Laparoskopi untuk membersihkan darah, inseminasi – Hayden

Hi all,

Perkenalkan nama saya Hayden dan saya sudah married 1,5 taun, sampai saat ini saya belum mempunyai momongan. Sejak 6 bulan masa nikah saya sudah mulai berobat ke dokter karna saya pengen banget punya baby.

So far saya uda berganti 2 dokter n Dokter ke 3 saya, and hopefully yg terakhir saya ke Dr I. Kunjungan saya baru 1 minggu yg lalu, ketika saya konsul dan dlakukan USG, Dokter suspect saya ada kista ( sy smpat wonder karna dokter2 sbelum nya menyatakan baik kondisi saya ( USG n HSG ) dan suami baik2 saja. ). Dokter I merujuk sy tuk melakukan USG 4 dimensi k dokter rujukan beliau n dokter rujukan menyatakan tidak ada sesuatu yang harus d worry karna hasil dr USG nya Dr. I jauh berbeda dgn Dr rujukan. Dr rujukan menyatakan bisa jadi kista yg terlihat efek dr obat penyubur yang dminum 1 bln lalu. Dr rujukan menyarankan untuk USG kembali 2 minggu dr jadwal USG sy ktika itu.

Beberapa hari yg lalu sy kembali k Dr I dan hasil dr kunjungan Dr I menyarankan saya untuk kembali lagi bulan depan ktika sy haid. Btw ktika kunjungan pertama dgn Dr I sy juga melakukan test hormon yng mennyatakan tdk ada masalah dgn hormon sy kcuali yg menunjukan ada nya hormon kista saja. Kesimpulan nya bulan depan saya akan d USG lagi untuk melihat apakah memang benar kista atau efek obat ( jikalau efek obat, pasti nya akan hilang ketika saya melakukan next USG ). Dr I menyarankan sy utk laparoskopi untuk membersihkan darah’ n melakukan inseminasi jikala kista nya tidak ada. Pertanyaan saya:

  1. Apakah ada efek samping dr inseminasi?
  2. Apakah laparoskopi itu major operation? Brapa lama saya harus stay d rumkit? Apakah akan dlakukan pembiusan total?
  3. Masih wonder kenapa sampai skrang sy lom hamil, sedangkan smua hasil menunjukan dalam keadaan baik. Apakah faktor keputihan bisa mempengaruhi hamil atau tidak nya seseorang

So mohon bantuan tman2 smua nya utk share masalah2 sy. Thanks sblum nya sy ucapkan..

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 4.25 out of 5)
Loading...

17 thoughts on “Laparoskopi untuk membersihkan darah, inseminasi – Hayden

  1. christina

    Dear Hayden
    Lam kenal ya, namaku christina.
    Mungkin aku sedikir menjawab pertanyaanmu karena kebetulan aku juga mengalami.
    1. Apakah inseminasi ada efek samping. Menurut penjelasan dokterku, tentunya setiap obat hormon yang kita minum apabila terlalu sering akan menimbulkan efek.
    Sebelum insem biasanya kita diberikan hormon untuk memperbesar sel telur dan menebalkan rahim.
    Hormon ini juga akan menyuburkan kista/miom (kalau kita ada kista/miom). Makanya biasanya apabila akan melakukan insem lagi disuruh tunggu 3 bulan agar hormon kembali normal.
    2. Laparoskopi bukan operasi besar. Di perut akan dibuat 3 lubang sepanjang kurang lebih 1 cm seperti setiga, untuk memasukan alat, untuk melihat letak kista, dan satunya aku kurang jelas. Kalau aku dulu laparatomi (operasi caesar) karena kasus ET dan sekaligus ambil kasta dan miom. Pembiusan lokal dari perut sampai kaki. Kita dalam kondisi sadar.DI RS sekitar 3-4 hari, tergantung kondisi masing-masing. Saya dgn operasi laparatomi hanya 3 hari dah bisa pulang.
    3. Keputihan bisa menjadi salah satu penyebab susah hamil. Keputihan bisa menyebabkan infeksi yang berakibat perlengketan, dari rahim, saluran tuba sampai ke ovarium.
    Saran saya segera lakukan pengobatan apabila ada keputihan.
    Mungkin itu sedikit gambaran penjelasan saya. Mungkin ada temen lain yang bisa bantu menambah.

  2. Hayden

    Dear Christina,

    Thanks atas info nya. Btw gimana dengan kamu? apakah berhasil dengan program insem nya? Boleh tau kamu berobat dengan dokter sapa?

