bayi tabung

Pengalaman bayi tabung dalam mengatasi masalah kesuburan untuk mendapatkan si buah hati

20th December 2009

Kegagalan adalah sukses yang tertunda – Yenni

posted in Berhasil hamil, PCO, Thaw cycle |

Tak terasa anakku Cheryl hasil program bayi tabung dah berumur satu setengah tahun… Seperti pengalaman ibu2 di bayi-tabung.com ini… tidaklah mudah untuk mendapatkan baby, setelah gagal 2 kali bayi tabung baru berhasil. Seleksi alam menentukan embrio Cheryl lah yg mampu bertahan. Memang hebat ciptaan Tuhan, dari embrio beberapa sel bisa jadi tubuh manusia yg seutuhnya…

Mengingat penderitaan dan susahnya mendapatkan baby, awalnya saya memutuskan untuk cukup punya satu anak saja. Tapi lama-kelamaan setelah melihat Cheryl main sendirian setiap hari dan saudara2ku semua punya lebih dari satu anak… akhirnya kami memutuskan untuk memberi Cheryl adik. Dengan dukungan keluarga dan suami akhirnya saya mulai lagi program bayi tabung.

Untungnya saya masih punya lumayan banyak embrio tabungan dari sisa fresh cycle yg ke dua walaupun dah thaw sekali… ada 14 embrio. Thaw cycle lebih mudah, ga perlu OPU yg menyakitkan itu dan ga bakal kena OHSS yg lebih menyakitkan lagi. Jadi mulailah thaw cycle ke dua di bulan July lalu, 6 embrio diambil 3 yg bagus… tapi seperti yang telah saya sharing di sini… hik-hik-hik gagal. Sedih dan down banget waktu mendengar kabar dari RS … hasil tesnya negative!

Banyak pertanyaan2 yg muncul di benak saya ini, apakah saya masih bisa punya anak lagi? apakah memang ditakdirkan Cheryl sendirian? apakah Tuhan sudah stop memberikan momongan?… tidak ada yg bisa menjawab pertanyaan2 ini. Karena tidak ada yg bisa menjawab… ngga perlu dipikirkan lagi ah… daripada nanti stress.

Dari hasil statistik keberhasilan bayi tabung memang rendah… apalagi buat yang sudah berumur 35thn ke atas seperti saya ini bisa lebih kecil dari 1 banding 5. Jadi maklumlah gagal… kegagalan adalah biasa di dunia bayi tabung. Setelah membaca pengalaman ibu2 di web ini… ternyata banyak yang senasib sepenanggungan susah punya momongan, jadi kesedihanku tidaklah lama. Terima kasih banyak buat yg telah sharing2 pengalamannya!

Biarpun sudah lakukan thaw cycle 2 kali saya masih punya sisa embrio 8, lumayan juga… ternyata penderitaan yg besar pada saat fresh cycle sampe harus nginap di RS 8 hari karena OHSS ada gunanya juga. Setelah istirahat sekitar 2 bulan akhirnya saya memutuskan untuk lanjut lagi bayi tabung. Pertanyaan2 di atas seperti “apakah saya masih bisa punya anak?” tidak akan terjawab kalau tidak ada usaha dari saya sendiri… jadi ya majuuuu terus.

Mulailah saya melakukan program bayi tabung thaw cycle yang ke tiga ini, seperti biasa… konsultasi dokter, setelah dokternya ok lalu test darah, minum obat hormon untuk mengatur keseimbangan hormon (saya PCO) dan menyiapkan rahimnya… istilahnya seperti memupuk tanah supaya tanamannya bisa tumbuh subur….dll.

3 embrio beku di keluarkan dari tempat penyimpanan dan semuanya bagus2 kata dokternya. Tanggal 24 nov dimasukkanlah 3 embrio tsb, masih ada sisa 5 embrio lagi ditabungan.

Setalah ET, karena susternya baru kali ya… baru 1 menit kali dimasukkan embrionya eeeehh senderan kursi dinaikkan dan saya langsung posisi duduk. Waduh takut banget kalau embrionya turun. Langsung aja saya minta berbaring sebentar, akhirnya saya berbaring tapi ngga terlalu lama… hanya sekitar 20 menitan.

Mungkin karena dah ikut bayi tabung beberapa kali, hari saya lalui dengan biasa2 aja… jalan ke mal, belanja, ngurus Cheryl. Berjalan memang agak pelan dan lebih berhati2 dan ngga pernah gendong Cheryl lagi setelah ET. Kasihan juga sih, sempat beberapa kali dia protes nangis2 sampai ga tega rasanya….

Pada hari H-nya tanggal 10 Dec kemarin saya pagi2 ke RS tuk ambil darah, berhasil atau tidak saya pasrah aja deh… apalagi ga ada tanda2 kehamilan yg saya rasakan, seperti saat dulu berhasil pernah kluar flek sedikit yg katanya akibat dari hasil penempelan embrio… tapi kali ini ga ada. Ternyata telpon RS yg ditunggu2 sampai jam 4 sore ga datang2 juga padahal suster RSnya dah Janji mau kabarin sekitar jam 2, mana nih kabarnya!!! hati dah mulai down ga karuan pesimis kalau hasilnya negative soalnya thaw cycle yg lalu kabarinnya juga lama banget dan hasilnya…negatif.

Dah ga sabar nunggunya akhirnya saya telpon RS klinik IVFnya. Ternyata susternya memang sudah berusaha telpon dari tadi tapi katanya ga masuk2, suster yg ngomong di telp dah kenal banget dan baik orangnya. Wah harapan saya mulai tumbuh lagi, “Bagaimana Angeline (nama susternya) hasilnya?” tanya saya dah ga sabar… tangan gemetar, hati dag dig dug banget. “Siap2 menyambut baby no.2, hasilnya positive… selamat ya”… apa ga salah dengar, saya ulangi lagi nanya “benar positive?”, tertawa si Angeline… senang sekali saya dengar dia tertawa yg memang berarti dia memberikan kabar gembira! “yes you are pregnant”… mulutku gemetar ga bisa bicara normal, lutut lemas, air mata keluar, otak langsung hang … Akhirnya pertanyaanku terjawablah sudah… Saya masih bisa hamil lagiiiii! puji Tuhan.

