Kistaku ada di tuba – Angie H

Hai semua…Mau tanya dong…

Aku nikah udah 1 tahun 4 bulan, dan belum hamil. Aku awalnya cek ke Prof Nugroho Kampono.. dibilang baik2 aja dan tidak ada kista atau apapun di area ovarium dan kandungan. Semuanya bersih, tapi katanya ada hormon progesteron rendah. Jadilah aku disuruh minum femara dan dipten. 4 bulan kemudian aku tak ada hasil, jadi aku stop ke prof itu.

Akhirnya, coba lagi ke dokter Oetamar Syamsudin di Sam Marie, dia akhirnya nemuin kista di area kanan, tapi area kiriku bersih.. gak apa -apa. Di sini, semuanya diperiksa, termasuk suami. Dan ternyata, suami juga punya masalah yaitu ada varises di bola sebelah kanan, jadi geraknya lambat.

Setelah dilakukan tes juga, ternyata ada antibody aku yang nolak suami, tapi kata dr Otamar tak perlu khawatir karena kadarnya rendah, bisa dibantu pengobatan dengan PLI. Tapi ternyata, kistaku di area kanan makin membesar dan perlu LO.

Karena takut, aku nyari 2nd opinion ke dr Wachyu Hadiseputra…dia bilang emang ada kista di area kanan (tapi letaknya di mana masih rancu), dan ada PCO kanan kiri. Lalu dia minta aku dateng ke dr Bambang Karsono, setelah usg dalem, dia bilang kistaku ada di tuba  puji (Tuhan jinak tapinya), hidrosalpinx, sehingga musti d LO ( jalan satu2nya di LO).

Setelah dapet hasilnya dari dr Bambang, aku balik lagi ke dokter wahyu, dan dia bacain hasil dari dr Bambang. dr Wahyu bilang kemungkinan ada infeksi, kemungkinan terburuknya aku harus diangkat tubanya kalo ada nanahnya (meski ovarium kanan sehat) tapi sedemikian rupa dia upayakan untuk dipertahankan dengan catatan kalau isinya hanya darah. Mau nangiiss bgt rasanya….

Ada yang bisa share ga ya ttg hal ini? bisa ada kemungkinan ga sih kalo cuman disedot aja cairannya? Atau kalo mau dipotong ya bisa ada kemungkinan sambung lagi ga? Karena dari yang aku pernah baca, ada kasus yang bisa dipotong aja daerah yang bermasalah tapi nanti disambung lagi, mengingat ovarium kanan itu sehat.
Bisa ada kemungkinan untuk hamil ga ya dengan keadaanku seperti ini? Minum vitamin apa yang bisa membantu keadaan ini? Makanan yang perlu dihindari?
Aku olahraganya, jogging, jalan cepet sama bernang. Masih bisa ngelakuin aktivitas inikah? atau sama sekali dihindari sebaiknya?

Help! Thx yaa…

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (No Ratings Yet)
Loading...

4 thoughts on “Kistaku ada di tuba – Angie H

  1. Bunga

    Hello Angie,
    aq kurang paham dengan masalah kista dan tentang infeksi tuba… Tapi kebetulan aq bisa membirikan pendanpat ttg kalo tuba nya di operasi…itu namanya laparoscopic kebetulan aq sdh menjalaninya.. Masalahku tuba kanan di angkat karna hamil ectopic dan yg sebelah kiri menjalani laparoscopic karna tersumbat.
    Laparoscopic ini keberhasilan nya sgt kecil..kalo tdk salah 15% aja..karna tube yg pernah menjalani op ini bisa jd ada bekas lukanya olehkarna itu dia bisa tdk berfungsi sedia kala…
    Aq tunggu 2 thn setalah op laparoscopic ku utk hamil tapi ga kunjung2 jg..akhirnya di putuskan hrs program BT walaupun bt pertama gagal mudah2an bt ke 2 berhasil (fingers crossed)

    Mudah2an masalah nya ga sampai harus ambil tindakan tube nya di potong ya…(karna menurut pglamn ku percuma)
    Tapi…tube sebelah kiri masi baguskan?! Jadi masi sgt besar kemingkinan bisa hamil normal… Insyaallah setalah suaminya di obatin varisesnya…
    All the best and good luck ya bu…X

    Jd saran ku

  2. isti

    hello angie.salam kenal,kasus kt hampir sama.sy udah 3th nikah.th 2008 op angkt kista ovarium di bunda.trus krg lebih 2 minggu kmdian hidrotuasi bius total.dan suami jg ada kekurangn kwalitas kurang bagus dr bilang teratozoospermia.dr bilang jaln satu2nya hrs bt.krn biaya akhirnya kami berhenti ke dr.sambil usaha alternatif berbagai macam dan berbagai tempt.dan sejauh ini gak ada tanda2 hamil.akhirnya pertengahan 2010,km coba pindah dr,setelh 2kali konsul dg hsg di ternyata ada kista lg di ovari kiri dan hidrosalpinx kiri serta kedua tuba non paten,dr menyarankan untuk LO tp krn biaya blm cukup akhirya km berhenti ke dr.dan lagi2 dg upaya alternatif yg cukup lama tp tak ada hasilnya.dan bulan ini km pindah dr dan jg pindah rs.maklum krn biaya pas2an km cari yg lebih murah.setdknya bs berhemt.setelah konsul dr yg ke3 ini,dr menyrankan untuk hidro yg ktnya tanpa di bius,waaduh dengernya aja pasti sakit bgt nich.tp mudahnya ini langkh yg terakhir untuk selanjutnya bisa hamil.aamiiin.mbk angie maaf kulupaan curhat.jg putus asa mb,msh ada yg lbh berat cobaanya dari kita.tetep S E M A N G A T ! ! ! !

  3. LIRING

    Aku tinggal di New York,aku juga ada kista di rahim kananku,dioperasi tahun 2001,ke dokter bilang nggak pengaruh kalo mau punya anak,tapi aku tidak hamil hamil.Aku ke dokter fertility di temukan ada kista di kedua saluran telurku jadi mesti diambil kedua saluran telurku sebelum proses bayi tabung karna takut cairannya nanti bocur ke rahim, aku dah proses bayi tabung dua kali tapi belum berhasil,kendalanya adalah telurku karna usia sudah 41thn dokter menyarankan untuk cuba bayi tabung satu kali lagi,jadi intinya kista itu tidak masalah bisa hamil atau tidak.

  4. juju

    saya mau tanya apakah dipten itu boleh di ulang sampai 3 kali siklus?? apa ada efek sampingnya? sekian terima kasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*