Keinginan kami untuk memiliki anak melebihi keinginan untuk hidup – sharing Jernih

Saya udah menikah 3.5 thn, belum pernah hamil. Suami saya anak tunggal demikian juga bapak mrtua saya sehingga anak benar2 langka dalam keluarga kami. Adat suku kami sangat menuntut harus memiliki anak terutama anak laki-laki, tapi bagi saya laki ato cewek no problem.

Untuk bayi tabung, sudah terpikirkan tapi nga kuat dengan biayanya. Saya hanya pns rendahan dan suami saya tidak bekerja, saya hanya minta doanya dari teman2 senasib. Keinginan kami untuk miliki anak melebihi keinginan kami untuk hidup…

Ada kebiasaan di kota kami yang seneng banget mengejek pasangan yang belum hamil, cth: `lebih baik piara ayam bisa dapat telur (artinya ayam aja bertelur napa kamu nga?)!`. Apa yang harus saya buat??? saya nga punya kuasa untuk ciptakan manusia.

Baca koment kalian saja saya sangat senang dan menemukan semangat saya kembali… ternyata kalian tidak kehilangan semangat, karena saya sudah hampir pasrah pada nasib. Belum lagi cemohan orang pada saya dan suami bahkan teman saya sendiri pernah memaanggil saya mandul.

Hanya Tuhan yg mampu hibur hatiku pada saat itu… semoga Tuhan berbelas kasih pada kita semua. AMIN

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (12 votes, average: 3.67 out of 5)
Loading...

80 thoughts on “Keinginan kami untuk memiliki anak melebihi keinginan untuk hidup – sharing Jernih

  1. shanty.A

    Dear Jernih,
    sy turut sedih membaca post nya diatas, kita senasib deh. Lebih dari 3 tahun menikah. Namun untungnya sy tidak/belum mendapat desakan dari keluarga suami karena mereka adalah tipe yg sangat percaya jika keturunan mau hadir, maka pasti akan hadir tanpa bs dihalangi suatu apapun dan dengan izin Tuhan. Namun kami berdua tetap berusaha. Sabar ya, tante saya dulu setelah 11 tahun menikah baru akhirnya hamil dan punya anak cewek, setelah itu langsung hamil lagi anak cowok. Terus berdoa and berusaha and sabar ya,,,

  2. Li2

    Hi jerni slm kenal.aku dah 5th nikah blm px baby.awal2 nikah aku jg sm pgin bgt px baby smpe th ke 4 akt stres brt klu da org tx dah px mmgan blm? Blm lg klu aku tw da tmn aku yg br nikah lgs hmil duh ky kebakaran jenggot tp dah setahun ni aku byk merenung u bs trima kenyataan,sabar, ikhlas n byk bsyukur.alhdll aku mrasa lbh enjoy jlnin hidup tp aku jg ttp busaha bdo’a n ttp optimis bahwa allah.swt suatu saat pasti kasih keturunan.mm sih bs ikhlas n pasrah ntu perlu proses n waktu tdk semudah ketika kt menulis n membaca kt ikhlas n pasrah.jernih sabar ya kt nda sdrian byk tman2 yg senasib dgn kt pokokx maju trus ptg mundur semangat ciayo o o . . . .

  3. olip

    Jeng Jernih sabaaaaaaaaaaar ya… kalo boleh tau pemeriksaan yg jeng lakukan uda mpe mana?? permasalahnnya apa kata dokter??? o iya usia jeng berapa? coba jeng konsultasi ama Lia di dukungan psikologi by Lia… siapa tau dpt membantu

  4. itha

    hi Jernih..salam kenal….saya menikah 6 thn, sdh bayitabung 2x namun gagal. kita sama2 senasib..blm diberi momongan namun aku tdk didesak keluarga inti dlm hal itu, walau kadang dari teman2 n saudara 2lain ada aja yg berkata mandul dlsb, namun kami selalu berusaha saling menguatkan hati pasangan karena kami u/selalu berpikir bahwa kami menikah karena SALING MENCINTAI bukan karena ingin mempunyai anak…krn anak itu hanya BONUS CINTA dari Allah saja.
    mgkn ini bisa mnjadi masukan kamu ya…terus berusaha dan mencari tahu mengapa kita blm bisa juga hamil, bisa dgn konsul ke dokter dll.

  5. retno

    Halo Jernih…lam kenal,
    Kita sama2 senasib yah..aku jg blm dikaruniai anak, kmrn sempet program BT tp gagal..hiks.
    Memang sih suka ditanyain sm ipar2, tapi gmn lg emang blm dikasih sm yg di Atas.Cuma tdk sampe mngejek sih..

    Yah kalo dah begitu, kita hrs sabar ya Jernih..tetep usaha dan berdoa. Ingat, semua akan indah pada waktunya..GBU!

  6. tary

    iya, saya juga sama nasibnya. udah 2 tahun nikah belum punya anak. kadang saya berpikir, kurang apa saya????? knapa anak2 abg bisa hamil(di luar nikah lg), tp saya yang halal, kok susah amat yah???? pembantu saya aja yang beda 1 thn ama suami saya, anaknya udah 6(nikah muda). padahal kalo dari ekonomi saya gak susah, saya diem aja kalo ditanya ama kel & orang2 “Udah hamil belum?” kan bete kalo tiap ketemu ditanya mlulu. ditambah lg saudara and temen2 saya yang nikah beda beberapa minggu udah punya anak. Bosen ke dokter mlulu, tp kalo saya lg tenang, saya percaya kalo Allah udah ngasih yang terbaik buat saya, saya yakin saya pasti punya anak walaupun ga tau kpn. Dan jg saya yakin Allah punya rencana buat tiap2 umatnya.

  7. Lia

    Hai kak jernih, salam kenal ya..Aku turut prihatin sama kondisi yang kk alamin..Percayalah kalo semua masalah pasti ada jalan keluarnya, sabar ya..tetep positif thinking karna kk nggak sendiri, banyak juga temen2 yg lain yg ngerasain hal yang sama. Life must go on, jadi musti tetep semangat untuk ngejalanin hidup ya, banyak2 berdoa…Mungkin kapan2 bisa ikutan gathering kita biar bisa dapet support langsung n nggak ngerasa sendiri lagi,hehe….semangat ya…

  8. Hermalia

    Hai Jernih jangan sedih ya, aku juga dulu seperti itu waktu blm punya baby ( skrg sdh punya baby kembar 3 dr bayi tabung ), serasa dunia mau hancur kalau lihat temen atau siapapun hamil dan bisa stress sendiri. Yang sabar ya, TUHAN itu maha tau dan maha adil, TUHAN pasti lebih tahu kapan jernih dan suami bisa hamil, karna hanya dia yang mengerti hambanya.
    Sekarang aja aku udah punya baby masih ada orang bilang, repot banget punya bayi kembar 3 tapi aku jawab semua sudah diatur oleh TUHAN, kalau TUHAN beri kami bayi kembar 3 berarti TUHAN tahu kami mampu dan bahkan ada yang bilang kalau Bayi Tabung itu haram. Ga usah pusingin orang ngomong apa mereka juga ga tau dan ga bisa buat kita hamil, saya udah merasakan 7 tahun menunggu punya baby.
    Yang sabar ya dan banyak doa, juga pasrah, serahin semuanya sama yang diatas, banyak yang sama keadaannya sama Jernih. Yang sabar ya

  9. dicky eldianto

    Ibu Jernih,
    Sabar Bu..banyak yang bernasib seperti kita..kalau ibu tengok ke klinik fertilitas, ratusan orang yg antri berobat demi menginginkan seorang putra..
    Gak perlu dirisaukan..percayalah Tuhan itu sudah memilih apa yang terbaik bagi kita, ambil hikmah saja kalau seandainya sampai sekarang belum dikarunia putra..
    Saya sedikit bisa merasakan yang ibu hadapi, karena saya dan istri pernah mengalaminya selama 12 tahun!! Nanti lama kelamaan ibu akan kebal dengan sendirinya kok..:)
    Sekali lagi sabar dan tetap semangat ya bu…
    Salam,
    Dicky Eldianto

  10. lala

    salam kenal mbak jernih, yang penting jangan putus asa dan kita harus nyakin pada TUHAN, karena di DUNIA ini tidak ada yang tidak mungkin, Kalau TUHAN mau berkehendak apapun bisa dilakukan yang penting tetap semangat dan berdoa. Sampai sekarangpun aku masih optimis, untuk menunggu kehadiran Baby. seperti kutipan ini,
    DOA TIDAK SELALU DENGAN MENENGADAHKAN TANGAN. SETIAP KHAYALAN DAN PIKIRAN ADALAH DOA, Karena itu BERPIKIRLAH POSITIF MAKA AKAN MENJADI DOA YANG POSITIF PULA.

