Makanan sehat selama program bayi tabung – Vivi

Hallo semuanya…mau minta saran dan masukkan dari teman2 yang sudah atau sedang menjalani program bayi tabung, kira-kira kita perlu makan apa aja yah mulai dari suntik hari pertama sampai dengan OPU dan ET? Saya sudah pernah mengikuti batab tahun lalu tetapi gagal karena embrio tidak bagus dan kayaknya tidak mau menempel dan mungkin persiapan fisik tahun lalu boleh dibilang tidak ada. Suami juga ada kendala di spermanya, astheno apa gitu namanya lupa hehe..

Pasca laparoscopy bulan Feb boleh dibilang hasil lumayan bagus, ada endometriosis sedikit dan perlengketan sedikit dalam batas normal dan sudah diatasi. Selama 2 bln itu coba berhub alami tapi belum berhasil mungkin krn sperma suami juga astheno dgn kata lain banyak bergerak di tempat dan byk yg mati.

Belajar dari kegagalan, sekarang rajin browsing sambil check hormon2 kita apa sudah normal atau belum? Kadang kalau di dokter kan kita tidak bisa tanya terlalu banyak. Hormon AMH saya sebelum laparoscopy cukup tinggi sekitar 5 Uml dan LH lebih tinggi sedikit dari FSH. Mudah2an sekarang horman sudah seimbang dan sudah siap menjalani batab lagi. Setelah itu saya mulai mempersiapkan diri dari olahraga rutin, berhubung sekarang tidak kerja, jadi bisa treadmill dan berenang selang seling setiap harinya. Makanan sehari2 paling sayur sop ayam, telur kampung 2 hari sekali, minum madu 2 hari sekali, kacang hijau dan juice alpukat sesekali, mengurangi minuman manis dan dingin. Oh ya kebanyakan sih makan nasi sehari hanya sekali aja, sekaligus program diet dan berhasil turun 2 kg. Yaaa saran dari dokter, kurangi berat badan sedikit padahal berat saya 58 kg, skg sudah 56 kg lumayan lah hehehe. Rencana besok mau mulai suntik lagi, mohon doanya teman2. Oh ya, kalau suntik pergoveris/menour (maap kalau tulisannya salah) biasanya harus dilakukan on time sesuai jam nya? Kalau lewat dari 1 atau 2 jam atau kurang on time apa mempengaruhi? Kadang kalau panggil suster day care ke rmh untuk suntik malam hari, susternya datang suka telat. Kalau suntik sendiri takut juga, takut jarumnya masuk kedaleman atau salah nakar dosisnya?

Pengalaman yang saya baca, disarankan makan putih telur min 6 butir. Ini telur ayam kampung/buras yah? Lalu makan putih telurnya setelah ET atau dalam masa suntik menyuntik ini? Perlu minum susu putih, susu hamil atau susu biasa kayak di supermarket yah? Teman2 yang sudah menjalani batab, pasca ET, makanan sehat apa yang perlu dimakan yah?

Teman2 boleh saling sharing untuk masukannya supaya kita bisa sama2 berhasil mendapatkan baby. Terima kasih semuanya Semangaaaaattt….

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

7 thoughts on “Makanan sehat selama program bayi tabung – Vivi

  1. Mira

    Halo Vivi, saya jg lg program ni. Lg jadwal nunggu rapot akhir Mei ini. Suami saya juga Asthenozoospermia jd Kira kira sebulan sebelum program saya dan suami tiap pagi minum jus tomat pakai madu, dan makan diusahakan tidak makan gorengan2an, indomi, dan fastfood.mKalau tumisan pun biasanya, sedikit saja pakainolive oil. Banyak makan sayuran, toge, kacang ijo, olahan tomat(sup) dan buah2an spt melon semangka biasanya beli di supermarket yg uda dipotong2 hehe pas porsinya.

  2. vira asiyah

    Halo mb vivi,
    Sebulan sebelum program, saya dan suami rajin makan buah semangka apel alpukat. Bisa campur atau sendiri2. Suami Konsumsi antioksidan . selama program (di siloam sby) saya makan semua menu katering(ngga pilih2 pokoknya). Telor 6, kacang ijo pagi hari, sore ada jus alpukatnya plus susu peptisol 2 kali sehari dr awal program. Semua menu itu ngga pernah lepas smpe opu. Kebetulan katering juga nyediain makanan sehat semua dr ikan salmon , daging sampe ayam kampung. Seminggu sebelum opu, suami saya cuti dan mulai konsumsi makanan sehat katering terutama daging. Alhamdulillah pas opu dapet telur banyak dan suami yg azoo ( sperma nol) bisa ketemu spermanya dan kualitas bagus.. buat suaminya hrus no smoking ya.
    Pasca et : makan telur agak dikurangi krn eneg, tapi susu dan jus alpukatnya dan kacang ijonya masih lanjut . Gda pantangan makanan. Malah sering makan di luar karena pasca et mulut agak pahit. Bed rest g terlalu, 2hari sekali diusahain jalan biar ngga sakit pinggang dan refreshing..hehe
    Alhamdulillah positif hamil.
    Semoga bermanfaat

  3. Vivi

    Hello twin moms, JM, Chrissy, little angel…..terima kasih banyak untuk comment dan saran2nya. Semoga berms fast juga untuk ibu2 yang sedang menjalani program batab yah

