Kesulitan ET bayi tabung – Veronica

Berikut ini adalah pengalaman bayi tabung Veronica. Terima kasih Veronica atas sharingnya…

Kami mengikuti program di BIC dengan dr. Ivan. Prosedur yang dilakukan semua sama, diawali dengan tes hormon lengkap, TORCH, dll baik suami maupun istri.

Setelah semua oke… lanjut ke pemeriksaan apakah tersedia sperma utk program ato tidak karena dari hasil analisa sperma ternyata tidak ditemukan sperma alias nol. Bsyukur kepada Tuhan saat PESA sperma bisa diambil cukup banyak dan disimpan sehingga program bisa berlanjut terus.

Dimulai dengan minum microgynon selama 21 hari…lanjut ke semprot synarel tiap jam 8 pagi dan 8 malam kemudian gonal f 150 selama 8 hari…

Puji Tuhan sekali semua obat berfungsi dengan baik sehingga sejauh ini program kami berjalan dengan lancar…USG terakhir setelah suntikan hari ke-8 gonal f ada 17 telur yang ukurannya cukup sehingga diputuskan oleh dokter utk OPU lusa.

Sebelum OPU terlebih dahulu suntik ovidrel utk memecahkan telur…suntikan ini yang terasa pedih dan bikin agak pegel… OPU berjalan dengan lancar… bhasil diambil 16 telur… dari 16 telur tsb hanya 13 yang baik kualitasnya tetapi hanya 8 yang jadi embrio….3 embrio kualitas baik yang akan ditransferkan dan hanya 2 embrio yang bisa dibekukan.

3 hari setelah OPU ET (embrio transfer) dilaksanakan… pagi jam 8 kami sudah stanby dengan diharuskan minum utk mengisi kandung kemih…. sukacita rasanya hati karena program yang melelahkan sudah hampir selesai dan sejauh ini lancar sekali… tapi saat transfer berlangsung… setelah hampir 1/2 jam berlalu dokter belum bisa juga memasukan embrioku ke dalam rahim… berbagai macam cara dicoba… sampai ganti beberapa kateter… melihat hal tsb kita merasa was2 dan ga yakin akan keberhasilannya… apalagi suamiku melihat ada darah di kateternya…. sampai embrioku dikembalikan lagi ke lab…

Akhirnya dengan susah payah dokter mengatakan bhasil juga embrioku dimasukan.. entah benar atau tidak… yang jelas kami sendiri sudah merasa sangsi dengan keberhasilannya… tapi pasrah aja…

14 hari setelah ET… tes kehamilan… ternyata benar apa yang kami takutkan terjadi… hasil tes negatif… kami tidak berhasil dalam program fresh cycle kami… akhirnya dokter menuruhku tes kekentalan darah… hasil normal smua… dokter memberikan penjelasan dan analisa atas kegagalan kami… mreka mengatakan karena kesulitan proses transfer kemarin itulah penyebabnya… menurut penjelasan mereka.. proses transfer embrio adalah proses yang paling penting dan tidak boleh terlalu lama… mendengar hal itu.. tentu saja kami kesal… tapi kami tidak bisa berbuat banyak selain pasrah.

Karena kami memiliki sisa embrio… diaturlah utk thaw cycle…. lumayan juga biayanya 7-8 juta… tapi kami tetap mencobanya… sebelum thaw dokter melakukan trial ET utk mengatasi masalah kami terdahulu… setelah yakin… melalui natural cycle ditentukan kapan harus ET sisa embrioku.

Dari 2 embrio sisa hanya 1 yang survive… dengan yakin kami jam 8 pagi sudah stanby utk ET… trial ET sebelumnya sudah dilakukan pikirku… jadi ga akan terjadi lagi kesulitan transfer karena rahim retro dan jauh.

