bayi tabung

Pengalaman bayi tabung dalam mengatasi masalah kesuburan untuk mendapatkan si buah hati

25th December 2009

Kost untuk Pasien Bayi Tabung di BIC – Mea

Halo temen2 seperjuangan :-) Aku mea. Saat ini aku sedang mengikuti program bayi tabung long protocol di BIC (Bunda International Clinic), Jln Cik Di Tiro, Jakarta. Aku pasien dr Ivan Sini.

Sekarang aku sedang mengonsumsi pil KB Microgynon. Tgl 28.12.2009 nanti aku mulai semprot synarel dan awal bulan Januari 2010 (setelah mens) aku mulai suntik gonal F.

Selama ini aku bolak-balik Depok – Menteng. Tapi pengennya nanti pas udah mulai suntik Gonal F, aku sudah kost di dekat BIC/RS Bunda. Biar gak capek dan bisa fokus dengan program yang aku jalani itu.

Sebenernya kemarin sudah sempat tanya ke suster Atta dan suster Eni (perawat di BIC). Tapi menurut mereka, rumah kost yang biasanya dihuni oleh pasien Program Bayi Tabung di dekat BIC sedang penuh. Kalau pun ada harus tunggu pertengahan Januari 2010 (itu pun tidak pasti). Jadi mau gak mau aku harus nyari sendiri rumah kost lain yang dekat dengan BIC.

Ada temen-temen yang punya info atau pengalaman kost di dekat BIC gak? Kalau ada, please share pengalamannya dong. Dan kalau bisa sekalian alamat kost dan nomor teleponnya.

Sebelumnya aku ucapin makasih banyak atas bantuan temen-temen semua. Semoga kita bisa sukses dengan program kehamilan yang sedang kita jalani.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 4.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

This entry was posted on Friday, December 25th, 2009 at 1:42 pm and is filed under Jakarta, Tempat program bayi tabung. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

There are currently 114 responses to “Kost untuk Pasien Bayi Tabung di BIC – Mea”

  1. 1 On December 26th, 2009, nurul said:

    mb mea tinggal d depok ya?sblh mana mb?aq jg tinggal di depok belakang bumi pancoran mas.oh ya aq jg kost mb stlha ET slm 3 bln d daerah raden saleh ggx pas depan rs.cikini..dsitu byk kok mb..cb aja jln2 kesana nama gangnya aq lupa sih..yg jelas byk deh t4 kost d sana nanya2 aja ama warga sekitar.

  2. 2 On December 26th, 2009, mea said:

    wah… mba nurul ternyata orang depok juga:) rumahku di belakang UI, mb. tuker info lanjut via imel yuk, biar bisa ngobrol lebih banyak. imelku: fraumea@yahoo.com. muakasih atas infonya ya, mbak.

  3. 3 On December 27th, 2009, nurul said:

    oke deh imelku nurulkhatmi@yahoo.com

  4. 4 On December 27th, 2009, dessy said:

    Mbak, aku juga punya pengalaman yg sama nih.. sekrang terpaksa ngekost di kuningan deh karna aku dari daerah and rumah kost penuh yg dekat BIC di Menteng (1,7jt/bln) .. Aku pasien Dr. Irham.jadwal Synarelku 1 January 2010.jangan2 kita pernak ketemu nih di ruang tunggu? hehe

    oya waktu beberapa minggu lalu aku sempat hunting kost and ada di jln Surabaya tapi mahal Mbak 4jt per bulan, lengkap sih kamarnya AC kamar mandi dalam, TV ada kolam renang lagi.. Tempatnya di Shraya Menteng Residence.. Oya denger2 di daerah Cikini dan dekat Percetakan Negara katanya bnyak kos-an juga? Good Luck yaa

  5. 5 On December 27th, 2009, dessy said:

    Mbak, aku juga punya pengalaman yg sama nih.. sekrang terpaksa ngekost di kuningan deh karna aku dari daerah and rumah kost penuh yg dekat BIC di Menteng (1,7jt/bln) .. Aku pasien Dr. Irham.jadwal Synarelku 1 January 2010.jangan2 kita pernah ketemu nih di ruang tunggu? hehe

    oya waktu beberapa minggu lalu aku sempat hunting kost and ada di jln Surabaya tapi mahal Mbak 4jt per bulan, lengkap sih kamarnya AC kamar mandi dalam, TV ada kolam renang lagi.. Tempatnya di Shraya Menteng Residence.. Oya denger2 di daerah Cikini dan dekat Percetakan Negara katanya bnyak kos-an juga? Good Luck yaa

  6. 6 On December 27th, 2009, mea said:

    @mb nurul:
    makasih, mbak. tar lanjut crita2 ttg kost-nya via imel aja ya:)

    @mb dessy:
    halo, salam kenal ya, mbak. iya nih jgn2 kita pernah ketemuan di BIC:)
    mb kost di kuningan sebelah mana? tarif & fasilitasnya apa aja ya? klo naek taksi dari kost-an mbak dessy ke BIC kena biaya berapa?

    ttg Shraya, kemaren sore baru kuliat juga. info-nya dpt dari infokost dotnet.tempatnya emang bagus ya, gak kalah sama hotel:) penjaga rumah dan pembantunya juga ramah. sepakat sama mbak, harganya masih mahal di kantong:D makanya nih masih hunting terus biar dapat kost yang tarifnya lebih murah. gak usah mewah, yg penting bikin kita nyaman & betah:) thx anyway atas infonya ya, mbak.

  7. 7 On December 28th, 2009, olif said:

    hai alls….

    aq tinggal di cilandak ada rencana program di BIC Insyaalloh & pengennya jg ngekos setelah ikut program… kbetulan kantorku di jl.HR rasuna Said deket juga kl mo ke BIC, kl temen2 mau hunting di belakang kantor banyak banget kos2an, dr yg sederhana 700rb-an (tuk mahasiswa perbanas) mpe yg mewah 2 s/d 4jt ….moga bermanfaat

  8. 8 On December 28th, 2009, Sherly said:

    Hi….

    Aku juga pernah kost mba sewaktu menjalankan bayi tabung di BIC. Di daerah kuningan tempat kostnya bagus seperti di hotel and pemilik and karyawannya ramah2 mba. Kamarnya juga di bersihkan setiap hari, harga kamarnya 2 – 3 juta. Kalau mba mau nanti saya carikan dulu kartu namanya.

  9. 9 On December 28th, 2009, Laisya said:

    Hi Mea,
    Lam kenal ya..
    iya aq jg ada rencana january ini ikutan bayi tabung u yg ke 3 kalinya (2xsebelumnya di Siloam surabaya),aq mau tanya u program BT di BIC brp biaya nya ya?coz klu di siloam sby 40jt net..
    Terima kasih sblmnya ya..

  10. 10 On December 29th, 2009, mea said:

    @olif:
    makasih atas info-nya. berguna banget untuk temen2 pasien IVF BIC yang perlu dan kebetulan belum dapat kost. alhamdulillah kemaren aku dah dpt kost-nya. gak dapat yang kamar mandi dalam sih, soalnya kamar lain yg berkamar mandi dalam sedang penuh. tp karena gak terlalu jauh dari BIC dan yang punya kost juga insya Allah baik, aku langsung aja booking. sebelumnya aku dah nyari-nyari sampe dkt stasiun gondangdia, jln cikini raya, jln raden saleh, jln pegangsaan barat, jln cilacap & jln surabaya.

    @laisya:
    halo, salam kenal juga ya.

    di BIC untuk fresh cycle biasanya kena antara 50-60 juta. tergantung pemakaian gonal F-nya.
    kalo aku kebetulan ikut program promo dalam rangka hari ibu. berlaku-nya dari tgl 5 november s.d 30 desember. biayanya antara 39-49 juta (ada Pack 1 s.d 4, tergantung pemakaian gonal F). aku sendiri ambil yg Pack 1 (pemakaian gonal F maksimal 1.800 IU), kenanya 39 juta itu. moga2 sih aku gak perlu nambah dosis gonal F, jadi kan biaya tidak membengkak:) amiin.

    sebenernya aku tertarik juga ikut IVF di siloam surabaya. ya karena biayanya lebih murah itu. tp karena udah merasa nyaman konsul dengan dr ivan sini dan bbrp pertimbangan lainnya, aku ttp pilih IVF di BIC.

    moga2 bisa berhasil di cycle berikutnya ya, laisya! ttp semangat!

  11. 11 On December 29th, 2009, mea said:

    @olif:
    olif di BIC konsul dengan dokter siapa? jgn2 sama2 pasien dr ivan sini nih:)

  12. 12 On December 29th, 2009, olif said:

    to mea….

    lho ada program PROMO juga ya di BIC???? wah tau gitu ikut yg PROMO hehe telat deh infonya….

    aq dulu pernah ikut di Harapan Kita tp belum berhasil ….trus yg mendatang insyaalloh 2010 di BIC dg dr.Taufik…

    buat temen2 kalo ada info program2 yg berbau2 PROMO gitu mohon di beritakan di web ini ya??? sangat membantu kita semua lho!!!!

  13. 13 On December 29th, 2009, Laisya said:

    To Mea,
    Terima kasih untuk Info & Spirit nya spy kita tetap semangat..
    Btw,kalau aq daftar besok untuk program IVF di BIC masih dapet harga promo ga ya?
    Thanks a lot b4

  14. 14 On December 29th, 2009, mea said:

    @olif:
    kemaren aku tau ada program promo awalnya dari facebook: bayi tabung club. dr ivan juga kasih info ini pas aku & suami bilang ingin segera program IVF. dr taufik mungkin lupa gak cerita ke olif ttg adanya program promo ini. di resepsionis/kasir BIC kemaren senin (28.12.2009) info tersebut juga masih ada kok.

    biasanya pertengahan tahun (juni/juli) BIC juga ngadain program promo. kebetulan pas konsul pasca lebaran yang lalu, ada pasien IVF-nya dr Irham (dia dari padang) yg share ttg program promo yg dia ikuti (waktu itu kami pas sama2 nunggu dokter). pada program bulan juni/juli 2009 yang lalu, apapun kasusnya klo gak salah habisnya cuma 50 jt (biasanya klo pake gonal F banyak kan bisa sampe 60 jt).

    setelah aku lihat2, program promo ini bisa murah karena biaya prosedur OPU & ET yg biasanya 27 juta, di program promo ini kita hanya bayar 20 juta. mayan lah… save 7 jutaan, bisa untuk kost dan periksa lab:)

    @laisya:
    tentang bisa gak-nya bsk ikut program, laisya bisa tanyakan langsung ke pihak BIC (telp: (021) 31922005. tanda join-nya itu kita bayar awal Rp 5jt (dpt konsul & USG gratis 4x plus obat semprot Synarel). tapi kata salah satu kasir, harus bayar juga untuk biaya term ke-2 (gonal F) yang besarnya sesuai pack yang kita butuhkan (ini perlu di-confirm lagi).

    klo kata dr ivan, aku cukup pake pack 1 (dosis terendah). krn laisya udah pernah IVF, berarti kan udah tau kira2 laisya butuh gonal F berapa iU. dari situ dpt ditentukan laisya mo ambil pack 1,2,3 atau 4.

    btw, laisya udah tau mo ke dokter siapa? dr ivan, dr taufik, dr indra atau dr irham?

  15. 15 On December 29th, 2009, mea said:

    @laisya:
    untuk biaya term ke-2 (gonal F) kemaren aku bayar Rp 14 juta. berarti tinggal 20 jt lagi yg harus aku bayar menjelang OPU bulan depan. aku sengaja bayar term ke-2 lebih cepat (aku baru suntik kira2 tgl 8 januari 2010). tapi mumpung promo, langsung aja aku bayar biaya term ke-2. lumayan banget bisa hemat 7 jutaan itu:)

  16. 16 On December 29th, 2009, Laisya said:

    Sebelum aq ikut bayi tabung di Siloam sby,aq pernah konsul dgn Dr Ivan,sehubungan dgn iklan di O’Channel mengenai klinik Morulla tsb,jd kyna aq sm Dr Ivan ajj dech..aq td sdh telp BIC & suster blg u hrg promo sdh tidak berlaku lg…hick..hick..
    dan kemungkinan promo lg pd bln agustusan ..duhh lama amat..keburu umur tambah tua…hehehe
    Ya udah ga papa dech jan ini aq ttp ikut BT di BIC,See U Mea..Aq doain program km untuk punya momongan Sukses dpt kembar pula..Amiennn

  17. 17 On December 29th, 2009, mea said:

    @laisya:
    wah… aku malah gak tau klo pernah ada iklannya Morula di O’Channel. padahal pengen tau klo lg di tipi tuh dr ivan kek apa sih tampilannya:)

    aku doakan moga2 tanpa program promo-pun akan ada rejeki lebih buat laisya & suami agar bisa lancar mengikuti prgrm IVF mendatang. aku juga ngrasain kok, klo kita udah punya keinginan baik yg hendak kita wujudkan, akan ada banyak jalan dan kemudahan yang ditunjukkan oleh-Nya. asal kita udah berdoa & berusaha, kita gak perlu khawatir apa yg akan terjadi di depan sana:)

    c u too, laisya. makasih atas doanya ya. moga2 doa tsb memantul lagi ke laisya dan teman2 lain yg sdg merindukan momongan:) amiin.