  4. Littleangel

    Waktu program kemarin, saya makan putih telor 6 butir sehari saya bagi 3 pagi dan 3 sore biar ga eneg. Trus makan banyak buah tapi hindari pepaya dan semangka. Trus anjuran suster banyak asupan protein. Jadi waktu itu saya disarankan minum ensure sehari 2 gelas, kacang ijo (saya pakai brand ultra, krn mls buat sendiri), susu kacang (saya tahu dr di jkt ada yang melarang, tapi suster di penang justru menganjurkan)
    Menu itu saya lakukan tiap hari sampai selesai program. Setelah et saya makan udang, alpukat tiap hari. Oh ya untuk menu ayam saya ganti dari ayam negri ke ayam kampung

  5. chrissy

    Ini sms suster dari salah 1 klinik bayi tabung di Jkt, yg do & dont selama suntik2, semoga bisa membantu 🙂

    Anjuran :Konsumsi Tinggi Protein (Putih telur 5
    butir / hari Telur kampung/ negeri boleh  / ikan / salmon/ daging)  susu peptisol
    Komsumsi tinggi antioksidan : sayuran:: bayam / brokoli /sawi / tomat dll / Buah :: kiwi/apel/pir/ naga merah ,manggis ,jeruk dll.                                
    Pantangan ::  Teh / Kopi / coklat, soft Drink dan khusus ibu : Kacang 2 an ( tahu / tempe/kacang kedelai /kacang ijo ).          
    bapak : wajib 2-5 btr / hari putih telur bebek.          
    Wajib —> olah raga, Tidur sblum j 11 pm , jaga kondisi fit , happy

  6. JM

    Sebaik nya ibu banyak bertanya ke dokter spog nya. klo bisa cari dokter yang spog k. fer.nanti akan di jelaskan panjang lebar. krn beliua konsultan.
    Untuk suami nya konsul ke dr sp and. untuk memperbaiki sperma nya. nanti akan di terapi hirmon dan juga di kasih obat untuk nutrisi sperma.
    Selama suntik hormon dan setelah ET. memang di anjurkan banyak makan putih telur untuk menghindari OHSS. ato boleh minum sari kutuk.
    Karna ada sebagian yg BT. kna sindrom ohss. krn respon tubuh terlalu berlebihan trhdap suntik hormon nya.ada yg sampe di suntik albumin, trs ada yg di sedot juga cairan nya klo sdh kena ohss.
    Setelah et sebaik nya bed rest untuk mempercepat penempelan embrio, dan biasa nya juga di kasih suntik dan obat penguat yg di masukin dr vagina.
    Semoga membantu, dan di lancarkan proses bt nya sampe berhasil….

  7. Twinmom

    Hallo nama vivi

    Saya melakukan ivf tahun 2013 akhir dan allhamulilah ivf pertama saya berhasil. saya hamil dan melahirkan anak kembar sekarang umurnya hampir 2 tahun. Pada waktu program usia saya 28 tahun.

    Saya coba bantu jawab ya mbak berdasarkan pengalaman saya dulu
    1. Saya makan makanan sehat nasi tdk apa apa bebas, sayur setiap hari dan protein ikan laut saya makan salmon, gindara, tuna secara selang seling setiap harinya mulai dari 1 bulan sebelum program. Oiya selama program saya tidak makan telor ayam setiap hari tp kadang kadang aja kalau pingin dan saya makan semuanya bukan hanya putihnya
    2. Saya berhenti minum kopi dan teh 2 bulan sebelum program sampai si kembar umur 15 bulan saya cuman minum air putih dan setiap pagi saya dan suami minum jus wortel tomat sejak 2 bulan sebelum program sampai melahirkan
    3. Saya tidak meminum susu dan baru minum susu setelah saya mual mual mahil semester 1
    4. Saya minum vitamin setiap hari vitamin c untuk jaga kondisi badan, omega 3, dha, vitamin e (menurut temen saya yang dokter dan pernah ivf juga vit e akan membantu penempelan embrio ke rahim) semua saya minum 2 bulan sebelum program
    5. Saya tidak olah raga selama program. Sebelumnya saya rutin yoga dan kadang berenang
    6. Seya tidak makan tahu tempe dan kedelai 2 bulan sebelum program karena berdasarkan penelitian kecil saya itu akan mempersulit penempelan embrio dan tidak diajurkan juga kalau suami yang memiliki masalah sperma karena kedelai tidak bagus untuk pembentukan sperma

    Kalau suntik saya ke rsia bunda setiap malam selama 7-8 hari (saya ivf di bicmorula) jam nya antara jam 7-9 malam

    Setelah et saya tidak cuti, 3 hari setelah et saya kembali beraktivitas mengajar kembali sebagai dosen namun dibatasi saya mengajar dengan duduk dan pergi dengan supir. Iya saya juga berhenti pakai high heels 6 bulan sebelum program. Karena buat saya kalau selama 2 minggu nunggu hasil saya malah stress jadi mendingan ngajar aja.

    Satu saran saya iklas, tawakal dan tidak berharap apa apa (makanya saya tetep bekerja karena saya anggap proses biasa saja yang saya musti jalani), berdoa bukan minta keturunam tetepi minta hasil yang terbaik saja.

    Itu saja sih vivi … Tapi kembali lagi ke badan masing masing orang jadi jangan disamakan konsultasikan setiap apa yang akan kita lakukan dan konsumsi ke dokter kita masing masing.

    Semoga berhasil ..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*