Keep on believing – Sasha

Dear all,

Saya sudah hampir 3 tahun menikah, belum dikaruniai anak, kalau menurut beberapa dokter yang sudah pernah ditemui, karena jumlah sperma terlalu dikit n tidak bergerak. Jadi hampir semua dokter menyarankan untuk BT aja, insem hanya akan buang2 uang saja karena probabilitasnya sangat kecil.

Udah usaha melalui jalur alternatif seperti akupunctur ataupun minum obat dokter, semuanya nggak murah n ngga bilang nggak pake effort juga. Akhirnya saya dan suami memutuskan untuk ambil BT.

Sembari searching2 tanya ke orang, akhirnya kita di refer ke dokter Andi Hudono di JWCC. Sekedar informasi (maaf kalau ada yang sudah menginfokan hal yang sama), Dokter Andi ini ada kerjasama dengan PC Wong yang di NUH Singapore. Jadi ibu2 nggak usah sebulan penuh di Singapore (nggak murah juga khan)

Kenapa nggak usah lama2, karena persiapannya, dari mulai test hormon n suntik buserelin dilakukan di Jakarta, dimonitor oleh Dokter Andi Hudono, baru setelah dinilai telur kita cukup, ibu2 ke Singapore untuk melakukan prosedur Egg collection n Embrio transfer.

Saya sudah pernah bertemu juga dengan PC Wong n tim nya di NUH, semuanya sangat baik n informatif, mereka tidak mengharuskan ibu2 untuk stay di singapore setelah embrio transfer. Menurut mereka 3 hari setelah embrio transfer sudah bisa terbang balik ke Jakarta lagi.

Terus terang saya sendiri sebagai orang yang percaya Tuhan, rada ragu juga waktu mau ambil BT ini, saya percaya bahwa dokter dari segala dokter adalah Tuhan sendiri, kalau memang Dia mau percayakan anak kepada kita, nggak usah lewat cara2 seperti ini juga pasti bisa. Tapi saya percaya, Tuhan punya rencana lain, sebagai manusia saya tetap harus berusaha Ora Et Labora, nangis bersujud berhari2 juga nggak bisa hamil kalau kita tidak berusaha.

Saya akan mulai suntikan buserelin hari ini, sekali lagi saya percaya Tuhan punya rencana, apapun yang terbaik buat keluarga saya.
Keep on believing!

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (7 votes, average: 2.86 out of 5)
Loading...

34 thoughts on “Keep on believing – Sasha

  1. vinie

    @sasha,
    hallo sasha, salam kenal ya…kita hampir senasib nih aku juga uda 3 thn married tp tuhan blm mau ngasih kepercayaan u hamil…segala usaha juga sdh dicoba, tp aku blm berani mau BT, baru mau coba insem dulu, coz persoalanku juga di sperma sedikit n gerakan lambat….semoga bisa saling menyemangati ya…smoga berhasil ya….good luck.BTW JWCC itu singkatan RS apa n dimana ya?tengkyu b4

  2. MARIA

    hi sahsa

    salam kenal
    tetap semangat ya….
    berarti BT di singapore ya.. wahh bs ketemua nih.. sharing krn aku insya allah mo coba d KKH krn sesuatu hal msh di undur2x trs krn suamiku travel trs kerja d kntr…..

    bs email saya nih k linda100803@yahoo.com ok…
    kebetulan aku tinggal di singapore..
    ok deh good luck ya.. semangat ya….

    salam dr akyu

  3. Sasha

    @Vinie Salam kenal jg,
    JWCC singkatan dr Jakarta Women & Children Clinic
    Jl. Prapanca Raya 32 A
    Ph: 7279-9911

    @Maria: ntar kita ym an yahh…

  4. Mimi

    Hi Sasha, aku juga bln dpn mau program BT long protocol di Klinik Teratai RS Gading Pluit . Aku diminta dateng tgl 1 Maret nanti untuk mulai suntik2. Masalahku juga sama dgn kamu, suamiku spermanya oligoasthenozoospermia jd ga ada jalan lain kecuali BT. Aku jg nanti disuntik Buserellin, kelihatannya prosesnya hampir sama dg kamu. Aku mau tanya kamu suntik sendiri atau gmn? trus efek suntikannya spt apa? thx..

