Kenapa telur-telur tersebut tidak mau berkembang – Ernita

Dear Bunda sekalian,
Aku mau sharring aja nih mengenai program kehamilan.
Aku dan suamiku menikah di bulan November 2010. Bulan maret 2012 aku memutuskan untuk program hamil karena dari masih gadis aku memang didiagnosa kekurangan hormon sehingga haid aku tidak teratur (bisa 8 bulan sekali baru haid).

Dokter memberikan 2 opsi kepada saya saat itu. Opsi pertama saya dipancing untuk haid dengan norelut lalu di hari kedua haid minum fertin (2 tablet x 1 hari) selama 5 hari. Dihari ke 9 saya cek HSG hasilnya bagus tidak ada sumbatan pada saluran telur. Wah lega sekali rasanya. Hari ke 13 saya usg folikel dan dinyatakan tidak ada respon sama sekali, telurnya masih kecil-kecil tidak ada perkembangan (diameter telur yang ideal 20-30 mm) sedih rasanya, tapi saya tidak mau putus asa.

Dokter memberikan opsi kedua. Di bulan Mei 2012 saya kembali meminum norelut (untuk memancing haid) lalu di hari kedua haid saya minum fertin 3×1 selama 5 hari, lalu di hari ke 7,9, 11 haid, saya disuntik Gonal F. Hari ke 11 haid saya di usg folikel dan hasilnya belum ada perkembangan sehingga dokter menyuruh saya untuk suntik gonal f esok dan lusa (untuk yang ke 4 dan ke 5). Hari ke 16 haid saya kembali di usg folikel dan hasilnya telur-telur masih belum berkembang. Sedih sekali rasanya. Kenapa tubuh saya tidak merespon obat-obat yang diberikan, dan kenapa telur-telur tersebut tidak mau berkembang padahal gonal f sudah sangat banyak disuntikan.

Sebagai seorang wanita rasanya sedih, kecewa dan marah sekali menghadapi masalah ini, tetapi sebagai anak Tuhan, saya percaya Mujizat masih ada, apa yang tidak mungkin bagi manusia, sangat mungkin bagi Tuhan. Saya tetap mengucap syukur dan yakin bahwa saya akan diberikan baby indah pada waktunya nanti.
God Bless Bunda sekalian.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (3 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...

64 thoughts on “Kenapa telur-telur tersebut tidak mau berkembang – Ernita

  1. Michelle Anugrah

    Ernita, coba minum DHEA (bukan DHA ya). Itu hormon stimulant buat yg sudah menopause. Minum 75 mg sekali minum. Moga2 bisa bantu supaya telurnya responsif. Saya juga telurnya kurang responsif, tapi pas minum DHEA saya bisa dapat 16 telur dalam satu siklus. Tapi kalau sudah 2-3 bulan minum, stop dulu 2 minggu, baru lanjut lagi.

    Selain itu juga bisa minum Evening Primrose Oil secara rutin untuk membantu mengatur kadar hormon di tubuh. Dan banyak2 makan makanan seperti ubi, kacang kedelai, dan tauge. Makanan ini membantu asupan hormon yg dibutuhkan oleh tubuh.

    Good luck, ya!

  2. sweetest

    Teman2 mohon infonya bilamana ada yg sedang/akan program bayi tabung dsingapura bulan agustus/sep mendatang.

    Siapa tahu ada yg bs bbarengan shg bs sharing untuk penginapan/apartment/rummah dsana, shg bs meminimalisasikan biaya dan biar ada teman yg seperjuangan..

    Saya sgt mharapkan informasi dari teman2 sekalian.

    Terima kasih

  3. andri

    Dear Ernita,
    Tetap semangat ya, jangan putus asa. Selama kita tetap yakin dan optimis Allah pasti akan memberikan pertolongan. Tidak ada hal yang tidak mungkin bagi-Nya. Tetap ikhtiar and keep praying ya. Oya, mungkin Ernita bisa coba juga dengan akupunktur. Yang aku tahu, akupunktur bagus untuk melancarkan kerja saraf, termasuk saraf yang penting untuk reproduksi. Goodluck ya ๐Ÿ™‚

  4. lysia

    Hi ernita,
    Salam kenal ya.problem mu kayaknya sama kayak aku,telor kecil”tapi susah besar dikarenakan hormonnya kurang(pco).dr gadis aku klu haid jg 6-12 bln 1x,itupun kdg hrs minum obat dulu supaya haid.aku barusan ikut program bayi tabung di penang dg dr.ng peng hwa,dan Puji Tuhan,kali ini aku sudah positif hamil 5 minggu.kamu asal dari mana?sudah pernah coba bayi tabung blm?menurut pengalamanku dg kondisi spt kita harus ikut bayi tabung,kalau untuk normal ataupun insem kemungkinannya kecil sekali.aku sudah berusaha sktr 6 th untuk hamil normal dg dibantu obat dan suntikan,tp tdk pernah berhasil,smp beratku naik 30 kg kena efek obat hormon,tapi semuanya nihil.aku usulkan kamu coba periksa di dr.ng peng hwa di penang,malaysia.klu kamu ada bb boleh kok add pin bb ku sapa tau aku bisa bantu,pin bb ku 28b91ff6.

  5. Melb

    Hi Ernita,

    Jangan putus asa yah, aku jg wkt suntik gonal f uda 7 hari telurnya banyak tp ukurannya kecil2. lalu aku cari2 informasi ternyata hrs mkn byk protein…akhirnya setiap hari aku mkn telur besar 2 buah setiap pagi, mkn byk daging, ayam, mkn almond dan mnm susu high protein. sampai2 wkt beli di supermarket aku selalu cari yg proteinnya paling tinggi di ingredientsnya. hari ke 10 ukurannya agak besar sedikit tp baru sekitar 15mm. akhirnya hari ke 14 telurku berkembang cepat sekali sampai akhirnya hampir overstimulate krn jumlahnya diatas 20 yg ukurannya besar2 dan bbrp terlalu besar (Over cooked) sekitar 28 & 30mm. Tp karena telurku banyak jd banyak jg yg ukurannya pas sekitar 20mm. puji tuhan skrg aku sudah hamil dan masih ada 9 embrio yg difrozen.
    Protein selain utk merangsang perkembangan telur tp juga membuat kualitas telur kita bagus. Semoga membantu

  6. nelwati

    Yang sabar,ya,mb Ernita, aq di Juli 2011 jg mengalami respon Gonal F yg kurang bagus, direspon dg dosis tinggi sampai 13 hari, pd saat OPU dpt 3 dan semuanya gagal fertilisasi. di bln April 2012 yl, aq program lg dg short protocol, menggunakan Furegon, cukup 7x Furegon, telurku sdh bs di OPU. Aq rajin mkn Alpukat pd saat suntikan stimulasi telur. Smg membantu….

