Keguguran setelah berhasil hamil bayi tabung – Lia

Salam kenal untuk teman2 semua,
Saya ingin berbagi pengalaman mengenai program bayi tabung kami.
Nama saya lia (37) dan andri (39). Kami sudah menikah 7tahun. Sebetulnya dari usia pernihakan kami 6 bulan, kami sudah ke dokter. Namun dokter bilang terlalu dini untuk program, beliau menyarankan untuk alami dulu minimal 1 tahun baru bs kembali lagi untuk program. Setelah setahun kemudian, kami kembali lagi ke dokter namun belum ada hasil.

Tidak terasa usia pernikahan kami memasuki tahun ke 6 tetapi belum nampak tanda2 hamil. Kami memutuskan ke bic atas rekomendasi dari sepupu kami dengan dokter Ivan. Pada bulan desember 2013 kami ke dokter Ivan, Dr. Ivan menyarankan kami untuk inseminasi karena pernikahan yang sudah terlalu lama. Kami setuju. Singkat cerita, proses inseminasi kami gagal. Saya mencoba untuk berlapang dada. Memang tuhan belum memberikan jalannya untuk kami.
Di bulan juni 2015 akhirnya kami memutuskan untuk ikut program IVF di bic lagi, disamping record kami sudah ada disana, kami merasa sudah cocok. Tapi kali ini kami ganti dokter dengan dr. Arie polim. Selanjutnya kami membuat appoitment konsul dengan dr. Arie, Dr arie info untuk memulai program agar saya datang pada menstruasi hari ke 2 dimana harus usg untuk ukuran sel telurnya. Sementara itu, kami dibekali vitamin selama 1bulan.

Tanggal 9 juli saya menstruasi, tanggal 10 juli langsung kami bertemu dengan dr. Arie. Beliau usg sel telur saya, untuk tuba kanan ada 5 telur, untuk tuba kiri ada 3 telur. Lalu mulai malam itu saya suntik hormon sampai 4 hari kedepan.
Tanggal 14 juli saya kembali lagi ke dokter ari untuk usg telur. Ternyata hasilnya di kanan ada 7 telur yang berkembang. Di tuba kiri hanya 4 telur. Itupun mentah tidak mau membesar. Lalu saya diberikan lagi resep suntik smp 4 hari lagi. Oh ya selama suntik saya diminta untuk memperbanyak makan protein. Jadi saya makan putih telur 4-6 butir, susu peptisol, ikan salmon/gindara/ tuna, untuk buah saya mengkomsumsi alpukat, kiwi, pepaya dan madu setiap pagi.
Tiba tanggal 18 juli, balik lagi ke dr. Arie untuk cek ukuran telur. Beliau bilang yg kanan ada 5 yang matang. Yang kiri hanya 4 tp tidak mau matang. Setelah cek darah lagi akhirnya saya bisa lanjut proses opu. Malamnya saya suntik pregnyl untuk suntik pemecah telur.
Tanggal 20 juli. Tibalah Waktunya opu. Hasilnya Alhamdulillah ada 11 telur yg bisa diambil.
Tanggal 25 juli, proses ET. Setelah proses seleksi ada 4 embrio dengan kualitas good. Jadi 2 ditransfer. 2 lagi disimpan. Alhamdulillah.
Tgl 5 agustus, pembagian raport. Hasil tes darah menunjukan saya positif hamil dengan hcg 175. Hari itu jg kami k dokter arie utk suntik penguat. Dan diminta kembali 2 minggu lagi. Alhamdulillah tak henti2nya kami mengucapkan syukur.
Tgl 20 agustus, saya usg utk pertama kali sudah nampak kantung janin dan isinya.
Tgl 3 sept, kami kembali lagi utk usg. Alhamdullah janin sudah membesar uk. 1,5 cm. Dokter menyarankan kami mulai cek kehamilan per bulan, di awal okt.
Tgl 21 sept, ketika bangun tidur dan ke kamar mandi utk pipis, saya kaget ternyata saya flek coklat2 lumayan agak banyak. Saya langsung bedrest dan paginya langsung k dokter arie di rsia pluit. (waktu itu beliau sedang praktek disana). Alhamdulah di usg baby kami baik2 saja dan bergerak gerak. Malah sudah terlihat tangannya melambai2. Saya disuntik penguat kembali. Oh ya dokter menyarankan kami untuk cek kromosom jika setelah 3 bulan. Katanya kehamilan di atas usia 35th suka ada kelainan pd bayinya. Sementara itu saya bedrest seminggu tdk ke kantor.