  11. Lenny

    Hai Jernih,aku merid hampir 8 tahun,umur 35,suamiku jg anak laki2 satu2nya dalam keluarga kami yg patrialistik ,aku jg pernah merasakan hal yg sama seperti yg kamu rasakan,pertanyaan2 yg memojokkan hingga sindiran2 yg halus sampai tajam seperti silet dari keluarga inti hingga saudara2 jauh bahkan yg aku tdk kenalpun memberi komentar2, sering membuat aku nangis, sedih banget, kesal, benci. Tp kita nga mungkin membungkam mereka Jer, menginginkan mereka merasakan apa yg kita rasakan. Sekarang aku coba berdamai dgn keadaan, tersenyum jika mereka bolak balik bertanya, kdg2 bercanda kalo aku lg hamil hehe..walau kadang2 aku diam aja kalo lg nga mood. Yah..mau gimanalagi gitu lho. Skrg sdh berkurang comment2 tsb, krn aku bilang aku udh menjalani semuanya, berobat k berbagai dokter,ikut doa sana sini, diurut/dikusut, meminum berbagai ramuan2,makan ini itu,pergi ksana pergi ksini,sinshe,fisoterapi, dr yg msk akal sampai yg tdk msk akal hehe..maklumlah aku jg tinggal di daerah kecil yg adat2/kebiasaan2nya msh terikat kebiasaan yg lama. Dulu program bayi tabung sgt jauh dr pemikiran kami, tp setelah menemukan web ini aku dan suami kembali bersemangat, selalu ada jalan bg yg tetap berserah sama Tuhan ,walau jln msh jauh, krn kami br akan k Penang minggu depan u konsul k dokter, tp kami tetap percaya Tuhan tak pernah menutup telinganya,dan Dia pasti mengasihi orang yg selalu bergantung pada-Nya. Seperti kata Lala berpikir positif ya Jer, itu merupakan doa kita..GBU

  12. Rita

    Hi jernih,
    Apakah Jernih sdh pernah periksa ke dokter?, kalo sdh apa kata dokter? bila belum harus sampe ke program bayi tab, ya
    masih ada pengobatan alternatif yg lainnya, krn usia perkawinan masih belum termasuk begitu lama.

  13. yati

    Hi Jernih,
    Sy terharu membacanya,memang terasa sakit sekali hati ini mendengarnya, berusaha melupakannya.kadang sy juga MALAS bergaul, buntut2nya ya itu MENYINGGUNG, kalo tak menyinggung, ya mrk membanggakan diri bahwa mrk “SGT SEMPURNA” ya itu mrk sanggup melahirkan banyak anak atau anaknya sanggup melahirkan banyak cucu, duh mungkin dunia ini memang begini adanya.
    Jernih apakah sudah pernah kedokter? bisa saja kamu belum hrs ketahaf bayi tab, berdoalah.

  14. henny

    halo mba Jernih lam kenal ya…

    mba nasib kita sama loh.
    aku juga udah nikah mau 10 tau tp belon hamil juga.
    aku uda inseminasi 3 kali tp gagal.
    untuk ikutan bayi tabung enggak ada uangnya he he he…

    kadang2 aku suka sedih banget liat ibu2 yg lagi hamil, rasanya aku pengen banget hamil.
    apa lagi adik2 ku udah pada punya anak.
    untung aku punya suami yg selalu menghiburku dan menasehatiku.

    Suamiku selalu menasehatiku betapa Allah udah baik dan sayang banget sama kita, berapa banyak nikmat yg telah Allah berikan sama kita.
    Nikmat kesehatan, tempat tinggal, punya badan yg sehat dan normal dan masih banyak nikmat yg laen yg tidak bisa kita hitung.
    Masa semua itu dilupakan karena belon punya anak.

    Kalo udah dinasehatin begitu aku kembali sadar akan sayangnya Allah sama aku.
    walaupun kadang2 aku masih suka stress he he he..

    tapi aku bersyukur banget sama Allah karena memberikan aku suami yg sangat baek dan menyayangiku.

    Mba jernih yang sabar ya…
    Mudah2an Allah mengabulkan doa mba Jernih..
    Amin.

  15. Dyanthie

    Hai..temen2 smua, sy jg udh hmpir 10th merid jg blm dberi anak sm Yg di Atas..4 th lalu seh pernah dnyatakan kista yg akhrny aq mjalani laparascopy..tp stlh itu aq dterapi slma 3bl &blm bhasil krn aq stop terapi krn kurangny biaya..dan skrng aq ingn cb lg berobt mudah2n x ini bhasil..doain y tmn2

  16. Dyanthie

    tmn2, kl ada yg tau dokter d yasmin yg bagus and enak d ajak sharing kshth ya, soalnya kdng dokter2 d neg kt hrs ktnya yg bnyk nanya pdhl kan kt jg pgn dtanya dan dberi semangat gt loh…jgn lp y tmn2 kshth jg biaya d yasmin atw rs bunda margonda..thanks beFore..

  17. noor

    Hi…salam kenal semuanya ya, …

    Udah lama aq cari forum ibu2 yang senasib & seperjuangan dalam mendapatkan keturunan, Alhamdulillah akhirnya ketemu juga. Tq ya buat yg buat website ini maaf aq ga nyimak identitasmu, anyway inisiatif & idenya utk bikin website ini berguna bgt lho…

    Buat mba Jernih yang mudah2an selalu diberi kejernihan hati & fikiran…

    Aq udah menikah 6 tahun lebih, senasib denganmu & juga jutaan ibu diluar sana..penyebabnya karena ada sumbatan di kedua saluran telur. Aq cek ke dokter setelah 3 bulan nikah karena belum isi juga, aq pengen bgt cepet hamil. Karena belum 1 thn jadi aq hanya diberi vitamin dan profertil aja, Alhamdulillah di usg ga ada apa2. Setelah 1 th baru aq coba HSG, hidrotubasi kemudian laporoscopy diagnosa, belum tindakan. Dari situ ketahuan sumbatan di saluran telur. Mendengar itu aq shock bgt, dunia seakan runtuh.

    Aq dilahirkan dari keluarga subur, aq 3 bersaudara karena ibuku KB klo ga KB mungkin banyak jg, ibuku 9 bersaudara, ayahku 3 bersaudara, kakek keburu meninggal. Suamiku jg begitu. Dari sepupu2 cuman aq yang punya masalah ini. Aq pernah baca bhw sumbatan di saluran telur itu bisa disebabkan karena infeksi, pemakaian narkoba, perilaku seks bebas dll. Penyebabnya negatif semua ya…sedangkan aq Alhamdulillah selalu berusaha jaga diri dan jauh dari hal2 yg negatif itu, klo infeksi siy bisa jadi karena sejak aq haid pada usia 10 thn aq udah keputihan & ga cepet2 diobati, tapi keputihannya ga smp yang berbusa, berbau, biasa aja…makanya aq kaget bgt. Haid jg normal aja, tiap bulan sejak umur 10 thn itu aq rutin tiap bulan dgn siklus yang normal, dgn jumlah darah yg normal & dgn rasa sakit haid yang wajar ga smp sakit bgt, atau smp pingsan. Sekali lg aq ga nyangka.

    Suami udah diperiksa hasilnya normal. Jadi tinggal fokus ngobatin aq aja niy. Aq udah konsul ke 6 obgyn di Bandung, Jakarta & Bogor, udah pernah jg diatermi & disuntik antibiotik selama 7 hari berturut2 sama dr R. Muharram, hidrotubasi dan terakhir hsg, hasilnya sumbatannya belum hilang.. Hiks. Dokter menyarankan agar laporoscopy tindakan aja, klo masih tdk berhasil juga coba BT. Tapi smp skr aq blm melaksanakan kedua saran itu karena faktor biaya, selain itu aq suka serem dgn saluran telur yg diangkat karena tersumbat..btw kenapa harus diangkat? apakah bisa ganggu rahim ? ada yang tau kenapa?