  7. miss gagan

    mba aq jg low respon saat suntikan gonal f dah makan otak kelinci, telor kepiting, tlr salmon, ttp saja tumbuhnya lambat nah aq d kasih tau suster utk banyak minum susu kedelai sama kacang”an toge, rebusan kacang ijo atau bbrnya jg tahu tempe, susu kedelai aq minum 1 lt sampe 1,5 lt sehari ngemil kacang kedelai makan taoge alhamdulilah pas d usg lg dr 6 tle 3 hr kemudian jd 11 tlr coba deh mba dgn catatan mba ga ada kista

  8. mary

    dear mb lysia, salam kenal ya mba. semoga lancar sampai lahiran. gbu. sy PCO juga udah 6 tahun nikahnya. rencana kalau tidak ada halangan bulan depan mau konsul dengan dr eng peh wa. sy dari pekanbaru. kalau boleh tau update biaya di sana sudah berapa ya mba untuk bt. trims.

  9. Nita

    Dear mbak ernita…
    Kayaknya masalah kita sama, haid saya jg gak teratur kadang 4-5bln sekali, waktu masih gadis saya tak terlalu memikirkan hal tsb. tapi setelah menikah selama 2thn saya baru memikirkannya dan berkonsultasi dgn DSOG, waktu itu diagnosanya jg PCO selama beberapa bln minum obat gak ada hasil malah badan tambah gemuk, stres jg mikirnya.
    Tapi saya coba browsing di internet katanya putih telur ayam kampung bisa membuat sel telur lbh bagus kualitasnya, gak ada salahnya saya mencoba selama 2bln, dan ada hasilnya, ternyata saya positif hamil alami, tapi waktu itu saya tdk hanya konsumsi putih telur aja saya barengi jg dgn akupresure.
    Semoga membantu…

  10. Mi'amour

    Hai lysia… Aku juga pengen berobat bayi tabung di penang …. Boleh ngak aku add bbm kmu… Thanks ya….

  11. Tien

    Dear all, Salam kenal semuanya. Saya baru akan mulai program bayi tabung Juni ini dengan dr Ivan. Dari konsultasi terakhir dengan asisten dr Ivan, malah dianjurkan mengurangi konsumsi kacang2an sampai OPU. Trus saya pernah baca juga dari web ini, dokter di Medan juga menganjurkan untuk menghindari susu.

  12. Jena

    Dear sis tien,

    Betul sis sampai opu hindari kacang2an.
    Tapikalau sudsh embrio transfer harus sering konsumsi kacang kedelai atau kacang hijau ya.
    Nanti pasti dikasi tau sama dokter agustinr assistennya dr ivan.

  13. judith

    dear mbak lysia

    selamat ya mbak atas kehamilan nya…saya juga sedang menjalankan program BT dgn dokter NG..kebetulan kmrn LO jg dokter NG.saluran tuba kanan kiri sudah di potong
    minta tips donk mbak makanan apa aja yg bagus untuk kita komsumsi sebelum BT..tq

  14. lysia

    Hi teman”,sorry baru bales sdh 1 minggu ini flek”trus sampe opname 2 malem di rs.jadi baru skrg bisa bales.thanks ya atas doanya supaya sehat selalu sampe lahiran.amin.
    Klu biaya di penang tiap orang lain” tergantung masing”kasus,mgk sekitar 11.000-12.000 rm atau sekitar 35 jt an lah.
    Klu aku dulu waktu stimulasi cuma minum susu kedelai,kacang hijau,ama telur kepiting aja.yg lain makan spt biasa kok.
    Teman” yg mau add pin bb ku boleh kok,aku akan jawab apa yg aku bisa bantu.

  15. Haryanti

    mbak lysia ap kabar,salam kenal aja deh, mbak lysia,ak mautnya ni,bagusnya dmana y kalo ikut BT,minta solusinya dong mbak? ak tungu ya,

  16. nurul

    wah kasusx sm kyk kasus sy dl.tlur ttp bntat mskpn udah d ksh hormon.pnybbx krn gula drh agak tinggi.akhirx trapi obt gula sm akupuntr alhmdllh telurx bs gd juga.sy dl trapi d klinik yasmin..

  17. Ting2

    Dear all,

    Aku baru aja jalanin prog bayi tabung di penang dng dr ng peng wah. Sayang sekali saat opu hanya didapat 1 telur yg matang dan kualitasnya buruk shg tidak bisa dilanjutkan ke tahap embro transfer. Selama proses penyuntikan padahal saya sudah makan putih telur ayam kampung 3 buah tiiap hari, toge, telur kepitng sampai 6 ekor, susu kedelai. Memang saat cek darah diawal hormon fsh saya mencapai 9 dan dokter bilang kondisi ini kurang bagus. Apakah teman2 ada saran? Thanks

  18. wenny

    alo smuanya.aku juga di vonis pco.selama gadis hingga skrg tidak pernah haid teratur,sedih sekali .alhasil setelah menikah 4thn, dan pernah insem jg gagal.rencana mau ebrobat ke dr ng mengikuti program bayi tabung.

  19. elsa

    Hi semua… aku n suami juga memutuskan untuk BT dengan dokter Ng bulan depan. Karena sudah hampir satu tahun ke dokter tapi jalan di tempat. Telur ku juga ga ada perkembangan. Untuk teman2 semua, semangat ya. Pasti ada pelangi sehabis hujan.

