Kebiasaan buruk dan kerusakan sperma – dr. Dicky

Berbagai masalah pada sistem reproduksi pria terutama produksi sperma yang berkualitas dan kuantitas yang cukup, ternyata dapat di timbulkan oleh beberapa kebiasaan buruk yang mungkin saja dilakukan oleh seorang pria. Kebiasaan buruk yang mengancam kesehatan sperma tersebut antara lain :

1. Berendam air hangat atau panas.

Testis sebagai pabrik sperma ternyata sangat peka akan terjadinya peningkatan suhu disana. Kebiasaan berendam air hangat/panas secara teratur dalam waktu yang cukup lama, dapat berakibat buruk pada produksi sperma.

2. Memangku laptop

Panas yang di pancarkan lewat laptop yang sedang dipangku juga mengancam kesehatan sperma. Biasanya kebiasaan ini tidak disadari berlangsung dalam waktu yang cukup lama karena saking asyiknya berselancar dengan laptop yang terpangku.

3. Kurang istirahat

Kurang istirahat juga dapat mengancam kesehatan tubuh secara keseluruhan, demikian juga dengan kesehatan sperma. Kelelahan kronis dan stres yang berkepanjangan dapat memacu kenaikan kadar hormon kortisol dan ini berdampak buruk pada produksi sperma.

4. Malas olah raga

Kebiasaan olah raga ternyata mampu meningkatkan kerja darai berbagai sistem di tubuh kita termasuk sistem hormon reproduksi. Sehingga diharapkan olahraga ringan seperti jalan kaki 30 menit selama 5 kali seminggu dapat memperbaiki hormon reproduksi yang kurang optimal

5. Minuman keras dan narkoba

Kalau yang ini jelas sekali dampak buruknya bagi tubuh, termasuk juga mengancam kesehatan reproduksi pria. Keseimbangan hormon akan terganggu. Bila sampai menyebabkan gangguan fungsi hati juga bisa berakibat ke fungsi reproduksi.

6. Merokok

Kebiasaan merokok dalam jumlah yang cukup besar dapat merusak kualitas sperma terutama gerakan lincah sperma akan terganggu.

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (17 votes, average: 2.88 out of 5)
Loading...

273 thoughts on “Kebiasaan buruk dan kerusakan sperma – dr. Dicky

  1. Harianto Daniel

    Dear dr. Dicky
    Saya mau tanya, beberapa waktu lalu saya ada konsultasi dgn dokter Andrologi di pku, dgn keluhan libido rendah, hasil tes hormon testosteron 3,92 nilai normal 2-10, lalu saya di suntik dgn Pregnyl 5000 IU tiap minggu, saya mau tanya apakah Pregnyl itu bisa memperbaiki sperma Terato ya? trimakasih dok sebelumnya….

    Regards
    Harianto Daniel

  2. cicilia bebe

    dear dokter dicky,

    maaf sebelumnya dokter, saya mau konsultasi ke klinik dokter yang di permata hati jogja, sebelumnya suami saya usia 29th melakukan analisa sperma dengan kesimpulan sbb :
    abstinensia : 2hari
    aglutinasi : negatif
    kepala : 38 %
    bau : khas
    leher : 2 %
    linear lambat : 70 %
    ekor : 39 %
    collecting : utuh
    tidak progresif : 3 %
    diperiksa : 07.55
    diterima di lab: 07.25
    tidak motil : 27 %
    KESIMPULAN : OLIGOTERATOASTHENOSPERMIA
    Konsentrasi jumlah juta/ml : 9jt/ml
    konsistensi : encer
    likuifaksi menit : 30
    metode : masturbasi
    morfologi abnormal : (:)
    morfologi normal : 21 %
    motilitas % : (:)
    ph : 8
    sel leukosit juta/ml : 0.09
    VIABILITAS : 73 %
    volume ml : 8.4
    warna : putih kekuningan

    kami sudah ke dokter SPOG JIH, dan suami saya harus mengkonsumsi oligocare dalam jangka waktu yang panjang, padahal dia bekerja di pelayaran, dan waktu kami hanya 3bulan
    kira2 apakah kami bisa melakukan pengobatan yang lebih singkat dok? atau apakah kami bisa melakukan bayi tabung dan berapa persen keberhasilannya? terimakasih sebelumnya, dan untuk lebih jelsnya kami pada tanggal 23 maret akan ke klinik untuk bertemu dengan dokter langsung..

  3. Dr.dr. Dicky Moch Rizal, MKes, SpAnd

    Dear Ulfiana,

    Viskositas abnormal dan aglutinasi dapat berasal dari adanya peradangan di sistem reproduksi suami. Upaya menelusuri penyebab bisa saja dilakukan dan bila berasal dari proses radang bisa ditangani dengan baik..

  4. Ulfiana Handini

    Dear dr. Dickiy,

    Salam kenal, beberapa waktu lalu suami saya periksa sperma dan hasilnya dengan kesimpulan viskositas abnormal dengan gerak lambat autoglutinasi ringan. Yang mau saya tanyakan, apakah dengan hasil seperti itu kami masih ada kemungkinan untuk memiliki keturunan, dan bagaimana cara mengatasinya supaya viskositasnya menjadi normal.