    Usahaku sekarang selain berdoa tentu..adalah dengan ikhtiar non medis. Jalan alternatif aq pernah coba urut selama 5 bulan, 2 mg sekali sama paraji (bidan kampung) di (maaf) pantat, aq ga berani di perut karena takut efeknya malah lebih parah. Aq tau dari tetanggaku yg baru 6 bulan kosong, dengan izin Allah, langsung hamil setelah 3 kali urut. But it doesn’t work 4 me.. Selain itu aq jg coba bekam/hijamah/cupping, katanya ada pasien yang penyumbatan di salah satu saluran telurnya & akhirnya setelah 7 bulan bekam sebulan sekali, berhasil hamil juga. Aq udah ngobrol sama orgnya langsung. Aq coba semua alternatif selama masuk akal, ilmiah & ga bertentangan dengan keimananku (akidah) karena sekarang banyak juga pengobatan alternatif yang mengandung unsur ilmu yg ga jelas, sembuh ga, udah keluar uang banyak malah musyrik…hati2 aja deh bu.

    Utk mb Jernih aq hanya sharing aja ya..bukan berarti aq sabar & kuat banget, aq jg sama kadang2 down banget, namanya jg manusia. Apa yg kita alami adalah salah satu ujian hidup. Apakah yg punya anak selalu happy? Anak2 mereka adalah ujian juga bagi mereka, pernahkah mba melihat anak yang cacat, autis atau down syndrom dsb? menurut aq anak2 ini adalah ujian utk ortunya. Ujian yang dihadapi ortu anak2 ini masih lebih berat daripada qt karena mereka harus bertanggung jawab selama 24 jam sampai anak tersebut dewasa, mereka harus extra perhatian, berkutat sepanjang waktu untuk menjaga anaknya. Mudah2an mereka diberi kesabaran & kekuatan lebih ya.. Bagiku dgn belum hadirnya anak justru aq jadi punya waktu lebih utk melakukan sesuatu dgn lebih baik, misalnya karena aq muslim maka aq bisa sholat lebih khusyu, tenang dll.

    So, belum ada anak bukan berarti kiamat kok mba, ambil hikmahnya, masih banyak karunia-Nya yang patut qta syukuri & nikmati.

    Buat mba Jernih & semuanya keep positive thinking & semangat ya!

    Salam

  18. Yenni

    Hi Jernih, semoga Tuhan memberikan jalan yg terbaik buat Jernih… jangan sedih dan putus asa ya … banyak kok yg senasib. Kalau secara biologis susah atau tidak memungkinkan… pernah ga terpikir tuk mengadopsi anak/bayi? saya punya beberapa saudara yg mengadopsi anak dan mereka hidup bahagia dan sangat sayang dengan anak tsb.

  19. Jasmine

    Hi Jernih,
    Apa yg dikatakan Yenni benar,bbrp pasangan memilih jalan tsb.
    namun tetap saja kt akan dicerca /diomongi org
    (KITA BISA BAHAGIA JUSTRU KALO KITA TUTUP TELINGA)
    Ada teman dekat aku ,mrk memilih jln tsb, mrk bahagia
    dan anak tsb klop melengkapi kebahagiaan mrk.
    Namun ada bbrp manusia yg jahat, (mrk tdk berpikir bahwa anak itu titipan Allah, krn Allah maha besar lah yg memberikan anak pd mrk yg dipercayakanNya utk penitipan tsb, tdk terkecuali anak biologis maupun adopsi).
    Ada – ada saja cara mengusik kel mrk yg bahagia tsb , juga ada ada saja cara mrk seolah olah utk mengingatkan bahwa itu bukan anak mrk.uh menyakitkan sekali.
    Memang mrk (temanku) tetap menyayangi anak tsb & anak tsb kearah depannya sdh kelihatan sgt menyayangi mrk.
    Namun krn diingatkan bbrp manusia jahat tsb justru membuat temanku despresi, yg tdnya bahagia kini menjadi tdk bahagia lagi, satu wkt ia takut akan kehilangan anak tsb, satu wkt pandangannya terhdp manusia menjadi mengapa manusia itu jahat adanya.?
    Akhir kata ” JANGANLAH MENDENGARKAN CEMOHAN YG MENYAKITKAN, TAPI TETAPLAH BERSYUKUR DAN PERBANYAK AMAL DAN IBADAH”

  20. Novhee

    Hi…salam kenal,aku married sdh 9 thn tp bln pernah hamil. Prnah insem 2x gagal,sekarang lagi nyiapin mental untuk BT, dokter menyarakan BT ICSI. Doain ya..semoga siap untuk program BT & mdh2an program BT-nya lancar & berhasil hamil spt temen2 yg lain.

  21. kiky

    Hallo Mba Jernih, salam kenal, aku setuju dgn yg temen2 bilang, km nga sendiri, banyak yg senasib sm kita bahkan lebih menderita…

    To Mba Noor, aku baca postingannya jd mengingatkan sm pengalaman aku pribadi, aku mau share aja nieh mb…
    qt punya masalah yg sama, 4thn yg lalu hasil diagnosa pertama dokter saluran tuba kiri kesumbat, yg kanan msh ok, tp aku tunggu smp 1th lebih belum kunjung hamil juga kemudian aku cek HSG lg eehh ternyata kedua2nya udh mampet, coba hydrobetusi ttp nga bs smp akhirnya aku pnya mslh keluarga yg mengharuskan aku berpisah dgn suami dan aku nga perduliin lg sm mslh tuba, aku vakum 2thn krn aku terbang keluar, setelah 1 thn bekerja aku terpikir utk ambil cuti dan melakukan cek up, ternyata saluran yg kesumbat itu udh jd hydrosalping (infeksi) bilateral (kedua tuba)penyebabnya ya sama ky yg dokternya mba Noor bilang, smp aku tengsin bgt, takutnya anggapan dokter negatif,pdhl I didn`t do anything wrong, aku nga pnya riwayat keputihan yg nga wajar, nga pernah nyeri haid nga pernah ada gejala2 yg signifikan, cuma mens yg kurang teratur aja, smp aku jg bingung, yah namanya jg penyakit ya. setelah itu dokter langsung menyarankan Laparoscopy, aku msh ragu n minta 2nd opini dari dokter lain yg lbh senior ( Dr.Waluyo Sapardan) di Panglima Polim dia menyarankan utk langsung IVF nga usah Laparoscopy karn percuma akan banyak perlengketan katanya, setelah mikir2 aku penasaran jg dgn laparoscopy itu dgn harapan sumbatan bs dibuka dgn membuang cairannya spt yg dijelaskan dokter, dan dilakukanlah Laparoscopy tsb pd thn 07, dgn 3 sayatan di perut aku cm 2 hr di RS, biayanya 26jt. baru aja sadar dr biusan suamiku cerita ttg hasilnya bhw aku nga bs hamil normal krn kedua tuba sudah rusak dan banyak perlengketan,jd dokter hanya membuang cairan sj, hiks rasanya kepengen dibius lagi deh saat itu dr pd menanggung kenyataan sepahit itu. stlh cuti ku habis aku kembali kerja sambil mengumpulkan pundi2 utk IVF, setelah semuanya terkumpul aku coba BT di BIC bunda, tp putus ditengah jalan krn si hydrosalping muncul lg, dokter bilang cairan ini akan mengganggu proses IVF krn pasti si embrio nga akan nempel dirahim. jd dokter nyaranin utk diangkat, namanya Laparotomy Salpingektomy, Whaaat?? not againn!!!! hancur luluh lg perasaan ini tp apa boleh buat, aku nga bs tinggal diam kedua tuba ku sudah berubah menjadi monster dan aku mesti membuangnya, finally aku resign dr kerjaan krn mau fokus pnya baby dan pd bln january 09 lalu aku jalani LAparotomy tsb, operasinya spt caesar, lebih berat dr laparoscopy, recoverynya jg agak lama, 4 hr dirawat biaya habis 21jt,skr aku msh bedrest, dokter menjelaskan hasilnya ktnya si kedua tuba udh diangkat,rahim n ovary ku masih ok, ada endometriosis sedikit n sudah disedot, tp nga dikasih tapros or apa gt tktnya si endo dtg lg, maklum aku ngerasa sial bgt mslh organ reproduksi.si monster udh dikeluarin n dokter kasih foto nya dan skr foto tsb aku pajang n aku ksh nama simonster krn mmg betul2 mirip monster.hehe
    Skr aku lg meniti hari siapin mental utk BT 3 bln kedepan, dan di saat perasaan msh campur aduk sedih, minder krn merasa gagal menjd wanita sejati tiba2 Allah memberi keajaiban, suamiku jd pemenang mobil Jaguar poin plus2 indosat, aku menyaksikan sendiri siaran langsung nya di RS pd saat seluruh badan dan bathin ku merasakan sakit, Allah spt memberi cahaya terang, aku langsung lupa sm sakit ku n teriak2 heboh smp suster2 n jg dokter heboh memberi selamat, Lumayan bgt khan kalo dijual bs buat ongkos BT,semoga semua ini pertanda dr Allah rezeky buat baby, pdhl babynya msh dimana. semoga habis gelap terbitlah terang mukzizat itu nyata dan selalu indah pada waktunya. jd kt sbgi manusia jalani saja hidup ini Tuhan nanti yg akan mengatur, karena dibalik kekecewaan kegagalan pasti Allah sudah menyiapkan kejutan istimewa buat kita, so Maju teruss baby2 lucu lg menanti kita semua.