  5. Desandra

    Hallo Sasha dan semua,

    Aku dulu (Mei – Aug 09) pasien Dr Andi Hudono juga di JWCC, menurutku dia dokter yg sgt kompeten kok jd mudah2an program kamu berhasil ya sha.
    Aku pernah insem 2x dgn Dr Andi tp belum berhasil. Masalahku tuba kanan non paten, kiri paten tp dgn kualitas telur yg kurang baik, smntr indung telur kanan lebih baik.
    Akhirnya dr Andi rekomen aku utk BT di Singapore. Krn suamiku karyawan dan dia perlu jadwal yg jelas utk permohonan cutinya, kita coba simulasi tgl keberadaan kita di Sin. Stlh nyoba simulasi sampai dgn 3 bln ke depan, tgl OPU atau ET ku pasti jatuh di saat Lab NUH tutup utk general cleaning satu hari penuh. Dr Andi sampai telp lsg ke NUH utk minta jadwal gen cleaning mereka dn tnyata benar, tgl-tgl itu cocok dgn prediksi tgl OPU atau ET ku..resiko juga kan?
    Mdh2an ini tidak terjadi sama kamu ya Sha…aku percaya kok sama Dr Andi :).

    Akhirnya aku putuskan utk cari2 info BT di Jkt. Nah bulan Januari kmrn, aku BT di BIC dgn Dr Ivan dgn short protocol. Alhamdulillah, tgl 12 Feb kmrn aku dinyatakan positif hamil dgn bhcg 565. Belum usg, jd belum tau apakah kehamilan tunggal or kembar. Kehamilan ini kayanya berkah yg tak terhingga dn jadi hadiah wedding anniversary ku yang ke 10 (sepuluh lho..hehehe) bulan Maret nanti.

    Skrg udh sampe mana program kamu Sha? mdh2an lancar terus ya.
    Good luck ya Sha…spt yg kamu bilang Keep on Believing…Allah tidak pernah tidur.

  6. Sasha

    @Mimi: untuk suntik2nya, aku suntik sendiri lebih tepatnya suami yg suntikin, di rumah setiap pagi sebelum berangkat ke kantor jadi jamnya kurang lebih bisa teratur. Hari ini hari ke 13 suntik Buserelin/ suprefact. Besok pagi tes darah sebelum suntikan Gonal F.
    So far nggak ada efek samping apapun kog, cuma di perut ada 2 tanda biru2 aja, tapi itu normal, mungkin udah biasa juga karena sebelum jalanin treatment ini, aku pernah treatment akupunctur yang kadang bikin kulit biru2 juga 🙂
    Badan juga nggak ada efek apa2, nggak pusing nggak mual … semua nya normal aja, semoga nanti suntik Gonal juga normal saja.

    @Desandra:
    Congrats yah, sudah hamil, pasti senang sekali, apalagi sudah 9 hampir 10 tahun menunggu.
    Kalau saya kemarin ke pending karena end of year holiday, jadwalnya nggak pas antara Dr Andi n PC Wong nya.
    So, saya postpone aja ke 2 period setelahnya (sambil berharap bisa hamil normal)
    memang salah satu kelemahannya adalah periode nya yang belum tentu cocok. mengingat 2 dokter ini super aktif yang sering simposium atau jadwal2 aktivitas kedokterannya.
    Tapi sebelum kita mulai suntik, semua jadwal itu sudah dikomunikasikan antara tim Dr Andi n tim NUH, sebelum kita mulai suntik2an, jadi kalau jadwal belum match bisa ditunda, atau kalau mau ‘ngebet’ sekarang juga,sebenernya ada dokter pengganti nya kog yg tak kalah kompeten.
    Semoga kehamilannya lancar sampai melahirkan nanti ya kak!

