Kista dan masalah kualitas sperma, sedang bayi tabung – Lisa

Berikut ini adalah pengalaman Lisa yg sedang mengikuti program bayi tabung. Terima kasih Lisa atas sharingnya…

Aku dah nikah 5 thn lbh dan puji Tuhan aku waktu itu pernikahan 1 bln aku sudah hamil dan dikaruniai anak laki2, wkt itu kondisiku gak bagus ada kista 5cm di indung telurku.

Setelah anakku yg pertama umur 4 thn aku masih juga belum hamil padahal aku gak pernah jaga pakai kb ataupun yg lainnya cuma blm dikasih saja. Terus aku cek up dokter dibilang ada kista sebesar 2cm di indung telurku dan kualitas sperma suami juga gak bagus gerak lurus cepatnya nol, gerak lambat 30% sedangkan sisanya diam di tempat dan gerak di tempat.

Waktu itu aku ke dr Singapore disuruh laparoscopy tp bila setelah dilaparoscopy blm juga hamil maka harus dilakukan bayi tabung. Dr pengalamanku dulu waktu kistaku 5 cm itu menghilang dgn sendirinya waktu aku mengandung anak pertama. Jd aku lbh memilih bayi tabung aja toh masalah juga ada pd suami.

Oh ya jadwal mensku teratur dan bagus kok tidak pernah sakit perut makanya dokter heran biasanya kalo ada kista itu sakit wkt mens tp aku tidak. Jd akhirnya aku ke dr Aucky di Surabaya utk ikut program bayi tabung soalnya aku pikir drpd aku laparoscopy toh aku buang uang 15 jt blm tentu berhasil juga jd akhirnya aku lgs aja bayi tabung.

Saat ini aku lagi persiapan suntik 12 kali dengan superfact untuk kecilkan kistanya entar dilihat setelah mens lagi apakah kistanya mengecil atau bgm. Kata dr entar kalo setelah mens hr ketiga baru dimulai suntikan 5 kali dulu untuk perbesar sel telur. Kalo setelah 5 kali suntikan itu blm juga cukup sel telur yg mau diambil maka dilanjutkan lagi 3 kali suntikan dst sampe ada cukup sel telor. Aku baru memulai suntikan superfact yg pertama jd masih blm tahu apa2 masih awam tp dr bilang entar mau dilakukan icsi krn sperma suami kaga bagus.

Menurutku sih ikutan bayi tabung lbh enak soalnya kita byrnya dikit2 gt gak kayak operasi khan hrs lgs bayar lunas. Jd lumayanlah masih bisa bernapas dikit2. Jd ini dulu sharingku nanti kalo ada perkembangan lagi aku share disini lah.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (17 votes, average: 2.94 out of 5)
Loading...

42 thoughts on “Kista dan masalah kualitas sperma, sedang bayi tabung – Lisa

  1. HERA

    hai Lisa, salam kenal…mau tanya ya kalo di Dr. Aucky hitungannya bgm ya , kira2 berapa biaya yang harus dikeluarkan trus berhubung aku gak ada saudara di sby jadi kalo aku mau di dr Aucky aku mesti kos disana , lisa tinggal dimana? trus boleh minta no telp dr Aucky ya…kalo ada kesempatan ym ke aku ya di sweetgirl@yahoo.com. thanks ya

  2. Ratna

    Hai.. Lisa, salam kenal ya… boleh ga sharing rs di Singapore -nya.. trus apa nama dokternya lalu biaya-nya berapa ??? Kalo make appointment-nya lama ga ya untuk ketemu dengan dokter di Singapore-nya ?

  3. therez

    Hi Lisa.. aku Therez, 33 th, nikah 5 th blm brhasil hamil. Aku jg pny kista 3 cm n lg trapi GnRHa sblm mulai BT. Aku baru suntik 1x, kistanya ngecil 1/2 cm. Kt dokterku jg asal bln dpn bs lbh ngecil 1/2 cm lg baru mo mulai BT.
    Ditunggu sharingan lanjutannya ya, semoga berhasil..