Ternyata….. ET thaw cycleku lebih parah lagi dari ET freesh cycle terdahulu… sudah hampir 1 jam masih juga embrio belum bisa dimasukan… sampai akhirnya dokter putus asa dan meminta bantuan rekan sejawatnya yang lain…. rasanya kekesalan sudah memuncak di dadaku… tapi kami tidak bisa berbuat apa2 selain merelakan biaya yang sudah sedemikian besar kami keluarkan harus menemui kegagalan karena hal tsb….
smoga hal ini bisa menjadi info buat teman2 smua utk lebih banyak lagi mencari informasi sebelum mengikuti program BT dimanapun.

Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 3.25 out of 5)
Loading...

37 thoughts on “Kesulitan ET bayi tabung – Veronica

  1. Iva

    Hi Vero,apa kabar?
    Setiap denger ceritamu ini,aku jadi ikutan gemes,gregetan..kok bisa ya hal ini sampe terjadi? tp setiap kejadian itu pasti ada hikmahnya ya?
    Aku waktu ET kemaren,dr indra sempet bilang lubang rahimku ketutup,tp itu krn aku tegang..hehe..untung ada suami yg nemenin dan nenangin aku biar aku rileks,dan alhamd gak lama prosesnya..

    Ver,biaya thaw mahal jg ya?kemaren suster sempet bilang biayanya sekitar 4-5jt,ternyata lebih ya? biaya 7-8jt itu buat apa aja ya ver?
    Aku kmrn dari dr.indra trus aku disuruh minum cyclo-progynova 21 hari,abis itu synarel lagi (untung masih ada synarelnya) tp sehari 1x aja (malem gak perlu),ntar tunggu mens nov,kalo ok baru ET lagi..lumayan jg ya prosesnya,kayak awal lagi..hehe..

  2. Hermalia

    Hai, Vero, jangan sedih ya, aku juga sama Dr. Ivan dan engga ada kesulitan apa 2x malah sudah berhasil kembar 3 ( lahir 15 Juli 2008 )dan lagi aku cuma ada 9 telur, terus yang hidup 7 dan yang bertemu embrio cuma 5 dan yang dimasukan ke rahim 3 ternyata jadi semua. Kenapa sih masukinya susah, faktor apa ya ? karena aku gampang banget dan cepet lagi. dan selama ikut program aku engga ada acara bedrest segala malah tetep kerja ( jakarta – bogor lagi ). Kalau aku pikir semua kembali sama TUHAN yang menentukan kapan saatnya kita dikasih momongan dan pada saat selesai ET ( embiro transfer ) Dr. bilang : Pak, Bu tugas kita sebagai manusia sudah selesai, sekarang semuanya hanya TUHAN yang menentukan, sabar ya. Kalau Vero mau tanya 2x email aja ke aku di : liabcv@yahoo.co.id, sabar ya. Thanks

  3. Veronica

    Hii..Iva, biaya 4-5 juta itu baru biaya thawing dan transfer embrio beku plus obat suntik pregnyl deh kayaknya belum biaya bolak balik USG sama obat2 penunjang lainnya…7-8 juta itu total biaya selama thaw cycle.KLo aku ga pake semprot synarel lagi pas thaw cuma minum cycloprogynova 21 hari saja…pas USG terakhir ukuran endo rahim dah bagus baru ditentukan kapan transfer embrio sisanya…smoga berhasil ya thaw cycle mendatang

  4. Veronica

    Hi Hermalia…iya banyak juga yang berhasil dengan dr.ivan ya termasuk kamu..kembar 3 malah 🙂
    Aku sendiri ga tau kenapa ET kemarin ampe susah gitu…katanya si karena rahimku retofleksi dan posisinya sulit terjangkau dengan jalan rahim berkelok2..begitu penjelasan dokternya..oh ya akhirnya karena sudah hampir 1,5 jam embrio belum bisa ditransfer juga suster memanggil dr.indra..dan dr.indralah yang membantu transfer embrioku…hanya 10 menit lho…tapi semua sudah terjadi dan tidak bisa diulangi lagi kan…mungkin jika diberi kesempatan smoga utk next program tidak terjadi lagi kejadian yang sama…selamat ya hermalia sudah menjadi ibu…

  5. therez

    Hi Veronika. Aku jg di BIC, dg dr Taufik, br mulai suntik endrolin buat ngecilin kista endo, mgkin BT bl Jan/feb.
    Aku jg prnah insem 2 x di Yasmin RSCM tp blom brhasil. Pas insem kayaknya juga rada susah lho masukin kateternya. Aku pikir dgn simulasi nantinya dokter bakal antisipasi unt mempermudah ET benerannya.
    Apa pas simulasi ET itu beda ya sama pas ET benerannya?

