Kista Endometriosis dan Laparoskopi – Fay

Hi semua. Saya Fay, usia 25 tahun, sudah hampir 2 tahun menikah dan belum punya anak.

Sejak 1 tahun lalu saya didiagnosis kista endometriosis dengan ukuran 4,5cm dan 2,5 cm. Memang sejak saya kuliah haid tidak pernah teratur, dan sering ada nyeri yang hebat saat awal haid. Sudah lama saya disarankan untuk laparoskopi, tapi karena masih takut dan masih mau menunggu hamil secara alami, akhirnya rencana itu tertunda terus. 2 hari lalu saya haid dan nyerinya sangat sakit, sehingga saya setuju untuk dilaparoskopi. Jumat ini saya rencananya laparoskopi ke Medan.

Apakah ada teman-teman yang pernah dilaparoskopi dengan kasus kista endometriosis juga? Berapa hari perawatan?
Apakah setelah itu langsung bisa hamil alami?

Terimakasih kalo sudi berbagi cerita dengan saya..

FacebookTwitterGoogle+Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...Loading...

72 thoughts on “Kista Endometriosis dan Laparoskopi – Fay

  1. lisa

    Dear all, sy sdh menikah selama 6 tahun tp blm mmpnyai anak. Sdh ke dokter berkali2, sdh ?? hsg dan katanya ad penyumbatan ?? saluran sblh kanan. Sdh jg ditiup utk mengeluarkan sumbatan ?? saluran sel telur. Saat ini sy dan suami sdg berobat ke RSCM Kencana. Sy ?? diagnosa ad endrometriosis dan hidrosalphing kanan sehingga menyebabkan menjadi racun dan menyebabkan terganggunya perlengketan ?? rahim dan sy disarankan utk laparoskopi untk mngangkat saluran sel telur sblh kanan. Sy msh takut mndngar saluran sel telur yg sblh kanan hrs diangkat. Apakah ??? yg sdh pernah saluran sel telur nya diangkat ? Tlg sharing dunk apa ??? efek / resiko klau saluran sel telur kt tinggal satu. -??•-??•??•?thank<3you•??•?-??•-?

  2. dewi

    sy jg mngalami ksta endrometriosis,sdah 2 kl laparoskopi dlm jngka waktu yg hmpir brdekatan,dan prnah terapi endrolin smpai 6kl,skrg ovarium sy tggal 1/3 yg sbelah kiri krn kt dokter ovariumnya hrus dianggakat krn trjadi perlengketan,,stelah setahun lbh berlalu dr laparoskopi k-2 saat ini gejalany timbul lg,,,sy jd takut vonis dokter menyusuh sy lproskopi lg..pdhal sy ud menghindari pantangan mknan yg di sarankan dokter

  3. Tutus

    Hai Fay,Saya Tutus di Sby gabung sharing ya,saya sudah menikah 1 tahun 5 bulan,Saya juga mengalami Kista Endometriosis _+ sudah diatas 7 cm,dokter bilang Kista saya sudah berumur 2 thun dan sudah menyerang indung telur sebelah kiri dan sudah operasi Bulan Okt 2011,setelah Operasi saya langsung di Program Hamil,tapi sampai sekarang saya belum hamil.

    Tgl.10 Sept 2012 saya pindah Dokt,Dokt sampaikan kenapa saya santai2 karena Dokt bilang saya sudah 1 tahun yang lalu operasi dan Kista saya kemungkinan sudah timbul lagi,saya langsung shock karena saya sangat ingin hamil,tapi jika ada kista lagi maka keinginanku akan terhambat lagi,saat ini saya masih berusaha untuk tes ini itu termasuk darah,

    Seharian ini saya stress tapi lebih berkurang begitu tahu saya tidak sendirian.Ayoo semangat.