  7. Retha Wowor

    hai.. teman2 salam kenal yaa… saya Retha. Saya calon program BT, jika tidak ada halangan bulan Maret sudah bisa mulai BT di Siloam Surabaya. Saya minta sharing infonya dunk seputar persiapan BT dan proses BT… spy saya bisa siap mental n bisa jalanin semua prosedur dengan nyaman… saya tunggu ya infonya.. thx.

    @ Desandra : BIG Congratz yaa… smoga bisa menular juga ke saya… AAMMMIIINN…. hehehe

  8. Wiwid

    Dear all…salam kenal
    @Sasha:
    sudah sampai mana programnya?apa sudah mulai suntik Gonal F?Aku sudah punya satu anak tetapi sudah 10 tahun ini belum dikaruniai anak lagi, kata dokter sih kami berdua sehat jadi unexplained infertility, saat ini aku lg BT di Yasmin,long protocol juga dan saat ini sedang inj suprefact hari ke 8. Mudah-mudahan BT kita berdua berhasil ya.Seperti yg kamu bilang keep on believing.

    @Desandra:
    Selamat ya mb atas kehamilannya semoga lancar sampai melahirkan

    Buat temen-temen, ada nggak yg punya pengalaman BT di Yasmin terutama dg dr Budi Wiweko
    Salam..

  9. sony

    halo semua nya..
    saya dari medan…saya dan istri saya mengikuti program bayi tabung di DR.binarwan halim…dan hasil test semalam istri saya positif hamil..
    saya berusia 39 tahun sedangkan istri saya 31 tahun
    masalah kami adalah sperma saya kurang ..cumanan ada 3 jtan ..saya mengikuti pengobatan dari bulan 3 dan dari hasil sana sperma saya naek menjadi 12 jt..kami mencoba melakukan inseminasi..tapi gagal ..dan kami langsung naek ke Bt..dan ternyata berhasil
    Bt bisa dilakukan asal ada dukungan 2 [pihak neh..karna masih banyak proses yg mesti kita lewati dan mesti saling dukung mendukung…
    semuanya ..semoga berhasil yah

  10. Desandra

    Hallo Retha…makasih ya, mdh2an segera nular ke semua yg sedang usaha hamil, amiin.

    Sy mau sharing dikit ttg persiapan BT ini. Byk yg bilang, “jangan stress” tapi kadang kita gak bisa atur si stress ini utk tidak dtg. Ada aja yg mempengaruhi hehehe. Kl sy, perasaan utama sy sblm BT adalah pasrah dn ikhlas akan hasilnya tp tetep semangat ngejalaninnya.

    Kl bisa jgn punya perasaan kl proses BT ini HARUS berhasil, pasrahkan aja ke Tuhan YME toh kita sebatas usaha. Dokter sy jg blg gitu sehabis Embryo Transfer, “usaha kita hny sampai sini bu, hasilnya kita pasrahkan ke Yg Kuasa”..bener kan? hehehe. Gimana pun juga, pressure keberhasilan tetep ada, tp imbangi aja dgn perasaan pasrah.

    Biaya BT ini kan relatif ya, ada yg anggap mahal dn tidak. Nah, kl bisa, jgn pny pikiran “udh ngeluarin uang nih, rugi kalo gak berhasil”…haduuuh jgn deeeh hehehe…ikhlas in aja biayanya. Toh Allah jg ngasih kita rejeki utk usaha kan? 🙂

    Pesan dr Dokter sy stlh ET hanya “byk minum air putih dn byk berdoa” hehehe simple kan? Dan itu bener2 sy jalanin..

