Karena tumor besar salah satu ovarium diangkat, sedang bayi tabung – Jessy

Hi semua..
Nama saya Jessy, umur 28 tahun.. sudah sejak setahun yang lalu saya mencari informasi tentang bayi tabung di sini dan banyak sekali info dan masukan yang saya dapat, terima kasih untuk bayi-tabung.com. Sekarang saya ingin sharing, berbagi pengalaman, mudah2an bisa membantu teman-teman semua..

Saya sedang menjalani program IVF di Thomson Fertility Centre (TFC), Thomson Medical Hospital, Singapore dengan Dr. L.C. Cheng.
Saya mempunyai masalah dengan tuba falopi yang tersumbat, waktu saya umur 20 tahun, dioperasi untuk tumor ovarium, dokter yang menangani saya juga mengangkat salah satu ovarium saya karena tumor yang besar. Setelah patologi diputuskan untuk kemoterapi karena ditemukan jaringan kanker, selain itu tuba falopi saya juga dipotong karena lengket dengan jaringan tersebut.

Waktu itu saya masih sangat muda, sempat down dan stress, tapi saya bisa tetap positif menjalani pengobatan dan keinginan untuk sembuh yang sangat kuat. Saya berpikir untuk masalah reproduksi nanti saya dipikirkan kalau waktunya tiba. And here I am, saya sudah 2 tahun menikah dan akhirnya saya dan suami memutuskan untuk menjalani bayi tabung sejak bulan Juni 2009.

Kenapa di singapore? sebenarnya masalah cocok2an.., seperti yang banyak teman-teman disini sudah sharing.. Biaya bayi tabung di Indonesia dan disini hampir sama, tergantung kondisi masing-masing, karena dosis dan banyaknya obat2an yang dipakai sesuai kebutuhan kita masing-masing. Selain itu, saya beruntung karena ada teman yang sedang bekerja di singapore yang memperbolehkan kami tinggal di apartmennya, jadi biaya akomodasi bisa ditekan.

Pertama konsultasi dengan Dr.Chen, beliau melihat semua medical record saya, dan pertama kalinya discan melalui USG transvaginal. Ovarium saya yang tinggal satu dalam kondisi bagus dan rahim saya juga baik. Besoknya saya bisa langsung suntik Gonal F, mereka kasih yang 300iu, karena dengan 1 ovarium, hormon estrogen saya harus dipush lebih besar.. selama 12 hari suntik Gonal F, hari ke-6 ditambah injection centrotide dan rutin discan untuk liat perkembangan telur. Sempat up and down juga, karena telur saya tidak terlalu banyak dan perkembangannya tidak merata, ada yang besar sekali, yang sedang dan yang lain masih kecil, dokter sempat diskusi juga, karena yang besar mungkin akan terlalu matang dan yang kecil ditakutkan tidak akan berkembang. Sedih, tapi saya tetap positif menjalaninya. Folic Acid sudah saya konsumsi tiap hari sejak awal tahun, saya juga menjaga diet saya, makan putih telur untuk sarapan untuk kebutuhan proteinnya dan lain-lain.

Saya menjalani OPU bulan juni akhir, dan waktu itu tidak bisa langsung ditanam (fresh cycle) karena di rahim saya tumbuh polip, dokter berasumsi itu reaksi dari suntik hormon dan obat2an atau it has always been there, karena sejarah saya yang pernah tumor di ovarium ada kemungkinan badan saya memang sensitif. Jadi setelah OPU tidak bisa langsung transfer embrio. saya dikasih obat untuk dapat keluar menstruasi, dan mudah2an polipnya keluar dengan darah mentruasi. Waktu OPU diambil 13 ovum, 11 fertilised dan yang jadi ada 9 embrio. 9 embrio ini dibekukan, ada 3 batch, masing-masing 3 embrio.

Menstruasi datang bulan juli, saya discan dan polip terlihat mengecil, walaupun tidak hilang, sempat ada rencana untuk dioperasi kalau memang tidak hilang. Bulan agustus rencana akan dioperasi ternyata polip lebih kecil lagi, nyaris tdk keliatan.., akhirnya dokter memutuskan langsung program thaw cycle. Akhir agustus saya mulai minum birth control, awal september mulai disuntik Lucrin dan ditambah progynova 14 hari kemudian, obat crinone mulai dikasih 4 hari sebelum embrio transfer. Saya baru saja menjalani embrio transfer akhir bulan september (2 hari yang lalu).