  4. lisa

    Hi senang juga bisa share dengan kalian. kalo dr Aucky itu biayanya sekitar 30-35 jt tiap org biayanya gak sama. Kalo dr di singapore itu dr LIm Tek Ming di mount elizabeth. Datang nya daftar dulu tunggu analisanya baru bisa tahu apa penyebabnya. Kalo aku laparoscopy di sing kurang lebih 30 jt an itupun cuma nginap rs 1 hari doang. Cuma aku pikir drpd gt mendingan lgs aja ikut bayi tabung soalnya di dr aucky itu kita bayar persuntikan. kalo penanaman ama pengambilan kurang lbh 15 jt. saat ini aku dlm tahap penanaman embrio. dr 12 sel telur yg ada ternyata hanya 5 sel telur yang ada dan dari 5 sel itu saat pembuahan hanya 1 yang berkembang jadi aku hanya ditanam 1 embrio saja. Hatiku sedih sekali tapi yah apa boleh buat namanya juga orang usaha. aku hanya bisa mohon bantuan doa aja supaya bayi tabung ini berhasil meskipun hanya satu. Mana pada saat penanaman embrio ini aku dlm kondisi sakit lagi. sakit batuk jadi aku lebih was2 dan takut cuma aku hrs lbh positif thinking aja berharap meskipun cuma satu embrio berharap bisa hamil.

  5. rara

    Hi Lisa..
    Klo di dokter aucky itu biaya 30-35 juta ini sudah cover semua termasuk obat2 penstimulasi ovulasi ya?
    Jadi yang 15 juta itu sudah termasuk opu dan embryo transfer? Memang paling murah ya berarti. Karena yang aku tanya2 di jakarta, klo cuma sampai emryo transfer belum termasuk obat2annya sekitar 23 juta. Klo sama screening dan obat2an bisa sampai 55 juta. Boleh sharing ga, perincian biaya di aucky berapa ya?
    Thanks a lot & regards,

  6. sari

    dear mb lisa…

    mb lisa terus berjuang ya…semoga berhasil.mb m tanya kwalitas sperma suami isa gak bagus begitu apa karna ada varikokel ato penyebab lain.karena suami ku varikokel dan dianjurkan dokter bt.terima kasi ya…

  7. luci

    hi lisa.. salam kenal, saya juga mau info alamat Dr Aucky apakah biaya 30-35 jt sdh cover keseluruhan program????

  8. itha

    Hi Herman n Luci..salam kenal aku bantu ya alamatnya
    Nama: RS. Siloam Glenegles
    Lokasi: Kecamatan Gubeng,Surabaya Timur,Kelurahan Gubeng
    Alamat: Jl. Raya Gubeng 70
    Phone: 031-5031333
    kalo aku pernah bicara2 dgn lisa sich memang sekitar _/+ 35 jtan gitu.Tapi karena Inul dah berhasil dan semept masuk media kemungkinan tarif naik bisa juga sih…

  9. hydana

    dear lisa kayaknya kisahmu sama deh dengan diriku waktu nikah 1 bulan aku hamil dan divonis kista 10 cm dikandunganku tapi waktu operasi mengilang mungkin itu kista fungsional
    aku juga sudah punya baby sekarang masih umur 3 tahun dan sampai sekarang aku juga belum dikarunia momongan lagi padahal aku ga pake Kb
    aku sudah cek ke proff prayit dan dr hari paraton katanya normal semua ga ada kista nya sperma suami juga bagus …sebenernya kepikiran buat BT sih tapi belum berani ….

  10. LINDA

    hi,salam kenal,
    saya dan suami skr sedang bingung , krn blm dikarunia momongan. kami sdh ke byk dokter, trus usaha sudah sampe proses inseminasi, tapi masih gagal. Kata dokter coba dgn cara bayi tabung.Tapi kami masih awam ttg informasinya. ada yg kasih info sebaiknya di RS malaysia , tapi kami takut biayanya mahal, trus saya baca website ini, katanya Di Surabaya ada dr AUKY. Alamatnya Dimana & kira2 biaya berapa Ya ?
    thaks atas infonya.