    Kl mslh proses BT nya sendiri, Retha bisa baca sharing temen2 lain di site ini, kynya byk juga kok yg BT di Siloam Surabaya. Prosedur kurang lebih sama, treatment yg sdkt berbeda. Yg penting sih nyaman…nyaman komunikasi sm dokternya, nyaman tempatnya dll. Kl prosedurnya sih blm tentu nyaman ya, soalnya suntik sana sini hehehe…nikmatin aja.

    Segitu dulu ya Retha, mdh2an membantu.
    Buat Sasha dn yg lain, semoga sukses ya…dan pinjem kata2nya Sasha (lagi)..Keep on Believing.

  11. melly

    Buat yang udah berhasil CongRats yahhh, moga bisa nular ke aku amiiiiiin
    @retha, aku juga berencana program bt d siloam awal maret, domisili kamu dmana? boleh tau alamat email kamu gak? wuah seneng niy ada temen yang mo program d bulan yang sama

  12. Retha Wowor

    @ Desandra : Thx yaa buat infonya… membantu sekali tuh.. hehehe.. Emang bener bgt ya kita ga bisa “DEAL” dengan stress yg datang ke kita.. rasanya pengen ngusir jauh2 stressnya biar kita ga mikir macem2.. Aku dah banyak baca2 pengalaman temen2 yg sharing soal BT.. dan sharing temen2 bner2 ngebantu banget. Semoga semua bisa berjalan dengan lancar, apapun hasilnya memang benar kata Sasha “Keep on Believing”…. karena semua akan indah pada waktunya… CAIYOOOO 🙂

    @ Melly : Hai Melly… waah senangnya diriku bisa menemukan teman seperjuangan.. hehehe… Aku domisili Surabaya. Klo boleh tau Melly dr mana?? Ini alamat email aku: retha.prasetya@gmail.com atau klo mau ym juga bisa: jeluvtha@yahoo.com…. Kutunggu yaa…

    For all: God Bless You…. Wish u all the best 🙂

  13. Hanny

    hi..salam kenal..,

    Saya mau nanya nih sama pak Sony..?Saya juga dari medan.
    Berapaan biaya BT pak Sony dan istri dengan dr.Binarwan sampai berhasil hamil?soalnya kasus tiap pasutri kan beda2 sich..

    Kalau saya sendiri karna PCO.,uda menikah 8tahun dan belum pernah hamil sekalipun.. (T~T)hiks hiks..
    Sudah pernah inseminasi d luar negri juga tapi gagal..Skrg lg perencanaan ke BT..

    Mohon sharingnya ya..thanks..^^

  14. rani

    Hi salam kenal semuanya….

    sy sekarang juga lagi menjalani proses BT di siloam surabaya
    Dengan dr.aucky, and sekarang udah hari ke 9 Suntik suprefact
    And efek samping yang aku rasakan sih badan jadi gemukan and
    Nafasku agak sedikit sesak,tp menurut pengalaman beberapa teman
    Itu biasa and gak masalah,so ini tinggal nunggu bbrp hari lg u
    Datang lagi ke siloam and menjalani proses berikutnya,u semuanya
    Kita saling mendoakan ya semoga kita sama2 berhasil,be positif thinking
    And again:keep on beliaving heheh

    Salam

  15. Sasha

    Haiii semua …

    Today hari pertama aku suntik Gonal F, dosisnya 150 gonal F dan Buserelin 20. Semoga prosesnya lancar tanpa kendala apapun.

