Kegagalan bukan akhir sebuah perjuangan – Elia

Sebenarnya saya agak ragu untuk menulis pengalaman saya akan gagalnya bayi tabung yang saya jalani,mengingat usia saya 35th dan usia suami 41 th sehingga tanpa berpikir panjang saya dan suami langsung memutuskan untuk bayi tabung.kami pilih BIC- menteng dengan dr.Indra. pertama kali konsultasi dan di usg ternyata telurnya sedikit dan juga ada kista, dokter menyarankan supaya saya cek darah dan hsg.lagi-lagi masalah, ternyata tuba kiri non paten.

Akhirnya programpun dimulai hingga 6 – 9 maret saya mulai suntik gonal(suntik dua jari dibawah perut) dosis 300,tgl 10 maret di USG ternyata belum mencapai ukurannya. saya lanjut suntik gonal tgl 11-13, tgl 14 di USG lg tapi ternyata masih juga belum bisa dipetik, gonal f masih lanjut 2 hari lagi tapi dengan dosis 150. Seperti biasa cek lagi, di USG lagi dan alhamdulillah bisa dipanen, terus dokter kasih suntik anti pecah untuk sel telur (lupa nama). Kemudian cek ke dokter lagi dan seperti biasa di USG lagi dan siap untuk OPU tgl 18maret, tapi sebelum OPU say dikasih suntik untuk pemecah telur, suntiknya sama seperti gonal f persis dua jari bawah pusar, sayapun suntik sendiri dirumah. kemudian sampai pada hari H untuk OPU tgl 18 maret tapi malamnya disuru puasa dari jam 12 malam.

Tgl 18 pagi saya ditemani suami berangkat ke BIC, mengingat jakarta macet jadi kami berangkat jam 7pagi sebab waktu OPU jam 9.30 am. Jam 8 sudah di BIC dilantai 2 dan langsung dipanggil suru istirahat sambil tiduran terus deh dipasang jarum untuk bius dan jam 9 saya masuk ruang OPU, gak sampai 5menit ternyata saya sudah gak ingat apa-apa lagi dan saat saya sadar saya sudah diruang pemulihan. sel telur saya hanya ada 5 dan saya sempat kecewa karena saya gak punya telur yang banyak tapi harapan saya tetaplah sama semoga berhasil. kemudian dihari ke3 saya ET tepat 21 maret, parahnya harus nahan pipis, rasanya sakit tapi harus bagaimana mau gak mau harus ditahan, hari itu saya sedikit kecewa ketika ET ditangani oleh dokter lain karena dokter yang menangani saya lagi diluar kota, detik itu saya jadi pesimis dan merasa akan ada kegagalan.

Kemudian sampailah pada hari H untuk tes hbcg dan urin dan setelah 5 jam saya dapat sms dari suster bahwa dari hasil cek darah dan tes pack NEGATIF, seakan runtuh isi dunia bagaikan menghantam tubuh saya,saya menangis dan pedihnya hanya saya yang allah dan saya yang tahu. saya gak tahu cara memberitahukan berita itu kesuami saya, dan saya kasihkan hp kesuami dan suami saya langsung diam hingga akhirnya dia mengucap Astagfirullahaladzim dan Alhamdulillah. saya bersyukur suami bisa memahami dan menyadarkan saya bahwa meskipun 1000 tangan manusia menolong kalau belum ada izin dari Allah swt kita tak berdaya. Untuk biaya keseluruhan dari awal konsultasi hingga selesai Rp. 75.928.000.kegagalan ini memberi saya semangat bahwa sya tidak akan menyerah dan akan mulai lagi bayi tabung ke2 dibulan juni dan insyaallah semoga berhasil atas kehendakNya dan dengan izinNya,, amiiin

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (4 votes, average: 3.00 out of 5)
Loading...

23 thoughts on “Kegagalan bukan akhir sebuah perjuangan – Elia

  1. bee

    Shalom. Selamat siang. Saya hendak memohon bantuan kepada saudara2 yang membaca post saya ini. Saya dan suami sudah menikah hampir 7 tahun, kami belum dikaruniai keturunan. Kami berdomisili di Jakarta. Sebagai informasi, saya berdarah keturunan Jawa-Thailand, dan suami saya Chinese. Kami mohon apabila ada yang memiliki informasi bagi kami untuk dapat mengadopsi seorang bayi, mohon dengan sangat untuk dapat menghubungi saya melalui email arimbi.huhnholz@yahoo.com atau bbm saya 748E00B5.
    Terima kasih sebesar-besarnya kami ucapkan. Tuhan memberkati.

  2. keii

    selamat pagi calon ibu2 hebat..