    Klo ada yg ke dokter Ng, sampai bertemu di sana. ๐Ÿ™‚

  20. Ing Yen

    Hai Elsa…salam kenal ya. Aku ing yen. Ada rencana juga ke Penang bulan ini hanya masih bingung kapan waktu yang tepak mestinya kita ke sana. Mungkin mau coba Insem dulu di Lam Wah Ee. Bagi” infonya ya kalau sudah berangkat duluan. Nginap di mana selama di sana dan berapa biaya ny Insem dan BT. Trima kasih ya. Ini email ku : xiauying78@yahoo.com

  21. retnoarum

    saalam kenal semuanya…saya juga teridentifikasi sel telurnya tidak bisa berkembang. dateng bulan yg juga jarang2…setelah ke dokter trus sama dokter saya dikasih obat metformin/glucopage…kata dokter walaupun itu obat diabetes tapi juga bisa untuk hormon.

    sudah 4 bulan ini aku coba obati…baru 2 kali periksa sel telurnya juga hasilnya sama…kecil-kecil dan tidak ada yang matang.
    ada yang menyarankan saya pergi ke klinik yasmin di RSCM ada juga yg bilang rumahsakit bunda juga bagus. entahlah…saat ini baru ikhtiar ini yang bisa saya dan suami lakukan.

    saya berharap semoga kelak Tuhan akan memberi kesempatan saya dan suami untuk memberi kami momongan.

    saya senang sekali…bisa menemukan web ini. banyak ilmu yang saya dapatkan dan juga menguatkan hati saya karena saya tidak sendiri…dan bisa merasakan sama-sama bagaimaaana caranya untuk bisa memperoleh keturunan

  22. emy

    dear all’
    kasus teman teman mirip denganku.sekarang lagi mau suntik gonal f.sebelumx sudah minum obat tuk perkebangan telur tp ga ada perubahan,makax dokter anjurkan suntikan gonal f,moga berhasil insyaAllah Amin…makanan yg bagus dikonsumsi biar sel telur membesar apa yach?

  23. Putri

    Saya juga berniat ke dr ng di LWEhospital sm suami.. Dear lysia apa ada rma yg bisa dihubungi? Kebetulan saya ngga pake bb..

  24. imelda

    Halo, saya Imelda.
    Menurut sepengetahuan saya yang saya baca di laman2 google bhs ingg
    Kacang2an, termasuk susu soya, mengandung fitoestrogen (kalo ga salah ingat ;p hehe)
    yang pasti kacang2an meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh, dimana juga menjadikan menekan hormon yg membesarkan telur.
    jadi mungkin bagi dr.ivan pasien BT dilarang mengkonsumsi kacang2an sampai dengan opu, karena hal tersebut.

    namun, bagi pasien2 dr.ng di penang,
    ramai mengkonsumsi susu soya (selain memang susu soya berprotein)
    itu untuk menekan ohss (ovarium hyper stimulating syndrome) menurut saya ๐Ÿ™‚
    karena pasien bt digenjot hormon2, maka perut akan bergas / kembung, apalagi bila sudah menghasilkan telur banyak di ovariumnya
    dan gas2 tersebut akan menekan perut, kmd ohss.
    bila parah, harus segera ke ugd / dioperasi (gas dikeluarkan)

    nah, susu soya tsb menetralkan gas di perut kita akibat hasil dari telur2 yg diproduksi oleh tubuh kita.

    begitu menurut saya, hehehe ๐Ÿ™‚

    semoga ulasan saya ini, bisa sedikit membantu rekan2 yg memperbincangan di atas
    (yg sy baca di halaman2 atas2).
    terimakasih ๐Ÿ˜€

  25. imelda

    Kl aq sendiri waktu di Penang, susu soya tetap aq minum
    pernah 1 hari gak minum, malam2nya aq sangat kesakitan
    dari posisi tidur, gak bisa bangun & itu terjadi sekitar jam 2pg)

    perutnya ditekuk 5cm aja sakitnya luar biasa,
    mau tekuk kanan-kiri-atas, semua sakit
    mau bangun susah

    mana perut waktu dilihat suami, membesar dan keras
    dan mungkin jg kandung kemih nya tertekan oleh gas tsb
    sehingga perasaan campur aduk
    sangat ingin pipis, tp gak bisa bangun

    akhirnya perjuangan sekitar 1jam, bisa bangun – dan pipis.

    tapi saat itu belum sadar, kl itu ohss

    tidur lagi, 2 jam kmd, pingin pipis lagi
    karena ruang kandung kemih kita sempit, tertekan gas
    sehingga sangat tidak kuat menahan kencing

    mau bangun, kesakitan lagi
    dan perjuangan bangun membutuhkan waktu 1 jam lg

    pada saat itu, saya sadar bahwa sy terkena ohss

    setelah sy kencing, sy lgs minta suami dibuatkan susu soya hangat
    setelah minum,langsung saya bersendawa keras, dan sendawa nya panjang sekali
    langsung perut kempes, pokoknya lebih enakan
    dan saya tidur lg, paginya bangun perut tidak sakit

    karena pagi itu juga jadwal bertemu Dr Ng.
    setelah di USG telur sy ternyata 40-50 butir di ovarium kanan-kiri sy

    olala, pantas malamnya sy sangat kesakitan

    karena suami takut kejadian ohss terulang lg,
    setiap 2jam, sy pasti disuruh minum susu soya terus,
    sampai menjelang tidur, hehehe

  26. imelda

    Saya baca di google laman bhs ingg
    hormon yg memperbesar telur kita namanya hormon FSH

    Nah, makanan yg mendukung hormon tsb ad:
    Flax Seed Oil (murah di Penang banyak, beli di apotek dekat di RS LWE bisa, kan apoteknya ada 2, kita bandingkan aja, mana yg lebih murah)

    Kl EPO (Evening Primrose Oil) juga sepertinya bagus,
    tapi menurut sy jauh lebih bagus yg FSO
    karena takutnya EPO bisa meningkatkan estrogen
    mending yg FSO aja

    Kmd kl buah:
    Jeruk dan anggur ungu

    Selain itu bisa juga mengkonsumsi:
    Transfer Factor for Life / TF
    yg tutup botolnya biru muda
    1botol=5oo rb rp
    (seandainya tertarik, cari sendiri di internet, banyak yg jual, itu mlm)

    TF itu isinya isolat protein kuning telur
    & isolat protein susu
    tanpa mengandung kolesterol

    ada teman sy, irene didiagnosis telurnya sudah mau habis
    dia genjot dgn TF, keluar telurnya

    kemarin waktu sy program BT, sy juga konsumsi itu (TF)
    dosis: 1 hari 2 kapsul @1

    karena sedang BT, sy makan 1 hari 3x1kapsul

    tapi setelah telur di usg 40-50butir, sy hentikan TF nya
    entah ini ada hubungannya secara lansung dgn TF / tidak, say tak tau
    yang pasti telor sy mjd 40-50 butir, saya berpendapat, ini PASTI jalan Tuhan
    Tuhan yg buat ini unt sy
    (bukan Dr, bukan pula TF)

    kmd 1apartment dgn sy, Cik Tuti telornya cuma 6/7 gitu
    sisa TF (msh agak banyak) sy kasihkan dia
    kemudian selang berapa hari telurnya jd 13

    ya ga tau juga, entah TF nya
    / hormon2 yg disuntikkan Dr nya

    yg pasti TF hanya ditulis: untuk meningkat sistem imun tubuh kita sd 200%
    dah itu aja

    ya semoga informasi ini sedikit membantu teman2 ๐Ÿ™‚

  27. imelda

    Saya baca di google laman bhs ingg
    hormon yg memperbesar telur kita namanya hormon FSH