    Buat temen2 yang sudah berhasil, bisa share nggak waktu suntik Gonal F itu apa yang dirasakan? ada sebagian bilang kalau berat badan akan nambah, perut akan berasa kembung dsb nya, ada teman yang mual2 dan badannya jadi bengkak air (untuk yang ini dokter bilang kemungkinan dosis ngga sesuai atau ada alergi).
    Salah satu penyebab takut IVF adalah takut gendut, banyak yang nasehatin, pengorbanannya ngga seberapa dibanding dengan kebahagiaan punya baby, tapi ada satu nasehat yang bener2 kena adalah kalau kamu takut, dan dianggap kalau kamu belum siap punya baby, malah nanti nggak dikasih … lebih takut mana?
    wooo jadi aku buang jauh2 deh pikiran takut gendutnya, apapun resikonya dihadapin aja berdua dengan suami, share those little things with him, toh itu akan mempererat hubungan suami istri juga.
    Seperti Dessandra bilang : tips nya cuma banyak minum air putih n berdoa, manusia bisa berusaha sampe tahap tertentu saja, sisanya Tuhan yang tentukan. Bukan masalah siapa dokternya dan dimana prosesnya, bener2 Tuhan yang tentukan keberhasilan proses yang kita jalanin.
    Keep on believing, keep the faith!

  16. Michelle

    @ Desandar: wah, selamat atas kehamilannya ya, Des. Sudah USG belum? Setahu ku sich kalau HCG belum sampai 800, belum kembar, tetapi makin tinggi HCG nya berarti embrionya makin kuat. Aku juga BT di BIC,t api sama dr. Taufik. Hati-hati ya. Kehamilan karena IVF ternyata lumayan rentan juga…kita harus sangat menjaga, karena menurut jurnal kedokteran yang aku baca, ini termasuk kehamilan “Berisiko” dan :Mahal”, jadi harus dijaga baik-baik. Saya sempat bleeding dua hari setelah USG, sampai harus bed-rest 4 hari di Bunda. Yang penting, jangan terlalu banyak jalan atau naik turun tangga, bawa barang berat-berat, mengejan terlalu kuat pas BAB, batuk terlalu hebat atau muntah-muntah terlalu dahyat. Kemarin karena muntah-muntah, aku sempat flek lagi, sehingga di kasih obat anti muntah sama dr. Taufik.

    @ Sasha: efek Gonal F sama orang berbeda-beda. Aku malah jadi nggak nafsu makan sama sekali, suka sedih nggak jelas dan yang pasti jadi sangat sensitif dan mudah tersinggung. Terus setiap sehabis suntik, aku harus duduk dan rebahan kepala ke belakang selama 30 menit karena kepala rasanya berputar. Nah, rekan senasib seperjuangan saya yang di RS Family malah berbeda. Dia mual-mual, pusing, tidak bisa makan, tetapi berat badan naik karena water retention. Tetap sich, dianjurkan sama dokter untuk banyak minum, cuma dia nggak boleh minum teh atau kopi, hanya boleh air putih tok.

    Yang penting santai aja. Apapun efek samping nya, kalau memang nanti bisa mendapatkan anak, aku rasa itu harga yang murah sekali ya. Aku berpendapat bahwa semua hal-hal yang nggak enak yang aku jalanin ini adalah kehendak Tuhan supaya aku lebih appreciate dengan anak-anak ku nanti, sehingga nggak aku cuekin atau terlantarin kalau sudah dapat. Kan tendensi nya ibu-ibu modern sekarang begitu. Punya anak dimasukin les, kursus, dll dsb, dibeliin mainan banyak, tapi jarang diperhatikan. Nah, menurut ku, “cobaan” ini diberikan kepada aku (yang memang sangat gila kerja), supaya nanti aku nggak begitu dengan anak-anak ku.

  17. Sasha

    @ michelle :
    kudu banyak minum air ya pas suntik Gonal? Pas hari ke 2 suntik kemarin sih, kepala keliyengan rasa nya seperti mau dapet mens, tapi sepertinya karena kepanasan n kurang makan. abis ngadem n makan cukup, langsung hilang pusingnya.
    Cuma barusan berasa aneh, karena ada flek sedikit di celana, kira2 itu normal atau ga yah?