  3. christina

    Met jumpa lagi Hayden..
    Setelah kasus ET, dokterku dah nyarani untuk ikut BT. Tapi aku masih coba insem, dan hasilnya gagal. Tentunya aku penasaran ya kenapa gagal.
    Sebelum memutuskan ikut BT, aku coba konsul ke dokter lain. Dan dari penjelasan dr yg baru ini, ternyata ovariumku ada perlengketan sehingga sel telur tidak bisa lepas. Mau insem berapa kalipun pastinya tidak berhasil. Dengan penjelasan tsb aku jadi tambah mantap ikut BT.
    Tapi kembali aku harus menerima nasib… Des’09 lalu BT-ku tidak berhasil. Padahal semua berjalan lancar dan bagus. Mungkin aku kurang pasrah dan terlalu percaya diri sehingga Tuhan belum kasih aku berhasil dengan usahaku. Yang jelas aku tidak boleh larut dalam kesedihan. Bangkit lagi, berusaha lagi, coba lagi dan lagi…. Rencana Maret ini aku coba BT lagi.
    Aku sudah ganti 3 dokter. Pertama di Harkit selama 1 tahun, pindah ke Bunda 1.5 tahun (berhasil hamil), dan sekarang di Gading Pluit. Kdang bosen juga dengan programku ini. Ketiga dokter tsb hampir tidak beda terapinya. Mungkin Tuhan saja memang yang belum kasih aku keturunan. Aku hanya berharap semoga usahaku terakhir ini berhasil, jadi aku bisa menajdi Mom seperti Mom yang lain.
    Wahhhh dah capek ngebacanya ya. Ok deh sambung lain kali….. Daaahhhh

  4. Hayden

    Hi Chris,

    Btw ET paan? 😉 Di Bunda lo ama dokter sapa n maksud nya lo berhasil hamil, gmana tu klanjutan nya? jujur se gua smpat juga smpe pada tahap putus asa… ampe nangis’ bombay ndiri malam are kalo suami da tidur.. abis kayanya pedih aja tiap bln berharap moga’ jadi n end up nya tamu bulanan datang mlulu.. btw lo da married brapa lama? Gua doain moga ur next try berhasil.. 😉 Ganbate..

  5. christina

    Malem Hayden…
    Aku jawab pertanyaanmu dari pertama
    ET adalah proses transfer embrio pada program bayi tabung, setelah sel telur dibuahi maka siap di taruh di rahim.
    Aku di Bunda dengan Dr. Taufik Jamaan. Orangnnya pendiem tapi baik dan sabar. Setelah dengan Dr pertamaku tidak berhasil hamil (malah badanku tambah gemuk) aku pindah ke dia. Terapi dengan dia sekitar 6 bulan, diputuskan untuk insem dan berhasil hamil Tapi Tuhan punya rencana sendiri. Aku hamil di lura kandungan (di tuba kiri), dan usia 6 minggu terpaksa dilakukan laparatomi, sekalian ambil miom dan kista.
    Setalah 1 th dari operasiku aku belum hamil juga, maka aku putuskan ikut BT. Kenapa pindah dokter? Aku tidak ada masalah dengan Dr. sebelumnya. Hanya karena temen kantor berhasil hamil dengan BT-nya, maka aku pindah ke dokter dia di Gading Pluit.
    Aku sudah menikah 3 tahun. Mengingat umur berjalan terus mau tidak mau aku harus ikut BT lagi. Apalagi dengan kondisiku tinggal 1 saluran tuba. Moga saja Tuhan melihat perjuanganku ya…. jadi usahaku membuahkan hasil
    Hayden jangan putus asa. Selama kita masih diberi kemampuan untuk berusaha maka usahakan semaksimal mungkin untuk harapan kita.

  6. Hayden

    Hi Chris… gua doain moga program lo sukses y.. d Gading Pluit lo ama dokter sapa? Kalo boleh tau brapa biaya nya?

  7. yenny

    Hi, aku mau jawab yg no 2, krn pernah dilaparoskopi, bius total dan hanya menginap 1 malam saja, kalo dokterku bilang laparoskopy itu operasi canggih ^_^ mgkn msh termasuk major jg ya soalnya bius total sih.. gitu, semoga membantu

  8. Hayden

    Hi all!

