bayi tabung

Pengalaman bayi tabung dalam mengatasi masalah kesuburan untuk mendapatkan si buah hati

26th October 2011

Kista Endometriosis dan Laparoskopi – Fay

posted in Endometriosis, Kista |

Hi semua. Saya Fay, usia 25 tahun, sudah hampir 2 tahun menikah dan belum punya anak.

Sejak 1 tahun lalu saya didiagnosis kista endometriosis dengan ukuran 4,5cm dan 2,5 cm. Memang sejak saya kuliah haid tidak pernah teratur, dan sering ada nyeri yang hebat saat awal haid. Sudah lama saya disarankan untuk laparoskopi, tapi karena masih takut dan masih mau menunggu hamil secara alami, akhirnya rencana itu tertunda terus. 2 hari lalu saya haid dan nyerinya sangat sakit, sehingga saya setuju untuk dilaparoskopi. Jumat ini saya rencananya laparoskopi ke Medan.

Apakah ada teman-teman yang pernah dilaparoskopi dengan kasus kista endometriosis juga? Berapa hari perawatan?
Apakah setelah itu langsung bisa hamil alami?

Terimakasih kalo sudi berbagi cerita dengan saya..

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (2 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading ... Loading ...

This entry was posted on Wednesday, October 26th, 2011 at 7:19 am and is filed under Endometriosis, Kista. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

There are currently 70 responses to “Kista Endometriosis dan Laparoskopi – Fay”

  1. 1 On October 26th, 2011, Nitaa said:

    Dear fay, saya juga pernah menjalani laparascopy karena ada endometriosisi, myom dan kista bahkan ada perlengketan juga krn dulu pernah operasi myom (open).
    Tapi haid saya teratur cuma memang sebelum laparascopy endometriosis saya semakin menggangu sehingga disarankan laparascopy
    Gak usah takut krn rawat inap hanya 3 malam, semua dibersihkan. Semoga setelah dibersihkan Fay dapat hamil alami dengan catatan suami juga tidak ada masalah. Dokter memang menganjurkan agar cepat hamil supaya endometriosis tidak muncul lagi.

  2. 2 On October 26th, 2011, didien said:

    Dear Fay..

    mw ikutan sharing y.. sy terkena multipel endometrioma di ovarium kanan n kiri (jd ada kista coklat kecil2 di ovarium kanan dan kiri) tp prof samsul sy memberikan 2 pilihan antara laparaskopi (dg resiko jaringan ovarium byk yg terangkat krn endo sy kecil2 di ovarium kanan kiri sy) n ikut ivf (dg resiko telur tdk tau apakah bs berkembang dg baik apa tdk) akhirnya stlh sholat istikhoroh n kluarga memutuskan unt ikut ivf, subhanallah.. pertolongan Allah begitu besar, Allah menitipkan kepercayaan anugrahnya dlm rahim sy. tp y bgtu mb. wkt sy opu sudah dicoba lwt jln bawah spt protokol biasa akhirnya unt pngambilan telur pakai laparoskopi skalian kista coklatnya di sedot skitar ada 20cc yg tersedot di spuit mb.

    kl mb laparoskopi 1 day care kok mb sdh bs plg, kl di graha amerta laparoskopi unt kasus paketan 15jt, hbs laparoskopi qta sdh sadar krg lbh 3jm trus bs lgsg plg. nanti 7hr kontrol unt luka oprasi sm hasil video dr laparoskopi berupa vcd nanti dterangkan oleh dokter. luka lapaskopi jg kecil krn alat yg digunakn jg khusus kecil, dl sy ada 5jahitan yg mnyebar di sympisis, puser, perut bag bwh kanan kiri dan pertengahan perut, smua cm 1 ikatan benang2 az. jd gampang sembuhnya. beda sm laparatomi, kl laparotomi lukanya panjang kyk org habis sc/secear, kl itu bth waktu inap 4hr 3mlm krn byk suntikan (antibiotik,anti nyeri dan vitamin) yg harus diberikan. jd beda laparoskopi n laparotomi adl cara operasionalnya moderen n konvensional. ok itu sja info yg bs sy sheringkan,trima kasih.

  3. 3 On October 27th, 2011, nazrah said:

    salam kenal…
    saya dari malaysia..sy amat tertarik dgn blog ini.sy salah seorang pesakit edometriosis stage 4(severe).sy telah selamat menjalani operation pada april 2010.sehingga sekarang belum pregnant.sekarang saya menjalani ivf(bayi tabung) di Lam Wah Ee, penang dgn Dr. Ng peng Wah..its better 4 u to listen doctor’s opinion..dan yang lain-lain hanya berserah pada Allah..

  4. 4 On November 1st, 2011, fay said:

    Hi semua. Akhirnya sabtu kemarena saya jadi di laparoskopi. Minggu udah pulang, karena saya di Batam dan laparoskopi di Medan. Sampai sekarang masih agak susah jalan, karena nyeri. memang kalo ada penyakit gini, semakin cepat semakin baik pelaksanaannya. karena setelah dilaparoskopi kemaren ketauan kalo Tuba saya juga lengket-lengket. Coba kalo ditunggu makin lama, bisa-bisa tuba saya tersumbat dan gak bisa hamil alami sama sekali..

    Dokternya bilang, tuba udah dibebaskan dan kista udah diangkat so insyaAllah bisa hamil spontan / alami. Semoga bisa..amiiin.

    @ mbak nitaa : iya, ini hari ke-3 post OP. Apa mbak udah hamil sekarang? Nunggu berapa lama, mbak?

    @ mbak didien : Wah, selamat mbak. saya masih pikir-pikir jauh untuk IVF. karena Alhamdulillah suami spermanya baik, dan saya juga kistanya sudah diangkat. Ini mau mengusahakan supaya bisa hamil alami dulu. Semoga bisa.

    @nazra : wow, good luck on ur IVF. I really hope u’ll get ur baby soon. But i still think my time to try IVF hasnt come yet, still want a natural pregnancy to happen. Let’s pray, and God will do the rest.

  5. 5 On November 15th, 2011, hesti said:

    salam kenal mbk fay,namaku hesti umur 25 thn,pengen ikutan share,kalo aku punya kista 2cm..kata dokter sich gak perlu operasi atau suntik,tapi aku takut karna udah 8bulan menikah ini aku belum hamil,pertama dkasih provula 10 tablet trus disuruh terapi UKG sebanyak 10x,sekarang dkasih danocrine..kalo pun aku kecapekan pasti perutku kram,mbak mau tanya dong kisaran berapa kalo laparoskopi itu..terimakasih…

  6. 6 On November 16th, 2011, fay said:

    hi Hesti. Laparoskopi aku di RS Stella Maris Medan, dengan dr. Ichwanul Adenin dan dr. Binarwan Halim. Dokternya teman papaku jadi fee dokternya gratis. Hehehe,..
    Totalnya sekitar 10jutaan kemaren.

    Setelah operasi itu baru terasa sakitnya, mau baring kanan-kiri susah dan sakit. Masa pemulihan sekitar 1 minggu dan udah bisa kesana kemari sekarang. Lukanya juga udah mengering.

    Buat mbak-mbak sekalian, bener ya setelah laparoskopi kita gak boleh ‘berhubungan’ ama suami dulu sampai datang haid normal?

  7. 7 On November 21st, 2011, tietie said:

    Hi Fay. Salam kenal. saya mau sharing sedikit pengalaman saya.