    Nah, makanan yg mendukung hormon tsb ad:
    Flax Seed Oil (murah di Penang banyak, beli di apotek dekat di RS LWE bisa, kan apoteknya ada 2, kita bandingkan aja, mana yg lebih murah)

    Kl EPO (Evening Primrose Oil) juga sepertinya bagus,
    tapi menurut sy jauh lebih bagus yg FSO
    karena takutnya EPO bisa meningkatkan estrogen
    mending yg FSO aja

    Kmd kl buah:
    Jeruk dan anggur ungu

    Selain itu bisa juga mengkonsumsi:
    Transfer Factor for Life / TF
    yg tutup botolnya biru muda
    1botol=5oo rb rp
    (seandainya tertarik, cari sendiri di internet, banyak yg jual, itu mlm)

    TF itu isinya isolat protein kuning telur
    & isolat protein susu
    tanpa mengandung kolesterol

    ada teman sy, irene didiagnosis telurnya sudah mau habis
    dia genjot dgn TF, keluar telurnya

    kemarin waktu sy program BT, sy juga konsumsi itu (TF)
    dosis: 1 hari 2 kapsul @1

    karena sedang BT, sy makan 1 hari 3x1kapsul

    tapi setelah telur di usg 40-50butir, sy hentikan TF nya
    entah ini ada hubungannya secara lansung dgn TF / tidak, say tak tau
    yang pasti telor sy mjd 40-50 butir, saya berpendapat, ini PASTI jalan Tuhan
    Tuhan yg buat ini unt sy
    (bukan Dr, bukan pula TF)

    kmd 1apartment dgn sy, Cik Tuti telornya cuma 6/7 gitu
    sisa TF (msh agak banyak) sy kasihkan dia
    kemudian selang berapa hari telurnya jd 13

    ya ga tau juga, entah TF nya
    / hormon2 yg disuntikkan Dr nya

    yg pasti TF hanya ditulis: untuk meningkat sistem imun tubuh kita sd 200%
    dah itu aja

    ya semoga informasi ini sedikit membantu teman2 :).

  28. imelda

    Dear rekan2,

    bagi siapapun yg membutuhkan suplemen unt membantu=
    kasus pco (bagi cewek)

    sperma kurang bergerak (bg cowok)
    itu sperma lgs geraknya meningkat 85%
    tp kurang membantu signifikan unt morfologinya (bentuk)…

    membantu mukus vagina kita, unt membantu pergerakan sperma suami (unt ce)

    aq ada banyak sisa obat – masih baru,
    dulu aq beli 1botol 500rb
    bg siapapun yg merasa membutuhkan
    rekan2 bisa email aq di= imelda.gunadi@yahoo.com
    aq kirim gratis, cm bayar ongkirnya aja
    obatnya belum exp, masih segel semua
    timbang mubazir, ga pernah dikonsumsi lg…

    jadi bagi siapapun yg mau=
    fertilaid for men (unt membantu sperma)
    fertilaid for women (unt kasus pco)
    fertil CM (unt mukus vagina kita, membantu pergerakan sperma)

    keterangan bisa cari sendiri di internet

    bisa email aq.
    terimakasih.

  29. imelda

    Sekedar informasi
    kemarin stok saya sudah diminta orang
    3FFW, 2FCM & 1FFM

    dan sisa stok saya tinggal=
    2FFW, 1FCM & 1FFM

    Terimakasih.
    Setelah stok saya ini habis, sy sudah tidak bisa membantu lagi.
    Terimakasih.

  30. imelda

    Dear All,
    Semua supplemen fertilaid saya sudah habis

    baik yg unt women, men & CM
    semua habis.

    maaf, kl sudah tidak bisa membantu lg
    krn dulu thn 2010 sy titip dgn saudara sy yg di amrik
    sekarang saudara sy tsb sudah tidak di amrik.

    Terimakasih.

  31. shally

    Hi Putri dan Ing Yen..

    Saya jg ada rncn mau prgm BT lg yg kedua sm dr. Ng. Tgl 25 maret aku dijadwalkan utk kontrol. Smoga kita bisa ketemuan disana ya.. aku minta no hp atau pin bb kalian ya, emailku : shallyaulia@yahoo.com.
    Buat temen2 semua, smoga apa yg diharapkan bs terkabul dan berhasil yaa…

  32. dedek

    @shally,mudah2 ?????????????????????? ????????? ?? ?? ????????
    Semoga semua di mudahkan sama Allah
    Ini pin dd 282C5719

  33. imelda

    Dear Friends,
    saya ada sedikit info.
    Siapa yg berminat bisa email sy: di imelda.gunadi@yahoo.com
    tanpa bermaksud ingin sok menggurui, hanya ingin membantu

    di artikel tsb:
    sy mengumpulkan ttg berbagai hal,
    ttg asupan makanan apa yg bagus unt kualitas telor
    asupan makanan unt perkembangan telor
    asupan makanan apa yg bagus unt perlengketan embrio di rahim
    dan obat apa yg dilarang saat kita hamil
    dsb

    teman2 bisa diprint, dan dibaca 1 per 1

    Sy membuat di kertas Folio / F4
    di print nya jangan di A4, nanti patah2โ€ฆ ๐Ÿ™‚

    Terimakasih

  34. Ana

    Teman2 apakah ada yg punya pengalaman BT jacob disammari? Ditunggu sharingnya ya, thanks salam kenal semua saya Ana

  35. imelda

    Dear all,
    artikel “sekilas info sy”
    sudah mencapai editan terakhir
    bahkan lengkap sd kosmetik yg dilarang ibu hamil
    dan kiat mencegah ohss
    total 80 halaman

    bila yg waktu lalu, sudah pernah ada yg minta
    dan sekarang ingin yg versi editan terakhir dr sy
    mohon email ke sy lagi
    dan akan sy kirim lg, editan yg terakhir dr saya.

    Terimakasih.
    Semoga info tsb bisa sedikit membantu teman2
    SEMANGAT !!!!!!!!!!!!!!!!!