  18. 18 On December 30th, 2009, dessy said:

    @ Mba Mea: maaf baru OL .. wah selamat ya Mbak udah dapet kost-an deket BIC, duh senengnya, yg depan BIC persis itu ya Mbak..?

    aku dari kuningan 15 menit-an kalo naik taksi. fasilitas AC n kmr mndi dalem harga 1jt/bln. di sini emang daerah kost-an mhswi n karyawati gitu, mungkin bagi temen2 yg belum dapet kost-an di Menteng bisa melebarkan sayap ke sini hehe..

    Mba kapan jadwal konsul lg? kali aja ketemuan ;)

    @ All : semoga kita semua sukses ya programnya Amin

  19. 19 On December 30th, 2009, Diah said:

    Hai mea & semuanya salam kenal ni…
    aku juga pasien dr. Ivan, sekarang aku lagi tinggal nunggu ET aja yg rencananya hari sabtu besok tgl, 2-01-2010. Kebetulan aku juga ikut BT yg promo paket 4 ( 50 jt ) dgn dosis gonal F 2700~3600 iu, aku kena paket 4 krn dosis ku termasuk tinggi 1 x inj 300 iu ( gonal F ) sebanyak 10x ( = 3000 iu )+ 1x inj 150 iu jadi total gonal F yg ku pakai 3150 iu, karena menurut dr.Ivan telur ku sudah siap untuk diambil & sekarang aku masih punya sisa gonal F sebanyak 450 iu yg kalau dirupiahkan = Rp 3.750.000 krn kalau menurut suster disana harga per 75 iu nya = 625.000. Jadi pada kesempatan ini aku berminat menjualnya dengan harga miring ya setidaknya sama2 untunglah, krn dalam hal ini aku juga masih butuh tambahan dana untuk untuk membeli obat-obatan. Kemarin saja waktu aku OPU masih harus membeli obat sebesar 893 ribu karena semua obat & tes darah tidak termasuk dalam paket tersebut. Untuk temen2 kalau memang ada yg minat boleh hub aku lewat email diah_kk96@yahoo.co.id dengan memberikan no tlp biar kita bisa komunikasi langsung.

  20. 20 On December 31st, 2009, mea said:

    @mb dessy:
    iya mbak, akhirnya aku akan kost di dpn BIC itu. padahal bbrp hari sebelumnya aku dah hopeless, eh ternyata ada pasangan yg tiba2 harus pulang ke pekanbaru karena program-nya gagal (usia pasangan tsb udah di atas 45. hebat yah perjuangan mereka. salut!).

    pas ditelp sama pemilik kost, aku lg cari kost juga di daerah jln raden saleh. eh, tiba2 ada telpon yg ngasih tau klo ada kamar yg mulai hari itu dah kosong, tp sayangnya gak ada kamar mandinya. yowis gak papalah, aku ambil aja. alhamdulillah… sueneng banget pokoknya (kek iklan shampoo:D)

    di kost itu enaknya ada catering juga. jadi tar klo pas masa2 menunggu ‘raport’ rencananya mo minta dimasakkin aja sama pembantu disitu. biar bener2 istirahat & gak harus menyibukkan diri di dapur. yah… sekali2 memanjakan diri-lah. selama ini kan gak pake pembantu krn masih berdua sama suami:)

    btw, di kost mbak yg sekarang ada catering-nya juga kan? kemaren emang kepikiran untuk cari kost di kuningan. sapatau bisa deketan sama tempat kost-nya mbak dessy. eh ternyata udah keburu dapat yg dkt BIC itu.

    oh iya, aku akan konsul & USG lg tgl 7 januari 2009. itu sekalian penentuan berapa dosis gonal F yg aku perlukan. klo mbak dessy kapan? saling mendoakan moga2 kita berhasil hamil & punya baby yg sehat ya. amiin. yuk semangat!

  21. 21 On December 31st, 2009, mea said:

    @mb dessy:
    ups… salah, maksudnya bukan ’7 januari 2009′ tapi ’7 januari 2010′:)

  22. 22 On December 31st, 2009, dessy said:

    @ Mba Mea: Selamat ya Mbak atas kost-annya, aku ikut seneng..

    Tadinya aku ngarep yg tempat kost-an Mbak Ridia depan BIC itu juga karna katanya bisa katering juga kan Rp 70.000 per hari ya, tapi ya mungkin nggak rezekiku di sana jadi yah dinikmati aja di Kuningan sini hehe..

    Di Kuningan ini 1juta dah termasuk cuci gosok, AC , kmr mandi dalem and kamarnya juga gede banget maklumlah banyak persaingan rumah kost di sini jadi lebih murah dan itung2an Taksi juga cuma 15-25ribu ke Bunda. Di sini nggak katering tapi sekitar sini banyak warteg and Rumah makan, jadi ya aku coba enjoy aja deh hehe..

    Oya tgl 30 Desember kemaren aku baru bayar yang 14juta itu Mbak, trus jadwal aku test darah tgl 10 January, USG 11 January 2010, mudah2an lancar ya Mbak, kita saling mendoakan aja ya semoga semua langkah kita dimudahkan Tuhan dan kita bisa dapat anak yang sehat yaa Amin..

  23. 23 On December 31st, 2009, dessy said:

    @ Sherly: Mba Sherly dulu dimana kost-annya? boleh minta telp/hp-nya Mbak? Katering nggak Mbak dulu di sana? kali aja lebih nyaman dari tempatku yg skrg aku mungkin bisa pindah ke sana. Thanks ya Mbak

  24. 24 On January 1st, 2010, mea said:

    @sherly & diah:
    maaf baru bales. ini kayaknya lagi rada error di web-nya ato gimana ya? kemaren pas aku jawab pertanyaan mb dessy, pertanyaan sherly & diah gak ada, eh tiba2 di pas mlm taun baru pertanyaan kalian muncul, tp munculnya mendahului jawabanku ke mb dessy. maaf lho ya, aku ga bermaksud melewatkan pertanyaan kalian:)

    @sherly:
    salam kenal ya. makasih info-nya. boleh juga tuh di-share alamat kost di kuningan yg dulu pernah sherly tinggali. pasti deh berguna buat temen2 yg punya kesulitan spt yg pernah aku & mb dessy alami.
    btw, dulu program IVF-nya bulan apa & dokternya siapa? sekarang kandungannya udah berapa minggu?

    @ diah:
    salam kenal untuk sesama pasien dr ivan:) diah dari jakarta atau dari luar kota? aku ikut deg-degan baca ceritamu. apalagi besok dijadwalkan ET ya? semoga proses ET-nya bisa lancar, berhasil hamil & sehat terus sampe saatnya melahirkan nanti. amiin. doaku mengiringimu, mbak.

    ttg tawaran itu, semoga ada yg sdg proses suntik & segera menanggapi ya. aku sendiri sebenernya tertarik, tp kan blm masuk masa suntik. jadi belum tau apakah jatah dosis dari BIC itu kurang atau lebih. gonal-nya ttp disimpen baek2 ya, mbak. moga2 bisa membantu temen2 yg sudah masuk masa suntik & butuh tambahan dosis dgn harga miring. thx for sharing:)

    @mb dessy:
    heeh mbak, dinikmati aja kost yg skrg. biar bisa rileks menjalani program-nya. untuk kost dpn BIC itu, sesekali mbak Ris-nya di-sms atau ditelpon aja, mbak. sekedar tanya ada kamar yg kosong atau gak. bisa aja kayak aku kemaren, tiba2 ada yg kosong. sapatau bulan depan disitu ada lg pasien yg kandungannya dah dinilai aman ma dokter & ga perlu kost lagi. kan itu berarti kamar kost-nya bisa kita take over:)

    oia, catering di kost dpn BIC itu emang sehari Rp 70rb, tapi buat berdua (kita & suami). kalo buat kita sendiri (krn suami cuma datang sesekali), berarti ya bayar separo-nya.

    btw, jadwal kita bener2 kejar2an yah:) moga2 kita bisa sama2 sukses nantinya. amiin.

  25. 25 On January 1st, 2010, Diah said:

    Mea aku tinggalnya di Bekasi, setiap kontrol aku selalu PP maklum kuli krn aku kerja juga & semenjak OPU kemarin aku baru cuti +/- 2 mingguan dech sampai nanti ada hasil penentuan positif, aku mau tanya juga nih sama temen2 yg da pernah BT, biasanya setelah OPU perut terasa kembung & agak sakit ga ya? karena perut ku ko terasa kembung & agak sakit, aku khawatir banget dengan kondisi ini walaupun dr. Augustin bilang tidak apa2 memang seperti itu rasanya bahkan bisa sampai semingguan, tapi tetap aja aku khawatir banget, apalagi besok aku mau ET. Untuk temen2 yg punya pengalaman ku minta infonya ya…
    thanks.

  26. 26 On January 1st, 2010, rin said:

    Hai Diah, aku mau share pengalamanku yah…
    Aku baru saja menyelesaikan program BT di BIC. Alhamdulillah kemaren baru saja dinyatakan positif.

    Setelah OPU perutku juga sakit dibawah puser. Paling parah pas malam pertama, aku terpaksa tidur dg posisi duduk tegak lurus. Jika otot perut bekerja akan terasa sakit sekali, malah sampai membuatku teriak dan menangis. Tapi ini hanya berlangsung sekitar 2 hari kok. Selebihnya mulai membaik dan sakitnya spt kram biasa. Perutku juga terasa penuh dan mulai membesar kayak org hamil 3 bulan.

    Tingkat sakit tiap orang abis OPU akan berbeda2, tergantung banyak telor yang diambil. Malah ada temen yg bareng programnya sama aku ndak berasa sakit tuh, cuma kram biasa aja, perutnya jg tidak membesar kayak aku.

    Jadi jangan terlalu khawatir yah. Banyak makan putih telor,ikan, susu akan sangat membantu. Buat diri serileks mungkin, semoga ET besok sukses.

  27. 27 On January 1st, 2010, Sherly said:

    @dessy & mea:

    Dulu aku nge-kost di daerah karet. ada websitenya: http://www.anggrekresidence.com. enak juga mba di sana karyawan dan pemiliknya baik sekali. Harganya dulu aku kena Rp.2.5 juta/bulan. seperti hotel, kamar juga di bersihkan setiap hari. Tidak ada catering di sana, tapi banyak restaurant and tempat makan yang bisa pesan antar.

    Dulu aku pasien dokter ivan juga di BIC, anakku sekarang sudah hampir 5 bulan….kembar cewek dua2nya….. yah saran aku…mba pokoknya relax aje lah selama program bayi tabung ini…tidak usah terlalu kuatir….

  28. 28 On January 2nd, 2010, mea said:

    @diah:
    diah… hari ini kan ET-nya. aku ikut mendoakan semoga semua lancar dan bisa berbuah bahagia di hari terima ‘raport’ nanti. kalo pun ada rasa sedikit tak nyaman, semoga itu hanya bagian dari perjuangan yg harus kita lalui demi ketemu si baby yg udah lama kita rindukan:) amiin.

    @sherly:
    makasih info ttg kost-nya dan saran agar aku relax saat program ini. aku siap laksanakan, bu!:D
    trus aku juga mau dong baby kembarnya:) ternyata kita sesama pasien dr ivan ya. moga2 aku bisa berhasil spt sherly. amiin.

    btw, dulu sherly kost sampe 3 bulan setelah ET atau cuma sampai hari terima ‘raport’ aja? setelah hamil masih harus suntik penguat seminggu sekali kan ya? trus kemaren lairan dipegang dr ivan atau di rumah sakit lain?

  29. 29 On January 2nd, 2010, Sherly said:

    @mea:

    Aku lahiran bukan sama dr ivan. Aku lahiran di siloam hospital. Aku doain deh supaya mea dapat kembar juga yah….memang perjuangan yang panjang… apalagi dulu aku bayi tabung yang pertama sempet gagal, yang kedua baru jadi. yah pokoknya jalanin saja lah, jangan pernah putus asa.