    Saya thn 2008 dicurigai terkena endometriosis melihat dr kista pd ovarium kiri 6cm, pengalaman keram hebat dr kecil (saat mens maupun tdk terutama hr pertama). setelah treatment 2 taun, kista sempat mengecil namun akhirny cenderung membesar trs. sehingga mei taun lalu 2010 dilakukan laparoskopi, saat itu saya blm menikah, diangkat kistanya + cauterisasi (spti dibakar) endometriosis pd dinding rahim yg bnyk menempel. dokter menyarankan dlm setaun saya segera menikah dan hamil.

    Saya baru menikah taun ini akhir juni 2011, sy kembali k dokter, setelah lama tdk periksa, sempet down sdkt krn tnyt di ovarium kanan (yg sy kira tidak terkena) timbul kista baru 2 cm. karena msh kecil jd cm dilakukan observasi. dokter memberikan vitamin buat sy dg suami. kt beliau dicoba alami dulu sktr 2-3 bln.

    Alhamdulillah bulan depannya saya balik karena saya positif hamil, sekarang dah msk minggu 18 :)

    Jadi bedasarkan pengalaman saya Insya Allah bs dg alami dg usaha dan doa. ttp semangat ya mba :)

  8. 8 On November 21st, 2011, cecilia said:

    Hi all,

    Saya 5 taon merit. on and off program dokter. Bulan Dec ini, rencananya aku juga mau lapasoskopi u/ bersihin kista cokelat, Myom dan kemungkinan ovarian drilling u/ kasus PCO aku.

    Ada yang bisa share pengalamannya laparoskopi dengan dokter. Hardi Susanto ?

    Dokter Hardi juga suggest u/ suntik tapros beberapa bulan dan selama suntik tapros tdk boleh hamil dulu.

    Yang sudah pernah laparoskopi di penang dengan dokter Ng Peh Wah, tolong share biaya dan pengalamannya..

    thanks

  9. 9 On November 22nd, 2011, fay said:

    hi mbak tietie.. wah, selamat ya atas kehamilannya..
    kalo boleh tau, apa nama obat yang disarankan oleh dokter mbak itu? Boleh juga saya coba tuh mbak. biar saya ama suami bisa sama-sama minum obat. Boleh email ke saya di fairuzalaily@yahoo.com

    Thankyou mbak.. :))

  10. 10 On November 23rd, 2011, Yokhe said:

    Hi mba Fay dan semua..koment2nya semua menambah semangat saya utk kembali memikirkan ttg penyakit saya.sdh lama saya menahan sakit endometriosis ini..dan saya sdh pesimis dgn saran2 dokter…mba Fay tlg disharingkan perkembangan selanjutnya setelah menjalani Laparoskopi ya..jujur saya sangat takut menjalani operasi itu.dan Mba Titie..tlg aku juga disharingkan nama vitamin yang diberikan dokternya..email saya yokhe_hrd@hotmail.com.trims

  11. 11 On November 24th, 2011, fay said:

    Hi mbak yokhe..
    Ayo, semangat donk buat usaha punya momongan. Usaha itu porsi kita, berhasil/gak itu urusan Tuhan.
    Setelah dilaparoskopi tgl 29okt lalu, 5 hari kemudian msih sakit banget terutama kalo jalan, duduk. Trus, oleh teman saya disuruh minum Spirulina dan gamate. Ajaib, besoknya saya bisa jalan en aktivitas. Haha, gak percaya tapi beneran. Saya lanjutin lagi minum Spirulina dan Gamate, Alhamdulillah sampai skrg gak sakit lagi sama sekali.
    Kalo dalam 3 bulan ini saya gak bisa hamil alami, mau lanjut ke inseminasi. Semoga aja sblm 3 bulan udah hamil, amiiin..
    Mbak, saya awalnya juga takut bgt loh. Disuntik aja takut. Tapi, krn endometriosis saya kmrn udah bikin sakiiiiit bgt pas haid, saya jd gak perduli mau diapain juga asal nih sakit hilang.
    Kata ibu saya, “punya anak/gak itu rezeki2an, tapi kalo ada penyakit, kita harus usahakan biar sembuh”
    Semakin lama endometriosis akan semakin ganggu, akhirnya bikin tuba lengket, lebih susah hamil. So, jangan takut ya mbak. Optimis terus. Nih banyak rekan senasib. Hehe.
    Btw, kalo mau tanya2 lagi, boleh email saya ke fairuzalaily@yahoo.com
    Feel free to ask me about anything. :))

  12. 12 On November 24th, 2011, tietie said:

    Hi mba fay.. n salam kenal mba yokhe :) .. saya sharing disini saja yah.. tepatnya si sebenernya bukan obat yg dokter saya kasih wkt kmrn, cm vitamin. untuk saya vit e “Santa-E”, untuk suami sy “zegavit” mengandung zinc, sekali sehari minumnya. Saya jg dah lm konsumsi propolis + royal jelly (tp skrng lg hamil berhenti)

    iya mba yokhe, bnr kt mba fay lbh baik sedini mungkin ditanganin. saya merasa agk telat tiba2 dah ada kista 6cm di ovarium, pdhl dulu wkt sma saya pernah cek k dokter katanya gpa2, sakit saat mens saya itu ktny wajar krn posisi rahim saya retrofleksi. salahnya tidak cari second opinion krn saya krng mengerti, pdhl sakit saat mens tidak wajar skalikan kl ada endometriosis.

    Hingga akhirny thn 2008 sy keram hebat tidak saat mens, pas usg ketauan ada kista 6 cm itu. treatment 2 taun pk obat ttp tidak mengobati sktny, hanya menurunkan rasa sakitnya. segitu dicoba tidak minum, 2x saya end up di ugd.

    Walaupun saat itu saya blm nikah kekhawatiran aneh2 di benak psti ada. tp tekad saya buat ilangin sakit, kluarga saya mendukung, calon suami wkt itu jg mendukung dan alhamdulillah sdh ada rejeki buat operasi.

    Pasca laparoskopi pastinya nyeri, sminggu pertama sy blm bs beraktivitas, minggu kedua sdh mli bs beraktivitas normal walaupun msh sdkt nyeri, wkt itu sy dah mli msk kampus lg. sejak 2 taun saya skt kampus sy agk terbengkalai hehe. Kt dokter sy sbnrnya, 40 hari sebaiknya istirahat bnyk, jgn diforsir dl, tp hrs gmn ngejer lulus, kampus saya jauh pula,hehe

    Sedikit sharing lg pengalaman saya. Semangat terus yah mba fay n mba yokhe :)

  13. 13 On November 24th, 2011, Cecilia said:

    Mba Yokhe & fay,

    Boleh tau Mba laparoskopi dangan dokter siapa dan dimana serta biayanya..

    Thanks

    Spirulina beli dimana yah?

  14. 14 On November 24th, 2011, fay said:

    hi mbak cecilia.
    saya laparoskopi dengn dr. ichwanul adenin, spog dan dr.binarwan, spog. total biaya 10 juta. agak murah karena dokternya gratis, temen papa saya.
    laparoskopi di RS Stella Maris, Medan.

    Spirulina dari K-Link saya beli dari agennnya di batam. memang gak dijual umum, hrs pake agen,mbak..

    ohya, mbak domisili dimana? Pengobatannya udh apa aja, mbak?

  15. 15 On November 25th, 2011, Cecilia said:

    Mba fay,

    Saya di jkt. Rencana akan LO awal des ini. Tegang juga krn blm pernah operasi. Saya selama 4 tahun program on and off sih, palingan makan obat penyubur kayak profertil dan sejenisnya..tiap dokter kayaknya nganjurin itu melulu. Kalo diitung2. Udah 6-8 siklus total dengan 3 dokter berbeda..