    Saya Keii, saya bekerja di klinik bayi tabung di bangkok.

    memang bayi tabung bukanlah hal mudah untuk dijalani, baik dari segi psikologi maupun secara fisik, juga materi tentunya. namun demi impian memiliki buah hati yang sehat, terkadang Tuhan izinkan kita melalui proses tersebut.

    sekedar informasi, klinik kami berpusat di kota bangkok dan sangat mudah dijangkau.
    bisa dibilang klinik kami adalah klinik pertama di Asia yang mendapatkan sertifikat RTAC yaitu terakreditasi dari Australia dan Newzealand.
    di dukung oleh tenaga profesional di bidang infertilitas lebih dari 20 tahun, SAFE FERTILITY CENTER hadir dengan teknologi tercanggih dan menjadi klinik yang terbaik di thailand dan asia.

    banyak pasien kami yang berasal dari singapore, malaysia, jepang, hongkong, china, india, vietnam, maldives, amerika, aussie, eropa, juga indonesia.. maka itu tidak perlu kuatir.

    bagi yang ingin melihat profile mengenai kami dapat dilihat di
    http://www.safefertilitycenter.com

    dan bagi yang ingin menanyakan lebih lanjut, dapat menghubungi saya di
    indonesian01@safefertilitycenter.com

    salam,

  3. Lulu

    Hi Moms…
    Semoga kita semua selalu dalam keadaan sehat walafiat ya moms..

    Bulan lalu aku ke penang untuk ikut program bayi tabung yang pertama. tanggal 5 kmrn aku check BHCG dan hasilnya Syukur Alhamdulillah aku positif moms…

    Mohon doanya yah moms Insha Allah kehamilan aku ini baik2 aja, kami sehat dan lancar sampai melahirkan. Amiin…

  4. nita

    Dear Elia, saya juga program bayi tabung di rs yang sama. alhamdulillah saya berhasil setelah tiga kali menjalani program ini pada usia pernikahan saya ke 11 tahun. Untuk semua mama… bunda yang masih berjuang… pengalaman yang saya ambil dari 3 kali program ini …. rileks…. pilih lah dokter yang membuat kita yakin… nyaman…

    saat program kedua… untuk proses ET saya ditinggal oleh dokter saya (diganti dengan dokter lain) saya kecewa .. nangis… ngga yakin akan berhasil…. Tapi pada program ketiga… saya lebih rileks… saya meyakinkan diri apapun yang diputuskan oleh dokter saya itu yang terbaik… dan penggantinya pun tidak akan mengambil keputusan sendiri tanpa persetujuan dokter saya…

    Jadi tetap semangat dan rileks ya bun…

  5. Vincentia

    hi,

    untuk nita, aku mau saran aja, kalau bisa suaminya jangan konsumsi green tea, apalagi yg dr cina atau jepang, karena itu kandungan kafeinnya lmyn tinggi. untuk persiapan batab ada baiknya menghindari semua jenis minuman yang mengandung kafein, seperti teh, kopi, dan soda. lebih baik mengkonsumsi jus wortel yg dicampur apel, tomat, dan madu karena dipercaya bisa meningkatkan kualitas sperma maupun telur (apabila dikonsumsi cewe).

    ini dari pengalaman pribadi aku sih. semoga berhasil ya program bayi tabungnya,

  6. nita

    Hai semua.. Aq jg renc mw bt digraha amerta akir bln april ini. Ada yg pny kontak catering bt dan kos2annya. Thanks.. Mdh2an qt semua dikasih kpercayaan pny debat.. Aamiin. Owh iya, emailku anita.puspita99@yahoo.com. Bs diinvite ke fb bt. Thanks..

  7. nita

    Hai.. Semua.. Aq nita dr malang. Rencana jg mw program bt di graha amerta dg dr. Hendy akhir april ini.mdh2an bs berhasil. Aamiin. Owh iya.. Ada yg pny kontak bwt catering bayi tabung ma kos2annya. Skrg aq rutin minum susu prenagen persiapan khamilan dan glucola. Kl suami konsumsi green tea. Makasih semua…mdh2an qt semua dikasih kpercayaan untuk pny dede bayi.. Aamiin.

  8. Susan

    @Mbak Elia :…Tetep semangat Mbak, keyakinan harus tetep ada di hati kita. Setiap Doa dan Usaha kita pasti dikabulkan TUHAN. Saya juga berencana mau program Bayi Tabung Mbak…Saling Mendoakan Mbak…Semoga Berhasil. Amiin.

    @Mbak Mila…ini email saya: yunita1811@gmail.com, invite di FB ya Mbak…Suwun.

  9. laisya

    @Elia : iyaa momm..mudah2an Allah mengabulkan doa kita untuk segera punya momongan..aamiin

    @Lulu : hai Lulu..aq lom ikut program dl di Lam Wah Ee penang baru mau check dl penyebab or faktor medis kegagalan Embrio tdk bs menempel sama sekali di rahim setelah ikut 5X pun,mmg sich after ET mmg semua tergantung keputusan Allah jua yg punya Kuasa..

    @mila : alamat Emailku laisya_se@yahoo.com..thanks yaa momm..