Senin tgl 28 sept, hari pertama saya masuk kantor kembali. Agak berat rasanya mau ke kantor,tp tetap saya berangkat. Jam 9 dan jam 11 saya merasa mulas. Tetapi hanya sebentar. Saya kira sakit perut biasa. Jam 12 saya makan siang diruangan. Ketika selesai makan, tiba2 ada sesuatu yg keluar dr rahim saya. Langsung saya ke kamar mandi dan ternyata darah mengucur dengan derasnya. Saya panik, langsung saya ke rsia bunda dan hubungi dr. Arie. Tak henti2nya saya istigfar, rasanya saya lemas sekali. Ketika dr arie datang dan di usg. Ternyata darah sudah memenuhi rahim saya. Bayi kami tidak tertolong, sudah tidak ada detak jantungnya.saya menangis terus, dokter memutuskan utk langsung dikuret. Sore itu juga saya langsung kuret. Sedih rasanya kehilangan bayi kami. Sampai saat ini tak terasa airmata ini terus menetes mengingat perjuangan yang kami lalui. Tapi kami sadar semua ini terjadi atas kehendak Allah SWT. Mungkin ini adalah yang terbaik bagi kami. Semoga Allah memberikan kekuatan bagi kami lahir dan batin. Amiin..

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...

18 thoughts on “Keguguran setelah berhasil hamil bayi tabung – Lia

  1. rohmaulina sipayung

    Hai salam kenal semua sayapun mengalami keguguran spontan dengan usia kehamilsn 10 minggu,sedih rasanya…ga karuan deh promil dgn dr.nge .dgn fresh embrio….pada awal kehamilsn sih baik aja tiba usg masuk 2 bulan kata dokter hamil aq tidak berkembang dari situlah aq stress perut kram akhirnya pendarahan dan gugur deh….membaca smua aq jd smangatt..smogalah aq dan kita smua bisa hamil alami,trauma dengan bayi tabung.emosi naik turun

  2. diandhee

    Hai slm kenal smwnya.. Buat yg dah jd bumil slamat y smoga sehat n lancar smp lahiran.. Aamiinn.. Buat lg msh promil smgt trs y, smw pst indah pd wktNya dsaat yg bnr2 tepat.. Aamiinn..
    Aq jg bru keguguran ne pd ivf q yg ke2 melalui fet.. Yg pertama dg fresh embrio gagal bhcg 0,1 mgkn d sebabkan krn OHSS.. Yg ke2 dg frozen embrio bhcg 104 tp kadar progesteronnya rendah skali hny 10, n selang 2 hr kemudian aq pendarahan, trs d rawat inap 3hr msh ngeflek jg, sminggu kmudian akhrnya embrio aq menyerah, aq haid.. Hiikkss.. Rencananya abs lebaran mo cb Fet lg krn embrio saya yg d simpan alhamdulillah msh ad 8..

    Smoga usaha aq n bunda2 yg msh berjuang promil berhasil y.. Aamiiinn.. Smgtttt.. Smw pst indah pd wktNya.. ???

  3. Rida

    Dear Emily,

    Saya bisa merasakan sedihnya. Insha Allah bayi yang belum terlahir itu akan membawa kita ke surga. Sabar dan ikhlas ya.

    Dari yang pernah saya baca memang stress dapat mengeluarkan hormon yang mengganggu janin. Saya sendiri mengalaminya. Saat 2WW sebenarnya bisa rileks, namun setelah positif hamil saya mengalami kuatir cemas yang berlebihan takut keguguran lagi. Ditambah lagi setelah hamil 6 minggu ada ujian lagi masalah keluarga. Akhirnya janinnya tidak berkembang meski sempat udah ada detak jantungnya.

    Semoga setelah ini diberi kemudahan bisa hamil alami. Pastinya secara psikis hamil alami lebih rileks, kayanya efek obat ivf benar2 bikin emosi ga karuan deh hiks. Pelajaran mahal yang saya dapat kalo ivf lagi dan hamil hindari orang-orang yang bikin kita tambah stress paling ngga sampai lewat trimester pertama.