    Selama ini belum pernah insem maupun bayi tabung. Katanya aku ada endo, kista cokelat, pelengketan(dokter ivan, bunda aja yg diagnosa pelengketan) dan PCO. Haid selalu tepat waktu dan kagak terlalu sakit.

    Sekarang mba Fay gimana hasilya?

    Tq for sharing

  16. 16 On November 25th, 2011, fay said:

    mbak cecilia,

    kalo sudah ada endometriosis, kista coklat sebaiknya segera dilakukan tindakan. Bukan menakut-nakuti, tapi temen kantor saya juga ada endometriosis yg dibiar-biarkan, akhirnya salah satu tubanya harus diangkat karena sudah hidrosalphinx dan lengket parah. Memang benar ada juga yang endometriosis dan bisa hamil. tapi kembali lagi, masing-masing kita beda sakitnya. ada yang kistanya tumbuh dekat rahim, di dalam rahim, dekat ovarium, masing-masing kita beda.

    Jadi mbak cecilia, kalo ada waktu dan dana, mending berobat lagi. lebih bagus lagi kalo langsung bayi tabung, tapi memang biayanya jauh lebih gede.

    Saya sekarang belum haid normal sejak dilaparoskopi. Inilah yang saya takutkan, hormonal saya kacau lagi karena stres di pekerjaan. Hehehe.. Kita sama-sama aja doa yang terbaik buat kita ya..

  17. 17 On December 5th, 2011, tari said:

    salam kenal semuanya ..
    saya tari sdh 3 thn menikah dan blm punya anak, kebetulan aku jg punya penyakit lupus..hiks2 makin susah aja deh punya anak. aku jg punya mium 2cm, dokternya si bilang ga usah khawatir, krn msh kecil dan ga akan mempengaruhi kehamilan… mo coba laparoskopi di rmh skt bunda, bagus ga sih disana ?ada recommended dokter ga ? trims ya

  18. 18 On December 10th, 2011, Cecilia said:

    Mba fay,

    Saya akhirnya sdh LO 6 dec kemarin. Hasilnya ada myom dibelakang rahim sebesar 2cm, kista cokelat di indung telur sebelah kiri, pelengketan dan PCO di indung sebelaha kanan (akhirnya di ovarian drilling). Sekaligus dan emang sdh rencana sekalian pengangkatan appendix (usus buntu)

    Sekarang lagi tahap recovery. saya juga akan suntik TAPROS min 3bulan tapi saya dan suami akan coba hamil natural (tanpa suntik tapros). Kalo tdk berhasil, lgsung suntik tapros u/bulan berikutnya.

    Terima kasih banyak mba fay atas supportnya yah selama ini.

    Thanks

  19. 19 On December 12th, 2011, fay said:

    dear mbak tari..
    sorry mbak, aku gak tau kalo di P.Jawa, jadi gak bisa kasih rekomendasi. Mungkin mbak bisa liat pengalaman teman-teman lain yg udah laparoskopi di Bunda.

    salam..

    dear mbak cecil..
    wah, congrats mbak, udah laparoskopi. one step at a time kan. Kalau badan en sistem reproduksi udah sehat gini, mau usaha pun jd lebih tenang kan.. Saya doain semoga bisa hamil alami. Alhamdulillah tgl 1 kemaren saya haid, dan udah gak ada sakit sama sekali, Semoga bisa segera hamil alami..
    mohon doanya ya, mbak-mbak sekalian.

    amiin..

  20. 20 On December 21st, 2011, vina said:

    dear all..halo semua salam kenal..
    saya vina sudah menikah selama 1 tahun dan blum punya momongan, saya dari BAndung..
    membaca blog ini saya jadi tambah semangat untuk terus usaha buat punya momongan..
    saya juni kmrn LO krn endometriosis rahim kiri..saya hanya menginap 2 malem di rumah sakit Limijati, Bandung setelah LO..kemudian istirahat seminggu di rumah untuk pemulihan..beres dari situ bisa beraktivitas seperti biasa, cm masih sering cape badannya..tapi itu cm berlangsung selama 1 bulan..
    Kemudian setelah haid pertama pasca LO saya diterapi suntik GnRH sebulan sekali selama 4 bulan..suntikan itu membuat saya tidak haid selama 4 bulan..bulan OKtober kmrn terakhir saya suntik..kemudian bulan Desember ini saya baru dapat haid lagi secara normal..kmrn cek ke dokter rahim saya diperiksa sudah bagus bersih dari kista, dokter menyarankan untuk coba hamil normal dulu selama 2 bulan..mudah2an Allah mengizinkan saya untuk hamil dalam 2 bulan ini..jadi ga harus menjalanakan inseminasi atau bayi tabung..
    Semoga cita2 kita semua bisa tercapai ya buat segera memiliki momongan..usaha dan berdoa..semangaaat semua ya :)

  21. 21 On December 23rd, 2011, fay said:

    @ mbak vina :
    Amiiin. Semoga kita sehat-sehat ya, jadi bisa punya baby yang sehat juga nantinya. :))

  22. 22 On December 28th, 2011, lufiii said:

    hai smua,,,, salam kenal ya aq dr banjarmasin,,hampir 4 thn merit tp blm jg kunjung hamil,,stelah sy priksa ke dokter,,ada penyumbatan di saluran kiri,,dan harus di laparoskopi,,tp saya masih takut di LO,,,klo masah penyumbatan ada info gak,,,saya takut tu mendengar LO,,,mkasihhh

  23. 23 On December 29th, 2011, via said:

    hi lufii

    Sedikit sharing saja karena saya baru aja LO awal desember kmrn dengan Dokter Ivan di RS Bunda.Masuk rumash sakit kamis malam, operasi jumat pagi, sabtu siang sudah pulang. Masalah saya sich endometriosis di indung telor kanan 4 cm tapi gak ada penyumbatan atau perlengketan.Setelah operasi juga hari selasanya sudah ngantor spt biasa. Seminggu kemudian sudah mens karena memang sudah waktunya mens datang. Mengenai masalah lufii, setau saya kalo penyumbatan bukan nya ditiup yach? Apakah lufii sudah coba ditiup? Kalaupun memang harus LO dijalanin saja, gak seserem yang dibayangin lho karena toh bius total dan bekas operasinya kecil banget. Segitu dulu yach, semangat ^^

  24. 24 On December 29th, 2011, rini said:

    @mbak via

    saya juga sempat dianjurkan laparoskopi dengan dr ivan, bisa tau kisaran biaya laparoskopi di rs bunda?

    thx atas infonya

  25. 25 On December 30th, 2011, via said:

    hi rini

    saya LO abis 30-an kmrn itu, agak mahal sich karena saya ambil yang kamar perdana supaya suami bisa nungguin. Untuk rawat inapnya diitung 2 hari, dan saya gak ada penambahan kasa atau apapun karena memang gak ada perlengketan. Nyocokin jadwal LO di Bunda sama jadwal dokter Ivan agak susah ya, karena beliau sibuk sekali, jadi saya beruntung malah dokternya yang minta dipercepat karena dia harus keluar kota. Jadi gak usah repot-repot cari kamar dll, semua udah diurusin sama susternya ^^. Boleh tau Rini masalahnya apa sampai diminta LO?