    Sekarang setelah punya 2 babies, ngurusnya cape hehehe… tapi seneng sekali…apalagi sekarang babies ku sudah bisa ketawa keras2….nangis…tengkurap…pokoknya minta main mulu….tapi semua itu worth it lah.

  30. 30 On January 2nd, 2010, mea said:

    @sherly:
    lairannya di siloam hospital yg mana nih? surabaya, cikarang, karawaci, atau kebun jeruk? maaf banyak tanya, aku soalnya gak tau dimana sherly tinggal:)

    sherly, waktu habis ET tetep tinggal di kost sampe 3 bulan setelahnya atau langsung pulang ke rumah begitu ketauan hamil.

    btw, boleh tau gak penyebab kegagalan bayi tabungmu yg pertama? berarti kemaren berhasil di thaw cycle ya? BT yg pertama sama dr ivan atau dengan dokter di rumah sakit lain?

    aku jadi ngebayangin your babies nih… pasti di rumahmu jadi seru banget yah. gak papa deh cape ngurus anak, soalnya kan sherly dah lama menunggu kehadiran mereka. aku juga siap berkorban waktu & tenaga kalo nanti Yang Di Atas menganugerahkan anak kembar juga padaku. amiin *ngarep:)*

  31. 31 On January 4th, 2010, mea said:

    @rin:
    selamat ya program IVF-nya berhasil. semoga kandunganmu sehat terus sampe lairan nanti & doakan aku agar sgr bisa menyusulmu hamil:) amiin.

    btw, kemaren program dgn dokter siapa? pake long atau yg short protocol? rin kemaren sempet kost atau pulang balik seperti diah?

    pls share tips saat mule suntik, OPU, ET dan pasca ET dong. biar bisa jadi penyemangat buat yg sedang proses IVF juga (termasuk aku:)). muakasih sebelumnya.

  32. 32 On January 4th, 2010, rin said:

    Thanks Mea, semoga kamu cepet menyusul :D

    Aku program di bic dg dr Ivan pake long protocal, yah kayak kamu skrg. Aku ndak kost, karena suntik sendiri di rumah. Jarak rumah-bic sekitar sejam. Awalnya takut juga suntik sendiri, tapi karena tekadku dah kuat semua hambatan harus bisa dilalui. Lama2 ketemu jg sih cara suntik yang pas. Waktu suntik aku masih kerja loh..setelah ET aku berhenti kerja..istirahat aja di rumah.

    Pas OPU sih gak sakit karena dibius total, sakitnya baru berasa setelah pulang ke rumah. Yah dijalani aja. Aku ET 2 hari setelah OPU. Sejam sebelum ET aku ngosongin kandung kemih dulu, baru diisi pelan2 dengan minum air mineral 600 ml. Itu triks aku biar ga kebelet pipis banget. Pas ET juga diusahakan serileks mungkin. Sebelum program aku dah trial ET karena jalan ke rahimku agak sulit menurut dr Ivan, jadi biar dr tau medan dulu. Alhamdulillah ET lancar. Setelah ET aku istirahat sejam di pembaringan. Aku sempat pipis di pispot karena gak tahan. Untung suster di bic ngerti banget jadi ditawarin pipis di pispot. 16 hari setelah OPU, test urine dg hasil garis kedua yg samar. Aku sempat khawatir. Tapi alhamdullilah test darah menunjukkan bhcg 350, cukup kuat.

    Saranku banyak doa dan berusaha untuk se-happy mungkin. Sehabis ET aku berusaha nyenangin diri sendiri. Aku makan apa yg kusuka (kecuali yg dipantang selama program), nonton, baca2, browsing, bahkan aku dah mulai cari nama bayi, hehehh…pokoknya buat diri sendiri sehappy mungkin:D

  33. 33 On January 5th, 2010, mea said:

    @rin:
    makasih sharing pengalaman & tips-nya. berguna banget buatku, terutama tips ngosongin kandung kemih & minum air mineral sebelum ET itu:)

    soal ET trial, aku kemaren juga dah ngejalanin. waktu itu sekalian papsmear. sama spt rin, kata dr ivan jalan menuju rahimku juga agak sulit. di buku catatan pasien sampe digambarin klo posisi kateternya tuh membentuk huruf V gitu:)

    tapi kemaren sih kateter berhasil masuk & aku gak ngrasa sakit saat ET trial itu. hanya saja dr ivan bilang aku harus siap2 klo ternyata pas ET nanti ada dokter anestesi yg menemani. buat jaga2 aja siapa tahu aku kesulitan dgn proses ET yg tanpa bius itu.

    bismillah aja deh… walopun ada kesulitan, insya Allah bersama itu akan ada kemudahan. sekali lg makasih ya, rin:)

  34. 34 On January 5th, 2010, Wienda said:

    Hai Rin n semua teman2 disini..sblmnya lam kenal..aku brsn ET tgl 30 kmrn n skrg lg H2C nii tunggu rapornya. Rin,boleh sharing gak,abis ET bedrest brp hari? Soalnya aku ga betah banget bedrest,dr awal dah miring2 kiri-kanan…kira2 ngaruh nggak ya?
    Trus gmn rasa perut abis ET? Aq penasaran bgt,krn aku kok ga ada ngrasa apa2 ya… Please ya Rin,aq lg gelisah banget ni,soalnya ga ada rasa2 yg ‘beda’ sm sekali,smp kadang ga kepikir kalo di perut lg ada dedek-nya. Thanks bnyk sblmnya ya Rin..

  35. 35 On January 5th, 2010, rin said:

    @mea:
    rahimku juga rada menekuk, trus jalan ke rahim rada kaku sampe dr ivan trial ET 3 kali loh untuk memetakan tingkat kesulitan ET. Aku sampe dihisteroskopi segala dan dibusinasi untuk mempermudah jalan menuju rahim.Dr jg bilang jalan terakhir emang pake anestesi kalo kateternya susah masuk. Good luck yah…semoga sukses:D

    @wienda:
    Aku ndak bed rest kok, cuma istirahat aja di rumah, gak ngerjain apa2. Yah baca2, nonton, browsing, kalo ngantuk tidur. Abis ET perutku membesar karena masih ada pengaruh obat Gonal F. Waktu itu telurku ada 15 yang diambil 13. Makanya abis OPU berasa sakit karena byk yg ditusuk. Kamu telurnya ada berapa? Kalo sedikit yang diambil gak berasa sakit. Aku juga ndak ada flek, PD juga biasa2 aja. Jadi menurutku gak harus berasa sesuatu di perut utk menandakan berhasil atau tidaknya. Jangan terlalu dirasa2kan deh, dibuat senang aja, nanti malah stres loh…setidak2nya sampai hari cek darah tiba. Kalo aku justru setelah dinyatakan positif baru merasakan ada yang tegang dibawah pusar yg aku yakin adalah rahim. Dari yang kubaca kemungkinan rahimnya mulai membesar untuk mempersiapkan diri dg pertumbuhan janin. So…enjoy aja yah..dan banyak berdoa. Kalo bisa juga banyak bersedekah :D

  36. 36 On January 5th, 2010, tina said:

    hallo….salam kenal utk semuanya

    hi…mea, proses BT kamu dah sampai dimana??
    sy pasien dr.taufik, sy juga lg persiapan utk BT. kl sesuai rencana akhir bln ini sdh mulai suntik2. sy ikut short protokol. boleh tau problem mea apa yah sampai memutuskan ikut BT?? makasih atas jwb nya

  37. 37 On January 6th, 2010, mea said:

    @rin:
    kayaknya kasus kita sama banget, rin. mulut rahimku jg agak kaku. besok kan jadwal usg pertamaku sblm suntik gonal. dr ivan bilang ada kemungkinan besok sekalian mo di-busi. moga2 aja semua lancar pas hari H OPU maupun ET-nya nanti. amiin.

    oh iya, boleh tau gak rin skrg usia-nya brp dan udah nikah brp taun? trus memutuskan ikut IVF krn faktor apa?

    @tina:
    hallo, salam kenal ya. proses BT-ku udah separo jalan nih. pagi ini mo cek Estradiol & Progesteron untuk menentukan dosis gonal F yg harus aku pakai. besok siang (7.1.2010) aku USG dan jum’at-nya (8.1.2010)insya Allah sudah mulai suntik gonal. doakan semua lancar ya. amiin.

    alasan ikut BT ini krn sperma suami tidak ada yg lurus cepat & morfologi yg normal juga di bawah standar. kalo aku sendiri krn ada riwayat PCO dan ada endom ringan (ketauannya pas LO bulan juni 2009). mens-ku juga dikit, cuma keluar 24 jam & 3 hari setelahnya tinggal flek. sesudah LO mens-ku sempet banyak selama 2 bulan, tapi setelah itu jadi sedikit lagi. aku pikir, mungkin krn endom-ku itu, jadi gak semua darah mens keluar. karena kami udah 6 tahun nikah & bbrp pertimbangan lain, akhirnya kami memutuskan untuk BT.

    awalnya tertariknya sih karena baca artikel yg link-nya direferensikan sama therez, yakni: ‘skipping baby steps’ by sarah richards. kami sengaja gak nyoba insem karena pergerakkan sperma gak ada yg lurus cepat itu. intinya sih dibawah standar yg bisa ikut insem. jadi kami pikir mending langsung BT, krn klo maksain ikut insem, kemungkinan berhasilnya juga rendah.

    btw, kalo tina memutuskan ikut BT karena apa & udah brp tahun nikah?

  38. 38 On January 6th, 2010, rin said:

    @mea:
    Aku 33 th, menikah 6 th. Ikut IVF sbg ikhtiar terakhir. Sejauh ini belum ditemukan masalah serius yang menghalangi kehamilan. Aku dah gagal insem 3 kali. Dokter kasih opsi LO atau langsung IVF. Dokterku mencurigai ada endo ringan (tapi selama ini gak keliatan di-USG jadi harus di-LO) atau ada antibody thdp sperm. Pun kalo memang masalahnya adalah antibody, solusinya tetap IVF. Makanya aku putuskan ikut IVF.

  39. 39 On January 6th, 2010, mea said:

    @rin:
    kemaren pas OPU, telor yg diambil kan ada 13. trus yg jadi embrio berapa & yg ditanamkan di rahim berapa? klo nilai bhcg 350, artinya hamil tunggal tapi kuat ya? atau ada kemungkinan kembar?

    moga2 nanti aku bisa merasakan kebahagiaan spt yg sekarang sdg rin rasakan. amiin. aku dah pengen banget jadi bumil & dengerin detak jantung si baby saat usg pertama:)

    @wienda:
    salam kenal juga ya. btw, tgl terima raport-nya kapan nih? wienda program IVF dimana & dgn dokter siapa? moga2 berhasil hamil ya:) amiin.

    @diah:
    sekarang lagi banyak istirahat ya? mudah2an berhasil hamil ya, diah. amiin.

  40. 40 On January 6th, 2010, Diah said:

    @Rin & Mea

    *Rin
    Hai Rin maaf ni baru OL, Thx bgt tuk share nya, setelah ku baca semua info dari kamu semua kekhawtiran ku hilang semua karena semua kondisi setelah OPU yg aku alami sama persis dengan kamu, tapi sekarang aku lagi gelisah lagi ni, karena sdh 3 hari ini pinggang bagian belakang ku yg sebelah kanan trasa pegal & panas hampir mirip seperti mau dpt haid gitu, aku sih sdh tanya ke dr katanya mungkin kurang minum, makanya aku mau tanya lagi ni.. apa kamu juga merasakan kondisi ini juga / tdk ? maklum ya Rin karena sekarang kan aku lagi H2C ni he…he… thx juga tuk doanya semoga aku bisa berhasil hamil seperti kamu, amin…

  41. 41 On January 6th, 2010, Diah said:

    @Mea
    Ketiggalan ni harusnya gabung dengan Rin, maaf ya baru OL, iya sekarang ku lagi bedrest & H2C tunggu rapor di tanggal 14 nanti, minta doanya ya semoga aku berhasil.

  42. 42 On January 6th, 2010, Diah said:

    @Mea
    Ketiggalan ni harusnya gabung dengan Rin, maaf ya baru OL, iya sekarang ku lagi bedrest & H2C tunggu rapor di tanggal 14 nanti, minta doanya ya semoga aku berhasil. Amin…

  43. 43 On January 6th, 2010, evfia said:

    Seneng ya denger yang udah pada berhasil, aku juga lagi BT nih sama dr indra hari ini aku suntik gonal hari ke 3, jumat aku usg janjian yuk kalo ada yg bareng kita sharing2, email aku ya indrivero@hotmail.com

  44. 44 On January 7th, 2010, dessy said:

    hallo Mea, hari ini USG ya? good luck yaa.. smga lancar..