    Salam
    Tutus

  4. dewi

    Hai Mbak susi, saya mau tanya, kemarin operasi kista dengan dokter quah Thong sai, biayanya sekitar berapa ya mbak??mama saya juga rencana mau operasi kista dengan dokter quah..

    Thankyou

  5. piping

    Hai smuanya … ak piping salam kenal smuanya , usiaku 30th suami 40th ,kami menikah hampir 5th.
    Insya Allah sabtu ini tgl 6 sept ak mw LO , krna dokter memperkirakan adanya perlengketan yg lumajan berat jd ak hrs siap jk ada tindakan bedah . Krn letak kistaku diblkg ndiperkirakan menekan tulang n saraf tlg blkg , dan ada adenomyosis jg,.tp menurut dokter .dk mslh,dibanding pasien 2nya yg lain adenoku trmsk grade plg bawah

    Stlh itu rncn akan lgsg program bayi tabung , tanpa disuntik tapros, krn menurut dokter program nya g bs diundur lbh lama lg krn cadangan telurku sdh mulai sdkit hsl tes amh kung 1,40 Dr normalnya 14,80
    Apakah aman Stlh operasi . Tdk disuntik tapros ?

    Mohon Saran dr tmn 2 smua disini , trima kasih

  6. Vanny

    Hai semuanya.. Salam kenal yaa…

    Senangnya aku ga sendirian.. Aku juga sudah hampir 2 thn menikah, tapi belum kunjung dapat momongan.. :(

    Skg aku diminta utk LO juga.. belum dilakukan sih, (terpending lebih tepatnya krn pihak RS), tapi aku berencana utk segera lakukan LO.

    Deg2an…cuma harus.. Kista, Miom, katanya ga ada, tapi hasil HSG non patent 22nya.. :(

    Jadi, as soon as possible mau LO di Jakarta aja, di Morula/Bunda.

    Ada yang bisa info aku harus ke dokter siapakah saat konsul s/d tindakan LO-nya?

    Makacii..

  7. piping

    Hai mb vanny… Salam kenal yaa…

    Ak br hari sabtu kmrin LO, Alhamdulillah berjln lncar n sukses, hari jum’at ak kontrol lg, ak sm dr.ivan.

    Klo dokter2 dibunda byk sih yg ahli dibdg LO, tp mmg mslah milih dokter itu butuh kemantapan hati, ak lmyn cocok sm dr.ivan, orgnya friendly bgt n klo disms sll dijwb.
    DiBIC selain dr.ivan ada dr.indra, dr.irham, dr.taufik, prof andriyono,n byk lg, klo dibunda ada dr.wahyu yg jg ahli dlm LO…
    Kmrn ak habis 29jt dikls 3, lmyn yah tp g pp demi kesehatan n memiliki keturunan, alhamdulillah menurut dr.ivan Insya Allah ak bs hamil alami stlh suntik tapros 3bln (akhirnya dokter mutusin wat terapy tapros stlah melht cadangan telorku disblh kanan msh bagus2 n banyak)

    Ttp semangat ya mb vanny, smg diberikan yg terbaik

  8. wahyu

    Hi semua, aku menikah sudah 1,5 tahun. sebulan lalu aku periksa n baru tau kena kista di indung telur sebelah kiri. ukurannya 7,4 cm dan 3,5 cm. rencana mau di herbal/ alternatif dulu meski akhirnya nanti harus operasi / LO. sobat… bedanya operasi biasa ma LO apa sih? mahalan mana? untuk wilayah jogja / solo ada rekomendasi dokter /RS mana ya yang bagus?
    ok thanks infonya… Semangat dan Sabar… anugrah itu InsyaAlloh datang

  9. Fitri

    Mbak fay, selamat ya atas kehamilannya…
    lusa saya dijadwalkan LO ..apakah setelah LO wajib hukumnya suntik tapros? Kira2 bs langsung hamil ga ya setelah LO?
    Saya LO karna endometriosis kanan kiri 6 & 3 cm…sudah 4,5 thn dengan keguguran yg berulang..sebelumnya berharap si kista bs mengecil sendiri dgn adanya kehamilan..
    Mohon sharingannya mbak2 semua…
    Terima kasih….

