mendapatkan banyak embryo harus melepaskan embryo tersebut sia-sia. tapi semua terserah nana dan suami.

  9. yati

    Hai, Ina.
    Saran saya sisa embrio dicoba (ET) lagi, anakmu baru satu.
    biar rumah bertambah rame, banyak anak banyak rezeki toh, oh- ya
    setiap anak dilahirkan ,mereka sudah membawa rezekinya masing-masing.

  10. indriana

    halo semuanya
    adakah yang mau menyumbangkan embrio tuk saya? sudah 2x ikut IFV gagal terus dan tidak punya embrio sisa karena hanya jadi 1 saja setiap IFV. saya ingin embrio yang keturunan chines karena saya juga chinese. saya sangat berterimakasih jika ada yang mau menyumbangkan.

  11. lisa

    Hai,
    apakah sel telur kamu akan diberikan atau kamu memberikan kepada orang yang membutuhkan, karena sy punya teman yang membutuhkan sel telur

  12. Saraswati

    Apa kbr Yen?kamu pasti sudah melahirkan…gmana kabar si kecil?pasti senang dan repot banget sekarang ya?aku mau tanya kabar sisa embrio kamu?apa masih ada?boleh minta?thx for reply

  13. riana

    hai semua,
    kami adalah pasangan beda negara,suami saya orang australia berdarah UK . Pada september 2009 kemarin kami mengikuti program bayi Tabung di RS.Sanglah Denpasar bali dan sekarang saya sedang mengandung bayi kembar 3 yang berusia 3 bulan
    Mohon doanya supaya anak2 saya lahir dengan selamat
    Dari keterangan dokter,kami masih memiliki sisa 6 embryo yang kami bingung mau diapakan sekarang,karena jujur bagi kami memiliki anak 3 sudah lebih dari cukup,dan kami tidak berencana untuk menambah anak lagi
    Rencanaya kami mau menyumbangkan embriyo tersebut untuk pasangan yang membutuhkannya,tapi dengan konsekwensi kemungkinan anak tsb lebih mirip orang bule yach

    bagi teman2 yang menginginkannya,silahkan email saya ke rianjas@hotmail.com

  14. Ennie

    Hai riana …slam kenal
    Gmn kbr ketiga bayinya skrg pasti sdh mau 6 bln kan?
    Saya salut sama keputusan km utk menyumbangkan embrio kpd yg membutuhkan…Gbu
    Setelah baca tulisan km sy jd senyum2 sendiri membayangan gmn klo sy yg menerima embrionya pasti lucu jg ya mempunyai anak bule hehe… soale sy dan suami chines.

  15. Dian Lestari

    Percaya atau tidak saya punya embryos masih ada di lemari es dan karena saya males balik lagi ke tempat sana utk transfer lagi, jadi saya baru inget mau telpon mrk aja deh utk disumbangin. Tapi belum ngambil keputusan nih, karena siapa tau saya mau yah….. btw berapa lama yah bisa bertahannya? Karena sudah hampir 7 tahun nih umurnya di freezer…

  16. nurus

    hi yeny, sepengetahuanqu seperti jg yg dikemukakan nana, dalam islam tidak boleh menyumbangkan embrio, kalau untuk di musnahkan atau di sumbangkan untuk riset baiknya tanya sama ahli agama aja biar gak salah ya… Btw selamat untuk keberhasilannya memperoleh buah hati… 😉

  17. herlino

    kami sudah menikah lebih 7 tahn, tapi belum dikaruniai anak. kami berencana untuk mengadakan bayi tabung di sanglah, akan tetapi sebelum kami ke denpasar kami ingin lebih tau dulu hal2 yang perlu kami persiapakan. oleh karena itu kami menunggu info dari sana, dan kami rencanakan setelah lebaran idul fitri ini, akan kami ke sana. oleh karena itu info tetang hal2 yang berhubngan dengan bayi tabung sangat kami harapkan terima kasih.
    hal-hal tersebu antara lain
    biaya, dan lain2
    makasih
    herlino

  18. yosephine

    saya dan suami udah 4 tahun belum punya keturunan.
    klo bleh,tlong hubungi saya jika sisa embrionya bleh saya miliki.
    087894346556.kami sudah berobat kemana saja dan insem juga sudah kami lakukan.
    please……

Comments are closed.