Oh ya, sebelum ET, kami berdiskusi dulu mengenai berapa batch embrio yang akan dithawing, akhirnya dithawing 2 batch (6 embrio), jd kami msh ada 3 embrio sisa untuk another attempt (mudah2an sih another attempt for 2nd child ya). Hari kedua dithawing kami diberitahu dari 6 embrio yang dithawing, hanya ada 1 yang survive.. It was really emotional, karena terus terang saya prepare untuk ditanam 2 (sesuai dengan peraturan disini untuk pasien di bawah 30th), siap kalau ternyata terjadi kehamilan kembar dan rasanya ada perasaan aman kalau ada dua ditanam.. Well, we could end up with nothing, jadi kami sangat bersyukur karena dokter bilang embrionya berkualitas bagus. Hari ET saya juga diberi injection Proluton, yang akan diberi lagi seminggu kemudian.

Memang akhirnya saya harus menjalani long protocol karena kondisi ini. Awal ikut program, sempat berpikir cuma 1 bulan di singapore dan bulan depannya Insya Allah saya sudah hamil, tapi ternyata memang harus lebih bersabar dan pasrah sama kehendak Allah SWT. Memang cape 4 bulan ini bolak-balik untuk periksa, belum biaya yang membengkak. Tapi yang penting jangan putus asa dulu, bersyukur sama yang sudah ada, bersyukur masih dikasih kesempatan untuk menjalani program ini dan saling support dengan pasangan. Sekarang sih waktunya banyak-banyak berdoa, dan istirahat saja. Mudah2an hasilnya positif. Mohon doanya juga ya..

1 Star2 Stars3 Stars4 Stars5 Stars (10 votes, average: 3.20 out of 5)
Loading...

14 thoughts on “Karena tumor besar salah satu ovarium diangkat, sedang bayi tabung – Jessy

  1. imelda

    Hai jess,dalam waktu penunguan hasil positif thinking aja ya.buat sefresh mungkin.biar hasilnya yang terbaik.senangkan diri dgn setenang mungkin.banyak doa.kami doakankan semoga berhasil.God blees You

  2. olip

    jessy salam kenal, salut buat perjuangannya, jessy beruntung dg satu ovarium telur yg dihasilkan lumayan banyak, saya 2 ovarium tp telur yg dihasilkan 6 buah …. tetep positip thinking dlm menjalani program ini ya jeng..

    shahnas haque kasusnya jg 1 ovarium tp buktinya anaknya 3 hehe

    oke jeng moga hasilnya ‘+’ ya….ditunggu kabarnya

  3. ira marlina

    Hallo jessy,

    Salam kenal ya..aku salut bener deh baca perjuangan kamu untuk memiliki keturunan.btw spt kamu juga aku sangat sensitif dgn hormon2 yg di berikan pd saat program ivf..gagal ivf kemarin sampai sekarang masih dlm proses pemulihan yg cukup panjang nich.oh ya tetap Semangat ya dalam masa penantian ini semoga menghasilkan hasil yang positif, kita bantuin doa dari sini:). di tunggu ya kabarnya …

  4. Yenyen

    hi, maaf apakah mbak ira marlina ini sama dgn mbak ira yg sukses program IVF dgn dokter Ivan di morula rs bunda sekitar bln maret lalu? maaf mbak kok bisa gagal? bukankah bhcgnya waktu itu sdh cukup tinggi?

  5. ellin

    jess…. aku doakan kamu bisa positive hamil… dgn anak yg sehat jasmani rohani… amien…. good luck girl..

  6. Ira Marlina

    Hallo yeyen,

    Iya aku memang positif hamil, tp pd saat usia kehamilan 19 mgg flek sedikit dan lsg periksa ke RS bunda dgn dr yg sama sampai minta di rawat spy aman, diperiksa dgn dr yg bersangkutan di bilang aman2 saja tdk ada pergeseran plasenta dll, baby nya sehat dan msh bergerak serta detak jantung kuat, tp flek tdk berhenti..ternyata ada tumbuh polip diservik mungkin reaksi dari suntik hormon atau lain nya, di refensikan ke dr di RS yg sama jg untuk second opinion ternyata dia bilang ada tumbuh polip di servik dr tsb lsg polipnya pd saat kehamilan sdh hampir 20 mgg, dr situ di suruh bedrest di rumah selama bed rest 2 mgg aku bleeding dan discharge trs ternyata air tuban nya bocor pasti krn infeksi ya.Akhirnya bayi nya tdk bisa di pertahankan pd usia janin 22 mgg keguguran baby nya sdh 550gram dan lengkap.Shock dan trauma yg sangat amat dalam. panjang cerita nya,krn pasca keguguran dlm usia kandungan 21 minggu 5 hari membawa dampak sgt buruk untuk kesehatan sampai dgn sekarang blm pulih 100%, jadi agak sedikit trauma u mul;ai program lagi. Hrs benar2 detail screening kesehatan sblm memulai program.