  22. olip

    jeng kiky wah tar kalo programnya berhasil babynya dikasi nama jaguar ya hihi bener2 kisah yg heboh…moga pertanda bagus segera sukses BT nya

  23. devi

    buat mbak jernih,
    saya udah menikah hampir 5 tahun juga belum dikaruniai momongan, tapi saya pasrah, berusaha dan tidak putus asa.memang menyakitkan klo ada orang yang mengejek kita, itu pernah juga saya alami…tapi saya sih gak terlalu menghiraukan malah saya semprot orang yang mengejek itu biar kapok he..he..buktinya dia gak berani lagi ngomong macem2.jadi sabar aja mbak…

  24. noor

    Mba kiky aq salut dengan semangat mba yang pantang menyerah, tak terhitung rasa sakit yang dirasakan & biaya yang sudah dikeluarkan sampai kedua saluran tuba mba diangkat demi menimang bayi yang diimpikan! Aq juga ingin gigih, semangat 45 seperti mba..yah aq berusaha juga semaksimal yang aq & suami bisa.

    Saranku banyaklah berdoa & tingkatkanlah ibadah agar semuanya berjalan lancar & diberi kelapangan hati. Namun jika rencana ini belum berhasil juga yakinlah bahwa apapun yang terjadi adalah yang terbaik buat kita. Siapa tahu kesabaran kita di dunia ini adalah tabungan pahala di akhirat nanti.

    Semoga program BT yang akan dijalani mba kiky sukses sampai melahirkan bayi yang sempurna.

    Salam

  25. kiky

    Hi mba noor makasih yaa…yah habis mau gimana lg no choice cm semangat yg kita punya,…semoga taun ini kita semua pd hamil ya…semangat 45 yaa

  26. jernih

    thaks all…..buat devi shanty, li2.. thaks so much. sekarang saya udah punya semangat lagi utk berobat n b~doa tentunya!!

    buak mbak lenni thaks dukungannya ternyata saya sedikit naif selama ini merasa menderita sendiri, apa yg mbak jalani sudah saya coba dari yg msk akal sampai yg tidak. mgkn karena sedikit letih dan bosan buat saya cepat stress n mudahan berobatnya berhasil ya.

    mbak olip, saya umur 27 th saya udah konsul ke dok kandungan setelah pemeriksaan dokter bilang nga ada masalah kt b dua dikasih beberapa jenis obat.

    thks mbak tary, mb retno. mas dicky, mb lala, mb rita, mb yati, mb henny, mb noor jasmine n to mb devi saya doakan berhasil.

    thks banget…banget…banget….semangat dari kalian bener2 spt virus yg bisa menulari saya. saya akan semangat krna kalian ada!! saya jadi pengen nangis baca coment kalian…mudahan Tuhan melihat hati kalian yg begitu empati.

    ONE AGAIN….THANKS YOUR SUPPORT!!!

  27. nurul

    mb dyanthie…sy program BT di Yasmin ama dktr Muharram.orgnya baik kok ngasih support.tp kdg2 ngomongnya krg jelas klo dah kecapean.cuma baru suntik suprefact 10 hr dah hamil duluan.walau pd akhirny keguguran.bulan ini sy rencana kesana lagi..

  28. nurul

    jernih..saya juga merasakan hal yg sama dengan jernih.tahun2 pertama menikah sgt stress menghadapi pertanyaan2 sinis dari org2.mereka hnya bs menccibir jrg ada yg berempati.ngomong seenaknya tanpa memikirkan perasaan kita.tapi jgn sampai stress krn stress justru akan mengacaukan hormon qt..insyaallah beratnya ujian yg qt hadapi merupakan indikasi besarnya keimanan qt pd Allah..jika Allah sayang maka qt akan selalu diberi cobaan.untuk naik tingkat ke jenjang yg lbg tinggi..keep smile..qt tidak sendiri…

  29. gladys

    hallo smuanya salam kenal…. kita punya masalah yg sama, tp aku baru tau ada banyak yg berhasil dpt momongan setelah pergi ke sinshe hendra d glodok. aku memang blm pergi ke sana tp ada rencana, and aku nikah jg sama lamanya sama jernih tp puji TUHAN keluarga besar gak ada yg nyindir. soal nyindir ga perlu d pikirin ini kan bukan maunya kita. kita coba aja ke sinshe hendra, manusia berusaha tp tetep TUHAN yg menentukan. oiya banyak yg dr luar kota ke sinshe hendra ini and berhasil.

  30. cinta

    dear all,…..
    salam kenal dari ku….aku ikutan gabung ya…..

    ternyata aku nggak sendiri,….
    aku dah lebih dari 6.5 tahun…. kami masih ber2 blum di beri keturunan juga,….
    berbagai cara dah ku coba,…tp emang blum dapet restu Nya….

    Aku salut ama ceritanya mbak Kiki,…..terus berjuang ya….

    Buat mbak jernih…aku pernah se up-set dirimu,…
    malah aku kasih saran ke suamiku untuk ninggalin aku trus nikah lagi,…..

    Mudah-mudahan Tuhan mendengarkan isi curhat kita semua,dan mengabulkan keinginan kita…..amien

    Cheers,

  31. Fani

    hai jernih, aku punya anak yang pertaman setelah menikah 5 th. setelah anakku umur 6 th aku belum hamil lagi. sekarang baru nunggu hasil BT di RS Bunda Menteng. aku juga dapat tekanan dari mertua, tapi bukan karena mereka menganggap aku mandul, tapi karena aku kurang berusaha. aku dapet anak 1 malah ga nyangka banget, pas ga berobat, jadi pas bener2 pasrah pada-Nya… semua indah pada waktunya, jangan terlalu tegang dan stress…

  32. olip

    halo jeng cinta…wah kita sama2 punya pikiran kayak gitu ya saking sedihnya…
    kalo bole tau usia cinta brp?? usaha yg uda dilakukan apa aza??

  33. tiara

    hai jernih slam kenal, memang sich teori lbh mudah dr praktek. kita harus hadapi omongan saudara, mertua, tetangga. belum suami yg ucap ‘ mah, kapan dong kasih aq anak walaupun kami skr sdh adopsi anak(4 thn)’ kami sdh nikah 10 tahun . dulu saya sempat hamil waktu suami saya msh kuliah(nikah sirih) karena orang tuanya tdk setuju kami nikah muda . kami dulu merantau di negri orang. orang tua kami sampai saat ini tdk tahu kalo kami pernah menggugurkan calon cucunya. kami benar 2x menyesal. semakin lama saya merasa tdk nyaman dgn keluarga suami akhirnya saya membatasi diri agar diantara kami tdk ada sedih atau tersinggung. BUKAN MAU KAMI SEPERTI INI.

  34. klak-klik

    jumpa lagi nich….. umur aku 35. kalo aq lihat tulisan teman 2x hati ini terasa menangis. bagaimana mungkin kita bisa ikut program bt kalo dana tdk ada. sblm nikah aq pernah tanya sama mantan pacar “kalo nanti kita tdk pny anak gmn” jawabnya cukup indah ; ” engga apa-apa “tapi kenyataannya tetap saja beliau minta aq hamil anaknya. bukan kami tdk berusaha dr urut,sinshe,dokter,sampai ke kyai. dalam hati aq sdh pasrah kalo tuhan kasih kami kepercayaan insya alloh kami jaga dgn baik. Aq pun sempat bilang sama suami kalo tlg ceraikan aq biar beliau bisa nikah lagi dan punya anak. tapi BELIAU tdk setuju. Aq sayang sekali suami-q .Aq pun sdh berhenti bekerja 8 thn yg lalu. suami-q skr usaha kecil 2x an. ikut bt kaya-nya kami mesti benar 2x MENGHAYAL TINGGI.