  6. Veronica

    Hi Therez setau aku..simulasi itu justru utk mengetahui tingkat kesulitan pas actual ET…jadi ga mungkin beda ya, karena pas simulasi yang membedakan cuma ga ada embrionya aja

  7. olip

    To Vero salam kenal…
    aq jg rahimnya retrofleksi (istilahnya yg bener apa ya retofleksi apa retrofleksi) jadi emang aga susah masuknya,katanya sih itu rahim yg terbalik posisinya, ostosmastis ET jg butuh waktu yg aga panjang, begitu jeng, yg sabar ya vero…

  8. icha

    hai vero..lama gak chat ya 🙂 pa kabarr?? aku angkat jempol karena akhirnya kamu memutuskan untuk menceritakan pengalaman kamu ke sini…mudah2an berguna buat temen2 yg udah pernah, baru mau, ada rencana, ataupun lagi mempertimbangkan ikut bayi tabung dimanapun itu..sabar ya ver..kita sama2 berusaha..smangat!

  9. Yulan

    Hi semua..
    Sy sering baca2 ttg BT di situs ini pd saat sy dlm program BT jg. Tp agak sedikit berbeda cara ET yg sy alami dg info2 dr tmn2 smua. Di situs ini dikatakan harus menahan air kemih sdgkn pd saat akan melakukan ET sy dianjurkan utk ke toilet terlebih dahulu kemudian dilakukan ET, stlh ET sy lgsg bangun tanpa istirahat, malah lgsg jln2 ke shoppingcentre walopun perasaan was2.. Puji Tuhan smuanya berjln dg lancar, skrg kandungan sy memasuki minggu ke 29 n mdhn smuanya lancar sampe lahiran. Utk Vero tetap semangat ya..

  10. Veronica

    Hii..Icha,gimana kabarnya..kapan mau ulang lagi? jadi ikut di penang nih?sukses ya buat kamu…

    Hi Yulan salam kenal juga…kamu ikut BT dimana nih? selamat ya sudah berhasil dan sebentar lagi nyusul yenni n mulia 🙂

  11. Imel

    Hai Vero..
    Aku pas ET di BIC dgn dr.Indra juga agak susah tapi begitu pindah ke dokter lain ngak masalah tuh. Mungkin kamu perlu second opinion ke dokter lain, mudah2an kamu ngak ngalamin kesulitan ET lagi. Jadi tetep semangat yaa.. semoga program berikutnya kita sama2 berhasil… amiiin. GBU

  12. novita

    hai imel..lam kenal yha..btw pernah bt ama dr Indra yha..gmn orgnya..komunikatif gak cz mingdep aq mulai suntik di bic, boleh tau gak total bt di bic berapa mel..

  13. Imel

    Hai Novita, salam kenal juga..
    Dr.Indra orangnya asik n komunikatif banget. Tapi karena pasiennya banyak.. ya kesannya seperti mo cepat2 gitu deh konsulnya. Aku waktu itu pake puregon dosis 200IU ngabisin total 53,5jt. Kamu dosisnya berapa? Ada kenaikan harga obat ngak sih? Semoga sukses ya Nov..

  14. novita

    to imel..belum tahu dosisnya krn baru mingdep stlh mens baru program btnya,iyha aq nanya2 krn wkt bt di siloam sby drnya gak optimis stlh baca fshku yg tinggi jd dia gak mau nerusin,stlh ke dr indra dia bener2 ksh harapan,aku jd semangat berjuang gak hopeless..kt susternya gak ada kenaikan kok..semoga sukses juga btnya yha melll…

  15. Hermalia

    To Vero : Oh Iya AKu baru inget, kan waktu habis masukin embrio, Dr. Ivan langsung USG engga ? kalau aku langsung USG tapi diperut aja dan disana terlihat embrionya gerak – gerak, kamu gimana ?