  11. menik

    Linda,
    pertanyaanmu udah ada jawabannya di atas tuch..
    (dari Itha di no. 9..)

    Lisa,
    gimana hasil ETnya..
    berhasilkah..??
    moga2 berhasil yaa..

  12. metta

    Hi tmn2 seperjuangan..salam kenal ya,aku meta,ud nikah 2th 2bl tp blum ‘dipercaya’ sm Yang Kuasa pny baby.ud sempet insem 1x sm dr yacob,tp gagal,krn aku ga pk minum obat2an.slama pemeriksaan dr sekian puluh dktr (hiperbol bgt ya..hehe) aku fine2 aj,tp ad aca cm msh rendah.yg bermslh di suami,dia ad varikokel & ud oprasi.tp dr hsl tsb ga ad prubahan ap pun ad jg penurunan.ke prof muluk bkn makin bgs malah makin parah.
    stlh itu th 08 qt stop ke dktr coba brbagai altrntf.tp sampe skrg blum ad hslnya.akhirnya jan ini aku & suami ke dktr lg krn ud lelah berkelana 🙂 rncnnya aku mo BT di sby bln dpn sm dr aucky.sblm ke sby aku konsul sm dr heru & dr gunawan di siloam kbn jrk, mrk helpful bgt, ngasi no hp lg,jd qt bs tny2 via sms ato telp.hrg BT di siloam jkt dgn sby ga beda jauh lho.tp skrg ini aku mau cb di sby dl,cari suasana baru jg.bantu doa ya tmn2,semoga Tuhan ijinkan kami pny baby..GBU all

  13. lenny

    salam kenal metta
    kapan kamu BT ke sby, masalahku hampir sama ama kamu. Ada rencana ke dr. Aucky tp ga ada saudara at temen di sn.
    takut malah stress. Sapa tau kita bisa sama2 priksa. Moga2 aja bisa berhasil, aku udah 4Th menikah, masalahnya jg ga begitu jelas. Dr. Andologi katanya suami ada Varikokel, meski sedikit. Apakah menghambat? toh selama ini sperma juga keluar terus. Bingung deh…..

  14. Arief

    Halo semua,

    Salam kenal semua, saya Arief, 32th. Sdh 4 thn nikah. Wkt upaya kehamilan kmrn ketahuan dr test lab ke-1 kl saya azoospermia, trus sama dokter cuma dikasih proviron & becom-zet sebulan hbs itu test lab lg yg ke-2, eh trnyata msh crytozoospermia, mungkin ada verikokel di testis kiri. Istri 29th, kbtulan jg ada kista ovari sblh kanan 7×7cm. kmrn brsn dirujuk ke dr.Aucky & pgnnya sih bs BT. Ada yg tau total biayanya maksimal bs sampe brp ya? Maksudnya total biaya semuanya, mulai dr awal periksa, konsul, lab, operasi TESA/MESA, penyuntikan, pembekuan embrio, dll sampe hamil. Soalnya mesti ngitung kemampuan jg. Trus kl ada penyakit spt verikokel & kista ovarii gitu, apa biaya trmasuk operasi penyakit itu? Kl mau e-mail atau YM bs ke mz.arief@yahoo.com.

    Tks buat sharingnya..

  15. nelly

    halo arif, salam kenal..
    kasusmu azoospermia sama ama suamiku..
    emang dengan dikasih obat bisa berubah ya?
    suamiku juga udah dioperasi varikokel. dan hasilnya tetap azoospermia..
    aku udah add kamu di ym…

  16. Kiki

    Helo semuanya..
    Wah, senangnya punya teman2 yang memiliki problem sama, Sari/Metta/Lenny/Arif/Nelly..
    Kasusku jga sama. Suamiku azoospermia, dan ada verikokel grade 2/3.
    Menurut dokter memang harus operasi,tapi suamiku gak mau operasi (huu..)
    Aku jg malah jadi ragu, apakah dengan operasi..sperma langsung terbentuk begitu ya?
    dan kami terpikir untuk melakukan BT. Pertanyaanku, sebenernya kalau verikokel itu apa harus operasi ya jalan satu2nya? apa gak ada jalan lain? minum herbal misalnya? ada yang punya pengalaman?
    Apa ada yang tahu jg, kalau verikokel ini dibiarkan, kondisi paling buruk apa yang mungkin terjadi?
    terima kasih ya..