    Terus berdoa dan ikhtiar ya. Semoga kedepannya dilancarkan dan dimudahkan ikhtiar kita ya. Amin…….

  4. emily

    Salam mba Rida
    Maaf sy br lht ada reply
    kl kata dktr kemungkinan embrio tdk terlalu kuat menempel. Dokter tdk mengatakan kelainan kromosom krn masih terlalu dini utk ditegakan diagnosanya. Faktor psikologis mgkn iya juga sich. Sy masih suka kepikiran anak pertama yg udh di surga. Jd masa 2WW terkadang sy masih nangis kl inget anak. Wlwpun masa 2WW sy 24jam didampingi sama mama & suami tp tetap aja kepikiran
    Mungkin kalo kelak Tuhan kasih kesempatan utk ikut IVF lg sy akan pastikan fikiran & perasaan saya dlm kondisi “baik2 saja” 🙂 hihihi…. krn faktor psikologis ternyata sangat berpengaruh y.

    Mba Rida jangan trauma y. Kita termasuk wanita yang berjuang utk mendapatkan anak. Bahkan sampai titik darah penghabisan. Semoga Tuhan kasih kita nilai plus, dan semoga sebentar lagi Tuhan akan meniupkan Ruh seorang janin ke rahim kita..Aamiin..Aamin..Aamiin

  5. Rida

    Dear Mbak Lia dan mbak Emily,

    Menurut dokter apa penyebab kegugurannya? Apakah kekentalan darah dan berapa d-dimernya.

    Saya juga baru saja harus mengiklaskan kehamilan saya yg ke-2 dari ivf yg ke-3. Ivf-1 dengan dr Ng di penang hamil dengan bhcg 237 namun bo dan dikuret diminggu ke-10. Ivf-2 fet gagal. Dan ivf-3 ini di bic dengan dr Ivan hamil dengan bhcg 206 namun diminggu ke-10 divonis detak jantung janin berhenti. Awalnya d-dimer saya diminggu ke-5 kehamilan adalah 2450 setelah 2 minggu suntik pengencer turun ke 463. Jd kata dokter kekentalan darah saya efek opu. Tapi kedua dokter tsb bilang penyebab keguguran saya adalah masalah kromosom. Jika pakai teknis PGS screening kromosom paling tidak harus ada 5 embrio good sedangkan kemaren ini saya hanya ada 2 karena faktor usia saat ini sudah 38tahun susah dapatin banyak embrio.

    Saat ini saya masih trauma dengan keguguran berulang ini. Meski saya sadar ini adalah kehendak Allah dan ujian kepada hambaNYA. Semoga setelah ini jalan kita utk memperoleh keturunan dimudahkan ya.

  6. Emily

    Dear mba Lia..
    salam kenal ya mba.

    Pengalaman kita sama. Cuma kalo mba mulai program di bulan juni, saya malah di bulan juni itu janin saya dinyatakan IUFD (janin meninggal dalam kandungan) pada kehamilan 6 bln. Alhamdulillah lahiranya normal, di Induksi. Baby boy. Selang 5 bulan saya mencoba Thawing cycle (baytab menggunakan embrio beku) berhasil tp bhcg rendah. Embrio cm menempel sampai kehamilan 5-6 minggu. Awalnya saya emang menyerah, tp setelah gabung diforum ini, dan membaca semangat teman2 yg lain, saya jd semangat lg. Dan kalo Tuhan kasih keaempatan, kepercayaan & reski lg saya jg akan mulai program baytab lg. Tapi tunggu 1-2 tahun lg 🙂 hihihi…. siapa tahu Tuhan kasih hamil normal. Aamiin

    Saya mengerti bagaimana perasaan mba saat ini. Tapi jangan menyerah y mba. Tetaplah semangat. Simpanan embrio mba kan jg masih ada. Saya doakan mba berhasil Thawing Cycle y.aamiin…

  7. keii

    Salam Kenal Mba Lia,

    Perkenalkan saya Keii konsultan bayi tabung di safe fertility center, bangkok.

    sekedar berbagi informasi

    memang betul apa kata dokter mba jika kehamilan diatas 35 thn harus melaalui proses pengecekan kromosom.
    maka dari itu klinik kami menawarkan pengencekan kromosom pada EMBRIO sebelum di transfer ke rahim anda. maka pengalaman keguguran seperti itu dapat dihindari.