  35. tiara

    jumpa lagi nich….. umur aku 35. kalo aq lihat tulisan teman 2x hati ini terasa menangis. bagaimana mungkin kita bisa ikut program bt kalo dana tdk ada. sblm nikah aq pernah tanya sama mantan pacar “kalo nanti kita tdk pny anak gmn” jawabnya cukup indah ; ” engga apa-apa “tapi kenyataannya tetap saja beliau minta aq hamil anaknya. bukan kami tdk berusaha dr urut,sinshe,dokter,sampai ke kyai. dalam hati aq sdh pasrah kalo tuhan kasih kami kepercayaan insya alloh kami jaga dgn baik. Aq pun sempat bilang sama suami kalo tlg ceraikan aq biar beliau bisa nikah lagi dan punya anak. tapi BELIAU tdk setuju. Aq sayang sekali suami-q .Aq pun sdh berhenti bekerja 8 thn yg lalu. suami-q skr usaha kecil 2x an. ikut bt kaya-nya kami mesti benar 2x MENGHAYAL TINGGI. Tapi kita hrs hati 2x krn kalo khayal terlalu tinggi sakit kalo jatuh……gUBraKKK

  36. Nicky

    Halo smua,
    Mo ikut gabung ma tmn2 sperjuangan ni!
    Aq jg pny nasib sama. Hmpir 5 th blm dkaruniai mo2ngan. Dah pernah hamil 3x kguguran trz. Kbtulan tinggal ddesa yg kbanyakan tingkat pndidikan masy -maaf- msh rendah. Jd kdg klo bicara g pkè mikir apa itu menyinggung or g. Dah sering cemoohan yg aq trima. Awalny stres bgt, nangis bhkn smpt bbrp wkt bsikap antisosial, g mau ktm sapa2. Tp akhirny dnasehati suamiku u ttp tabah, bkn qt yg pengin spt ini, Bkn suami or istri yg pny kuasa ‘bikin’ anak. Tp mutlak kuasa TUHAN! jd klo ada org yg ngèjek, aq biasany jwb ‘wah, ya gmn lg, yg kasi anak kan Allah. Masak nyalahin Allah blm pny2 anak’
    To mb jernih, anda hrs ttp semangat u berusaha. Jgn terhambt mslh finance. Insy4JJI rejeki ada yg ngatur entah dr mnpun jlnny. Ingat saudariku, Allah menilai kita BUKAN dr HASIL, tp dr USAHA qt, KSABARAN qt n TAWAQAL qt!
    Ya Allah, mudahkan urusan kami dlm mndapatkn mo2ngan, kuatkan hati kami agar selalu sabar n ikhlas dlm mnghadapi cobaan ini, jdkn cobaan ini sbg ladang amal dan pnghapus dosa kami. aamiin

  37. diah

    mb jernih..baca sharing mb,aku jadi ikutan sedih. Aku juga merasakan hal yang sama, mungkin lebih parah. Udah hampir 5 thn nikah, aku belum pernah merasakan, hamil itu kayak apa seh, 2x operasi pengangkatan endrometriosis, n dokter vonis klo aku ngak bisa hamil normal alias harus bt (biaya darimana???). Mb..dunia rasanya mau runtuh, aku stres banget.
    Klo dari keluarga kandungku n suami ngak pernah permasalahkan, namun ngak sedikit orang berbicara yang membuat hati aku sedih mb…klo aja mereka dalam posisi aku…gimana ????
    Sekarang posisi aku udah pasrah banget…mungkin Allah punya rencana lain bagi kami..Pasrah dan iklas.
    Sabar ya mb jernih.

  38. cinta

    Hi Mbak Olip,….

    Seneng berkenalan dengan mu,….
    Usia ku dah banyak,..he..he.he… 35 tahun. Usaha2 yang dah aku lakukan tuh macem2 say,…. pijet,sinshe,alternatif di yogya(dibeberapa tempat),dan yang jelas dokter…
    Sekarang disaranin bayi tabung ama dokter,…. tertarik banget,apasih yg tidak kamilakukan untuk mendapatkan momongan.. tp dananya tidak mendukung….maklum kami berdua pegawai biasa…
    Sekarang kami berdua hanya bisa pasrah dengan keterbatasan kami,….
    Semoga Allah mendengarkan doa-doa kita semua,….AMIEN..

  39. olip

    halo jeng cinta…tetep sabar&semangat&optimis krn itu modal pertama kita, yah umur kita ga jauh beda kok aq skrg 33 thn, sangat ga terasa tau2 da 7 thn blm punya baby, kalo liat anak2 kecil kadang aq mikir seharusnya anakku da kelas 1 SD hiks hiks

    btw kita harus tetep positip thinking munkin jalannya emang berliku2 untuk mendapatkan baby jd mari kita terjang segala hambatan & kendala yg ada….anggap aja itu golden ways yg hrs kita lewati…

    skrg jeng lg usaha apa??

  40. Rini

    Hai Jeng…

    Jangan sedih yach,kita sama2 slg mensupport..sy dah 6.5th menikah dah inseminasi 2x n ikut program bayi tabung br sebulan lalu tp gagal..skrg lg brusaha menata hati, jd jeng jgn putus asa..walaupun dg tertatih2 sy brusaha utk tetap optimis, selalu ada jl keluar,akan ada keaadaan lain yg akan Tuhan berikan setelah kesulitan..jeng yang sdg diterpa keresahan yakinlah bhw Tuhan akan memberi kebahagiaan..amin.

  41. Nina

    salam kenal….
    sy sangat terharu,soalnya sama persis dengan yang sy alami
    sy udh 4 tahun lebih menikah.sampai skrg jg belum mendapatkan momongan.keluarga dan temen2 sy jg sering memperlakukan sy seperti itu..memang sedih rasanya,tapi kita harus kuat,tetap sabar dan berbesar hati.
    semoga cemohan mereka menjadi doa yang mujarab,sehingga Tuhan berkenan memberikan keturunan kepada kita semua.
    jangan lupa tetap berusaha dan berdoa….

  42. cinta

    Hi mbak Olip,… thanks banget support nya…
    Aku blum punya usaha, sekarang pegawai,…..
    Bener banget kalo ada anak kecil aku seneng banget, ada anak tetanggaku mereka sering sekali nginep di rumah ku kalo malem libur,…. memang beda banget rasanya kalo bobo ditemenin ama anak kecil….

    Mbak Rini,
    Salut deh ama usaha2 nya, walau belum berhasil tp tidak mudah putus asa….
    Smoga Tuhan mendengar kan doa-doa kita semua ya…AMIEN

    Boleh nanya mbak Rini?
    coba BT nya dimana? trus biaya nya brp? Bener nggak kalo usaha BT kita harus stand by deket Rumah Sakit or klinik tersebut?

    trims

  43. ijul

    aku juga masuk dalam golongan istri-istri yang lam gak punya anak nich, aku dah 4,5th nikah tapi belum sekalipun hamil, udah kedokter bolak-balik tapi lum ada hasil. bulan januari kemarin aku sempat telat hampir 3 minggu seneng banget n deg degan kirain aku hamil, tenyata haid datang juga sedih marah kesel kenapa kok aku gak bisa cepet hamil seperti yang lain yach…. sabar sabar dan sabar

  44. fitri

    salam kenal ka’Jernih…
    you are not alone…

    saya juga mengalami hal yang sama dengan ibu-ibu yang bertamu ke blog ini.
    sekarang usia pernikahan saya memasuki usia ke-4 & Qodarulloh sampai hari ini belum juga diberikan amanah oleh Alloh. memang, dulu 3 bulan menikah saya sempat hamil tapi hanya 2 bulan setelah itu keguguran & sampai sekarang belum pernah hamil lagi. saya yakin, skenario Alloh itu jauh lebih indah dari apa yang kita pikirkan. saya dan suami selalu berpikir positif aja, setiap kali haidh saya pasti mengadu kepada suami “abang, saya haid lagi” dan suami saya selalu bilang, “sabar sayang, Insya Alloh ada waktunya. pikirkan saja apa yang ada di hadapan kita jangan pikirkan apa yang tidak ada di tangan, dengan begitu kita menjadi ikhlas dan sabar.” InsyaAlloh pada waktu tepat dan tempat yang indah, Alloh akan berikan amanah itu kepada kita. seorang buah hati penyejuk mata yang kita rindukan. jangan dengarkan omongan orang ka.