  10. Rini

    Hai semuanya…

    aku udh nikah 3.5thn dan udah keguguran 2x masing2 berumur 8 mgg.
    keguguran yang terakhir darah keluar deras seperti mens tapi selama 2 mgg.
    aku dikasih obat penguat dlm 2 mgg itu tapi ternyata ga bertahan juga.
    Pernyataan dokter adalah ada miom di dalam rahim. yaitu tempat berkembangnya bayi. kalo disekitar dinding rahim masih bisa diabaikan,tapi kalo di dalam rahim sudah susah. saat itu masih mikir karena takut operasi. dan saat itu aku sudah mendaftar untuk naik haji di oktober 2012. jadinya aku pending.

    plg haji, mens aku banyak banget sampe nembus celana luar dan sampai menodai kursi kantor hehee…dari sini aku pikir ada yang ga bener nih,makanya aku memutuskan untuk ke dokter Ivan Sini di BIC sekalian mau program hamil.
    ternyata pernyataan dokter Ivan sama dengan pernyataan dokter aku sblmnya bahwa miom ada di dlm rahim. ditambah lagi temuan dokter ivan bahwa ada kista juga.
    ga mau tunggu lagi,aku langsung setuju sama dokter Ivan untuk Laparoskopi akhir bln ini menunggu jadwal haid aku selese.

    baca pengalaman mbak Fay,aku jadi semangat banget nih….semoga ketularan juga…

  11. fay

    @mba fitri : alhamdulillah kalo saya 1 bulan setelah LO,bisa langsung hamil. Memang penyebab susah hamil ya si kista yang nekan tuba falopii yang menghalangi jalannya sperma ke sel telur. Semoga segera berhasil ya mba. Amiiin.

    @mba rini : iya, harus optimis donk. Biasanya mereka yang disuruh nunggu lama ama Tuhan supaya bisa punya momongan bakal dapat rezeki double Loh. Sakit emang gak boleh disimpan2, karena bakal makin bertambah kerusakannya. Kalo ada dana, waktu dan kesiapan mental, segera diobati penyakitnya. Soal nanti bisa punya anak langsung atau enggak udah di luar kuasa kita. Yang penting kita sehat. Tetap semangat ya mba. Jangan putus harapan. :)))

  12. ozie adiguna

    Hai…feyy and all salam kenal ya

    ikutan share ya
    Aku sudah menikah 2tahun ini, karna aku tak kunjung hamil akhirnya aku dan suami coba periksa ke dokter kandungan, setelah diperiksa ternyata aku kena kista gartner dan endometriosis.kemudian dokter tawari aku untuk operasi pengangkatan kista dengan cara di lapartomi

    Akhirnya aku pun menjalankan operasi pengangkatan pada tgl.7 jan 2013 dan sekarang lagi masa pemulihan.

    Aku mau tanya sama mbak susi setelah mbak operasi dengan cara lapartomi apa ada dampaknya ngak?, apakah untuk melakukan hubungan dengan suami terasa sakit? Karna cara operasi laparoscopy dan laparttomi beda

    Tolong info seharinya ya teman “

  13. kiki

    Mb fay ikutan share yah..pengalamanku kemaren bulan oktober ak ngejalani laparoskopy..abs operasi ak mens,untuk november dokter suntik GRNH ak msh mens,suntik GRNH utk bulan desember sampe januari sekarang ak blm dapet mens kira2 ???rus tgg berapa lama utk mens kmrn kontrol dokter jangka waktu sampe maret,tolong buat temen2 yg sdh punya pengalaman suntik GRNH brp lama ?äª tgg mens keluar..