  26. 26 On December 30th, 2011, tintin said:

    Hai rini salam kenal…

    Kl mau agak ringan LO nya pilih one day care aja, abisnya 20jt an.. Dtg bbrp jam sblm tindakan sore ato mlm udh balik… Oprasi kcl kok, dan banyak jg yg begitu, kl mau irit ;)

    Ada bbrp pasien ga nyaman sm RS kan, jd pilih istirahat di rmh aja…

  27. 27 On December 30th, 2011, rini said:

    @ mbak via:

    awalnya (dengan dokter sebelumnya) saya dibilang ada kista, tapi pas ke dr ivan katanya ga ada kista, tapi ada perlengketan di ovarium (semacam darah haid yang menempel pada ovarium)… agak takut juga, dan biayanya mahal juga ya… hehe… mbak tercover asuransikah?

    thx mbak atas infonya…

  28. 28 On December 30th, 2011, via said:

    hi rini

    saya baru mau coba klaim ke asuransi saya, gak yakin juga bakal dicover sich, tapi dicoba aja d kata agen nya ^^ hmm, kalo kasusnya perlengketan sich setau saya dipasangin kasa lagi yach sekitar 2 jutaan untuk cegah biar gak lengket ke usus…kmrn itu susternya juga sempat info karena biasanya kasus kista seperti itu, tapi tx God saya sich gak ada perlengketan…sudah setaon sich dokter minta saya laparoskopi dan baru dijalanin kmrn karena nemu Dokter Ivan dan memang mau langsung BT…Saya gak pernah HSG atau tes ini itu karena toh saya pikir memang mau LO saja, sekalian all in one dicek..kalo Rini gak ambil yang perdana mestinya gak semahal saya yach, tapi karena saya takut sendirian ya mau gak mau d ^^

  29. 29 On January 2nd, 2012, fay said:

    Hi semuaa. Wah, gak nyangka thread yg aku buat jadi banyak gini commentnya. hehehe.

    Untuk yang masih takut LO, ayo dilawan rasa takutnya. Sama sekali gak terasa apa-apa waktu diLO krn kita kan dibius. Nah, nyeri post OP yang sebenarnya sakit, kalo di aku sih, sekitar 1 mingguan sakitnya. Sekarang udah gak ada sakit lagi sama sekali. Sebenarnya protapnya kalau 3 bulan gak berhasil hamil alami, harusnya diinseminasi, coba sampai 3x. Kalau gagal, harus langsung bayi tabung. Kalau usia > 35 tahun, 3 bulan setelah L0 gak hamil alami, langsung bayi tabung.

    Duh, ini masih doa banget semoga sebelum Februari udah bisa hamil alami.

    Semangat ya mbak-mbak. Saya jadi semangat karena ternyata gak saya sendiri yang ‘semenderita’ ini. Banyak berdoa dan banyak berusaha ya, mbak-mbak..

  30. 30 On January 20th, 2012, vina said:

    halo lagi..saya mau nanya bua yg udh laparoskopi dan suntik tapros..setelah suntikan tapros dan dapat haid kembali, apakah haidnya siklusnya normal?saya oktober suntikan terakhir tapros..baru dapat mens desember..bulan januari ini saya blm mens lagi udh telat 5 hari..harap2 cemas siiy, tapi apakah emang siklusnya ga bener kl abis tapros?thank you

  31. 31 On January 24th, 2012, Cecilia said:

    Dear Mba..fay and all:

    Butuh advice..

    Tgl 6 dec :laparoskopi
    Hari ke-2 di RS : mens.. Kata dokter itu bias diitungg mens
    To tgl 20 dec(sesuai jadwal period before LO):mens

    Nah tgl 20 januari kekuar flek2 coklat kayak mau period tapi ditunggu2 sampe hari ini kekuar-Nya flek2 Aja.

    Knp yah kira2 & apakah udah Ada yg ngalaminn?

    Tq

  32. 32 On February 25th, 2012, fay said:

    Hi mbak semua.
    Saya ingin share kabar bahagia. Setelah 2 bulan lalu dilaparoskopi, akhirnya saya hamil, sekarang masuk usia 8 minggu.
    Buat yang masih ragu dan mulai putus harapan, kita jangan berhenti berusaha. Memang sakit,habis biaya, belum lagi perasaan kapan ini kok gak kunjung hamil, tapi yakin aja, semua pasti ada jalannya. Allah maha Penyayang banget.
    Keep on struggling ya mbak-mbak. Pasti bisa kok. Asal kita jangan berpangku tangan aja menunggu rezeki datang, rezeki harus dijemput.
    Salam

  33. 33 On March 8th, 2012, cecilia said:

    Selamat buat mba Fay..

    Aku masih keep trying nih mba..LO bln Dec dan sekarang udah siklus ke-3

    biar aku ketepa mba Fay yah..

    keep updated yah mba..

  34. 34 On March 19th, 2012, erna harun said:

    asslkm…semua sy mengidap penyakit endometriosis sdh 9 thn sejak menikah..entah kenapa penyakit itu timbul..dan sy blm pernah operasi sama sekali..hanya berobat biasa..sy bingung ketiadaan biaya yg membuat sy harus menahan sakit dan tdk punya anak..sy ingin sekali laparoskopi tp tdk punya biaya..hingga saat ini uang yg sy kumpulkan dgn suamipun msh blm cukup..sy sedih sekali..terkadang putus asa..tersiksa dll..jika dtg haid sy tdk sanggup beraktivitas tlg sy ini email sy ; erna.harun086@gmail.com mksh

  35. 35 On March 25th, 2012, Niniez said:

    haiy..salam kenal semua..
    pgn sharing aja nih.. tgl 7 kmrn aq LO di Bunda Depok utk angkat kista, miom, cek saluran tuba, n benerin perlengketan rahim. Rahimku yg emang tadinya retro ttep dibiarkan begitu. LO di Bunda kmrn ditangani dr. Irham dan dr. Ivan. Total biaya 24jt-an (5kamar kls. 1 dan alhamdulillah suami boleh ikutan nginep, hehe). Bwt yg punya masalah spt aq, jgn takut LO, lbh cepet ditangani lbh baik, Insya Allah.

    Oya, ada yg pgn aq tanyain di thread ini, moga2 banyak yg bs jawab ato kasih masukan:
    aq dpt haid 19-25 Feb, mnrt hasil itungan masa suburku, tgl 5 Maret adalah hr ke-16 dan itu hari trakhir masa suburku di bulan feb. Tgl 5 itu aq b’hub. suami istri (2 hr sblm LO). Naa, sampe hr ini aq blm dpt haid lg,pdhl aq blm suntik apa2 (mis. tapros). Apakah benar LO mmbuat siklus mens kita kacau? kapan normalnya dpt haid lg stelah LO? apakah tetep sama dg mens bln2 sblmnya? apakah ada yg prnah ngalamin hal ini? tlg share yaa..
    Trima kasih banyak :)

  36. 36 On April 11th, 2012, susi said:

    hi all… saya susi umur 24 tahun baru merit 5 bulan sie… cuma belom dapat momongan sampe skrg…. saya konsultasi di dr.khoman medan , dokternya bilang ada kista endometriosis di sebelah kiri ukuran 1,9cm dan 1,6 cm… dokter si saranin kalau buru-buru mau punya baby dokternya suruh laparoskopi utk angkat kistanya dulu.. tapi kalo ga buru-buru bisa dicoba dengan berhubungan teratur selama 3 bulan utk proses. kehamilan… saya bingung apa harus coba dulu selama 3 bulan atau langsung laparoskopi aja…. mohon bantuan nya teman-teman disini… terus terang saya takut juga dioperasi karna masi pertama kali…hikss…

  37. 37 On April 23rd, 2012, Rini said:

    Hi Ladies,

    Ikut sharing ya, Jumat /20 Apr 2012 saya baru laparoskopi (LO) dgn Dr Ng Peng Wah di Lam Wah Ee Penang. Biaya total operasi LO aja sekitar RM 2,850 (sekitar Rp 8,6jt). Ga perlu opnam kayak di Jkt, tp saya rest aja di Penang selama 2 hari. Minggu sore baru pulang Jkt. Biaya ini sepertinya 1/3 RS di Jakarta.