  36. imelda

    Dear All, saya ada perbaikan artikel lg yg lebih mendalam
    total 100halaman
    lebih saya korek ttg makanan pendukung perlengketan embrio ke rahim
    pagi ini jam 7, sdh sy email2kan ke teman2 yg pernah minta artikel ke sy sebelumnya
    bila ada yg masih belum dapat email artikel tsb, dan merasa tertarik, silahkan email sy di:
    imelda.gunadi@yahoo.com
    Terimakasaih
    Maaf bila bolak-balik, karena ide2 tulisan tsb muncul secara bertahap.

  37. Annie

    Dear Melb : susu high protein nya apa yg diminum ? katanya L-Men yg disarankan. Efek gak ya ke pertumbuhan telur ?

    Dear Nita : mba mknnya brp butir putih / hari nya ?

  38. lysia

    Hi teman”,sdh lama absen hari ini saya muncul lagi,krn kemarin sempat mengalami hal yg sangat menyedihkan.pada waktu kehamilanku 5 bl tiba”jalan lahirku terbuka sempurna,dan my twins lahir prematur mereka tidak bertahan karena paru” dan organ dalam belum sempurna,meskipun secara fisik sdh sempurna,dan mereka sehat banget,tiap kali di usg tdk ada mslh.tapi sayang servikku lemah dan mungkin jg aku kecapaian.Penyesalan pertama dlm hidupku adalah kehilangan mereka,yg selama 10 th aku dambakan.bbrp bln kemarin aku down dan depresi berat,tapi untung aku mempunyai suami yg pengertian yg selalu support aku dan jg ada dr.Ng Peng Hwa yg menyadarkan aku,akhirnya stlh menguatkan hati selama 6 bl,hari ini aku sdh bisa melakukan thaw cycle dan dan 4 embrio hari ini ditanam dalam rahimku.Semoga kali ini aku berhasil hamil dan melahirkan anak”yg sehat,sempurna,selamat.
    Mari teman”seperjuangan tetap semangat,jangan putus asa,jangan buang waktu sia”dg kesedihan yg berlarut”.
    “Kita harus berusaha selama kita mampu,sehingga tdk ada penyesalan di kemudian hari”.
    JIAYOUUU…..mari kita berjuang demi buah hati kita.

  39. rina

    hai mbak lysia..baca tulisan mbakjd buat saya semangat menjalani BT ini, s
    kiranya TUHAN membuka jalan selebarnya bagi proses BT sampai dengan keberhasilan dan melahirkan nanti.. AMIN

  40. lysia

    Hi prennzzz,apa kabar?
    Aku skrg sdh hamil tunggal dg umur kehamilanku 9w,semoga kali ini lancar semuanya sampe lahiran.Amin.
    Ayo teman” yg lg berjuang tetap semangat ya.

  41. Inne

    Salam Kenal smuanya, sy inne. Punya masalah jg sm telor neh. Tp klo kondisiku krn hormon FSH tinggi. Jd telor kecil2 td bs membesar. Tdk bs matang. Jdnya jarang mens deh. Malah jarang banget. Klo kasusku ini apa term asus pco jg ya. Tolong dong sharing2. Tengkyuu responnya

  42. imelda

    Dear Inne,

    perkenalkan sy Imelda – dan sy juga PCO
    apakah Inne sudah pernah test hormon pada saat hari mens ke-2 / 3 ?

    kl Inne mau berdiskusi,
    bisa email ke sy di: imelda.gunadi@yahoo.com
    /langsung di forum ini, terserah.

    dan mohon diinfokan hasil hormon nya jg
    coba, sapa tau sy bisa mengartikan

    Terimakasih.

  43. imelda

    Dear Friends,
    saya ada sedikit info.
    Siapa yg berminat bisa email sy di: imelda.gunadi@yahoo.com
    tanpa bermaksud ingin sok menggurui, hanya ingin membantu

    di artikel tsb:
    sy mengumpulkan ttg berbagai hal,
    ttg asupan makanan apa yg bagus unt kualitas telor
    asupan makanan unt perkembangan telor
    asupan makanan apa yg bagus unt perlengketan embrio di rahim
    dan obat apa yg dilarang saat kita hamil
    dsb

    teman2 bisa diprint, dan dibaca 1 per 1

    Sy membuat di kertas Folio / F4
    di print nya jangan di A4, nanti patah2โ€ฆ ๐Ÿ™‚

    Terimakasih

  44. Juli

    Hie semuanya…. Sy baru pertama kali mengikuti BT sama dr. Ng. Jadwal mens saya tgl 1juni, step pertama 20 juni ketemu dktr unk cek darah, sperm n usg. Sy tdk perlu menunggu hasilny sampai dng bln juli disrh dtg lg dan dijelaskan hasilny. Nah sy diksh obt suntik SF 20 unit unk dibw plg ke indo, start suntik SF jumat 21juni (1mingguan seblm haid) dng jam yg sama setiap harinya. Sy jg alergi sama kapas alkoholny, terasa gatel n bintik2 memerah, tp akan hilang bbrp jam setelah penyutikan. Susny sih blg gpp, jd ttp lanjut. Ada tmn yg sama ga y mulai programny sperti sy, soalny rata2 org start nyuntikny pada masa haid. Tolong share donkkkk setelah ini apalg kelanjutanny y, apakah dtg ke2xnya kesana sdh long stay? Terima kasih.

  45. imelda

    Dear Juli
    tak perlu khawatir
    sptnya km ikut yg long protocol (bila mens km rutin normal)

    km akan suntik sendiri suprefact, hingga mens km jatuh di periode berikutnya,
    yakni berkisar 1 Juli.

    nah pd saat mens datang, km telp klinik Dr Ng
    dan akan disuruh terbang secepatnya.
    bila km berani, km pesan tiket pesawat dulu 1 juli, bila mens km tdk datang lebih cepat, hehe
    nah biasanya km gmn mens nya?

    katakanlah 2 juli km ktm Dr Ng
    sptnya akan dicek hormon estradiol
    kmd km akan diberi obat suntik unt 1 mgu lg

    katakanlah km kembali lg ke Ng tgl 9Juli
    diulang lg, diberi obat suntik 1 mgu lg

    nah yg mulai start 15 / 16 Juli ini, kamu musti stay di penang, uda ga bisa ke indo lg
    kayaknya (soalnya aq dulu short protocol)

    coba sapa tau ada narasumber lain, hehe

    mulai start 15 juli tsb, km akan induksi pembesaran telor, hingga maks 14hari
    kmd petik telor
    3hari kmd embrio transfer

    smg info ini berkenan dan betul juga, hehe
    sbb sy ga pernah ikut long protocol ๐Ÿ™‚