  17. Arief

    Halo semua..

    stlh sebln kmrn aku coba terapi herba plus terapi hijamah/bekam/cupping & refleksi, hsl lab bln ini alhamdulillah ada kemajuan, dr azoo jd OAT. hehe.. biar naik dikit tetep PD. tp kl dlm 2-3 bln ke dpn peningkatannya krg signifikan, mungkin jd operasi verikokel jg. rencananya di siloam sby, skalian minta info ttg BT dg dr.aucky. mhn doanya, ya..

  18. nielma

    Waaah mas arief kereeenn,,ada peningkatan yah.. Btw,OAT itu apaa yaaah??hehehehehhe.. trus operasi verikokel itu apa jg yaa?? tnyata Azoo jg bisa berubaah yaaah..baru tw niy.. ^^

  19. Kiki

    Mas Arief
    (ketemu lagi di blog ini ajah ya…)

    Akhirnya suamiku memutuskan untuk operasi saja.
    2 macam operasi dalam 1x tindakan.
    1. Biopsi Testis, untuk ambil sample dari skrotum, apakah memang ada sperm di dalam ‘pabrik sperma’.
    2. Operasi Varikoel,untuk memotong varises tsb.

    Mohon doanya semoga operasi berjalan lancar, dan hasilnya jg baik untuk kesehatan suami saya.
    Oya, apa ada teman2 yang suaminya pernah menjalani biopsi testis? Apa beda dengan TESA/PESA ya?
    Terima kasih

  20. nelly

    halo arif..
    suamiku juga azoospermia.. udah operasi varikokel tapi hasilnya masih tetap nol..
    aku mau tanya.. kamu terapi herba plus terapi hijamah/ bekam/ cupping & refleksi itu maksudnya gimana??
    beneran bisa meningkat?? o ya.. OAT itu apa??
    thx ya..

  21. Arief

    @nielma:
    OAT = Oligo Asteno Theratto, intinya sperma sgt krg dr sisi kuantitas, motilitas/gerak & bentuknya.

    @Kiki:
    iya, mbak. moga usahanya lancar & diberkahi Allah.

    @nelly:
    maksudnya aku jg terapi dg herba. nelly bs konsul ke herbalis (dokter spesialis naturopati) utk lbh jelasnya. kl hijamah/bekam/cupping itu salah satu terapi detoksifikasi, bgs buat terapi buat penyakit yg berhubungan dg darah yg statis. ini terapi kesehatan yg byk dilakukan umat muslim krn memang sunnah dlm Islam, termasuk dlm pengobatan ala nabi (thibbun-nabawy). kl refleksi, ya pijat refleksi di kaki & tangan, dilakukan pd titik2 akupresur. intinya semua saling sinergi lah. alhamdulillah membuahkan hasil meski blm pd kehamilan istri.

    Dear all, sukses ya..

  22. Arief

    @Kiki,

    TESE: Testicular Sperm Estraction.
    PESA: Percutaneous Epididymal Sperm Aspiration.

    Selebihnya googling aja deh.. Om Google baik hati kok. 🙂

  23. Avi

    Hallo semua lam kenal,aku boleh tahu RS siloam yg di jkt alamat dan no telp donk krn aku dimakassar pingim coba bayi tabung di jkt,kalo ada yg tahu jg biayanya,tks bgt infonya

  24. avi

    hai semua,hai hydana,bisa ya ada kista 10cm bs hamil,kasusku pertengahan th 2008 ada kista 3cm dan sempat minum obat utk mengecilkan kista,awal bln ini aku mau cb inseminasi ternyata kista sdh 5cm dokter sarankan utk laparoscopy,cuma masih takut utk itu,ada efeknya ga ya kalo laparoscopy?