  45. 45 On January 7th, 2010, Wienda said:

    Dear Rin… thanks banget ya sharingnya. Dan sesuai saranmu aku usahain santai aja & bikin happy diri sendiri. Dokterku jg saranin utk gak usah terlalu dipikir, anggap aja bhw qta ga pernah lakuin proses apa2, tau2 ntar tiba saat pengumuman, gitu hehehehe… Aku juga udah mulai masuk kantor lagi, kelamaan di rumah malah be-te, yg penting jalannya pelan aja, diusahain ga berdiri lama n ga terlalu stress. Ternyata memang lebih menyenangkan, tau-tau udah kurang 3 hari lagi pengumuman..hehe..semoga positif ya hasilnya, aminnn…

    Kalo masalah OPU, memang sakit banget. OPUnya kan pagi, trus siang sampai malemnya perut rasa kembung dan nyeri banget. Sampai besok siangnya baru bisa dipake jalan, itupun masih sakit banget. Telurku lumayan jumlahnya, USG terakhir ada 16, yg bisa diambil 14, makanya ditusuk-tusuknya banyakan ya sampai nyeri gitu.
    Justru ET nya malah santai, kayaknya 10 menitan kelar deh. Trus lumayan ada hiburannya soalnya kan sambil kita bisa liat monitornya, jadi bisa liat embrionya masuk, walaupun cuman kayak titik putih aja.

    Oya Rin, dapet telur 13 itu yg jd embrio berapa trus ditanem berapa. Aku jadi embrionya 7, ditanem 3, yg 4 di freeze. Trus Rin jadi hamilnya kembar apa tunggal?

    @ Mea : salam kenal juga ya …aku jadwal cek darah tgl 9 pagi, tapi harinya kan sabtu, biasanya kalo sabtu cuman ada susternya aja. Makanya kira-kira hasilnya langsung dikasi tau hari itu apa tunggu sampai Senin…na itu yg masih kurang jelas…semoga aja langsung dikasi tau ya jadi ga penasaran hehehehe..
    Aku BT di Siloam Surabaya sama dr.Aucky dan teamnya. Mea dah sampai proses apa nih, semoga lancar semuanya ya, amiiinnn…

  46. 46 On January 7th, 2010, Diah said:

    @Mea
    sekarang proses BT nya da smp mana ni? mudah2 lancar & sukses ya walau pun dengan kondisi saluran rahim yg agak sulit, tapi mudah2 z dgn kondisi rahim yg sulit justru menjadi lebih baik karena embrionya kan jadi sulit tuk keluar lagi & jadinya nempel di rahim dech, amin….
    kalau aku sekarang lagi H2C nih, karena pinggang bagian belakang ku terasa panas & pegal seperti tanda mau dapat haid & kondisi ini aku rasain sejak hari ke 3 setelah ET sampai dgn hari ini, makanya aku juga mau minta tolong sharenya sama temen2 yg mungkin punya pengalaman seperti yg aku rasain ini & aku juga minta doa nya semoga saja ini hanya kondisi sementara, Amin…

  47. 47 On January 7th, 2010, mea said:

    @diah:
    moga2 bentar lg rin akan jawab pertanyaan mengenai keluhan pasca ET itu. ttp optimis ya. aku berdoa juga untuk diah, moga2 semua perjuanganmu akan berakhir bahagia. amiin. yg penting saran dari dokter untuk memperbanyak minum udah dilaksanakan kan ya? sapatau setelah itu keluhanmu bisa perlahan menghilang.

    @efvia:
    hallo, salam kenal ya. ternyata selain dessy ada juga yg sedang kejar-kejaran jadwal sama aku:) moga2 tar bisa saling menularkan virus hamil. yang di depan moga2 positif duluan dan bisa menularkan ke peserta di belakangnya:D

    @mb dessy:
    kemaren sore aku di-sms sama dr augustine ttg hasil cek estradiol (17) & progesteron (0,70). katanya sih gak masalah. tinggal tunggu hasil USG hari ini aja.

    alhamdulillah tadi di usg kondisi rahimny oke. jadi besok pagi dah mule suntik gonal. tambah rajin makan ikan & putih telur ayam kampung nih aku. moga2 bisa lancar terus sampe OPU, ET dan dinyatakan positif hamil saat raport-an nanti. amiin.

    ayo, bentar lagi mb dessy akan cek darah juga kan ya? moga2 hasilnya gak masalah & bisa langsung suntik di tanggal 12 nanti. semangat terus dan semoga berhasil ya, bu (gitu kata dr ivan tadi sore:D)

  48. 48 On January 7th, 2010, mea said:

    @wienda:
    moga2 suster-nya berbaik hati mengabarkan hasilnya hari itu juga. jangan lupa kabar2i setelah dapat hasilnya. semoga hasilnya positif ya, wien. amiin.

    aku sendiri besok pagi baru mule suntik gonal. dimulai dgn dosis 150 IU. perkiraan OPU 18.1.2010 & ET tgl 20/21.12.2010. yup, semoga semua lancar sesuai rencana. makasih atas doanya ya, wienda:)

  49. 49 On January 8th, 2010, dessy said:

    @Mba Mea: Amin2 semoga semua dilancarakan dan dimudahkan Allah ya buat kita berdua.. Oya aku InsyaAllah pindah ke depan BIC juga Mbak tanggal 13 januari ini.. InsyaAllah kita ketemu yaa.. ;)

  50. 50 On January 8th, 2010, melly said:

    @wienda : hai.., salam kenal ya?? rncana bulan depan aku program d siloam, pgn banyak tanya2 mngenai program dsana n kost2an’y juga, boleh tau email kamu gk? Nanti aku add via fb. Thanks alot ya.

    Moga hasilnya + yaa…, amiiiiiin….

  51. 51 On January 8th, 2010, rin said:

    @mea & wienda:
    telurku 13, jadi embrio 7, ditanam 3, sisanya gak bisa disimpan karena kualitasnya moderate. Kemungkinan besar sih hamil tunggal, aku blm usg nih, baru mgg depan.

    @diah:
    Sehabis ET pinggang belakangku sih gak papa. Aku pernah juga baca kasus kayak kamu di website ini. Kemungkinan ada kristal di ginjal gitu karena kurang minum. Coba aja saran dokter perbanyak minum air putih. Kalo aku sih emang suka minum air putih, makanya pinggangku ndak papa kali yah. Aku dulu sebenarnya lebih parah lagi, abis ET sempat opname di RS gara2 ovarium kananku salah posisi. Rasanya sakit banget karena ovariumnya meregang dan aku harus dikasih obat penghilang rasa sakit biar bisa tenang. Selama di RS aku diobservasi dan disuruh tidur baring kanan terus. Alhamdulillah sembuh, kalo ndak mah harus dioperasi. Ini kejadiannya sebelum terima raport loh.

    @all:
    tetap semangat yah dan jangan lupa doanya lebih kenceng…

  52. 52 On January 8th, 2010, dessy said:

    @ Rin: aku juga lagi jalan programnya nih di BIC , long protocol sama Dr.Irham. Umurku 29 thn udah 3 thn meried dan PCO juga. Jadi semangat nih baca cerita Rin yg berhasil hamil. sekarang aku hari ke 8 Synarel dan insyaAllah hari minggu tes darah, senin USG. Doakan aku nyusul ya.. Semoga kehamilan Rin juga lancar2 aja sampai melahirkan nanti..

    @All: Salam kenal buat teman2 seperjuangan. ;) Semoga langkah kita semua dimudahkan Tuhan Amin.

  53. 53 On January 8th, 2010, mimi said:

    hai..salam kenal, sy dah menikah 7 th,usia 30th n dah berusaha kemana2 untuk hamil sampai laparoskopi sethn yg ll di malaysia segala tp koq blm hamil jg. yg terakhir kmrn sy coba insem 4x tp gagal jg. setelah dicari ternyata prolactin sy tinggi yaitu 112,02 ng/ml,padahal batas normalnya 35 ng/ml n sekarang sy lg terapi dengan obat parlodel 3×1 sehari. pertengahan tahun ini sy berencana ikut bayi tabung di siloam dg dr.aucky. bagi yg berhasil dg dr.aucky tolong sharing dong ke email sy di qmar25a@yahoo.co.id mengenai proses awalnya,tes hormon,penginapan dmn,sampai dinyatakan positif. pokoknya selengkap-lengkapnya deh…mg2 ja berhasil nantinya krn sy yakin tuhan tdk tidur….tanks

  54. 54 On January 9th, 2010, mea said:

    @mb dessy:
    amiin… wah jadi kita bakal satu kost nih? senengnya, thread ini telah berhasil mempertemukan kita:) aku

    kemaren baru mikir, kayaknya tar tgl 12 jan pagi kita bakal ketemuan di BIC karena mb dessy kan hari itu pertama suntik dan aku emang tiap pagi suntik gonal di BIC. pengen juga nyoba suntik sendiri, tp kata suster Ata “suntik di BIC aja, bu. kan tinggalnya deket sini. sekalian jalan-jalan.” dan ternyata kita gak hanya akan ketemu di BIC, tp juga di kost-an. welcome to d’ club ya, mbak:)

    @melly:
    hallo, ketemu deh kita di thread ini. makasih udah add aku di FB. sukses ya buat program IVF-mu nanti. amiin.

    @rin:
    wah, perjuanganmu bener2 top bgt. itu kok ovarium-nya bisa salah posisi ya? apa pengaruh pas OPU? boleh tau ceritanya gak, rin?

    trus kemaren pas USG, kata dr ivan aku gak perlu dibusi. aku cerita ke belio klo ada pasiennya yg kasusnya sama kayak aku, tapi dia dibusi dulu -pasiennya itu maksudku ya rin.
    kata dr ivan “kalau memang gak perlu, gak usah kita lakukan ya, bu.” mungkin karena kemaren pas trial ET kateter-ku berhasil masuk kali ya, makanya dokter memutuskan gak perlu dibusi dulu. tapi next usg akan aku konfirmasikan lagi ttg ini. biar yakin.

    met deg-degan nunggu usg pertamamu ya, rin… aku doakan yg terbaik untukmu dan si baby:)

  55. 55 On January 9th, 2010, dessy said:

    # Mb Mea: Iya seneng banget ALhamdulillah dapet juga se-kosta-an ama Mb Mea, deket pula, seneng bgt pas ditelpon Mbak Rid, langsung aku kasih DP hari itu juga hehe.. sebenarnya bisa pindah langsung, tapi karna masih ada keperluan di deket kuningan dkt tgl 12 itu jadi tgl 13 insyaAllah pindahannya ..

    wah Mb Mea udah mau suntik ya hari ini? semoga lancar yaa.. Aku hari minggu baru test darah n senin USG. Kalau di jadwal dr.Agustine buat aku sebelumnya (yg di kertas itu loh Mbak), suntikku tgl 15 Jan, tapi ternyata Mb Mea sehari setelah USG dah bisa suntik? Nggak tau ntar aku gimana ya, semoga lancar aja deh, ntar aku tanya2 lagi ke Dr.Irham senin pas USG..

    pas trial ET kata Dr.Irham Alhamdulillah jalan ke rahimku gampang. InsyaAllah mudah2an nanti bisa mudah juga katanya pas ET beneran, semoga aja ya Mbak kita bisa lancar semua prosesnya and sampai hamil serta lahir bayi sehat Amin..

  56. 56 On January 9th, 2010, Wienda said:

    Hai semuanya…tadi pagi aku udah cek darah utk lihat b-HCG nya, tp belum tau hasilnya. Sebenernya hasil akan keluar siang ini, tapi aku telpon RS susahhh banget..udah H2c banget nih…wish me luck ya….

    @ Rin : thanks banget infonya, semoga hamilnya lancar ya, dan pas USG nanti janin udah keliatan dan menempel kuat amiiinnn..Dah mual-mual belum Rin?

    @ Mea : wah dah mulai suntik GF yaaa… bener banyakin makan protein aja & minum air putih,n katanya tambah Vit E biar telurnya gede :) Good luck ya Mea

    @ Melly : Thanks doanya Mel…Kasih aku emailmu aja ya, ntar aku yg add di FB deh, ga enak ditulis disini soalnya aku pake email corporate..ntar dikira iklan hehhehe..

    @ Diah : kayaknya gejala kita sama pinggang bawah pegal-2 & panas kaya mau mens. Kalo jadwal normal sih itungannya aku kemarin dah mens, tp sampai sekarang aku sih ga ada Flek. …aduh semoga aja engga ya dan hasil kita berdua POSITIF ketularan Rin dan juga menular ke yang lain, Amiinn 1000 x. Kapan pengumumannya nih?