    Terima kasih dok

  5. Wulan

    Assalamu’alaikum Wr. Wb
    Dokter, beberapa waktu yang lalu suami saya melakukan test sperma dan hasilnya total motilitas = 44%, progressive 14% dan non progressive 30% dengan aglutinasi positif grade 1 (Isolated). Apakah dengan hasil ini, kami sulit untuk memperoleh keturunan lagi? Oh ya, selain di klinik Sadewa dan AMC dokter praktek di mana? Terimakasih.
    Wassalamu’alaikum Wr. Wb

  6. wahyudi

    Salam sehat selalu

    Dok…saya saat ini usia 31 tahun,dulu saya pernah cek di lab.prodia….dan hasil lab mengatakan sperma saya kosong….jumlah sperma kurang kenthal dan kurang banyak,terus kedua buah zakar saya yang kiri lebih kecil dari yang kanan….apakah kalau sperma kosong atau ngk ada bibit itu ada solusinya dok?mohon bantuannya dok…..dan kalau mau periksa saya harus ke rumah sakit /dokter spesialis mana dok.terimakasih ….

  7. suriady

    Asslmkum wr wb …
    di mana alamat prakteknya dok jika ingin konsultasi langsung ? dan berapa biaya konsultasinya biasanya ? trmkasi dok

  8. fandi ahmad

    Dear Dr.dicky..saya lelaki 30tahun…saya mempunyai masalah pada kedua testis saya..yaitu sepertI terbelah menjadi besar kecil disetiap testis saya.bagaimana cara memulihkannya kembali..dan saya ingin tau kenapa hal tersebut bisa terjadi.

  9. selamet h

    Dear dok dicky

    Saya penderita iddm tipe 1, saya di vonis dah 10thn menderita penyakit tersebut,saya selalu disuntik insulin 4 kali sehari sebelum saya disuntik emang gds sllu diatas 200,stlah menjalani masa penyembuhan dg insulin gds dibawah 200,tpi kendala yg saya hadapi adalah sperma saya menjadi tidak ada setelah disuntik dg insulin pdhal ketika sya minum obat oral sperma sya masih bnyak,yg ingin sya tanyakan apkah keluhan sya bisa disembuhkan? Dengan cara apa kalo bisa disembuhkan? Sya sudah konsul ke dokter dlam tpi disuruh ke dkter andrologi,sdangkan di daerah sya jauh ke dkter andro trsbut..

  10. rois

    Dear. Dr. Dicky

    Ass. Wr. Wb. Maaf dok mau tanya hasil tes sperma saya untuk morfologi yg normal hanya 1 %, sudah sempat saya konsultasikan ke spesialis androlog dan ketika dicek fisik tidak ada verikokel. Dengan kondisi sperti itu apa lagi yg harus d tes dok untuk mengetaui sebab morfologinya jelek dan apakah dengan kondisi seperti itu msh bisa diobati. Dok Selain praktek di klinik permata hati, tempat prkteknya dimna…. Saya domisili di madiun. Terima kasih

  11. zig

    suami saya saluran sperma tersumbat.bisakah proses imseminasi.bagaimana cara pengambilan sperma nya

  12. dap

    Assalam wr wb, Dok mau tnya suami saya sudah melakukan analisis sperma dan dinyatakan azoospremia, dan sdh tes FSH dan LH, hasilnya FSH dan LH nya tinggi, kemarin baru USG Testis, ternyata disebelah kiri ada kista epididimis 18mm. tindakan apa yang harus kami lakukan ya dok ? supaya memiliki keturunan, apakah harus dioperasi atau bisa dengan penyedotan cairan kista nya dok ? sebaiknya kami harus konsul ke bagian urologi atau andrologi ya, dok ? mohon pencerahannya. terima kasih

  13. Elisa

    Salam kenal Dok,

    Suami saya baru saja selesai USG testis karena sebelumnya hasil analisis sperma menunjukkan azoospermia.
    Hasil USG menunjukkan adanya sedikit varises di testis kiri dan pengapuran pada kedua testis. Apakah ini berarti masih ada sperma yang dihasilkan? (hasil tes hormon LH, FSH, etc normal).
    Apakah masih ada chance untuk pembuatan bayi tabung dok?

    Terima kasih sebelumnya..

  14. Leesang

    Salam dok,
    Saya dan suami saya baru 8 bulan menikah, kami sangat mendambakan momongan. Kami melakukan konsultasi untuk program hamil dan disarankan untuk tes. Kalau kondisi saya alhamdulillah normal, cm letak rahimnya saja yang agak berada diatas.. Kalau hasil tes sperma suami saya dinyatakan azoospermia. Yang mau saya tanyakan apakah kasus penderita azoospermia tidak dapat sembuh dan jalan satu-satunya hanya dengan bayi tabung? Mohon pencerahannya karena saya dan suami merasa putus asa, dok. Terima kasih.