  25. shinta

    Hai….teman2ku ikutan shering dong,aku juga pengen ikutan BT,cuma aku da kista 5cm.Kira2 teman2 ada pengalaman ga dengan Kista?yah misalnya sembuh dengan
    Pengobatan alternativ/herbal??? Thanks ya

  26. evian

    Hai….Teman2 Salam Kenal.Aku pembaca setia webside ini
    ikutan shering dong.oh iya aku mau tanya sama Therez:
    Therez: Kamu Terapi Kista dimana?kasih tau aku dong,Alamatnya,and Berapa biaya nya sekali suntik,Please ya.Coz aku ada kista udah 5cm,siapa tahu dengan Terapi ini berhasil ya biar kecil kistanya.Aku juga mau ikutan Program BT,mengingat umurku udah mau mentok ha2.Please ya Teman2 Bagi2 shering ya ke aku.Thanks ya.

  27. diajeng

    hai sintha..
    Kebetulan bln kemarin aku operasi laparaskopi yg ke 3, krn mau ikut BT. Sebelumnya aku penderita kista akut. Nah aku coba minum mahkota dewa selama 1 thn, hasilnya kistaku mengecil dari 10cm skr 1,5cm. Krn aku ada perlengketan jd mau tdk mau hrs laparaskopi. Bisa dicoba lho siapa tau cocok.

  28. Pras

    Buat teman2 saya minta dibagi pengalaman yang udah pernah melakukan operasi yang berhubungan dengan masalah azoopermia.
    Saya berencana mau lakukan program by tb.sy udah menikah lebih 10th .mohon bantuanya.

    Makasih

  29. tini

    Hai smua…. salam kenal…
    Suamiku jg azoosperma,perna operasi thn 2005 hasilnya nihil.pegalamanku BT di siloam surabaya,dokter tidak minta suamiku untuk operasi lg tp cm tes darah untuk liat kadar hormonnya dia klo emang subur hasil tes darahnya bgs bs langsung masuk program BT dgn pengambilan sperma langsung dari ”pabriknya”. kira2 biayanya sekitar 35jtan. tp itu smua jg kembali ke kasus masing2 krn tidak ada dua orang dgn kasus yg sama persis,pengalamanku cm bahan rujukan aja,usia dan kondisi istri jg menentukan beasr/kecilnya biaya klo masih di bwh 35 thn dan tidak ada dgn rahimnya relatif murah. aku masuk program BT 25 feb 2009 selesai 24 maret sekarang lg hamil 14 mggu kembar lg…buat teman-teman sua s’mat berjuang smoga berhasil…

  30. vivi

    salam kenal,tini
    selamat ya tini,udah bisa hamil,kasus ku sama ama kamu,suamiku azoo,dan udah pernah operasi varikokel,tapi tdk ada kemajuan,rencana kita mau ikut bt aja,tini biaya di sby kog murah ya sekitar 35jtan,itu udah termasuk suntikan dan operasi tesa/pesa ya?karna kalau aku tanya di bunda jkt biaya bisa sekitar 60 sp 65jt,selisihnya jauh sekali…

  31. tini

    To Vivi…salam kenal jg…. iya vi itu biaya sudah semua,kecuali tes darah awal,transit sesudah ET,jg tes darah dan USG sesudah nt positif hamil kira2 7jtan. aku jg kaget kok selisihnya banyak sekali ya…klo di sby biaya segitu sdh termasuk living cost…tp di manapun kamu ikut progran BT yg penting kamu dan suamimu hrs ngrasa yakin dan nyaman,krn itu faktor pendukung yg utama. banyak jg tmn2 dr jkt yg skr jg lg program di sby….

  32. vivi

    hai..tini
    thanks infonya,iya biayanya selisihnya banyak bgt ya…tini tinggal disby atau dijkt?kalau disby sekitar r.s banyak kost2an gak ya?kayaknya aku berminat juga tuh,setelah tau selisih harganya lumayan juga he..he.