Terima kasih banget buat teman2 yg sudah sharing di web ini, tanpa sharing Anda rasanya usaha saya untuk mendapat momongan bisa stop ditengah jalan… ternyata kalau mau berhasil memang harus tetap berusaha dan maju terus. Semua akan jadi indah pada waktunya… kegagalan adalah sukses yang tertunda.

Perjalanan masih panjang… first trimester kehamilan yg riskan dengan morning sicknessnya… trus jaga kehamilan sampai melahirkan. Kalau dipikir2 ngga sampai disitu aja… saya masih harus membesarkan anak2ku sampai menjadi orang yg baik dan berbakti sama ortunya… saya tahu benar sekarang mengapa “surga ada di telapak kaki ibu”… ngga mudah ya jadi ibu.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (8 votes, average: 3.50 out of 5)
Loading...Loading...

This entry was posted on Sunday, December 20th, 2009 at 8:24 am and is filed under Berhasil hamil, PCO, Thaw cycle. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0 feed. You can leave a response, or trackback from your own site.

There are currently 52 responses to “Kegagalan adalah sukses yang tertunda – Yenni”

  1. 1 On December 20th, 2009, Wienda said:

    Mbak Yenni….selamat yaaa….!!!
    Ya ampuunnn, senang dengar ceritanya. Akhirnya perjuangannya berhasil juga, Cheryl bakalan punya dedek hehehehe…
    Aku salut mbak Yenni benar2 pantang menyerah. Beberapa waktu gabung di blog mbak Yenni ini, cerita-cerita Mbak (dan juga teman-2 lainnya) benar-benar memotivasi dan menyemangati aku. Terimakasih udah bikin wadah ini sehingga kita semua bisa ketemu. Dari aku yg pertama down waktu divonis ga bsa hamil normal dan harus IVF, dari yg ga tau apa itu IVF trus aku cari-2 info sampai akhirnya nemu blog ini, dari tanya-2 ini-itu ke mbak Yenni waktu mbak masih belum ada Cheryl, sampai akhirnya sekarang Cheryl dah mau punya Dedek…
    Semoga hamilnya lancar ya Mbak, sampai lahiran nanti. Tak doakan dari jauh. Walaupun kita ga pernah ketemu langsung tapi aku udah nganggap Mbak Yenni kaya sodara sendiri, juga teman-teman disini yg udah sharing pengalamannya, sehingga menginspirasi dan memantapkan hati aku untuk maju IVFnya.
    Saat ini aku baru mulai IVF yg pertama. Kalo ga ada halangan minggu depan OPU dan ETnya. Mudah-mudahan aku bisa nyusul jejak kalian semua yg udah berhasil, amiinnn.
    Sekali lagi Selamat ya Mbak Yenni, semoga Tuhan selalu melindungi dan mengabulkan semua harapan dan keinginan Mbak, juga kita semua, amiinnn..

  2. 2 On December 20th, 2009, MARIA said:

    mba yenny…..

    akuu dak bs berkata2x pas baca postingmu.. hanya air mata yg mengalir di pipi…..ampe saat aku nulis ini pun air mata msh uturun……
    mba… postingmu membuat aku semangat lage dan bangkit lagii lagi untuk mencoba BT setelah kemaren tertunda dgn cerita yg pernah aku postingitu mba……..

    sekarang aku dah bulat tekad n aku akan cerita k suami klo aku insya allah dah siap utk ikut BT.. trima kasih byk yaaa telah share iini.. aku akan selalu doakan semoga lancar2x ya……
    tks.. yr my inspiration…..
    GBU…
    salam dr saya linda pasir ris…….

  3. 3 On December 20th, 2009, Mulia said:

    Dear yenni,

    Horraaaayyyy akhirnya berhasil jg deh ksh dede buat cheryl spy bisa ada teman mainnya nanti. Dan senengnya lg jd skrg ini berarti kita bisa sharing barengan lg nih soal kehamilan yg kedua :-)
    Btw, cheryl jd rewel ngak yach krn mo pny dede? soale kalo wayne tuh jd tmbh rewel begitu ud tau mo pny dede, hehehe mulai jealous kali ya…
    Ikut seneng nih tau thawingnya berhsl, mengingat embrio yg disimpan khan ud cukup lama yach tp ternyata msh berhasil hamil dgn kualitas embrio yg bgs2.
    Buat teman2 yg lain jg semoga tetap semangat yach dlm rencana menjalankan prgm BT nya dimanapun & kapanpun, krn kalo kita tetap berusaha terus adalah tidak ada kata mustahil & spt kata yenni jg kalo semua akan indah pd waktunya.

  4. 4 On December 20th, 2009, retno said:

    Haloo Yenni…sampe terharu baca ceritanya, bisa nambah semangatku buat coba program bt yg ke3..duh moga2 bisa nyusul ya..amiiin..

  5. 5 On December 21st, 2009, mea said:

    mbak yenni,

    selamat atas kehamilan kedua-nya. moga2 mbak & baby di perut bisa sehat terus sampe lairan nanti. moga2 aku segera bisa nyusul hamil:) amiin.

    makasih udah bikin web ini, sehingga kami bisa berbagi suka dan duka, saling menyemangati dan agar tidak pantang menyerah menerima tantangan hidup ini.

  6. 6 On December 23rd, 2009, seba said:

    Yenny, congrats yah. smoga sehat slalu n lancar sampai melahirkan.
    @ Mulia, skrg udah brp bulan nih? kapan due date nya? smoga smua lancar ya.

  7. 7 On December 25th, 2009, Yenni said:

    Wienda, Maria, Mulia, Retno, Mea, Seba, terima kasih atas dukungan dan doanya.