    Saya disuruh LO karena Dr Ng mau cari tau penyebab saya ga hamil2 krn hormon & sperma ok, free kista & tak ada penyumbatan. Setelah LO ketauan kalau ada infeksi. Dgn LO itu dia buang infeksi tsb dan membersihkan saluran indung telur saya spy lebih terbuka gitu deh teknisnya, jadi saya ada kesempatan untuk hamil alami.

    Dr Ng bilang let wait another 3-6 months to see whether you can conceive normally after this surgery. Kalao ga hamil juga, dia sarankan langsung BT, karena kondisi sy not recommended untuk insem lagi (sy sudah 2x gagal insem di Jkt). Kalau mau cepat, Dr Ng sarankan start BT mulai May 2012.

    Adakah di antara kalian dengan kondisi kurang lebih bgini dan bisa hamil alami setelah LO. Sy skrg dilema mau pilih langsung BT bulan depan atau nunggu 3-6 bln lagi.

  38. 38 On April 24th, 2012, fay said:

    Hi mbak Rini.
    Saran saya, tunggu dulu 3 bulan ini. Karena pengalaman saya 2 bulan setelah LO alhamdulillah bisa hamil alami. Kasih waktu buat tubuh beradaptasi dengan kondisi post LO. Sambil terus minum vitamin, susu, dan suami minum suplemen antioksidan (suami saya dulu minum Becomzet 1x1tab tiap hari selama 1 bulan). InsyaAllah kalo dokternya bilang sudah bersih, bisa hamil alami.
    Sekian ya mbak, semoga bisa membantu..

  39. 39 On April 24th, 2012, fay said:

    Dear mbak Susi,
    Kalo mbak mau cepet hamil, udah keburu umur atau tekanan sana-sini, ya saran saya langsung LO aja. Sakitnya udah ketauan, kan jadi lebih terarah apa yang mau dikerjakan. Jangan takut sakit, pastilah sakit, tapi gak lama, sekitar 1minggu aja. Namanya juga usaha mbak. Penuh derita dan air mata pastinya. Hehehe. Tapi, kalo mbak masih mau bulan madu dulu (toh belum setahun nikah) ya bisa ditunggu 3 bulan ini. Minum vitamin, suplemen, hidup sehat. Semoga bisa hamil alami.
    Semoga bisa membantu ya mbak.

  40. 40 On May 1st, 2012, NIA said:

    dear all,
    saya menderita endometriosis lebih dari 2 tahun. sekarang saya baru menikah dan langsung program punya anak dengan dokter,
    tapi belum dikasih juga.
    saya sudah menjalani pengobatan dengan anzol yang hormon dengan dibuat menopose. dan pil kb. sampai skrg saya kalau lagi mens tidak bisa lepas dari obat nyeri dan saya tdk bis beraktifitas sama sekali.
    bgmn caranya supaya saya cepat hamil spt yang disarankan dokter tapi seberapa besar pengaruh endometriosis pada kehamilan?

    awalnya bgmn tau ada pengleketan atau tidak?
    mohon sharenya yah teman2.
    trims

  41. 41 On May 2nd, 2012, susi said:

    dear fay : untuk keputusan sementara masi coba hamil dalam 3 bulan dulu seperti saran dokter karna suami saya spermanya pun kurang bagus dan dalam tahap pengobatan juga..soalnya kalo aku Lo skrg tapi kualitas sperma suamiku belom oke kan percuma juga…karna hal begini harus dua2 nya dalam keadaan sehat…jadi sambil percobaan selama 3 bulan sambil nunggu hasil analisis sperma suamiku setelah pengobatan… kalau ada endometriosis memang susah hamil ya mbak?? kalo endometriosisnya sebelah kiri aja, masi ada kemungkinan hamil ga ya??rencana saya si bila belom hamil2 ya terpaksa LO juga… hiksss…

    dear rini : bisa kasi info lengkap tentang LO di Lam wah Ee penang ga? soalnya saya rencana kalo mau LO di oenang aja.. proses penyembuhannya brp hari? teruz brp lama proses LO nya? aku takut bangettt… T____T

  42. 42 On May 2nd, 2012, Rini said:

    Hi Susi,

    Persiapan LO :
    LO bisa dilakukan anytime asal ga lagi mens atau sudah benar2 bersih sisa mensnya. Saat mens H1 harus langsung telp ke Dr. Ng (notelp: 604-6528843) untuk book waktu operasinya. Susternya Dr Ng akan kasih confirm kapan jadwalnya. Kl sudah ketauan tgl berapa operasinya, kamu hrs sudah di Penang sehari sebelumnya. Akhirnya, jadwal operasi saya diconfirm suster hari Jumat /20 Apr.

    Tips –> Kl siklus mens nya teratur tiap bulan sih bisa nyari tiket promo yg murah, kan udah tau kapan kira2 bersih nya.

    Pendaftaran RS :
    Kl belum pernah ke Lam Wah Ee, harus daftar dulu dan harus di hari yg sama saat kamu mau ketemu dokter, ga bs a day before. Mulai dtg jam 5:30 pagi deh krn biasanya ud ngantri. Loket pengambilan nomor bukan jam 7, tp sebelum buka loket, antriannya minta ampunnn deh.

    Pendaftaran pakai passport suami istri. Abis selesai daftar bs breakfast ato balik ke apartemen dulu deh utk mandi ato apa, krn Dokter biasanya dtg jam 10an. Kl mereka ada tindakan di pagi hari, suka dtg telat, bisa jam 11 ato 11:30 baru dateng. Sy sendiri waktu itu mulai daftar jam 5:30 pagi, baru ketemu dokter jam 5:30 sore, harus extra sabar ya krn saingannya pasien dari Medan, Jkt, dll.

    Persiapan LO :
    Kamis /19 Apr
    Sy sudah datang ke RS untuk ktemu suster krn dia mau briefing persiapan puasa 12 jam & lainnya untuk operasi besok. Trus sy ke cashier RS utk titip uang RM 2500 untuk keperluan operasi besok.

    Soal nitip duit sih cuma mikir spy aman aja krn sy datang kesana sendiri & tinggal di apartemen sewaan gitu ga secure ya. Oh ya, saat LO dilakukan, saya sendirian disana krn suami lg tugas ke Singapore, tp ga masalah tuh mereka welcome aja & sy pun yakin dengan quality Dr Ng & suster sana. Mereka pun sangat pede nothing bad will happen krn ini hanya operasi kecil aja. Beda sama RS Jkt, operasi amandel aja suami yg kudu tanda tangan surat apa lah, ribet.

    Jumat /20 April
    Operasi dimulai sekitar jam 2 siang, dibius total. Pas bangun selesai operasi sekitar jam 4an sore, ke day care centre utk rest dari efek obat bius, trus pulang deh ke apartemen di hari yg sama sekitar jam 6an sore. Pas bayar cuma habis RM 2850an (skitar Rp 8,6jt). Biaya ini ga bisa dibanding2in ya, krn case nya berbeda jadi biaya jg beda.