  15. Reza

    Dear dr. Dicky,
    Suami saya baru seminggu yang lalu melakukan operasi TESE-PESA, tetapi hasilnya tidak ditemukan sperma, padahal jika dilihat dari hasil lab Endokrinologinya LH:2.32, FSH:6,58 dan testosteronnya:302,30, semua terlihat normal.
    Yang saya ingin tanyakan, apakah bisa terjadi hal seperti itu, apakah ada kemungkinan kesalahan pd lab nya? dan apakah ada kemungkinan suami saya bisa diperbaikin kondisi spermanya,dokter?
    Mohon penjelasannya, saat ini kami sangat terpukul dengan kondisi ini.

  16. ny. chandra

    aslm…dear dr.dicky. dok, saya br menikah 1,5 tahun, tp sdh amat sangat kepingin punya keturunan. saya sdh cek kondisi saya sendiri alhamdulillah bagus n normal, tp suami saya pas d cek spermanya, dari 40rb hanya 1 yg hidup. dan skrg d ksh terapi obat sm dr.herlambang SpOG dijambi, zeman, licoxy, dan alerten 100. yang mau saya tanya, apakah ada harapan buat kami mendapatkan keturunan dgn normal. kl tidak apa jalan yg harus kami lakukan. trm ksh banyak dokter.

  17. ny. jhoni

    Dear dr. Dicky..
    Suami saya berusia 38 tahun dan menderita bilateral varicocoele yang mengakibatkan azoospermia. Padahal pada thn. 2010 sperma suami masih ada meskipun tidak banyak..ketika 2012 kami hendak program bayi tabung baru diketahui suami azoo. Pada bulan mei 2014 kemarin suami melakukan operasi TESA dan alhamdulillah hasil operasi terdapat sperma sebanyak 2 tabung. 1 tabung sdh dipergunakan dan tersimpan 1 tabung. Yang ingin saya tanyakan apakah TESA dapat dilakukan kembali untuk mengambil sperma lagi ? Atau TESA cukup sekali seumur hidup? Terimakasih dokter.

  18. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear mumuy…

    Cara pengumpulan seperti itu jelas meragukan hasil pemeriksaannya. Mumgkin saja tidak ada spermatozoa di cairan sperma I yng keluar lho…Ulang saja pemeriksaannya. TK

  19. mumuy

    salam dokter maaf menggaggu. baru saja tdi siang sy melihat hasil cek sperma suami saya dan hasilnya azoospermia. apakah mungkin ini krn kesalahan saat mengeluarkannya dokter? karena suami saya tidak menampung semua spermanya saat dia ejakuasi. suami saya melakukan ejakulasi pertama dan kemudian ditampung. seddangkan ejakulasi kedua tidak ditampung. trimaksih dokter.

  20. titinbpn@gmail.com

    Selamat malam dok,
    Perkenalkan saya titin domisili di Balikpapan, saat ini sedang mengikuti promil dipermata hati jogja. hari rabu tgl 14 mei suami menjalani tes dfi di ph , sayangnya hasil lab belum keluar hari ini.berdasar konsul paska his office hari rabu tgl 14 mei , dokter membolehkan utk program bt setelah haid mendatang.
    dok, mohon advise untuk persiapan bayi tabung nya dan apakah saya bisa mengirimkan hasil2 lab suami saya kepada dokter , utk referensi.mengingat sebenarnya kami bermaksud konsul ke dokter dalam minggu ini , hanya masih terkendala hasil lab dfi yang kemungkinan baru keluar hari senin.
    terimakasih dok , berikut email saya : titinbpn@gmail.com

  21. ranny anggraeny

    Ass.wr.wb.dok,sy dan suami sudah 5 th menikah.sy sudah 5x keguguran smuanya dibwh 2 minggu karna janin tdk berkembang.sy sudah tes lab hasilnya bagus torch,aca,hsg,kromosom,dll.suami sy sudah cek sperma tergolong oligoasthenoteratozosperma dan ada varikokel dikanan.dokter androlog di bandung blm menyarankan operasi.suami sy pun takut jika disuruh operasi kalau nantinya malah menjadi azoosperma.sy dan suami berencana ingin inseminasi.tp sya tkut keguguran lg dok.yg ingin sy tanyakan apakah suami sy mengalami fragmentasi dna sperma?apakah dgn inseminasi bisa memilih sperma dgn kromosom yg bagus?karna beberapa dokter yg menangani sy bilang keguguran sy disebabkan kelainan kromosom.sy mohon bantuan dokter.terima kasih.