  10. mila

    Halo semua,
    bisa minta alamat email untuk FB nya? Nanti saya forward ke group admin nya. Soalnya only by invitation.

  11. ika

    Dear mb elia…
    Yg sabar mba..ttp smangat yaa kebetulan sy jg pasien dr indra yg blm berhasil..rasanya emg runtuh program pertma BT gagal, tp ttp berjuang ya mba ..percaya bahwa kebahagiaan itu segera datang. Amin
    Sy jg berniat program BT ke 2, cm masih menyiapkan dana dan terutama persiapan mental.

  12. Xiu

    @Elia : peluk say.. tetep semangat yach.. oya kalo boleh tau kamubpas ET sama dokter siapa yach? Thanks..

  13. Lulu

    @Mba laisya: Mba IVF di penang di hospital apa? kebetulan aq juga lg program IVF di penang di lam wah ee hospital. Insha Allah minggu depan aq ET.

    Mohon doanya semuanya..

    @Mba Elia: yang semangat yah mba… Insha Allah bulan juni ini datang keajaibanNYA. Amiiin… Kalau boleh saran coba aja sama dokter Ng Peng Wah di Lam Wah Ee Hospital. Hasil survey IVF nya lumayan bagus. Biayanya juga lumayan murah mba. untuk tahun ini biayanya sekitar maximal 13,000RM atau dirupiahkan sekitar Rp. 46,800,00 dengan kurs Rp.3,600. mayoritas pasiennya dari indonesia semua mba,beliau spesialis Bayi tabung. semoga berguna yah mba…

  14. Ningsih

    Hai Mba Elia ..salam kenal… Tetap semangat mbak,, aku jg kmrn ikut program ivf di bic Dgn Dr Irham,, alhamdulillah Dgn ijin Allah sy hamil skr udh jalan 7 Minggu .. Tetap semangat ya mbak,, problem saya kedua tuba tersumbat,,dan suami jg agak sedikit bermasalah … Iya Mba memang benar dokter membantu sampe proses ET,, selanjutnya kuasa Allah SWT.. Smg treatment berikutnya berhasil ya Mba,, jgn lupa pas program banyak makan sehat, makan putih telur, dan susu high protein..

  15. Elia

    Hai @Mila & Laisya
    @Mila:sarannya boleh banget,,, makasih ya????

    @Laisya: kita masih diuji karena allah menyayangi kita,yang penting kita jangan patah semangat dan berusaha terus selanjutnya biar jadi ketentuan allah, semua akan indah pada waktunya.semoga allah memberi kita kepercayaan untuk menjadi seorang ibu.. Amiiin

  16. sonia

    Tetap semangat mba Elia,saya pernah merasakan kegagalan itu.Sekarang lagi mempersiapkan fisik dan mental lebih ‘jos’ untuk mulai program lagi.Kalo boleh tau,sebelum program BT mba Elia belum pernah HSG dan cek2 lainnya?pas ketahuan ada kista,dokter gak nyaranin untuk bersihin kistanya dulu?

  17. laisya

    Hai Elia,

    Salam kenall,saya laisya,saya tgl18 maret lalu jg saya FET di BIC,dan hasilna pun seperti 4x sebelumna Embrio tdk menempel sama sekali di rahim..hikkss hikss..perasaan ku jg down n sdh hopeless bgt kmrn..alhamdulillah suami dan keluarga sangat membantu sekali dalam memulihkan kekuatan dan keberanianku u ttp berjuang dan berusaha lbh giat dan semangad lg..insya allah tgl 12 apr ini aq brgkt ke penang,untuk check kondisi keseluruhan badan terutama system reproduksiku..semoga disana lsg ketauan penyebab kegagalan IVF ku u ke 5X naa..hikkss hikkss..

    @Mila : aq mau dunk dimasukan dlm group FB Bayi Tabung momm..
    Terima kasih sebelumnaa..

  18. lina

    Jangan pesimis ya mbak Elia,
    Saya juga pernah gagal bayi tabung…bukan 1x,tapi berkali2…gagal di jakarta..gagal di penang…mungkin sudah 4x gagal…dan sampe sekarang belum berhasil…hahaha…it’s oke..itulah istimewa nya kita…harus tetap berusaha dan berdoa…bersyukur juga krn kita diberi kemampuan untuk menjalankan bayi tabung yg hrg ny luar biasa..semangat…semangat…

  19. mila

    Semangat ya mbak…
    Tuhan pasti kasih kita yang terbaik. Saya sampai sekarang belum berani untuk mulai program bayi tabung. Emang harus jadi pejuang tangguh ya..
    Mbak kalo belum ikut, gabung aja di FB group, BAYI TABUNG CLUB. Banyak informasi yang bisa didapat dari para pejuang bayi tabung yang lain. Mbak bisa kasih emailnya ke saya, nanti saya minta untuk didaftarkan.

    SEMANGAT!!!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*