    saya senang, setelah membaca blog ini saya memiliki teman yang sependeritaan dan sepenanggungan dan saya tidak sendiri. bila waktunya tiba, laki-laki atau perempuan sama saja, yang terpenting adalah sehat dan sempurna. Amiiin. jangan putus asa ka Jernih…

  45. bintang

    hai ibu2 semuanya…
    salam kenal&tetap semangat yah!
    aq sdh menikah 12th,pernah keguguran&pernah pny baby yg meninggal 2hari stlh aq lahirkan..sdh 10th sejak baby ku meninggal aq blm hamil lg smp skrg,sdh mcm2 usaha aq jalani,ke dokter bahkan smp yg d jkt(aq tinggal d jawa timur),pijat,minum jamu,2x inseminasi dll,tp Allah blm takdirkan aq hamil lg.Sedih,bingung dll tentu ada tp aq selalu meyakinkan diri bahwa dibalik semua ini pasti ada rahasia Allah yg tdk kita ketahui,yg pasti jadi baiknya utk kita.Suamiku selalu mengingatkan aq utk senantiasa mensyukuri semua nikmat yg sdh Allah berikan pd kami,nikmat sehat,rezeki dll,jangan hanya karena 1 keinginan yg blm terpenuhi kita lupa pada semua nikmat itu.Percayalah,anak bukan satu2nya kebahagiaan dlm pernikahan,aq pny teman yg dlm pernikahan bbrp th sdh punya 3anak,cewek&cowok,mn lucu-lucuuuu bgt anaknya.yg cewek kyk boneka,pipi tembem,putih bgt smp kemerahan,rambut ikal…kebayang kan,bener2 lucu..tp trnty temanku td cerai dg suaminya…dr situ kita bisa lihat bahwa anak bukan penentu kebahagian dlm pernikahan.Ada berita gembira jg yg baru aq dgr,temanku yg lain lg setelah menunggu 17th utk dpt momongan akhirnya dia dikaruniai anak kembar!Pdhl dia gak ikut BT,mungkin krn ikhlas&pasrahnya dia maka Allah kasih karunia sebesar itu.Semoga kita cepat menyusul ya ibu2…semoga juga kita sll sabar&ikhlas…ayo semangaaat….
    Salam

  46. mirna

    salam kenal,

    semua teman di sini pasti mengalami turun naiknya semangat berusaha, jatuh bangun perasaan.. aku juga mengalaminya 10 tahun ini.. walaupun keluarga besar tidak mendesak, lingkungan sdh mahfum , tapi hati dan perasaan terasa sepi.. mencoba untuk pasrah total.. saat ini aku sedang mencari tau ttg BT.. mdh 2 an inilah jalan yang terbaik dan berkenan di hadapanNya.. Problem ku terutama hormon prolaktin yang selalu tinggi.. ada yang punya pengalaman ini.. sharing ya…
    Mdh 2 an kita semua disini bisa saling menguatkan dan dpt saling membantu proses menuju kehamilan yg kita dambakan. Amin.

  47. tini

    ya, saya juga sudah lama pengen ngerasain hamil dan punya anak dari rahimku. aq udah nikah hampir 5 tahun, udah kemana2 sampe bosen dan kadang2 putus harapan gitu. aq pernah operasi laparotomi angkat kista, bekas operasinya panjang banget, semua aq lakukan agar bisa punya momongan.aq pun sering ingin menangis sendiri melihat wajah suamiku (yg sangat baik). aq kasihan banget sma dia krn aq di blm punya anak jg sampai sekarang. cukup sering jg aq menyuruhnya untuk menikah siri dg org lain (& udah ada yg mau)supaya dia bisa punya anak. tapi suamiku ga mau, malah nasihatin aq supaya terus berpikiran positif. aq sbenernya tak rela suamiku sampe nikah lagi, hanya karena rasa sayangku sj aq bisa berbuat begitu.
    aq tau rasanya diejek org lain krn blm jg punya momongan, malah kakakku sendiri pernah bilang “emang susah kalo ngomong sama org yn belum punya anak” sedih banget, hatiku seperti disayat sembilu. tiap mengingatnyapun air mataku tak terasa pasti keluar.

  48. Lis

    Dear Saudara2 terkasih,

    Apapaun yang kita alami baik suka maupun duka, Tuhan pasti punya rencana yang indah bagi kita anak-anak Nya, Kadang kala jalan Nya tak terselami bagi kita, kita hanya bisa melihat terbatas dgn panca indra kita tapi Dia melihat jauh mengenai masa depan kita tentunya masa depan yang penuh harapan dan rancangan Nya bagi kita adlh damai sejahtera. Tuhan tidak pernah berjanji bahwa kita bebas dari masalah tp Dia berjanji pada saat kita menghadapi masalah, kita tdk menghadapinya sendiri tapi ada Tuhan yg 24 jam menyertai kita. Kita hrs bersyukur nafas per detik dan umur panjang adlh karunia Nya bagi kita, Serahkan segala persoalan kita kepadanya, pd saat kita berserah mukjizat terjadi. Amin

  49. NovNov

    Hi salam kenal, saya juga sama dengan mbak2 yg lain yg lama punya anak. Aku sudah menikah 9 th tapi blm pernah hml, pernah insem 2x (bulan September & November 2008 di RS ABdi Waluyo)& BT 1 x (bulan Maret 2009 di RS Gading Pluit – Klinik Teratai) tapi gagal. Saat ini lagi istirahat dulu sambil berdoa,kami percaya Tuhan punya rencana yg terbaik di balik setiap kegagalan2 itu. Bagi kami yg penting adalah happy married,anak adalah bonus dari Tuhan.

  50. Kris

    Hi..mbak Jernih yg sabar ya…
    kita senasib lo…aku sudah 7 tahun menikah, blm pernah hamil krn ke 2 tuba ku buntu pernah di HT ( tiup ) 1x, tapi masuh blm ada hasil, mau BT uang ndak nyampe…sedih bgt sebenarnya, apalagi berbagai cemoohan orang seringkali aku dengar tapi untungnya keluarga suamiku termasuk suami..tidak terlalu menuntutku mengenai anak, tapi kami akan tetap berusaha, karena Tuhan pasti mau membantu umatnya yg selalu berusaha, dan kebahagiaan itu akan datang diwaktu dan saat yg tepat. Buat mbak Jernih, yg sabar ya, kita ndak sendiri koq…

  51. lalan

    hi mba Jernih…
    ktka membaca tulisnmu,ak seakan2 membca crta ttg ak..ak menikah sdh 5th..jg blm dkaruniai baby..pdhal ak dan suami ga pernah ikt prgram KB..krn pngn lgsg py momongn..ak udh kedkter,minm obt,mkn mknan yg ktnya buat menyburkan,pergi ktkang pjat yg org blang bs bkin hmil…tp blm ada kpkran buat by tbung,selain biayax yg mhal utk uk keuangan kel ku..smpai saat ini ak n suami ga penah berhenti berharap dtgnya saat itu..buat info aja nih,ak tinggal dg mertua,dan bertetangga dg rmh ibuku,ibuku awal th t

  52. kiki

    halo mbak2 dan kakak2.. sy belum menikah namun jujur, sy bs ikut merasakan betapa sedihnya kalau belum dikaruniai anak apalagi kalau umur pernikahannya sudah lama… maka itu sy disini ingin mendukung kakak2 dan mbak2 semua agar tidak larut dalam kesedihan. Karna tujuan utama atau pertama pernikahan bukan untuk mendapatkan keturunan, tapi untuk membangun kerajaan Allah dan sebagai manusia yg dicipatkan berpasang-pasangan, menikah adalah untuk menemukan teman pedamping seumur hidup yang sepadan bagi kita. kalau tujuan pernikahan hanya untuk meneruskan keturunan, untuk apa kita melakukan proses jth cinta, pengenalan karakter, dan sharing visi dgn pasangan kita? itu berarti tjuan pernikahan lebih luas dibanding skdr hanya utk meneruskan keterunan..iya toh? namun sy sgt dapat mengerti betapa ‘momongan’ adalah sesuatu yg sgt diharapkan hadir dlm sbh pernikahan…maka itu keep in faith! bhkn kalau bs, lakukan tindakan iman! buat keadaan seakan-akan spt akan kedatangan seorang bayi! dan tetap terima kehidupan ini apa adanya dan jalani dgn bahagia! semangat ya mbak2 dan kakak2!!