    Mau sharing lagi ney, ttg kasus saya. 2 minggu yang lalu, saya balik k dokter I, tuk memastikan apakah sy benar punya kista. ternyata stelah d USG, kista yang di takut kan hanya kista bayangan karna efek dr obay penyubur yang saya minum di bulan” sebelum nya. Na sekarang kayanya saya punya masalah dengan keputihan, lately ketika saya buang air kecil suka ada kaya lendir yang bewarna seperti susu yang keluar beserta air seni saya. Apakah itu keputihan? Karna ketika saya konsul dengan dokter I, mengenai keputihan, beliau info kalo tidak gatal bukan sesuatu yang harus d worry kan. Makanya sekarang saya bingung. Apakah ada teman2 yang punya pengalaman yang sama dengan saya? Bisa d share obat apa yang harus diminum? Thanks lho sebelum nya.

  9. erlyna

    Hi Hayden …
    Keputihan yang kayak susu disebabkan oleh jamur. Kalo sedikit tidak apa2, malah dokter kdg tdk mau mengobati , jamur itu berguna bagi vagina juga. Kalo makan asam berlebihan jamur ini menjadi2, kombinasi bakteri lain dengan jamur ini bisa memparah keadaan. Perhatikan juga cara kita cebok waktu BAB, jangan usap vagina sesudah usap dubur.

  10. christina

    @Hyden: Sori baru jawab emapil Hayden. Di Gading Pluit dengan Dr. Irsal, lumayan banyak juga pasiennya sekarang. Karena aku dengan long protocol, biaya sekitar 65jt.
    UNtuk BT kedua ini hasilnya jauh lebih jelek dari yg PT. Embrioku hanya 3 dgn kualitas moderate. Harapan semakin tipis, sedih rasanya. Kalau ini gagal, dan Tuhan masih kasih aku rejeki, aku mau coba BT lagi tapi mungkin ganti dokter atau bahkan kembali ke dokter yang lama. Sapai tahu aku memang cocok dengan dokter yg lama.

  11. wirati

    salam kenal yah.
    6 bulan yang lalu setelah hasil pemeriksaan HSG, hasilnya ke2 tubaku non patent!!n dokter saranin aku untuk laparoskopi. Karena biayanya cukup mahal jd aku pikir2 dulu sambil cari alternatif. Tp kelihatannya blm jodoh setelah berobat dialternatif, setelah aku pertimbangkan dengan suami n ortu mrk sih saranin untuk segera LO. Tmn2 ada yg pernah pnya pengalaman gk yah berhasil hamil setelah LO??O

  12. eva

    ada yg py pengalaman inseminasi di rsab harapan kita? dgn dokter siapa? sy lg mencari dokter yg bagus u/ inseminasi di daerah jakarta barat atau jak-ut.. thanx

  13. sisca

    @eva:
    insem di klinik infertility deh….jgn insem di RS biasa dg obgyn biasa….mslh organ reproduksi wnt hrs ditangani dokter obgyn yg berpengalaman di bid infertilitas…
    dokter obgyn biasa bnyk sih…..tp yg pengalaman utk menangani wnt yg sulit pny anak hrs oleh dokter obgyn khusus infertil….krn biasanya klinik infertility alat2nya lengkap shg ga dilempar ke laborat lain jk mau test tertentu…..
    coba di BIC,Morula,RS Family,Gading Pluit,dll
    ini sharingku….

  14. Christina

    @Eva…. setuju dengan Sisca, sebaiknya kita berobat atau bahkan melakukan tindakan memang dengan ahlinya. Pastinya dokter yg menangani fertilitas sudah banyak belajar dan pengalaman untuk menangani masalah tsb.

  15. eva

    @sisca: thanx ya sis.. ak sbnrnya rencana bt di penang. tp sblm ke penang ak mau cb insem 1 kali lagi siapa tau berhasil.. ak feb kmrn ke penang n didiagnosa dokter ada adenomiosis di rahim n hormon fsh tinggi.ak dikasih suntikan zoladex u/ 3bln menghentikan mens. nah ak mau cb insem lg pd saat mens periode 1 ini.. ada referensi dokter yg bagus ga? dokter yg teliti dan ga buru2 kl konsul… thanx ya sis

  16. ita

    Suamiku spermanya kurang bagus. Suami ku melakukan pengobatan dengan dok hermawan selama 1thn, sperma suamiku ada peningkatan dari 2jt menjadi 24jt. Dok menyarankan kami untuk insem di rs.siloam kebon jeruk. Setelah insem pertama gagal. Sedih banget. Skg masih binggung apa tindakan selanjutnya.

    Kalo ada masalah pada rahim ke malaka aja. Rs.mahkota dng dok selva.
    Aku dulu ada miom 10cm lebih,setelah ke kucing dok nya ga berani operasi, karena terlalu besar. Akhirnya saya di suntik monopous selama 3bln, setelah itu kakak ku sarani aku ke dok selva di malaka. Aku lgs ke sana untuk operasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*