  22. ichal

    Dear dr. Dicky

    Salam Sehat untuk kita semua 🙂

    Pada hari Kamis yg lalu tgl 27/09/2013 saya melakukan tes analisa sperma di Laboratorium rumah sakit di daerah saya
    dengan hasil sbb :
    Warna : Putih ke abu-abuan
    Volume : 2.6 ml
    PH : 8.5
    Mencairnya semen (Lequefaksi) :31 menit
    Kekentalan ( Viskositas):5 cm
    Kosentrasi: 47 juta/ml
    Jumlah:122.2 juta/ejakula
    Bergerak cepat,lurus,kedepan :0 %
    bergerak lambat,berkelok,maju:29 %
    begerak ditempat:6%
    tidak bergerak:65%
    Aglutinasi:NEGATIF
    Leukosit:0,25 juta/ml
    sperma yang hidup:38%
    Normal:2%
    Abnormal:98%
    Kesimpulan:ASTENOTERATOZOOSPERMIA
    Mohon penjelasannya dok… Bagaimana dengan kondisi sperma saya ini ya? Apakah istri saya kelak bisa hamil normal? dan cara apa yang harus saya tempuh agar bisa mendapatkan keturunan?
    hasil cek HSG Isteri saya semuanya baik-baik saja
    terimakasih sebelumnya dok..

  23. Harianto

    Dear dr. Dicky yang baek

    Salam Sejahtera ya…

    Pada hari senin yg lalu tgl 12/8/13 saya melakukan tes analisa sperma di Laboratorium Klinik Thamrin Medan
    dengan hasil sbb :
    Warna : Putih susu
    Volume : 4,2
    PH : 8,0
    Viscositas : semiviscous
    Pencairan : 18 menit
    Jumlah Spermatozoa : 80,4 juta/ml
    Jumlah Leukosit : 800/mm3 Normal <1000
    Morfologi Normal : 78%
    Morfologi Abnormal : 22%
    Pengerakan
    Aktif : 75%
    Lemah : 15%
    Tidak bergerak : 10%

    Mohon penjelasannya dok… Bagaimana dengan kondisi sperma saya ini ya….? Apakah istri saya kelak bisa hamil normal?

    Kenapa jumlah Leukosit bisa mencapai 800/MM3 apakah itu ada indikasi infeksi pada daerah reproduksi? krn saya selalu menjaga kekudusan pernikahan dan tidak pernah melakukan hubungan sex bebas

    Terimakasih dok sebelumnya…

    Thanks

    Harianto

  24. boy

    dok, saya dikatakan menderita varikokel, tetai katanya org yang menderita varikokel merasakan sakit dibuah jakarnya, tpi pada diris saya, saya tidak pernah mengalami rasa sakit, padahal kata dokter py saya udh cukup nampak keliatan, saya takut tidak memiliki keturunan, tetapi pas cek sperma, hasilnya cukup memuaskan dam katanya hasilnya normal tetapi bayangan tidak memiliki keturunan saya yang menjadi takut. jadi gmn ya dok mengatasinya, apakah saya harus operasi atau saya lakukan pola hidup sehat, karena saya sih blm bekerluarga jadi saya tidak tau hasilnya nanti, takut mengecewakan keluarga?tolong dok ya

  25. Vania

    Dok.. suami saya sudah cek hormon, hasilnya :
    LH : 2.49
    FSH : 2.58
    TESTOTERON : 313.7

    Kemarin AS terakhir, grade A : 0%
    Usg testis ada varikokel kecil waktu mengejan di testis kanan..

    Apa langkah kami selanjutnya ya dok? Terimakasih byk dokter..

  26. sapta

    Terimakasih jawabannya dok,,Alhamdulillah suami pernah cek sperma dan normal,,kendalanya di aku yang retrofleksi n mioma 2cm,9 tahun belum hamil lagi,pernah inseminasi sekali tp gagal,makanya ntar cuti mau ikut program IVF,,klo di sardjito bisa daftar langsung or harus appointment dulu dok ?

  27. Sara

    Dear dr. Dicky..

    Klo secara kasar ukurannya sekitar 5,5 x 5 cm dok..,ini termasuk normal kah dok.?,kami berharap mudah2an bisa didapatkan sperma. Bagaimana cara pengambilan spermanya nanti dok.?,mohon penjelasannya. Terimakasih

  28. wahyu wardani

    dear dr. dicky,,
    saya usia 27 th dan suami 30 th, br sj (Mei 2013), mnjalani AS dan kesimpulannya suami astenoterato, dr.pioway memberi 2 opsi, 1.berobat unutk mempprbaiki sperma selama 3bl, tp kt dokter itu jg tdk menjamin. 2. inseminasi buatan dg kans 15%. yg sy tnayakan, tepat tdk jk kami lgs menagmabil lgkah insem? sy rahim dan tuba paten. kmudian perlu tdk kami ke androlog agar pengobatan kualitas sperma lbih optimal lg?
    timaksih.

  29. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    dear sara…

    Kalo bisa di ukur secara kasar kira2 ukuran testis yg ada itu berapa ya..? panjang x lebar. Atau lebih baik USG yang ada ukurannya. Kalo terlalu kecil ya mohon maaf mgk tdk ada aktifitas produksi sperma, tapi kalo masih cukup besar insyaalloh msh ada

  30. Sara

    Dear dr.Dicky..
    Iya testisnya gak turun pak..,kalau diraba testisnya ada di daerah perut diatas pangkal paha.
    Apa masih bisa didapatkan sperma dok.?. Apa yg mesti kami lakukan dok..?,setidaknya langkah awal atau obat yg harus dikonsumsi suami saya utk memperbaiki spermanya. Kami bingung dok..,mengingat biaya klo mengikuti program bayi tabung memerlukan biaya yg tdk sedikit. Mohon bantuannya dokter. Trimakasih.

