Kost untuk Pasien Bayi Tabung di BIC – Mea

Halo temen2 seperjuangan :-) Aku mea. Saat ini aku sedang mengikuti program bayi tabung long protocol di BIC (Bunda International Clinic), Jln Cik Di Tiro, Jakarta. Aku pasien dr Ivan Sini.

Sekarang aku sedang mengonsumsi pil KB Microgynon. Tgl 28.12.2009 nanti aku mulai semprot synarel dan awal bulan Januari 2010 (setelah mens) aku mulai suntik gonal F.

Selama ini aku bolak-balik Depok – Menteng. Tapi pengennya nanti pas udah mulai suntik Gonal F, aku sudah kost di dekat BIC/RS Bunda. Biar gak capek dan bisa fokus dengan program yang aku jalani itu.

Sebenernya kemarin sudah sempat tanya ke suster Atta dan suster Eni (perawat di BIC). Tapi menurut mereka, rumah kost yang biasanya dihuni oleh pasien Program Bayi Tabung di dekat BIC sedang penuh. Kalau pun ada harus tunggu pertengahan Januari 2010 (itu pun tidak pasti). Jadi mau gak mau aku harus nyari sendiri rumah kost lain yang dekat dengan BIC.

Ada temen-temen yang punya info atau pengalaman kost di dekat BIC gak? Kalau ada, please share pengalamannya dong. Dan kalau bisa sekalian alamat kost dan nomor teleponnya.

Sebelumnya aku ucapin makasih banyak atas bantuan temen-temen semua. Semoga kita bisa sukses dengan program kehamilan yang sedang kita jalani.

FacebookTwitterGoogle+Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading...Loading...

114 thoughts on “Kost untuk Pasien Bayi Tabung di BIC – Mea

  1. mea

    @yuli:
    it’s ok, dear. insya Allah kekecewaan yuli kali ini akan segera terganti dengan kebahagiaan di thaw cycle nanti. jangan berhenti berharap & berusaha. Allah pasti denger doa & keinginan yuli. aku gak bisa bilang apa2 lagi, hanya doa semoga Allah senantiasa menguatkan langkah2 yuli untuk meraih asa di depan sana. amiin.

  2. veronica

    @mea: mea ET jam brapa?
    sy jam 09.45 besok jumat
    bisa bareng kayaknya ya?
    mea abis OPU sampe ET hrs bnr” bedrest yah?
    emang biasa nya ada jarak 4hran ya dr OPU sampe ET?
    td terakhir USG telurku ada yg gede bgt sekitar 3cm
    kt dr.Ivan biasanya itu cm cangkangnya doang, dalemnya kosong,kok bisa gitu ya?
    oya mea akup di dr.Loona?
    masih akup ga abis OPU?
    kt dr.Loona abis OPU sampe ET masih ada akup sekali lg ya biar bdn relax gt
    trus aku disuruh jgn buka web lg nti jd pikiran hehehe tetep aja bandel,abis nganggur sih bete
    ok deh sampe ketemu jumat ya mea
    moga” kita berhasil
    semangat!!!

  3. mea

    @veronica:
    habis OPU sampai ET aku gak bedrest kok. tapi karena perut lumayan kembung & kentut melulu, jadi ya memang lebih banyak di rumah. jalan juga mulai pelan2 (itung2 latian pasca ET). hari ini aku juga masih sempet ke yasmin untuk akupunktur dgn dr loona.

    soal telur yang besarnya mpe 3 cm, gak usah dipikirin. kan telurnya gak cuma satu. dibawa santai aja. entar habis ET juga baiknya hiatus dulu, ada baiknya saran dari dr loona dilaksanakan. sapatau bisa lebih menenangkan hati. tadi dr loona juga menyarankan agar pasrah & banyak doa. biar gak terlalu kepikiran:) moga2 kita semua bisa berhasil di program IVF yang kita jalani ini. amiin.