  33. tini

    Hai…Vivi..
    aku tinggal di trenggalek sekitar 5 jam perjalanan ke sby,selama ikut program aku jg kos d sby,banyak kok rumah kos di sekitar RS dgn harga yg bervariasi antara 1,5jt-2,5jt tergantung fasilitas dan besarnya kamar,bahkan ada yg bs di ambil harian,mingguan,atau bulanan.aku tau bberapa termasuk yg aku pernah tinggal dl,klo kamu perlu nt aku bs infokan.o iya vivi tinggal di mana ?

  34. vivi

    hai,tini
    thanks atas infonya,aku tinggal dijkt,tini suamimu waktu itu hormon fshnya normal atau tinggi?tini ikut bt sekali langsung hamil ya…suamiku hormon fshnya agak tinggi tapi masih dalam ring normal,cuma testosteronnya rendah,sekarang suami lagi terapi hormon,

  35. tini

    Hai Vivi..
    ini program BTku yg ke 2,pertama des 2007-jan 2008,dari 6 telur yg di ambil jd 5 embrio dgn kwalitas bagus,3 di transver tp ga ada yg survive,krn aku yg kelelahan dan jg stress,bikin hormonku turun drastis. bln juli aku masuk untuk thaw cycle,gagal lagi,tdk bisa lanjut krn aku ga ovulasi,haid molor ampe 2 mggu,lagi2 krn hormon,aku punya masalah dgn haidku yg tdk teratur,september aku masuk lg kali ini dokter memberiku obat (maaf aku lupa namanya)akhirnya rahimku siap jg bt ET,tiba harinya untuk ET dgn gembira aku berangkat ke RS di temani tante(suamiku tdk menemani krn kerjanya di kalimantan)tp apa yg ku dengar dr dokter pagi itu seolah meruntuhkan semangatku,semangat yg dgn susah payah aku bangun pasca kegagalan BT yg pertama,jg thaw cycle yg pertama. dokter bilang,”ibu,ibu ga bs ET hari ini krn embio ibu yg di frezing ga survive,begitu di keluarkan untuk persiapan ET ternyata embrionya sdh berubah warna dan tdk bergerak,jd saya ga berani transver ke takutnya ada apa2 di kemudian hari. terus solusinya gmn dok,tanyaku ke dokter. Satu2nya solusi klo ibu mau ibu hrs mulai lg dr awal,ya Allah ucapku dlm hati terbayang lagi semua pemeriksaan,suntikan dan jg tes darah yg hrs aku jalani,baiklah dok,aku akan bicara dl dgn suami dan akan saya pikirkan dl,cuma itu yg bs aku ucapkan sebelum aku meninggalkan ruangan dokter.akhirnya setelah bcr dgn suami,kami ambil keputusan untuk mencoba lagi,kali ini dokter memberiku microgynon dan glucopac 1 bln sebelum aku masuk program,H3bln feb 2009 aku masuk program lg,kali aku berusaha untuk tdk stress dan optimis. dari 7 telur yg di ambil kami mendapat 3 embrio dgn kwalitas excellent,kali tdk ada yg di frezing,krn dokter tkt kejadian yg lalu terulang lg.dokter mentransver ke 3 embrio,dan dari 3 embrio itu alhamulillah 2 berhasil bertahan di rahimku.dari pemeriksaan awal kondisi suamiku bgs,bgt jg dgn hormonnya dokter cm memberi vitamin sebelum program yg pertama,program yg ke 2 ini tdk ada obat atau vitamin yg di kasih ke suamiku.Akhirnya setelah menunggu 5thn aku hamil jg,puji dan syukur tdk henti2nya kami panjatkan kehadirat Allah SWT,atas rahmat dan karunia yg telah di berikan,kami masih di percaya oleh untuk menjaga amanahNYA. VI,byk tmn2 dr jkt yg skr lagi program BT d sby.semoga pengalamanku bs menjadi bhn masukkan bt vivi dan suami,tetep optimis dan s’mat berjuang….

  36. vivi

    hai,tini
    aku jadi semangat lagi nih,setelah membaca kasus tini,semoga aku bisa menyusul ya…..thanks atas semua supportnya….