    Wienda, semoga bayi tabung pertamanya sukses dan dapat menyusul ibu2 yg sudah berhasil…

    Maria, semoga persiapannya mantap dan program bayi tabungnya lancar ya …

    Hi Mulia… iya nih sama2 sharing hamil yg kedua. Semoga kehamilan Mulia lancar sampai melahirkan baby yg cute dan sehat. Cheryl ga kelihatan lebih rewel tuh… sama aja rewelnya :-). Dia malah sadar sekarang ga bisa digendong jadi dah ga sering maksa minta gendong lagi.

  8. 8 On December 27th, 2009, Jernih said:

    Sy prnh posting keinginan kami memiliki anak melebihi keinginan untuk hidup. @mb’yeni slamat ya, kl boleh tau bt dmn? Adakah yg punya info bt di penang. Walaupun ngosngosan tp skrg lg menabung utk bt. Penang km pilih krn dari daerah km transport lebih murah di banding ke jawa. Tp sy nga tau biaya utk stay n mkn. Ada yg punya pengalaman? Bt disana 30 jt (kurs 1 rm : rp3000). Benarkah demikian please infonya.

  9. 9 On December 28th, 2009, seba said:

    Hai Jernih, kebetulan sy BT di Penang (Lam Wah Ee hospital) tahun ini. Total biaya BT (dg ICSI) sekitar RM15,000 (atau Rp45 juta), tp mgkn beda2 tergantung kasusnya ya. Waktu itu sy stay di Gurney Park yg agak jauh dr hospital, tp bisa juga stay di Mewah Court (apt di dpn hospital, sekitar RM30-50an per mlm). Untuk makan, ada foodcourt disekitar apt atau ada juga kantin di hospital, sekitar RM3-5an per kali mkn. Sy ada bbrp no telp yg nyewain apt, kalo mau mungkin via email aja ya. Jernih bs email sy di: sgunawan10@gmail.com

  10. 10 On December 30th, 2009, tina said:

    Hallo…..yenny, merry x’mas en happy new year 2010
    Selamat yach yen atas kehamilan anak ke 2. Aduh saya sampe merinding bacanya, terharu baca cerita kamu. sampe binggung mo nulis apa nih….sy ikut senang atas keberhasilan kamu hamil. memang utk melalui semua ini gak mudah yach. Mesti sabar, tahan banding menghadapi semua ini. saat ini sy lg persiapan ikut BT di BIC sekitar bln jan’10, cemas juga dgn hasilnya nanti. lagi berusaha gak stress, karna sel telur sy kata dokter sedikit takut berpengaruh. apalagi dengan hormon yg kurang. kata dokternya mestinya hormonnya masih bagus dilihat dr umur 35th. Perjuangan sy masih panjang, dgn baca cerita kamu menambah semangat sy ikut program ini en terutama jgn stress ( lg di coba :) )
    Sekali lagi selamat en thank’s atas dibuatnya web ini. Tadinya sy sempat down memutuskan gak mo py baby…melihat riwayat penyakit yg terus menerus gak ada habis2nya dr endo ke kista trus sampe saluran tuba ke dua2nya tersumbat.
    setelah baca2 sharing dr teman2 ternyata sy tdk sendiri.
    Makasih….semoga kehamilan berjalan dgn lancar yach :)

  11. 11 On January 1st, 2010, Diah said:

    @Diah
    Hai Yenny, salam kenal…
    aku mau tanya dong, dulu waktu setelah OPU perut terasa kembung & agak sakit ga ya? soalnya perutku ko terasa kembung & agak sakit ya… aku benar2 khawatir banget dengan kondisi ini, karena besok aku sudah harus ET.
    thanks.

  12. 12 On January 2nd, 2010, Yenni said:

    Hi Jernih, thanks. Saya program bayi tabung di kk hospital Singapore, untuk info bayi tabung di penang coba Jernih search aja di web ini dengan keyword “penang” banyak yg sharing kok… termasuk Seba… thanks Seba atas bantuannya.

    Hi Tina, thanks ya… semoga program bayi tabungnya lancar dan berhasil. Memang susah supaya ga stress, setiap mau stress coba ingat kita2 yg senasib ini, siap2 menerima apa saja hasilnya dan serahkan aja semuanya kepada yg di Atas.

    Hi Diah, waktu habis OPU perut saya kembung dan sakit … kebetulan saya kena yg parahnya (1% kemungkinannya) sampai harus rawat inap rumah sakit 8 hari, ini adalah efek samping dari stimulasi hormon… OHSS . Jadi ga perlu kwatir Diah perut terasa kembung memang terjadi setelah opu. Semoga berhasil ya bayi tabungnya.

  13. 13 On January 3rd, 2010, Erlyna said:

    Hi Yenni
    Ongkosnya sama tidak kan, tidak roll over lagi dr awal, cm embrio transfer. Sakit kitak ? Jugaan saya kan mo 40 th. Tau rate success BIC berapa ya , asal di Surabaya kayanya 45%

  14. 14 On January 3rd, 2010, mery said:

    Hai Yenny, selamat yah thaw nya berhasil. Semoga kehamilan berjalan lancar sampai melahirkan nanti. GBU

  15. 15 On January 5th, 2010, Yenni said:

    Hi Erlyna, biaya thaw cycle jauh lebih murah dari fresh cycle karena tidak ada proses stimulasi hormon telur yg obatnya sangat mahal itu, tidak ada proses pengambilan telur (opu ovum pick up) dan tidak ada proses pertemuan sel telur dgn sperma lagi karena embrionya diambil dari embrio yg disimpan.
    Saya belum pernah dengar ada yg mempublikasikan success rate BIC. Coba Erly baca sharing saya tentang success rate bayi tabung ini.