    @all:
    mo pamit dulu ya, temen2. makasih banyak udah meramaikan thread ini. rencananya mo hiatus dulu dari web ini. moga2 bisa menenangkan hati & pikiran. moga2 juga nanti setelah aku balik, akan ada berita gembira dari temen2 semua. tetep semangat semuanya… insya Allah kita saling mendoakan terus ya.

  4. evfia

    Hai veronica kamu opu jumat kemarin berarti barengan ya sama aku, dapat brp telunya? Di masukin brp ada ym gak add aku ya indriveronica@yahoomcom. Aku masih nunggu pengumuman nih tanggal 7 feb deg deg an bgt

  5. Retha Wowor

    hai.. teman2 salam kenal ya.. aku Retha. Tinggal di Surabaya en berencana mau ikut BT bulan Maret di Siloam Surabaya. Serunya baca pengalaman kalian semua mengenai BT, aku jd banyak tau tentang proses BT en bisa mempersiapkan diri n mental buat bulan depan. Yg aku heran, kok sebelum BT ada yg minum pil KB yaa.. untuk apa?? sedangkan aku hanya disuruh dtg bulan depan pas mens hari pertama untuk USG en check up.. Aku jd deg2an sendiri niy baca proses OPU.. ngebayangin sakitya kayak apa.. hehehe… Buat semua semoga sukses ya BT’nya en dapat hasil yg terbaik.. amiiiiin

  6. cahya

    @Retha: Gak perlu ngebayangin sakitnya, coba bayangin yg enak2 aja (seperti senangnya diberi kesempatan tuk berusaha sehingga kelak tak timbul penyesalan krn tak mencoba, senangnya menjd ibu yg sempurna krn bisa melahirkan & berjihad, senangnya punya anak yg lucu sehat & berbakti). dll.
    Saya bulan kemarin sdh menjalani pra BT (cek lab, USG & hari ini mulai suntik Suprefact 0,4 ml) di Siloam Surabaya sama dr. Aucky.
    Rencana awal Maret 2010 ini ke Surabaya utk tindakan lanjutan.
    Saya tinggal & bekerja di Jakarta.
    Retha ada info gak, tempat kost keluarga di Surabaya. Rencana 1 bulan nanti (Maret) kost disana sesuai petunjuk Dokter. Gak perlu yg mahal2, hehe.
    BTW, saya mau tanya buat yg sdh pengalaman nih, begini : sebelum ke Surabaya saya akan jalan2 ke Singapura. Kalo bawa injeksi Suprefact (soalnya suntiknya tiap hari & gak boleh sampai kelupaan), aman kan dari pemeriksaan di bandaranya?
    Thanks buat semuanya, wishing our luck.

  7. retha wowor

    @ Cahya: hehehe… Iya niy aku lg berusaha biar ga sutrisno (stres)… Abis belum2 dah deg2an duluan… Mba Cahya kapan ke surabaya?? Oiya, mba lg cr kos2an yg budgetnya brp?? Pake AC ato ga?? Mba, bisa kontak aku di retha.prasetya@gmail.com…. Kutunggu yaa… Thx

  8. sisca

    buat mea….
    gimana kabarnya????berhasil hamil ndak?????sharing dong….jangan tiarap.berhasil dan tidak tetap sharing ya buat namabah smangat kita2 ini….

  9. mea

    temen2,
    mohon maaf tidak pernah memberi kabar. karena sesuatu hal, aku terpaksa menunda kabar hasil IVF yang sudah aku jalani.

    alhamdulillah, 4 februari 2010 yg lalu, aku dinyatakan hamil dengan bhcg 223. tetapi kebahagiaan itu berganti dengan kekhawatiran di hari berikutnya, karena ternyata dimerku lumayan tinggi: 2452. sama hematolog sebenernya disarankan langsung suntik lovenox untuk mengencerkan darahku. tp karena aku masih ragu dengan kandungannya (pengolahannya menggunakan enzim babi), aku tidak langsung meng-iya-kan anjuran tersebut. alhamdulillah di minggu2 kemudian dimer-ku udah turun ke nilai normal (<500), jadi tidak perlu suntik lagi.