  46. aniza

    Dear Juli,
    Mungkin kita kemaren ketemu yach di dr Ng coz saya juga ada disana pada tanggal itu, dan kebetulannya jg sy suntik suprefact pertama ya tanggal 21 juni, Jumat, btw km disuntik pertama kali apa sm nursenya? jam berapa? (hee siapatau ngeliat), kalo sy kebetulan hari jumat itu mens hari ke-3.
    Setelah dr Ng USG beliau merekomendasikan ambil darah untuk cek hormon LH, FSH, Estrogen, Proklatin dan AMH (Kalo gak salah agak2 lupa) yg sy heran hasil tes belum keluar dr Ng sudah memutuskan untuk mulai suntik SF pertama sampe tgl 07 juli (berarti 17 kali suntik)dan tgl 08 Juli sy harus ketemu dr Ng(kmren itu pertama kali sy konsul ke dr Ng)

    @imelda
    kalo sprti sy ini masuknya ke yg apa? long ato short ya?
    apa mungkin dr Ng mempertimbangkan siklus mens-ku yg ga teratur (siklus panjang sampe 50-70 hari) jd lngsung menetapkan sekali ketemu itu lngsung suntik suprefact?

    sebenrnya suntik suprefact itu apa harus disuntikkan pas mens hari ke-3 sprti sy ato enggak jg ya sprti pengalamn Juli?

    Terima kasih.

  47. Juli

    deal imelda,
    hie hie…soli br liat email. sy br dapet mens ni sore ini, sy telpon ke rs tapi sdh tutup dan diminta tlp kembali bsk (minggu) ke bagian ivf.
    perlu beli tiket dulu ga y??? bingung dahhh….
    Kalau bsk tlp n disrh brangkat, trs senin sy brangkat lalu ketemu dktrny hr ke 4 (selasa) donk y…. ga tepat mens ke 2 ato 3 jdny.

    kali ini berangkat berarti langsung stay disana y? qt plg tuh sampai hasil cek darah y? kalau lbh dr sebln, qt perpanjang visany susah ga y? mesti siapin brp RM n surat2 apa aja??

    hie Aniza,
    oww…kamu jg ketemu dr 20 juni y. sy yg no 2 itu loh hahahhaa….
    sy suntik sendiri jumat 21 juni malam jam pen 10.30 (jkt 9.30) dihotel dan selebihnya bw plg. sy jg disrh suntik seblum mengetahui hasil test darah n sperm. sy ada tny susny apa bs BT kalo hasil darah ada yg kurang bgs, ktny gpp. ya sdh sy jalanin aja. ni sy lg bingung kena mens hr sabtu sore n da pd tutup.
    Aniza langsung stay disana ato plg dl? btw, lu dr indo mana? sy jkt.

    @imelda, Aniza n tmn2 yg laen bs add bb sy (23BAAA79). mana tau qt bs ketemuan disana hehehehe… gut luck bt qt semua ya…

    Congratzzz bt yg sdh berhasil. smg yg lg program ato ga program bs nyusul jg ;p Jia Yo

  48. imelda

    Dear Juli,
    tadi km telp RS jam berapa?
    km telp RS / klinik nya Dr Ng langsung?

    Kl sy dulu, telp kliniknya Dr Ng langsung.
    Bukan RS nya.
    Dan karena Dr Ng praktek nya sampai sore2, kadang msh ada yg mengangkat.

    Apakah km jg sdh email Ms. Low
    kadang jg dia balasnya cepat, bila memang benar2 penting.

    Dia tau semua alur cerita km musti gimana.

    Kl aq pribadi, berani pesan ticket dulu.
    Tapi ga tau ya kl salah…
    Sbb biasanya mens ktm Dr!

    Lgpula km ktm Ng, cuma ambil suprefact lg
    belum suntik apa2…
    cuma nentukan dosis suprfact berikutnya, pd saat km mens…
    (kayaknya, hehe…)

    Kl Sabtu besok, km pingin mastiin lg
    ya cari ticket nya yg hari Minggu / Senin sepagi2nya.

    Dulu saya jg spt itu
    dan klinik Dr Ng mau menunggu sy, misal di Senin sore
    mereka akan tunggu km, dengan batas maks jam 18.00 penang.

    Bila km mendarat sampai Penang
    dan masih keturutan unt sampai RS maks jam 18.00
    km msh bs ktm Dr Ng

    lagipula kl km tunggu di mens periode berikutnya
    sama aja suprefact km kehabisan
    toh km musti kembali lg ke Ng unt ambikl suntikan lg hingga bulan agustus
    ya buang2 waktu yaa, aq rasa…

    ya begitulah perjuangan BT di Penang
    serba dadak, dan deg2an (karena posisi Dr nya jauh)
    jd imbasnya selalu ticket nya mahal, krn dadak.
    tp kl km sungguh2, pasti berbuah manis ๐Ÿ™‚

  49. imelda

    Tentang perpanjangan visa
    bgt km masuk penang, akan ditok cap oleh petugas imigrasi penang, bahwa km boleh berada di penang dalam batas 30hari saja.

    km hitung, kpn habis nya
    dan sesuaikan dgn kebutuhan km di penang.

    ada 2cara:
    lewat kerajaan penang, dan harus bawa surat sakti dr Dr Ng
    (km minta jelas ke Ng, km aja/ ada jg yg nemani km!)
    di tok, kamu dan yg menemani km,
    unt boleh perpanjang 30hr lagi.
    prosesnya pagi sampai sore jam 18.00 kayaknya
    katanya si pada capek… dan membosankan!
    capek duduk, nungguin lama……………
    dan bisa di tok, h-3 hari sebelum batas km habis!

    cara ke-2
    km pergi ha tai, di thailand
    tp bolehnya pergi ke ha tai, maks minggu ke-3
    / maks 1minggu sebelum visa km habis

    bila km pergi ke hatai minggu ke-4
    km akan bisa dipersulit/ditolak di perbatasan malaysia-thailand nya…

    biaya hatai, pp1hari berangkat pagi jam5 pulang jam 22
    naik mobil travel
    lebih murah drpd urus ke kerajaaan

    jd sekali lg km musti pikirkan mau lewat cara yg mana
    kl km uda ET, ya musti ke kerajaan
    tp bila beberapa hari sebelum opu, ya ke hatai
    mknya musti dipikir matang2
    km hitung semua jatuh waktunya, semuanya!

    saran sy jangan dekat2 waktu opu
    hampir 90% setelah opu, dan mdkti et, para ibu2 pd jatuh sakit semua
    mgkn karena ovarium kita luka, habis dipetik-i telurnya
    jd ada luka di dalam
    shg pd jatuh sakit, krn badan lemah

    bl pd saat et, km jatuh sakit, terutama demam
    juga bisa peluang besar: gagal

    cara ke ha tai / kerajaan
    tanya bos apartment km di penang
    semua tau caranya

  50. imelda

    yg jangan dekat2 opu,
    maksud sy – bila km mau ke hatai

    ya semoga berhasil!!!
    SEMANGAT!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!