  16. Veronica

    Hi hermalia..pas aku ga ada tuh gerak2 embrio..ga keliatan apa2..malahan yang thaw ga pake USG2 lagi pas udahannya…saking kelamaan kali tu embrio dah ga survive lagi

  17. zahra

    hi mbak iva dan mbak vero, saya juga mau thawing bulan desember. tapi saya gak minum cyclo-progynova dan semprot synarel lagi. kok beda mbak ya? cyclo-progynova dan synarel itu untuk apa ?

  18. Monica

    Ver, waktu aku pertama kali ke sby, dr Hendro (Obgyn team dr Aucky) lgs melihat kalo rahimku juga miring. Aku tanya ke dia, nanti pas ET jadi susah ngga dengan kondisi spt itu, dia jawab, kalo dokter ngga tahu, akan susah.
    Waktu aku konsul dgn dr Aucky, aku akan dibius total krn kondisi rahimku miring, tapi mnrt dr Hendro, ngga perlu,cukup bius lokal saja, krn katanya miringnya ke bawah, malah lebih gampang.
    Dan ternyata benar, dr Hendro hanya butuh 10 mt waktu memasukkan embrio.
    Moga2 dengan pengalaman2 ini, next time kita akan lebih “aware” ya sama pengalaman dokter2 kita..

  19. Veronica

    Hii..Zahra, mungkin kamu pakenya bener2 natural cycle ya utk thaw nanti…aku juga ga semprot synarel lagi dan cyclo progynova hanya utk membantu menambah tebal endo rahim saja.

    Monica, brarti dr.aucky n dr.hendro dah tau ya gimana caranya ET utk rahim dengan posisi retro gitu? rata2 ET emang seharusnya kurang dari 15 menit embrio sudah bisa masuk..
    Ada yang nyaranin utk pijat / urut rahim utk benerin posisinya..emang benr ya bisa dibenerin dengan urut gitu? agak2 ngeri juga karena katanya sakit terus dokter juga tidak membolehkan utk urut apapun….bingung deh jadinya

  20. ati

    Hi veronica
    terimakasih yach buat sharingnya,menurutku keadaan rahim jangan diutak atik pake urut kecuali kalau akan melahirkan bayi posisi terbalik baru bisa pake urut,entah ya ini sich kata ibuku,beliau pengalaman anak 7 dan salah satu diurut waktu akan lahir.
    aku bisa ngerasain pengalaman mu karena udah 2 kali BT gagal malah aku dua duanya fres .
    Dr Hendro benar ,dia pengalaman waktu itu juga rahimku tidak ditengah ,tapi dia kasih tau lewat usg diperut ada 2 embrio tranfer,masalahnya waktu itu susternya salah informasi bilang supaya aku puasa telp jam 11 malam ke rumah padahal seharusnya aku minum air banyak ,jadi embrionya nunggu sampai perut ku penuh air Dr Aucky sangat marah waktu itu karena keadaan embrio sangat bagus.
    Suamiku marah juga masa suster ketua bisa lupa.
    tapi human error always there,itu untuk menguji kita tetap sabar .
    vero coba ulangi BT lagi pasrah aja ,kalau udah kehendakNya apa aja jadi biar tidak mungkin menurut kita.