    Thanks Mery… GBU. dah lama nih ga dengar kabarnya…

  16. 16 On January 6th, 2010, JULi said:

    hai yenni, selamat ya atas kehamilannya,sy sampai merinding nih bacanya.
    kalo bole tau yenni uda umur brp? n di kk sm dokter yg mana ya?
    ada persiapan utk rahim ga ya sblm BT,krn sy sdh 4x Bt,tp gagal,br sj sy di Prof.PC wong di NUH,
    tp gagal lg,tdk nempel.aduh sedih jg sih.
    yenni hbs ET tdran terus ga ya sampai hr H nya.
    thx ya atas infonya

  17. 17 On January 6th, 2010, Erlyna said:

    Thanks ya , Yenny …..
    Jawabannya …….kalo gagal bisa ulang dengan dokter yang sama/klinik yang sama. Have a faith saja kalo belum berhasil . Selamat hamil lagi, keluarga Dicky setelah punya anak pertama bayi tabung, istrinya hamil naturally

  18. 18 On January 9th, 2010, Erlyna said:

    Dear Yenni,
    Saya mo tanya ada beberapa embrio anda, untuk berkali2 embrio tansfer. Apa di BIC sdh bisa menyimpan /freeze sel telur. Pernah dengar beberapa rata2 embrio yang bagus pada proses BT.
    Thanks ya

  19. 19 On January 9th, 2010, Yenni said:

    Hi Juli, thanks ya… umurku 36, di kk ama Dr Kelly Loi. Sebelum BT ga ada tuh persiapan apa2 tuk rahim, setelah mulai BT baru dikasih obat2 pendukung hormon.
    Habis ET, sy kurangi kegiatan yg berat2 dan diusahakan tidak cape aja… ga tiduran terus… malah kurang tidur karena ngurus Cheryl yg suka rewel mlm hari.
    Saya doain semoga Juli berhasil di BT berikutnya… amin.

    Hi Erlyna, saat fresh cycle terakhir ada 30 telur yg diambil, jadi 19 embrio dan sekarang tinggal 5 di tabungan setelah ET 4 kali. Kalau saya dari 14 embrio yg di ET 3 yg kwalitasnya tdk bagus. Saya tidak pernah dengar rata2 ratio embrio yg bagus waktu ET, menurut saya selain tergantung sama kwalitas embrionya sendiri juga tergantung sama cara penanganan dan penyimpanan embrio… saya malah berpikir “bagaimana saya bisa tahu embrionya tidak bagus? tidak ada buktinya” waktu dikasih tahu 3 embrioku ga bagus… semuanya saya percayakan aja sama ahlinya (embryologist).
    Wah sy ga tahu ada tidaknya fasilita penyimpanan sperma di BIC, Erlyna coba telp aja ke BIC… ibu2 yg lain ada yg tau?

  20. 20 On January 11th, 2010, nurul said:

    slm kenal mb yenni..penasaran kok bs y mb telur yg d panen byk bgt..apa dosis gonalx jg gede ya?

  21. 21 On January 11th, 2010, Erlyna said:

    Sister Nurul kalo telurnya mau banyak banyak ikut short protocol …
    Saya mau juga telurnya banyak & embrio banyak kalo gagal bisa ulang, mengingat usia saya sudah mau 40 th. Saya kuatir kualitas telur menurun kalo usia 41 lebih.

    Yenni trima kasih jawabannya hebat juga bisa 10 yang bagus. Saya pernah cek embrio bagus apa tidak bisa dilihat kok. Kalo sperma disimpan di BIC sudah bisa. Tapi kalo telur disimpan itu saya tidak tau.

    Terima kasih sekali lagi & selamat buat Yenni

  22. 22 On January 11th, 2010, Lily said:

    salam kenal Yenni,

    Sebelumnya sukses ya and Puji Tuhan, sy ikut senang. Saya Lily, saya juga lagi mo bt ke aucky di sby. sy mo tanya, waktu dinyatakan +, bcg dan progesteron nya berapa ya? trus apa ada tindakan suntikan pengobat dan pulang ke indo nya hari ke berapa setelah + ? soalnya saya lagi planning untuk pulang ke Jkt setelah ET atau 2 minggu kemudian. Soalnya dulu aucky pernah suggest untuk stay di sby 3 bulan pertama hehe…. lama bangat bisa ga betah hehe….

    tks untuk sharingnya ya

  23. 23 On January 11th, 2010, tini said:

    Mba Yenni…salam kenal…

    Selamat atas kehamilan Mba yg kedua semoga sehat dan selamat sampai melahirkan…Amiinnn…
    Mba.. ta terasa air mataku menetes membaca postingnya Mba…”KEGAGALAN ADALAH SUKSES YG TERTUNDA” ta sadar kalimat itu terucap berkali-kali di bibirku kata yg sama yg menguatkan aku dan suamiku untuk mencoba BT yg kedua setelah kegagalan BT yg pertama dan dua kali rencana tawing yg jg gagal (embrio kami yg di frezer tdk bertahan pdhal blm 1 tahun). Akhirnya setelah menguatkan hati dan yakin bahwa kegagalan adalah sukses yg tertunda kami msk program BT yg kedua….Alhamdulillah ALLAH SWT berkenan mengabulkan doa dan usaha kami,saya hamil bayi kembar perempuan… kedua putri cantik kami sekarang sudah berusia 2,5 bulan…skr saya sering merenung.. seandainya dl saya putus asa dan tidak mencoba lagi tentunya saya tidak akan merasakan kebahagiaan spt skr kebahagiaan memiliki putri kembar yg sehat dan lucu. Semoga kita bs menjaga amanah yg di berikan ALLAH kpd kita dgn sebaik-baiknya Aminn…

    Buat teman2 yg masih berjuang jgn takut dgn kegagalan krn “kegagalan adalah sukses yg tertunda” dan keberhasilan sesudah kegagalan akan terasa sangat indah dan bermakna…

  24. 24 On January 12th, 2010, Yenni said:

    Hi Nurul, telurku banyak karena hormon dlm tubuh sy terstimulasi scr brlbhan walaupun dosis obatnya sama aja dgn org lain… makanya saya kena efek samping OHSS (ovarian hyperstimulation syndrome). Memang sih enak krn dpt telurnya sekaligus banyak, tapi proses opunya lama banget dan ada pendarahan.