  14. kiki

    Maap heehe mksd suntik GNRH biasa tgg mens datang kapan?buat temen2 yg pernah punya pengalaman ditunggu infonya,mksh sebelumnya

  15. Cay

    ikut share ya mba fey.salam kenal semuanya. aq cici dah 10bln nikah blm pnya ank. setelah membaca pengalamannya mba fey jd semangat n g takut bwt operasi.aq di vonis kista endometriosis 10cm, rencananya akhir bln ini operasi tp kt dr nya operasinya kya operasi cesar soalnya dah gede. doanya ya dr smuanya! mdh2n nasibku seperti mba fey, hbis operasi bs hamil.aamiin…

  16. nuraropah

    salam kenal semuanya aq nur,alhamdulillah jadi semangat untuk berobat lagi setelah baca pengalaman teman2 smwa,aq jg di vonis samadr punya kista endometriosis di indung telur sblh kanan n kiri hasil hsg paten tp tiap bulan haidq sakit bgt ampe meriang sgala sbnrny sma dr disaranin utk laparoskopy tp masih takut. emang klo habis laparoskopy mesti suntik tapros ya?padahal kistaq bru 1 centi ko sakitny mtaampun ya,mudah2an stlh aq Lo aq bs lgsung hamil,aminnn

  17. Cay

    halo mba fey…maf nieh klo boleh tau skrg mba fey dah melahirkan blm? pngn tau lahirannya normal pa sesar..mksh ya…

  18. MEGA

    Hai mba fey and all,salam kenal semuanya…Mau ikutan share nih.Nama qu Mega sudah menikah 1tahun 9 bulan dan alhamdulilah blom di kash kepercayaan tuk punya momongan :-( ,dan stelah nunggu sekian lama akhirnya aq mutusin periksa ke BIC di bulan maret 2013, aq sama Dr.Irham dan hasil diagnosanya ada kista endometriosis di indung telur sebelah kiri 2,5cm,hasil HSG tuba paten, tapi morfologi (bentuk) sperma suami kurang baik, dikasih vitamin dan disuruh menunggu selama 3bln….baru tuk tindakan selanjutnya…LO…Qira2 bisa ga ya mba tanpa tindakan operasi apapun,soal nya aq takut bgt nih,dan juga domisili aq yang jauh di Belitung Timur,akan sangat menyita waktu…Kemaren aja periksa tu pas ada libur kerja.Minta doa nya yah semoga aq bisa hamil sebelum waktu 3bln yg di kasih dr.

  19. diana

    Hi semua..salam kenal ya, aku diana dari Surabaya. aku usia 40th dan baru menikah 1 tahun yang lalu. Aku punya riwayat penyakit endometroisis dan Lupus. Ada yang bisa bantu kasih info kah…resiko usia dan kedua penyakit itu kalau aku menjalankan Laparoskopi? Dan ada yang tahu biaya kalau operasi laparoskopi di Singapore? Dokter terbaik dan berapa biayanya? Thanks buat informasi dan masukkannya ya teman….

  20. pienk

    Hai mb Diana, sekedar saran sebelum memutuskan lalaparoskopi sebaiknya mb Diana cek kadar AMH dl mengingat usia mb Diana sdh 40th. Sy ada grup BB khusus amh rendah Dan ada salah sabtu member yg pernah dinyatakan kena penyakit lupus, Kami smua sdg berjuang untuk memiliki keturunan, jik berkenan add pin BB sy 2a72fda5

  21. Amie

    HALLO Mbak Mbak semua… Aku mlm INI lg nginap, PRA op di rsia hwrmina. Besok MW operasi LO dg Dr Syarief. Doakan
    Lancaryaaaa….. Aku udh 2 th menikah. Ada kista endometriosis do ovarium kanan. Sudah hsg, hasilny kedua tuba paten. mens jg gk sakit, cuma setelah 1 th menikah, men’s JD sdikit. Siklus lancar.28 atau 27 hr. Slalu. Makanya kaget pas tw kista endo INI.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*