  57. 57 On January 9th, 2010, mea said:

    @mb dessy:
    ok, aku tunggu kedatanganmu di kost ya, mbak:)

    iya kemaren aku suntik sehari setelah USG, karena dr ivan menilai rahimku sudah siap untuk diberikan injeksi gonal f itu. kalau dokter menilai rahim kita belum siap, memang sih jadwal suntik gonalnya bisa tertunda beberapa hari. tp alhamdulillah kmrn bisa langsung suntik. kapanpun suntiknya, insya Allah dokter tau yg terbaik untuk pasien-nya.

    @wienda:
    wah…, pasti deg2an terus nih. kita semua pasti doain kamu, wien. aku juga gak sabar nunggu kabar hamilmu. beneran aku ikut penasaran. moga2 telat haid-mu itu tanda2 awal kehamilan juga ya. yup, pokoknya hamilnya rin hrs ditularin ke yang lain:D amiin…

    makasih juga saran minum vit E-nya untuk membantu meningkatkan kualitas telur2ku. siap, pasti akan aku laksanakan!

  58. 58 On January 9th, 2010, dessy said:

    @ Wienda: Gimana hasilnya say.. aku doakan positive yaa

    @ Mb Mea: Iya kayaknya tau kapan suntik gonal pas USG senin ya.. aku nyantai aja kok Mbak, terserah dokternya aja bilang kapan, n banyak2 doa aja.. Oya barusan aku pulang nonton film Avatar seruu bgt loh , udah nonton blum? sampai ketemu ya Mbak hehe

  59. 59 On January 10th, 2010, Wienda said:

    Dear all…aku mohon doanya teman-teman semua disini…tadi sudah disampaikan dokter hasil beta-HCGnya, angkanya tipiiiiiiiissssss sekali ‘cuma’ 11,54. Karena ragu dicek lagi progesteronnya, bagus, jauh diatas 80. Makanya dokter blm bisa menyatakan positif/negatifnya.
    Besok pagi aku harus tes ulang, kalo ada kenaikan angka HCG walo sedikit berarti ada perkembangan dan akan diberi penguat & harus istirahat, tapi kalo enggak nambah berarti sebaliknya.
    Please…mohon doakan kami ya…harapan masih ada, dan nggak ada sesuatu yg mustahil kan kalo Allah sudah menghendaki…??

  60. 60 On January 10th, 2010, mea said:

    @wienda:
    tetep optimis dan terus doa ya, wien. bener katamu, gak ada yg gak mustahil kalo Allah menghendaki. moga2 besok nilai bhcg-nya dah berlipat dari nilai hari ini. insya Allah besok kita akan dapat kabar gembira dari kamu. amiin.

  61. 61 On January 10th, 2010, Wienda said:

    Mea…thanks banget ya supportnya. Insyaallah besok kabar baik, amiiinnn…

  62. 62 On January 11th, 2010, mea said:

    @mb dessy:
    aku blm nonton avatar nih. wiken ini suamiku dateng ke kost, eh malah dia kena flu. haduh…, gak boleh dibiarin dong. gimana pun perannya sangat dibutuhkan saat OPU nanti. kalo dia sampe ambruk, bisa gawat:D

    akhirnya rencana mo nonton avatar ditunda dulu deh. alhamdulillah setelah istirahat & melawan virus seharian ini, kondisinya dah membaik. insya Allah besok rabu (13.01) suami mule cuti. moga2 hari itu kami bisa nonton avatarnya.

    ok, sampe ketemu di kost & gutlak utk usg esok hari ya:)

  63. 63 On January 11th, 2010, dessy said:

    @ Wienda: kami semua mendoakan mudah2an positive ya Say.. InsyaAllah semua mudah untuk Allah

    @ Mea: Iya Mb Mea, aku doain cepet sembuh ya suaminya, iya peran beliau juga penting bgt tuh ntar, nonton and jalan2 kan bisa kapan aja hehe.. wah ntar bisa kenalan ama kami juga ya sekalian di kost-an.. Suamiku juga cuma bisa nemenin sampe Februari coz harus ngantor abis itu, jadi kalo InsyaAllah aku berhasil hamil, aku stay di menteng dulu aja, suami pulang duluan, hehe.. semoga kita dan teman2 seperjuangan bisa berhasil hamil dan melahirkan bayi2 sehat dan lucu ya Amin

  64. 64 On January 11th, 2010, melly said:

    @ wienda : bener n setuju dg mba2 yg lain, teteup optimis…, n semangat. Moga2 angkanya bs naik, & hasilnya hari ini +. Amiiiiiin
    Email ku melly4879@yahoo.com, aku tggu…

  65. 65 On January 11th, 2010, Diah said:

    @ Wienda
    Wien aku doain semoga hasilnya positive, aku juga jadi deg deg gan ni apalagi gejala yg kamu rasakan sama dgn aku. hasil urinnya gmn +/- dan kamu sebelumnya da pernah coba tes urin sendiri belum? kalau pernah hasilnya apa? +/-, aku berharap semoha allah memberikan hasil yg positive untuk kita semua yg sedang menjalankan BT ini, amin…amin…ya allah aminnn…

  66. 66 On January 11th, 2010, Wienda said:

    Teman semua yg baik hati, terimakasih udah doain aku, tapi akhirnya aku benar belum beruntung kali ini. Dokter udah kasi tau hasil final testnya, hari ini b-HCGku malah turun drastis tinggal 3,4 ya udah berarti belum jadi hamil…..
    Tapi aku positif thinking aja, mungkin kalo janinku dipaksa bertahan malah nggak bagus nantinya, jadi mungkin ini lebih baik bagi kami semua.
    Lagian aku masih ada simpenan embrio, walopun ga banyak semoga bisa tahan sampai thaw cycle nanti. InsyaAllah kami masih optimis usaha terus kok.
    Kata dokter mungkin bbrp hari setelah ini aku akan dapet mens, berarti semua akan kembali normal, beraktivitas sepeti biasa, dan tentunya ngumpulin tabungan lagi…hehehehe…

    @ Mea & Dessy : good luck ya, semoga kalian lancar terus prosesnya, ga ada gangguan, berhasil positif hamil dan lancar sampai melahirkan nanti…amiinnn

    @ Melly : ayooo…semangat Mel…aku udah add kamu diFB, tak tunggu kedatangannya di Sby..:)

    @ Diah : jangan putus doanya ya, walaupun gejala-gejala sama kaya aku bukan berarti hasilnya akan sama kan? Optimis ya say, doaku selalu. Jangan lupa kabarin terus hasilnya ya.

    Buat semuanya, jaga kondisi jangan sampai sakit meskipun cuman batuk ato flu,pengaruhnya akan besar banget. Makan yang banyak ya, gendut gapapa toh ntar kalo jadi hamil akan tambah gendut lagi perutnya…hehehehehe…

    Salam semangat,
    Wienda

  67. 67 On January 12th, 2010, mea said:

    @wienda:
    sorry to hear that, wien:( sampe sblm shubuh tadi, aku masih bawa kamu dalam doa (aku tadi malam tidur cepet, jadi telat baca komenmu). aku bener2 berharap bhcg-mu masih akan meningkat drastis.

    tetep semangat ya, wien. kalo kata therez, sometimes it took a lot of rain before the rainbow. alhamdulillah kamu masih punya simpenan embrio. jadi kamu masih bisa terus berharap. thaw cycle kan gak semahal yg fresh. kalo gak salah sekitar 4-5 juta ya? jadi moga2 dlm 3 bulan ini kamu & suami dah bisa coba lagi. insya Allah thaw cycle nanti akan berhasil ya, wien. amiin. aku doain kamu terus.

  68. 68 On January 12th, 2010, tina said:

    Hi Mea
    bgm kabarnya?? sy ikut BT ini karna saluran tuba kedua2nya buntu, dulu sy perna kena kista en endo. sdh 2 kali ikut insem tp gagal semua. dokter mutusin ikut BT, karna utk hamil normal sdh tdk memungkinkan.
    kemarin senin sy ke dokter Taufik, dikirain sdh bisa mulai programnya eh ternyata blm bisa. karna hormon yg gak balance ada sisa sel telur yg blm pecah kalau dipaksa diberi suntikkan takutnya akan menjadi kista. yah mendingin sabar dulu deh, sampe semuanya bagus baru mulai programnya. direncanakan bln feb bila semuanya bagus.
    mea semoga berhasil dlm programnya yah…amien

  69. 69 On January 12th, 2010, melly said:

    @ mea : iya kita ketemuan dsini hehehe..
    Aku yang say thanks dah d approved ^_~
    lg apa niy? Dah mulai suntik2 ya??

    @ wienda : mba…, aku ikut prihatin, sabar ya mba, ttp smangat utk lanjut ke thaw.
    Mba.., aku ada krm message ke fb mba, dtuggu balasannya ya mba..

  70. 70 On January 12th, 2010, Wienda said:

    Dear Mea…aku udah ga sedih lagi kok, udah pasrah dan ikhlas, apapun yg terjadi memang itu yg terbaik :)
    Aku dan suami juga udah kembali semangat kok, Insya Allah mau coba thaw cycle, tapi mungkin ga dalam waktu dekat karena aku juga masih mau ada gawe nikahannya adikku ntar bulan Juni. Mungkin setelah itu.

  71. 71 On January 12th, 2010, mea said:

    @tina:
    ayo, apapun masalahnya tetep semangat ya! gak papa program IVF-nya agak tertunda, yg penting nanti pas masuk program bisa lancar & sukses. amiin.

    tentang program IVF-ku, hari ini udah masuk hari ke-5 suntik gonal. tadi pagi udah cek lab (Estradiol) & nanti habis magrib akan usg untuk melihat perkembangan telur. kalau gak ada halangan, insya Allah senin besok akan OPU. mohon doanya ya, moga2 semua lancar & gak masalah. deg2an pastilah ada, tapi coba diredam & dibawa santai aja. kalau dipikirin… tar takutnya jadi stres:)

    @melly:
    iya nih lagi masa suntik gonal. doakan telor2ku bagus ya. biar nanti pas ketemu sama si spermy bisa jadi emby yg bagus:) amiin.

    @wienda:
    siip deh kalo udah semangat lagi. ttg kapan thaw cycle-nya, wienda & suami tentu lebih waktu terbaiknya. emang bener tuh, gak papa ikut sibuk ngurusin hajatan si adek dulu. sapatau tar bisa tekdung bareng sama si adek… (pengennya sih sebelum itu dah tekdung duluan ya, wien? :D ) wuah,pasti seru!

    ttg FB, kemaren invite-mu dah ku-approve, jeng. aku malah udah kasih komen juga di status-mu. moga2 gak salah orang nih:)

  72. 72 On January 12th, 2010, mea said:

    @wienda:
    ada satu kata yg kurang tuh, wien:
    “ttg kapan thaw cycle-nya, wienda & suami tentu lebih TAU waktu terbaiknya.”.

    maaf banget ya:)

  73. 73 On January 12th, 2010, Diah said:

    @Mea, Rin, Wienda & all
    Hai semuanya ku minta doanya ya aku lagi H2C ni soalnya sudah H-1, semoga saja allah memberikan mukzizatnya untuk ku dengan hasil rapor di tgl 14-1-2010 besok positive, amin…ya allah aminnnnnnn.

    @Mea
    Mudah2 proses Suntik2 & OPU nya lancar ya, ku doain biar dapat telur yg banyak & berkualitas tinggi, Amin…

    @Rin
    Aku sdh coba minum yg banyak tapi ga da perubahan juga tuch, yg ada aku malah jadi pipis terus, tapi gpp dech yg penting tetap optimis aja & selalu berdoa serta pasrah kepada allah SWT dengan harapan allah memberikan yg terbaik tuk aku & miswa. Usia kamu sekarang 33 thn ya, kalau aku sekarang 34 thn & sudah menikah 13 thn tapi belum juga dpt gelar mom. Doain aku ya semoga hari kamis besok aku dapat rapor yg positive, nyusul kamu hamil, amin… dijaga baik2 ya kandungan semoga mom & baby sehat selalu, aminnn…

    @Wienda
    Thanks ya Wien atas doanya, kamu harus tetap semangat ya bukannya belum beruntung, mungkin saja allah sedang merencanakan sesuatu yg lebih baik/indah dari ini semua. Iya aku harus optimis & selalu berdoa serta pasrah semoga allah memberikan aku karunia untuk menjadi mom. Wien kemarin kamu ngerasa pegal2 & panasnya sampai hari tesnya ga? soalnya kemarin pinggang ku yg pegal2 & panasnya sempat hilang selama 2 hari, tapi hari ini sdh mulai terasa lagi tapi tdk separah kemarin. Oh ya kalau boleh tau kegagalan kamu kemarin kalau menurut dr kenapa? trus penyebab kamu ikut BT apa? maaf ya kebanyakan tanya ni… kalau aku ikut BT karena saluran tuba ku dua2 tersumbat & pernah operasi kista di indung telur sebelah kiri, makanya kemarin waktu OPU telur yg di ambil hanya dari indung sebelah kanan & total telurnya ada 12 tapi yg jadi embrio cuma 6, 3 excelent (jadi 15 sel) sdh ditransfer & 3 good (jadi 11 sel) di freez, kalau yg kiri cuma ada 4 tapi tdk berkembang.