    Hi Lily, thanks ya. Bcgku sekitar 900an kalau progresteronnya ga dikasih tau tuh. Setelah ET ga ada suntikan, penguatnya berupa obat duphaston yg dimasukkan lewat anus, setelah positif diganti dgn obat oral cyclogest. Sy tinggal di singapore jadi ga kemana2.

    Buat Tini, selamat ya atas bayi kembarnya yg cantik… senang rasanya tau perjuangan Tini membuahkan hasil yg manis. Semoga kisah Tini semakin menambah semangat teman2 yg lain. Terima kasih atas sharingnya.

  25. 25 On January 13th, 2010, Winy said:

    hi mbak yenni,Congratulation ya semoga kehamilan nya bisa bertahan sampai due nanti, any way aku baru buka situs ini,aku intrestead banget untuk bergabung dengan kalian semua , apalagi setelah baca post mu mbak aku jadi merinding,terharu.
    mbak yen, aku ingin berbagi cerita dikit,aku menikah di bulan agustus 2008 , di bulan December 2009 aku planing untuk hamil, alhamdullillah aku langsung hamil, tapi sayang sekali kandunganku hanya bertahan sampai 8 minngu saja, docter menyaran kan untuk tidak usah di kuret rahim ku di nyatakan bersih, 2 bulan kemidian aku planing untuk hamil lagi tapi tuhan masih belum memberikan aku kesempatan untuk hamil, aku chek up ke doctor, hasil nya semua normal, tapi suamiku belum pernah chek up. masalah nya aku yakin bahwa suamiku normal karna terbukti aku pernah hamil. pertanyaan ku kenapa ya sampai sekarang aku kok belum hamil juga padahal sudah 8 bulan aku merencanakan nya, apa mungkin karna aku kecapean, kebetulan kerjaku seharian duduk, apakah ada factor dari makanan yang di dalarang,
    untuk mbak yenni juga all yang baca post ku, What I have to do…? please sharing pengalamn nya di tunggu.

  26. 26 On January 14th, 2010, Yun said:

    Hai…teman-teman…Salam perkenalan ya…Senang sekali sy bs ikut gabung dalam forum ini.

    Dear Yenni,
    Selamat ya mba..atas kehamilan ke-2nya…Semoga sehat2 & lancar2 sampai masa persalinan ya..Salam perkenalan ya mba…

    Sy ingin minta saran dari mba donk.Sy sudah menikah 3 tahun.belum punya momongan.Sy & suami masing2 mempunyai masalah.Tuba falopi sebelah kanan sy blocked,infeksi & bengkak tapi sudah diangkat dgn operasi laparascopy april 2009 yg lalu.Suami sy hasil sperm analysis nya ga bagus.Oleh dokter kami disarankan program IVF yg ICSI (ntah karena masalah kami memang tergolong parah ya?) Dokter juga berpesan agar kami jangan menunda terlalu lama buat keputusan.Dokter kasih tenggang waktu sampe akhir tahun 2009.

    Sekarang tahun 2009 sudah berlalu,mba…dan sy belum jg hamil.Sebenarnya dalam hati kecilku ada keinginan untuk mencoba program BT,tapi sy merasa program BT adalah langkah yg sangat besar & sangat berat rasanya kaki sy untuk melangkah ke program BT.Sy orangnya pemikir,banyak kuatir dan yg paling parah penakut banget..terutama sama yg namanya suntikan & proses OPU ny BT..tp sy berusaha membujuk diri sy untuk bisa berkompromi dengan suntikan..cuma proses OPU nya..sy takut banget…

    Menurut mba..sy baiknya gimana ya?Makasih y mba sebelumnya…

    Dear Mulia,
    Salam kenal mba..Sy ada membaca cerita mba.Selamat ya mba..sekarang lagi kehamilan ke-2 ya?Semoga sehat2 & lancar2 ya mba sampai bayi lahir.Bole sy nanya mba..kehamilan ke-2 ini mba pakai program BT yg ET thaw cycle?

    Kebetulan mba..sy jg pasienny Dr Ng.PW..sy mau nanya nih..menurut mba..Dr Ng itu gimana ya?Pertama kali sy berkunjung ke dokter.Hm..rasanya dokter lumayan ramah & mau beri penjelasan panjang lebar..tp beberapa kali terakhir ini..rasanya dokter selalu buru2..beri penjelasan pun cepat2..kalau gak ngerti katanya suruh nanya sama nursenya…sy jg ngerti sih pasienny sangat-sangat banyak sekali..kalau mau konsultasi..paling minumun habis 1 hari menunggu deh.Makasih ya mba sebelumnya…

  27. 27 On January 15th, 2010, Mulia said:

    @seba, haiiii ud lama nih ngak contact2 yach… iya skrg saya hml ud msk 29wk, seba skrg ud brp week? kpn perkiraan due date nya? semoga sehat selalu yach

    @Yun, thanks yach utk doanya, kehamilan kedua saya ini alami dan tidak disangka2 aja krn stlh nikah sekian lama tngu mau alami tp koq ngak jadi2, trus ini malah ngak direncanakan tp malah jadi, heran jg yach…. rahasia alam mgkn yach dan pastinya berkat dari Yang DiAtas :-)

    Trus mengenai dr.Ng sih itu emang kadang moody yach sepertinya jd kdg kalo dia lg ada pasiennya yg hasil ngak ok spt yg dia harapkan, jd bisa bikin bawaannya bad mood. Kalo saya sich usahain tuh utk dpt nomor antri itu biasanya antara no 1 s/d no 5 deh krn kalo msh nomor2 awal tuh biasanya dia ngak terlalu galak dech, trus kalo soal penjelasan panjang lebar prnh sich dktr blg pasien lain kalo seandainya dr.Ng jelaskan pun kadang kita sbg pasien (masyarakat awam) itu ngak terlalu mengerti soal medis, jd percuma jg dia jelasin panjang2 dan ujung2nya ngak ngerti maksudnya 100%, jd dr.Ng itu lbh mau kalo pasien ikutin aja instruksinya & percaya dgn tindakan yg dia ambil krn dia mencoba beri yg terbaik utk pasien. Khan kdg2 aja kalo ngak ada apa2, konsul jg diksh free jdnya ngak usah byr biaya konsultasi dktr khan.