    Abis operasi ada lah rasa sakit tp ga sakit2 amat kok dan masih bs jalan meski pelan2. Cuma dikasih 2 macem obat utk 2 hari (pain killer & antibiotik).

    Sabtu /21 Apr
    Konsul ke Dr Ng untuk ttg hasil LO, ternyata ada infeksi yg nyebabin saya susah hamil. So inseminasi is no longer an option. Justru dia blg kemungkinan alami jd lebih baik, atau kalau mau cepet bisa langsung mulai IVF bulan Mei 2012.

    Minggu /22 Apr
    Pulang ke Jkt (sore)

    Senin /23 Apr
    Udah ngantor tp jalan masih agak pelan. Sekitar 6 hari abis LO ada flek2 dikit aja. Kira2 hari ke 5-6 setelah operasi udah ga ada rasa apa2, biasa lagi seperti sebelum LO.

    Akomodasi :
    Kl butuh anter jemput & penginapan bs telp Ci Lina 601-460 22 688. Sy sih ga suka tinggal di Mewah Court krn jorok. Kemaren ini Ci Lina kasih saya stay di Rumah Teras panggilannya. Jauh lebih nyaman dan bersih, cm agak lebih jauh dikit aja jalan kaki ke RS nya. Itung2 olahraga lah.

    Cost kamar RM 40-50 /hari.
    Makan sekitar RM 3-5 /org.
    Anter jemput airport RM 30 /way.

    Smoga jelas ya

  43. 43 On May 5th, 2012, susi said:

    mbak eini : wah… lengkap banget infonya.. thanks banget ya… aku juga kalo mau LO ga ditemenin suami karna suami sibuk sama kerjaan… tapi pasrah la… semoga berjalan dgn baik.. rencana bilan 6/7 mau LO.. tapi doaiin de semoga sebelum di LO da hamil duluan..hehehe. walaupun kemungkinan yang kecil saja buat hamil…bearti ga usa rawat inap di RS mbak? siang LO malamnya langsung pulang?? asik banget ya…

  44. 44 On May 8th, 2012, Rini said:

    Hi Susi,

    Kmrn sih krn saya ga claim asuransi jd ga rawat inap juga, lagian ga perlu juga sih. Tp kl pake asuransi mungkin perlu rawat inap ya krn biasanya prosedur semua asuransi akan mengganti jika tindakan operasi & memerlukan rawat inap kayaknya deh. Tp asuransi akan minta diagnosis awal yg menerangkan kenapa sampai harus dilakukan laparoskopi itu. Kl alasannya memang ada suatu penyakit bs di claim, kalo fertility ga akan bs claim deh.

    Sebaiknya tanya ke tim suster nya Dr Ng, info selengkap2nya persiapan sebelum datang spy kamu ga rugi biaya tiket dll. Krn kalau awal datang ga mungkin bs langsung LO, harus konsul awal dulu dgn Dr Ng. Baru abis itu dia bs kasih jadwal LO kapan.

    Atau komunikasi yg murah via email dengan Ms. Low Bin Kee (IVF Counselor) : lowbk@hlwe.com.

    Ms. Low bisa bahasa Indo & English. Helpful dan informatif sekali responnya, reply nya cepet lagi. Km bisa tanya apa aja ke dia sebelum dtg. Mulai dari biaya RS, persiapan datang sampe akomodasi sekitar rumah sakit dia bs bantu informasikan ke kita.

    Saran saya sih beli tiket one way dulu kalo emang ada plan mau LO disana, krn jadwal Dr Ng rame bgt. Rentang waktu recovery kamu dan saya juga belum tentu sama cepetnya. Tingkat ketahanan rasa sakit tiap org juga beda. Sy termasuk yg tahan banting soalnya.

    Well kecuali pulang pergi tiket promo ya, meskipun hangus ga sakit hati. Sy terakhir pergi liat AirAsia Jkt-Penang-Jkt lagi GA promo sekitar 2,5jt per org.

    Jangan sekali2 pulang dari Penang pake LION yah, jalannya amit2 dari international (Penang-Medan) ke domestic (Medan-Jkt). Kl abis operasi bs bleeding krn ngirit ga seberapa !!!!

    Good luck ya

  45. 45 On May 12th, 2012, susi said:

    mbak rini : makasi banget infonya ya… bener2 berguna banget bagi aku… aku Da mutuskan bulan ini juga mau ke penang buat konsultasi dgn dr Ng… doaiin semua lancar2 ya…. semoga LO nya berjalan lancar dan aku segera bisa bebas dari endometriosis… amin…

  46. 46 On May 20th, 2012, rose said:

    dear all, saya sudah 4 tahun menikah, awal tahun baru tahu ada kista coklat endometriosis, kira 9,8 telah operasi tgl 8 mei 2010 yg lalu, sayang indung telur kiri harus diangkat. stlh operasi dokter mberikan suntikan hormon 6 bln, dan ternyata di HSG terdapat penyumbatan di toba, dokter menyarankan untuk TB mengingat usia sy sudah hampir 39th. selang 2 th operasi dan punya niat TB muncul lagi kista coklatnya kira 5 cm, saya mau tanya kalau mau TB apakah nanti kistanya harus di operasi dulu??? terima kasih infonya

  47. 47 On May 25th, 2012, Dian said:

    hi mba fay…salam kenal…
    aq dian pasiennya dr.binarwan juga mba…boleh minta no HP nya ga…pengen nanya2 laparaskopi nih…kemarin aq dijadwalin buat laparaskopi ma dokter tgl 9 mei ini, tapi aq tunda..karena aq masi takut bgt ngebayanginnya…boleh mba?di inbox ke email q ya rez_diana@yahoo.com

  48. 48 On May 31st, 2012, Anggi said:

    Hai semua… Salam kenal
    Mba fay kmrn2 aku ada email samoe ga yah? Mau nanya2 pasca LO nih makasih ya mba

  49. 49 On May 31st, 2012, Anggi said:

    Oiya mba fay minta no hp juga yah email ke sizzlean_14@yahoo.com makasih ^^

  50. 50 On June 26th, 2012, susi said:

    hi all… akhirnya aku jadi di operasi di penang lam wah ee sama Dr.Quah… tapi saya laparotomy…padahal kistaku ukurannya 3x4cm dibagian kiri saja… tapi dr.quah ga mau sama saya laparoskopi karna kata dia ” kalo dengan laparoskopi percuma saja karna dia hanya ditusuk2 biar pecah saja dan bisa tumbuh lagi, kalo saya mmg mau buang harus laparotomy bedah langsung jadi bisa diberesin sampe ke akar2nya” so aku putuskan utk operasi de sama dr.quah tgl 21 kemarin… dam setelah operasi dr .quah bilang kalo kista saya uda diangkat dan kedua saluran telur saya masi bagus… jadi skrG saya lagi tahap penyembuhan.. semoga setelah sembuh bisa langsung hamil…hehehe. eh, kemarin sebenarnya aku minta sama dr.ng tapi sayangnya dia ga mau terima saya dengan alasan saya belom termasuk pasien infertility, karna usia perkawinan saya baru 7 bln… terakhir dioper de sama dr.quah…

  51. 51 On July 14th, 2012, lisa said:

    Dear all, sy sdh menikah selama 6 tahun tp blm mmpnyai anak. Sdh ke dokter berkali2, sdh ?? hsg dan katanya ad penyumbatan ?? saluran sblh kanan. Sdh jg ditiup utk mengeluarkan sumbatan ?? saluran sel telur. Saat ini sy dan suami sdg berobat ke RSCM Kencana. Sy ?? diagnosa ad endrometriosis dan hidrosalphing kanan sehingga menyebabkan menjadi racun dan menyebabkan terganggunya perlengketan ?? rahim dan sy disarankan utk laparoskopi untk mngangkat saluran sel telur sblh kanan. Sy msh takut mndngar saluran sel telur yg sblh kanan hrs diangkat. Apakah ??? yg sdh pernah saluran sel telur nya diangkat ? Tlg sharing dunk apa ??? efek / resiko klau saluran sel telur kt tinggal satu. -??•-??•??•?thank<3you•??•?-??•-?