  31. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    dear sara..

    apa benar suami tdk punya testis? atau cuma testisnya gak turun? jika sekedar tdk turun kita bisa coba mencari tahu dimana testisnya dan bagaimana ukurannya. Klo tdk tumbuh…nah ini yg sangat sulit. Bisa diawali dengan pemeriksaan hormon dulu, mencari gambaran awal fungsi testisnya jika mungkin sekalian usg

  32. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    dear sapta..

    pertanyaannnya kenapa tdk bisa onani/keluar sperma? ada kelainan apa? kalo bisa diperbaiki ya di coba keluar sperma alami. bisa saja dengan biopsi tapi dipastikan hormon2 baik. sehingga pas biopsi ketemu sperma. Simpan beku atau langsung pakai seperti pada IVF natural juga bisa. Biopsi bukan tuidakan yang berat kok

  33. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear vania…

    kalo sperma spt ini sebaiknya di coba antiokaisdan selama 3-6 bulan. viatamin c 1000mg atau vit e 400iu, zinc, selenium, co enzim q-10, lycopen, astaxanthin dsb. intinya perbaikan kualitas secara alami. selamat mencoba. kalo belum hamil padahal ibu normal, silakan konsul lagi ya..

  34. sara

    Dear dr.Dicky…,
    Kami udh menikah 1,5 tahun, dan belum memiliki anak. Setelah cek ke dokter, kondisi saya baik, namun suami saya azoospermia..,dikarenakan tdk memiliki testis/tdk ada gondokan semenjak dari lahir. Apa yg mesti kami lakukan dokter..,secara medis apakah kami msh bisa memiliki anak.?,mohon diberi penjelasan atau obat untuk memperbaiki kondisi azoospermia suami saya. Trimakasih dok.

  35. sapta

    Dear Dr Dicky

    mohon penjelasannya klo mau ikut program bayi tabung tapi suami ndak bisa onani,,,ada cara lain ndak dalam pengambilan sperma ? dan efek pada suami setelah tidakan itu ada ndak ?
    klo ikut program bayi tabung tp sperma suami diberikan dulu sblm OPU bisa ndak ? klo biisa berarti disimpen beku dulu ya dok spermanya ??
    thanks sebelumnya,,

  36. Vania

    Salam dok.. mohon info dari hasil analisa sperma suami saya..

    Puasa seksual : 5 hari
    Volume : 3.6 ml
    pH : 8.3
    Liquefaksi : 54
    Viskositas : 4

    Mikroskopis :
    Konsentrasi : 13,3 dlm 10^6/ml
    Jumlah : 47.9 dlm 10^6/ejakulat

    Motilitas
    1. Progressive : 46% (rujukan >=32)%
    2. Non progressive : 6
    3. Immotile : 48%
    Aglutinasi : (+1)campuran
    Immature germ cells : 0.40 dlm 10^6/ml
    Leukosit : 0.93 (=58%)

    Morfologi
    Normal : 7% (rujukan >=4)
    Abnormal : 93%

    Sebaiknya apa yg kami lakukan ya dok selanjutnya? Usia saya 26 th suami saya 27 tahun.. apakah bs diobati dgn obat? Atau kami hrs ke langsung ke langkah berikutnya seperti inseminasi atau bayi tabung?

  37. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    dear pak freddie..

    Jika memang blm ada pemeriksan lain spt hormon dsb, maka suplemen boleh dicoba 1-2 bulan lalu cek sperma lagi. Bayi tabung ya oke juga tp kalo sperma yang bagus terlalu dikit akan mengurangi kans keberhasilannya

  38. Freddie

    Dear Dr. Dicky,
    Terima kasih atas penjelasannya dok..saya domisili di Batam, dok..disini cm ada Dokter Urologi..minggu lalu sy smpat konsultasi namun hanya diberikan suplemen2 Antioksidan spt Lecoxy slama 1 bln. Apakah ada kemungkin dgn obat saja bisa normal kembali dok? Istri saya malah sampai uda mau Bayi Tabung, dok..obat apa yg plg bgus utk saya coba dok? Mohon bantuannya ya dok..terima kasih dokter..

  39. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Hello pak herianto

    Rontegen tdk membahayakan organ reproduksi krn dosis yang dikenakan ke organ sangat kecil. yang membahayakan adalah tindakan penyinaran sinar x/radioterapi utk kanker di sekitar panggul atau perut bawah. Kalo tindakan ini dapat merusak kesuburan

  40. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    dera bu dian…

    saya ikut prihatin atas gagal insemnya. kalo gagal ya di evaluasi dulu. Meski sperma normal jangan-2 sperma masa atau daya tahannya pendek atau sperma cepat mati. Mkanya salah satu yang sy kerjakan adalah menguji ketahanan sperma. Jika hidup sp 24 jam maka sperma kategorinya siap insem krn siap nunggu keluarnya sel telur

  41. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    halo mb dwi…

    happyland gak ada laparoskopi. Di sarjito sekitar 13-22 jt tergantung jenis tindakan dan kelas perawatan/kamarnya hehehe

  42. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    dear pak eko…

    Kelemahan hubungan jarak jauh adalah saat ketemu dan program ingin anak, istri dalam kondisi tidak masa subur. Sehiungga gak bisa sesuai kondisi utk dimungkinkan yterjadinya kehamilan. Coba kalo mau pulang di paskan dengan masa subur. Coba juga pake Ferti tes atau uji kesuburan yang banyak di jual di apotik biar lebih pas masa suburnya. Oya sperma masih oke kok

  43. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    dear pak fredie..