    akhir februari sempat divonis blighted ovum karena yg terlihat baru kantung-nya. alhamdulillah awal maret kemaren aku bisa mendengar detak jantung janinku. karena ukuran detak janinku masih di bawah standar, dr ivan sarankan untuk suntik pengencer darah. aku akhirnya pilih suntik dengan inviclot (heparin yg bahannya terbuat dari sapi). efektivitas inviclot ini memang dibawah lovenox, tp dgn pertimbangan tertentu, akhirnya aku pilih inviclot ini. aku suntik inviclot ini sehari 2x dgn dosis 1cc/suntikan.

    tapi ternyata, 2 minggu sejak detak janinku terdengar, janinku divonis tidak berkembang. detak jantungnya masih ada, tapi sudah lemah sekali. seminggu kemudian dilihat malah detak jantungnya sudah gak ada lagi. ternyata heparin yang aku suntikkan tiap hari di perut tidak bisa membantu janinku berkembang:( sedih banget, tapi mau bagaimana lagi. mungkin ini memang yg terbaik untuk aku dan si janin.

    akhirnya hari minggu kemaren (28.03.2010), aku harus kuret. alhamdulillah semua berjalan lancar. aku, suami dan keluarga besar kami pun sudah meng-ikhlaskan semuanya. biarlah ia jadi tabungan kami di akhirat nanti, insya Allah.

    saat ini aku sedang istirahat dulu dari obat2 hormon. kata dr ivan sebaiknya aku istirahat dulu minimal 2 siklus, biar rahimku kembali normal dan siap untuk hamil kembali. setelah itu baru melangkah ke tahap thaw cycle (alhamdulillah kami masih punya tabungan 3 embrio).

    buat temen2 yang sedang bersiap untuk IVF: good luck! semoga kalian berhasil hamil dan bisa lancar sampai lahiran nanti.
    buat yg belum berhasil: yuk tetep semangat! insya Allah kita akan berhasil punya baby suatu hari nanti. yg penting jangan berhenti usaha dan berharap ya!

  10. ike

    Hi mea,
    Memang awalnya saat terima resep lovenox saya juga kaget karena ada kandungan babi.

    Namun suami berpikir keras ttg hal tsb diantara 2 kondisi : take it or leave it LOVENOX; Dan setelah merenung sendiri akhirnya suami ketemu inspirasi jawaban yang cocok namun ada beberapa hal yang mungkin bisa saya share denga Mbak Mea disini:
    1. Apa yang akan terjadi bila kondisi Janin hidup berdetak jantung dibiarkan tanpa bantuan obat tersebut?
    2. Adakah alternatif lain saat keadaan itu terjadi yang dapat diambil sebagai
    tindakan penyelamatan?

    Dari 2 hal diatas mungkin dapat disimpulkan keadaan saat dimana penyakit/masalah tersebut menyerang Janin kita. maksud saya hanya menegaskan untuk mengetahui tingkat kedaruratan suatu keadaan sehingga boleh dibenarkan menurut Syariah untuk melakukan tindakan yang dalam situasi normal tidak boleh dikerjakan. Misalnya dengan menerima obat yang mengandung zat yang terlarang tersebut. Ini pula saya kira yang dijadikan panduan ulama Islam, namun biasanya bila dibenarkan oleh Majelis Ulama Arab Saudi maka seyogyanya diberikan label “Halal untuk darurat”sama seperti misalnya dibenarkannya kandungan alkohol kadar rendah untuk obat batuk misalnya.