    keguguran yang mba lia alami penyebabnya bermacam2..
    contohnya :
    1. kualitas embrio tidak cukup baik (meskipun embrio dapat mencapai blastocyst, belum tentu embrio tersebut kualitas nya bagus.)
    2. karena mba lia melakukan fresh embryo transfer, dapat dipastikan rahim anda belum siap untuk menerima janin.
    3. embrio tersebut memiliki abnormal kromosom yang menyebabkan keguguran

    fungsi dari pengecekan kromosom pada embrio sebelum di transfer adalah untuk mengurangi resiko keguguran dan mengetahui bahwa janin yang akan di transfer adalah normal baby.

    dan di klinik kami, fresh embryo transfer sangat tidak di rekomendasikan.

    bagi yang ingin mengetahui lebih detail prosedur dan info2 lain seputar bayi tabung / pengecekan kromosom, dapat menghubungi saya di
    indonesian01@safefertilitycenter.com

    semoga informasi ini dapat membantu

    salam,

  8. marni

    salam kenal mb Lia…

    saya bisa merasakan kesedihanmu mbak, hasil program batab saya bl mei kmrn jg gagal, malah sy blm merasakan tanda hamil sama sekali. yuk kita bangkit, semoga dimudahkan Allah utk mendapat keturunan. sy sdg berencana utk prog BT lagi. Bismillah….

  9. lia

    hi Ilya,

    Saya di Bunda International clinic (BIC) menteng. Biaya dr awal program sampai berhasil hamil sekitar 80 jutaan. Kebetulan disana waktu itu lagi ada paket promo rp 43.500.000 tetapi ya tetap aja membengkak biayanya :). Apalagi jika usia sudah diatas 35 biaya lebih mahal lagi karena dosis obat2nya lebih tinggi.

    Salam.

  10. lia

    @mba Zara..,

    Terima kasih atas support dan doanya, mba juga yang semangat ya.. Kita sama2 berdoa, semoga Allah memberikan kita keturunan pada waktu yang tepat.. Amin YRA..

    @mba Nining,

    Betul mbak bilang, pasti Allah punya rencana baik dibalik semua ini… Mbak juga yang sabar dan ikhlas ya.., kita manusia diwajibkan untuk berdoa dan ikhtiar, Inshaa Allah pasti ada jalannya untuk permasalahan mbak. . Allah tidak akan membebankan manusia diluar kemampuannya. Kita sama2 semangat dan berjuang terus ya mbak… Hugs..

    @mba Miel,

    Ya ampun mbak, aku salut sama perjuangan mbak, ga kebayang gimana rasanya sdh 2x batab tapi gagal, apalagi yg pertama babynya sudah 7 bulan. Aku turut sedih ya mbak. Aku doakan mudah2an batab yg ketiga berhasil yaaa…
    Mengenai pepaya.., waduh saya bener2 ga tau mbak klo ga boleh makan pepaya. Pdhl dr awal program smp hamil saya makan pepaya terus agar bab lancar. Kalau tau gitu saya nyesel mbak.. Saya selalu makan pepaya setiap hari.. Apa karna itu ya babyku keguguran? Saya pas minggu ini 3 bulan jd saya kira sudah aman. Ternyata belum ya mbak. Kmrin dokter juga bilang ini plasentanya lepas. Dia tanya apa saya naik tangga atau jatuh.? Krn aku prosesnya spontan langsung keluar, ga sedikit2 dulu. Saya blg nggak. Dia agak heran juga. Rencana sabtu ini saya ontrol. Sekalian nanti saya tanya2 lagi k dokter.
    Terima kasih ya mbak atas infonya…
    Salam..

  11. miel

    Mbk lia…turut prihatin ya…sedih….biarkan rasa itu ada namun jgn biarkan terus ada..ayo semangat lg..kita mmg terpilih mnjadi wanita yg berjuang utk mndaptq buah hati. Ak sdh 2 x batab mbk..yg pertama bs hamil mpe 7 bln..lahir normal dg kondisi bayiku meninggal dlm kandungn..batab kedua gagal..embrio sama sekali ga nempel. Skrg msh terus berdoa,berharap & upaya..mg harapan batab ketiga Allah ridho & mudahkan segalanya. Sy baca pola mkn mbk pas persiapan batab sudah bener. Tp kl pepaya ga disarankan krn ktx terlalu bnyk vit. A justru mengganggu penempelan embrio..