  18. Desandra

    Hai Michelle…..
    Thank you ya tips nya, berguna bgt. Jadwal USG msh seminggu lagi dan skrg mulai mual2..nikmat :). Memang kadar bHCG tiap ibu hamil beda-beda ya. Sepupuku yg hamil stlh inseminasi, bHCG nya 700an, janinnya kembar 3. Tp dlm perjalanan 1 janin gugur, dan awal tahun ini sdh melahirkan bayi kembar yg sehat meskipun usia kehamilan baru sekitar 7 bulanan.
    Michelle di BIC juga ya…siapa tau suatu saat kita ketemuan :). Selamat juga ya atas kehamilannya. Mdh2an kita semua sehat, kuat dn happy terus.

    Sasha, udh mulai suntik Gonal ya?
    Betul kata Michelle, efeknya beda-beda tiap org. Kl aku tidak merasakan apa2 sama sekali. Jadwal suntikku wkt itu malam jam 10 dirumah (yg suntik suami) jd stlh suntik lsg tidur (mgkn krn ini jg aku tdk merasakan apa2 ya?) Kdg suka kebangun tengah malam dn rasanya mulut sm tenggorokan kering ky abis lari jauh…jd segelas air putih pasti udh siap disamping tempat tidur.

    Sasha udh mulai byk minum air putih kan? biasakan minum air putih sedikit2 tp sering. Kl minum 2-3 gelas sekaligus, efeknya cuma kembung atau mual dn akhirnya kebuang jg lwt urine. Jd si air cuma numpang lewat. Minum 3-5 teguk setiap bbrp menit, itu mbantu tubuh menyerap air lebih baik.
    Aku sih sampai skrg suka bawa botol minum plastik yg 1 liter meskipun cuma dirumah, jd gak mondar-mandir ke dispenser :).

    Semoga berguna ya….

  19. feby

    hi salam kenal buat semuanya…,

    saya juga ikutan program BT nich di RS.SILOAM surabaya,
    kena short protocol,ikutan program ini karena dokter saya kena PCO,dimana sel telurnya banyak dan kecil2 alias ngga berkembang sedih banget…hiks..hiks…hiks…
    sekarang hari ketiga saya dapet suntikan GONAL F,setiap hari 1 suntikan ,dan senin tanggal 8 nanti saya di usg dalam lagi,entah mau di kasi suntikan apalagi..:P.Semoga senin depan telurnya udah berkembang yah…(sebelum dapet treatment apapun besarnya telur saya hanya 4mm,dari normal antara 18 sampai 19mm)tuhkan jauh banget bedanya…:((
    mohon doa dan dukungannya ya…
    makasih dan salam kenal semuanya…

  20. trifena

    hai semua,
    saya trifena, mau tanya2 sama pasien BT dokter aucky,..
    apa benr saat nanti panen telur tidak ada pembiusan? sakit gak yah?

    apakah ada yang berobat dan bt dengan indra anwar di rs.bunda?

    thx utk infonya

  21. trifena

    @ dessandra: sorry mau tanya, bt di BIC morulla ya maksudnya? dengan dokter siapa?
    pernah dengar soal indra anwar gak?

    nb: selamat utk calon ibu…semoga cepet nular ke kita2…amiiiinnnnnnnnnnnn

  22. Desandra

    Hallo Trifena…
    Iya, aku program di BIC tepatnya di klinik Morulla IVF. Aku ditangani Dr. Ivan Sini sejak awal. Setahuku ada 4 dokter di BIC, Dr. Ivan, Dr. Indra, Dr. Taufik dan Dr. Irham. Waktu itu aku pilih Dr. Ivan karena mens hari ke 2 ku wkt itu hari Jumat dan dokter yg praktek siang itu Dr. Ivan.
    Kl Dr. Indra setahuku adl dokter yg paling senior di situ. Kamu bisa baca2 di posting teman2 lain disini, banyak jg yg sama Dr. Indra kok.
    Kl kamu mau ngobrol2 ttg proses BT di BIC boleh lsg ke emailku ya di desandra@gmail.com

    Sasha..lagi di Singapore kah? gimana kabarnya? mdh2an proses egg collection sampai embryo transfer nya sukses ya. Update dong Sha….