    Memang setahu saya, sebagian besar obat-obatan sekelas Lovenox seperti
    misalnya Heparin dan lainnya adalah obat-obatan yang dibuat dari bahan yang
    boleh dibilang “haram”. Namun bila pemakaiannya adalah karena kondisi yang
    darurat, saya berdoa moga2 dalam hal ini boleh mendapat maaf dari Allah SWT.

    Justru malah saya kira bila kita mendiamkan kondisi berbahaya ini yang dapat berakibat fatal disaat ada jalan keluar dari masalah ini dan tidak diambil, maka jadi DOSA juga yang kita lakukan tersebut.
    Karena unsur sengaja “mengabaikan” padahal mengetahui ada jalan tp tidak dilaksanakan.

  11. mea

    @ike:

    mohon maaf kalo pernyataan tentang lovenox yang mengandung babi itu (secara tidak sengaja) menyinggung perasaan ike & temen2 yang lain. aku tidak bermaksud untuk membesar-besarkan perbedaan. tapi justru berterus terang soal enzim babi tersebut agar saat temen2 ada yang mengalami hal yang sama sudah tidak kaget lagi dan bisa tau apa yang harus dilakukan jika kondisi tersebut terjadi pada diri mereka.

    saat tau kandungan lovenox itu di awal kehamilan, aku bener-bener kaget. terus terang itu saat yang sulit untuk mengambil keputusan. keluargaku sendiri gak masalah klo aku harus pakai suntikan itu. tapi karena pihak keluarga suami keberatan, posisiku tambah sulit saat itu. aku waktu itu cuma bisa terus berdoa, moga2 ada jalan lain untuk masalahku itu. sampai akhirnya ada seseorang yang berbagi informasi mengenai inviclot yang mengandung sapi itu melalui email dan ia berhasil melahirkan dengan selamat setelah 3x keguguran. saat tau tentang inviclot itu, aku langsung suntik tiap hari 2x. aku sudah merasa lebih tenang saat itu karena tau apa kandungan inviclot. walau pada kasusku, inviclot ini tidak berhasil menolong.

    ike, aku gak pernah menyalahkan temen2 yang akhirnya berkeputusan langsung pakai lovenox begitu dokter menyarankan. aku tau itu kondisi yang darurat dan pastilah berat sebagai seorang muslim untuk mengambil keputusan itu. tapi di kondisiku saat itu, bener2 sulit bagiku untuk mengiyakan saran dokter. kalau saja ada restu dari mertua untuk segera suntik pakai lovenox, tentu hal itu akan mudah diatasi. kalau saja tidak menyuntikkan lovenox saat itu dianggap sebagai dosa, menurutku itu hanya Allah yang tau. semoga Allah paham mengapa saat itu aku tidak langsung suntik lovenox.

    ike, tolong jangan salah paham lagi mengenai hal ini ya. sekali lagi mohon maaf bila ada kata-kataku yang kurang berkenan di hati ike & temen2. aku tetep salut sama temen2 yang langsung berani suntik lovenox. tidak seperti aku yang harus bimbang dulu untuk memutuskan. aku terus berdoa untuk kesehatan ike & baby. semoga bisa lancar terus sampe lairan. makasih juga atas doanya ya. insya Allah apapun yang terjadi, itu semua adalah kehendak-Nya. kita tinggal menjalani dan mengikhlaskan apa yang terjadi.

  12. linda tobink

    hi..salam kenal semua..,saya sangat terinspirasi dan merasa yakin untuk menjalani program BT, saya berdomisili di medan, umur sudah 33thn (6 tahun menikah)..,saya beserta suami berencana program nya d medan saja..,dan kemungkinan senin/selasa 7 juni 2010 kan langsung dimulai setelah melewati tahapan pra…,mohon doanya…

  13. There

    Dear all,
    Mau tanya nih, mungkin tidak saya melakukan IVF dengan kondisi prolaktin agak tinggi?
    terus terang saya sudah bosan mengkonsumsi obat2 an lagi (sudah 6 tahun saya mengkonsumsi obat2an demi usaha punya anak)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*