  51. Juli

    Dear imelda,
    Alohaaaa…. Td pagi saya telpon ke rsnya, kt missny tgl 6 juni ketemu dokter (cek darah, telor n ambil obat suntik lg) dan tgl 7 bole plg sampai ketemu seminggu lg jatuhny tgl 13juni. Tapi tgl tersebut holiday jdny dktr akan bertemu sekitar tgl 11 juni atau 15juni. Jd sy memutuskan unk stay disana aja tkt dadakan.
    Ohhhh begitu y…. Kl begitu perpanjangny sebelum petik telor deh… Hehehe mudah2an lancar n ga ada halangan. Minta doa tmn2 y…
    Sy dan aniza ada kontek2 jg ga beda2 jauh tuh BTny hahaha bs ketemuan nih…
    Thx y infony. Nanti sy update lg proses BT sy yg selanjutny. Hehehehe

  52. Juli

    Hie frenzzzz….sy sdh kembali ke jkt pd tgl 23 juli 2013. Sy mau crt ttg proses sy selama disana.

    Saya tgl 2 mlm dimedan pernaga dan seterusny dimewah court. Hrg per kmr 50rm unk kmr mandi dlm n 40rm kmr mandi luar. Kongsi yeyyy frenzzz hahahha
    Sy byr Rm. 1000 unk biaya kmr n taxi pp airport. Kl mkn2 n jln2 ga ngitung hahahah… Enjoy aja frenzzz kl sdh disana hahahahahaha…jgn stress n bnyk piikir itu saran dr tmn2 qt yg sdh bayi tabung.
    Ketemu anizza n yg laen jg tuh hahahaha… Jd bnyk tmn lohhhhh…. ;p

    Pd tgl 6 juli sy disrh cek darah hormon rm. 32 dan penyuntikan obat sf sy diturunkan menjadi 15 iu dr 40 iu sampai tgl 19juli.
    Penyuntikan gonal dimulai dr tgl 10 juli – 14 juli ( 4kotak) per suntikan 450 iu hrgny rm.2,078.80 sdh plus jarum suntik orange unk sf 8 bj. Lalu ketemu dokter tgl 15 juli dan telurku dinyatakan ada 3 ( diindung sebelah kanan 2bj dan kiri 1bj). Dokter kecewa karna sdh mengharapkan indung telurku yg sebelah kiri itu memproduksi lbh bnyk dr sebelah kanan yg sdh pernh dia operasi karna kista darah setahun yg lalu. Telorku yg 2bj lbh bgs dr pd yg 1 bj kt beliau.

    Lalu sy diksih tambahan obat suntik, yaitu menopur selama 3 hr (15 juli- 17 juli) @75iu. dan gonal 2 kotak lg unk 3 hr jg (15 juli – 17 juli) tp dosis diturunkan menjadi (375 iu). Total hrgny Rm.1,335.80.

    Ketemu dokter lg tgl 18 juli dan telorku dinyatakan tetap 3, tdk bertambah tapi malah berkurang. Ternyata yg 2 telorku sebelah kanan tdk berkembang, malah yg disebelah kiri berkembang. Nah, sy diksh suntik tambahan menopur 2x 75iu dan gonal 2x 375 iu unk 18 dan 19 juli. Total rm. 747.20. Trs 1 lg obat ovidrel ato apa y yg disuntik hrs tepat wkt disuntik tgl 20 juli Rm.118.60. Tgl 21 libur suntikny hehehehehe….

    Lalu dokter menyarankan sy insem pd tgl 22 juli Rm.578.60 (biaya insem n proses sperma). Karna chanceny bayi tabung sngt kecil n tipis. Tkt telor hny 1 tanpa isi, dr pd buang2 duit bnyk kt dktrny. Dia brani menyarankan inseminasi karna saluran ku tdk mampet n sperma suamiku normal n bgs. Jd dia tdk menyarankan bayi tabung unk tahap skrg. Setelah insem qt tebus obat yg biasa dinamai sama tmn2 tuh obat peluru hahahaha tuh obat dimasukin ke dlm vagina. Sy tebus 2 kotak. Total hrg yg diatas sdh termasuk obatny.
    kalau skrg gagal, dokter srh istirht sekitar 1 ato 2 bln br lanjut bayi tabung lg dng cara yg berbeda. Jd sy menunggu hasil dr insem sy sekitar 3 minggu.

    Oh y….ini insem ke 3 ku tp unk pertama dng dr. Ng. Sebelumnya sy 2x dng dr. Andi hudono dijwcc tp gagal. Wkt dng andi sy ada kista darah tp tdk diksh tau tuh…. Parahhhh…. Setelah 2x insem, mertua menyarankan sy ke penang coba dicek sama dr. Ng dan medical cek-up sekalian. Rupanya baru saja sekali dicek ktny ada kista, disrh balik lagi sebln unk memastikan apakah itu cangkang telor ato kista. Lalu sy plg ke indo n cek lg sama andi, karna kami sdh program selama -+8bln Koq sdh sering cek dlm tp ga perh diksh tau. Lalu kami tny ada kista ato ngga. Sampai 3x ditny br dijwb dng ketus dan kaget sambil dorong hasil usg dr penang “tuh kamu sdh liat kan hasilny”. Setelah itu andi Blg cb insem lg yg ke 3 “saya harus buat kamu hamil”. Bt hamil spy kistaku ilang. Pdhal Sy dr awal kan tujuan ketemu dktr memang unk hamil Hahahha bingung deh……
    Setelah itu sy memutuskan unk tdk kesana lg.