  21. irin

    Hi….Veronica lam kenal, aku ikut bersimpati dengan ceritamu. aku juga mengalami hal yg sama spt’mu. Suamiku Azoospermia…sedih sich wkt dokt ngasi tau kondisi hubby, btw aku jg orgnya ga suka putus asa. Mencoba n mencoba lg berobat dg berbagai cara. Aku uda nikah 8 th nikah okt 2000. Tpi taunya suamiku yg bermasalah baru th 2003.
    Sebelumnya th 2001 aku diketahui py rahimnya terbalik gitu dech kayak dikau, aku ikut alternatif urut perut. Pas periksa lg ke Dokt kandungan lgi, tyt kandunganku uda balik jd kondisi bagus, coba penyubur gak hamil2 jg akhirnya baru th 2003 hubbyku ke androlog diketahui hubbyku ada masalah. Baru 1 bln ini aku liat internet ttg bayi tabung, ya..maklum suamiku tugasnya pindah2 kadang tinggal dikota kadang masuk kedaerah2 jd ya hub dg internet tergantung dg signal yg masuk. Ngeliat forum ini aku jd tertarik ikut bayi tabung, aku uda diskusi ama suamiku n rcn mo mulai tabung2 untuk ikut program bayi tabung taon depan. Btw thanks yach..buat teman2 yg uda byk berbagi pengalaman diform ini, jd org yg awam kyk aku jd terbantu dg info2 yg diberikan. THANK’s yach…

  22. moena

    hi vero salam kenal,

    baca`pengalaman km bikin sy deg2an pasalnya program BTku br jalan bln ini dibantu dg dr.Ivan jg, hopelly semua berjalan lancar. thanx buat sharingnya

  23. Veronica

    Hi Moena..ga usah deg2an..banyak juga kok yang bhasil dengan dr.ivan 🙂
    klo aku kan karena kesulitan pas transfer embrio aja..klo rahim normal si ngga

  24. Iva

    Hi Vero,mau nambahin aja..
    Kemaren aku sempet tanya ke dr.indra masalah ET yg susah gt, kalo menurut dr.indra sih seharusnya gak ada masalah mau rahimnya kebalik or gmn,soalnya kateter yg dimasukin itu kan fleksible bgt bahannya,gak kaku maksudnya..jadi lentur gitu bisa mengikuti bentuk rahim kita..
    Goodluck ya ver buat program berikutnya..

  25. Veronica

    Hii Iva..pada akhirnya kan emang dr.indra yang bantu proses ET aku dan cuma 10 menit udah selesai…mungkin hanya masalah pengalaman saja ya makanya terjadi hal begitu..waktu imel di penang dengan dr.NPW juga dibilangin begitu…yach aku anggap belon rejeki kali ya program pertamaku kemarin 🙂
    godluck ya dengan thaw cyclenya nanti..smoga bhasil…

  26. Veronica

    Hii Irin…salam kenal,
    berarti rahim terbalik bisa juga ya diubah posisinya dengan pijat? klo boleh tau dimana tuh?
    Untuk kasusu suami azoosperma menurut dokter si kalau sperma bisa diambil kita bisa ikut program BT…persiapan biaya sekitar 50-60 jutaa karena rata2 utk di Indo segitu ya biayanya…tetep semangat ya…jangan pnah lupa utk berdoa 🙂

  27. rinda

    hai vero, sya pernah diceritain ama dokter saya, katanya memang ada pasien yg sulit waktu ET krn saluran (kurang jelas juga saluran apa) selalu berdarah pada wkt kateter dimasukkan. katanya krn bentuknya tdk smooth. kalo ada darah kondisi embrio tdk bagus lagi. saya sendiri 31th, nikah 6.5th blm pernah hamil. pernah IUI 1x gagal. keep tryin ya vero…

  28. irin

    Hai. . .Mbak Vero, aku skrg ada diPare2 Sulsel ikut tempat tugas suami. Aku dulu pijitnya bbrp th yg lalu ama nenek Tua yg tinggal diWajo sulsel rahimku emang terbalik mnrt dokt. Skrg kandunganku uda OK jd awal th depan rcn ikut BT’nya. Oya… makasih untuk info perkiraan pengeluaran utk BTnya yach…jd aku bisa hitung2 U/ akomodasi n buat programnya, btw thanks…banget mba Vero…

  29. Uly

    hai irin, salam kenal .. aku dulu tinggal di makassar, skrg hijrah ke jkt krn menikah ..

    temen ku di mks, rencana bulan ini melahirkan stlh 2thn menunggu kehamilan .. dia kata nya mijit ke tkg pijit dan sdh banyak yg berhasil stlh mijit … tar aku tanya’in yah alamat tkg pijit nya, kan dari pare2 ke mks ga terlalu jauh, mungkin bisa di coba ..