    Inilah saatnya utk segera ke dokter. Domisili pk fredi dimana? andai dekat jogja sy bisa bantu2 dikit, tp kalo dio jakarta, semarang, bandung dan surabaya banyak dokter spesialis andrologi yangsiap bantu. Intinya ada gangguan bentuk sperma, yaitu bentuk sperma banyak yang abnormal. Ini masuk gangguan kualitas. Ada yang harus diketahui dari bapak, misal varikokel ada atau tidak, gangguan hormon dsb

  44. dian

    Saya infertil 3 thn, tahun 2010 hasil analss sperma suami normozoospermia, hsl pemeriksaan saya mens tratur, rahim normal dan tuba paten. kami pernah IB 2x dan blm brhsl. Yg jd prtnyaan scrotum suami bsr sebelah dan kdng2 trasa nyeri, apa mgkn hal ini brpengaruh pd kualitas spermanya, wlpn prnh dinyatakan normozoosperm? terima kasih atas jawabn Dokter.

  45. Harianto

    Hello pak dokter, Salam sejahtera ya….

    dok….. beberapa waktu lalu saya ada rontgen tulang ekor Coccygeus krn cedera, pada waktu itu petugas operator radiologi menyuruh saya tidur di meja, lalu dibawah meja dimasukan Film, lalu di rontgen, petugas tsb hanya kasi saya selimut putih utk menutupi aurat aja, tp yg buat saya khawatir adalah :

    1) Apakah Sinar rontgen tsb menembus daerah organ reproduksi (testis)?

    2) Apakah ada efek samping dari sinar rontgen tsb terhadap organ testis sprti kerusakan pada testis,ato mengganggu fungsi testis sbg produksi sperma?

    Mohon penjelasan dari dokter, krn saya sgt kuatir kali dok…. Terima kasih saya ucapkan sebelumnya.GBU

    Regards
    Hari

  46. Dwi

    Assalamualaikum dr. Dicky
    Apakah dirs happyland bs melakukan tindakan laparaskopi bagi yg ada sumbatan pada saluran telur ?
    utk biaya laparaskopi berkisar berapa ya dok ?

  47. Freddie

    Salam kenal Dokter Dicky..saya Freddie (usia 31 tahun) saya sudah menikah 4 tahun baru sekali ini periksa sperma krn istriku blm hamil..hasil cek prodia sbb :
    1. Volume : 2.4 ml
    2. Bau : khas
    3. Warna : putih keabu-abuan
    4. PH : 7.7
    5. Liquefaksi : 45 menit
    6. Viskositas : < 1 cm
    7. Konsentrasi : 17.79 10^6/ml
    8. Jumlah : 43 10^6/ejakulat
    9. Motilitas Progressive : 56%
    10. Non Progressive : 15%
    11. Immotile : 29%
    12. Aglutinasi : negatif
    13. Leukosit : 0
    14. Immature Germ Cells : 0
    15. Vialibilitas : –
    16. Morfologi Normal : 1%
    17. Abnormal : 99%

    Hasil : TERATOZOOSPERMIA

    Apa yg harus saya konsumsi,dok..kmudian VIABILITAS itu apa y dok? Apakah penyakit sy ini bs sembuh, dok..saya sedih ga bs memberikan.keturunan utk kistri dan org tuaku..mohon bimbingannya, dok,terima kasih..

  48. eko h.c

    Dear Dok. Dicky

    Usia pernikahan saya 1 thn, saya berumur 26 thn, saya baru saja cek SA hasilnya sbb :

    bau : khas
    ph : 8
    volume : 2,30 ml
    konsentrasi : 81,2 jt/ml
    jumlah total sperma : 186,76 jt/ejkt
    bergerak progresif : 58%
    bergerak tdk progresif : 3%
    total bergerak : 61%
    tidak bergerak : 39%
    aglutinasi : +
    eritrosit : -/NEG
    leukosit : 0,3 jt/ml
    bakteri : -/NEG

    istri saya belum jg hamil sudah 1 thn ini, dan info jg saya bertemu istri seminggu sekali karena saya kerja di bandung, sedangkan istri di jkt..jumat saya balik ke jkt, senin pagi saya pergi ke bdg…bagaimana dgn hasil SA saya dok? dan pengaruh kah hub. suami istri yg bertemu spt kondisi sy seminggu sekali?

    terima kasih

  49. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    dear dini..

    jika memang persiapan BT lagi, apakah sdh ada pemeriksaan DnA fragmentasi? Jika akhirnya Dna fragmentasi tinggi ya harus diperbaiki dulu. tp tdk harus dg hormon bisa dicoba hal lain.