  74. 74 On January 13th, 2010, mea said:

    @diah:
    gak krasa…, besok udah mo terima raport ya? insya Allah besok diah akan sukses. amiin. terus optimis ya, kami semua pasti doain kamu, jeng.

    btw, besok pagi test urine & darahnya di BIC atau di prodia bunda? aku tiap pagi suntik gonal di BIC, kali aja kita bisa ketemuan di ruang tunggu dkt suster2 itu:)

    @all:
    doakan aku temen2. kemaren hasil cek estradiol-ku di hari ke-5 suntik udah oke banget, yakni 566 (kt dr ivan standar-nya: 150-400). setelah di-usg, udah 8 folikel di ovarium kiri dan 3 di kanan. 10 folikel ukurannya udah 10 mm-an, tp yg satu (dr ovarium kanan) ukurannya baru 8 mm. jadi dosis-ku masih tetep 150 iu dan besok kamis cek lab & usg lagi untuk menentukan kenaikkan/penurunan dosis berikutnya.

    trus endometrium-ku juga masih kurang tebel. seharusnya udah 8 mm, tapi pas usg kemaren baru 7,3mm.

    sekarang aku masih tetep semangat kok. apapun rintangannya harus dihadapi & dibarengi dengan doa. moga2 aja cek lab & usg besok hasilnya lebih baik dari kemaren. doakan aku ya, temen2:)

  75. 75 On January 13th, 2010, Diah said:

    @Mea
    aku tes darahnya langsung di prodia, pingin sih ketemu tapi kayaknya ga mungkin dech soalnya besok aku ke prodianya jam 7 pagi habis itu langsung ke kantor ngejar waktu karena perjalanannya 1 jam ke kantor ku, kalau kesiangan ga enak sama yg lain, tapi walau pun kita ga sempat ketemu aku tetap doain kamu semoga perkembangan folikelnya maju pesat biar hasil finalnya OK, aminnn…

  76. 76 On January 13th, 2010, mea said:

    @diah:
    no problemo. gpp gak bisa ketemuan, yg penting besok hasil test-nya oke:).
    sama2 saling mendoakan ya, jeng, insya Allah semua perjuangan kita akan berakhir indah. amiin.

  77. 77 On January 13th, 2010, Diah said:

    @Mea
    semakin sore semakin deg deg gan ni…
    thx untuk doanya say…

  78. 78 On January 14th, 2010, yuli said:

    @Wienda dan semua salam kenal..
    wienda, aku sama dg kamu hasil Hcg hanya 8,4..kecil ya? dr jg srh tunggu perkembangannya bisa naek apa tdk. Tp kl liat dr kecilnya berat kyknya ya buat ngejar. pasrah deh.
    InsyaAllah mo ikut yg ke 2 krn msh ada simpanan embrio 7. kemaren hsl OPU 19, jd embrio 11, dimasukan 4, msh ada sisa 7.
    mudah2an bisa berhasil untuk kita semua. amin.

  79. 79 On January 14th, 2010, Wienda said:

    @ Mea : hehehehe…oiya ya aku kan udah add-kamu malahan kok jadi lupa, maklumlah lagi linglung :) . Wah Mea udah lumayan gede ya telurnya, jadi matang kalo ukr udh 18 mm, berarti suntik krg bbrp kali lg aja trus OPU ya, maju terus Mea…!!

    @ Diah : hari ini pengumuman ya? Diah doa yg banyak ya, mudah-mudahan berita menggembirakan, optimis aja.
    Aku 2bln lg juga umur 34 kok, tubaku jg buntu 2-2nya, tapi ovari masih berproduksi, hanya kayaknya agak lamba respon waktu stimulasinya. Dokter tentunya ga bs mastiin penyebabnya, hanya kalo direview mungkinkrn sejak awal telur-2ku agak lama berkembangnya, trus pas jadi embri jug agak lambat belahnya, mungkin pas ditransfer ga mau berkembang lebih lanjut jadinya ga bs nempel. :) But it’s ok, kita memang ga pernah tau penyebab pasti. Tapi yg pasti jgn pernah putus asa utk coba lagi :)

    @ Yuli : salam kenal juga :) maju terus ya..selama belum ada keputusan final, berarti masih ada harapan. Kita pantes bersyukur krn masih punya ‘cadangan’ embrio. Aku juga masih punya 4, aku mau coba Thaw mungkin Juli-Agustus th.ini, Insya Allah… Btw, Yuli BT dimana ?

  80. 80 On January 14th, 2010, Diah said:

    @All
    Hai teman2 ternyata allah belum memberikan kepercayaannya kepada aku & miswa untuk punya momongan, baru aja aku dapat kabar hasil B HCG ku < 0.1 jadi pastinya negatif, tapi gpp mungkin belum rizky ku juga. Tapi aku tetap semangat ko walau pun harus nabung lagi untuk ikutan BT, aku sih masih punya cadangan 3 embrio lagi yg kualitasnya good ya mudah2 di thaw cycle nanti aku berhasil, amiinn.

    @ Mea & semuanya yg sedang jalanin BT optimis ya, aku selalu mendoakan semoga kalian berhasil, good luck.

    @Wienda
    Tetap optimis ya, mudah2 di thaw cycle nanti kita berhasil, amin…

  81. 81 On January 14th, 2010, yuli said:

    @Wienda: aku di Yasmin. skrg kamu udah dpt mens lg blm?
    aku test kemaren tgl13/1/10. hari ini obat udah abis tinggal folid acid dan crynole (vaginal gel)buat 2 hr lg. blm mens dan perut msh besar dan kembung, tp mualnya dah ga. kamu gitu jg ga? thx ya supportnya.

  82. 82 On January 14th, 2010, Wienda said:

    @ Yuli : kayaknya mensku hampir dateng deh. Sejak kmrn sore plg kantor dah kerasa agak ‘basah’ tapi ga ada apa-2nya . Aku udah jaga2 trnyt sampe pagi td tetep ga ada apa-apanya. Cuman barusan tak liat lagi ada kaya lendir bening ada setitik merahnya. Tipiiis banget hampir ga keliatan. Biasanya pokoknya udah mulai nge-flek mesti bentar aja keluar deh, tapi ini enggak. Mungkin obat penguatnya masih ngefek ya. Perutku juga masih besar dan kembung tapi sekarang jadi kerasa mules. Lebih mules drpd mau mens biasa. Mungkin si dedek lagi pamitan sama mamanya…:)

  83. 83 On January 15th, 2010, mea said:

    @yuli, wienda & diah:
    apapun yg terjadi harus tetep bersyukur dan semangat ya. itulah gunanya kita sharing di web ini. biar saling menyemangati & mengingatkan bahwa apapun hasilnya, insya Allah Yang Di Atas tahu yang terbaik buat kita. semua sudah ada waktunya, jadi yang penting kita udah do the best & God will do the rest.

    oh iya… sambil nunggu thaw cycle, udah pada nyoba akupunktur belum? atau malah kalian semua dah pada nyoba? kayaknya wienda nih yang aku baca udah pernah akupunktur.

    udah pada ke dr loona belum? beliau praktek di klinik yasmin RSCM & di klinik rizki cikarang. banyak juga pasien beliau dari luar kota (tmsk surabaya, pasiennya dr aucky). kemaren aku jg sempet ketemu pasien yang bayi tabungnya mau di penang (sama dgn kasus Seba).

    saranku buat yang belum pernah ke dr loona & sedang persiapan bayi tabung, gak ada salahnya datang ke beliau. kalaupun nantinya mau dilanjutkan dgn dokter akupunktur di kota masing2, seenggaknya tahu titik mana saja yg harus ditusuk & gimana metode akupunktur-nya dr loona itu. aku aja dah telat nih ke dokter loona. udah suntik gonal, baru dateng ke belio. biasanya ke dr akupunktur di dkt tempat tinggalku. dan rasanya beda banget. di dr loona lebih sakit, tapi memang sepertinya langsung kena ke sasaran. pasien lain biasanya ke dr loona 2-3 bulan sblm program.

    walopun telat, aku tetep semangat datang. setidaknya kalau kita udah usaha maksimal, insya Allah kita gak akan pernah menyesal. ciayo, sisters… insya Allah di thaw cycle semua akan berhasil hamil. amiin.

  84. 84 On January 15th, 2010, yuli said:

    @Mea n all: thanks ya say..
    td malem jg kepikir mo akupuntur dulu sblm coa lagi. dr loona diklinik yasminnya persis? aku blm pernah tau dan liat ada fasilitas akaupuntur di yasmin? atau dirscm sblm mana Mea? ksh tau arahnya ya. ntar aku jg tanya susternya kl mmg ada, soalnya diyasmin tempatnya gak terlalu besar mnrt aku.
    @Wienda: bahasa kamu melow bgt seh “mungkin si dedek mo pamitan ama mamanya” hiks jd pengen nangis lg. Ya Allah berilah kami keikhasan u/ menerima smua ketetapanMu. aminn.
    @all: suka sedih bgt, kepikir aku pengin sekali mbahagiakan suami aku-walaupun beliau ga menuntut dan jg biar hidup ini ga sepi. kl omongan orang2 seh aku dah gak pikirin. itu yg bkn aku tetap semangat. doaku jg u/ teman2 semua.

  85. 85 On January 15th, 2010, Diah said:

    @Mea
    Klinik rizky di cikarang itu tepatnya dimana ya? kamu punya no tlp & alamatnya ga, biasanya biayanya perkunjungan berapa? kayanya aku minat ni… untuk suport thaw cycle ku nanti. thx

    @ Wienda & Yuli
    aku sih ga ngerasain perut kembung & membesar seperti
    kalian, crinone, duphaston & folic acid ku juga masih ada tapi semenjak kemarin ku tau hasilnya negatif langsung ku setop & sekarang aku da mens tapi yaitu sakitnya minta ampyun dech…rasanya kaya ditususk2 apalagi dibagian samping puser sebelah kiri waw…sakit buanget malah kadang2 terasa otot yg nyambung mis V juga rasanya kaya ditarik2/ tusuk2 gitu,aku sampai ga bisa tidur akhirnya tadi pagi aku kasih obat pengurang nyeri yg di masukan kedalam anus, sekarang da agak mendingan sih walau pun masih terasa sakit tapi ga separah sebelum di obati.

    @Rin
    Hai Rin sekarang lagi banyak istirahat ya? gimana kamu mual2 ga? kudoain semoga mom & baby sehat selalu, amin…

  86. 86 On January 15th, 2010, mea said:

    @yuli:
    dr loona praktek di yasmin tiap hari selasa & kamis. memang betul nama beliau tidak terpampang di jadwal praktek dokter di klinik. ruang yg beliau pakai juga pinjam ruang prakteknya DSOG yg sedang tidak praktek:D
    padahal pasiennya banyak banget loh. soalnya penelitian untuk thesis spesialisnya tuh tentang efek akupunktur pada program IVF. makanya terapinya personal banget. tergantung kasus masing2 pasien.

    kalo mo konsul, datang aja kira-kira jam 8-an pagi. walopun dr loona biasanya baru datang setelah jam 8.30, tapi urutan kedatangan menentukan nomor antrian kita. biayanya sekitar 190rb/kedatangan (kalo di kliniknya yg di cikarang lebih murah, yakni: 125rb/kedatangan)

    pas datang bilang aja ke resepsionis-nya yasmin kalo mau akupunktur dengan dr loona. nanti disuruh tulis nama di kertas yang menandakan kita dapat nomor antrian berapa. oh iya, jangan sampai datang di atas jam 9.30 ya. soalnya setelah jam itu, biasanya pendaftaran pasien dr loona udah di-stop.

    gutlak ya, yuli! moga2 Allah memberikan kemudahan buat kita untuk mendapatkan baby yang udah lama kita nantikan. amiin.

  87. 87 On January 15th, 2010, rin said:

    @yuli, wienda & diah:
    jangan menyerah ya say…tetap yakin dan berusaha suatu saat pasti akan berhasil. Takdir itu milik Allah, kewajiban kitalah utk terus berusaha. Ingat: “Allah tidak akan mengubah nasib suatu kaum jika kaum itu sendiri tidak berusaha untuk mengubahnya”. Maap aku cuma bisa kasih semangat dan sedikit saran: ikut akupuntur sblm program IVF (spt kata mea); perbanyak doa dan sedekah.