    @Yenni,
    skrg usia kehamilan yenni ud brp week nich? kyknya hamil kedua yenni kali ini hampir barengan dech dgn Tika. Trus skrg msh morning sickness ngak?

  28. 28 On January 17th, 2010, Yenni said:

    Hi Winy, thanks ya. Ga usah terlalu dipikirin dulu, nanti malah semakin susah jadi loh … Dulu saya planning hamil setelah 2 thn menikah, awal2nya honeymoon dulu menikmati dunia berdua :-)
    Supaya ga penasaran sebaiknya saya sarankan suami Winy check up juga, kalau semuanya baik… pasrahkan dengan yg di atas dan tetap berusaha dgn konsultasi ke dokter ahli kesuburan. Semoga sukses ya…

    Hi Yun, thanks juga ya. Kita sama dong… saya juga penakut. Akan tetapi keinginanku untuk punya anak jauh lebih besar dari takut sakit. Pernah terpikiran: kalau tidak punya baby krn tdk berusaha bisa menyesal sampai tua, kalau sakit2an paling hanya sampai melahirkan saja… benar loh setelah mendengar tangisan bayi semua sakit hilang rasanya.
    Sekarang saya sudah biasa dgn sakit suntikan… bayangkan harus suntik berhari2 selama bayi tabung malah terakhir ini harus suntik sendiri terus karena suami tugas kerja keluar… bisa karena terbiasa. Mengenai opu bisa dibius kok supaya ga merasakan sakitnya.
    Memang betul kata dokternya jangan terlalu ditunda2 kalau sudah tau hanya bayi tabung jalannya, semakin berumur kitanya semakin kecil tingkat keberhasilannya.

    Hi Mulia… apa kabar nih? baru 11 minggu. Due date bln Agustus nanti. Mulia kapan due nya? dah tau cowo atau cewe blum? Betul masih morning sickness… bukan morning aja, pagi siang malam lebih parah dari yg pertama.

  29. 29 On January 23rd, 2010, itha said:

    ..hi mbak yenni..apa kabr cheryl n janin…udah masuk sebulan ya…duh senengnya bisa berhasil u./ thaw yg ke-3 ya….
    mbak yenni…besok senen aku jg mulai konsul u/ thaw yg pertama dari fresh cycle yg ke 2,…dari bt ku yg ke-2 kemarin masih ada sisa 4 embrio yg umurnya kira2 sudah 1 thn…kira2 apa masih bagus /good kualitas ngak ya…kok jd pesimis. Memang dari awal kita lakukan program ini resiko kegagalan siap kita terima ya,kalo boleh ada masukan ngak untuk obat hormon apa yg diberikan dokter untuk thaw ini …dan apa ada makanan2 yag membuat rahim kita lancar perederan darahnya…shg si embri mau nempel…sekali lg selamat ya mbak yenni..semoga sukses lahirannya..

  30. 30 On January 24th, 2010, Yenni said:

    Hi Itha, thanks ya. Kalau embrio simpanan saya dari 12 yg sudah dicairkan 3 yg tidak bagus jadi persentase yg bagus 75%. Umur embrio simpanan rasanya ga ada pengaruhnya buktinya 3 embrio terakhir saya yg dicairkan sudah 2 tahun umurnya dan tiga2nya dinyatakan bagus. Selain murni dari daya tahan embrio calon bayi kita ada juga faktor dari cara penanganan embrio tsb di lab… memang semuanya ini diluar jangkauan kita, jadi percayakan saja semuanya dgn yg di Atas.

    Itha jgn lupa tanya ke dokternya waktu dia meresepkan obat, minta penjelasan fungsi2 obatnya… sebelum ET seharusnya ada yg gunanya tuk menyuburkan rahim supaya siap menerima embrio, trus setelah ET harus ada obat hormon yg mendukung penempelan.

    Saya diberi obat hormon Progynova setelah usg confirm tuk ikut bayi tabung… setelah ET diberi obat duphaston trus setelah positive hamil ganti dgn cyclogest. Semuanya itu obat hormon pendukung bayi tabung.

    Kalau makanan saya biasa2 aja ga ada yg spesial … ya ikutin 4 sehat 5 sempurna aja… makanan bervariasi gitu. Ada satu suplemen yg saya makan setiap hari… minyak ikan, tapi sy ga tahu apa ini ada khasiatnya tuk bt.

    Semoga sukses ya…

  31. 31 On January 25th, 2010, itha said:

    ..tks bgt ya yen…masukannya..hari ini sdh konsul ke rs, u usg pas hari ke-3 mens, mnrt dokter setelah usg ternyata aku masih ada kista sebesar 2 cm,di ovarium kanan…awalnya dokter keberatan u lanjutkan thaw cycle…tp setelah mereka dan timnya rapat..aku tetap bisa lanjutkan proses ini, cm mesti di fungsi/ sedot kista.
    Saya juga sempat tanya mereka apakan ada obat2 u penyubur rahim sebelum ET, namun menrt mereka ngak ada ya….gimana ya yen? apa aku bisa beli progynova untuk persiapan nya?..apa beda ya penanganan thaw di indonesia dgn diluar….