  50. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear tika…

    ASa atau anti sperm antibodi adalah protein yang terbentuk dan digunakan mengadakan penolakan terhadap sperma. Bisa dari cairan lokal seperti dari lendir saluran reproduksi yang biasanya juga sama dg cairan plasma. radang di saluran sperma jg bisa menghadirkan Asa juga lho. Jadi harus di cari dulu sebabnya

  51. dini dareta

    Jadi untuk kedepannya suami saya harus terapi apa lagi dok?ato harus dites apa lagi untuk memperbaiki kwalitas spermanya?

  52. tika

    dokter, jelaskan mengenai ASA (antibody anti sperma)? apakah antibody istri yang berlebih bisa membunuh sperma?

  53. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    bu dini…

    Pemberian hormon adalah cara terbaik utk meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. terapi yang lain adalah pemberian protein penumbuh (growth factor)ini juga berdasarkan penelitian yang ada. Ditujukan jk gagal dg terapi hormon. Mengenai prediksi hasil juga tdk 100%

  54. dini dareta

    Dok mau tanya suami saya astenoterato sempet diterapi hormon juga sama dokter tp hasilnya tetap tidak ada perubahan kira2 harus terapi apa lagi ya dok ato harus tes apalagii? Kebetulan saya jg pasien dokter widad udah pernah BT tp gagal (baik fresh maupun thaw cycle) . Karena klu mau BT lagi sy mau memperbaiki kwalitas spermanya dulu mohon sarannya langkah apa lagi yg harus dilajukan untukbmemeperbaiki kwalitas sperma setelah terapi hormon kurang memuaskan hasilnya

  55. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    dear pak yusuf..

    Klau ikhtiar yang bener ya datang ke dokter spesial andrologi buat mencoba menngetahui kemungkinan penyebab dan penanganannya. Jangan menyerah dulu ya, bingung boleh tp jangan lama2 segera berobat

  56. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear anda..

    spermatocele itu kantung yg biasanya berisi spermatozoa dekat testis. Kemungkinan ada sperma hidup disitu juga ada, karena memang cuman terjebak aja di situ. tapi mgk kualitasnya sdh turun ya, karena memang bukan tempat sperma yg bener

  57. yusuf

    Assalamu’alaykum Dok..
    Saya berusia 26 Tahun.Sudah 5 tahun saya menikah, tapi belum dikaruniai anak.Setelah lama tdk berhasil, akhirnya sy coba cek analisa sperma.Dan hasilnya dinyatakan ” oligoasthenozoospermia “. Yang jelas sy merasa kaget dan bingung.Kenapa hasilnya bisa begitu. Apa krn pengaruh pola hidup atau efek dari mana oligoasthenozoospermia tersebut? dan kira-kira bagaimana cara penyembuhannya?apa yg harus saya perbuat?
    Terimaaksih atas jawabannya.
    wassalam..

  58. anda

    Pagi dokter Dicky,

    Dok, saya mau tanya. Spermatocele itu sebaiknya dibuang ato dibiarkan saja? Apakah benar di dalam kista spermatocele tersebut tersimpan sperma yang kemungkinan masih hidup?

    Terimakasih atas waktunya dok,

    Salam

  59. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear bu pungky…

    Biopsi tdk tergantikan kalo memang tujuannya utk mendapat jaringan testis, tapi memang utk disimpan beku lalu di lanjut program bayi tabung.
    Melihat FSH yang rendah (meskipun masih range normal) boleh jadi ikut berkontribusi dalam kualitas sperma jika di temukan sperma. Cobalah utk meningkatkan FSH dg terapi, lalu di evaluasi atau biopsi.

  60. punky

    terkait dengan pos NO. 213, ada tambahan informasi: hasil IMUNOLOGI HORMON: FSH 2.30 mIU/mL, Prolactin 9.19 ng/mL dan Tertosteron 4.21 ng/mL.

  61. punky

    Selamat Sore dr. Dicky….
    terkait dengan pos No.174, 177, 180 dan 186,… pada tgl 31 Desember 2012 telah dilakukan analisa sperma dengan kesimpulan “azoospermia dengan peningkatan leukosit (5-6/Lpb)”. Mohon saran dari dokter, tindakan apa yang harus kami tempuh untuk memperoleh keturunan?
    Apakah perlu konsultasi ke Urolog, untuk mengetahui lokasi terjadinya sumbatan?
    Apakah ada cara lain, selain biopsi (mis. keteter)?
    terimakasih atas jawabatannya.

  62. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Pak tri…

    Kayaknya problem hanya di bentuk sperma yang gak normal banyak banget 97%. nah, bisa karena infeksinya, bisa karena kelainan hormon atau varikokel. Karena sy tdk ketemu pak tri sulit utk mendeteksi semua ini. tapi utk infeksi bs diliat dari lekosit yang tinggi 1.1 juta/cc. kalo ini bisa diobati pak dg antibiotik dulu

  63. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Pak haryanto..