  88. 88 On January 16th, 2010, Wienda said:

    @ Rin & Mea : thanks banget atas support kalian, pada saat spt ini memang doa dan dukungan teman dan orang terdekat sangat berharga. Rin, saat ini usia hamilnya udah brp minggu nih? pas di USG udah kedengaran detak jantungnya? Wah pasti senang banget ya, semoga sehat terus dan lancarsampai melahirkan ya, Amiiinn..
    Mea, saat ini jg msh akup di dr. Loona ya? Yg ditusuk bagian apa aja? Kalo aku kmrn pertama-2 di tangan, perut dan kaki. Trus stlh itu seringan di perut dan kaki. Trus sehari sblm ET hampir di semua bagian, kepala juga diterapi. Katanya biar badan lebih relaks menghadapi ET. Apa mungkin akupku kurang tepat sasaran ya? Tapi banyak juga pasien dokterku juga pasien BT yg berhasil.

    @ Yuli & Diah : kalian skrg udah mens lancar ya? Aku kok enggak banyak yg keluar ya? Pas 2 hr stlh dinyatakan negatif dan keluar flek tipis itu perutku rasanya mules,’kruwes-2′ sakit sekali, pikirku abis gitu pasti keluarnya deras banget. Tapi ternyata cuman incrit-2 kaya ga tuntas gitu. Pagi ini tadi malah udah ga ada pa-apanya lagi. Tapi sekali-sekali masih terasa mules. Kok cepat banget ya?

  89. 89 On January 17th, 2010, yuli said:

    @wiemda & Diah: aku sabtu cek hsg ada kenaikan mjadi 44,4, trs sama dokter disuntik lagi, hari kamis tgl 20/1 cek hsg lg hrs diatas 100 baru bisa aman kt dokter.

  90. 90 On January 18th, 2010, Wienda said:

    Yuli…Congrats ya..!! Bener kan aku bilang, selama belum ada keputusan final berarti ya belum. Dan kapanpun Allah menghendaki, maka Terjadilah :) Mukjizat bener ya, aku sampai terharu….
    Masih terlalu pagi utk bersenang-senang ya Yul, dijaga baik-baik kandungannya. Semoga Kamis besok udah berlipat lagi nilai bHCG nya dari yg sekarang. Semoga memang udah rejeki kamu jadi Ibu. Selamat ya Yuli…:)

  91. 91 On January 18th, 2010, mea said:

    @diah:
    maaf banget baru bs bales. alamat klinik rizki:
    Ruko Taman Sentosa Blok M 10/1
    Cikarang Selatan
    Telp. (021) 98277229

    bs juga telp dulu ke dr loona untuk bikin janji sama belio. 08881005703. biaya akupunktur di klinik rizki sekitar 125-150rb/kunjungan (tergantung banyaknya pemakaian jarum).

    @wienda:
    kayaknya titik akupunktur yg wienda lakukan selama ini udah oke kok. apalagi menurut info dari wienda, beberapa pasien di tempat wienda biasa akupunktur juga berhasil proses BT-nya. berarti keberhasilan wienda insya Allah tinggal menunggu waktu aja. yah yg kemaren anggap aja keberhasilan yang tertunda:)

    kalo di dr loona biasanya ditusuk & disetrum di kepala, telinga,tangan, perut, dan kaki. kadang2 juga di bagian pinggang belakang. intinya sih tergantung kebutuhan pasien.

  92. 92 On January 18th, 2010, mea said:

    @yuli:
    wow… it’s a miracle. subhanallah, selamat ya. moga2 kehamilannya terus sehat sampe lahiran nanti. perjuangan memang masih panjang, tp selalu akan ada harapan indah di depan sana selama kita percaya. tetap semangat ya! doa kami selalu menyertaimu.

  93. 93 On January 18th, 2010, veronica said:

    hallo semuanya…salam kenal…
    @mea: wah ternyata kita sama” pasien dr.Ivan BIC
    mea kpn rencana OPU nya?
    sy kemungkinan jumat ini mulai OPU soalnya td dicek estradiol nya udah 1.085
    telur yg udah mateng ada 2,yg laen sedang n masih byk yg kecil”
    jd masih suntik gonal f 300ui dan cetrotide
    mea,kalo boleh minta emailnya dong buat share gt,thx
    oya temen” ada yg pny pengalaman OPU dan ET ga?
    sy uda mulai cemas mendekati OPU,ada yg bilang abis OPU bdn sakit semua,dll

  94. 94 On January 19th, 2010, Diah said:

    @Yuli
    Subhannallah…selamat ya Yul, memang rahasia allah itu tidak ada yg tahu. aku ikut seneng buanget mendengar kabar gembira ini, aku sampai merasa seperti aku saja yg mendapatkan anugrah ini, apalagi kamu ya… Ok dech sekali lagi selamat semoga tes berikutnya angkanya sudah langsung mencapai 100 & kehamilan sehat selalu sampai melahirkan nanti.

    @Wienda
    obat2nya sdh kamu stop belum Wien? kalau bisa bagian dalam Mis V nya kamu bersihkan aja, tapi sebelumnya cuci tangan dulu yg bersih kalau bisa pakai betadin anti septik trus kamu masukin jari kamu lalu keluarkan obat yg menyumbat didalam mis V, karena kemarin aku juga seperi itu perut sakit tapi ga keluar mens nya & setelah aku bersihkan langsung mens, kayanya dia tersumbat oleh crinone.

    @Mea
    thx ya infonya, semoga besok OPU nya lancar, amin…

  95. 95 On January 19th, 2010, Yuli said:

    @Wienda, Mea, Diah dan all: amin ya rabbal alamin..smoga bisa terus. lagi banyakin doa nih. nanti aku kabarin lagi..insyaAllah.

  96. 96 On January 19th, 2010, Yuli said:

    @Veronica: setelah OPU yg aku rasain kepala agak pusing-krn reaksi dari obat bius, sama ngantuk terus seharian. tp jadi menolong, lbh baik tidur terus sampai pusingnya hilang sendiri. besoknya perut terasa agak perih2 gitu pas kita gerak atau ngulet pas bangun tidur. itu jg gak lama besoknya dah ga terasa. cuma ganti perut rasanya gede dan kenceng kyk orang hamil- kt susternya krn sel telur saya yg diambil banyak jadi efeknya kyk gitu. tp mungkin tiap orang ga slalu sama. Nikmati prosesnya aja Vero gak usah takut. yes you can !

  97. 97 On January 19th, 2010, Yuli said:

    @Wienda, Mea, Diah dan all: td pas kebelakang mo pipis, keluar mens lumayan byk. kyknya gak jadi deh..hiks..

  98. 98 On January 19th, 2010, Wienda said:

    Yuli…jangan sedih dulu ya say, sebaiknya langsung cek ke dokter deh…jgn pesimis dulu, siapa tau karena embrio nempel…. hope the best ya

  99. 99 On January 20th, 2010, mea said:

    @veronica:
    halo vero, aku udah OPU kemaren selasa (19.01). alhamdulillah opu-nya lancar & dpt 13 telur. semoga semua bisa terfertilitasi dgn kualitas yg baik. amiin.

    insya Allah aku akan ET jum’at besok (22.01). moga2 tar kita bisa ketemuan ya. soalnya kemaren setelah aku, ada bule yg juga OPU, setelah itu ada yg ET (kayaknya sih Fani yg ada di thread-nya Michelle (insem vs bayi tabung). kita bertiga suruh tiduran di bed di satu ruang yang sama. kalau bsk vero gak teler pasca OPU, berarti kita bisa nih saling sapa. bed-nya sebelahan kok, cuma dibatasi korden. biasanya yg OPU didahulukan jadwalnya.

    skrg aku lg deg2an nunggu kabar dari dr augustine berapa telur yg bakal terfertilisasi dan gimana kualitasnya. saling mendoakan ya, vero. moga2 kita bisa dikasih kesempatan hamil sama Yang Di Atas. amiin. klo mo imel2an boleh juga. imelku: fraumea@yahoo.com. gutlak ya!

    @diah:
    makasih atas doanya ya. gimana rencana akupunktur-nya? jadi?

    aku udah OPU selasa kemaren. alhamdulillah proses OPU-nya lancar. tp endometrium-ku masih kurang tebel nih. standar banget nilainya, yakni: 8,1mm. padahal dr ivan pengennya bisa mencapai 8,5mm.

    sabtu kemaren pas USG dr ivan bilang udah 8,4mm, jadi aku udah mayan tenang. eh setelah OPU dr ivan bilang endometriumnya 8,1mm. nah lho kok bisa turun sih ketebalannya?

    sorenya aku minta diresepin progynova. awalnya dr ivan gak ngasih. tapi setelah aku kemukakan alasannya, dr ivan kasih juga resep progynova 2mg diminum 2×1. aku dah minta progynova sejak masa pertengahan suntik gonal. tapi kata dr ivan gak perlu. cuma disuruh minum vit E 2 buah/hari. aku turuti saran belio itu, tp ternyata dinding rahim-nya tetep lambat menebal. mungkin krn ada faktor endom ringan kali ya. jadi perkembangan telurnya jadi gak sejalan dgn penebalan dinding rahimnya.

    tapi sekarang aku gak mo terlalu mikirin juga. yg penting udah usaha yg terbaik, sisanya tinggal Allah yang ngatur. aku cuma berharap, klo ketebalan dinding rahim tetep segitu-gitu aja, moga2 aja embrio-nya tetep mo nempel dengan baik. amiin. gak ada yg gak mungkin kalau Allah berkehendak, insya Allah.

    @yuli:
    ayo tetep semangat! aku salut banget sama kegigihan yuli yg gak gampang putus asa. bener kata wienda, coba cek ke dokter-nya. moga2 besok akan ada miracle lain yg dikabarkan di thread ini ya. amiin.

    @rin:
    btw sebelum proses IVF rin sempet coba akupunktur juga? kalo iya dgn dokter siapa? doakan aku menyusulmu hamil ya, bu. amiin.

  100. 100 On January 20th, 2010, Yuli said:

    @Mea, Wienda: wah ini mah dah mens beneran..banyak bgt, sakit lagi perut kyk diremes2..yg keluar ada yg berupa gumpalan2 hitam. yah hrs diikhlasin..

  101. 101 On January 20th, 2010, mea said:

    @yuli:
    it’s ok, dear. insya Allah kekecewaan yuli kali ini akan segera terganti dengan kebahagiaan di thaw cycle nanti. jangan berhenti berharap & berusaha. Allah pasti denger doa & keinginan yuli. aku gak bisa bilang apa2 lagi, hanya doa semoga Allah senantiasa menguatkan langkah2 yuli untuk meraih asa di depan sana. amiin.

  102. 102 On January 20th, 2010, veronica said:

    @mea: mea ET jam brapa?
    sy jam 09.45 besok jumat
    bisa bareng kayaknya ya?
    mea abis OPU sampe ET hrs bnr” bedrest yah?
    emang biasa nya ada jarak 4hran ya dr OPU sampe ET?
    td terakhir USG telurku ada yg gede bgt sekitar 3cm
    kt dr.Ivan biasanya itu cm cangkangnya doang, dalemnya kosong,kok bisa gitu ya?
    oya mea akup di dr.Loona?
    masih akup ga abis OPU?
    kt dr.Loona abis OPU sampe ET masih ada akup sekali lg ya biar bdn relax gt
    trus aku disuruh jgn buka web lg nti jd pikiran hehehe tetep aja bandel,abis nganggur sih bete
    ok deh sampe ketemu jumat ya mea
    moga” kita berhasil
    semangat!!!

  103. 103 On January 21st, 2010, mea said:

    @veronica:
    habis OPU sampai ET aku gak bedrest kok. tapi karena perut lumayan kembung & kentut melulu, jadi ya memang lebih banyak di rumah. jalan juga mulai pelan2 (itung2 latian pasca ET). hari ini aku juga masih sempet ke yasmin untuk akupunktur dgn dr loona.

    soal telur yang besarnya mpe 3 cm, gak usah dipikirin. kan telurnya gak cuma satu. dibawa santai aja. entar habis ET juga baiknya hiatus dulu, ada baiknya saran dari dr loona dilaksanakan. sapatau bisa lebih menenangkan hati. tadi dr loona juga menyarankan agar pasrah & banyak doa. biar gak terlalu kepikiran:) moga2 kita semua bisa berhasil di program IVF yang kita jalani ini. amiin.

