Kebiasaan buruk dan kerusakan sperma – dr. Dicky

Berbagai masalah pada sistem reproduksi pria terutama produksi sperma yang berkualitas dan kuantitas yang cukup, ternyata dapat di timbulkan oleh beberapa kebiasaan buruk yang mungkin saja dilakukan oleh seorang pria. Kebiasaan buruk yang mengancam kesehatan sperma tersebut antara lain :

1. Berendam air hangat atau panas.

Testis sebagai pabrik sperma ternyata sangat peka akan terjadinya peningkatan suhu disana. Kebiasaan berendam air hangat/panas secara teratur dalam waktu yang cukup lama, dapat berakibat buruk pada produksi sperma.

2. Memangku laptop

Panas yang di pancarkan lewat laptop yang sedang dipangku juga mengancam kesehatan sperma. Biasanya kebiasaan ini tidak disadari berlangsung dalam waktu yang cukup lama karena saking asyiknya berselancar dengan laptop yang terpangku.

3. Kurang istirahat

Kurang istirahat juga dapat mengancam kesehatan tubuh secara keseluruhan, demikian juga dengan kesehatan sperma. Kelelahan kronis dan stres yang berkepanjangan dapat memacu kenaikan kadar hormon kortisol dan ini berdampak buruk pada produksi sperma.

4. Malas olah raga

Kebiasaan olah raga ternyata mampu meningkatkan kerja darai berbagai sistem di tubuh kita termasuk sistem hormon reproduksi. Sehingga diharapkan olahraga ringan seperti jalan kaki 30 menit selama 5 kali seminggu dapat memperbaiki hormon reproduksi yang kurang optimal

5. Minuman keras dan narkoba

Kalau yang ini jelas sekali dampak buruknya bagi tubuh, termasuk juga mengancam kesehatan reproduksi pria. Keseimbangan hormon akan terganggu. Bila sampai menyebabkan gangguan fungsi hati juga bisa berakibat ke fungsi reproduksi.

6. Merokok

Kebiasaan merokok dalam jumlah yang cukup besar dapat merusak kualitas sperma terutama gerakan lincah sperma akan terganggu.

FacebookTwitterGoogle+Share
1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (17 votes, average: 2.88 out of 5)
Loading...Loading...

265 thoughts on “Kebiasaan buruk dan kerusakan sperma – dr. Dicky

  1. Harianto

    Dear dr. Dicky yang baek

    Salam Sejahtera ya…

    Pada hari senin yg lalu tgl 12/8/13 saya melakukan tes analisa sperma di Laboratorium Klinik Thamrin Medan
    dengan hasil sbb :
    Warna : Putih susu
    Volume : 4,2
    PH : 8,0
    Viscositas : semiviscous
    Pencairan : 18 menit
    Jumlah Spermatozoa : 80,4 juta/ml
    Jumlah Leukosit : 800/mm3 Normal <1000
    Morfologi Normal : 78%
    Morfologi Abnormal : 22%
    Pengerakan
    Aktif : 75%
    Lemah : 15%
    Tidak bergerak : 10%

    Mohon penjelasannya dok… Bagaimana dengan kondisi sperma saya ini ya….? Apakah istri saya kelak bisa hamil normal?

    Kenapa jumlah Leukosit bisa mencapai 800/MM3 apakah itu ada indikasi infeksi pada daerah reproduksi? krn saya selalu menjaga kekudusan pernikahan dan tidak pernah melakukan hubungan sex bebas

    Terimakasih dok sebelumnya…

    Thanks

    Harianto

  2. ichal

    Dear dr. Dicky

    Salam Sehat untuk kita semua :)

    Pada hari Kamis yg lalu tgl 27/09/2013 saya melakukan tes analisa sperma di Laboratorium rumah sakit di daerah saya
    dengan hasil sbb :
    Warna : Putih ke abu-abuan
    Volume : 2.6 ml
    PH : 8.5
    Mencairnya semen (Lequefaksi) :31 menit
    Kekentalan ( Viskositas):5 cm
    Kosentrasi: 47 juta/ml
    Jumlah:122.2 juta/ejakula
    Bergerak cepat,lurus,kedepan :0 %
    bergerak lambat,berkelok,maju:29 %
    begerak ditempat:6%
    tidak bergerak:65%
    Aglutinasi:NEGATIF
    Leukosit:0,25 juta/ml
    sperma yang hidup:38%
    Normal:2%
    Abnormal:98%
    Kesimpulan:ASTENOTERATOZOOSPERMIA
    Mohon penjelasannya dok… Bagaimana dengan kondisi sperma saya ini ya? Apakah istri saya kelak bisa hamil normal? dan cara apa yang harus saya tempuh agar bisa mendapatkan keturunan?
    hasil cek HSG Isteri saya semuanya baik-baik saja
    terimakasih sebelumnya dok..