  7. Yenyen

    To: mbak ira,

    mbak ira, sy bener2 turut prihatin atas apa yg dialami mbak. sy berdoa smoga mbak diberi kekuatan n ketabahan dr Tuhan dlm menghadapi semua ini. memang rasanya menyakitkan mbak apalagi baby dlm kandungan mbak sdh terbentuk. sy benar2 sedih membaca pengalaman traumatik mbak. memang kegagalan ini terasa menyakitkan mbak tapi percayalah Tuhan pasti punya rencana yg indah buat mbak, memang kedengarannya klise yah tapi kadang manusia sdh berusaha semaksimal mungkin, tetap Tuhan yg berkuasa menentukan semuanya, amin. mbak ira istirahat aja memulihkan n menghibur diri, percayalah hari esok yg disediakan Tuhan pasti lebih baik dr skrg. siapa yg tahu mukjizat akan terjadi n mbak bisa hamil alami, karna apa yg kelihatan mustahil bagi manusia, itu mungkin bagi Tuhan. sy doakan yg terbaik bagi mbak, amin.

  8. Jessy

    – ari nurul : bln kmaren aku stay d apartemen temen aku di balestier, skarang lg stay di temen yg di eunos.. ari dmn?

    – imelda, olip, ellin : makasih ya supportnya dan doa’nya…, Amiin.. nunggunya memang harap2 cemas bgt..

    – ira marlina : makasih ya ira.. Aku ikut sedih denger ceritanya, krn aku jg ngikutin posting ira sebelumnya.. memang manusia cuma bisa berencana ya.., mudah2an ira bisa cepat sehat kembali dan dikasih kesempatan lagi, semoga diberikan yang terbaik.. Amiin..

  9. immanuella

    Hai semuanya, salam kenal ya..

    @Ira: aku ikut ikut prihatin…:(.. semoga kesempatan berikutnya bisa berhasil ya

    @Nurul: Semoga berhasil ya …amin…

    Btw, aku mau tanya donk, kalo habis minum pil KB itu mens kita jadi sedikit ya? kok aku mensnya jd sedikit banget ya? rada worry jadinya…

    Thanks ya sebelumnya,

  10. imelda

    to : Immanuella
    kemaren aku juga begitu kok ,aku tanyakan ke dokterku katanya normal,jadi jangan kuatir ya.

  11. indah

    hai..salam kenal sy indah
    sy punya pengalaman yg sama n saya punya kista di rahim sebelah kanan dgn ukr 3,8-4cm .sy jg program inseminasi 1x bln september kemarin tp stlh 2mgg di cek ke dr spog di usg ktnya diding rahim tdk menebal jd tdk hamil trus 2 mgg kmdn aku tes pack hslnya negatif tp sampe skrg belum haid,jd teman-teman sy hrs pergi ke dr spog atau tunggu haid….? makasi^_^

  12. ayu

    Hi jessy, salam kenal. aku mo nanya km berobat di thomson medical center di mananya? sblmnya aku pernah berobat di thomson medicak centre dengan dr Kee/ W H Hee’s Clinic. terus terang aku agak bingung untuk memilih docter yg bagus. aku jg bermasalah pernah gagal 3 x krn janin tidak berkembang tiap 2 bulan. saat ini aku dan suami sudah sangat menginginkan keturanan. mkn klu tidak ada jalan lain BT pilihannya. aku doaian semoga kehamilan jessy berhasil dgn selamat.

  13. thin

    @jessy,and semua yg lg berusaha smg sukses dgn programnya
    @indah :klo ga sabar coba cek darah aja lbh akurat,kdg tespack tdk bs deteksi kehamilan dini,ada yg usianya 1 bln br (+),atau tunggu 1 bln lg deh yg penting jgn stress.eh kistanya kmrn di laparoskopi dl apa ga sblm insem?cos mslh kita sama aku ada kista 1,7cm sblh kiri di ovarium,dktr di mlysia srh LO tp sy plh insem ke-2,yg ke-1 gagal.sy sdh 5thn menikah,sperma suami bgs.minggu ini mulai insem.
    Mohon do’anya semua…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *


*