  12. Naning

    Dear Mbak Lia,
    Saya turut prihatin Mbak Lia, bagaimanapun Allah punya rencana yang lebih indah, positif thinking n terus berdo’a dan berusaha. Saya bisa bilang seperti itu coz saya juga sedang belajar ikhlas Mbak, 2 tuba saya sudah buntu, sedangkan untuk program BT terkendala dengan biaya dan usia.

    Semoga Mbak Lia cepat diberi buah hati ya Mbak. Aamiin….
    Salam…

  13. zara

    M. Lia
    saya turut prihatin saya paham bagaimana sedih nya , semoga allah segera menggantikan kesedihan m.lia dengan kebahagian dengan kehamilan yang alami …aamiin
    saya sendiri juga belum berhasil , malah nasib m,lia lebih baik dari saya krna m,lia sempat merasakan kehamilan… jangan putus asa ya m. lia , alhamdulillah m.lia masih ada simpanan embrio
    semoga m.lia diberikan kekuatan dan kesabaran , insha allah disegerakan allah untuk hamil sehat lancar kembali

    salam

  14. lia

    hi mba riri.. Salam kenal juga yaaa…

    Mbak saya juga turut sedih dengan cerita mbak :(, cepat ya prosesnya :(.
    Betul mbak kita manusia hanya sebatas ikhtiar dan berdoa, hasilnya Allah yg tentukan. Saya juga sangat bersyukur bisa merasakan hamil setelah 7tahun kosong. 3 bulan kehamilan yang indah. Bisa merasakan mual, muntah, pusing, ngidam…

    Kita berdua sama2 berjuang lagi ya mbak.. Tetap semangat.. Inshaa Allah, kita bisa segera hamil lagi. Amiin..

  15. lia

    Salam kenal kembali mba Marini… peluuk balik..

    Wah ternyata pengalaman kita sama ya mbak.. ternyata saya tidak sendirian mengalami hal ini.
    saya jadi semangat kembali membaca pengalaman mbak… alhamdulillah ya mbak Allah memberikan kehamilan Alami. Mudah2an saya juga segera dikasih kehamilan kembali .. amiiin…

    Betul mbak bilang harus positif thingking. Skrg saya ingin memulihkan kondisi rahim kembali agar sehat dan bs mulai program lagi..
    Semangaaat.. !!!

  16. riri

    Mbak salam kenal aku Riri… aku turut sedih dgn cerita mbak…

    Tp pengalaman kt sama mbak, bln 1 kmrn aku juga IVF di penang dgn Dr Ng, aku hamil dgn Bhcg 190. Dan dokter adh menganjurkan balik ke medan by plane.. aku balik sabtu dan hari minggu aku perdarahan dan dinyatakan keguguran dgn Bhch 0.4. Disitu aku dan suami sedihhhh banget ini harapan stlh 5 thn menikah… tp semua udah kehendak Allah masih ttp bersukur bs merasakan kehamilan… walau sesaat. Aku pengen coba IVF lagi mbak tp mgkn di medan saja.. semoga kita sama2 diberi keturunan ya mbak.. tetap semangt

  17. marini

    Peluk mbak Lia….

    Saya bisa merasakan kesedihan mbak…hal yg sama pernah saya alami tahun 2010 ketika program BT dg dr. Irsal di RS.Gading Pluit. Kl gak salah BHCG saya dulu jg sekitar 160-an….tapi janin saya gak bertahan lama…nangis kl inget….dan.postingnya ada di club ini jg mbak…

    Tp kita emang harus positive thinking…mbak….tadinya setelah mens ke 3 kali pasca keguguran sy akan program lagi dg embrio beku sy yang masih tersisa 1, eh…Allah ternyata menjawab doa dn membalas usaha kita dengan kehamilan sy secara alami. Jadi disaat sy jadwalnya kontrol pada periode mens yg ke 3, sy justru telat…dan alhamdulillah malah hamil scr alami. Dokter jadi bingung sendiri. Ini saya posting jg di club ini.

    Alhamdulillah skrg putri kami sdh berusia 4,5 tahun. So, tetap semangat ya mbak…tetap positif, optimis….

    Salam kenal

    Marini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*