  53. Rina

    hi..saya Rina (panggil aja Ina#31th)..pertama kali nemu website ini baru kemarin (heheh..telat bgt ya…) saya memang tidak mengalami hal2 yg teman2 alami..tapi saya merasa terharu sekali (bahkan saya menangis ketika baca comments temen2..) dan sangat merasakan kesedihan yang kalian alami..ibaratnya saya spt tersentak bhw selama ini mmg saya selalu bersyukur pada Allah (tlh dikaruniai momongan..) dlm setiap doa saya tapi terkadang syukur saya rasanya krg ikhlas dn lepas..tp stlh baca web ini jujur saja saya benar2 menangis dlm pengucapan syukur saya ketika berdoa, saya bgt surprise n salut dgn usaha temen2 utk memperoleh keturunan..kalian mmg wanita2 yg tangguh dn bgtu mulia..blm menjadi seorang ibu ttp jiwa kalian adalah seorang ibu sejati..saya doakan yg terbaik utk kalian..tetep semangat dan semoga lapang dlm menjalani segala rintangan dlm usaha kalian..

    Salam hangat..
    Rina

  54. nadya

    buat mbak2 yg ada disini..bersabarlah bagi yg belum mempunyai keturunan.karena rezeki yg di berikan Allah kepada hambanya dalam waktu yg berbeda-beda..
    ada yg 2 tahun,4 tahun ataw 9 tahun..banyak pengalaman org yg aku dengar,bahkan kakak ku sendiri 4 tahun baru di berikan keturunan..awalnya kakak ku ambil anak angkat,2 tahun ambil anak ternyata kakak ku punya kista..setelah di operasi 9 bulan kedepan kakak ku hamil..jadi kita smua harus bersabar, berusaha dan do’a..setiap do’a kita pasti di dengar.biasakan hidup untuk selalu tenang,jangan stress memikirkan HAMIL..HAMIL..HAMIL…karena membuat kita gk tenang,coba skali2 pergi berlibur bersama suami untuk menenangkan fikiran.aku alhamdulillah 2 bulan menikah di berikan keturunan. tapi bukan berarti aku tidak bisa merasakan pedihnya hati mbak2 saat ini.
    yg penting kepada mbak2 disini jangan pernah putus asa..usaha terus..Allah pasti akan memberi jalan yg terbaik buat kita smua

    salam hangat
    nadya
    (http://nabil-el-siddiq.blogspot.com

  55. danti diputri

    saya juga sudah 16 bulan memiliki anak,kami sangat mendambalkan seorang anak alagi apa do’anya? mungkin ada yang tau khusus doa pengen punya anak.

  56. noor

    “saya juga sudah 16 bulan memiliki anak,kami sangat mendambalkan seorang anak alagi apa do’anya? mungkin ada yang tau khusus doa pengen punya anak.”

    Kalau aku siy doanya :
    “Robbana hablana min azwaajinaa wa dzurriyatinaa qurrota a’yunin waja’alna lil muttaqiina imaamaa”
    artinya : “Ya Tuhan kami, anugrahkanlah kepada kami isteri-isteri kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami imam bagi orang-orang yang bertakwa.(Quran surat al Furqon:74)
    atau : “Robbii laa tadzarni fardhan wa anta khoirul waaritsiin”
    artinya : “Ya Tuhan kami janganlah Engkau membiarkan kami hidup sendiri dan Engkaulah Waris yang paling baik.(QS al Anbiya:89)

  57. rani

    hmm, legaaa banget ketemu web ini…isinya bikin saya ga merasa sendirian..makasih yaa teman2..saya sudah 3 tahun ini sedang mencoba, tapi mungkin karena usahanya lum serius makanya lom dikasih kali yahh..

    ciayoooo

  58. Nana

    halo mba lam kenal dari kalimantan.aq jg sama,nikah dah hampir 4 thn tp ga prnh hml,telat mens aja ga prnh,bahkan selalu maju.jgnkan bayi tab,rmh aja msh ngontrak jd kyx cm mmpi.skrg kpikiran ngangkat anak tp nyarinya jg susah.kdg suka nangis n ngomong sndri coz keinginan pny baby bsr bgt.sp lg yg mencintai qt tanpa syarat klo bkn anak sndiri??hiks

  59. Dhie

    Dear Jernih…

    Jangan bersedih, apalagi putus asa ya. Kamu tidak sendiri…
    Memang bukan hal yang mudah menerima kenyataan ini..Anggab saja ini cobaan dari Sang Khalik. Bukannya cobaan ini bukti bahwa kita dicintai Allah SWT??? AMIN
    Tahun ini, pernikahanku memasuki tahun ke 4. Sampai saat ini pula, Allah SWT belum mempercayakan anak kepada kami berdua. Kadang, rasa iri muncul saat melihat seorang Ibu yang sedang hamil. Sesegara saya usap perut sambil bermunajat kepada Sang Khalik. “Ya Allah..kabulkanlah doa kami,”.
    Jadi, pesan saya ke Mbak Jernih…keep istiqomah, selalu berusaha dan berdoa ya…
    Kita semua saling mensupport.

  60. dina

    dear jernih…
    pas nemuin website ini,pada saat hati ini sedang sedih,gelisah dan marah…
    aku menikah 3,5th…blom juga dapat momongan…
    kebetulan kami merantau ke bali,ketika kami harus pulang kampung,ada ketakutan tersendiri dari diri ku….takut ketemu sama orang…takut ditanyaiin,takut di hina dan di cemooh…n u know lah betapa berat rasa nya..
    aku sudah berobat kemana2…kalo di hitung mungkin sudah bisa dibeliin mobil…tp demi seorang momongan apapun aku lakukan…
    aku sedih tidak bisa membahagiakan ortu dan suami ku…aku sedih ketika melihat adik ku yang baru menikah 4 bulan dan sekarang sudah hamil 3 bulan (harusnya aku merasa bahagia bukan?)..

    tp setelah baca comment dari temen2 ,aku serasa bangkit kembali,kita tidak sendirian jernih,ternyata hidup ini masih panjang dan masih perlu diperjuangkan…tetep positive thinking dan semangat ya jernih…

    sampai kemarin kita ada rencana untuk adopsi anak,rasa keibuan ku mendorong ku untuk adopsi anak…keluarga dan suami juga mendukung..”bahwa anak itu adalah titipan dari Allah,baik itu yang lahir dari rahim sendiri maupun dari orang lain”..

    jernih,mari kita sama2 bersemangat dan sama2 menggapai impian kita…berharap hanya pada Allah,karena satu2 nya yang tidak pernah tidur…insyaAllah doa (proposal) kita di dengar dan akan di approve sesegera mungkin…amin…

  61. rusly

    dear all

    sedih,lega dan juga semangat share di media ini,
    krn saat ini aq berada di ujung sebuah harapan yang nyaris sirna
    semua Tuhan sudah tidak lagi sibuk sehingga sudah ada waktu untuk mendengar harap kita semua
    amin,,

  62. hadijah

    Dear All

    Salam kenal, saya sudah 11 tahun menikah dan usia dah 38 thn (hmpr dead line nih…) saya dah berobat k mana2 dari makmal Ui, RS Asih, Mitra dan skrng d bunda & rncn insim. sy jg mrasakan apa yg mbak2 rasakan kesal, sedih, mau marah stp ad yang ‘ngeledek’, mmng sih 5 thn pertama ckp berat (mdh2an ga nymp 5 thn…) yg penting kt dan swami bs kompak & kuat, nti jg terlewati. ambil hikmahnya aj waktu kt bs lbh bnyk urus ortu n’ kponakan2. walaupun kadang2 emosi naik turun juga sih…smoga dgn adnya website ini ga ad lg yg stress ya…kita sama2 slg doain smoga harapan kita terkabul… Amien

  63. echie

    hai jernih..kamu yang sabar ya..setiap pengalaman hidup yang harus kita lewati ga lepas dari rencana Tuhan..jadi kita ga boleh pasrah..mungkin itu hanya ujian..disaat kamu bisa berbesar hati dan mensyukuri semua yang kamu miliki pasti Tuhan melihat apa yang kamu tidak miliki tp kamu masih trus bersyukur..tetap semangattt ya..smoga keluarga kamu juga sabar dan slalu menyayangi kamu..

  64. cantika

    dear all…

    lam kenal buat semua ….sy nggak tau mesti ngomong apa..yang jelas kesedihan sy bisa terobati dengan membaca obrolan kalian semua…sy tdk sendiri byk yg senasib dengan saya yg menikah lama (6 tahun) tapi blm py anak…teman2 semoga kita semua selalu dilindungi Allah SWT dan di berikan anugrah terindah dalam hidup ini…BERUSAHA,BERDOA,PERCAYA,DAN YAKIN BAHWA ALLAH PUNYA JALAN YANG TERBAIK BUAT KITA….AMIIIINNN

  65. sisca

    @cantika:
    boleh sharing knp kok kamu blm pny anak problemnya apa sih?kan bs cerita disini shg dpt menjd bahasan bersama….spth ada solusinya….
    aku tunggu sharingnya deh….