    @all:
    mo pamit dulu ya, temen2. makasih banyak udah meramaikan thread ini. rencananya mo hiatus dulu dari web ini. moga2 bisa menenangkan hati & pikiran. moga2 juga nanti setelah aku balik, akan ada berita gembira dari temen2 semua. tetep semangat semuanya… insya Allah kita saling mendoakan terus ya.

  104. 104 On January 30th, 2010, evfia said:

    Hai veronica kamu opu jumat kemarin berarti barengan ya sama aku, dapat brp telunya? Di masukin brp ada ym gak add aku ya indriveronica@yahoomcom. Aku masih nunggu pengumuman nih tanggal 7 feb deg deg an bgt

  105. 105 On February 9th, 2010, norma said:

    hi mea salam kenal ya…gmana hasilnya?? Good news??

  106. 106 On February 16th, 2010, Retha Wowor said:

    hai.. teman2 salam kenal ya.. aku Retha. Tinggal di Surabaya en berencana mau ikut BT bulan Maret di Siloam Surabaya. Serunya baca pengalaman kalian semua mengenai BT, aku jd banyak tau tentang proses BT en bisa mempersiapkan diri n mental buat bulan depan. Yg aku heran, kok sebelum BT ada yg minum pil KB yaa.. untuk apa?? sedangkan aku hanya disuruh dtg bulan depan pas mens hari pertama untuk USG en check up.. Aku jd deg2an sendiri niy baca proses OPU.. ngebayangin sakitya kayak apa.. hehehe… Buat semua semoga sukses ya BT’nya en dapat hasil yg terbaik.. amiiiiin

  107. 107 On February 23rd, 2010, cahya said:

    @Retha: Gak perlu ngebayangin sakitnya, coba bayangin yg enak2 aja (seperti senangnya diberi kesempatan tuk berusaha sehingga kelak tak timbul penyesalan krn tak mencoba, senangnya menjd ibu yg sempurna krn bisa melahirkan & berjihad, senangnya punya anak yg lucu sehat & berbakti). dll.
    Saya bulan kemarin sdh menjalani pra BT (cek lab, USG & hari ini mulai suntik Suprefact 0,4 ml) di Siloam Surabaya sama dr. Aucky.
    Rencana awal Maret 2010 ini ke Surabaya utk tindakan lanjutan.
    Saya tinggal & bekerja di Jakarta.
    Retha ada info gak, tempat kost keluarga di Surabaya. Rencana 1 bulan nanti (Maret) kost disana sesuai petunjuk Dokter. Gak perlu yg mahal2, hehe.
    BTW, saya mau tanya buat yg sdh pengalaman nih, begini : sebelum ke Surabaya saya akan jalan2 ke Singapura. Kalo bawa injeksi Suprefact (soalnya suntiknya tiap hari & gak boleh sampai kelupaan), aman kan dari pemeriksaan di bandaranya?
    Thanks buat semuanya, wishing our luck.

  108. 108 On February 25th, 2010, retha wowor said:

    @ Cahya: hehehe… Iya niy aku lg berusaha biar ga sutrisno (stres)… Abis belum2 dah deg2an duluan… Mba Cahya kapan ke surabaya?? Oiya, mba lg cr kos2an yg budgetnya brp?? Pake AC ato ga?? Mba, bisa kontak aku di retha.prasetya@gmail.com…. Kutunggu yaa… Thx

  109. 109 On March 8th, 2010, sisca said:

    buat mea….
    gimana kabarnya????berhasil hamil ndak?????sharing dong….jangan tiarap.berhasil dan tidak tetap sharing ya buat namabah smangat kita2 ini….

  110. 110 On March 29th, 2010, mea said:

    temen2,
    mohon maaf tidak pernah memberi kabar. karena sesuatu hal, aku terpaksa menunda kabar hasil IVF yang sudah aku jalani.

    alhamdulillah, 4 februari 2010 yg lalu, aku dinyatakan hamil dengan bhcg 223. tetapi kebahagiaan itu berganti dengan kekhawatiran di hari berikutnya, karena ternyata dimerku lumayan tinggi: 2452. sama hematolog sebenernya disarankan langsung suntik lovenox untuk mengencerkan darahku. tp karena aku masih ragu dengan kandungannya (pengolahannya menggunakan enzim babi), aku tidak langsung meng-iya-kan anjuran tersebut. alhamdulillah di minggu2 kemudian dimer-ku udah turun ke nilai normal (<500), jadi tidak perlu suntik lagi.

    akhir februari sempat divonis blighted ovum karena yg terlihat baru kantung-nya. alhamdulillah awal maret kemaren aku bisa mendengar detak jantung janinku. karena ukuran detak janinku masih di bawah standar, dr ivan sarankan untuk suntik pengencer darah. aku akhirnya pilih suntik dengan inviclot (heparin yg bahannya terbuat dari sapi). efektivitas inviclot ini memang dibawah lovenox, tp dgn pertimbangan tertentu, akhirnya aku pilih inviclot ini. aku suntik inviclot ini sehari 2x dgn dosis 1cc/suntikan.

    tapi ternyata, 2 minggu sejak detak janinku terdengar, janinku divonis tidak berkembang. detak jantungnya masih ada, tapi sudah lemah sekali. seminggu kemudian dilihat malah detak jantungnya sudah gak ada lagi. ternyata heparin yang aku suntikkan tiap hari di perut tidak bisa membantu janinku berkembang:( sedih banget, tapi mau bagaimana lagi. mungkin ini memang yg terbaik untuk aku dan si janin.

    akhirnya hari minggu kemaren (28.03.2010), aku harus kuret. alhamdulillah semua berjalan lancar. aku, suami dan keluarga besar kami pun sudah meng-ikhlaskan semuanya. biarlah ia jadi tabungan kami di akhirat nanti, insya Allah.

    saat ini aku sedang istirahat dulu dari obat2 hormon. kata dr ivan sebaiknya aku istirahat dulu minimal 2 siklus, biar rahimku kembali normal dan siap untuk hamil kembali. setelah itu baru melangkah ke tahap thaw cycle (alhamdulillah kami masih punya tabungan 3 embrio).

    buat temen2 yang sedang bersiap untuk IVF: good luck! semoga kalian berhasil hamil dan bisa lancar sampai lahiran nanti.
    buat yg belum berhasil: yuk tetep semangat! insya Allah kita akan berhasil punya baby suatu hari nanti. yg penting jangan berhenti usaha dan berharap ya!

  111. 111 On April 10th, 2010, ike said:

    Hi mea,
    Memang awalnya saat terima resep lovenox saya juga kaget karena ada kandungan babi.

    Namun suami berpikir keras ttg hal tsb diantara 2 kondisi : take it or leave it LOVENOX; Dan setelah merenung sendiri akhirnya suami ketemu inspirasi jawaban yang cocok namun ada beberapa hal yang mungkin bisa saya share denga Mbak Mea disini:
    1. Apa yang akan terjadi bila kondisi Janin hidup berdetak jantung dibiarkan tanpa bantuan obat tersebut?
    2. Adakah alternatif lain saat keadaan itu terjadi yang dapat diambil sebagai
    tindakan penyelamatan?

    Dari 2 hal diatas mungkin dapat disimpulkan keadaan saat dimana penyakit/masalah tersebut menyerang Janin kita. maksud saya hanya menegaskan untuk mengetahui tingkat kedaruratan suatu keadaan sehingga boleh dibenarkan menurut Syariah untuk melakukan tindakan yang dalam situasi normal tidak boleh dikerjakan. Misalnya dengan menerima obat yang mengandung zat yang terlarang tersebut. Ini pula saya kira yang dijadikan panduan ulama Islam, namun biasanya bila dibenarkan oleh Majelis Ulama Arab Saudi maka seyogyanya diberikan label “Halal untuk darurat”sama seperti misalnya dibenarkannya kandungan alkohol kadar rendah untuk obat batuk misalnya.

    Memang setahu saya, sebagian besar obat-obatan sekelas Lovenox seperti
    misalnya Heparin dan lainnya adalah obat-obatan yang dibuat dari bahan yang
    boleh dibilang “haram”. Namun bila pemakaiannya adalah karena kondisi yang
    darurat, saya berdoa moga2 dalam hal ini boleh mendapat maaf dari Allah SWT.

    Justru malah saya kira bila kita mendiamkan kondisi berbahaya ini yang dapat berakibat fatal disaat ada jalan keluar dari masalah ini dan tidak diambil, maka jadi DOSA juga yang kita lakukan tersebut.
    Karena unsur sengaja “mengabaikan” padahal mengetahui ada jalan tp tidak dilaksanakan.

  112. 112 On April 10th, 2010, mea said:

    @ike:

    mohon maaf kalo pernyataan tentang lovenox yang mengandung babi itu (secara tidak sengaja) menyinggung perasaan ike & temen2 yang lain. aku tidak bermaksud untuk membesar-besarkan perbedaan. tapi justru berterus terang soal enzim babi tersebut agar saat temen2 ada yang mengalami hal yang sama sudah tidak kaget lagi dan bisa tau apa yang harus dilakukan jika kondisi tersebut terjadi pada diri mereka.

    saat tau kandungan lovenox itu di awal kehamilan, aku bener-bener kaget. terus terang itu saat yang sulit untuk mengambil keputusan. keluargaku sendiri gak masalah klo aku harus pakai suntikan itu. tapi karena pihak keluarga suami keberatan, posisiku tambah sulit saat itu. aku waktu itu cuma bisa terus berdoa, moga2 ada jalan lain untuk masalahku itu. sampai akhirnya ada seseorang yang berbagi informasi mengenai inviclot yang mengandung sapi itu melalui email dan ia berhasil melahirkan dengan selamat setelah 3x keguguran. saat tau tentang inviclot itu, aku langsung suntik tiap hari 2x. aku sudah merasa lebih tenang saat itu karena tau apa kandungan inviclot. walau pada kasusku, inviclot ini tidak berhasil menolong.

    ike, aku gak pernah menyalahkan temen2 yang akhirnya berkeputusan langsung pakai lovenox begitu dokter menyarankan. aku tau itu kondisi yang darurat dan pastilah berat sebagai seorang muslim untuk mengambil keputusan itu. tapi di kondisiku saat itu, bener2 sulit bagiku untuk mengiyakan saran dokter. kalau saja ada restu dari mertua untuk segera suntik pakai lovenox, tentu hal itu akan mudah diatasi. kalau saja tidak menyuntikkan lovenox saat itu dianggap sebagai dosa, menurutku itu hanya Allah yang tau. semoga Allah paham mengapa saat itu aku tidak langsung suntik lovenox.

    ike, tolong jangan salah paham lagi mengenai hal ini ya. sekali lagi mohon maaf bila ada kata-kataku yang kurang berkenan di hati ike & temen2. aku tetep salut sama temen2 yang langsung berani suntik lovenox. tidak seperti aku yang harus bimbang dulu untuk memutuskan. aku terus berdoa untuk kesehatan ike & baby. semoga bisa lancar terus sampe lairan. makasih juga atas doanya ya. insya Allah apapun yang terjadi, itu semua adalah kehendak-Nya. kita tinggal menjalani dan mengikhlaskan apa yang terjadi.

  113. 113 On June 4th, 2010, linda tobink said:

    hi..salam kenal semua..,saya sangat terinspirasi dan merasa yakin untuk menjalani program BT, saya berdomisili di medan, umur sudah 33thn (6 tahun menikah)..,saya beserta suami berencana program nya d medan saja..,dan kemungkinan senin/selasa 7 juni 2010 kan langsung dimulai setelah melewati tahapan pra…,mohon doanya…

  114. 114 On June 13th, 2010, There said:

    Dear all,
    Mau tanya nih, mungkin tidak saya melakukan IVF dengan kondisi prolaktin agak tinggi?
    terus terang saya sudah bosan mengkonsumsi obat2 an lagi (sudah 6 tahun saya mengkonsumsi obat2an demi usaha punya anak)

Leave a Reply

*
  • Recent Comments

  • Caroline: Halo yan aku sdh add ya pin nya.. namanya di bb siapa? Aku...
  • lina: @ syen: sis 7 juta dah obat semua aja kah….. total habis...
  • Wennny: Silvie saya add yah,sy jg alami hal yg hmpir sama dgn silvie,tq
  • Wenny: Sy jg lg hamil kembar dgn usia kehamilani masuk 22 minggu. Ada yg...
  • lusia: wah menarik sekali.salam kenal semuanya.saya juga lagi menjalani...
  • yan: amin, amin. km blh add pin aq 7d342070.
  • Danil: @dear mba venny: Teman saya juga mempunyai masalah azoospermia....
  • Caroline: Aminn.. Trimakasih ya yan.. Ini aku lg mau suntik pregnyl lg...