  37. Cynthia

    @ Tini…
    Aku mo tanya kalo embrio yg kualitasnya excellent itu berapa sel ya? Dulu mba..aku juga dapet 3 embrio, 2 embrio 8 sel & 1 embrio 7 sel. Kayaknya aku juga dulu misscarriage krn stress, padahal waktu kejadian itu aku cuti kerja & ga ngapa2in loh di rumah. Btw Mba Tini wkt BT 1 sempet positif atau tes darah menunjukkan hasil Negatif?
    Tapi Dr juga semepet bilang, mungkin karena aku OHSS (hormon E2 nya terlalu tinggi), emang ada ya yg kasusnya karena OHSS jadi misscarriage?

  38. lisa

    guy’s sorry lama gak bisa balik soalnya aku benar2 masih trauma dengan kegagalan bayi tabung pertama ku soalnya pas aku gagal eh gak lama adik iparku hamil yah sempat frustasi sih belum lagi trauma suntikan terus selama 1 bulan dulu bener2 deh kok susah ya jadi wanita.Aku wkt itu dipegang dokter aucky sekarang makin rame deh bayangkan sehari aja dr jam 6 malam sampai tengah malam cuma tangain 50 pasien itupun dibatasi senin, kamis, jumat yah kalo gak salah di rs siloam jd sisanya udah bukan dr aucky lagi yang pegang. Suami kondisi sperma kurang bagus. Cuma belajar dr pengalaman sih kalo sperma suami bermasalah efeknya gak banyak ikut bayi tabung entar kayak aku deh dr 5 telor setelah digabung ama suami cuma jadi satu hik hik nyesal deh smp skr tahu gt gak usah di et hik hik. Soalnya suamiku gak mau biayain lagi jd yah hrs kumpulin uang deh buat BT berikutnya. Sedih banget tp ini salah satu case yg gagal byk juga yg berhasil kok. aku sebenarnya sempat hamil 2 bulan tp keguguran yah mungkin stress kali yah soalnya suami cuek sih gak mau tahu sama sekali jd emosi terus. Guy’s faktor terpenting dlm BT itu tdk boleh stress atau emosi krn pengaruhnya besar sekali.

  39. Aurellia

    hi teman2, salam kenal aku anggota baru ni…
    aku pny maslh yg +/- sama dg kalian. 2hr yg lalu aku hbs periksa ke dr aucky n dia saranin kita untuk bayi tabung. masalahnya suami aku jumlah spermanya kurang, kt dokter ada varicocelle n uda di operasi sm dr.ardy di smg. biasanya stlh operasi jml sperma lgs melonjak tp tnyt smp skrg cm naik 2 poin dr sblm operasi. akhirnya aku dpt referensi dr tmn, cb periksa ke dr aucky. sejauh ini aku uda test lab uji kehamilan n hslnya ok, kt dokter sih uda siap dihamili tp yg menghamili mlh bermasalah 🙁 buat yg uda ikut program bayi tabung, prosesnya gmn sih? brp lm sih lamanya program mulai dr start obat 1 smp kt tau kt hamil? brp lm kt bs tau kl kt uda hamil? trus ET tuh apa ya?
    thanks ya buat infonya.
    Buat yg uda berhasil,congratulation ya n buat yg blm KEEP ON TRYING n DON’T GIVE UP.

  40. budi

    salam kenal semua,,,aq menikah 3 tahun dan belum dikarunia momongan,,stlh tes sperma aq mengalami azoospermia dan divonis tdk akan memiliki keturunan,,mohon bantuan informasi langkah-langkah apa yang harus saya lakukan agar bisa mempunyai keturunan

  41. hydana

    Hi avi , lam kenal sampai skrg aku masih berusaha untuk hamil , kistaku kista fungsional dimana dia akan mengecil sendiri seiring turunnya estrogen kita , aku sudah LO des 2010 kmren tapi sampai skrg belom hamil malah ada hidrosalpingnya skrg lagi melanjutkan program lagi , bener2 keajaiban kata dokter aku bisa hamil anakku yg pertama dengan kista sebesar itu makanya jgn menyerah tetap semangat

Comments are closed.