  52. 52 On August 8th, 2012, dewi said:

    sy jg mngalami ksta endrometriosis,sdah 2 kl laparoskopi dlm jngka waktu yg hmpir brdekatan,dan prnah terapi endrolin smpai 6kl,skrg ovarium sy tggal 1/3 yg sbelah kiri krn kt dokter ovariumnya hrus dianggakat krn trjadi perlengketan,,stelah setahun lbh berlalu dr laparoskopi k-2 saat ini gejalany timbul lg,,,sy jd takut vonis dokter menyusuh sy lproskopi lg..pdhal sy ud menghindari pantangan mknan yg di sarankan dokter

  53. 53 On September 11th, 2012, Tutus said:

    Hai Fay,Saya Tutus di Sby gabung sharing ya,saya sudah menikah 1 tahun 5 bulan,Saya juga mengalami Kista Endometriosis _+ sudah diatas 7 cm,dokter bilang Kista saya sudah berumur 2 thun dan sudah menyerang indung telur sebelah kiri dan sudah operasi Bulan Okt 2011,setelah Operasi saya langsung di Program Hamil,tapi sampai sekarang saya belum hamil.

    Tgl.10 Sept 2012 saya pindah Dokt,Dokt sampaikan kenapa saya santai2 karena Dokt bilang saya sudah 1 tahun yang lalu operasi dan Kista saya kemungkinan sudah timbul lagi,saya langsung shock karena saya sangat ingin hamil,tapi jika ada kista lagi maka keinginanku akan terhambat lagi,saat ini saya masih berusaha untuk tes ini itu termasuk darah,

    Seharian ini saya stress tapi lebih berkurang begitu tahu saya tidak sendirian.Ayoo semangat.

    Salam
    Tutus

  54. 54 On September 28th, 2012, dewi said:

    Hai Mbak susi, saya mau tanya, kemarin operasi kista dengan dokter quah Thong sai, biayanya sekitar berapa ya mbak??mama saya juga rencana mau operasi kista dengan dokter quah..

    Thankyou

  55. 55 On October 1st, 2012, piping said:

    Hai smuanya … ak piping salam kenal smuanya , usiaku 30th suami 40th ,kami menikah hampir 5th.
    Insya Allah sabtu ini tgl 6 sept ak mw LO , krna dokter memperkirakan adanya perlengketan yg lumajan berat jd ak hrs siap jk ada tindakan bedah . Krn letak kistaku diblkg ndiperkirakan menekan tulang n saraf tlg blkg , dan ada adenomyosis jg,.tp menurut dokter .dk mslh,dibanding pasien 2nya yg lain adenoku trmsk grade plg bawah

    Stlh itu rncn akan lgsg program bayi tabung , tanpa disuntik tapros, krn menurut dokter program nya g bs diundur lbh lama lg krn cadangan telurku sdh mulai sdkit hsl tes amh kung 1,40 Dr normalnya 14,80
    Apakah aman Stlh operasi . Tdk disuntik tapros ?

    Mohon Saran dr tmn 2 smua disini , trima kasih

  56. 56 On October 10th, 2012, Vanny said:

    Hai semuanya.. Salam kenal yaa…

    Senangnya aku ga sendirian.. Aku juga sudah hampir 2 thn menikah, tapi belum kunjung dapat momongan.. :(

    Skg aku diminta utk LO juga.. belum dilakukan sih, (terpending lebih tepatnya krn pihak RS), tapi aku berencana utk segera lakukan LO.

    Deg2an…cuma harus.. Kista, Miom, katanya ga ada, tapi hasil HSG non patent 22nya.. :(

    Jadi, as soon as possible mau LO di Jakarta aja, di Morula/Bunda.

    Ada yang bisa info aku harus ke dokter siapakah saat konsul s/d tindakan LO-nya?

    Makacii..

  57. 57 On October 10th, 2012, piping said:

    Hai mb vanny… Salam kenal yaa…

    Ak br hari sabtu kmrin LO, Alhamdulillah berjln lncar n sukses, hari jum’at ak kontrol lg, ak sm dr.ivan.

    Klo dokter2 dibunda byk sih yg ahli dibdg LO, tp mmg mslah milih dokter itu butuh kemantapan hati, ak lmyn cocok sm dr.ivan, orgnya friendly bgt n klo disms sll dijwb.
    DiBIC selain dr.ivan ada dr.indra, dr.irham, dr.taufik, prof andriyono,n byk lg, klo dibunda ada dr.wahyu yg jg ahli dlm LO…
    Kmrn ak habis 29jt dikls 3, lmyn yah tp g pp demi kesehatan n memiliki keturunan, alhamdulillah menurut dr.ivan Insya Allah ak bs hamil alami stlh suntik tapros 3bln (akhirnya dokter mutusin wat terapy tapros stlah melht cadangan telorku disblh kanan msh bagus2 n banyak)

    Ttp semangat ya mb vanny, smg diberikan yg terbaik

  58. 58 On October 27th, 2012, wahyu said:

    Hi semua, aku menikah sudah 1,5 tahun. sebulan lalu aku periksa n baru tau kena kista di indung telur sebelah kiri. ukurannya 7,4 cm dan 3,5 cm. rencana mau di herbal/ alternatif dulu meski akhirnya nanti harus operasi / LO. sobat… bedanya operasi biasa ma LO apa sih? mahalan mana? untuk wilayah jogja / solo ada rekomendasi dokter /RS mana ya yang bagus?
    ok thanks infonya… Semangat dan Sabar… anugrah itu InsyaAlloh datang

  59. 59 On January 3rd, 2013, Fitri said:

    Mbak fay, selamat ya atas kehamilannya…
    lusa saya dijadwalkan LO ..apakah setelah LO wajib hukumnya suntik tapros? Kira2 bs langsung hamil ga ya setelah LO?
    Saya LO karna endometriosis kanan kiri 6 & 3 cm…sudah 4,5 thn dengan keguguran yg berulang..sebelumnya berharap si kista bs mengecil sendiri dgn adanya kehamilan..
    Mohon sharingannya mbak2 semua…
    Terima kasih….