  32. 32 On January 25th, 2010, lind said:

    hai itha gm btnya apa lanjut?aku dulu jg seperti kamu ada endo 3cm diovarium kanan,tp dr tetap lanjut dan hslnya aku bt 1 gagal,ngak ada sedot kista cuma suntik superfak aja dan coba pil kb,sekarang aku lg bersih2 yg namanya endo.Lo dijkt blg dr yang meoperasiku hrsnya endo dibersihkan dl baru ikut bt,makanya diablg bt 1 gagal.tp dr pendapatnya emang beda2 ada yg blg ngak masalah lgs bt ada jg yg hrs bersihkan dulu,moga kamu ngak mengalami kaya akuya.lgs berhsl.semangat

  33. 33 On January 26th, 2010, Erlyna said:

    Dear Yenny ?

    Thanks ibu2 bayi tabung atas sharenya .
    Saya mau tanya kapan sih sebenarnya short protocol itu , dimulainya. Dokter bilang kayaknya 1 minggu sebelum haid sudah harus mulai perawatan & bertemu dokter. Saya kan mensnya normal , saya lupa2 ingat dokternya mengatakan itu . Saya tdk tgl di Indo & hrs bekerja , jadi waktunya dipikirin sekali. Maklum cutinya cm bisa 5 minggu .

  34. 34 On January 26th, 2010, ellin said:

    mbak yenny selamat yah sukses hamil anak ke 2… mau tanya mbak yenny waktu anak pertama lahirnya normal ato caesar karna by tabung? thks yah

  35. 35 On January 26th, 2010, Mulia said:

    @itha, sori nih ikutan nimbrung…kyknya utk progynova itu ngak bisa dibeli ato dikonsumsi tanpa pengawasan obygn yg memantau via usg krn progynova itu sepertinya diberikan utk pasien yg ketebalan endometriumnya kurang dari standar nilai utk proses penempelan embrio. Jadi ngak semua pasien thaw akan diberikan obat progynova. Utk supplemen yg dapat melancarkan peredaran darah, memang disarankan utk konsumsi minyak ikan (saya sendiri konsumsi minyak ikan sehari 1x yg 1000mg mengandung EPA 180mg dan DHA 120mg) dan terkadang oleh dktr ivf bila telah menjalani proses ET terutama dktr di JKT biasanya diberikan obat asetosal 80mg/100mg yg gunanya utk mengencerkan darah shg peredaran darah jg lancar utk asupan nutrisi embrio. Sblm mulai prgm ET biasanya jg dianjurkan utk konsumsi supplemen asam folat.

  36. 36 On February 6th, 2010, yenny said:

    salam kenal mbak yenny,

    kenalkan saya juga nama yenny…saya juga mengikuti BT di penang dan memang berhasil mendapat kembar sepasang. sekarang anak2 saya udh hampir masuk 1 tahun. Dari sharingnya mbak yenny memang terbayang perjuangan yg panjang tp itu lah yg bisa memotivasi kita tetap semangat seperti saya juga waktu dulu mengikuti prosesnya sampai hamil dan waktu memang berjalan begitu cepat…congrat ya for your 2nd baby…wa doain semua berjalan lancar…..

  37. 37 On February 6th, 2010, itha said:

    @ hi lind…tks ya..kita emg mesti semangat..semangat dan yakin ..untuk bt ku yg 1 maupun yg ke-2 masih gagal..walaupun sdh di pungsi/sedot kista tiap mau mulai program…begitupun untuk thaw bulan depan…memang yg namanya endo itu nyebelin bgt…
    moga2 kamu juga sukses ya next program..
    @ Mulia, tks bgt masukannya..aku jg dah minum suplement yang terkandg squalene 1000mg , EPA 108 mg dan DHA 72 mg..dan vit E kuminum 2x sehari…moga2 ada manfaatnya…ya mul, tp masalh utamnya mgkn si endo ya..yg hilang timbul…doakan ya mul..thaw ku berhasil.

  38. 38 On February 8th, 2010, lind said:

    hello itha tnx atas suportnya, thaw bulan depan dimana?moga kali ini hasilnya positif,kita emang hrs berjuang melawan endo nanti kalau udah et moga embrionya kuat melawan endona ya

  39. 39 On February 10th, 2010, itha said:

    hi lind…tks bgt ya smoga kita 2yg sdh berusaha ini dapat diberi kepercayaaan untuk mempunyai anak….aku thaw di rs Family pluit Jakarta, krn embrio frozenku tersimpan disana. minggu kemarin aku sdh sedot kista, tinggal penanaman embrionya namun masih kepentok kesibukan kantor nih…

  40. 40 On February 11th, 2010, lind said:

    ya moga kita diberikepercayaanya,dan moga etnya berjalan suskses,kalau boleh tau kistanya ukuran berapa?aku cuma mau kasih saran aja kalau kita ada kista jangan minun susu kedelai dan jg vit e,itu malah membuat subur kistanya.

  41. 41 On February 19th, 2010, dhieta said:

    dear yenny…
    wah aku sampai nangis lo baca posting kamu…karena aku kemaren baru aja BT yang ke 2,yang pertama juga gagal(keduanya fresh cycle), 17feb baru aja keguguran,setelah 25 jan aku dinyatakan positif,trus next stepku bulan april pengen banget BT yang ke 3,dengan cara thaw cycle…yah…apapun meski kemungkinannya kecil,aku akan terus mencoba..karena aku ada simpanan embrio 12…apapun yang terjadi nantinya gagal/berhasil sama2 disyukuri aja……..

  42. 42 On February 19th, 2010, Yenni said:

    Dear Dhieta, nah gitu dong tetap semangat ya apalagi masih ada simpenan 12 embrio. Kita doa sama2 ya semoga bt berikutnya berhasil… amin.

    Buat Yenny juga, thanks ya dan congratulation atas keberhasilan dapat si kembar.

    Hi Ellin, anak ku lahir caesar tapi bukan krn bt lho… Cheryl susah keluarnya dan dah terlalu lama di jalan lahir.