    Sebln kemudian sy ke penang lg, ternyata itu kista darah. Dan dktr tdk mau melakukan bayi tab kl kistany tdk dibuang karna sangat mengganggu dan susah hamil. Kt dktrny bukan sy ga mau uang, tp itu tdk akan berhasil. Lalu Saya memutuskan unk dioperasi laser keesokan hrny.
    Setelah dilaser, sy diksh obt hormon 3 bln diminum pd saat hr ke 2 ato 3 haid. Tp tdk berhasil. Dan sekitar stengh taon lbh sy cb olahrg jalan. Nah tepat setaon dr dilaser.br deh memutuskan bayi tabung. Begitulah crt ttg kistanya hahahahhaa… Koq jd panjang ya….

    Saya ikut saran dokter ng aja unk insem, semua tergantung yg diatas. Saya ikuti alur jlnny aja n Sy percaya dokter ng sdh berusaha, dan sy akan terus berdoa dan berusaha jg. Gambateeeeee……. Begitu jg dng temen2 terus semangatttttt yaaaaa……Dan saling mendoakan… ๐Ÿ˜‰ mudah2an pengalamanku berguna unk tmn2ku ya… Biar ada gambaran hehehe….

    Kalo ada nasehat bt telor sy menjadi lbh bermutu n bnyk tolong emailin ke sy ya… Ke cenling123@yahoo.com. Tengkiuuuuuuuu…muahhhh…
    Tq ya bt tmn2 yg sdh membantu sy ๐Ÿ˜‰

    Selamat jg bt tmn2 yg sdh berhasil dan housemtes ku umur 47 thn dan 41 thn dinyatakan +ve. Lancar n sehat slalu bt semua…. ๐Ÿ˜‰ mAaf y kl ada kata2 ku yg salah n menyinggung.

    Sdh mlm nih…. Skrg wktny ngobrl sama misua hahahahaha…. Kpn2 sy lanjut crt ttg jalan2 sy dng transportasi yg murah.
    Gud niteee…. Muahhhhhhhh….

  53. pienk

    Hai imelda aku mau tanya fertilaid kamu selama program BT dikonsumsi bareng sama TF ato gmn? Bagi info donk, bingung menentukan suplemen yang pas buat program BT ke 2
    Tq

  54. imelda

    Alasan km apa dulu? Apa kesulitan km saat bt-1 ? kalau telur kamu sulit keluar / sulit dipacu, bisa dibantu dengan tf. Tp ingat tf bs membantu km mengeluarkan bnyk telur, tp tidak meningkatkan kw telur. Tf mulai diminum, pd saat km mulai suntik pacu telur, spt gonal/puregon.
    Biasanya orang yg mudah keluar telurnya, kw bisa kurang. Tp yg sulit keluarnya (spt pco) kw telur msh bagus, krn stok telur dlm indung telur msh bnyk.
    Tp semua perkara jangan dipukul rata, bg yg sdh berumur. Kdg bermasalah di stok telur, jg kw.

  55. imelda

    Susu soya dan putih telur, mungkin bisa bantu km dlm kw telur. Tp ingat kl kesulitn km, telur sulit dipacu. Jgn km konsumsi 2hal itu, sbb telur smkn sulit keluar. Jadi segala tindakan km, km pas kan dgn apa problem km.

  56. pienk

    Thank’s imelda
    Masalahku dicadangan telur yg sedikit dan mgkin kualitas jg tdk terlalu bagus, aku butuh utk meningkatkan kualitas telur jg memunculkan telur, sbnernya g harus byk telur 5telur yg berkualitas n mampu mjd embrio exelent bagi aku itu udah lebih dr cukup. Krna BT sebelumnya ak dapat 4telur yg berhasil mjd embrio 1 grade good. Embrioku yg 1 itu tidak berhasil menempel

  57. Torinia

    Hallo semua….
    Kmrn aku baru ‘dipulangkan’ oleh Dr.Ng…
    Pdhal sdh kepedean stay di penang sejak suntik gonal f.
    Aku ikut yg long protocol
    Mens ku tidak teratur dan aku PCO
    Mau nanya suplemen apa yg harus aku minum ya supaya telur ku berkembang…
    Coz 2 atau 3 bulan ini disuruh istirahat dl klau mau ngulang lagi…
    Butuh banget infonya…
    Thanks

  58. Ing Yen

    Hai Torinia, salam kenal ya aku Ing Yen yang sdh promil BT dg dokter Ng juga di tahun 2012. Sejak keberhasilan ku BT dpt Twins yg lahir di 23 Agustus 2013 dan 4 bulan dari kelahiran Twins aku diluar dugaan justru hamil alami dan adik Twins lahir di Oktobr 2014. Sejak keberhadilan ku ini lah aku rajin berbagi bagi teman2 yg belum berhadil dgn metode alami dgn TERAPI BEKATUL MURNI, POLA MAKAN SEHAT, MULTIVITIN BUAT SUAMI DAN ISTRI, DAN Olahraga. Bersyukur sudah banya teman2 yang berhasil. Kak Torinia bisa baca2 postingan ku diatas. Kiranta bisa membantu dan berbagi.
    Bagi teman2 yang blum berhasil jangan putus asa, AYO PERSIAPKAN ULANG DENGAN TERAPI BEKATUL MURNI MINIMAL 2-3 BULAM SEBELUM PROGRAM BAYI TABUNG. KARENA BAYI TABUNG TANPA PERSIAPAN AWAL HADILNYA TIDAK MAKSIMAL.

    UNTUK INFO BISA HP / WA : 0812-2720-798

  59. Ing Yen

    CONGEST buat HELMINA dr MEDAN. Gagal Bayitabung Agustus awal yg tanpa adany persiapan seblm jln program kemudian bertemu saya dan karena baru saja gagal tidak ada 1minggu sata saranin lgsg persiapkan sejak sekarang untuk rdncana program ulang di dokter Ng rencana jadwal di bln Oktober akhir , mana tahu perdiapan di tengah jln justru hamil alami krn byk jg tmn2 yg ngalami saat oersiapan dg terapi Bekatul Murni. Tanpa di duga awal Oktober mrasa ada yg ganjil dlm tubuh begitu tespack justru POSITIF HAMIL ALAMI. A”hirnya kontek LWE batal promil ulang krn pisitif hamil Alami. Awalnta gagal BT karena tidak ada telur yg bisa diambil saat OPU.
    Tetap rutin terapi Bekatul murninya dan multivtmnnya ya. Sehat smp mlahirkan.
    Bagi teman2 yang mau program kehamilan terutama bayi tasebaiknya persiapkan lbh awal dgn terapi Bekatul murni, ini sangat membantu pluang keberhasilan lbh tinggi.

    Teman2 yg butuh sharing saya siap berbagi. Bisa kontek WA ku di 0812-2720-798
    BBM di 5F566451

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*