  60. 60 On January 9th, 2013, Rini said:

    Hai semuanya…

    aku udh nikah 3.5thn dan udah keguguran 2x masing2 berumur 8 mgg.
    keguguran yang terakhir darah keluar deras seperti mens tapi selama 2 mgg.
    aku dikasih obat penguat dlm 2 mgg itu tapi ternyata ga bertahan juga.
    Pernyataan dokter adalah ada miom di dalam rahim. yaitu tempat berkembangnya bayi. kalo disekitar dinding rahim masih bisa diabaikan,tapi kalo di dalam rahim sudah susah. saat itu masih mikir karena takut operasi. dan saat itu aku sudah mendaftar untuk naik haji di oktober 2012. jadinya aku pending.

    plg haji, mens aku banyak banget sampe nembus celana luar dan sampai menodai kursi kantor hehee…dari sini aku pikir ada yang ga bener nih,makanya aku memutuskan untuk ke dokter Ivan Sini di BIC sekalian mau program hamil.
    ternyata pernyataan dokter Ivan sama dengan pernyataan dokter aku sblmnya bahwa miom ada di dlm rahim. ditambah lagi temuan dokter ivan bahwa ada kista juga.
    ga mau tunggu lagi,aku langsung setuju sama dokter Ivan untuk Laparoskopi akhir bln ini menunggu jadwal haid aku selese.

    baca pengalaman mbak Fay,aku jadi semangat banget nih….semoga ketularan juga…

  61. 61 On January 11th, 2013, fay said:

    @mba fitri : alhamdulillah kalo saya 1 bulan setelah LO,bisa langsung hamil. Memang penyebab susah hamil ya si kista yang nekan tuba falopii yang menghalangi jalannya sperma ke sel telur. Semoga segera berhasil ya mba. Amiiin.

    @mba rini : iya, harus optimis donk. Biasanya mereka yang disuruh nunggu lama ama Tuhan supaya bisa punya momongan bakal dapat rezeki double Loh. Sakit emang gak boleh disimpan2, karena bakal makin bertambah kerusakannya. Kalo ada dana, waktu dan kesiapan mental, segera diobati penyakitnya. Soal nanti bisa punya anak langsung atau enggak udah di luar kuasa kita. Yang penting kita sehat. Tetap semangat ya mba. Jangan putus harapan. :)))

  62. 62 On January 14th, 2013, ozie adiguna said:

    Hai…feyy and all salam kenal ya

    ikutan share ya
    Aku sudah menikah 2tahun ini, karna aku tak kunjung hamil akhirnya aku dan suami coba periksa ke dokter kandungan, setelah diperiksa ternyata aku kena kista gartner dan endometriosis.kemudian dokter tawari aku untuk operasi pengangkatan kista dengan cara di lapartomi

    Akhirnya aku pun menjalankan operasi pengangkatan pada tgl.7 jan 2013 dan sekarang lagi masa pemulihan.

    Aku mau tanya sama mbak susi setelah mbak operasi dengan cara lapartomi apa ada dampaknya ngak?, apakah untuk melakukan hubungan dengan suami terasa sakit? Karna cara operasi laparoscopy dan laparttomi beda

    Tolong info seharinya ya teman “

  63. 63 On January 16th, 2013, kiki said:

    Mb fay ikutan share yah..pengalamanku kemaren bulan oktober ak ngejalani laparoskopy..abs operasi ak mens,untuk november dokter suntik GRNH ak msh mens,suntik GRNH utk bulan desember sampe januari sekarang ak blm dapet mens kira2 ???rus tgg berapa lama utk mens kmrn kontrol dokter jangka waktu sampe maret,tolong buat temen2 yg sdh punya pengalaman suntik GRNH brp lama ?äª tgg mens keluar..

  64. 64 On January 18th, 2013, kiki said:

    Maap heehe mksd suntik GNRH biasa tgg mens datang kapan?buat temen2 yg pernah punya pengalaman ditunggu infonya,mksh sebelumnya

  65. 65 On February 10th, 2013, Cay said:

    ikut share ya mba fey.salam kenal semuanya. aq cici dah 10bln nikah blm pnya ank. setelah membaca pengalamannya mba fey jd semangat n g takut bwt operasi.aq di vonis kista endometriosis 10cm, rencananya akhir bln ini operasi tp kt dr nya operasinya kya operasi cesar soalnya dah gede. doanya ya dr smuanya! mdh2n nasibku seperti mba fey, hbis operasi bs hamil.aamiin…

  66. 66 On February 11th, 2013, nuraropah said:

    salam kenal semuanya aq nur,alhamdulillah jadi semangat untuk berobat lagi setelah baca pengalaman teman2 smwa,aq jg di vonis samadr punya kista endometriosis di indung telur sblh kanan n kiri hasil hsg paten tp tiap bulan haidq sakit bgt ampe meriang sgala sbnrny sma dr disaranin utk laparoskopy tp masih takut. emang klo habis laparoskopy mesti suntik tapros ya?padahal kistaq bru 1 centi ko sakitny mtaampun ya,mudah2an stlh aq Lo aq bs lgsung hamil,aminnn

  67. 67 On March 21st, 2013, Cay said:

    halo mba fey…maf nieh klo boleh tau skrg mba fey dah melahirkan blm? pngn tau lahirannya normal pa sesar..mksh ya…

  68. 68 On March 26th, 2013, MEGA said:

    Hai mba fey and all,salam kenal semuanya…Mau ikutan share nih.Nama qu Mega sudah menikah 1tahun 9 bulan dan alhamdulilah blom di kash kepercayaan tuk punya momongan :-( ,dan stelah nunggu sekian lama akhirnya aq mutusin periksa ke BIC di bulan maret 2013, aq sama Dr.Irham dan hasil diagnosanya ada kista endometriosis di indung telur sebelah kiri 2,5cm,hasil HSG tuba paten, tapi morfologi (bentuk) sperma suami kurang baik, dikasih vitamin dan disuruh menunggu selama 3bln….baru tuk tindakan selanjutnya…LO…Qira2 bisa ga ya mba tanpa tindakan operasi apapun,soal nya aq takut bgt nih,dan juga domisili aq yang jauh di Belitung Timur,akan sangat menyita waktu…Kemaren aja periksa tu pas ada libur kerja.Minta doa nya yah semoga aq bisa hamil sebelum waktu 3bln yg di kasih dr.

  69. 69 On May 15th, 2014, diana said:

    Hi semua..salam kenal ya, aku diana dari Surabaya. aku usia 40th dan baru menikah 1 tahun yang lalu. Aku punya riwayat penyakit endometroisis dan Lupus. Ada yang bisa bantu kasih info kah…resiko usia dan kedua penyakit itu kalau aku menjalankan Laparoskopi? Dan ada yang tahu biaya kalau operasi laparoskopi di Singapore? Dokter terbaik dan berapa biayanya? Thanks buat informasi dan masukkannya ya teman….

  70. 70 On May 15th, 2014, pienk said:

    Hai mb Diana, sekedar saran sebelum memutuskan lalaparoskopi sebaiknya mb Diana cek kadar AMH dl mengingat usia mb Diana sdh 40th. Sy ada grup BB khusus amh rendah Dan ada salah sabtu member yg pernah dinyatakan kena penyakit lupus, Kami smua sdg berjuang untuk memiliki keturunan, jik berkenan add pin BB sy 2a72fda5

Leave a Reply

*
  • Recent Comments

  • dewing: @mba Yayu kita sudah chatting ya , smoga kita bertemu disana tgl...
  • diani: Hai mb hida : salam kenal, klinik mana ya mbak?klo saya di klinik...
  • lina: Di gladiool,, tapi saya bekerja jadi masi agak rempong urusin...
  • Devina Alvania: Makasi doa2nya y calon2 bumil ???????????? Hr ini ak uda...
  • Naneu: Hi semua… ternyata udah lama juga aku ga buka forum ini ya...
  • widia: mb kristina..smoga dilancarkan ya mbak program kita. smpe...
  • lina: Pagi bund,,,, Widia@ saya masalahnyakemarin ada miom,, dah operasi...
  • destiny: Halo semuanya,dr kmrn mau balesin komen gak ada sinyal internet...
  • Search

  • Polls

    • Menurut Anda, keberhasilan bayi tabung terutama disebabkan oleh: (pilih max dua)

      View Results

      Loading ... Loading ...