  3. ranny anggraeny

    Ass.wr.wb.dok,sy dan suami sudah 5 th menikah.sy sudah 5x keguguran smuanya dibwh 2 minggu karna janin tdk berkembang.sy sudah tes lab hasilnya bagus torch,aca,hsg,kromosom,dll.suami sy sudah cek sperma tergolong oligoasthenoteratozosperma dan ada varikokel dikanan.dokter androlog di bandung blm menyarankan operasi.suami sy pun takut jika disuruh operasi kalau nantinya malah menjadi azoosperma.sy dan suami berencana ingin inseminasi.tp sya tkut keguguran lg dok.yg ingin sy tanyakan apakah suami sy mengalami fragmentasi dna sperma?apakah dgn inseminasi bisa memilih sperma dgn kromosom yg bagus?karna beberapa dokter yg menangani sy bilang keguguran sy disebabkan kelainan kromosom.sy mohon bantuan dokter.terima kasih.

  4. titinbpn@gmail.com

    Selamat malam dok,
    Perkenalkan saya titin domisili di Balikpapan, saat ini sedang mengikuti promil dipermata hati jogja. hari rabu tgl 14 mei suami menjalani tes dfi di ph , sayangnya hasil lab belum keluar hari ini.berdasar konsul paska his office hari rabu tgl 14 mei , dokter membolehkan utk program bt setelah haid mendatang.
    dok, mohon advise untuk persiapan bayi tabung nya dan apakah saya bisa mengirimkan hasil2 lab suami saya kepada dokter , utk referensi.mengingat sebenarnya kami bermaksud konsul ke dokter dalam minggu ini , hanya masih terkendala hasil lab dfi yang kemungkinan baru keluar hari senin.
    terimakasih dok , berikut email saya : titinbpn@gmail.com

  5. mumuy

    salam dokter maaf menggaggu. baru saja tdi siang sy melihat hasil cek sperma suami saya dan hasilnya azoospermia. apakah mungkin ini krn kesalahan saat mengeluarkannya dokter? karena suami saya tidak menampung semua spermanya saat dia ejakuasi. suami saya melakukan ejakulasi pertama dan kemudian ditampung. seddangkan ejakulasi kedua tidak ditampung. trimaksih dokter.

  6. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear mumuy…

    Cara pengumpulan seperti itu jelas meragukan hasil pemeriksaannya. Mumgkin saja tidak ada spermatozoa di cairan sperma I yng keluar lho…Ulang saja pemeriksaannya. TK

  7. ny. jhoni

    Dear dr. Dicky..
    Suami saya berusia 38 tahun dan menderita bilateral varicocoele yang mengakibatkan azoospermia. Padahal pada thn. 2010 sperma suami masih ada meskipun tidak banyak..ketika 2012 kami hendak program bayi tabung baru diketahui suami azoo. Pada bulan mei 2014 kemarin suami melakukan operasi TESA dan alhamdulillah hasil operasi terdapat sperma sebanyak 2 tabung. 1 tabung sdh dipergunakan dan tersimpan 1 tabung. Yang ingin saya tanyakan apakah TESA dapat dilakukan kembali untuk mengambil sperma lagi ? Atau TESA cukup sekali seumur hidup? Terimakasih dokter.

  8. ny. chandra

    aslm…dear dr.dicky. dok, saya br menikah 1,5 tahun, tp sdh amat sangat kepingin punya keturunan. saya sdh cek kondisi saya sendiri alhamdulillah bagus n normal, tp suami saya pas d cek spermanya, dari 40rb hanya 1 yg hidup. dan skrg d ksh terapi obat sm dr.herlambang SpOG dijambi, zeman, licoxy, dan alerten 100. yang mau saya tanya, apakah ada harapan buat kami mendapatkan keturunan dgn normal. kl tidak apa jalan yg harus kami lakukan. trm ksh banyak dokter.