  66. dina

    salam kenal semua, saya dina, saya jua sudah 8 tahun married, setelah menemukan website ini, sy baru tahu bahwa saya tidak sendirian, ternyata banyak jua pasangan yg berusaha untuk mendapatkan momongan. kita saling mendoakan agar kita terus berusaha, jangan pernah putus asa, karena Bapa punya rencana yg indah u kita anak2Nya, tepat pada waktuNya. Amin GBU

  67. sisca

    @dina:
    sharing dong sm kita2 knp dina blm pny anak smp 8th merid???ada problem apa?sudah periksa scr medis lom?hasil test medis gmn??cerita dong shg bs menambah pengalaman kami di web ini….
    kita tunggu ya…

  68. noni

    aku sudah 1,5 tahun nikah,karena belum hamil juga kami periksa ke dokter,ternyata suami menderita oligospermia berat(jumlah sel sperma sangat sedikit)nggak mungkin bisa menghamili normal,padahal suami tidak merokok,tidak minum alkohol,rajin olahraga,sedih sekali rasanya,suamiku orang yang sangat baik,apalagi waktu suami bilang jangan pernah tinggalin dia,aku bilang kesuami, mungkin karena cintaku yang begitu besar ke dia maka kami dikasih ujian seperti ini,kami akan berusaha…

  69. sisca

    @noni:
    ada info nih,suaminya tmnku spermanya bagus stlh minum produk herbal Gamat Extract(teripang emas) kmd makan 3siung bawang putih msh kulitan digoreng jgn smp gosong 3kali sehari…
    stlh hbs 2botol Gamat Extract sktr 2bln akhirnya istrinya bs hamil alami loh…..
    semoga info ini membantu kamu deh….
    jangan menyerah…tetap semangaaaaaaaaaaaat!

  70. ym

    saya juga sudah menikah 4 bulan, saya dan istri saya pingin untuk cepat dapat momongan. setelah saya membaca semua komentar ternyata ada yang sudah belasan tahun tp blm dapat kepercayaan dari Tuhan. ini memberi pelajaran buat saya untuk harus banyak mendekatkan diri kepada-Nya. buat kita semua….mari kita satu hati dan berdoa kepada Tuhan,: Bapa yang maha pengasih, kami tau bahwa bapa tdak pernah meninggalkan kami..oleh karena itu bapa, berkatilah kami dan bantu kami untuk mempersiapkan hati kami untuk menerima tanggungjawab ini sesuai dengan waktu Bapa. Trima kasih banyak Bapa.amin..

  71. aarin

    Hai jernih, salam kenal ya
    Aku juga ngerasain yang kamu rasain, aku udah menikah 2th, dam sampai hari ini belum ada tanda2 hamil, padahal banyak teman2 yg menikah belakangan, sekarang lagi hamil..
    Aku juga bosan selalu ditanyain ” udah isi belum ” bahkan teman2 sering mengejek dengan kata2 yg aneh, ada yang bilang , Makanya kalo ML yang liar dong, atau kurang pinter ML lah, atau bego lah, gak ngerti cara ML, sakit emang, tapi mau gimana, kita tak bisa mengerem apa aja yang mau orang katakan, PASRAH mungkin ini kata yang tepat saat ini, aku bahagia banget bisa ketemu website ini, terima kasih buat semua teman2 yang udah saling menguatkan, kita tidak sendiri bukan ???
    aku barusan periksa 2 minggu yang lalu, dan baru tau kalo ternyata posisi rahim ku dibelakang, Dr nya udah saranin cara ngitung hari subur, cara ML yang cocok buat posisi rahimku, tapi katanya gak pa2 kok, aku pasti bisa hamil, sekarang tinggal usaha dan berdoa,
    Cuma bingung gimana caranya agar kita tidak terlalu stress ya, setiap kali mau ML pasti mikirin mau buat anak,
    Manusia cuma berusaha dan berdoa, sampai semuanya indah pada waktunya…
    ayo semangat teman2, bayangkan ada banyak anak kecil yang lucu2 sedang mencari calon ibu nya….
    senang rasanya bisa jadi bagian dari website ini
    SEMANGAT YA….

  72. Theresia

    Halo mbak Jernih,
    Ternyata kita senasib, kadang aku sedih kalo liat cerita2 kayak gini tapi lebih sedih lagi kalo ada temen yang nanya pake ngejek dan posisi mereka udah pada married + udah hamil/punya anak. Terutamanya lagi keluarga inti rasanya itu pingin marah2 ke mereka dan bertanya (tanda tanya yang besar), apa mereka ga punya perasaan??? Tapi sekarang aku bawa enjoy dengan hobyku sebagai ibu rumah tangga. Ya lumayan sedikit mengurangi kesedihan karena ga terlalu banyak ketemu orang.

    SEMANGAT ya mbak!!!!

    Kita sama2 saling menyemangati dan mendoakan!!

  73. Sisca

    ikut gabung lg ya….
    aq skrg sdh hamil 7 mingggu nih….stlh ikut bayi tabung di klinik permata hati RS Sarjito jogja..
    ternyt bayi tabung di jogja ga semahal dugaanku seblmnya….aq kmrn total hbs 38jt sdh termsk simpan beku 2 embrio selama 2th lho…baca kisahku di web ini jg kategori:berhasil hamil,yogyakarta,tuba fallopi bermasalah,sperma bermasalah…
    buat mom yg blm berhsl hamil….jgn menyerah tetap semangat…..

  74. rees

    Salam bunda, dalam thread ini sy sampaikan adakah sesiapa yg berniat untuk adopsi anak perempuan ? sy seorang ibu yg tidak bernasib baik dan tengah dihadapi dengan masalah yg amat sulit. Anak saya berusia 8bln, dia cantik, sehat dan berkulit putih. jika ada bunda yg ingin mengadopsi nya dan dpt memberikan kasih sayang layaknya orangtua kandung , sudikah jiranya utk datang ke rumah saya. jika serius please email ke ; rees_1160@yahoo.com saya akan segera menghubungi

  75. cherli

    sabar yaa mb ,di dunia ini bukan mb aja yg ngalamin hal yg sama ,aku sendiri nikah dh 6 tahun jln,sampai sekarang blom di kasih momongan ,yg sedih lgi mb suami dh gk karuan di luar sna ,dh jarang pulang dengan alasan yg gk jelas,klu keluarga gk nuntut n gk mempermasalhkan santai n ihklas aja mb ,,yakin aja suatu saat pasti allah memberikan apa yg mb ingin ,,amin ..

  76. Tinik

    apalagi dengan ku yang sudah lebih dari 20 tahun menikah, banyak sekali ujian dan cobaan yang kualami tetapi itu semua karena Tuhan sayang ma kita, banyak cara aku lakukan untuk memiliki anak, aku dikasih anak oleh bule anak itu keturunan WNI dikasihkan ke saya dan suami dengan begitu membuat perasaan nyaman dan tidak sedih lagi, dengan adanya anak angkat hati menjadi damai trus dah tidak memikirkan hal-hal harus punya anak dari rahim sendiri, usaha-usaha lain trus dihentikan karena dah capai dan menguras uang, e apa yang terjadi setelah pasrah dan iklas dengan semua yang terjadi dan setelah menikah 20 tahun lamanya puji Tuhan saat ini saya hamil 2 bulan, coba juga menkumsumsi teh hijau kata peneliti bisa menyuburkan kandungan, semoga tulisan saya ini bermanfaat, apapun yang menimpa kita harus kita terima dengan iklas dan pasrah, memang iklas itu tidak gampang apalagi pasrah.

  77. jasmine

    Aku sudah menikah 4 tahun dokter mendiagnosa kedua saluran tuba ku mampet dan hydrosalping setelah operasi laparatomi aku tes hsg lagi tapi hasil nya masih mengecewakan kedua saluran tuba ku masih sempit di kedua ujung nyamdintambah lagi suamiku di vonis kena varikokel bilateral..tambah down untuk punya anak secara normal..kalo bayi tabung duit nya tidak cukup,alhasil sekarang cuma bisa pasrah dan meratapi nasib????????????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*