  23. Sasha

    Hai ibu2 semua …

    Sasha sudah di Singapore nih, 2 hari yang lalu sudah diambil telurnya alias egg collection – hasilnya ada 20 telur yang diangkat. Keesokan harinya dikabarin lagi dari embriologistnya NUH, kalau adari 20 telur 15 matured, n setelah dilakukan ICSI, ada 11 embrio yang fertilized.

    Sekedar sharing aja, waktu suntik Gonal buat saya ngga ada efeknya apa2, cuma memang dibagian bawah perut rada kenceng gitu, tapi normal.
    Nah setelah sampai di singapore dan dari hasil tes estradiolnya, dokter bilagn ditakutkan saya bakal kena OHSS karena sepertinya over stimulate.
    Disarankan saya makan putih telor sehari 6 butir, atau bisa juga digantikan dengan susu hi protein, mereka menyarankan susu ensure (ada dalam bentuk instant kotakan gitu)Nah, setelah saya ikutin saran mereka bener lho rasa sakit banyak berkurang.
    Hi protein diet itu saya jalanin dari sebelum ovum pick up sampai sekarang.

    Sekarang saya tinggal nunggu jadwal untuk embrio transfer yang kemungkinan besar hari selasa. Rencananya 2 embrio yang bagus akan dimasukkan sesuai saran dokter sini. selain itu kalau di Singapore tidak bisa pilih jenis kelamin, kalau di negara2 lain sepertinya bisa saya tidak tau kalau di Indonesia bagaimana. Sasha pikir bagus juga lah, jangan mendahului Tuhan, mau dikasi jenis kelamin nya apa, yang penting baby sehat, toh kita juga susah payah demi dapetin baby ini.

    O ya, waktu ovum pick up saya dibius total.

  24. dd

    Hallo Sasha salam kenal,

    Semoga semuanya berjalan lancar ya. sy baru mau mulai ikut program BT. akhir bulan maret ini baru mulai suntik. sy tunggu kabar sasha setelah ET ya…

  25. Desandra

    Well done Sashaaaa….banyak banget cadangan embrionya. Aku wkt itu hny 3 yg fertilized dn ditransfer semua. Jd gak pny cadangan, sykurnya ada yg bertahan 1 di rahim. Bersyukur banget!

    Jangan byk pikiran ya Sha, besok embryo transfer jalani aja dgn relax. Ketawa-ketiwi aja ama suami dn para dokter disitu (Dr. Wong ama Dr. Andi hadir 2-2nya ya?). Jgn terlalu capek hari ini, kl perlu massage aja biar relax dn fresh besok :).

    Good luck Sha, semoga lancar dn sukses. Update lagi ya nanti….

  26. Sasha

    all ….

    embrio transfernya nggak jadi besok .. ditunda sehari lagi ..
    Menurut embriologistnya, dari 11 embrio yg fertilized ternyata setelah di monitor selama 2 hari .. kualitasnya ada sebagian yang menurun … (Ternyata ada grade nya juga embrio itu) Jadi mereka akan monitor sampai hari terakhir embrio bisa bertahan sebelum dimasukkan ke rahim, embrio yang kualitasnya paling bagus akan dipilih 2.
    Suamiku langsung down juga sih … berarti jumlahnya tidak akan banyak … tapi sasha bilang, kita cuman butuh 2 utk dimasukkan, kalau ada lebihyg bisa disimpan itu adalah bonus dari Tuhan.

    @Desandra : wah boro2 massage … mahall bok … ntar bukannya rilex malah ngoceh krn mahalnya

  27. Sasha

    all …

    Sorry baru posting lagi …
    Embrio ditransfer lagi ke rahim Sasha tanggal 10 Maret,
    dan hari ini 22 Maret adalah hari pengumuman yang dinanti2.