  9. Reza

    Dear dr. Dicky,
    Suami saya baru seminggu yang lalu melakukan operasi TESE-PESA, tetapi hasilnya tidak ditemukan sperma, padahal jika dilihat dari hasil lab Endokrinologinya LH:2.32, FSH:6,58 dan testosteronnya:302,30, semua terlihat normal.
    Yang saya ingin tanyakan, apakah bisa terjadi hal seperti itu, apakah ada kemungkinan kesalahan pd lab nya? dan apakah ada kemungkinan suami saya bisa diperbaikin kondisi spermanya,dokter?
    Mohon penjelasannya, saat ini kami sangat terpukul dengan kondisi ini.

  10. Leesang

    Salam dok,
    Saya dan suami saya baru 8 bulan menikah, kami sangat mendambakan momongan. Kami melakukan konsultasi untuk program hamil dan disarankan untuk tes. Kalau kondisi saya alhamdulillah normal, cm letak rahimnya saja yang agak berada diatas.. Kalau hasil tes sperma suami saya dinyatakan azoospermia. Yang mau saya tanyakan apakah kasus penderita azoospermia tidak dapat sembuh dan jalan satu-satunya hanya dengan bayi tabung? Mohon pencerahannya karena saya dan suami merasa putus asa, dok. Terima kasih.

  11. Elisa

    Salam kenal Dok,

    Suami saya baru saja selesai USG testis karena sebelumnya hasil analisis sperma menunjukkan azoospermia.
    Hasil USG menunjukkan adanya sedikit varises di testis kiri dan pengapuran pada kedua testis. Apakah ini berarti masih ada sperma yang dihasilkan? (hasil tes hormon LH, FSH, etc normal).
    Apakah masih ada chance untuk pembuatan bayi tabung dok?

    Terima kasih sebelumnya..

  12. dap

    Assalam wr wb, Dok mau tnya suami saya sudah melakukan analisis sperma dan dinyatakan azoospremia, dan sdh tes FSH dan LH, hasilnya FSH dan LH nya tinggi, kemarin baru USG Testis, ternyata disebelah kiri ada kista epididimis 18mm. tindakan apa yang harus kami lakukan ya dok ? supaya memiliki keturunan, apakah harus dioperasi atau bisa dengan penyedotan cairan kista nya dok ? sebaiknya kami harus konsul ke bagian urologi atau andrologi ya, dok ? mohon pencerahannya. terima kasih

  13. zig

    suami saya saluran sperma tersumbat.bisakah proses imseminasi.bagaimana cara pengambilan sperma nya

  14. rois

    Dear. Dr. Dicky

    Ass. Wr. Wb. Maaf dok mau tanya hasil tes sperma saya untuk morfologi yg normal hanya 1 %, sudah sempat saya konsultasikan ke spesialis androlog dan ketika dicek fisik tidak ada verikokel. Dengan kondisi sperti itu apa lagi yg harus d tes dok untuk mengetaui sebab morfologinya jelek dan apakah dengan kondisi seperti itu msh bisa diobati. Dok Selain praktek di klinik permata hati, tempat prkteknya dimna…. Saya domisili di madiun. Terima kasih

  15. selamet h

    Dear dok dicky

    Saya penderita iddm tipe 1, saya di vonis dah 10thn menderita penyakit tersebut,saya selalu disuntik insulin 4 kali sehari sebelum saya disuntik emang gds sllu diatas 200,stlah menjalani masa penyembuhan dg insulin gds dibawah 200,tpi kendala yg saya hadapi adalah sperma saya menjadi tidak ada setelah disuntik dg insulin pdhal ketika sya minum obat oral sperma sya masih bnyak,yg ingin sya tanyakan apkah keluhan sya bisa disembuhkan? Dengan cara apa kalo bisa disembuhkan? Sya sudah konsul ke dokter dlam tpi disuruh ke dkter andrologi,sdangkan di daerah sya jauh ke dkter andro trsbut..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*