Masalah tuba, berhasil hamil setelah 8 tahun – Ayu

Dear all, kenalkan saya Ayu dari Palembang, umur saya 34 dan sdh 8 tahun menikah. Setelah banyak usaha dari ke dokter sampe alternatif selama 8 tahun, akhirnya saya dan suami (36 thn) memutuskan untuk mengikuti program bayi tabung di Siloam Surabaya pada bulan Juni 2013 lalu.

Hasil dari pemeriksaan HSG (thn 2008) di salah satu RS di Palembang memang menunjukkan bahwa kedua tuba non paten. Bulan 12 tahun 2008 saya mejalani LO di RS Bunda Menteng tapi hasilnya masih belum bagus karena menurut dokter tuba saya terlalu rapuh. Pada 2009 saya menjalani hidro di Bunda sebanyak 3 kali tapi msh blm sukses juga. Sempat break usaha hamil, kami lanjut lagi berobat ke YPK Menteng tahun 2012, dari hasil pemeriksaan dokter USG saya disarankan untuk HSG ulang. Hasil HSG di YPK tuba kanan paten sedangkan yg kiri non paten. Dari hasil itu kami sempat berharap dapat hamil normal. Tapi setelah memasuki usia 34, dokter-dokter (terutama dokter saya di palembang) menyarankan saya untuk mengikuti bayi tabung. Saya dan suami sepakat ikut bayi tabung dengan dr. Aucky di Siloam Surabaya, dan kami mulai program pada Mei 2013.

Tahapan program yg kami jalani hampir sama dengan proses bayi tabung yg teman2 lalui. Saya juga banyak membaca pengalaman teman2 dari web ini, dan saya terapkan pada saat program bayi tabung. Antara lain makan putih telur 6 butir sehari, makan daging kelinci, makan ikan salmon, minum susu, happy dan yang paling penting banyak berdoa (selalu minta doa restu dari ortu untuk setiap tahapan bayi tabung). walaupun makan2an tersebut baru saya makan saat di Surabaya.

Saya ikut long protocol, bulan Mei datang di bekali Suprafact untuk disuntikkan mulai 4 juni dan kembali lagi pada 15 juni untuk usg dan cek estradiol. Dari tanggal 15, saya 9x suntik stimulus dan hasil usg menunjukkan kalau banyak folikel matang & besar, dan dijadwalkan OPU 27 Juni 2013. Hasil OPU didapat 7 folikel dan semuanya oosit. Saya bersyukur proses OPU lancar, walaupun folikel yg diambil hanya dari sebelah kanan karena yang kiri lengket. tgl 29 juni call ke Siloam diketahui jadwal ET tgl 30 Juni. Tgl 30 proses ET (Alhamdulillah lagi) juga lancar, ditanam semua 4 embrio yang berhasil berkembang. Menjalani 2ww adalah masa yg paling deg degan, tapi saya berusaha tetap tenang, tidak stress dan banyak berdoa.

Tanggal 12 juli hari pengumuman, paginya saya di ambil darah dan jam 11 diminta telpon untuk tahu hasilnya. Sampai jam 1an saya blm telpon, sampai suami pulang jum’atan dan kita baru telpon… hasilnya positif dengan bhcg 724..Alhamdulillah. Malamnya ketemu dr. Aucky dan dapet ucapan selamat, dokter juga bilang kalau kemungkinan kembar dan progesteron >80 yg berarti kandungannya kuat. Melihat hasil yg baik, kami minta saran dari dokter apakah kami diperbolehkan pulang kampung. Dokter meminta saya menjalani test tambahan dan hasilnya baik, jadi saya dan suami dizinkan pulang ke Palembang dengan membawa surat pengantar usg pertama untuk dokter kami di palembang.

Syukur Alhamdulillah USG pertama saya pada minggu ke 6 kehamilan menunjukkan 2 kantung berisi 2 embrio yg sudah ada detak jantung. Minggu ke 7 ke dokter lagi karena saya mengalami mual dan muntah, selain dapat resep obat mual saya dapat kejutan dari dokter bahwa hasil usg terlihat 3 kantung berisi 3 embrio alias triplet. Sekarang umur kehamilan sudah 14 minggu, dan kondisi janin sehat.

Mohon doanya dari semuanya agar janin-janin saya sehat selalu dan saya juga mendoakan semoga bunda2 yang belum berhasil segera mendapatkan hasil terbaik. Terima kasih banyak buat bayi-tabung.com dan semua bunda yg berkontribusi di web ini, dari sini banyak sekali pengalaman dan tips yg saya ambil sbg ilmu. Tetap berdoa, bahagia, bersyukur dengan apa yg kita punya dan kompak selalu dengan suami. Salam sayang selalu.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 2.00 out of 5)
Loading...

102 thoughts on “Masalah tuba, berhasil hamil setelah 8 tahun – Ayu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*