    Tk pertanyaannya. hal yg hrs dipahami adalah Prodia memakai WHO 2010 sejak agustus 2012. Sebelumnya pake WHO 2003. Nah ada perbedaan keduanya. WHO 2010 morfologi normal >5%. Sebenarnya angka ini menunjukkan kemampuan membuahi pria tsb 2,5%, bukan normal atau tdknya. Ini yg tdk diketahui pasien

  64. Harianto

    Dear dr.Dicky yg baek
    Terimakasih utk pertanyaan saya yg uda dijawab oleh pak dokter,ini pertanyaan saya yg terakhir dok,menyambung dari pertanyaan no 168 dan 197 ada satu hal yg saya gak ngerti dok, saya cek analisa sperma dilab prodia yg sama, analisa sperma yg pertama sebelum operasi varikokel di lab prodia dgn jumlah sperma 234 jt/ejakulasi dgn morfologi 6% kesannya Teratozoospermia dan setelah operasi varikokel analisa sperma yg kedua, jumlah sperma 426jt/ejakulasi dgn morfologi 5% kesannya normozoospermia,setau saya sesuai standart WHO morfologi sperma minimal hrs 30% kenapa pada pemeriksaan sperma yg kedua setelah operasi varikokel dgn morfologi hanya 5% aja bisa diambil kesimpulan normozoospermia? apakah ada kesalahan pemeriksaan dari pihak analisis lab? padahal saya periksa analisa sperma di lab prodia yg sama dan dgn petugas analisis lab yg sama, mohon penjelasannya dok terima kasih GBU

  65. ria

    salam, dr.Dicky

    Saya sudh sempat email k gmail dok, mohon dibalas. Klo disfungsi ereksi selama 2thn, sebaik nya berobat k mana? Ada saran rs/dokter di daerah jkt?
    dan jika testis tidak keluar/produksi sperma, apa masih bisa disembuhkan?

  66. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear bu Ika..

    Tampaknya kelainan sperma adalah kelainan kualitas. Lebih sering karena faktor testis atau pabrik. Mungkin tdk perlu ke urologi, karena bukan kasus bedah. Tp kalo di dapatkan varikokel, boleh di coba utk di atasi dengan operasi.
    Oya…antioksidan yg di minum sdh oke kok, Coenz utk gangguan gerak, yg satunya utk meningkatkan FSH utk memacu pembentukan sperma

  67. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Pak harianto..

    Mhn maaf telat jawab…kayaknya ini adalah hasil operasi pak. Suplemen its’s ok, tapi khusus utk kelainan ringan selama 3-6 bulan.
    Nah, sangat mungkin kombinasi keduanya, post operasi dan antioksidan. Alhamdulillah sekarang normal.

  68. tri

    dr dicky, saya telah menikah 11 bulan dok, sampai sast ini belum di kasih momongan, kemudian saya kmr periksa analisa sperma:
    Makroskopis :
    Volume: 3 mL
    Bau : Khas
    warna : Ke abu2an
    Ph : 8.1
    Liquefaksi: 40 menit
    Viskositas: < 1 cm
    Mikroskopis
    Konsentrasi : 42.5 x 10~6/mL
    Jumlah : 127.5 x 10~6/ejakulat
    Motilitas :
    progresiv : 70 %
    Non Progresiv: 11%
    Immotile :19 %
    Aglutinasi : Negative
    Leukosit : 1.1 x 10~6/mL
    Morfologi
    Normal 3%
    Abnormal 97
    dengan hasil Teratozoospermia

    dengan hasil seperti diatas, langkah apa yg harus saya lakukan? masih dapatkah saya memiliki keturunan?…trimakasih dok

  69. Ika C

    Dokter, saya kmrn gagal IVF. Suami saya spermanya yg gerak cepat 0%.Yg tdk bergerak 50% kadang lebih. Kelainan kepala 96%. Normal 3-4%. Waktu IVF kmrn malah 0% yg normal. Sama dokter dikasih Q-ten 60mg sama vitan (obat kuat ya dokter ). Apakah perlu priksa ke dr. urologi untuk periksakan salurannya dngn kondisi diatas ? Suami saya perokok dan sibuk bekerja, jarang olah raga. Berat badan 66kg, tinggi 168cm. oh iya, volume sperma 2,5ml konsentrasi 16,6jt/ml. Mau coba IVF lg sambil nunggu maintenance sperma dan hormman saya normal kembali.

  70. dr. Dicky Moch Rizal, MKes, Spesialis Andrologi

    Dear Ratna…

    Sebenarnya yang sy pikirkan utk suami anda adalah melihat hormonnya baru dilanjutkan ke treatment. Nah setelah itu kita evaluasi sejauh mana keberhasilan terapi hormonnya. Bila bagus, maka harapannya ya alami atau inseminasi. Jika hanya cukup utk bayi tabung ya di bayi tabung. Kemungkinan hamil jika ada spermanya ya sama dengan yang lain.
    Sy praktek di Klinik Permata Hati RSUP DR Sardjito Telp 0274-518684, tp tdk praktek di Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*