    Mau cerita dulu, sasha mengalami flex kurang lebih selama 4 hari in total. selama flex disuru bed rest saja, kurangi aktivitas, cuma ke toilet saja.
    sejak kemarin siang flex sudah berhenti.
    waktu hari pertama flex, keesokan paginya test sendiri di rumah pakai HCG, hasilnya positif … wah udah seneng banget tuh liatnya ..

    Hari ini sudah cek ke Dokter Andi lagi, hasilnya bener positif HCG levelnya 324, minggu depan disuru balik lagi utk kontrol lagi.

    Bersyukur sekali lihat hasilnya, still can’t believe that i’m pregnant!!

  28. dd

    Hallo Sasha,

    Selamat atas kehamilan-nya…. semoga semuanya lancar dan dapat melahirkan dengan selamat…
    btw, ada berapa embrio yg ditanam ?

  29. vika

    Hi Sasha,

    selamat ya semoga sehat sampai melahirkan dan semoga menular ke aku 🙂

  30. Sasha

    All…

    Hari ini umur kehamilan Sasha 14 minggu 1 hari tepatnya.

    Setelah di flashback, masa2 terberat selama menjani program ini adalah setelah ET menuju hari pengumuman. Dimasa penantian itu amat susah secara fisik maupun moril.
    Fisik tentu saja jadi takut ngapa2in, bed rest aja yang paling aman, serasa kembar siam sama ranjang. Biarpun tahu bahwa flex tanda positif tapi tetep aja pas liat ada flex jadi panik nggak bisa tidur.
    Lebih susah lagi masalah moril, super sensitif, ada yg menanyakan kabar n memberikan nasehat ditanggapi dengan jutek.
    Bener2 dukungan suami sangat penting di tahap2 ini.

    Hari ini sudah dijadwalkan untuk NT scan utk deteksi apakah ada gejala down syndrome.

    Sekarang sasha sudah kembali bekerja. Semoga kehamilannya lancar sampai kelahiran.

    Ibu2 yang sedang, akan, atau sudah menjalani program BT, yang penting percaya saja, kalau memang sudah waktunya kita dipercaya oleh yang diatas pasti ada jalan, kalau mungkin gagal percaya saja pasti kita diijinkan untuk melalui ini semua dengan satu maksud yang baik, jangan mengeluh atau bersungut2. Yang penting kita sebagai manusia tetap berusaha, dan menyerahkan hasilnya kepada yang memberi hidup.

  31. larasati

    Salam kenal Sasha…
    Sekedar mau update, Setelah suntik buserelin, gonal-f, saya berhasil hamil juga!!!!!!!! Makasih ya bu lysna yg udah bantuin saya dapet harga murah utk obat2annya, saya happy banget lumayan loh hemat nya… OK deh, utk temen2 yg masih proses bayi tabung, ini sekedar info: apotik medika center, tanjung duren, jakarta barat, 021.5695.7245 atau 021.70208551. Thanks.

    -laras

  32. Ann

    Sasha, mau nanya dong, biaya bayi tabung berapa di Singapore?
    Jadi ini program bayi tabungnya lewat Dr Andi Hudono ya?
    Lalu ke Singapore dengan dokter yg Dr Andi kerjasama gitu?
    Berapa lama di singapore.

    Aku jg mau program BT tapi takut.

    Jadwal jg padat.

  33. Shan

    Mau ty donk sasha : sy sdh embrio transfer tgl 18 jun , lagi menunggu hari hari pengumuman tgl 2 juli ini. Tgl 22 juni saya disuntik HCG oleh dr, setiap hari hrs masukan crinone melalui vagina. Sehbs kamu ET kamu bedrest atau bgm?. Boleh bagi kiat kiatnya spy berhasil. Saya sdh 11 thn menikah dgn suami

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*