  43. 43 On February 25th, 2010, markus said:

    hai tman2..
    kalau kasus sperma nya nggak ada isinya,,tersumbat istilahnya…
    kra2 untuk alternatif bayi Tabung gmana ..
    mohon masukannya!!!!!

    thk

    markus

  44. 44 On February 27th, 2010, Erlyna said:

    Kalaupun ada
    Pak Markus bisa diambil dr testis langsung, diambil pada waktu telur pick up. Sperma yang diambil dr pabriknya, katanya tidak bisa disimpan

  45. 45 On February 27th, 2010, Erlyna said:

    Hi Yenni …
    Kenapa sih sebelum BT kita dianjurin minum pil KB. Saya bingung nih, kapan ya kira2 maklum deh dokternya jg jarak jauh. Kalo minum pil kb jenis yang bagaimana , dan kapan ya

    GBU

  46. 46 On March 3rd, 2010, markus said:

    TO : Miss Erlyna

    thk ….yach masukanya mba, artinya hasil ambilan spermanya sisanya gak bisa disimpan buat stok seperti teman2 yang lain ya mba ?…tapi pada prinsipnya bisa dilakukan bayi tabung kan ?….

  47. 47 On March 3rd, 2010, Erlyna said:

    Saudara Markus
    Dilihat dulu kali ya sperma yang dr testis gimana. Mungkin hrs dioperasi utk melihat sperma di testis gimana.Kalo cm tersumbat tapi spermanya baik tdk masalah, istri anda bs BT. Kalopun sperma jelek kan ada metode ICSI , yang membantu sperma jelek utk bs menerobos dinding telur. Sperma tdk bs disimpan kagak masalah, yang penting embrionya banyak & embrio kan bs disimpan

  48. 48 On March 13th, 2010, Yenni said:

    Hi Erlyna, saya juga bingung dulu waktu dikasih minum pil kb… kita desperate ingin punya anak kok malah dikasih pil kb. Katanya pil kb itu obat hormon tuk membantu mengatur siklus hormon (haid) supaya teratur. Saya kan siklus mensnya panjang, harus dipancing sama provera baru bisa mens, setelah mens baru diberi pil kb supaya siklus normal… pil kb yg sy minum waktu itu microgynon.

  49. 49 On March 13th, 2010, Erlyna said:

    Thank you, ya Yen

    Semoga anak2mu bring joy & happiness. Sy disuruh minum pil kb jg, tapi saya tidak minum, karena mens saya teratur. Hormon jg tidak tinggi, juga bingung cari pil kb, karena harus resep dokter & waktunya mempet.

  50. 50 On March 27th, 2010, eva said:

    hai salam kenal..saya jg sdg merencanakan bayi tabung di penang dgn dr ng peng wah, baru satu kali sih konsul ke dokternya.. n ternyata ada adenomiosis di rahim dan lg hormon fsh saya terlalu tinggi. jadi batal deh bt nya.. sy disuntik zoladex ktnya sih mdh2n adenomiosisnya mengecil or ilang.. mens dihentikan u/ 3 bln dan konsul lg stlh dpt mens..pdhal sy kontrol terakhir dgn dokter bulan des’09 di jakarta n dr menyatakan semua ok.. kesel bercampur sedih.. apalg kt dr ng dgn kondisi sy spt ini keberhasilan bt jg semakin berkurang.. oh ya sy jg punya riwayat endometriosis n dioperasi th 2006. apa tmn2 ada yg mengalami or ada info mengenai kasus saya ini? sy sdh menikah 3 th lbh..

  51. 51 On November 9th, 2010, Paris said:

    Dear Yenni,

    Salam kenal kepada Yenni dan teman2 seperjuangan lainnya.

    Selamat untuk Yenni atas keberhasilan kedua kalinya, saya salut sekali dgn ketekunan dan keyakinan Yenni. Semoga teman2 yg lainnya juga berhasil dan yg masih berjuang teruskan perjuangannya.
    Saya sudah 10 thn menikah, usia 37, sudah insem 3x dan ada Endometriosis.
    Saya berencana mau BT juga awal thn 2011.

    Boleh kah yenni sharing, apa yg membuat Yenni memilih KK Hospital untuk BT?
    Berapakah biaya yg dibutuhkan ketika program BT pertama kali di KK Hospital?

    Kebetulan saya dulu ikut nge-design Landscape KK Hospital, jadi pengen kesana lagi hehehe….
    mungkin di KK jadi bisa mengikuti jejak keberhasilan Yenni.

    Semoga saja masukan dari Yenni menambah keyakinan saya untuk program BT.

    Terimakasih banyak, GBU All

  52. 52 On November 9th, 2010, Yenni said:

    Hi Paris, salam kenal… thanks.
    Saya milih KKH waktu itu karena referensi teman dan juga setelah melihat track record RSnya yg ternyata ok juga… seperti bayi tabung Asia pertama lahir di KKH.
    Untuk biaya coba Paris lihat post ini berikut dgn comment2nya… tapi itu info tahun 2007 loh, sekarang mungkin biaya dah naik.

Leave a Reply

*
  • Recent Comments

  • yanti: @ mba lulu, sy di kabupaten parigi moutong mba. Cuma sering...
  • mela: @jas: boleh tau biaya berobat di Tow Young Clinic?
  • Nia: Terimakasih ya piping dan tasha untuk dukungannya. Thanks juga udah...
  • vero: Hi, All…. Syukurlah, klo itu cuma Rumors….. Mba Ciecie...
  • neni: Assalamualaikum wr wb… Mba Mel, postingannya membuat saya...
  • Claria Natasha: @Nia Jangan sedih yaa tetaap positif thinking, lebih...
  • pienk: Hai nia… Salam kenal Ak tau bgt gmn kondisimu skrg, ttp...
  • ciecie: Hi, mbak Selvi dan mbak Vero salam kenal. Syukurlah kalo cuma...
  • Search

  • Polls

    • Menurut Anda, keberhasilan bayi tabung terutama disebabkan oleh: (pilih max dua)

      View Results

      Loading ... Loading ...