  30. irin

    Hai Mba Ully salam kenal juga,
    makasih infonya…kandunganku sekarang uda OK, 6bln lalu aku uda periksa di JKT wkt suamiku kuliah disana, berhub suamiku pindah tugas kesini (MKS) ya akhirnya gak jadi dech lanjut pengobatan diJKT, ntr aku mo coba saran dari temen2 diForum ini utk keDokt Auky diSBY, soalnya dari Pare2 ada kapal yg langsung keSBY, lagian suamiku perlu berobat dulu spy Azoopermianya diatasi, aku nungguin dia OK Spermanya/spermanya muncul dulu, baru aku lanjut pengobatan U/ aku sdri n coba bayi tabung.
    Oya, mungkin info tukang pijitnya bisa bantuin Mba Vero juga tuch, klo tukang yg pijit aku orgnya uda pindah dibw anaknya gak tau dimana?.
    Ya….sapa tau mba Vero mau coba berobat diMKS yg direkomendasiin temen mba Ully ntr soal nginapnya aku bs bantuin mba vero selama diMKS gratis ga apa aku tanggung, klo cuma seminggu ajah he…he…
    Yach…bantuin org gak ada masalah toh…sapa tau Tuhan jg bantu aku dilancarkan jalan spy bs cepat py momongan yach toh…he..3x.
    Ditunggu info lanjutannya ya mba Ully…Salam…

  31. Uly

    > irin, sukur lah kl km dah sehat, aku msh belum dpt kbr dr teman ku, krn dia barusan melahirkan tgl 19nov kmrn .. seneng deh ngeliat anak nya ..

    poko’e, aku lgsg launch di web ini kl dah dpt alamat nya yah ..

  32. angel

    Hai Veronica, gmn kbrnya skrg?
    Aku ikut sedih deh denger cerita km, btw aku bs ngerasain sedihnya km coz kmrn ini aku jg baru gagal ikut program BT di BIC. Kasus aku mirip bgt deh sm km, wkt di HSG aku jg susah bgt ampe ganti kateter 3x.
    Sebenarnya aku programnya dr pertama sm dokter indra tp pas mau proses ET tiba2 dr indranya mesti ke LN jd pas ET aku ditangani sm dr ivan. Pas ET aku jg lama bgt gk bs2 ampe 1/2jam-an trs abs itu aku pendarahan jg. Mgkn gr2 itu kali yah embrionya jd gk bertahan hidup? Skrg rasanya sediiihhh bgt deh. Rasanya aku udh hopeless nih buat jalanin thaw cyclenya takut gagal lagi. Udh gt embrio beku yg kmrn disimpan pun kualitasnya gk ada yg great cm good doank.. hix..hix.. Sbnrnya msh ada cara gk sih yah buat kasus yg ky kita sulit wkt ET nya? Aku jd hopeless nih.. =(

  33. veronica

    Hii.angel..kabarku baik baik aja…aku masih belon memutuskan utk ulang lagi karena masih mencari2 tempat utk ulang…
    pas thaw cycle lalu aku udah pake simulasi dulu sebelumnya tapi malhan tambah parah juga..hiks…
    mungkin kamu bisa minta dr.indra aja yang bantu ET thaw cycle secara emang dari awal kamu pegangan dr.indra kan…smoga berhasil ya..GBU

  34. Silvie

    Hi..lam kenal semua nama qu silvie aq pengen sharing nh bulan depan rcn nya aqu mo ikut program BT,bagus nya datang kpn ya apa ngg qta haid dlu or gmn?prn aq baca di forum ini jg kt nya dtg H 3/H5 itu apa mksd nya ya?deg2gan jg nh hubby qu azoosperma b arti operasi ya ambil sperma nya,sharing ya tmn2

  35. rin

    Hi veronica and angel,

    Dah mulai program lagikah?
    Aku juga kesulitan pas trial ET. Jadi bingung. Gimana cara ngatasinnya yah?

Comments are closed.